Pacar Mario Dandy Dituntut 4 Tahun

AG Pacar Mario Dandy Dituntut 4 Tahun Bui di Kasus Penganiayaan David

Liputan6.com 2023-04-05 16:42:55
AG pacar Mario Dandy jalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (Merdeka)

Jaksa Penuntut Umum (JPU) meminta Hakim Tunggal PN Jaksel menghukum anak AG alias AGH dengan hukuman empat tahun di LPKA.

Hal itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Syarief Sulaeman Nahdi.

Dia mengatakan, JPU menilai Anak AG terbukti bersalah bersama-sama melakukan penganiayaan terhadap David Latumahina alias Cristalino David Ozora hingga menyebabkan luka berat.

"Menuntut supaya Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan menjatuhkan pidana terhadap Anak AG agar menjalani pidana 4 tahun di Lembaga Pembinaan Khusus Anak," kata Syarief di PN Jaksel. Rabu (5/4/2023).

Syarief mengatakan, Jaksa menilai Anak AG telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah. Sebagaimana pada Pasal 355 ayat 1 Junto 56 KUHP.

"AG terbukti bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan berat dengan rencana terlebih dahulu," ujar dia.


Pertimbangan Jaksa

Syarief menerangkan, Jaksa mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan dalam menyusun amar tuntutan. Adapun, hal memberatkan karena perbuatan AG bersama-sama dengan Mario Dandy Satriyo dan Shane menyebabkan luka berat.

"Itu salah satu," ujar dia.

Sementara itu hal meringankan diantaranya usia anak AG masih muda. Diharapkan memperbaiki perbuatannya di kemudian hari.

"Banyak alasan memberatkan lebih sedikit alasan meringankan sehingga kami tuntut 4 tahun di LPKA. Ini juga sesuai pertimbangan dari Bapas," ujar dia.

Shane Menangis Saat Jadi Saksi

Shane Lukas Menangis saat Menjadi Saksi Sidang AG Kekasih Mario Dandy Terkait Kasus Dugaan Penganiayaan David Ozora

Liputan6.com 2023-04-05 13:32:39
Tersangka Mario Dandy Satriyo dan Shane Lukas menjalani rekonstruksi penganiayaan David Ozora di Perumahan Green Permata, Jakarta, Jumat (10/3/2023). Sebanyak 23 adegan diperagakan dalam r

Sidang lanjutan kasus dugaan penganiayaan David Ozora yang menghadirkan terdakwa AG kekasih Mario Dandy digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023). Dalam persidangan kali ini, dihadirkan 10 saksi dan empat ahli termasuk Shane Lukas dan Mario Dandy.

Saat hadir di PN Jakarta Selatan, terlihat Mario Dandy dan Shane Lukas, tampil mengenakan atasan berwarna oranye, seperti terlihat dalam tayangan YouTube KompasTV, Rabu (5/4/2023).

Usai menjalani sidang kasus dugaan penganiayaan David Ozora, Shane Lukas hanya bisa tertunduk. Sang pengacara membeberkan kesaksian kliennya di persidangan.

Shane Lukas sempat ditanya majelis hakim menyesal atau tidak dengan kejadian ini. "Dia menyesal. Dan si Shane tadi menangis," papar Happy P Sihombing, kuasa hukum Shane Lukas.


Shane Lukas dan Mario Dandy Saling Tuding Ucapan Enak Main Bola

Dalam persidangan, Mario Dandy ditanyakan oleh majelis hakim mengenai menendang kepala David Ozora dengan mengucap "Enak ya main bola" dan dijawab bahwa itu adalah ucapannya si Shane.

"Tapi pada saat Shane diperiksa, ditanya oleh hakim itu adalah omongan dari si Mario," paparnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Shane Lukas dan Mario Dandy juga Saling Lempar soal Kalimat Free Kick

Hal yang sama juga dilakukan Mario Dandy dan Shane Lukas saat ditanya mengenai free kick. Keduanya tak mengakui telah mengucapkan kalimat tersebut saat menganiaya David Ozora.

"Yang kedua soal free kick. Kalau free kick juga Mario mengatakan itu adalah si Shane yang mengatakan itu dan si Shane pada saat ditanya oleh hakim yang mengatakan itu adalah si Mario. Jadi itu hal yang tadi kontradiktif," sambungnya.


