Trik Ayah Mario Dandy Sembunyikan Harta

Kemenkeu Bongkar Trik Rafael Alun Sembunyikan Harta, Begini Caranya

Liputan6.com 2023-03-08 15:20:18
Mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo yang juga ayah Mario Dandy usai menjalani pemeriksaan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta,

Kementerian Keuangan akhir secara resmi memecat Rafael Alun Trisambodo dari jabatannya sebagai Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) wilayah Jakarta Selatan.

Hal ini dipastikan setelah Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Awan Nurmawan saat konferensi pers di Kantor Kementerian Keuangan.

Selama mengaudit Rafael, Inspektorat Jenderal membentuk tiga tim. Pertama, yaitu tim eksaminasi yang bertugas menelusuri dan mencocokkan laporan harta kekayaan.

"Dari hasil penelusuran tersebut, terdapat beberapa harta milik Rafael yang belum didukung bukti otentik kepemilikannya," ujarnya di Kementerian Keuangan, Rabu (8/3/2023).

Tim kedua yaitu bertugas menelusuri harta kekayaan yang belum dilaporkan. Dan hasilnya, terdapat usaha yang tidak dilaporkan harta kekayaannya. Kekayaan yang dimaksud ada dalam bentuk uang tunai dan bangunan.

Kemudian, Awan menyampaikan terdapat aset diatasnamakan dengan pihak terafiliasi, seperti aset Rafael atas nama sang kakak, orang tua, adik atau teman.

Tim ketiga yaitu tim investigasi dugaan fraud. Dalam hasil invesitasi tim, Rafael Alun Trisambodo terbukti tidak menunjukan integritas dan keteladanan sikap dengan tidak melaporkan harta kekayaan secara benar.

Bahkan, Rafael terbukti menjadi perantara yang menimbulkan konflik kepentingan dan terindikasi berupaya sembunyikan harta dan sumber perolehan hartanya.

"Tidak patuh dalam pelaporan pajak, gaya hidup yang tidak sesuai asas kepatutan," pungkasnya.


40 Rekening Rafael Alun Trisambodo Diblokir PPATK, Transaksi Janggal Terus Dikulik

Kepala Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustivandana, menyatakan telah memblokir puluhan rekening milik mantan pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu Rafael Alun Trisambodo, ayah Mario Dandy.

Dari puluhan rekening tersebut ditemukan transaksi janggal sebesar Rp 500 miliar lebih. Pihaknya masih akan melakukan analisis lebih lanjut terkait rekening-rekening tersebut, bahkan dia memprediksi nominal transaksi itu kemungkinan bertambah.

"Kami analisis dan koordinasi intensif dengan KPK dan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Terus berkembang (nominal transaksi janggalnya)," kata Ivan kepada Liputan6.com, Rabu (8/3/2023).

Sebelumnya, Ivan menyampaikan dari puluhan rekening tersebut, di antaranya merupakan rekening istri Rafael, Ernie Meike Torondek dan sang anak Mario Dandy Satriyo, tersangka penganiayaan David Ozora atau David Latumahina.


Harta di LHKPN

Diketahui, harta Rafael Alun tak sesuai dengan profilnya yang tertera dalam LHKPN, yakni Rp 56,1 miliar. Oleh karena itu, KPK memutuskan membuka penyelidikan untuk mencari unsur pidana yang dilakukan mantan pejabat Ditjen Pajak Kemenkeu Rafael Alun Trisambodo

Lebih lanjut, KPK telah mengklarifikasi harta Rafael Alun Trisambodo, Rabu, 1 Maret 2023 kemarin. Atas klarifikasi tersebut KPK menyebut membuka kemungkinan membawanya ke ranah pidana dengan memerintahkan Direktorat Penyelidikan mengusut asal usul harta tersebut.

Penyelidikan dilakukan untuk menemukan dugaan pidana dalam kepemilikan harta Rafael yang tak sesuai profil. Terlebih, KPK berencana akan kembali memanggil Rafael soal harta Rp 56 miliar tersebut.

69 Pegawai Pajak Dilaporkan

Mahfud MD Laporkan 69 Pegawai DJP ke Sri Mulyani, Ada Indikasi Pencucian Uang

Liputan6.com 2023-03-08 10:31:59
Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan keterangan terkait situasi Papua usai penetapan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka kasus korupsi di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (1

Pejabat pajak terus menjadi sorotan publik. Setelah Rafael Alun Trisambodo dan Eko Darmanto, kini Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melaporkan 69 pegawai Ditjen Pajak Kementeian Keuangan.

