Mario Dandy Dilaporkan ke Polisi Lagi

Amanda Alias APA Laporkan Mantan Pacarnya Mario Dandy ke Polisi

Liputan6.com 2023-03-16 13:13:30
Anastasia Pretya Amanda alias APA (19) mantan pacar Mario Dandy lapor ke Polda Metro Jaya (Ady Anugrahady)

Anastasia Pretya Amanda alias APA (19) polisikan mantan kekasihnya Mario Dandy Satriyo ke Polda Metro Jaya.

Laporan dilayangkan penasihat hukum Enita Edyalaksmita pada Selasa, 14 Maret 2023. Laporan tercatat dengan nomor: LP/B/1376/III/2023/POLDA METRO JAYA, Tanggal 14 Maret 2023.

"Kami melaporkan Mario Dandy Satriyo dan kawan-kawan. Sementara ini terkait fitnah dan pencemaran nama baik Pasal 310 KUHP dan Pasal 311," kata Enita Edyalaksmita di Polda Metro Jaya, Kamis (16/3/2023).

Enita menepis tudingan penasihat hukum Mario Dandy terhadap kliennya yang disebut sebagai orang yang pertama kali menceritakan perbuatan tidak menyenangkan yang dilakukan oleh David Latumahina alias Cristalino David Ozora kepada AG pacar Mario Dandy.

"Itu kami bantah dengan tegas," kata Enita.

Menurutnya, Mario Dandy Satriyo bersama penasihat hukum telah mengiring opini dengan mengkambing hitamkan APA alias Amanda untuk kepentingan mereka.

"Penggiringan opini publik MDS melalui pengacaranya itu tidak benar. Bohong belaka. Tapi silahkan itu pengacara mereka sudah kami laporkan, silahkan saja, mereka harus mempertanggungjawabkan," ujar dia.

Dalam laporannya, Enita mempersangkakan Mario Dandy telah melakukan pencemaran nama baik atau fitnah sebagaiman Pasal 310 KUHP dan/atau Pasal 311 KUHP.

"Kita bicara hukum harus ada fakta, tidak boleh katanya-katanya semuanya berdasarkan data. Dan karena tuduhan yang menyudutkan Amanda sudah kemana-mana, untuk itu kami kuasa hukum menggunakan upaya hukum," tandas dia.


Pengacara Bersikukuh Sebut APA Berperan Bikin Emosi Mario Dandy hingga Aniaya David Ozora

Pengacara Mario Dandy, Dolfie Rompas kembali menyatakan bahwa kliennya menyebut peran APA sebagai orang yang pertama kali menceritakan tentang perlakuan tidak baik David Ozora kepada AGS alias AG pacar Mario Dandy hingga kliennya emosi dan menganiaya korban.

Hal ini dikatakan Dolfie untuk menanggapi pernyataan Penasihat Hukum APA, Sumantap Simorangkir yang mengatakan kliennya sama sekali tidak ada sangkut-pautnya dengan penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy Satriyo terhadap David Latumahina alias Cristalino David Ozora.

"Awalnya cerita dari APA yang terkait AG dan dan korban. Diceritakan kepada klien kami Mario," kata Dolfie saat dikonfirmasi, Senin (13/3/2023).

Meski tak menjelaskan secara rinci perbuatan tak menyenangkan apa yang menimpa AG pacar Mario Dandy oleh David Ozora. Namun, Dolfie mengaku bila keterangan itu telah tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

"Keterangan klien kami Mario di BAP seperti itu," tuturnya.

Sebelumnya, Sumantap menerangkan, penasihat hukum beserta keluarga sangat keberatan atas adanya pihak-pihak yang menyebut maupun mengkait-kaitkan kliennya dalam kejadian tersebut. Padahal kliennya, sama sekali tidak berada di tempat kejadian perkara.

"Mungkin bisa diperiksa hasil CCTV maupun saksi-saksi yang berada di tempat kejadian," ujar dia.

Sumantap menerangkan, APA berteman dengan teman Mario Dandy kira-kira sejak Oktober tahun 2021 dan pada waktu itu berlanjut menjadi teman dekat atau pacar).

"Dan pertemanan dekat itu akhirnya selesai (putus/tidak berlanjut) sejak Oktober 2022," ujar Sumantap.

Sejak itu, lanjut Sumantap, kliennya tidak pernah menghubungi atau berkomunikasi khusus kepada Mario Dandy.

"Kadang MDS (Mario Dandy Satriyo) menghubungi, yang kadang juga tidak ditanggapi APA," ujar Sumantap.

Penampakan APA, Mantan Pacar Mario Dandy

Begini Penampakan Amanda Alias APA, Mantan Kekasih Mario Dandy

Liputan6.com 2023-03-16 14:15:34
Anastasia Pretya Amanda alias APA (19) (masker putih) (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Anastasia Pretya Amanda alias APA (19) ikut terseret dalam pusaran kasus penganiayaan yang dialami oleh David Latumahina alias Cristalino David Ozora.

Nama Amanda alias APA disebut-sebut dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) atas nama Mario Dandy Satriyo, yang menjadi tersangka dalam kasus ini.

Amanda alias APA didampingi penasihat hukum sambangi Polda Metro Jaya hari ini, Kamis (16/3/2023). Ia mengenakan blus berkelir dipadu celana panjang hitam.

Wajah cantiknya tertutup masker putih. Ia menenteng tas selempang merek guess berwana hitam.

Amanda alias APA tampak ramah menyambut awak media yang sedari pagi menunggu kehadirannya. Namun, ia tak berkenan memberikan komentar terkait kasus hukum yang sedang dihadapi.

"Sudah diserahkan sama kuasa hukum. Jadi tolong ikuti saja sesuai kata kuasa hukum," jawab Amanda di Polda Metro Jaya.


Polisikan Mario Dandy

Anastasia Pretya Amanda alias APA (19) polisikan mantan kekasihnya Mario Dandy Satriyo ke Polda Metro Jaya.

Laporan dilayangkan penasihat hukum Enita Edyalaksmita pada Selasa, 14 Maret 2023. Laporan tercatat dengan nomor: LP/B/1376/III/2023/POLDA METRO JAYA, Tanggal 14 Maret 2023.

Dalam laporannya, Mario Dandy dipersangkakan telah melakukan pencemaran nama baik atau fitnah sebagaiman Pasal 310 KUHP dan/atau Pasal 311 KUHP.

Rela Ubah Undang-Undang demi Messi?

