Longsor Timbun Seisi Kampung

Longsor Timbun Satu Kampung di Natuna, Bupati: Informasinya Sekitar 50 Orang Meninggal

Liputan6.com 2023-03-06 17:03:40
Ilustrasi tanah longsor (Istimewa)

Longsor melanda Kampung Genting, Desa Pangkalan Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, Senin siang (6/3/2023). Hingga saat ini, sudah 10 orang dilaporkan meninggal dunia tertimbun meterial longsor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Natuna Raja Darmika mengatakan, sementara 10 orang korban longsor Natuna yang meninggal dunia sudah berhasil dievakuasi, jumlah korban kemungkinan bisa bertambah.

"Kemungkinan masih akan bertambah," katanya.

Raja mengatakan pihaknya belum bisa memastikan kepastian jumlah korban longsor yang belum diketahui. Dibutuhkan tenaga ekstra dan alat berat untuk mencari korban lainnya. Sedangkan lokasi longsor sangat sulit dijangkau dari Pulau Natuna Besar.

"Untuk menempuh ke Kampung Genting perlu waktu 6 jam transportasi laut, karena pulaunya terpisah. Pemerintah kabupaten bersama jajaran menuju lokasi ke longsor," katanya lagi.

Bupati Natuna Wan Siswandi mengatakan, dalam seminggu longsor di wilayahnya sudah terjadi dua kali.

"Sebelumnya ada longsor di Serasan Timur tapi tidak sampai ada korban. Lalu para warga membersihkan rumah setelah peristiwa tersebut," ujar Wan Siswandi, Senin (6/3/2023).

Dia menjelaskan, bencana longsor kedua ini terjadi di Genting, Serasan, Kabupaten Natuna. Dari informasi yang didapatnya, korban longsor bisa mencapai puluhan orang.

"Saya pun belum tahu persis tapi informasinya sekitar 50 orang meninggal," katanya.

Menurutnya, bencana alam ini di luar kemampuan batas tanah untuk menahan air.

Atas bencana ini, Bupati Natuna dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah langsung turun ke Serasan sore ini. Pemerintah juga telah menyiapkan bantuan untuk para korban.

"Kita segera check ke lokasi. Bawa bantuan," ucapnya.

Sosok yang Hentikan Penganiayaan Mario Dandy

Ini Sosok yang Menghentikan Penganiayaan Mario Dandy kepada David Ozora

Liputan6.com 2023-03-06 11:48:37
Polisi telah menetapkan satu tersangka inisial S (19) dalam kasus penganiayaan terhadap Cristalino David Ozora (17). (Dok. Merdeka.com/Nur Habibie)

Penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satrio kepada Cristalino David Ozora (17) berhenti usai ibu R, teman David yang berteriak agar menghentikan aksi penganiayaan tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pada saat itu korban tengah berada di rumah temannya.

"Jadi terhentinya perbuatan ini terhenti dengan ada satu suara itu suara seorang ibu, ibu N," ungkap Trunoyudo kepada wartawan, Jakarta, Senin (8/3/2023).

Trunoyudo menjelaskan Ibu N merupakan orangtua dari anak R yang pada saat itu David tengah bermain dirumahnya sebelum kejadian.

"Karena anak D sebagai korban itu bermain di rumah temannya R. Dan itu ibunya dari anak R. Itu yang menghentikan penganiayaan," bebernya.

Hal tersebut juga terekam dalam video berdurasi 56 detik yang memperlihatkan aksi penganiayaan kepada David Ozora sempat terdengar teriakan 'woi stop!' oleh seseorang. Aksi penganiayaan itu pun terhenti oleh para pelaku.

Diketahui, video diduga aksi penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy terhadap David tersebar di media sosial.

Terlihat pria memakai celana hitam dengan jaket dan sepatu hitam yang diduga Dandy melayangkan tendangan ke wajah dan belakang leher korban. Dia memukulnya secara bertubi-tubi ketika telah tersungkur.

Bahkan, Mario Dandy sempat bergaya selebrasi seusai menganiaya David. Beberapa orang di lokasi pun terlihat hanya menonton. Video ini direkam jelas seseorang yang ada di lokasi kejadian.


Ditetapkan Tersangka

Terkini, Polisi telah menetapkan dua tersangka dari kasus penganiayaan itu Mario dan temannya Shane Lukas (19). Serta satu pelaku atau anak yang berkonflik dengan hukum, perempuan inisial AG (15)

Atas perbuatannya, Mario dijerat dengan pasal 355 KUHP ayat 1, subsider pasal 354 ayat 1 KUHP, subsider 535 ayat 2 KUHP, subsider 351 ayat 2 KUHP.

Penyidik juga mengenakan Mario pasal 76c Jo 80 Undang-Undang Perlindungan Anak dengan ancaman 12 tahun penjara.

Untuk tersangka Shane dijerat pasal 355 ayat 1 Jo pasal 56 KUHP, subsider 354 ayat 1 Jo 56 KUHP, subsider 353 ayat 2 Jo 56 KUHP, subsider 351 ayat 2 Jo 76c Undang-Undang Perlindungan Anak

Sedangkan untuk AG dikenakan pasal 76 c jo pasal 80 UU perlindungan anak dan atau 355 ayat 1 Jo 56 subsider 353 ayat 1 KUHP subsider 351 ayat 2 KUHP.

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka

David Terima Ancaman Sebelum Dianiaya?

Polisi Usut Dugaan Ancaman yang Diterima David Sebelum Dianiaya Mario Dandy

Liputan6.com 2023-03-06 12:38:18
Kabid Humas Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko (tengah) saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait kasus penganiayaan remaja 17 tahun berinisial D di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (2/3/

Polisi mengusut dugaan ancaman yang diterima oleh David Latumahina alias Cristalino David Ozora. Percakapan pesan WhatsApp bernada ancaman viral di media sosial.

Pemilik akun @A*toL*g*r membagikan ke pengikut di akun media sosial twitter pada 28 Februari 2023. Diduga percakapan antara AG dengan David sebelum penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy Satriyo.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko angkat bicara. Dia menerangkan, proses pemeriksaan masih berlanjut.