Sidang AG Kekasih Mario Dandy 5 April 2023 Beragendakan Tuntutan JPU

Hari ini, Rabu (5/4/2023), sidang lanjutan AG kekasih Mario Dandy kembali digelar. Agenda persidangan adalah tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Sidang perkara AG ini kan dilangsungkan secara maraton. Artinya sejak dimulai pada minggu lalu setiap hari lakukan persidangan. Hari ini agendanya adalah pembacaan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum. Tetap tertutup, jadi yang Pasal 61 Undang-Undang SPPA jelas bahwa sidang yang terbuka itu untuk perkara pidana anak hanya pada saat bacaan putusan," ucap Humas PN Jakarta Selatan, Djuyamto.

Tak Pernah Menyesal Tolak Israel

Ganjar Pranowo Akui Tak Pernah Menyesal Tolak Israel di Piala Dunia U20

Liputan6.com 2023-04-05 12:27:26
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo saat memberikan arahan kepada peserta Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXV 2023 yang diadakan Lem

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut bahwa dirinya tak pernah menyesal melontarkan penyataan menolak Timnas Israel ke Piala Dunia U20 2023.

Hal ini ia ungkapkan saat melakukan perbincangan dengan Najwa Shihab di akun Youtube-nya.

"Tidak, saya tidak pernah menyesal lantaran ini adalah sikap. Ini keputusan yang kita ambil," kata Ganjar, Selasa (4/4).

Namun di satu sisi, pada kesempatan itu Ganjar menyampaikan permintaan maaf kepada para pemain Timnas Indonesia U20.

Ganjar Pranowo juga menyatakan tidak pernah ragu terhadap keputusannya dalam mengambil keputusan dalam konteks Piala Dunia U-20. Meskipun keputusan itu tidak setujui oleh sejumlah pihak, apalagi soal Israel.

"Saya tidak pernah ragu akan keputusan yang saya ambil," kata Ganjar.

Menurut Ganjar, keputusan yang tidak pernah ragu itu diambil tidak hanya dalam konteks Piala Dunia U-20, namun berbagai hal dalam kebijakannya.

"Saya tidak pernah menyesal, karena ini sebuah sikap keputusan yang harus kita ambil," tegasnya.

Ganjar menjelaskan, Indonesia punya komitmen konstitusi yang menyatakan untuk ikut mendukung perdamaian di dunia dan penghapusan penjajahan, khususnya mendukung kemerdekaan Palestina.

"Itu menjadi kontrak sosial kita, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan keadilan. Dan tentu saja ada juga politik luar negeri kita yang bebas aktif, turut serta dalam perdamaian dunia dan itu dilakukan," ujarnya.


Pegang Kuat Konstitusi Sejak Zaman Presiden Sukarno

Menurut Ganjar, Indonesia konsisten menerapkan konstitusi itu sejak zaman Presiden Sukarno hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, Ganjar juga mengungkapkan adanya konflik sepak bola yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Terbaru, Israel menyerang Palestina pada pertandingan dengan menggunakan gas air mata.

"Itu fakta yang terjadi, dan pemerintahnya hari ini di Israel memang rasa-rasanya sangat kanan begitu, sehingga potensi-potensi terjadi konfliknya akan sangat tinggi, ini yang juga kondisi empiris yang ada," imbuhnya.


Antisipasi

Ganjar juga menyampaikan adanya beberapa kelompok yang menolak adanya Israel dan memungkinkan adanya gangguan keamanan. Ia sendiri selalu mengantisipasi hal tersebut.

"Kita ingetin ya soal keamanan, jangan sampai kemudian nanti ini terjadi respon yang jauh lebih keras. Nana pertimbangan yang lebih penting, maka kita menyiapkan itu agar kita bisa mengendalikan, mengantisipasi dan sebagainya," ucapnya.

Ganjar menambahkan, dalam peraturan Permenlu Nomor 3 Tahun 2019 yang menjelaskan bahwa Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, dan menentang penjajahan Israel atas wilayah dan bangsa Palestina, karenanya Indonesia menolak segala bentuk hubungan resmi dengan Israel.

"Aturannya jelas, enggak boleh bendera, enggak boleh lagu kebangsaan, enggak boleh forum umum, forum khusus diberikan kepada yang seperti itu," tegasnya.

