Anak Pejabat Pajak Jadi Tersangka Penganiayaan

Anak Pejabat Pajak yang Jadi Tersangka Penganiayaan Hobi Pamer Harta di Medsos

Liputan6.com 2023-02-22 14:40:39
Mario Dandy yang juga anak pejabat pajak bernama Rafael Alun Trisambodo tersangka penganiayaan dikenal hobi pamer harta di media sosial. (Liputan6.com/ Ist)

Mario Dandy Satrio, anak pejabat pajak bernama Rafael Alun Trisambodo, ditetapkan sebagai tersangka penganiayaan. Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu (22/2/2023) mengatakan, Mario Dandy saat ini sudah ditahan, sementara korban masih belum bisa dimintai keterangan karena masih dirawat di rumah sakit.

Ary menjelaskan, penganiayaan terhadap korban bernama David terjadi pada Senin (20/2/2023) malam pukul 20.30 WIB.

Saat itu Mario mendatangi korban David lantaran mendapat informasi dari saudari A ada yang memperlakukannya kurang baik.

Di lokasi rumah teman David berinisial R, Mario Dandy langsung meminta klarifikasi mengenai perihal perbuatan tidak baik tersebut, lalu terjadi perdebatan yang berujung tindakan penganiayaan kepada David.

Orangtua R yang mendengar keributan di depan rumahnya langsung keluar dengan melihat David tergeletak di dekat pelaku dan langsung menolong korban.

Kemudian orangtua R membawa David ke rumah sakit terdekat dengan dibantu petugas keamanan komplek yang saat itu berjaga.

Pukul 21.00 WIB, pelapor berinisial MR menghubungi polisi lalu direspon cepat Piket Reskrim Polsek Pesanggrahan dengan langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP).

"Selanjutnya pelaku diamankan oleh petugas keamanan komplek dan petugas dari Polsek Pesanggrahan dengan membawanya ke kantor polisi," jelasnya.

Atas perbuatannya tersebut, pelaku terancam terjerat pasal 351 KUHP mengenai penganiayaan dengan ayat (1) berbunyi penganiayaan dihukum dengan hukuman penjara selama-lamanya dua tahun delapan bulan atau denda sebanyak-banyaknya Rp4.500.

Ayat (2) jika perbuatan itu menjadikan luka berat, maka dihukum penjara selama-lamanya lima tahun.


Hobi Pamer Harta

Sementara itu, Mario Dandy yang juga anak pejabat pajak bernama Rafael Alun Trisambodo, dikenal kerap pamer harta di media sosial.

Di akun Tiktok milik Mario Dandy Satrio @mariodandys, terlihat dirinya suka mengunggah video-video mobil dan sepeda motor mewah, mulai dari Harley Davidson hingga Rubicon. Salah satu konten terbaru yang diunggahnya adalah video yang menampilkan mobil mewah Rubicon hitam. Unggahan tersebut banyak dikomentari miring warganet usai terjadi kasus penganiayaan.

Sedangkan Rafael Alun Trisambodo, sang ayah, dalam LHKPN KPK, terakhir kali menjabat sebagai Kepala Bagian Umum di salah satu Kanwil di Jakarta.

Sebelumnya ramai diberitaka di media sosial, peristiwa penganiyaan yang dilakukan Mario Dandy anak pejabat pajat di rumah temannya di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Korban kemudian mendapatkan pesan dari mantan pacarnya yang mengaku ingin mengembalikan kartu pelajar. Korban lantas mengirimkan lokasi rumah temannya tersebut untuk bertemu.

Setelah dikabari sudah sampai, korban pun keluar dan melihat ada sebuah unit mobil Rubicon berwarna hitam sudah terparkir. Di dalamnya ada sekitar 4 orang termasuk tersangka Mario Dandy Satrio. Kemudian korban diajak ke sebuah gang kosong dan langsung dianiaya. Akibat penganiayaan tersebut, David mengalami luka serius di wajah dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Kecam Gaya Hedon Anak Pejabat Pajak

Sri Mulyani Kecam Gaya Hidup Mewah Mario Dandy Satriyo Anak Pejabat Pajak Pelaku Penganiayaan di Jaksel

Liputan6.com 2023-02-22 15:40:15
Sri Mulyani Kecam Gaya Hidup Mewah Anak Pejabat Pajak Pelaku Penganiayaan di Jakarta Selatan. (Liputan6.com)

Anak pejabat pajak pelaku penganiayaan di Jakarta Selatan (Jaksel) bernama Mario Dandy Satriyo, menjadi sorotan warganet di Tanah Air.

Selain warganet, kasus penganiayaan yang dilakukan oleh anak pejabat Direktorat Jenderal Pajak itu juga mencuri perhatian Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Lewat akun Instagram @smindrawati, Menteri Keuangan itu mengatakan telah menerima informasi kasus tersebut semalam.

"Tadi malam saya mendapat laporan mengenai kejadian yang ramai beredar di media sosial," tulis Sri Mulyani di akun Instagram, Rabu (22/2/2023).

Sri Mulyani mengecam tindakan kekerasan dan penganiayaan yang dilakukan, dan mendukung penanganan hukum secara konsisten oleh instansi yang berwenang.

Tak hanya itu, dirinya juga mengecam gaya hidup mewah yang dilakukan oleh keluarga jajaran Kemenkue yang menimbulkan erosi kepercayaan terhadap integritas Kementerian Keuangan.

"Dan menciptakan reputasi negatif kepada seluruh jajaran Kemenkeu yang telah dan terus bekerja secara jujur, bersih dan profesional," tulisnya.

Dia juga memastikan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan terus melakukan langkah konsisten untuk menjaga integritas seluruh jajaran pejabatnya, dengan menerapkan tindakan disiplin bagi mereka yang melakukan korupsi dan pelanggaran integritas.

"Kepercayaan publik adalah hal esensial dan fondasi yang harus dijaga bersama dan tidak boleh dikompromikan oleh seluruh jajaran Kemenkeu," tuturnya dia.

Sri Mulyani juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan yang terus ikut memonitor dan menjaga. "Mari kita jaga dan bangun bersama Indonesia," pungkasnya di Instagram.


Viral Anak Pejabat Pajak Melakukan Penganiayaan

Polisi telah menetapkan pria berinisial MDS, diduga yang bersangkutan merupakan anak salah satu pejabat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta Selatan, sebagai tersangka.

MDS diduga melakukan penganiayaan terhadap David di pesanggarahan, Jaksel.

Diketahui, aksi MDS viral di media sosial mengenai dugaan penganiayaan yang dilakukan anak seorang pejabat Ditjen Pajak.

"Tersangka MDS telah ditahan," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi saat dikonfirmasi pada Rabu (22/2/2023).

Adapun MDS dalam kasus ini telah ditersangkakan dengan Pasal 351 KUHP atas tindakan penganiayaan yang mengakibatkan luka memar biru, dengan acaman pidana penjara paling lama 2 tahun 8 bulan.

Sementara untuk kondisi korban David saat ini masih dalam perawatan di RS Medika usai dianiaya pada Senin tanggal 20 Februari 2023 sekira pukul 20.30 WIB di perumahan kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Korban masih belum dapat dimintai keterangan, karena masih dirawat di RS," jelas Ade.

Dia menjelaskan kronologi kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan tersangka. "Berawal adanya info dari saudari A (teman MDS), kepada MDS bahwa ada yang memperlakukan kurang baik terhadap A," kata Ade.


Jadi Sorotan Warganet

Warga Twitter sedang ramai menyoroti kasus penganiayaan oleh pengendara Jeep Rubicon, terhadap korban bernama David di daerah Pesanggarahan, Jakarta Selatan.

Diketahui, pelaku yang bernama Mario Dandy Satriyo telah melakukan penganiayaan terhadap David selaku korban.

"Tersangka MDS telah ditahan," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi saat dikonfirmasi pada Rabu (22/2/2023).

Aksi Mario Dandy Satriyo selaku pengendara Rubicon langsung viral di media sosial, dan diketahui adalah anak seorang pejabat Ditjen Pajak.

Dari penelusuran warganet, Mario adalah anak dari Rafael Alun Trisambodo, Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jakarta Selatan II.

