Bagi-Bagi Hampers Dior

Mewah, Ria Ricis Bagi-Bagi Hampers Dior kepada Para Penggemarnya Jelang Lebaran, Apa Saja Isinya?

Liputan6.com 2023-04-13 15:00:11
Gaya Hijab Segi Empat Motif Ala Ria Ricis. (Dok. Instagram/@riaricis1795/https://www.instagram.com/p/Co6SVv-pbVU/Dyra Daniera)

Jelang Lebaran, artis Ria Ricis mengumumkan akan membagi-bagikan hampers untuk para penggemarnya yang mengikutinya di TikTok. Tak tanggung-tanggung, hampers yang akan ia bagikan itu semua merupakan brand mewah, Dior.

Bahkan Ria Ricis sengaja memesan barang-barang dengan edisi terbatas khusus untuk dijadikan hampers. Hal itu disampaikan Ria Ricis melalui unggahan di TikTok-nya baru-baru ini.

Tampak Ria Ricis sedang menunjukkan beberapa bingkisan dari Dior yang siap ia bagi-bagikan kepada para followersnya.

"Hampers Dior untuk kalian. Kita akan buka hampers Dior untuk kalian, ini limited edition banget aku pesenin buat kalian, dan ada banyak," kata Ria Ricis.


Scarf

Dalam video itu, Ria Ricis kemudian membuka beberapa contoh hampers itu untuk menunjukkan isinya. Salah satunya berisi sebuah scarf.

"Mari kita buka, oke kita akan buka isinya hampers pertama ada scarf, lihat deh bahannya benar-benar bagus banget, suka nggak? Berapa nilai untuk scarf Dior ini?" kata Ria Ricis sambil menunjukkan scarf-nya.


Parfum dan Dompet

Tak hanya itu, Ria Ricis kemudian membuka hampers lain. Berbeda dengan sebelumnya, hampers tersebut berisikan parfum dan dompet cantik.

"Ada parfum travel gitu sama ini, bagus banget kan, warnanya sesuai sama tema Lebaran, siapa yang mau hampers Dior?" tambah Ria Ricis.


Komentar

Ria Ricis kemudian menjelaskan bahwa dirinya akan membagi-bagikan hampers tersebut kepada para followersnya. Caranya hanya dengan memberikan komentar-komentar di unggahan tersebut yang kemudian akan dipilih oleh Ria Ricis. Sontak saja unggahan tersebut dipenuhi oleh warganet yang berharap bisa mendapat THR dari Ria Ricis.

"bismillahh belumm pernah bangett dapatt thr dari ka icis bismillah sekarang menang," tulis @user2224632100347.

"bismillah semoga dapet THR dari ka ICIS, lebaran kali gak dapet THR dari suami," tambah @arissssssssss00.

Puasa Ramadan di Puncak Gunung Everest

Kisah Pria Sampai Puncak Gunung Everest Selama Puasa Ramadhan, Meski Puasa dan Melewatkan Idul Fitri

Liputan6.com 2023-04-13 07:10:46
"13 Mei 2022, 07:30 waktu setempat di puncak dunia. Dengan Makalu gunung tertinggi ke-lima dunia di latar belakang." (Sumber: Twitter/@akkerahman)

Mendaki ke puncak Gunung Everest adalah salah satu pencapaian terbesar di mata banyak pendaki gunung berpengalaman.

Sebagai gunung tertinggi di dunia, yang terletak di perbatasan Nepal dan Tibet, Everest menarik ratusan pendaki setiap tahun yang ingin mencapai puncaknya.

Salah satunya adalah Akke Rahman, pria dari Kota Oldham di Inggris.

Rahman mencapai puncak Everest pada 13 Mei 2022. Ia memulai perjalanannya tahun lalu saat puasa Ramadhan. Itu merupakan misi yang berkesan meski sempat terjatuh ke jurang dan melewatkan perayaan Idul Fitri bersama keluarganya.

Kendati demikian dia tetap menggambarkan keindahan pemandangan dari puncak Everest sebagai "benar-benar melebihi apapun", demikian dikutip dari BBC pada Kamis (13/4/2023).

Rata-rata, pendakian dan penurunan gunung Everest bisa memakan waktu hingga dua bulan. Itu termasuk waktu sekitar 2 minggu yang dihabiskan di base camp Everest untuk beradaptasi dan menyesuaikan kondisi tubuh dengan suhu udara di sana. Kemudian, sekitar 6 minggu berikutnya akan dihabiskan untuk trekking ke puncak.

Rahman, yang mengumpulkan lebih dari 80.000 (sekitar 1.5 miliar rupiah) untuk Orphans Shelter Foundation (yayasan penampungan yatim piatu), memulai pendakiannya selama Ramadhan.

Ini berarti dia telah berpuasa selama hampir dua minggu sebelum berangkat dan terus melakukannya selama berhari-hari di awal perjalanannya.

"Itu benar-benar memperlambat saya," katanya. "Mulutku sangat kering rasanya seperti kamu bisa menyalakan korek api di dalamnya."


Proses Pendakian

Mendaki gunung Everest itu tidak mudah. Dibutuhkan latihan dan dedikasi berbulan-bulan untuk persiapan mencapai puncaknya.

Dengan ketinggian Everest yang mencapai 8,848 meters, orang biasanya menghabiskan waktu di base camp Everest dulu untuk menyesuaikan diri dengan kondisi ekstremnya (cuaca, suhu, udara).

Rahman akhirnya melewatkan beberapa hari puasa setelah sampai di base camp, karena dia sangat lelah. Dia mengatakan telah melakukan yang terbaik untuk melanjutkan puasanya.

"Jujur saja, saya merasa tidak nyaman melewatkan beberapa hari puasa, tetapi agama saya mengatakan hidup lebih berharga daripada kematian, jadi Anda harus menjaga diri sendiri terlebih dahulu," katanya.

Dari base camp, dia memulai rotasi pertamanya, mendaki sebagian gunung dan turun kembali untuk membantu mengadaptasikan kondisi tubuh. Namun saat menuju kembali ke base camp, Rahman terpeleset dan jatuh ke jurang, dan bergantung di tali pengaman sebelum akhirnya ditarik ke tempat aman oleh Sherpa (penjaga gunung yang tinggal di sana).

"Saya berada di sana selama sekitar 45 menit sambil memikirkan semua pikiran negatif dan semua hal yang orang-orang katakan untuk tidak pergi ke sini," kata dia.