"Proses pemeriksaan belum selesai, terus melakukan pendalaman," kata Trunoyodo menjawab perihal pesan bermuatan ancaman, Senin (6/3/2023).

Trunoyudo meminta semua pihak bersabar menunggu pemeriksaan rampung. "Kami sampaikan tetap proses penyidikan ini, berikan ruang waktu, penyidik akan melakukan secara profesional dan sesuai prosedur," ujar dia.

Dilansir dari kanal Lifestyle Liputan6.com, dalam cuitannya, akun tersebut menjelaskan bahwa David dipaksa untuk turun dari mobil hingga diancam akan memanggil Brimob. Akun tersebut juga menerangkan bahwa AG memaksa David untuk bertemu hingga 10 kali.

"20 Februari 2023, 3:57 PM - Mulai. 10 kali David dipaksa untuk turun (dan ketemu para pelaku). 5 kali David bilang agar kartu pelajarnya diGoSend aja. 2 kali David bilang titip saja di sekuriti kompleks. 1 kali David diancam kalo gak turun nanti pelaku telpon Brimob #kawaldavid," cuit akun @A*toL*g*r


Dibohongi

Dilihat dari isi percakapannya, AG terkesan mengancam David dan akan menghubungi Brimob. "Gue telepon Brimob gue kalau lu batu," tulis seseorang yang diduga AG, pacar Mario Dandy. "Wareng aja yang turun," kata Agnes. "Mager ngapain," jawab David.

Dalam chat tersebut, AG juga memaksa David untuk turun dari mobil. "Telpon coba," tulis AG.

"Lu bilang ama tante lu yak aneh," balas David. "Tante gue di mobil," kata AG. "Foto dah. Mobil apaan?" balas David lagi.

"Turun sekarang," pinta AG. "jawab dong," tanya David.

"Camry. Lu kenapa gamau turun banget," balas AG lagi. Akun tersebut juga mengatakan bahwa David dibohongi AG mengenai keberadaan tantenya hingga mobil yang dipakai adalah mobil Camry.

"1 kali David dibohongin bahwa ada tante pelaku ikut di mobil. 1 kali David dibohongin bahwa mobil yang dipakai adalah Camry. 7:18 PM - Selesai," cuit akun @AltoLuger.

Selain itu, akun tersebut juga menjelaskan bahwa ada waktu sekitar tiga jam bagi pelaku untuk mengurungkan niatnya menganiaya David. Faktanya, pelaku tetap menganiaya David secara brutal.

"Dari komunikasi pertama di pukul 3:57 PM, ada waktu 3 jam dan 21 menit bagi para pelaku untuk mengurungkan niatnya melakukan penganiayaan berat. Namun kenyataannya, tidak ada niatan sedikitpun dari para pelaku untuk TIDAK MELAKUKAN PENGANIAYAAN BERAT atas David," pungkas akun tersebut.


Kuasa Hukum David: Semua Kejadian Penganiayaan Berawal dari AG

Cristalino David Ozora (17) anak petinggi GP Ansor menjadi korban penganiayaan oleh seorang anak mantan pejabat pajak, Mario Dandy Satriyo (20) pada Senin 20 Februari 2023 lalu di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Namun rupanya kejadian tersebut bermula dari kekasih Mario, AG (15).

"Karena berdasarkan fakta hukum yang ada semua kejadian penganiayaan tersebut berawal dari anak AG," ungkap kuasa hukum David, Syahwan Arey saat dihubungi, Jumat (3/3/2023).

Seperti diketahui penyidik polisi telah menaikan status AG menjadi anak yang berkonflik dengan hukum atau pelaku penganiaya David. Ia tidak ditetapkan menjadi tersangka lantaran pelaku sendiri secara hukum masih di bawah umur.

"Bagi kami penyidik mampu menjawab pertanyaan masyarakat Indonesia tentang status anak AG," jelas Syahwan.

Lebih lanjut, kuasa hukum David juga menyebut bahwa keterlibatan AG yang membuat keliennya dalam kondisi koma turut hadir di lokasi serta tidak berupaya untuk mengehentikan kejadian naas tersebut.

"Pada saat kejadian AG juga berada di TKP dan tidak melakukan tindakan pencegahan," tuturnya.

Polisi telah menentukan status AG sebagai pelaku penganiayaan David bukan tersangka lantaran masih berusia di bawah umur.

"Pada gelar perkara ada perubahan status dari AG yang awalnya adalah Anak Berhadapan Dengan Hukum (ABH) meningkat menjadi Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum atau dengan kata lain berubah menjadi pelaku atau anak. Terhadap anak di bawah umur tidak bisa disebut tersangka," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Kamis 2 Maret 2023.

Dalam kasus ini, Hengki membeberkan penyidik telah memeriksa sepuluh saksi. Ada pun saksi ahli yang turut dimintai pandangan di antaranya ahli pidana, ahli digital forensik dan ahli psikologi forensik.

Cegah Persekongkolan, Sel Dipisah

Cegah Persekongkolan, Polda Metro Pisahkan Sel Tahanan Mario Dandy dan Shane

Liputan6.com 2023-03-06 15:32:59
Polisi mengungkap sosok Mario Dandy Satriyo (20) anak pejabat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta Selatan yang ditetapkan tersangka atas kasus dugaan penganiayaan terha

Mario Dandy Satriyo (20) dan Shane (19) resmi berstatus sebagai tahanan Polda Metro Jaya.

Keduanya ditetapkan sebagai tersangka kasus penganiayaan terhadap David Latumahina alias Cristalino David Ozora. Kedua tersangka sebelumnya ditahan di Rutan Polres Metro Jakarta Selatan.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi menerangkan, Dandy dan Shane kini ditempatkan di rutan Polda Metro Jaya. Ruangnya pun terpisah.

"Di pisah," kata Hengki kepada wartawan, Senin (6/3/2023).

Hengki mengungkap alasan pemisahan tersebut menghindari adanya koordinasi untuk mengaburkan fakta.

