Selebgram Ajudan Pribadi Ditangkap

Selebgram Ajudan Pribadi Ditangkap Polisi Diduga Terlibat Penipuan hingga Rp 1,3 Miliar

Liputan6.com 2023-03-14 17:20:13
Hmmm, sepertinya ini perlu direvisi. (Instagram/Ajudan_Pribadi)

Seorang selebgram berinisial A yang diduga Akbar Pera ditangkap atas dugaan penipuan. Akbar Pera selama ini dikenal sebagai pemilik akun Ajudan Pribadi.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Andri Kurniawan membenarkan penangkapan tersebut.

"Inisial A, yang bersangkutan adalah selebgram, sementara masih berproses di kita. Kita amankan di Makassar," kata Andri di Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Menurut dia, Ajudan Pribadi diduga melakukan penipuan dan penggelapan.

"(Kasusnya) penipuan dan penggelapan, (pasal) 378," jelas dia.

Andri menyebut penangkapan yang bersangkutan adalah buntut dari laporan ke pihak Polres Jakarta Barat pada 2022.

"Ada laporan awal terjadi November 2022 dengan kerugian Rp 1,3 miliar," dia menutup soal Ajudan Pribadi ditangkap.


Sosok Ajudan Pribadi

Diketahui, Akbar menjadi selebgram usai akun sosial medianya yang bernama @ajudan_pribadi viral. Tingkahnya yang konyol saat menjalankan tugasnya sebagai ajudan pribadi membuatnya disukai warganet.

Sebelumnya, akun sosial medianya bersifat terbuka publik. Namun saat berita yang diduga terkait dirinya mencuat akun sosial medianya kini diatur ke mode private.

Nasib Mario Dandy di Balik Bui

Nasib Mario Dandy di Balik Bui: Tak Dijenguk Orang Tua, Tak Peduli Kabar AG Kekasihnya

Liputan6.com 2023-03-13 10:45:03
Tersangka Mario Dandy Satriyo bereaksi saat menjalani rekonstruksi penganiayaan David Ozora di Perumahan Green Permata, Jakarta, Jumat (10/3/2023). Sebanyak 23 adegan diperagakan dalam rekons

Mario Dandy Satriyo rupanya belum pernah sekalipun dijenguk oleh keluarganya sejak mendekam di rumah tahanan (rutan) usai ditetapkan sebagai tersangka kasus penganiayaan David Ozora.

"Belum (ada keluarga yang mengunjungi)," ujar pengacara Mario, Dolfie Rompas, saat dikonfirmasi, Senin (13/3/2023).

Dolfie pun mengaku tak mengetahui alasan keluarganya tak menjenguk Mario Dandy, termasuk ayahnya Rafael Alun Trisambodo dan ibunya Ernie Mieke. Diketahui, Mario Dandy ditahan di rutan sejak akhir Februari 2023 lalu.

Selain itu, Mario Dandy juga mengaku tak pernah menanyakan kabar pacarnya, AG.

"Tidak ada, belum ada (tanya kondisi AG)," ujar Dolfie.

Dolfi mengatakan, Mario justru terus menanyakan kondisi David Ozora.

"Klien kami selalu menanyakan kepada kami mengenai kondisi korban. Beliau setiap kali mendengar merasa perlu mendoakan korban segera pulih," katanya.

Namun, pengacara Mario lainnya, Basri, mengaku tak bisa menjelaskan kondisi David sebenarnya. Sebab, informasi tersebut hanya dia dapatkan dari media.

"Yang selalu ditanyakan 'bagaimana kondisi David', sampai sejauh mana, karena kan kami hanya dengar dari media katanya sudah membaik, kami sampaikan seperti apa yang kami dengar dan kami tahu dari media," sebutnya.


Kasus Penganiayaan David Ozora

Sekedar informasi, Polda Metro Jaya telah mengkonstruksikan pasal baru terhadap kedua tersangka dan satu pelaku. Penetapan tersebut usai pihak kepolisian mendapatkan fakta baru dan keterangan para saksi.

Untuk tersangka Mario, dijerat dengan Pasal 355 KUHP ayat 1, subsider Pasal 354 ayat 1 KUHP, subsider 535 ayat 2 KUHP, subsider 351 ayat 2 KUHP. Penyidik juga mengenakan Mario Pasal 76c Jo 80 Undang-Undang Perlindungan Anak.

"Dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara," tutur Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi.

Tidak hanya itu, untuk tersangka Shane dijerat Pasal 355 ayat 1 Jo Pasal 56 KUHP, subsider 354 ayat 1 Jo 56 KUHP, subsider 353 ayat 2 Jo 56 KUHP, subsider 351 ayat 2 Jo 76c Undang-Undang Perlindungan Anak.

Sedangkan untuk pelaku AG, Pasal 76 c jo Pasal 80 UU Perlindungan Anak dan atau 355 ayat 1 Jo 56 subsider 353 ayat 1 KUHP subsider 351 ayat 2 KUHP.

Mereka bertiga ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga terlibat dalam aksi penganiayaan kepada David anak pengurus pusat GP Ansor di Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

Utang Indonesia Jadi Rp 6.221 Triliun

Utang Luar Negeri Indonesia Terkontraksi Jadi Rp 6.221 Triliun di Januari 2023

Liputan6.com 2023-03-14 12:20:44
Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Selain itu BI juga meminta masyarakat agar menukarkan uang yang suda

Bank Indonesia mencatat Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Januari 2023 tetap terkendali. Posisi Utang Luar Negeri Indonesia pada Januari 2023 tercatat sebesar USD 404,9 miliar atau Rp 6.221 triliun (estimasi kurs rupiah 15.366 per dolar AS).

Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan Utang Luar Negeri Indonesia pada Januari 2023 secara tahunan mengalami kontraksi sebesar 1,9 persen (yoy), melanjutkan kontraksi pada bulan sebelumnya sebesar 4,1 persen (yoy).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono menjelaskan, kontraksi pertumbuhan ini bersumber dari Utang Luar Negeri pemerintah dan sektor swasta.

"Perkembangan posisi Utang Luar Negeri pada Januari 2023 juga dipengaruhi oleh faktor perubahan akibat pelemahan mata uang dolar AS terhadap mayoritas mata uang global, termasuk Rupiah," jelas dia dalam keterangan tertulis, Selasa (14/3/2023).

Utang Luar Negeri pemerintah masih berada dalam fase kontraksi. Pada Januari 2023, posisi Utang Luar Negeri pemerintah tercatat sebesar USD 194,3 miliar, atau secara tahunan mengalami kontraksi sebesar 2,5 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan kontraksi pada bulan sebelumnya sebesar 6,8 persen (yoy).

Perkembangan Utang Luar Negeri tersebut terutama didorong oleh peningkatan penempatan investasi portofolio di pasar Surat Berharga Negara (SBN) domestik dan internasional seiring sentimen positif kepercayaan pelaku pasar global yang makin meningkat.

Pemerintah terus berkomitmen untuk mengelola Utang Luar Negeri secara hati-hati, kredibel, dan akuntabel, termasuk menjaga kredibilitas dalam pemenuhan kewajiban pembayaran pokok dan bunga utang secara tepat waktu.

Sebagai salah satu komponen dalam instrumen pembiayaan APBN, Utang Luar Negeri berperan penting untuk mendukung upaya Pemerintah dalam pembiayaan sektor produktif serta belanja prioritas, khususnya dalam rangka menopang dan menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap solid di tengah ketidakpastian kondisi perekonomian global.

Dukungan tersebut antara lain mencakup sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial (24,0 persen dari total Utang Luar Negeri pemerintah), administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib (17,8 persen), jasa pendidikan (16,7 persen), konstruksi (14,3 persen), dan jasa keuangan dan asuransi (10,4 persen).