Ketika di Puncak Everest

Tantangan yang dia hadapi - bersamaan dengan rasa rindu pada keluarganya - berpengaruh kuat padanya.

"Pada satu titik saya berpikir 'haruskah saya berhenti di sini saja?'" kata Rahman, yang memiliki tiga anak.

"Tapi saya memikirkan alasan saya di sini, semua pelatihan dan segala hal yang telah saya lakukan, selama bertahun-tahun persiapan itu telah mengarah ke sini dan ini adalah kesempatan saya."

"Ketika saya sampai di puncak, saya tidak dapat mengontrol emosi dan mulai menangis, karena akhirnya impian dan ambisi saya terwujud. Tuhan telah mewujudkan impian saya."


Pengalaman Orang Lain

Tentu saja sudah banyak yang berhasil mendaki gunung Everest ini. Salah satunya adalah Vanessa O'Brien. Pendaki perempuan asal Amerika Serikat itu berhasil mencapai puncak Gunung Everest selama lebih dari 50 hari pendakian.

Ia juga menjadi wanita pertama yang mencapai titik tertinggi dan terendah di Bumi. Ia mencapai Challenger's Deep (10.925 meter) di dasar Palung Mariana menggunakan kapal selam pada 12 Juni 2020.

Pencapaian O'Brien bukan tanpa usaha keras. Ia harus berlatih agar bisa mencapai target yang ditetapkannya.

"Saya bekerja keras dengan pelatih kinerja, Ross Eathorne untuk berlatih menghadapi tantangan pendakian gunung di dataran tinggi," kata O'Brien, dikutip dari AsiaOne, Rabu (19/5/2021).

Sang pelatih menerapkan beberapa metode pelatihan untuk menyiapkan fisik perempuan itu. Di antaranya adalah menyeret karung pasir berat yang diikat ke tali dari atas ke bawah aula.

"Untuk membantu membangun stamina kardiovaskular dataran tinggi yang diperlukan untuk pendakian gunung, kami merancang sirkuit intensitas tinggi untuk diselesaikan saat membawa peralatan pendakian dan perlengkapan berkemah," kata Eathorne, pria berusia 52 tahun itu.

Untuk baca lebih lanjut mengenai pengalaman mendaki gunung yang dihadapinya, klik di sini.

Skenario yang Membuat Anas Dipenjara

Anas Urbaningrum Singgung Skenario yang Membuatnya Masuk Penjara, Demokrat: Tanya Abraham Samad dan Novel Baswedan

Liputan6.com 2023-04-13 05:49:25
Mantan politisi Partai Demokrat, Anas Urbaningrum saat mengikuti sidang lanjutan pengajuan Peninjauan Kembali (PK) kasus korupsi dan pencucian uang proyek P3SON Hambalang di Pengadilan Tipiko

Mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyinggung skenario besar, yang menyebabkan dirinya mendekam di balik jeruji besi selama lebih dari 9 tahun di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Kota Bandung.

Skenario besar itupun dikaitkan dengan Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menilai tidak tepat jika permasalahan Anas dikaitkan dengan Partai Demokrat, terlebih Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Seharusnya, Anas bertanya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memghukumnya kala itu.

Kala itu, Abraham Samad menjabat Ketua KPK, Bambang Widjajanto (BW) sebagai Wakil Ketua KPK dan Novel Baswedan menjadi penyidik KPK.

"Pertama tidak tepat sebenarnya kalau mengkaitkan atau membenturkan Mas Anas dengan Mas AHY atau dengan Demokrat, enggak ada hubungan," kata Herzaky, saat konferensi pers di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (12/4).

"Kedua mengkaitkan dengan Pak SBY, enggak tepat itu, karena yang menghukum beliau itu KPK. Jadi enggak tepat ditanyakan ke Demokrat. Tanyakan lebih tepat ke Abraham samad, Bang BW, Novel," sambungnya.

Lebih lanjut, Herzaky mengatakan, dengan adanya kasus Anas, Partai Demokrat pun mengalami kerugian. Sehingga, tidak tepat jika skenario Anas dikaitkan dengan Partai Demokrat maupun SBY.

"Kami kan sudah melewati masa itu, itu sudah terjadi. Intinya kalau bicara Mas Anas tidak ada kaitan dengan AHY, dengan SBY, dengan Demokrat. Jadi janganlah dibentur-benturkan," ujarnya.

"Karena yang kami tahu yang ada permasalahan itu dengan KPK. Kami jelas dengan kasus yang terjadi dulu itu sangat dirugikan. Jadi tidak mungkin kami menjadi otak dari yang begitu," imbuh dia.


Kondisi Baik

Sebelumnya, Anas Urbaningrum menyampaikan kondisinya tetap baik setelah menjalani masa hukuman selama lebih dari 9 tahun di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Kota Bandung.

Ia menyampaikan bahwa semua itu tidak terlepas dari doa keluarga, kolega hingga simpatisan yang terus memberikan dukungan.

"Saya ingin meminta maaf. Maaf kalau ada yang berpikir saya di tempat ini mati membusuk, kalau ada yang berpikir saya menjadi bangkai fisik dan sosial, saya minta maaf itu alhamdulillah tidak terjadi," kata dia di hadapan simpatisannya, Selasa (11/4).

"Saya mohon maaf kalau ada yang berpikir saya lama disini, kalau ada yang berpikir dengan waktu (masa tahanan) yang lama itu bisa memisahkan saya dengan sahabat seperjuangan, (pikiran) itu seperti tidur di siang bolong," ia melanjutkan.


Skenario Besar

Anas menyampaikan bahwa ada skenario besar hingga dirinya harus menjalani hukuman penjara.

"Saya juga mohon maaf kalau ada yang menyusun skenario besar saya dimasukkan ke tempat ini, dengan waktu yang lama, yang berpikir Anas sudah selesai. Skenario boleh besar tapi sekuat apapun serinci apapun skenario manusia tidak akan mampu mengalahkan skenario Tuhan," tegas dia

"Dengan begini saya ingin mengatakan bahwa saya ingin berpikir ke depan. Sekaligus maaf kepada yang berpikir keluarnya saya melahirkan permusuhan, saya katakan tidak. Saya tidak ada kamus permusuhan. Andai ada yang merasa termusuhi, itu konsekuensi perjuangan keadilan," kata Anas lagi.

