"Tolong Kasihan Saya"

Ayah Mario Dandy, Rafael Alun Usai Diperiksa KPK: Tolong Kasihan Saya

Liputan6.com 2023-03-01 19:50:48
Mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo yang juga ayah Mario Dandy tersenyum usai menjalani pemeriksaan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Eks Pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo memilih diam usai diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dimilikinya selama menjabat sebagai pejabat pajak.

Nilai fantastis harta kekayaan Rafael Alun menjadi sorotan publik buntut kasus penganiayaan yang dilakukan anaknya, Mario Dandy Satriyo terhadap remaja bernama David hingga koma.

Rafael diperiksa KPK selama kurang lebih sembilan jam. Usai datang seorang diri pada pagi hari tadi sekira pukul 9.00 WIB pagi di Gedung KPK Jakarta, Rafael akhirnya menampakkan diri kembali sekira pukul 17.00 WIB sore.

Kepada awak media, Rafael mengaku capai dan lelah. Dia pun meminta awak media yang menunggunya di halaman Gedung KPK untuk tidak membebani dirinya dengan sejumlah pertanyaan yang memberatkan.

"Sudah ya permisi, saya sudah lelah dari pagi sampai ini, tolong kasihan saya," kata Rafael kepada awak media di Gedung KPK Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Selain mengaku lelah, Rafael juga menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga korban dan berharap kesembuhan kepada David yang belum sadarkan diri.

"Saya saat ini tetap mendoakan untuk ananda David supaya ananda David agar segera sembuh pulih kembali seperti sedia kala, dan saya juga sekali lagi menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga Bapak Jonathan Latumahina, kepada keluarga besar PBNU, dan keluarga besar GP Ansor, juga Banser," kata Rafael.

Soal hasil pemeriksaan LHKPN, Rafael tidak banyak berkomentar. Menurut dia, hal itu menjadi kewenangan tim pemeriksa dari KPK.

"Soal itu tanya ke KPK, saya telah memenuhi kewajiban saya untuk memberikan klarifikasi atas undangan yang diberikan oleh KPK kepada saya," kata ayah Mario Dandy ini menutup.


KPK Sebut Rafael Punya Geng di Ditjen Pajak

Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan memastikan, penelisikan terhadap harta kekayaan pejabat pajak yang fantastis tidak akan berhenti pada Rafael Alun Trisambodo.

Menurut informasi yang diterima KPK, lanjut Pahala, Rafael memiliki sebuah geng di instansi pajak tempatnya dulu bekerja sebelum mengundurkan diri buntut kasus penganiayaan yang dilakukan anaknya, Mario Dandy Satriyo.

"Kita pastikan sesudah yang bersangkutan pasti ada lagi orang-orang lain. Kita dengar juga ada gengnya," kata Pahala saat jumpa pers di Kantor KPK, Jakarta Selatan, Rabu (1/3/2023).

Namun menurut Pahala, KPK tidak akan sembarangan. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Tim Inspektorat Direktorat Pajak untuk mengetahui pola dari geng Rafael Alun Trisambodo.

"Kita perlu tahu polanya, ini bukan sederhana. Ini kan orang keuangan benar dia tahu cara ke sana ke mari," ucap Pahala.

Pahala memastikan, kerja sama bersama Tim Inspektorat memungkinkan KPK menjamah ranah yang berada di luar batas kewenangan. Pahala yakin, Ditjen Pajakmemiliki semangat yang sama untuk menghasilkan pejabat pajak yang lebih baik.

"Inspektorat Jenderal bisa memanggil rekan kerja hingga atasan Rafael untuk dimintai klarifikasi soal harta. Sementara, KPK tak punya kewenangan itu. Kita berbagi kerjaan berdasarkan kewenangan karena yang sana juga mau ini terungkap," Pahala menutup.

Terungkap Kelakuan Saat Sekolah

Terungkap Kelakuan Mario Dandy Diduga Pelaku yang Aniaya David, Saat Sekolah Sering Ngutang dan Bayarnya Harus Ditagih

Liputan6.com 2023-03-01 15:55:54
Mario Dandy yang juga anak pejabat pajak bernama Rafael Alun Trisambodo tersangka penganiayaan dikenal hobi pamer harta di media sosial. (Liputan6.com/ Ist)

Mario Dandy, cowok yang diduga sebagai pelaku yang aniaya David, memiliki kehidupan yang hedon. Dan sejak SMP, ia kerap membuat orang lain susah.

Seperti kenangan Sumijah, pemilik kantin di SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta, tempat Mario Dandy bersekolah.

Diakui Sumijah, bahwa kekasih AG ini kerap mengambil dagangannya tanpa langsung membayarnya alias ngutang, dilansir kanal YouTube Tribunnews, Selasa (28/2/2023).

"Anaknya kalau sama saya asal ngambil pergi, ngambil pergi. Tapi kan saya siap buku, jadi bayarnya nanti," ungkapnya.


Ngejar

Diakui Sumijah, bahwa dirinya harus mengejar Mario Dandy untuk menagih pembayaran makanan yang sudah diambilnya.

"Saya harus ngejar-ngejar. Kalau dia bawa uang minta. Kalau dia bayar di sana, aku ke sana 'Kamu bawa uang, sini Bu Sum kasih dulu. Kamu sudah segini, sudah segini' dikasih," lanjutnya.


Rp150 Ribu

Mario Dandy menumpuk utangnya kepada ibu kantin cukup banyak. Dalam seminggu, ia bisa jajan hingga 150 ribu rupiah.

"Dia anak orang kaya kan setahu saya. Ya enggak mesti tergantung yang diambil. Selama sama saya itu kemaren itu sekitar Rp150 ribu ada, seminggu. Dibayarnya lama karena kadang-kadang anaknya enggak keluar-keluar," sambungnya.


Lebih dari Seminggu

Dalam hal pembayaran, Sumijah juga menyebut bahwa Mario Dandy kerap lama. Tapi untungnya, kala itu Mario tak emosi saat ditagih.

"Lama, lebih dari seminggu (bayarnya). Saat ditagih dia cuma bilang 'Aku belum bawa uang bu'. Waktu dia dianter sama sopirnya dia bilang 'Enggak bawa uang asisten saya'. Oh enggak marah, cuma hyper aktif. Kalau dia mainnya pilih-pilih," bebernya.

Mahfud Md Minta Mario Dihukum Berat

Mahfud Md Usul Mario Dandy Dikenakan Pasal Lebih Berat, Ini Respons Polda Metro

Liputan6.com 2023-03-01 17:48:36
Mario Dandy Satriyo diamankan di Polres Jakarta Selatan. ( Bachtiarudin Alam/Merdeka.com)

Polisi menanggapi usulan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md agar tersangka Mario Dandy Satriyo dikenakan pasal yang lebih berat.

