"Ya Nyesel Lah"

Akui Tendang Kepala dan Perut David, Mario Dandy: Ya Nyesel Lah

Liputan6.com 2023-02-25 22:22:53
Polisi mengungkap sosok Mario Dandy Satriyo (20) anak pejabat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta Selatan yang ditetapkan tersangka atas kasus dugaan penganiayaan terha

Polisi telah menetapkan Mario Dandy Satriyo (20) sebagai tersangka kasus penganiyaan terhadap Cristalino David Ozora (17) hingga koma. Kini, anak mantan pejabat Ditjen Pajak ini sudah ditahan di Polres Metro Jakarta Selatan.

Kepada polisi, Mario Dandy mengaku menyesal telah menganiaya David hingga tak sadarkan diri. Hal ini diungkapkan Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi.

"Kalau menyesal pasti menyesal. Ngapain kamu kayak gitu, saya gituin kan. 'iya bu' nyesel kayaknya. Kalau saya sih bilang nyesel," kata Nurma saat dihubungi, Sabtu (25/2/2023).

"Pas kemarin aku tanya 'kamu nyesel?' 'ya nyesel lah bu'. Iya (pengakuan dari mulut Mario), nyesel nyesel. Kenapa bisa begitu sih. Saya gituin. Dia bilang 'ya gitulah', gitu doang. Raut mukanya juga keliatan kalau nyesel," sambungnya.

Lebih lanjut, Nurma mengungkapkan bahwa Mario Dandy yang merupakan anak mantan pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo itu juga mengakui menendang kepala dan perut David.

Atas perbuatan Mario Dandy itulah, putra pengurus GP Ansor NU tersebut hingga kini masih terbaring di rumah sakit.

"Iya, dia ngaku (menendang kepala dan perut David)," ujar Nurma.


Jerat Tersangka Anak Pejabat Pajak

Polisi menetapkan Mario Dandy Satriyo anak salah satu pejabat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan sebagai tersangka. Mario diduga terlibat kasus penganiayaan terhadap korban bernama David di Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Tersangka MDS telah ditahan," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam Indradi saat dikonfirmasi pada Rabu (22/2).

Dandy dalam kasus ini telah disangkakan melanggar Pasal 351 KUHP atas tindakan penganiayaan yang mengakibatkan luka memar biru dengan ancaman pidana penjara paling lama 2 tahun 8 bulan.

Sementara untuk kondisi korban David saat ini masih dalam perawatan di RS Medika usai dianiaya pada Senin tanggal 20 Februari 2023 sekira pukul 20.30 WIB di perumahan kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Korban masih belum dapat dimintai keterangan, karena masih dirawat di RS," katanya.

Reporter: Nur Habibie

Merdeka.com

Momen Haru Saat Sri Mulyani Minta Maaf

Momen Haru Sri Mulyani Bertemu Ayah David Latumahina, Minta Maaf dan Dukung Langkah Hukum Korban

Liputan6.com 2023-02-25 22:54:23
Sri Mulyani temui ayah David Latumahina korban dugaan penganiayaan Mario Dandy. (Foto: Dok. Instagram @smindrawati)

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, akhirnya bertemu keluarga David Latumahina alias Cristalino David Ozora di Rumah Sakit Mayapada Kuningan Jakarta, Sabtu (25/2/2023) pagi.

Bertemu ayah korban penganiayaan yang menempatkan Mario Dandy Satriyo sebagai tersangka, Sri Mulyani tak dapat menahan hati. Melihat kondisi David, hatinya pedih dan remuk.

"Pagi ini pukul 10.00 setiba dari penerbangan semalam Bangalore - Jakarta, saya langsung menuju RS Mayapada Kuningan untuk menengok ananda David Latumahina, korban penganiyaaan oleh Mario Dandy Satrio," tulis Sri Mulyani, di akun Instagram terverifikasi.

"Sungguh pedih dan remuk hati melihat kondisi David akibat penganiayaan yang kejam dan keji," imbuhnya, Sabtu (25/2/2023). Sri Mulyani melihat kondisi terkini David lalu menyimak penjelasan tim dokter ICU.


Dokter Beberkan Kondisi David

"Dokter menyampaikan keadaan David yang lebih baik dibanding hari pertama perawatan, yang memberikan harapan. Namun proses observasi perkembangan dan perawatan David masih panjang," Sri Mulyani menyambung.

Setelahnya, ia memohon kepada Sang Khalik agar memberi kesembuhan untuk David. Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani sekali lagi meminta maaf kepada ayah dan ibu David Latumahina.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Bertemu Orangtua David

"Saya bertemu orang tua David, Pak Jonathan Latumahina beserta istri. Saya menyampaikan maaf dan keprihatinan atas kejadian yang dialami David dan dukungan sepenuhnya untuk proses kesembuhan," Sri Mulyani menulis.

Tak sekadar minta maaf, sang Menteri mendukung sepenuhnya langkah hukum yang ditempuh Jonathan Latumahina. Sri Mulyani menyebut aniaya yang menimpa David tindakan keji dan tak dapat dibiarkan.


Dukung Penuh Langkah Hukum

"Saya juga mendukung penuh langkah hukum dilakukan oleh Pak Jonathan untuk mendapat keadilan dan kepastian bahwa tindakan kekerasan dan penganiayaan keji tidak boleh dibiarkan," cuitnya.

