Artis Asal Malaysia Raih Piala Oscar 2023

Michelle Yeoh Menang Piala Oscar 2023, Jegal Langkah Cate Blanchett Raih Kemenangan Kali Ketiga

Liputan6.com 2023-03-13 11:55:58
Michelle Yeoh menang Piala Oscar 2023 lewat film Everything Everywhere All At Once. (Foto: AP Photo/Chris Pizzello)

Michelle Yeoh menang Piala Oscar Pemeran Utama Wanita Terbaik lewat film Everything Everywhere All at Once dalam acara malam puncak yang digelar di The Dolby Theatre Los Angeles, AS, Minggu (12/3/2023) waktu setempat.

Ia mengalahkan empat nomine lain yakni, Ana de Armas (Blonde), Andrea Riseborough (To Leslie), Michelle Williams (The Fabelmans), dan Cate Blanchett (Tar). Nama yang disebut terakhir adalah kandidat kuat Piala Oscar 2023.

Pasalnya, Cate Blanchett dalam Tar menang Golden Globe Awards (Film Drama), BAFTA, dan Critics' Choice Award 2023. Sementara Michelle Yeoh unggul di Golden Globe Awards (Film Musikal atau Komedi), Independent Spirit Awards, dan SAG Awards.

Melansir dari The Hollywood Reporter, Senin (13/3/2023) siang, Michelle Yeoh dalam pidato kemenangannya di Oscar 2023 mengirim pesan penting kepada para perempuan di seluruh dunia.


Ladies, Jangan Biarkan Siapapun...

"Ladies, jangan biarkan siapa pun memberi tahu bahwa masa kejayaan Anda sudah lewat," ujar Michelle Yeoh yang meraih Piala Oscar kali pertama di usia 60 tahun.

Setelahnya, ia mengajak anak muda untuk melihat harapan dan berbagi peluang dalam hidup. Bukan tidak mungkin kejelian melihat tiap celah kehidupan mengantar kita meraih sukses.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Untuk Para Ibu

"Untuk semua anak laki-laki dan perempuan yang terlihat seperti saya menonton malam ini, ini adalah mercusuar harapan dan kemungkinan," bintang film Memoirs of Geisha menyambung.

Tak kalah penting, ia mengapresiasi para ibu di seluruh dunia. "Semua ibu di dunia karena mereka pahlawan super yang sebenarnya. Tanpa mereka, kita tidak akan berada di sini malam ini," cetus Michelle Yeoh.


Pintu Telah Terbuka

Pemenang Piala Oscar kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik tahun ini dibacakan Halle Berry, wanita kulit berwarna pertama dalam sejarah dunia yang menang Academy Award untuk Aktris Utama Terbaik.

Masih segar dalam ingatan publik, saat meraih Oscar, Halle Berry mengatakan, "Pintu telah terbuka!" Kini setelah 20 tahun, Michelle Yeoh masuk ke pintu yang telah dibuka Halle Berry lewat Monster's Ball.

Blackpink Vs BTS, Siapa Dibayar Paling Mahal?

Bayaran Blackpink Sekali Tampil Bisa Mencapai Lebih dari Rp50 Miliar, Bandingkan dengan BTS

Liputan6.com 2023-03-13 16:45:24
Blackpink. (Instagram/ blackpinkofficial)

Penampilan Blackpink di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada 11 dan 12 Maret 2023 lalu, sukses mengundang ribuan penonton. Diinformasikan oleh Menparekraf Sandiaga Uno bahwa jumlah penonton Blackpink di Jakarta telah mencapai sekitar 70 ribu orang, untuk satu hari konser saja.

Grup girl band asal Korea Selatan ini pun tentunya telah meraup banyak pendapatan tiap kali tampil di sejumlah kota maupun di negara lain. Termasuk Indonesia yang antusiasnya makin besar. Tentunya, jadi banyak yang bertanya-tanya perihal bayaran Jennie, Rose, Lisa dan Jisoo sekali tampil.

Perihal bayaran Blackpink pun bisa disimak kembali dari pendapatan mereka selama tampil di Prudential Center, Newark, Amerika Serikat pada tahun lalu, tepatnya 14 dan 15 November 2022. Setelah tampil, mereka meraup angka US$3,298 juta per malam atau sekitar Rp50,72 miliar, melansir berbagai sumber di media sosial, kami kutip dari akun Twitter @touringdata dan @chartsblackpink.

Blackpink pun disebut-sebut sebagai grup wanita yang sukses menghasilkan pendapatan tertinggi untuk konser di Amerika Serikat berkat penampilannya di Newark tahun lalu. Perlu ditekankan bahwa bayaran Blackpink sekali tampil di konser satu negara, belum tentu sama dengan negara lainnya.


Bila Pendapatan Blackpink Dibandingkan dengan BTS

Lalu bagaimana jika dibandingkan dengan BTS yang juga dikenal sebagai grup raksasa Korea Selatan saat ini? Tentu BTS memiliki bayaran yang tak kalah besar.

Pada Juni 2020 lalu, Soompi menyampaikan bahwa BTS memiliki bayaran sebesar US$50 juta atau setara Rp705 miliar kala itu.

Lalu pada bulan yang sama, majalah Forbes meluncurkan daftar 100 selebriti dengan bayaran tertinggi sepanjang 2020.

Dari situ diketahuilah bahwa BTS meraup US$170 juta (sekitar Rp 1,5 triliun) sepanjang 2019.


Jumlah Penonton Konser Blackpink di Jakarta

Blackpink sukses memanjakan Blink dengan Konser bertajuk "Born Pink World Tour" yang membuat kawasan GBK bermandikan warna hitam dan pink selama dua hari di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat pada Sabtu (11/3/2023). dan Minggu (12/3/2023).

Sebanyak 70 ribu lebih penonton memadati konser tersebut. Hal ini diungkap oleh Sandiaga Uno lewat akun Instagramnya, @sandiuno pada Sabtu (11/3/2023).

"70 ribu pengunjung akan hadir memadati GBK. Insya Allah membawa berkah lapangan kerja untuk UMKM di sekitar kawasan GBK," tulis Sandiaga Uno.

Sementara menurut salah satu penonton yang membuat cuitan di Twitter, disebutkannya bahwa penonton konser Blackpink telah mencapai 75 ribu penonton.


Harga Tiket Blackpink Selama Konser di Jakarta

Pendapatan Blackpink selama konser di Jakarta kemarin memang masih belum diumumkan secara resmi oleh penyelenggara. Namun bila melihat harga tiket masing-masing kelas dan jumlah penonton yang mencapai 70 ribu lebih, pendapatan Lisa, Jisoo, Rose, Jennie, dan timnya pun diperkirakan tak kalah besar.

Berikut rincian harga tiketnya:

VIP: Rp3.800.000

Platinum: Rp3.400.000

CAT 1: Rp2.900.000

CAT 2: Rp2.600.000

CAT 3: Rp2.100.000

CAT 4: Rp1.350.000

Tak Dapat Duit Warisan, Sang Pangeran Bingung

Pangeran Andrew Curhat Tak Dapat Uang Warisan Ratu Elizabeth II Sepeser Pun, Kini Kebingungan

Liputan6.com 2023-03-13 04:02:57
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Andrew menghadiri Service of Thanksgiving atau peringatan kematian Pangeran Philip di Westminster Abbey di pusat kota London pada 29 Maret 2022. (RICHARD POHLE

Pangeran Andrew mengeluh ia tak ditinggalkan uang oleh Ratu Elizabeth II ketika ia meninggal dunia. Hal itu diungkapkan oleh media The Sun on Sunday pada Minggu, 12 Maret 2023.