Demi Messi dan Cristiano Ronaldo, Pemerintah Arab Saudi Rela Ubah Undang-Undang Negara?

Liputan6.com 2023-03-16 15:30:38
Penyarang Paris Saint-Germain, Lionel Messi (kiri) berjalan melewati pemain Riyadh All-Star, Cristiano Ronaldo, saat laga persahabatan Stadion King Fahd, di Riyadh, Arab Saudi, Jumat (20/1/20

Nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo nampaknya masih menjadi daya tarik besar di kancah sepak bola. Meski sudah mulai memasuki periode akhir kariernya, La Pulga dan CR7 terus menarik minat klub besar dunia, tak terkecuali klub Arab Saudi.

Perhatian terhadap duo penggawa tak lepas dari keberhasilan mereka mencetak sejumlah prestasi, baik di level klub maupun internasional. Teranyar, Lionel Messi bahkan sanggup mengantar Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Prancis di babak final.

Moncernya pencapaian Messi dan Ronaldo membuat klub-klub Arab Saudi berambisi mendatangkan duo megabintang ke markas masing-masing. Hal itu dilakukan demi mendongkrak iklim sepak bola di negara tersebut.

Salah satu ambisi Arab Saudi telah berhasil diwujudkan lewat transfer Cristiano Ronaldo ke Al Nassr. Pesepak bola asal Portugal menandatangani kontrak hingga 2025 setelah dirinya berpisah dengan raksasa Premier League, Manchester United (MU).

Laporan Marca mengeklaim rival Al Nassr, Al Hilal, juga bakal mencoba mengambil langkah serupa. Klub yang masih terganjal sanksi FIFA, sehingga tak bisa merekrut pemain hingga musim panas itu, tertarik memanfaatkan situasi kontrak La Pulga dan PSG.

Seperti diketahui, durasi masa bakti Messi bersama Les Parisiens memang tinggal sebentar lagi. Penggawa Timnas Argentina terikat kontrak di Parc des Princes hingga pengujung musim ini.

Laporan mengeklaim pihak klub sejatinya berminat memperpanjang masa tinggal Messi bersama PSG. Namun, hingga kini belum ada kabar pasti terkait kelanjutan karier eks bintang Barcelona dengan pemuncak klasemen Ligue 1.


Potensi Transfer Lionel Messi ke Al Hilal

Masa depan Messi di PSG yang masih abu-abu memberi celah bagi Al Hilal untuk memboyong sang pemain ke Arab Saudi.

Secara teknis, rencana tersebut sebenarnya bisa menimbulkan masalah baru bagi pihak klub. Pemerintah Arab Saudi mempunyai undang-undang terkait batas gaji pemain.

Namun, Marca mengeklaim Al Hilal tak perlu terlalu mengkhawatirkan hal itu. Politisi Arab Saudi tidak keberatan mengubah undang-undang dan menaikkan batas gaji di negaranya demi menempatkan Messi dan Ronaldo di kompetisi domestik yang sama.

Ayah sekaligus agen Lionel Messi, Jorge, bahkan dirumorkan sempat terlihat mengunjungi Arab Saudi pada Selasa (14/3/2023) waktu setempat. Akan tetapi, kabar menyebut kedatangan itu dimaksudkan untuk menegosiasikan kesepakatan komersial.


Tawaran Al Hilal untuk Lionel Messi

Kubu Arab Saudi berencana menawarkan bayaran bernilai fantastis bagi Lionel Messi, apabila bintang PSG tertarik hijrah ke negara tersebut.

Laporan Marca mengeklaim gaji tersebut bakal berjumlah yang sama dengan uang yang diraup Cristiano Ronaldo selama di Arab Saudi.

Dengan demikian, La Pulga diperkirakan memperoleh kurang lebih 220 juta euro per musim untuk tampil membela tim sekaligus menjadi duta Arab Saudi.

Walau begitu, durasi kontrak Messi kemungkinan tak akan sama dengan Ronaldo. Eks penggawa Barcelona kabarnya hanya akan disodori kontrak satu tahun.

Negara Timur Tengah pun cukup optimistis ambisi mereka untuk menyewa jasa Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo secara bersamaan dapat terealisasi.

Bermasalah dengan Kakak, Finansial Terkuras

Tamara Bleszynski Akui Masalahnya dengan Sang Kakak Sangat Mengganggu Mental dan Menguras Finansial

Liputan6.com 2023-03-16 17:00:00
Tamara Bleszynski (Foto: Instagram/@tamarableszynskiofficial)

Tamara Bleszynski telah menghadiri sidang mediasi kasus dugaan wanprestasi yang dilaporkan oleh kakaknya, Ryszard Bleszynski alias Rick Bleszynski. Namun Tamara Bleszynski merasa dikecewakan karena lagi-lagi sang kakak tak hadir di sidang mediasi itu.

Padahal, Tamara Bleszynski sudah mengorbankan banyak hal untuk hadir di persidangan ini. Tentunya Tamara Bleszynski merasa begitu kecewa kepada Rick Bleszynski.

Bahkan, Tamara Bleszynski mengaku seperti dipermainkan oleh sang kakak.

"Saya seperti merasa dipermainin. Saya bolak-balik dari Bali ninggalin anak saya, ninggalin kerjaan saya. Sementara dia dua kali tidak hadir. Padahal kemarin dibilang hari ini bakal hadir. Saya sebagai warga negara Indonesia saya taat, mestinya kalau beliau adalah warga negara Indonesia beliau juga taat dengan hukum yang berlaku di negara ini," kata Tamara Bleszynski usai persidangan pada Rabu (15/3/2023).


Mengganggu Mental

Di luar itu, masalah ini diakui Tamara Bleszynski cukup mengganggu psikis dan mentalnya.

"Sangat sangat sangat mengganggu. Sangat mengganggu psikologi saya, keadaan mental saya. Karena saya meninggalkan anak kecil saya, saya ini ibu single mother. Saya ini kerja punya warung, saya berusaha dari nol," katanya lagi.


Menguras Finansial

Tak hanya menyerang psikis dan mental, Tamara Bleszynski juga menyebut bahwa masalah ini begitu menguras ekonomi Tamara Bleszynski yang memang diketahui saat ini tinggal di Bali, oleh karenanya untuk menjalani proses persidangan itu ia harus rela pulang pergi Jakarta Bali.

"Tidak ada perasaan sama sekali dari kakak saya, bukan cuma kayak gitu, tapi kan secara finansial juga saya bolak-balik tiket ini berapa. Astaghfirullahalazim," ujar Tamara Bleszynski.


