Orang Hilang Usai Tragedi Plumpang

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang: Polisi Terima Laporan 4 Warga Hilang, 1 Ditemukan Selamat

Liputan6.com 2023-03-05 15:14:51
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Minggu (5/3/2023). (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Empat orang dilaporkan hilang usai kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Informasi itu diperoleh dari saluran pengaduan yang dibuka oleh kepolisian bersama instansi terkait hingga pukul 13.00 WIB, Minggu (5/3/2023).

"Kita menerima laporan pengaduan yang sifatnya kehilangan kerabat saudaranya, sejauh ini dari tim kami tadi ada laporan 4 orang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Minggu (5/3/2023).

Dia menerangkan, satu dari empat orang telah ditemukan dalam keadaan selamat.

Adapun, satu orang itu tinggal di bangunan kos-kosan di RT 06 RW 1, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, termasui bangunan yang hancur akibat dilalap si jago merah.

"Satu sudah diketemukan termasuk tadi diindikasikan ada identifikasi ataupun ada temuan sementara dari tim K9 tadi sudah kita bongkar. Bahwasanya yang tinggal di situ masih ada, masih hidup sehingga tidak terjadi keresahan dari masyarakat," ujar Trunoyudo.

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Gidion Arif Setyawan menyampaikan, pihaknya belum bisa berkomentar lebih jauh perihal korban hilang akibat kebakaran. Dia beralasan akan sinkronkan lebih dahulu data yang didapat dari beberapa sumber.

"Mungkin nanti kita klarifikasi lagi dengan tiga sumber data. Data laporan kehilangan, data pengungsi, kemudian data yang ada di pos DVI," ujar dia.

Terpisah, Karodokpol Pusdokkes Polri Brigjen Pol Nyoman Eddy Purnama Wirawan menambahkan, pihaknya masih melakukan pendataan korban-korban luka dan meninggal, termasuk korban yang dilaporkan hilang

"Makanya akan kita identifikasi lagi berapa orang yang dinyatakan (hilang). Tentu informasinya dari masyarakat, berapa yang hilang keluarganya, tentu akan ditelusuri. Kami dari kesehatan kalau sekarang masih ada yang butuh penanganan kesehatan, tentu kerja sama lintas sektoral," tandas dia.


Kerahkan Alat Berat untuk Cari Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Polisi bersama instansi terkait masih menyisir warga yang hilang akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Anjing pelacak dan alat berat dikerahkan ke lokasi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menerangkan, proses evakuasi korban kebakaran masih berlangsung.

Salah satu titik yang menjadi fokus pencarian di sebuah bangunan kos-kosan yang terletak di RT 06 RW 1, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara.

"Kemarin anjing pelacak mengendus di kawasan ini. Tapi karena masih banyak tumpukan puing-puing yang jatuh ke bawah sehingga hari ini kami gunakan alat berat," kata dia di lokasi, Minggu (5/3/2023).

Trunoyudo mengungkapkan, sejauh ini tim evakuasi masih belum menemukan hasil. "Ini masih terus kami cari," ujar dia.

Trunoyudo menerangkan, sebanyak 4 Satuan Setingkat Kompi (SSK) dikerahkan. Adapun, 1 SSK terdiri 100 personel.

Di samping ditugaskan evakuasi, personel membantu warga melakukan pembersihan dan memantau posko-posko pengungsian.

"Selain evakuasi, kita masih melihat posko-posko pengungsian," ujar dia.


Olah TKP Kebakaran Plumpang

Pusat Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) memetakan lokasi terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Juga untuk mengetahui sumber kebakaran.

Pesawat tanpa awak atau drone dikerahkan pada hari ini, Minggu (5/3/2023).

Pantauan Liputan6.com, dua anggota Inafis Polda Metro Jaya berada di Jalan Koramil Ujung, salah satu lokasi terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

Satu anggota menerbangkan satu unit drone. Drone terbang hingga ketinggian 60 meter dari pusat kontrol drone yang diarahkan oleh anggota.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Adiko menerangkan, pihaknya tengah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Tim yang dilibatkan di antaranya Pusat Laboratorium Forensik atau Puslabfor, dan Pusinafis. Adapun, tujuan mencoba mencari titik sumber api.

"Sehingga bisa mengetahui apa penyebab dan kemudian nantinya akan dibuat suatu sketsa Tempat Kejadian Perkara," kata Trunoyudo, Minggu (5/3/2023).

Penyebab Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Terkuak, Kapolri Bongkar Penyebab Depo Pertamina Plumpang Kebakaran

Liputan6.com 2023-03-05 08:05:14
Kapolri Listyo Sigit Prabowo melakukan investigasi kronologi insiden kebakaran depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo bersama direksi PT Pertamina (Persero) dan PT Pertamina Patra Niaga berkoordinasi melakukan investigasi kronologi insiden kebakaran depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara.

"Kita dengan tim Kapolda dan Bareskrim sedang melakukan investigasi digabung oleh rekan-rekan Pertamina. Kita akan melakukan pengecekan awal di TKP," ujar Kapolri Sigit dalam keterangan tertulis, Minggu (5/3/2023).

