Gibran Ultimatum Mandor Masjid Syeikh Zayed

Gibran Rakabuming Ancam Datangi Mandor Masjid Syeikh Zayed Solo Jika Utang Rp 145 Juta Tak Dilunasi

Liputan6.com 2023-03-18 10:00:34
Gibran Rakabuming Raka saat menemui wartawan usai istri dan putrinya meninggalkan RS PKU Muhammadiyah Solo, Senin (18/11).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Gibran Rakabuming menindaklanjuti keluhan ibu pedagang warung makan tentang kelakuan mandor Masjid Syeikh Zayed Solo yang ngutang hingga Rp 145 juta rupiah dan kini belum lunas.

Pembangunan Masjid Syeikh Zayed Solo telah selesai dan dibuka untuk umum namun utang itu tak kunjung lunas. Mendengar keluhan warga, Wali Kota Solo naik pitam dan melacak identitas si pengutang.

Gibran Rakabuming telah mengantongi identitas pelaku seraya menyebut pihak pengembang yakni PT Waskita telah membereskan seluruh kewajiban. Maka, ini salah mandor masjid.

"Dari Waskita sudah menyelesaikannya. Ya enggak tahu tuh mandor (menggelapkan uang atau bagaimana). Pokoknya akan dicari (keberadaan si mandor)," kata Gibran Rakabuming.


Gibran Akan Datangi Pengutang

Tak main-main, bintang film Sesuai Aplikasi memasang tenggat waktu minggu ini kepada mandor untuk melunasi utang Rp 145 juta kepada ibu penjual warung makan yang diketahui bernama Dian.

Jika tidak, Gibran mengancam akan mendatangi kediaman mandor. "Yo tak parani wonge (Bakal saya datangi orangnya). Itu kan warga kita, warga asli Gilingan," ungkap putra sulung Presiden Jokowi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Deadline Bayar Utang Minggu Ini

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Berita Surakarta, Jumat (17/3/2023), ia melayangkan simpati kepada pedagang warung makan yang hingga kini menanti kepastian pelunasan utang.

"Warung diboni sakyuta wae wis abot iki nganti atusan (warung diutangi sejuta saja sudah berat apalagi ini sampai seratusan juta). Minggu ini waktunya (membereskan utang)," cetus Gibran Rakabuming.


Utang Mengambang 2 Tahun

Di pengujung wawancara, Gibran Rakabuming lagi-lagi memberi peringatan keras. "Tak parani wonge, wis ono contact person-e tim Waskita juga membantu (Akan saya datangi orangnya. Nomor kontak sudah ada, tim Waskita juga membantu)," ia mengakhiri.

Melansir dari berbagai sumber, Dian mengklaim tiga mandor Masjid Syeikh Zayed Solo yang terlibat utang yakni N dan G yang mengaku dari Demak. Sementara G yang lain mengaku asal Purwodadi. Ketiganya masing-masing ngutang makanan 65 juta, 55 juta, dan 35 juta rupiah.

Seperti diketahui, pembangunan Masjid Syeikh Zayed Solo dimulai pada 2021. Patut diduga, utang mengambang sejak dua tahun lalu dan hingga kini belum beres. Tak tahan dengan kelakuan para mandor, Dian pun "bernyanyi" hingga didengar Gibran Rakabuming.

Terciduk Video Call Mimi Bayuh?

Raffi Ahmad Jadi Sorotan Karena Video Call Dengan Perempuan Berhijab, Nama Mimi Bayuh Digunjing Netizen

Liputan6.com 2023-03-19 15:48:23
Raffi Ahmad saat membawakan acara Konser Histeria Pesta Bola Dunia 2022 di EMTEK City, Jakarta, Kamis (20/10/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Raffi Ahmad diterpa isu tak sedap. Netizen ramai membahas mengenai suami Nagita Slavina yang kedapatan melakukan video call dengan perempuan berhijab saat sedang berlibur ke Jepang.

Saat ini, Raffi Ahmad bersama Nagita Slavina dan Rafathar serta Rayyanza sedang berada di Negeri Sakura. Mereka menghabiskan waktu libur bersama di Jepang.

Namun aksi Raffi Ahmad saat melakukan video call dengan perempuan berhijab justru dibahas akun Twitter @babysafina yang menyiarkan ulang unggahan akun Instagram @meniksiregar1103.

"Wahai Raffi Ahmad & Mimi Bayuh mengapa kalian tidak mengizinkan fans bahagia melihat kelucuan Cipung di Jepang dan melelehnya Rafathar Sang Kulkas 1000 pintu karena liburan asyik bersama Fadil & Keanu," cuit akun tersebut sebagai status teks unggahannya, Minggu, 19 Maret 2023.


Salah Tingkah

Akun tersebut juga membagikan unggahan video yang menampilkan Raffi Ahmad salah tingkah kala disapa penggemarnya di Jepang. Raffi Ahmad terlihat seperti salah tingkah saat merespons panggilan fans yang ditemuinya di Jepang itu.

Yang kemudian disorot netizen, yakni ponsel yang sedang dipegang oleh bapak dua anak itu. Raffi Ahmad terlihat sedang melakukan panggilan video call dengan perempuan berhijab.


Mimi Bayuh

Netizen kemudian memention nama Mimi Bayuh, yang diketahui merupakan karyawan RANS Entertainment. Raffi Ahmad dan Mimi Bayuh kerap diisukan menjalin kedekatan spesial hingga menjalin asmara.

Namun, netizen yang lain tak mau ikut berspekulasi. Tak melihat sosok Mimi Bayuh, netizen justru mengira perempuan berhijab yang sedang video call dengan Raffi Ahmad adalah Sus Rini, pengasuh Rayyanza.