Sumber: Alma Fikhasari/Merdeka.com

Nangis Saat Ngobrol dengan David Ozora

Sandy Pas Band Tahan Nangis Saat Ngobrol Langsung dengan David Ozora, Janji Kirimkan Alat Drum ke Rumah

Liputan6.com 2023-04-13 11:52:26
Jonathan Latumahina menyebut David Ozora pengin main drum lagi setelah sembuh. Sandy Pas Band menjenguk membawa hadiah nux drum set. (Foto: Dok. Twitter @seeksixsuck)

Sandy Andarusman alias Sandy Pas Band, beberapa waktu lalu menjenguk David Ozora. Penabuh drum Pas Band itu melihat langsung bagaimana kondisi terkini David Ozora.

Dalam kesempatan itu, Sandy Pas Band memberikan hadiah berupa sebuah drum set baru untuk David Ozora yang rupanya hobi bermain drum. Tak sendiri, Sandy juga ditemani oleh Andyan Gorust, ex drummer DeadSquad yang rupanya merupakan guru drum David Ozora.

Sandy Pas Band mengaku cukup mengikuti perkembangan kasus David Ozora ini. Semula, Sandy Pas Band memang sempat ikutan kesal dengan adanya masalah anak-anak muda ini. Namun hal itu berubah menjadi kagum saat melihat sosok David Ozora.

"Ngikutin kisah David , awalnya marah dan kesel tapi sekarang kagum sama david dan ayahnya om Jonathan yg Hebat banget , apalagi tau david ternyata Drummer dan Murid langsung dari @andyangorust ........pantes seneng METAL Tapi jago ngaji !!" tulis Sandy Pas Band di Instagram-nya pada Rabu (12/4/2023).


Hampir Menetes

Lebih lanjut, Sandy Pas Band tak menampik bahwa dirinya menahan tangis kala berbincang langsung dengan David Ozora. Sandy juga membocorkan sedikit perbincangannya dengan David Ozora saat akan diberikan sebuah set drum.

"Hari ini ketemu langsung dg keluarga Hebat ini .........sempet air mata mau netes saat ngobrol sama david ......... 'David seneng main drum ?' 'Iya om' , 'David katanya mau drum ?' 'Mau om , (sambil mukanya berseri2)'," bebernya.

"'Tapi janji kalau punya drum mau latihan yang rajin ya ...!' 'Iya om', 'Janji ?' 'Janji om !' 'Ok om kirim ya kerumah , mau ditaroh dimana ?' 'Ruang tamu aja om'," sambungnya.


Doa

Menutup unggahannya, Sandy Pas Band berdoa agar David benar-benar bisa sembuh dan pulih seperti sediakala sehigga cita-citanya menjadi drummer bisa terwujudkan.

"Semangat david untuk sehat dan jadi drummer hebat itu ga ternilai !! Semoga segera sehat ya David sayang ! Anak hebat !!!! Progress pemulihan makin terlihat bagus , semoga segera pulih ya david ! @tidvrberjalan @davidozrr makasih bunda @devy_maukar yg bantu menginisiasi drum buat david .....," tutup Sandy Pas Band.


Ajari Ngaji

Sementara itu, Andyan Gorust sang guru drum David Ozora rupanya punya harapan tersendiri untuk kesembuhan David Ozora. Ia ingin David bisa segera pulih dan bisa kembali mengajarinya mengaji.

"Cepet pulih n main drum lg vid, jgn lupa ajarin om gorust ngaji hehe. see u again soon joo @tidvrberjalan @davidozrr .. makasih mba @devy_maukar n a @sandypasband_ udh jenguk david dan bikin david happy n ceria aku terharu dan happy liat perkembangan david semakin membaik, Alhamdulillah," tulis Andyan Gorust di kolom komentar.

Mengaspal Sendiri Jalan Rusak

Viral Arnold Schwarzenegger Mengaspal Sendiri Jalan Rusak, Pejabat Los Angeles: Itu Bukan Lubang

Liputan6.com 2023-04-13 15:22:10
Arnold Schwarzenegger mengaspal jalanan berlubang dekat rumahnya di area Brentwood, Los Angeles, California, AS. (Dok: AP)

Arnold Schwarzenegger, bintang Hollywood dan mantan gubernur California, Amerika Serikat, menjadi sorotan setelah viral video dia mengaspal sendiri jalan rusak di kawasan tempat tinggalnya di Los Angeles, Amerika Serikat.

"Hari ini, setelah seluruh lingkungan kesal dengan lubang raksasa yang telah menganggu mobil dan sepeda selama berminggu-minggu, saya bersama dengan tim saya memperbaikinya. Saya selalu mengatakan, jangan mengeluh, mari kita lakukan sesuatu. Nah, ini dia," twit Schwarzenegger.

Today, after the whole neighborhood has been upset about this giant pothole that's been screwing up cars and bicycles for weeks, I went out with my team and fixed it. I always say, let's not complain, let's do something about it. Here you go. pic.twitter.com/aslhkUShvT

Video yang disertakan dalam twit Schwarzenegger menunjukkan bahwa seorang pengemudi mobil berhenti untuk berterima kasih kepadanya karena telah mengambil inisiatif. Pemeran Terminator itu kemudian menjawab, "Anda harus melakukannya sendiri. Ini gila. Selama tiga pekan saya telah menunggu lubang ini ditutup."

Belakangan, pihak berwenang merespons aksi Schwarzenegger dan mengatakan bahwa itu sama sekali bukan jalan berlubang.

Menurut pejabat kota, lubang raksasa yang diperbaiki Schwarzenegger dan timnya sebenarnya adalah parit untuk proyek yang dikerjakan oleh perusahaan utilitas di lingkungan Brentwood.

"Lokasi itu bukan lubang," kata juru bicara pejabat Kota Los Angeles seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (13/4/2023). "Itu adalah parit layanan yang terkait dengan pekerjaan aktif dan legal yang dilakukan di lokasi oleh SoCal Gas, yang mengharapkan pekerjaan selesai pada akhir Mei."

"Seperti halnya proyek serupa yang berdampak pada jalan-jalan kota, SoCal Gas akan diminta untuk memperbaiki area tersebut setelah pekerjaan mereka selesai."

Perwakilan Schwarzenegger sejauh ini dilaporkan belum membalas permintaan komentar oleh NBC.

