Terancam Cacat Permanen

Hakim Ungkap Kondisi David Ozora: Belum Mengenali Ayahnya dan Terancam Cacat Permanen

Liputan6.com 2023-04-10 22:19:13
Jonathan Latumahina menyebut kondisi fisik David Ozora masih rentan. Jumat (31/3/2023) korban Mario Dandy itu demam tinggi 38,4 derajat Celsius.

Hakim tunggal Sri Wahyuni Batubara ungkap kondisi kesehatan David Latumahina atau Cristalino David Ozora pasca dianiaya oleh Mario Dandy Satriyo.

Sebagaimana diuraikan Sri dalam amar putusan yang dibacakan di PN Jaksel, Senin (10/4/2023). Orangtua dari David, Jonathan Latumahina sempat memberikan kesaksian di persidangan dengan terdakwa Anak AG.

Berdasarkan keteranganya, terbukti bahwa sampai saat ini David masih dirawat di Rumah Sakit Mayapada dan belum bisa berjalan.

"Sampai saat ini korban belum bisa mengenali bapaknya," kata Sri di PN Jaksel, Senin (10/4/2023).

Sri menerangkan, Jonathan turut mengungkap biaya perawatan David Rumah Sakit Mayapada sudah mencapai Rp 1,2 Miliar.

"Dan samapai saat ini tidak ada bantuan pengobatan dari Mario Dandy, Shane dan juga Anak AG," ujar Sri.

Sri melanjutkan, tendangan dan pukulan Mario Dandy terhadap korban menyebabkan David mengalami luka berat yaitu penurunan kesadaran akibat cedera berat.

"Setelah dilakukan pemeriksan terdapat bakteri pada darah David," ucap Sri.

Sri membeberkan hasil visum David. Rupanya pada otak David mengalami bengkak dan terdapat bercak memar akibat benturan keras.

"Tidak ditemukan pendarahan di otak. Namun, hal tersebut berdampak pada David Ozora dikarenakan dapat akibatkan cacat permanen," ucap Sri.


AG Mantan Pacar Mario Dandy Divonis 3 Tahun 6 Bulan

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis terdakwa perkara penganiayaan David Ozora, yakni AG (15) mantan pacar Mario Dandy dengan hukuman penjara 3 tahun 6 bulan.

"Menjatuhkan pidana terhadap Anak oleh karena itu dengan pidana selama 3 tahun dan 6 bulan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani anak dikurangi seluruhnya dari yang telah dijatuhkan," ujar Hakim tunggal Sri Wahyuni Batubara di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (10/4/2023).

Sri menyatakan, terdakwa Anak AG dinyatakan bersalah turut serta melakukan penganiayaan dengan rencana terlebih dahulu. Sebagaimana Pasal 355 ayat 1 Junto 56 KUHP.

"Menyatakan anak AG terbukti secara sah dan bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan penganiayaan berat dengan rencana terlebih dahulu sebagaimana dalam dakwaan pertama primer," ujar dia.

Vonis AG mantan pacar Mario Dandy ini lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang meminta Hakim Tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menghukum anak AG alias AGH dengan hukuman empat tahun di LPKA.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Syarief Sulaeman Nahdi mengatakan, JPU menilai Anak AG terbukti bersalah bersama-sama melakukan penganiayaan terhadap David Latumahina alias Cristalino David Ozora hingga menyebabkan luka berat.

"Menuntut supaya Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan menjatuhkan pidana terhadap Anak AG agar menjalani pidana 4 tahun di Lembaga Pembinaan Khusus Anak," kata Syarief di PN Jakarta Selatan, Rabu 5 April 2023.

Syarief mengatakan, Jaksa menilai Anak AG telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah. Sebagaimana pada Pasal 355 ayat 1 Junto 56 KUHP.

"AG terbukti bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan berat dengan rencana terlebih dahulu," ujar dia.

2 Tahun Mencari Tuhan di Pesantren

David Ozora Mencari Tuhan Selama 2 Tahun di Pesantren, Belajar Ikhlas hingga Pertemanan, Sang Tante: Bahasa Inggris Jadi Jago

Liputan6.com 2023-04-11 15:05:46
David Ozora Latumahina (Foto: Twitter/@seeksixsuck)

Kesehatan David Ozora semakin hari kian pulih. Bahkan, saat ini alat cuff canule trakestomi yang menempel di bagian leher David Ozora telah dicopot.

Kegembiraan ini tak hanya dirasakan keluarganya, tapi juga teman-teman di Pesantren Assalam, tempat korban penganiayaan yang diduga dilakukan Mario Dandy dkk mencari Tuhan.

Sang tante, Naomi Prayogo, menceritakan perjalanan spiritual putra Jonathan Latumahina meminta izin untuk belajar agama, di akun Instagram pribadinya, Senin (10/4/2023).

"Pesantren Inggris Assalam merupakan kawah candradimuka buat David . Waktu dia meminta ijin untuk "mencari Tuhan" tempat ini terpilih untuk menjadi tempat dimana dia belajar banyak hal," tulisnya.


David Ozora Belajar Keikhlasan hingga Bahasa Inggris

Dipaparkan sang tante, David Ozora mendapatkan banyak pelajaran di pesantren tersebut. Tak hanya belajar keikhlasan saja.

"Belajar tentang keiklasan, belajar tentang pertemanan, belajar tentang mengatasi konflik dan banyak lagi hal yang dia pelajari disana. Termasuk ketika pulang dari Pesantren kemudian mengajak saya ngobrol pakai Bahasa Inggris dan kerennya Bahasa Inggris dia jadi lebih jago dari saya ," lanjutnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Diyakini David Ozora Tak Selalu Baik-Baik Saja

Saat belajar di pesantren tersebut, David Ozora masih berusia 14 tahun. Tentunya, sebagai remaja emosional David Ozora belum stabil. Hal itu diakui sang tante.

"Tidak mungkin disana adanya baik-baik saja. Perjalanan mencari Tuhan tidak pernah mudah bukan? David yang masih 14 tahun dengan emosi meledak-lesak saat itu berhasil melewati 2 tahun di Pesantren ini," sambungnya.


David Ozora Mengajar Mengaji di Pesantren

Usai selesai menempuh pendidikan di Pesantren Assalam, David Ozora tak langsung melupakannya. Bahkan, ia tak segan berbagi ilmu di sana dengan mengajar ngaji.

"Setelah selesai nyantri, David juga sering main kesana, menemui teman2nya termasuk ikut mengajar ngaji adik2nya disana.