Pria bergelar Duke of York itu mengatakan kepada teman-temannya bahwa bahwa ia tak menerima warisan apapun dari harta sang ibu yang diperkirakan bernilai 650 juta pound sterling untuk membantunya membangun kembali kehidupannya. Warisan Ratu Elizabeth II alih-alih diteruskan kepada Raja Charles II yang menurut hukum tidak diwajibkan untuk membayar pajak untuk itu.

Menurut media itu, Charles dilaporkan tidak memberikan warisan ibunya kepada saudara saudarinya karena dikhawatirkan akan dianggap sebagai penghindaran pajak. Sementara, Pangeran Andrew kehilangan penjaga dan akomodasi di Istana Buckingham yang didanai pembayar pajak sejak enam bulan terakhir.

Andrew kehilangan uang yang didanai publik setelah mundur sebagai anggota senior kerajaan menyusul tuduhan pelecehan seksual dan juga akan kehilangan Royal Lodge yang dibagi dua dengan mantan istrinya, Sarah Ferguson, Duchess of York. Ia dikatakan kini 'bingung' karena tidak menerima uang.

Saudara Raja Charles III lainnya, Putri Anne (72) dan Pangeran Edward (59) dikatakan berbagi "kebencian" karena tidak mewarisi apa pun dari Ratu. Namun, sebagai bangsawan yang bekerja, keduanya menerima bantuan dari Sovereign Grant untuk menutupi biaya hidup. Anne memiliki Gatcombe Park seluas 700 acre di Cotswolds, sementara Edward yang bergelar Duke of Edinburgh sejak minggu lalu, memiliki sewa 150 tahun di Bagshot Park di Surrey.


Pangeran Andrew Ditawari Rumah Bekas Meghan dan Harry

Sebelumnya, Raja Charles III memutuskan untuk memangkas dana hibah tahunan sebesar 249 ribu poundsterling atau setara Rp4,5 miliar untuk Pangeran Andrew mulai April 2023. Hal itu berdampak pada kemungkinan Andrew keluar dari Royal Lodge lantaran biaya pemeliharaan tinggi di Windsor.

Charles lalu menawari Andrew kunci rumah Frogmore Cottage setelah mengusir pasangan Meghan Markle dan Pangeran Harry. Rumah dengan lima kamar tidur itu jelas jauh lebih sederhana dari Royal Lodge yang memiliki kolam renang, tanah seluas 98 hektare, dan 30 kamar tidur yang menakjubkan.

Andrew - yang dicopot dari gelar kerajaannya karena dugaan keterlibatannya dalam skema perdagangan seks Jeffrey Epstein - dilaporkan telah berusaha keras dan menolak langkah tersebut. "Andrew menolak gagasan pindah ke Frogmore Cottage setelah dia ditawari minggu lalu," kata sumber itu kepada The Sun, dikutip pada Rabu, 1 Maret 2023.

Opsi kedua sebagai tempat tinggal baru Andrew adalah pindah ke rumah lama yang dibelinya seharga 5 juta poundsterling atau setara Rp91,3 miliar yang pernah ditinggalinya bersama sang mantan istri, Sarah Ferguson. Tahun lalu The Sun menceritakan bagaimana Fergie membayar tunai untuk sebuah rumah indah di Belgravia yang sangat cerdas di London.


Properti Investasi untuk 2 Putrinya

Andrew dan Fergie telah merombak total rumah dan sumber yang dekat dengannya mengatakan itu akan menjadi "properti investasi" untuk putri Beatrice dan Eugenie. Orang dalam berkata, "Ini telah direnovasi dengan standar yang sangat tinggi, tetapi sekarang tiba-tiba semua menjadi sunyi karena akan memindahkan penyewa."

"Mereka ingin mengosongkannya untuk digunakan sendiri. Jauh sekali dari rumah besar di perkebunan Windsor, tapi ini satu-satunya properti mereka di London," kata sumber dikutip dari The Sun, Kamis, 23 Februari 2023.

Rumah itu tidak jauh dari bekas rumah miliarder Jeffrey Epstein, yang dikenal sebagai pedofil. Pangeran Andrew juga sempat mendapat tuduhan pelecehan seksual terhadap Virginia Giuffre yang masih 17 tahun.

Rumah dia dan mantan istrinya sebelumnya termasuk Sunninghill, di Ascot, Berks. Pada 2007, mereka menjualnya ke oligarki Kazakh seharga 3 juta poundsterling lebih dari harga yang diminta 12 juta pounsterling.

Belakangan diketahui bahwa Andrew telah bertindak sebagai pemecah masalah dalam kesepakatan bisnis untuk pembeli. Pada bulan Desember, pria bergelar Duke of York ini akhirnya menjual pondok ski miliknya di Verbier, Swiss, dengan harga sekitar 19 juta poundsterling.


Jadi Penjaga Anjing Sepeninggal Ratu Elizabeth II

Beberapa waktu lalu diberitakan bahwa anak kedua mendiang Ratu Elizabeth II yang juga adik dari Raja Charles III, Pangeran Andrew akan memelihara anjing-anjing ratu. Para pengamat kerajaan percaya kalau tugas utama Andrew saat ini dan kemungkinan beberapa tahun ke depan merawat ketiga anjing peninggalan Ratu Elizabeth II yang berjenis corgi, yaitu Candy, Muick dan Sandy.

Mereka berseloroh kalau Andrew akan mendapat jabatan sebagai 'kepala penjaga anjing kerajaan'. Peran Pangeran Andrew diyakini akan semakin mengecil meski ia berambisi untuk kembali menjalani tugas-tugas penting di Kerajaan Inggris.

Melansir The Sun, Selasa, 27 September 2022, Andrew tengah berusaha memperbaiki imej buruknya usai terkena kasus pelecehan seksual yang dituduhkan wanita asal Amerika Serikat, Virginia Giuffre. Di tengah kisruh ini, pada Januari 2022 lalu Kerajaan Inggris resmi mencopot Pangeran Andrew dari militer dan tugas kerajaan. Andrew juga tak lagi mendapatkan perlindungan dari Kerajaan Inggris.

Xi Jinping Paling Berkuasa di Dunia

5 Orang Paling Berkuasa di Dunia Versi Forbes, Xi Jinping Nomor Satu

Liputan6.com 2023-03-12 19:10:25
Presiden China Xi Jinping (kanan) diberi selamat oleh Li Qiang setelah ia terpilih dengan suara bulat sebagai Presiden dalam sesi Kongres Rakyat Nasional China (NPC) di Aula Besar Rakyat di B

Sejak 2009, Forbes menyusun daftar orang paling berkuasa di dunia setiap tahunnya. Penilaian ini berdasarkan pengaruh mereka di bidang ekonomi, politik atau kepemimpinan mereka.