Schwarzenegger sendiri bukanlah selebritas pertama yang kecewa dengan jalanan berlubang dan mengambil tindakan. Pada Maret tahun lalu, penyanyi Rod Stewart mengunggah video dirinya menutup jalan berlubang di dekat tanah miliknya di Kota Harlow, Essex, setelah mengeluh bahwa Ferrari-nya tidak dapat melewatinya.

Tak Hadiri Penobatan Raja Charles III

Meghan Markle Tak Ikut Pangeran Harry ke Penobatan Raja Charles III, Pilih Rayakan Ultah Archie di Amerika Serikat

Liputan6.com 2023-04-13 12:00:35
Meghan Markle dan Pangeran Harry. (AP Photo/Matt Dunham, Pool, File)

Akhirnya teka-teki soal kehadiran Pangeran Harry dalam acra apenobatan Raja Charles III terjawab sudah. Perwakilan Istana Buckingham mengumumkan kehadiran adik Pangeran William tersebut dalam sebuah pernyataan resmi pada Rabu (12/4/2023) kemarin.

"Istana Buckignham dengan bahagia hendak mengonformasi bahwa Duke of Sussex akan menghadiri Upacara Penobatan di Westminster Abbey pada 6 Mei," begitu pernyataan pihak Istana, dilansir dari People.

Di sisi lain, jubir Istana menyatakan Meghan Markle beserta kedua anaknya, Pangeran Archie dan Putri Lilibet, bakal absen dalam perhelatan bersejarah ini. Mereka dinyatakan akan tetap berada di California, Amerika Serikat.

Tidak diketahui pertimbangan Meghan Markle dan Pangeran Harry dalam mengambil keputusan ini. Yang jelas, ini berarti Meghan Markle akan merayakan tanggal 6 Mei untuk momen berbeda. Yakni ultah anak pertamanya, Pangeran Archie, yang akan menginjak usia empat tahun.

Ultah bocah ini memang bersamaan dengan hari penobatan kakeknya, Raja Charles III.


Putri Lilibet Sudah Pernah Bertemu dengan Sang Kakek

Meski absen dalam penobatan Raja Charles III, setidaknya pada tahun lalu, Pangeran Archie dan Putri Lilibet sudah pernah bertemu dengan sang kakek pada tahun lalu. Seperti diketahui, keluarga Pangeran Harry sempat hadir dalam peringatan Platinum Jubilee mendiang Ratu Elizabeth II pada tahun lalu.

Ini adalah pengalaman pertama Putri Lilibet berkunjung ke Inggris. Putri cilik ini bahkan sempat merayakan ultah pertamanya.


Kenangan Raja Charles dan Putri Lilibet

Kala itu, Raja Charles---yang masih bergelar pangeran---disebut-sebut begitu bahagia dan terharu bisa bertemu Lilibet.

"Itu adalah kunjungan yang sangat fantastis. Sang pangeran merasa begitu bahagia bisa melihat cucunya dan bertemu (Lilibet) untuk petama kali," kata seorang sumber.


Raja Charles Didampingi Pangeran George dalam Penobatan

Bicara soal cucu Raja Charles, dalam penobatannya nanti sang raja akan didampingi secara langsung oleh cucu sulungnya, Pangeran George. Bocah sembilan tahun ini dipilih menjadi salah satu Pages of Honor atau Pendamping Kehormatan Raja Charles.

Keikutsertaan Pangeran George dalam momen bersejarah ini rupanya telah didiskusikan panjang lebar di lingkungan keluarga.

"[Pangeran William dan Kate Middleton] menyadari bahwa (Pangeran George) sudah cukup besar untuk mengerti apa yang sedang terjadi," kata seorang sumber kerajaan kepada People.

Menangis di Depan Gading Marten

Gisel Menangis di Hadapan Gading Marten: Makasih Sudah Selalu Ada

Liputan6.com 2023-04-13 19:30:29
Gisel dan Gading (Foto: YouTube/ Ini Talk Show)

Gisella Anastasia atau Gisel dan mantan suaminya, Gading Marten, diundang jadi bintang tamu di acara Saurans episode terbaru. Dalam kesempatan ini, mereka bicara banyak soal menjaga kekompakan meski tak lagi berstatus sebagai suami istri.

Dalam salah satu segmen, Gisel dan Gading diminta untuk menyampaikan rasa terima kasih pada satu sama lain. Di momen ini, Gisel tampak sulit menahan tangisannya.

"Makasih, Mama Gisel makasih buat semuanya, buat sama-sama belajar, makasih sudah mendidik Gempi, pokoknya makasih buat semuanya," kata bintang film Love for Sale itu dengan tulus.

"Tuh kan neng nong (nangis) aku enggak bisa begini-begini paling bodoh, tuh udah ah, nangis," ucap Gisel. Susah payah ditahan, akhirnya air matanya jatuh juga. Dia langsung merangkul mantan suaminya.


Gisel Bersyukur dengan Kebaikan gading Marten Padanya

Selanjutnya, giliran Gisel yang berterima kasih kepada Gading Marten. Dia sangat bersyukur Gading selalu ada untuknya terlepas dari persoalan yang pernah ada di antara mereka di masa lalu.

"Pokoknya makasih buat support, buat penerimaannya, buat all the love, kasihnya yang besar, sudah selalu dewasa, sudah selalu ada, pokoknya bersyukur. Kalau ditanyain tuh pasti bersyukur," ucap ibunda Gempi.


Mendampingi Gisel dalam Berproses

Artis berusia 32 tahun itu sangat berterima kasih karena Gading selalu ada untuknya saat dia sedang menjalani proses dan pembelajaran hidup yang berat. Dia tak bisa membayangkan jika harus melewatinya seorang diri.

"Bersyukur, kan setiap manusia berproses ya, tapi dalam prosesnya tuh ada yang benar-benar sendiri enggak ada yang support, itu pasti berat. Kalau aku tuh seberat apa pun prosesnya tapi orang-orang masih support, termasuk Mas. Mas tuh nomor satu he he, ada, enggak pergi, jadi bersyukur," ujarnya.


Masih Akrab Meski Sudah Pisah

Nagita Slavina selaku pembawa acara juga ikut menangis. Dia juga senang melihat kekompakan Gisel dan Gading.