"Tidak boleh terulang lagi dan tidak dapat dibenarkan oleh alasan apapun," Sri Mulyani mengakhiri. Diberitakan sebelumnya, polisi menetapkan dua tersangka dalam dugaan penganiayaan David, yakni Mario Dandy Satrio (MDS) dan Shane (S).

"Proses Hukum Jalan Terus"

Jenguk David Latumahina, Sri Mulyani: Proses Hukum Jalan Terus Saja

Liputan6.com 2023-02-25 22:13:03
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda tahun 2023, yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa, (17/1/2023).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengunjungi David Latumahina, korban penganiayaan oleh Mario Dandy Satriyo pada Sabtu, (25/2/2023).

Melalui akun instagram resmi @smindrawati, Sri Mulyani unggah video saat menjenguk David di Rumah Sakit (RS) Mayapada Kuningan. Ia menyampaikan kesedihannya melihat kondisi David akibat penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy.

"Sungguh pedih dan remuk hati melihat kondisi David akibat penganiayaan yang kejam dan keji," tulis Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga menyampaikan perkembangan kondisi David setelah mendapatkan penjelasan dari dokter. Ia menuturkan, kondisi David lebih baik.

"Kami melihat kondisi David, dan mendapat penjelasan dokter ICU mengenai perkembangan kesehatan David. Dokter menyampaikan keadaan David yang lebih baik dibanding hari pertama perawatan yang memberikan harapan. Namun, proses observasi perkembangan dan perawatan David masih panjang," tulis Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga turut mendoakan untuk kesembuhan David.

"Kita semua mendoakan secara tulus dan khusyuk untuk pemulihan dan kesembuhan David. Ya Allah,Engkaulah Maha Penyembuh, sembuhkanlah David atas kehendak dan kuasa-Mu," tulis Sri Mulyani.

Sri Mulyani pun turut menyampaikan minta maaf kepada orangtua David, yakni Jonathan Latumahina dan istri.

"Turut prihatin banget. Saya minta maaf. Saya tegaskan lagi proses hukum jalan terus saja, kita akan dukung penuh semuanya," ujar dia.

Sri Mulyani mendukung langkah hukum yang dilakukan oleh orangtua David untuk mendapatkan keadilan dan kepastian kalau tindakan kekerasan dan penganiayaan keji tidak boleh dibiarkan. "Tidak bolah terulang lagi dan tidak dapat dibenarkan oleh alasan apapun," tulis Sri Mulyani.


Mario Dandy Anak Pejabat Pajak Aniaya David Latumahina, Sri Mulyani Ikutan Minta Maaf

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan permintaan maaf kepada keluarga David Latumahina. David diketahui merupakan korban penganiayaan oleh Mario Dandy Satrio di Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Saya ingin sekali lagi sampaikan simpati, doa kami, dan permohonan maaf kami kepada keluarga saudara David," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Jumat (24/2/2023)

Sri Mulyani mengutuk aksi kekerasan yang dilakukan oleh Mario Dandy hingga menyebabkan David koma. Diketahui, Dandy merupakan anak dari Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II, Rafael Alun Trisambodo.

"Tindakan (penganiayaan) ini tidak dapat dibenarkan," ujarnya.

Lebih lanjut, Sri Mulyani Indrawati juga melarang gaya seluruh pegawainya untuk menampilkan gaya hidup mewah. Menurutnya, sikap pamer harta yang dilakukan oleh pegawai Kemenkeu akan menimbulkan erosi kepercayaan terhadap integritas.

"Erosi kepercayaan terhadap integritas Kemenkeu dan DJP ini menimbulkan pertanyaan serius," tekan Sri Mulyani.


Berkaca Kasus Rafael Alun Trisambodo, Sri Mulyani Tak Segan Disiplinkan Pegawai Kemenkeu yang Suka Pamer Kemewahan

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, mengungkapkan kasus penganiayaan yang dilakukan anggota keluarga dari pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan berpengaruh terhadap persepsi publik kepada Kementerian Keuangan, khususnya Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Sri Mulyani pun mengecam penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo (20) anak Rafael Alun Trisambodo (RAT) yang menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jakarta Selatan. Meskipun kasus tersebut merupakan masalah pribadi, justru menimbulkan persepsi negatif terhadap DJP.

"Kami mengutuk tindakan penganiayaan yang dilakukan oleh salah satu putra dari jajaran Kementerian Keuangan Direktorat Jenderal Pajak. Tindakan tersebut adalah suatu masalah pribadi, namun telah menimbulkan suatu dampak yang sangat besar terhadap persepsi Kementerian keuangan dan Direktorat Jenderal Pajak," kata Menkeu dalam konferensi pers penjelasan atas penanganan internal saudara RAT, Jumat (24/2/2023).

Selain itu, Menkeu juga menegaskan tidak akan segan-segan memberikan sanksi disiplin kepada jajaran Kementerian Keuangan yang memiliki gaya hidup mewah, apalagi sampai menimbulkan suatu persepsi negatif dan erosi kepercayaan dari seluruh masyarakat terhadap Kementerian Keuangan dan Direktorat Jenderal Pajak.