Mario Dandy merupakan anak eks pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu, Rafael Alun Trisambodo yang menjadi tersangka atas penganiayaan yang dilakukan terhadap David Latumahina alias Cristalino David Ozora.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menegaskan, proses penyelidikan sampai saat ini masih berjalan. Penyidik masih mencari bukti-bukti untuk diselaraskan dengan unsur-unsur pasal yang akan dipersangkakan kepada Mario Dandy.

"Proses penyidikan masih berlangsung, segala masukan, segala hal yang bersifat ini nanti menjadi suatu bukti permulaan dan alat bukti. Tentu berproses," ujar dia di Polda Metro Jaya, Rabu (1/3/2023).

Trunoyudo mengatakan, penyidik menampung semua usulan yang disampaikan. Tentu ini menjadi suatu pertimbangan. Tapi pada proses penyelidikan tetap mengacu pada alat bukti, dan keterangan ahli.

"Artinya apa yang sudah ditetapkan saat ini, ini masih berproses. Kami sampaikan masih ada beberapa langkah sebagai tindak lanjut. Di antaranya tentu ada gelar perkara kembali," ujar dia.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md menilai, seharusnya kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo terhadap David dikenakan pasal yang lebih berat.

Pernyataan Mahfud Md turut menyoroti jeratan pasal yang telah ditetapkan pihak kepolisian kepada tersangka Mario Dandy dengan Pasal 351 KUHP terkait penganiayaan. Padahal, ia lebih setuju tindakan Mario Dandy kepada David dikenakan Pasal 354 dan Pasal 355 KUHP.

"Dalam kasus ini, kalau kita melihat aksinya yang begitu brutal tanpa perikemanusiaan. Saya mungkin agak setuju kalau diterapkan Pasal 351, karena memang itu mungkin. Tetapi saya akan jauh lebih setuju dan mendukung untuk mencoba menerapkan pasal yang lebih tegas. Untuk membuat anak-anak muda, untuk membuat orang tua mendidik anak-anaknya dengan baik, diterapkan pasal 354 dan 355," kata Mahfud kepada wartawan usai menjenguk David di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/2/2023).


AG Pacar Mario Dandy Kembali Diperiksa Polisi Terkait Kasus Penganiayaan David Ozora

Sementara itu, polisi kembali memeriksa AG, pacar Mario Dandy Satrio atas kasus penganiayaan David Ozora pada Rabu, (1/3/2023). Pada pemeriksaan ketiga kalinya ini AG akan diperiksa oleh Asosiasi Psikologi Forensik Indonesia (Apsifor).

"(AG) akan dilakukan pemeriksaan yang ketiga kalinya oleh psikologi forensik," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, kepada wartawan pada Rabu (1/3/2023).

Saat pemeriksaan, AG akan didampingi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) hingga Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

"Kemudian pada hari ini juga KPAI akan melakukan diskusi rapat, dilaksanakannya di Polres Jakarta Selatan, di mana yang akan hadir di situ ada Komisioner KPAI hingga dari Kementerian PPA, kemudian juga ada P2TP2A Jakarta Selatan," jelas Trunoyudo.

Kemudian, pemeriksaan terhadap AG juga melibatkan Pekerja Sosial Profesional.

"Pemeriksaan itu guna menilai tiga hal, hal yang pertama menilai tentang anak dalam tekanan apakah adanya relasi kuasa dan kemudian tentang kondisi sosial lainnya, kemarin sudah dilakukan oleh pekerja sosial profesional," kata Trunoyudo.


Turut Terlibat?

Sebelumnya, kuasa hukum tersangka Shane menyebut AG turut terlibat dalam aksi penganiayaan David (17). AG berperan sebagai perekam aksi penganiayaan.

"Iya betul (AG ikut merekam)," kata kuasa hukum Shane Happy SP Sihombing kepada wartawan, Selasa (28/2/2023).

Happy akui, kliennya merekam karena diminta oleh Mario Dandy. Tapi, Mario Dandy tak menjelaskan alasannya.

"Pokoknya dia bilang gini, 'Kamu rekam saja apa yang saya minta. Kamu tidak akan ikut bertanggungjawab. Pokoknya kamu rekam saja'," ujar Happy.

Sementara itu, AG mengabadikan momen penganiayaan memakai ponsel miliknya sendiri. Keterangan itu disampaikan oleh kliennya saat mendampingi menjalani pemeriksaan tambahan hari ini.

"Setelah ditanya lagi, si A*** pakai handphonenya sendiri," ujar dia.

Menurut dia, ada pihak lain yang merekam video penganiayaan itu di luar AG dan Shane. Namun, sosoknya belum diketahui.

Polisi Akan Periksa Pacar Mario

Cari Bukti Keterlibatan AG Pacar Mario Dandy, Polisi Akan Periksa Ponselnya

Liputan6.com 2023-03-01 18:19:30
AG kekasih Mario Dandy pelaku penganiayaan. (Doc: Instagram.com/@__broden)

Polisi memastikan akan memeriksa telepon seluler (ponsel) milik saksi AG, pacar Mario Dandy Satriyo untuk mencari bukti keterlibatannya dalam kasus penganiayaan terhadap David Latumahina alias Cristalino David Ozora.

Selain handphone milik AG, polisi juga akan memeriksa ponsel tersangka Mario Dandy dan Shane untuk mencari bukti keterlibatan dan peran-peran mereka dalam kasus penganiayaan ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menuturkan bahwa Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran selalu menekankan dalam setiap penanganan kasus harus menggunakan metode Scientific Crime Investigation atau SCI, yakni memadukan teknis prosedur dan juga ilmiah sehingga hasilnya akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Tentu di sini juga ada digital forensik ya, terkait dengan digital forensik melihat transkrip dari device-device, tentu menjadi bagian daripada alat bukti, termasuk menjadi bagian daripada keterangan ahli nantinya," kata Trunoyudo di Polda Metro Jaya, Rabu (1/3/2023).

Dalam pengusutan kasus penganiayaan terhadap David Latumahina, putra pengurus GP Ansor ini, polisi melakukan kolaborasi interprofesi. Salah satu dengan Asosiasi Psikologi Forensik Indonesia (APSIFOR).

Perwakilan dari APSIFOR telah tiga kali memeriksa AG, kekasih Mario Dandy. Terbaru, pemeriksaan dilakukan pada Rabu, 1 Maret 2023.