Terima kasih buat relasi pertemanan yang luar biasa dari teman2 di @tidaksekolah . Doa kalian sunggu penyemangat buat David terus berjuang, sehat dan bisa kembali berkunjung kesana . Terima kasih tak terhingga untuk support dan dukungannya. For letting him know that he never alone, thank you so much

Ditulis dengan tangis haru dan bahagia ," beber Naomi Prayogo.

Terungkap, Peran Dominan AG

Terungkap, Peran Dominan AG Memuluskan Rencana Keji Mario Dandy Aniaya David Ozora

Liputan6.com 2023-04-10 22:06:09
Mario Dandy Satrio dan AG. (Foto: Dok. Twitter Indonesia)

AG (15) dinyatakan terbukti bekerja sama membantu memuluskan rencana Mario Dandy Satriyo menganiaya David Latumahina alias Cristalino David Ozora.

Fakta-fakta itu dibeberkan oleh hakim tunggal Sri Wahyuni Batubara dalam amar putusan terdakwa Anak AG di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (10/4/2023).

Sri menyatakan, AG melakukan rangkaian perbuatan aktif dengan menghubungi David Ozora untuk mengetahui keberadaanya. Saat itu AG berpura-pura mengantarkan kartu pelajar.

"Dengan meminta korban untuk share lokasi agar AG, Mario Dandy dan Shane dapat temukan lokasi korban berada," kata hakim Sri.

Sri menerangkan AG mengelabui David Ozora dengan mengirimkan foto. Selain itu, AG juga menyampaikan menumpangi mobil Toyota Camry bukan mobil Jeep Rubicon warna hitam bernopol B-120-DEN.

Sri juga mengungkapkan, AG dengan santai mengambil korek api untuk digunakan membakar rokok yang akan diisap.

Tak cuma itu, Sri mengungkapkan, Mario Dandy sempat mencolek AG sebelum menganiaya David. Namun tidak ada usaha melarang sampai beberapa kali tendangan keras dan pukulan melayang ke arah David. Kemudian, AG terbukti dengan tenang merekam adegan penganiayaanberat yang dilakukan Mario Dandy terhadap David.

"Terbukti anak kerja sama yang erat dengan Mario dan terbukti ada peran AG terlaksana perbuatan penganiayaan berat yang dilakukan Dandy. Dan rangkaian perbuatan mengakaibatkan tindak pidana rencana penganiayaan berat menjadi terlaksana atau sempurna di mana hal ini telah sadar dilakukan AG," Sri menjelaskan.

Atas fakta-fakta tersebut, maka AG terbukti turut serta melakukan penganiayaan berat dengan rencana terlebih dahulu.

AG divonis hukuman penjara 3 tahun 6 bulan. Masa hukuman yang dijatuhkan hakim kepada AG eks Mario Dandy sedikit lebih pendek dari tuntutan jaksa penuntut umum.

"Menjatuhkan pidana terhadap Anak oleh karena itu dengan pidana selama 3 tahun 6 bulan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani anak dikurangi seluruhnya dari yang telah dijatuhkan," demikian putusan hakim tunggal Sri Wahyuni Batubara.

Sri menyatakan, terdakwa Anak AG dinyatakan bersalah turut serta melakukan penganiayaan dengan rencana terlebih dahulu, sebagaimana Pasal 355 ayat 1 junto 56 KUHP.

"Menyatakan anak AG terbukti secara sah dan bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan penganiayaan berat dengan rencana terlebih dahulu sebagaimana dalam dakwaan pertama primer," ujar Sri.


Perbincangan Shane Lukas dengan Mario Dandy, Sempat Tawarkan Diri Ikut Pukuli David Ozora

Sebelumnya Sri menjelaskan Mario Dandy memarkirkan mobil Jeep Rubicon warna hitam bernopol B-120-DEN 20 meter dari titik yang dikirimkan David. Sri membeberkan perbincangan antara Shane Lukas dan Mario Dandy.

"Bentar, gua ngapain Dan, mau gua ikut pukulin juga ga?" tanya Shane.

"Entar lu videoin aja?" jawab Dandy.

"Ya udah, mana handphone lu," tanya Shane.

"Nih handphone gua," jawab Dandy.

Sri menerangkan, Dandy meminta AG menghubungi David melalui WhatsApp dengan berpura-pura akan mengembalikan kartu pelajar milik David yang dibawa AG agar mau bertemu.

Ketika itu, AG mengatakan telah berada di lokasi bersama dengan tantenya untuk mengembalikan kartu pelajar milik David Ozora.

"Bahwa David tanya kendaraan yang digunakan AG. Dan untuk kembali mengelabui korban, AG menjawab menggunakan Camry bukan Rubicon," ujar Sri.

Sri menyatakan, dengan menyerahkan kartu pelajar akan jadi sarana Mario Dandy untuk bisa bertemu dengan David.

"Dan Mario dapat melampiskan amarahnya," ujar Sri.

Pakai Rubicon Saat Jebak Korban

Hakim Bongkar Kelakuan AG: Ngaku Naik Mobil Camry Padahal Pakai Rubicon untuk Menjebak David Ozora

Liputan6.com 2023-04-11 10:00:38
AG (15), pacar Mario Dandy, akan kembali menjalani proses persidangan perkara penganiayaan berat terhadap David Ozora di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (3/4/2023). (Foto: Ra

Kasus penganiayaan berat terhadap David Ozora memasuki babak baru saat hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Sri Wahyuni Batubara, menjatuhkan pidana penjara 3 tahun 6 bulan terhadap AG.

Dalam paparan yang disampaikan pada Senin (10/4/2023), sang hakim menyebut AG terbukti berkerja sama memuluskan rencana Mario Dandy Satriyo (ditemani Shane Lukas) dalam menganiaya David Ozora.

AG yang kala itu dipacari Mario Dandy melakukan rangkaian perbuatan aktif dari menghubungi David Ozora untuk melacak keberadaan korban hingga berpura-pura baik untuk mengembalikan kartu pelajar.

Sri Wahyuni Batubara membeberkan, AG mengelabui korban dengan mengatakan ia menyambangi David Ozora menggunakan mobil Toyota Camry. Kenyataannya, AG bermobil Rubicon.


Minta Korban Share Location

"Dengan meminta korban untuk shared lokasi agar AG, Mario Dandy, dan Shane dapat temukan lokasi korban berada," kata Sri Wahyuni Batubara dalam sidang terbuka yang digelar kemarin.