Mahfud MD memaparkan, laporan tersebut telah diserahkan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk bisa ditindaklanjuti melalui Inspektorat Jendral Kemenkeu.

"Saya kirim lagi ke Bu Sri Mulyani, ada 69 pegawai DJP yang sudah dilaporkan oleh PPATK diduga melakukan pencucian uang. Sebanyak 69 orang, dilaporkan oleh PPATK ke Menteri Keuangan pada bulan September 2019," ujar Mahfud MD di Jakarta, ditulis, Rabu (8/3/2023).

Dari hasil analisis awal, dikatakan Mahfud, 69 pegawai DJP ini dicurigai melakukan tindak pencucian uang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya transaksi yang dilakukan oleh rekening masing-masing pegawai tersebut.

"Transaksinya kecil-kecil lah, Rp 10 juta-15 juta, tetapi bisa 50 kali," ujar Mahfud MD yang juga sebagai Ketua Tim Pengendalian Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

"Nah ini kebetulan, mumpung Ibu (Sri Mulyani) lagi nangani itu, saya kasih," tegas dia.


Sri Mulyani Umumkan Nasib Rafael Alun dan Eko Darmanto Siang Ini, Dipecat Tidak Terhormat Semua?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan jajarannya akan menyampaikan Perkembangan Pemeriksaan Rafael Alun Trisambodo (RAT) pegawai Direktorat Jenderal Pajak, dan Eko Darmanto Kepala Kantor Bea Cukai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), siang ini, Rabu (8/3/2023).

Penyampaian kasus tersebut akan dilaksanakan di Kantor Kementerian Keuangan, dan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal, Direktur Jenderal Pajak, Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Inspektur Jenderal, dan Staf Khusus Bidang Komunikasi Strategis.

Diketahui, pada 24 Februari Sri Mulyani mencopot Rafael Alun Trisambodo (RAT) dari jabatannya sebagai Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jakarta Selatan, pasca anaknya Mario Dandy Satriyo (20) melakukan penganiayaan terhadap David (17) di Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, pada 23 Februari 2023, Menkeu telah menginstruksikan kepada Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan untuk melakukan pemeriksaan harta kekayaan dari saudara RAT.

Setelah dilakukan pemeriksaan, kini masyarakat dihebohkan dengan temuan transaksi mencurigakan sebesar Rp 500 miliar dari 40 rekening lebih yang diduga terkait Rafael Alun Trisambodo.

Angka tersebut jauh lebih besar dari kekayaan yang dilaporkan Rafael Alun ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mantan Kabag Umum Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Selatan II memiliki harta kekayaan mencapai Rp 56,1 miliar.


Punya Transaksi Rekening Rp 500 Miliar

Selanjutnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkap, adanya transaksi mencurigakan sebesar Rp 500 miliar dari 40 rekening lebih terkait Rafael Alun. PPTAK pun langsung mengambil tindakan tegas. Mereka memblokir rekening-rekening tersebut.

Adapun imbas mencuatnya kasus anaknya Rafael Alun Trisambodo (RAT) pegawai Direktorat Jenderal Pajak. Eko Darmanto juga dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Kantor Bea Cukai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) karena sering memposting gaya hidup mewah memamerkan sejumlah kendaraan mahal di akun media sosialnya.

Sadar Tapi Belum Bisa Mengenali Orang

Sadar dari Koma, David Latumahina Belum Bisa Mengenali Orang

Liputan6.com 2023-03-08 11:05:26
David Latumahina alias Cristalino David Ozora. (Foto: Dok. Twitter terverifikasi @@seeksixsuck)

David Latumahina akhirnya sadar setelah 3 pekan mengalami koma akibat dugaan tindak penganiayaan. Kondisi terkini David disampaikan langsung oleh Jonathan Latumahina, ayah David.

Pihak keluarga tentu sangat bersyukur dengan keadaan ini. Setiap harinya, kondisi kesehatan David Latumahina menunjukkan perkembangan yang baik.