Usai tahu latar belakang sosok Mario, warganet pun langsung ramai jadi perbincangan dimana mayoritas membahas tentang

Aksi kekerasan oleh pengendari Rubicon ini langsung ramai diperbincangkan warganet, dimana mayoritas pengguna menyoroti gaya hidup Mario yang kerap pamer kendaraan mewah di platform media sosial.


Cuitan Warganet

Berkut adalah cuitan warganet, sebagaimana dirangkum dari Twitter.

"Masa Rubicon masuk ke golongan mobil jahat mobil impianku itu heuheu," kata @beaut****

"Mungkin yang bagian Rubicon sama HDnya ga dilaporin di SPT," ucap @agus****

"Anak pejabat pakai mobil Rubicon, mungkin gaji ortu nya sangat besar ," ujar @hon****

"Pak kalo punya Harley sama Rubicon apa ga wajib dilaporkan ya? Enak ya eselon aja bisa jadi banyak uang, keluarnya bisa petantang petenteng di jalan," cuit @ASagi****

"Kita bayar pajak buat dikasih anak istrinya mobil rubicon ," jelas @freshhmilku di Twitter.

"Pejabat pajak bisa ngasih rubicon & harley ke anaknya sementara kami yang pajaknya dipotong disana sini cuma bisa punya "waktu" sebagai kemewahan yg bisa dikasihin ke anak," kata @dust****

"Netizen kita emang luar biasa! Berarti Rubicon & Harley bukan hasil sendiri ya? Soale yang dilaporin kan yang hasil sendiri doang. Eehh.. ," twit @p4c3n0g3.

"Coba dicek di SPT bapaknya Pak. Apakah Rubicon dan Harleynya dilaporkan? Karena di LHKPN 2021 tidak dilaporkan. ," tulis @txtdaritax.

(Ysl/Tin)

Harta Ayah Mario Dandy Rp 56,1 Miliar

Harta Kekayaan Rafael Alun Trisambodo Rp 56,1 Miliar, Pejabat Pajak Ayah Tersangka Mario Dandy Satriyo Kasus Penganiayaan

Liputan6.com 2023-02-22 16:01:32
Polisi mengungkap sosok Mario Dandy Satriyo (20) anak pejabat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta Selatan yang ditetapkan tersangka atas kasus dugaan penganiayaan terha

Nama pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo tengah jadi bahan perbincangan di media sosial. Hal ini lantaran anak pejabat pajak itu bernama Mario Dandy Satrio melakukan tindak penganiayaan hingga menyebabkan korban tak sadarkan diri.

Kepastian mengenai Mario Dandy Satrio merupakan anak Rafael Alun Trisambodo disampaikan Stafsus Menkeu Yustinus Prastowo.

"Terinfo demikian," tegas dia kepada Liputan6.com, Rabu (22/2/2023).

Mario Dandy Satrio, putranya viral menganiaya David di pesanggarahan, Jaksel. David saat ini masih dalam perawatan di RS Medika usai dianiaya pada Senin tanggal 20 Februari 2023 sekira pukul 20.30 WIB di perumahan kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Rafael Alun Trisambodo merupakan pejabat pajak eselon 2 yang menjabat sebagai Kepala Bagian Umum di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan. Sebelum ini, Rafael Alun Trisambodo sempat menjadi kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dikutip dari e-lhkpn KPK, Rafael Alun Trisambodo memiliki harta kekayaan mencapai Rp 56,1 miliar. Mayoritas kekayaannya disumbang dari tanah dan bangunan yang bernilai Rp 51,9 miliar. Tanah dan Bangunan yang dimiliki Rafael Alun Trisambodo berjumlah 11 tersebar di Jakarta, Sleman, hingga Manado.

Tanah dan bangunan paling mahal terletak di Jakarta Barat dengan luas 766 m2 / 558 m2 dengan nilai Rp 21,9 miliar.

Sementara dari alat transportasi, Rafael Alun Trisambodo cuma memiliki dua kendaraan, yaitu Toyota Camry tahun 2008 senilai Rp 125 juta dan Toyota Kijang tahun 2018 senilai Rp 300 juta. Di laporan ini tak ada Jeep Rubicon yang dipakai anaknya saat melakukan penganiayaan.

Selain itu, harta kekayaan lainnya disumbang dari harta bergerak Rp 420 juta, surat berharga Rp 1,5 miliar, kas dan setara kas Rp 1,3 miliar, harta lainnya Rp 419 juta. Dalam laporan ini, Rafael Alun Trisambodo tercatat tak memiliki utang.


Disemprot Sri Mulyani

Anak pejabat pajak pelaku penganiayaan di Jakarta Selatan (Jaksel) bernama Mario Dandy Satriyo, menjadi sorotan warganet di Tanah Air.

Selain warganet, kasus penganiayaan yang dilakukan oleh anak pejabat Direktorat Jenderal Pajak itu juga mencuri perhatian Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Lewat akun Instagram @smindrawati, Menteri Keuangan itu mengatakan telah menerima informasi kasus tersebut semalam.

"Tadi malam saya mendapat laporan mengenai kejadian yang ramai beredar di media sosial," tulis Sri Mulyani di akun Instagram, Rabu (22/2/2023).

Sri Mulyani mengecam tindakan kekerasan dan penganiayaan yang dilakukan, dan mendukung penanganan hukum secara konsisten oleh instansi yang berwenang.

Tak hanya itu, dirinya juga mengecam gaya hidup mewah yang dilakukan oleh keluarga jajaran Kemenkeu yang menimbulkan erosi kepercayaan terhadap integritas Kementerian Keuangan.

"Dan menciptakan reputasi negatif kepada seluruh jajaran Kemenkeu yang telah dan terus bekerja secara jujur, bersih dan profesional," tulisnya.


Upaya Kemeterian Keuangan

Dia juga memastikan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan terus melakukan langkah konsisten untuk menjaga integritas seluruh jajaran pejabatnya, dengan menerapkan tindakan disiplin bagi mereka yang melakukan korupsi dan pelanggaran integritas.

"Kepercayaan publik adalah hal esensial dan fondasi yang harus dijaga bersama dan tidak boleh dikompromikan oleh seluruh jajaran Kemenkeu," tuturnya dia.

Sri Mulyani juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan yang terus ikut memonitor dan menjaga. "Mari kita jaga dan bangun bersama Indonesia," pungkasnya di Instagram.

Salah Cetak Sejarah

Mohamed Salah Cetak Sejarah di Liverpool Usai Pecahkan Dua Rekor Liga Champions

Liputan6.com 2023-02-22 12:00:22
Pemain Liverpool, Mohamed Salah, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Everton pada laga Liga Inggris di Stadion Anfield, Selasa (14/2/2023). (AP Photo/Jon Super)

Mohamed Salah telah memecahkan dua rekor Liga Champions dan menyamai catatan lainnya setelah berkontribusi pada kedua gol Liverpool dalam kekalahan kandang 2-5 melawan Real Madrid di leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Anfield, Rabu dini hari WIB (22/2/2023)

Liverpool - yang ingin membalas dendam atas Real Madrid setelah kalah di final musim lalu melawan raksasa Spanyol - memimpin dua gol di Anfield ketika Darwin Nunez dan Salah sama-sama mencetak gol dalam 14 menit pertama.

Salah memainkan umpan sempurna ke arah Nunez yang dengan berani menjentikkan bola melewati Thibaut Courtois dari dalam kotak penalti untuk membuka skor di menit keempat.

Bintang Liverpool asal Mesir itu mencatatkan assist ke-13nya di Liga Champions untuk The Reds, dan menjadi pemain pertama dalam sejarah klub yang mencapai prestasi tersebut di kompetisi tersebut.

Salah kemudian diberi peluang bagus oleh Courtois ketika penjaga gawang Real Madrid itu salah mengontrol umpan balik dengan lututnya, yang memungkinkan pemain nomor 11 Liverpool itu membuat gebrakan gawang dengan tendangan kaki samping di menit ke-14.


Rekor

Salah kini telah mencetak total 44 gol di Liga Champions. Jumlah gol ini terbanyak yang dilakukan pemain Afrika dalam sejarah kompetisi. Rekor ini menyamai torehan mantan striker Chelsea dan Pantai Gading Didier Drogba.