Komentar Netizen

Netizen seketika membahas soal isu perselingkuhan Raffi Ahmad dan Mimi Bayuh, usai layar kamera ponsel artis berjuluk Sultan Andara memerlihatkan sosok perempuan berhijab.

"Mjb kakIni Mimi bayuh yg pegawai nya itu bukan? Yg dulu sempet rame juga," cuit akun @JJooniestic

"Itu kayak lg gendong bayi mimih bayunya. Anak ama siapa itu ya? Kok diajak vc ama sultan raffi. Jgn2 ," sahut akun @randydp28

Nama Calon Suami Ditutupi

Nathalie Holscher Bakal Melepas Status Janda, Pamer Undangan Pernikahan Nama Calon Suami Ditutupi

Liputan6.com 2023-03-19 08:00:18
[Instagram/nathalieholscher]

Nathalie Holscher, beberapa waktu lalu sempat dekat dengan pria bernama Farid, yang merupakan mantan kekasih masa SMA. Namun, belakangan ini Nathalie Holscher tak lagi terlihat bersamanya.

Dan tiba-tiba, mantan istri Sule mengunggah sebuah foto di akun Instagram terverifikasi miliknya, Sabtu (18/3/2023). Dalam foto tersebut terlihat sebuah tangan tengah memegang undangan pernikahan.

Dalam undangan tersebut tampak wajah Nathalie Holscher dan seorang pria yang membelakangi kamera sehingga wajahnya tak terlihat dengan jelas.

Pada lembar foto tersebut tertulis inisial nama dari keduanya yaitu N dan G. Namun, Nathalie Holscher menutupinya dengan warna hitam nama panjang pria tersebut.


Undangan Persepsi Pernikahan Nathalie Holscher

Sementara, pada lembar lainnya tertulis bahwa undangan tersebut untuk menghadiri resepsi pernikahan Nathalie Holscher.

Tak hanya nama mempelai pria nya saja yang ditutupi. Tapi juga tanggal dan tempat acara tersebut masih dirahasiakan ibu satu anak ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Nathalie Holscher Minta Doa untuk Dilancarkan

Dalam keterangan, tak banyak kata yang dituliskan Nathalie Holscher. Ia hanya meminta didoakan agar hingga hari H acara yang diduga pernikahannya.

"Bismillahirrahmanirrahim ..mohon doa restu agar di lancarkan semuanya .. aamiin!" tulisnya.


Nathalie Holscher Ogah Dikomentari

Seolah tak mau unggahannya ini dikomentari dengan hal-hal yang negatif, Nathalie Holscher pun menutup kolom komentar. Sehingga warganet yang berniat baik juga tak bisa mengucapkan selamat dan doanya.

Meski begitu dalam Instagram Stories, Nathalie justru memperlihatkan komentar dari teman-temannya dalam bentuk foto ataupun video.

Seperti seorang akun menuliskan, "Akhirnya go public juga hehehehe lancar2 kaka syg."

"Happy boths of u darlingCongratulations @nathalieholscher," tambah yang lain.

"Aaa happy bangett! Lancar sampai hari H yaa syg @nathalieholscher," timpal lainnya sambil memperlihatkan undangan yang diterimanya dari Nathalie.

Sendiri ke Penobatan Raja Charles III

Pangeran Harry Kemungkinan Hanya Datang Sendiri ke Penobatan Raja Charles III

Liputan6.com 2023-03-18 20:30:33
Pangeran Harry hadir di peringatan Anzac Day di Westminster Abbey, London, Inggris, 25 April 2019. (VICTORIA JONES / POOL / AFP)

Pangeran Harry kemungkinan akan menghadiri Penobatan Raja Charles III sendirian karena Meghan Markle tidak "berani atau cukup kuat untuk berada di situasi canggung bersama keluarga kerajaan Inggris". Hal itu diungkapkan Paul Burrell (64), mantan kepala pelayan mendiang Putri Diana.

Paul Burrell yang bekerja untuk Diana selama lebih dari 10 tahun hingga kematian mendadaknya pada 1997, mengatakan bahwa Raja telah "mempertahankan moral yang tinggi" dengan mengundang Duke dan Duchess of Sussex itu ke penobatannya pada 6 Mei 2023. Bahkan disebutkan penobatan akan berjalan baik karena pihak istana benar-benar bisa menerima kehadiran Harry dan Meghan.

Dikutip dari Mirror pada Sabtu, 18 Maret 2023, pasangan itu belum mengonfirmasi kehadiran mereka untuk acara besar yang akan dilaksanakan di Westminster Abbey London itu. Tetapi Paul mengatakan akan sangat tidak nyaman bagi mereka untuk bersatu kembali dengan Keluarga Kerajaan Inggris jika mereka memutuskan untuk pergi.

Paul menambahkan, "Apakah mereka siap menghadapi konsekuensinya?. Dia harus melihat mata keluarga yang dia tinggalkan," lanjutnya.

"Saya pikir Harry mungkin datang sendiri dan Meghan mungkin mengatakan kepadanya bahwa dia tidak akan bisa berada di di sisi suaminya jika PangeranHarry memutuskan hadir," kata Paul.

Pasangan itu diketahui menerima undangan mereka baru-baru ini untuk datang ke upacara Mei mendatang. Masih jadi teka-teki apakah mereka akan melakukan perjalanan jauh dari California, Amerika Serikat.


Sulit Untuk Bertemu Ibu Tiri

Paul juga mengatakan akan sulit bagi Harry untuk melihat Permaisuri Camilla di Penobatan karena dia akan menempati posisi di mana ibunya berada. Harry menyerang ibu tirinya dalam buku memoar debutnya berjudul Spare, yang membocorkan rahasia keluarga dan percakapan pribadi kerajaan Inggris.

