Gaya Hedon Putri Kepala Bea Cukai Makassar

Gaya Anak Andhi Pramono Kepala Bea Cukai Makassar Tenteng Tas Dior Rp68 Juta

Liputan6.com 2023-03-09 15:02:17
Beredar gaya mewah anak Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono. (dok. Twitter @PartaiSocmed/https://twitter.c

Satu lagi pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang jadi sorotan. Setelah Rafael Alun Trisambodo, Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono, juga dilirik karena nilai asetnya dianggap "tidak masuk akal" oleh warganet.

Selain video rumah mewahnya yang viral di media sosial, gaya mahal putrinya juga tidak kalah menarik perhatian. Dalam utas akun Twitter @PartaiSocmed, 7 Maret 2023, salah satu tweet-nya berbunyi, "Gaya hidup anaknya Andhi Pramono, putri Kepala Bea Cukai Makassar."

Ia menyambung, "Segitu banyak uang para pembayar pajak dikeluarkan untuk satu outfit,belum termasuk sepatunya." Bersama keterangan itu dibagikan foto outfit anak Kepala Bea Cukai Makassar yang memakai jepit rambut rilisan Versace seharga Rp2,5 juta, baju lengan panjang Balenciaga senilai Rp22 juta, dan Rp1 juta untuk celana I.AM.GIA.

"Akun IG istri dan anaknya Andhi Pramono sekarang sudah tutup karena banyak pamer-pamer harta hasil sebagai ABDI NEGARA, termasuk foto jalan-jalan ke luar negeri dengan tiket first class," sambung akun tersebut. Bersama keterangan itu, tampak foto anak Andhi menyampirkan tas rilisan Dior.

Itu merupakan seri saddle bag yang merupakan salah satu tas ikonis Dior. Bagian luar tas brandedini menampilkan jepitan magnetik 'D' dan penutup sadel dengan struktur 'CD' khas di kedua sisi pegangan. Desain tas Dior ini memberi kesan modern secara instan, menurut situs web merek.


Tas Ikonis Dior

Preview melaporkan bahwa saddle bag Dior pertama kali menghiasi runway pada 2000-an dan merepresentasi kegemaran penciptanya, John Galliano, untuk trik mode subversif. Pada 2018, desainer Maria Grazia Chiuri menerbitkan kembali tas tersebut.

Dior kemudian mengadakan blitzkrieg Instagram besar-besaran yang melibatkan tokoh mode paling populer di seluruh dunia berpose dengan seri tas tersebut. Blitz pemasaran mereka terbukti efektif dalam memunculkan intrik dan ketertarikan pada tas tersebut.

Mesin pencari mode Lyst mengatakan bahwa pencarian web untuk tas tersebut melonjak hingga seribu persen, kata Katy Lubin, direktur komunikasi situs tersebut. Di laman Dior, tas ini dideskripsikan dibuat dengan jacquard Dior Oblique berwarna biru, desain legendaris ini menampilkan tali bahu yang tipis.

Fitur itu memungkinkan tas dapat dibawa dengan tangan, dikenakan di bahu, atau dalam versi selempang. Di situs web rumah mode itu, saddle bag dibanderol Rp68 juta, namun statusnya habis terjual.


Dipanggil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu

Sementara itu, Andhi sudah dipanggil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu untuk mengklarifikasi data harta kekayaannya. Hal itu dibenarkan Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sulbagsel Nugroho Wahyu Widodo. "Iya sudah dipanggil ke pusat untuk melakukan klarifikasi," ungkap Nugroho, lapor kanal Bisnis Liputan6.com, 8 Maret 2023.

Menurut Nugroho, selama bertugas di Kota Makassar sebagai kepala Bea Cukai, Andhi memiliki kinerja yang terbilang sangat baik. Namun, ia mengaku tengah menunggu hasil pemeriksaan Andhi.

"Hasilnya ada di pusat, bukan di kanwil. Kinerja Andhi ini sangat baik," ucapnya. Sebelumnya, sebuah video di TikTok yang memperlihatkan penampakan rumah mewah di kawasan Legenda Wisata Cibubur ramai diperbincangkan warganet. Dalam video tersebut disebutkan bahwa rumah mewah bak istana itu adalah milik pegawai Kemenkeu.

Informasi ini juga diviralkan akun Twitter @PartaiSocmed yang menyampaikan bahwa Andhi kini tengah meminta bantuan dari berbagai pihak agar tidak terseret skandal. "Ini tolong dikawal ya tuips!" tulis akun tersebut, 8 Maret 2023.


Apakah Hasil Endorse?

Nugroho juga menanggapi terkait unggahan gaya hidup mewah putri Andhi Pramono. Menurutnya, pakaian mewah yang digunakannya adalah hasil endorse karena putri Andhi merupakan seorang model dan selebgram. "Anaknya memang selebgram yang dapat uang dari endorse produk," ujar Nugroho.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sempat buka suara terkait eks pejabat pajak Rafael Alun dan Pejabat Bea Cukai Eko Darmanto yang dianggap bergaya hidup hedonis. Menurut Jokowi, apa yang jadi polemik publik terhadap keduanya adalah buah kekecewaan atas pelayanan buruk sebagai aparatur sipil negara (ASN).

"Menurut saya, pantas rakyat kecewa karena pelayanannya dianggap tidak baik kemudian aparatnya perilakunya jumawa dan pamer kuasa kemudian pamer kekayaan, hedonis," kata Jokowi dalam pidato pembuka Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara Jakarta, 2 Maret 2023.

Jokowi juga mewanti-wanti bahwa apa yang terjadi di instansi pajak dan bea cukai dapat berdampak pada kementerian atau lembaga lain bila para pegawainya tidak segera ditertibkan dan didisiplinkan.

Bisnis Istri 134 Pegawai Pajak Diselidiki

KPK Bakal Selidik Bisnis Istri 134 Pegawai Pajak

Liputan6.com 2023-03-09 17:50:19
Gedung Kementerian Keuangan di Jakarta Pusat. (Dok kemenkeu.go.id)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendalami 280 perusahaan yang terafiliasi mendapatkan kucuran modal dari 134 pegawai Pajak Kementerian Keuangan. Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan mengatakan pendalaman perlu dilakukan dengan target kantor konsultan pajak.

"280 lagi diteliti mana yang perusahaan konsultan," kata Pahala di Kantor Bappenas, Jakarta Pusat, Kamis (8/3).