"Alasan (antisipasi) agar tidak terulang lagi mereka berkoordinasi untuk mengaburkan fakta," ujar dia.

Sebelumnya, saat pemeriksaan, rupanya para tersangka memberikan keterangan tidak benar atau bohong kepada penyidik. Namun, mereka tak bisa lagi mengelak setelah ditunjukkan bukti-bukti.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi menerangkan, bukti-bukti itu berupa percakapan di WhtsApp, rekaman video di ponsel, CCTV di lokasi, dan keterangan saksi.

"Ternyata pada awalnya para tersangka ini ataupun orang di Tempat Kejadian Perkara (TKP) tidak memberikan keterangan sebenarnya setelah sesuaikan dengan CCTV alat bukti lain, chat WhatsApp tergambar peranan di situ," kata Hengki di Polda Metro Jaya, Kamis 2 Maret 2023.


Perubahan BAP

Hengki menerangkan, ada yang mengarahkan seolah-olah terjadi perkelahian pada pemeriksaan awal. Namun, pada saat tersangka dan saksi menjalani pemeriksaan ulang pada Rabu, 1 Maret 2023, terjadi perubahan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang sangat signifikan.

Polisi saat itu memperlihatkan bukti-bukti seperti bukti chat WhatsApp dan sebagainya. Sehingga mereka tidak bisa bohong lagi.

"Dari BAP awal itu yang terjadi adalah bukan penganiayaan tetapi yang terjadi adalah perkelahian, jadi saling pukul. nah kemudian dari bukti digital kami juga biisa temukan bahwa hal tersebut memang ada perekayasaan dari BAP awal," ujar dia.

Alasan Gugat Cerai Indra Bekti

Aldila Jelita Ungkap Alasan Gugat Cerai Indra Bekti, Akui Sempat Ingin Berpisah pada 2020 Lalu

Liputan6.com 2023-03-06 14:40:00
Aldila Jelita. (Liputan6.com/ M. Altaf Jauhar)

Aldila Jelita akhirnya buka suara ihwal gonjang-ganjing rumah tangganya dengan Indra Bekti. Sebagaimana diketahui, Aldila menggugat cerai Bekti ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Aldila Jelita mengakui perbedaan prinsip menjadi alasan dirinya memutuskan untuk menyudahi rumah tangganya dengan Indra Bekti. Bahkan sejak 2020 lalu, keinginan untuk cerai sudah sempat tercetus.

"Poinnya adalah saya memang dari 2020 ya Bang, sudah pengin cerai karena kalau aku orangnya prinsip, suatu hal itu mau hal terkecil pun bisa jadi prinsip buat aku," ujar Aldilla Jelita di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (6/3/2023).

"Jadi dari situ aku minta Mas Indra untuk berubah, kita mulai nih bareng lagi. Artinya dia mencoba berubah terus 2023 ternyata kita udah beda prinsip. Ya sudah aku memutuskan untuk kita berpisah," kata Aldila menambahkan.


Aib Keluarga

Sayangnya, Aldila tidak merinci soal prinsip yang ia maksud. Ibu dua anak itu mengaku tak ingin mengumbarnya ke publik karena merupakan aib keluarga.

"Kalau soal prinsip masa saya buka, masalah rumah tangga kan enggak akan mungkin saya kasih tahu, prinsip rumah tangga dan aib rumah tangga enggak akan kita buka," jelas Aldilla.


Secara Baik-Baik

Kendati demikian, lanjut Aldila, dirinya dan Bekti sepakat berpisah secara baik-baik. Semua dilakukan demi buah hati mereka tercinta.

"Kita selesaikan baik-baik. Mas Bekti ambil saya baik-baik, kita pisah baik-baik. Jadi anak-anak juga melihat ibu bapaknya tidak ada yang bertengkar," kata Aldilla Jelita.


Jalan yang Terbaik

Milano Lubis, pengacara sekaligus sahabat menambahkan, tak ada pasangan yang menginginkan pernikahannya berakhir perceraian. Begitu juga dengan Aldila dan Bekti.

"Siapa sih yang mau pisah, Dila kalau ditanya siapa sih yang mau pisah dengan Bekti. Tapi memang jalan yang terbaik bagi mereka saat ini, kita doain aja, kita kan enggak tahu ke depannya seperti apa," Pungkas Milano Lubis. (M. Altaf Jauhar)

Kabar Terkini Perburuan Harun Masiku

Polri Sampaikan Perkembangan Perburuan Harun Masiku, Begini Updatenya

Liputan6.com 2023-03-06 16:30:44
Aktivis dari Indonesia Corruption Watch (ICW) melakukan aksi di depan Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (28/6/2022). ICW mengingatkan keseriusan KPK dalam

Buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Masiku (HM) masih tidak kunjung ditemukan. Polri menyatakan bahwa sejauh ini Red Notice telah tersebar luas untuk tersangka kasus suap pengurusan PAW anggota DPR dari PDIP yang meninggal, Nazarudin Kiema.

"Terkait dengan DPO dari HM ya kami sampaikan sekali lagi bahwa selama HM melintas di perlintasan resmi imigrasi di seluruh negara maka HM tersebut pasti terdeteksi," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (6/3/2023).

Ahmad mengatakan, belum ada laporan dari negara lain terkait pergerakan Harun Masiku. Lebih dari itu, Polri masih minim membeberkan informasi perihal pengejaran terhadapnya.

"Sejauh ini red notice atas nama HM yang sudah disebar melalui jalur komunikasi 124-7 Interpol Indonesia belum menerima respon atau informasi dari negara-negara yang dimungkinkan tempat yang bersangkutan bersembunyi," katanya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) buka suara terkait kabar mantan kader PDI Perjuangan, Harun Masiku berada di Malaysia dan bekerja sebagai marbot di salah satu masjid.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyatakan pihaknya akan mendalami berbagai informasi yang beredar, termasuk adanya kabar tersebut.

"Nah, itu juga informasi belum kita (dengar)," kata Alex kepada wartawan, Kamis (2/3/2023).

Namun yang pasti, Alex menyatakan KPK masih berupaya untuk mengejar semua DPO KPK termasuk Harun Masiku sampai saat ini.