Pemeriksaan AG Libatkan Psikologi Forensik

Adapun pemeriksaan psikologi forensik guna menilai tiga hal, antara lain tentang anak dalam tekanan dan kondisi sosial.

"Apakah adanya relasi kuasa. Kemarin sudah dilakukan oleh pekerja sosial profesional," ujar dia.

Trunoyudo mengatakan, hasil pemeriksaan Psikologi Forensik akan dibuatkan dalam bentuk laporan sosial untuk digunakan pada proses penyidikan ini.

"Ini langkah-langkah secara maraton yang secara cepat terus dilakukan, dilaksanakan oleh penyidik," ujar dia.

Trunoyudo memastikan, penyidik patuh dan taat pada hak-hak pemenuhan kewajiban terhadap anak.

"Diharapkan juga untuk menunggu proses penyidikan ini masih terus berjalan, baik itu penyidik maupun interprofesi yang dilibatkan sebagai stakeholder dalam proses penyidikan ini," tandas dia.

Ayah Mario Dandy Punya Saham di 6 Perusahaan

KPK Sebut Ayah Mario Dandy, Rafael Alun Trisambodo Punya Saham di Enam Perusahaan

Liputan6.com 2023-03-01 13:15:32
Ayah Mario Dandy Satrio yang juga mantan pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu Rafael Alun Trisambodo penuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (1/2/20

Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan Nainggolan membenarkan, adanya andil Eks Pejabat Pajak Rafael Alun Trisambodo dalam sejumlah perusahaan.

Bahkan, saat dikonfirmasi wartawan, terdapat 6 perusahaan yang di mana ayahanda Mario Dandy, tersangka kasus dugaan penganiayaan itu memiliki andil di dalamnya.

"Iya disebutkan di LHKPN terakhirnya. tapi akses publik hanya sampai total surat berharga saja, detailnya ya itu tadi saham di 6 perusahaan," kata Pahala kepada awak media, seperti dikutip Rabu (1/3/2023).

Nilai surat berharga dimiliki Rafael yang tertulis di dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) senilai Rp 1.556.707.379.

Namun demikian, masih terus ditelusuri perusahaan apa saja yang andilnya dimiliki oleh Rafael sesuai dengan yang tercantum di LHKPN sebagai surat berharga.

Saat ini Rafael masih menjalani pemeriksaan oleh KPK.

Adapun, pemeriksaan dilakukan guna mengonfirmasi sumber harta milik Rafael yang tercantum di LHKPN miliknya saat masih menjabat sebagai eks pejabat pajak.

Rafael sendiri saat ini sudah mengundurkan diri sebagai pejabat pajak. Hal itu dilakukan pasca kasus penganiayaan terhadap David Ozora yang dilakukan oleh anaknya, Mario Dandy.

Diketahui, Rafael terungkap memiliki harta bernilai fantastis. Tahun 2011 silam, ia tercatat melaporkan harta kekayaan sebesar Rp19,49 miliar dan USD 100.000 kepada KPK.

Jabatan Rafael saat itu diketahui masih duduk sebagai Kepala Bidang Pemeriksaan, Penyidikan, dan Penagihan Pajak.

Kekayaan Rafael meningkat signifikan Per 31 Desember 2019 hingga 31 Desember 2020. Angkanya dari Rp44,2 miliar menjadi Rp55,6 miliar.

Kini, Rafael diketahui telah memiliki harta kekayaan sebesar Rp56,1 miliar saat menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jakarta Selatan II.


Kekayaan Rafael Alun Meningkat

Rp56,1 Miliar itu kebanyakan terbagi atas tanah dan bangunan bernilai Rp51,9 miliar. Properti tersebut berjumlah 11 dan tersebar di Jakarta, Sleman, sampai Manado.

Transportasi milik Rafael Alun Trisambodo hanya berjumlah dua kendaraan, yaitu Toyota Camry tahun 2008 senilai Rp 125 juta dan Toyota Kijang tahun 2018 senilai Rp300 juta.

Namun berdasarkan laporan atas peristiwa yang menimpa anaknya, tidak ada kendaraan jenis Jeep Rubicon yang dipakai anaknya saat melakukan penganiayaan tercantum di laporan.

Melansir dari laman elhkpn.kpk.go.id, Rabu (1/3/2023) adapun kenaikan harta kekayaan Rafael setiap tahunnya yakni sebagai berikut:

Pengakuan Ayah Mario soal Rubicon

Rafael Alun Trisambodo Mengaku Rubicon yang Dipakai Mario Dandy Satriyo saat Aniaya David Milik Sang Kakak

Liputan6.com 2023-03-01 17:20:15
Penampakan Mobil Jeep Rubicon hitam yang dipakai tersangka Mario Dandy Satriyo anak pejabat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan yang diduga melakukan penganiayaa

Pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo mendapat sorotan publik karena anaknya yaitu Mario Dandy Satriyo melakukan penganiayaan hingga korbannya koma. Selain itu, ia juga mendapat sorotan karena sang anak sering pamer harta seperti mengendarai mobil Jeep Rubicon hingga Motor Harley Davidson.

Rafael pun buka suara soal pamer harta tersebut. Saat diklarifikasi oleh Kementerian Keuangan, Rafael Alun trisambodo mengaku bahwa mobil Jeep Rubicon yang digunakan Mario Dandy Satriyo saat melakukan penganiayaan bukan mobil pribadinya melainkan milik kakaknya.

"Mobil Robicon diakui RAT bukan miliknya tetapi pihak lain. Robicon ini milik kakaknya," kata Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (1/3/2023). Rafael juga membantah motor Harley Davidson yang digunakan Mario Dandy juga miliknya. Motor tersebut diakui Rafael milik anak menantunya.

"Dan terkait kendaraan lainnya (motor Harley Davidson) milik anak menantunya," kata Suahasil.

Atas klarifikasi tersebut, Suahasil mengaku Inspektorat Jenderal tidak mudah percaya begitu saja. Pihaknya saat ini tengah meminta bukti atas pernyataannya, yakni bukti dari kepemilikan kendaraan bermotornya.

Tim Inspektorat Jenderal meminta menunjukkan bukti kepemilikan agar mengetahui status kendaraan bermotor tersebut," kata dia.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 31 Desember 2021, Rafael tercatat memiliki harta kekayaan sebesar Rp 56,1 miliar dan tidak memiliki utang. Harta kekayaan Rafael senilai Rp 51,93 miliar berbentuk tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Manado dan Sleman DIY.