Nama sejumlah pemimpin dunia seperti Xi Jinping, Vladimir Putin dan Donald Trump menempati jajaran teratas. Namun, daftar ini tidak hanya ditempati oleh tokoh ternama di dunia politik. Nama pengusaha di dunia seperti Jeff Bezos juga turut masuk dalam daftar.

Dilansir laman Forbes, Minggu (12/3/2023), berikut adalah lima nama tokoh yang paling berkuasa di dunia menurut daftar yang dirilis oleh Forbes pada 2018:


1. Xi Jinping

Xi Jinping adalah kepala negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia dan negara terpadat di dunia. Dia juga mengendalikan satu-satunya partai politik di China.

Terbaru, Xi Jinping diangkat kembali untuk masa jabatan ketiga sebagai presiden China selama lima tahun ke depan pada Jumat (10/3/2023).

Peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya itu memperkuat kontrol Xi Jinping dan menjadikannya kepala negara yang paling lama menjabat sejak pendirian Republik Rakyat China pada tahun 1949.

Pengangkatan kembali Xi Jinping sebagian besar diyakini hanya sebagai formalitas. Pasalnya, gelar kepresidenan sebagian besar merupakan gelar seremonial di China. Adapun kekuasaan nyata berada pada kepala partai dan militer --dua peran kunci yang juga diduduki Xi Jinping, di mana dia diangkat kembali melalui kongres utama Partai Komunis China pada Oktober lalu.


2. Vladimir Putin

Vladimir Putin merupakan Presiden Rusia yang lahir pada tanggal 7 Oktober 1952. Ia sebelumnya menjabat sebagai Perdana Menteri Rusia dari tahun 1999-2000 dan 2008-2012.

Ia mulai menjabat sebagai Presiden Rusia dari 2012 hingga saat ini, di bawah Partai Independen.

Putin sebelumnya bekerja sebagai perwira intelijen asing dari mana ia mencapai pangkat kolonel.

Selama masa jabatannya sebagai perdana menteri dan presiden, Putin telah mengawasi perang termasuk perang melawan separatis yakni Chechnya, Georgia, dan yang terbaru, perang Rusia-Ukraina.

Putin juga telah terlibat dalam sejumlah intervensi militer.

Dia selama ini berupaya memperkuat militer Rusia untuk pengakuan dunia sehingga militernya juga merupakan salah satu yang terkuat di dunia, dimana ia menjabat sebagai panglima tertinggi.

Kekayaan bersih Putin diperkirakan mencapai US$ 70 miliar.


3. Donald Trump

Donald Trump merupakan Presiden Amerika Serikat ke-45, menggantikan pendahulunya Barack Obama.

Menjadi presiden AS walau hanya memiliki pengalaman minim di dunia politik dan menghadapi banyak penentangan, menguasai pendukungnya di akhir masa kepresidenannya untuk menyerbu Capitol Hill, Trump bisa dibilang sebagai salah satu orang yang berkuasa di dunia.

Sementara sebagian besar kekayaan Trump tetap terikat di real estat New York City, mantan presiden itu masih menerima dana sebesar US$730 juta dari Trump Media and Technology Group, perusahaan induk mirip Twitter miliknya bernama Truth Social.


4. Angela Merkel

Angela Dorothea Merkel lahir pada 17 Juli 1954 di Hamburg, Jerman. Ia dianggap sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di dunia.

Angela Merkel adalah seorang politikus, meskipun dia telah pensiun dari politik. Ia sebelumnya menjabat sebagai Kanselir Jerman dari tahun 2005-2021 di bawah partai politik, Persatuan Demokrasi Kristen Jerman.

Selain sebagai Kanselir, Angela Merkel pernah menjabat beberapa jabatan politik lainnya.

Dia pernah menjadi anggota Bundestag Jerman dari 2013 -2021, Menteri Lingkungan Hidup Federal Jerman dari 1994 -1998, Anggota Bundestag Jerman dari 1990-2002, Menteri Federal untuk Urusan Keluarga, Lansia, Perempuan dan Pemuda Jerman dari 1991-1994 .


5. Jeff Bezos

Pada 2022, Jeff Bezos adalah orang terkaya nomor dua di dunia. Kekayaan bersihnya menurut Forbes pada tahun 2022 adalah US$168 miliar.

Jeff lahir pada 12 Januari 1964 di Albuquerque, Meksiko, Amerika Serikat. Ia merupakan seorang pengusaha, insinyur komputer, investor, pemilik media, dan astronot pesawat komersial.

Jeff merupakan pendiri Amazon, sebuah perusahaan teknologi multinasional Amerika. Dia juga merupakan pendiri Blue Origin, Aerospace Manufacturing Company, dan Bezos Expeditions, sebuah perusahaan investasi di Amerika.

Jeff adalah orang terkaya di dunia hingga akhir-akhir ini setelah Elon Musk mengambil alih posisi tersebut.

Ia juga telah mengantongi beberapa pengakuan di seluruh dunia. Namun di samping itu, ia merupakan seorang dermawan dan pemegang gelar doktor kehormatan dalam sains dan teknologi.

Rektor Jadi Tersangka Korupsi

Rektor Universitas Udayana Bali Jadi Tersangka Korupsi Dana Sumbangan Mahasiswa Baru

Liputan6.com 2023-03-13 13:11:45
Ilustrasi Korupsi (Istimewa)

I Nyoman Gde Antara yang juga Rektor Universitas Udayana Bali ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana sumbangan pengembangan institusi (SPI) mahasiswa baru seleksi jalur mandiri tahun akademik 2018/2019 - 2022/2023.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Bali Agus Eka Sabana Putra di Denpasar, Bali, Senin (13/3/2023) mengatakan, penyidik menemukan keterlibatan tersangka baru berdasarkan alat bukti yang ada.

"Pada tanggal 8 Maret 2023 penyidik pada Kejaksaan Tinggi Bali menetapkan kembali satu orang tersangka, yaitu Gde Antara," katanya.

Eka Sabana juga mengatakan, penetapan tersangka terhadap orang nomor satu di Universitas Udayana tersebut berdasarkan hasil penyidikan penyidik Pidana Khusus Kejati Bali sejak 24 Oktober 2022.

Eka menyatakan Rektor Universitas Udayana ada dugaan melanggar Pasal 2 ayat (1), Pasal 3, Pasal 12 huruf e juncto Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Ia mengatakan bahwa Rektor Universitas Udayana Gde Antara ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan alat bukti yang cukup berupa keterangan saksi-saksi, keterangan ahli dan surat, serta alat bukti petunjuk. Berdasarkan beberapa hal tersebut di atas, kata dia, penyidik menyimpulkan Rektor Universitas Udayana ada dugaan ikut berperan dalam tindak pidana korupsi dana SPI mahasiswa baru Seleksi Jalur Mandiri Universitas Udayana Tahun Akademik 2018 sampai dengan 2022.

Dengan ditetapkannya Rektor Universitas Udayana sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Bali, total tersangka melakukan tindak pidana korupsi dana SPI di Universitas terbesar di Bali dan Nusa Tenggara tersebut sudah empat orang. Tiga orang lain yang diduga ikut terlibat dalam kasus dugaan korupsi tersebut berinisial IKB, IMY, dan NPS.

