Divonis 3 Tahun 6 Bulan, Terungkap Peran Jahatnya

AG Mantan Pacar Mario Dandy Divonis 3 Tahun 6 Bulan

Liputan6.com 2023-04-10 14:40:55
AG (15), pacar Mario Dandy, akan kembali menjalani proses persidangan perkara penganiayaan berat terhadap David Ozora di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (3/4/2023). (Foto: Ra

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis terdakwa perkara penganiayaan David Ozora, yakni AG (15) mantan pacar Mario Dandy dengan hukuman penjara 3 tahun 6 bulan.

"Menjatuhkan pidana terhadap Anak oleh karena itu dengan pidana selama 3 tahun dan 6 bulan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani anak dikurangi seluruhnya dari yang telah dijatuhkan," ujar Hakim tunggal Sri Wahyuni Batubara di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (10/4/2023).

Sri menyatakan, terdakwa Anak AG dinyatakan bersalah turut serta melakukan penganiayaan dengan rencana terlebih dahulu. Sebagaimana Pasal 355 ayat 1 Junto 56 KUHP.

"Menyatakan anak AG terbukti secara sah dan bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan penganiayaan berat dengan rencana terlebih dahulu sebagaimana dalam dakwaan pertama primer," ujar dia.

Vonis AG mantan pacar Mario Dandy ini lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang meminta Hakim Tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menghukum anak AG alias AGH dengan hukuman empat tahun di LPKA.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Syarief Sulaeman Nahdi mengatakan, JPU menilai Anak AG terbukti bersalah bersama-sama melakukan penganiayaan terhadap David Latumahina alias Cristalino David Ozora hingga menyebabkan luka berat.

"Menuntut supaya Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan menjatuhkan pidana terhadap Anak AG agar menjalani pidana 4 tahun di Lembaga Pembinaan Khusus Anak," kata Syarief di PN Jakarta Selatan, Rabu 5 April 2023.

Syarief mengatakan, Jaksa menilai Anak AG telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah. Sebagaimana pada Pasal 355 ayat 1 Junto 56 KUHP.

"AG terbukti bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan berat dengan rencana terlebih dahulu," ujar dia.


Dalam Pleidoi, AG Mengaku Menyesal

AG (15), menyampaikan rasa penyesalannya yang amat dalam atas kasus penganiayaan David Ozora. Rasa sesalnya juga diselingi dengan air mata AG ketika membacakan nota pembelaan atau pleidoi di ruang sidang PN Jakarta Selatan.

"Tadi pasti kondisinya sehat, namun memang di pembacaan pleidoi tadi beliau menangis," ujar kuasa hukum AG, Mangatta Toding Allo di PN Jakarta Selatan, Kamis (6/3/2023).

Tidak hanya itu, sepucuk nota Pledoi yang disampaikan AG, Mangatta menyebut itu dibuat oleh kliennya sendiri. Dengan isi yang menggambarkan dirinya selama proses persidangan.

"Pleidoinya sendiri yang disusun sendiri sama anak AG. Tadi menyampaikan bagaimana perasaannya terhadap persidangan dengan perkara ini, dia juga menyampaikan selalu berulang-ulang terkait keterlibatannya terhadap anak," jelas Mangatta.

Kaesang Vs Pesaing dari PKS

Kaesang Maju di Depok pada Pemilu 2024, PKS Siapkan Pesaingnya

Liputan6.com 2023-04-10 16:30:47
Bos Persis Solom Kaesang Pangarep secara resmi diajukan sebagai ketua komite pemilihan dalam Kongres Biasa PSSI 2023 oleh Persebaya Surabaya. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

PKS akan menyiapkan lawan untuk putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep jika nantinya maju di Pemilu 2024, khususnya bertarung di Kota Depok.

Bendahara Umum DPP PKS, Mahfudz Abdurrahman mengatakan, partainya akan menjaring dan merekrut kader internal maupun eksternal partai. Menurutnya, tak akan masalah jika Kaesang maju.

"Enggak ada masalah, ya bagus maju di Depok akan semakin seru," kata dia kepada wartawan, Senin (10/4/2023).

Mahfudz mengatakan, PKS akan terus berusaha menjaga dominasi di Kota Depok. Karena itu, akan mengutamakan mengusung kadernya sendiri untuk maju di pemilu di Depok.

"Utamanya memang dari kader," kata dia.

Meski demikian, Mahufdz menegaskan, partainya tak menutup bagi kalangan ekternal untuk bisa diusung partainya di Kota Depok. "Kami fleksibel saja, internal pun belum fix karena masih di jaring," jelas Mahfudz.

Sebelumnya, juru bicara PKS, M Iqbal tidak merasa gentar apabila Kaesang dicalonkan pada Pilkada Kota Depok. Hal itu dikarenakan setiap orang memiliki hak untuk maju pada Pilkada Kota Depok.

"Itukan hak setiap warga negara, asal memenuhi syarat dan ada partai pendukungnya," ujar dia.

Iqbal mengungkapkan, PKS telah memiliki kader sendiri untuk diusung Pilkada Kota Depok.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono telah masuk pada bursa kader yang akan diusung untuk maju pada Pilkada Kota Depok. "IBH salah satunya, tapi belum diputuskan," ungkap dia.


Kaesang Dapat Dukungan

Pada pemberitaan sebelumnya, Ketua Harian DPP GP Center, Thomas Djunianto mengatakan, pencalonan Kaesang Pangarep menjadi calon Wali Kota Depok pada Pilkada 2024 berawal dari gerakan twitter dan media sosial lainnya.

Melihat respons dari media sosial, GP Center mendapat atensi masyarakat mendorong Kaesang menjadi Calon Wali Kota Depok kedepan.

"Saya yakin itu adalah representasi masyarakat sebagian besar di Kota Depok yang menginginkan perubahan," ujar Thomas kepada Liputan6.com, Sabtu (1/4/2023).

Dia menjelaskan, dari statistik perhitungan GP Center, apa yang dilakukannya menyebar dari tingkat lokal hingga nasional. Untuk itu, setelah deklarasi dukungan pencalonan Kaesang GP Center akan mengkampanyekan Kaesang di Kota Depok.

"Hari ini akan mulai mengampanyekan mas Kaesang di Kota Depok, dan kami yakin mas Kaesang akan diterima sebagai calon Wali Kota Depok di 2024 yang akan datang," jelas Thomas.