Ia menerangkan, AG mengelabui David Ozora dengan mengirimkan foto. AG juga mengaku naik mobil Toyota Camry, bukan mobil Jeep Rubicon warna hitam dengan nopol B-120-DEN.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


David Tanya Kendaraan AG

"Bahwa David tanya kendaraan yang digunakan AG. Dan untuk kembali mengelabui korban, AG menjawab menggunakan Camry bukan Rubicon," paparnya seperti diberitakan Jurnalis News Liputan6.com, Jonathan Pandapotan Purba, hari ini.

Yang bikin publik miris, kabar bahwa AG dengan santai menyalakan korek api lalu merokok saat David Ozora dianiaya bertubi-tubi rupanya bukan isapan jembol semata. Hakim menyinggung perbuatan bejat ini.


Terbukti Kerja Sama

Karenanya, Sri Wahyuni Batubara menyimpulkan, "Terbukti anak kerja sama yang erat dengan Mario dan terbukti ada peran AG terlaksana perbuatan penganiayaan berat yang dilakukan Dandy."

Peran AG membuat rencana keji Mario Dandy tereksekusi sempurna. "Dari rangkaian perbuatan mengakibatkan tindak pidana rencana penganiayaan berat menjadi terlaksana atau sempurna dimana hal ini telah sadar dilakukan AG," pungkasnya.

Hakim: AG Bohong soal Pelecehan

Hakim Sebut AG Bekas Pacar Mario Dandy Bohong Soal David Ozora Lakukan Pelecehan

Liputan6.com 2023-04-11 09:00:00
Tudingan bahwa David Ozora lakukan perbuatan tak pantas atau pelecehan seksual terhadap AG yang kala itu jadi pacar Mario Dandy tak terbukti. (Foto: Dok. Twitter @finallyvalen)

Pengacara David Ozora, Mellisa Anggraini, menyampaikan pernyataan sikap beberapa jam setelah hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis AG 3,5 tahun penjara dalam sidang terbuka pekan ini.

Mewakili keluarga Jonathan Latumahina, ia mengapresiasi pertimbangan hakim menilai AG memenuhi unsur-unsur dakwaan dalam pasal 355 ayat 1 Juncto 55 KUHP soal penganiayaan berat.

Hakim tunggal Sri Wahyuni Batubara menyebut bekas pacar Mario Dandy terbukti secara sah bersalah melakukan tindak pidana ikut serta melakukan penganiayaan berat dengan rencana.

Mellisa Anggraini menyampaikan pernyataan sikapnya lewat utas di akun Twitter pribadi, Senin (10/4/2023). Ia mengapresiasi seraya membocorkan sejumlah pertimbangan penting.


Dalam Sidang Putusan...

"Dalam Sidang putusan perkara anak AG tadi siang, Hakim tunggal menyampaikan berbagai pertimbangan yang memperlihatkan seluruh unsur-unsur pasal 355 ayat 1 Jo 55 KUHP sudah terpenuhi secara sempurna," tulis Mellisa Anggraini.

Karenanya, masuk akal jika keluarga korban tak membuka pintu maaf atas penganiayaan berat yang direncanakan Mario Dandy, AG, dan tersangka lain yakni Shane.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


AG Dinyatakan Bersalah

"Pelaku anak AG ini dinyatakan bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana turut serta atas penganiayaan berat terencana terhadap anak korban david ozora sehingga tidak ada alasan pemaaf dan pembenar terhadap pelaku anak ini," cuitnya.

Dalam utas yang sama, Mellisa Anggraini menyebut hakim tunggal menyampaikan pertimbangan lain bahwa AG terbukti berbohong soal pelecehan seksual yang dilakukan David Ozora.


Pelaku Anak Terbukti Bohong

"Hakim jg menyampaikan dalam pertimbangannya bhw Pelaku anak terbukti berbohong terkait adanya pelecehan yang dilakukan anak korban," Mellisa Anggraini mengakhiri.

Mareet 2023, kubu David Ozora ditantang memperlihatkan secara utuh chat korban dengan AG di WhatsApp. Mellisa Anggraini tak terpancing. "Nanti kalau dibuka, di-publish, yang malu anak pelaku ini sendiri," cetusnya kala itu.

Cari Keadilan Usai Bebas

Bebas dari Penjara, Loyalis Sebut Anas Urbaningrum Akan Cari Keadilan Usai Didiskriminalisasi

Liputan6.com 2023-04-11 14:43:02
Terpidana kasus korupsi hambalang Anas Urbaningrum meninggalkan rutan KPK di Jakarta, Rabu (17/6/2015). Mantan Ketum Partai Demokrat itu dipindahkan penahanannya ke Lapas Sukamiskin, Bandung,

Anas Urbaningrum menghirup udara bebas hari ini, Selasa, (11/4/2023). Mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu pun akan mencari keadilan usai didiskriminalisasi dalam kasus korupsi proyek Hambalang sehingga harus mendekam di penjara selama 10 tahun.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Gede Pasek Suardika mengungkap bahwa Anas akan berjuang mencari keadilan atas kriminalisasi yang dialaminya.

"Perlu diketahui, Mas AU tidak membawa dendam keluar penjara. Beliau hanya membawa ikhtiar untuk berjuang mencari keadilan atas kriminalisasi yang terjadi pada dirinya. Setelah bebas baru mulai bisa melangkah berjuang," kata Pasek di Jakarta.

Pasek Suardika justru menyarankan SBY yang meminta maaf kepada Anas.

"Memberikan saran ke SBY mumpung bulan suci Ramadan dan Mas Anas baru keluar setelah 10 tahun lamanya di dalam, maka momentum yang bagus untuk SBY meminta maaf kepada AU (Anas Urbaningrum)," ujar Pasek.

Pasek memberikan daftar apa saja 'dosa' SBY kepada Anas Urbaningrum. Pertama, SBY harus meminta maaf atas pidato dari Jeddah yang memaksa kasus Anas Urbaningrum harus disegerakan karena bocor surat perintah penyidikan (sprindik) ke Istana.

"Meminta maaf atas pidato dari Jeddah yang memaksakan kasus AU bisa disegerakan yang berakibat ada sprindik bocor ke Istana oleh oknum KPK untuk mentersangkakan AU, sementara gelar perkara belum dilakukan," jelas Pasek.

Selanjutnya, SBY harus meminta maaf atas upaya kudeta Majelis Tinggi Partai Demokrat atas jabatan ketua umum Demokrat saat Anas belum jadi tersangka. Kemudian, janji rekonsiliasi usai KLB di Bali yang diingkari oleh SBY.

"Meminta maaf atas upaya kudeta di Majelis Tinggi PD atas jabatan Ketum saat AU belum jadi Tersangka. Meminta maaf atas janji rekonsiliasi usai KLB di Bali yang diingkarinya, sementara AU sudah berusaha membantunya untuk aklamasi," kata Pasek.