Insiden terjadi ketika sedang melakukan pengisian atau penerimaan minyak jenis Pertamax dari Balongan yang diterima di Depo Plumpang. Saat itu, terjadi gangguan teknis yang kemudian mengakibatkan tekanan yang berlebih dan setelah itu, didapati terjadinya peristiwa terbakar.

"Tentunya untuk mencari tahu sumber apinya dari mana. Ini sedang dilakukan pendalaman oleh tim. Saat ini, kita sedang mengumpulkan CCTV, saksi dan hal-hal yang kita perlukan sifatnya teknis yang nanti bisa kita jelaskan tentang peristiwa yang sebenarnya khususnya terkait dengan sumber api," terangnya.

Menimpali pernyataan tersebut, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury mengatakan, Pertamina bekerjasama dengan Kepolisian masih terus melakukan investigasi yang mendalam.

"Sejauh ini kita belum bisa menyimpulkan. Jadi dugaan sementara ini yaitu gangguan teknis yang mengakibatkan peristiwa terbakarnya Ini masih dalam proses pendalaman," imbuh Pahala.

Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina, Erry Widiastono menyatakan, pihaknya saat ini fokus pada memberikan penanganan yang terbaik untuk para korban.

"Bantuannya dalam bentuk kesehatan dan bantuan lainnya termasuk juga masyarakat di pengungsian," ujar Erry

Erry menegaskan, Pertamina akan fokus kepada korban yang sakit untuk dirawat dengan baik, termasuk semua keluarga korban.

"Masyarakat yang kehilangan rumah kita siapkan poskonya dan tentu yang sudah meninggal kita akan diberikan santunan kepada ahli waris. Untuk sementara itu dulu kita fokusnya," tandas Erry.


Jumlah Pengungsi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Capai 1.085 Orang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan, sebanyak 1.085 orang mengungsi akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jumat (3/3/2023) malam. Data ini diperbaharui hingga hari ini, Sabtu (4/3/2023) pukul 07.00 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, para pengungsi tersebar di delapan titik lokasi pengungsian.

"Pengungsi info sementara jumlah 1.085 jiwa," kata Isnawa dalam rilis resminya, Jakarta, Sabtu.

Adapun rinciannya, 132 warga mengungsi di Kantor PMI Jakarta Utara, 63 orang di Masjid As Sholihin, 79 orang di Kantor Kelurahan Rawa Badak Selatan, dan 258 di Gedung Golkar Walang.

Kemudian, di Kantor Sudinakertrans & Energi Jakarta Utara sebanyak 74 orang, Masjid Al Muhajirin 60 orang, Masjid Al Kuromaa 63 warga, dan RPTRA Rasella 356 jiwa.

BPBD Provinsi DKI Jakarta juga telah menyalurkan bantuan kepada para warga terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang ini.

"Bantuan berupa matras 230 lembar, selimut 270 lembar, kidswear 77 paket, family kit 105 paket, air mineral 53 dus, sarung 55 lembar, mukena 55 buah, terpal 40 lembar, paket sandang 80 pcs, sabun batang 5 dus, wipol 5 dus, hand sanitizer 5 dus, masker 20 box ke lokasi pengungsian," ujar Isnawa.


Puluhan Orang Terluka dan Belasan Jiwa Meninggal

Diberitakan, peristiwa kebakaran Depo Pertamina Plumpang ini menewaskan 13 orang yang terdiri dari 10 orang dewasa dan tiga anak-anak. Data ini dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan pada Sabtu (4/3).

Lalu, jumlah korban luka bakar sebanyak 49 orang yang terdiri dari 46 orang dewasa dan tiga anak-anak.

"Untuk jumlah pengungsi dan total kerugian sampai saat ini masih belum dapat informasi," kata Satriadi ketika dikonfirmasi.

Satriadi juga menjelaskan, proses pendinginan telah dilakukan sejak pukul 23.00 WIB pada Jumat (3/3) dan selesai pada 02.19 WIB Sabtu (4/3).

Dalam usaha pemadaman tersebut, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta menurunkan 52 unit mobil pemadam dan sekitar 250 orang personel untuk membantu pemadaman di fasilitas milik Pertamina itu.

Sepakat Beda Jalur di Pemilu 2024

Prabowo dan Surya Paloh Sepakat Beda Jalur di Pemilu 2024

Liputan6.com 2023-03-05 15:44:03
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh bertemu di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3/2023). (Foto: Alma Fikhasari/Merdeka.com).

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mengatakan, membahas Pemilu 2024 saat bertemu dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh di kediamannya, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3/2023).

"Saya berbicara cukup luas, cukup mendalam, kita dapat suatu kesimpulan tertentu, kita sepakat untuk saling menghormati keputusan politik masing-masing, kita sepakat bahwa kita ingin suasana bangsa dan negara selalu dalam keadaan damai, dalam keadaan rukun, dalam keadaan bersatu, bahwa persaingan, rivalitas itu perlu," kata Prabowo.

Dia pun menegaskan, baik Gerindra maupun NasDem akan saling menghormati putusan masing-masing partai di Pemilu 2024.

"Kita sudah sepakat kita akan menghormati keputusan politik masing-masing, kita masing-masing akan menghormati apapun keputusan politik Pak Surya dengan NasDem, sebagai sahabat apapun kita hormati keputusan politik," ungkap Prabowo.