Sakit

Sementara itu, Djohansyah selaku kuasa hukum Tamara menyebut bahwa alasan sang kakak tidak hadir dalam mediasi itu adalah lantaran sedang sakit.

"Konon kabarnya karena sakit dan segala macem. Cuma kemarin sudah itu sudah 3 minggu diminta hadir, ya kita hadir. Yang minta tiga minggu itu bukan kami, mereka yang minta. Sekarang tidak hadir lagi," beber Djohansyah.

Kekasih Baru Gading Marten Terungkap

Gisella Anastasia Bongkar Identitas Kekasih Baru Gading Marten, Sudah Dikenalkan ke Gempi

Liputan6.com 2023-03-16 14:00:00
Gisella Anastasia jadi model video klip terbaru Setia Band (Sumber: Instagram/gisel_la)

Gading Marten dan Gisella Anastasia kerap tampil liburan bersama dengan anak mereka Gempita Noura Marten. Sampai-sampai warganet pun mendoakan mereka untuk rujuk kembali.

Namun, di balik semua itu di antara mereka ternyata sudah memiliki pasangan. Gading Marten ternyata sudah memiliki pacar bernama Medina Barackbah atau yang dikenal dengan Medina Dina. Gisel pun sudah memberikan sinyal tersebut.

"Kok kalian tahu sih? Memangnya sudah pada kenal juga?" kata Gisella Anastasia kepada wartawan di Jakarta, baru-baru ini.


Mengenal

Menurut Gisel, dirinya mengenal Medina Barackbah. Medina diketahui merupakan teman satu lingkungan Gisel. Sehingga Gisel mengenal dekat sosok kekasih baru Gading Marten tersebut.

"Kita satu circle lah," ujar Gisel lantas tertawa.


Bahagia

Saat disinggung mengenai kekasih baru Gading Marten, Gisella mengaku bahagia. Pasalnya, dirinya melihat Medina merupakan sosok yang baik untuk Gading Marten.

"Baik-baik saja semuanya, aman-aman saja. Ikut happy lah sama Mas Gading," ujar ibu satu anak ini.


Sudah Mengenal

Gisel bahkan menyebut anaknya, Gempita Noura Marten, sudah mengetahui hubungan ayahnya dengan Medina. Mereka juga sempat diundang ke ulang tahun Medina, tetapi tak bisa datang karena ada urusan lain.

"Gempi sudah kenal. Kita sempat diminta ke sana, cuma sudah kemalaman. Aku sama Gempi sudah istirahat. Kalau nggak, sudah berangkat kita sama-sama," pungkas Gisel.

Kunjungi MU, Guardiola Patah Hati

Julia Roberts Kunjungi Manchester United, Pep Guardiola Patah Hati

Liputan6.com 2023-03-16 13:50:15
Julia Roberts (tengah) saat datang ke markas MU, Old Trafford saat masih ditangani Michael Carrick (twitter/Manchester United)

Baru-baru ini nama Julia Roberts ramai dibahas karena curhatan pelatih Manchster City, Pep Guardiola. Nama Julia termasuk dalam salah satu hal yang menjadi momen peliknya di sepak bola.

Pep mengatakan jika ia merasa sakit hati karena harus melihat idolanya, Julia Roberts, lebih memilih Manchester United daripada Manchester City. Curhatan tersebut ia sampaikan ketika dia bercerita mengenai kegagalannya di Liga Champions.

"Saya gagal di Liga Champions. Jika saya memenangkan Liga Champions tiga kali berturut-turut, saya akan gagal," ujarnya.

Pep mengatakan bahwa ia mempunyai tiga idola dalam kehidupannya yaitu Michael Jordan, Tiger Woods, dan Julia Roberts. Namun, Pep bercerita beberapa tahun yang lalu idolanya Julia Roberts lebih memilih Manchester United.

"Julia Roberts beberapa tahun lalu datang ke Manchester, bukan di tahun 90-an ketika Sir Alex Ferguson menang gelar, gelar, dan gelar. Dia datang pada periode di mana kami lebih baik dari United, dalam empat atau lima tahun ini, bukan?" kata eks pemain Barcelona itu.

Pep mengatakan jika kunjungan Julia Roberts ke marks Manchester United adalah momen patah hatinya. Serta mengatakan jika dia menang Liga Champions, itu tidak sebanding dengan fakta bahwa Julia Roberts mengunjungi MU daripada Man City.

"Dia pergi ke Man United. Dia tidak datang menemui kami. Itu sebabnya bahkan jika saya memenangkan Liga Champions, itu tidak akan sebanding dengan fakta bahwa Julia Roberts datang ke Manchester dan tidak datang untuk melihat kami," cetus Pep.

Adapun setelah Pep Guardiola menceritakan hal tersebut di media sosial Twitter, Manchester United pun mengunggah foto Julia Roberts ketika berkunjung ke Old Trafford.

Sejumlah warganet pun merespons dengan candaan dan menilai admin medsos MU membuat konten yang baik. "Kembali ke saat Julia Roberts mengunjungi Old Trafford," tulis Twitter @ManUtd.


Klasemen

Changi Bandara Terbaik di Dunia

Bandara Changi Singapura Kembali ke Posisi 1 Bandara Terbaik di Dunia 2023 Setelah 2 Tahun Tergelincir

Liputan6.com 2023-03-16 10:30:12
Bagaimana bila sensasi hutan hujan dan taman bisa dinikmati dalam bandara? Changi Airport Singapura akan segera membuka wahana terbarunya. (Jewel Changi)

Pada 2023, Skytrax - situs pengkaji dan pemeringkat bandara dan maskapai yang berbasis di Inggris - kembali menempatkan bandara satu-satunya di Singapura itu di peringkat 1. Posisi Bandara Changi Singapura sebagai bandara terbaik di dunia kembali tak tergoyahkan.

Skytrax mengompilasi daftarnya lewat survei kepada para pelancong di seluruh dunia. Mereka meminta responden menilai pengalaman mereka di bandara secara menyeluruh, mulai dari check in hingga keberangkatan dan di antaranya.

Bandara Changi Singapura sempat memegang posisi pertama di daftar yang disusun Skytrax selama delapan tahun berturut-turut. Namun, posisinya tergelincir pada 2021--2022 seiring penurunan jumlah penumpang yang melewati bandara itu selama pandemi. Pemenangnya dalam dua tahun terakhir adalah Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar.