Selain itu, Rafael juga tercatat memiliki sejumlah alat transportasi yang dilaporkan di LHKPN, yaitu Toyota Camry 2008 senilai Rp 125 juta dan Toyota Kijang 2018 senilai Rp 300 juta.

Rafael memiliki harta bergerak lain Rp 420 juta, surat berharga Rp 1,5 miliar, kas dan setara kas Rp 1,3 miliar serta harta lainnya Rp 419 juta.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com


Kemenkeu Tolak Pengunduran Diri Rafael Alun Trisambodo

Kementerian Keuangan telah menolak permintaan pengunduran diri dari Rafael Alun Trisambodo. Lantaran, Rafael Alun sedang dalam pemeriksaan terkait kasus yang sedang bergulir.

Hal ini disampaikan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam konferensi pers di kantor Kementerian Keuangan, Rabu (1/3/2023).

Suahasil menerangkan, kalau pada kesempatan sebelumnya, Rafael Alun Trisambodo telah dinyatakan dicopot dari tugas dna jabatannya di lingkup Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu.

Dia juga mengonfirmasi telah menerima surat pengunduran diri ayah dari Mario Dandy tersebut.

"Dapat kami sampaikan disini bahwa kemenkeu telah menerima surat pengunduran diri dari ASN yang bersangkutan, surat pengunduran diri tersebut tertanggal 24 Februari dan kami terima pada 27 Februari 2023 melalui Direktorat Jenderal Pajak," ujarnya, Rabu (1/3/2023).

Suahasil menerangkan, merujuk pada peraturan yang berlaku, maka pengunduran diri dari Rafael Alun Trisambodo perlu ditolak. Lantaran, Rafael Alun tengah menjalani pemeriksaan.

"Maka pegawai yang sedang dalam pemerinksaan tidak dapat mengundurkan diri, karena itu pengajuan pengunduran diri saudara RAT ditolak," tegasnya.


Ditjen Pajak Terima Surat Pengunduran Diri Rafael Alun Trisambodo

Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Kementerian Keuangan telah menerima surat pengunduran diri Rafael Alun Trisambodo sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Surat tersebut telah diterima untuk selanjutnya akan diproses lebih lanjut.

"DJP telah menerima secara resmi surat pengunduran diri sdr. RAT," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas DJP, Neilmaldrin Noor kepada merdeka.com, Jakarta, Selasa (28/2).

Sebelumnya, Rafael Alun Trisambodo akhirnya mengundurkan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak), Kementerian Keuangan. Pengunduran diri tersebut dilakukan usai dicopot dari jabatannya di DJP Kantor Wilayah Jakarta Selatan II oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Bersama ini, saya Rafael Alun Trisambodo menyatakan pengunduran diri atas jabatan dan status saya sebagai Aparatur Sipil Negara Direktorat Jenderal Pajak mulai Jumat 24 Februari 2023," tulis Rafael dalam surat terbuka yang diterima wartawan, Jumat (24/2).

Pengunduran DiriDalam surat tersebut, Rafael mengaku akan mengikuti prosedur pengunduran diri di Ditjen Pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tak hanya itu, dia juga berjanji akan menjalani proses klarifikasi terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

"Saya tetap akan menjalani proses klarifikasi mengenai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)," kata dia.

Tak hanya itu, dia juga berjanji akan manut dalam proses hukum yang melibatkan anaknya, Mario Dandy Satriyo. "Dan akan mematuhi proses hukum yang berlaku atas kejadian yang dilakukan anak saya," kata dia.

Mengakhiri surat terbukanya, Rafael kembali meminta maaf dan mengharapkan pemaafan dari berbagai pihak yang terlibat dalam kasus Mario Dandy.

"Demikian surat permohonan maaf ini saya buat sebagai bentuk penyesalan saya dan saya sangat mengharapkan pemberiaan maaf dari seluruh pihak yang terkait dengan kejadian ini, terima kasih," kata dia.

Pengunduran Diri Ditolak

Kemenkeu Tolak Pengunduran Diri Rafael Alun Trisambodo

Liputan6.com 2023-03-01 16:44:13
Ayah Mario Dandy Satrio yang juga mantan pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu Rafael Alun Trisambodo penuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (1/2/20

Kementerian Keuangan telah menolak permintaan pengunduran diri dari Rafael Alun Trisambodo. Lantaran, Rafael Alun sedang dalam pemeriksaan terkait kasus yang sedang bergulir.

Hal ini disampaikan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam konferensi pers di kantor Kementerian Keuangan, Rabu (1/3/2023).

Suahasil menerangkan, kalau pada kesempatan sebelumnya, Rafael Alun Trisambodo telah dinyatakan dicopot dari tugas dna jabatannya di lingkup Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu.

Dia juga mengonfirmasi telah menerima surat pengunduran diri ayah dari Mario Dandy tersebut.

"Dapat kami sampaikan disini bahwa kemenkeu telah menerima surat pengunduran diri dari ASN yang bersangkutan, surat pengunduran diri tersebut tertanggal 24 Februari dan kami terima pada 27 Februari 2023 melalui Direktorat Jenderal Pajak," ujarnya, Rabu (1/3/2023).

Suahasil menerangkan, merujuk pada peraturan yang berlaku, maka pengunduran diri dari Rafael Alun Trisambodo perlu ditolak. Lantaran, Rafael Alun tengah menjalani pemeriksaan.

"Maka pegawai yang sedang dalam pemerinksaan tidak dapat mengundurkan diri, karena itu pengajuan pengunduran diri saudara RAT ditolak," tegasnya.


Ditjen Pajak Terima Surat Pengunduran Diri Rafael Alun Trisambodo

Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Kementerian Keuangan telah menerima surat pengunduran diri Rafael Alun Trisambodo sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Surat tersebut telah diterima untuk selanjutnya akan diproses lebih lanjut.

"DJP telah menerima secara resmi surat pengunduran diri sdr. RAT," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas DJP, Neilmaldrin Noor kepada merdeka.com, Jakarta, Selasa (28/2).

Sebelumnya, Rafael Alun Trisambodo akhirnya mengundurkan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak), Kementerian Keuangan. Pengunduran diri tersebut dilakukan usai dicopot dari jabatannya di DJP Kantor Wilayah Jakarta Selatan II oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Bersama ini, saya Rafael Alun Trisambodo menyatakan pengunduran diri atas jabatan dan status saya sebagai Aparatur Sipil Negara Direktorat Jenderal Pajak mulai Jumat 24 Februari 2023," tulis Rafael dalam surat terbuka yang diterima wartawan, Jumat (24/2).