"Mereka pun akan hormati keputusan politik kami, jadi koalisi itu bagian dari keputusan politik, jalan yang dipilih oleh masing-masing," sambungnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Surya Paloh, dia sepakat untuk menjaga agar stabilitas pada Pemilu 2024 tetap terjaga. Serta menjaga keamanan dan kerukunan, agar pesta demokrasi yang akan datang tak seperti Pemilu sebelumnya.

"Belajar dari pengalaman masa lalu banyak kesedihan, banyak kepahitan yang kita petik nah semakin bisa kita mengambil referensi pengalaman yang kita persiapkan sedemikian rupa untuk menghadapi pemilu 2024 kami menjadi garda terdepan untuk menjaga suasana pemilu yang lebih stabil yang lebih tenang," kata Paloh.


Saling Menerima Keputusan

Surya menegaskan, bahwa Prabowo telah menerima dan menyepakati pilihan dari masing-masing partai politik pada Pemilu 2024.

Hal itu, menjadi semangat agar jalannya Pemilu di 2024 dapat terjaga dengan baik.

"Mas Bowo menyatakan pilihan boleh berbeda, tapi spirit kebersamaan menempatkan kepentingan masyarakat diatas kepentingan daripada kedua partai ini. Dan semangat ini membantu kita semuanya agar kita menghadapinya dengan tenang, kami ingin membawa suasana yang lebih sejuk, suasana persahabatan, suasana yang membangun kegembiraan dan kebahagiaan," ujarnya.

"Kami berjanji mudah-mudahan kami terjauhkan dari saling menyalahkan apalagi memfitnah mengadudomda satu sama lain kami mau berdamai dengan kondisi keadaan apapun untuk membangun indonesia yang kita cintai," imbuh Paloh.

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

Perjodohan Terbesar 400 Jomblo

Jepang Gelar Perjodohan Terbesar Berbiaya Rp 1,1 M untuk 400 Jomblo Cari Istri dan Suami

Liputan6.com 2023-03-05 11:15:59
Ilustrasi bendera Jepang (pixabay)

Resesi seks tengah melanda Jepang. Pemerintah setempat pun tengah berupaya keras untuk mengambil langkah mengatasi masalah ini. Salah satunya dengan cara menjodohkan warganya.

Resesi seks atau menurunnya hasrat kaum muda berhubungan seksual terjadi di Jepang. Negeri Matahari Terbit itu kini jadi negara dengan tingkat kesuburan terendah di Bumi.

Mengutip situs Mainichi Japan,Minggu (5/1/2023), pemerintah Prefektur Aichi akan menjadi tuan rumah pertemuan perjodohan bagi mereka yang ingin menikah di tengah kekurangan acara pribadi karena pandemi Virus Corona.

400 lajang akan berkumpul di Kota Nagakute, Jepang tengah, bersebelahan dengan Nagoya, pada musim gugur untuk salah satu acara perjodohan berorientasi pernikahan terbesar di negara itu.

Sejak tahun fiskal 2011, prefektur tersebut telah mengelola situs portal tempat orang-orang yang ingin menikah dapat menemukan informasi acara. Karena pandemi, jumlah acara yang diadakan secara pribadi telah menurun seiring dengan pengguna portalnya.

Menurut survei kepada para jomblo atau lajang yang dilakukan oleh prefektur tahun 2018, sekitar 80% orang berniat untuk menikah suatu hari nanti, tetapi sekitar 40% tetap melajang karena mereka belum bertemu dengan pasangan yang berpikiran sama. Mempertimbangkan situasi ini, prefektur memutuskan untuk bertindak.

Acara perjodohan yang mereka gagas dilangsungkan secara gratis, akan diadakan bulan Oktober ini di Nagakute Expo 2005 di Aichi Commemorative Park, ditujukan untuk para lajang berusia 20-an dan 30-an yang tinggal, bekerja atau belajar di Aichi.

Peserta, para jomblo, akan menonton video untuk mempelajari percakapan dan tata krama yang bermanfaat sebelum dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan menemukan belahan jiwa mereka.


Anggaran Rp 1 Miliar

Pemerintah Kota Aichi menganggarkan 9,77 juta yen atau sekitar Rp 1,1 miliar untuk acara perjodohan gratis tersebut.

Seorang pejabat prefektur menyatakan bahwa dengan tingkat kelahiran yang menurun, mereka "ingin membantu orang berpikir tentang pernikahan."

Demi kesuksesan acara tersebut, pemerintah bahkan membuat manajemen acara khusus tersendiri.

"Nihon Konkatsu Shien Kyokai", atau asosiasi pendukung perjodohan Jepang, telah bekerja sama dengan badan publik untuk menyelenggarakan sejumlah acara semacam itu.

Koki Goto, perwakilan dari organisasi tersebut, mengatakan bahwa karena acara tersebut didanai publik, "Penting juga untuk menjadi kreatif agar orang-orang yang serius menikah merasa diterima untuk bergabung, bukan mereka yang hanya mencari pasangan atau pacar."