"Bandara Changi Singapura selalu menjadi favorit abadi para pelancong, dan tentu tergelincir selama Covid-19 ketika operasional mereka dikurangi secara drastis," kata Peter Miller dari Skytrax kepada CNN Travel, dikutip Kamis (16/3/2023).

Miller mengatakan Bandara Changi 'menawarkan sesuatu untuk semua orang' dan dinilai itu sebagai 'kunci pendorong' popularitasnya yang terus berkelanjutan. Beberapa di antara daya tarik Changi adalah air terjun dalam ruang setinggi 40 meter, taman kupu-kupu, dan bioskop IMAX. Belum lagi ada lebih dari 280 toko dan tempat makan yang menjadikannya tempat yang tepat untuk mengisi waktu sembari menunggu penerbangan.

"Changi Singapura awalnya adalah bandara transit, dan dari masukan pelanggan, bandara berkinerja baik sehingga menawarkan fasilitas yang sangat beragam dan kebutuhan untuk semua jenis pelanggan -- keluarga, pelancong bisnis, dan rekreasi semuanya dilayani dengan baik," kata Miller.


Posisi Kedua Bandara Terbaik di Dunia 2023

Menyusul Changi adalah Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar. Bandara ini juga menawarkan fasilitas terbaik yang didesain untuk para pelancong transit. Salah satunya tur kota untuk mereka yang harus menunggu lebih dari delapan jam menunggu penerbangan lanjutan.

Skytrax juga menyerahkan penghargaan lain, termasuk hadiah untuk tingkat regional kepada Bandara Changi. Bandara itu menjadi Bandara Terbaik di Asia, Bandara dengan Tempat Makan Terbaik di Dunia, dan Bandara dengan Fasilitas Kenyamanan Terbaik di Dunia.

Tak hanya itu, Crowne Plaza Changi Airport yang menjadi hotel bandara juga dianugerahi sebagai hotel bandara terbaik di dunia dalam delapan tahun berturut-tururt. Sementara, Bandara Internasional Hamad memenangkan Bandara dengan Tempat Belanja Terbaik di Dunia, Bandara Terbaik di Kawasan Timur Tengah, dan Bandara Terbersih di Timur Tengah.

Bandara Haneda di Tokyo juga memperoleh penghargaan sebagai bandara terbersih di dunia. Lalu, Bandara Internasional Bahrain memenangkan Pengiriman Bagasi Bandara Terbaik Dunia. Sedangkan, Bandara Incheon di Korea Selatan merupakan bandara dengan staf dan pemrosesan imigrasi terbaik.


Para Bandara Pemenang dari Beragam Kategori

Sementara itu, Bandara New York LaGuardia yang pernah dicela melanjutkan upaya rehabilitasinya yang sukses, dengan Terminal B barunya dianugerahi Terminal Bandara Baru Terbaik Dunia. Bandara Internasional Seattle-Tacoma adalah bandara AS dengan peringkat tertinggi, berada di urutan 18 dalam daftar Skytrax dan dianugerahi Bandara Terbaik di Amerika Utara.

Bandara Internasional Cape Town adalah bandara terbaik di Afrika. Bandara Delhi adalah bandara terbaik di India dan Asia Selatan. Bandara Internasional El Dorado Bogota juga memenangkan penghargaan karena dinilai sebagai Bandara Terbaik di Amerika Selatan.

Tahun ini, tim Skytrax juga menayangkan kategori baru yang merayakan seni bandara, dinilai oleh panel terpisah dan bukan melalui survei pelanggan. The Houston Airport System, yang menawarkan salah satu koleksi seni publik terbesar di negara bagian Texas, memenangkan penghargaan ini atas nama Bandara William P. Hobby dan Bandara George Bush Intercontinental Houston.

Sayang, tidak ada satu pun bandara di Indonesia yang meraih penghargaan dalam beragam kategori. Bandara Soekarno Hatta yang berada di Tangerang sempat tercatat sebagai bandara tersibuk ke-8 di dunia menurut survei FlightsFrom.com yang berbasis di Swedia. Situs itu merilis daftar 100 bandara tersibuk di dunia berdasarkan jadwal keberangkatan penerbangan, menggunakan data terbaru per 21 Oktober 2022.


Daftar 20 Bandara Terbaik di Dunia Versi Skytrax

Berikut adalah daftar lengkap 20 Bandara Terbaik di Dunia 2023 versi Skytrax:

1. Bandara Changi Singapura

2. Bandara Internasional Hamad

3. Bandara Internasional Tokyo (Haneda)

4. Bandara Internasional Incheon

5. Bandara Charles de Gaulle Paris

6. Bandara Istanbul

7. Bandara Munich

8. Bandara Zurich

9. Bandara Internasional Narita

10. Bandara Barajas Madrid

11. Bandara Internasional Wina

12. Bandara Helsinki-Vantaa

13. Bandara Fiumicino Roma

14. Bandara Kopenhagen

15. Bandara Internasional Kansai

16. Bandara Internasional Chubu Centrair

17. Bandara Internasional Dubai

18. Bandara Internasional Tacoma Seattle

19. Bandara Melbourne

20. Bandara Internasional Vancouver

Polisi Tangkap Polisi di Riau

Diduga Edarkan Sabu, Polisi Tangkap Polisi di Tempat Tongkrongan

Liputan6.com 2023-03-16 13:00:18
Ilustrasi sabu. (Liputan6.com/M Syukur)

Seorang oknum polisi yang bertugas di Polres Indragiri Hilir, Riau, berinisial HM ditangkap personel Polsek Rumbai Pesisir, Pekanbaru. Pria berpangkat Brigadir Kepala (Bripka) itu diduga terlibat peredaran narkoba jenis sabu.

Oknum polisi narkoba ini sudah diserahkan Polsek ke Satuan Reserse Narkoba Polresta Pekanbaru. Turut diserahkan 2 tersangka lainnya, warga biasa, diduga komplotan Bripka HM.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polresta Pekanbaru Komisaris Manapar Situmeang dikonfirmasi tak menampik anggotanya menangani oknum tersebut.

"Dia ditangkap bersama dua warga di Jalan Hangtuah, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru," jelas Manapar, Rabu petang, 15 Maret 2023.

Manapar menjelaskan, dua pelaku lainnya berinisial DI dan HA. Bersama Bripka HM, petugas mendapatkan informasi sering terjadi transaksi narkoba di jalan tersebut.