Sebanyak 42 gol di Liga Champions telah dicetak Salah untuk Liverpool. Dan gol terbarunya telah membuatnya menyalip Steven Gerrard sebagai pencetak gol terbanyak klub di kompetisi klub elit Eropa.


Kebobolan

Sang penyerang kini telah mencatatkan golnya untuk musim ini menjadi 19 dalam 34 pertandingan di semua kompetisi. Delapan di antaranya dicetak di Liga Champions, lebih banyak dari pemain lain pada tahap musim ini.

Terlepas dari prestasi individu Salah yang mengesankan, Liverpool kemudian kebobolan lima gol dalam pertandingan Liga Champions. Hasil ini memberi tim Carlo Ancelotti keunggulan tiga gol menuju leg kedua di Santiago Bernabeu tiga minggu ke depan. .


Dagelan

Berbicara kepada BT Sport setelah kekalahan yang memalukan, manajer Jurgen Klopp mengatakan: "Awalnya luar biasa. Singkatnya, itu adalah kami. Itu sempurna, persis seperti yang kami inginkan. Seluruh babak pertama bagus di samping gol.

"Gol pertama kami menjadi sedikit pasif di atas lapangan, kami tidak mengejar mereka. Gol kedua adalah dagelan. Seharusnya tidak terjadi, bisa terjadi, 2-2," ujarnya.


Momentum

"Kami tidak dapat melanjutkan momentum. Kami bermain sepenuhnya di tangan mereka. Pada kedudukan 3-2 justru sebaliknya. Mereka menjadi lebih percaya diri dan mencetak gol-gol hebat. Satu dibelokkan. Begitulah adanya. Ini aneh," kata Klopp.

"Ada banyak hal yang bisa saya ambil dari ini juga. Kami memiliki lima atau enam pemain dan tidak ada tantangan [untuk salah satu gol]. Itu tidak boleh terjadi. Kami pasif sampai bola tiba di sana."


Alihkan Perhatian

"Kami akan pergi ke sana (Bernabeu) dan memainkan pertandingan sepak bola. Itu akan menjadi tantangan besar. Tapi kami harus bermain di Liga Premier terlebih dahulu dan memastikan kami belajar dari pertandingan ini."

Liverpool sekarang akan mengalihkan perhatian mereka kembali ke Liga Inggris ketika mereka bertandang ke Selhurst Park untuk menghadapi Crystal Palace pada hari Sabtu, dengan The Reds berusaha untuk memperkecil jarak tujuh poin ke empat besar.

Polemik Icad, Layak Jadi Polisi Lagi?

Jalani Sidang Etik, Kelayakan Richard Eliezer Menjadi Polisi Tuai Pro-Kontra

Liputan6.com 2023-02-22 11:45:45
Terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu bersiap menjalani sidang dengan agenda pembacaan vonis oleh Majelis Hakim dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri Jakar

Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E akan menjalani sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) hari ini. Masa depannya di Polri pun segera ditentukan.

Masih layakkah Richard Eliezer menjadi polisi usai terlibat kasus pembunuhan seniornya sendiri, Brigadir Joshua?

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan menilai Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu masih layak menjadi polisi.

Edi menyebut beberapa alasan Richard Eliezer layak dipertahankan menjadi polisi, yaitu vonis yang diterima Eliezer atas kasus pembunuhan Brigadir J di bawah dua tahun.

Pertimbangan lain adalah anggota Brimob ini sangat berani dan jujur mengungkapkan kebenaran walau memiliki risiko sangat tinggi.

"Walau Eliezer seorang polisi pangkat paling rendah, tapi dia berani menghadapi jenderal atasannya yang melanggar hukum," kata Edi seperti dikutip dari Antara, Senin, (20/2/2023).

Menurut dia, semua yang dilakukan Richard Eliezer agar terbongkar kejahatan Ferdy Sambo.

"Kita minta sidang Komisi Etik Profesi Polri atau KEPP nanti merekomendasikan agar Eliezer dipertahankan berdinas di kepolisian," katanya.

Bagai Piring yang Sudah Retak

Sementara pengamat intelijen, Soleman B Ponto, mengatakan kasus yang menjerat Richard Eliezer merupakan teguran dari Tuhan agar tidak melanjutkan karier di kepolisian.

"Pertama, karena alasan religius, (kasus Brigadir J) itu teguran Tuhan. Kedua, Eliezer itu bagaikan piring yang sudah retak. Orang-orang di dalam (Polri) kan akan mencari piring-piring yang tidak retak," kata Soleman saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (21/2/2023).

Menurut Soleman, Polri pasti lebih memilih anggota-anggota yang bersih dari tindak pidana untuk menjalankan tugas dan fungsinya. Meski Richard Eliezer sudah menjalani hukuman, tetapi rekam jejaknya yang pernah terlibat kasus pidana tidak bisa dihilangkan.

"Dari segi aturan sebenarnya, enggak ada masalah. Tinggal Richard sendiri, mau atau tidak. Tetapi kan, orang akan mencari piring yang tidak retak," ucap Soleman.

Ia memprediksi karier Richard Eliezer juga tidak akan bagus di Polri. Alasannya, Richard merupakan anggota Polri dengan pangkat terendah dan pernah terlibat kasus pidana.

"Dia kan (pangkat) paling bawah, tidak punya bawahan. Sehingga atasan-atasanya tidak siap menghadapinya," tutur eks Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI itu.

Soleman berpendapat, sebaiknya Richard Eliezer memilih jalan lain selain Polri jika masih ingin mengabdi pada negara. Apalagi, Richard sudah mendapat hukuman ringan atas perkara pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Apalagi dia masih muda, kasian nanti dia dapat tugas yang enggak enak," tambah Soleman.


Berharap Kembali Berdinas di Polri.

Pengacara Richard Eliezer Pudihang Lumiu, Ronny Talapessy mengungkapkan, kliennya berharap bisa kembali berdinas di Korps Brimob Polri.

Meski, kata dia, Richard Eliezer telah divonis 1 tahun dan 6 bulan penjara atas kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

"Adalah harapan dari Richard berdinas kembali di Brimob Polri. Itu adalah kebanggaan," kata Ronny di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 15 Februari 2023 lalu.

Ronny juga menyampaikan pesan dari Richard Eliezer kepada masyarakat yang mendukungnya selama persidangan berlangsung.

"Richard meminta tolong disampaikan, kepada pihak-pihak yang ikut mendukung, dia mengucapkan terima kasih banyak, biar Tuhan yang balas semua yang mendukung. Kami sangat berterima kasih," tutur Ronny Talapessy.

Di sisi lain, Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberi sinyal baik untuk Bharada E alias Richard Eliezer. Sinyal itu terkait Richard yang kemungkinan masih menjadi anggota Brimob, usai menjalani masa hukumannya.

"Ya peluang itu ada (balik ke Brimob)," kata Sigit kepada wartawan di Gedung The Tribatra, Jakarta Selatan, Kamis 16 Februari 2023.

Meski begitu, semuanya itu tetap harus menunggu hasil dari sidang Komisi Kode Etik Profesi (KKEP) yang sedang dipersiapkan tim Propam Polri.

"(Sidang etik) Kita sedang lihat proses yang ada, dan kita minta untuk tim dari Propam untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk bisa dilaksanakan," ujarnya.

Perang Ukraina Bikin Rugi Dunia

Perang Ukraina Rugikan Ekonomi Global Lebih dari Rp24.344 Triliun

Liputan6.com 2023-02-22 10:38:08
Prajurit Ukraina berjalan di antara puing-puing bangunan yang rusak setelah serangan Rusia di Kharkiv, Ukraina, 16 April 2022. Sejak invasi Rusia ke Ukraina, perang terus berkecamuk hingga bu

Hasil penelitian yang dirilis oleh German Institute of Economics pada Selasa (21/2/2023), mengungkapkan bahwa perang Ukraina merugikan ekonomi global lebih dari US$ 1,6 triliun atau sekitar Rp24.344 triliun pada tahun 2022.

Penelitian yang sama menyebutkan bahwa kerugian global dapat mencapai US$ 1 triliun lagi atau lebih pada tahun 2023. Demikian seperti dikutip dari Anadolu, Rabu (22/2).

