Sulap Sampah Jadi Duit Rp 15 Triliun

Sulap Sampah Jadi Duit, Fumio Kaneko Jadi Orang Kaya Baru di Jepang Berharta Rp 15 Triliun

Liputan6.com 2023-02-20 21:00:50
Miliarder atau Orang Terkaya di Jepang Fumio Kaneko. Dok: Daiei Kankyo

Salah satu IPO terbesar Jepang pada 2022 datang dari perusahaan pengelolaan dan daur ulang limbah yang berkantor pusat di Kobe yakni Daiei Kankyo. Aksi perusahaan ini pun melahirkan miliarder atau orang kaya baru di Jepang.

Pada Desember lalu, perusahaan milik Fumio Kaneko berhasil meraup hingga USD 315 juta atau sekitar Rp 4,7 triliun berkat penawaran lebih dari sepertiga saham yang terdaftar di Pasar Perdana Bursa Saham Tokyo.

Dilansir dari Forbes, Senin (20/2/2023), saham tersebut naik hampir 30 persen sejak saat itu. Alhasil menjadikan Kaneko sebagai salah satu pendiri dan presiden perusahaan termasuk ke dalam jajaran miliarder terbaru Jepang. Terhitung kekayaan bersihnya mencapai USD 1 miliar atau sekitar Rp 15 triliun.

Kaneko bersama dengan tiga mitra bisnisnya mendirikan perusahaan tersebut sejak 1979 di kota Izumi, Prefektur Osaka, untuk mengelola limbah.

Meskipun menghadapi perlawanan awal dari penduduk setempat, Kaneko dan rekan pendirinya berhasil meyakinkan pemerintah daerah tentang perlunya tempat pembuangan permanen dan memperoleh izin yang diperlukan untuk membangun satu tempat demi menangani sembilan jenis sampah yang berbeda. Kemudian situs itu telah diubah menjadi taman umum yang indah.

Titik balik usaha ini terjadi pada 1995 ketika gempa besar Hanshin Awaji menyebabkan kerusakan besar di Kobe dan Osaka. Perusahaan akhirnya menangani sepertiga dari semua limbah gempa, yang membebani keuangannya tetapi membantu membangun kredensialnya.

Sejak saat itu, Daiei Kankyo telah berkembang menjadi perusahaan daur ulang limbah, pembangkit listrik menggunakan limbah, remediasi tanah, dan konservasi hutan.

Layanan perusahaan meliputi pengumpulan dan pengangkutan sampah, pemilahan, penghancuran, daur ulang, dan pembuangan akhir di 61 fasilitas yang tersebar di lima Prefektur. Lalu per Desember, perusahaan memiliki total kapasitas 31,8 juta meter kubik di semua lokasi pembuangan akhir.


Operasikan Pembangkit Listrik

Di samping itu, perusahaan juga mengoperasikan pembangkit listrik limbah biomassa dan biogas dan memasok panas ke sebuah hotel di Kota Iga untuk fasilitas mata air panas alaminya.

Ini menghasilkan energi terbarukan melalui pembangkit listrik tenaga surya. Saat ini, Daiei memiliki lebih dari 30 anak perusahaan dan perusahaan afiliasi dengan tenaga kerja sebanyak 2.520 orang.

Daiei Kankyo mendapat manfaat dari meningkatnya permintaan akan layanan pengelolaan limbah seiring berkurangnya efek pandemi.

Pada tahun keuangan yang berakhir Maret 2022, perusahaan membukukan pendapatan sebesar USD 500 juta, mencatat peningkatan sebesar 5,5 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya, dengan laba bersih sekitar USD 67 juta.

Sementara itu, dalam sembilan bulan pertama tahun fiskal 2023 yang berakhir pada Desember 2022, Daiei melaporkan laba bersih sebesar USD 54 juta dari pendapatan sebesar USD 375 juta.

Mensos Risma Sujud ke Guru SLB

Kembali Jadi Sorotan, Risma Sujud ke Guru SLB Saat Kunjungan ke Bandung

Liputan6.com 2023-02-21 16:07:03
Risma sujud saat kunjungan ke Bandung. (Istimewa)

Menteri Sosial Tri Rismaharini kembali menjadi sorotan usai bersujud di kaki salah satu guru Sekolah Luar Biasa (SLB) di Balai Wyata Guna, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/2/2023).

Dalam video yang beredar di media sosial, aksi sujud dilakukan Risma saat berdebat soal hibah dan perbaikan bangunan Sekolah Luar Biasa (SLB) A Padjadjaran.

Dikutip dari berbagai sumber, momen itu bermula saat Risma berbincang dengan sejumlah penyandang disabilitas. Seorang guru perwakilan SLB A Padjadjaran kemudian menagih janji Risma terkait hibah lahan milik Kementerian Sosial yang saat ini digunakan sebagai sekolah untuk siswa tunanetra.

Risma mengatakan, rencana pemberian hibah itu tidak dapat dilakukan. Sebagai gantinya, bangunan sekolah tersebut akan diperbaiki dan ditambah ruang kelasnya.

Selain Tri, sejumlah staf lain turut mendesak Risma agar memenuhi janjinya menghibahkan lahan sekolah milik Kementerian Sosial tersebut.

Namun, Risma tetap tidak bisa hingga akhirnya mantan Wali Kota Surabaya itu pun sujud di kaki salah satu guru tunanetra. "Saya sujud," ujar Risma sambil membungkuk sujud, ke kaki pengajar itu


Serahkan Bantuan

Dalam kunjungannya ke Jawa Barat, Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan bantuan dari para donatur yang terkumpul untuk membantu pengobatan penerima manfaat (PM) yang berdomisili di Jawa Barat.

Bantuan dari para donatur terkumpul melalui platform Kitabisa.com senilai minimal Rp70 juta tiap penerima manfaat yang membutuhkan dana operasional untuk pengobatan ke rumah sakit.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada para donatur dan para orang orang baik di sana yang memberikan sumbangsihnya untuk anak-anak kita, yang saat ini macam-macam sakitnya, melalui Kita Bisa, saya ucapkan terima kasih," ujar Mensos Risma di Sentra Wyata Guna, Bandung, Jawa Barat, dikutip dari Antara.