Posisi Utang Luar Negeri pemerintah relatif aman dan terkendali mengingat hampir seluruh Utang Luar Negeri memiliki tenor jangka panjang dengan pangsa mencapai 99,7 persen dari total Utang Luar Negeri pemerintah.


Utang Luar Negeri Swasta

Utang Luar Negeri Swasta juga melanjutkan tren kontraksi pertumbuhan. Posisi Utang Luar Negeri swasta pada Januari 2023 tercatat sebesar USD 201,2 miliar, atau secara tahunan mengalami kontraksi sebesar 1,5 persen (yoy), melanjutkan kontraksi pada bulan sebelumnya sebesar 1,8 persen (yoy).

Pertumbuhan Utang Luar Negeri perusahaan bukan lembaga keuangan (nonfinancial corporations) mengalami kontraksi sebesar 1,1 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan kontraksi pada bulan sebelumnya sebesar 1,5 persen(yoy).

Sementara itu, pertumbuhan Utang Luar Negeri lembaga keuangan (financial corporations) mengalami kontraksi 3,1 persen (yoy), lebih dalam dibandingkan dengan kontraksi pada bulan sebelumnya sebesar 2,7 persen (yoy).

Berdasarkan sektor ekonomi, Utang Luar Negeri swasta terbesar bersumber dari sektor jasa keuangan dan asuransi; industri pengolahan; pengadaan listrik, gas, uap atau air panas, dan udara dingin; serta pertambangan dan penggalian, dengan pangsa mencapai 77,6 persen dari total Utang Luar Negeri swasta.

Utang Luar Negeri swasta juga tetap didominasi oleh Utang Luar Negeri jangka panjang dengan pangsa mencapai 75,2 persen terhadap total Utang Luar Negeri swasta.


Masih Sehat

Struktur Utang Luar Negeri Indonesia tetap sehat, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. Utang Luar Negeri Indonesia pada Januari 2023 tetap terkendali, tecermin dari rasio Utang Luar Negeri Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang tetap terjaga di kisaran 30, persen, sedikit meningkat dibandingkan dengan rasio pada bulan sebelumnya sebesar 30,1 persen.

Selain itu, struktur Utang Luar Negeri Indonesia yang sehat juga ditunjukkan oleh Utang Luar Negeri yang tetap didominasi oleh Utang Luar Negeri berjangka panjang, dengan pangsa mencapai 87,4 persen dari total Utang Luar Negeri.

Dalam rangka menjaga agar struktur Utang Luar Negeri tetap sehat, Bank Indonesia dan Pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam pemantauan perkembangan Utang Luar Negeri, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

Peran Utang Luar Negeri juga akan terus dioptimalkan dalam menopang pembiayaan pembangunan dan mendorong pemulihan ekonomi nasional, dengan meminimalisasi risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian.

Koleksi Tas Hermes Istri Rafael Alun

Warganet Ungkap Koleksi Tas Hermes Istri Rafael Alun Trisambodo, Total Harganya Capai Miliaran Rupiah

Liputan6.com 2023-03-14 03:04:58
Warganet Ungkap Koleksi Tas Hermes Istri Rafael Alun Trisambodo, Total Harganya Capai Miliaran Rupiah. foto: Twitter @logikapolitikid

Koleksi tas mewah yang diduga milik istri dari mantan pejabat pajak, Rafael Alun Trisambodo kembali terkuak ke publik. Deretan koleksi tas mewah yang dimiliki istri Rafael Alun yaitu Ernie Meike Torondek, terungkap di media sosial.

Hal itu diketahui dari unggahan akun Twitter @logikapolitikid yang membagikan deretan koleksi tas mewah milik istri Rafael Alun Trisambodo. "Tas part 1. Harusnya yang posting beginian itu akun lambe" tulis akun Twitter @logikapolitikid pada 11 Maret 2023.

Dalam unggahan tersebut, setidaknya ada delapan koleksi tas mewah yang diyakini milik ibu dari Mario Dandy tersebut. Semuanya merupakam merek Hermes yang dikenal dengan harga produknya yang fantastis.

Yang pertama, ada tas Hermes Birkin 25 Sellier Nata Epsom Leather with Gold Hardware Tas ini dibanderol dengan harga 38,500 dollar AS atau sekitar Rp600 juta.

Selain itu ada tas Hermes Birkin 25 Gris Meyer Logo Leather with Gold Hardware. Harga tas itu sekitar 30,500 dollar AS atau hampi setrara Rp460 juta.

Kemudian ada Hermes Kelly 25 Sellier Rouge Casaque Epsom Leather with Gold Hardware. Tas ini dibandrol dengan harga 29,000 dollar Amerika atau Rp450 juta.

Lalu ada Hermes Kelly 25 Sellier Bleu Frida Epsom Leather with Gold HardwareHarga tas ini mencapai 28,500 dolar AS atau sekitar Rp450 juta. Kita juga melihat ada Hermes C18 Etoupe Epsom Ghw with Mirror. Tas ini dibanderol dengan harga sekitar Rp246 juta.


Tanggapan Warganet

Ada juga Hermes Mini Lindy Rose Extreme Clemence Leather with Palladium Hardware. Harga tas ini mencapai 9,250 dollar AS atau sekitar Rp138S juta.

Selanjutnya ada Hermes Lindy 26 Bag (Gold) in Taurillon Clemence Leather with Shoulder Strap and Handles and Palladium Plated Hardware. Tas ini harganya mencapai 7,550 dollar AS atau sekitar Rp115 juta.

Terakhir, ada Hermes Lindy 26 Bag in Ultra Supple Niloticus Crocodile Leather Shoulder Strap and Hand Strap with Gold Plated Hardware. Harga tas ini sekitar 33.1100 dollar AS atau sekitar Rp495 juta. Delapan koleksi tas mewah milik istri Rafael Alun Trisambodo itu totalnya bisa mencapai miliaran rupiah.

Deretan koleksi tas milik istri Rafael Alun itu juga bisa dilihat di akun TikTok @elyaksa. Uhggahan itu mendapat banyak komentar dari warganet yang sebagian besar merasa heran karena istri seorang pejabat bisa memiliki begitu banyak koleksi tas mewah.

"Itu baru tas yah... gmn sepatu.. outfit... coat... gw rakjel kaum yg balikin botol sampo yg masih ada dikit... cuma bisa ngelus dompet yg rata... ," komentar seorang warganet.

"Yakinlah, setiap struk belanjaan kita sudah membuat orang bea cukai+pajak kaya raya. Tetap semangat ya wan kawan," komentar warganet lainnya.


Tak Hanya Tas Hermes

Sebelumnya, koleksi tas mewah Ernie beredar di deretan unggahan media sosial yang viral. Salah satunya juga dimuat dalam utas akun Twitter @logikapolitikid yang dibagikan pada Jumat, 25 Februari 2023. Ada beberapa koleksi tas mewah selain brand Hermes.

Sederet foto ini diduga diambil dari akun Instagram ibunda Mario yang sekarang sudah tidak dapat ditemukan, berdasarkan penelusuran Liputan6.com pada Sabtu siang (25/2/2023). Tanpa memperlihatkan wajahnya, deretan koleksi tas diduga milik ibunda Mario ini tercatat sebagai rilisan berbagai rumah mode mewah.

Salah satunya, ia tampak menenteng Medium Dior Book Tote, koleksi rumah mode Prancis yang digadang-gadang jadi "favorit selebritas dunia," menurut Preview, dikutip Sabtu (25/2/2023). Tas itu diperkenalkan direktur kreatif Dior, Maria Grazia Chiuri, pada 2018.