Ganjar menegaskan sikapnya itu ikut aturan pemerintah dan secara konsisten Indonesia menerapkan hal itu.

Ingin Pegang Kumis Adam Suseno

Cita-cita David Ozora Jika Kondisi Pulih: Pegang Kumis Adam Suseno dan Nyekar ke Makam Gus Dur

Liputan6.com 2023-04-05 12:00:00
Jonathan Latumahina memberi tahu bahwa Inul Daratista dan Adam Suseno ingin menjenguk David Ozora. Ini bisa terjadi jika pasien keluar dari ruang ICU. (Foto: Dok. Instagram @inul.d)

Sebuah video yang memperlihatkan David Ozora terbaring di ranjang dan membuka mata diunggah Inul Daratista. Video itu menampilkan percakapan Jonathan Latumahina dengan anaknya.

Jonathan Latumahina memberi tahu bahwa Inul Daratista dan Adam Suseno ingin menjenguk David Ozora. Namun, ini hanya bisa terjadi jika pasien sudah keluar dari ruang ICU.

"Mbak Inul sama Om Adam Suseno mau ke sini tapi kamu harus segera keluar dari ICU, oke?" kata Jonathan Latumahina kepada David Ozora, korban penganiayaan berat tersangka Mario Dandy.

Dalam obrolan ringan itu, sang ayah mengingatkan cita-cita "receh" David Ozora yakni memegang kumis Adam Suseno. Dalam unggahan ini juga dibahas cita-cita lain, nyekar ke makam Gus Dur.


Megang Kumisnya Om Adam

"Kamu kan pengin megang kumisnya Om Adam to? Jadi kamu harus teteg (tegar)," cetusnya disambung suara tawa orang-orang terdekat di dalam ruang ICU. Video ini membuat hati Inul Daratista terenyuh.

Bersama unggahan ini, pelantun "Kocok-kocok" dan "Masa Lalu" bersyukur David Ozora memperlihatkan perkembangan signifikan setelah dirawat intensif selama puluhan hari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Masih di ICU

"Ini video bbrp waktu lalu ya msh di ICU. Alhamdulillah banyak perkembangan yg baik dan saat ini saya mau mengucapkan terima kasih buat masyarakat Indonesia yg sdh ikhlas mendoakan David utk pulih kembali," cuitnya.

Lewat akun Instagram terverifikasi, Rabu (5/4/2023), Inul Daratista mengajak masyarakat terus menyambung doa seraya mengenang cita-cita David Ozora berziarah ke makam Gus Dur.


Kita Doakan Terus

"Mari kita doakan David makin hari makin membaik. Keinginan David jika sdh pulih sowan ke makan Almarhum Bpk GUS DUR dan bbrp trmpat yg lain, masyaa Allah. kita doakan terus," sambung Inul Daratisa. Ia sadar yang butuh didoakan bukan hanya David Ozora.

Jonathan Latumahina pun layak didoakan agar sabar dan ikhlas mengawal kondisi putranya. "Mas@tidvrberjalanojo kuatir. Allah bersama orang-orang baik. Kita semua sayang dan mendoakan juga selalu update kabar terbaru David," pungkas bintang sinetron Kenapa Harus Inul?.

Pesona Pakai Selimut dan Piyama

Pakai Selimut dan Piyama di Restoran, Lisa BLACKPINK Bikin Fans Terpesona

Liputan6.com 2023-04-05 14:00:19
Lisa saat tertangkap kamera seorang fans di sebuah restoran, tampil tanpa makeup dan pakaian glamor. Video viral ini pertama kali diunggah di Weibo dan sudah tersebar di berbagai media sosial

Lisa BLACKPINK memang kerap jadi sorotan. Tak hanya penampilannya yang selalu memukau, tetapi juga ketika dia tampil bare face. Seperti yang ada dalam sebuah video viral.

Melansir KBIZoom, secara tidak sengaja, seorang fans bertemu dengan Lisa. Mereka ada dalam sebuah restoran yang sama dan kemudian merekamnya. Namun, saat itu, Lisa seolah meninggalkan keartisannya.

Dia tampil dengan wajah polos tanpa makeup. Lisa bahkan menutupi kepalanya dengan hoodie berwarna biru muda, serta memakai celana yang seperti piyama. Lisa juga menutupi tubuhnya dengan selimut kotak-kotak besar berwarna hitam putih.