Pengunduran DiriDalam surat tersebut, Rafael mengaku akan mengikuti prosedur pengunduran diri di Ditjen Pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tak hanya itu, dia juga berjanji akan menjalani proses klarifikasi terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.

"Saya tetap akan menjalani proses klarifikasi mengenai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)," kata dia.

Tak hanya itu, dia juga berjanji akan manut dalam proses hukum yang melibatkan anaknya, Mario Dandy Satriyo. "Dan akan mematuhi proses hukum yang berlaku atas kejadian yang dilakukan anak saya," kata dia.

Mengakhiri surat terbukanya, Rafael kembali meminta maaf dan mengharapkan pemaafan dari berbagai pihak yang terlibat dalam kasus Mario Dandy.

"Demikian surat permohonan maaf ini saya buat sebagai bentuk penyesalan saya dan saya sangat mengharapkan pemberiaan maaf dari seluruh pihak yang terkait dengan kejadian ini, terima kasih," kata dia.


Sri Mulyani Akui Kekayaan Rafael Alun Rp 56,1 Miliar Tak Masuk Akal

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui bahwa harta kekayaan Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II, Rafael Alun Trisambodo diperoleh dari cara yang tidak masuk akal. Mengutip e-lhkpn, harta ayah Mario Dandy Satrio mencapai Rp 56,1 miliar.

"Masyarakat sudah mengatakan (kekayaan Rafael Alun) ini kayaknya doesn't make sense, yang mana kita juga tahu itu tidak make sense," ujarnya dalam acara CNBC Economic Outlook 2023 di The St Regis Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (28/2).

Berkaca pada hal tersebut, Sri Mulyani meminta jajarannya bersama KPK untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai harta Rafael Alun.

Menurutnya, cara ini penting untuk dilakukan demi mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

"Kita bilang dengan Inspektorat Jenderal untuk menyampaikan kepada publik yang selama ini sudah dilakukan. Jadi, kami bekerja berdasarkan bukti bukan emosi, tapi pemihakan kepada perasan masyarakat itu harus dilakukan, karena itu penting yang namanya kredibilitas," jelasnya.

Sri Mulyani pun mengingatkan jajarannya akan sorotan masyarakat terhadap kekayaan pejabat semakin terbuka lebar di era sosial media. Sehingga, cara-cara memperoleh kekayaan dengan melawan hukum dapat akan mendapat perhatian besar dari masyarakat.

Bisa Bebas Lebih Cepat?

Richard Eliezer Berpeluang Bebas Lebih Cepat Asal Penuhi Ketentuan Ini

Liputan6.com 2023-02-28 21:25:38
Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan telah resmi menjalankan proses eksekusi dengan menjebloskan Richard Eliezer alias Bharada E ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba, Senin (27/2/20

Kepala Bagian Perawatan Tahanan dan Barang Bukti Biro Perencanaan dan Administrasi (Tahti Rorenmin) Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Besar Polisi Gatot Agus Budi Utomo menuturkan, setiap warga binaan pemasyarakatan termasuk Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E memiliki hak untuk mendapatkan pembebasan bersyarat, remisi cuti bersyarat dan lainnya.

Dikutip dari Antara, Selasa (28/2/2023), Richard Eliezer mendapatkan hak tersebut dengan catatan berkelauan baik. Adapun Richard Eliezer menyandang status narapidana atau warga binaan Lapas Kelas IIA Salemba dan dititipkan di Rutan Bareskrim Polri.

Sejak ditahan sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Eliezer telah menjalani masa penahanan selama enam bulan. Dengan vonis satu tahun enam bulan dikurangi masa penahanan seperti yang disampaikan majelis hakim, sisa masa pidana yang dijalani Eliezer tinggal satu tahun.

"Secara matematis memang setahun lagi (masa pidana). Tapi, ada PB (pembebasan bersyarat), remisi, dan lain-lain. Jadi, bisa lebih cepat keluar dari rutan," ujar Gatot, Selasa, 28 Februari 2023.

Gatot menuturkan, meski Richard Eliezer berstatus sebagai warga binaan Lapas Kelas IIA Salemba tetapi pembinaan terhadap Bharada Richard Eliezer selama masa pemidanaan dilakukan oleh Rutan Bareskrim Polri berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham dan Lembaga Perlindungan Saksi Korban (LPSK).

Adapun pembinaan kepribadian dan kerohaniannya dilakukan oleh Rutan Bareskrim Polri sehingga kepala Rutan Bareskrim Polri yang memberikan rekomendasi apakah Eliezer memenuhi persyaratan untuk diajukan sebagai penerima remisi.

"Karutan Bareskrim yang memberikan rekomendasi usulan remisi dengan berbagai pertimbangan, salah satunya perilaku selama ditahan di Rutan Bareskrim," ujar dia.

Gatot menuturkan, Richard Eliezer diusulkan untuk menerima remisi khusus Natal pada Desember 2022, tetapi pengajuan remisinya dilaksanakan setelah enam bulan masa penahanan dijalankan. "RE ikut (remisi) Natal pada Desember kemarin, tapi nanti pengajuan remisinya setelah enam bulan menjalani hukuman," tutur Gatot.


Mengenal Remisi

Remisi atau pengurangan masa pidana merupakan hak narapidana yang tercantum dalam Pasal 12 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. Remisi yang dapat diperoleh napi, yaitu remisi umum, remisi khusus, remisi kemanusiaan, dan remisi tambahan.

Ada persyaratan yang wajib dipenuhi oleh warga binaan untuk mendapatkan hak remisi yang diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat, sebagaimana telah diubah dengan Permenkum HAM Nomor 18 Tahun 2019 dan Permenkum HAM Nomor 77 Tahun 2022. Syarat tersebut adalah berkelakuan baik dan telah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan.


Respons Kejaksaan Terkait Pemindahan Penjara Richard Eliezer ke Rutan Bareskrim Polri

Sebelumnya, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) merespons pemindahan tempat penahanan Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada E dari Lapas Salemba ke penjara Rutan Bareskrim Polri. Kepala Kejari (Kajari) Jaksel Syarief Sulaeman menyampaikan bahwa pihaknya telah melaksanakan eksekusi sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Kami sudah selesai melakukan eksekusi sesuai putusan hakim ke Lapas, sehingga sepenuhnya sudah menjadi kewenangan Lapas," tutur Syarief saat dikonfirmasi, Selasa (28/2/2023).

Syarief menyatakan bahwa usai eksekusi hukuman penjara dilaksanakan maka kewenangan selanjutnya ada di pihak Ditjen PAS Kemenkumham.

"Kami juga tidak tahu karena ini kewenangan Dirjen PAS," ujar dia..