Model penghitungan lembaga ini didasarkan pada Produk Domestik Bruto (PDB). Sementara itu, proyeksi ekonomi global IMF disebut menjadi dasar perhitungan dan estimasi.

Untuk mencapai hasil penelitian tersebut, perkembangan aktual PDB pada tahun 2022 dan perkiraan untuk tahun 2023 dibandingkan dengan perkembangan yang diharapkan semula pada akhir tahun 2021 tanpa perang Ukraina.

"Perang telah menyebabkan gangguan pasokan dan produksi di seluruh dunia," ungkap studi tersebut. "Biaya energi meroket. Inflasi meningkat tajam di mana-mana, mengurangi daya beli."

"Mengingat prospek ekonomi yang tidak pasti, kenaikan biaya pembiayaan akibat kenaikan suku bunga di seluruh dunia dan kenaikan biaya modal, perusahaan di seluruh dunia menahan investasi mereka."

Untuk tahun ini, penulis studi memperkirakan kerugian absolut akan sedikit lebih rendah dibanding tahun 2022. Alasannya adalah karena adanya pelonggaran pasar bahan baku dan energi global.


Eks Dubes AS: Rusia Menolak Pembicaraan Konstruktif

Mantan duta besar Amerika Serikat (AS) untuk Rusia John Sullivan mengungkapkan bagaimana rasanya mencoba bernegosiasi dengan Kremlin dan mengapa Presiden Vladimir Putin tidak akan menyerah begitu saja di Ukraina.

"Mereka menuntut jaminan keamanan untuk Rusia, tetapi tidak mau berbicara secara konstruktif tentang keamanan untuk Ukraina. Mereka tidak pernah bergerak melampaui pokok pembicaraan mereka," klaim Sullivan.

Dalam pidatonya pada Selasa, Putin mengulangi pandangannya bahwa Barat telah memulai perang, bahwa Barat menggunakan Ukraina untuk mencoba menimbulkan "kekalahan strategis" di Moskow, dan bahwa Rusia, bukan Ukraina, yang tengah berjuang untuk mempertahankan eksistensinya.

Sullivan mengatakan, tujuan invasi Rusia ke Ukraina, yaitu untuk "menghapus pengaruh Nazi" dan "demiliterisasi". Eks dubes AS itu kemudian menafsirkannya sebagai "menghapus pemerintah di Kyiv dan menaklukkan rakyat Ukraina".

"Dia (Putin) tidak dapat memiliki pemerintahan yang dipilih secara demokratis, terutama yang dipimpin oleh Presiden (Volodymyr) Zelensky, di Kyiv," kata Sullivan. "Dia tidak akan pernah puas selama pemerintahan itu ada karena dia menganggapnya sebagai ancaman bagi Rusia dan visinya tentang negara Rusia yang lebih besar yang dia coba ciptakan."


Jadi, Apa yang Dibutuhkan Putin untuk Menghentikan Perang?

Menurut Sullivan, "Dia harus diyakinkan bahwa dia tidak bisa menang."

Sullivan menuturkan, Putin memiliki cakrawala jangka panjang dan visi untuk apa yang ingin dia capai, sehingga dia tidak akan menyerah dengan mudah.

Namun, kata Sullivan, rakyat Ukraina juga tidak akan mudah menyerah. Dia menyinggung salah satu kegagalan strategis Putin disebabkan oleh tindakannya mengasingkan bangsa Slavia.

"Rakyat Ukraina tidak akan memaafkan dan melupakan," katanya. "Bahkan jika Presiden Zelensky ingin mengakhiri perang, ingin membuat konsesi teritorial, pada dasarnya ingin menyerah, rakyat Ukraina tidak akan membiarkannya."

Dengan kebuntuan militer, politik, dan ideologis seperti itu, AS harus bersiap untuk perang yang panjang.

Sullivan sendiri pesimistis konflik akan berakhir tahun ini.

"Selain itu saya tidak tahu lagi," katanya. "Tapi (Putin) tidak menginginkan kesalahan. Tujuan dari operasi militer khusus ini akan tercapai. Dia mengatakan itu sepanjang waktu."

Covid-19 Varian Baru Tiba di Jakarta

Dinkes DKI Catat 30 Kasus Varian Orthrus, Kebanyakan Tanpa Gejala

Liputan6.com 2023-02-22 09:30:13
Omicron XBB, Subvarian COVID-19 yang harus diwaspadai. (unsplash.com/Onder Ortel)

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta menemukan 30 kasus COVID-19 subvarian Omicron CH.1.1 atau yang dikenal dengan sebutan varian Orthrus. Dinkes DKI pertama kali mendeteksi varian baru ini pada 4 November 2022.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta, Ngabila Salama mengungkapkan, varian Orthrus yang merupakan 'anakan' Omicron di Jakarta sudah terbilang cukup banyak.

Omicron barian orthrus atau CH.1.1 sudah terdeteksi 30 kasus di fasilitas kesehatan di Jakarta. Secara rinci, 19 domisili Jakarta dan 11 orang domisili luar Jakarta.

Pertama kali ditemukan di Jakarta 4 November 2022 dengan orang yang bersangkutan PCR-nya positif. Namun, Ngabila tak merinci lebih jauh, bagaimana kronologi temuan kasus pertama varian Orthrus.

"Pertama kali terdiagnosis 4 November 2022. Di Jakarta udah lumayan banyak. Ada 30 kasus, 19 domisili DKI, 11 Luar DKI," ungkap Ngabila dalam keterangan yang diterima Health Liputan6.com melalui pesan singkat pada Selasa, 21 Februari 2023.

Rata-rata kebanyakan kasus varian Omicron Orthrus, lanjut Ngabila, merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Kemudian sisanya berupa gejala ringan.

"60 persen OTG, 40 persen gejala ringan. Ini Omicron CH.1.1 ya," katanya.


Dominan di DKI Varian BF.7

Walaupun sudah ada varian Orthrus, Dinkes DKI Jakarta mencatat, varian virus Corona yang masih mendominasi adalah subvarian Omicron BF.7. Kemudian varian BQ.1 dan jenis lainnya adalah 'anakan' subvarian Omicron.

"Saat ini, yang dominan masih BF.7 itu 50 persen, 40 persen BQ.1, lalu 10 persen Omicron lainnya, di mana termasuk di dalamnya CH.1.1 atau Orthrus," Ngabila Salama melanjutkan.

Seperti diketahui, varian BF.7 yang memiliki tingkat penularan tinggi dilaporkan karena banyak orang yang terinfeksi tidak memiliki gejala. Selain itu, ada juga yang bergejala, namun seperti subvarian Omicron lainnya.

Gejala BF.7 juga terbilang cukup ringan. Beberapa di antaranya demam, batuk, sakit, tenggorokan dan kelelahan. Ada beberapa orang yang mengalami gejala lain saat terinfeksi BF.7 yakni gejala gastrointestinal misalnya, muntah dan diare.

Varian BF.7 telah ditemukan di beberapa negara, termasuk China yang disebut sebagai penyebab kenaikan kasus COVID-19 di negara itu beberapa waktu terakhir.


Pantau Varian Orthrus

Berbeda dengan data Dinkes DKI Jakarta, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia mencatat adanya konfirmasi 14 kasus COVID-19 subvarian Omicron CH.1.1 atau yang dikenal dengan sebutan varian Orthrus di Indonesia.

"Kasus pertama dilaporkan pada 11 Oktober 2022. Hingga saat ini, tercatat ada 14 kasus varian Orthrus di Indonesia," ungkap Juru Bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril dalam pernyataan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Selasa, 21 Februari 2023.

Dari konfirmasi 14 kasus, kasus pertama mutasi 'anakan' Omicron ini ditemukan pada bulan Oktober 2022. Sepuluh kasus berasal dari Provinsi DKI Jakarta, sedangkan empat kasus lainnya berasal dari Provinsi Lampung, Riau, dan Jawa Barat.

Adanya varian Orthrus yang sudah masuk ke Indonesia, Syahril menekankan, Kemenkes tetap melakukan pemantauan terhadap penyebaran varian virus Corona baru tersebut.

"Saat ini, Kementerian Kesehatan juga terus melakukan pemantauan terhadap varian Orthrus ini, baik di tingkat nasional maupun daerah, meskipun dan sampai saat ini belum menyebabkan kenaikan kasus," tegasnya.