Meski begitu, idol dari Thailand itu tidak jalan sendiri. Dia ditemani oleh managernya dan membuat fans yang merekam video sang idola tidak bisa meminta tanda tangan dan berfoto bersama.

Penggemar yang membagikan video itu juga berbagi pengalamannya saat bertemu langsung dengan Lisa BLACKPINK. Menurutnya, Lisa tinggi dan sangat langsing dengan wajah yang mungil dia juga terlihat cantik meski tanpa makeup.

Meski tidak bisa mendapatkan foto dan tanda tangannya saat itu, penggemar yang bertemu dengan Lisa merasa senang bisa bertemu langsung dengan sang idola.

Video tersebut diunggah di Weibo dan sudah tersebar di berbagai media sosial.


Ulang Tahun Lisa BLACKPINK

Lisa merupakan idol asal Thailand kelahiran 27 Maret 1997. Pada ulang tahunnya yang ke-26 kemarin, Lisa dan BLACKPINK tengah melakukan konser dunia Born Pink.

Hingga ketika tampil di Manila, Filipina pada 25 Maret 2023, pemilik nama asli Lalisa Manoban ini mendapatkan hadiah pesta ulang tahun yang lebih awal bersama para BLINKS di Manila.

Rapper BLACKPINK ini mendapat kejutan sebuah kue ulang tahun super besar dengan boneka miniatur Lisa di puncak kue dan tulisan Happy 26th Birthday Lisa. Lisa kemudian mengunggah foto dirinya bersama kue ulang tahun spesialnya di akun Instagram pribadinya.

Lisa kemudian mengunggah foto perayaan ulang tahun ke-26-nya. Ulang tahun Lisa BLACKPINK kali ini kembali dirayakan di kampung halaman bersama keluarga dan teman-temannya. Lisa juga terlihat memukau dengan baju ulang tahun yang cantik.

Baju ulang tahun Lisa BLACKPINK terlihat lebih sederhana dibanding tahun sebelumnya, ketika dia mengenakan atasan off-shoulder dan rok mini dengan ornamen serupa pompom dari jaring. Saat itu, Lisa terlihat lebih glamor dan all out berkat makeup berhias gliter.

Tahun ini, ketimbang tampil serupa Barbie yang glamor, Lisa lebih terlihat serupa boneka penuh pita. Dia terlihat elegan dengan dress berwarna khaki berdetail pita. Lisa bahkan menghiasi rambut hitamnya yang panjang dengan pita berwarna merah.

Ke Pasar Tenteng Tas Hermes

Krisdayanti Tenteng Tas Hermes Rp70 Jutaan dan Ikat Pinggang Prada Saat Blusukan ke Pasar Tradisional

Liputan6.com 2023-04-05 15:01:59
Krisdayanti beberapa waktu lalu blusukan ke Malang. Penampilan penyanyi dan anggota DPR itu mencuri perhatian. Pasalnya, ia saat blusukan ke pasar, perempuan empat orang anak itu menenteng

Sebagai anggota DPR RI Krisdayanti baru saja melakukan kunjungan kerja ke Pasar Singosari di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Di sana Krisdayanti blusukan untuk meninjau langsung keamanan makanan dan minuman yang dijual di pasar tradisional tersebut.

"Kunjungan kerjahari ini peninjauan ke Pasar Singosari Kabupaten Malang sekaligus sampling makanan minuman yang langsung akan di test dengan Laboratorium Keliling Balai POM Surabaya," tulis Krisdayanti di akun Instagramnya, Rabu (5/4/2023).

Sekilas kunjungan itu terkesan biasa saja, apalgi Krisdayanti alias KD bertandang ke daerah pemilihannya (dapil) di Malang, Jawa Timur. Ia pun sudah sering berinteraksi langsung warga setempat.

Namun yang mencuri perhatian, termasuk beberapa warganet adalah penampilannya yang dianggap terlalu mewah dan glamor. Pasalnya, ia terlihat menenteng tas mewah yang kemudian diketahui dari rumah mode Hermes. Dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram DPR RI, tas itu berwarna krem dengan tali berwarna biru muda.

