Kondisi Kayak Bayi Mulai dari Nol

Kondisi David Ozora Kayak Bayi Mulai dari Nol, Ada Banyak Luka Permanen Akibat Dianiaya Mario Dandy

Liputan6.com 2023-04-14 16:00:44
Jonathan Latumahina mengunggah video David Ozora belajar berjalan. Ia menyebut korban tersangka Mario Dandy ini kayak bayi yang memulai dari nol. (Foto: Dok. Twitter @seeksixsuck)

Perlahan tapi pasti, David Ozora berusaha bangkit dari keterpurukan fisik maupun mental akibat penganiayaan berat yang menimpanya pada Februari 2023. Kini, ia belajar berjalan.

Video korban Mario Dandy berjalan didampingi tim medis Rumah Sakit Mayapada Kuningan Jakarta diunggah Jonathan Latumahina di akun Twitter pribadi, Jumat (14/4/2023).

Bersama video berdurasi 1 menit 6 detik itu, Jonathan Latumahina membandingkan kondisi David Ozora dulu dan kini. David yang sekarang kayak bayi yang mulai berproses dari nol.

"Yang dulu bisa berjalan, melompat, berlari dan kini harus belajar berjalan lagi akibat cedera otak berat," Jonathan Lathumahina mencuit lalu menyinggung memori otak putranya setelah dianiaya.


Mulai dari Nol

"Pun dengan ingatannya, kembali seperti bayi mulai dari nol," ungkapnya. Dalam video tampak, David Ozora mengenakan celana pendek warna kelam baja dipadu kaus hitam.

Ia mengenakan sandal selop putih dengan rambut dikuncir. Berdiri sambil memegangi pegangan besi, postur tubuhnya tampak kurus mengingat lebih dari 50 hari ia dirawat intensif di rumah sakit.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Meninggalkan Banyak Luka Permanen

Terkait dampak penganiayaan berat terhadap anaknya, Jonathan Latumahina menulis, "Dan meninggalkan banyak luka permanen, fisik dan mental. Semoga tidak ada lagi seperti ini dialami siapapun."

Unggahan ini kebanjiran doa warganet. Mereka optimistis semangat dalam diri plus ketelatenan sang ayah dan tim medis akan membuat David Ozora pulih seperti sedia kala.


Kamu Keren!

"Akhirnya, duduk di kursi roda itu emang ga nyaman bikin gerah. Semangat bro David semoga segera lancar berjalan," netizen dengan akun @arma**** melantun doa.

"Kamu keren! Semangat ya anak pintar, ada banyak hal indah yang menunggumu. Semangat juga buat papa mama david semoga diberi kekuatan ekstra besar dan banyaaak dari Tuhan," @kinn**** menyahut.

Fungsi Otak Menurun

Fungsi Otak David Ozora Menurun, Penasihat Hukum: Memorinya Masih Melompat-Lompat

Liputan6.com 2023-04-14 11:26:41
Jonathan Latumahina menjelaskan kondisi terkini David Ozora per 12 April 2023. Ia belum bisa mengingat banyak hal termasuk memanggil papa. (Foto: Dok. Twitter @seeksixsuck)

Kondisi fisik David Ozora Latumahina semakin membaik. Hal tersebut pun diakui pihak keluarga dan penasihat hukum David Ozora. Meski demikian, fungsi otak remaja 17 tahun itu mengalami penurunan pasca mengalami penganiayaan oleh Mario Dandy Satriyo.

Penasihat hukum David Ozora, Mellisa Anggraini, MH mengatakan, cedera otak yang dialami kliennya nyata. Hal itu terbukti dari memori David yang belum runtut.

"Kondisi fisik David memang sudah membaik, namun fungsi otak menurun dan David jauh dari pulih kepada keadaan semula," tutur Mellisa melalui akun media sosial Twitter-nya, Kamis (13/4).

"Cedera otak itu nyata dimana saat ini David mengalami short term memori, memorinya masih lompat-lompat dan masih terus dilakukan terapi," lanjutnya.

Dalam cuitan tersebut, Mellisa mendoakan agar kondisi kliennya lebih baik di hari esok.

Mengenai memori David Ozora yang melompat-lompat pun disampaikan Mellisa usai sidang putusan terdakwa anak AG. Mellisa mengatakan, dia sempat menjenguk David dan mengajaknya ngobrol. Menurut Mellisa, memori David masih melompat-lompat. Obrolan pun masih bersifat satu arah.

"Kognitif juga sudah mulai membaik, namun respons yang diberikan oleh David itu sebenarnya sifatnya masih satu arah. Artinya David masih belum bisa merespons (komunikasi yang) sifatnya dua arah," ungkap Mellisa kala itu.

Hingga saat ini, David disebut masih belum tahu apa yang menyebabkannya berada di rumah sakit.

"Yang dia tahu, beberapa waktu yang panjang itu dia tidur," tutur Mellisa.

Bahkan, David Ozora Latumahina pun belum mengenali sang ayah. Alih-alih memanggil dengan sebutan "bapak", David memanggil Jonatahan Latumahina dengan sebutan "Jo".

"Yang mungkin ngikutin semua orang yang panggil Jo. Ngomongnya masih anak-anak banget."


David Ozora Belajar Berjalan

Jonathan Latumahina pun kerap membagikan perkembangan kesehatan sang anak. Kali ini, ayah David Ozora membagikan sebuah video yang memperlihatkan anak laki-lakinya tengah menjalani fisioterapi jalan.