"Tapi intinya semua DPO pasti akan kita cari. Satu per satu kan akhirnya berhasil kita tangkap," ujar Alex.


Suap Komisioner KPU

Diketahui, Harun Masiku adalah seorang buron yang paling dicari oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selama Dua tahun, tak kunjung ada perkembangan mengenai keberadaannya.

Harun Masiku ditetapkan tersangka atas kasus dugaan suap terkait urusan PAW anggota DPR dari PDIP yang meninggal, Nazarudin Kiemas.

Harun Masiku diduga menyuap mantan komisioner KPU Wahyu Setiawan agar dapat menjadi PAW Nazarudin. Kader PDIP itu telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK sejak tiga tahun lalu.

Terlebih orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo sudah memberi atensi agar segera mengungkap kasus yang tak kunjung temukan titik cerah. Dia diduga terlibat dalam kasus dugaan suap dengan menyiapkan uang sekitar Rp850 juta untuk pelicin agar bisa melenggang ke Senayan.

Tragedi Plumpang, 14 Saksi Diperiksa

Usut Kasus Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Polisi Periksa 14 Saksi

Liputan6.com 2023-03-06 15:47:47
Polisi bersama instansi terkait masih menyisir warga yang hilang akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Anjing pelacak dan alat berat dikerahkan ke lokasi. (Foto: Ady Anugrahadi/Liputan6.c

Polisi terus berupaya mengusut kasus kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara yang sejauh ini menelan belasan korban meninggal dunia. Ada sebanyak 14 saksi yang telah menjalani pemeriksaan.

"Tim gabungan Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya masih terus bekerja dalam melakukan penyelidikan untuk mencari bukti-bukti dan petunjuk, serta telah dimintai keterangan terhadap 14 orang," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (6/3/2023).

Menurut Ahmad, 14 saksi itu terdiri dari operator security, supervisor teknisi dari Pertamina, serta masyarakat. Selain itu, pencarian korban hilanh juga masih terus dilakukan.

"Polri telah menurunkan alat berat dan regu atau unit K9 anjing pelacak untuk membantu pencarian korban," jelas dia.

Adapun untuk penanganan korban terdampak kebakaran, lanjutnya, Polri telah mendirikan sejumlah dapur umum di sekitaran lokasi, serta menyediakan posko kesehatan statis berikut tim medis dan trauma healing.

"Tim trauma healing ini menurunkan anggota Polwan bersama PMI untuk anak-anak korban kebakaran di Depo Pertamina Plumpang," Ahmad menandaskan.


DPR Panggil Dirut Pertamina

Sebelumnya, Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Mulyanto mengatakan Komisi VII DPR selaku mitra BUMN-Pertamina akan meninjau lokasi kebakaran Depo Pertamina, Plumpang, Jakarta Utara.

"Komisi VII DPR RI hari Selasa tanggal 7 Maret akan meninjau lokasi kebakaran Plumpang," jata Mulyanto saat dikonfirmasi, Senin (6/3/2023).

Komisi VII, lanjut Mulyanto, juga bakal segera memanggil Dirut Pertamina untuk meminta penjelasan terkait kasus kebakaran tersebut.

"Serta dalam waktu dekat akan memanggil Dirut Pertamina dan jajarannya untuk meminta Dirut melaporkan musibah tersebut secara komprehensif, serta menyampaikan langkah-langkah penting dan strategis ke depan, agar kasus serupa tidak terulang," jelasnya.

Menurut Mulyanto, pemanggilan Dirut Pertamina bisa saja sebelum masa reses selesai. "Waktu pemanggilan Pertamina, dijadwalkan setelah kunjungan di atas. Jadi bisa terjadi di masa reses atau setelah reses. Ini bergsntung hasil dari kunjungan ke lokasi," pungkasnya.

Istigfar 1.000 Kali

Kristina Istigfar 1000 Kali Dengar Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Kini Kunjungi Tempat Pengungsian

Liputan6.com 2023-03-06 15:54:51
Kristina (Foto: Instagram/@kristinadangdut)

Kebakaran besar terjadi di Depo Pertamina Plumpang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Jumat (3/3/2023) malam, api terlihat begitu besar. Kristina, salah satu pedangdut yang tinggal tak jauh dari tempat kejadian kaget mengetahui kebakaran tersebut.

Seperti diketahui jarak rumah Kristina dengan tempat kebakaran hanyalah satu kilometer saja. Sehingga ia pun berhasil merekam si jago merah. Bukan itu saja, ia pun menyempatkan diri untuk mendatangi tempat pengungsian.

Pelantun "Merah Kau Bilang Biru" ini mengunggah video kebakaran tersebut ke akun Instagram terverifikasi miliknya. Ia pun mengucap istigfar atas kejadian tersebut.

"Ya Allah Lindungi Kami Semua dari segala mara bahaya Mohon doanya Sahabat2ku dimanapun berada...Sedang terjadi kebakaran tepatnya seperti di depo Pertamina Plumpang n bbrp x ada ledakan n asapnya tebal sudah berbau bensin, lokasi kejadian dari rumahku jaraknya 1 Kilo meter

Astaghfirrullahaladzim 1000X," tulisnya.


Kunjungi Pengungsi

Pada Senin (6/3/2023), Kristina pun mengunjungi para korban kebakaran Depo Pertamni Plumpang di tempat pengungsian.

"Alhamdulillah hari ini berkesempatan mengunjungi para pengungsi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang berada di RPTRA tepatnya diwilayah Rawanadak Selatan Alur Laut," tambahnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tersenyum

Kristina, bersyukur bahwa para korban sudah bisa melewati masa sulitnya dua hari ini. Dan senyum pun sudah terlihat di wajah-wajah mereka.

"Bersyukur para pengungsi sudah terlihat senyumannya , anak2pun demikian (terimakasih Puspa Konseling) karena keikhlasan mereka atas ujian ini semua dihadapi dengan penuh Ikhlas dan Sabar, untuk para korban yang meninggal dunia semoga husnul khotimah n untuk para korban luka bakar semoga segera teratasi n cepat pulih sehat kembali serta yang khilangan rumahnya karena habis terbakar dengan kobaran api insyaAllah akan segera tergantikan dengan tempat tinggal yang layak huni tidak dekat Depo Pertamina Lagi, Paling tidak berjarak jauh agar aman, aamiin," sambungnya.