Mereka telah lebih dahulu ditetapkan sebagai tersangka sejak 12 Februari 2023. IKB dan IMY sebagai tersangka tindak pidana korupsi penyalahgunaan dana SPI mahasiswa baru Seleksi Jalur Mandiri Tahun Akademik 2020/2021 Universitas Udayana dan NPS sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan dana SPI mahasiswa baru seleksi jalur mandiri tahun akademik 2018/2019 sampai dengan tahun akademik 2022/2023 Universitas Udayana.


Barang Bakal Disita

Eka juga mengatakan, tim penyidik pidsus Kejati Bali akan terus mendalami fakta-fakta, modus, dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam korupsi di Universitas Udayana.

Ia menegaskan bahwa tim penyidik pada Kejaksaan Tinggi Bali terus melakukan kegiatan penyidikan untuk menuntaskan penanganan perkara atas nama tersangka dan tiga orang tersangka pada tanggal 8 Februari 2023 dengan terus mendalami fakta-fakta atau pihak-pihak lain yang patut diduga ikut berperan.

Selain itu, kata dia, dalam melakukan penegakan hukum, penyidik tidak hanya mengedepankan kepastian hukum semata, tetapi juga melakukan penyitaan terhadap barang-barang yang patut diduga diperoleh dari perbuatan korupsi.

Hal itu, menurut dia, sejalan juga dengan arahan Kepala Kejaksaan Tinggi Bali untuk tidak hanya berorientasi pada perbuatan tersangka, tetapi juga melakukan upaya-upaya sesuai dengan peraturan perundang-undangan untuk memulihkan keuangan negara dan perekonomian negara.

Turis Asing Dilarang Sewa Motor di Bali

Turis Asing Tak Boleh Lagi Sewa Motor di Bali, Berapa Harga Sewanya Sehari?

Liputan6.com 2023-03-13 12:53:30
Bule Australia Ngamuk Saat Dihentikan Polisi di Bali

Ramai pemberitaan soal banyaknya wisatawan asing yang melakukan pelanggaran lalu lintas di Bali. Oleh karena itu, Gubernur Bali I Wayan Koster akhirnya membuat peraturan melarang wisatawan mancanegara menyewa sepeda motor saat berwisata ke Pulau Dewata.

Gubernur Bali mengatakan, sebenarnya sudah ada sejumlah aturan yang mengatur tentang warga negara asing melalui peraturan Gubernur Bali mengenai tata kelola pariwisata di provinsi ini, termasuk larangan bagi warga negara asing untuk menggunakan kendaraan bermotor.

"Jadi, para wisatawan itu harus berpergian jalan menggunakan mobil-mobil dari travel agent. Tidak diperbolehkan lagi menggunakan kendaraan yang bukan dari travel agent. Pinjam atau sewa motor itu tidak diperbolehkan lagi," katanya, Minggu (12/3/2023).

Berdasarkan hasil penindakan Polda Bali, ditemukan banyak wisatawan khususnya wisatawan mancanegara melanggar aturan lalu lintas mulai dari tidak pakai baju saat berkendara, tidak pakai helm sampai tidak ada lisensi untuk berkendara.

Koster juga mengatakan, perubahan aturan tersebut baru berlaku pada tahun 2023 pascapandemi Covid-19 untuk membenah sistem pariwisata yang tidak hanya berorientasi pada jumlah kunjungan wisata setiap tahunnya, tetapi mempertahankan pariwisata yang berbudaya.

Koster berharap dengan berlakunya kebijakan yang baru pada tahun ini, pariwisata Bali menjadi lebih berkualitas dengan penegakan hukum dan aturan, khususnya bagi wisatawan mancanegara.

Kebijakan tersebut, lanjut dia, baru dapat dieksekusi pada tahun ini mengingat pada tahun sebelumnya pariwisata Bali sepi karena tidak ada kunjungan wisatawan.


Harga Sewa Motor Sehari di Bali

Bicara soal sewa motor, berapa rata-rata harga penyewaan kendaraan beroda dua di sana? apakah terjangkau untuk wisatawan luar?

Dilihat dari sejumlah akun Instagram yang berseliweran, harga sewa motor di Bali bermacam-macam. Paling murah ada pada kisaran harga Rp50 ribu per hari dan sudah termasuk ongkos antar, demikian disebutkan dalam akun @rentalmotorbali_24jam.

Sementara itu, akun @rentalmotorbali.com.id menawarkan sejumlah fasilitas di antaranya, dua helm, dua jas hujan, gratis antar jemput untuk area Kuta dan sekitarnya.

Pada akun @rentalmotorbali.com.id dijelaskan bahwa harga tergantung jenis merek motor. Untuk yang termurah Rp50 ribu sehari. Sementara, jenis motor seperti Vario dan Honda Beat bisa seharga Rp125 ribu sampai Rp150 ribu.

Pada akun @sewa_motor_bali juga menyewakan harga motor mulai Rp50 ribu sampai Rp150 per hari.


Perketat Pengawasan

Bali juga akan memperketat pengawasan terhadap orang asing yang berwisata di Bali mengingat banyaknya wisatawan yang menyalahgunakan izin tinggal. Pemprov Bali dan tim pengawasan orang asing akan menindak tegas wisatawan yang melanggar aturan di Bali.

"Yang mengganggu kenyamanan pariwisata, kenyamanan, keindahan, dan kekayaan budaya Bali, setelah berkoordinasi dengan Kapolda dan Kanwil kemenkumham Bali, untuk melakukan tindakan tegas terhadap para turis, wisatawan, warga negara asing yang tindakannya itu tidak sesuai dengan norma hukum yang berlaku di Indonesia dan budaya yang ada di Bali khususnya," katanya.

Utang 1.000 Volvo, Korut Ogah Ditagih

Korea Utara Belum Bayar Utang Pemesanan 1.000 Volvo ke Swedia Sejak Tahun 1974, Rutin Ditagih tapi Tak Digubris

Liputan6.com 2023-03-13 07:31:15
Volvo Car Corporation menjual sekitar 1.000 sedan 144S ke Korea Utara pada tahun 1974. (Dok. Twitter/@SwedenDPRK)

Lebih dari empat dekade setelah menjual 1.000 Volvo seri 144s ke Korea Utara, Swedia masih berusaha mendapatkan bayaran untuk mobil-mobil itu.

Kendaraan tersebut merupakan bagian dari paket perdagangan senilai US$ 131 juta yang dikirim ke Korea Utara pada tahun 1974, selama periode keterbukaan negara itu. Tetapi, Pyongyang tidak pernah membayar apapun atas kesepakatan itu, meninggalkan utang yang menurut Kementerian Luar Negeri Swedia (pada tahun 2017) telah terakumulasi dengan bunga menjadi US$ 328 juta.

"Volvo Car Corporation menjual sekitar 1.000 seri 144S ke Korea Utara pada tahun 1974," kata Per-Ake Froberg dari Volvo Heritage seperti dilansir dari VOA, Senin (13/3/2023).

Froberg menambahkan, penjualan Volvo diasuransikan melalui Lembaga Kredit Ekspor Swedia (EKN).

"Ketika Korea Utara gagal membayar, EKN turun tangan, artinya Volvo Cars tidak menderita secara finansial," ujar Froberg. "Dari sudut pandang kami, kesepakatan itu sudah selesai."