Namun hal ini tidak bermakna perusahaan selain kantor konsultan pajak akan dibiarkan begitu saja. KPK akan tetap melakukan pemeriksaan kepada perusahaan-perusahaan tersebut. Mengingat risiko adanya tindak pidana seperti pencucian uang masih mungkin terjadi lewat jenis perusahaan apapun

"Tatap masih (didalami), kan risiko tetap ada," kata dia.

Salah satunya ditemukan adanya perusahaan katering yang dimiliki istri pegawai pajak. Walaupun jenis perusahaannya berbeda tetapi tetap membuka luang adanya pencucian uang.

"Ini membuka peluang itu, kalau wajib pajak mau nego transfernya ke perusahaan catering aja. Nah di situ lah risikonya makin lebar," kata Pahala.

Pahala menegaskan tidak ada larangan istri pegawai pajak memiliki bisnis lain. Namun modus seperti ini mungkin terjadi karena proses pelacakannya akan semakin meluas lagi.

"Bukan boleh, enggak boleh, tapi ngapain buka peluang yang risikonya makin lebar. Makin susah carinya," ungkap dia.

Penampakan Pacar Mario Dandy Saat Ditangkap

Penampakan AG Pacar Mario Dandy Saat Ditangkap dan Dimasukkan dalam Mobil, Wajahnya Ditutupi Hoodie

Liputan6.com 2023-03-09 15:01:42
AG kekasih Mario Dandy pelaku penganiayaan. (Doc: Instagram.com/@__broden)

Setelah menjalani pemeriksaan selama enam jam, akhirnya AG kekasih Mario Dandy sebagai anak yang berkonflik dengan hukum ditahan. Keluar dari Gedung Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA), Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AG kekasih Mario Dandy dikawal ketat.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram gosip @mak_lamis, Kamis (9/3/2023), terlihat penampakan AG kekasih Mario Dandy dikawal oleh dua wanita berhijab. AG kekasih Mario Dandy sendiri tampak mengenakan jaket hoodie saat masuk ke mobil.

Namun, sayangnya wajah AG kekasih Mario Dandy tak terlihat lantaran topi jaket tersebut dipakai hingga menutupi bagian mukanya.

Pada Rabu (8/3/2023), menjadi awal AG kekasih Mario Dandy diperiksa untuk pertama kalinya setelah berstatus anak yang berkonflik dengan hukum.


Polda Metro Jaya Menjamin Kenyamanan AG Kekasih Mario Dandy

Kombes Hengki Haryadi, Dirrreskrimum Polda Metro Jaya menyebutkan alasan menahan AG kekasih Mario Dandy, seperti dilansir kanal YouTube KompasTV, Kamis (8/3/2023).

"Polda Metro Jaya telah melaksanakan pemeriksaan terhadap anak yang berkonflik dengan hukum ataupun pelaku atas nama AG. Kami telah melaksanakan pemeriksaan dalam waktu kurang lebih enam jam, namun kita dengan pertimbangan kenyamanan artinya kita juga harus menjamin terpenuhinya hak-hak anak sebagaimana diatur dalam sistem peradilan anak," ungkapnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Hasil Pemeriksaan AG Kekasih Mario Dandy

Hengki juga membeberkan hasil dari pemeriksaan AG kekasih Mario Dandy selama enam jam, dengan mempertimbangkan kenyamanan terhadap anak diputuskan melakukan penangkapan dan penahanan.

"Tentunya penahanan ini juga kita berdasarkan Undang-Undang sistem peradilan anak. Nanti kita akan melaksanakan penahanan di Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial selama kurun waktu tujuh hari. Dan bila nanti tidak cukup, akan bisa diperpanjang lagi delapan hari oleh pihak kejaksaan," sambungnya.


AG Kekasih Mario Dandy Akan Jalani Rekontruksi

Pada Jumat (10/3/2023), Polda Metro Jaya akan melakukan rekonstruksi peristiwa penganiayaan David Ozora, yang diduga dilakukan oleh Mario Dandy dan termasuk sang kekasih.

"Jadi kita akan melaksanakan rekontruksi yang dihadiri oleh pihak kejaksaan, dan kita lihat dari gabungan beberapa alat bukti, keterangan saksi, keterangan tersangka, penyesuaian di antaranya untuk penemuan daripada unsur pasal yang kita sudah sampaikan sebelumnya," paparnya.

460 Pegawai Pajak Terlibat Transaksi Mencurigakan

Mahfud Md: Transaksi Mencurigakan Rp300 Triliun Libatkan 460 Pegawai Pajak

Liputan6.com 2023-03-09 12:04:53
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sekaligus Ketua Dewan Pengarah Satgas BLBI Mahfud MD saat konferensi pers.

Menko Polhukam Mahfud Md mengungkap adanya transaksi mencurigakan di kalangan pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang nilainya mencapai Rp300 triliun. Menurut Mahfud, transaksi mencurigakan tersebut melibatkan 460 orang.

Mahfud mengatakan, transaksi mencurigakan tersebut sudah terjadi sejak 2009. Namun tak ada tindak lanjut dari Kemenkeu.

"Itu tahun 2009 sampai 2023, ada 160 laporan lebih, itu tidak kemajuan informasi. Sudah diakumulasi semua melibatkan 460 orang lebih di kementerian itu. Yang akumulasi terhadap transaksi yang mencurigakan itu bergerak di sekitar Rp300 triliun. Tapi, sejak tahun 2009," ujar Mahfud dalam keterangannya, Kamis (9/3/2023).

Mahfud menyayangkan transaksi mencurigakan tersebut tak ditindaklanjuti langsung oleh pihak Kemenkeu. Padahal, Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) sudah menyampaikan adanya kejanggalan transaksi itu sejak 2009.

"Sejak 2009, karena laporan tidak diupdate tidak diberi informasi, respons. Kadang kala respons itu muncul sesudah menjadi kasus. Kayak yang Rafael, Rafael itu kasus sudah dibuka, lho ini sudah dilaporkan dulu kok didiemin, baru sekarang," kata Mahfud.


Apresiasi Sri Mulyani

Meski demikian, Mahfud mengapreasiasi gerak cepat Menkeu Sri Mulyani dalam menghadapi polemik ini. Sri Mulyani bahkan langsung memecat Rafael Alun Trisambodo.