Mensos Risma mengatakan para penerima manfaat telah mendapat dukungan pengobatan dengan BPJS Kesehatan. Namun penerima manfaat masih membutuhkan uang untuk kebutuhan nutrisi, pangan dan menebus obat-obat yang belum tercakup dalam BPJS Kesehatan, karena mereka tidak mampu.

AS Contek Kebijakan Jokowi

Wah, AS Contek Kebijakan Jokowi

Liputan6.com 2023-02-20 20:15:47
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam Pelantikan Pengurus BPP Hipmi, di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri pelantikan pengurus baru Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI). Sebanyak 239 pengurus dari seluruh Indonesia dikukuhkan jabatannya pada hari ini.

Dalam pidatonya, Jokowi menyebut Indonesia Indonesia sudah tak lagi jadi negara pengikut atau followers tetapi sudah menjadi panutan atau trendsetter bagi negara lain. Salah satu buktinya saat ini Pemerintah Amerika Serikat (AS) menjalankan kebijakan untuk membeli produk dalam negeri.

Untuk diketahui, kebijakan membeli produk dalam negeri telah diluncurkan oleh pemerintah Jokowi beberapa tahun lalu dengan nama gerakan Bangga Buatan Indonesia.

"Kita ini sekarang jadi trendsetter bukan jadi followers," kata Jokowi dalam Pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) 2022-2025, Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Senin (20/2/2023).

Jokowi mengatakan kebijakan yang diambil Amerika Serikat tersebut telah lebih dulu dilakukan Pemerintah Indonesia. Bahkan sejak pandemi pertama kali terjadi dengan program Bangga Buatan Indonesia.

"Amerika baru saja memberlakukan di bulan Januari 2023 yang lalu untuk penggunaan produk dalam negeri dan kita sudah satu tahun di depan sudah melakukan," tuturnya.

Presiden membeberkan tahun 2022, Pemerintah telah membelanjakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk membeli produk-produk dalam negeri hingga Rp 762 triliun. Anggaran tersebut dibelanjakan pemerintah melalui kementerian, lembaga hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Tahun kemarin memang agak kita paksakan, angkanya telah keluar Rp762 triliun dari APBN, APBD, maupun BUMN telah kita belanjakan produk-produk dalam negeri," kata dia.

Besarnya anggaran pemerintah untuk membeli produk dalam negeri ini harus bisa dimanfaatkan para pelaku usaha. Khususnya bagi mereka yang memiliki produk agar bisa menghasilkan produk sesuai standar pemerintah.

"Ini sangat besar sekali dan ini menjadi kesempatan, jadi peluang bagi saudara-saudara yang memiliki produk-produk dengan kualitas baik," kata dia mengakhiri.


Cerita Menko Luhut Ditegur Jokowi Gara-Gara Pakai Sepatu Impor

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan atau Menko Luhut menyebut realisasi belanja pemerintah terhadap produk dalam negeri telah lampaui target. Ini berkat adanya Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Menurutnya, hingga 12 Desember 2022, realisasi belanja produk dalam negeri mencapai Rp 651,8 triliun dari target Rp 400 triliun. Sebanyak 15 persennya untuk belanja UMKM.

"Ini persoalan yang sangat kompleks, tapi saya kaget tahun ini dengan kerja sama kita yang begitu hebat semua stakeholder angkanya lebih jauh dari yang kita prediksi,"ujar Menko Luhut dalam Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) 2022, ditulis Rabu (14/12/2022).

Dia menyebut, Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan target belanja produk dalam negeri tahun ini adalah Rp 400 triliun. Menurutnya, hal ini bisa berdampak pada pembukaan 2 juta lapangan kerja dan dampak pada pertumbuhan ekonomi kita 1,72 persen.

"Program ini sangat baik, mengurangi angka korupsi karena sudah e-katalog. Kita berharap tahun depan sudah bisa 90 persen masuk ke dalam e-katalog. Ini akan menciptakan lapangan kerja untuk UMKM kita, mengurangi kemiskinan dan stunting karena adanya pemberdayaan di sana-sini," sambungnya.


Pemperkuat Permintaan

Lebih lanjut, Menko Luhut memaparkan bahwa BBI juga terus memperkuat sisi permintaan atau demand. Caranya melalui perluasan akses pasar dan optimalisasi belanja Produk Dalam Negeri atau PDN oleh K/L, BUMN, dan Pemda.

Di sisi suplai, UMKM diperkuat dengan pendampingan selama tiga bulan, diakhiri acara harvesting/panen UMKM. Ia mengapresiasi kerja sama seluruh pihak atas pencapaian ini.

"Kalo hari ini kita bisa melihat hasil yang bagus. Ini adalah satu bukti kolaborasi yang baik antar Kementerian dan Pemda dan terus terang saya bangga melihat ini. Semua kita bahu membahu tidak ada yang lepas. Kalo kita mau apa yang tidak bisa kita lakukan, kita satu tim," paparnya.

Layanan Cukur Gratis untuk Korban Gempa

Kisah Tukang Cukur Muda yang Layani Para Korban Gempa Turki Cuma-Cuma

Liputan6.com 2023-02-21 09:30:24
Tukang cukur muda di pengungsian korban gempa Turki. (dok. Sameer Al-DOUMY / AFP)

Mohammed al-Hamo tak pernah membayangkan dia akan menggunakan keterampilannya mencukur rambut akan digunakan di tenda pengungsi korban gempa Turki dan Suriah. Ia awalnya belajar memotong rambut untuk mendapatkan penghasilan sampingan di waktu luangnya.

Hamo yang kini berusia 18 tahun menawarkan jasa memotong rambut di ruang terbuka untuk keluarganya dan mereka yang kehilangan tempat tinggal akibat gempa dahsyat yang menimpa Turki dan Suriah pada 6 Februari 2023. "Bila siapapun datang, dia tentunya akan memotong rambut mereka," kata Khaled, sang ayah sambil tersenyum bangga menunggu giliran dicukur.

Hamo lebih dulu menangani sang kakak. Ia dengan hati-hati menggunakan silet untuk membuat garis rambut Sobhi yang berusia 19 tahun.

"Aku belum membereskan peralatanku sampai sekarang," ujar Hamo yang berhasil mengambil gunting listrik, sisir, gunting, dan sampo dari reruntuhan rumahnya yang hancur, dikutip dari AFP, Selasa (21/2/2023).