"Kendati demikian, kami akan terus lakukan pemantauan."

Gaya Beda Warna Sepatu Bu Menlu Retno

Bukan Kali Pertama, Sepatu Beda Warna Menlu Retno Marsudi Jadi Sorotan

Liputan6.com 2023-02-21 17:10:17
Penampilan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kembali jadi sorotan usai kehadirannya dengan menggunakan sepatu dengan warna yang berbeda.

Penampilan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi kembali jadi sorotan usai kehadirannya dengan menggunakan sepatu dengan warna yang berbeda.

Kala itu, Menlu Retno mendampingi Presiden Jokowi melepas bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Turki dan Suriah, Selasa (21/2/2023).

Di dalam foto yang diambil awak media, tampak Retno Marsudi mengenakan sepatu dengan warna berbeda (hitam dan putih). Senada dengan pakaian yang ia gunakan.

Sebelumnya, fotonya viral karena meninjau kesiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 menggunakan selen, yaitu menggunakan sepatu kanan kiri dengan warna yang berbeda. Foto itu diunggah situs Presiden Republik Indonesia yang kemudian dibagikan ulang sejumlah akun media sosial, salah satunya akun Twitter @Opa_Tersayang.

Dalam foto tersebut, Retno tampak dikawal oleh personel TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Darat di landasan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Sepatu model Oxford dengan warna pink sebelah kanan dan hijau untuk bagian kirinya menjadi fokus saat itu.

Untuk memadukan sepatu tersebut, Retno memilih mengenakan celana ankle length warna hitam dan kemeja putih. Secara keseluruhan, Menlu tampil dengan gaya preppy look formal.

Ia juga menambahkan tas ransel hitam dan sling bag putih untuk melengkapi penampilannya. Tak ketinggalan, masker sebagai bagian dari protokol kesehatan.

Sebelum momen KTT G20 tersebut, berusia 58 tahun ini juga pernah memakai sepatu serupa saat meninjau fasilitas persiapan KTT G20 bersama Presiden Joko Widodo dan Iriana Widodo di Bali, pada 8 Oktober 2021 lalu.

Tentu saja, hal inilah yang membuat Retno mencuri perhatian warganet di media sosial, termasuk di Twitter. "Suka sekali dengan Ibu Menlu satu ini. Gayanya selalu trendy dengan sepatu beda warna, tentu pikirannya selalu OUT OF THE BOX," tulis @opa_tersayang dalam keterangan unggahannya.pada 10 Oktober 2021.

"Sehat selalu Ibu Menteri, terima kasih sudah menempatkan Indonesia menjadi bagian penting di dunia masa kini," sambungnya. Foto tersebut juga banyak beredar di media sosial lainnya termasuk Instagram dan Facebook.


Jokowi Kirim Bantuan ke Turki dan Suriah, Berisi 140 Ton Bahan Makanan dan Logistik

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melepas bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Turki dan Suriah, Selasa (21/2/2023). Bantuan dikirim dengan empat pesawat yang berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Jokowi menyampaikan empat pesawat itu membawa 140 ton bantuan. Adapun bantuan berisi bahan makanan serta bahan logistik yang dirasa diperlukan oleh korban gempa Turki dan Suriah.

"Pagi hari ini kita akan mengirimkan 4 pesawat ke Turki dan ke Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya yang sangat diperlukan disana," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Menurut dia, pemerintah Indonesia juga telah mengirim tim SAR dan medis, serta rumah sakit lapangan untuk membantu korban gempa Turki dan Suriah. Selain itu, bantuan yang sudah dikirim sebelumnya yakni, pesawat Hercules untuk evakuasi korban.

"Juga pesawat Hercules yang sangat membantu awal-awal evakuasi korban-korban bencana gempa yang ada di Turki maupun yang ada di Suriah," jelasnya.

"Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini nanti dapat membantu saudara-saudara kita yang ada disana," sambung Jokowi.


Gempa Kembali Guncang Turki dan Suriah

Tiga orang tewas setelah gempa magnitudo 6,4 melanda Turki selatan pada Senin (20/2/2023) waktu setempat. Lebih dari 680 orang terluka di Turki dan Suriah.

Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) mengatakan, gempa terjadi pada pukul 20.04 waktu setempat. AFAD menambahkan, ada 32 gempa susulan setelah gempa Senin, yang terbesar magnitudo 5,8.

"Mereka yang tewas akibat gempa Turki pada Senin ditemukan di Antakya, Defne, dan Samandagi," kata Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu seraya mendesak orang-orang untuk tidak memasuki bangunan yang berpotensi berbahaya. Demikian seperti dikutip BBC, Selasa (21/2).

Soylu mengatakan 213 orang terluka di Turki. Gempa terbaru juga dilaporkan dirasakan hingga Mesir dan Lebanon.


Kerusakan Terjadi

Para saksi mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa telah terjadi kerusakan lebih lanjut pada gedung-gedung di Antakya. Adapun Wali Kota Hatay mengatakan orang-orang terjebak di bawah reruntuhan.

"Saya pikir bumi akan terbelah di bawah kaki saya," ujar Muna al-Omar, seorang penduduk setempat, kepada Reuters sambil menggendong putranya yang berusia tujuh tahun dan menangis. Muna berada di tenda di sebuah taman di pusat Antakya ketika gempa terbaru melanda.

Pihak berwenang Turki telah mencatat lebih dari 6.000 gempa susulan sejak gempa 6 Februari, tetapi laporan BBC menyebutkan bahwa getaran terbaru terasa jauh lebih kuat daripada yang sebelumnya.

Kelompok Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah atau Syrian Observatory for Human Rights mengatakan, 470 orang terluka telah mengunjungi rumah sakit setelah gempa.

"Darah Saya Mendidih Anggota Dimaki"

Mobil Selebgram Ditarik Debt Collector, Kapolda Metro: Darah Saya Mendidih Anggota Dimaki

Liputan6.com 2023-02-22 12:40:16
Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran saat melantik 28 Kapolsek di Mapolda Metro Jaya, Selasa (24/4/2022). (Dok: Humas Polda Metro Jaya)

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengaku geram melihat premanisme yang terjadi di wilayah hukumnya. Pernyataan ini dia sampaikan berkaitan dengan viralnya debt collector menarik paksa mobil Selebgram Clara Shinta hingga membentak polisi.

Fadil tak terima melihat anggotanya dibentak oleh debt collector.

"Saya lihat preman ini sudah mulai agak merajalela di Jakarta ini. Sampai tadi malam saya tidur jam 03.00, darah saya mendidih itu, saya lihat anggota dimaki-maki begitu," ujar Fadil seperti dilihat dalam akun Instagram resminya pada Rabu (22/2/2023).

Fadil pun memerintahkan jajaranya menumpas habis para preman berkedok debt collector. Dia meminta jajarannya cepat tanggap jika mengetahui adanya aksi premanisme.

"Enggak ada lagi tempatnya preman di Jakarta, jangan mundur lagi. Yang debt collector, debt collector macam itu jangan biarkan dia, lawan, tangkap jangan pakai lama. Ini Kasat Serse, Kasat Serse jangan terlambat datang ke TKP kalau ada begitu. Cepat resposn, cepat tangkap itu yang preman-preman itu," kata Fadil.

Mantan Kapolda Jawa Timur ini juga bertanya-tanya terkait pihak leasing yang masih menggunakan jasa debt collector. Dia menegaskan tindakan debt collector yang menggunakan kekerasan dilarang oleh hukum.

"Debt collector kalau ada, ngomongnya kasar termasuk yang order itu siapa perusahaan leasing yang order itu. Enggak boleh lagi debt collecetor, debt collector yang menggunakan kekerasan, meneror orang," pungkas Fadil Imran.


Polisi Usut Penarikan Kendaraan oleh Debt Collector terhadap Clara Shinta

Polisi sedang mengusut kasus dugaan penarikan kendaraan oleh debt collector yang menimpa pemilik akun TikTok clarashintareal, Clara Shinta.

Clara turut merekam detik-detik penarikan mobil menggunakan telepon genggam dan video dibagikan ke akun tiktok pribadi.