"Menurut saya, saya sangat hormat dan salut pada Bu Sri Mulyani yang begitu hebat itu, untuk membersihkan itu, sudah lama, mengambil tindakan cepat, tapi menumpuk sebanyak itu, karena bukan Sri Mulyani itu, ganti menteri sudah empat kali sejak 2009, enggak bergerak dan keirjenan baru memberi laporan kalau dipanggil kali," kata Mahfud.

Kepala Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana membenarkan pernyataan Menko Polhukam Mahfud Md soal adanya transaksi janggal para pejabat di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang mencapai Rp 300 triliun.

Ivan menyebut laporan hasil analisis terkait sudah dia sampaikan ke pihak Kemenkeu sejak 2009.

"Sudah kami serahkan ke Kemenkeu sejak 2009 sampai 2023," ujar Ivan.

Profil Crazy Rich Surabaya

Profil Wahyu Kenzo, Crazy Surabaya Tersangka Kasus Robot Trading ATG yang Sebabkan Kerugian Korban Rp 9 Triliun

Liputan6.com 2023-03-09 17:12:14
Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo (Foto: Tangkapan layar Instagram @wahyukenzo88)

Nama Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo menjadi sorotan. Polisi menangkap Crazy Rich Surabaya ini terkait kasus robot trading Auto Trade Gold (ATG) yang rugikan sekitar 25 ribu orang dengan nilai kerugian sekitar Rp 9 triliun.

Ia pun ditahan di Mapolresta Malang Kota. Dikutip dari Antara, ditulis Kamis (9/3/2023), Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto menuturkan, dari hasil keterangan sementara, kerugian korban diprediksi mencapai hampir Rp 9 triliun. "Dengan perkiraan jumlah korban kurang lebih 25 ribu orang," ujar Toni.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto menuturkan, kasus tersebut bermula saat salah satu anggota robot trading berinisial MY melaporkan Wahyu Kenzo kepada Polresta Malang beberapa bulan lalu.

Wahyu Kenzo yang mendirikan bisnis robot trading meminta RE untuk datang menemui korban agar mempresentasikan terkait robot trading dengan memakai bendera Auto Trade Gold (ATG) pada Juli 2021.

Selanjutnya MY bergabung pada November tahun yang sama dengan membeli robot lebih dari Rp 42 juta dan deposit lebih dari Rp 1miliar.

Korban awalnya menerima keuntungan seperti yang dijanjikan Wahyu Kenzo. Pada Januari 2022, MY transfer kembali sebesar lebih dari Rp 4 miliar. Kecurigaan muncul saat korban hendak menarik dana USD 25.000 tetapi gagal. Ditarik USD 2.000 juga gagal. Penarikan lebih kecil dari itu juga masih pending. Selanjutnya MY melapor ke polisi.

Sebelumnya, kasus dugaan penipuan robot trading (ATG) yang dikelola resmi telah dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri. Sebanyak 141 investor menjadi kroban dengan kerugian lebih Rp 15 miliar. Laporan tersebut disampaikan kuasa hukum korban.

Perwakilan Kuasa Hukum Para Korban, Adi Gunawan menuturkan, laporan itu telah dicatat berdasarkan Laporan Polisi Nomor: STTL/179/VI/2022/BARESKRIM. Dia menilai, laporan ini dilakukan setelah sebelumnya para korban melayangkan somasi langsung kepada pihak Auto Trade Gold atau ATG. Namun tidak pernah ditanggapi.

"Sebelumnya kami telah melayangkan Somasi terlebih dahulu terhadap pihak ATG yang dikelola. Tapi somasi justru tidak pernah mendapat tanggapan. Tidak ada itikad baik dari pihak ATG, kami kemudian menempuh upaya hukum, kami laporkan ke Mabes Polri Sabtu lalu," ujar Adi Gunawan dalam keterangannya, Selasa 21 Juni 2022 seperti dikutip dari Kanal Surabaya Liputan6.com.

Lalu siapa Wahyu Kenzo yang menjadi tersangka kasus robot trading?

Wahyu Kenzo memiliki nama asli Dinar Wahyu Saptian. Mengutip dari akun Instagram resminya @wahyukenzo88, Wahyu Kenzo menjabat sebagai CEO pansaka_id.

Dalam akun Instagram tersebut, Wahyu juga menyebutkan kalau dirinya penyuka olahraga, mobil olahraga. Bahkan ia menyebutkan kalau dirinya sebagai spesialis kripto dan foreign exchange.


Kerugian Korban Robot Trading Crazy Rich Surabaya Wahyu Kenzo Capai Rp 9 Triliun

Sebelumnya, Kapolda Jatim Inspektur Jenderal Polisi Tono Harmanto membenarkan, jajarannya di Polres Malang menangkap Ccrazy rich Surabaya Wahyu Kenzo terkait dugaan kasus investasi robot trading yang nilai mencapai Rp 9 triliun.

"Dari hasil keterangan proses penyidikan sementara, diperkirakan kerugian korban mencapai hampir Rp 9 triliun, dengan perkiraan jumlah korban kurang lebih 25 ribu orang," ujar Irjen Tono di Mapolda Jatim, Rabu (8/3/2023).

Kepala Kepolisian Resor Malang Kota Komisaris Besar Polisi Budi Hemanto menambahkan, kasus ini bermula ketika salah satu anggota robot trading berinisial MY melaporkan Wahyu Kenzo ke Polresta Malang beberapa bulan lalu.

"Yang bersangkutan mendirikan bisnis robot trading meminta RE untuk datang menemui korban agar mempresentasikan soal robot trading dengan bendera Auto Trade Gold (ATG) pada Juli 2021 lalu," ucapnya.

Kemudian, lanjut Kombes Budi, MY kemudian bergabung pada November tahun yang sama dengan membeli robot sebesar lebih dari Rp 42 juta dan deposit lebih dari Rp 1 miliar.

"Awalnya, korban menerima keuntungan seperti dijanjikan Wahyu Kenzo. Karena itu, pada Januari 2022, MY mentransfer kembali sebesar lebih dari Rp 4 miliar," ujarnya.


Penarikan USD 25.000 Gagal

Kecurigaan muncul ketika korban hendak melakukan penarikan sebesar USD25.000 namun gagal. Ditarik USD2.000 pun juga gagal. Bahkan, penarikan lebih kecil dari itu pun juga masih pending. Hingga kemudian MY melapor ke polisi.