Tapi, tentu saja tidak untuk EKN, yang dua kali setahun tetap mengingatkan Korea Utara tentang saldo utangnya.

"Kami tidak mendapat tanggapan," ungkap Carina Kemp dari EKN.

Banyak dari sedan Volvo yang dikirim pada tahun 1974 masih beroperasi, seperti yang ditunjukkan oleh twit Kedutaan Besar Swedia di Pyongyang pada Oktober tahun 2016.

"Masih kuat. Salah satu Volvo dari tahun 1974 yang masih belum dibayar oleh DPRK. Dioperasikan sebagai taksi di Chongjin," twit Kedutaan Besar Swedia untuk Korea Utara.

Still going strong. One of the Volvo's from yr 1974 still unpaid for by DPRK. Running as taxi in Chongjin w almost half million km on odo! pic.twitter.com/2FaMpnPow7


Hubungan Swedia dan Korea Utara

Swedia dan Korea Utara memiliki hubungan jangka panjang. Swedia adalah negara Barat pertama yang membuka kedutaan besarnya di Pyongyang pada tahun 1975 setelah politikus sayap kiri dan para eksportir mendorong pemerintah untuk mengirimkan diplomat ke sana.

"Mereka bertanya, apakah saya ingin membuka kedutaan di Korea Utara," ungkap diplomat veteran Swedia Erik Cornell seperti dilansir NPR. "Dan saya menjawab 'Ya'."

Cornell, yang kini berusia 87 tahun, bergabung dengan Kementerian Luar Negeri Swedia pada tahun 1958. Dia pernah bertugas di Bonn, Warsawa, dan Addis Ababa. Dia tiba di Korea Utara saat negara itu dipimpin oleh Kim Il Sung pada musim dingin 1975.

"Itu adalah sebuah negara yang 'kosong'. Bersalju, berangin, dingin... Anda tahu Anda memulai dari awal ketika datang ke sana," tutur Cornell.

Cornell menjabat sebagai kuasa usaha Kedutaan Besar Swedia di Pyongyang hingga tahun 1977.

"Anda tidak bisa mampir ke kafe atau restoran karena memang tidak ada," ujarnya.

Yang biasa dilakukan Cornell hanyalah keluar untuk jalan-jalan singkat dengan Volvo-nya.

"Begitulah kondisi kehidupan di sana," kata dia.

Cornell ditugaskan untuk memahami situasi ekonomi Korea Utara.

"Pada tahun 1970-an, Korea Utara memesan 1.000 mobil Volvo dari Swedia. Mobil-mobil itu dikapalkan dan dikirimkan, tapi Korea Utara tidak mau membayar dan mengabaikan tagihannya. Hingga hari ini, tagihan tersebut belum dibayar, sehingga menjadikannya pencurian mobil terbesar dalam sejarah," twit @historyinmemes.

In the 1970s, North Korea ordered 1,000 Volvo cars from Sweden. The cars were shipped & delivered but North Korea just didn't bother paying & ignored the invoice. Till this day the bill remains unpaid making it the largest car theft in history. pic.twitter.com/SYbubt8due


Swedia Perantara Korea Utara dengan Dunia Luar

Mungkin 1.000 Volvo yang tidak kunjung dibayar hanyalah "harga diplomasi". Melalui pembukaan kedutaan di Pyongyang, Cornell berhasil membangun kepercayaan dengan kepemimpinan Korea Utara.

Swedia hingga saat ini masih mempertahankan kedutaannya di Pyongyang dan telah mengambil bagian dalam pekerjaan bantuan kemanusiaan serta memperluas perannya sebagai perantara antara Korea Utara dan dunia luar.

"Orang Swedia sangat pandai dalam hal ini," ungkap peneliti senior dari Brookings Institution Jonathan D. Pollack. "Swedia sering memainkan peran semacam itu dalam berbagai jenis diplomasi. Mereka dipandang... sebagai perantara yang jujur."

Setelah serangan di Pearl Harbor, Swedia bertindak sebagai kekuatan pelindung warga negara Jepang di Hawaii selama Perang Dunia II. Swedia mewakili Inggris sebagai kekuatan pelindung di Iran pada saat hubungan diplomatik kedua negara terputus.

Kini, Amerika Serikat (AS), yang tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Pyongyang, telah mempercayakan Swedia untuk bertindak sebagai kekuatan pelindung di Korea Utara. Peran tersebut telah dipertahankan Swedia sejak 1995.

Swedia juga berfungsi sebagai kekuatan pelindung untuk Australia dan Kanada di Korea Utara.

Dalam kasus-kasus ketika warga AS ditahan di Korea Utara, Kedutaan Besar Swedia di Pyongyang akan turun tangan.

Sebut saja dalam kasus penahanan jurnalis AS Laura Ling selama 140 hari pada tahun 2009. Ling dan rekannya Euna Lee ditangkap saat membuat film dokumenter untuk Current TV di sepanjang perbatasan China-Korea Utara.

Beberapa minggu setelah penangkapan mereka, Kedutaan Besar Swedia mengadakan pertemuan dengan keduanya. Ling masih ingat saat duta besar Swedia saat itu, Mats Foyer, menemuinya.

"Saya benar-benar diliputi oleh emosi karena saya tahu bahwa dialah satu-satunya orang di Korea Utara yang bekerja untuk saya," kata Ling. "Dia adalah garis hidup saya."

Karena sifat terbatas dari peran kekuatan pelindung, Foyer tidak bertanggung jawab untuk menegosiasikan pembebasan Ling dan Lee. Keduanya dapat kembali ke AS setelah mantan Presiden Bill Clinton dan Kim Jong Il bertemu di Pyongyang pada Agustus 2009, yang berujung pada pengampunan kedua warga AS tersebut.

Bagaimanapun, kunjungan Foyer terhadap Ling dan Lee, tetap signifikan karena dia dapat membawakan mereka obat-obatan, buku, dan surat Ling dari rumah --- yang memberinya harapan untuk masa depannya.

"Dia adalah penghubung saya dengan dunia luar. Dia adalah penghubung saya dengan keluarga saya," kata Ling. "Melalui matanya, mereka pada gilirannya dapat melihat saya."

Batu Misterius di Penobatan Raja Charles

Kisah Batu Misterius Stone of Scone di Penobatan Raja Inggris Charles III

Liputan6.com 2023-03-13 08:09:02
Stone of Scone memiliki banyak legenda dan berperan penting dalam upacara penobatan raja-raja Skotlandia dan Inggris. (Dok. Historic Environment Scotland)

Upacara penobatan Raja Charles III dari Kerajaan Inggris kelak sarat dengan benda-benda kuno bersejarah. Salah satunya, bahkan disebut misterius, yaitu Stone of Scone atau Batu Penobatan atau Batu Takdir atau Batu Bantal Yakub atau Batu Berbicara yang akan ditempatkan di bawah kursi penobatan.

Dikutip dari situs Westminster Abbey, Senin (13/3/2023), banyak legenda tentang Stone of Scone. Tradisi mengidentifikasi batu tersebut sebagai tempat Yakub menyandarkan kepalanya di Betel.

