Berjalan 1.000 Km Mencari Tuhan

Kisah Penyanyi Prancis Memeluk Islam Usai Berjalan 1.000 Km Mencari Tuhan

Liputan6.com 2023-04-15 21:13:59
Penyanyi asal Prancis Julie Drolon memeluk agama islam setelah berjalan 1000 km, untuk mencari tuhan (Tangkapan layar dari website siasat.com)

Julien Drolon yang berusia 40 tahun ketika hijrah memeluk Islam adalah sosok berkepribadian menonjol dan unik. Ia berasal dari Nantes, Prancis.

Selama pencarian jati dirinya, Julien telah hijrah ke sejumlah agama mulai dari Buddha, Kristen, dan yang terakhir menjadi seorang Muslim pada 2012 lalu.

Mengutip dari siasat.com, Sabtu (15/4/2023), Julien Drolon adalah seorang mualaf asal Prancis yang tinggal di Kuala Lumpur, Malaysia. Dia adalah mantan reporter internasional dan penyanyi sekaligus penulis lagu.

Dalam sebuah wawancara dengan Halis Media--- (produksi media Malaysia), Julien mengisahkan perjalanannya menuju Islam, dan bagaimana dirinya merasa bertanggung jawab terhadap orang-orang di sekitarnya yang tidak mengakui Islam.

Halis Media merupakan media yang mempunyai visi memperkenalkan pesan murni kepada dunia melalui platform media paling inovatif, termasuk kisah Julien dan istrinya yang berkebangsaan Malaysia serta mantan penyanyi Opera Zara Shafie.

Semasa kecil Julien yang beragama kristen katolik begitu religius dan ingin menjadi seorang pendeta. Ketika masih merasa tidak puas menjadi seorang penganut katolik, sang ibu mengarahkan dia ke agama Buddha dan mengizinkan untuk bepergian pada usia 18 tahun.

Julien memiliki kesempatan untuk berkeliling dunia ke lebih dari 50 negara, dan Islam adalah agama terakhir yang terlintas di benaknya.

Pada generasi ibunya yang menganut katolik terjadi pengabaian karena berbagai alasan, tetapi mereka masih percaya pada Tuhan atau sesuatu yang bersifat spiritual. Dan pada 1990-an, dengan keyakinan kuat memaksa dirinya untuk pindah ke Buddha akibat sosok Dalai Lama.

Mereka menggunakan film untuk mempromosikan agama ini, dan Julien menyukai bagian meditasi damai dari Buddhisme, yang sangat mirip dengan kesendirian dalam Islam.

Julien menceritakan hal yang membuat dirinya mempertanyakan keyakinannya, "Jadi dulu saya menjadi penyanyi selama beberapa tahun. Ketika saya berada di Hong Kong untuk konser di sebuah festival, saya bermain di depan penyanyi favorit saya. Saya bertemu dengannya dan dia menghadiri konser. Saya merasa sangat rendah hati dan berpikir pasti ada sesuatu yang tidak beres dalam hidup saya," ucap Julien.

"Saya tidak tahu apa itu, tapi saya pikir, saya tidak benar. Tiba-tiba sesuatu membuatku sadar. Saya memiliki kehidupan yang baik dan segalanya. Tapi ada sesuatu yang hilang dalam hidupku. Saya tahu tidak menjalani hidup dengan cara yang benar. Saya tidak bisa mengatakan apa itu jadi pemicunya," tambahnya.


Memutuskan untuk Berjalan 1.000 Km

Julien memutuskan untuk berjalan 1.000 kilometer dari perbatasan Spanyol menuju pantai barat Spanyol. Dia menghabiskan waktu 30 hari.

"Itu adalah pengalaman yang baik karena saya mulai mencoba merenungkan Tuhan. Saya bertemu banyak orang Kristen di sepanjang jalan. Jadi itu adalah peristiwa besar karena saya berbicara dengan Tuhan sambil berjalan dan saya memintanya untuk mewujudkan dirinya dalam hidup saya. Saya ingin menemukannya. Dan saya percaya bahwa berjalan adalah bagian dari proses tersebut,"ujarnya.