Budi menuturkan, pihaknya melakukan penyelidikan setelah menerima laporan dari korban. Wahyu Kenzo dipanggil dua kali dalam statusnya sebagai saksi tapi mengabaikan.

Hingga akhirnya polisi melakukan penjemputan paksa terhadap Wahyu Kenzo di Surabaya pada Sabtu, 4 Maret 2023 lalu. "Dan setelah dilakukan gelar perkara pada 5 Maret 2023, kami menetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka," ucap Budi.


Ditahan di Mapolresta Malang

Polisi menangkap Crazy Rich Surabaya Wahyu Saptian Dyfrig alias Wahyu Kenzo terkait kasus perkara robot trading Auto Trade Gold (ATG. Saat ini yang bersangkutan ditahan di Mapolresta Malang Kota.

"Sudah diamankan dan ditahan di Polresta dalam perkara robot trading ATG," kata Kapolresta Malang Kota Kombes Polisi Budi Hermanto, Selasa, 7 Maret 2023.

Budi belum bersedia menjelaskan lebih rinci. Kapan persisnya dan di mana pelaku ditangkap. Dia memastikan bahwa penangkapan ini akan dijelaskan secara gablang pada keterangan pers yang akan digelar besok, Rabu, 8 Maret 2023.

"Menunggu besok (detail pengungkapan) akan di rilis Kapolda," ujarnya.

Investasi Warung di Pinggir Jalan

Raffi Ahmad Berinvestasi Ke Warung di Pinggir Jalan, Belikan Ruko Besar yang Sudah Mulai Tahap Renovasi

Liputan6.com 2023-03-09 09:00:00
Raffi Ahmad Berinvestasi Ke Warung di Pinggir Jalan, Belikan Ruko Besar yang Sudah Mulai Tahap Renovasi. (Instagram: @raffinagita1717)

Raffi Ahmad adalah salah satu selebritis Tanah Air yang dikenal baik karena kerap membantu kerabat dekatnya, bahkan masyarakat yang ia baru temui. Salah satu contohnya adalah bantuan dana yang ia berikan untuk pengobatan Indra Bekti beberapa waktu lalu.

Akhir bulan Februari lalu (25/02/2023), bahkan Raffi Ahmad mem-posting sebuah video di Instagramnya yang menceritakan bahwa ia baru saja ber-investasi kepada seorang pedagang kaki lima ketika tak sengaja sedang makan malam dengan temannya, Aan Story.

"Hari ini secara mendadak karena gw diajak karena diajak sama si Aan tiba-tiba makan di kaki lima, ini ternyata kenalannya si Aan. Ini makanannya enak banget, namanya "Rojo Sambel" di Kalibata. Gw invest ini kaki lama, gue mau gedein, komit. Kita invest supaya lu top, pokoknya komit ya, berkembang...gw siap support," tuturnya.

Dalam video tersebut pun terlihat bahwa Aa Raffi, Aan Story, dan Putra sang pemilik bisnis memegang sebuah kertas kontrak atau investasi yang hanya ditulis tangan dengan bertanda tangan kedua pihak di atas materai. Hal ini menunjukkan besarnya komitmen Raffi untuk mengembangkan Rojo Sambel. Tak tanggung-tanggung, ia bahkan telah membeli sebuah ruko besar untuk salah satu cabang baru.


Langsung Laris Manis

UMKM yang bernama "Rojo Sambel" itu menjual berbagai makanan khas Indonesia seperti Ayam Asap dan Bebek Asap dengan pilihan sambal yang beragam. Sejak videonya diunggah Raffi Ahmad, warung tersebut pun tidak henti-henti dipenuhi pelanggan yang penasaran dengan seberapa enaknya makanan yang Raffi Ahmad sukai itu.

Bahkan hingga malam hari, masih banyak orang yang rela mengantre untuk mencicipi menu makanan Rojo Sambel. Beberapa stasiun TV pun berlomba-lomba meliput ke daerah Kalibata mendokumentasikan padatnya warung kaki lima itu setiap harinya.


Mulai Renovasi Ruko

Ayah dari Rafathar dan Rayyanza ini pun memberikan informasi terbaru terkait pengembangan UMKM Rojo Sambel melalui postingan Instagram terbarunya, Selasa (7/3/2023). Dirinya menunjukkan gambar sebuah ruko kosong yang sedang dalam tahap renovasi. Tentu saja ruko besar ini akan diperuntukkan sebagai salah satu cabang baru.

"Bismillahhhhhhh Terimakasih my bro @aanstory dan @irwansyah_15 sudah dapet nih tempatnyaaa atas recomendasi loe broo !!! Top Mantap Is The Best !!!!! Yeayyyy ...tempat sudah mulai start kita renov untuk si " rojo sambel " dari pedagang kaki lima kita invest biar kita support sang foundernya Putra agar belajar menjadi pebisnis yang naik kelas perlahan tapi pasti ....," tulisnya melalui akun @raffinagita1717

Dengan dimulainya renovasi ini, ia berharap bahwa gerai-gerai cabang lainnya dapat segera dibuka secepatnya.


Dua Style dan Dua Nama

Meski punya pandangannya sendiri untuk warung Rojo Sambel ke depannya, Raffi tetap mendengarkan keinginan Putra sebagai founder bisnis tersebut. Salah satu permintaan putra adalah agar tetap mempertahankan style atau konsep kaki lima ke dalam cabang-cabang lainnya.

"tapi Putra Request dia tetap akan mempertahankan asal muasalnya dari kaki lima .... jadi kita akan menyiapkan 2 style dan 2 nama untuk bisnis ini , insyallah akan tetap "rojo sambel" yang jualan di kaki lima kalibata stekpi dan tentunya kita perbanyak warung kaki lima agar masyarakat tetap bisa menikmati ayam/bebek asap yang lezat d pinggir jalan .....dan siap" untuk yang mau tempat lifstyle yang ber-AC kekinian kita udah siapin juga tempat yang kerennya !!!! mohon doa yaaa guys ...," ketik Raffi dalam caption foto Instagramnya.

Raffi bun baru saja mengunggah sebuah gambar konsep dari tampak depan restoran Rojo Sambel yang baru memasuki tahap renovasi.

Wah benar-benar totalitas ya Raffi Ahmad dalam berusaha untuk membantu agar warung Rojo Sambel dapat melebarkan sayapnya di dunia bisnis makanan. Yuk kita doakan agar segala tahap dan perencanaannya dapat berjalan lancar sehingga kita bisa segera cicipi makanan lezat dari warung Rojo Sambel.