"Kemudian dilakukan penyelidikan, ketiganya tertangkap saat nongkrong di sebuah warung, diduga akan transaksi," jelas Manapar.

Dari ketiganya, petugas menyita lima paket sabu siap edar. Diduga ketiganya tengah menunggu pembeli untuk sabu seberat 2,55 gram itu.

Ketiganya sempat dibawa ke Polsek Rumbai Pesisir, begitu juga dengan barang buktinya. Selanjutnya, dilimpahkan ke Polresta Pekanbaru untuk pengusutan lebih lanjut.

Manapar menyebut Bripka HM bertugas di Satuan Perawatan Tahanan dan Barang Bukti Polres Indragiri Hilir.

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Eloknya Jalan Raya di Atas Sungai Xiangxi

China Bangun Jalan Raya di Atas Sungai Xiangxi, Ternyata Ini Alasannya

Liputan6.com 2023-03-15 19:42:38
"Jalan lintas air ekologis" di sungai Xiangxi. (Sumber:YouTube/Xinhua)

China dikenal sebagai negara yang memiliki infrastruktur spektakuler di dunia. Seperti The Great Wall of China, jembatan atas laut terpanjang sedunia, dan juga jembatan jalan raya yang melintasi sungai.

Dikutip dari laman OddityCentral, Rabu (15/3/23) Lembah sungai pegunungan di provinsi Hubei China mempunyai infrastruktur mengesankan yaitu jembatan jalan raya yang melintasi tengah sungai.

Jalan raya sepanjang 4 km ini telah dibangun di atas sungai yang mengalir melalui pegunungan. Mereka yang terlibat dalam proyek tersebut menyebutnya sebagai "jalan lintas air ekologis" pertama China.

Diselesaikan pada tahun 2015, 'jalan raya sungai' China secara luas dianggap sebagai keajaiban dalam dunia infrastruktur. Dirancang untuk menghubungkan kota Gufuzhen di daerah Xingshan ke jalan raya utama yang menghubungkan Shanghai dan Chengdu di China barat daya.

Beberapa pertanyaan muncul seiringnya pembangunan jalan raya ini. Mengapa dibangun di tengah Sungai Xiangxi, padahal bisa dibangun di daratan samping sungainya. Bahkan sudah ada jalanan di sepanjang sungai. Rupanya, para insinyur China memutuskan bahwa jalan raya gantung yang membentang di sepanjang tengah sungai tidak hanya lebih murah untuk dibangun, tetapi juga lebih efisien.

Saat proses pembangunannya, mereka melalui proses yang cukup sulit. Dengan lanskap pegunungan yang kompleks di Lembah Sungai Xiangxi, mereka perlu melakukan penggalian batu bermil-mil untuk membuat, merelokasi orang yang tinggal di tepi sungai, dan juga berdampak pada flora dan fauna setempat.

Namun setelah menghitung, tim insinyur menunjukkan bahwa membangun jembatan jalan raya di atas sungai lebih murah dan lebih cepat daripada membangun jalan raya di darat.


Keuntungan Jalan Raya di Atas Sungai

Memang membangun jalan gantung sepanjang 4,4 kilometer yang mengikuti lekukan Sungai Xiangxi bukanlah pekerjaan yang murah, tetapi tampaknya lebih baik daripada alternatifnya.

Sebanyak 440 juta yuan (Rp983,1 miliar) yang dihabiskan untuk jalan raya sungai yang unik ini tampaknya beberapa kali lebih murah dari biaya jalan raya darat di sepanjang lembah ini.

Selain itu, jalan raya ini mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk berkendara dari Gufuzhen ke jalan raya utama. Waktu yang biasanya lebih dari satu jam hanya menjadi 20 menit saja.

Dalam delapan tahun sejak peresmiannya, jalan raya sungai China telah menjadi semacam objek wisata, dengan jutaan orang bepergian ke Hubei untuk merasakan pengalaman berkendara melalui tengah sungai dan menikmati pemandangan yang menakjubkan.


Jembatan Atas Laut Terpanjang Sedunia di China

Selain jembatan jalan raya di atas sungai, negara China juga pernah membangun jembatan melintasi laut. Infrastruktur ini menjadi jembatan atas laut terpanjang di dunia.

Terbentang hingga 55 kilometer, jembatan ini menghubungkan daratan utama China, yakni di Zhuhai, Hong Kong, dan Macau.

Jembatan yang semula dijadwalkan beroperasi pada 2016 itu didesain anti-gempa dan topan. Selain itu, jembatan ini dibangun menggunakan 400.000 ton besi, cukup untuk membangun 60 Menara Eiffel. Tak heran kalau jembatan memiliki anggaran senilai 12 miliar pound sterling atau sekitar Rp 218,5 triliun.

Setelah melalui masa konstruksi selama sembilan tahun dan diresmikan pada tahun 2018, jembatan yang membentang di Pearl River Estuary ini ternyata tak sembarang bisa dinikmati semua orang. Dikutip dari BBC, Kamis (25/10/2018), hanya 10.000 kendaraan pribadi warga Hong Kong yang boleh melintasi jembatan ini.

Izin tersebut didapat setelah lolos seleksi ketat dengan beberapa kriteria, termasuk memegang posisi dalam proyek pemerintahan atau membuat kontribusi besar untuk charity di selatan Cina, tepatnya di Provinsi Guangdong.

Kebanyakan orang akan melalui jembatan ini menggunakan bus dengan lama perjalanan kurang lebih 45 menit. Sementara, pelancong harus melalui imigrasi dan titik pemeriksaan di kedua akhir jembatan tersebut.

Kendati dihiasi banyak pro-kontra, mulai dari jumlah pekerja yang meninggal ketika membangun jembatan ini, sampai dampak pada lingkungan. Namun dilaporkan ndtv.com, turis sangat bersemangat menjajal pengalaman baru dengan melalui jembatan atas laut terpanjang di dunia yang dijuluki Si Gajah Putih Raksasa.


Fakta Unik Tembok China yang Jarang Diketahui

Tembok Besar China adalah serangkaian tembok pertahanan yang mengelilingi Tiongkok. Infrastruktur yang satu ini sudah dikenal oleh seuluruh dunia sebagai destinasi ikonik negara China.

Tahukah anda bahwa konstruksi Tembok Besar China memakan waktu beberapa ratus tahun, di mana bagian terus ditambahkan ke dinding sampai mereka membentuk satu struktur berkelanjutan panjang.