Senada dengan Syarief, Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana turut mengatakan bahwa pihak kejaksaan telah melakukan tugasnya dengan mengikuti perintah pengadilan.


Bukan Tanggung Jawab Kejaksaaan Lagi

"Melalui Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan kemarin sudah dilaksanakan eksekusi sebagaimana diatur Pasal 270 KUHAP, dan telah dilakukan pemindahan terpidana dari Rumah Tahanan Mabes Polri ke Lembaga pemasyarakatan Salemba dalam rangka pembinaan narapidana yang bersangkutan," kata Ketut.

"Untuk pemindahan yang bersangkutan secara fisik terpidana tentu bukan tanggung jawab kami lagi," ia menambahkan.

Polri sebelumnya menyebut terpidana Richard Eliezer alias Bharada E telah ditempatkan di sel biasa dengan tahanan lain, bersama pengamanan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

"RE ditempatkan di Rutan Bareskrim Polri di sel biasa sama dengan tahanan lain. Namun, ada pengamanan tambahan dari LPSK," ujar Kabag Tahti Rorenmin Bareskrim Polri, Kombes Gatot Agus Budi Utomo, saat dikonfirmasi, Selasa (28/2).

Dengan penjelasan ini, Gatot menegaskan bahwa Bharada E tidak ditempatkan di sel khusus. Sebab, Rutan Bareskrim memang sedianya tak memilikinya sel khusus.

"Rutan Bareskrim tidak punya sel khusus. Untuk memudahkan pengawasan dan pengamanan dan dikunci," kata Gatot.

Jepang Temukan 7.000 Pulau Baru

Jepang Temukan 7.000 Pulau Baru

Liputan6.com 2023-03-01 07:02:10
Ilustrasi liburan mewah ke pulau | unsplash.com/@garciasaldana_

Di era teknologi yang sangat tinggi sekarang ini seperti AI, dan satelit, manusia sering merasakan bahwa tidak ada lagi sesuatu yang bisa ditemukan.

Mungkin, pada zaman dulu ketika seorang pelaut dapat mengarungi lautan dan menemukan benua baru yang belum pernah mereka lihat sebelumnya, merupakan hal yang luar biasa, tapi kejadian itu mungkin sudah lama berlalu. Tetapi penemuan baru-baru ini di Jepang, menunjukkan bahwa sebenarnya ada lebih banyak hal yang dapat ditemukan di luar sana daripada yang kita duga.

Melansir dari timeout.com, Selasa (28/2/2023), otoritas Informasi Geospasial Jepang baru-baru ini mengungkapkan peta negara yang diperbarui, yang menunjukkan 7.000 pulau baru ditambahkan ke wilayah tersebut. Hal itu menambah jumlah penemuan pulau yang dimiliki Jepang dari 6.852 menjadi 14.125.

Pemetaan terakhir negara itu dilakukan oleh penjaga pantai Jepang pada tahun 1987. Pada saat itu, mereka memutuskan untuk tidak memasukkan pulau yang tidak memiliki keliling lebih dari 100 meter. Ditambah lagi, teknologi yang mereka gunakan tidak bagus dalam membedakan antara kelompok pulau kecil dan pulau besar yang berdiri sendiri, hal ini yang menyebabkan ribuan pulau tidak tercatat secara formal.

Selain itu, banyak lagi pulau yang bermunculan selama bertahun-tahun setelah aktivitas vulkanik di wilayah tersebut.

Peta yang direvisi menggunakan definisi konvensi PBB tentang hukum laut yang dianggap sebagai sebuah pulau. Konvensi tersebut menguraikan bahwa sebuah pulau adalah daerah daratan yang terbentuk secara alami, di kelilingi oleh air, yang berada di atas air pada saat air pasang.

Artinya, daerah besar berpasir yang sebelumnya tak dianggap pula juga dianggap sebagai pulau saat ini.

Kabar tentang pulau-pulau tersebut muncul saat ketegangan antara Jepang dan China terus meningkat atas kedaulatan sekelompok pulau tak berpenghuni di Laut China Timur.


Ledakan Vulkanik Menyebabkan Muncul Pulau Baru di Jepang

Lebih lanjut, sebelumnya kemunculan pulau juga disebabkan oleh ledakan gunung berapi yang menyebabkan terbentuknya pulau-pulau dari dampak tersebut.

Para ilmuwan mengungkap bahwa akibat letusan gunung berapi yang terjadi di bawah laut pada 1.200 kilometer (745 mil) selatan Tokyo telah menciptakan daratan baru, alias membentuk pulau baru di Jepang.

Pulau itu terbentuk di Samudera Pasifik sekitar 50 kilometer selatan Minami Ioto, pulau paling selatan dari kelompok Ogasawara. Penjaga pantai Jepang mengatakan pulau baru itu berbentuk bulan sabit dengan diameter sekitar 1 kilometer.

Akan tetapi, pulau ini masih dalam penelitian lebih lanjut apakah hanya pulau sesaat saja atau akan membentuk daratan pulau yang kokoh.

Hal itu tergantung pada apa yang membentuknya: abu dan fragmen lainnya tidak mungkin menahan pukulan konstan dari gelombang, tetapi aktivitas vulkanik yang berkelanjutan dapat menghasilkan aliran lava yang pada akhirnya membentuk cangkang keras yang lebih tahan lama.


Sebelumnya Juga Sempat Muncul Pulau Baru

Sebelumnya juga kerap hadir pulau-pulau yang terbentuk dengan cara yang sama di daerah selatan Tokyo pada tahun 1904, 1914 dan 1986. Namun, beberapa pulau itu lenyap akibat adanya erosi.

Sementara pada tahun 2013 silam, aktivitas vulkanik selama berminggu-minggu memunculkan sebuah pulau yang bergabung dengan pulau Nishinoshima. Dari situ terciptalah sebuah daratan baru yang bertahan sementara waktu. Diketahui pulau tersebut memiliki kemiripan dengan anjing kartun Snoopy.

Laporan dari surat kabar Mainichi Shimbunmengungkapkan bahwa Badan Meteorologi Jepang sempat meyakini letusan yang terjadi pada awal Agustus 2021 kemungkinan bisa berlanjut. Mereka juga telah mengeluarkan peringatan tentang asap dan endapan abu besar di perairan terdekat.

Penjaga pantai menemukan pulau itu pada hari Minggu, 15 Agustus 2021, setelah mengamati letusan dari udara. Mereka juga menemukan endapan batu apung (batu vulkanik) yang mengambang di laut.