The Book Tote diambil dari gambar perancang busana Prancis Marc Bohan pada 1967 di arsip Dior. Tas jinjing ini disebut sebagai perwujudan keanggunan kasual dan fungsional, sekaligus ikonis. Merujuk situs web perusahaan, tas mewah ini dijual dengan harga retail 2,7 ribu euro (sekitar Rp43,6 juta).


Koleksi Tas Lainnya

Dari merek yang sama, diduga ibunda Mario ini juga sempat memakai koleksi lady Dior shoulder bag dalam empat warna berbeda, yakni krim, hitam, putih, dan merah, serta Christian Dior Cream Montaigne Bag. Harga sejumlah tas tersebut berkisar antara 1.980 euro sampai 4,3 ribu euro (sekitar Rp32 juta--Rp69,5 juta).

Selain Dior, beberapa tas keluaran Chanel juga muncul di koleksi aksesori mewah diduga milik ibu Mario Dandy Satrio. Keduanya adalah Chanel Black Quilted Calfskin Leather Chain Handle Boy Bag dan Chanel Medium Classic Double Flap Bag Pink Iridescent Lambskin Silver Hardware, yang masing-masing seharga, 6,2 ribu dan 10.250 dolar AS (sekitar Rp94,6 juta dan Rp156,5 juta), menurut Madison Avenue Couture.

Melengkapi rangkaiannya, terdapat pula tas ikonis Hermes birkin. Seri ini jadi salah satu yang laris dengan harga retail sekitar 8,5 ribu dolar AS (sekitar Rp130 juta). Sederet tas mahal diduga milik ibunda Mario ini ikut disorot karena putranya, yang sekarang sudah berstatus sebagai tersangka kasus dugaan penganiayaan, kerap pamer harta di media sosial.

Pempek Jadi Seafood Terenak di Dunia

Pempek Masuk 5 Besar Seafood Terenak di Dunia Versi TasteAtlas

Liputan6.com 2023-03-14 07:01:00
Pempek Beringin Rajawali yang berada di Palembang, Sumatera Selatan. (Liputan6.com/Putu Elmira)

Pempek berhasil masuk daftar seafood terenak di dunia versi TasteAtlas. Makanan khas Palembang tersebut berada di posisi kelima dalam "10 Best Rated Seafood Dishes in the World" yang diperbarui pada pertengahan Februari 2023 lalu.

Dikutip dari TasteAtlas, Senin (13/3/2023), pempek mendapatkan 4,7 dari 5 bintang untuk kemenangannya. Bukan hanya penjelasan terkait pempek, laman tersebut juga menyertakan bahan-bahan utama dari pembuatan pempek, yakni mackerel, tapioka, garam, dan merica putih.

"Pempek adalah kue ikan tradisional Indonesia yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka. Asal usul masakan ini sebenarnya adalah kota Palembang yang terletak di provinsi Sumatera Selatan," demikian bunyi keterangan awal di TasteAtlas soal pempek.

Keterangan melanjutkan, "Kisah asal usul pempek mengatakan bahwa seorang warga Palembang tua sudah bosan dengan ikan goreng atau bakar tradisional, jadi dia memikirkan cara inovatif untuk menggiling daging, jadi dia memikirkan cara inovatif untuk menggiling daging, mencampurnya dengan tepung tapioka, dan menggorengnya untuk mendapatkan camilan yang renyah dan enak."

Kemudian, keterangan itu juga menjelaskan bahwa warga biasa berkeliling kota dan menjual pempek ke warga Palembang. Seiring waktu, pempek dikenal sebagai makanan ringan yang patut dipuji, dan saat ini dianggap sebagai makanan tradisional Indonesia yang lezat.

"Sajian bulat atau persegi panjang ini biasanya dikukus, dan sebelum disajikan digoreng dengan minyak sayur dan dipotong kecil-kecil," tambah keterangan itu.

Irisan ketimun, mi, atau nasi adalah pendamping khas dari pempek. Saus asam manis tradisional (cuko) biasanya disajikan sebagai pendamping sehingga pelanggan dapat menyesuaikan rasa dengan selera mereka.

TasteAtlas juga menyertakan lokasi terbaik untuk menyantap pempek. Lima lokasi teratas tersebar berada di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Palembang, dan Bandar Lampung.


Daftar 10 Seafood Terenak di Dunia Versi TasteAtlas

Lantas, mana saja 10 seafood terenak di dunia versi TasteAtlas? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini

Gambas al ajillo adalah hidangan pembuka Spanyol populer yang terdiri dari udang yang ditumis dalam wajan dengan bawang putih cincang, jus lemon, paprika, dan minyak zaitun. Hidangan ini biasanya dikonsumsi sebagai tapa, hidangan gurih Spanyol kecil, biasanya disajikan dengan minuman di bar. Dianjurkan untuk menghias gambas al ajillo dengan peterseli cincang dan memasangkannya dengan roti kering di sampingnya, yang berguna untuk membersihkan saus beraroma.

Ceviche mixto adalah makanan pembuka Peru klasik yang membedakan dirinya dari jenis ceviche lainnya dengan menambahkan berbagai bahan makanan laut ke ikan yang biasa digunakan. Itu termasuk udang, cumi-cumi, gurita, kerang, atau kerang. Beberapa remis atau kepiting kecil terkadang juga ditambahkan ke dalam hidangan.

Dinamai dari penyair abad ke-19 Raimundo Antnio de Bulho Pato, hidangan Portugis sederhana ini menggabungkan kerang dan saus beraroma yang berbahan dasar minyak zaitun, bawang putih, jus lemon, dan daun ketumbar segar. Kerang Bulho Pato biasanya dinikmati sebagai hidangan pembuka dan biasanya disajikan dengan roti di sampingnya.

Udang tumis atau you bao xia adalah masakan China di mana udang utuh digoreng dalam wajan sampai garing. Mereka kemudian direndam dalam saus gurih yang biasanya terdiri dari kaldu ayam, cuka hitam, minyak wijen, gula, dan anggur Shaoxing.


5. Pempek - Indonesia

Pempek adalah kue ikan tradisional Indonesia yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka. Asal usul masakan ini sebenarnya adalah kota Palembang yang terletak di provinsi Sumatera Selatan.

Espetos adalah tradisi Spanyol memanggang ikan sarden, yang berasal dari akhir abad ke-19, ketika para nelayan menusuk dan memanggang kelebihan ikan di perahu kecil di atas pasir. Metode modern biasanya melibatkan menempatkan 6 sarden di tusuk sate, membumbui dengan garam laut, lalu memanggangnya di atas api terbuka dari api kayu zaitun.

Setelah ikan sarden benar-benar matang dan bagian luarnya berwarna keemasan, sarden ditaburi dengan minyak zaitun dan jus lemon. Dikatakan bahwa ikan sarden adalah yang terbaik dari Mei hingga Agustus, ketika mereka sedikit lebih gemuk, yang meningkatkan rasa yang luar biasa. Di banyak bar pantai di Malaga, espeto dipasangkan dengan minuman ringan, bir, sangria, atau anggur merah Tinto de verano.

Maguro nigiri sushi adalah jenis sushi nigiri tradisional Jepang. Ini terdiri dari nasi sushi yang ditekan dengan tangan yang diberi irisan tuna. Potongan tuna yang berbeda diklasifikasikan sebagai otoro (berlemak), chutoro (berlemak sedang), dan akami (daging merah).

Hidangan ini memiliki rasa yang ringan dan tekstur yang kaya sehingga cocok untuk pendatang baru sushi. Secara tradisional, sushi jenis ini dimakan dengan tangan dalam sekali suap. Biasanya ditemani kecap asin, wasabi, atau acar jahe (gari) di sampingnya.