Dalam video berdurasi 1 menit 6 detik yang diunggah pada Jumat pagi (14/4) David Ozora tampak tak lagi mengenakan pakaian rumah sakit. Remaja itu diajari cara melangkah oleh tenaga kesehatan yang mendampingi.

Jonathan Latumahina mengatakan putranya yang menjadi korban penganiayaan Mario Dandy kini harus belajar berjalan lagi akibat cedera otak berat.


Cedera Otak Bikin David Ozora Kembali Seperti Bayi

Tak hanya harus mulai belajar berjalan lagi, Jonathan juga menyebut ingatan anak tersayangnya itu kembali seperti bayi alias memulai dari nol.

"Yang dulu bisa berjalan, melompat, berlari, dan kini harus belajar berjalan lagi akibat cedera otak berat. Pun dengan ingatannya, kembali seperti bayi mulai dari nol," kicau Jonathan Latumahina di akun Twitter pribadinya, @seeksixsuck.

Dia lalu menambahkan,"Dan, meninggalkan banyak luka permanen, fisik, dan mental."

Jonathan berharap apa yang terjadi pada David Ozora Latumahina tidak dialami oleh siapa pun.

"Semoga tidak ada lagi seperti ini dialami siapapun," kicaunya lagi.

Anak Istri Rafael Alun Dicekal

KPK Cekal Istri dan 2 Anak Rafael Alun Selain Mario Dandy ke Luar Negeri

Liputan6.com 2023-04-14 16:09:32
Istri Rafael Alun Trisambodo, Ernie Meike Torondek. foto: Instagram @azazeldiablos

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencekal keluarga mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo dalam kasus dugaan gratifikasi penerimaan perpajakan.

Mereka yang dicekal ke luar negeri oleh KPK yakni Ernie Meike Torondek yang merupakan istri Rafael, kemudian Gangsar Sulaksono selaku adik Rafael, dan dua anak Rafael Alun selain Mario Dandy bernama Angelina Embun Prasasya dan Christofer Dhyaksa Darma.

Tak hanya keluarga Rafael Alun, KPK juga mencekal Kepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur Wahono Saputro. Jadi total KPK mencekal lima orang dalam kasus ini.

"Saat ini KPK telah mengajukan tindakan cegah agar tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terhadap 5 orang yang diduga memiliki keterkaitan dengan proses penyidikan perkara Tersangka RAT (Rafael)," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (14/4/2023).

Ali mengatakan, pengajuan pencekalan sudah dilakukan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham. Pencekalan ke luar negeri berlaku untuk enam bulan ke depan sampai dengan September 2023 dan dapat diajukan perpanjangan yang kedua sesuai kebutuhan penyidik.

"Para pihak yang dicegah diharapkan kooperatif hadir dan jujur menyampaikan seluruh hal yang diketahuinya terkait dugaan perbuatan penerimaan gratifikasi dari Tersangka RAT," kata Ali.

Sebelumnya, mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia diduga menerima USD 90 ribu atau sekitar Rp 1,3 miliar melalui perusahaan konsultan pajak miliknya.

Ketua KPK Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri mengatakan, kasus ini bermula saat Rafael diangkat menjadi Kepala Bidang Pemeriksaan, Penyidikan, dan Penagihan Pajak pada Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jawa Timur I pada 2011.

"Dengan jabatannya tersebut diduga RAT (Rafael Alun) menerima gratifikasi dari beberapa wajib pajak atas pengondisian berbagai temuan pemeriksaan perpajakannya," ujar Firli dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (3/4/2023).

Firli mengatakan, Rafael juga diduga memiliki beberapa usaha yang satu diantaranya PT Artha Mega Ekadhana (PT AME) yang bergerak dalam bidang jasa konsultansi terkait pembukuan dan perpajakan.

Firli mengatakan, pihak yang menggunakan jasa PT AME adalah para wajib pajak yang diduga memiliki permasalahan pajak. Menurut Firli setiap kali wajib pajak mengalami kendala dan permasalahan dalam proses penyelesaian pajaknya, Rafael diduga aktif merekomendasikan PT AME.

"Sebagai bukti permulaan awal, tim penyidik menemukan adanya aliran uang gratifikasi yang diterima RAT sejumlah sekitar US$ 90 ribu yang penerimaannya melalui PT AME dan saat ini pendalaman dan penelurusan terus dilakukan," kata Firli.


Rafael Alun Dijerat Pasal Gratifikasi

Atas perbuatannya, Rafael disangka melanggar Pasal 12B UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

KPK juga memastikan bakal menjerat mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisamboso dengan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

"TPPU tentu, kita akan lakukan sebagaimana kita pernah sampaikan bahwa kita dapat melakukan TPPU karena asal mula tindak pidana tersbut adalah tindak pidana korupsi," ujar Ketua KPK Komjen Pol Firli Bahuri di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (3/4/2023).

Kini, Rafael Alun sudah dijerat pasal gratifikasi, pemerimaan hadian atau janji terkait pemeriksaan perpajakan. Pidana awal Rafael sudah ditetapkan oleh KPK.

Firli mengatakan, penerapan pasal TPPU dilakukan untuk memulihkan kerugian keuangan negara.

"Tentu ini akan kita lakukan. Kita lekatkan TPPU itu dengan tipikor yang ada, karena sesungguhnya, penerapan TPPU ini menjadi penting karena sesungguhnya dengan TPPU maka kita akan dapat meningkatkan aset recovery dan dapat meningkatkan pendapatan keuangan negara," kata Firli.