Munculnya pulau-pulau baru di bagian paling selatan Jepang dapat memiliki keuntungan geopolitik bagi Jepang. Pemerintah kemungkinan bisa memperluas wilayah negaranya. Walau hanya beberapa ratus meter saja.

Jika ternyata daratan terbaru memang bertahan. Maka pulau akan ditambahkan ke wilayah Jepang. Tetapi jika dipantau kembali, lokasi pulau ini dekat dengan Minami Ioto berarti mungkin tidak perlu adanya perubahan pada perairan teritorial negara atau zona ekonomi eksklusif.

Robot Gantikan Gajah untuk Ritual

Kuil di India Beralih Pakai Robot Gajah untuk Ritual

Liputan6.com 2023-03-01 14:20:55
Ilustrasi kuil Hindu di India (iStock)

Sebuah kuil di Negara Bagian Kerala, India, menggunakan robot gajah untuk melakukan ritual.

Inisiatif tersebut dikeluarkan oleh pihak berwenang di Kuil Irinjadappilly Sree Krishna di Distrik Thrissur, sebagai bagian dari janji mereka untuk berhenti menggunakan hewan hidup untuk perayaan apa pun.

Dilansir BBC, Rabu (1/3/2023), robot tersebut disumbangkan oleh People for Ethical Treatment of Animals (PETA) India dan aktris India Parvathy Thiruvothu. Mereka berharap robot gajah akan membantu dalam melaksanakan ritual yang bebas dari kekejaman.

Dirantai, dibebani, dan dihias, gajah memainkan peran penting dalam festival kuil di Kerala. Negara bagian itu menampung sekitar seperlima dari sekitar 2.500 gajah penangkaran di negara itu.

Selama bertahun-tahun, aktivis kesejahteraan hewan telah menunjukkan kekhawatiran tentang perlakuan terhadap gajah.

Pusat Penelitian Hak Hewan pekan lalu menulis kepada menteri utama negara bagian tentang peningkatan kematian mamalia, di mana 138 gajah penangkaran mati di Kerala antara 2018 dan 2023.


Seruan untuk Penggunaan Robot Gajah

Dalam pernyataannya pada Senin (27/2), PETA mendesak semua kuil di negara bagian untuk beralih ke robot gajah.

"Sudah saatnya kita membuat langkah yang lebih kuat dan lebih berdampak untuk menghentikan pelecehan semacam itu dan membiarkan hewan memiliki kehidupan yang terhormat dan bermartabat," tambah organisasi itu.

Menurut surat kabar Indian Express, model gajah yang disumbangkan oleh PETA memiliki tinggi 3,3m, berat 800 kg, dan terbuat dari rangka besi.

Pendeta kuil Rajkumar Namboothiri mengatakan kepada surat kabar Indian Express bahwa pihaknya dengan senang hati menerima robot gajah.

"Kami berharap kuil lain juga akan berpikir untuk menggunakan robot gajah dalam ritual mereka," kata Namboothiri.

PeduliLindungi Jadi Satu Sehat

HEADLINE: PeduliLindungi Jadi Satu Sehat Mobile per 1 Maret 2023, Ragam Manfaatnya?

Liputan6.com 2023-03-02 00:00:09
Aplikasi PeduliLindungi Berubah Menjadi Satu Sehat Mobile. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Hampir tiga tahun sudah aplikasi PeduliLindungi menjadi perangkat lunak yang wajib ada di ponsel masyarakat Indonesia. Kini aplikasi yang salah satu fungsinya mendeteksi riwayat perjalanan kita telah bertransformasi.

Per hari ini, Rabu (1/3) aplikasi yang menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memiliki 104 juta pengguna (data 12 November 2022) resmi berubah nama menjadi Satu Sehat Mobile.

Ketika pandemi COVID-19 menghantam seluruh dunia pada 2020, aplikasi seperti PeduliLindungi digunakan sebagai alat untuk melacak (tracing) dan surveilans masyarakat yang terinfeksi Virus Corona atau SARS-CoV-2.

Melalui PeduliLindungi, kontak erat dari kasus COVID-19 bisa dilacak dan ditemukan lebih dini guna memperoleh penanganan lebih lanjut.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan aplikasi ini meluas. PeduliLindungi merangkap tugas sebagai alat skrining status vaksinasi COVID-19.

Caranya, para pengguna diwajibkan memindai (scan) QR Code agar dapat masuk fasilitas umum seperti mal dan taman hiburan. Begitu juga saat seseorang ingin berpergian di seluruh wilayah Indonesia maupun perjalanan ke luar negeri menggunakan pesawat, kereta api, dan kapal laut, semuanya harus lolos skrining.

Perubahan dari PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile tidak terjadi secara mendadak. Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin, sudah membocorkannya pada awal Januari 2023 .

Kala itu, Menkes Budi hanya menyinggung perihal PeduliLindungi yang tetap bisa dimanfaatkan meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut pemerintah pada akhir 2022.

Barulah setelah itu Budi memberitahu bahwa aplikasi PeduliLindungi akan terintegrasi dengan platform Satu SehatKemenkes.

Dijelaskan Budi Gunadi Sadikin bahwa Satu Sehat Mobile merupakan bagian dari Satu Data Indonesia (SDI) yang terintegrasi ke data pemerintah. Integrasi data ke Satu Sehat Mobile dilakukan untuk seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

Bahkan, Menkes Budi Gunadi Sadikin bilang data di semua faskes termasuk rumah sakit, puskesmas, klinik, apotek, hingga laboratorium harus terintegrasi ke platform SATUSEHAT.


Tujuan Perubahan PeduliLindungi ke Satu Sehat Mobile

Dijumpai di kesempatan yang berbeda, Chief of Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Setiaji, menyebut tujuan transisi dari PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile guna memperluas fungsi dari aplikasi tersebut.

"Sehingga aplikasi tetap bisa digunakan meski nantinya pandemi COVID-19 telah berubah menjadi endemi," kata Setiaji.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk tidak menghapus (uninstall) PeduliLindungi dari gawai masing-masing.

Antusiasme masyarakat akan kehadiran Satu Sehat Mobile terlihat begitu besar. Sayangnya, komentar kurang mengenakkan terlebih dahulu menghujani kemunculan aplikasi ini.

Dari pantauan Health Liputan6.com pada Rabu pagi kemarin, aplikasi Satu Sehat Mobile mendapat keluhan gara-gara banyak pengguna yang tidak bisa log in.

"Dapat notifikasi buat update PeduliLindungi. Kelar di-update ternyata beralih ke Satu Sehat. Giliran log in dibilang belum daftar. Giliran daftar dibilang nomor telepon atau email sudah dipakai (terdaftar). Log in lagi dibilang harus daftar. Bagaimana ini, Kemenkes RI?," kicau @om*******.