Ragam Cara Pemerintah Jepang Bujuk Warga Menikah

Berbagai cara pun telah diterapkan oleh pemerintah Jepang. Misalnya, di Prefektur Miyagi, penduduk setempat dapat menemukan pasangan lewat layanan perjodohan yang didukung oleh sisten kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang disponsori oleh pemerintah. Sementara di Prefektur Ehime, otoritas stempat juga menawarkan sistem perjodohan berbasis data besar.

Sementara di wilayah Miyazaki, proses perjodohan ini menggunakan cara yang lebih tradisional, dengan mengarahkan calon pasangan untuk bertukar surat tulisan tangan.

Selain itu, di wilayah Jepang lainnya, ada pesta lajang yang disponsori oleh pemerintah dan perusahaan. Ada pula kegiatan seminar kehidupan, yang dimaksudkan mendorong orang dewasa untuk menikah dan diberikan edukasi soal membangun keluarga.

Beda lagi dengan Tokyo. Mereka membuka kelas untuk mengajarkan keterampilan berkencan, seperti teknik percakapan.

Selama ini, Jepang belum pernah bergerak sejauh ini terutama yang menyangkut soal kehidupan pribadi. Namun, ini semua dimaksudkan demi meningkatkan angka kelahiran.

Bulan Januari lalu, Perdana Menteri Fumio Kishida menyatakan bahwa pemerintah akan mengambil tindakan yang "belum pernah terjadi sebelumnya" untuk mengatasi tingkat kesuburan Jepang yang menurun. Dalam pidato di parlemen, dia memperingatkan bahwa negara itu berada dalam krisis karena sistem pensiun dan kesehatan yang bangkrut, utang nasional yang melonjak, dan penurunan ekonomi.


Populasi Jepang Semakin Menua

Jepang memiliki populasi yang paling cepat menua di antara negara industri mana pun di dunia.

Tingkat kelahirannya mulai menurun pada tahun 1970-an. Sementara itu, tingkat kesuburan total saat ini adalah 1,3, jauh di bawah angka untuk memprediksikan kelahiran lebih dari dua anak per wanita.

Sebuah survei berkala oleh National Institute of Population and Social Security Research menemukan hampir seperlima pria dan sekitar 15 persen wanita mengungkapkan ketidaktertarikan pada pernikahan. Ini merupakan tingkat tertinggi sejak 1982. Hampir sepertiga pria dan seperlima wanita berusia lima puluhan di Jepang belum pernah menikah.

Maka dari itu, pemerintah Jepang meluncurkan Badan Anak dan Keluarga Jepang, yang akan menugaskan "petugas pendukung pernikahan" di 47 prefektur Jepang.

"Mereka pada dasarnya akan menambah tenaga untuk program lokal yang ada dan menghasilkan ide-ide baru untuk meningkatkan angka pernikahan," kata juru bicara Badan Kabinet Yuki Nomura.

Dalam hal ini, pemerintah pusat akan menanggung 75 persen biaya untuk petugas yang sekarang direkrut untuk sektor publik dan swasta dengan keahlian perjodohan.

Namun, cara tersebut dinilai tidak mempan. Banyak ahli mengatakan satu-satunya cara Jepang dapat benar-benar menyelamatkan diri adalah dengan membuang stigma yang menegaskan bahwa laki-laki bertanggung jawab mencari nafkah sementara perempuan mengasuh anak.

"Negara-negara pasca-industri (seperti Swedia) yang memungkinkan untuk menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga, tidak mengalami penurunan angka kelahiran yang besar," catat sosiolog Harvard Mary Brinton dalam presentasi baru-baru ini yang membedah kesalahan langkah demografis Jepang.

Dia mencatat bahwa wanita Jepang menghabiskan waktu lima kali lebih lama dari pria untuk pekerjaan rumah tangga. Ini membuat banyak pasangan enggan memiliki dua anak atau lebih.

Beli Rumah Mewah Rp 12 M Tunai

Fuji Beli Rumah Mewah Di Kawasan Elit Cilandak Dengan Harga Tembus Rp 12 Miliar Tanpa Kredit dan Hitung-Hitung Cicilan

Liputan6.com 2023-03-05 14:00:00
Fuji Beli Rumah Mewah di Kawasan Elit Seharga Rp 12 Miliar, Langsung Dibayar Cash. (YouTube Fuji An)

Fuji baru saja membuat pencapaian luar biasa dalam hidupnya. Di usia yang baru menginjak 20 tahun, Fuji sudah berhasil membeli rumah miliknya sendiri.

Rumah mewah tersebut berlokasi di kawasan elit di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan. Di YouTube, Fuji menjelaskan beberapa hal mengenai rumah barunya itu.

Termasuk juga perjalanan saat adik mendiang Bibi Andriansyah itu mencari beberapa pilihan rumah sampai akhirnya ia memilih rumah idamannya itu.

"Alhamdulillah, impianku terwujud! My dream comes true. Aku sudah setahun cari rumah, kayaknya hampir 28 rumah yang aku lihat," kata Fuji di kanal YouTubenya, Sabtu (4/3/2023).


Dibayar Tunai

Masih dalam konten tersebut, tampak Fuji begitu bahagia dan bangga kepada dirinya sendiri atas pencapaian yang telah ia raih ini. Terlebih, ia membelinya dengan tunai setelah sekian lama bekerja keras.