Tanyakan Kasus Ayah dari Balik Bui

Dari Balik Jeruji, Mario Dandy Bertanya soal Perkembangan Kasus Sang Ayah Rafael Alun

Liputan6.com 2023-04-10 01:11:12
Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo saat wawancara khusus dengan Liputan6.com, Kamis (30/3/2023). Rafael berbicara soal kasus y

Mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ayah Mario Dandy Satriyo tersangkut menerima gratifikasi atau suap atas pemeriksaan pajak di DJP Kemenkeu sepanjang periode 2011-2023. Temuan awal, Rafael diduga menerima uang senilai USD90 ribu atau sekitar Rp1,3 miliar.

Penasihat Hukum Mario Dandy, Basri Bundu menyebut kliennya itu sempat membahas kasus hukum yang melilit orangtuanya. Basri tak beberkan secara gamblang. Ia hanya meminta kliennya itu tetap tabah hadapi semuanya.

"Sempat nyinggung (kasus Rafael Alun) tapi ya tetap tabah, itu aja ya kita gak ngobrol banyak tetap tabah ya," kata Basri kepada wartawan, Minggu (9/4/2023).

Basri mengatakan, ia turut meminta Mario Dandy konsen menjalani proses hukum. Bersama-sama tersangka lain yaitu Shane.

"Terus kita minta (Mario Dandy) fokus menghadapi persoalannya. Itu aja sih ya kita enggak bicara banyak," ucap dia.

Basri Bundu juga menyebut, bahwa kliennya sangat menyesal karena menganiaya David Ozora. Basri mengatakan, Mario mendoakan David agar cepat sembuh.

"Itu kan jelas perbuatannya, dia mengakui dan menyesal, meminta maaf mendoakan adanya David supaya cepat sembuh ,itu selalu disampaikan kepada kami," kata Basri.

Basri juga sempat mengobrol dengan Mario Dandy di rutan sebelum mengikuti persidangan AG beberapa hari lalu. Kepada Mario, Basri berpesan bahwa setiap masalah bisa diselesaikan.

"Kami juga kan waktu persidangan di AG kemarin kan kami sempat ngobrol di dalam rutan sebelum jadi saksi di persidangan, kita ngobrol biasa, gimana ini ya saya bilang ya kita harus setiap permasalahan kita akan bisa lewati semuanya," ungkapnya.


Mario Dandy Siap Jalani Persidangan

Basri menambahkan, kliennya siap menjalani persidangan terkait penganiayaan terhadap David Ozora. Pihaknya tengah mempelajari persiapan persidangan sembari menunggu berkas kliennya lengkap dan dilimpahkan ke pengadilan atau P21.

"Kalau Mario dandy selalu siap untuk di proses hukum,karena perbuatannya kan jelas kan dia mengakui," kata dia.

Harta Karun di Lumpur Lapindo?

Menguak Harta Karun di Endapan Lumpur Lapindo

Liputan6.com 2023-04-10 00:25:58
Journal Menguak Harta Karun di Endapan Lumpur Lapindo.(Abdillah/Liputan6.com)

Aksan merupakan salah satu kepala keluarga yang jadi korban Lumpur Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur. Siang itu, dengan senyum semringah dia menyambut kedatangan tim Liputan6.com di dekat lokasi tempatnya bekerja. Saat ini, bapak satu anak itu bekerja sebagai tukang ojek di sekitar kawasan Lumpur Sidoarjo.

Kenangan terkait tempat tinggal Aksan bersama istri dan anaknya di Desa Jatirejo, Kecamatan Porong, Sidoarjo masih tergambar jelas. Hal itu tampak ketika dia menunjukkan perkiraan titik rumahnya yang sudah terendam lumpur.

Kata dia, saat itu rumahnya yang berukuran 6x15 meter itu berjarak sekitar 2 kilometer dari pusat semburan dan hanya 500 meter dari rel kereta. Sebelum kejadian Lumpur Lapindo pada 29 Mei 2006, Aksan baru saja berhenti dari pekerjaannya sebagai sopir. Bahkan saat kejadian semburan dia bersama beberapa warga masih mendatangi lokasi.

Namun selang 30 hari kemudian, lumpur semakin meluap hingga di sekitar rumahnya dan mengharuskannya bersama warga lainnya untuk mengungsi di Pasar Porong yang telah disediakan oleh Pemda setempat. Aksan bersama warga lainnya juga sempat menyelamatkan berbagai harta benda yang ada.

Waktu itu, Aksan bersama keluarganya mengungsi kurang lebih selama tiga bulan. Setiap hari dia menyaksikan dari kejauhan rumahnya yang semakin hilang tenggelam dengan lumpur. "Kalau rumah saya tenggelam sampai kelihatan gentengnya itu sekitar kurang lebih 2-3 bulan. Memang cukup lama, enggak langsung," kata Aksan kepada Liputan6.com.

Setelah ditempatkan di pengungsian, Aksan dan warga mendapatkan uang untuk mengontrak selama dua tahun. Saat itulah tetangganya sudah mulai mencari tempat tinggal masing-masing. Uang ganti awal dari rumah yang ditempatinya langsung dibelikan tanah di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Dia mengakui lokasinya sekitar 20 kilometer dari rumahnya yang tenggelam di Lumpur Lapindo. Menurut dia, pemilihan lokasi tersebut disesuaikan dengan besaran uang ganti rugi yang diterimanya. Sambil menunggu uang ganti secara menyeluruh, Aksan sekeluarga memilih untuk tetap mengontrak rumah.

"Kemudian lama belum dibangun karena masih menunggu sisa ganti ruginya yang 80 persen. Jadi sempat lama saya ngontrak di Pandaan itu sekitar kurang lebih, sekitar 2008-2014. Sekitar tujuh tahun," ucapnya.

Bekerja di sekitar Lumpur Sidoarjo membuatnya cepat menerima keadaan dari peristiwa kelam tersebut. Meskipun sebelumnya dia seringkali menangis ketika melihat area lumpur yang mengubur rumahnya, saudara dan para tetangga. Setelah hampir 17 tahun berlalu, beberapa perubahan terus terjadi.

"Alhamdulillah setelah menginjak 17 tahun ini, kondisi keluarga sehat-sehat. Cuma mertua, orang tua, sudah meninggal. Anak saya dulu lahir 2004, masih belum sekolah saat ada lumpur, masih berusia dua tahun. Kemudian sekarang sudah kuliah di Muhammadiyah Surabaya," ujar dia.

Lanjut dia, sebelum pandemi Covid-19 biasanya rutin setiap 29 Mei para warga korban Lumpur Lapindo berkumpul untuk melakukan pertemuan dan doa bersama. Menurut Aksan, kegiatan tersebut sekaligus melepas rindu dan cerita bersama para tetangga yang sudah terpisah rumah.


Musibah Lumpur Lapindo Membawa Berkah?