8. Loimulohi - Finlandia

Loimulohi adalah metode tradisional Finlandia dalam menyiapkan salmon atau rainbow trout. Ikan diasapi di atas papan kayu yang diletakkan vertikal di atas api terbuka. Sebelum diproses, salmon biasanya dibumbui dengan garam laut dan dilumuri atau diolesi dengan jus lemon, madu, atau buah juniper.

Waktu memasak tergantung jarak dari bara. Setelah selesai, ikan berasap bisa langsung dimakan dari papannya.

Vieiras en su concha adalah hidangan tradisional Spanyol yang berasal dari Galicia, terdiri dari kerang yang disajikan dalam cangkangnya. Hidangan ini biasanya dibuat dengan kombinasi kerang, minyak zaitun, bawang merah, bawang putih, pimenton, anggur putih, saus tomat, garam, merica, remah roti, dan peterseli.

Oktapodi sta karvouna adalah hidangan gurita tradisional yang berasal dari Yunani. Meski ada variasinya, hidangan ini biasanya dibuat dengan kombinasi gurita, cuka anggur merah, minyak zaitun, dan oregano. Gurita dicuci, dikeringkan, dan diletakkan di atas panggangan di atas api arang.

TIM Direvitalisasi, Planetarium Tak Berfungsi

Akademi Jakarta Bersurat ke Jokowi, Keluhkan Planetarium TIM Tak Berfungsi Setelah Revitalisasi

Liputan6.com 2023-03-14 08:31:28
Bangunan revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (11/3/2022). Hingga saat ini progres pembangunan TIM telah mencapai 89 persen. (Liputan6.com/Herman Z

Akademi Jakarta yang merupakan dewan penasihat gubernur DKI Jakarta dalam bidang seni dan budaya telah menyerahkan surat aduan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) ihwal kondisi Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ) usai revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM).

"Bukan permohonan, tetapi penyampaian berbagai persoalan POJ sesudah revitalisasi dan rekomendasi," kata Anggota Akademi Jakarta Karlina Supelli dalam keterangan tertulis, Senin 13 Maret 2023.

Karlina menyampaikan sebelum bersurat ke Jokowi, pihaknya telah lebih dulu mengadukan persoalan POJ kepada Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan sebelum habis masa jabatan.

Selain itu, aduan juga sudah dilayangkan ke Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono namun nihil tanggapan. Sehingga diputuskan untuk bersurat langsung ke Jokowi.

"Akademi Jakarta sebetulnya sudah berkirim surat tentang POJ kepada Gubernur DKI sebelum turun jabatan dan juga kepada Pj Gubernur sesudah beliau menjabat," kata dia.

"Karena tidak ada tanggapan dari Gubernur DKI Jakarta, Akademi Jakarta menyampaikan surat kepada Presiden RI," sambungnya.

Menurut Karlina, surat yang disampaikan ke Jokowi itu diteruskan ke Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Aduan, kata dia ditanggapi serius Menko PMK hingga kala itu POJ di TIM ditinjau langsung kondisinya.

"Surat itu diteruskan ke Menko PMK. Kemenko PMK menanggapi cukup serius dengan kunjungan salah satu Deputi Menko PMK ke POJ untuk melihat kondisinya," ungkap dia.

Adapun lampiran momerandum dalam dokumen surat yang dilayangkan tersebut, Akademi Jakarta menyebut kondisi POJ pasca revitalisasi TIM justru menciutkan fungsinya, misalnya pada persoalan penggantian karpet dan kursi di Teater Bintang yang oleh PT Jakarta Propertindo (JakPro) selaku penanggung jawab revitalisasi TIM.

Keberadaan kursi baru di Teater Bintang itu dinilai tidak cocok bagi fungsi Planetarium sebagai penyelenggara pendidikan informal ilmu pengetahuan.

Selain itu, rencana perbaikan proyektor Teater Bintang yang dikeluarkan dari kontrak Jakpro dengan alasan Carl Zeiss Jena tidak memenuhi Good Corporate Governance juga disorot, lantaran tidak memuat perincian alasan.


Planetarium Masih Kosong

Selanjutnya, terungkap bahwa Jakpro berencana melakukan perbaikan ruang pameran Planetarium. Namun didapati isinya sampai sekarang masih kosong. Tak hanya itu, lobi pengunjung yang tadinya luas dan terlindung (bila hujan) kini dipersempit dan terbuka.

Akademi Jakarta juga menyinggung fasilitas pendukung di POJ yang menjadi sangat tidak memadai sesudah TIM direvitalisasi, seperti hilangnya ruang multi-media yang sebelumnya berfungsi sebagai ruang pertunjukan kedua sesudah Teater Bintang bagi layar datar.

Begitu pula ruang kelas dan perpustakaan. Sebagai pengganti diberikan ruangan besar tanpa fasilitas kecuali lampu dan AC.

"Pelemahan fungsi Planetarium & Observatorium Jakarta pasca Revitalisasi TIM adalah masalah yang sangat sensitif di mata masyarakat ilmiah dan telah memicu tanggapan dalam beberapa diskusi ilmiah," demikian bunyi surat yang dikutip Liputan6.com.

Lebih lanjut dalam suratnya Akademi Jakarta juga menjelaskan bahwa perbaikan pada area gedung penyangga Planetarium justru menghancurkan fungsi Observatorium. Adapun rinciannya sebagai berikut:

1. Observatorium untuk teleskop Takahashi berdiameter 13 cm.

2. Observatorium untuk teleskop ASKO berdiameter 31 cm.

3. Observatorium untuk teleskop Coude berdiameter 15 cm.


Rekomendasi Akademi Jakarta untuk Planetarium dan Observatorium

Sementara itu, sejumlah rekomendasi yang disampaikan Akademi Jakarta antara lain:

Junta Militer Myanmar Bantai 28 Orang

Junta Militer Myanmar Disebut Bantai 28 Orang di Biara, termasuk 3 Biksu

Liputan6.com 2023-03-13 20:15:37
Aktivitas pelatihan militer yang dilakukan oleh kelompok pemberontak KNPP di Negara Bagian Kayah, Myanmar.Serangan yang dilancarkan junta militer di desa-desa membuat para warga berlindung di

Sedikitnya 28 orang tewas oleh tentara Myanmar di sebuah biara di Negara Bagian Shan. Klaim tersebut disampaikan kelompok pemberontak.

"Pasukan menembaki Desa Nan Nein pada Sabtu (11/3/2023)," kata Pasukan Pertahanan Kebangsaan Karenni (KNDF) seperti dilansir BBC, Senin (13/3/).

Jumlah pertempuran mematikan antara militer dan kelompok perlawanan bersenjata di Myanmar meningkat sejak junta merebut kekuasaan melalui kudeta dua tahun lalu.

Beberapa pertempuran paling sengit terjadi di Negara Bagian Shan, yang berbatasan dengan ibu kota Naypyitaw dan Thailand.

"Pada Sabtu, angkatan udara dan artileri memasuki desa setelah penembakan sekitar pukul 16.00 waktu setempat dan mengeksekusi penduduk desa yang mereka temukan bersembunyi di dalam sebuah biara," kata KNDF.

Sebuah video dari KNDF -salah satu dari beberapa tentara etnis yang bergabung dalam perang melawan junta militer- menunjukkan setidaknya 21 jasad, termasuk tiga orang berjubah oranye yang umumnya dikenakan oleh biksu Buddha, menumpuk di biara. Jasad-jasad itu diduga memiliki luka tembak. Video tersebut juga memperlihatkan dinding biara yang dipenuhi lubang peluru.