Tampak suasana di sebuah ruangan di salah satu apartemen kawasan Jakarta Selatan. Clara berdebat dengan sejumlah debt collector yang mau mengambil paksa kendaraan miliknya.

Ia heran karena sebelumnya tidak pernah berurusan dengan leasing. Dia menegaskan, mobil dibeli secara tunai.

"Ada pihak dari leasing mobil yang mencari aku. Padahal sebelumnya aku tidak pernah memiliki tunggakan atau tidak pernah berutang apapun," kata Clara seperti dikutip, Senin (20/2/2023).

Ternyata secara diam-diam BPKB mobil miliknya digadaikan oleh sang mantan. Namun, pemohon pinjaman bukan atas nama sang mantan, melainkan atas nama orang lain.

"Ternyata nama pemohon ini adalah adik ipar dari temannya mantan saya. Jadi mantan saya menitipkan ke temannya, temannya menitipkan kepada istrinya, dan istrinya menitipkan kepada orang saudaranya. Agar tidak gampang ke detect sama saya data mereka," kata Clara.


Polisi yang Memediasi Dibentak Debt Collector

Terlepas dari itu, dia bersedia melunasi utang sang mantan agar debt collector mengurungkan niat mengambil mobil miliknya. Bukan tanpa sebab, wanita itu menyampaikan mobil itu sangat berharga.

"Mobil itu berharga buat aku karena mobil itu hadiah untuk Kino karena dia masuk sekolah. Sekaligus mobil untuk antar Kino sekolah, dan sebelumnya mantan aku juga tahu kalau itu mobil aku belikan buat Kino bukan buat aku, ataupun dia. Ya sudah enggak apa-apa aku ikhlas, aku bantu untuk lunasi utang dia. Tolong ditotalin ya berapa," ujar dia.

Namun, debt collector tetap memaksa mengambil kendaraan sebelum pemilik mobil menunaikan kewajiban membayar hutang.

Tampak di video, ada seorang anggota polisi yang berpakaian dinas. Dia mencoba memediasi kedua belah pihak.

Namun, debt collector malah membentak anggota tersebut. Debt collector beralasan tidak ada urusan dengan kepolisian.

Bahkan, debt collector kembali marah-marah ketika diajak menyelesaikan permasalahan di Kantor Polsek Tebet.

Usai Wamil, Siap Comeback

Jang Ki Yong Selesai Wajib Militer, Siap Comeback dengan Karya Baru

Liputan6.com 2023-02-22 15:40:00
(Foto: Via Soompi)

Jang Ki Yong menyelesaikan wajib militer pada hari ini, Rabu (22/3/2023). Dia telah menuntaskan tugasnya sebagai tentara aktif selama 1 tahun 6 bulan.

Setelah keluar dari kamp militer, bintang serial Now We Are Breaking Up ini mengucapkan terima kasih kepada para penggemar yang telah setia menunggu kepulangannya.

"Terima kasih telah menunggu saya untuk waktu yang lama. Saya akan bekerja untuk segera menyambut kalian dengan produksi yang hebat," tutur Jang Ki Yong dikutip dari Soompi.

Dalam foto-foto yang dirilis oleh media, Jang Ki Yong tampak sangat sehat dengan tubuhnya yang sedikit lebih berisi. Dia juga memperlihatkan senyum semringah kepada awak media yang meliput kepulangannya.


Kontrak Kerja

Jang Ki Yong ternyata juga telah memperbarui kontraknya dengan YG Entertainment sebelum berangkat wamil. Sang aktor segera kembali menyapa penggemar dengan karya luar biasa.

"Sebagai pendamping dan mitra Jang Ki Yong, kami berjanji untuk memberikan dukungan penuh dan bersiap untuk membantunya kembali sebagai aktor," tutur pihak agensi.


Tawaran Drama

Diberitakan sebelumnya, Jang Ki Yong telah ditawari untuk membintangi serial Altough I Am Not a Hero (judul literal). Namun saat ini dia masih mempelajari naskahnya.

"Memang benar bahwa Jang Ki Yong mendapat tawaran casting Altough I Am Not a Hero. Namun, (penampilannya dalam drama) belum dikonfirmasi, dan dia sedang meninjau (tawarannya).


Peran

Altough I Am Not a Hero bercerita tentang keluarga supernatural yang kehilangan kekuatannya. Drama ini akan disutradarai oleh Cho Hyun Tak, yang menyutradarai drama SKY Castle dan Snowdrop.

Jang Ki Yong dikabarkan ditawari peran sebagai pemeran utama pria yang kehilangan kekuatan supernya karena sebuah penyakit. Besar harapan penggemar untuk Jang Ki Yong menerima tawaran ini.

Putin Tangguhkan Perjanjian Nuklir

HEADLINE: Putin Tangguhkan Perjanjian Nuklir dengan AS Jelang Setahun Perang Rusia-Ukraina, Ancaman Serius?

Liputan6.com 2023-02-23 00:02:03
Kondisi rumah-rumah yang hancur di Irpin, pinggiran Kiev, Ukraina, 30 April 2022. Beberapa hari lagi, invasi Rusia ke Ukraina tepat berusia satu tahun pada 24 Februari tahun ini. (AP Photo/Em

"Saya telah membuat keputusan operasi militer khusus." Pernyataan yang mengejutkan dunia dari Presiden Rusia Vladimir Putin setahun lalu, 24 Februari 2022 menjelang pukul 06.00 pagi. Seketika itu, serangan rudal pun menghujam Ukraina.

Rudal-rudal Rusia itu menginvasi markas militer, bandara, hingga gudang senjata Ukraina. Rentetan tembakan juga terjadi di perbatasan kedua negara.

Tanpa ampun, serangan yang digencarkan Rusia ke Ukraina dilakukan lewat darat, udara, dan laut. Invasi ini merupakan serangan terbesar sebuah negara terhadap negara lain di Eropa sejak Perang Dunia II.

Hampir genap setahun, serangan Rusia ke Ukraina belum usai. Bahkan dalam pidato kenegaraannya pada Selasa (21/2/2023), Putin justru menangguhkan partisipasi Rusia dalam Pakta New START, perjanjian antara Amerika Serikat (AS) dan Rusia yang membatasi jumlah hulu ledak nuklir jarak jauh dan rudal, pengebom berbasis darat, serta kapal selam pembawa senjata nuklir, yang dapat mereka kerahkan.

Menurut Putin, AS dan NATO telah gagal dalam bekerja sama. "Saya harus mengumumkan bahwa Rusia menangguhkan partisipasinya dalam Pakta New START," ujar Putin seperti dikutip dari france24. "Tidak seorang pun boleh berada di bawah ilusi bahwa paritas strategis global dapat dilanggar."

Pakta New START ditandatangani pada 2010. Kemudian pada 2021, perjanjian tersebut diperpanjang selama lima tahun hingga 2026.

Meski begitu, Putin menggarisbawahi bahwa Rusia belum sepenuhnya menarik diri dari New START.

Dalam pidatonya juga, Putin mengklaim rakyat Ukraina telah menjadi sandera dari "tuan Barat", yang menduduki negara itu dalam hal politik, ekonomi, dan militer. Rezim Ukraina tidak melayani kepentingan nasional, melainkan kepentingan kekuatan asing.

Putin menilai Barat telah berusaha mengubah konflik Ukraina menjadi konfrontasi global dengan Rusia dan keberadaan Rusia dipertaruhkan. "Kami memahaminya seperti itu dan akan bereaksi dengan cara yang tepat," ungkap Putin di hadapan para anggota parlemen, pejabat, dan militer.

Beberapa jam setelah Putin berpidato di Moskow, Presiden AS Joe Biden memberikan semangat untuk melawan invasi Rusia di Ukraina. Dalam pidatonya di Warsawa, Polandia, Biden menyindir Rusia sedang berusaha membangun kembali kekaisarannya.

"Seorang diktator yang ingin membangun kembali kekaisaran tidak akan bisa menghapus kecintaan pada kemerdekaan. Brutalitas tidak akan mengurangi keinginan kebebasan. Dan Ukraina, tidak akan dimenangkan Rusia. Tidak akan pernah," ujar Biden.