SBY juga harus meminta maaf atas tuduhan konspirasi yang dilakukan Anas terkait kasus e-KTP yang dituduhkan kepada SBY.

"Meminta maaf atas tuduhan AU melakukan konspirasi kasus E KTP dituduhkan ke SBY ketika AU masih di dalam penjara yang ternyata hoaks dan fiktif," ujar Pasek

Kemudian, SBY perlu meminta maaf karena tidak konsisten memberlakukan pakta integritas kalau tersangka, terdakwa dan terpidana harus mundur dari Demokrat. Sementara ada mantan narapidana masih mendapatkan jabatan tinggi di partai yang saat ini dipimpin AHY.

"Karena terbukti saat ini mantan narapidana malah dapat jabatan tinggi," kata Pasek.

"Dan masih banyak lagi yang harus dan sebaiknya SBY meminta ke AU untuk dimaafkan. Mari gunakan hati yang jernih dan tegar mengakui semua itu. Dan saya yakin Andi Arief tidak mengerti soal itu dengan detail," ucap Pasek.


Anas Urbaningrum Hirup Udara Bebas Disambut Simpatisan Berbaju Putih

Adik dari Anas Urbaningrum, Anna Lutfie mengatakan, ada sejumlah tokoh yang hadir untuk menjemput Anas, di antaranya Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Ma'mun Murod, Anggota DPR RI sekaligus Ketua DPW Partai NasDem Jabar Saan Mustopa, hingga Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara I Gede Pasek Suardika.

"Setelah dari sini kita akan buka bersama lanjut salat tarawih selepas itu ada diskusi, dan sekitar jam 21.00 WIB rombongan meluncur ke Blitar," kata Anna di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Adapun ratusan orang yang hadir itu mayoritas menggunakan kemeja atau baju berwarna putih. Mereka pun turut bernyanyi-nyanyi dikomandoi orang yang menggunakan pengeras suara. Simpatisan itu memadati area di depan pintu masuk bangunan Lapas Sukamiskin. Mereka pun menunggu Anas keluar dari pintu bangunan tersebut.

Sementara itu, tempat parkir di Lapas Sukamiskin pun tampak sudah penuh. Sehingga akses masuk dari Jalan AH Nasution menuju ke Lapas Sukamiskin pun ditutup oleh kepolisian.

Sebelumnya, Kepala Lapas Sukamiskin Kunrat Kasmiri mengatakan Anas Urbaningrum bebas dengan status Cuti Menjelang Bebas (CMB). Sehingga selama tiga bulan ke depan Anas masih berstatus wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan.

Kunrat juga sebelumnya meminta agar para pendukung Anas itu bersikap tertib selama proses penjemputan Anas agar tidak mengganggu ketertiban umum.

"Kebetulan ini kan jalan raya cukup padat, intinya silakan menjemput, tapi tolong perhatikan kepentingan masyarakat," kata Kunrat.

Ajak Mudik ke Rumah Sejarah

Najwa Shihab Singgung Krisis Keteladanan Usai Nonton Film Buya Hamka, Ajak Publik Mudik ke Rumah Sejarah

Liputan6.com 2023-04-11 12:20:00
Najwa Shihab melangkah ke karpet merah gala premier Buya Hamka di Jakarta pekan ini. Usai menonton, ia memetik banyak hikmah dari film tersebut. (Foto: Dok. Instagram @najwashihab)

Najwa Shihab salah satu yang melangkah ke karpet merah gala premier film Buya Hamka di Epicentrum XXI Jakarta Selatan pekan ini. Usai menonton, ia mengaku memetik banyak hikmah.

Tuan rumah Mata Najwa menyebut perjalanan Buya Hamka yang berkiprah di era perang kemerdekaan hingga menjabat Ketua MUI pertama tetap relevan untuk generasi muda era media sosial.

Usai menonton film Buya Hamka, Najwa Shihab menyatakan, programnya belakangan mengangkat tokoh-tokoh yang berdampak besar untuk merespons beragam isu faktual yang bertebaran di masyarakat Indonesia.

"Karena kita melihat tantangan sehari-hari ini adalah krisis keteladanan. Hari-hari ini kita mengalami krisis nilai, krisis keteladanan. Rasanya agak sulit menemukan (nilai dan keteladanan) itu di tengah-tengah apa yang ada sekarang," katanya.


Ke Rumah Sejarah

Saat publik membutuhkan oase keteladanan, Najwa Shihab merekomendasikan khalayak mudik ke rumah sejarah. Selain lewat buku, film menjadi media yang efektif untuk belajar dari masa lalu untuk menapaki masa kini dan menyambut masa depan.

"Dan kalau memang sulit sudah sewajarnya kita kembali ke rumah sejarah dan menghidupkan keteladanan dari mereka yang telah berpulang. Itu juga yang menjadi salah satu tujuan kita mendukung film Buya Hamka," urai Najwa Shihab.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Beragam Sisi Buya Hamka

"Film ini menampilkan Buya Hamka dari beragam sisi. Buya Hamka sebagai seorang jurnalis, sastrawan, budayawan, negarawan, ulama, tapi juga sisi lain Buya Hamka sebagai anak, sebagai suami, juga ayah," paparnya panjang.

Usai menonton, Najwa Shihab menyimpulkan Buya Hamka yang diperankan Vino G. Bastian dan Siti Raham (Laudya Cynthia Bella) adalah sumber inspirasi yang masih relevan untuk generasi kekinian.


Belajar Banyak

"Kita bisa belajar banyak dari seorang tokoh dengan berbagai peran yang ia jalankan sejak lahir sampai akhir hayat. Ada begitu banyak kisah dan pembelajaran yang masih relevan untuk hari ini kalau kita bicara tantangan sebagai bangsa," Najwa Shihab mengakhiri.

Buya Hamka karya sineas Fajar Bustomi adalah produksi bersama Falcon Pictures dan Starvision Plus. Film ini akan menyapa bioskop seluruh Indonesia menjelang Lebaran, 20 April 2023.

Wanita Terkaya Berharta Rp 464 T

Kenalkan Rafaela Aponte, Wanita Terkaya di Dunia Berharta Rp 464 Triliun

Liputan6.com 2023-04-10 21:00:07
Ilustrasi Miliarder (pixabay.com)

Jika Bernard Arnault jadi miliarder terkaya di dunia, dari kalangan wanita ada Rafaela Aponte yang memperoleh gelar wanita terkaya di dunia buatan sendiri. Kekayaan maestro perkapalan satu ini bersama dengan suaminya Gianluigi telah meroket menembus angka USD 46 miliar atau sekitar Rp 686 triliun.