"Keesokan harinya pagi-pagi Yakub mengambil batu yang dipakainya sebagai alas kepala dan mendirikan itu menjadi tugu dan menuang minyak ke atasnya." (Kejadian 28:18)

Legenda mengatakan bahwa putra Yakub membawa Stone of Scone ke Mesir dan oleh Raja Gathelus, batu tersebut kemudian dibawa ke Spanyol. Sekitar 700SM, Stone of Sconedibawa ke Irlandia oleh Simon Brech, anak dari raja Spanyol saat dia menginvasi pulau itu.

Di Irlandia, Stone of Scone ditempatkan di atas Bukit Tara yang disucikan. Stone of Scone disebut Batu Takdir atau Batu Berbicara karena ketika raja-raja Irlandia duduk di atasnya saat penobatan, batu itu disebut akan mengerang keras jika yang bersangkutan adalah ras bangsawan, sementara akan tetap diam jika sebaliknya.

"Pada tahun 496M, batu dimiliki oleh Raja Fergus Mor MarcEirc yang memerintah Dalriada, sebuah kerajaan yang membentang di Laut Irlandia dan menggabungkan bagian dari Skotlandia Barat," tutur sejarawan yang juga jurnalis David Hume seperti dilansir BBC.

Menurut Hume, Fergus membawa Stone of Scone dari Irlandia ke Skotlandia ketika dia memindahkan kursi kerajaannya ke Dunnadd di Argyll pada tahun 498. Oleh Kenneth MacAlpin, Stone of Scone disimpan di biara di Scone.

Menyampingkan berbagai mitos, Stone of Scone telah menjadi objek pemujaan orang Skotlandia selama berabad-abad. Di atas Scone of Stone, raja-raja mereka hingga John Balliol pada tahun 1292 dimahkotai.

Fakta-fakta Stone of Scone:


Stone of Scone Dipindahkan ke Westminster Abbey

Dilansir situs Britannica, ketika Raja Edward I menginvasi Skotlandia pada tahun 1296, dia memboyong Stone of Scone sebagai rampasan perang ke Westminster Abbey. Raja Edward I kemudian memerintahkan pembuatan kursi penobatan yang dapat memuat Stone of Scone di bawahnya dan kursi itu mulai digunakan sejak 1308.

Sebuah rumor menyebutkan bahwa biarawan di Scone menyembunyikan Stone of Scone yang asli di Sungai Tay dan berhasil mengelabui pasukan Inggris. Hingga kini, rumor itu tetap rumor dan meskipun Skotlandia belum menjadi bagian dari Britania Raya, batu yang diambil Raja Edward I secara simbolis memberikan kekuasaan kepada raja Inggris atas Skotlandia.

Pada tahun 1914, berlangsung aksi untuk memperjuangkan hak pilih perempuan di Inggris. Para peserta aksi kemudian menanam bom berisi mur dan baut di samping kursi penobatan.

Pengeboman itu disebut tidak menyebabkan kondisi serius, namun lebih dari 30 tahun kemudian baru diketahui bahwa deflagrasi menyebabkan Stone of Scone pecah jadi dua.

Selama Perang Dunia II, kekhawatiran akan pengeboman Jerman membuat Stone of Scone "dikubur" di bawah Westminster Abbey, sementara kursi penobatan dipindahkan ke Katedral Gloucester sampai perang usai.

Stone of Scone juga sempat dicuri oleh Nasionalis Skotlandia pada 25 Desember 1950. Setelah berhasil ditemukan dan dikembalikan ke Westminster Abbey pada April 1951, batu itu disimpan di lemari besi dan tidak ditempatkan di bawah kursi penobatan sampai Februari 1952, setelah sejumlah langkah rumit dilakukan demi keamanannya.


Stone of Scone Dikembalikan ke Skotlandia

Pada 3 Juli 1996, perdana menteri Inggris saat itu John Mayor mengumumkan bahwa Stone of Scone akan dikembalikan pada akhir tahun ke Skotlandia untuk kemudian disimpan di Kastil Edinburgh. Namun, batu itu akan tetap berada di Westminster Abbey saat upacara penobatan.

Situs edinburghcastle mengonfirmasi, "Batu hanya akan meninggalkan Skotlandia lagi untuk upacara penobatan di Westminster Abbey."

"Ketika batu itu dikembalikan ke Skotlandia pada tahun 1996, proses mengeluarkannya dari (bawah) kursi membutuhkan kehati-hatian untuk memastikan keduanya terlindungi seluruhnya," jelas Kepala Koleksi & Konservasi Terapan di Lingkungan Bersejarah Skotlandia Kathy Richmond seperti dilansir BBC.

Prosedur yang sama akan berulang jelang penobatan Charles III pada 6 Mei 2023.

Mengingat sejarah dan signifikansi Stone of Scone, detail tentang kapan dan bagaimana batu itu akan diangkut adalah rahasia yang dijaga ketat.

Wacana Duet Prabowo-Ganjar, Mungkinkah?

HEADLINE: Wacana Duet Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Prediksinya?

Liputan6.com 2023-03-14 00:00:00
Momen akrab Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meninjau panen raya di ladang sawah Ambal, Kabupaten Kebumen

Wacana duet Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mencuat dan ramai diperbincangkan publik setelah keduanya menunjukkan keakrabannya saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Tengah.

Berdasarkan foto yang dibagikan Sekretariat Presiden, Kamis 9 Maret 2023, keakraban itu terjadi saat Jokowi meninjau lokasi panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Ketiganya bahkan sempat melakukan swafoto bersama dengan para petani di areal persawahan. Raut wajah para petani pun senang saat berfoto bersama mereka. Namun sesekali mereka juga nampak terlihat berbicara serius.

Momen keakraban tersebut, lantas kemudian memantik berbagai tafsir soal kedekatan antara Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo, Tak sedikit yang beranggapan bahwa hal itu juga berkaitan dengan proses politik untuk menuju Pemilu 2024 mendatang.

Peneliti Senior Populi Center, Usep S Ahyar berpandangan bahwa momentum keakraban antara Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bersama Presiden Jokowi menjadi pertanda untuk Pemilu 2024.

Menurut Usep, momentum tersebut bisa dibaca sebagai kode keras Jokowi untuk menyandingkan Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo untuk menjadi pasangan pada Pilpres 2024 mendatang.

"Seperti yang kita ketahui, dalam berbagai kesempatan, Pak Jokowi selalu memberikan isyarat atau kode-kode politik terhadap Ganjar dan Prabowo. Jadi saya kira, hal ini juga bisa kita baca sebagai kode keras Jokowi terhadap Ganjar, bahwa Ganjar bisa dipasangkan dengan Prabowo," kata Usep kepada Liputan6.com, Senin (13/3/2023).

Hal itu, kata Usep, juga dapat dimaknai sebagai sinyal antisipasi atau kode Jokowi bahwa Ganjar apabila tidak dicalonkan oleh PDIP, bisa dipasangkan dengan Prabowo sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres).

"Ganjar apabila tidak dicalonkan oleh PDIP, Ganjar bisa dicalonkan oleh partai lain salah satunya dengan Prabowo ini, maka saya kira PDIP akan rugi jika tidak menyalonkan Ganjar," ujarnya.

Adapun terkait komposisi keduanya, Usep menilai baik Prabowo maupun Ganjar memiliki kans yang sama untuk menjadi Calon Presiden (Capres) maupun Calon Wakil Presiden (Cawapres) jika diduetkan, hal itu tergantung bagaimana sikap partai masing-masing khususnya sikap PDIP terhadap Ganjar sendiri.