Surat kabar lokal The Kantarawaddy Times yang mengutip juru bicara KNDF menyebutkan, "Sepertinya (militer) membuat mereka berbaris di depan biara dan secara brutal menembak mereka semua, termasuk para biarawan."

Kelompok tersebut mengatakan kepada BBC bahwa mereka telah menemukan tujuh mayat lainnya di dekat desa kecil itu.

Beberapa bangunan dan rumah di sekitarnya juga dibakar dalam apa yang dikatakan KNDF sebagai serangan militer di desa tersebut.

Kelompok itu mengatakan penduduk desa percaya berlindung dengan biksu yang sangat dihormati di daerah itu dapat menjamin perlindungan mereka. Sementara itu, sejumlah warga lainnya dilaporkan sempat dievakuasi sebelum tentara tiba.


Perang Saudara Meningkat Pasca Kudeta

Rincian insiden tersebut sulit untuk diverifikasi, tetapi sifat buas dari serangan terhadap warga sipil tak bersenjata bukanlah hal baru di Myanmar. KNDF mengatakan kepada BBC bahwa sejak 25 Februari, telah terjadi peningkatan bentrokan dan pertempuran saat tentara junta maju ke daerah Nan Nein.

Nan Nein berada di jalur utama dari Negara Bagian Shan ke Negara Bagian Kayah, sebuah jalur yang menurut junta sangat penting untuk memasok senjata ke kelompok pemberontak yang berperang melawan mereka. Itu juga merupakan daerah dengan populasi campuran dari kelompok etnis yang bersaing: Pa-O, Shan, dan Karenni.

Organisasi Nasional Pa-O dan sayap bersenjatanya sangat mendukung junta militer. Penduduk setempat melaporkan tentara telah meningkatkan upaya untuk memperkuat milisi etnis pro-junta di wilayah itu untuk menantang oposisi yang menguasai daerah tersebut.

Dan menurut pengamat, dalam beberapa bulan terakhir, serangan disusul dengan serangan balik telah membuka jalan bagi eskalasi.

"Kelompok Karenni telah merebut sejumlah desa, sehingga militer Myanmar sekarang menembaki mereka," kata seorang pejabat desa di dekat pos militer Saung Pyaung kepada surat kabar lokal The Irrawaddy.

Myanmar telah terjebak dalam perang saudara selama beberapa dekade, yang meningkat setelah kudeta pada tahun 2021.

Satu setengah juta orang telah mengungsi, 40.000 rumah telah dimusnahkan, delapan juta anak tidak lagi bersekolah, dan 15 juta orang dinilai oleh PBB sangat kekurangan makanan.

Asosiasi Bantuan Tahanan Politik (AAPP) menyebutkan, lebih dari 2.900 orang tewas oleh junta militer selama penumpasan perbedaan pendapat, sejak mereka merebut kekuasaan.

Borong Properti Pakai Duit Korupsi

Putri Eks Diktator Uzbekistan Dituduh Belanja Properti Rp3,8 Triliun dengan Uang Korupsi

Liputan6.com 2023-03-13 21:33:02
Putri mantan Presdien Uzbekistan Islam Karimov, Gulnara Karimova (AFP)

Laporan Freedom For Eurasia menyebutkan bahwa Gulnara Islamovna Karimova, putri mantan diktator Uzbekistan Islam Karimov, yang berprofesi sebagai mantan pebisnis, bintang pop, sekaligus diplomat menghabiskan US$ 250 juta atau sekitar Rp3,8 triliun untuk membeli properti di London hingga Hong Kong.

Gulnara Karimova dilaporkan menggunakan perusahaan Inggris untuk membeli sejumlah rumah dan sebuah jet dengan dana yang diperoleh melalui suap dan korupsi. Dalam laporannya, Freedom for Eurasia menambahkan bahwa firma akuntansi di London dan British Virgin Islands bertindak untuk perusahaan Inggris yang terlibat dalam kesepakatan tersebut.

Laporan ini disebut telah menimbulkan keraguan baru tentang upaya Inggris mengatasi kekayaan ilegal. Otoritas Inggris telah lama dituduh tidak berbuat cukup dalam mencegah penjahat dari luar negeri menggunakan properti Inggris untuk pencucian uang.

Gulnara Karimova sendiri semula diprediksi akan menggantikan ayahnya, yang memerintah Uzbekistan dari tahun 1989 hingga kematiannya pada tahun 2016. Gulnara Karimova memiliki nama panggung "Googoosha", dia menjalankan perusahaan perhiasan, dan sempat menjabat sebagai duta besar Uzbekistan untuk Spanyol.

Pada tahun 2014, Gulnara Karimova menghilang dari pandangan publik. Belakangan, diketahui bahwa dia telah ditahan atas tuduhan korupsi.

Gulnara Karimova dijatuhi hukuman pada Desember tahun 2017. Pada tahun 2019, dia dikirim ke penjara karena melanggar ketentuan tahanan rumahnya.

Jaksa menuduh Gulnara Karimova adalah bagian dari kelompok kriminal yang menguasai aset lebih dari US$ 1 miliar di 12 negara, termasuk Inggris, Rusia, dan Uni Emirat Arab.

"Kasus Gulnara Karimova adalah salah satu kasus suap dan korupsi terbesar sepanjang masa," kata salah satu penyusun laporan Freedom For Eurasia yang juga peneliti di University of Oxford, Tom Mayne, seperti dilansir BBC, Senin (13/3/2023).

Namun, Gulnara Karimova dan rekan-rekannya, disebut telah menjual sebagian properti tersebut.


Pacar Gulnara Karimova Diduga Terlibat

Freedom For Eurasia meneliti catatan pendaftaran properti dan tanah untuk mengidentifikasi setidaknya 14 properti di berbagai negara, termasuk Inggris, Swiss, Prancis, Dubai, dan Hong Kong, yang dikabarkan dibeli dengan dana diduga mencurigakan sebelum Gulnara Karimova ditangkap.

Laporan Freedom For Eurasia yang akan diterbitkan pada Selasa (14/3/2023), berjudul "Who Enabled the Uzbek Princess?", berfokus pada lima properti yang dibeli di dalam dan sekitar London, yang sekarang bernilai sekitar 50 juta pound sterling - termasuk tiga flat di Belgravia, tepat di sebelah barat Istana Buckingham, sebuah rumah di Mayfair, dan sebuah rumah senilai 18 juta pound sterling dengan danau berperahu pribadi di Surrey.

Dua flat di Belgravia dijual pada tahun 2013 sebelum Gulnara Karimova ditahan. Pada tahun 2017, rumah di Mayfair, rumah di Surrey, dan flat ketiga di Belgravia dibekukan oleh Serious Fraud Office.

Laporan Freedom For Eurasia juga menyebut nama sejumlah perusahaan di London dan British Virgin Islands yang diklaim digunakan oleh Gulnara Karimova atau rekannya untuk memungkinkan mereka membelanjakan hasil kejahatan di sektor properti dan jet pribadi.

Pacar Gulnara Karimova, Rustam Madumarov, dan orang lain yang diduga rekan Gulnara Karimova terdaftar dalam dokumen resmi sebagai "pemilik manfaat", tetapi laporan Freedom For Eurasia menggarisbawahi bahwa mereka hanya proksi bagi Gulnara Karimova, yang menggunakan perusahaan-perusahaan itu untuk mencuci ratusan juta dolar.

Karena transaksi yang dilakukan bernilai tinggi dan terkait dengan yurisdiksi berisiko tinggi, Freedom For Eurasia berpendapat bahwa perusahaan Inggris yang terlibat sudah sepatutnya melakukan pemeriksaan latar belakang menyeluruh untuk memastikan sumber dana sah dan tidak berasal dari kegiatan kriminal.