Jepang Terancam Musnah

Jepang Terancam Musnah Akibat Angka Kelahiran Anjlok

Liputan6.com 2023-03-09 16:02:09
Orang-orang yang memakai masker berjalan di distrik Shibuya di Tokyo (19/1/2022). Pemerintah Jepang menyetujui pembatasan virus corona baru di sebagian besar negara, termasuk ibu kota untuk m

Jepang akan musnah jika tidak dapat memperlambat penurunan angka kelahiran. Hal tersebut ditegaskan oleh penasihat Perdana Menteri Fumio Kishida.

"Jika kita terus seperti ini, negara ini akan hilang," kata Masako Mori dalam wawancara di Tokyo setelah Jepang mengumumkan pada 28 Februari jumlah bayi yang lahir tahun lalu merosot ke rekor terendah, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (9/3/2023).

"Orang-orang yang harus menjalani proses penghilangan inilah yang akan menghadapi kerugian besar. Itu penyakit mengerikan yang akan menimpa anak-anak itu."

Tahun lalu, jumlah kematian di Jepang dua kali lebih banyak daripada kelahiran. Angka kelahiran kurang dari 800 ribu, sementara angka kematian mencapai 1,58 juta.

PM Kishida berjanji untuk menggandakan jaminan bagi anak-anak dan keluarga sebagai upaya mengendalikan penurunan kelahiran, yang bahkan lebih cepat dari perkiraan.


Tidak Cukup dengan Meningkatkan Tunjangan

Populasi Jepang telah turun menjadi 124,6 juta dari puncaknya lebih dari 128 juta pada tahun 2008 dan laju penurunan itu semakin tajam. Sementara itu, proporsi orang berusia 65 tahun ke atas melonjak lebih dari 29 persen tahun lalu.

"(Penurunan) itu tidak secara bertahap, langsung turun begitu saja," tutur Mori. "Penurunan berarti anak-anak yang lahir sekarang akan terlempar ke dalam masyarakat yang terdistorsi, menyusut, dan kehilangan kemampuannya untuk berfungsi."

"Jika tidak ada yang dilakukan, sistem jaminan sosial akan runtuh, kekuatan industri dan ekonomi akan menurun, serta tidak akan ada cukup rekrutan Pasukan Bela Diri untuk melindungi negara."

Mori mengakui bahwa situasi sekarang sangat sulit mengingat penurunan juga terjadi pada jumlah wanita usia subur.

PM Kishida belum mengumumkan detail dari paket pengeluaran terbarunya, tetapi dilaporkan paket itu berada pada dimensi yang berbeda dari kebijakan sebelumnya. Sejauh ini, dia telah menyinggung soal peningkatan tunjangan anak, peningkatan penyediaan pengasuhan anak, dan perubahan gaya kerja.

Namun, para kritikus berpendapat membuang uang pada keluarga yang memiliki anak tidak cukup untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebuah makalah dari panel pemerintah tentang kesetaraan gender mengatakan, diperlukan perubahan menyeluruh yang mencakup pengurangan beban perempuan dalam membesarkan anak dan mempermudah perempuan untuk berpartisipasi dalam angkatan kerja setelah melahirkan.

Rakyat Kelaparan, Kim Jong Un Tolak Bantuan

Kelaparan di Korea Utara Diprediksi Ahli Memburuk, Kim Jong Un Terus Tolak Bantuan

Liputan6.com 2023-03-09 14:00:25
Foto yang dirilis pada 19 November 2022 ini menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berbicara sang istri istri Ri Sol Ju dan putrinya saat memeriksa rudal balistik antarbenua Hwasong-17

Kekhawatiran kekurangan pangan di Korea Utara semakin meningkat, dengan berbagai sumber mengatakan kalau kemungkinan besar ada kematian akibat kelaparan pekan ini.

Dilansir Liputan6.com dari CNN, Kamis (9/3/2023), beberapa ahli mengatakan Korea Utara telah mencapai titik terburuk sejak fenomena kelaparan tahun 1990-an yang dikenal sebagai Arduous Marchatau Maret yang Sulit. Fenomena itu menyebabkan kelaparan massal dan menewaskan ratusan ribu orang, atau diperkirakan 3-5% dari populasi yang saat itu berjumlah 20 juta orang.

"Pasokan makanan kini telah menurun di bawah jumlah yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan minimum manusia," menurut Lucas Rengifo-Keller, seorang analis riset di Peterson Institute for Ekonomi internasional.

Bahkan jika makanan didistribusikan secara merata, Rengifo Keller mengatakan bahwa "Anda akan mengalami kematian terkait kelaparan."

Pejabat Korea Selatan setuju dengan penilaian itu, dengan Seoul baru-baru ini mengumumkan bahwa kematian akibat kelaparan terjadi di beberapa daerah di negara itu. Meskipun tidak banyak bukti kuat yang dapat mendukung klaim tersebut karena isolasi negara, hanya sedikit ahli yang meragukan penilaiannya.

Bahkan sebelum pandemi COVID-19, hampir setengah dari populasi Korea Utara kekurangan gizi, berdasarkan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB.

Tiga tahun perbatasan tertutup dan isolasi hanya dapat memperburuk keadaan.

Untuk menyikapi isu ini, pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, mengadakan pertemuan Partai Buruh selama empat hari untuk membahas pembenahan sektor pertanian negara itu. Menaikkan urgensi "transformasi fundamental" dalam pertanian dan rencana ekonomi negara, dan juga kebutuhan untuk memperkuat kontrol negara terhadap pertanian.


Isolasi Menjadi Akar Masalah Kekurangan Pangan

Tetapi berbagai ahli mengatakan bahwa Pyongyang merupakan penyebab sendiri dari masalah tersebut. Selama pandemi, Pyongyang meningkatkan tingkat isolasinya, membangun barisan pagar kedua sepanjang 300 kilometer di perbatasannya dengan China dan membatasi perdagangan lintas batas di antaranya.

"Ada perintah menembak di depan mata (di perbatasan) yang diberlakukan pada Agustus 2020 ... blokade pada perjalanan dan perdagangan, termasuk perdagangan resmi yang sangat terbatas," kata Lina Yoon, seorang peneliti senior di Human Rights Watch.

Dan dalam satu tahun terakhir telah menghabiskan sumber daya yang berharga untuk melakukan sejumlah tes rudal.