Sumber Kekayaan Rafael Alun Trisambodo

Apalagi dalam kasus penganiayaan tersebut membuat masyarakat bertanya-tanya terkait sumber kekayaan pelaku yang merupakan anak pegawai DJP. Lantaran pelaku sering memamerkan barang mewah di media sosialnya.

"Ini menimbulkan pertanyaan yang sangat serius dari masyarakat mengenai dari mana sumber kemewahan itu diperoleh," ujarnya.

Menkeu pun menyebut perilaku tersebut jelas menghianati dan mencederai integritas keseluruhan jajaran kementerian keuangan. Adapun tegas Sri Mulyani, tindakan-tindakan yang mengkhianati dan mencederai reputasi dan kepercayaan masyarakat kepada Kementerian keuangan maupun DJP tidak dapat dibenarkan.

"Oleh karena itu kita akan melakukan langkah-langkah korektif untuk menegakkan integritas dan juga sekaligus untuk menindak mereka-mereka yang ditengarai telah melakukan penyalahgunaan kewenangan dan posisi termasuk memperkaya diri sendiri," pungkasnya.

Fakta David, Korban Penganiayaan Mario Dandy

4 Fakta Terkait David, Korban Penganiayaan Mario Dandy Ajukan Perlindungan ke LPSK

Liputan6.com 2023-02-25 20:30:00
David Latumahina (Foto: Instagram/@chicohakim)

Anak pengurus GP Ansor Christalino David Ozora atau David (17), korban penganiayaan anak eks pejabat pajak Mario Dandy Satriyo (20) mengajukan perlindungan kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Pengajuan itu melalui Lembaga Bantuan Hukum atau LBH Ansor. Sebab diketahui hingga saat ini, David menjalani perawatan di rumah sakit usai dianiaya.

Kehadiran LBH Ansor yang mendampingi keluarga korban dan beberapa orang saksi itu diterima langsung Wakil Ketua LPSK Achmadi dan Susilaningtias bersama sejumlah pegawai LPSK.

Menurut perwakilan LBH Ansor, permohonan diajukan agar korban bisa mengakses perlindungan dari negara.

LPSK pun menerima kunjungan LBH Ansor yang datang mewakili korban Christalino David Ozora atau David yang ingin mengajukan perlindungan.

"Kedatangan pendamping korban dari LBH Ansor bermaksud mengajukan permohonan perlindungan terhadap korban dan beberapa orang saksi yang mengetahui aksi kekerasan itu," kata Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo, melalui keterangan tertulis seperti dilansir Antara, Sabtu (25/2/2023).

Mario Dandy Satriyo (20) anak eks pejabat pajak di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) menganiaya Cristalino David Ozora (17) hingga koma, dan harus mendapatkan perawatan medis.

"LPSK belum bertemu dengan ayah maupun korban, mengingat keluarga masih fokus pada penyembuhan anak korban yang berupaya bangkit dari kondisi koma pascaaksi kekerasan fisik yang dideritanya," kata Hasto.

Berikut sederet fakta terkait Christalino David Ozora atau David (17), korban penganiayaan anak eks pejabat pajak Mario Dandy Satriyo (20) yang mendatangi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dihimpun Liputan6.com:


1. Ajukan Perlindungan

Cristalino David Ozora korban penganiayaan Mario Dandy Satriyo, anak pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, melalui LBH Ansor mengajukan perlindungan kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

"Kedatangan pendamping korban dari LBH Ansor bermaksud mengajukan permohonan perlindungan terhadap korban dan beberapa orang saksi yang mengetahui aksi kekerasan itu," kata Ketua LPSK, Hasto Atmojo Suroyo, melalui keterangan tertulis seperti dilansir Antara, Sabtu (25/2/2023).

Mario Dandy Satriyo (20) anak salah seorang pejabat di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menganiaya Cristalino David Ozora (17) hingga koma, dan harus mendapatkan perawatan medis.

"LPSK belum bertemu dengan ayah maupun korban, mengingat keluarga masih fokus pada penyembuhan anak korban yang berupaya bangkit dari kondisi koma pascaaksi kekerasan fisik yang dideritanya," kata Hasto.


2. Ajukan Permohonan untuk David dan Sejumlah Saksi

Kedatangan LBH Ansor yang mendampingi keluarga korban dan beberapa orang saksi diterima langsung Wakil Ketua LPSK Achmadi dan Susilaningtias bersama sejumlah pegawai LPSK.

Kepada Hasto, perwakilan LBH Ansor mengatakan permohonan diajukan agar korban bisa mengakses perlindungan dari negara.

Selain itu, pihak korban menginginkan kejadian tersebut diusut tuntas dan para tersangka dihadirkan ke meja peradilan untuk pertanggungjawabkan perbuatannya.

Selain korban, diketahui ada beberapa orang lain yang juga memohon mendapatkan perlindungan LPSK. Mereka merupakan saksi dari kejadian penganiayaan oleh Mario yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka.


3. Alasan Pengajuan Perlindungan Khawatir Ancaman

Hasto menambahkan perlindungan diajukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Para saksi dilaporkan pihak korban khawatir akan adanya ancaman, mengingat keluarga tersangka merupakan pejabat di suatu kementerian.

"Tiga saksi dari pihak keluarga teman korban segera melengkapi permohonan karena ada ketakutan dari saksi mengingat keluarga pelaku merupakan pejabat," ujar dia.