Harry mengklaim bahwa dia dan saudara laki-lakinya Pangeran William sempat memohon kepada ayah mereka untuk tidak menikahi Camilla. Duke of Sussex juga menyebut Camilla sebagai "orang ketiga" di berbagai bagian buku yang menggemparkan itu, serta mengatakan dia takut Camilla menjadi "ibu tiri yang jahat".

Komentar tersebut dikabarkan menjadi faktor pendorong keputusan Raja untuk mengusir Sussex dari rumah mereka di Inggris, Frogmore Cottage. Berbicara kepada majalah Closer, Paul mengatakan Harry menyalahkan Camilla untuk hal-hal yang tidak dia lakukan.

Ia juga mengatakan akan menyakitkan baginya untuk berada di Penobatan Raja Charles. Camilla sempat mengatakan Duke dan Duchess of Sussex harus tetap tinggal di Amerika setelah berpaling dari Keluarga Kerajaan.


Harry dan Meghan Sebaiknya Tidak Datang

Adapun perwakilan Sussex menyatakan, "Keputusan segera tentang apakah duke dan duchess akan hadir tidak akan diungkapkan oleh kami saat ini."

Jika mereka pergi, Harry dan Meghan yang telah diasingkan dikhawatirkan akan disambut dengan sikap dingin dari anggota senior keluarga kerajaan. Lebih lanjut, Pangeran Harry dan Meghan Markle telah diperingatkan bahwa mereka berisiko "mencuri perhatian" jika mereka menghadiri Penobatan Raja Charles III .

Namun, seorang PR dan Crisis Communications Specialist, Patrick O'Kane, percaya bahwa pasangan tersebut sebaiknya tidak menghadiri momen bersejarah tersebut jika mereka ingin memiliki kesempatan untuk membangun kembali citra baik mereka.

Patrick berkata, "Dengan opini publik yang sangat terpolarisasi tentang apakah pasangan itu harus menghadiri Penobatan Raja Charles II, ada risiko bahwa kehadiran Harry dan Meghan akan mencuri perhatian pada apa yang seharusnya menjadi hari bersejarah tidak hanya untuk keluarga Kerajaan tetapi untuk Inggris Raya dan seluruh Persemakmuran."


Perlu Berpikir Taktis

Ketidakhadiran Harry dan Meghan bisa tampak seperti "tamparan" untuk Raja baru. Namun Patrick berpikir Harry dan Meghan perlu meluangkan waktu untuk berpikir. "(Mundur) mungkin cara terbaik untuk melindungi citra mereka," lanjutnya.

Ia menyambung, "Mengatur ulang kegiatan mereka dan mengevaluasi kembali tujuan mereka saat mereka berusaha membangun kembali kehidupan yang mereka buat sendiri akan memungkinkan awal yang baru."

Lebih lanjut, Patrick juga percaya bahwa setiap Harry dan Meghan ingin kembali jadi perhatian, itu membutuhkan "pendekatan yang lebih taktis" karena ini dapat membantu pasangan memenangkan orang-orang.

"Hal utama bagi Harry dan Meghan adalah meminimalkan dampak mereka pada momen bersejarah Kerajaan pada awal Mei, tetapi keputusan apa pun yang mereka ambil, mereka mungkin menghadapi jalan berbatu untuk kembali menjadi pusat perhatian," katanya.

Sebelumnya, Pangeran Harry dan Meghan resmi diundang beberapa minggu yang lalu. Namun, surat dari Buckingham Palace itu tidak menyebutkan dua anak Harry dan Meghan, yakni Archie yang berusia tiga tahun maupun Lilibet yang berusia satu tahun.

Ingin Umroh Bersama Mantan

Elly Sugigi Ingin Umroh Di Hari Ulang Tahun Bersama Mantan Suami, Menyesal Bercerai Minta Balik Lagi dan Menikah di Baitullah

Liputan6.com 2023-03-19 07:00:14
Elly Sugigi di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (17/3/2023).

Menyesal karena dikuasai api cemburu, Elly Sugigi atau yang akrab dipanggil Mpok Elly harus menanggung resiko dan bertanggung jawab atas apa yang telah ia lakukan kepada mantan suami, Irwan Aher.

"Saya minta maaf atas omongan saya, atas kecemburuan saya, saya harus kehilangan dia, itu kesalahan saya," kata Elly di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (17/3/2023).

Walaupun Aher mengatakan pada Elly ia ingin dimaafkan, ia harus menarik ucapannya terhadap Aher. Namun, nasi telah menjadi bubur.

"Sampai saya sujud di kakinya saya mau, tapi gak bisa, dia sudah terlajur sakit hati," lanjut Elly.


Rencana Umroh

Elly Sugigi mengatakan memiliki rencana umroh bersama pasangan bertepatan dengan hari kelahirannya tahun ini, tetapi rencana ini harus pupus lantaran mantan suami, Aher memutus tali komunikasi.

"Dia yang ngejauhin saya, dia yang tidak mau membuka komunikasi. Saya sih sama keluarganya masih baik-baik saja, masih komunikasi," kata Elly.


Harapan

Hingga saat ini Elly masih berharap dibukakan pintu maaf dan berharap bisa kembali bersama dengan Aher.

"Saya sih pengennya balik lagi sama dia, dia jodohnya (saya) karena udah dua tahun saya malu, saya udah janji sama dia. Kamu (Aher) itu orang terakhir saya," ujar Elly.

Selain itu, Elly juga mengatakan bahwa jika mereka bisa berbaikan sebelum bulan Oktober tahun ini, ia ingin mengajak Aher umroh bersama dan menikah di depan Baitullah.