Setelah ditelusuri di berbagai situs dan komentar sejumlah warganet, penyanyi senior ini diyakini memakai tas Hermes So Kelly 22 Limited Edition (edisi terbatas). Tas ini dibanderol dengan harga 37.500 dolar Hong Kong atau sekitar Rp70 jutaan.

Tas Hermes Krisdayanti saat blusukan itu memang terlihat menonjol apalagi selain inner baju putih, busana yang dikenakannya serba hitam mulai dari blazer hingga celana panjang hitam serta heels. Biukan cuma tas, belt atau ikat pinggang yang dikenakan KD juga berasal dari rumah mode ternama, Prada.


Penampilan Mewah di Pasar

Tulisan brand mewah itu terlihat jelas di bagian tengah belt tersebut. Harganya pun tak bisa dibilang murah yaitu kemungkinan seharga 659 dolar AS atau sekitar Rp9,5 juta.

Unggahan itu mendapat beragam komentar dari warganet. Sejumlah warganet menyoroti penampilannya yang dinilai terlalu mewah untuk seorang angota DPR yang sedang kunjungan kerja, tapi tak sedikit juga yang tetap memujinya.

"Cantikan pake batik ... menyatu dg rakyat krn wakil rakyat ... prada ke pasar?," komentar seorang warganet.

"Secara kebetulan aja pas kostumx.... Mimi jg kebnyakn batik kemana2," timpal warganet lainnya.

Di awal bulan Ramadan tahun ini, Krisdayanti merayakan ulang tahun yang ke-48 pada Jumat (24/3/2023). Momen itu sempat ramai jadi perbincangan setelah sempat dipamerkan sang penyanyi melalui media sosial. Terlihat dalam acara itu, KD tengah berbahagia dengan keluarga serta beberapa orang sahabat dan kerabat.

Namun terlihat dalam sebuah rangkaian foto dalam bentuk video, istri dari Raul Lemos itu turut mengundang anggota DPR dan ketua DPR RI. Statusnya sebagai seorang pejabat anggota DPR RI yang berangkat dari partai politik membuat unggahan itu langsung mengundang polemik.


Krisdayanti Soal Larangan Bukber di Kalangan Pejabat

Media sosial pun langsung riuh oleh warganet yang membentur-benturkan acara ulang tahun Krisdayanti dengan larangan buka puasa bersama alias bukber di kalangan pejabat yang diimbau secara langsung oleh Presiden Jokowi pada awal Ramadan 2023. Meski begitu, sebelum warganet membentur-benturkan acara ulang tahun tersebut dengan imbauan Presiden RI, Krisdayanti sudah menanggapi sekaligus menyatakan sikapnya terlebih dahulu.

Hal itu terlihat kala ia menjawab pertanyaan sejumlah wartawan. Melansir kanal YouTube Was Was, diunggah akhir pekan lalu, Krisdayanti pada awalnya mengungkapkan syukur atas lantaran masih memiliki umur di Ramadhan 2023 ini.

"Bersyukur, bertambah nikmatnya. Bertambahnya usia saya di bulan suci Ramadan sama keluarga dan teman," ungkap Krisdayanti, saat menjawab pertanyaan wartawan.

"Teman-teman dari anggota DPR dan ketua DPR RI sempat datang. Itu kan sesuatu yang luar biasa, jadi senang," lanjut KD. Lantaran pengakuannya mengenai tamu yang diundang itu, pertanyaan seputar isu larangan buka puasa bersama di kalangan para pejabat pun terlontar. Krisdayanti pun menanggapinya dengan tenang dan menyebut perayaan ulang tahunnya ini lebih kepada acara keluarga yang sederhana.


Kumpul Keluarga di Hari Ulang Tahun

"Ketika saya memaknai ini sebagai hari ulang tahun saya, saya rasa ini bukan sesuatu yang berlebih-lebihan ya, kumpul keluarga yang tidak mengumbar kemewahan," ucapnya pada momen yang sama.

"Lebih kepada menikmati rasa syukur dan tadi buka puasanya juga sederhana enggak ada hura-hura dan lain-lain. Saya pikir masih dalam batas wajar, normal, lebih kepada perayaan ulang tahun saja," sambungnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menegaskan kembali larangan buka puasa bersama (Bukber) yang hanya berlaku untuk pejabat di internal pemerintah, khususnya para menteri dan kepala lembaga negara. Sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (27/3/2023), Jokowi menyampaikan bahwa masyarakat umum diperbolehkan menggelar acara buka puasa bersama.