Cerita sebagai korban juga dirasakan oleh Hetty Dwi Purwaningsih dan keluarga. Saat kejadian semburan Lumpur Lapindo Hetty masih berusia 17 tahun atau kelas 2 SMA. Rumahnya yang berlokasi di Desa Kedungbendo menjadi salah satu yang terdampak. Enam orang di rumahnya juga sempat merasakan tinggal di pengungsian Pasar Porong.

Bapaknya beberapa kali berusaha mengamankan barang-barang di rumahnya. Namun tak berselang lama, Hetty dan keluarga memilih untuk mengontrak sebuah rumah yang dekat dengan tempat bekerja bapaknya.

"Apalagi di keluarga saya termasuk keluarga besar, ada yang ODGJ juga, makanya agak ribet ketika di pengungsian, makanya cari tempat kontrakan saat itu," kata Hetty kepada Liputan6.com.

Mengontrak rumah tersebut, kata Hetty berlangsung hingga adanya kepastian pembayaran ganti rugi. Saat ada relokasi, keluarga Hetty menyetujui itu tanpa pikir panjang.

"Alhamdulilah ternyata pilihan dari bapak itu enggak salah. Saat itu kan, saya kuliah itu alhamdulillah rezeki lancar. Dalam artian ada jatah hidup kan saat itu, jadup. Kemudian pembayaran cicilan dari Lapindo pun dicicil per bulan pun juga lancar. Dari situ, untuk biaya kuliah," ujar dia.

Setelah hampir 17 tahun berselang, saat ini perempuan lulusan Universitas Negeri Surabaya tersebut sudah berkeluarga dan memiliki dua anak. Bahkan Hetty sudah menjadi PNS di salah satu sekolah di Tanggulangin, Sidoarjo.

Akibat peristiwa tersebut saudara dan para tetangganya harus terpisah dengan rumah yang berjauhan. Kendati begitu Hetty juga mengakui dari musibah Lumpur Sidoarjo terdapat sisi positif yang dirasakan keluarganya. Salah satunya yaitu rumah relokasi yang ditempati keluarganya yang berada di tengah kota dan saat ini memiliki harga jual lumayan tinggi.

"Memang kalau dari segi keluarga atau pertemanan, lingkungan itu tinggal memori tinggal kenangan, yang indah kayaknya sudah hilang, jadi bangun ulang lagi. Tapi untuk dari segi ekonomi kalau di keluarga saya, alhamdulilah lebih ke lebih baik. Kalau saya kan masuk kategori korban yang beruntung," Hetty menandaskan.

Temuan Harta Karun di Lumpur Lapindo

Lumpur Sidoarjo, Jawa Timur memiliki sejarah panjang sejak kemunculannya pada 29 Mei 2006 atau dua hari usai gempa di Yogyakarta. Ketika itu, lumpur panas menyebur di dekat lokasi pengeboran PT Lapindo Brantas.

Akibatnya sebelas desa terendam dengan area terdampak sekitar 700 hektare. Penyebabnya pun saat ini masih terus menjadi perhatian para ahli geologi.

Setelah hampir 17 tahun berlalu, ahli geologi Handoko Teguh Wibowo menyatakan terdapat sejumlah manfaat positif dari lumpur Sidoarjo. Menurut Handoko, berdasarkan penelitian yang dilakukannya dalam semburan Lumpur Sidoarjo terdapat kandungan mineral berharga yang cukup besar.

"Ada beberapa material yang keluar terutama yang berupa lumpur, ada beberapa mineral yang berharga yang terkandung di dalamnya yang kita tahu di sini ada beberapa mineral kritis antara lain ada Lithium kemudian ada Stronsium dengan konsentrasi yang cukup tinggi. Dan ini saya kira dunia sedang mencari dan di Lumpur Sidoarjo inilah barang itu berada dan terhampar sekitar 600 sampai 700 hektare," kata Handoko kepada Liputan6.com.


Dampak Positif Apa Saja dari Semburan Lumpur Sidoarjo?

Penelitian itu dilakukan Handoko sejak bergabung di Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) pada tahun 2007. Sejumlah riset komprehensif terus dilakukannya antara lain dengan menganalisis komposisi material yang keluar bersama Lumpur Sidoarjo.

"Jadi serendipity, kita tidak bermaksud mencari tapi menemukan ada hal-hal yang menarik di komposisi atau kandungan Lumpur Sidoarjo. Jadi tahun 2008 sebenarnya sudah teridentifikasi ada unsur-unsur tanah jarang di sini, juga ada unsur-unsur lainnya yang sifatnya ekonomis," ucapnya.

Kata Handoko, pihaknya terus melakukan penelitian dan diuji ulang pada sejumlah titik yang mewakili area Lumpur Sidoarjo hingga tahun 2019. Dari penelitian tersebut menunjukkan adanya sejumlah unsur tanah jarang yang menyebar di seluruh penjuru area di dalam tanggul Lumpur Sidoarjo.

Ahli geologi lulusan Universitas Gadjah Mada itu menyatakan bahwa unsur tanah jarang saat ini sangat dibutuhkan untuk berbagai bidang. Mulai dari industri elektronik, pertahanan, kesehatan, hingga transportasi modern.

Selain itu, Handoko juga menyatakan dalam penelitiannya ditemukan kandungan mineral lainnya yaitu Lithium dan Strontium dengan konsentrasi yang lumayan tinggi. Menurutnya secara umum Lithium dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku baterai listrik.

Sedangkan Stronsium dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri listrik hingga berbagai inovasi berteknologi tinggi. Bahkan, Handoko menyebut kandungan material yang tersaji di Lumpur Sidoarjo memiliki sifat homogen atau mempunyai nilai konsentrasi yang mirip pada setiap unsur pada titik pengambilan sampel, baik lateral maupun vertikal.

"Artinya komposisi endapan lumpur endapan lumpur yang berada di bawah dengan yang di atas itu bernilai. Ini menjadi menarik karena beberapa jebakan mineral itu sebagai contoh emas dan seterusnya itu kan sangat heterogen dan variasinya sangat besar. Di sini sudah terhampar dengan sangat homogen, artinya di sini seperti kue lapis yang sudah siap tersaji, tidak perlu ada kegiatan pertambangan seperti crushing, grinding, blasting serta aksesibiltas yang mudah.

Untuk jumlah cadangan unsur mineral tersebut kata Handoko saat ini, data yang beredar masih sangat subjektif dengan asumsi luas wilayah dan metode uji yang berbeda-beda.

Namun, berdasarkan luas area yang terdampak dan ketebalan endapan lumpurnya, tonase tiap unsur sebenarnya sudah dapat diprediksi dengan level terukur. Kemudian data pendukung seperti data bor inti endapan lumpur dengan kerapatan yang baik akan menjadi data valid untuk penentuan besarnya cadangan.