Ada banyak fakta menarik tentang Tembok Besar China yang jarang diketahui oleh orang banyak, seperti dikutip dari Listverse:

Publikasi mengungkapkan bahwa pemerintah merenungkan rencana ini karena China tidak memiliki jenis jalan pada saat itu.

Tol menjadi kebutuhan utama bagi China saat itu, karena pemerintah tidak bisa mengangkut makanan ke daerah pedalaman di mana kemiskinan dan kekurangan makanan menyebabkan kelaparan.

Laporan juga menunjukkan bahwa pemerintah berencana untuk menggunakan jalan tersebut untuk mengangkut personel militer ke daerah pedalaman yang tidak dijaga ketat di mana para bandit menyerang.

Namun, rencana itu tidak pernah dirampungkan.

Dikatakan bahwa Tembok Besar Tiongkok terlihat dari luar angkasa, termasuk dari Bulan. Keduanya salah.

Menariknya, rumor itu sudah ada selama lebih dari dua abad sebelum Neil Armstrong dan kru Apollo 11 melakukan perjalanan ke Bulan.

Neil Armstrong mengalihkan pandangannya ke dinding ketika dia berlayar ke Bulan pada tahun 1969.

Dia mengonfirmasi bahwa struktur itu tidak terlihat dari sana.

Astronot lain menambahkan bahwa tembok itu bisa terlihat dari orbit rendah tergantung pada kondisi cuaca di Bumi.

Baca lebih lengkap mengenai fakta unik tembok China di sini.

Koalisi Indonesia Bersatu Goyah

HEADLINE: Koalisi Indonesia Bersatu Goyah dan Terancam Bubar Jalan, Godaan Parpol Lain?

Liputan6.com 2023-03-17 00:00:06
Pertemuan Ketua Umum Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), di Restoran Bunga Rampai, Jakarta Pusat, Rabu, 30 November 2022. (Istimewa)

Secangkir minuman hangat menemani pertemuan antara Ketua Dewan Pertimbangan PPP Romahurmuziy dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor PDIP Jakarta, Rabu sore awal Maret 2023 lalu. Pertemuan tersebut berlangsung dengan santai dan penuh kehangatan.

Momen perjamuan itu terungkap setelah Romy, sapaan Romahurmuziy, mengunggah foto pertemuan di akun instagram pribadinya @romahurmuziy. Romy mengatakan, banyak hal yang dibahas dalam persamuhan tersebut. Di antaranya tentang nostalgia PDIP dan PPP saat perjalanan pemerintahan Mega-Hamzah Haz.

Manuver Romy dan PDIP disebut bakal menggoyahkan pondasi Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB yang sudah didirikan oleh PPP, Partai Golkar, dan PAN. Terlebih PDIP menegaskan tak ingin sendiri dalam mengarungi perjalanan Pilpres 2024. Ada tiga parpol yang tengah didekati PDIP saat ini, yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Golkar.

Bila demikian, apakah koalisi yang dideklarasikan pada Sabtu malam, 4 Juni 2022 lalu bakal terancam bubar jalan? Menurut Ketua DPD Jawa Barat Partai Golkar Ace Hasan Syadzily, pihaknya terbuka dengan parpol lain. Namun, dia menegaskan partai berlambang pohon beringin itu tidak akan pisah dari Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB.

"Pertama Golkar dengan KIB masih sangat solid. Karena masih solid maka dalam posisi Golkar yang masih menjadi bagian dari KIB maka kita tidak bisa dipisahkan dalam konteks koalisi ini dengan KIB," kata Ace, saat ditemui di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Dia pun meminta agar tak ada anggapan bahwa Golkar bermain mata dengan parpol lain untuk membangun koalisi. Sebab, hingga saat ini koalisi yang dibangun PAN, PPP, dan Golkar tetap solid.

"KIB sendiri tidak bubar. Saya kira itu jelas ya. Jadi jangan sampai ditafsirkan bahwa Golkar main sendiri, berkoalisi dengan partai lain. Jadi, KIB hingga saat ini masih solid, masih ada dalam satu platform bersama dan konsisten dengan tahapan-tahapan termasuk nanti di akhir menentukan pemilihan capres dan cawapres," tegasnya.

Pengamat Politik sekaligus CEO and Founder Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menilai KIB saat ini memang bisa disebut masih solid. Indikasi yang bisa dilihat, kata dia, tidak ada satu pun dari tiga partai tersebut yang menyatakan dengan tegas pergi meninggalkan koalisi.

"Mereka belum pernah mengatakan ada yang keluar dari barisan koalisi, masih ada tim kecil, ada penjajakan masih ada diskusi, dan mereka masih mengatakan bagian dari koalisi KIB, tidak ada yang keluar. Ini dibilang solid," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Meski demikian, terdapat mazhab atau pandangan lain yang menyebutkan koalisi ini tengah berada di ujung tanduk alias terancam bubar jalan. Kondisi ini bermuara dari masih alotnya internal KIB dalam menyepakati sosok capres dan cawapres yang akan diusung pada Pilpres 2024.

"KIB tidak mengusung capres cawapres, apakah KIB tidak punya capres cawapres, menjadi alasan mereka belum mengumumkan capres cawapresnya. Kemudian ada statemen dari (salah satu partai) KIB yang muncul (nama) Ganjar Erick. Itu kan sebenarnya menampar atau tidak berkomitmen. KIB tapi yang diusung Ganjar-Erick, ini kan nggak nyambung. Artinya itikad baik untuk KIB dipertanyakan sebetulnya. Kecuali misalnya ada Airlangga-nya. Kalau misalnya Ganjar Airlangga masih okelah," dia menjelaskan.

Pangi menilai manuver yang dilakukan sejumlah elite partai di KIB yang melakukan komunikasi dengan parpol lain merupakan hal yang lumrah. Langkah itu untuk memperluas ruang gerak dan menyamakan persepsi. Sehingga koalisi tersebut leluasa dan tidak hanya terkunci pada tiga partai saja.

Namun demikian, dia menyayangkan pandangan elite partai politik yang mengedepankan sikap transaksional dan pragmatisme dalam membangun sebuah koalisi. Akibatnya, jalinan kerja sama yang sudah dibuat, akan mudah terkoyak bila transaksi pragmatisme politik tidak tercapai.