Jokowi menyampaikan, arahan ini dikeluarkan karena banyaknya sorotan masyarakat terhadap kehidupan pejabat-pejabat negara. Dia pun meminta agar pejabat negara dapat menyambut puasa Ramadhan dengan kesederhanaan. "Untuk itu, saya minta agar jajaran pemerintah menyambut bulan Puasa tahun ini dengan semangat kesederhanaan tidak berlebihan," ucapnya.

Gelar Camilla Berubah Jadi Ratu

Kartu Undangan Penobatan Raja Charles III Dipamerkan, Gelar Permaisuri Camilla Diubah Jadi Ratu

Liputan6.com 2023-04-05 09:01:54
Potret terbaru Raja Charles III dan Ratu Permaisuri Camilla jelang acara penobatan di Westminster Abbey pada 6 Mei 2023. (dok. Instagram @theroyalfamily/https://www.instagram.com/p/CqoPL-C

Sebuah foto baru dirilis jelang penobatan Raja Charles III sebagai Raja Inggris. Foto yang diambil fotografer Hugo Burnand di Ruang Gambar Biru, Istana Buckhingham pada bulan lalu itu dirilis pada Selasa, 4 April 2022.

Bersamaan foto tersebut, Istana Buckingham juga membagikan kartu undangan upacara penobatan resmi. Rencananya undangan itu akan disebar pada dua ribu tamu yang akan membentuk kongregasi di Westminster Abbey. Kartu undangan tersebut didesain Andrew Jamieson, seorang seniman heraldik dan iluminator manuskrip yang karyanya terinspirasi tema ksatria legenda Arthurian.

Jamieson adalah anggota Brother of the Art Workers' Guild dengan Raja Charles III sebagai anggota kehormatan. Karya seni asli untuk undangan itu dibuat tangan menggunakan cat air dan gouache.Sedangkan, desainnya akan direproduksi dan dicetak di kartu daur ulang dengan detail foil emas.

Yang paling disorot dari undangan itu adalah gelar yang tertulis untuk Camilla. Ia tidak lagi mengenakan titel Queen Consort alias permaisuri, tapi hanya ditulis sebagai Queen alias Ratu. Dikutip dari The Sun, Rabu (5/4/2023), pembantu kerajaan mengatakan bahwa 6 Mei 2023, ketika dia dinobatkan bersama Raja Charles III, adalah momen yang "tepat."

Sumber yang dekat dengan Camilla mengatakan "masuk akal" untuk menggunakan Permaisuri selama tujuh bulan terakhir untuk membedakannya dari Ratu Elizabeth II, tapi sekarang saatnya perubahan.

Seorang sumber kerajaan mengatakan, "Ratu Camilla adalah gelar yang tepat untuk mengimbangi Raja Charles atas undangan tersebut. Penobatan adalah waktu yang tepat untuk mulai menggunakan (gelar) Ratu Camilla dalam kapasitas resmi."


Desain Kartu Undangan Ramah Lingkungan

Dikutip dari laman royal.uk, inti dari desain adalah motif Manusia Hijau, sosok kuno dari cerita rakyat Inggris, simbol musim semi dan kelahiran kembali, untuk merayakan pemerintahan baru. Bentuk Manusia Hijau dimahkotai dedaunan alami, dibentuk dari daun ek, ivy, dan hawthorn, serta bunga lambang Inggris Raya.

Padang rumput bunga liar Inggris yang berbatasan dengan undangan menampilkan bunga lily lembah, bunga jagung, stroberi liar, mawar anjing, lonceng biru, dan setangkai rosemary untuk dikenang, bersama dengan satwa liar termasuk lebah, kupu-kupu, ladybird, wren, dan burung robin. Bunga dikelompokkan dalam tiga tangkai, menandakan Raja menjadi raja ketiga dari namanya.

Seekor singa, unicorn, dan babi hutan - diambil dari lambang Raja dan ayah Camilla, Mayor Bruce Shand - dapat dilihat di antara bunga-bunga. Lengan Permaisuri sekarang dilingkupi oleh Garter, mengikuti pelantikannya sebagai Nyonya Kerajaan dari Order of the Garter pada musim panas lalu.