Mayne mengatakan, betapa mudahnya Gulnara Karimova membeli begitu banyak properti di Inggris sangat memprihatinkan.

"Otoritas membutuhkan waktu hingga 2017 untuk bertindak, bertahun-tahun setelah negara lain membekukan rekening bank dan properti miliknya (Gulnara Karimova)," imbuhnya.

Anak Lilis Karlina Jual Narkoba

Anak Lilis Karlina Ditangkap Terkait Narkoba, Terungkap Alasannya Jual Obat-Obatan Terlarang

Liputan6.com 2023-03-14 18:30:00
Lilis Karlina (https://www.instagram.com/p/CnhgrYOJKEu/)

Anak Lilis Karlina, RD, yang saat masih berusia 15 tahun, ditangkap atas dugaan pengedaran narkoba dan psikotropika. Bahkan dari pengakuannya, anak Lilis Karlina sudah mengonsumsi obat-obatan dengan daftar G sejak berusia 13 tahun.

Hal itu diungkap Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain, lewat wawancara secara virtual, terkait anak Lilis Karlina ditangkap narkoba. Selain sebagai pengedar, RD juga mengonsumsi narkoba jenis sabu.

"Sejak usai 13 tahun anak ini mengonsumsi obat-obatan daftar G. Usia 14 tahun dia sudah jadi pengedar sampai usia 15 tahun, sekaligus mengonsumsi narkotika jenis sabu," jelas Edwar kepada wartawan, Selasa (14/3/2023).

Edwar mengatakan, yang bersangkutan mengedarkan psikotropika karena motif ekonomi. RD tergiur keuntungan besar yang ditawarkan dari setiap transaksinya.


Uang Jajan Dari Orangtua Cukup

"Menurut keterangan anak itu, uang jajan dari orang tuanya cukup. Tapi karena terlanjur sebagai pecandu obat-obatan, sering minum-minum, butuh pengeluaran banyak. Ini yang jadi motivasi si anak mencari penghasilan lain," jelas Edwar.


Untung Rp3 Juta Per Hari

Edwar melanjutkan, dalam sehari RD rata-rata meraup keuntungan sebesar Rp 1 hingga 2 juta per hari. Bahkan, RD pernah mendapat keuntungan hingga Rp 3 juta per hari, dari hasil mengedarkan psikotropika.

"Paling minim satu hari mendapat keuntungan 700-an ribu rupiah. Tapi rata rata antara 1 sampai 2 juta rupiah. Pernah satu hari dapat keuntungan 3 juta rupiah. Jadi tiap hari ada perputaran uang dengan posisi anak ini sebagai pengedar obat-obatan ini," ungkap Edwar.


Lilis Karlina Belum Beri Keterangan Resmi

Namun hingga kini, Lilis Karlina diketahui belum memberikan pernyataan resmi terkait penangkapan putranya.

Diberitakan sebelumnya, RD ditangkap di kawasan Ciwareng, Purwakarta pada 12 Maret 2023. Bersamaan penangkapan itu, polisi mengamankan barang bukti berupa 925 butir Hexymer, 740 butir Tramadol dan 200 butir Trihexyphenidyl.

Atas perbuatannya, RD dikenakan Pasal 196 UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan atas dugaan mengedarkan obat-obatan tanpa izin resmi. Ia terancam pidana penjara maksimal 10 tahun. (M. Altaf Jauhar)

Potensi Bahaya Erupsi Merapi

HEADLINE: Gunung Merapi Kembali Erupsi, Potensi Bahaya dan Mitigasi Bencana?

Liputan6.com 2023-03-15 00:00:00
Asap tebal mengepul saat erupsi Gunung Merapi terlihat dari desa Tunggularum di Sleman pada 11 Maret 2023.Selama periode itu, Gunung Merapi juga tercatat mengalami sembilan kali gempa guguran

Gunung Merapi batuk lagi. Gunung berapi yang ada di perbatasan wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini kembali erupsi pada Sabtu 11 Maret 2022 siang lalu. Erupsi Gunung Merapi menyebabkan awan panas guguran meluncur ke arah Kali Bebeng atau Kali Krasak.

Sementara abu vulkanik dari awan panas guguran yang biasa disebut wedus gembel ini tertiup angin mengarah ke barat laut dan utara Gunung Merapi. Akibatnya, sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah mengalami hujan abu vulkanik.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan, selama periode pengamatan Sabtu, 11 Maret 2023 pukul 12.00-18.00 WIB telah terjadi 29 kali luncuran awan panas guguran ke arah barat dengan jarak luncur maksimal 4 kilometer. Rentetan erupsi Gunung Merapi ini terjadi akibat longsoran kubah lava barat daya.

Adapun gunung aktif setinggi 2.968 mdpl ini memiliki dua kubah lava yang sama-sama tumbuh. Kubah lava pertama berada di sisi barat daya, tepatnya di atas lava sisa erupsi 1997. Sementara kubah lava kedua yang terpantau oleh BPPTKG pada 4 Februari 2021 berada di tengah kawah puncak Gunung Merapi.

Kedua kubah lava tersebut apabila longsor secara masif berpotensi menimbulkan awan panas guguran yang dapat meluncur hingga sejauh tujuh kilometer ke arah barat daya dan lima kilometer ke arah selatan-tenggara.

Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso mengatakan, erupsi Gunung Merapi masih terjadi. Hingga saat ini, total ada 85 kali awan panas guguran Gunung Merapi sejak erupsi pada Sabtu lalu.

Sementara hari ini, Selasa (14/3/2023) pada periode pengamatan pukul 00.00-06.00 WIB, tercatat ada dua kali awan panas guguran yang terjadi yakni pukul 05.50 WIB dengan jarak luncur 2.000 meter ke arah Kali Krasak dan pukul 05.59 WIB dengan jarak luncur 1.600 meter ke arah Kali Krasak.

"Peningkatan aktivitas erupsi yang terjadi sejak hari Sabtu siang itu masih berlangsung hingga sekarang, meskipun intensitasnya menurun ya. Sementara sebelumnya yang hari Sabtu itu sampai 3,7 kilometer," ujar Agus saat dihubungi Liputan6.com, Selasa.

Hingga saat ini, BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga. Status ini tetap bertahan sejak 2020 karena potensi bahayanya masih sama, yakni maksimum 7 km dari puncak Merapi. Sementara pada Sabtu kemarin, jarak luncur awan panas guguran kurang dari 4 km.

"Jadi status Siaga itu ditetapkan ketika pemantauannya belum sampai ke permukiman. Nanti kalau ancaman bahayanya sampai ke permukiman baru menjadi Awas statusnya. Kita menghitung potensinya prakiraannya, kalau prakiraannya itu sampai ke permukiman baru kita naikkan statusnya (menjadi Awas)," kata Agus menjelaskan.

"Jadi masyarakat itu memegang status aktivitas tadi untuk peringatan dini. Disampaikan secara bertahap agar masyarakat bisa bersiap-siap, saat Waspada harus seperti apa, ketika Siaga harus seperti apa, dan ketika Awas tentu masyarakat harus mengungsi," ujarnya menambahkan.

Adapun potensi bahaya yang terjadi saat ini yakni berupa guguran lava dan awan panas guguran yang bisa menjangkau Kali Woro sejauh maksimal 3 km dari puncak, kemudian Kali Gendol 5 km dari puncak, Kali Boyong 5 km dari puncak, dan Kali Bedog, Krasak, Bebeng sejauh 7 km dari puncak.