Handoko pun menyebut berbagai unsur yang ditemukan di Lumpur Sidoarjo merupakan hasil dari kondisi geologi yang ada dan merupakan implikasi adanya magmatisme yang keluar di Lumpur Siodarjo. Morfologi di sebelah selatan wilayah Lumpur Sidoarjo berupa Gunung Penanggungan, Arjuna, ada Welirang. Sedangkan posisi Lumpur Sidoarjo juga berada pada cekungan sedimen atau berada di depresi Kendeng.


Temuan Harta Karun di Lumpur Sidoarjo Karena Evolusi Gunung Api?

Kemudian berdasarkan analisis dari cutting pengeboran yang dilakukan untuk uji sifat batuan, umur dan lingkungan pengendapan didapatkan pada kedalaman 6.000 sampai 9297 kaki dimana pengeboran berakhir, hasil analisis menunjukkan diendapkannya sedimen-sedimen hasil dari produk gunung api pada lingkungan laut. Artinya, kata Handoko adanya jejak vulkanik di bawah area Lumpur Sidoarjo yang umurnya sekitar 5-12 juta tahun yang lampau.

Lanjut dia, hal tersebut yang menjadikan semburan Lumpur Sidoarjo yang keluar di permukaan mencapai 100 derajat Celcius dan dianggap tidak lazim dan telah mendemonstrasikan sifat kegunungapian. Dan pada saat ini pun semburan masih terus keluar dengan debit berkisar 30.000 -- 40.000 meter kubik per hari.

"Inilah yang menjadikan evolusi yang dulu disebut Lumpur Sidoarjo ini adalah gunung lumpur sekarang berubah menjadi sedimentary-hosted hydrotermal system atau sistem hidrotermal di cekungan sedimen. Dan ini implikasinya akan ada sebuah enrichment, atau ada sebuah pengkayaan mineral terutama yang ada di lempung tadi," ujar Handoko.

Dia menambahkan, "Jadi kita tahu lapisan-lapisan yang menyusun batuan di sini adalah ada yang disebut sebagai formasi kalibeng, itu bentuknya adalah clay atau batu lempung. Itulah sekuens yang nantinya akan terkayakan oleh fluida hidrotermal menjadi pengkayaan unsur tanah jarang."

Handoko menyebut, pihak pemerintah juga sudah beberapa kali melakukan penelitian di area Lumpur Sidoarjo. Menurutnya hasil penelitiannya pun sama yaitu adanya unsur tanah jarang, Lithium, hingga Stronsium.

"Tentunya kalau dilakukan komersialisasi kan harus ada undang-undang dulu yang bisa dipakai untuk mengelola atau mengeksploitasi ini. Jadi kita tahu di sini kan secara kepemilikan ada pemerintah pusat, kemudian ada pemerintah daerah, dan sebagian mungkin miliki Bakrie. Tentunya kepemilikan tanah ini menjadi hal penting karena endapan lumpur yang mengandung unsur tanah jarang berada di area dalam tanggul ini," jelas Handoko.


Harta Karun di Lumpur Sidoarjo, Untuk Bahan Baku Transportasi?

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) angkat bicara mengenai adanya 'harta karun' sumber daya mineral kritikal di Lumpur Sidoarjo, Jawa Timur. Beberapa temuan tersebut secara umum dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku berbagai teknologi hingga transportasi modern.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Sugeng Mujiyanto menyatakan beberapa unsur yang ditemukan yaitu Litium (Li), Stronsium (Sr) hingga logam tanah jarang. Berdasarkan kajian yang ada, Sugeng menyebut kandungan Lithium di Lumpur Lapindo, Sidoarjo itu kadarnya mencapai 99 - 280 ppm.

Kemudian untuk Stronsium kadarnya mencapai 255 - 650 ppm. Kata dia, berbagai kajian juga terus dilakukan oleh Pusat penelitian dan pengembangan teknologi mineral dan Batubara/TekMIRA.

"Yang diperkirakan sampah, lumpur itu kan kayaknya tidak berguna begitu ya. Tapi ternyata ada beberapa, bisa juga dianggap seperti harta karun. Hanya saja kalau kita melihat nanti kan masalah jumlah seberapa, apakah besar atau tidak," kata Sugeng kepada Liputan6.com.

Lithium secara umum dimanfaatkan sebagai bahan baku baterai listrik. Sedangkan saat ini pemerintah pusat tengah berencana membangun industri kendaraan listrik di dalam negeri. Kemudian untuk Stronsium biasanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri elektronik.

Lanjut Sugeng, terkait nilai ekonomi dari lumpur Sidoarjo masih dalam tahap penyelidikan secara lengkap. Kemudian data dari temuan tersebut juga belum akurat dan masih dilakukan penyelidikan serta sampelnya terbatas yaitu sekitar kedalaman lima meter.

"Di tahun 2030 kita ini akan mempunyai sekian kendaraan roda empat, roda dua, maupun roda enam, bus gitu yang nanti akan digerakkan oleh listrik. Jadi, nanti ada baterainya. Itu dibutuhkan total-total gitu sekitar 113 juta KwH itu butuh 758.000 ton Lithium. Atau kalau kita lihat kendaraannya saja, hanya kendaraan saja sekitar 4 Giga Watt begitu, ini butuh 26.000 ton Lithium," ucapnya.

"Sehingga kalau kita lihat di situ, untuk satu Giga Watt itu butuh 160 ton Lithium bentuk metal. Ini kalau kita lihat tadi ada anggap aja sekitar 900.000 begitu, ini dibagi 26 ya mungkin, tapi dalam bentuk metal. Ini masih ya so-so lah, seperti itu. Tinggal nanti teknologi dan teknologi ekstraksinya seperti apa recovery-nya juga besarnya seberapa gitu kan," sambung dia.

Saat ini kata Sugeng pihaknya belum melakukan eksplorasi secara menyeluruh mengenai temuan yang ada di Lumpur Sidoarjo. Nantinya kelaikan temuan itu akan menjadi landasan dalam pemanfaatannya.

"Nanti akan kami sampaikan kepada Direktorat Jenderal Minerba untuk nanti wilayah itu diusahakan secara komersial. Untuk saat ini, untuk logam dan batu bara dilakukan secara mekanisme lelang. Jadi nanti lelang wilayah, namun juga tidak menutup kemungkinan dengan adanya mekanisme lain, penunjukkan kepada badan usaha, penugasan ya penugasan kepada badan usaha, khususnya BUMN bisa mengupayakan itu. Kira-kira seperti itu mekanismenya," tandas Sugeng.

Miliarder dengan Kebiasaan Makan Aneh

8 Miliarder dengan Kebiasaan Makan Aneh, Kecanduan Burger Keju hingga Teh

Liputan6.com 2023-04-09 19:10:05
Elon Musk beli Twitter senilai Rp635 triliun. Dari mana saja sumber kekayaannya? (Instagram/elon.r.muskk).