"Alhamdulillah sah dibayar tunai," kata Fuji lega.


Harga

Sementara itu, sebuah akun di Instagram membocorkan harga rumah yang dibeli oleh Fuji. Menampilkan sebuah halaman iklan penjualan rumah, diketahui bahwa rumah Fuji itu seharga Rp 12 miliar.

"Buat yang penasaran sama harga rumah baru Fuji," tulis akun @unnie_update.


Pujian

Dari situ, banyak yang kemudian memberikan pujian kepada Fuji atas segala usaha dan kerja kerasnya untuk mewujudkan impiannya ini. Tidak sedikit juga yang menganggap keberhasilan Fuji ini tak lepas dari ketulusannya selama ini mengurus Gala Sky.

"Gala adalah motivasi terbesarnya juga bentuk ucapan terima kasih kepada alm Dapebi dan Kak Vanes yang telah membuka jalan karirnya Fuji. Mau terkenal lewat jalur musibah atau apapun itu, Fuji tidak akan bisa seperti sekarang kalau tanpa kerja keras, disiplin, dan doa. Ikut seneng dan bangga Fuji bisa sejauh ini. Setahun nabung kekumpul 12M, artinya sebulan dia rata2 penghasilan 1M.... Wowww.... Keep humble girl.... ," tulis @savira_w.

"Kalau Allah sudah berkehendak .. siapapun tak akan bisa mengelak .. selamat FUJI ... semoga baiti jannati ... aku yakin Allah menitipkan semua ini ada maksid baik termasuk GALA yg ada dipundakmu ...," timpal @zulluw_bae.

"Barokah mengurus anak yatim piatu dengan tulus dan ikhlas ," tambah @selvahanina27.

Jin BTS Berseragam Militer, ARMY Menggila

Jin BTS Unggah Foto Berseragam Militer Diapit Jimin dan J-Hope, ARMY Menggila

Liputan6.com 2023-03-05 14:30:57
Jin BTS berfoto bersama dengan Jimin dan J-Hope. (dok. Instagram @jin/https://www.instagram.com/p/CpW0CpzhZyS/?hl=en/Dinny Mutiah)

Jin BTS mengejutkan penggemarnya dengan mengunggah foto terbaru yang berseragam militer. Tak hanya sendiri, ia diapit oleh dua anggota BTS lain yang mengunjunginya, J-Hope dan Jimin.

"Welcome (selamat datang)," tulis Jin dalam kolom keterangan unggahan pada Sabtu, 4 Maret 2023. J-Hope meresponsnya dengan ungkapan tertawa.

J-Hope terlihat mengenakan sweater bercapuchon hitam yang dibalut jaket krem tebal. Tak lupa, duta Louis Vuitton itu mengenakan beanie hat untuk menghangatkan badannya. Tampilan kasual juga diperlihatkan Jimin yang memadukan sweater hitam dan celana jins, serta kupluk warna senada dengan atasannya saat berpose dengan Jin.

Unggahan itu tak butuh lama menarik perhatian para ARMY. Dikutip dari Koreaboo, Minggu (5/3/2023), unggahan tersebut menuai lebih dari 1 juta likes hanya dalam 30 menit.

Sudah lebih dari dua bulan sejak anggota tertua BTS menjalani wajib militer (wamil). Meski sosoknya beberapa kali muncul, baik melalui unggahan di Weverse atau Instagram dan video lama, para penggemar tetap merindukannya.

Begitu pula para anggota BTS yang lain. Di antara enam member, J-Hope dan Jimin terbilang yang paling sering membicarakan hyung mereka, baik saat livestream maupun kesempatan lain.

Sementara, Jin menjauhkan diri dari media sosial sejak bergabung di militer. Ia membuat pengecualian untuk J-Hope dengan mengucapkan selamat ulang tahun spesial pada bulan lalu di Instagramnya.

J-Hope diketahui akan segera menjalani wamil. Big Hit Music lewat Weverse, pada Minggu, 26 Februari 2023, menyampaikan J-Hope telah memulai proses pendaftaran wamilnya. Saat ini, pemilik nama asli Jung Hoseok itu telah mengajukan permohonan penghentian penundaan pendaftaran wajib militer.


Kapan Berangkat?

Namun, pihak agensi belum memberi tahu tanggal keberangkatan J-Hope BTS ke pusat pelatihan militer. Mereka akan memberitahu secara detail dalam waktu dekat.

"Kami meminta cinta dan dukungan kalian untuk J-Hope sampai dia menyelesaikan dinas militernya dan kembali dengan selamat. Perusahaan kami tidak akan menyia-nyiakan upaya dalam memberikan dukungan untuk artis kami. Terima kasih," tulis pihak agensi, mengutip laman Soompi, dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com.

J-Hope kabarnya akan menjadi anggota BTS kedua yang mengikuti wajib militer setelah Jin. Anggota BTS lainnya melepas Jin mengikuti wamil pada 13 Desember 2022 lalu.

Setelah bertahun-tahun mengalami ketidakpastian, BTS akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan menjalani wajib militer, pada Oktober 2022. Jin adalah member pertama yang telah menjalani kewajiban tersebut dan telah lulus pelatihan dasar.