Sementara, dari korban sendiri rencananya segera mengajukan permohonan perlindungan untuk pendampingan, bantuan medis dan fasilitasi restitusi.


4. Ajukan Tiga Permohonan

Menurut perwakilan LBH Ansor, permohonan diajukan agar korban bisa mengakses perlindungan dari negara. Selain itu, pihak korban menginginkan kejadian ini harus diusut tuntas dan para tersangka dapat dihadirkan ke muka peradilan untuk pertanggungjawaban perbuatannya.

Selain korban, ada beberapa orang lain yang juga dimohonkan mendapatkan perlindungan LPSK. Mereka merupakan saksi dari kejadian penganiayaan yang dilakukan anak pejabat Kemenkeu, David, yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolian.

"Tiga saksi dari pihak keluarga teman korban segera melengkapi permohonan. Karena ada ketakutan dari saksi mengingat keluarga pelaku merupakan pejabat," kata Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo, Sabtu (25/2/2023).

Sementara dari korban sendiri, rencana segera mengajukan permohonan perlindungan untuk pendampingan, bantuan medis, dan fasilitasi restitusi.

Percakapan Shane Ngompori Mario Dandy Dibongkar

Polisi Bongkar Percakapan Shane Ngompori Mario Dandy dalam Kasus David: Gue Kalau Jadi Lu, Pukuli Saja

Liputan6.com 2023-02-25 21:35:41
Mario Dandy Satrio dan AG. (Foto: Dok. Twitter Indonesia)

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes, Ade Ary Syam Indradi, menerangkan awal mula kasus dugaan penganiayaan yang menimpa David Latumahina alias Cristalino David Ozora yang mengerucut pada penetapan dua tersangka.

Keduanya, yakni Mario Dandy Satriyo (MDS) dan Shane (S). Melansir dari kanal News Liputan6.com, Sabtu (25/2/2023), tragedi ini bermula pada Januari 2023, Mario Dandy dikabari temannya yang berinisial APA bahwa AG mendapat perlakuan kurang baik.

"Tersangka MDS mendapat informasi dari temannya, yaitu saudari APA yang menyatakan bahwa saksi AG sekitar tanggal 17 Januari 2023 itu mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari korban," ungkapnya.

Setelahnya, Mario Dandy mengonfirmasi kepada AG terkait kabar yang disampaikan APA. Pada 20 Febuari 2023, Mario Dandy menghubungi Shane. Shane menanyakan kabar, lalu emosi putra Rafael Alun Trisambodo meledak.


Pukulin Saja!

"Akhirnya tersangka MDS emosi, kemudian tersangka S menjawab: Gue kalau jadi lu, pukulin saja. Itu parah Den," Ade Ary membeberkan. Mario bersama Shane dan AG menuju ke Pesanggrahan, Jakarta. Kala itu, David sedang berada di rumah sahabatnya.

"Setelah sampai di sana, tersangka S bertanya kepada MDS: Den, nanti gue ngapain? Kemudian tersangka MDS menjawab: Entar lu videoin saja," ia menyambung. Masih menurut polisi, Mario Dandy menyerahkan ponselnya kepada Shane. Yang terjadi kemudian sangat mengerikan.


Sikap Tobat

Mario Dandy menyuruh David pushup 50 kali. Korban saat itu hanya sanggup 20 kali. "Korban disuruh sikap tobat oleh tersangka MDS. Korban menyampaikan tidak bisa. Akhirnya tersangka MDS meminta tersangka S untuk mencontohkan sikap tobat," papar Ade Ary, makin detail.

David disebut tak mampu mempraktikkan sikap tobat. Situasi memanas. Penjelasan polisi berikut ini bisa jadi membuat Anda tidak nyaman. "Kemudian, menginjak kepala beberapa kali dan juga menendang perut dan memukul kepala ketika korban berada pada posisi pushup," urainya.


Hubungi Satpam

Saat itu, tersangka Shane merekam dengan ponsel Mario Dandy. "Berdasarkan fakta-fakta tersebut, setelah itu ada orangtua temannya D yang menolong korban dan akhirnya menghubungi satpam. Satpam menghubungi Polsek Pesanggrahan," Ade Ary membeberkan.

N selaku orangtua temannya David mencoba menolong korban. David kemudian dilarikan Rumah Sakit Medika Kebayoran Lama Jakarta untuk mendapat perawatan intensif akibat aniaya yang menimpanya.

(Jonathan Pandapotan Purba)

Kondisi Terkini David

Kondisi David Latumahina Korban Dugaan Penganiayaan Mario Dandy Anak Eks Pejabat Pajak Belum Sadar Tapi Sudah Ada Gerakan Tangan dan Kaki

Liputan6.com 2023-02-25 19:10:48
David Latumahina (Foto: Instagram/@chicohakim)

Crystalino David Ozora, alias David Latumahina, korban dugaan penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy anak eks pejabat pajak sempat koma selama beberapa hari ini. Namun sekarang sudah memperlihatkan kemajuannya.

David yang dirawat di Rumah Sakit Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan, dijelaskan M Syahwan Arey, pengacara David/Pengurus LBH Ansor ada kemajuan dari 4/15 ke 6/15.