Ada begitu banyak misteri yang menyelimuti rahasia kehidupan pribadi orang kaya terkenal. Dengan miliaran dolar yang mereka miliki, pilihan gaya hidup yang dapat mereka buat sendiri benar-benar tidak terbatas.

Kebanyakan orang membayangkan kehidupan seorang miliarder harus menuntut hal-hal yang terbaik bagi kehidupannya, termasuk kemampuan untuk memakan beberapa makanan paling lezat di dunia, hingga menikmati makanan tersehat dan termahal yang disiapkan oleh koki pribadi.

Banyak orang membayangkan seorang pelayan pribadi siap dipanggil setiap hari, untuk memasak makanan permintaan yang sesuai dari perintah miliarder tersebut. Pilihan menu kaviar dan makanan mahal lainnya untuk hindangan sehari-hari juga tak luput dari pikiran.

Namun ternyata tak semua orang terkaya demikian, ada yang tetap menerapkan pola hidup sederhana dan sejumlah lainnya memilih gaya mengejutkan dengan konsumsi pilihan makanan aneh.

Melansir dari therichest.com, Minggu (9/4/2023), berikut ini daftar orang kaya yang masuk daftar tersebut:

Elon Musk dengan kekayaan bersih $176 miliar, sekitar Rp 2,6 kuadriliun dan riwayat bekerja 90 jam seminggu yang berlebihan. Orang akan berasumsi bahwa CEO Tesla dan Space X, Elon Musk membutuhkan diet ketat untuk membuatnya tetap sehat, aktif, dan waspada.

Kebenarannya dia biasanya melewatkan sarapan sehat dan memilih untuk mengemil cokelat batangan Mars sebagai gantinya.

Dia melahap apa pun yang ditawarkan kepadanya saat makan siang, dan lebih menekankan pada rencana makan malamnya, jika dia tidak bekerja.


2. Steve Job

Sebelum kematiannya, Steve Jobs dikenal sangat ekstrem dalam hal kebiasaan makannya. Dia menjadi salah satu nama terbesar di belakang Apple, dan mempunyai kekayaan $10,2 miliar atau sekitar Rp 152 triliun, keahliannya di sektor teknologi tampaknya jauh lebih berhasil daripada kemampuannya untuk makan makanan seimbang.

Sebenarnya, dia dikenal tidak pernah makan sama sekali. Kadang-kadang dirinya hanya makan satu atau dua makanan sekaligus, selama beberapa minggu, dan kemudian dia mencoba-coba hanya makan buah-buahan,

The Daily Meal melaporkan bahwa "Jobs berpuasa, menggunakan hari-harinya untuk tidak makan akan menciptakan perasaan euforia dan (seperti) ekstasi".

Mark Cuban selalu berusaha keras dan terus meraup untung dari kepemilikannya atas tim bola basket profesional, Dallas Mavericks.

Pengusaha investor dan miliarder ini memiliki kekayaan sebesar $4,5 miliar sekitar Rp 67,2 triliun, dan memilih untuk membelanjakan sebagian uangnya dengan berinvestasi di perusahaan yang membuat biskuit favoritnya.

Dia memulai setiap pagi dengan 2 biskuit manis dari Alyssa's Cookies, dan secangkir kopi. Biskuit itu dikatakan tinggi protein dan serat. Faktanya, dia sangat mencintai biskuit mereka sehingga dia sekarang menjadi bagian dari pemilik perusahaan yang membuatnya.


4. Bill Gates

Bill Gates memiliki kekayaan bersih sebesar $137 miliar setara dengan Rp 2 kuadriliun. Dengan uang sebanyak itu, segalanya bisa terjadi. Mengenai kebiasaan makannya, Gates makan sangat sederhana dan cenderung tidak sehat.

Ia mengaku kecanduannya pada Coke dan meminumnya sepanjang hari. Dia jarang terlihat tanpa memegang Coke di tangannya.

Dia juga memiliki obsesi dengan burger keju, Style melaporkan bahwa ketika makan siang, harus benar-benar selalu ada burger keju, "Seseorang akan selalu dikirim untuk mendapatkan kantong-kantong McDonald's. Saya tidak berpikir Melinda membiarkannya makan itu di rumah".

Donald Trump sangat menyukai junk foodbahkan di media sosial penggemarnya sangat mengetahui bahwa Trump kecanduan makanan cepat saji. Ia diketahui sering makan McDonald's dan sering memanjakan diri dengan makanan Filet O Fish.

Mantan Presiden dan diperkirakan mempunyai kekayaan bernilai $2 miliar, sekitar Rp 29 triliun, ia tampaknya tidak memiliki preferensi untuk pilihan makan sehat apa pun. Nyatanya, Style melaporkan bahwa dia sering, memuji McDonald's karena kebersihannya.


6. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg, pria dengan kekayaan sebesar $104 miliar, sekitar Rp 1,5 kuadriliun, merupakan pendiri Facebook dan salah satu orang terkaya di dunia.

Sementara banyak orang lain dalam posisi kekayaan ini akan melibatkan koki untuk menciptakan masakan terbaik yang dapat dibeli dengan uang, namun Zuckerberg telah memilih jalan yang jauh berbeda dalam hal makanan yang dia makan.

Dia melewati fase, pada 2011 lalu, di mana dia hanya akan memakan daging hewan yang telah dia bunuh untuk dirinya sendiri. Dia juga akan memberi makan daging itu kepada teman dan tamunya.

Terungkap bahwa dia telah makan malam dengan CEO Twitter, Jack Dorsey, yang kemudian melaporkan bahwa, masakan kambing yang ditawarinya disajikan dingin, sehingga ia tak jadi memakannya.

Pria dengan kekayaan $6 miliar, sekitar Rp 89 triliun, merupakan CEO Virgin Group yang berkuasa dan bahkan dianugerahi gelar kebangsawanan di istana Buckingham.

Kontribusinya pada dunia musik, hiburan, ritel, dan penjelajahan luar angkasa telah membuatnya memperoleh kekayaan dan ketenaran di seluruh dunia. Dia mengendalikan lebih dari 400 berbagai usaha dan duduk di puncak rantai makanan perusahaan, namun dalam hal asupan makanan dan minuman, dia memiliki kebiasaan yang aneh dan unik.

Asupan makanannya yang normal, dengan muesli sederhana dan kacang menjadi bagian dari sarapannya yang biasa. Selain itu Branson juga sangat kecanduan pada teh, dia diketahui minum lebih dari 20 cangkir teh setiap hari.