"Karena pada prinsipnya banyak orang tidak takut dengan lamanya (penjara) tapi para koruptor itu dia (takut) apabila dimiskinkan," Firli menandaskan.

DPO Narkoba Jadi Anggota DPRD

Fakta-Fakta Mukmin Mulyadi DPO Kasus Narkoba Jadi Anggota DPRD Tanjung Balai

Liputan6.com 2023-04-14 12:38:43
CUMA DI INDONESIA, DPO NARKOBA MUKMIN MULYADI DILANTIK JADI ANGGOTA DPRD SUMUT

Sebelum dilantik menjadi Anggota DPRD Kota Tanjung Balai, Mukmin Mulyadi menjadi daftar pencarian orang (DPO) Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatra Utara (Sumut) sejak Oktober 2020.

Adapun Anggota DPRD Tanjung Balai dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mangkir dari pemeriksaan Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut. Hal itu lantaran Mukmin Mulyadi sakit, demikian dikutip dari laman Merdeka.com, ditulis Jumat (14/4/2023).

"Informasi karena sakit jadi tidak hadir dalam pemanggilan pemeriksaan," ujar Juru Bicara Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Kamis, 13 April 2023.

Polisi akan memanggil ulang Mukmin Mulyadi untuk menjalani pemeriksaan di Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut pekan depan usai mangkir pemeriksaan yang telah dijadwalkan.

"Iya dijadwalkan ulang," ujar Hadi.

Berikut sejumlah fakta-fakta Mukmin Mulyadi, Anggota DPRD Tanjung Balai DPO kasus narkotika:

Mukmin Mulyadi dilantik menjadi anggota DPRD Kota Tanjung Balai melalui proses pergantian antar waktu (PAW) pada Maret 2023. Pelantikan Mukmin menjadi Anggota DPRD dalam proses PAW sempat menuai kritik karena dirinya menjadi buronan polisi atas kasus narkotika.

Sebelum jadi anggota DPRD Tanjung Balai, Mukmin Mulyadi telah masuk dalam daftar pencarian orang Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut sejak Oktober 2020. Ia terlibat dalam kasus kepemilikan pil ekstasi sebanyak 2.000 butir.

Mengutip Merdeka.com, Bendahara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumatra Utara, Zeira Salim menuturkan, pihaknya akui kecolongan terkait kasus yang menjerat nama kadernya itu.

"Awalnya kami juga tidak tahu kalau dia (Mukmin Mulyadi) masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) karena mekanisme aturan mengenai pelantikan telah dijalankan. Hal ini termasuk SKCK dari pihak kepolisian dan pengadilan," ujar Salim.


Langkah PKB

Pihaknya akan segera ambil tindakan khusus mengingat PKB Sumut telah mengetahui bila Mukmin Mulyadi jadi buronan polisi.

Saya bilang, kalau dia memang statusnya sudah terdakwa, maka sesuai dengan aturan partai apalagi terkait narkoba, harus dilakukan hukuman mulai pemecatan dari pemberhentian dari DPRD maupun partai," ujar Salim.

Ia mengatakan, dari kasus ini, pihaknya mengambil hikmah sebagai pelajaran ke depan agar tidak kembali terulang. PKB Sumut akan meminta seluruh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) untuk menyelidiki rekam jejak kadernya.

"Ini jadi atensi kami juga. Jangan sampai ini merusak kami karena ini sebelum dia menjadi anggota DPRD. Jadi kami ada kebobolan terkait mekanisme ini. Kami merasa perlu untuk pengangkatan ini diperketat," tutur dia.

Reporter: Uga Andriansyah, Adrian Juliano

Sumber: Merdeka.com


Polda Metro Jaya Bongkar Kasus Narkoba di Bekasi, Barang Bukti Sampai 3 Truk

Sebelumnya, Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus peredaran narkotika di Kota Bekasi. Dengan mengamankan barang bukti di lokasi penyimpanan narkoba.

"Benar adanya pengungkapan tersebut di wilayah Kota Bekasi," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Jumat (7/4/2023).

Atas pengungkapan tersebut, Trunoyudo menyebut polisi berhasil mengamankan dan menyita barang bukti narkotika yang termuat dalam tiga truk siap diedarkan

"Barang bukti yang diangkut oleh Direktorat Reserse Narkoba sebanyak 3 truk," ungkapnya.

Namun demikian, ia belum bisa merinci terkait pengungkapan tersebut. Sehingga, meminta semua kronologi sampai modus kejahatan akan disampaikan melalui konferensi pers.

"Nanti akan disampaikan melalui press conference oleh Direktorat Reserse Narkoba. Sekarang prosesnya tentu pendalaman," pungkasnya.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

Dikait-kaitkan dengan Isu Narkoba

Rose Blackpink Dikait-kaitkan dengan Isu Narkoba Usai Foto Bareng Kang Dong Won, YG Entertainment Sebut Ini Fitnah dan Langgar HAM

Liputan6.com 2023-04-14 09:16:37
Rose Blackpink. (Instagram/ roses_are_rosie)

Gara-gara sebuah foto, Rose Blackpink diterpa macam-macam rumor. Foto yang dimaksud, dibagikan eks Chief Creative Officer Burberry Riccardo Tisci pada 11 April lalu.

Dalam potret tersebut ditampilkan sang member Blackpink tengah berkumpul dengan sejumlah orang di satu ruangan. Salah satunya, adalah aktor Kang Dong Won.