Sementara itu, ketika Camilla menikah dengan Charles pada 2005, diumumkan bahwa dia akan mendapat gelar Princess Consort ketika Charles menjadi Raja Inggris. Namun pada tahun lalu, mendiang Ratu Elizabeth II menaikkan gelarnya menjadi Queen Consort atau Ratu Permaisuri.

Pihak istana mengatakan permaisuri adalah 'pangkat' sementara Camilla, sementara Ratu akan menjadi gelar resminya. Dia secara resmi akan dipanggil Ratu Camilla di semua dokumen kerajaan sejak hari Penobatan. Situs web kerajaan akan diperbarui setelah dia dinobatkan.


Peran Pangeran George dalam Penobatan Raja Charles III

Selama upacara penobatan, Raja dan Ratu Inggir masing-masing akan didampingi oleh empat Pages of Honour (pendamping kehormatan). Mereka akan menjadi bagian dari prosesi melalui Nave of Westminster Abbey.

Putra tertua Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran George, akan menjadi salah satu pendamping Raja Charles III saat upacara. Ia menjadi raja masa depan termuda yang memainkan peran senior di upacara tersebut. Charles masih berusia 4 tahun saat menyaksikan penobatan ibunya pada 1953.

Bersama George adalah Lord Oliver Cholmondeley, Master Nicholas Barclay, and Master Ralph Tollemache. Sementara, pendamping Ratu Camilla adalah tiga cucu Camilla, Gus Lopes, Louis Lopes, dan Freddy Parker Bowles, serta keponakan Camilla, Arthur Elliot. Ke delapan pendamping itu akan ditugas memegang ekor jubah Raja dan Ratu selama penobatan yang diperkirakan akan berlangsung sekitar 2,5 jam.

Gus dan Louis Lopes adalah putra kembar anak Camilla, Laura Lopes, yang kini berusia 13 tahun. Sementara, Freddy Parker Bowles adalah putra Tom Parker Bowles yang berusia 12 tahun serta Arthur Elliot 11 tahun.


Kepastian Kedatangan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Sejauh ini, pasangan Sussex belum mengonfirmasi kehadiran mereka untuk acara besar yang akan dilaksanakan di Westminster Abbey London itu. Namun, mantan kepala pelayan mendiang Putri Diana, Paul Burrell menduga bahwa hanya Pangeran Harry yang akan menghadiri upacara penobatan ayahnya karena Meghan Markle tidak "berani atau cukup kuat untuk berada di situasi canggung bersama keluarga kerajaan Inggris".

Paul Burrell yang bekerja untuk Diana selama lebih dari 10 tahun hingga kematian mendadaknya pada 1997, mengatakan bahwa Raja telah "mempertahankan moral yang tinggi" dengan mengundang Duke dan Duchess of Sussex itu ke penobatannya pada 6 Mei 2023. Bahkan disebutkan penobatan akan berjalan baik karena pihak istana benar-benar bisa menerima kehadiran Harry dan Meghan.

Dikutip dari Mirror pada Sabtu, 18 Maret 2023, Paul mengatakan akan sangat tidak nyaman bagi mereka untuk bersatu kembali dengan Keluarga Kerajaan Inggris jika mereka memutuskan untuk pergi. Paul menambahkan, "Apakah mereka siap menghadapi konsekuensinya? Dia harus melihat mata keluarga yang dia tinggalkan," lanjutnya.

Pasangan itu diketahui menerima undangan mereka baru-baru ini untuk datang ke upacara Mei mendatang. Masih jadi teka-teki apakah mereka akan melakukan perjalanan jauh dari California, Amerika Serikat.

Alasan Ikut America's Got Talent

Cakra Khan Tak Gengsi Akui Ikutan America's Got Talent, Ungkap Alasan Mulia Demi Mendiang Sang Ayah

Liputan6.com 2023-04-05 10:00:41
Cakra Khan (Foto: Instagram/@cakra.khan)

Lama tak terdengar kabarnya, Cakra Khan tiba-tiba membawa berita yang cukup mengejutkan. Cakra Khan saat ini diketahui tengah berjuang dalam kompetisi ajang pencarian bakat, America's Got Talent.

Kabar tersebut semula diketahui melalui unggahan di Instagram-nya baru-baru ini. Dalam unggahan itu, Cakra Khan berpose dengan latar bertuliskan America's Got Talent.