Sebelum menjalani wajib militer, para member BTS berencana untuk merilis proyek solo. Setelah seluruh member selesai menjalankan kewajibannya, BTS diperkirakan akan comeback sebagai grup pada 2025.


Pesan untuk Penggemar

Jin BTS sudah beberapa kali mengunggah perkembangannya menjalani wamil. "Aku menikmati hari-hariku di sini," ujar Jin saat upacara penutupan pelatihan dasar.

Ia juga membagikan tiga buah fotonya dengan seragam militer. Dua di antaranya adalah selfie, sementara sebuah foto memperlihatkan pelantun "Butter" tersebut berdiri tegap di depan kamera. "Aku mengunggah foto setelah mendapat izin dari kemiliteran. ARMY, selalu bahagia dan jaga diri," begitu penutup pesan Jin.

Jin masuk wamil pada 13 Desember 2022 dan bertugas sebagai tentara aktif. Ia akan menjalankan tugas ini selama 18 bulan ke depan, artinya akan lulus pada 2024.

Dalam keberangkatan Jin masuk wamil, Big Hit Music selaku agensinya sudah mewanti-wanti penggemar untuk tidak perlu datang ke lokasi pusat pelatihan. Tidak ada pula acara pelepasan khusus untuk Jin demi menghindari risiko kerumunan. Hanya keenam anggota BTS yang datang langsung dan ikut melepas Jin masuk wamil.

Big Hit juga mengimbau penggemar untuk berhenti mengirim surat kepada Jin atas beberapa pertimbangan. Saat ini, Jin berada di pusat pelatihan bersama personel militer reguler.

"Jika sejumlah besar surat dan hadiah dari para penggemar tiba di pusat pelatihan sekaligus, akan sulit untuk menyimpannya, dan bisa hilang dengan mudah," jelasnya.

Sebagai alternatif, agensi meminta penggemar meninggalkan pesan melalui Weverse dengan menyertakan tagar #Dear_Jin_from_ARMY. Agensi memastikan Jin akan membacanya.


Kolaborasi Terbaru

Di kesempatan lain, J-Hope resmi merilis single sekaligus MV teranyarnya berjudul On The Street, pada Jumat, 3 Maret 2023, pukul 2 siang KST atau pukul 12 WIB. Single ini merupakan proyek kolaborasi J-Hope dengan J-Cole.

Media Korea melaporkan, J-Hope BTS ikut menyusun dan menulis single terbarunya tersebut. Dia juga turut mendesain tulisan "On The Street" feat J-Cole, yang ada dalam MV yang dirilis.

Dalam keterangannya, Big Hit Music menjelaskan, motif trek dari kata street, dapat diartikan sebagai tempat di mana orang-orang melalui kehidupannya sehari-hari. Hal itu juga sebagai sebuah metafora untuk sebuah kehidupan yang juga berasal dari Street Dance, genre yang mewakili akar J-Hope sebagai seniman.

"Itu merupakan jalan yang akan terus dia tempuh bersama penggemarnya di seluruh dunia," tulis Big Hit Music.

On the Street menjadi single terbaru idol bernama asli Jung Hoseok itu setelah merilis album debut solo-nya, Jack in The Box pada 15 Juli 2022. Perilisan single teranyar J-Hope itu dilakukan setelah sebelumnya Big Hit Music menyampaikan bahwa J-Hope sedang bersiap mendaftarkan diri untuk melaksanakan wamil.

Pacar Mario Dandy Bantah Tuduhan Selfie

AG Bantah Tertawa dan Selfie Bareng Tubuh David, Pacar Mario Dandy Minta Korban Tenang Atur Napas

Liputan6.com 2023-03-05 17:00:00
Mario Dandy Satrio dan AG. (Foto: Dok. Twitter Indonesia)

Salah satu isu yang santer menggema ketika kasus penganiayaan David Latumahina alias Cristalino David Ozora viral adalah, AG asyik selfie bersama tubuh korban yang terkapar.

Kakak AG, Ivana Yoan, mengklarifikasi seraya membantah isu ini. Begitu pula rumor AG pacar Mario Dandy tertawa-tawa menyaksikan David terkapar koma diluruskan olehnya.

"Kemudian yang lumayan banyak disinggung adalah suara seperti tertawa, bahwa sebenarnya tidak ada yang tertawa di situ dari pihak AGH. Jadi AGH di situ sama sekali tidak tertawa dan sama sekali tidak menunjukkan ekspresi senang," Ivana Yoan meluruskan.

Menurutnya, AG syok berat mendapati David disuruh push-up dan melewati insiden mengerikan hingga koma di ranjang rumah sakit. Ia mengklaim suara tawa yang terdengar bukan dari pihak AG.


Sebaliknya Dia Takut

"Malah sebaliknya dia takut di situ. Dia takut makanya refleksnya dia mengalihkan pandangan pada saat itu. Makanya ketika diberikan handphone dia terima-terima saja," ujar Ivana Yoan.