Karena foto ini, rumor Rose Blackpink berkencan dengan sang aktor mencuat. Tak cuma itu, ada pula warganet yang menuding bahwa ada narkoba yang digunakan dalam acara kumpul-kumpul ini.

Diwartaan Allkpop, Jumat (14/4/2023), Riccardo Tisci langsung menghapus foto ini dari akun Instagram miliknya.

Sementara itu agensi Rose, YG Entertainment, tak tinggal diam. Pihaknya membantah keras isu yang beredar liar mengenai sang pelantun "On The Ground."

"Kami menyampaikan bahwa rumor yang diasosiasikan dengan Rose Blackpink yang beredar di sejumlah komunitas online, media sosial, dan lainnya, jelas-jelas merupakan informasi keliru," kata perwakilan agensi, diwartakan Soompi.


YG Sebut Isunya Langgar HAM dan Memfitnah Rose Blackpink

Tak berhenti sampai di sini, pihak agensi juga mengancam akan mengambil tindakan hukum.

"Kami akan mengambil langkah hukum menghadapi tindakan yang melanggar hak asasi manusia dan merupakan fitnah terhadap artis dari agensi kami," kata juru bicara YG Entertainment.


YG Entertainment Ogah Kasih Keringanan

Ditambahkan, "Kami saat ini sedang memonitor dengan ketat siapa yang menciptakan serta menyebar rumor ini, dan akan mengambil langkah hukum yang tegas tanpa keringanan atau perdamaian."


Blackpink Tampil di Coachella Tanggal 15 dan 22 April 2023

Sementara itu, saat ini Rose Blackpink tengah mempersiapkan diri untuk tampil di Coachella 2023 bersama ketiga rekan segrupnya. Blackpink akan menjadi headliner atau penampil utama festival musik kondang yang akan digelar pada akhir minggu selama dua pekan mulai hari ini.

Blackpink sendiri akan menjadi penampil utama untuk tanggal 15 dan 22 April.

Ancam Ikat Kaki Ayahnya

Ayu Ting Ting Ancam Bakal Ikat Kaki Ayahnya yang Masuk Rumah Sakit Akibat Kelelahan Jika Kembali Pergi ke Pasar di Pagi Hari

Liputan6.com 2023-04-14 03:00:00
Potret Kondisi Ayah Ojak di RS Didampingi Ayu Ting Ting (Sumber: Instagram/ayutingting92)

Ayu Ting Ting sempat menunjukkan kekhawatirannya saat sang ayah, Abdul Rozak yang akrab disapa Ayah Rozak atau Ayah Ojak, harus berbaring di rumah sakit lantaran mengalami demam. Hal ini tentu membuat Ayu Ting Ting cemas.

Setelah memperlihatkan kondisi sang ayah melalui media sosial, Ayu Ting Ting sempat membeberkan penyebab Ayah Ojak mengalami demam. Rupanya, Abdul Rozak mengalami kelelahan akibat kegiatan di pagi hari.

Dalam sebuah acara televisi yang dipandunya, Ayu Ting Ting sambil memanjatkan doa, mengungkapkan bahwa sang ayah kerap pergi ke pasar selama bulan Ramadhan 2023 ini. Kegiatannya itu dilakukan setelah sahur.

Namun dalam momen yang sama, Ayu Ting Ting secara mengejutkan menyampaikan keluhannya terhadap sang ayah. Ia mengaku tak mau Ayah Ojak kembali mengulang kegiatannya itu setelah nanti benar-benar pulih dan keluar dari rumah sakit.


Doa Ayu Ting Ting untuk Ayah Rozak

Terlihat selama acara televisi bertajuk Brownis itu, Ayu Ting Ting mendoakan Ayah Ojak agar bisa segera pulih dari sakitnya.

"Ayah, cepat sembuh ya. Dia masuk rumah sakit. Soalnya demam tinggi," ujar Ayu Ting Ting, seperti terlihat melalui potongan video di akun TikTok @tempatkorun, diunggah belum lama ini.


Ayu Ting TIng Tak Segan Memprotes Ayahnya di Depan Publik

Namun seketika itu juga, Ayu Ting Ting terlihat emosional sambil menjelaskan penyebab ayahnya bisa dirawat di rumah sakit.

"Jadi, setiap hari habis sahur, dia enggak tidur. Mengaji sampai jam 7. Habis itu, langsung pergi ke pasar. Apa aja disiangi (dibersihkan). Gue mah heran," celetuk Ayu Ting Ting.


Peringatan Ayu Ting Ting kepada Sang Ayah

Lebih lanjut, Ayu Ting Ting secara tak terduga menyampaikan peringatan bernada ancaman halus kepada Ayah Ojak jika kegiatan tersebut diulangi lagi setelah ayahnya sembuh.

"Makanya, enggak usah ke pasar melulu! Besok-besok gue kunci, gue ikat kaki lu!" ceplos ibu satu anak itu dengan gaya bicara emosional.

Bawa AC buat Mendinginkan Hati Fadly Faisal

Thariq Halilintar Bawa AC ke Rumah Fadly Faisal saat Menghadiri Acara Bukber: Buat Mendinginkan Hatimu yang Panas

Liputan6.com 2023-04-14 13:30:00
Thariq Halilintar positif Covid-19 kali ketiga. (Foto: Dok. Instagram @thariqhalilintar)

Kandasnya hubungan Thariq Halilintar dengan Fujianti Utami Putri alias Fuji, tak membuatnya putus silaturahmi dengan kakak sang mantan kekasih, Fadly Faisal. Keakraban Thariq Halilintar dengan Fadly Faisal terlihat kala kakak Fuji sedang menggelar acara buka puasa bersama.