"Saya tidak yakin bagaimana saya bisa bertahan hidup tanpa

," ucap Sir Richard Branson dikutip The Daily Meal.

Astronaut Perempuan Pertama dari Arab Saudi

Astronaut Perempuan Pertama dari Arab Saudi Dijadwalkan ke Antariksa pada Mei 2023

Liputan6.com 2023-04-10 12:30:02
Arab Saudi membuat gebrakan dengan mengirimkan astronot perempuan pertama mereka Rayyana Barnawi ke luar angkasa tahun ini. (Foto: Dok Twitter/Saudispace)

Rayyana Barnawi adalah satu dari dua astronaut Arab Saudi yang segera mengangkasa 9 Mei 2023 ketika negara yang diperintah Raja Salman bin Abdulazi Al Saud itu menjadi satu dari sedikit negara Muslim yang tak ingin ketinggalan mengeksplorasi ruang angkasa.

Barnawi dan Ali Alqarni menjadi dua dari empat astronaut yang menumpangi kapsul Spacex Dragon yang dilontarkan ke ruang angkasa oleh roket SpaceX Falcon 9 dengan tujuan akhir, Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS).

Mereka ditemani dua astronaut Amerika Serikat, Peggy Whitson dan John Shoffner, untuk bergabung dengan astronaut Uni Emirat Arab Sultan Al Neyadi yang sudah berada di ISS sejak 3 Maret tahun ini.

Kalau profesi Ali Alqarni adalah pilot pesawat tempur angkatan udara Saudi, maka Barnawi adalah peneliti kanker payudara.

Tak saja menjadi muslimah kedua di dunia yang akan berada di orbit Bumi dan perempuan Saudi pertama yang bakal mengangkasa di antariksa, Barnawi mewakili wajah baru Arab Saudi yang meninggalkan ultra-konservatisme dan kekolotan.

Kehadiran dia dalam misi ruang angka kian menegaskan usaha keras penguasa Saudi saat ini dalam menguatkan peran perempuan sampai setara pria yang muskil terjadi beberapa tahun silam, demikian seperti dikutip dari Antara, Senin (10/4/2023).


Raja Salman Jadi Astronaut Pertama Saudi, Barnawi Pertama dari Kubu Perempuan

Ruang angkasa sendiri tak asing untuk Saudi karena pada 1985, Raja Salman sewaktu muda dan masih sebagai pilot pesawat tempur, pernah menjadi bagian dari misi luar angkasa Amerika Serikat. Salman adalah warga Arab pertama yang mengangkasa di antariksa.

33 tahun setelah itu, ketika Salman sudah menjadi raja, Saudi membentuk komisi ruang angkasa yang pada 2023 mengirimkan astronautnya lagi ke antariksa. Misi kali ini menjadi bagian dari Visi Saudi 2030 yang dicanangkan Raja Salman dan putranya yang menjadi pewaris takhta, Pangeran Mohammed bin Salman.

Dalam misi antariksa yang diluncurkan dari Kennedy Space Center di Tanjung Canaveral, Florida, Amerika Serikat itu, Barnawi menjadi spesialis misi Axiom Mission 2. Ini adalah juga misi antariksa swasta kedua Axiom setelah April 2022 yang juga membawa empat astronaut.

Barnawi yang berusia 33 tahun adalah pakar biomedis jebolan Selandia Baru dan Arab Saudi yang sembilan tahun terakhir ini aktif meneliti kanker payudara dan sel batang.

Dia adalah salah satu bukti Saudi tengah melangkah jauh ke depan dalam memajukan kaum hawa sejak Raja Salman melancarkan gebrakan-gebrakan reformatif di bawah prakarsa penguasa de facto, Pangeran Mohammed bin Salman.

Situasi Saudi ini berbalik 180 derajat dengan yang sedang terjadi di Afghanistan ketika Taliban malah meminggirkan lagi kaum perempuan.

Sebaliknya, perempuan Saudi kian luas berpartisipasi dalam segala aspek pembangunan nasional setelah undang-undang menjamin penuh hak mereka dan sekaligus melindungi peran aktif mereka, dalam bidang apa pun, terlebih Visi Saudi 2030 memberi tempat luas kepada perempuan untuk mengabdi kepada masyarakat dan negara.

Perkembangan mengesankan ini sampai mendorong Bank Dunia menaikkan indeks pemberdayaan perempuan Arab Saudi menjadi 80 poin pada 2022, dari 25,63 poin pada 2019.

Prakarsa memberdayakan perempuan juga masuk anggaran rutin negara sehingga perempuan bisa terus berperan, namun tetap sejalan dengan nilai-nilai Kerajaan Saudi.


Pemberdayaan Perempuan, Kembali ke Islam Moderat

Salah satu dampak positif dari semua itu adalah naiknya tingkat partisipasi ekonomi perempuan Saudi dalam pasar tenaga kerja yang hingga triwulan kedua 2022 mencapai 35,6 persen atau di atas angka lima tahun pada 17 persen.

Emansipasi juga semakin luas, yang di antaranya membolehkan perempuan mengemudikan kendaraan dan bepergian ke luar negeri tanpa didampingi wali pria, serta tak mewajibkan mereka mengenakan abaya, yang di Indonesia disebut gamis Arab.

Perempuan Saudi menyambut antusiatis pembukaan kesempatan yang luar ini. Mereka berlomba berkiprah untuk negara, di segala bidang, termasuk sains seperti digeluti Rayyana Barnawi.

Dalam kaitan itu, menurut laporan Arab News, pada 2021, 58 persen mahasiswa Saudi adalah perempuan dan kebanyakan mempelajari sains dan teknologi.

Dengan memberikan peran lebih luas kepada perempuan, Saudi pun perlahan meninggalkan pemikiran ultra konservatif yang menganggap perempuan tak lebih dari pendamping pria.

Perubahan sikap mental itu harus diawali dari menyisihkan pemikiran-pemikiran ultra konservatif dan ekstrem yang selama ini dirasa mengungkung kreativitas dan inovasi.

Konservatisme juga acap melahirkan eksklusivitas yang membuat masyarakat tak mau merangkul kelompok lain. Mohammed bin Salman tak mau keadaan itu terus terjadi di Saudi.

"Kami hanya ingin kembali kepada apa yang sudah kami ikuti, yakni Islam moderat yang terbuka untuk dunia dan semua agama," kata Mohammed bin Salman dalam wawancara dengan The Guardian pada 24 Oktober 2017.

Jika melihat gerak gerik Saudi tahun-tahun belakangan ini, termasuk menormalisasi hubungan diplomatik dengan Iran yang justru musuh bebuyutan Saudi, para pemimpin Saudi memang terlihat agresif dan sangat serius menampilkan wajah moderat yang merangkul siapa pun.