Setelah Hamo mencukur rambut saudara laki-lakinya, sang ibu menyapu rambut di dekatnya. Hamo pun kembali bersiap memotong dan mencukur rambut ayahnya.

"Rasanya senang melakukan hal-hal baik untuk membantu orang lain. Saya tidak pernah membayangkan saya akan melakukan ini ketika saya belajar memotong rambut karena saya melakukannya demi uang untuk membantu keluarga," katanya.

Ia bersyukur keluarga dekat mereka selamat tanpa cedera. Sementara, banyak keluarga yang kehilangan kerabatnya akibat gempa yang telah menewaskan lebih dari 46 ribu orang.


Impian Berkuliah

Hamo bahkan mengubah penampilan ayahnya. Ia merapikan alisnya, merapikan rambut ayahnya yang sudah pendek, dan membiarkannya tercukur bersih. "Bahkan dalam kondisi sulit ini, kami terus bergerak," kata Khaled.

Khaled mengatakan bahwa, selain potong rambut gratis, dua putra sulungnya secara sukarela membantu orang lain di kamp di sebuah taman di kota Antakya, Turki tenggara.

"Nurani kami memberitahu kami untuk membantu orang. Jadi, anak laki-laki saya melakukan ini ... kami tidak ingin menunggu seseorang memberi tahu kami," kata Khaled tentang kedua anaknya yang telah membantu membersihkan kamp dan bekerja dengan sebuah lembaga bantuan.

Jutaan orang di seluruh wilayah telah kehilangan tempat tinggal akibat gempa. Banyak yang terpaksa tinggal di tenda-tenda dengan sanitasi atau akses listrik dan perawatan kesehatan serba terbatas. Begitu pula dengan Hamo dan keluarganya.

Mereka pindah ke Antakya dari Aleppo, Suriah, pada 2014. Mereka melarikan diri dari perang sipil yang terjadi di Tanah Airnya ke Turki bersama sekitar empat juta warga Suriah lainnya. Sebelum gempa terjadi, Hamo sedang bersiap mendaftar ke perguruan tinggi yang kampusnya kini rusak akibat gempa.

"Aku mulai membersihkan tempat cukur rambut dan kemudian belajar memotong rambut dari situ," tutur Hamo. "Aku memilih menggunakan gunting daripada pencukur listrik, itu menunjukkan seberapa terampilnya si tukang cukur," imbuhnya.


Gempa Susulan

Sementara itu, gempa susulan terjadi di Provinsi Hatay, wilayah Turki selatan, pada Senin, 20 Februari 2023, waktu setempat. BBC melaporkan gempa berkekuatan magnitudo 6,4 itu menyebabkan lebih dari 680 orang terluka di Turki dan Suriah.

Mengutip CNN, Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) mengatakan, episenter gempa berada di Distrik Defne. Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan bahwa ada 26 gempa susulan setelah itu terjadi. Tiga orang dilaporkan meninggal dunia dan 213 terluka akibat gempa yang terjadi kemarin. Tim penyelamat juga masih mencari korban lainnya di sejumlah bangunan.

"Mereka yang tewas akibat gempa Turki pada Senin ditemukan di Antakya, Defne, dan Samandagi," kata Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu seraya mendesak orang-orang untuk tidak memasuki bangunan yang berpotensi berbahaya, mengutip BBC, Selasa, 21 Februari 2023.

Sementara di barat laut Suriah, ada lebih dari 130 orang cedera, kata kelompok penyelamat sukarelawan White Helmets. Gempa tersebut juga menyebabkan runtuhnya sejumlah bangunan yang sudah terlanjur retak akibat gempa sebelumnya. Gempa terbaru juga dilaporkan dirasakan hingga Mesir dan Lebanon.


Sekitar 2 Menit

Berdasarkan pantauan Liputan6.com dari Turki, tepatnya di Provinsi Kahramanmaras, guncangan gempa terasa cukup kuat dirasakan para pengungsi yang berada di Ataturk Park. Para pengungsi berhamburan keluar sambil mengucap takbir. Anak-anak juga menangis. Mereka selanjutnya berkumpul di luar tenda bersama keluarga.

Liputan6.com bersama Lembaga Kemanusiaan kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia atau BSMI yang berada di lokasi pengungsian, merasakan gempa yang cukup lama. Durasi gempa berlangsung sekira dua menit yang terasa mulai pukul 20.10, waktu setempat. Namun begitu, belum diketahui kekuatan dari gempa tersebut.

Para personel tentara dan polisi menenangkan para pengungsi yang tidak hanya dari Turki, tetapi juga berasal dari Suriah. BSMI menggandeng lembaga kemanusiaan Turki IHH (nsan Hak ve Hrriyetleri ve nsani Yardm Vakf) atau The Foundation of the Human Right and Freedom and Humanitarian Relief dalam penyaluran bantuan untuk korban gempa.

Penyaluran pertama adalah di lokasi terdampak di Hatay. Turgut Samsa selaku juru bicara IHH Departemen Hubungan Internasional mengatakan, saat ini terdapat 38 ribu lebih korban tewas dan 160 ribu lebih korban luka, serta 13 ribu bangunan gedung dan rumah luluh lantak karena gempa 6 Februari lalu.

Biaya Fantastis untuk Bikin Video Klip

Debut Solo, Jisoo Blackpink Syuting Video Klip di Luar Negeri dengan Biaya Produksi Fantastis

Liputan6.com 2023-02-21 13:00:00
Kini, Jisoo Blackpink kembali hadir dalam acara fashion show Dior Haute Couture Show 2023 yang digelar di Muse Rodin, Paris. Member tertua dari Blackpink ini tampil berbeda dalam balutan dr

Setelah lama dinanti para penggemarnya, Jisoo akhirnya debut solo mengikuti jejak tiga orang rekannya di Blackpink, Jenny, Rose dan Lisa. Saat ini albumnya masih dalam proses penggarapan.

Informasi terbaru, bintang serial Snowdrop ini sudah mulai syuting video klip. YG Entertainment selaku agensi Jisoo memberi informasi yang lebih detail soal produksi video klip terbarunya.

"Video musik untuk lagu solo Jisoo direkam di lokasi luar negeri dengan sangat rahasia. Kalian dapat menantikannya karena kami menginvestasikan biaya produksi terbesar di antara video Blackpink," ujar pihak agensi dikutip dari Allkpop, Selasa (21/2/2023).