Sementara lontaran material vulkanik jika terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak Merapi. BPPTKG juga mengimbau masyarakat mewaspadai bahaya lahar di aliran sungai, terutama saat terjadi hujan di puncak Gunung Merapi.

Agus menuturkan bahwa BPPTKG terus berdiskusi dengan pemerintah setempat dan otoritas terkait ancaman bahaya erupsi Gunung Merapi, sehingga disiapkan langkah mitigasi bencana. Dia menyebut, pemerintah sudah memiliki prosedur di setiap status aktivitas gunung berapi.

"Semua langkah-langkah mitigasi dari pemerintah itu kita berdiskusi karena mereka membutuhkan informasi terkait ancaman bencana. Ketika kita sampaikan ancamannya seperti ini, maka nanti pemerintah daerah akan merespons informasi tersebut dengan menyiapkan segala hal yang diperlukan di tingkat masyarakatnya seperti apa, evakuasi, kemudian prosedur evakuasi. Kalau dalam kondisi status Siaga ini, mereka sudah bersiap-siap," kata Kepala BPPTKG menandaskan.

Dalam kesempatan lain, Agus juga mengungkap adanya potensi bahaya lain di sisi barat laut Gunung Merapi. Potensi bahaya tersebut selain yang bersumber dari kubah lava tengah dan kubah lava sisi barat daya Merapi yang hingga kini terus mengalami pertumbuhan.

"Ada potensi bahaya yang lain di mana pada sektor barat laut (Gunung Merapi) ini terjadi pergerakan, terjadi inflasi sehingga ini juga tetap kita ingatkan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan," kata Agus, Minggu 12 Maret 2023.

Menurut dia, ada deformasi atau perubahan bentuk pada permukaan tubuh gunung di sisi barat laut Merapi yang terpantau selama dua tahun terakhir. Sebelumnya, deformasi hanya terjadi pada lokasi dua kubah lava gunung api aktif itu yakni di tengah kawah dan sisi barat daya.

"Ini sesuatu yang unik, selain unik juga berpotensi bahaya sehingga perlu kami sampaikan," ujar dia.

Agus menjelaskan, laju deformasi pada sisi barat laut Merapi sebesar lebih dari 15 meter dalam kurun waktu dua tahun. Perkembangan itu cukup besar jika dibandingkan deformasi saat menjelang erupsi Merapi pada 2006 dan 2010 yang kurang dari 4 meter, meski kala itu terjadi dalam tempo yang cepat.

"Besarnya (deformasi) 15 meter ini yang menjadi perhatian kami. Kami khawatir bahwa tebing dari puncak sebelah barat laut ini menjadi tidak stabil dan longsor," ujar dia.

BPPTKG terus memantau kondisi tebing beserta laju deformasi sisi barat laut gunung api itu secara intensif. "Untuk saat ini masih stabil kondisinya dan kecepatan dari deformasi juga relatif rendah, namun ini perlu kami sampaikan agar masyarakat tetap bersiap siaga," kata Agus Budi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Bergas Catursasi Penanggungan mengungkapkan bahwa hingga saat ini masih terjadi deburan-deburan abu vulkanik. Kendati ketebalan asap vulkanik sudah tidak setebal hari pertama, Sabtu 11 Maret 2023 lalu.

Dia menyatakan, hingga saat ini tidak ada warga di wilayah Jawa Tengah yang mengungsi akibat bencana erupsi Gunung Merapi pada Sabtu siang lalu. Dampak dari hujan abu di permukiman penduduk juga tidak terlalu tebal.

"Tidak ada evakuasi. Dari kemarin saat kejadian masih di rumahnya aja. Mereka tetap tinggal saat kejadian kemarin, hanya memang adanya guguran debu vulkanik dan debu itu bentuknya seperti hujan," ujar Bergas saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (14/3/2023).

Dia menuturkan, masyarakat di wilayah terdampak hujan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Merapi tetap beraktivitas seperti biasa. Hanya saja ketika beraktivitas di luar rumah, terutama saat membersihkan material vulkanik, mereka diharuskan memakai masker.

Sementara petugas gabungan dari BPBD Jawa Tengah, TNI, Polri, dan relawan saat ini masih fokus membersihkan fasilitas-fasilitas umum yang terdampak debu abu vulkanik. "Masyarakat sudah menjalani hidup berdampingan dengan Merapi, hanya saja dampak abu vulkanik masih ada, tapi harapan kami sekarang ada hujan biar enggak berdebu," katanya.

Namun begitu, BPBD Jawa Tengah tetap mengimbau kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana di sekitarnya. Masyarakat juga diminta selalu mengikuti arahan dari otoritas yang berwenang.

"Tentu dengan kondisi ini mengimbau masyarakat bisa meningkatkan kapasitas terkait kebecanaan demi mengurangi risiko terdampak kebencanaan. Jadi masyarakat tahu kemana arahannya kalau Merapi ada peningkatan aktivitas," ucap Bergas menandaskan.

BPBD Jawa Tengah melaporkan, terdapat enam kabupaten/kota di wilayahnya yang terdampak hujan abu vulkanik erupsi Gunung Merapi, antara lain:


Tak Mau Sepelekan Alam, Pemkab Sleman Siapkan Skenario Mitigasi Bencana

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman DIY telah menyiapkan skenario mitigasi bencana untuk mengantisipasi erupsi Gunung Merapi dengan skala yang lebih besar. Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, pihaknya selalu mematuhi rekomendasi BPPTKG jarak aman di wilayah selatan radius 5 kilometer dan barat radius 7 kilometer.

"Kami tidak bisa menyepelekan alam, meskipun saat ini sesuai rekomendasi dari BPPTKG jarak aman di wilayah selatan 5 kilometer dan barat di 7 kilometer. Tapi jika memang statusnya meningkat, sudah kita siapkan skenarionya," katanya, Selasa (14/3/2023).

Adapun prioritas dalam skenario mitigasi bencana tersebut adalah mengevakuasi warga yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi. Saat ini, terdapat tujuh kelurahan yang berada di wilayah KRB III, antara lain Kepuharjo, Umbulharjo, Glagaharjo, Hargobinangun, Purwobinangun, Girikerto, dan Wonokerto.

"Prioritas evakuasi kelompok rentan seperti lansia, anak-anak, difabel, ibu hamil, dan ibu menyusui," ujar Kustini.

Sementara untuk mobilitas warga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman dan instansi terkait telah mengecek di lapangan dan semuanya dalam kondisi siap.

"Kendaraan untuk mobilitas di setiap wilayah sudah ada. Mulai dari truk, pikap, ada yang mobil pribadi dan kendaraan roda dua semua sudah stand by (siaga)," katanya.

Kustini menegaskan tentang kesiapan barak pengungsian untuk digunakan apabila kondisi darurat berlangsung. Setidaknya ada sekitar 40 barak pengungsian dan nonbarak pengungsian yang dikelola oleh pemerintah.

"Kondisi barak pengungsian baik utama dan penyangga sudah siap, kebutuhan logistik dari dapur umum juga sudah siap jika darurat. Dan seluruh relawan dari Tagana juga siap," katanya.

Sejumlah warga yang berada di wilayah KRB III juga terus melakukan jaga malam atau ronda. Warga juga intens melakukan komunikasi melalui radio Handy Talky (HT).

"Jaga malam terus jalan. Komunikasi intens terkait pengamatan gunung kalau ada apa-apa langsung dilaporkan. Ronda malam ini sudah dilakukan secara sadar sejak dulu apabila ada tanda-tanda dari Merapi tanpa perlu ada perintah," ujar Kustini.

Terkait dengan kondisi terkini Gunung Merapi, Bupati Sleman meminta masyarakat agar tetap tenang dan selalu waspada.