Kilas Balik Cerai

Elly Sugigi tahun lalu menyatakan telah bercerai dari mantan suaminya lantaran ia menuding Aher miliki hubungan bersama pria lain.

Orang ketiga dalam hubungan Elly melabrak dirinya dan mengatakan bahwa hubungannya bersama Aher settingan belaka.

Istri Pejabat Hobi Pamer, Suami Dinonaktifkan

Istri Pejabat Setneg Hobi Pamer Kekayaan, Suami Dinonaktifkan

Liputan6.com 2023-03-19 15:21:18
Gedung Kementerian Sekretariat Negara (Foto: setneg.go.id)

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menonaktifkan sementara Esha Rahmansah Abrar sebagai Kepala Sub Bagian Administrasi Kendaraan Biro Umum. Hal ini akibat sang istri pamer kekayaan di media sosial.

"Sebagai tindak lanjutnya, saudara Esha telah dinonaktifkan sementara dari jabatannya, untuk memudahkan melakukan verifikasi terkait kebenaran informasi yang berkembang," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Karo Humas) Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto, dalam keterangan tertulis, Minggu (19/3/2023).

Foto-foto istri Esha Rahmansah Abrar pamer kekayaan viral di media sosial. Beberapa foto diunggah oleh akun Twitter @PartaiSocmed. Terbaru, pemilik akun mengunggah sebuah nota pembelian pemesanan mobil dengan harga Rp407.900.000. Tertulis pada nota, pembeli atas nama Olivia.

Ada pula foto yang menampilkan diduga istri Esha Rahmansah Abrar sedang berpose di sebuah mobil BMW berkelir pink.

Terkait hal ini, Eddy Cahyono juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat.

"Kemensetneg memohon maaf kepada masyarakat atas kegaduhan yang telah menimbulkan ketidaknyamanan di masyarakat," ujar Eddy.

Pihaknya akan menerjunkan tim internal untuk mengecek kebenaran informasi yang telah viral di media sosial tesebut.

"Kami telah bentuk tim verifikasi internal untuk menyelidiki harta kekayaan saudara Esha Rahmansah Abrar dan aparatur sipil negara di lingkungan Sekretariat Negara," kata Eddy.

Eddy menerangkan, pihaknya akan berkonsultasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) serta lembaga lain guna mendapatkan fakta dan data yang komprehensif sebagai dasar menindakanjuti ketidakwajaran perolehan harta pejabat yang bersangkutan.

"Hasilnya akan kami umumkan kepada publik sebagai komitmen Kemensetneg untuk mendukung pemberantasan KKN dan praktik-praktik yang bertentangan dengan hukum," ujar Eddy.


Istri Pejabat Gemar Pamer Kekayaan di Media Sosial

Istri pejabat pamer harta kekayaan belakangan jadi sorotan. Bukan kali ini saja istri pejabat yang gajinya dibiayai oleh negara memamerkan kekayaannya ke publik. Belum lama, istri Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Timur (Jaktim), Sudarman Harjasaputra, kedapatan pamer harta di media sosial.

Melalui akun Instagramnya, istri Sudarman bernama Vidya Piscarista, mempertontonkan kekayaan di media sosial. Tak hanya gemar pamer barang mewah, Vidya juga kerap memamerkan liburannya ke Eropa. Namun belakangan akun Instagram istri Sudarman itu telah lenyap.

Akibat kelakuan sang istri yang membuat rakyat geleng-geleng, Sudarman akan dipanggil KPK untuk diperiksa sumber kekayaannya. "KPK akan melakukan pemeriksaan dan klarifikasi terhadap informasi tersebut," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (16/3/2023).

Ali mengatakan, klarifikasi harta kekayaan merupakan kewenangan dari tim Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Kedeputian Pencegahan dan Monitoring KPK. Namun Ali masih belum mengetahui jadwal klarifikasi harta Sudarman.

"Nanti minggu depan kami informasikan," kata Ali.

Menurut Ali, pemanggilan terhadap Sudarman akan dilakukan setelah tim LHKPN KPK terlebih dahulu memeriksa harta yang disampaikan Sudarman dalam laman elhkpn.kpk.go.id.

"Jadi klarifikasi dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan kemudian klarifikasi, crosscheck data dari tim LHKPN," kata Ali.

Menyelisik laman elhkpn.kpk.go.id tercatat harta Sudarman mencapai Rp14.765.037.598 atau Rp14,7 miliar. Harta itu dia laporkan pada 29 Maret 2022 saat menjabat Kuasa Pengguna Anggaran Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta.

Harta Sudarman didominasi oleh tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Selatan, Ciamis, Malang, Bogor, Tangerang Selatan, hingga Garut. Nilainya mencapai Rp13.997.511.000.

Untuk kendaraan bermotor, Sudarman hanya melaporkan memiliki motor Piagio Vespa Primavera tahun 2014 seharga Rp18 juta dan Mazda CX5 tahun 2017 seharga Rp420 juta. Jadi kendaraan yang dia miliki senilai Rp438 juta.

Namun dia melaporkan memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp600 juta. Kas dan setara kas lainnya senilai Rp249.526.598. Totalnya senilai Rp 15.285.037.598.

Meski demikian, dia tercatat memiliki utang sebesar Rp 520 juta. Jadi total harta yang dia laporkan setelah dikurangi utang senilai Rp 14.765.037.598.

Vladimir Putin Bisa Ditangkap?

Akankah Vladimir Putin Bisa Benar-Benar Ditangkap oleh Mahkamah Pidana Internasional?