Menurut pihak agensi, Jisoo sangat bekerja keras untuk menepati janji dan memenuhi ekspektasi para penggemar. Jisoo juga bekerja dengan rajin di belakang layar.


Kesibukan

Saat ini, penyanyi berusia 28 tahun itu juga disibukkan dengan rangkaian tur dunia bersama Blackpink. Kendati demikian, Jisoo tetap meluangkan waktu untuk penggarapan album tersebut.

Jisoo dikabarkan berencana syuting video klip tersebut di sejumlah lokasi di berbagai negara untuk memaksimalkan daya tarik Jisoo yang akan terlahir kembali sebagai artis solo.


Rekor

Blackpink sendiri telah memecahkan berbagai rekor dalam setiap album mereka termasuk proyek individual para anggotanya. Sebagai anggota terakhir grup yang merilis proyek solo, harapan untuk debut Jisoo sebagai artis solo sangat tinggi.

Saat ini nama Jisoo pun menguasai trending topic di Twitter. Ini menjadi salah satu bukti antusiasme penggemar yang tinggi atas karya solonya.


Respons

JISOO SOLO IS COMING masuk jajaran trending di Indonesia dengan lebih dari 83 ribu cuitan.

"So happy for you my Queen! you deserve it!" tulis salah satu warganet.

"Jisoo pantas mendapatkan yang terbaik. Koreans should n better be treating her royally cuz she's precious indeed," tambah yang lainnya.

Terkuak, Penyebab Putus Thariq-Fuji

Thariq Halilintar Bongkar Penyebab Putus Cinta dari Fuji: Ada Prinsip yang Dilanggar

Liputan6.com 2023-02-21 12:30:00
Thariq Halilintar. (Foto: Dok. YouTube Need A Talk)

Akhirnya Thariq Halilintar membeberkan penyebab kandasnya kisah cinta dengan Fuji. Tak ada orang ketiga, melainkan prinsip yang dilanggar hingga keduanya bubar jalan.

Pernyataan ini sekaligus menepis spekulasi yang menyebut cinta Thariq Halilintar dan Fuji ambyar karena terhalang restu Gen Halilintar. Ia menggarisbawahi pelanggaran prinsip.

"Banyak orang yang menonton, banyak orang yang mendoakan dari awal, mereka sudah support. Bukan masalah keluarga, bukan masalah... Ini soal prinsip," ungkapnya terkait penyebab Thariq Fuji putus.

Adik Atta Halilintar tak menjelaskan detail soal prinsip yang membuat cinta Fuji berakhir di 29 Januari 2023. Yang jelas, prinsip ini dianutnya sejak kecil. Ia dibesarkan oleh prinsip ini.


Perkara Prinsip

"Prinsip yang enggak bisa... ya gimana ya, kita dari kecil sudah memegang satu prinsip gitu ya," ungkap Thariq Halilintar, kami lansir dari video podcast kanal YouTube Need A Talk, Senin (20/2/2023).

"Dibesarkan dengan prinsip itu. Ketika prinsip itu dilanggar, itu mungkin harus ada pendewasaan dari masing-masing pihak," selebgram dengan 7,7 jutaan pengikut itu menambahkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Harus Ada Perbaikan

Thariq Halilintar menelan pil pahit di hari ulang tahun dengan legawa meski saat berbincang dengan Atta dan Aurel Hermansyah, ia beberapa kali mewek hingga dipeluk sang kakak.

"Harus ada perbaikan yang menurut aku lebih baik dilakukan masing-masing. Walaupun kita sampai saat ini masih sangat-sangat menghargai satu sama lain, masih saling support," Thariq Halilintar menyambung.


Tak Bakal Tertukar

Ia mengakui, selama pacaran dengan Fuji, ada banyak momen indah yang terekam di benaknya. Hingga kini, Thariq Halilintar meyakini kisah cinta yang kandas ini tak sia-sia.

"Yang sudah ditakdirkan, yang sudah jadi, yang sudah pasti jodoh kamu itu enggak bakal tertukar dan mau bagaimanapun juga akan terjadi," tutup YouTuber kelahiran Brunei ini.

Dokter Gizi Bocorkan Rahasia CR7

Dokter Gizi Al Nassr Bocorkan Rahasia Cristiano Ronaldo, Ini Alasan CR7 Tetap Bugar di Usia 38 Tahun

Liputan6.com 2023-02-21 05:00:00
Cristiano Ronaldo merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Al-Wehda pada lanjutan Saudi Pro League, Jumat (10/2/2023) dini hari WIB. (Official Al-Nassr)

Dokter gizi Al Nassr, Jose Blesa membocorkan terkait rahasia Cristiano Ronaldo tetap bugar meskipun usianya telah menginjak 38 tahun. Terbukti dalam penampilan apiknya selama memperkuat Al Nassr di Liga Arab Saudi.

Jose Blesa mengatakan pola makan dan kebugaran Cristiano Ronaldo sangat baik setelah dilakukan pemeriksaan medis di pusat kesehatan.

Setelah bergabung dengan Al Nassr pada akhir Desember dengan kontrak dua setengah tahun, Cristiano Ronaldo telah menjalani beberapa pertandingan sebelum kembali ke performa terbaiknya di bulan ini.

Terbukti dalam tiga pertandingan terakhirnya, sang penyerang telah mencetak lima gol dan memberikan dua assist, membantu Al Nassr mempertahankan keunggulannya di puncak klasemen Liga Arab Saudi.

Mantan pemain Manchester United itu telah membuktikan bahwa dirinya yang kini telah berusia 38 tahun bukan merupakan sebuah hambatan untuk terus berkarier sebagai pesepak bola.

Pasalnya tidak terdapat tanda-tanda penurunan dalam sisi kebugaran dan fisiknya selama membela Al Nassr.

Jose mengatakan jika Cristiano Ronaldo memiliki pendidikan nutrisi yang sangat bagi dengan melakukan pola makan sehat.

"Cristiano memiliki pendidikan nutrisi yang sangat baik dan makan berbagai macam makanan untuk mendapatkan energi di setiap pertandingan dan latihan, tanpa intervensi aneh yang sedang populer." ungkap Jose, dilansir dari Sportskeeda.