Berterima Kasih

Meski Kristina tak menjadi korban, namun kesigapan para relawan diacungi jempol olehnya. Tak lupa ia pun mengucapkan terima kasih.

"Sehat- sehat selalu buat Para Pengungsi

Juga Buat Para Relawan bapak:ibu dari Pemda kantor kecamatan , TNi, Polri dan semuanya.Mohon Maaf tidak bisa saya sebutin 1 per 1Maturnuwun sanget nggih," ia mengakhiri.

Kuntilanak di Pontianak Diteliti

Antropolog Jerman Teliti Soal Kuntilanak di Pontianak, Legenda dari Rasa Ketakutan

Liputan6.com 2023-03-06 10:52:59
Representasi penelitian tentang mitos kuntilanak di Pontianak, Kalimantan Barat. (DW Indonesia)

Berawal dari penelitian soal animisme di Kalimantan Barat, mitos kuntilanak menjadi ikon di kota Pontianak menjadi perhatian pengamat politik sekaligus antropolog Jerman Timo Duile.

Mengutip DW Indonesia, Senin (6/3/2023), Timo awalnya meriset budaya Dayak dan bagaimana perspektif komunitas Dayak terhadap alam mereka. Namun karena saat meneliti sempat tinggal di Pontianak, ia juga memperhatikan bagaimana mitos kuntilanak menjadi ikon di kota itu.

Menurut Timo, mitos kuntilanak itu sangat penting dalam pendirian Kota Pontianak. Ia menceritakan, sebelum ada Kota Pontianak berdiri, di area itu ada Sungai Kapuas dan Sungai Landak yang menjadikan wilayah itu sangat penting, karena menjadi salah satu pusat perdagangan yang melewati sungai-sungai besar di Kalimantan.

Legenda dari Rasa Ketakutan

Menurut Timo, Pontianak dahulu kala ada banyak bajak laut, dan juga ada sultan yang datang dengan rombongannya yang ingin mendirikan kota di sana, supaya perdagangan lebih aman. Namun orang-orang yang menemani sultan sangat takut, mereka tidak mau berlabuh, karena pada malam hari mereka selalu mendengar suara yang terdengar kejam dari kuntilanak.

Mereka berpikir suara itu datang dari hantu yang tinggal di pohon-pohon besar. Karena mereka berpikir hantu itu sebagai ancaman, Sang Sultan kemudian mengusir kuntilanak dengan meriam dan memotong seluruh pohon tinggi untuk dijadikan bahan untuk membangun keraton dan masjid. Lalu, Kota Pontianak dibangun di sekitar sana," demikian legenda yang diceriatakan ulang Timo Duile.

Pria yang mengajar di Universitas Bonn, Jerman ini sendiri tidak percaya dengan eksistensi hantu, "Namun sebagai antropolog saya harus mengakui bahwa legenda itu ada dan penting bagi masyarakat yang saya teliti. Saya juga sangat tertarik dengan bagaimana gagasan tentang animisme berubah, bagaimana masuknya Islam, namun animisme tidak hilang. Hanya saja kuntilanak dipikirkan dengan cara pandang yang baru," ujar Timo Duile lebih lanjut.

Perubahan sosial terkait hal itu yang menurut Timo Duile merupakan hal yang sangat menarik baginya.

"Misalnya konsep bahwa ada 'penunggu', bahwa ada roh atau makhluk halus yang tinggal misalnya di pohon, di batu besar, di sumber air, sering sekali ada kisah semacam itu di Kalimantan dan juga di tempat lain. Dalam paham animisme, biasanya orang di suatu tempat 'bisa punya hubungan dengan roh itu', secara ritual, atau bisa berkomunikasi melalui mimpi," demikian dijelaskan Timo.


Jadi Bagian dari Masyarakat Lalu Terusir

Makhluk halus itu menurut Timo dianggap sebagai manusia yang tidak bisa dilihat. Tapi, selama masyarakat memiliki hubungan baik saat ritual dengan makhluk halus, dan mereka punya hubungan baik dengan makhluk halus, maka makhluk halus tersebut bisa dianggap sebagai orang yang membantu untuk melawan penyakit pada tumbuhan-tumbuhan misalnya, papar Timo Duile lebih lanjut.

"Maksud saya, dalam animisme hubungan dengan makhluk halus sangat kompleks, pada dasarnya mereka dilihat sebagai entitas sosial yang punya masyarakat dalam dunia makhluk halus dan punya hubungan dengan masyarakat manusia, itu sebuah masyarakat besar. Tapi dalam mitos kuntilanak, makhluk halus itu diusir oleh masyarakat manusia, sehingga ada perubahan hubungan atau perubahan sosial," tambahnya.

"Hubungannya jadi berubah. Sangat berubah. Sebenarnya manusia juga mendapatkan kebebasan, selama kuntilanak jauh, manusia tidak takut lagi bahwa penunggu atau hantu itu mengganggu. Di sisi lain, hal itu juga membuat kuntilanak dipandang jadi hantu yang kejam, berbahaya, yang harus ditakuti manusia di wilayah yang sungguh dianggap "berada", dan belajar untuk takut dengan hantu. Karena hantu itu sekarang jadi hantu yang tidak bisa dikontrol lagi dengan ritual atau ahli. Jadi hantu itu harus diusir. Dia bukan lagi dianggap bagian dari masyarakat," papar Timo Duile.


Mitos Semata?

Bagi Syahraini, warga Pontianak, ia hanya menganggap kuntilanak hanyalah mitos semata. Tapi ia mengakui kisah kuntilanak itu melekat di kotanya.

Wartawan Pontianak Post ini juga sangat kenal dengan cerita rakyat bagaimana asal usul pendiri Pontianak dulu sering diganggu kuntilanak dalam perjalanannya.