"PeduliLindungi berubah jadi Satu Sehat. Sudah update, dan kerennya adalah: tidak bisa log in pakai akun lama," tulis @dgi****

Terkait kendala yang dialami banyak pengguna, Setiaji mewakili Kemenkes RI meminta maaf dan mengatakan bahwa kondisi itu disebabkan tengah terjadi peningkatan traffic yang menggunakan Satu Sehat Mobile.

"Mohon maaf adanya gangguan log in bagi sebagian masyarakat karena tidak mendapatkan OTP untuk log in," kata Setiaji dalam keterangan yang diterima Health Liputan6.com.

Selang satu jam kemudian, akhirnya banyak yang berhasil masuk ke Satu Sehat Mobile. Setelah memasukkan nomor telepon, pengguna langsung mendapatkan OTP untuk log in.


Tampilan Satu Sehat Mobile Mirip PeduliLindungi

Tidak terlihat perubahan signifikan dari tampilan Satu Sehat Mobile. Hal yang tampak pertama kali dan dirasakan ada yang berubah adalah logo.

Bila logo PeduliLindungi berbentuk hati, logo Satu Sehat Mobile berbentuk tanda 'plus' yang merupakan gabungan dari bentuk hati. Warnanya pun 'Kemenkes banget'.

Dari segi tampilan pun tidak terlalu berbeda dengan PeduliLindungi. Hanya saja, didominasi warna putih dan tampil lebih sederhana dengan ikon pada tiap menu yang ukurannya lebih besar.

Menurut Deputy Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes RI, Agus Rachmanto, di awal-awal transisi memang Satu Sehat Mobile bakal terlihat sama seperti PeduliLindungi lantaran masih berproses dengan rekam medis elektronik di aplikasi tersebut.

Dia, mengatakan, Satu Sehat Mobile secara bertahap akan menambahkan beragam fitur penunjang kesehatan personal lainnya.

"Data untuk fitur penunjang ini nantinya bersumber dan terintegrasi dengan rekam medis elektronik (RME) melalui SATUSEHAT Platform," katanya.

Jadi, bila semakin banyak rumah sakit terintegrasi dalam Satu Sehat platform, maka bisa menambah fitur yang ada dalam Satu Sehat Mobile.

"Nanti, masyarakat bisa berobat jadi lebih nyaman. Mulai dari daftar, melihat hasil laboratorium, melihat data imunisasi atau vaksin anak bisa dilihat di sana harapannya," kata Agung dalam DialogBersama Radio Kesehatan pada Selasa, 28 Februari 2023.


Ragam Manfaat Satu Sehat Mobile bagi Penggunanya

Satu Sehat Mobile menjanjikan gebrakan besar-besaran yang bermanfaat bagi masyarakat. Seperti yang dikatakan Menkes Budi, fungsi dari aplikasi ini bukan sebatas tentang data vaksin COVID-19 saja tapi mendukung hal lainnya.

"Di platform Satu Sehat, data rekam medis seperti check up kesehatan, pemeriksaan darah, dan hasil CT scan milik individu akan terdata secara digital," kata Budi usai Rapat Terbatas Percepatan Penanganan Stunting di Kantor Presiden, Jakarta pada Senin, 2 Januari 2023.

Bahkan, para ibu bisa mengetahui apa saja imunisasi untuk buah hati tercinta melalui Satu Sehat Mobile.

"Kemudian, kalau kita beli obat, masuk (laporannya), kita pakai Apple Watch, Samsung Watch, masuk juga. Ini terintegrasi (ke Satu Sehat Mobile) dan jadi milik individu," katanya.

Sedangkan menurut Setiaji, salah satu manfaat dari Satu Sehat yang bisa dirasakan para penggunanya berkaitan dengan pengumpulan poin.

"Kita akan persiapkan juga untuk mengumpulkan poin. Kalau jalan kaki 5.000 langkah nanti dapat poin, bisa ditukar dengan vitamin," ujarnya.

Aplikasi Satu Sehat Mobile, lanjut Setiaji, juga mencakup soal stunting.

Ditambahkan Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, dr Siti Nadia Tarmizi, manfaat lain yang menanti pengguna Satu Sehat Mobile adanya fitur bernama Diari Kesehatan.

Melalui Diari Kesehatan, pengguna dapat melihat data kesehatan pribadi yang sudah tercatat dalam rekam medis elektronik.

Lebih lanjut dikatakan Nadia, Diari Kesehatan juga dapat dimanfaatkan untuk mencatat sekaligus memantau kondisi kesehatan orang-orang terdekat.

"Ada empat kondisi yang akan bisa dicatat pada fitur tersebut yaitu pengukuran tubuh seperti tinggi dan berat badan, tekanan darah, gula darah, dan detak jantung juga terintegrasi dengan rekam medis elektronik (RME)," kata Nadia kepada Health Liputan6.commelalui pesan singkat.

"Jadi bisa lihat riwayat vaksin anak-anak kita," dia menambahkan.

Berikut fitur-fitur yang terdapat di Satu Sehat Mobile:


Tanggapan Anggota DPR RI terkait Satu Sehat Mobile

Berkaitan dengan ragam manfaat yang bakal diperoleh pengguna Satu Sehat Mobile, anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay menyebut apabila benar seperti itu maka hal itu adalah hal positif.

Apabila masyarakat dapat memanfaatkannya dengan benar, dia menilai penggunaan aplikasi ini dapat diandalkan menjadi garda pertahanan kesehatan masyarakat.

Saleh lantas meminta Kemenkes RI untuk segera melakukan sosialisasi terkait aplikasi ini. Tanpa sosialisasi, kata dia, masyarakat belum tentu mengerti menggunakannya. Apalagi, aplikasi ini kelihatannya sedikit rumit untuk ukuran masyarakat awam.

"Sosialisasi mutlak dilakukan. Harus disadari bahwa tidak semua masyarakat kita memiliki akses kepada internet. Mereka yang ada di daerah belum tentu memiliki perangkat smartphone. Belum tentu juga mampu membeli kuota internet. Jangan sampai hal ini menjadi kendala ke depannya," kata Saleh.

Selain itu, Ketua Fraksi PAN DPR juga mengingatkan pentingnya keamanan data masyarakat harus dijaga.

"Terutama yang berkenaan dengan rekam medis dan data-data privasi lainnya. Dulu, PeduliLindungi katanya aman. Tapi belakangan ternyata bocor juga. Itu tentu tidak boleh terulang lagi," pungkasnya.