Kini, mengingat statusnya sebagai pemimpin dunia Islam di mana yang tengah berlaku di Saudi acap bergaung ke dunia Islam, langkah Saudi mungkin menular ke negara-negara Islam konservatif lainnya untuk merangkul inklusifitas sehingga pemikiran eksklusif dan ekstrem tak lagi mendapatkan ruang yang lapang.

J-Hope BTS Potong Rambut, Isyarat Wamil?

J-Hope BTS Pamer Potongan Rambut Baru, Wajib Militer Semakin Dekat?

Liputan6.com 2023-04-10 13:01:00
J-Hope BTS pamer rambut baru jelang wajib militer. (Dok: Instargarm @uarmyhope)

Personel BTS, J-Hope mengunggah foto dengan emoji berbentuk gunting di media sosialnya. Dalam foto tersebut, J-Hope tampil dengan potongan rambut pendek yang langsung menarik perhatian. Di pagi hari di hari yang sama, J-Hope mengadakan siaran langsung di Weverse dengan V dan Jungkook, mengatakan "Saya memotong rambut saya".

J-Hope BTS mengumumkan bulan lalu bahwa ia telah menyelesaikan permohonan pembatalan pendaftarannya, dan telah mengambil langkah-langkah untuk memenuhi kewajiban wajib militernya. Pada tanggal 1, agensi BIGHIT MUSIC mengumumkan, "J-Hope berencana untuk mendaftar sebagai prajurit aktif di ketentaraan untuk memenuhi wajib militernya."

Mengutip dari laman Pink Villa, Senin (10/4/2023), waktu pendaftaran J-Hope tidak diketahui secara spesifik. Tetapi karena ia menyiratkan telah memotong rambutnya sebelum pendaftaran maka diasumsikan bahwa pendaftaran wajib militer sudah dekat.

Hal ini menjadikan J-Hope sebagai anggota BTS kedua yang menjalani wajib militer setelah anggota tertuanya Jin, yang mendaftar untuk tugas aktif di ketentaraan Desember 2022 lalu. Pada 5 April 2023, IPX (sebelumnya Line Friends) merilis video mesin penari misterius MANG, salah satu karakter BT21 yang dibuat bersama dengan BTS, melalui saluran YouTube resmi BT21.

MANG yang dibuat berdasarkan desain yang dibuat oleh J-Hope, dengan percaya diri mengungkapkan wajahnya yang telah lama tersembunyi di bawah topeng merah muda. Penampilan imut yang kontras dengan aksi dance intens yang diperlihatkan di berbagai panggung selama ini telah menarik banyak perhatian dari para penggemar BTS.


Larangan Menghampiri J-Hope di Pusat Pelatihan

BTS menempati posisi pertama sebagai hasil analisis data besar pada April 2023 dari reputasi merek boy grup yang diumumkan oleh Lembaga Penelitian Reputasi Perusahaan Korea pada 8 April. Posisi kedua adalah SEVENTEEN, dan posisi ketiga adalah EXO.

Merek BTS jadi nomor 1 dianalisis dengan indeks reputasi merek 9.446.687, dengan indeks partisipasi 439.633, indeks media 3.150.042, indeks komunikasi 2.483.535, dan indeks komunitas 3.373.477. Dibandingkan dengan indeks reputasi brand sebesar 5.907.810 pada bulan Maret, reputasi mereka naik sebesar 59,90 persen.

Mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, 3 April 2023, saat J-Hope menjalani program wajib militer, BigHit tetap membeberkan agenda yang akan dilalui sang member BTS sewaktu pertama kali mengikuti program pemerintah Korea Selatan itu. Selain itu pihak agensi meminta penggemar tidak datang menghampiri J-Hope di pusat pelatihan saat upacara penyambutan berlangsung.

Acara penyambutan wajib militer itu diketahui hanya akan dihadiri para peserta beserta keluarga masing-masing. BigHit juga menyampaikan agar penggemar memberikan dukungan dan semangat dalam bentuk doa maupun pesan di dunia maya. Pelarangan datang ke pusat pelatihan lantaran pihak manajemen tak ingin fans, termasuk para Army BTS, menimbulkan kekacauan selama upacara penyambutan berjalan.


J-Hope Rilis Single Sebelum Wajib Militer

Mengutip kanal Regional Liputan6.com, 3 Maret 2023, J-Hope resmi merilis single sekaligus MV teranyarnya bertajuk On The Street, pada 3 April 2023 pukul 2 siang KST atau pukul 12 WIB. Single tersebut merupakan projek kolaborasi J-Hope bersama J-Cole.

Media Korea melaporkan bahwa dalam projek kolaborasi ini, J-Hope BTS ikut menyusun dan menulis single terbarunya tersebut. Dia juga turut mendesain tulisan "On The Street" feat J-Cole, yang ada dalam MV yang dirilis.

Di keterangannya, Big Hit Music menjelaskan, motif trek dari kata street, dapat diartikan sebagai tempat di mana orang-orang melalui kehidupannya sehari-hari. Tetapi, hal itu juga sebagai sebuah metafora untuk sebuah kehidupan yang juga berasal dari Street Dance, genre yang mewakili akar J-Hope sebagai seniman.

"Itu merupakan jalan yang akan terus dia tempuh bersama penggemarnya di seluruh dunia," tulis BigHit Music.

On the Street adalah single terbaru idol bernama asli Jung Hoseok itu setelah dia merilis album debut solo-nya, Jack in The Box pada 15 Juli 2022 lalu. Big Hit Music juga menyampaikan akan terus memberikan informasi terkait proses wajib militer yang akan dilaksanakan oleh J-Hope.


Jin BTS Lebih Dulu Wajib Militer

Sebelumnya Jin BTS mengejutkan penggemarnya dengan mengunggah foto terbaru yang berseragam militer. Tak cuma sendiri, ia diapit oleh dua anggota BTS lain yang mengunjunginya, J-Hope dan Jimin.

"Welcome (selamat datang)," tulis Jin di kolom keterangan unggahan pada Sabtu, 4 Maret 2023. J-Hope membalas dengan ungkapan tertawa.

J-Hope tampak mengenakan sweater bercapuchon hitam yang dibalut jaket krem tebal. Tak lupa, duta Louis Vuitton itu mengenakan beanie hat untuk menghangatkan badannya. Tampilan kasual pun diperlihatkan Jimin yang memadukan sweater hitam dan celana jins, serta kupluk warna senada dengan atasannya waktu berpose dengan Jin.

Unggahan tak butuh lama menarik perhatian para ARMY. Dikutip dari Koreaboo, Minggu, 5 Maret 2023, unggahan langsung menuai lebih dari 1 juta tanda suka hanya dalam 30 menit. Lebih dari dua bulan sejak anggota tertua BTS menjalani wajib militer (wamil). Walaupun sosoknya beberapa kali muncul, baik melalui unggahan di Weverse atau Instagram dan video lama, para penggemar tetap saja merindukannya.