"Jika keduanya benar dipasangkan, Ganjar bisa saja jadi Capres apabila PDIP yang mengusung, karena PDIP memiliki posisi tawar yang lebih tinggi. Namun, jika Gerindra yang mengusung maka itu sebaliknya, Prabowo-lah yang memiliki posisi tawar yang tinggi walaupun elektabilitas Ganjar lebih tinggi," kata dia.

Usep menuturkan, tidak menutup kemungkinan juga bahwa Prabowo bisa menjadi Cawapres dari Ganjar. Mengingat, dalam praktiknya Prabowo sendiri memiliki pengalaman sebagai Cawapres Megawati di masa lampau, pun juga menjadi menteri di Kabinet Jokowi saat ini.

"Secara logis pak Prabowo dalam praktiknya saat ini, beliau menjabat sebagai menteri saja mau apalagi jika sebagai Cawapres, ditambah di masa lalu dia juga pernah menjadi Cawapresnya ibu Mega, jadi kemungkinan itu pastinya ada," Usep menandaskan.

Sebelumnya, Partai Gerindra buka suara terkait wacana duet Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo, Gerindra menyatakan membuka peluang untuk Ganjar Pranowo bergabung. Namun syaratnya, Ganjar harus menjadi calon wakil presiden, sebab jatah calon presiden hanya untuk Prabowo Subianto.

Menilai hal ini, Direktur Eksekutif IndoStrategic, Ahmad Khoirul Umam mengatakan pernyataan Gerindra itu menunjukkan bahwa posisi Prabowo sebagai Capres merupakan harga mati dalam negosiasi koalisi bersama Gerindra.

"Inilah fakta-fakta politik yang harus dikomunikasikan dan dinegosiasikan, agar bisa menemukan titik temu kepentingan sehingga pasangan ini bisa berlayar. Namun jika negosiasi dan kompromi masih saja sulit ditemukan, maka layar akan sulit terkembang," ujar Umam kepada Liputan6.com, Senin (13/3/2023).

Meski demikian, Umam menilai wacana duet Prabowo dan Ganjar sejatinya memiliki daya tawar yang kuat. Mengingat, elektabilitas keduanya selalu bertengger di papan atas survei Capres 2024.

"Dari sisi elektabilitas, pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Ganjar berpeluang mengonsolidasikan basis pemilih yang cukup kuat, mengingat keduanya memiliki bekal elektoral yang selama ini konsisten bertengger di posisi papan atas tiga besar," ujarnya.

Namun, kata Umam, yang perlu dipikirkan saat ini adalah bagaimana skema koalisi partai jika keduanya dipasangkan. Apakah Ganjar diajukan sebagai representasi PDIP ataukah Ganjar akan keluar dari PDIP untuk selanjutnya maju lewat gerbong KIB.

"Jika memang majunya Ganjar atas restu PDIP, maka pasangan Prabowo-Ganjar atau Ganjar-Prabowo akan merepresentasikan "koalisi super besar" yang menggabungkan dua partai papan atas, PDIP dan Gerindra," kata Umam.

Pasangan Prabowo-Ganjar ini, lanjut Umam, juga bisa menjadi titik temu kekuatan antara KIB, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya dan PDIP sendiri. Namun, tantangan selanjutnya, akankah PDIP memberikan Golden Ticket-nya kepada Ganjar untuk bersanding dengan Prabowo.

"Jika memang di internal PDIP merestui Ganjar, maukah PDIP menempati posisi Cawapres, sebagaimana yang dipatok oleh Hasyim Djojohadikusumo? Sedangkan kekuatan elektoral PDIP lebih besar dari Gerindra, dan kekuatan elektabilitas Ganjar lebih besar dari Prabowo," pungkasnya.

Adapun terkait manuver cepat Cak Imin yang menggelar pertemuan langsung dengan Prabowo, Umam menilai, hal itu tampaknya ada kaitan dengan manuver Prabowo-Ganjar.

"Langkah cepat Cak Imin itu dilakukan sebagai upaya mendapatkan klarifikasi sekaligus langkah mitigasi agar dirinya tidak kena "prank koalisi" dari Gerindra," lanjutnya.

"Cak Imin berusaha bergerak cepat untuk mengamankan tiket Cawapres, dengan mengajak Prabowo berkeliling lagi menemui para Kiai selaku vote getter yang efektif di kalangan Nahdliyyin," Umam menadaskan.


Prabowo Bisa Jadi Cawapres?

Adapun Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin berpandangan tak mungkin terjadi pasangan Ganjar Pranowo-Prabowo Subianto di Pemilu 2024. Menurut dia, Prabowo Capres adalah harga mati Gerindra.

"Prabowo tidak mungkin jadi cawapres. Gerindra sudah mengatakan tak mungkin Prabowo menjadi cawapres, artinya mereka ingin Capres Prabowo, Cawapres Ganjar. Kalau Prabowo Cawapres mereka pasti jalan masing-masing," kata Ujang kepada Liputan6.com, Senin (13/3/2023).

Ujang menjelaskan, hingga hari ini wacana duet keduanya masih belum pasti, Mengingat Ganjar adalah kader PDIP yang harus mendapatkan dukungan dan restu Megawati.

"Kalau Ganjar tidak didukung PDIP bakal jadi pecah, dukungan agak berat jadi harus didapatkan tiket dari PDIP. Saya lihatnya masih fifty-fifty bisa mungkin terjadi bisa juga tidak, masih 50 persen 50 persen," ujarnya.

Kendati demikian, Pengamat Politik Universita Al Azhar Indonesia (UAI) ini menilai duet Prabowo Subianto dan Ganjar merupakan pasangan idel. Terlebih keduanya merupakan sosok tokoh yang saat ini masih bertengger di papan atas survei elektabilitas Capres.

"Kalau saya lihat duet keduanya (Prabowo-Ganjar) merupakan duet yang bagus, konstruksi yang pas," jelasnya.

Sedangkan, Pengamat Politik Adi Prayitno mengatakan upaya menduetkan Ganjar dan Prabowo bisa saja terjadi, namun lebih baik mengesampingkan senioritas.

"Kalau Pak Prabowo lebih senior memang tidak bisa dibantah tetapi di Pilpres 2014 dan 2019, Jokowi juga memiliki cawapres yang lebih senior. Pak JK dan Ma'ruf Amin. Namun, elektabilitas dan dukungan untuk Jokowi lebih unggul saat itu," kata Adi seperti dikutip dalam keterangan diterima, Senin (13/3/2023).

Kondisi serupa juga terjadi saat, kata Adi, dalam beberapa survei Ganjar Pranowo lebih unggul dari Prabowo. Sehingga partai pendukung pasti melihat elektabilitas yang tertinggi untuk memilih calon presiden.

"Bila PDIP nanti umumkan capresnya Ganjar Pranowo, maka jelas PDIP secara elektabilitas lebih tinggi dari Gerindra dan juga Ganjar punya elektabilitas lebih tinggi dari Prabowo," Adi menutup.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo menegaskan, Prabowo tidak mungkin menjadi calon wakil presiden, sebab dibandingkan Ganjar, Prabowo jauh lebih senior dan berpengalaman.