Menyertai unggahannya, pelantun lagu "Harus Terpisah" itu meminta doa kepada masyarakat untuk kelancarannya mengikuti ajang America's Got Talent.

"Bismillah mohon doanya semuanya semoga diberi kelancaran nyuhunkeun piduana ka sadayana Tong hilap ke nonton nyaaaa (jangan lupa nonton ya)," tulis Cakra Khan.


Audisi America's Got Talent

Unggahan itu tentunya membuat banyak orang bertanya-tanya. Apakah Cakra Khan benar-benar ikut menjadi peserta America's Got Talent atau tidak. Akhirnya saat menggelar siaran langsung di Instagram, baru-baru ini.

"Ya, saya kemarin abis ikutan audisi America's Got Talent," kata Cakra Chan.


Tak Gengsi

Masih dalam sesi siaran langsung itu, Cakra Khan menjelaskan alasan mengapa ia mengikuti ajang pencarian bakat itu, padahal di Indonesia ia sudah punya nama besar. Salah satunya adalah untuk mengasah kemampuannya agar bisa lebih baik lagi.

"Simpel sebenarnya, kenapa saya ikutan AGT, saya ingin berkembang aja. Saya udah nggak mentingin gengsi karena saya udah jadi Cakra Khan, nggak. Prinsip saya dari pertama kali di industri, selagi saya ada kesempatan untuk lebih baik lagi, lebih berkembang lagi, nggak ada gengsi-gengsi," kata Cakra Khan.


Penghormatan untuk Mendiang Ayah

Tak hanya itu, ada alasan mulia lain mengapa hingga saat ini ia masih mengikuti kontes dan lomba seperti AGT. Rupanya, dulu mendiang ayahnya lah yang selalu mendorong Cakra Khan untuk mengikuti berbagai lomba. Saat ini, setelah sang ayah tiada, Cakra Khan ingin mempersembahkan untuk mendiang ayahnya.

"Dan ini salah satu penghormatan saya untuk bapak saya almarhum, karena dia lah yang selalu ingin saya ada di kontes," tutupnya.

Pegawai IKN Tidak Gajian Berbulan-bulan

Pegawai IKN Tidak Gajian Berbulan-bulan, Mahfud Md: Perpresnya Sudah Selesai, Tinggal Diproses

Liputan6.com 2023-04-05 11:22:32
Menko Polhukam Mahfud MD mengikuti rapat kerja bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/3/2023). Rapat tersebut membahas soal transaksi mencurigakan Rp 349 tril

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menanggapi kabar gaji pegawai di Ibu Kota Nusantara (IKN), terlambat berbulan-bulan.

Mahfud menyatakan, saat ini mengatakan naskah (draft) peraturan presiden (perpres) yang mengatur pembayaran gaji pegawai eselon I ke bawah di IKN sudah selesai dan tinggal diproses.

"Sudah. Sudah diputuskan. Sudah selesai. Tinggal proses," kata Mahfud, Selasa 4 April 2023.

Kepala OIKN Bambang Susantono pada Senin 3 April di Komisi II DPR, Jakarta, menjelaskan pihaknya menunggu Perpres tentang Hak Keuangan Eselon 1 dan turunannya pada saat ini untuk pembayaran gaji pegawai OIKN.

Bambang mengatakan perpres tersebut sedang diselesaikan oleh Kemenkopolhukam untuk diajukan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bambang pun menyebut pegawai-pegawai IKN tangguh karena tetap bekerja dengan semangat meski belum mendapat gaji. IKN, kata Bambang, akan mengupayakan langkah-langkah agar pembayaran gaji tersebut dipercepat.

Keterlambatan pembayaran gaji pegawai IKN disuarakan dalam rapat di Komisi II DPR itu oleh anggota DPR RI Ihsan Yunus.


Hingga 6 Bulan Belum Digaji

"Apalagi bulan puasa begini mau Lebaran nggak ada gajian. Jadi tolong dikonfirmasi apakah betul ada yang belum dibayar sampai bulanan 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan, 6 bulan, kalau belum segera bayar mumpung lagi bulan Ramadan," ujar Ihsan.

IKN berdiri pada 10 Maret 2022 berdasarkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Donald Trump Hadapi 34 Dakwaan Kejahatan