Ia menambahkan, dapat diambil pelajaran dari pola makan dan kesehatan sang mega bintang. Hal tersebut merupakan rahasia di balik kebugarannya, meskipun telah berusia 38 tahun.


Rahasia Kebugaran Cristiano Ronaldo

"Setiap percakapan dengannya adalah pembelajaran. Kami bertemu dan berbicara tentang dietnya, tentang bagaimana dia memahami pentingnya hal ini dan istirahat untuk kinerja. Dia memakai dua meteran istirahat: cincin dan gelang," katanya.Cristiano Ronaldo menggunakan cincin pintar untuk melacak tidur dan aktivitas fisiknya. Perangkat mengukur suhu tubuh, gerakan, dan detak jantung.

Jose melanjutkan, dengan rejimen kebugaran ketat Ronaldo secara positif menyebar melalui ruang ganti Al-Nassr.

"Sejak dia ada di sini, semua pemain telah berlatih lebih keras dan mengikuti diet yang lebih ketat. Saya belum pernah melihat klub seperti ini di mana para pemain hampir 90% meningkat dalam komposisi tubuh mereka setiap kali saya melihat mereka: mereka memiliki lebih sedikit lemak, lebih banyak otot dan mereka melakukan semua latihan di ujung jari mereka. Merupakan suatu kemewahan untuk bekerja di sana," pungkasnya.

Kontroversi Mukaab yang Disebut Mirip Ka'bah

Kontroversi Mukaab: Dianggap Mirip Ka'bah, Lebih Megah dari Empire State Building

Liputan6.com 2023-02-21 16:01:38
Arab Saudi Bangun Proyek Pusat Pendidikan dan Hiburan Mukaab. foto: Instagram @abdulrahman.haffar1

Pangeran Arab Saudi Muhammad bin Salman (MBS) menuai kritikan karena ingin mendirikan bangunan mirip Ka'bah. Bangunan itu akan menjadi unit hunian, serta lokasi hiburan dan budaya.

Bangunan itu bernama Mukaab yang berarti kubus dalam Bahasa Arab. Mukaab merupakan bagian dari Vision 2030 yang dicetuskan Pangeran MBS.

Berdasarkan laporan The New Arab, Selasa (21/2/2023), tinggi Mukaab tersebut rencananya akan mencapai 400 meter, dan lebarnya cukup untuk menampung 20 Empire State Building.

Empire State Building adalah bangunan tertinggi ketiga di Amerika Serikat (setelah Menara Willis dan Trump International Hotel and Tower di Chicago) dan tertinggi ke-22 di dunia.

Pembangunan Mukaab didanai oleh Public Investment Fund (PIF) di Arab Saudi.

Mukaab rencananya juga akan memiliki 100 ribu unit tempat tinggal, 9.000 ruangan hotel, dan 1,4 juta meter persegi ruang kerja, serta lokasi hiburan dan budaya.

A gateway to another world: #TheMukaab will be the world's first immersive, experiential destination. Large enough to hold 20 Empire State Buildings, the global icon will feature innovative technologies to transport you to new worlds.#NewMurabbahttps://t.co/5R4DqQdPyS pic.twitter.com/vr9M8cTI1I

Inspirasi bangunan ini sebetulnya adalah daerah Najd di Arab Saudi, namun ada yang menganggap desainnya mirip Ka'bah.

Pada video promosinya, Mukaab ditampilkan akan menjadi gedung yang sangat tinggi dibandingkan sekitarnya. Sementara, interior gedung itu akan mengambil tema futuristik. Ada juga rencana membangun menara spiral di dalam bangunan tersebut.

Sejumlah netizen lantas mengkritik unggahan di akun Twitter @PIF_en, meski ada yang menolak bahwa Mukaab meniru Ka'bah.

"Apa hanya saya atau bangunan itu memang mirip sebuah Kaaba,(Ka'bah)?" tanya seorang netizen.

"Hanya kamu saja (yang berpikir demikian)," balas netizen lain.


Mega Proyek

Sebelumnya, Arab Saudi berupaya mengubah ibu kotanya menjadi salah satu "kota paling layak huni di Bumi". Kota yang ingin dibangun seperti kota dari film fiksi ilmiah.

Dikutip dari CNN, Selasa (21/2/2023), Arab Saudi sedang membangun pusat kota baru di Riyadh, yang diumumkan oleh Sovereign Wealth Fund pada Jumat, 17 Februari 2023. Dipelopori oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS), proyek Murabba Baru atau alun-alun baru dimaksudkan untuk memperluas ibu kota sekitar 19 kilometer persegi (4.695 hektar) untuk menampung ratusan ribu penduduk.

Inti dari proyek ini adalah "Mukaab" proyek kubus persegi dengan tinggi 400 meter, lebar 400 meter dan panjang 400 meter yang cukup besar untuk memuat 20 bangunan Empire State. Proyek ini menawarkan "pengalaman mendalam" dengan lanskap yang berubah dari luar angkasa menjadi pemandangan hijau, menurut Public Investment Fund (PIF) atau Dana Investasi Publik. Proyek Mukaab ini dijadwalkan selesai pada 2030.

Adapun PIF merupakan dana investasi publik yang memiliki kekayaan negara senilai USD 620 miliar yang dipimpin oleh MBS.

Pada proyek ini menerapkan teknologi holografik yang menawarkan "realitas baru" kepada konsumen saat berbelanja dan makan. Bangunan ini juga mencakup fasilitas rekreasi, hotel dan unit residensial.


Sumbang PDB Non Minyak

Proyek Murabba baru menjanjikan ruang yang unik, ruang untuk kerja dan hiburan, serta dapat menempuh 15 menit berjalan kaki, dan 20 menit ke bandara. Seluruh proyek akan selesai pada 2030.

Mengutip nationalworld.com, pengembang yakin proyek ini akan berkontribusi pada pembangunan Riyadh ke depan dan akan ciptakan 334.000 pekerjaan langsung dan tidak langsung.

Proyek tersebut juga diperkirakan dapat menyumbang 180 miliar Riyal Arab Saudi atau sekitar Rp 728,85 triliun (asumsi satu Riyal Arab Saudi 4.049 terhadap rupiah) untuk produk domestik bruto (PDB) non minyak.