"Semakin menunjukkan efek yang baik, karena sejak kemarin setelah melewati masa kritis, David tetap berada di ruang ICU," tutur Rustam Hatala, juru bicara keluarga David, dikutip dari YouTube Intens Investigasi (Rabu (8/3/2023).

"Tapi dia sudah bisa membuka mata, sebelumnya dia di fase emosional. Ada gerakan-gerakan emosional, tapi alhamdulillah itu juga sudah tenang," Rustam menyambung pernyataan.


Daya Ingat

Kendati demikian, daya ingat David Latumahina masih terganggu. Dia belum bisa mengenali orang-orang di sekelilingnya.

"Responsnya semakin banyak tapi memang belum bisa dikatakan sadar sepenuhnya. Karena memang walaupun sudah membuka mata, tapi juga belum bisa mengenali siapa yang ada di depan dia," papar sang juru bicara.


Gerakan Emosional

Saat terbangun, David memang sempat menunjukkan gerakan-gerakan emosional. Rustam Hatala juga mengatakan bahwa David sempat memberontak.

"Kalau menurut informasi tadi emosionalnya mungkin karena itu memori terakhir di dia, mungkin pada saat penganiayaan ya, jadi itu mungkin yang terluapkan," ujarnya.


Usut Tuntas

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran memastikan pengusutan kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo Cs akan diproses hukum secara maksimal.

"Dari awal saya terbuka mendapat masukan dari teman-teman Ansor, dari LBH Ansor, masyarakat umum, dari para pakar. Agar proses hukum kasus ini bisa maksimal," kata Fadil usai menjenguk David, di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2023).

Tak Tahu Ayahnya Dicopot dan Diperiksa KPK

Ngaku Ngefans Amien Rais Sampai Terbawa Mimpi

Viral Gibran Rakabuming Mendadak Follow Akun Amien Rais, Ngaku Ngefans Sampai Terbawa Mimpi

Liputan6.com 2023-03-08 09:48:44
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Di medsos, Gibran Rakabuming tidak mengikuti akun siapapun. Pekan ini, mendadak ia mengikuti akun seseorang. Mohon maaf, bukan akun medsos Presiden Jokowi.

Gibran Rakabuming malah mengikuti akun Twitter dan Instagram Amien Rais, yang selama ini dikenal vokal mengkritisi kinerja maupun gaya pemerintahan Joko Widodo.

"Ya memang. Instagram juga kok satu following-nya," ungkap putra sulung Jokowi, kami lansir dari video interviu di kanal YouTube Berita Surakarta, Selasa (7/3/2023).

Sejumlah spekulasi bermunculan. Banyak yang menyebut, aksi Gibran Rakabuming ini merupakan sindiran politik menjelang pesta demokrasi yang akan digelar 2024.


Mengidolakan Beliau

"Masa saya enggak boleh mengidolakan beliau? Makanya pengin ketemu. Sudah lama, he he. Baru kemarin, tiba-tiba mimpi dia. Mimpi ketemu (Pak Amin)," ia beralasan.

"(Karena beliau) seorang senior," ujar bintang film Sesuai Aplikasi. "Ya, saya menghormati (beliau) saja," jawab Gibran Rakabuming, lalu menggarisbawahi ia berhak mengidolakan siapa saja.


Jawab Isu Kepo

Spekulasi lain yang beredar di kalangan jurnalis, sang Wali Kota Solo sengaja mengikuti akun medsos Amien Rais karena kepo alias mau tahu gerak-geriknya di jagat maya.

"(Ngepoin Pak Amien?) enggak juga," cetusnya seraya menyebut Amien Rais sosok yang baik. Terkait hubungan Amien Rais dengan keluarga Jokowi, ia enggan berkomentar.


Enggak Seru!

Gibran Rakabuming mempersilakan masyarakat menilai. Pertanyaan yang kemudian muncul, mengapa ayah Jan Ethes hingga saat ini ogah mem-follow akun Presiden Jokowi?

"Enggak, enggak seru (mengikuti akun Instagram atau Twitter Pak Jokowi)," tutup Gibran Rakabuming. Saat artikel ini disusun belum ada tanggapan resmi dari pihak Amien Rais.