Selama tahun 2022, Tiongkok secara resmi mengekspor hampir 56 juta kilogram gandum dan 53.280 kg sereal dalam bentuk biji-bijian ke Korea Utara, berdasarkan data bea cukai Tiongkok.

Kebijakan Pyongyang telah mempersulit perdagangan yang tidak resmi, yang menurut Yoon adalah "salah satu sumber utama pasar Korea Utara yang menjadi tempat orang Korea biasa berbelanja."

Bahkan kasus penyelundupan produk China ke dalam negara dan penyuapan penjaga perbatasan hampir tidak ada lagi semenjak perbatasan ditutup.

Berbagai ahli mengatakan akar masalahnya adalah pengaturan ekonomi yang kurang benar, dan keadaan akan lebih parah apabila upaya Kim dilanjutkan.

"Perbatasan Korea Utara perlu dibuka dan mereka perlu memulai kembali perdagangan dan mereka perlu membawa produk ini untuk meningkatkan pertanian dan mereka membutuhkan makanan untuk memberi makan orang-orang. Tapi saat ini mereka mengutamakan isolasi, mereka mengutamakan represi," kata Yoon.


Korea Utara Menolak untuk Dibantu

Tetapi seperti apa yang dikatakan Rengifo-Keller sebelumnya, Kim tidak ada ketertarikan untuk membiarkan perdagangan yang tidak resmi berkembang kembali, karena rezim tidak menginginkan kelas wirausaha besar yang dapat mengancam kekuatannya.

Lalu ada tes rudal yang tetap menjadi obsesi Kim, dan juga penolakannya yang terus-menerus atas tawaran bantuan dari tetangganya.

Citra kuat dalam ideologi negara Korea Utara yang komunis, membuat Kim tidak ingin menerima bantuan.

Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Park Jin, mengatakan kepada CNN dalam sebuah wawancara minggu lalu bahwa "satu-satunya cara Korea Utara dapat keluar dari masalah ini adalah kembali ke meja dialog dan menerima tawaran bantuan kami, dan membuat pilihan yang lebih baik untuk masa depan."

Kementerian Unifikasi Seoul memperjelas bahwa Pyongyang akan terus fokus pada program rudal dan nuklirnya, daripada memberi makan rakyatnya sendiri.


Biaya Rudal yang Dihabiskan Dapat Mengatasi Masalah Pangan

Bulan lalu, wakil juru bicara Kementerian Unifikasi Lee Hyo-jung mengatakan, "Menurut lembaga penelitian lokal dan internasional, jika Korea Utara menggunakan biaya rudal yang diluncurkannya tahun lalu untuk persediaan makanan, itu akan cukup untuk membeli lebih dari satu juta ton makanan, diyakini lebih dari cukup untuk menutupi kekurangan pangan tahunan Korea Utara."

Menurut Badan Pembangunan Pedesaan Seoul, produksi pangan Korea Utara tahun lalu itu 4% lebih rendah dari tahun sebelumnya, akibat banjir dan cuaca buruk.

Rengifo-Keller khawatir puncak dari efek ini ditambah dengan "pendekatan rezim yang salah terhadap kebijakan ekonomi" dapat berdampak buruk pada populasi yang saat ini sudah menderita.

"Ini adalah populasi yang kekurangan gizi kronis selama beberapa dekade, tingkat stunting yang tinggi menunjukkan situasi yang terus memburuk, jadi tidak sulit untuk mendorong negara menuju isu kelaparan."

Suami Ria Ricis Menang Balap Mobil

Teuku Ryan Suami Ria Ricis Sabet Juara 2 Balap Mobil di Sirkuit Sentul, Ngaku Latihan Cuma 2 Kali

Liputan6.com 2023-03-09 15:30:00
Mengenakan pakaian berkendara berwarna biru, Teuku Ryan terlihat keren. Kegantengannya meningkat seketika tak sengaja dijepret saat sedang fokus dalam pertandingan balap mobil drift di kawasa

Teuku Ryan, suami dari Ria Ricis memamerkan keahliannya sebagai seorang pebalap mobil. Setelah lama berkancah di dunia drag race, akhirnya untuk pertama kalinya pria yang menikahi Ria Ricis pada 12 November 2021 ini mengikuti balapan di sirkuit.

Hebatnya, pada balapan mobil debutnya di sirkuit itu, Teuku Ryan langsung menyabet posisi tiga besar, tepatnya berada di tempat kedua. Ajang yang diikuti oleh Teuku Ryan ini adalah Indonesia Sentul Series of Motorsport 2023 (ISSOM 2023) yang digelar di Sentul International Circuit, Bogor pada 5 Maret 2023.

Meraih posisi kedua di kelas BMWCCi sepanjang 10 putaran hingga berhasil mencapai waktu 30 menit, Teuku Ryan pun mengungkapkan kegembiraannya melalui media sosial. Tak hanya rasa syukur, Ryan juga menyebut andil besar keluarga hingga bisa meraih piala dalam ajang balap mobil ini.

Diselingi ucapan syukur, Teuku Ryan menyatakan bahwa doa dari sang istri, Ria Ricis, serta anaknya yang menjadi penyemangat, memberi pengaruh yang sangat besar atas prestasi barunya di dunia balap mobil ini.


Ungkapan Bahagia Teuku Ryan Sambil Ungkap Dukungan Ria Ricis

Melalui akun Instagram @teukuryantr, akhir pekan lalu, Teuku Ryan memamerkan potret-potret berisi dirinya berdiri di atas podium juara dua sambil membawa piala. Terdapat juga posenya dengan juara 1 dan juara 2.

"Yeyy Podium 2. Ini karena doa istri dan Anak Gapapa ya juara 2 di balapan. Yang penting juara 1 di hati @riaricis1795 ," tulis Teuku Ryan menyolek sang istri.


Pengakuan Teuku Ryan Baru Dua Kali Latihan Jelang Balapan di Sirkuit

Sebelumnya, dalam sebuah keterangan video, Teuku Ryan sempat mengungkapkan bahwa ia hanya dua kali latihan menjelang balapan mobil di sirkuit.

"Cuma 2 hari latihan balap touring langsung ikt event bole kali ya? Ga mengharap gimana2...," tulis Teuku Ryan dalam sebuah unggahan video.