"Sampai saat ini belum ada penampakan yang pernah aku lihat. Mungkin indera keenamku tidak tajam. Jadi bersyukur sekali saya tak pernah lihat," ujar Syahraini.

"Saya lebih takut pada manusia jahat," tambahnya.


Bukan Hanya di Pontianak

Menurut Timo Duile, sebenarnya bisa dikatakan bahwa kuntilanak itu bagian dari masyarakat, "Bahkan bagian dari kita semua, dari kita sendiri yang kita usir. Bukan menjadi bebas, tapi juga mendatangkan rasa ketakutan. Tidak hanya di Pontianak, tapi di seluruh Indonesia, ada banyak kisah-kisah kuntilanak," tambahnya.

Di Malaysia, hantu yang dimaksud disebut dengan kata Pontianak. "Padahal orang Malaysia juga mengira itu memang hantu asli mereka. Konsep hantu itu, ada di wilayah Melayu, di Kalimantan, di Sumatera, di Malaysia dan itu dianggap hantu yang kejam, berbahaya, bagi perempuan yang hamil atau yang baru melahirkan," ungkap Timo. "Namun, banyak orang berpikir jika selama mereka jadi muslim yang baik, kedua ada suara azan, ada lampu, maka kuntilanak akan menjauh. Karena kuntilanak itu dilihat sebagai lawan modernitas. Dia sesuatu yang bisa dilawan dengan agama, dengan listrik, dengan semua hal yang modern. Dan tempatnya sekarang di pedalaman," pungkas Timo Duile.

Isyarat Damai dari Hambalang?

HEADLINE: Pertemuan Prabowo Subianto dan Surya Paloh di Hambalang, Komitmen Damai Atau Penjajakan Koalisi?

Liputan6.com 2023-03-07 00:00:03
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh berpelukan seusai melakukan pertemuan di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Minggu (5/3/2023). Pert

Hujan deras dan jarak yang cukup jauh tak menghalangi Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengunjungi kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Minggu, (5/3/2023).

Wakil Sekretaris Jenderal NasDem, Hermawi Taslim mengatakan, kedatangan Surya Paloh untuk memenuhi undangan Prabowo sekaligus kunjungan balasan beberapa waktu lalu.

Baik Prabowo maupun Surya Paloh mengaku bertemu untuk menyepakati bahwa mereka memilih jalur yang berbeda di Pilpres 2024. Prabowo ingin maju sebagai calon presiden, sementara Surya Paloh memiliki calon sendiri yang dijagokan yaitu Anies Baswedan. Namun keduanya berkomitmen untuk saling menghormati pilihan masing-masing dan menjanjikan pemilu yang kondusif.

Analis Komunikasi Politik Fikom Universitas Padjajaran, Kunto Adi Wibowo mengatakan, kemungkinan ada agenda lain dari pertemuan kedua tokoh tersebut yang tak diungkapkan ke publik. Yaitu saling menjajaki antara Nasdem dan Gerindra untuk kemungkinan berkoalisi. Meski Nasdem sudah berkoalisi dengan Demokrat dan PKS, namun masih membuka kemungkinan berkoalisi dengan Gerindra.

"Prabowo juga demikian walaupun Gerindra dengan PKB, tapikan cawapres masih dikosongin untuk membuka peluang agar partai-partai yang lain masuk, menurut saya dua-duanya ingin mendapat dukungan partai lain, untuk memperluas dukungan jadi menurut saya itu jadi misi utama dari pertemuan kemarin," kata Kunto kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin, (6/3/2023).

Misi kedua, kata dia, meredakan tensi para pendukungnya. Apalagi Prabowo dan Anies Baswedan memiliki pendukung yang beririsan.

"Akan lebih menguntungkan jika bergabung, atau mencegah untuk saling menggembosi basis masing-masing, Prabowo dan Nasdem punya kepentingan itu," lanjutnya.

Kemudian, kata dia, pertemuan itu juga kemungkinan untuk mencegah tensi Pemilu 2024 memanas agar tak terjadi polarisasi seperti Pemilu 2019 lalu.

"Bahwa komunikasi politik ini menunjukkan elitnya santai dan tidak terpolarisasi sehingga diharapkan di tataran akar rumput juga tercipta suasana santai yang sama, sehingga tidak ada gesekan yang memanas jelang pemilu," tandasnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Pengamat Komunikasi Politik Emrus Sihombing. Ia mengatakan pertemuan tersebut bisa saja menjajaki koalisi. Apalagi sampai saat ini dukungan Nasdem ke Anies Baswedan hanya sebatas lisan.

"Masih belum bisa dipegang sebagai jaminan, jadi karena itu bisa saja bahwa Anies tidak jadi maju," kata Emrus kepada Liputan6.com.

Ditambah lagi, pencalonan Anies Baswedan masih terganjal isu pengadaan lahan di Munjul, Cipayung dan Formula E saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Wacana di ruang publik masih ada persoalan saat kepemimpinan Anies, soal pengadaan lahan lalu kasus Formula E, mudah-mudahan bisa jernih bahwa masa pemerintahan Anies tidak ada keterkaitan, tapikan sampai sekarang belum tahu," ujar dia.

Sehingga bukan tidak mungkin dukungan Nasdem bisa saja berubah di tengah jalan. "Jadi bisa saja pertemuan itu membahas soal pencairan politik soal dukungan pilpres," ujarnya.

Bisa jadi, pertemuan tersebut memang hanya untuk meredam tensi pendukung Prabowo dan Anies Baswedan sebelum Pilpres 2024. Seperti yang diucapkan Surya Paloh dan Prabowo dalam konferensi pers usai pertemuan bahwa keduanya menjanjikan pemilu yang kondusif.

"Tapi saya kira itu bagian terkecil dan bukan agenda utama. Karena yang bikin memanas kan tokoh-tokoh elit, rakyat pendukungnya itu adem-adem saja," kata dia.

Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago mengatakan, bisa jadi kedatangan Surya Paloh ke Hambalang bisa saja ingin memastikan Prabowo maju atau tidak di Pilpres 2024.