"Dan enggak semua juga pasangan yang harus pisah itu dikasih rezeki bisa dekat, bisa baik-baik semua keluarganya bisa kayak gini," tutup Nagita.

Dapat Julukan Presiden Munafik

Buntut Reformasi Usia Pensiun Prancis, Emmanuel Macron Dijuluki Presiden Munafik oleh Pendemo

Liputan6.com 2023-04-13 15:01:09
Presiden Prancis Emmanuel Macron menatap spanduk yang menyebutnya munafik. Dok: Ludovic Martin/AFP

Kunjungan Presiden Prancis Emmanuel Macron ke Belanda mendapat sambutan pedas dari warga. Mereka ikut protes terhadap aturan baru pemerintah Prancis soal menambah usia pensiun dari 62 ke 64.

Aturan baru itu itu menuai kontroversi, sebab pihak pemerintah memakai Pasal 49 alinea 3 (49.3) dari Konstitusi Prancis untuk meloloskan aturan itu tanpa voting.

Menurut laporan Le Monde, Kamis (13/4/2023), para pendemo ada yang mendisrupsi pidato Presiden Macron di teater Amare dengan cara menampilkan spanduk yang mengkritik Macron.

Spanduk itu berbunyi: Presiden Kekerasan dan Kemunafikan.

Pendemo juga berteriak bahwa ada "jutaan pendemo di jalanan" Prancis.

Presiden Emmanuel Macron mendebat para pendemo itu. Ia berkata orang-orang yang semaunya menolak aturan justru memberikan risiko kepada demokrasi.

Laporan media Belanda, NL Times, menyebut polisi menahan dua orang pendemo karena melakukan disrupsi saat Presiden Macron di University of Amsterdam. Salah satu yang ditahan adalah pendemo perempuan.

Kedua orang itu ditahan karena mengganggu ketertiban publik dan memberikan ancaman. Mereka juga berusaha menjangkau Presiden Macron, namun berhasil dihalau pasukan keamanan.

Presiden Macron berkunjung ke Prancis usai ia bertemu Presiden Xi Jinping di China. Pada pertemuan itu, Macron juga menuai sorotan karena responsnya soal isu Taiwan.

Pemimpin Prancis itu berkata negaranya tak ingin ikut-ikutan AS atau China.

"Hal terburuk adalah berpikir bahwa kami harus menjadi pengikut dan menyesuaikan diri kami ke ritme Amerika dan over-reaksi China," ujarnya.


Protes Reformasi Pensiun Prancis: Demonstran Serang Restoran Favorit Presiden Emmanuel Macron

Sebelumnya, para pengunjuk rasa di Paris, Prancis, menyerang salah satu restoran favorit Presiden Emmanuel Macron pada Kamis (6/4/2023), di tengah ketegangan atas reformasi pensiun yang terus berlanjut.

Demonstran melemparkan batu, botol, dan cat ke arah polisi di La Rotonde, sebuah restoran terkenal yang sering dikunjungi tokoh terkemuka termasuk seniman Spanyol Pablo Picasso. Macron dan timnya merayakan kemenangan pemilu 2017 di sana.

Restoran itu dilaporkan sempat mengalami kebakaran kecil sebentar di bagian luar dan berhasil dipadamkan.

Kamis merupakan hari ke-11 kerusuhan sejak Januari 2023, atas undang-undang yang menaikkan batas usia pensiun dua tahun, yaitu dari 62 menjadi 64 tahun. Kementerian Dalam Negeri Prancis mengatakan, terdapat 570.000 orang berdemonstrasi di seluruh Prancis, sementara serikat pekerja memperkirakan jumlahnya sekitar 2 juta.

Pemerintah mengatakan 111 orang ditahan dan 154 petugas polisi terluka dalam aksi protes pada Kamis. Bentrokan antara pengunjuk rasa dan polisi tidak hanya terjadi di Paris, namun juga sejumlah kota lain termasuk Nantes, Nancy, dan Rennes.

Dewan Konstitusi pada 14 April akan memutuskan validitas undang-undang reformasi pensiun tersebut dan memiliki kekuatan untuk membatalkan sebagian atau seluruhnya.

Presiden Macron sendiri saat ini tengah melakukan lawatan ke China.


Aksi Mogok 13 April

Serikat pekerja menyerukan protes dan aksi mogok baru pada 13 April, sehari sebelum putusan reformasi pensiun.

Meskipun aksi protes sebagian besar berjalan damai, unsur kekerasan tidak terhindari sejak pemerintah pada Maret memutuskan untuk memaksakan undang-undang tersebut melalui majelis rendah parlemen tanpa pemungutan suara.

Macron membela langkah itu, dengan mengatakan reformasi pensiun adalah suatu keharusan. Sejumlah ahli mengatakan sebaliknya bahwa sistem pensiun dalam kondisi yang relatif baik dan kemungkinan akan kembali berimbang tanpa perlu reformasi.

Kerusuhan, bersama dengan aksi mogok, telah menyebabkan kekacauan di seluruh Prancis. Para pemimpin serikat pekerja mengharapkan jumlah massa yang besar akan menjaga momentum menjelang keputusan dewan.

"Kami belum menyerah dan kami tidak berniat melakukannya," kata seorang pegawai negeri Davy Chretien (50) di Marseille, seperti dilansir BBC, Jumat 7 April.

Ganti Pengacara, Ada Apa?

Mario Dandy Ganti Pengacara, Ada Apa?

Liputan6.com 2023-04-14 06:36:53
Tersangka Mario Dandy Satriyo menjalani salah satu adegan dalam rekonstruksi penganiayaan David Ozora di Perumahan Green Permata, Jakarta, Jumat (10/3/2023). Sebanyak 23 adegan diperagakan

Tersangka kasus dugaan penganiayaan terhadap David Ozora, Mario Dandy Satriyo mengganti tim penasihat hukumnya. Adapun, dua pengacaranya, Dolfie Rompas dan Basri Bundu tak lagi mendampingi Mario Dandy.

Adapun, keduanya dipastikan tak lagi menjadi kuasa hukum sejak Senin 10 April 2023. Dolfie Rompas mengkonfirmasi surat pencabutan kuasa hukum anak dari Rafael Alun tersebut.

"Jadi kita terima surat, intinya saya dan Basri sejak tanggal 10 April kemarin bukan lagi kuasa hukum MDS (Mario Dandy Satriyo)," kata Dolfie saat dihubungi, Jumat (14/3/2023).