"Kami pantau terus pengamatan dari BPPTKG seperti apa. Yang penting saat ini tetap tenang dan waspada. Jangan sampai ada yang beraktivitas dari zona berbahaya yang sudah ditetapkan dan hindari sementara wilayah sungai," kata Kustini menandaskan

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa sebelumnya juga telah memastikan jalur evakuasi dan barak pengungsian sudah dalam kondisi siap jika sewaktu-waku dibutuhkan akibat peningkatan erupsi Gunung Merapi.

Danang meminta masyarakat tidak perlu terlalu panik, namun diimbau tetap waspada dan berada di jarak aman. "Masyarakat masih tetap boleh beraktivitas, namun harus berada pada jarak aman Gunung Merapi," katanya, Minggu 12 Maret 2023 lalu.

Pemkab Sleman juga masih mengizinkan aktivitas pariwisata dan perekonomian di sekitar Gunung Merapi selama tetap memperhatikan jarak aman. Masyarakat, wisatawan, dan para pelaku ekonomi di kawasan tersebut diminta terus meningkatkan kewaspadaan dan aktif melaporkan perkembangan aktivitas Gunung Merapi kepada pihak berwenang.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Makwan mengatakan, pihaknya telah membuat rencana kontinjensi dampak erupsi dengan jarak sejauh 9 kilometer dari kawah Gunung Merapi.

Dengan begitu, maka ada tujuh kelurahan yang masuk dalam radius tersebut atau di KRB III Gunung Merapi. "Kalau BPTTKG sudah menyampaikan bahayanya 9 kilometer, maka kami sudah punya skenario tujuh desa teratas ini akan dilakukan evakuasi. Tapi selama itu belum, maka belum kami lakukan evakuasi," kata Makwan.

Dikutip dari laman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bpbd.jogjaprov.go.id, mitigasi bencana erupsi Gunung Merapi dibagi menjadi tiga, yakni:

Sementara itu, gunung api memiliki dua jenis bahaya berdasarkan waktu kejadian, yakni bahaya primer dan bahaya sekunder. Berikut ini bahaya-bahaya gunung api:

1. Awan Panas

Adalah aliran material vulkanik panas yang terdiri atas batuan berat, ringan (berongga) lava masif dan butiran klastik yang pergerakannya di pengaruhi gravitasi dan cenderung mengalir melalui lembah.

Bahaya ini merupakan campuran material erupsi antara gas dan bebatuan (segala ukuran) yang terdorong ke bawah akibat densitas tinggi. Suhu material bisa mencapai 300-700 derajat celcius, kecepatan awan panas lebih dari 70 km/jam.

2. Aliran Lava

Adalah magma yang meleleh ke permukaan bumi melalui rekahan, suhunya lebih dari 10.000 derajat celcius dan dapat merusak segala bentuk infrastruktur.

3. Gas Beracun

Adalah gas vulkanik yang dapat mematikan seketika apabila terhirup dalam tubuh. Gas tersebut antara lain CO2, SO2, Rn, H2S, HCI, HF dan H2SO4. Gas tersebut biasanya tidak berwarna dan tidak berbau.

4. Lontaran Material (pijar)

Lontaran material terjadi ketika letusan magmatik berlangsung. Suhu mencapai 200 derajat celcius, diameter lebih dari 10cm dengan daya lontar ratusan kilometer.

5. Hujan Abu

Adalah material abu tampak halus dan bergerak sesuai arah angin.

6. Lahar Letusan

Lahar letusan terjadi pada gunung berapi yang mempunyai danau kawah, terjadi bersamaan saat letusan. Air bercampur material lepas gunung berapi mengalir dan berbentuk banjir lahar.


Erupsi Merapi Tak Akan Sedahsyat 2010 Silam

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X merespons santai erupsi Gunung Merapi pada Sabtu, 11 Maret 2023 lalu. Dia meyakini bahwa Gunung Merapi di perbatasan DIY dan Jawa Tengah ini tidak akan meletus secara eksplosif seperti yang terjadi pada 2010 silam.

"Enggak akan meletus seperti dulu," kata Sultan HB X saat ditemui di Jogja Expo Center (JEC) Bantul, Sabtu 11 Maret 2023.

Menurut Sultan, pola erupsi pada gunung api aktif itu telah mengalami perubahan dibandingkan saat erupsi besar beberapa tahun silam.

"Sudah berbeda wong sudah sepuluh tahun lebih. Biasanya kan empat tahun meletus," ujar Ngarsa Dalem --sapaan Sultan HB X.

Bagi Sultan, awan panas guguran yang keluar dari Gunung Merapi pada Sabtu siang itu justru memiliki manfaat menambal lahan-lahan berlubang atau rusak di sekitar gunung api itu akibat aktivitas penambangan pasir.

Meski membutuhkan waktu yang tidak sebentar, ia meyakini aktivitas vulkanik Gunung Merapi akan berhenti dengan sendirinya.

"Yang penting 'ngebaki' (memenuhi) yang dirusak karena ditambang, itu saja. Nanti kalau lubang-lubang itu sudah tertutup kan berhenti sendiri. Memang itu perlu (waktu) lama karena tidak hanya di atas, yang di bawah kan juga pada berlubang kan gitu," katanya.

Terkait jarak luncur awan panas guguran Merapi yang mencapai maksimal empat kilometer pada Sabtu, Gubernur DIY itu berharap masyarakat tidak perlu panik.

"Sekarang memang harus keluar ya memang 'nyembur', tapi kan hanya satu kilometer, dua kilometer karena yang ditambang di sekitar situ," ucap Raja Keraton Yogyakarta itu.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan, pihaknya sudah menurunkan tim tanggap bencana untuk membantu penanganan dampak erupsi Gunung Merapi di beberapa bagian wilayahnya.

"Sampai sore hari ini kami sudah terjunkan untuk menuju tiga kecamatan sekaligus asesmen di masing-masing lokasi dan membawa bantuan masker, karena ini yang pertama dibutuhkan," kata Ganjar usai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pangkalan TNI Angkatan Udara Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Sabtu lalu.

Erupsi Gunung Merapi menyebabkan hujan abu di beberapa bagian wilayah Provinsi Jawa Tengah, termasuk Magelang, Temanggung, dan Boyolali. Di Kabupaten Magelang, erupsi Merapi berdampak ke wilayah Kecamatan Dukun, Kecamatan Sawangan, dan Kecamatan Srumbung.

Gubernur Jawa Tengah sudah menerima laporan mengenai daerah-daerah yang terdampak hujan abu akibat erupsi Merapi. Dia menginstruksikan tim tanggap bencana untuk memantau dampak erupsi Gunung Merapi serta membantu warga di daerah terdampak.

Apabila situasi meningkat, dia meminta jajaran kepala daerah memimpin penanganan dampak erupsi, termasuk pelaksanaan evakuasi, penyiapan tempat mengungsi, dan penyaluran bantuan bagi warga terdampak.

"Mudah-mudahan masyarakat, termasuk kawan-kawan di kades, relawan di BPBD, SAR, dan semua yang ada di sana segera bisa turun membantu. Tempat pengungsian sudah ada sebenarnya, tinggal itu disiapkan saja, karena sebenarnya masyarakat di sana relatif terlatih," katanya.

Gubernur mengimbau warga di daerah terdampak melakukan evakuasi mandiri jika dampak erupsi Merapi semakin parah.

"Masyarakat di sana sudah sangat paham, maka segera mengevakuasi diri sesuai dengan SOP yang sudah ada. Pakai maskernya, bawa barang berharga (seperti) yang pernah dilatihkan kepada mereka. Segera evakuasi diri, ikuti seluruh perintah dari komando yang ada di lapangan," ujar Ganjar.