Melansir dari video klarifikasi yang diunggah kanal di kanal YouTube Najwa Shihab, Jumat (3/3/2023), insiden itu baru berhenti setelah ibunda dari saksi R, yakni N, berteriak mendapati David tak berdaya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Detik-detik Akhir

"Kemudian ketika di detik-detik akhir itu, ibu dari saksi R, yaitu saksi N, ini berteriak di situ. Jadi setelah teriakan woi dari ibu R ini, AGH tersentak, tersadar dari syoknya itu dari freez-nya itu, dan respons pertamanya adalah mematikan handphone tersebut," urainya.

Dalam kesempatan itu, keluarga AG yang diwakili Ivana Yoan juga membeberkan apa yang dilakukan pacar Mario Dandy saat David tak berdaya, yakni menopang kepada korban seraya memintanya mengatur napas.


Terkait Isu Selfie

"Terkait isu selfie yang beredar itu tidak benar. Karena ini pun disaksikan langsung oleh ibu dari R, yang pada saat itu melihat AGH juga menopang kepala D di pangkuannya dan tangan kirinya itu memegang tangan D," ungkap Ivana Yoan.

"Ketika AGH sedang menopang kepala D ini, justru dia membisikkan kepada si D ini untuk tenang, mengatur napas. Jadi isu-isu selfie yang beredar itu tidak benar," tutupnya. Saat artikel ini disusun, pihak MDS, S, dan David belum menanggapi klarifikasi keluarga AG.

Skandal 1MDB Seret DiCaprio

Dokumen FBI Kuak Fakta Hubungan Leonardo DiCaprio dan Kim Kardashian dengan Buron Skandal 1MDB Jho Low

Liputan6.com 2023-03-04 18:11:05
Leonardo DiCaprio (AFP PHOTO / JUSTIN TALLIS )

Fakta baru muncul terkait hubungan aktor Hollywood Leonardo DiCaprio dan Kim Kardashian dengan Jho Low, pemodal Malaysia yang buron terkait skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Low dituduh terlibat dalam skema pencucian uang lebih dari US$ 4,5 miliar yang disedot dari 1MDB, dana investasi negara Malaysia.

Pada Kamis (2/3/2023), Bloomberg mengungkapkan rincian yang sebelumnya dirahasiakan dari dokumen FBI, di mana pihak berwenang mewawancarai DiCaprio pada tahun 2018 tentang hubungannya dengan Low.

Menurut laporan yang dilansir The Guardian pada Sabtu (4/3) tersebut, DiCaprio bertemu Low di sebuah klub malam pada tahun 2010. Keduanya kemudian menjalin hubungan dekat.

"Saya bekerja untuknya... dan bisnis itu dapat diterjemahkan juga menjadi sosial. Jadi, kami lebih sering bertemu dan lebih sering berinteraksi," ungkap DiCaprio kepada Dewan Juri berdasarkan laporan itu.

Pada satu waktu, keduanya mendiskusikan gagasan senilai US$ 1 miliar untuk pembuatan film dan taman hiburan Warner Bros di Asia dengan wahana berdasarkan film-film DiCaprio. DiCaprio dan Low juga membahas pengembangan resor ramah lingkungan di Belize.

Laporan itu menyebutkan bahwa DiCaprio memanggil Low dengan panggilan "my man", sementara Low memanggilnya "L-Dogg". Keduanya juga telah bertemu ibu satu sama lain.

Selain membiayai film "The Wolf of Wall Street" yang dibintangi DiCaprio, laporan yang sama mengungkapkan bahwa Low menghujani DiCaprio dengan berbagai hadiah mewah, di antaranya patung Oscar senilai US$ 600 ribu karya Marlon Brandon dan lukisan Jean-Michel Basquiat seharga US$ 9 juta.

New York Times pada tahun 2018 melaporkan bahwa DiCaprio telah mengembalikan hadiah itu kepada pihak berwenang setelah penyelidikan atas dugaan penyedotan miliaran dolar dana 1MDB oleh Low.

Dalam wawancaranya dengan FBI, DiCaprio mengaku, dia telah diberi tahu bahwa kekayaan Low berasal dari "seorang yang super kaya" di Abu Dhabi dan bahwa Low adalah "Mozart di dunia bisnis".


Hubungan Low dan Kim Kardashian

Laporan Bloomberg turut mengungkapkan detail dari wawancara FBI dengan Kim Kardashian atas interaksinya dengan Low.

Kardashian menceritakan kepada penyelidik bahwa dia pernah begadang sampai pukul 05.00 di sebuah kasino di Las Vegas bersama Low, di mana Low menolak upayanya untuk mengembalikan kemenangan senilai US$ 350 ribu.

"Ketika Kardashian pergi ke konter kasino untuk mencairkan chip, kami mengetahui bahwa dia memiliki sekitar US$ 350 ribu dalam bentuk chip. Kardashian diberi kantong penuh dengan uang US$ 100 yang diperkirakan bernilai US$ 250 ribu," sebut dokumen itu.

Pada tahun 2021, Kementerian Kehakiman Amerika Serikat (AS) mendakwa Low. Pria usia 41 tahun itu diyakini bersembunyi di China dan berusaha melobi "orang dalam" untuk memengaruhi pemerintah agar membatalkan penyelidikan terhadap dirinya dan orang lain yang terlibat dalam skandal 1MDB.