Tolak Tuduhan Mirip Ka'bah

Terkait kontroversinya, warganet lain yang terutama dari Arab Saudi menanggapi kritik tersebut dengan sudut pandang lain. "Mengapa Muslim dari negara asing begitu mudah dimanipulasi?" tanya seorang pengguna Twitter dengan akun @far0h8.

"Jika setiap bangunan yang berbentuk kubik adalah 'ka'bah baru', maka Anda akan menemukan jutaan ka'bah di Riyadh karena kami memiliki banyak bangunan berbentuk kubus."

Sementara itu, warga negara Arab Saudi lainnya dengan akun @999saudsalman juga menuduh mereka yang mencemooh proyek tersebut sebagai "Saudiphobes" atau "Anti-Arab Saudi" dan menggambarkan tuduhan itu sebagai "tidak masuk akal".

Sebelumnya, Arab Saudi juga berambisi untuk membangun gedung pencakar langit tertinggi dan terbesar di dunia. Mereka berencana membangun gedung setinggi sekitar 2.000 meter dan akan dibangun di pusat ibu kota Arab Saudi, Riyadh.

Biaya pembangun gedung itu diperkirakan bisa mencapai 4 miliar pound sterling dan membuka kesempaatan bagi para desainer untuk mengikuti kompetisi desain gedung tersebut dengan hadiah uang sebesar 840 ribu pound sterling atau sekitar Rp 16 miliar.

Ada Gunung Bawah Laut di Pacitan

Viral Temuan Gunung Bawah Laut di Pacitan, BPBD: Tidak Usah Panik, Sudah Ada Sejak Lama

Liputan6.com 2023-02-21 10:04:14
Ilustrasi gunung bawah laut di perairan selatan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. (Istimewa)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Erwin Andriatmoko mengimbau warga tidak khawatir apalagi panik dengan informasi temuan gunung bawah laut di perairan setempat.

"Gunung itu betul ada, akan tetapi tidak ada kaitannya dengan aktivitas kegempaan yang terjadi di wilayah Pacitan selama ini. Jadi (sebaiknya) masyarakat tidak perlu khawatir," kata Erwin di Pacitan, Senin (20/2/2023).

Hal itu ditekankan Erwin menyusul viralnya berita temuan gunung bawah laut yang ada di kedalaman 3-4 kilometer di bawah permukaan laut, 200 kilometer barat daya Kota Pacitan.

Ia menegaskan, gunung yang diidentifikasi Badan Informasi Geospasial (BIG) memiliki ketinggian sekitar 2.300 meter dari dasar laut itu sudah ada sejak lama, tapi keberadaannya baru diketahui akhir-akhir ini.

"Tidak pernah ada dalam sejarah kemunculan gunung, apalagi gunung sebesar itu dengan tiba-tiba. Dalam artian sekali proses gempa. Berarti gunung itu sudah lama ada cuma baru terdeskripsi atau baru ditemukan," terangnya.

Dengan logika dasar itu, Erwin memastikan tidak ada kaitan antara keberadaan gunung bawah laut itu dengan aktivitas kegempaan yang kerap terjadi dan dirasakan di wilayah Pacitan.

Erwin mengaku juga sudah berkoordinasi dengan pejabat/petugas di BIG yang khusus menangani masalah pergunungan.

Dan dari hasil diskusi via telepon saat itu, Erwin berkesimpulan bahwa terbentuknya gunung bawah laut di barat daya Kabupaten Pacitan itu terbentuk akibat tumbukan dua lempeng bumi yang terjadi sejak berjuta tahun lalu.

"Gunung itu terbentuk karena aktivitas lipatan lempeng. Sama seperti Gunung Jaya Wijaya, Gunung Everest. Everest itu kalau dilihat dari sejarahnya itu dulu lautan, sekarang menjadi gunung tertinggi di dunia. Jadi sama saja, bahwa itu terbentuk karena proses alam lipatan yang terjadi sejak berjuta-juta tahun lalu, sehingga terbentuklah gunung seperti itu," paparnya.

Terkait ancaman dampak keberadaan gunung bawah laut di perairan Pacitan, Erwin mengatakan itu sebagai problematika tersendiri. Pasalnya, sampai saat ini ia menyebut belum ada teknologi yang bisa memantau aktivitas vulkanologi sedalam lebih dari 500 meter di bawah permukaan laut.

"Itu menjadi kesulitan tersendiri. Jadi tidak bisa dipantau aktivitas vulkanologinya. (sampai saat ini) yang bisa itu seperti gunung di Sulawesi Utara, itu pun tidak bisa maksimal. Karena alat tidak bisa berfungsi sempurna. Hanya di Sulawesi Utara itu aktivitas vulkanologi (bawah laut) bisa diidentifikasi dari peningkatan gelembung di seputaran gunung serta fenomena kematian ikan dalam jumlah masif," lanjutnya.


Tidak Mengakibatkan Gempa

Untuk itu, Erwin sekali lagi mengimbau warga untuk tidak resah apalagi panik berlebihan. Sebab menurut dia, dalam sejarah kevulkanologian di Indonesia maupun di dunia, tidak pernah ada (aktivitas vulkanologi) gunung berapi yang bisa mengakibatkan gempa bumi yang memicu tsunami kecuali di Tonga, sekitaran Kepulauan Fiji.

"Gunung Tonga itu beraktivitas karena gunungnya besar, sehingga mengakibatkan gempa yang besar (dan memicu tsunami)," katanya.

Erwin menambahkan, saat ini yang perlu diwaspadai adalah potensi aktivitas tektonik dari lempeng bumi yang selama ini menjadi pembentuk gunung.

"Jadi yang perlu kita waspadai bukan aktivitas vulkanologi dari gunung itu, jika itu memang gunung api. Cuma sampai saat ini kan kita belum mendapat kepastian apakah itu gunung api atau bukan. Tapi kalaupun itu gunung api kita sebaiknya lebih mewaspadai potensi aktivitas lempeng bumi di pesisir selatan, karena yang bisa mengakibatkan tsunami hanya itu," katanya.

Relakan Jabatan Menpora demi Waketum PSSI?

HEADLINE: Menpora Zainudin Amali Pilih Fokus Jadi Waketum PSSI, Siap Mundur?