"Namun tetapi, ada pergerakan tangan dan kaki tapi belum siuman. Makanya kami dari pihak pengacara keluarga korban itu memohon dukungan dan doa dari seluruh warga Indonesia," ungkapnya, dilansir kanal YouTube KompasTV, Jumat (24/2/2023).

M Syahwan Arey menjelaskan perkembangan David yang meningkat menjadi 6/15 itu seharusnya sudah siuman.


Bikin Khawatir

Walau sudah memberi respons gerak, namun diakui M Syahwan Arey, kondisi David yang sekarang ini justru membuatnya khawatir.

"Tapi sampai kondisi saat ini korban belum siuman, itu yang kami sangat khawatir dan kami berharap ada perkembangan baru setelah ini," lanjutnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Pembengkakan Otak

Kabar beredar bahwa David Ozora mengalami pembengkakan otak setelah beberapa kali menerima tindakan kekerasan dari Mario Dandy, benarkah?

"Kalau dari perkembangan yang ada, sementara kami mendapat informasi terbaru per hari ini kami menyampaikan bahwa masih pembengkakan otak. Kami berdoa mudah-mudahan tidak terlalu parah, sehingga adik korban David ini mudah-mudahan setelah ini ada perkembangan baru dan kemajuan untuk kesembuhan segera, itu yang kami harap," sambungnya.


Langkah Hukum

Pihak keluarga David melalui kuasa hukumnya mengapresiasi langkah cepat Polres Metro Jakarta Selatan untuk menetapkan tersangka untuk kasus ini.

"Tapi dari perkembangan yang kami dapatkan ada dua tersangka sudah ditetapkan. Kami sih berharap karena sesuai fakta-fakta yang ada semestinya A itu adalah otak awal sehingga harus ditetapkan sebagai tersangka juga. Karena mulai lewat A ini sehingga terjadi proses sampai dengan si korban ini dianiaya dengan brutal," bebernya.

Icad Mulai Huni Penjara Hari ini

Richard Eliezer Mendekam di Lapas Salemba Mulai Besok, Senin 26 Februari 2023

Liputan6.com 2023-02-26 12:25:33
Richard Eliezer alias Bharada E memberi salam sebelum menjalani sidang tuntutan kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (25/

Bharada Richard Eliezer alias Bharada E resmi menjadi terpidana kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat usai divonis hukuman penjara selama 1,5 tahun. Richard bakal mendekam di Lapas Salemba mulai besok, Senin 26 Februari 2023.

Hal tersebut turut dikonfirmasi oleh pihak Kejaksaan Agung usai pihaknya berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

"Informasi dari Kejari Selatan ke Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung betul (Richard akan dipindah ke lapas Salemba)," ujar Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana saat dihubungi, Jakarta, Minggu (26/2/2023).

Eksekusi Richard di Salemba akan bersamaan dengan dua terpidana lain dalam kasus yang sama, yakni Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf.

Terpisah, Kepala Kejari Jaksel, Syarief Sulaeman Nahdi menjelaskan perihal pemindahan Richard dari tahanan Bareskrim Mabes Polri dimaksudkan agar semua hak daripada Richard dapat terpenuhi.

"Agar yang bersangkutan dapat terpenuhi hak-haknya seperti bebas bersyarat, remisi," ungkap Syarief.

Menurut dia, untuk mendapatkan hak-hak Bharada E hanya dapat dilakukan di lapas yang sudah ditentukan.


Vonis Richard Eliezer

Seperti diketahui, melalui prosesi persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Richard dijatuhi hukuman mendekam di penjara selama 1,5 tahun oleh majelis hakim.

"Menjatuhkan pidana 1 tahun 6 bulan," kata Ketua Majelis Hakim PN Jaksel Wahyu Iman Santoso dalam persidangan di PN Jaksel, Rabu (15/2/2023).

Pada kasus ini, Richard Eliezer alias Bharada E dinyatakan terbukti bersalah turut serta melakukan pembunuhan berencana. Bharada E disebut melanggar Pasal 340 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

"Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan pembunuhan berencana. Mengadili menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumui dengan pidana penjara selama 1 tahun dan enam bulan," kata hakim.

Baik Richard dan jaksa tak mengajukan banding atas vonis tersebut.

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka

184 Orang Ditangkap

Korban Gempa Turki Tembus 50 Ribu Nyawa, 184 Orang Ditangkap Polisi Akibat Gedung Runtuh

Liputan6.com 2023-02-26 14:00:00
Seorang anggota pasukan khusus mencoba mendaratkan helikopter di sebuah bangunan rusak yang diperkirakan berisi beberapa hewan di Diyarbakir, Turki tenggara (22/2/2023). Gempa susulan berkeku

Korban gempa bumi yang terjadi di Turki masih meninggalkan luka bagi masyarakat setempat dan dunia. Korban jiwa berjatuhan di Turki dan Suriah, total kematian sudah tembus 50 ribu orang.

Dilaporkan VOA Indonesia, Minggu (26/2/2023), korban tewas akibat gempa bumi di Turki per Sabtu kemarin telah naik menjadi 44.128. Angka itu membuat jumlah keseluruhan kematian di Turki dan negara tetangga Suriah menjadi lebih dari 50.000.

Lebih dari 160.000 bangunan berisi 520.000 apartemen runtuh atau rusak parah di Turki akibat gempa besar pada 6 Februari 2023.