Tampak ketika Fadly Faisal sedang menggelar bukber di rumah barunya, Thariq Halilintar ikut datang. Acara yang juga disebut sebagai house warming itu, sempat diabadikan di media sosial Thariq dan Fadly Faisal serta diwarnai oleh satu momen menggelitik.

Melihat video pendek di Instagram Stories Thariq Halilintar pada Rabu (12/4/2023), adik Atta Halilintar mengucapkan selamat kepada pria yang akrab disapa Ai itu karena kini telah memiliki rumah baru.

Kalimat yang cukup menggelitik terdengar ketika Thariq Halilintar menyampaikan bahwa ia membawa AC (air conditioner) untuk diberikan kepada Fadly Faisal. Alasan Thariq pun tak kalah menggelitik.


Ucapan Selamat Thariq Halilintar untuk Fadly Faisal

Dalam percakapannya, terdengar Thariq dan Ai sudah sangat akrab hingga mereka berdua melontarkan candaan bak sahabat dekat.

"Ai, Ai, congrats ya!" ujar Thariq Halilintar lantang.

"Thank you, Thariq, meskipun lu lama banget datengnya, gue kecewa," ceplos Fadly Faisal bercanda.


Thariq Bawa AC untuk Fadly Faisal Sambil Jelaskan Alasannya

Setelah itu, Thariq memamerkan sebuah AC baru yang ia bawa untuk dipasang di rumah Fadly Faisal. Sebuah candaan dari Thariq pun terlontar kepada kakak Fuji.

"Setidaknya aku bawa AC-lah untuk mendinginkan hatimu yang panas," celetuk Thariq.

Meskipun Thariq memberikannya sambil diselingi candaan, Fadly Faisal tetap mengucapkan terima kasih kepada Thariq.


Fadly Faisal Unggah Ulang Momen Bersama Thariq

Setelah acara berjalan, Fadly mengunggah ulang momen bersama Thariq tersebut melalui Instagram Stories miliknya.

Acara buka puasa bersama di rumah Fadly Faisal itu juga dihadiri oleh Adhisty Zara dan Marissya Icha.

Gak Mau di Zona Nyaman

Arya Saloka Isyaratkan Hengkang dari Ikatan Cinta Susul Amanda Manopo: Pamit dari Apa yang Gue Kerjakan, Gak Mau di Zona Nyaman Terus

Liputan6.com 2023-04-14 12:00:11
Arya Saloka isyaratkan pamit dari Ikatan Cinta (Foto: Instagram arya.saloka)

Arya Saloka kembali dikabarkan keluar dari sinetron Ikatan Cinta. Hal ini disebabkan unggahan video pada akun Instagram, Kamis (13/04/2023). Suami Putri Anne ini membuat video pendek yang berisi ungkapan pamit dari proyek yang ia kerjakan.

"Ini sebenarnya sedikit berat mengungkapkan apa yang ingin gue sampaikan. Sudah gue pikirkan sejak lama sebenarnya," ungkap Arya dalam video. "Ketika memutuskan ini, berat juga. Gue enggak mau ada di zona nyaman terus. Gue pamit dari apa yang gue kerjakan," ungkapnya.

Sepanjang video, ayah satu anak ini tidak menyebutkan judul Ikatan Cinta sama sekali. Namun, video ini memakai backsong "Tanpa Batas Waktu" milik Fadly, yang merupakan soundtrack Ikatan Cinta. Selain itu, dalam video muncul adegan Arya dan Amanda Manopo saat berlakon dalam sinetron yang tayang sejak Oktober 2020.

Sekitar dua pekan terakhir sosok Arya tidak muncul dalam Ikatan Cinta. Diketahui, Arya baru saja menjalankan ibadah umrah. Dalam tayangan sinetron, karakter Aldebaran Alfahri yang diperankannya pun juga diceritakan melakukan umrah.


Berat

Arya mengaku ini keputusan yang tak mudah. "Berat, tapi gue harus mengungkap ini. Terima kasih atas support kalian semua," kata pria 31 tahun ini. Arya mengaku bukan tipe artis yang suka klarifikasi. "Gue bukan orang yang suka klarifikasi, tapi gue sepertinya perlu ngomong ini karena kalian selalu support apa yang gue kerjakan," jelasnya.

Lebih lanjut, Arya minta fansnya tidak bersedih dan terus mengikuti karyanya. "Jangan bersedih hati. Insya Allah bertemu lagi di project lainnya," tukasnya.


Kalau Benar..

Sejumlah warganet pun dibuat penasaran. Bertanya-tanya apakah yang dimaksud Arya benar-benar mundur dari Ikatan Cinta.

"Kalo bener pamit dari IC hahaa lucu juga ya baru kali ini ada sinetron yg bisa di tinggal kan pemain utama skaligus," tulis akun dewina****.

Pada Januari 2023 lalu, Amanda Manopo sang aktris utama terlebih dulu mundur. Karakter Andin yang diperankannya dikisahkan meninggal dunia.

Beberapa fans malah memberi support Arya jika benar mundur dari Ikatan Cinta. "Kalo mau pamit dari Ikatan cinta aku dukung banget loh pak.." tulis nara_fi***.