Kedua, kata dia, Prabowo dan Surya Paloh memiliki semangat yang sama tentang tidak ada lagi agenda tunda Pemilu di tahun 2024 atau kesepakatan tentang agenda profesional tertutup atau terbuka yang sedang mengalami tarik menarik.

Selain itu, keduanya bisa saja membahas tentang keberlanjutan pembangunan Ibu kota Negara jika Anies Baswedan menjadi calon presiden.

"Narasi yang disampaikan oleh Surya Paloh pada saat pertemuan dengan Prabowo memperlihatkan bahwa Anies juga berada nanti dalam semangat yang sama dengan Prabowo bangun, sehingga keputusan masing-masing yang berbeda pilihan pun dijalankan dengan upaya saling menghormati," ujar Arifki.

Di samping itu, kata Arifki, pertemuan Prabowo dan Surya Paloh ini bakal menjadi contoh yang baik dalam demokrasi Indonesia kedepan karena mereka saling menghormati pilihan masing-masing dan komitmen yang baik tentang bangsa ke depan.

"Poin ini tentu bakal berdampak positif kepada masing-masing pendukung jika 2024 nanti Anies Vs Prabowo," ujarnya.

Sebab, baik Prabowo atau Surya Paloh memperebutkan pemilih yang sama. Selain itu, posisi NasDem dan Gerindra juga sama-sama di pemerintahan.

"Jika narasi yang digunakan sama di tahun 2014 dan 2019 dengan adanya polarisasi masyarakat tentu dikhawatirkan oleh kedua tokoh ini," tandas dia.

Sementara Analis Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam mengatakan bukan tidak mungkin membuka peluang Surya Paloh mengalihkan dukungan bakal calon presiden (bacapres) di tengah isu reshuffle kabinet yang mengancam menteri yang berasal dari Nasdem. Sebab, Surya Paloh terus menggelar pertemuan dengan para petinggi parpol.

"Dukungan Surya Paloh pada Anies bisa jadi masih tentatif, tidak menutup kemungkinan kemudian mengalihkan dukungan pada bakal capres lain, termasuk Prabowo," ujar Arif di Jakarta.

Beda Jalur

Prabowo mengaku telah membahas soal Pemilu 2024 saat bertemu dengan Surya Paloh. Dalam pertemuan tersebut keduanya sepakat untuk saling menghormati keputusan politik masing-masing.

"Kita sepakat bahwa kita ingin suasana bangsa dan negara selalu dalam keadaan damai, dalam keadaan rukun, dalam keadaan bersatu, bahwa persaingan, rivalitas itu perlu," kata Prabowo kemarin.

Dia pun menegaskan, baik Gerindra maupun NasDem akan saling menghormati putusan masing-masing partai di Pemilu 2024.

"Kita sudah sepakat kita akan menghormati keputusan politik masing-masing, kita masing-masing akan menghormati apapun keputusan politik Pak Surya dengan NasDem, sebagai sahabat apapun kita hormati keputusan politik," ungkap Prabowo.

"Mereka pun akan hormati keputusan politik kami, jadi koalisi itu bagian dari keputusan politik, jalan yang dipilih oleh masing-masing," sambung dia.

Hal senada juga disampaikan oleh Surya Paloh, dia sepakat untuk menjaga agar stabilitas pada Pemilu 2024 tetap terjaga. Serta menjaga keamanan dan kerukunan, agar pesta demokrasi yang akan datang tak seperti Pemilu sebelumnya.

"Belajar dari pengalaman masa lalu banyak kesedihan, banyak kepahitan yang kita petik nah semakin bisa kita mengambil referensi pengalaman yang kita persiapkan sedemikian rupa untuk menghadapi pemilu 2024 kami menjadi garda terdepan untuk menjaga suasana pemilu yang lebih stabil yang lebih tenang," kata Paloh.

Surya Paloh menegaskan, bahwa Prabowo telah menerima dan menyepakati pilihan dari masing-masing partai politik pada Pemilu 2024.

Hal itu, menjadi semangat agar jalannya Pemilu di 2024 dapat terjaga dengan baik.

"Mas Bowo menyatakan pilihan boleh berbeda, tapi spirit kebersamaan menempatkan kepentingan masyarakat diatas kepentingan daripada kedua partai ini. Dan semangat ini membantu kita semuanya agar kita menghadapinya dengan tenang, kami ingin membawa suasana yang lebih sejuk, suasana persahabatan, suasana yang membangun kegembiraan dan kebahagiaan," ujarnya.

"Kami berjanji mudah-mudahan kami terjauhkan dari saling menyalahkan apalagi memfitnah mengadudomda satu sama lain kami mau berdamai dengan kondisi keadaan apapun untuk membangun indonesia yang kita cintai," imbuh Paloh.


Janjikan Pemilu Kondusif

Pertemuan kurang lebih dua jam antara Prabowo dan Paloh itu sepakat untuk menjaga dinamika politik yang terus meningkat, sehingga diharapkan kondisi politik di Indonesia dapat tetap stabil dan kondusif.

"Kita sepakat situasi negara dalam keadaan damai, rukun dan bersatu," ujar Prabowo saat konferensi pers di Hambalang Bogor.

Dia juga mengajak semua pihak untuk tidak takut berlebihan terhadap oposisi. Menurutnya, persaingan dalam kontestasi politik itu sangat diperlukan di setiap negara berdemokrasi.

"Jadi pemilu mendatang kita lakukan gerakan pemilu yang damai, konstruktif, dan pemilu lebih berkualitas serta jujur dan adil," kata Menteri Pertahanan itu.

Prabowo menambahkan komunikasi politik yang lebih intensif seperti sekarang ini menjadi poin penting dalam menjaga kondusifitas menjelang Pemilu 2024.

"Pak Surya jauh-jauh dari Jakarta artinya kan ada niat, bukan basa-basi. Kira-kira begitu," ucapnya.

Sementara itu, Surya Paloh mengaku dalam pertemuan ini keduanya saling bertukar pikiran membahas perkembangan politik saat ini.

"Untuk apa? Bukan hanya memberikan benefit buat kami berdua, atau buat partai politik, tapi ada kepentingan yang lebih besar," kata dia.