Crazy Rich Surabaya Ditangkap

Crazy Rich Surabaya Ditangkap Atas Dugaan Investasi Bodong, Begini Kronologinya

Liputan6.com 2023-03-08 00:21:01
Ilustrasi layanan trading online. Dok: Olymp Trade

Polres Malang Kota melakukan penangkapan terhadap Crazy Rich Surabaya yang juga Founder Robot Trading Auto Trade Gold (ATG), Wahyu Saptian Dyfrig alias Wahyu Kenzo. Tersangka merupakan salah satu pengelola salah satu perusahaan swasta yang sebelumnya telah dilaporkan ke Bareskrim.

Cukup lama sekali Wahyu Kenzo baru bisa ditangkap, dan terkesan kebal hukum, meski laporan kejahatan terhadap yang bersangkutan sudah lama masuk ke polisi.

Kapolresta Malang Kota Kombes Polisi Budi Hermanto membenarkan penangkapan terhadap Crazy Rich Surabaya Wahyu Saptian Dyfrig alias Wahyu Kenzo. Saat ini yang bersangkutan sudah ditahan di Mapolresta Malang Kota.

"Benar bahwa WK sudah diamankan dan ditahan di Polresta dalam perkara robot trading ATG," kata Kombes Budi Hermanto, Selasa, 7 Maret 2023.

Sementara terkait penangkapan itu, dia belum bersedia menjelaskan lebih rinci. Kapan persisnya dan dimana pelaku ditangkap.

Tapi dia memastikan bahwa penangkapan ini akan dijelaskan secara gablang pada keterangan pers yang akan digelar besok, Rabu, 8 Maret 2023. Keterangan pers akan dilakukan di Polda Jawa Timur.

"Menunggu besok (detail pengungkapan) akan di rilis Kapolda," ujarnya.

"Dimohon kehadiran rekan - rekan media dalam giat Rilis pengungkapan kasus Robat Trading Auto Trade Gold (ATG) oleh Polresta Malang. Besok Rabu, 8 Maret 2023, pukul 13.00 WIB. Tempat di gedung perscon Humas Polda Jatim," katanya lagi.

Sebelumnya, Kasus dugaan penipuan robot trading Auto Trade Gold (ATG) yang dikelola secara resmi telah dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri. Sebanyak 141 investor menjadi korban dengan kerugian mencapai Rp15 miliar lebih. Laporan ini disampaikan oleh kuasa hukum para korban.

Perwakilan kuasa hukum para korban, Adi Gunawan S.H, menyampaikan, laporan tersebut telah dicatatan berdasarkan Laporan Polisi Nomor: STTL/179/VI/2022/BARESKRIM. Menurutnya, laporan ini dilakukan setelah sebelumnya para korban melayangkan somasi langsung kepada pihak Auto Trade Gold atau ATG. Namun tidak pernah ditanggapi.

"Sebelumnya kami telah melayangkan Somasi terlebih dahulu terhadap pihak ATG yang dikelola. Tapi somasi justru tidak pernah mendapat tanggapan. Tidak ada itikad baik dari pihak ATG, kami kemudian menempuh upaya hukum, kami laporkan ke Mabes Polri Sabtu lalu," kata Adi Gunawan dalam keterangannya, Selasa 21 Juni 2022.

Dijelaskan Adi, upaya hukum dilakukan setelah dia dan timnya mendapatkan legal standing yang berupa surat kuasa khusus dari hampir seluruh korban ATG. Setelah laporan dilakukan, Langkah-langkah hukum lanjutkan akan terus dilakukan. Tentunya hingga masalah ini dapat diselesaikan melalui pengadilan, agar seluruh korban dapat menutut dan mendapatkan hak-haknya.

Adi menambahkan, bahwa dirinya saat ini banyak menangani kasus-kasus robot trading seperti Farenheit dan Millioner Prime (MP). Hal ini yang kemudian menjadi motivasi bagi korban robot trading ATG memilih dirinya sebagai kuasa atau penasehat hukumnya. Terkait hal ini, dia tentu berharap Kepolisian dapat cepat memprosesnya.

"Korban ini menghubungi hotline yang tercantum di website kami. Terkait kasus ini, kami harap Mabes Polri segera melakukan penyelidikan dan penyidikan. Sehingga para terlapor dapat cepat ditangkap," katanya.