Turki menangkap 184 orang yang diduga bertanggung jawab atas runtuhnya ratusan ribu bangunan akibat gempa. Investigasi dilakukan di saat meningkatnya kemarahan warga yang menganggap buruknya kualitas bangunan adalah buntut dari praktik korupsi.

Menteri Kehakiman Bekir Bozdag mengatakan lebih dari 600 orang diselidiki sehubungan dengan bangunan yang runtuh. Ia berbicara dalam konferensi pers di kota tenggara Diyarbakir, yang termasuk di antara 10 provinsi yang dilanda bencana.

Mereka yang secara resmi ditangkap dan ditahan termasuk 79 kontraktor konstruksi, 74 orang yang memikul tanggung jawab hukum atas bangunan, 13 pemilik properti dan 18 orang yang telah melakukan perubahan pada bangunan, katanya.

Di Provinsi Gaziantep, wali kota distrik Nurdagi - yang berasal dari Partai AK yang berkuasa - termasuk di antara mereka yang ditangkap. Penangkapan itu merupakan bagian dari upaya penyelidikan atas kualitas bangunan yang runtuh, lapor penyiar negara TRT Haber dan media lainnya.


Operasi Pencarian Masih Dilakukan

Hampir tiga minggu sejak bencana tersebut, operasi pencarian masih dilakukan. Para pejabat belum mengatakan berapa banyak mayat yang mungkin masih terperangkap di bawah reruntuhan.

Seorang petugas pemadam kebakaran yang membantu membersihkan puing-puing di Kota Antakya yang luluh lantak mengatakan ia menemukan potongan-potongan bagian tubuh setiap hari.

Hampir dua juta orang yang kehilangan tempat tinggal akibat bencana tersebut ditempatkan di tenda-tenda, rumah kontainer, dan fasilitas lainnya di wilayah tersebut dan di bagian lain negara itu, kata otoritas manajemen bencana Turki.

Lebih dari 335.000 tenda didirikan di zona gempa dan pemukiman rumah kontainer didirikan di 130 lokasi, sementara hampir 530.000 orang dievakuasi dari daerah yang terkena dampak, tambahnya.


114 WNI dan 2 Jenazah Korban Gempa Turki Sudah Tiba di Indonesia

Sebanyak 114 WNI dan dua jenazah korban gempa di Turki, pulang ke Indonesia, Kamis (23/2/2023).

Kepulangan ratusan WNI tersebut dikawal oleh tim gabungan, seperti Polresta Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Angkasa Pura II, Bea Cukai Bandara Soetta, Kantor Imigrasi Bandara Soetta, Balai Kesehatan Bandara Soetta dan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Selain itu, dua jenazah WNI yang menjadi korban gempa Turki dipulangkan ke daerah asalnya di Bali dan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wakapolresta Bandara Soetta AKBP Anton Firmanto mengatakan, para WNI atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) itu tiba di Terminal 3 Bandara Soetta, menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 7890 rute Jeddah (JED)- Jakarta (CGK), Kamis (23/2) dini hari atau sekitar pukul 03.00 WIB.

"Kami telah melakukan pengamanan kedatangan dan pemulangan WNI/PMI dari luar negeri yang terdampak gempa di Turki. Pemulangan para WNI ini dilakukan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Hubinter Polri" ungkap Wakapolres Anton Firmanto kepada wartawan.

Anton menjelaskan WNI/PMI yang dipulangkan sebanyak 114 orang dan 2 jenazah melalui kargo. Sebanyak 84 orang di antaranya merupakan WNI biasa, 1 orang PMI biasa dan 8 orang PMI terindikasi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Selain itu, ada empat orang pendamping yang terdiri dari 2 petugas Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) dan 2 orang KBRI. Kemudian, sebanyak 18 orang dari Tim Kemanusiaan (EMT dan Kemko PMK).


2 Jenazah Langsung Dipulangkan ke Kampung Halamannya

Lebih lanjut, Anton menjelaskan, untuk kedua jenazah akan langsung dipulangkan ke kampung halamannya melalui Kargo Bandara Soekarno Hatta.

"Ada dua jenazah melalui kargo atas nama Irma Lestari asal Lombok, NTB dan Ni Wayan Supini asal Bali," jelasnya.

Jenazah WNI/PMI atas nama Ni Wayan Sutini asal Bali akan di berangkatkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 422 take off pukul 13.00 WIB dan tiba di Denpasar Bali pukul 15.50 Wita.

Sementara jenazah WNI/PMI atas nama Irma Lestari asal NTB akan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 430 take off pukul 10.55 WIB dan tiba di Lombok pukul 13.55 Wita.

"Seluruh WNI, kepulangannya dijemput oleh keluarga masing-masing, serta ada yang transit menggunakan jasa penerbangan lanjutan. Sedangkan untuk PMI ditangani oleh pihak BP2MI Bandara Soetta," ujarnya.

Mobil Listrik Buatan Mahasiswa Binus

Mengintip Purwarupa Mobil Listrik Besutan Mahasiswa Indonesia

Liputan6.com 2023-02-26 14:30:12
Mobil prototype yang menggunakan tenaga baterai listrik buatan para mahasiswa BINUS ASO School of Engineering. (Istimewa)

Saat ini Pemerintah Indonesia tengah melakukan upaya transisi energi demi menjaga ketahanan energi dan mewujudkan ekonomi hijau atau green economy di Indonesia.