Liputan6.com 2023-03-18 13:01:01
Presiden Rusia Vladimir Putin memegang teropong saat menonton latihan militer Center-2019 di lapangan tembak Donguz dekat Orenburg, Rusia, 20 September 2019. Presiden Rusia Vladimir Putin mem

Mahkamah Pidana Internasional (ICC) telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Presiden Rusia Vladimir Putin atas kejahatan perang.

ICC mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Putin "diduga bertanggungjawab atas kejahatan perang berupa deportasi anak-anak dan pemindahan anak-anak secara paksa dari wilayah pendudukan Ukraina ke Federasi Rusia."

Ini adalah pertama kalinya pengadilan global mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap pemimpin salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

Menyangkal tuduhan itu, juru bicara Putin Dmitry Peskov mengatakan Rusia tidak mengakui ICC.

ICC telah menuntut Putin atas perlakuan Rusia terhadap anak-anak Ukraina di bawah dua pasal Statuta Roma: deportasi warga sipil yang tidak sah, dan memindahkan mereka secara tidak sah dari Ukraina yang diduduki ke Rusia.

Pengadilan juga mengeluarkan surat perintah penangkapan Maria Lvova-Belova, komisaris Hak Anak di Kantor Presiden Federasi Rusia.

Pekan lalu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyebut "penculikan, adopsi paksa, dan pendidikan ulang anak-anak Ukraina" sebagai "kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan".

Komisaris kepresidenan Ukraina untuk hak-hak anak, Daria Gerasymchuk mengatakan kepada AFP bahwa Ukraina telah mengidentifikasi 43 kamp anak-anak di kota-kota Rusia, menambahkan bahwa anak-anak "dipindahkan (secara paksa) sepanjang waktu".

Gerasymchuk menambahkan bahwa 16.000 anak telah dideportasi ke Rusia sejak dimulainya invasi. Ukraina baru berhasil mengembalikan 308 anak.

Bukan hanya anak-anak yatim piatu atau mereka yang berada di panti asuhan Ukraina, Rusia juga secara paksa memisahkan anak-anak dari orang tua mereka di wilayah perbatasan, menurut laporan. Anak-anak ini kemudian diduga ditempatkan di panti asuhan Rusia dan terdaftar sebagai warga negara Rusia.

Rusia secara terbuka mengakui program 'pemindahan' tersebut, namun berpendapat bahwa hal itu dilakukan untuk melindungi anak-anak. ICC membantahnya, menyatakan bahwa anak-anak tersebut tidak dipindahkan karena alasan keamanan atau medis.


Simak video pilihan berikut:


Akankah Putin Benar-Benar Ditangkap?

Seperti dikutip dari the Week (18/3/2023), sangat kecil kemungkinan ICC bisa menangkap Putin karena lembaga itu tidak memiliki institusi kepolisiannya sendiri.

Itu juga tergantung pada apakah Rusia akan menegakkan surat perintah penangkapannya. Atau dalam situasi lain, aknkah negara tuan rumah menangkap Putin saat dia melakukan kunjungan kenegaraan ke luar negeri.

Selain itu, Rusia tidak mengakui ICC dan bukan merupakan pihak Statuta Roma. Statuta Roma adalah perjanjian yang membentuk Mahkamah Pidana Internasional dan sebanyak 123 negara adalah pihak yang mengakui undang-undang tersebut.

Selain Rusia dan Ukraina, Amerika Serikat dan China bukan anggota ICC.

Dengan begitu, Putin hanya bisa ditangkap di salah satu negara yang telah menandatangani Statuta Roma. Namun, sangat kecil kemungkinan Putin akan melakukan perjalanan ke salah satu negara tersebut, kata TIME dalam sebuah laporan.

Selain itu, tidak ada negara yang mau menghadapi konsekuensi dramatis dari upaya penangkapan Putin.


Merusak Citra Putin

Namun surat perintah ICC, semakin merusak citra Putin baik secara global maupun di dalam negeri.

"ICC telah menjadikan Putin sebagai buronan dan mengambil langkah pertamanya untuk mengakhiri impunitas yang telah terlalu lama memberanikan para pelaku dalam perang Rusia melawan Ukraina," kata Balkees Jarrah, direktur asosiasi keadilan internasional di Human Rights Watch.

Berbicara kepada TIME , Bill Bowring, seorang profesor di Birkbeck College, University of London mengatakan hal ini juga dapat mempersulit situasi bagi negara-negara seperti India yang tidak mengutuk Rusia atas invasi Ukraina.

Indonesia, Negara Paling Polusi di Asia Tenggara

Indonesia Jadi Negara Paling Polusi di Asia Tenggara, Kualitas Udaranya Buruk Versi IQAir

Liputan6.com 2023-03-18 02:00:28
Lansekap gedung bertingkat serta pemukiman penduduk yang tertutup kabut terlihat di kawasan Jakarta, Senin (16/12/2019). Besarnya gas buang kendaraan serta minimnya RTH menyebabkan DKI Jakart

Laporan terbaru dari IQAir yang terbit pada Selasa, 14 Maret 2023, menunjukkan daftar negara dengan kualitas udara terburuk alias polusi terparah di dunia pada 2022.

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia menempati urutan pertama sebagai negara dengan tingkat polusi terburuk.

Bila dilihat dari keseluruhan daftar, Indonesia menduduki urutan ke-26 dari 131 negara. Namun, dari sembilan negara Asia Tenggara yang masuk ke daftar IQAir, tingkat polusi Indonesia yang paling tinggi atau jika di peringkat berada di posisi teratas.

Laporan IQAir itu dibuat menggunakan metode analisis pengukuran kualitas udara PM2.5.

PM2.5 adalah polusi partikel halus atau polutan berbahaya yang diketahui dapat melemahkan resistensi terhadap penyakit pernapasan dan dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru serta penyakit jantung, dilansir dari Channel News Asia, Jumat (17/3/2023).