Kasus penipuan robot trading Auto Trade Gold dan ATC juga telah lebih dulu menghebohkan Kota Lampung. Dinar Wahyu Saptian Dyfring atau biasa dikenal dengan Wahyu Kenzo, sebagai pemilik ATG di bawah naungan PT PTT, telah dilaporkan ke Polda Lampung oleh korban-korbannya.

Laporan terhadap Wahyu Kenzo yang diduga melakukan penipuan dan tindak pidana UU ITE, tertuang dalam nomor laporan LP/B/383/IV/2022/SPKT/Polda Lampung tertanggal 4 April 2022. Dinar Wahyu Saptian Dyfrig dilaporkan oleh salah satu korban berinial DHS.

"Saya membuat laporan secara resmi, melaporkan Dinar Wahyu Saptian Dyfrig atau lebih dikenal Wahyu Kenzo dalam dugaan penipuan dan penyebaran berita bohong melalui media elektronik, itu diatur dalam UU ITE Pasal 28 ayat 1," katanya di Mapolda Lampung, beberapa waktu lalu.

Wahyu Kenzo, diketahui sebagai owner Trading ATG/ATC. Menurut korban, perundingan telah dilakukan sebelumnya, sebelum masalah ini menjadi heboh. Namun, karena tidak ada tanggapan, dan korban tidak dapat melakukan penarikan atas dana yang telah mereka investasikan, akhirnya pelaporan dilakukan ke Polda Lampung.

DHS adalah warga Bandar Lampung yang telah bergabung sebagai member ATG/ATC sejak 8 Januari 2022. Dia telah mendepositkan dananya sebesar Rp200 juta.

Saat itu, DHS dijanjikan bisa menarik uang deposit itu kapan saja. Lalu pada 3 Februari 2022, member sudah tidak bisa melakukan penarikan (withdraw) dana dengan alasan maintainance atau pemulihan sistem, kemudian dijanjikan pada 18 Maret 2022 maintainance sudah selesai dan investor bebas melakukan penarikan.

"Namun sampai akhir bulan Maret 2022 website pantheratrade.tech sebagai aplikasi ATG/ATC sudah tidak bisa diakses. Bahkan account's untuk digunakan sebagai user ID dari pihak manajemen sudah tidak bisa diakses lagi," katanya.

Sebelumnya, ribuan member Trading Auto Trade Gold (ATG) dan Auto Trade Crypto (ATC) dibawah naungan perusahaan PT PTT diduga menjadi korban investasi bodong. Mereka membentuk grup korban ATG di media sosial Telegram dengan anggota mencapai 3.365 orang.

Dipenjara 38 Tahun, Ternyata Tak Bersalah

Sudah Dipenjara Selama 38 Tahun, Ujung-ujungnya Pria Ini Dinyatakan Tidak Bersalah

Liputan6.com 2023-03-07 20:10:41
Maurice Hastings, yang mendapat tepuk tangan saat tampil di pengadilan di Los Angeles, di mana seorang hakim secara resmi memutuskan dia tidak bersalah secara faktual pada 1 Maret 2023. (Sumb

Maurice Hastings, seorang pria yang dihukum secara salah atas perampokan, pembunuhan, dan penyerangan seksual tahun 1983, telah dinyatakan tidak bersalah oleh hakim California.

Dilansir Liputan6.com dari CNN, Senin (6/3/23) Berdasarkan rilis berita dari California State University Los Angeles, Hakim Pengadilan Tinggi Los Angeles County, William C. Ryan, secara resmi menyatakan Hastings secara faktual tidak bersalah dan membebaskan penangkapan dan penuntutan dari catatan kriminalnya pada sidang.

Dia telah menjalani hukuman seumur hidup atas kejahatan tersebut, walaupun pada saat itu para saksi mendukung alibinya selama kejadian pembunuhan dan tidak ada bukti fisik yang menghubungkannya dengan tempat kejadian, menurut rilis berita dari Los Angeles Innocence Project.

Selama persidangan, Wakil Jaksa Wilayah Martha Carrillo, mengeluarkan "permintaan maaf yang telah lama tertunda" kepada Hastings atas nama Kantor Kejaksaan Wilayah Los Angeles.

"Saya minta maaf, sangat menyesal, atas ketidakadilan yang besar, yang dilakukan oleh kantor saya dan sistem peradilan pidana terhadap Anda. Ada banyak yang bisa dipelajari dari itu," katanya.