Kepentingan yang dimaksud yakni menjaga semangat kebangsaan, meningkatkan rasa nasionalisme dan membangun kesadaran publik untuk saling menghargai perbedaan serta membangun kedewasaan dalam berpolitik.

"Tidak kalah pentingnya hubungan komunikasi kami perankan untuk memberikan kontribusi pikiran-pikiran kami berdua kepada masyarakat," kata Paloh.

Menurut Paloh, ia dan Prabowo menyadari hubungan pertemanan sudah terjalin puluhan tahun dan harus terus dijaga dengan baik.

"Jadi (pertemuan ini) bukan hanya karena dihadapkan pada situasi menghadapi pemilu, tapi sesudah pemilu ada kewajiban kami bersama untuk memerankan misi yang besar ini," kata dia.

Karena itu, Surya sepakat bahwa pemilu yang akan datang harus menciptakan pesta demokrasi yang damai dan tenang. Dia berharap, hal ini juga diikuti oleh elemen masyarakat hingga penyelenggara pemilu.

"Belajar dari pengalaman masa lalu, banyak kesedihan, banyak kepahitan yang harus kita petik. Karena itu menghadapi pemilu 2024, kami bertekad menjadi garda terdepan untuk menjaga suasana pemilu yang lebih stabil," pungkasnya.


Demokrat dan PKS yakin Tak Akan Ganggu Soliditas Koalisi

Sementara Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar AlHabsyi mengaku partainya tak mempermasalahkan pertemuan Prabowo dan Surya Paloh.

"Tak ada yang salah dengan silaturahmi antara Pak Surya Paloh dan Pak Prabowo. Malah politik silaturahim ini perlu terus kita kembangkan, komunikasi antar anak bangsa itu sangat diperlukan," kata Aboe.

Aboe menyebut silaturahmi antar parpol tak boleh dihalangi. Ia menilai, pertemuan antara dua negarawan pasti demi kebaikan bangsa.

"Beliau berdua ini negarawan, PKS meyakini apa yang dibicarakan Pak Surya Paloh dan Pak Prabowo pastilah demi kebaikan bangsa dan negara," ujar dia.

Ketua Bidang Politik Hukum dan HAM (Polhukam) DPP PKS Almuzammil Yusuf menyebut pertemuan itu adalah hal yang terhormat, karena menghargai pilihan politik dan capres masing-masing.

"Merupakan pertemuan politik yang terhormat antara dua pimpinan Parpol yang saling menghormati dan menghargai pilihan politik dan capresnya masing-masing" kata Almuzammil.

Anggota Komisi I DPR RI ini menegaskan sikap Parpol sesuai Konstitusi UUD 1945 sudah menjamin hak kebebasan parpol peserta Pemilu untuk dapat mengusung dan mendukung Capresnya masing-masing.

"Kontestasi politik tidak boleh dalam situasi saling ancam dan sandera. Yakni memaksakan pilihan capresnya untuk didukung, jika tidak ikut mendukung maka diancam dengan kriminalisasi hukum" ujar Muzammil.

Dia mengingatkan, apabila ada situasi saling ancam dan sandra yang terjadi maka jelas merupakan kemunduran Demokrasi di era reformasi. Sekaligus penghianatan terhadap amanat konstitusi UUD 45 Pasal 6A ayat 2 yang berbunyi Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilihan umum sebelum pelaksanaan pemilu.

"Masyarakat kita sudah sangat dewasa dengan perbedaan pilihan dan kandidat politik, termasuk perbedaan capres. Jangan sampai kedewasaan masyarakat ini tidak diikuti oleh para elitenya. Ini lucu, dunia jadi terbalik-balik" pungkas Muzammil.

Sementara Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menilai pertemuan antara kedua ketua umun parpol itu memerkuat kolaborasi lintas koalisi.

"Koalisi Perubahan memang berupaya membangun kembali budaya kolaborasi antar-kekuatan bangsa. Meskipun berbeda pandangan dalam cara membangun bangsa ini ke depannya, berbeda pilihan koalisi dan capres, tetapi tetap jalin komunikasi dan silaturahim. Apalagi sesama parpol di parlemen," kata Herzaky.

Dia menyebut, soliditas partai-partai politik di parlemen harus diperkuat dalam menghadapi kekuatan di balik layar yang berupaya menunda pemilu. Menurutnya, baik berupaya mengubah sistem proporsional terbuka menjadi tertutup, sampai berupaya menunda pemilu.

"Kami meyakini, bakal capres dari bakal koalisi lain banyak yang petarung juga. Siap berlaga dalam kontestasi yang jujur dan adil menghadapi bacapres dari Koalisi Perubahan, Mas Anies Baswedan. Tentu mereka-mereka ini tidak akan ikut-ikut tergoda, mengembalikan negeri ini ke masa kegelapan demokrasi seperti di Orde Baru. Berupaya menunda pemilu 2024, atau pun malah mengembalikan ke pemilihan presiden melalui MPR," tegas Herzaky.

Lebih lanjut, seperti yang disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang selalu menekankan pentingnya komunikasi dan silaturahim lintas partai, lintas elemen bangsa.

"Bangsa ini sejak awal dibangun atas kebersamaan berbagai suku, agama, ras, dan golongan yang berbeda-beda. Kolaborasi antarparlemen bangsa amatlah diperlukan untuk menghadapi tantangan global yang makin hari makin kompleks," ujar Herzaky.

Dia menegaskan, ke depan silaturahim dan komunikasi seperti pertemuan lintas koalisi akan terus terjadi. Ia meyakini bahwa tindakan ini tidak akan memengaruhi soliditas Koalisi Perubahan. Herzaky menegaskan bahwa Koalisi Perubahan terus bergerak maju.

"Sudah ada piagam deklarasi. Waktu deklarasi menunggu momentum yang pas dan bagian dari strategi. Bahkan, terbilang koalisi paling progresif ini kami. Koalisi pertama yang punya bacapres, dan koalisi pertama yang menyampaikan kepada publik gagasan perubahan dan perbaikan yang akan kami perjuangkan," imbuh Herzaky.