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan konsentrasi PM2.5 maksimum 5 mikrogram per meter kubik.

Indonesia mencatat tingkat polusi regional tertinggi dengan enam kotanya masuk dalam 15 teratas untuk konsentrasi PM2.5 tertinggi. Termasuk Pasarkemis peringkat teratas di Provinsi Banten di Jawa, dan kota-kota besar Jakarta dan Surabaya menempati urutan keempat dan ketujuh dalam daftar daerah paling tercemar.

Indonesia memiliki tingkat rata-rata polusi 30,4. Negara Asia Tenggara kedua yang paling berpolusi adalah Laos dengan tingkat rata-rata polusi 27,6.

Sementara Kamboja menempati urutan terakhir sebagai negara paling polusi di Asia Tenggara dengan 8,3. Angka 8,3 ini tidak begitu jauh melampaui standar yang telah ditentukan WHO.

Namun, kualitas udara secara keseluruhan meningkat di seluruh Asia Tenggara bila dibandingkan tahun 2021, dengan tujuh dari sembilan negara di wilayah Asia Tenggara mencatat penurunan konsentrasi PM2.5 sepanjang tahun. Hanya Vietnam dan Laos yang tingkat polusi udaranya memburuk.


7 Negara Asia Masuk Daftar Polusi Udara Terparah di Dunia Versi IQAir

Laporan IQAir juga memperlihatkan bahwa sejumlah negara Asia masuk dalam daftar negara dengan udara paling tercemar alias paling berpolusi.

Dalam survei global tahunan IQAir itu, diukur tingkat kualitas udara berdasarkan konsentrasi partikel udara yang merusak paru-paru yang dikenal sebagai PM2.5. Survei tahunan itu dikutip secara luas oleh para peneliti dan organisasi pemerintah.

Dari daftar ini diketahui bahwa tujuh negara Asia yang mendominasi sebagai negara dengan polusi terparah, yakni:

1. Irak

2. Pakistan

3. Bahrain

4. Bangladesh

5. Kuwait

6. India

7. Tajikistan

Chad di Afrika menjadi negara paling berpolusi, memiliki tingkat rata-rata polusi 89,7. Irak menempati posisi kedua dengan sebagai negara dengan udara paling tercemar kedua dengan tingkat rata-rata polusi 80,1.

Pakistan, yang memiliki dua dari lima kota dengan udara terburuk pada 2022, menempati peringkat ketiga di peringkat nasional dengan 70,9, diikuti oleh Bahrain dengan 66,6.


Indonesia Jadi Negara Polusi Udara Tertinggi pada 2021 Versi IQAir

Indonesia menempati urutan pertama di 2022 untuk polusi udara tertinggi di kalangan wilayah Asia Tenggara, begitu juga pada 2021.

Indonesia berada di peringkat ke-17 dengan polusi udara paling tinggi dari 117 negara di dunia. Hal ini berdasarkan hasil survei perusahaan pemantau kualitas udara IQAir pada 2021 yang dipublikasi Selasa, 22 Maret 2022.

Pada hasil survei itu, tingkat konsentrasi Indonesia partikulat (PM2,5) tertinggi yaitu 34,3 g/m3. PM2,5 adalah partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikron (mikrometer).

"Posisi ini sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara nomor satu yang paling berpolusi di kawasan Asia Tenggara," demikian laporan IQAir, Selasa (22/3/2022).

Sementara itu, pada tingkatan ibu kota negara, Jakarta berada di peringkat ke-12 dengan rata-rata konsentrasi PM2,5 tertinggi yakni 39,2 g/m3. Angka ini turun tipis dari rata-rata tahun sebelumnya, 39,6 g/m3.

Dari daftar kota-kota lainnya di Asia Tenggara, Surabaya dan Bandung masing-masing menempati urutan ke-11 dan ke-13 kota paling berpolusi. Adapun Samarinda, Kayu Agung, Banda Aceh, dan Palangkaraya masuk ke dalam daftar kota-kota dengan polusi paling rendah se-Asia Tenggara.

Baca selebihnya di sini...


Polusi Udara Semakin Parah, Yuk Kenali Jenis-Jenis Mobil Ramah Lingkungan di Dunia

Mengingat betapa maraknya polusi udara dan bahayanya hal itu akan kesehatan manusia, produsen otomotif berupaya menghadirkan kendaraan ramah lingkungan. Dari kendaraan jenis motor hingga mobil.

Dalam situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, emisi kendaraan bermotor berkontribusi sebesar 70 persen terhadap pencemaran Nitrogen Oksida (NOx), Karbon Monoksida (CO), Sulfur Dioksida (SO2) dan Partikulat (PM) di wilayah perkotaan.

Mobil ramah lingkungan adalah kendaraan yang dirancang untuk mengurangi dampak negatif pada lingkungan. Mobil-mobil ini dirancang dengan teknologi yang lebih efisien dalam menggunakan bahan bakar, sehingga menghasilkan emisi yang lebih rendah.

Selain itu, mobil ramah lingkungan juga menggunakan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan, seperti bahan-bahan daur ulang dan bahan-bahan yang dapat diuraikan dengan cepat.

Salah satu mobil yang ramah lingkungan adalah mobil listrik. Mobil listrik adalah mobil yang dijalankan dengan motor listrik, yang didukung oleh baterai yang dapat diisi ulang. Mobil ini tidak memerlukan bahan bakar fosil seperti bensin atau diesel dan oleh karena itu menghasilkan nol emisi saat dijalankan.

Baca selebihnya di sini...