"Ego kami direndahkan dengan pelajaran itu dan kami akan mengingatnya. Saya tahu bahwa permintaan maaf saja tidak cukup selama 38 tahun penjara, saya menyadarinya, dan saya merasa diturunkan ego nya."

Carrillo juga meminta maaf karena tidak melanjutkan permintaan Hastings sebelumnya untuk melakukan tes DNA atas barang bukti.

"Ini sangat berarti. Saya berterima kasih atas putusan hakim, dan permintaan maaf indah dari semuanya hari ini," kata Hastings saat konferensi pers setelah putusan. "Saya siap untuk melanjutkan hidup saya. Saya bahagia sekarang."


Cerita Kasus Terdakwa Maurice Hastings

Korban dalam kasus tersebut, Roberta Wydermyer, dilecehkan secara seksual dan dibunuh dengan satu tembakan di bagian kepala. Mayatnya ditemukan di bagasi di kota Inglewood, dekat Los Angeles.

Hastings didakwa dengan pembunuhan dalam keadaan khusus, dan kantor kejaksaan menuntut hukuman mati, tetapi juri menemui jalan buntu. Akhirnya juri kedua memvonisnya dan dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada tahun 1988 tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat.

Hastings mengaku bahwa "keputusasaan" telah muncul saat dia menghadapi kemungkinan hukuman penjara seumur hidup atas kejahatan yang tidak dilakukannya.

Baru setelah Hastings bekerja sama dengan tim Los Angeles Innocence Project, dia menemukan harapan untuk dibebaskan dari penjara. Fokus mereka yang intens pada kasusnya, membuat Hastings dibebaskan dari tuduhan pembunuhan pada Oktober 2022.

Pengacara staf Los Angeles Innocence Project, Eliza Haney, percaya bahwa kasus Hastings adalah contoh utama tentang bagaimana sistem hukum Amerika masih perlu diubah.

"Kita tidak dapat mempercayai sistem hukum yang memungkinkan orang tidak bersalah duduk di penjara selama 40 tahun," kata Haney. "Ini adalah bukti tak terbantahkan bahwa orang yang tidak bersalah dapat terjebak dalam sistem ini, bahwa sistem ini cacat, dan membutuhkan perubahan dan akuntabilitas."

Untuk itu, Haney berkata, "Kami sangat senang atas pembebasan Pak Hastings, tetapi kami tidak beristirahat. Pekerjaan belum selesai."


Bagaimana Tim Hukum Los Angeles Innocence Project Melakukannya?

Pada saat otopsi korban, petugas koroner melakukan pemeriksaan kekerasan seksual dan terdapat air mani yang terdeteksi dalam swab oral.

Pada tahun 2000, Hastings sempat menulis kepada Kantor Kejaksaan Wilayah Los Angeles meminta mereka untuk menguji DNA barang bukti, yang menurutnya akan "secara meyakinkan menunjukkan bahwa saya bukanlah orang yang terlibat dengan almarhum pada saat kejahatan terjadi."

Namun saat itu, kantor kejaksaan menolak permintaan tersebut.

Kemudian Hastings mengajukan klaim tidak bersalah kepada Unit Integritas Keyakinan DA pada tahun 2021.

Selama bertahun-tahun pertarungan hukum dan litigasi bolak-balik, Tim Los Angeles Innocence Project, yang dipimpin oleh Paula Mitchell, akhirnya memperoleh dan menguji secara independen sampel air mani dari tubuh korban pembunuhan Wydermyer pada Juni 2022.

Hasil dari tes DNA tersebut secara meyakinkan mengesampingkan Hastings sebagai pelaku dan malah menunjuk ke Kenneth Packnett, yang meninggal pada tahun 2020 saat menjalani hukuman penjara karena penculikan dan pemerkosaan.

Hastings yang saat ini berusia 69 tahun akhirnya dibebaskan dari penjara pada bulan Oktober setelah DNA dari serangan tahun 1983 itu mengidentifikasi tersangka lain.


Tanggapan Hastings Terhadap Kesalahan Sistem Hukum

Jaksa Wilayah, George Gascn, memuji Hastings atas "karakter" dan "komitmennya" untuk perjuangan keyakinan tidak bersalahnya atas kasus tersebut. Gascn mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan Hastings berkali-kali dan tidak pernah merasakan sedikit pun kemarahan atau kebencian dari nya.