Pemuda Indonesia Jadi Idol K-Pop Xodiac

Profil Zayyan Pemuda Tampan Asal Indonesia yang Berhasil Debut Jadi Idol K-Pop Xodiac

Liputan6.com 2023-04-10 11:00:00
Zayyan penyanyi Indonesia yang debut jadi idol K-Pop XODIAC (Dok via Twitter @XODIACOfficial)

Zayyan seorang idol KPop yang berasal dari Indonesia saat ini tengah ramai diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia khususnya penggemar K-Pop.

Hal ini bermula dari unggahan akun twitter @XODIACOfficial yang baru saja mengumumkan debut member dari boy group mereka pada Minggu (9/4/2023).

Masing-masing pengumuman berisikan foto Zayyan dan kedua member lainnya, Beomsoo dan Wain. Mereka debut sebagai member Xodiac, dengan lagu debut berjudul "Throw a Dice" yang akan dirilis tanggal 25 April 2023 mendatang.

Mengenakan setelan jas berwarna navy, dasi salur merah, dan kemeja putih, Zayyan tampil dengan menawan. Jadi siapakah Zayyan? Kenali ia lebih jauh dengan simak profil Zayyan berikut ini!


Nama dan Usia

Pria kelahiran 23 Februari tahun 2000 ini memiliki nama panggung Zayyan yang diambil dari nama lengkapnya Muhammad Rifki Fahri Zayyan. Ia juga diketahui memeluk agama Islam, dilihat dari nama dan juga unggahan terbaru mengenai dirinya yang berbuka puasa bersama member boy group lain.

Zayyan berhasil menjadi Idol K-Pop asal Indonesia setelah sebelumnya ada Dita Karang dari girl group Secret Number dan beberapa nama lainnya.


Ikut Audisi Pencarian Bakat

Sebelum terjun ke dunia KPop, dikutip dari beberapa sumber, Zayyan pernah mengikuti beberapa ajang pencarian bakat di Indonesia.

Pria berzodiak Pisces itu pernah mengikuti Rising Star Indonesia pada tahun 2018 silam dan Indonesian Idol 2020. Namun, Zayyan tidak berhasil melanjutkan cita-citanya lewat kedua ajang tersebut.

Zayyan yang gemar bernyanyi dan menyukai musik akhirnya membuat kanal Youtube bernama ZYYN. Di sini, ia sering meng-cover beberapa lagu populer, seperti lagu "Glimpse of Us."


Rumor

Sebelum akhirnya debut bersama Xodiac dibawah naungan OCJ Entertainment, Zayyan pernah dirumorkan menjadi trainee di agensi SM Entertainment yang menaungi sederet idol K-Pop ternama seperti Super Junior, Girls Generation, NCT, dan lainnya. Namun, Zayyan memilih untuk keluar dari agensi tersebut.

Selain itu beredar juga kabar bahwa ia sempat menjadi Youtuber dan kreator konten dari Erain Entertainment.

Fuji Minta Maaf

Fuji Minta Maaf karena Tak Tahu Ada Sosok Selain Pak Ansori yang Menolong Gala Sky Saat Kecelakaan: Kalau Ada Kesempatan Kita Ketemu Lagi

Liputan6.com 2023-04-10 16:00:27
Inilah potret kebersamaan Fuji An dan Gala Sky. Momen kebersamaan ini sendiri diabadikan oleh fotografer Mario Ardi. [Foto: instagram.com/fuji_an]

Keluarga Haji Faisal beberapa waktu lalu mengundang Pak Ansori ke kediamannya untuk bertemu dengan Gala Sky Andriansyah. Pak Ansori adalah sosok yang menolong Gala Sky saat tragedi kecelakaan yang menewaskan Bibi Andriansyah dan Vanessa Angel.

Saat video pertemuan Pak Ansori dan Gala Sky itu viral, rupanya banyak yang memberitahu bahwa dalam kejadian itu, tidak hanya Pak Ansori saja yang menolong Gala Sky. Sayangnya, hal tersebut tidak diketahui oleh keluarga mendiang Bibi Andriansyah dan Vanessa Angel.

"Dulu kan sempat video viral, aku kan enggak ada di tempat kejadian. Tapi yang aku lihat dari video adalah Pak Ansori itu orang yang gendong Gala waktu dia lagi di jalanan (lokasi kecelakaan). Tapi banyak yang bilang itu ada yang penjual nanas juga kan," ungkap Fuji, adik mendiang Bibi Andriansyah, saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube Superseru!, baru-baru ini.

Fuji mengaku justru baru tahu dari para warganet di kolom komentar.


Minta Maaf

Oleh karenanya, Fuji mewakili keluarganya meminta maaf karena tak mengetahui hal itu sehingga hanya mengundang Pak Ansori saja untuk bertemu dengan Gala Sky.

"Aku enggak lihat, maksudnya maaf kalau misalnya aku enggak lihat atau nggak menjangkau orang yang satu lagi. Aku minta maaf. Karena yang aku lihat di video itu Pak Ansori gitu loh," jelasnya.

"Aku enggak tahu, aku lihat di videonya sih Pak Ansori. Aku juga baru tahu pas kemarin aku ketemu Pak Ansori ternyata banyak yang komen gitu," sambungnya.


Berharap Bisa Bertemu

Mewakili keluarganya, sekali lagi Fuji memohon maaf. Ia berharap jika memang ada kesempatan, mereka bisa bertemu dengan sosok orang yang menolong Gala Sky itu.

"Tapi gimana ya aku udah berusaha sebaik mungkin lah. Aku enggak tahu. Kalau misalkan ada kesempatan atau rezeki ya kita ketemu lagi lah sama yang satu lagi," harapnya.


Pertemuan Pak Ansori

Seperti diketahui, Pak Ansori, sosok pria yang menyelamatkan Gala Sky Andriansyah saat kecelakaan beberapa tahun lalu, kini kembali disorot. Untuk pertama kalinya, pak Ansori kembali bertemu dengan Gala Sky.

Pertemuan itu terjadi usai kakek Gala Sky, H. Faisal mengundang pria paruh baya itu ke kediaman mereka di Jakarta, Senin (4/4/2023). Dalam kesempatan itu, Pak Ansori berbincang banyak dengan H. Faisal dengan penuh kehangatan.

Pak Ansori juga sempat menggendong dan bermain dengan Gala Sky. Haji Faisal kemudian menyampaikan terima kasih dan memberikan hadiah kepada pak Ansori yang kala itu menolong cucunya.