Peternakan Gurita Pertama di Dunia

Perusahaan Spanyol Bakal Bikin Peternakan Gurita Pertama di Dunia, Siap Sediakan 1 Juta Ekor Per Tahun

Liputan6.com 2023-03-19 07:00:00
Mencari Kebebasan, Inky si Gurita Kabur dari Akuarium (National Aquarium New Zealand)

Rencana untuk membuat peternakan gurita pertama di dunia menimbulkan kekhawatiran mendalam di antara para ilmuwan yang memikirkan kesejahteraan makhluk air cerdas itu.

Dikutip dari BBC, Sabtu (18/3/2023), sebuah dokumen rahasia yang dilihat oleh BBC menyebut bahwa peternakan di Kepulauan Canary Spanyol itu menghasilkan sekitar satu juta gurita setiap tahun untuk bahan santapan.

Sebelumnya, gurita tidak pernah dibudidayakan secara intensif.

Perusahaan multinasional Spanyol, Nueva Pescanova, yang menjadi dalang atas rencana tersebut menyangkal dugaan gurita akan menderita.

Dokumen proposal perencanaan yang dirahasiakan milik perusahaan tersebut diberikan kepada BBC oleh organisasi kampanye Eurogroup for Animals, sebuah organisasi pelindung hewan yang berbasis di Brussels, Belgia.

Penangkapan gurita di alam liar menggunakan pot, pancingan, dan perangkap untuk kemudian dikonsumsi terjadi di seluruh dunia.

Rupanya, pencarian metode pembiakan gurita ini di penangkaran telah dilakukan selama beberapa dekade.

Pembiakan hewan cerdas ini di penangkaran sulit dilakukan karena larva hanya memakan makanan hidup dan membutuhkan lingkungan yang perlu untuk dikontrol dengan hati-hati.

Pada tahun 2019, Nueva Pescanova mengumumkan bahwa mereka telah berhasil membuat terobosan ilmiah.

Kendati demikian pembudidayaan gurita secara intensif ini telah menimbulkan banyak tentangan dari berbagai pihak.

Anggota parlemen di negara bagian Washington Amerika Serikat telah mengusulkan untuk melarang praktik tersebut bahkan sebelum dimulai.

Rencana Nueva Pescanova mengungkapkan bahwa gurita, yang merupakan hewan soliter yang terbiasa dengan kegelapan, akan disimpan dalam tangki bersama gurita lain, terkadang di bawah cahaya konstan.

Spesies gurita vulgaris ini akan ditempatkan di sekitar 1.000 tangki komunal di sebuah bangunan dua lantai di pelabuhan Las Palmas di Gran Canaria, sebuah pulau di Spanyol.


Metode Panen yang Kejam

Disebutkan bahwa perusahaan akan membutuh gurita, untuk dipanen, dengan dimasukkan ke dalam wadah berisi air yang disimpan pada suhu -3 celcius, menurut dokumen tersebut.

Metode inilah yang disebut para peneliti sebagai metode yang "kejam" untuk membunuh gurita.

Saat ini tidak ada aturan kesejahteraan, karena gurita belum pernah dibudidayakan secara komersial sebelumnya.

Namun penelitian telah menunjukkan bahwa metode penyembelihan ikan menggunakan suhu dingin ini merupakan metode dengan cara kerja membunuh hewan dengan lambat yang cenderung akan membuat stres.

Aquaculture Stewardship Council (ASC) mengatakan, "mengakibatkan kesejahteraan ikan yang buruk".

ASC, skema sertifikasi makanan laut budidaya terkemuka, kemudian mengusulkan larangan terhadap metode ini kecuali ikan dipingsankan terlebih dahulu sebelum disembelih.

"Membunuh mereka dengan es akan menjadi kematian yang lambat, itu akan sangat kejam dan tidak boleh dibiarkan," ucap Profesor Peter Tse, seorang ahli saraf di Universitas Dartmouth, kepada BBC.

Peter juga menyarankan bahwa cara yang lebih manusiawi adalah membunuh gurita adalah dengan menggunakan cara para nelayan yaitu dengan memukul kepala ikan.


Kesejahteraan Gurita Dipertanyakan

Untuk memasok "pasar internasional premium" termasuk AS, Korea Selatan, dan Jepang, Nueva Pescanova ingin memproduksi 3.000 ton gurita per tahun.

Jumlah tersebut setara dengan sekitar satu juta hewan, dengan sekitar 10-15 gurita hidup di setiap meter kubik tangki, menurut kelompok kampanye Compassion in World Farming (CiWF), yang telah terlebih dahulu mempelajari rencana perusahaan tersebut.

Nueva Pescanova menyebutkan dalam dokumentasinya bahwa akan ada tingkat kematian dengan perkiraan sekitar 10-15 persen.

Jonathan Birch, profesor asosiasi di London School of Economics, menunjukkan bahwa gurita merasakan sakit dan senang. Hal itu menyebabkan mereka diakui sebagai "makhluk hidup" dalam Undang-Undang Kesejahteraan Hewan (Kesadaran) Inggris tahun 2022.

Birch menekankan bahwa peternakan gurita dengan kesejahteraan tinggi adalah "tidak mungkin".

Ia juga mengatakan bahwa metode pembunuhan gurita dengan suhu dingin tidak dapat diterima di laboratorium.

"Jumlah besar gurita tidak boleh disimpan bersama dalam jarak dekat," ucap Birch, "menyebabkan stres, konflik, dan kematian yang tinggi," tambahnya.

Baginya, angka kematian 10-15 persen seharusnya tidak dapat diterima.


Peternakan Gurita Dapat Banyak Tentangan

Nueva Pescanova mengatakan, "Tingkat persyaratan kesejahteraan untuk produksi gurita atau hewan lainnya di peternakan kami menjamin penanganan hewan yang benar."