Dia mengaku sudah legowo atas keputusan yang diambil oleh Mario Dandy. Namun, yang disayangkan pencabutan terkesan buru-buru.

Karena sebelumnya tidak ada pembicaraan antara pihak Mario dengannya. "Tidak ada (komunikasi). Tapi kita hormati, kita legowo," ujar dia.

Terlepas dari itu, Dolfie mengingatkan, ia selalu mengedepankan profesionalitas dan kode etik advokat selama dampingi Mario Dandy yang bermasalah dengan David Ozora.

"Mulai dari Polres, Polda kami kooperatif dengan penyidik. Kami selalu ikuti aturan main yang benar. Walaupun mendampingi seseorang yang melakukan tindak pidana namun kami kedepankan rasa kemanusiaan khususnya terhadap korban. Kami selalu bersimpati," tandas dia.

Sebelumnya, Tersangka kasus dugaan penganiayaan di Jakarta Selatan, Mario Dandy Satriyo meminta penjelasan perbuatan David Latumahina atau Cristalino David Ozora terhadap mantan kekasihnya, AG.

Hal ini diungkapkan oleh Hakim tunggal Sri Wahyuni Batubara membacakan amar putusan dalam persidangan vonuis AG terkait kasus penganiayaan David Ozora di PN Jaksel, Senin (10/4/2023).

Dijelaskan, David terus menghindar yang akhirnya membuat Mario Dandy meminta bantuan AG untuk mempertemukannya. Di mana, awalnya dari pertemuan AG dengan Mario di SMA Tarakanita 1 Jakarta pada 30 Januari 2023.


Mario Dandy Terus Kejar David Ozora

Sri menuturkan, Mario Dandy kemudian menggunakan telepon genggam AG untuk menghubungi David. Namun, Mario tak mendapatkan penjelasan apapun.

"Dengan menanyakan 'wareng lo di mana, sini dong ngopi ceritain kejadiannya gua cuma tunggu itikad baik lo'. Lalu dijawab 'malas' oleh korban David," ujar Sri.

Lanjutnya, David menghilang sejak saat itu dan tak membalas chat yang dikirimkan Mario Dandy.

Berdasarkan fakta di persidangan, AG mengetahui bahwa semenjak saat itu Mario Dandy berusaha mencari keberadaan David. Namun tidak ketemu," ujar Sri.

Sri menerangkan, Mario Dandy pergi menjemput AG di SMA Tarakanita 1 Jakarta Selatan pada Senin 20 Februari 2023 sekira 15.00 WIB.

Mario Dandy menggunakan Mobil Jeep Rubicon warna hitam. bernopol B-120-DEN.

"AG diantarkan pulang ke rumahnya di Cagar Raya Bintaro. Setelah itu mereka pergi untuk perawatan facial di klinik kecantikan Oriskin Bintaro Lotte Mart," ucap Sri.

Menurut Sri, AG yang mengetahui Mario Dandy masih emosi dan dendam terhadap David mengatakan, kartu pelajar David masih ada padanya dan kartu pelajarnya masih ada pada David.

"Namun kartu pelajar itu ada di dalam tas sekolah yang berada di rumahnya," ujar dia.

Masih Ada Peluang Lolos Hukuman Mati?

HEADLINE: Pengadilan Tinggi Tolak Banding Ferdy Sambo Cs, Bagaimana Peluang Menang Kasasi di MA?

Liputan6.com 2023-04-14 00:01:04
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo memberikan isyarat saat mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (13/12/

Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta telah menggelar sidang putusan banding terhadap terdakwa Ferdy Sambo, Rabu 12 April 2023. Dalam putusannya, sidang yang diketuai Hakim Singgih Budi Prakoso dan beranggotakan empat orang ini menolak banding mantan Kadiv Propam Polri tersebut. Artinya Ferdy Sambo tetap dihukum mati atas kasus pembunuhan berencana terhadap ajudannya, Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Kini tinggal satu langkah lagi bagi Ferdy Sambo untuk menggunakan jalur hukum agar vonis mati yang diterima dapat berubah. Suami dari Putri Candrawathi itu bisa menempuhnya melalui pengajuan kasasi di Mahkamah Agung (MA).

Pengacara Ferdy Sambo, Arman Hanis saat dikonfirmasi, tidak menanggapi terkait langkah-langkah yang akan diambil usai putusan banding kliennya ditolak Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Pesan yang dikirim Liputan6.com melalui WhatsApp hanya dibaca dan belum dibalas. Dan saat dihubungi pun tidak menjawab.

Meski demikian, menurut Pengamat Hukum dari Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar, pengacara biasanya akan menempuh segala upaya hukum maksimal untuk kebaikan kliennya. Karena itu, kasus Ferdy Sambo ini tidak tertutup kemungkinan akan sampai pada tingkat kasasi.

"Menurut saya, biasanya pengacara itu semua upaya itu ditempuh," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Dia pun menyoroti putusan banding Ferdy Sambo yang ditolak oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Menurutnya, putusan yang dihasilkan tersebut itu sudah melalui pertimbangan dan kecermatan para hakim.

"Pangadilan Tinggi menganggap pertimbangan hukum yang diberikan oleh Pengadilan Negeri itu sudah cukup tepat, sehingga Pengadilan Tinggi menyetujui baik pertimbangan hukum maupun putusan yang dijatuhkan, sama dengan Pengadilan Negeri. Sehingga terdakwa Sambo tetap dihukum mati," kata dia.

Fickar menjelaskan, pada tingkat PN dan PT itu memeriksa terdakwa Ferdy Sambo, memeriksa fakta-faktanya apakah perbuatan yang dilakukan itu dapat dikualifikasi sebagai tindak pidana pembunuhan sebagaimana diatur dalam pasal 338 dan 340. Sementara pada level kasasi, hakim akan menilai dari sisi penerapan hukumnya.

"Di Mahkamah Agung nanti, tingkat kasasi, akan menilai apakah Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi itu sudah benar menerapkan hukumnya. Itu yang akan diperiksa oleh MA," kata dia.

Jika tidak ada yang membatalkan, lanjut Fickar, Hakim tidak masuk dalam perkaranya. Mereka hanya menilai apakah penerapannya sudah sesuai dengan ketentuan atau belum.