Bukan Kali Pertama

Ini bukan pertama kali Arya Saloka dikabarkan mundur dari Ikatan Cinta. April tahun lalu, karakter Al yang diperankannya mengalami kecelakaan pesawat saat melakukan perjalanan bisnis ke Amerika Serikat.

Namun empat bulan kemudian, Al ditemukan masih hidup. Arya pun melanjutkan perannya sebagai Al. Kini publik pun menantikan apakah Arya sungguh cabut dari Ikatan Cinta, atau sekadar gimmick.

Ledakan Bunuh 18 Ribu Ekor Sapi

Ledakan di Peternakan Texas AS Membunuh 18 Ribu Ekor Sapi

Liputan6.com 2023-04-14 08:23:08
Ilustrasi sapi (iStockPhoto)

Sekitar 18.000 ekor sapi tewas dalam sebuah ledakan di peternakan sapi perah di Texas, Amerika Serikat (AS), pada awal pekan ini. Hal tersebut diungkapkan pihak berwenang setempat.

Ledakan yang terjadi di South Fork Dairy dekat kota Dimmitt itu juga menyebabkan satu orang dalam kondisi kritis.

Kantor Sheriff County Castro mengatakan bahwa mereka telah menerima laporan tentang kebakaran di peternakan tersebut pada Senin sekitar pukul 19.21 waktu setempat.

Foto yang diunggah oleh kantor sheriff menunjukkan kepulan asap hitam yang membubung dari tanah.

Ketika polisi dan personel darurat tiba di lokasi, mereka menemukan satu orang terjebak yang harus diselamatkan dan diterbangkan ke rumah sakit dalam kondisi kritis.

Kepada kantor berita lokal KFDA, Sheriff Sal Rivera mengatakan bahwa sebagian besar ternak hilang setelah kobaran api menyebar ke area tempat sapi ditahan sebelum dibawa ke area pemerahan dan kemudian ke kandang penampungan.

"Ada beberapa yang selamat," kata Rivera seperti dilansir BBC, Jumat (14/4/2023). "Ada beberapa yang mungkin terluka sampai pada titik di mana mereka harus dimusnahkan."


6,5 juta Ternak Terbunuh Akibat Kebakaran Sejak 2013

Rivera mengatakan kepada KFDA, para penyelidik meyakini bahwa api kemungkinan berasal dari mesin yang disebut "honey badger".

"Mungkin terlalu panas dan mungkin metana dan hal-hal semacam itu menyala, menyebar, dan meledak," ungkap Rivera.

Institut Kesejahteraan Hewan (AWI) yang berbasis di Washington DC mengatakan bahwa -jika terkonfirmasi- kematian 18.000 ekor sapi "sejauh ini" menjadi kebakaran paling mematikan yang melibatkan ternak sejak catatan statistik dimulai pada tahun 2013.

"Kami berharap industri akan tetap fokus pada masalah ini dan sangat mendorong peternakan untuk mengadopsi langkah-langkah keselamatan kebakaran yang masuk akal," kata Allie Granger, rekanan kebijakan untuk program hewan ternak AWI. "Sulit membayangkan sesuatu yang lebih buruk daripada dibakar hidup-hidup."

Menurut AWI, hampir 6,5 juta ternak terbunuh akibat kebakaran sejak tahun 2013, di mana sekitar 6 juta adalah ayam dan sekitar 7.300 adalah sapi.

Antara 2018 dan 2021, hampir 3 juta hewan ternak di AS mati dalam kebakaran, dengan 1,76 juta ekor ayam mati dalam enam kebakaran terbesar selama periode tersebut.

COVID Arcturus Masuk Indonesia

HEADLINE: COVID Arcturus Sudah Masuk di Indonesia, Antisipasi Kemenkes?

Liputan6.com 2023-04-15 00:00:09
Apa Saja Gejala COVID Arcturus, Varian Virus Corona yang Sudah Menginfeksi 2 Kasus di Indonesia? Foto: (Ade Nasihudin/Liputan6.com).

Di tengah tren kenaikan kasus COVID-19 di Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi bahwa Indonesia sudah kemasukan subvarian XBB.1.16 atau COVID Arcturus. Bukan cuma satu tapi dua kasus.

"Ada dua kasus (subvarian COVID Arcturus)," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI, Siti Nadia Tarmizi pada Kamis, 13 April 2023 sore hari.

Temuan kasus COVID Arcturus di Indonesia terjadi bukan barusan melainkan pada akhir Maret 2023. Kini, kedua orang yang terinfeksi varian tersebut sudah dinyatakan sembuh.

"Iya kasus akhir Maret ya. Semua sudah sembuh saat ini," kata Nadia lewat pesan singkat ke Health-Liputan6.com.

Dua orang yang terinfeksi Arcturus tersebut berasal dari Jakarta Selatan dan Jakarta Utara. Salah satunya, memiliki riwayat perjalanan dari India pada pertengahan Maret 2023. Seperti diketahui, subvarian ini disebut biang kerok kenaikan kasus di negara itu.

"Nah, dua kasus terkonfirmasi ini, yang kemarin itu satu yang laki-laki umur 56 tahun. Itu ada perjalanan riwayat luar negeri, India," ungkap Juru Bicara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Mohammad Syahrill kepada Health Liputan6.com melalui sambungan telepon pada Jumat, 14 April 2023.