"Penyembelihan juga melibatkan penanganan yang tepat yang menghindari rasa sakit atau penderitaan," ucapnya.

Elena Lara dari CiWF meminta otoritas Kepulauan Canary untuk memblokir pembangunan peternakan.

Reineke Hameleers, CEO di Eurogroup for Animals menambahkan bahwa Komisi Eropa saat ini sedang meninjau undang-undang kesejahteraan hewannya, yang mungkin akan menjauhkan gurita dari penderitaan di masa depan.

Seiring dengan kesejahteraan gurita, CIWF mengkhawatirkan air limbah yang dihasilkan oleh peternakan, yang akan dipompa kembali ke laut. Gurita menghasilkan nitrogen dan fosfat sebagai limbah.

"Air yang masuk dan keluar pabrik akan disaring sehingga tidak berdampak pada lingkungan," Nueva Pescanova menanggapi hal tersebut.

Sekitar 350.000 ton gurita ditangkap setiap tahun, lebih dari 10 kali jumlah yang ditangkap pada tahun 1950, yang menekan populasi.

Nueva Pescanova menyatakan, "Akuakultur adalah solusi untuk memastikan hasil yang berkelanjutan dan akan mengisi kembali spesies gurita di masa depan."

Nueva Pescanova menekankan kepada BBC bahwa pihaknya berdedikasi untuk mempromosikan kinerja yang bertanggung jawab dan berkelanjutan di seluruh rantai nilai untuk memastikan penerapan praktik terbaik.

Sarjana Termuda ITS Surabaya Usia 20 Tahun

Gadis Sidoarjo Jadi Sarjana Termuda ITS Surabaya, Lulus di Usia 20 Tahun

Liputan6.com 2023-03-18 20:04:48
Salsabilla Aulia Fitri dinobatkan menjadi wisudawan termuda pada gelaran Wisuda ke-127 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). (Istimewa)

Menginjak usia 20 tahun 3 bulan, Salsabilla Aulia Fitri dinobatkan menjadi wisudawan termuda pada gelaran Wisuda ke-127 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS ini secara resmi dikukuhkan sebagai sarjana teknik, pada Sabtu 18 Maret 2023.

Hingga mencapai titik ini, gadis yang kerap disapa Salsa tersebut dulunya telah menempuh pendidikan akselerasi semasa di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal ini yang menjadi salah satu alasannya untuk melanjutkan ambisi prestasinya dengan lulus 3,5 tahun jenjang sarjana.

"Bagi saya, usia muda bukan merupakan pemicu rintangan yang muncul, karena semua orang merupakan first timer di aspeknya masing-masing," tutur putri dari Mohammad Yusuf dan Tri Rejeki ini, Jumat (17/3/2023).

Membagikan pengalamannya selama studi, Salsa mengatakan bahwa manajemen waktu adalah salah satu pelajaran berharga yang didapatkan. Mahasiswi berkacamata ini pernah tergabung di beberapa organisasi seperti tim robot underwater Banyubramanta dan National Association of Corrosion Engineers (NACE) Student Chapter ITS.

"Tak kalah penting, pengalaman magang juga banyak saya ikuti untuk memperkuat kompetensi diri," ungkap penghobi traveling ini.

Mahasiswi kelahiran Kediri ini juga pernah mengikuti Istanbul Youth Summit 2022 ini juga membagikan pengalaman berkesannya sebagai anggota tim robot Banyubramanta. Yakni penghargaan tim yang diraih pada kompetisi Wonderful Indonesia Robot Challenge (WIRC) 2021 dan Technogine 2020.

Kilas balik semasa mahasiswa baru, menurutnya, bidang ilmu perkapalan telah menjadi program studi impiannya. Lahir dan besar di lingkungan yang melek akan kemaritiman, membuat Salsa percaya bahwa kontribusi generasi muda dalam dunia maritim juga sangat diperlukan. Karena itu, setelah lulus nantinya Salsa juga ingin berkarir sesuai dengan kompetensi dan pengalamannya selama ini.

Dijelaskannya, latar belakang tersebut sejalan dengan judul Tugas Akhir (TA) yang diangkatnya yaitu Optimasi Pemilihan Propeller Akibat Penggantian Mesin Induk Kapal Dharma Rucitra 3. Salsa mengatakan bahwa topik ini diangkat berdasarkan studi kasus nyata milik perusahaan kapal tersebut.

Dalam kasusnya, kapal tersebut mulanya mengalami insiden hampir tenggelam di dekat pelabuhan. Namun karena adanya urgensi agar kapal segera dioperasikan, penggantian mesin berupa optimasi propeller dengan mesin baru perlu dilakukan.


Tidak Menyerah untuk Berkarya

Gadis asal Sidoarjo ini mengungkapkan bahwa sejauh mana ia berkarya, akademik tetap menjadi prioritas utamanya. Prinsip inilah yang mengantarkannya meraih predikat memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,56.

"Jika ada keinginan, selalu yakin pasti bisa terjadi atas seizin Allah, yang terpenting bagi kita adalah senantiasa berdoa dan berusaha," terangnya memotivasi.

Walaupun terbilang cepat dan penuh prestasi, perjalanan studi wisudawan termuda ini juga selalu menemukan rintangan yang harus dihadapi. Namun, Salsa selalu percaya bahwa kesempatan tidak mungkin datang kedua kalinya. Itulah yang membuatnya tidak menyerah untuk berkarya di tengah kesibukan kuliah yang padat.

"Pengalaman itu mahal, jadi sebisa mungkin jangan lewatkan jika ada kesempatan yang datang," pungkasnya.