"Tapi kalau dianggap tidak sesuai, maka dia bisa membuka kembali sidang. Baik hanya memeriksa faktanya saja yang sudah ada di BAP, maupun memanggil sidang para pihak secara live, dia punya kewenangan memanggil itu, membuka sidang seperti di PN. Tapi itu semua kalau dia rasa memang pertimbangan dan putusan PN dan PT itu ada yang salah, namun kalau dianggap benar, ya sama. MA akan memutuskan bahwa Pengadilan Negeri dan PT sudah melaksanakan dan menerapkan hukum dengan benar," jelasnya.

Dia memprediksi, jika Ferdy Sambo mengajukan kasasi ke MA, peluang untuk dikabulkan oleh hakim akan tipis. Hal ini lantaran dapat dilihat dari indikator proses hukum yang sudah berjalan, yaitu putusan Pengadilan Tinggi yang menguatkan putusan tingkat I di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Jadi Kemungkinannya (untuk menang) kecil lah menurut saya, untuk bisa mengubah (vonis mati). Karena sudah dua level seperti itu, tidak ada catatan sama sekali. (Putusan PT dan PN) Itu juga bisa menjadi indikator MA menyatakan bahwa sidangnya sudah dilaksanakan dengan baik, dan putusannya sudah dilakukan dengan tepat," kata dia.

Seandainya kasasi itu ditolak MA, vonis hukuman mati Ferdy Sambo akan dilaksanakan. Namun karena hukuman mati adalah hukuman paling maksimal, secara otomatis tahap Peninjauan Kembali (PK) akan ada di Mahkamah Agung.

"PK itu kan alasannya dua, ada novum, atau ada kekeliruan hakim. Nah yang dipakai oleh Mahkamah Agung itu yang kedua. Jadi diajukan atau tidak PK, maka hakim MA tingkat PK tetap akan memeriksa. Karena dikhawatirkan hakimnya keliru," jelas dia.

"Menurut KUHP begitu. Karena putusan itu paling maksimal. Kalau di bawah maksimal misalnya seumur hidup, 20 tahun, itu nggak akan diperiksa, tapi karena ini hukuman mati, hukumannya maksimal, maka dengan sendirinya tidak diajukan PK sekalipun MA akan memeriksa ulang," Fickar menegaskan.

Dia mengungkapkan, pengacara biasanya akan menempuh jalur tersebut sampai pada titik darah penghabisan. Mereka akan terus melakukan upaya hukum demi tercapainya putusan yang diharapkan.

"Kalau kasasi tidak diterima ya dia PK. Pasti itu, nggak ada (pengacara) yang pasrah. Semua upaya dilakukan sampai maksimal. Bahkan perkembangannya adalah PK itu bisa dilakukan berkali-kali, tidak ada batasnya. Sampai kemudian dua- tiga kali keputusannya sama, ya udah, biasanya langsung eksekusi," ujar dia.

"Biasanya kalau sudah dua tahun sudah tidak ada PK, itu dilaksanakan (putusannya). Eksekusi," Fickar menandaskan.

Sementara itu Dosen Hukum Pidana Universitas Trisakti Azmi Syahputra menilai, Hakim Pengadilan Tinggi yang menguatkan putusan atas terdakwa Ferdy Sambo sudah tepat.

Ia mengatakan, dengan hakim menguatkan putusan hakim pengadilan Negeri Jakarta Selatan, artinya hakim pada tingkat banding tidak menemukan fakta baru, keadaan baru dalam keberatan nota memori banding dari pembanding yaitu Ferdy Sambo.

"Maka karena dengan tidak ditemukan hal tersebut, seyogyanya hakim harus menguatkan putusan hakim Pengadilan Negeri," ucap Azmi kepada Liputan6.com, Kamis (13/4/2023).

Dia menegaskan, putusan banding yang menolak permohonan Ferdy Sambo tersebut sebagai tolak ukur dalam kualitas penegakan hukum di Indonesia. Terlebih pihak pembanding merupakan aparat hukum yang seharusnya memberikan teladan bagi masyarakat.

"Ini demi kualitas penegakan huku, karenanya putusan banding ini menjadi barometer kualitas penegakan hukum khususnya terhadap pelaku yang berstatus penegak hukum berpangkat jenderal yang menyalahgunakan kewenangannya," kata dia.

Azmi menuturkan, ini sangat jelas terlihat dimana majelis hakim banding dalam musyawarahnya mengambil semua pertimbangan hukum dan fakta serta alat bukti yang telah diuji pada peradilan tingkat pertama, termasuk amar putusan. Artinya hakim Pengadilan Tinggi menilai bahwa tidak ada salah penerapan hukum atau kekeliruan yang nyata atas fakta termasuk bukti yang telah disisir dan diuji pada majelis hakim tingkat pengadilan negeri(judex factie).

"Sehingga hakim pengadilan Tinggi sepakat mengambil alih seluruh pertimbangan hukum karenanya wajib bagi hakim untuk menguatkan putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tersebut," kata dia.

Sedangkan untuk menempuh langkah kasasi, Azmi menambahkan, ada syarat normatif terkait muatan dan alasan kasasi tersebut. Antara lain jika ditemukan hakim banding melampaui batas wewenangnya, hakim salah menerapkan atau melanggar hukum yang berlaku termasuk jika hakim lalai memenuhi syarat-syarat yang diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan.

Namun dengan melihat syarat tersebut, dia berpandangan bahwa harapan Ferdy Sambo agar hakim MA menerima kasasinya akan sulit terwujud.

"Jika diperhatikan dengan syarat atau alasan hukum kasasi, akan semakin sempit celahnya kasasi dikabulkan sepanjang tidak ada muatan alasan hukum untuk kasasi dimaksud, termasuk pemohon kasasi harus dapat memperlihatkan keadaan baru yang dapat dibuktikan kesesuaian fakta dan alat buktinya atas perkaranya yang dimaksud," ujar dia.


Ferdy Sambo Punya Segalanya, Bisa Lolos dari Hukuman Mati?

Pengamat Kepolisian Alfons Loemau menilai Ferdy Sambo akan menyusun serangan balik ketika bandingnya ditolak oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Dia menjelaskan, maksud serangan balik tersebut ialah bahwa Ferdy Sambo akan membela mati-matian agar dirinya terbebas dari hukuman mati.