Pada Januari 2022, saat peti kemas menumpuk di pelabuhan padat Long Beach dan Los Angeles di California---dua pelabuhan tersibuk di AS---perubahan penting sedang terjadi di industri perkapalan. Mediterranean Shipping Company (MSC) yang berbasis di Swiss telah mengambil alih perusahaan raksasa Denmark Maersk yang diperdagangkan secara publik sebagai jalur pelayaran terbesar di dunia berdasarkan kapasitas peti kemas.

Dari kantor pusatnya di Jenewa, MSC mengendalikan 730 armada kapal yang dapat membawa lebih dari 4,8 juta kontainer, menurut database pengiriman Alphaliner. Perusahaan tidak mempublikasikan keuangan, tetapi pakar pengiriman John McCown memperkirakan bahwa MSC menghasilkan pendapatan lebih dari USD 28 miliar pada 2022, menempatkannya di posisi depan Maersk. Tidak seperti pesaing Denmarknya, MSC merupakan perusahaan swasta yang dimiliki bersama oleh pasangan suami-istri Gianluigi dan Rafaela Aponte.

Sejak 2019, Apontes telah menuai hasil dari ledakan yang didorong oleh pandemi karena telah menambahkan miliaran dolar ke kekayaan dinasti perkapalan di seluruh dunia. Kekayaan mereka hampir seluruhnya terikat pada MSC, yang selain operasi pelayaran peti kemasnya juga memiliki jalur pelayaran liburan MSC Cruises, bisnis kargo darat Medlog dan operator terminal peti kemas Terminal Investment Limited.

Forbes sekarang memperkirakan bahwa Gianluigi dan Rafaela masing-masing bernilai USD 31,2 miliar atau sekitar Rp 464,9 triliun, naik dari USD 8,4 miliar pada 2022. Kekayaan itulah yang berhasil membuat Rafaela menjadi wanita mandiri terkaya di dunia berkat 50 persen sahamnya di MSC.

Dia berada di peringkat ke-43 dalam Daftar Miliarder Dunia 2023 Forbes. Dia juga tampaknya menjadi pendiri wanita dengan peringkat tertinggi sepanjang masa.

Secara keseluruhan hanya 96 miliarder wanita yang memperoleh kekayaannya sendiri, meskipun beberapa orang seperti Aponte membangun bisnis bersama suami atau saudara laki-laki. Ada 241 wanita lainnya di barisan itu mewarisi setidaknya sebagian. Wanita mandiri menghasilkan hanya 3,6 persen dari miliarder dunia. Namun, itu lebih dari dua kali lipat persentase belasan pada tahun yang lalu.


Kisah Apontes Bersama Gianluigi Dirikan Perusahaan

Apontes pertama kali bertemu suaminya dalam perjalanan perahu ke pulau Capri Italia pada 1960-an. Gianluigi menjadi seorang kapten kapal yang mengangkut turis dari kota pelabuhan Naples---dekat tempat kelahirannya, kota kecil Sant'Agnello---ke resor pulau di dekatnya. Sementara Rafaela merupakan putri seorang bankir Israel yang berbasis di Swiss.

Pada 1970, Gianluigi telah berhenti dari pekerjaannya di bank dan pasangan itu memperoleh pinjaman USD 200.000 untuk membeli kapal pertama, sebuah kapal kargo kecil bernama Patricia. Mereka kemudian meluncurkan MSC di Jenewa pada tahun yang sama dan berkembang dengan membeli kapal bekas dan menargetkan rute yang lebih sedikit diperdagangkan, seperti dari Eropa ke Afrika. Kapal kedua mereka diberi nama Rafaela. Alhasil pada 1979 mereka telah mengumpulkan 17 kapal.

Selama bertahun-tahun, MSC tumbuh menjadi salah satu perusahaan pelayaran terbesar di dunia. Pada 1988, mereka berkembang menjadi kapal pesiar dengan mengakuisisi kapal Monterey. MSC Cruises sekarang menjadi salah satu perusahaan pelayaran terbesar di dunia, bersaing dengan tiga perusahaan lain yang diperdagangkan secara public yaitu Karnaval, Royal Caribbean, dan Norwegia.

Pada tahun yang sama, mereka juga meluncurkan Medlog, sebuah perusahaan logistik darat. Pada 2000, MSC memasuki terminal peti kemas, mendirikan Terminal Investment Limited. Pada 2010-an, barulah mereka berkembang menjadi feri penumpang di Mediterania.


Manfaatkan Peluang

Ketika tarif pengiriman peti kemas melonjak dari 2020 hingga 2022, hal itu membengkakkan pundi-pundi MSC. Kemudian Apontes mulai menggunakan sebagian dari uang ekstra itu untuk melakukan beberapa akuisisi. Pada Juni 2021, mereka akhirnya membeli kembali 10 persen saham Terminal Investments Limited seharga USD 1,6 miliar, dua tahun setelah menjual saham minoritas ke dana kekayaan negara Singapura.

Selanjutnya tiga bulan kemudian mereka mengakuisisi 74 persen saham di perusahaan logistik publik Brasil Log-In Logistica seharga USD 314 juta. Tiga bulan setelah itu datanglah kesepakatan terbesar mereka dalam beberapa tahun dengan tawaran USD 6,4 miliar untuk mengambil alih operasi transportasi dan logistik Afrika dari konglomerat Prancis Bollor Group, yang dipimpin oleh sesama miliarder Vincent Bollor . Kesepakatan itu akhirnya ditutup setahun kemudian pada Desember 2022, dengan MSC menghabiskan USD 6 miliar untuk merebut Bollor Africa Logistics.

Lebih dari lima dekade sejak berdirinya MSC, keluarga masih memegang kendali ketat atas perusahaan. Gianluigi dan Rafaela adalah satu-satunya pemegang saham dengan masing-masing bernilai 50 persen saham. Gianluigi menjadi ketua eksekutif perusahaan dan putra mereka yaitu Diego menjadi presiden. Sementara Rafaela bertugas di dewan MSC Foundation dan bertanggung jawab untuk mendekorasi kapal pesiar.

Meskipun tidak memiliki posisi formal di kerajaan MSC, Rafaela telah berperan penting dalam pertumbuhan perusahaan, menurut Dominique Denat, yang meminjamkan uang kepada Apontes untuk membeli kapal pertama mereka pada 1970. "Perannya sangat menentukan," katanya

Menanti Manuver Anas Urbaningrum

HEADLINE: Menanti Manuver Anas Urbaningrum Usai Bebas dari Penjara, Reaksi Demokrat?