Teuku Ryan Singgung Soal Juara Sebelum Berlaga

Lalu di unggahan setelahnya, Ryan membeberkan bahwa untuk pertama kalinya ia menjajal sirkuit Indonesia Sentul Series of Motorsport. Ia juga berkelakar sudah menjadi juara di mata istri.

"Kelar qtt dan Alhamdulillah untuk pertama banget nyobain Issom. Esok start p2 di kelas Bmwcci Juara nyenengin hati istri udah, Kalo kamu juara apa? Juara menunggu kepastian yak," tulis Teuku Ryan sambil berkelakar.

Transaksi Janggal Pegawai Kemenkeu

HEADLINE: Bau Transaksi Janggal Rp 300 Triliun Pegawai Kemenkeu, Bongkar!

Liputan6.com 2023-03-10 00:03:33
Sri Mulyani menyempatkan makan bersama dengan pegawai Kementerian Keuangan RI. Ia memilih menu nasi rames dan tempe mendoan (Dok.Instagram/@smindrawati/https://www.instagram.com/p/BvOimYoluHL

Kementerian Keuangan dilanda kabar tak sedap beberapa pekan terakhir. Bermula dari terendusnya kekayaan fantastis seorang bekas pejabat pajak, Rafael Alun Trisambodo, lalu menyeruak persoalan lain ke permukaan. Satu per satu gaya glamor anak buah Sri Mulyani disorot publik. Dandanan perlente mereka jadi buah bibir masyarakat. Harta benda harga selangit dipertontonkan di sosial media.

Teranyar, Menko Polhukam Mahfud Md mengungkap adanya transaksi mencurigakan di kalangan pejabat Kemenkeu yang nilainya mencapai Rp300 triliun. Nilai tersebut tentunya sangat fantastis dan patut diusut tuntas dan dibuat terang benderang. Transaksi mencurigakan yang menjadi sorotan itu melibatkan 460 orang di Kementerian Keuangan dan sudah terjadi sejak 2009.

Kendati sudah terendus sejak 14 tahun lalu, namun tidak ada tindak lanjut dari Kementerian Keuangan terkait transaksi mencurigakan itu.

"Itu tahun 2009 sampai 2023, ada 160 laporan lebih, itu tidak kemajuan informasi. Sudah diakumulasi semua melibatkan 460 orang lebih di kementerian itu. Yang akumulasi terhadap transaksi yang mencurigakan itu bergerak di sekitar Rp300 triliun. Tapi, sejak tahun 2009," ujar Mahfud dalam keterangannya, Kamis (9/3/2023).

Mahfud menyayangkan transaksi mencurigakan tersebut tak ditindaklanjuti langsung oleh pihak Kemenkeu. Padahal, Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) sudah menyampaikan adanya kejanggalan transaksi itu sejak 2009.

"Sejak 2009, karena laporan tidak di-update tidak diberi informasi, respons. Kadang kala respons itu muncul sesudah menjadi kasus. Kayak yang Rafael, Rafael itu kasus sudah dibuka, lho ini sudah dilaporkan dulu kok didiemin, baru sekarang," kata Mahfud.

Kepala Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana membenarkan pernyataan Menko Polhukam Mahfud Md soal adanya transaksi janggal para pejabat di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang mencapai Rp 300 triliun.

Ivan menyebut laporan hasil analisis terkait sudah dia sampaikan ke pihak Kemenkeu sejak 2009. "Sudah kami serahkan ke Kemenkeu sejak 2009 sampai 2023," ujar Ivan.

Peneliti Transparency International Indonesia (TII) Alvin Nicola mengatakan, pihak Irjen Kemenkeu harus bergerak cepat dengan didukung oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Penelusuran aliran dana itu menjadi kewajiban Irjen Kemenkeu sebagai pemeriksa internal, yang dapat didukung KPK/Kejaksaan Agung, PPATK, dan BPK/BKPK," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (9/3/2023).

Dia menegaskan, upaya yang dapat dilakukan adalah mendorong audit investigatif bersama terutama terhadap para terduga pegawai Kemenkeu.

"Masalahnya laporan kejanggalan aliran dana ini sudah sejak lama, tapi tidak ada tindak lanjut. Artinya ada problem kelembagaan dalam aspek pengawasan yang masih lemah, seperti proses data sharing belum berjalan dengan baik, dan pemantauan bersama belum berjalan sebagaimana seharusnya," ungkap Alvin.

Dia pun menyayangkan, bahwa selama ini dugaan pencucian uang tidak selalu bisa berdiri sendiri. Menurutnya, selalu ada pidana awal yang mengikutinya.

Padahal dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Pasal 69 disebutkan, "untuk dapat dilakukan penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan terhadap tindak pidana pencucian uang tidak wajib dibuktikan terlebih dahulu tindak pidana asalnya".

"Selama itu dari hasil tindak pidana asal, seperti korupsi atau tindak pidana lain yang diatur di UU TPPU. Di situ letak kelemahan instrumen kita," jelas Alvin.

Dalam upaya pemeriksaan, Irjen Kemenkeu pun bisa memecat pegawai yang diduga melakukan kesalahan, sambil ditelusuri terus dugaan pidananya.

"Idealnya, etik dan pidana harus tetap ditelusuri. Jadi dipecat bisa, tapi enggak menggugurkan penyelidikan pidananya," kata Alvin.


Jangan Sampai Jadi Pepesan Kosong

Sementara, Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum Universitas Andalas Feri Amsari mengatakan, apa yang jangan hanya sekedar wacana terlebih di tahun politik. Semua pihak harus berani mulai melakukan penyelidikan.

"Pada dasarnya tentu saja harus melalui proses penyelidikan. Apakah ini berasal dari kasus tindak pidana korupsi, tindak pidana lainnya, atau berkaitan dengan tindak pidana pencucian uang," ungkap dia kepada Liputan6.com, Kamis (9/3/2023).

Menurut dia, di tahun jelang Pemilu 2024 ini, banyak isu yang terkesan gonjang-ganjing, tapi tidak ada kejelasan berikutnya.

"Cuma saja di tengah tahun politik ini terlalu banyak gonjang-ganjing isu tanpa kemudian ada eksekusi yang jelas. Oleh karena itu perlu pula disimak siapa yang akan melakukan tindakannya," kata Feri.

Menurut dia, Jika KPK, dirinya khawatir dengan lembaga yang cenderung memperlihatkan masalah kerap diduga oleh publik bahwa langkah-langkah KPK lebih banyak langkah politisnya dibandingkan upaya penegakan hukum.