Sementara green economy diharapkan secara signifikan mampu mengurangi risiko lingkungan dan kelangkaan sumber daya.

Dalam perhelatan Presidensi G20 tahun lalu, Pemerintah juga telah melaksanakan sejumlah investasi di sektor energi dan kerja sama pembiayaan.

Transisi energi tersebut menjadi upaya sekaligus komitmen Pemerintah untuk mengantisipasi krisis energi ke depan, dan Pemerintah telah meningkatkan bauran sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen di tahun 2025, hingga 31 persen di tahun 2030.

Salah satu contoh upaya yang dilakukan pemerintah adalah mendorong terbentuknya ekosistem kendaraan listrik.

Mengingat industri otomotif tanah air terus mengalami perkembangan.Karya dari D'BASE Team di IIMS 2023Mendasar dari hal tersebut, dalam rangka mendukung upaya transisi energi kendaraan bertenaga listrik oleh pemerintah, BINUS ASO School of Engineering akan turut memeriahkan acara IIMS 2023 yang diadakan di JIEXPO Kemayoran mulai dari tanggal 16 hingga 26 Februari 2023.

Sebagai wujud dari kolaborasi BINUS University dengan acara otomotif terbesar di Indonesia ini, tim mahasiswa BINUS ASO atau D'BASE Team akan memeriahkan acara dengan menunjukkan mobil prototype bertenaga listrik saat acara berlangsung.

Prototype ini sengaja dipilih untuk mewakili BINUS ASO di IIMS 2023 karena telah mencetak prestasi pada acara Eco- Shell Tournament 2022 di Pertamina Mandalika International Circuit.

Disamping itu, IIMS 2023 juga memiliki EV Area yang baru ada pada tahun ini, dimana area ini dikhususkan untuk kendaraan listrik yang ada di Indonesia, serta menghadirkan jalur khusus test drive dengan sepeda motor listrik.

Mobil prototype yang menggunakan tenaga baterai listrik buatan para mahasiswa BINUS ASO School of Engineering akan dipajang di area tersebut. D'BASE Team yang terdiri dari mahasiswa jurusan Automotive Engineering dari BINUS ASO, telah membuat dua buah mobil prototype sejak berdiri pada tahun 2020.

Kedua prototype tersebut adalah mobil dengan konsep urban yang menggunakan bahan bakar bensin serta mobil bertenaga baterai listrik. Bagi BINUS, IIMS 2023 merupakan ajang terbaik untuk memperkenalkan inovasi muda-mudi Indonesia dalam bidang otomotif dengan menghadirkan mobil prototype bertenaga listrik.

Pasalnya, acara ini selalu dihadiri oleh ratusan ribu pengunjung umum dan pengamat industri otomotif dari tahun ke tahun.


Kesuksesan di Mandalika

Kendaraan yang akan ditampilkan untuk memeriahkan acara IIMS 2023 bukanlah sembarang mobil listrik.

Sebab, mobil prototype dari tim mahasiswa BINUS ASO berhasil mencetak prestasi yang mengagumkan di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada tahun 2022.

Di penghujung acara Eco-Shell Tournament yang diadakan di sirkuit tersebut, mobil listrik dari tim mahasiswa BINUS mencatatkan efisiensi sebesar 224 km/kWh.

Mobil mereka juga berhasil menempati posisi lima besar dalam mencapai garis finish untuk kategori mobil bertenaga baterai atau listrik.

"Kemenangan D'BASE Team membuktikan bahwa mahasiswa Indonesia juga memiliki potensi untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan hingga bersaing dengan negara lainnya," ucap Prof. Fergyanto E. Gunawan, Dr. Eng yang menjabat sebagai Dekan BINUS ASO School of Engineering.

"Kesempatan kolaborasi dengan IIMS 2023 ini juga kehormatan bagi BINUS ASO untuk menunjukkan karya mahasiswanya yang berprestasi," lanjut dia.


Tren Terkini Industri Otomotif

Industri otomotif adalah industri yang senantiasa berkembang seiring dengan perubahan zaman. Maka dari itu, selalu ada tren terbaru yang muncul setiap tahunnya.

Beberapa tren yang menjadi sorotan utama pada IIMS 2023 adalah penggunaan data, teknologi Internet of Things (IoT), dan elektrifikasi.Tren elektrifikasi atau kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar listrik menarik semakin banyak perhatian dari pemerhati industri otomotif maupun orang awam.

Kepopuleran ini disebabkan oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan efek negatif perubahan iklim dan komitmen untuk mengurangi jejak karbon dunia dari para pemimpin global.

Salah satu inisiatif penyelamatan lingkungan yang paling sering diandalkan adalah transportasi ramah lingkungan.

BINUS ASO School of Engineering menyadari pentingnya hal tersebut, sehingga para mahasiswanya dibekali dengan pengetahuan dan skill yang dibutuhkan untuk menyokong kinerja industri otomotif serta engineering.

Salah satu upaya yang telah dilakukan BINUS ASO adalah dengan membentuk tim seperti D'BASE dalam rangka mendukung minat dan bakat mahasiswa dalam bidang pembuatan kendaraan bermotor.