"Saya kira sudah tidak mungkin kalau Pak Prabowo calon wakil presiden. Pak Prabowo jauh lebih senior, 15 tahun lebih tua pengalamannya berbeda kan," ujarnya.

Hashim mengaku kesempatan Ganjar menjadi calon wakil presiden terbuka lebar, namun tetap harus dengan persetujuan PKB.

"Kemungkinan itu terbuka kalau Pak Ganjar mau jadi tapi harus disetujui oleh PKB. Kan begitu harus disetujui PKB, kami terbuka," ujarnya.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menegaskan pihaknya belum menentukan calon presiden untuk Pilpres 2024. Hal ini disampaikan untuk menjawab pertanyaan tentang duet Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Sekjen PDIP Hasto Kristyanto menegaskan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri lah yang akan menentukan calon presiden yang akan diusung.

"Ya nanti Ibu Megawati Soekarnoputri yang akan memutuskan pasangan yang terbaik dan sesuai dengan yang menjadi harapan rakyat," kata Hasto dalam keterangannya, Senin (13/3/2023).

Kewenangan Megawati menentukan calon presiden dan calon wakil presiden sudah berjalan selama ini. Hasto mencontohkan ketika Megawati memiliki Joko Widodo di Pilpres 2014 dan 2019.

"Jadi, kalau kita lihat secara empiris pada tahun 2014 dan 2019, maka tahapannya, Ibu Megawati Soekarnoputri menetapkan calon presiden dari internal PDI Perjuangan, pada saat itu adalah Bapak Jokowi," ujar Hasto.

Hasto menegaskan, PDIP terbuka jika ingin bekerjasama dengan parpol lain termasuk Gerindra. Tapi syaratnya calon presiden harus kader partai banteng.

"Ya penawaran kerjasama tentu saja dalam rangka calon presiden, berasal dari PDI Perjuangan," tegas Hasto

"Sebagai partai pemenang pemilu dengan kepercayaan rakyat dua kali berturut-turut, tentu saja kami akan mengusung calon presiden dan inilah sebagai konsekuensi dari keputusan Kongres Ke-lima pada tahun 2019 lalu," sambungnya.


Cak Imin Tak Khawatir Keakraban Prabowo dan Ganjar

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengomentari soal keakraban Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo saat mendampingi Presiden Joko Widodo di Jawa Tengah.

Dia mengatakan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo mempunyai potensi untuk berkompetisi di Pilpres 2024. Untuk itu, dia menilai pertemuan Prabowo dan Ganjar saat menemani Presiden Joko Widodo meninjau panen raya di Kebumen, Jawa Tengah adalah hal yang positif.

"Pertemuan Pak Ganjar dengan Prabowo sebagai masing-masing memiliki potensi untuk berkompetisi adalah pertemuan yang sangat positif buat persiapan kita semua yang kondusif," ujar Cak Imin.

Menurutnya, kedekatan para tokoh politik diperlukan untuk konsolidasi demokrasi. Agar pemilu berlangsung kondusif, saling menghargai dan menghormati.

"Ya tentu kedekatan tokoh-tokoh satu dengan yang lain sangat penting untuk konsolidasi demokrasi kita sehingga semua proses politik, seleksi politik kita berjalan dengan kondusif, saling menghargai dan menghormati," ujar Cak Imin.

Muhaimin pun mengaku tak khawatir dengan kedekatan Prabowo dan Ganjar. Sebab ia yakin Gerindra memiliki komitmen dengan PKB. Keputusan soal calon presiden dan calon wakil presiden akan diputuskan bersama antara Prabowo dan Cak Imin.

"Ya tidak ada, karena kita sudah berkomitmen ya, nanti keputusan ada ya, terakhir nanti diputuskan dengan saya dan pak Prabowo," ujar Cak Imin.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid meyakini bahwa Gubernur Jawa Tengah sekaligus kader PDIP Ganjar Pranowo, akan menolak wacana diduetkan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Dia menilai wacana tersebut terlalu spekulasi dan dapat menggangu fokus serta arah koalisi PKB-Gerindra.

"Itu wacana spekulatif, dan dapat mengganggu fokus dan arah koalisi PKB-Gerindra. Coba tanya Pak Ganjar yang juga kader PDIP, saya yakin akan menolak wacana duet itu," kata Jazilul, saat dikonfirmasi, Senin (13/3/2023).

Jazilul pun berharap, agar seluruh pihak saling menghargai dan menghormati setiap keputusan partai politik. Dia menegaskan, untuk sosok capres dan cawapres menjadi kewenangan Prabowo dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Harapan saya, kita saling hormati dan menjaga komitmen, toh sudah jelas mandatnya ada ditangan Prabowo dan Cak Imin," tegasnya.

Lebih lanjut, Jazilul menegaskan jika hingga saat ini antara Prabowo dengan Cak Imin semakin intens dan mesra. Dan tidak ada wacana untuk meningkalkan koalisi.

"Sepanjang ini belum ada wacana meninggalkan Koalisi, malah makin mesra. Prabowo-Cak Imin ketemu di pesantren Bumi Shalawat Sidoarjo," imbuh Wakil Ketua MPR RI itu.


Cak Imin Bertemu Prabowo di Jawa Timur

Pasca gempar soal keakraban antara Prabowo dan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah saat mendampingi Jokowi, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto langsung bertemu rekan koalisinya, Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di pernikahan putra dari ulama kharismatik dan tokoh Nahdlatul Ulama di Jawa Timur, KH Agoes Ali Masyhuri.

Cak Imin mengaku turut dijodohkan dengan Prabowo untuk maju di Pilpres 2024 oleh pengasuh Ponpes Bumi Shalawat, Sidoarjo, Jawa Timur tersebut.

"Kyai Agoes Ali Masyhuri, karena kecerdasan beliau dan langkah beliau yang selalu lincah, banyak orang memanggil beliau dengan Gus Ali. Hari ini beliau menikahkan putra terakhir Gus Burhan dan mengundang saya dan Pak Prabowo," ujar Cak Imin melalui akun Instagramnya.

"Sejak awal beliau berpesan harus datang karena akan menikahkan 2 pasangan. Ternyata pasangan yang kedua yang dimaksud adalah Pak Prabowo dan saya," jelasnya.

Menurut Cak Imin, Gus Ali yakin duetnya dengan Prabowo Subianto bisa menang di Pilpres 2024. Gus Ali juga akan bergerak memenangkan duet Prabowo-Cak Imin.

"Kepada Pak Prabowo dan saya, Gus Ali meyakinkan bahwa duet ini akan menang Pilpres 2024, bahkan beliau yang akan bergerak sendiri usaha lahiriyah maupun batiniyah," kata Cak Imin.

Cak Imin juga dititipkan pesan bahwa koalisi PKB dan Gerindra akan membawa kebaikan untuk bangsa. Ia yakin koalisi ini bisa menang di Pilpres 2024.

"Beliau meyakinkan kepada kita bahwa PKB dan Gerindra akan maslahah untuk umat dan bangsa," kata Wakil Ketua DPR RI ini.

"Di Pesantren Bumi Sholawat ini kami didoakan khusus untuk menang 2024," tandas Cak Imin.