"Jadi jangan sampai isu ini dimanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan politik di masa yang akan datang atau dana ini disita akan dipergunakan untuk kepentingan-kepentingan politik menjelang tahun Pemilu. Jadi isu ini harus disikapi dengan benar agar kemudian tidak terjadi penyalahgunaan kekuasaan," pungkasnya.


KPK dan Kemenkeu Memilih Irit Bicara, Sebut Tak Tahu Laporan Mahfud Md

Dikonfirmasi secara terpisah, pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memilih irit bicara. Tak ada penjelasan apakah ini akan langsung diambil alih, atau sudah mendapatkan laporannya.

"Sejauh ini belum ada laporan dimaksud," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri. Kamis (9/3/2023).

Sementara, Inspektur Jenderal Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh, mengaku hingga saat ini belum menerima informasi tersebut. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan pengecekan lebih lanjut terkait temuan transaksi mencurigakan itu.

"Memang sampai saat ini khususnya Inspektorat Jenderal belum menerima informasinya seperti apa. Nanti akan kami cek," kata Awan Nurmawan kepada Liputan6.com, Kamis (9/3/2023).

Hal serupa juga diungkapkan Staf Ahli Menteri Keuangan Yustinus Prastowo. Yustinus menyatakan pihaknya masih enggan berkomentar banyak terkait informasi transaksi mencurigakan tersebut, karena belum menerima dengan resmi surat dari PPATK.

"Kami belum menerima suratnya, jadi belum bisa berkomentar," ujar Prastowo.

Kendati demikian, Yustinus menegaskan Kementerian Keuangan tetap berkomitmen untuk mendukung semua proses penyelesaian kasus tersebut, dan memastikan akan menindaklanjuti lebih dalam serta menyampaikan kepada publik terkait hasilnya nanti.

"Komitmen kemenkeu kita ada pada sisi yang sama. Jadi, komitmen yang tidak perlu diragukan karena tadi regulasi sistem bekerja, kami pastikan semua akan ditindaklanjuti dengan baik, dan kami akan transparan kepada anda

"Dan waktunya ketika ada perkembangan tentu kami akan juga punya tanggung jawab moral untuk menyampaikan kepada publik," ujarnya.


DPR Minta Kemenkeu Selidiki, Berencana Akan Panggil Sri Mulyani

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni, mengaku terkejut dengan pernyataan Mhafud. Ia menyebut apabila transaksi tersebut benar maka hal itu sudah kelewat batas.

"Saya agak kaget juga dengarnya Pak Mahfud bicara bahwa ada Rp 300 T transaksi di Kemenkeu. Super gila kalau beneran terjadi," kata Sahroni saat dikonfirmasi, Kamis (9/3/2023).

Politikus NasDem itu menyatakan pihaknya mendukung langkah PPTAK menelusuri temuan tersebut

"Saya apresiasi ke PPATK pada hal-hal dugaan tentang transaksi tersebut agar menjadi pencerahan kemudian untuk di dalami lebih dalam," ujar Sahroni.

Dia pun meminta Kemenkeu harus segera bertindak dan juga berkomunikasi dengan PPATK. "Saya rasa perlu disikapi oleh Kemenkeu langsung ke PPATK terkait hal dugaan tersebut," jelas Sahroni.

Senada, Anggota Komisi III DPR Arsul Sani meminta pemerintah bersama lembaga penegak hukum yakni KPK atau Kejaksaan Agung dan dengan dukungan PPATK dan BPK atau BPKP untuk menuntaskan temuan transaksi mencurigakan tersebut.

"Tuntaskan temuan transaksi mencurigakan tersebut. (Karena) diantara transaksi tersebut, bisa jadi bukan sekedar transaksi mencurikan tetapi terindikasi tindak pidana korupsi dan pencucian uang," kata Arsul pada Liputan6.com, Kamis (9/3/2023).

Politikus PPP itu menyatakan, lantaran transaksi-transaksi mencurigakan ini diduga menyangkut pejabat-pejabat dari instansi yang menjadi sumber penerimaan negara, yakni pajak dan bea cukai, maka urgensi penuntasan secara hukum sangat penting.

"Ada beberapa alasan (penuntasan kasus penting). Pertama, ini menyangkut transaksi dengan jumlah yang masif. Kedua, terbukanya transaksi di ruang publik secara serius mengancam tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Ditjen Pajak dan Bea Cukai serta Kementerian Keuangan pada umumnya," jelas Arsul.

Alasan ketiga kasus tersebut berpotensi meruntuhkan moral dan etos kerja aparatur Kementerian Keuangan secara keseluruhan akibat antipati masyarakat.

"Padahal saya yakin lebih banyak mereka yang baik atau bersih dari pada yang nakal dan korup," kata dia.

Sementara, Komisi XI DPR RI berencana memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Menyusul sederet kasus yang saat ini ramai menjadi perbincangan.

Sebut saja, kasus Rafael Alun Trisambodo yang ternyata memiliki 40 rekening. Terbaru, ada dugaan transaksi mencurigakan dengan total nilai Rp 300 triliun yang disebut Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. Ini juga yang menjadi tindak lanjut dari temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun mengatakan ada peluang untuk memanggil Menkeu Sri Mulyani dan jajarannya. Hanya saja, saat ini posisi DPR masih dalam masa reses.

"Terkait dengan memanggil Menkeu ke DPR, nanti kan ada mekanisme pemanggilan itu. Mekanismenya adl DPR sekarang sedang reses, maka nanti akan pada masa sidang kita akan masuk, kita akan bicarakan di rapat internal urgensi kepentingannya memanggil Menteri Keuangan," ujarnya kepada Liputan6.com, Kamis (8/3/2023).

Misbakhun menerangkan, kecenderungannya adalah memang di awal masa sidang tahun ini. Mengingat sejumlah kasus yang terjadi di lingkungan Kementerian Keuangan.

Komisi XI sebagai mitra Kemenkeu, kata dia, dipandang perlu untuk melakukan diskusi langsung dengan Menkeu dan jajarannya.

"Nah, apakah nanti diagendakan itu akan jadi keputusan internal di Komisi XI. Tapi kalau dilihat dari begitu kuatnya berita-berita di media saat ini, menurut saya ini menjadi hal yang sangat serius untuk ditanyakan secara langsung ke Menteri Keuangan," sambungnya.