Liputan6.com 2023-04-12 00:00:42
Mantan politisi Partai Demokrat, Anas Urbaningrum saat mengikuti sidang lanjutan pengajuan Peninjauan Kembali (PK) kasus korupsi dan pencucian uang proyek P3SON Hambalang di Pengadilan Tipiko

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menghirup udara bebas hari ini, Selasa, (11/4/2023). Anas keluar dari Lapas Sukamiskin pada pukul 13.30 WIB dengan mengenakan baju koko putih dan peci hitam. Ia pun langsung disambut para simpatisan.

Dengan memegang pengeras suara dan mengibarkan bendera ia langsung menuju panggung yang sudah disiapkan para pendukungnya di halaman Lapas Sukamiskin.

Dalam kesempatan itu, Anas terlebih dulu menyapa sejumlah sahabatnya seperti Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Gede Pasek Suardika dan Ketua DPD Nasdem Jawa Barat, Saan Mustopa.

Dalam pidatonya, Anas mengaku akan berjuang mencari keadilan. Namun, ia meminta maaf jika dalam mencari keadilan ada yang menganggapnya mencari permusuhan dan pertentangan.

"Mohon maaf kalau ada yang berpikir saya keluar bebas ini kemudian mendatangkan atau melahirkan permusuhan atau pertentangan, saya katakan mohon maaf, tidak. Saya tidak ada kamus pertentangan permusuhan tetapi kamus saya adalah perjuangan keadilan. Andai dalam perjuangan keadilan itu ada yang merasa termusuhi mohon maaf bukan karena saya hobi bermusuhan tetapi itu konsekuensi perjuangan keadilan," kata Anas Urbaningrum dalam pidatonya.

Menurutnya, pertandingan adalah hal yang biasa bagi para aktivis, namun pertandingan dalam konteks demokrasi adalah pertandingan yang jujur, fair, terbuka dan objektif.

"Tidak boleh menggunakan pihak lain. Tidak boleh pertandingan menggunakan teknik lama, nabok nyilih tangan. Kalau tidak ada pertandingan yang jujur, sesungguhnya untuk para aktivis tidak tertarik untuk ikut pertandingan," kata Anas.

Anas juga mengatakan dirinya tidak menjadi bangkai fisik dan sosial gara-gara dipenjara. Dia mengatakan dirinya tetap sehat dan waras berkat dukungan keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Dia juga mengatakan dirinya tidak terpisah dengan teman-teman seperjuangannya meski berada di balik jeruji. Anas mengaku bersyukur bisa keluar dari penjara hari ini.

"Kalau ada yang berpikir, saya di tempat ini menjadi bangkai fisik dan bangkai sosial, ini mohon maaf itu alhamdulillah tidak terjadi," ujarnya.

Kornas Sahabat Anas Urbaningrum, Muhammad Rahmad mengatakan, bahwa pidato Anas Urbaningrum bicara soal Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, bukan putranya, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Mas Anas tidak punya urusan dengan AHY, tapi memiliki agenda khusus dengan SBY," ujar Rahmad.

Sementara sahabat Anas, Gede Pasek Suardika menyarankan SBY meminta maaf kepada Anas.

"Memberikan saran ke SBY mumpung bulan suci Ramadan dan Mas Anas baru keluar setelah 10 tahun lamanya di dalam, maka momentum yang bagus untuk SBY meminta maaf kepada AU (Anas Urbaningrum)," ujar Pasek kepada wartawan, Senin (10/4/2023).

Pasek memberikan daftar apa saja 'dosa' SBY kepada Anas Urbaningrum. Pertama, SBY harus meminta maaf atas pidato dari Jeddah yang memaksa kasus Anas Urbaningrum harus disegerakan karena bocor surat perintah penyidikan (sprindik) ke Istana.

"Meminta maaf atas pidato dari Jeddah yang memaksakan kasus AU bisa disegerakan yang berakibat ada sprindik bocor ke Istana oleh oknum KPK untuk mentersangkakan AU, sementara gelar perkara belum dilakukan," jelas Pasek.

Selanjutnya, SBY harus meminta maaf atas upaya kudeta Majelis Tinggi Partai Demokrat atas jabatan ketua umum Demokrat saat Anas belum jadi tersangka. Kemudian, janji rekonsiliasi usai KLB di Bali yang diingkari oleh SBY.

"Meminta maaf atas upaya kudeta di Majelis Tinggi PD atas jabatan Ketum saat AU belum jadi Tersangka. Meminta maaf atas janji rekonsiliasi usai KLB di Bali yang diingkarinya, sementara AU sudah berusaha membantunya untuk aklamasi," kata Pasek.

SBY juga harus meminta maaf atas tuduhan konspirasi yang dilakukan Anas terkait kasus e-KTP yang dituduhkan kepada SBY.

"Meminta maaf atas tuduhan AU melakukan konspirasi kasus E KTP dituduhkan ke SBY ketika AU masih di dalam penjara yang ternyata hoaks dan fiktif," ujar Pasek

Kemudian, SBY perlu meminta maaf karena tidak konsisten memberlakukan pakta integritas kalau tersangka, terdakwa dan terpidana harus mundur dari Demokrat. Sementara ada mantan narapidana masih mendapatkan jabatan tinggi di partai yang saat ini dipimpin AHY.

"Karena terbukti saat ini mantan narapidana malah dapat jabatan tinggi," kata Pasek.

"Dan masih banyak lagi yang harus dan sebaiknya SBY meminta ke AU untuk dimaafkan. Mari gunakan hati yang jernih dan tegar mengakui semua itu. Dan saya yakin Andi Arief tidak mengerti soal itu dengan detail," ucap Pasek.

Pasek mengatakan Anas tidak membawa dendam keluar dari penjara. Ia hanya berjuang mencari keadilan atas kriminalisasi yang dialaminya.

"Perlu diketahui, Mas AU tidak membawa dendam keluar penjara. Beliau hanya membawa ikhtiar untuk berjuang mencari keadilan atas kriminalisasi yang terjadi pada dirinya. Setelah bebas baru mulai bisa melangkah berjuang.

Pakar Komunikasi Politik, Emrus Sihombing menilai pidato Anas tersebut sarat makna. Emrus menilai ke depan Anas akan membuktikan ucapannya bahwa dia diperlakukan tidak adil sehingga ia masuk penjara atas kasus korupsi Hambalang.