Laki-laki berinisial TSH ini terindentifikasi positif Arcturus berdasarkan pengambilan sampel pada 24 Maret 2023 di Laboratorium GSI Jakarta. Ia telah menerima suntikan vaksin COVID-19 sebanyak 3 dosis, masing-masing Sinovac, Sinovac, dan AstraZeneca.

"Tapi beliau ini tidak dirawat, melainkan isolasi mandiri dan sekarang sudah dinyatakan sembuh gituya."

Kemenkes telah melakukan pelacakan kasus terhadap tiga orang yang mengalami kontak erat, yakni istri dan dua anak.

"Istrinya mengalami gejala batuk dan pilek, tapi hasil penyelidikan epidemiologi negatif. Sedangkan kedua anaknya tanpa gejala dan negatif," kata Syahril mengutip Antara.

Sementara itu, kasus kedua subvarian Arcturus adalah perempuan usia 30-an tahun berinisial NFA. Positif COVID-19 usai menjalani tes PCR pada 27 Maret 2023 dan tidak memiliki riwayat perjalanan luar negeri.

Perempuan ini sempat dirawat di rumah sakit selama 6 hari lantaran nafsu makan turun. Kini, ia sudah pulang dan dinyatakan sembuh dari infeksi subvarian Arcturus.

"Kasus yang kedua adalah perempuan usia 30 tahun. Dia dirawat di rumah sakit karena ada gejala sekaligus nafsu makan turun sehingga diperlukan infus," tutur Syahril.

"Dirawat selama 6 hari dan sekarang sudah pulang dan dinyatakan sembuh (dari COVID Arcturus) juga."


Gejala COVID Arcturus Kasus di Indonesia

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Ngabila Salama mengungkapkan gejala yang dialami pada dua warga DKI yang terinfeksi Arcturus. Pada pasien pertama laki-laki berusia 56 tahun mengalami gejala yang ringan.

"Pasien pertama domisili Jakarta Selatan. Gejalanya ringan, ada batuk, pilek sama nyeri otot. Dia punya riwayat komorbid hipertensi," ungkap Ngabila melalui pesan singkat yang diterima Health Liputan6.com pada Jumat, 14 April 2023.

Sementara itu, pada kasus kedua, yakni perempuan usia 34 tahun yang dirawat di rumah sakit. Ia mengalami gejala batuk kering dan muncul anosmia (kehilangan penciuman).

Anosmia ini dialami saat dirawat di rumah sakit selama 6 hari.

"Gejalanya demam menggigil, mual muntah, sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk kering, anosmia. Itu pas dirawat di rumah sakit baru muncul anosmia," terang Ngabila.

Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Tjandra Yoga Aditama menjelaskan pada seperti subvarian Omicron pada umumnya maka gejala bila terinfeksi Arcturus termasuk ringan. Lalu, Yoga menuturkan bahwa tidak ada gejala yang khas antara Arcturus dengan varian lain.

"Cara penularan sama seperti COVID-19 pada umumnya. Tentang gejala, tidak ada gejala yang khas, yang membedakan Arcturus dengan varian-varian lain," katanya kepada Health Liputan6.com.

"Jadi, secara umum sama saja seperti gejala COVID pada umumnya."

Meski begitu, Tjandra mengatakan memang sebagian varian COVID-19 memiliki gejala seperti badan yang tidak terlalu panas atau sebagian kurang batuknya. Namun, tidak secara spesifik berbeda antara satu varian dengan varian lainnya.

Sehingga, untuk memastikan seseorang terinfeksi subvarian apa mesti dilakukan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS).


Potensi Penularan COVID Arcturus Cepat, Waspada Penting

Epidemiolog Grifftith University Australia, Dicky Budiman, menuturkan dirinya tak heran ketika COVID Arcturus sudah masuk Indonesia. Hal ini lantaran subvarian tersebut memiliki kemampuan penularan yang cepat, pemicu jumlah kasus naik.

"Ketika ini terjadi di India dan menyebar di hampir 22 negara dalam waktu yang relatif singkat, saya sampaikan, kalau bicara Indonesia tinggal nunggu waktu," kata Dicky.

Hal senada juga disampaikan Yoga. Namun, di balik tingkat penularan yang cepat, sebagian besar kasus punya akibat infeksi COVID Arcturus yang ringan.

"Data yang ada memang menunjukkan Arcturus lebih mudah menular sehingga jumlah kasus dapat saja meningkat, tetapi sebagian besar kasusnya adalah ringan. Jadi, kalau toh kasus bertambah maka tidak akan separah dulu," lanjut Yoga.

Meski begitu, Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mengungkapkan masyarakat perlu waspada terhadap subvarian Omicron ini.

"XBB.1.16 Arcturus, is the next Omicron variant to watch (XBB.1.16 Arcturus adalah varian Omicron berikutnya untuk diperhatikan)" sambung Tjandra.

Meski jumlah orang yang sudah divaksinasi COVID-19 tinggi tapi tidak menjamin tidak akan terinfeksi. Apalagi dengan subvarian yang lebih efektif dalam menembus imunitas orang yang sudah vaksinasi atau sudah terinfeksi seperti disampaikan Dicky Budiman.

Lalu, orang yang sudah divaksinasi tetap bisa membawa virus termasuk subvarian COVID Arcturus dan membahayakan kelompok rentan seperti lanjut usia, komorbid, dan kelompok orang yang belum divaksinasi.


Tren COVID Indonesia Naik, Apa karena Arcturus?