Ia menegaskan bahwa dukungan ke Ukraina tidak akan luntur, serta NATO tidak akan terpecahkan. "Hawa nafsu Presiden Putin untuk tanah dan kekuasaan akan gagal. Dan kecintaan rakyat Ukraina untuk negaranya akan menang. Demokrasi-demokrasi dunia akan menjaga kemerdekaan hari ini, besok, dan selamanya."

Menurut Biden, Rusia telah menggunakan pemerkosaan sebagai senjata, hingga menculik anak-anak Ukraina agar mencuri masa depan negara tersebut. Infrastruktur sipil Ukraina pun menjadi target.

"Mengebom stasiun-stasiun kereta, rumah sakit bersalin, sekolah, dan panti asuhan. Tidak ada satu pun, tak ada yang bisa mengalihkan mata mereka dari kekejian yang Rusia lakukan terhadap rakyat Ukraina. Itu keji," tegas Biden.

Kabar baiknya, Joe Biden menyebut ada 50 persen wilayah Ukraina yang direbut Rusia, tetapi kini telah dikuasai Ukraina lagi. "Presiden Zelensky masih memimpin sebuah pemerintahan yang dipilih secara demokratis yang mewakili keinginan rakyat Ukraina. Dan dunia telah memilih berkali-kali, termasuk di United Nations General Assembly, untuk mengecam agresi Rusia dan mendukung perdamaian yang adil."

Ditangguhkannya partisipasi Rusia telah menimbulkan kekhawatiran jika perang nuklir akan pecah. Anggota Komite Luar Negeri Parlemen Eropa, David McAllister menilai langkah Presiden Putin terkait START bisa membahayakan keamanan negara-negara dunia.

"Suspensi perjanjian nuklir, di sini reaksi di Uni Eropa sudah sangat jelas. Pengumuman ini akan melemahkan arsitektur keamanan Eropa, dan dunia pada umumnya, dan Uni Eropa terus menyerukan ke Kremlin agar memenuhi tanggung jawab internasionalnya," kata McAllister saat ditemui Liputan6.com di sela-sela kunjung ke Jakarta, Rabu (22/2/2023).

Ia mengaku tidak kaget dengan retorika Putin yang ingin menakut-menakuti lawannya. "Ia tidak akan sukses," ujar McAllister.

"Vladimir Putin adalah seorang diktator dan ia bertanggung jawab atas kejahatan-kejahatan perang yang mengerikan."

Vladimir Putin juga dianggap tak punya justifikasi dalam menyerang Ukraina, dan perang yang dilancarkan Rusia bersifat imperialistik.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken juga merespons langkah Putin yang menangguhkan perjanjian nuklir dengan AS. "Rusia menangguhkan partisipasinya di New START, sangat disayangkan dan tidak bertanggung jawab," kata Blinken dalam kunjungannya ke Athena.

"Kami akan mengawasi dengan cermat dan melihat apa yang sebenarnya dilakukan Rusia. Kami tentu saja akan memastikan tetap berada dalam posisi yang tepat untuk keamanan negara kami sendiri dan sekutu kami."

Sementara itu, dengan keputusan Putin menangguhkan perjanjiaan senjata nukllir dengan AS, mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev menilai negaranya siap dengan senjata nuklir apabila diserang. Medvedev kini menjabat sebagai deputi ketua di Majelis Keamanan Rusia menyebut akan ada konflik global jika ada yang ingin mengalahkan Rusia.

"Jika AS ingin mengalahkan Rusia, kami punya hak untuk melindungi diri kami dengan berbagai senjata, termasuk jenis nuklir," ujar Dmitry Medvedev pada Telegramnya, dikutip media pemerintah Rusia, TASS.

Medvedev mengungkap, keputusan itu diambil Putin karena merasa negara-negara NATO sedang berperang dengan Rusia. Ia juga mengkritik AS karena dianggap ikut campur urusan negara lain dengan mengirim bantuan senjata ke pemerintahan Ukraina.


Yang Perlu Dilakukan Indonesia

Pengamat Hubungan Internasional sekaligus dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) UGM, Nur Rachmat Yuliantoro menilai Indonesia sudah melakukan beragam proses diplomasi yang dibutuhkan guna membantu proses negosiasi untuk berakhirnya perang Rusia-Ukraina.

"Ini sudah sesuai dengan semangat konstitusi, khususnya kewajiban dan peran Indonesia untuk mengusahakan dan menjaga perdamaian dunia," kata Yuliantoro saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (22/2/2023).

"Proses diplomasi ini harus terus dilangsungkan melalui beragam forum, baik bilateral maupun multilateral," jelasnya.

Saat ditanya soal sikap apa yang harus ditunjukkan Indonesia terkait keberlanjutan perang namun tetap mengedepankan kepentingan nasional dalam hubungan bilateral, ia menegaskan bahwa tidak cukup bagi Indonesia untuk sekedar menyampaikan keprihatinan atau mengecam keberlanjutan perang.

"Tindakan nyata harus dijalankan dengan sungguh-sungguh oleh Indonesia, khususnya dalam konteks diplomasi, dengan tidak lupa memastikan bahwa kepentingan nasional terjaga dengan semestinya di tengah2 berkecamuknya perang," ungkap Yuliantoro.

Menurutnya, Indonesia harus berpihak kepada perdamaian dan kemanusiaan. "Tidak ada yang diuntungkan dari perang, perang hanya akan membawa penderitaan dan kesengsaraan. Ini yang harus ditekankan kepada semua pihak yang terlibat, langsung maupun tidak langsung, agar perang bisa dihentikan."

Terpisah, Pengamat Hubungan Internasional Universitas Indonesia Suzie Sudarman menilai perang Rusia-Ukraina telah menjadi pelajaran penting bagi banyak negara termasuk Indonesia. "Bagi dunia ini sebuah pelajaran, terutama bagi Indonesia," ujarnya kepada Liputan6.com.

Lewat perang ini, banyak negara harusnya memahami bahwa persaingan akan dipicu oleh penguasaan sumber daya alam utama baik pangan maupun energi dalam berbagai bentuk, makna strategis kawasan sebagai rute atau jalur strategis, dan sebagai kawasan proyeksi kekuatan.

Selain itu, terjadi pula perubahan besar dalam teknologi yang mencakup material canggih, dunia maya dan digital, robot sensorik, kuantum, hipersonik, dan teknologi otonom. Penguasaan teknologi ini akan memberikan keunggulan pada kecepatan, ketepatan, dan penguasaan serta pemanfaatan ruang angkasa yang merupakan unsur kunci kekuatan bangsa.

"Jadi banyak pelajaran yang harus disimak bagi negara-negara istimewa negara seperti Indonesia yang berada pada buffer zone seperti Ukraina dengan adidaya yang saling berhadapan," jelasnya.

Suzie juga menyampaikan bahwa pandemi dan perang di Ukraina menekankan ketergantungan yang tak terhindarkan pada pentingnya rantai pasokan global dan sumber daya penting, terutama energi, mineral, dan makanan.

"Maka harus ada pemetaan sumber daya, distribusi, kebijakan dan peraturan yang ada di tingkat nasional dan internasional, serta perencanaan strategis untuk mengamankan sumber daya kritis," tambahnya.

"Posisi geopolitik atau geostrategi sangat strategis, memiliki wilayah, kekayaan alam, dan penduduk yang besar. Indonesia harus menyiapkan beberapa hal. Sudah siapkah kita?" sambungnya.

Ia menambahkan, semakin canggih peperangan di kawasan, sebuah negara semakin harus siap dengan pemetaan sumber daya, distribusi dan kebijakan di tataran nasional dan internasional. Maka dari itu, teramat penting untuk merancang pengamanan terhadap sumber daya yang kritis.

"Apakah pernah terlintas kebutuhan pemerintah akan ahli strategi yang mahir memetakan segalanya dengan rasa patriotisme tinggi dan siap kemahirannya dalam merancang langkah strategis?" katanya sambil mempertanyakan.


8.006 Warga Sipil Tewas dan 13.287 Orang Terluka

Kepala Misi Pemantau Hak Asasi Manusia PBB di Ukraina (HRMMU) Matilda Bogner mengatakan bahwa jumlah korban sipil di Kota Mariupol selatan -yang dikepung dan dibombardir oleh rudal Rusia- sangat tinggi.