Liputan6.com 2023-02-22 00:02:58
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memberikan sambutan saat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). KLB ini akan memilih 15 Eks

Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI tidak hanya memicu perubahan susunan pengurus di rumah federasi sepak bola Tanah Air. Agenda pemilihan yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2) lalu juga berimbas pada susunan kabinet Indonesia Maju yang dibentuk Presiden RI, Joko Widodo pada 2019 lalu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali ingin meninggalkan jabatannya sebagai pembantu presiden usai terpilih menjadi wakil ketua umum (Waketum) PSSI periode 2023-2027. Rencana ini sudah ia sampaikan kepada Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/2/2023).

"Tadi saya secara pribadi sudah melapor kepada presiden, dan tentu beliau sudah tahu saya terpilih sebagai salah satu wakil ketua umum PSSI. Dan, beliau menyerahkan kepada saya, karena kepada teman-teman saya katakan harus memilih. Dan saya sampaikan kepada bapak Presiden, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola. Jadi pengurus PSSI," ujar Menpora Zainudin Amali kepada wartawan.

"Dan hal itu dipahami beliau. Saya diizinkan untuk konsentrasi dan fokus terhadap sepak bola," kata Menpora Amali tanpa menjelaskan lebih rinci mengenai statusnya ke depan.

Rencana pengunduran diri Menpora Amali sebenarnya sudah mulai berembus tidak lama setelah ia terpilih sebagai waketum PSSI lewat Kongres Luar Biasa di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Ketua Umum PSSI yanh baru, Erick Thohir dalam sebuah acara talk show bahkan menyebutkan, kalau permintaan itu sudah disampaikan kepada Presiden Jokowi sebelum KLB PSSI digelar di Jakarta.

Menurut Erick, pilihan itu sangat logis mengingat status Zainudin Amali sebagai Menpora rawan konflik kepentingan saat menjabat sebagai waketum. Meski demikian, Erick tetap terkejut saat Menpora Zainudin Amali menyampaikan keinginan tersebut kepada Presiden Jokowi di Istana Bogor, beberapa waktu lalu.

"Saya juga terkejut karena beliau itu menyampaikannya saat kami baru pulang dari Doha waktu itu. Ketika kami diterima di Istana Bogor untuk menyampaikan hasil negosiasi untuk Piala Dunia U-20. Tapi itukan pilihan beliau ya," ujar Erick Thohir saat ditanya mengenai rencana mundur Menpora Zainudin Amali.

Pada kesempatan terpisah, Presiden Jokowi mengaku sudah menerima pengunduran diri Menpora Zainudin Amali secara informal. Hanya saja, mantan Gubernur DKI Jakarta itu masih menunggu surat resminya. Karena itu, Presiden Jokowi juga masih enggan memberi komentar terkait calon pengganti Zaindun Amali.

"Gantinya nanti kalau sudah ada resminya baru saya bicara ya," ujarnya usai meninjau Normalisasi Kali Ciliwung Jakarta, Selasa (21/2/2023).


Kiprah Menpora Amali

Zainudin Amali telah menjabat sebagai Menpora sejak Oktober 2019 lalu. Pria kelahiran Gorontalo, 16 Maret 1962 tersebut ditunjuk menggantikan posisi Hanif Dhakiri yang sebelumnya dipercaya sebagai pelaksana tugas setelah setelah Menpora Imam Nahrawi tersandung kasus hukum.

Di pentas olahraga, nama Zainudin Amali awalnya sangat jarang terdengar. Sosoknya justru lebih akrab sebagai politisi. Dia sebelumnya pernah menjabat sebagai Ketua DPP Partai Golkar periode 2014-2019 dan merupakan anggota DPR RI selama 4 periode.

Selama menjadi wakil rakyat, Zainudin Amali sempat duduk di Komisi II DPR. Komisi ini mengurusi pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, aparatur dan reformasi birokrasi, kepemiluan, serta pertahanan, hingga reforma agraria.

Selain politikus, Zainudin Amali juga seorang pengusaha. Sebelum terjun ke dunia politik, ia pernah memimpin sejumlah perusahaan seperti; PT Putra Mas, PT Wirabuana Dwi Jaya Persada, PT Gitrana Sendiko, PT Sura Terang Agung, PT Makmur Triagung, dan PT Supra Dinakarya.

Saat terpilih sebagai Menpora, Zainudin diminta Presiden Jokowi untuk menyiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. Namun karena pandemi Covid-19, agenda ini baru terlaksana pada Oktober tahun 2021 dengan protokol yang ketat.Selain itu, presiden juga menitipkan sepak bola kepada Amali.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Sepak Bola Nasional. Di masa kepengurusannya, Menpora Zainudin Amali juga punya tugas besar lainnya sebagai ketua Organizing Committee (INAFOC) FIFA U-20 World Cup 2023.

Turnamen usia muda ini bakal digelar di Indonesia mulai Mei hingga Juni tahun ini.


Anti Intervensi

Berbeda dengan Menpora periode sebelumnya, hubungan Zainudin Amali dan PSSI sebagai induk federasi sepak bola di Tanah Air terbilang cukup harmonis. Secara personal, Amali juga dikenal cukup dekat dengan ketua umum PSSI 2019-2023, Mochamad Iriawan.

Keduanya kerap melakukan rapat koordinasi untuk membahas kesiapan kompetisi hingga tim nasional (Timnas) Indonesia. Bahkan sebelum Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI digelar, Menpora Zainudin Amali juga sempat duduk bersama PSSI untuk membahas penyempurnaan Inpres No 3 tahun 2019 yang selama ini sama sekali tidak mencantumkan PSSI di dalamnya.

Menpora kemudian menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Audtorium Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Jakarta, Senin (13/2/2023). Acara ini dihadiri sejumlah tokoh sepak bola termasuk Dirtek PSSI Indrja Sjafri dan Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti. Dalam sambutannya, Menpora Zainudin Amali menjelaskan kalau Inpres percepatan sepak bola nasional perlu disempurnakan. Sebab, aturan itu lahir ketika situasi federasi dan pemerintah tidak akur.

Akibatnya, alih-alih melimpahkan tugas kepada PSSI, Inpres itu justru menitikberatkan pelaksanaan pada taskforce. Menurut Amali, kehadiran task force dalam Inpres tersebut sama saja menghilangkan peran PSSI secara perlahan hingga bisa diartikan sebagai bentuk intervensi pemerintah yang berpotensi memicu hadirnya kembali sanksi FIFA kepada Indonesia. "Begitu saya jadi Menteri, saya lihat, saya tidak mau (melanjutkan). Saya bilang kalau task force yang mengurusi sepak bola, berarti pemerintah sudah intervensi," katanya dia.