Beberapa hari terakhir kasus COVID-19 Indonesia bergerak naik ke angka 300-an, 400, 500, lalu pernah 619 dan turun lagi ke 565 dan 494.

Pada 12 April, kasus hariannya nyaris 1.000. Angka kematian harian juga sudah lama di bawah 10 dan bahkan di bawah 5 kematian, tetapi kembali menjadi dua digit yakni 14 kematian pada 13 April.

Lalu, apakah kenaikan kasus COVID-19 ini karena Arcturus sudah masuk Indonesia? Di negara lain, India misalnya, usai kemasukan Arcturus membuat jumlah kasus di sana melonjak.

Mohammad Syahril menjelaskan bahwa kenaikan kasus termasuk hal yang bisa terjadi karena kondisi masih pandemi COVID-19.

Terkait kenaikan kasus akhir-akhir ini, Syahril menuturkan bisa jadi karena varian lama maupun kehadiran COVID Arcuturs.

"Nah, kenaikan kasus itu ada dua hal yang menyebabkan. Pertama, bisa jadi varian yang lama ya, karena kita kurang disiplin, lalu dia menyebar lagi gitu," katanya.

"Yang kedua, pengalaman kita yang lalu. Beberapa negara memang ada kenaikan kasus karena ada subvarian baru. Dulu kita lihat kan ada Delta, Omicron, dan ada macam-macam lainnya, termasuk ini yang baru (COVID Arcturus)."


Hadapi COVID Arcturus, Kemenkes Minta Masyarakat Segera Booster

Mengingat munculnya COVID Arcturus dan kenaikan kasus COVID, Nadia pun mengimbau masyarakat untuk menjalankan vaksinasi boosterguna melindungi diri. Bila sudah divaksinasi, diharapkan tidak terjadi kondisi yang berat karena sudah mendapatkan suntikan vaksin.

"Tentunya kita mengimbau masyarakat untuk booster sebagai perlindungan diri. Kalau ada gejala mau tes sehingga mau untuk isolasi," ujarnya.

Imbauan untuk tes COVID-19 disampaikan lantaran akhir-akhir ini orang yang tidak sehat enggan melakukan tes COVID dan tetap menjalankan aktivitas sehari-hari. Hal ini bisa memicu penularan COVID-19 tanpa disadari.

"Yang terjadi, banyak yang merasa kondisi kurang sehat tapi tidak mau tes dan tetap beraktivitas, sehingga berpotensi menularkan ke orang lain," kata Nadia.

Hal serupa juga disampaikan Dicky Budiman. Vaksinasi booster perlu didapatkan terutama bagi orang-orang yang aktif dari sisi mobilitas dan pekerjaannya. Tak lupa, lanjut usia (lansia) dan komorbid juga penting untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga dan keempat.

Kenaikan kasus yang terjadi beberapa hari terakhir menunjukkan bahwa penularan virus Corona masih ada. Terlebih lagi, kondisi masih dalam pandemi.

Melihat kondisi ini, Syahril mengingatkan para pemudik untuk memakai masker. Penggunaan masker disarankan, apalagi diperkirakan akan ada 123 juta pemudik yang akan pulang ke kampung halaman.

"Kaitannya sama mudik, satu, COVID masih ada. Berarti kemungkinan penularan ada. Nah, karena penularannya melalui droplet (percikan), maka diharapkan masyarakat melakukan pencegahan dengan pakai masker," ucap Syahril.


Antisipasi COVID Arcturus Jelang Lebaran 2023

Mengingat tingkat penularan yang cepat maka antisipasi penyebaran COVID Arcturus perlu dilakukan. Dimulai dengan menerapkan protokol kesehatan. Jangan tinggalkan kebiasaan memakai masker dan mencuci tangan.

"Bukan karena PPKM sudah enggak ada dan pandemi mau dicabut jadi enggak pakai masker. Kalau di tempat ramai, ventilasi buruk, perjalanan jauh, ya pakailah masker, itu yang bisa melindungi. Kemudian, cuci tangan rutin, kebersihan diri, kelompok, dan kebersihan keluarga juga harus jalan."

"Nah itu yang perlu dilakukan supaya Lebaran kita aman," lanjut Dicky.

Ia juga mengingatkan ketika merasa kurang sehat tidak usah memaksakan diri menjalankan ritual ibadah selama Ramadhan. Lalu, saat buka bersama sebaiknya pilih tempat yang agak terbuka atau terbuka (outdoor).

Antisipasi penyebaran COVID Arcturus jelang Lebaran dapat dilakukan dengan pemilihan kendaraaan. Dicky menyarankan, jika mampu dan memungkinkan, maka lebih baik gunakan kendaraan pribadi.

"Ketika mudik Lebaran, kalau bisa memilih dan mampu pakai kendaraan pribadi. Juga bisa lebih awal mudiknya, selain menghindari macet juga untuk menghindari keramaian. Termasuk pas arus balik supaya tidak berdesak-desakan."

Saat sampai di lokasi, maka tidak disarankan untuk langsung berkontak fisik dengan keluarga terutama kakek nenek.

"Ketemu ya ketemu tapi jangan langsung peluk cium gitu, ya mandi dulu lah, bersih-bersih, kemudian lihat bagaimana kondisi kita, kalau nyeri nelen atau agak demam ya jangan dulu campur dengan keluarga, pakai masker."

"Masker itu tanda sayang dan peduli pada diri sendiri dan keluarga, bukan tanda sakit," ujar Dicky.