"Rekan-rekan saya mewawancarai seorang mantan tawanan perang dan dia berasal dari Mariupol. Di Mariupol dia dipaksa untuk mengumpulkan mayat di jalan-jalan kota. Dia memberi tahu kami bahwa tentara Rusia diharapkan memenuhi kuota harian satu truk mayat per hari. Kata dia... di Mariupol dengan kuota itu sama sekali tidak masalah," demikian pernyataan Bogner seperti dikutip dari situs resmi PBB, Rabu (22/2/2023).

Menurut Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR) per 21 Februari 2023, sedikitnya 8.006 non-kombatan tewas, sementara 13.287 orang terluka sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022. Jumlah sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi, pernyataan yang berulang kali disampaikan staf OHCHR dalam banyak kesempatan.

"Angka-angka ini, yang kami terbitkan hari ini, mengungkapkan kerugian dan penderitaan yang diderita orang-orang sejak serangan bersenjata Rusia dimulai pada 24 Februari tahun lalu; penderitaan yang saya lihat sendiri ketika saya mengunjungi Ukraina pada Desember. Dan data kami hanyalah puncak gunung es. Korban sipil tak tertahankan. Di tengah kekurangan listrik dan air selama bulan-bulan musim dingin, hampir 18 juta orang sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan. Sekitar 14 juta orang telah mengungsi dari rumah mereka," ungkap Komisaris Tinggi OHCHR Volker Turk seperti dikutip dari situs resminya.

Banyak laporan tentang korban sipil masih menunggu konfirmasi di wilayah pendudukan lainnya di Ukraina, terutama di lokasi seperti Mariupol (wilayah Donetsk) dan Lysychansk, Popasna, dan Sievierodonetsk (wilayah Luhansk).

Turk menambahkan, "Setiap hari pelanggaran hak asasi manusia internasional dan hukum humaniter terus berlanjut, semakin sulit untuk menemukan jalan ke depan melalui penderitaan dan kehancuran yang meningkat, menuju perdamaian."

Sekitar 90,3 persen korban sipil disebabkan oleh senjata peledak dengan efek area yang luas, termasuk peluru artileri, rudal jelajah dan balistik, serta serangan udara. Sebagian besar terjadi di daerah berpenduduk. Kantor OHCHR mencatat 632 korban sipil -219 tewas dan 413 luka-luka- disebabkan oleh ranjau dan bahan peledak sisa-sisa perang.

"Warga sipil terbunuh di rumah mereka saat berusaha memenuhi kebutuhan pokok mereka, seperti mengumpulkan air dan membeli makanan. Salah satunya termasuk Olha yang berusia 67 tahun, yang tewas dalam serangan rudal hanya beberapa meter dari flatnya di Kharkiv saat dia pergi membeli susu sehari setelah perang dimulai. Temannya mengatakan kepada pemantau HAM PBB bagaimana dia turun dari apartemen bersama mereka di lantai 15 dan menemukan Olha terbaring mati di jalan," tutur Turk.

Turk menuturkan kisah lain tentang Serhii, seorang pria berusia 60-an, yang menahan air mata ketika mengatakan kepada pengawas HAM PBB bagaimana dia melihat cucu perempuannya yang berusia enam tahun kehilangan satu kaki akibat terkena serangan langsung artileri di rumahnya di dekat Kherson pada 2 April 2022.

"Kisah-kisah seperti Olha dan Serhii menggarisbawahi harga yang harus dibayar dan terus dibayar oleh warga sipil di kedua sisi garis depan," tegas Turk.

"Upaya untuk menegakkan akuntabilitas dan keadilan atas pelanggaran hukum internasional harus diintensifkan dan diperdalam. Sama pentingnya bahwa para korban dapat mengakses reparasi dan bantuan praktis yang sangat mereka butuhkan, tanpa terlebih dahulu harus menunggu hasil dari proses hukum formal."

Hasil penelitian yang dirilis oleh German Institute of Economics pada Selasa (21/2/2023), mengungkapkan bahwa perang Ukraina merugikan ekonomi global lebih dari US$ 1,6 triliun atau sekitar Rp24.344 triliun pada tahun 2022.

Penelitian yang sama menyebutkan bahwa kerugian global dapat mencapai US$ 1 triliun lagi atau lebih pada tahun 2023. Demikian seperti dikutip dari Anadolu, Rabu (22/2).

Model penghitungan lembaga ini didasarkan pada Produk Domestik Bruto (PDB). Sementara itu, proyeksi ekonomi global IMF disebut menjadi dasar perhitungan dan estimasi.

Untuk mencapai hasil penelitian tersebut, perkembangan aktual PDB pada tahun 2022 dan perkiraan untuk tahun 2023 dibandingkan dengan perkembangan yang diharapkan semula pada akhir tahun 2021 tanpa perang Ukraina.

"Perang telah menyebabkan gangguan pasokan dan produksi di seluruh dunia," ungkap studi tersebut. "Biaya energi meroket. Inflasi meningkat tajam di mana-mana, mengurangi daya beli."

"Mengingat prospek ekonomi yang tidak pasti, kenaikan biaya pembiayaan akibat kenaikan suku bunga di seluruh dunia dan kenaikan biaya modal, perusahaan di seluruh dunia menahan investasi mereka."

Untuk tahun ini, penulis studi memperkirakan kerugian absolut akan sedikit lebih rendah dibanding tahun 2022. Alasannya adalah karena adanya pelonggaran pasar bahan baku dan energi global.


Jadi Apa yang Dibutuhkan Putin untuk Hentikan Perang?

Mantan duta besar Amerika Serikat (AS) untuk Rusia John Sullivan mengungkapkan bagaimana rasanya mencoba bernegosiasi dengan Kremlin dan mengapa Presiden Vladimir Putin tidak akan menyerah begitu saja di Ukraina.

"Mereka menuntut jaminan keamanan untuk Rusia, tetapi tidak mau berbicara secara konstruktif tentang keamanan untuk Ukraina. Mereka tidak pernah bergerak melampaui pokok pembicaraan mereka," klaim Sullivan.

Dalam pidatonya pada Selasa, Putin mengulangi pandangannya bahwa Barat telah memulai perang, bahwa Barat menggunakan Ukraina untuk mencoba menimbulkan "kekalahan strategis" di Moskow, dan bahwa Rusia, bukan Ukraina, yang tengah berjuang untuk mempertahankan eksistensinya.

Sullivan mengatakan, tujuan invasi Rusia ke Ukraina, yaitu untuk "menghapus pengaruh Nazi" dan "demiliterisasi". Eks dubes AS itu kemudian menafsirkannya sebagai "menghapus pemerintah di Kyiv dan menaklukkan rakyat Ukraina".

"Dia (Putin) tidak dapat memiliki pemerintahan yang dipilih secara demokratis, terutama yang dipimpin oleh Presiden (Volodymyr) Zelensky, di Kyiv," kata Sullivan. "Dia tidak akan pernah puas selama pemerintahan itu ada karena dia menganggapnya sebagai ancaman bagi Rusia dan visinya tentang negara Rusia yang lebih besar yang dia coba ciptakan."

Menurut Sullivan, "Putin harus diyakinkan bahwa dia tidak bisa menang."

Sullivan menuturkan, Putin memiliki cakrawala jangka panjang dan visi untuk apa yang ingin dia capai, sehingga dia tidak akan menyerah dengan mudah.

Namun, kata Sullivan, rakyat Ukraina juga tidak akan mudah menyerah. Dia menyinggung salah satu kegagalan strategis Putin disebabkan oleh tindakannya mengasingkan bangsa Slavia.

"Rakyat Ukraina tidak akan memaafkan dan melupakan," katanya. "Bahkan jika Presiden Zelensky ingin mengakhiri perang, ingin membuat konsesi teritorial, pada dasarnya ingin menyerah, rakyat Ukraina tidak akan membiarkannya."

Dengan kebuntuan militer, politik, dan ideologis seperti itu, AS harus bersiap untuk perang yang panjang.

Sullivan sendiri pesimistis konflik akan berakhir tahun ini.

"Selain itu saya tidak tahu lagi," katanya. "Tapi (Tuan Putin) tidak menginginkan kesalahan. Tujuan dari operasi militer khusus ini akan tercapai. Dia mengatakan itu sepanjang waktu."