"Koalisi kita ini tidak solid karena basis atau lem perekat itu bukan pada ideologi atau programatic atau persamaan kepentingan dalam hal legacy kebijakan. Yang lebih menonjol DNA koalisi berbasis soal figur. Sehingga mereka berkoalisi dengan syarat kader mereka diusung menjadi capres atau cawapres. Atau mereka berkoalisi bisa juga transaksional mana peluang besar menang. Itu baru irisan basis koalisi kita. Sehingga koalisi itu gampang bubar jalan, pecah kongsi. Karena bangunan koalisinya itu masih bersifat transaksional dan pragmatis saja," terang Pangi.

"PAN sudah kelihatan arahnya ke mana, dan sudah tidak bisa dipegang lagi. Jadi memang betul-betul sangat transaksional banget PAN ini, pragmatis banget, transaksional banget," dia menandaskan.

Sedangkan Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin mengungkapkan, pada prinsipnya Koalisi Indonesia Bersatu adalah Jokowi. Koalisi itu akan tetap solid di bawah kendali Jokowi.

"Ya mungkin manuver-manuver mereka (tokoh parpol KIB) itu disuruh Jokowi juga. Mengapa? Karena kalau diam tidak bergerak, kan terbaca oleh lawan. Tetapi kalau ketika mereka bergerak ke sana ke mari, bermanuver, itu langkah-langkahnya tidak terbaca, seolah tidak solid dan lainnya. Ujung-ujungnya dari segala permainan itu ya mereka patuh dan taat pada Jokowi," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (16/3/2023).

Dia meyakini, dalam internal KIB terjadi tarik menarik terkait tentang sosok capres dan cawapres yang akan diusung pada Pilpres 2024. Namun kembali lagi, persoalan itu akan terselesaikan setelah kandidat yang didukung mendapat restu dari Jokowi.

"Tarik menarik (nama capres cawaspres) pasti ada, karena Airlangga nyapres. Tapi ujungnya, capres cawapresnya itu yang direstui Jokowi. Begitu mereka yang tidak setuju dengan Jokowi, Ketua umumnya diganti. Dan itu seperti terjadi di kasus Suharso Monoarfa (mantan Ketua PPP)," kata dia.

Terkait dengan PDIP berkoalisi dengan KIB, kata dia, tergantung dengan sosok capres yang akan diusung dari Partai berlambang banteng tersebut. Bila Puan Maharani yang dimajukan, PDIP disebutkan akan bertarung sendiri tanpa adanya koalisi.

"PDIP punya harga diri, tergantung kepentingannya. Semua mata sedang menunggu PDIP, kalau PDIP mengusung puan, PDIP tidak bergabung dengan yang lain. Tetapi kalau mengusung Ganjar, justru KIB yang akan bergabung dengan PDIP," dia menandaskan.

Sementara itu, Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno menilai, selama Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait penetapan capres dan cawapres, partai-partai politik yang berkoalisi masih bisa bergeser dari porosnya. Partai itu akan bisa disebut solid koalisi ketika sudah mendaftarkan kandidatnya pada Oktober mendatang.

"Jadi bagi saya tolak ukurnya adalah pendaftaran KPU dan diumumkan sebagai kandidat 2024. Sebelum itu semua, bahkan tidak hanya cair bahkan cukup mungkin untuk meleleh," ucap dia dalam diskusi Obrolan Balkon Liputan6.com, Rabu 15 Maret 2023.

Adi menjelaskan ada dua hal untuk menentukan partai tetap solid pada koalisinya atau sebaliknya, bubar sebelum layar terkembang. Pertama, dia menerangkan, partai-partai itu pasti akan berkoalisi kalau mereka memungkinkan memenangkan pertarungan.

"Tidak mungkin koalisi itu dibentuk kalau hanya sebatas pelengkap penderita atau hanya sebatas ornamen pemilu 5 tahunan makanya saya membaca nanti kalaupun toh sudah mulai muncul poros-poros politik sebelum ada ketetapan resmi dari KPU rasa-rasanya partai-partai ini bisa hijrah ke satu poros ke poros yang lainnya dengan melihat kekuatan capres dan capres yang akan diusung," ujar dia.

"Kalau capres dan cawapres yang ada di poros-poros saat ini itu relatively misalnya kemungkinan tidak akan memenangkan pertarungan, maka sangat mungkin partai pengusungnya yang sudah jauh-jauh hari bikin koalisi itu akan berlalu dan bahkan bisa bubar jalan. Jadi prinsipnya adalah soal bagaimana jagoan yang diusung itu bisa menang atau tidak," kata dia.

Untuk KIB, menurut Adi, saat ini memang belum terlihat dinamika politiknya lantaran belum muncul nama capres dan cawapres yang akan diusung. Meski disebut PAN ada nama Ganjar Pranowo-Erick Thohir, namun itu belum diamini oleh partai rekan koalisi KIB.

"Belum ada pernyataan bersama dari ketiga partai itu tentang siapa kandidat capres yang akan diumumkan nantinya secara kolektif," ujar dia.

Variabel-variabel ini yang menurutnya bisa menjelaskan apakah koalisi-koalisi akan tetap solid sampai Oktober ataukah akan bubar jalan. Karena semua partai politik itu sedang memasang tarif tinggi kepada semua Ketua umumnya untuk bisa maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Ini tentu ada harapan ada coat-tail effect yang bisa didapatkan di 2024 nantinya. Karena pemilu yang dilaksanakan secara serentak Pilpres dan Pileg itu agak rumit bagi partai-partai yang tidak bisa mengusung kandidat capres sendiri. Khawatir pilegnya itu tergerus, khawatir suara anggota DPR nya itu berkurang hanya karena mereka tidak bisa mendapatkan keuntungan ekor jas dari capres dan cawapres yang akan diusung," Adi menandaskan.


Jika KIB Pecah, Ketum Partai Harus Bicara

Tiga partai anggota Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB kini disinyalir memiliki skema calon presiden dan calon wakil presiden berbeda. Menurut Pengamat Politik Arifki Chaniago, hal itu terjadi setelah munculnya wacana PAN yang hendak mengusung Ganjar-Erick di Pilpres 2024.

Menurut Arifki, PAN diduga mulai goyah untuk mencalonkan kader internal. Sementara itu, partai anggota KIB lain yaitu PPP juha terlihat mulai merapat ke arah PDIP.

"Narasi ini juga diperkuat dengan adanya upaya Mantan Ketua Umum PPP, Muhammad Romahurmuziy yang lebih mendekat dengan PDIP. Dari dua narasi ini, PAN dan PPP maka banyak yang berkesimpulan bahwa masing-masing anggota KIB memiliki jalan berbeda di Pilpres 2024," jelas Direktur Eksekutif Aljabar Strategic ini.