"Kami selalu menekankan pentingnya memahami tren dan bergerak berdasarkan (perkembangan) itu," kata Prof. Fergyanto E. Gunawan saat menjelaskan peran perkembangan tren terkini dari dunia otomotif dalam kurikulum pembelajaran.

Dia menambahkan mengapa elektrifikasi menjadi fokus utama dalam ajang kolaborasi ini, "Demand untuk kendaraan listrik akan semakin naik, jadi mereka harus tahu seluk-beluknya supaya negara kita tidak tertinggal," tutupnya.

Pecahkan Rekor, ke Disneyland 3.000 Kali

Pengunjung Setia, Pria Ini Pecahkan Rekor Kunjungi Disneyland Sebanyak 3.000 Kali

Liputan6.com 2023-02-26 17:00:55
Pria Pecahkan Rekor Kunjungi Disneyland Sebanyak 3.000 Kali. (Sumber: Siakapkeli)

Disneyland menjadi salah satu tempat favorit yang paling banyak dikunjungi wisatawan seluruh dunia. Baik itu ketika musim liburan atau hanya sekadar ingin menikmati momen di tempat ternama yang terletak beberapa negara ini.

Tidak hanya anak-anak, suasana dan wahana di Disneyland juga berhasil hipnotis orang dewasa. Bahkan tak sedikit orang yang ingin membuat kenangan dan ciptakan momen seru bareng orang tersayang di Disneyland.

100 kali mengunjungi Disneyland sudah bisa dikategorikan banyak dan sering mengunjungi Disneyland. Namun bagaimana jika ada pengunjung setia Disneyland yang sudah mengunjungi Disneyland sebanyak hampir 3.000 kali?

Pria asal California pecahkan rekor karena mengunjungi Disneyland sebanyak hampir 3.000 kali. Pria tersebut bahkan mengatur jadwal kerjanya dengan baik agar bisa mengunjungi Disneyland dan abadikan foto.

Berikut Liputan6.com melansir dari Siakapkeli kisah pria kunjungi Disneyland sebanyak hampri 3.000 kali, Minggu (26/2/2023).


Kunjungi Disneyland Sebanyak 3.000 Kali

Kecintaan seseorang terhadap sesuatu memang akan membuat orang tersebut melakukan beragam hal untuk mewujudkan keinginannya. Bahkan saking cintanya, seseorang akan melakukan aksi yang bikin melongo, sama seperti pria asal California yang sudah hampir 3.000 kunjungi Disneyland.

Pria bernama Jeff Reitz yang berusia 50 tahun ini mulai mengunjungi taman hiburan Disneyland setiap hari mulai tahun 2012 dan telah mengunjungi total 2.995 kali selama delapan tahun, tiga bulan, dan 13 hari.

Berawal dari lelucon ingin mengunjungi Disneyland, nyatanya pria tersebut sudah hampir 3.000 kali mengunjungi tempat wisata favorit banyak orang di seluruh dunia itu.

"Ini dimulai sebagai lelucon di antara teman-teman ketika Disneyland mengumumkan akan mengadakan 'Extra Disney Day' setelah hari kabisat di tahun 2012," kata Reitz dilansir dari Siakapkeli.

"Kami memutuskan untuk pergi ke Disneyland untuk hiburan karena kami memiliki tiket masuk tahunan, jadi ini sumber hiburan gratis," katanya.


Tertarik dengan Mr. Toad's Wild Ride

Pria yang sudah mengunjungi Disneyland sejak tahun 2012 ini pergi ke Disneyland bersama teman-temannya atau bahkan sendiri. Reitz mengatakan kepada Guinness dilansir dari Siakapkeli bahwa dia biasanya berjalan di sekitar taman hiburan untuk mengambil gambar dan membagikannya di media sosial.

"Hanya ada satu daya tarik di Disneyland, yaitu Mr. Toad's Wild Ride, tapi Matterhorn Bobsleds selalu menjadi favorit saya," ungkapnya.

Telah memecahkan Rekor Dunia Guinness untuk kunjungan paling berturut-turut ke Disneyland, Reitz kemudian didekati oleh seorang reporter yang mengikuti media sosialnya tentang mengunjungi Disneyland.

Pria berusiaa 50 tahun ini mengatakan bahwa pada 1 Juli 2012, seorang reporter dari Orange Counter Register menerbitkan artikel tentang pencapaiannya mengunjungi Disneyland di hari ke-183.


Pecahkan Rekor

Kunjungi Disneyland hingga ratusan bahkan ribuan kali, tak heran jika kemudian pria tersebut memecahkan rekor. Menurut Rekor Dunia Guinness, pria ini menerima hadiah dan sertifikat setelah dia mengunjungi taman hiburan selama 366 hari berturut-turut.

Bermula dari tahun 2012, tahun 2017 pria tersebut sudah mengunjungi Disneyland sebanyak 2.000 kali. Diungkapkan, Jika bukan karena pandemi COVID-19, Reitz pasti sudah mengunjungi taman hiburan tersebut sebanyak 3000 kali.

"Terakhir, mereka memberikan tas punggung saat saya mencapai hari ke-2.000 di tahun 2017," kata Reitz.

Pria tersebut berharap bisa kembali mengunjungi Disneyland dan menambah daftar kunjungannya agar melebihi 3.000 kali.