"Setiap orang yang diancam hukuman mati, dia itu akan berusaha mati-matian untuk membela diri. Kalau bela diri tidak optimal, dia akan seret (yang lain). Dia melakukan langkah-langkah di luar upaya hukum untuk bisa meringankan ancaman hukumannya," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (13/4/2023).

Alfons tidak menyanksikan kemampuan Ferdy Sambo dalam upaya meringankan hukuman bagi dirinya. Segala komponen dia miliki termasuk dalam hal finansial maupun koneksitas.

"Terhadap polisi yang seperti ini, menurut saya dia masih punya sesuatu, uang, dan sebagainya. Maksud serangan balik semua upaya akan ditempuh untuk bisa (meringankannya), entah mempengaruhi apa yang membuat keputusan di tingkat pengadilan lebih tinggi dan sebagainya. Untuk mendapatkan keringanan. Atau di dalam 'lu kok nggak bantu gue, lu kan berpenyakit sama kayak gue. Jadi gue bongkar nih," ujar dia.

Dia belum dapat memperkirakan apakah MA akan menolak kasasi jika Ferdy Sambo mengajukannya. Karena menurutnya, segala cara bisa ditempuh termasuk terkait putusan pengadilan. "Kondisinya di Indonesia ini kan seribu satu jalan menuju roma, mencari keadilan, iya kan," ujar Alfons.

Sementara itu, Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial Joko Sasmito menanggapi putusan banding Ferdy Sambo yang ditolak Pengadilan Tinggi DKI Jakarta tersebut. Menurutnya, KY tidak dapat melakukan intervensi maupun memberikan komentar terkait hal ini.

"Karena itu menyangkut teknis yudisial, kemandirian hakim," ujar Joko, Rabu (12/4/2023).

KY akan meminta salinan putusan banding Sambo dkk usai dibacakan Majelis Hakim PT DKI Jakarta pada hari ini. KY akan menelaah putusan tersebut guna memastikan ada atau tidaknya dugaan pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

Joko menegaskan, wewenang KY hanya pada dugaan pelanggaran KEPPH. KY tak bisa mengomentari vonis hakim karena termasuk bagian dari independensi hakim.

"Tetapi kalau ada hal-hal di luar itu, dugaan pelanggaran etik misalnya ada (hakim) bertemu dengan para pihak atau ada hubungannya dengan uang yang berhubungan dengan putusan itu, baru (KY telusuri)," ucap Joko.

Diketahui, upaya banding disampaikan Ferdy Sambo karena merasa tidak terima dengan vonis mati yang dijatuhkan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Begitu juga istrinya, Putri Candrawathi, yang divonis hukuman pidana selama 20 tahun penjara.

Sedangkan untuk ajudan Sambo, yaitu Ricky Rizal dihukum selama 13 tahun penjara dan terakhir untuk asisten rumah tangga Sambo, yaitu Kuat Ma'ruf divonis penjara selama 15 tahun. Mereka juga sama-sama mengajukan banding atas hukuman yang diterima.


Kasasi Ferdy Sambo Ditolak Pengadilan Tinggi DKI Jakarta

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta resmi menghelat sidang banding terhadap vonis hukuman mati bagi mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo. Sidang banding Ferdy Sambo berlangsung Rabu 12 April 2023, pukul 09.00 WIB.

Humas Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Binsar Pakpahan Pamopo mengatakan, sidang putusan banding Ferdy Sambo digelar terbuka untuk umum dan bisa dilihat dari layar kaca

"Persidangan terbuka untuk umum pada hari yang akan datang dan untuk persiapan sidang yang terbuka untuk umum pada hari dan tanggal tersebut, kami akan mempersiapkan Poll TV yang sejalan dengan kehumasan Mahkamah Agung Republik Indonesia," jelas Binsar beberapa waktu lalu.

Sidang ini diketuai oleh Hakim Singgih Budi Prakoso dan beranggotakan empat orang. Mereka adalah Ewit Soetriadi, H Mulyanto, Abdul Fattah, dan Tony Pribadi. Pada agenda tersebut diketahui Ferdy Sambo tidak dihadirkan ke dalam ruang sidang. Sehingga sidang berjalan dengan hanya mendengar putusan dari majelis hakim.

Dalam putusan, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menolak banding vonis hukuman mati terhadap Ferdy Sambo. Artinya, mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo tetap dihukum mati atas kasus pembunuhan berencana terhadap ajudannya, Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Menguatkan Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tertanggal 13 Februari 2023 yang dimintakan banding," kata Ketua Majelis Hakim Singgih Budi Prakoso.

"Menetapkan terdakwa tetap dalam tahanan," sambung Singgih.

Singgih melanjutkan, putusan hari ini akan disampaikan kepada pihak-pihak terkait, yaitu jaksa penuntut umum, Ferdy Sambo selaku terdakwa dan tim pengacaranya. Hal ini dilakukan sebagai dasar melakukan upaya hukum lanjutan yaitu kasasi di Mahkamah Agung (MA).

"Putusan ini akan kita sampaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk diberikan kesempatan kepada pihak-pihak untuk mengajukan upaya hukum berupa kasasi," kata Singgih.

Singgih juga memberi tanggapan terkait memori banding pengacara Ferdy Sambo yang menilai hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada pengadilan tingkat pertama telah memutuskan perkara lebih dari yang dituntut oleh jaksa atau ultra petita.

"Tentang hal ini majelis hakim Pengadilan Tinggi berpendapat bahwa ultra petita tidak dikenal baik di hukum acara pidana maupun hukuman pidana. Istilah ultra petita berasal dari kata ultra yang berarti lebih/melampaui dan petita yang berarti permohonan sehingga ultra petita penjatuhan putusan oleh hakim atas suatu perkara yang melebihi tuntutan," kata Singgih.

Singgih menyatakan, ultra petita hanya dikenal dalam hukum perdata khususnya hukum acara perdata. Dia meyakini, di dalam proses peradilan pidana selain secara normatif tidak ada larangan ultra petita dan ultra petita banyak dilakukan melalui putusan hakim yang melebih tuntutan pidana.

"Dengan demikian secara mutandis ultra petita dibenarkan dalam hukum pidana," tegas Singgih.

Singgih memastikan, majelis hakim tinggi berpendapat bahwa selain secara normatif masih diatur pidana mati, pidana mati juga masih dibutuhkan sebagai shock terapi atau efek jera secara psikologis.

"Hukuman mati membawa dampak dalam penegakan hukum di Indonesia," Singgih menandasi.