Drama KLB PSSI

Kepengurusan PSSI era Mochamad Iriawan terpaksa berakhir lebih cepat. Sejatinya pergantian baru digelar November 2023. Hanya saja, Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan penonton pada pertandingan Arema FC vs Persebaya, Oktober tahun lalu memaksa KLB PSSI dimajukan hingga 16 Februari 2023.

Menpora Zainudin Amali kemudian maju sebagai salah satu calon wakil ketua umum (Waketum), bersaing dengan 15 kandidat lain.

Langkah Zainudin di KLB PSSI tidak mulus. Pasalnya, pemilihan yang memenangkannya bersama Yunus Nusi terpaksa diulang. Padahal saat itu, Menpora Zainudin Amali berada di urutan teratas dengan 66 suara, disusul Yunis dengan 63 suara. Sementara posisi ketiga ditempati Ratu Tisha dengan 41 suara.

Sejumlah voters dilaporkan protes atas hasil ini. Mereka mempertanyakan hilangnya sejumlah suara saat penghitungan hingga akhirnya mendorong dilakukannya pemilihan ulang.

Kali ini, perolehan suara Menpora Amali justru melorot ke posisi ketiga dengan 44 suara. Sementara Ratu Tisha berada di urutan pertama dengan 54 suara diikuti Yunus dengan 55 suara.

Drama tidak berakhir di sini. Yunus Nusi yang sudah terpilih sebagai wakil ketua umum PSSI belakangan malah mundur. Dia beralasan, Menpora Zainudin Amali lebih layak untuk posisi itu.

Keputusan ini selanjutnya diikuti dengan pengangkatan Amali sebagai wakil ketua umum 1 menggeser Ratu Tisha yang memiliki suara terbanyak pada pemilihan ulang menjadi waketum 2 PSSI.

Menurut pengamat sepak bola, Kusnaeni, terpilihnya Menpora sebagai wakil ketua umum PSSI belum pernah terjadi. Meski demikian, tidak ada regulasi yang melarang pejabat pemerintah untuk menjadi pengurus PSSI. "Dan kalo beliau ga mundul, di satu titik nanti akan terjadi kekikukan di alur birokrasi antara PSSI dan Menpora," kata Kusnaini kepada Liputan6.com.

Kusnaeni menambahkan, saat ini sepak bola Indonesia tengah berada di salah satu titik terendah sehingga dibutuhkan sosok yang dapat stand by dan punya energi yang besar pula. Selain itu, untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di PSSI saat ini, juga dibutuhkan sosok yang punya akses, jaringan dan kapasitas.

"Pak Zainudin Amali punya semua itu dari pengalaman-pengalamannya. Diharapkan beliau dapat membantu merealisasikan Inpres No 3 Tahun 2019 yang belum pernah dapat direalisasikan oleh pengurus PSSI sebelumnya," beber Kusnaeni menambahkan.


Tugas Waketum PSSI

Menurut statuta PSSI tahun 2019, terdapat 15 komite eksekutif (exco) di dalam kepengurusan PSSI. Mereka terdiri dari 1 ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 anggota exco. Seluruhnya memiliki masa tugas empat tahun, terhitung sejak terpilih.

Pada pasal 42 mengenai ketentuan umum juga disebutkan, kalau wakil ketua umum PSSI yang paling lama melayani di sepak bola bakal menggantikan posisi ketua umum yang berhalangan. Ayat lainnya juga menyebutkan bila tampuk pimpinan di PSSI kosong dan masa jabatannya masih lebih dari 24 bulan, maka wakil ketua umum yang paling lama melayani dan berpengalaman di sepak bola otomatis naik menjadi ketua umum hingga akhir kepengurusan.

Kusnaeni tidak ingin berprasangka terhadap keputusan Zainudin Amali rela melepas jabatan menteri demi waketum PSSI. Dia mengaku tidak melihat ada agenda lain di luar pekerjaannya saat ini. "Kalo pun misal ke depannya ternyata ada agenda lain ya, engga masalah selama tetap pada jalan yang benar," ujarnya.


Sosok Pengganti Menpora

Sementara itu, Arya Fernandes, Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS menilai, keputusan Menpora Zainudin Amali mundur dari jabatannya bakal menimbulkan sejumlah implikasi.

Salah satunya, tentu saja terkait dengan reshuffle kabinet untuk mencari Menpora yang baru. "Karena beliau dari Golkar, kemungkinan besar Golkar akan meng-endorse kader mudanya untuk menggantikan Zainudin Amali," kata Arya kepada Liputan6.com.

Sejauh ini, Arya berasumsi dua Ketua AMTG Ilham Permana dan mantan Ketua AMPI Golkar Dito Ariotedjo bisa jadi kandidatnya.

"Melihat banyaknya event-event internasional strategis seperti Piala Dunia U-20, SEA Games, dan Asian Games, memunculkan implikasi selanjutnya mengenai sosok seperti apa yang dibutuhkan presiden untuk mengisi posisi Menpora," bebernya.

Menurut Arya, ada beberapa kriteria yang dibutukan Menpora selanjutnya. Selain memiliki dukungan politik yang kuat, sosok pengganti Zainudin Amali juga harus memiliki pengalaman memimpin baik di organisasi kepemudaan dan mungkin di pemerintahan. Selain itu, pengganti Zainudin juga diharapkan memiliki Kematangan berpikir dan berpolitik serta punya jaringan yang luas di organisasi pemuda dan partai politik.

Kusnaeni punya pandangan tak jauh berbeda. Dia juga berharap, sosok pengganti Menpora memiliki jiwa kepemudaan. Hanya saja, Kusnaini berharap, calon pengganti Zainudin Amali tetap dari kalangan yang memahami olahraga. "Paling ideal secara teoritis adalah orang yang paham olahraga, secara usia masih dekat dengan kalangan kepemudaan," beber Kusnaini mengakhiri.

Sejauh ini, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga masih berhati-hati menanggapi keinginan mundur Menpora Zainudin Amali. Dia masih menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo terkait calon penggantinya. Airlangga menyerahkan proses itu kepada presiden. "Hak prerogatif Pak Presiden," katanya.