Sembunyi 14 Tahun di Gua Usai Rampok SPBU

Ketakutan, Pria Ini Pilih Sembunyi di Gua Selama 14 Tahun Usai Rampok SPBU

Liputan6.com 2023-03-05 13:00:00
Ketakutan, Pria Ini Pilih Sembunyi di Gua Selama 14 Tahun Usai Rampok SPBU (sumber: Oddity Central)

Tidak tertangkap usai melakukan perampokan disebuah tempat tentu memiliki kemungkinan yang cukup kecil. Pasalnya, usai dilaporkan pihak berwajib, para polisi pun langsung menjalani pengejaran terhadap terduga pelaku perampokan tersebut.

Namun, ada pula yang berhasil menghindari pengejaran kepolisian dengan cara yang terbilang unik dan nyeleneh. Seperti yang dilakukan oleh pria satu ini. Dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Minggu (5/3/2023), seorang pria asal kota Enshi, Provinsi Hubei, China memilih untuk tinggal di gua demi menghindari kejaran kepolisian.

Pria bernama Liu Moufu ini diketahui mengambil cara yang tak biasa dengan memilih bersembunyi di sebuah gua yang ada di pegunungan terpencil. Tak sampai disitu saja, Liu Moufu sendiri diketahui telah tinggal di gua tersebut selama 14 tahun terakhir sejak dirinya melakukan perampokan di sebuah SPBU.

Perampokan yang dilakukan oleh Liu Moufu pada 2009 lalu di sebuah SPBu ini diketahui dilakukan bersama saudara iparnya serta seorang kaki tangannya. Tentu saja, pemberitaan mengenai seorang perampok yang mmeilih tinggal di gua selama 14 tahun demi menghindari polisi ini menjadi sorotan banyak netizen.


Merampok SPBU saat usai pertengahan 30

Dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Minggu (5/3/2023) Liu Moufu bersama saudara ipar serta kaki tangannya turut ambil bagian dalam perampokan di sebuah SPBU pada 2009 lalu. Namun rupanya, dalam aksi perampokan tersebut ketiganya mereka hanya mendapatkan uang sebesar 156 yuan atau sekitar Rp 345.000 saja.

Bahkan, uang sebesar 60 yuan begitu cepat mereka habiskan untuk membeli makanan hingga kembang api. Hingga akhirnya, sisa dari uang tersebut dibagi 3 dengan masing-masing memiliki sekitar 32 yuan saja atau sekitar Rp 70 ribu. Usai membagikan uang tersebut, ketiganya pun terpisah dan memilih pergi masing-masing.

Namun, tak lama salah satu kaki tangannya berhasil diamankan pihak kepolisian. Liu pun menyadari jika hanya membutuhkan waktu saja untuk dirinya tertangkap dengan polisi menemukannya di rumah. Karena pemikiran inilah ia pun memilih untuk bersembunyi di hutan hingga gua


Pulang ke desa saat festival

Liu pun memilih untuk melarikan diri dan menghabiskan waktunya di desa, sementara pihak kepolisian sering datang dan menggeledah kediamannya. Hal ini pula yang membuat Liu memilih untuk tinggal di sebuah gua kares kecil yang ada di tengah hutan.

Karena tak memiliki persiapan, Liu pun diketahui beberapa kali berburu hingga berkelana ke desa asalnya untuk mencuri beberapa bahan makanan. Bahkan, dirinya hanya kembali untuk bertemu orang tua saat ada festival besar demi menghindari pihak berwajib. Meski begitu, tak sedikit pula orang yang mengetahui saat ia kembali ke desa hingga pihak kepolisian masih sering melakukan pengawasan.


Pilih menyerah karena istri dan cucu

Selama 14 tahun Liu bertahan tinggal dalam sebuah gua kecil ini pun membuat istri dan kedua orang tuanya cukup prihatin. Bahkan, sang istri sering memintanya untuk menyerah namun Liu selalu menolak. Namun, seiring berjalannya waktu, Liu pun menyadari kesendirian dan tertekan akan kesepian hingga tekanan pikiran bahawa kepolisian terus menerus mencarinya.

Hal ini pula yang membuat Liu memilih untuk menyerahkan diri pada bulan lalu karena merindukan keluarganya terutama istri, anak serta cucu.

"Usia saya lebih dari 50 tahun, istri saya tidak dalam kesehatan yang baik, dan saya memiliki cucu yang sangat baik. Aku ingin hidup normal" akunya.

Usai menyerahkan diri, Liu pun memperlihatkan gua kecil yang dihuninya selama 14 tahun terakhir kepada pihak polisi. Dalam perjalanannya, gua tersebut terletak di kawasan pegunungan berhutan dengan jarak 10 km dari pemukiman terdekat. Bahkan, karena begitu menghindari penangkapan, setiap ia mendengar suara mencurigakan, Liu memilih meninggalkan gua dan pergi lebih dalam ke tengah hutan.

Tak sampai disitu saja, Liu pun tetap harus mendapatkan hukuman atas kasus perampokan yang pernah ia lakukan pada 2009 lalu. Bahkan, dirinya disebut mendapatkan ancaman penjara minimal 3 tahun, meskipun uang yang ia curi memiliki nominal yang terbilang kecil.