Namun Arifki menilai, jika narasi itu muncul dan dikaitkan dengan pecahnya KIB maka hal itu terlalu terburu-buru. Sebab, tindak tanduk dari Romahurmuziy yang merapat ke PDI-P tidak dapat diartikan sebagai bagian KIB.

"Kecuali yang berbicara itu para ketua umum partai atau para fungsionaris ketiga partai yang terlibat langsung dengan KIB," untkap Arifki.

Arifki mendorong publik lebih luas melihat dari kacamata organisasi. Artinya, Jika hendak bicara KIB pecah yang bicara haruslah Airlangga, Zulhas, atau Mardiono selaku ketua umum masing-masing dari partai anggota. Maka tentu dapat kemungkinan jika memang terjadi guncangan di tubuh koalisi.

"Saya kira KIB sudah punya narasi yang lebih jauh soal Pilpres 2024, jika ini bubar begitu saja tentu disayangkan karena narasi yang dibawa itu memperkuat narasi kelembagaan partai", tutur Arifki.

Kendati begitu, ketika belakangan muncul wacana Airlangga Hartarto yang berduet dengan Ganjar Pranowo atau Prabowo diduga hal itu menjadi sinyal bahwa KIB bakal bekerjasama dengan PDI-P atau dengan Gerindra-PKB.

Hal itu tentu lebih logis, jika KIB menjadi penentu dari koalisi kuat yang bakal terbentuk.

"KIB tentu lebih logis menjadi penentu daripada terpecah-pecah dengan membentuk koalisi baru. Jika narasi itu yang dipertahankan oleh KIB, maka narasi kelembagaan yang dibangun oleh Golkar, PAN, dan PPP bakal terus menarik dilihat sebagai pendekatan baru dalam menentukan capres dan cawapres", Arifki menutup.

Sementara Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus membantah koalisi yang digagas Golkar, PPP dan PAN, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), bubar. Lodewijk mengatakan, tidak ada satupun partai di KIB yang keluar dari koalisi.

"Sekarang apakah ada yang keluar dari KIB kan enggak ada. Ya toh. Ada enggak? Enggak ada. Ya memang kondisinya seperti itu," kata Lodewijk soal kondisi Koalisi Indonesia Bersatu saat ini di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Enam+01:06VIDEO: Jaulah Nasihati Sekelompok Pria yang Diduga Sedang Berjudi Menurut dia, banyak yang tidak paham bagaimana kondisi internal di KIB. Salah satunya, KIB disebut-sebut akan bubar. Padahal, lanjut dia, mereka tidak tahu isi pembicaraan di antara ketua umum partai anggota KIB.

"Itu kan dari analisisinya dia karena dia tidak tahu isi dalemnya ngomongnya gitu gitu lho adanya di ketum," ujar Lodewijk.

Godaan dari Partai LainLodewijk pun tidak masalah PPP sudah digoda oleh PDIP untuk berkoalisi pada Pemilu 2024. Wakil ketua DPR RI ini tidak masalah PPP membuka komunikasi dengan partai lain.

"Kita kalau komunikasi jalan, tapi manakala aspirasi kan tetap aja enggak bisa. Namanya aspirasi, orang pengen ini biar aja gitu," ucap Lodewijk.


KIB Ingin Jadi Koalisi Gemuk

Partai Golkar menyatakan pihaknya berharap Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) semakin besar dan tidak hanya berisi tiga partai Golkar, PAN dan PPP saja

Wakil Ketua Umum Golkar Ahmad Doli Kurnia menyebut, peluang memperlebar koalisi itu bisa dari berbagai cara. Sebab saat ini semua koalisi masih cair atau dinamis.

Enam+00:50VIDEO: Turis Jepang Punguti Sampah Saat Wisata ke Pulau Tulas Indonesia "Tentu harapannya kami semua KIB bisa membawa dan mengajak parpol untuk membangun koalisi yang lebih besar lagi," kata Doli di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (15/3/2023).

Doli menyebut meski telah terbentuk beberapa koalisi lain, hal itu tidak menutup pintu parpol antar koalisi bertemu atau nantinya melebur menjadi satu koalisi.

Termasuk juga bagi PDIP yang belum menentukan rekan koalisi.

"Artinya masih dibuka peluang untuk memperlebar koalisi, kemudian untuk menyatukan koalisi yang ada. PDIP juga selama ini kan belum, masih belum membentuk dengan parpol lain," kata Doli.

Terkait isu perpecahan KIB dan kedekatan PPP dengan PDIP, Doli justru menyebut KIB memang membuka diri jika partai lain ingin bergabung termasuk PDIP.

Doli juga membantah isu PPP akan keluar koalisi. Ia mengklaim KIB masih kompak di jalan yang sama.

"Jelas saya menyatakan KIB sejauh ini on the track dengan segala komunikasi yang telah disepakati bersama. Bahwa komunikasi politik ini nanti akan bergabung atau menjadi koalisi besar, itu semua bisa terjadi," pungkas Doli.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebelumnya digoda oleh PDI Perjuangan. Ketua Majelis Pertimbangan PPP M Romahurmuziy mengungkap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengajak PPP untuk membentuk koalisi. Alasannya demi menjaga amanat dari tokoh senior PPP almarhum Maimoen Zubair.

"Tentu tidak terhindarkan karena Pilpres juga sudah dekat. Ajakan koalisi kpd PPP oleh mas Hasto sebenarnya sudah lama, sejak Plt Ketum Pak Harso. Alasannya sederhana amanat almarhum Mbah Maimoen sebelum wafat ke Bu Mega untuk ikut menjaga PPP. Yang kedua, sejarahnya ada zaman Mega-Hamzah maupun yang mutakhir Ganjar-Yasin," ujar Rommy menceritakan pertemuan dengan Hasto pada Senin (6/3/2023).

Sedangkan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono mengakui terbuka peluang koalisi dengan PDIP. Selama kedua partai memiliki tujuan yang sama.

"Tentu upaya-upaya untuk mengajak berkoalisi apalagi ini PPP termasuk yang kecil, jumlahnya 4,5 persen tentu berusaha mengajak koalisi dengan partai-partai yang lain, itu bagian dari upaya politik yang dilakukan parpol," ujarnya.

"Ya, tentu. Termasuk juga PDIP. Kemudian di dalam berkoalisi itu ya memiliki tujuan-tujuan yang harus sama, ya," sambung Mardiono.