"Banyak momen keputusasaan yang harus saya lewati," katanya. "Banyak pengadilan yang harus dilalui. Tapi itu semua sepadan sekarang."

"Sekarang saya merasa dibenarkan," tambahnya.

Dengan rekornya yang dibersihkan, Hastings ingin fokus "menikmati hidup". Sekarang dia sedang berpartisipasi dalam kamp pelatihan kewirausahaan dan melakukan penjangkauan dengan komunitas tunawisma.

"Seiring berjalannya waktu, saya akan melakukan hal lain yang memberikan kembali kepada orang-orang," katanya.

Edelweis Hancur, Petani Ranca Upas Murka

Petani Murka Lihat Edelweis Rawa Ranca Upas Hancur Gara-Gara Event Motor Trail: Tumbuh Lagi Ga? Susah!

Liputan6.com 2023-03-08 15:33:32
Tangkapan layar seorang petani Ranca Upas yang murka melihat edelweis rawa di Ranca Upas hancur gara-gara event komunitas motor trail. (Liputan6.com/ Ist)

Event motor trail di Ranca Upas disorot banyak orang. Pasalnya selain berakhir ricuh hingga ada pembakaran sepeda motor. Gelaran olahraga ekstrem itu juga merusak edelweis rawa yang ada di Ranca Upas. Video yang diunggah akun @Askrlfess di media sosial Twitter menggambarkan kekesalan petani di daerah tersebut atas kerusakan edelweis rawa Ranca Upas gara-gara event tersebut.

"Saya petani di Ranca Upas, dan khususnya buat orang perhutani yang memberikan izin lihat nih dampaknya! Ancur!" kata orang dalam video.

"Ancur ga? Lihat sama mata anda ancur gak!" katanya lagi.

"Sudah saya tanam lagi. Biar anda paham, udah saya tanam lagi saya kembangbiakan bunga rawa. Bunga ini hanya ada di dua tempat, paham gan Anda. Di Indonesia juga hanya di dua tempat, Ranca Upas dan Danau Ciarut Kamojang Garut," katanya kesal.

"Tumbuh lagi gak? Susah! Menghijaukan lokasi ini juga kapan, lama butuh waktu," katanya.

Video tersebut pun viral dan membuat sejumlah masyarakat juga turut geram karena kerusakan lingkungan yang terjadi.

Dilansir Antara, Rabu (8/3/2023), pria yang diketahui bernama Supriatna alias Uprit itu menyebut bunga itu cukup langka karena hanya ada di dua lokasi di Jawa Barat.

Dia mengaku merupakan salah satu orang yang membudidayakan bunga itu di Ranca Upas. Untuk itu, ia pun menyesalkan adanya pihak yang memberikan izin terselenggaranya acara tersebut.

Bupati Bandung Dadang Supriatna turut membagikan video yang dialami oleh warga tersebut ia pun memberikan tanggapannya.

"Tentunya, Saya sangat menyayangkan dan mengecam keras kejadian ini, Kita pemerintah Kabupaten Bandung tidak pernah mendukung dan memberikan izin terhadap kegiatan yang merusak lingkungan dan Hutan," ujarnya di Instagram pribadinya.

Dadang Supriatna juga mengatakan jika perihal logo Pemkab Bandung yang ada di Flyer Acara tersebut digunakan tanpa seizinnya. Bahkan ia juga tidak mengetahui bahwa logo tersebut digunakan dan merasa dirugikan.

"Perihal Logo Pemkab Bandung yang dicatut di Flyer Acara, Itu tanpa sepengetahuan Saya dan kita pastikan bahwa logo pemkab bandung dicatut tanpa izin, tentunya kami sangat merasa dirugikan dengan kejadian ini," tulisnya

Bupati Bandung itu juga menegaskan bahwa panitia acara dan pihak yang mendukung acara tersebut harus bertanggung jawab. Maka dari itu pihaknya juga akan menindak lanjuti insiden event trail yang turut merusak lingkungan tersebut.

"Panitia acara dan pihak-pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini harus bertanggung jawab atas kejadian ini. Kita akan tindak lanjut!" ujarnya @dadangsupriatna


Perhutani Bandung Selatan

Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas merupakan salah satu bumi perkemahan di Bandung, Jawa Barat. Terletak di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM 11, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung, dengan jarak sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung.