"Dia pernah mengatakan ini Bab 1, Bab 2 dan Bab 3, setelah mengikuti masa penahanan di penjara berarti dia akan membuka bab inti, persoalan yang dihadapi. Dia akan membuka bab inti dari serangkaian Bab yang dia sampaikan sebelumnya," kata Emrus kepada Liputan6.com.

Emrus meyakini sebelum Pemilu 2024 nanti Anas Urbaningrum sudah menyampaikan semua yang ingin dia perjuangkan dan dapat menggetarkan orang-orang yang dinilainya berbuat tidak adil padanya.

"Tentu Bab isi ini harus disertai data bukti dan argumentasi yang kuat. Saya melihat Anas adalah sosok yang intelektual. Artinya, dia tidak asal bicara dan bertindak. Dia akan persiapkan semua fakta data dan bukti bahwa ada ketidakadilan yang dia peroleh sehingga argumentasi yang melontarkan nanti bisa menggetarkan orang-orang tertentu," ujarnya.

Emrus yakin Anas masih memiliki kekuatan untuk memperjuangkan keadilan, terlebih dia adalah seorang aktivis.

"Tidak boleh pandang sebelah mata pergerakan Anas ini. Saya melihat dia adalah sosok yang mampu menggetarkan orang-orang yang memberi ketidakadilan kepada dirinya," ujarnya.

Perjuangan Anas Urbaningrum untuk mencari keadilan ini, kata Emrus merupakan kesempatan emas untuk membuka tabir persoalan politik dan hukum di Indonesia.

"Masih banyak hukum kita yang questionabel, terutama masa kepemimpinan sebelumnya, kita lihat banyak penegakan hukum yang tidak perform, ada kemungkinan oknum penegak hukum itu dikendalikan di tempat lain. Saya pikir kita dukung Anas, membuka semua," tandasnya.


Demokrat Ora Mudeng

Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief mengaku tidak paham dengan pidato Anas Urbaningrum usai keluar dari penjara. Terutama soal Anas Urbaningrum yang mengungkit skenario besar agar dirinya selesai di Sukamiskin, Andi Arief mengaku tidak paham dengan pernyataan tersebut. "Ora mudeng maksud Anas," ujar Andi kepada Liputan6.com.

Andi Arief pun mengajak Anas Urbaningrum memulai hidup baru dengan lebih baik setelah keluar dari penjara. Andi yakin Anas bisa memperbaiki diri.

"Di bulan baik ini saya menyampaikan ucapan selamat menghirup udara bebas pada AU (Anas Urbaningrum). Mulailah hidup baru, hidup yang lebih baik. Semua orang punya masa kelam, tapi bisa memperbaiki diri kemudian," ujar Andi.

Menurut Andi Arief, lingkungan politik akan menentukan kehidupan Anas ke depan. Ia berharap Anas memilih lingkungan politik yang baik setelah bebas dari hotel prodeo.

"Lingkungan politik akan menjadi salah satu yang menentukan. Semoga lingkungan politik setelah keluar dari Lapas Sukamiskin yang menjadi pilihan adalah yang bersih hati, pikiran dan tindakan," ujar Andi Arief.

Salah satu langkah untuk memperbaiki itu, kata Andi, Anas harus lebih dulu meminta maaf secara terbuka kepada Presiden keenam RI dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Sebagai sahabat saya menyarankan AU memilih meminta maaf terbuka kepada Bapak SBY dan seluruh kader Demokrat yang hampir karam saat dipimpinnya," ujar Andi Arief.

"Mungkin di situlah hati yang bersih akan muncul," tambah Andi.

Sementara Juru Bicara DPP Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menyatakan saat ini Anas Urbaningrum tak ada kaitan lagi dengan partainya.

"Tidak ada kaitannya dengan kami," kata Herzaky di Jakarta, Selasa, (11/4/2023).

Herzaky mengatakan saat ini partainya tengah fokus keliling Indonesia dan berbagi di bulan Ramadhan.

"Kami sedang fokus buat kegiatan berbagi di bulan ramadhan di seluruh Indonesia. Baik dilakukan oleh pengurus, anggota Dewan, maupun kader. Di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota. Berbagi untuk rakyat yang membutuhkan di daerah-daerah. Termasuk yang dilakukan langsung oleh Ketum AHY," kata Herzaky.


Isi Lengkap Pidato Anas Urbaningrum

Usai keluar dari Lapas Sukamiskin, Anas kemudian memberikan pidato di depan pada pendukungnya.

"Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih tak terhingga kepada pak kalapas dan seluruh jajaran yang selama ini sudah istilahnya membina saya dan kami semua yang ada di dalam sampai semua masing-masing pada titik bebas atau merdeka. Itu satu hal yang tidak mungkin saya lupakan," kata Anas membuka pidatonya.

Selanjutnya, Anas Urbaningrum mengucapkan terima kasih kepada para sahabatnya yang turut menyambut bebasnya dia dari hukuman penjara di Lapas Sukamiskin.

"Terima kasih kepada teman-teman, sahabat-sahabat yang hadir saya harus menyebut beberapa di antaranya sahabat Saan Mustopa, kemudian sahabat saya dan adik saya Rifky Karsayuda, ada adik-adik PB HMI, Cipayung, dan di belakang saya yang pasti sudah dikenal beliau sahabat saya I Gede Suardika dan banyak yang lain," tuturnya.

"Saya sungguh terima kasih kepada saudara-saudara sekalian karena di halaman Lapas Sukamiskin ini buat saya bukan memposisikan saudara-saudara saya ini pada tempat di halaman hati saya, tapi semuanya yang hadir di sini maupun yang tidak hadir dengan mengirimkan doa permohonan kepada Tuhan, semuanya saya yakin ada di dalam relung hati saya yang terdalam," ucap Anas.

"Karena di dalam relung hati terdalam itulah kita punya ikatan hati, ikatan batin, ikatan rasa, ikatan komitmen dan merasa bahwa kita ini bukan individu yang bisa berjalan sendiri-sendiri tetapi sebagai sebuah jalinan komunitas perjuangan," kata Anas menambahkan.

Selain berterima kasih, Anas juga menyampaikan permohonan maaf.

"Pertama, mohon maaf kalau ada yang berpikir bahwa saya di tempat ini mati membusuk. Kalau ada yang berpikir saya di tempat ini menjadi bangkai fisik dan bangkai sosial minta maaf bahwa itu Alhamdulillah tidak terjadi. Alhamdulillah dengan dukungan keluarga, teman-teman, para sahabat saya bisa hadir hidup tetap tegak berdiri bukan hanya tegak menurut saya saya hadir di sini dengan sadar, sehat dan waras," ujarnya.