Memiliki luas area sekitar 215 Hektare, berada pada 1.700 meter di atas permukaan laut, dengan suhu udara sekitar 17 C - 20 C. Sekitar area, oleh hutan lindung dengan beragam flora seperti Pohon Huru, Hamirug, Jamuju, Kihujan, Kitambang, Kurai, Pasang dan Puspa. Sedangkan fauna terdiri dari beragam jenis burung, serta beberapa satwa jinak lainnya.

Kawasan ini masuk dalam Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Selatan, yang merupakan salah satu unit manajemen di wilayah Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten.

Luas kawasan hutan berdasarkan SK Menteri Pertanian RI tanggal 16 Juli 1952 No.73/Um/1952 dan ditegaskan kembali dengan SK Menteri Pertanian RI tanggal 28 Nopember 1966 No.36/Um/1966 adalah 55.476,66 Ha, dengan perincian luas kawasan hutan berdasarkan fungsinya sebagai berikut :

Bagian Hutan Gunung Jubleg : 11.549,20 Ha

Bagian Hutan Gunung Tambakruyung : 18.144,52 Ha

Bagian Hutan Gunung Tilukancana : 10.303,39 Ha

Bagian Hutan Gunung Malabar : 15.449,64 Ha

Jumlah : 55.476,66 Ha

Berdasarkan kesesuaian lahan kawasan hutan KPH Bandung Selatan termasuk dalam kelas Perusahaan Pinus. Sedangkan berdasarkan wilayah pengelolaan, dibagi menjadi 9 (Sembilan) BKPH, dengan perincian sebagai berikut:

Menangis Sebelum Tinggalkan Gedung Putih

Michelle Obama Akui Menangis Sebelum Meninggalkan Gedung Putih

Liputan6.com 2023-03-08 15:31:02
Ini ekspresi Michelle Obama setelah menerima hadiah dari Melania Trump (Twitter)

Michelle Obama mengaku hancur tidak lama setelah meninggalkan pelantikan Donald Trump pada Januari 2017.

Mantan ibu negara Amerika Serikat itu dengan jujur berbagi perasaannya saat harus keluar dari Gedung Putih setelah tinggal di sana selama delapan tahun, terlebih mengingat "rumah" itu akan dihuni oleh Donald Trump dan keluarga.

"Saya menangis selama 30 menit, terisak tak terkendali karena itulah yang kami tahan bersama selama delapan tahun," kata Michelle, merujuk pada perjalanan terakhirnya dengan pesawat kepresidenan seperti dilansir CNN, Rabu (8/3/2023).

Sharing pengalaman Michelle itu datang melalui "The Light Podcast" miliknya, yang diluncurkan pada Audible Tuesday.

"Setelah penobatan, hari itu sangat emosional karena berbagai alasan. Kami meninggalkan rumah yang telah kami tinggali selama delapan tahun, satu-satunya rumah yang benar-benar diketahui oleh anak-anak kami," cerita Michelle. "Mereka ingat Chicago tetapi mereka menghabiskan lebih banyak waktu di Gedung Putih dibanding di mana pun. Jadi, kami mengucapkan selamat tinggal kepada staf dan semua orang yang membantu membesarkan mereka."

"Ada air mata, ada emosi. Tapi kemudian duduk di panggung itu dan melihat kebalikan dari apa yang kami tampilkan di layar -- tidak ada keragaman, tidak ada warna di panggung itu, tidak ada cerminan dari rasa AS yang lebih luas," kata Michelle.


Perasaan Emosional

Dalam pernyataannya, Michelle juga mengecam penerus suaminya atas klaim kerumunan saat pelantikan.

Isu mengenai jumlah keramaian dalam pelantikan Donald Trump telah menjadi pembahasan panjang yang berlarut-larut.

Pasalnya, Donald Trump mengklaim kumpulan orang yang menghadirinya adalah yang terbesar yang pernah ada. Sementara kesaksian Michelle, bertentangan dengan klaim itu.

"Tidak banyak orang di sana. Kami melihatnya," kata Michelle, yang mengundang tawa dari penonton.

9 Tahun Hilang Tanpa Jejak