Anas mendekam di Lapas Sukamiskin selama sembilan tahun dan tiga bulan. Selama itu pula, dia merasa tidak kehilangan teman-teman yang selalu berjuang dengannya.

"Saya juga mohon maaf kalau ada yang berpikir bahwa dengan waktu saya agak lama di sini terhitung hari ini berarti 9 tahun 3 bulan, waktu yang cukup lama itu hampir dua periode Pak Saan di DPR, mohon maaf kalau ada yang berpikir dengan waktu yang lama itu kemudian bisa memisahkan saya dengan sahabat-sahabat saya seperjuangan. Mohon maaf kalau ada yang berpikir bisa memisahkan saya dari gerak hidup dan denyut nadi Indonesia yang kita cintai," ungkapnya.

"Karena ikatan batin, ikatan rasa, ikatan nilai, ikatan spirit, ikatan komitmen dan ikatan keberanian untuk terus melangkah maju itu akan membuat yang berpikir seperti itu, mohon maaf seperti tidurnya di siang hari tidur di siang bolong," ujar Anas.

Anas juga menyinggung soal adanya skenario yang disusun agar dipenjara dalam kasus korupsi Hambalang.

"Saya juga mohon maaf kalau ada yang menyusun skenario besar bahwa dengan saya dimasukkan dalam waktu yang lama di tempat ini menganggap bahwa Anas sudah selesai. Skenario boleh besar, boleh besar, boleh hebat, tetapi sehebat apapun, sekuat apapun, serinci apapun skenario manusia tidak akan mampu mengalahkan skenario Tuhan," kata dia.

Anas kembali meminta maaf jika setelah bebas dari penjara ada yang merasa memusuhinya.

"Dengan begini saya ingin mengatakan bahwa saya ingin kita berpikir ke depan. Ke depan itu juga dengan permohonan maaf, mohon maaf kalau ada yang berpikir saya keluar bebas ini kemudian mendatangkan atau melahirkan permusuhan atau pertentangan, saya katakan mohon maaf, tidak. Saya tidak ada kamus pertentangan permusuhan tetapi kamus saya adalah perjuangan keadilan. Andai dalam perjuangan keadilan itu ada yang merasa termusuhi mohon maaf bukan karena saya hobi bermusuhan tetapi itu konsekuensi perjuangan keadilan," ujarnya.

"Jadi hati saya sikap saya sikap persaudaraan sikap persahabatan itu ingin saya garis bawahi. Dan mohon maaf saya ingin menyampaikan hal-hal lain tetapi saya menduga Pak Kalapas dan Pak Kadipas sudah capek mendengarkan jadi nanti kita lanjutkan nanti di tempat berikutnya. Karena itu saudara saudara sekalian dalam tradisi para aktivis, pertandingan kompetisi itu hal yang biasa. Kami diajarkan itu sejak kecil, sejak bayi, sudah aktivis sejak bayi. Tetapi buat saya pertandingan itu dalam konteks demokrasi adalah pertandingan yang jujur, fair, terbuka dan objektif," katanya.

"Pertandingan yang terbuka, jujur, dan onjektif tidak boleh menggunakan pihak lain. Tidak boleh pertandingan menggunakan teknik lama, nyabok milih tangan. Kalau tidak ada pertandingan yang jujur, sesungguhnya untuk para aktivis tidak tertarik untuk ikut pertandingan. Sekali lagi terima kasih kepada semua yang hadir di sini, mudah-mudahan hari ini menjadi titik langkah saya dan kita semua untuk tetap mencintai negeri ini. Kita semua para aktivis tidak mungkin diceraikan, dipisahkan kecintaan kita kepada negeri ini," kata Anas.

Impian Terbesar Marion Jola

Marion Jola Ungkap Impian Terbesar di Dunia Musik, Ingin Gelar Konser Tunggal Gratis Sambil Merayakan Kariernya sebagai Penyanyi

Liputan6.com 2023-04-11 14:40:47
Diduga Netizen Operasi Plastik, Ini 7 Potret Terbaru Marion Jola (Sumber: Instagram/lalamarionmj)

Menggelar konser menjadi impian bagi setiap penyanyi, begitu juga bagi sosok penyanyi muda seperti Marion Jola. Diakui sendiri oleh Marion Jola, ia berharap dapat menggelar konser tunggal di tahun ini.

Diakui Marion Jola, keinginan itu sudah lama didambakannya. Ia juga ingin menggelar konser tunggal dalam rangka merayakan 5 tahun dirinya berkarier di industri musik.

"Pasti ada keinginan, itu keinginan yang aku pikirin banget sih," aku Marion Jola di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, belum lama ini, membahas soal rencana konser tunggal.

"Apalagi aku sudah 5 tahun berkarier, aku ingin ada perayaan sebuah showcase atau konser tahun ini," sambungnya.


Marion Jola sedang Fokus Merilis Lagu dan Menggarap Album

Marion Jola mengatakan, sementara ini dirinya sedang fokus merilis lagu dan menggarap album. Sekalipun keinginan menggelar konser dapat terwujud, ia mau orang-orang dapat menonton aksinya secara gratis.

"Cuma karena aku lagi fokus keluarin lagu dan bikin album. Aku belum tau bisa terwujud atau enggak. Tapi bisa saja, aku ingin bikin konser yang gratis. Aku enggak tahu siapa yang mau sponsori gratis," ujar Marion.


Marion Jola Berusaha Keras Mempertahankan Karier di Level Sekarang

Lebih lanjut, Marion mengungkap suka duka menjalani kariernya sebagai penyanyi. Menurut Marion, hal yang paling sulit adalah menjaga eksistensi untuk terus berkarya di industri hiburan ini.

"Kalau di awal karir dan cemerlang, yang paling susah kan mempertahankan itu. Jadi di tahun ke-4, ke-5, ada suka dukanya. Kayak aku harus bisa nih mencapai kayak kemarin. Tetap mempertahankan aku di level ini," ungkapnya.


Masih Berupa Impian Marion Jola

Marion menambahkan, memiliki album dan menggelar konser tunggal menjadi rencana yang ingin diwujudkan ke depannya. Lewat konser, ia ingin berterimakasih dengan semua fans dan penikmat musiknya.

"Aku mau bikin konser tunggal sebagai rasa terima kasih aku kepada semua pendengar dan penikmat musik aku. Jadi kayak pesta rakyat, tapi aku enggak punya dananya, dan enggak tahu siapa sponsornya. Mungkin itu jadi impian, ya," pungkas Marion Jola. (Liputan6.com/M. Altaf Jauhar)