Di akhir perjalanannya yang menempuh 1.000 km, Julien berbagi perasaanya, "Sayangnya, setelah berjalan 1.000 kilometer, saya tiba di Santiago de Compostela. Saya menghadiri sebuah upacara dan ada seorang pria Brasil yang datang ke arah saya dengan sepeda dan itu membuat saya takut. Kemudian saya mengatakan kepadanya sebuah penghinaan dalam bahasa Brasil dan dia juga menjawab dengan sesuatu yang buruk. Ketika dia merasa sangat buruk setelah berjalan 1.000 kilometer, saya pikir saya merasa lebih suci. Jadi setelah kejadian ini, saya sadar jalan kaki saja tidak cukup. Anda harus berjalan dengan sesuatu yang memberi Anda bimbingan untuk tidak menyakiti perasaan orang lain," katanya.


Pertama Kali Mendengar Islam

Julien pertama kali mendengar Islam ketika di Abu Dhabi.

"Ketika saya berada di Abu Dhabi, saya harus menunggu untuk mengejar penerbangan ke Filipina. Saya punya waktu enam jam. Saya naik taksi dan mendengar sebuah lagu -- lalu saya pikir itu sebuah lagu -- jadi saya bertanya kepada pengemudi 'Lagu apa ini?'. Itu benar-benar menyentuh hati. Dia menghentikan mobil dan berkata, saudara itu bukan lagu. Itu adalah Al-Qur'an. Dia kemudian memperingatkan saya 'saudara, jika ingin menyelamatkan diri dan keluarga dari api neraka jadilah muslim'," kata Julien.

"Setiap kali saya mendengar adzan di Siprus, Tanzania atau di Dar es Salaam, saya merasa ada sesuatu yang memberitahu saya, tetapi saya pikir itu adalah agama khusus orang Arab, jadi tidak terpikir oleh saya untuk bertanya tetapi saya pikir itu terdengar menarik di hati, tetapi saya tidak akan mencari tahu," tambahnya.

Ketika dia tinggal di Filipina dan memutuskan untuk menetap di sana, hal itu mengembalikan dia ke jalan menuju Tuhan dan dia kembali ke gereja.

Julien mencoba untuk kembali ke Kristen, dan setelah Ramadhan pada tahun 2012, dia mempelajari Islam di pusat tersebut. Dia berdoa kepada Tuhan dan berkata dia harus memilih salah satu dari dua agama.

Jadi Julien ikut sholat Idul Fitri dengan beberapa teman Muslim yang dia temui, tetapi dia bukan seorang Muslim pada saat itu.

Kemudian dia mengucapkan Syahadat secara online di TV, dan kemudian pergi ke kedutaan, menghadiri khotbah, dan mengucapkan dua Syahadat di depan semua orang.


Julien Terlibat Dalam Proyek Dakwah

Setelah Julian memberi tahu ibunya bahwa dia telah masuk Islam, ibunya mengatakan kepadanya, "Ini adalah hal terburuk yang bisa kamu alami".

"Alasannya bukan karena dia tidak keberatan saya menjadi seorang Muslim dan bukan Buddhis, melainkan karena Barat tidak berhenti menjual gagasan bahwa Islam menindas perempuan padahal kenyataannya kita tahu bahwa Islam telah membebaskan perempuan," tuturnya.

"Saya belum berbicara dengan ibu saya selama setahun penuh. Kami memiliki beberapa masalah, dan saya tidak berbicara dengan saudara saya selama beberapa tahun, tetapi sekarang semuanya sudah lebih baik, Alhamdulillah," kata Julien Drolon.

Lebih lanjut Julien menambahkan, "Tantangan semakin meningkat setelah saya menjadi seorang Muslim. Saya pindah ke Malaysia. Saya harus mengubah negara tempat tinggal saya, karena Filipina telah menjadi godaan besar (Fitna) bagi saya. Saya berhenti bekerja setelah satu tahun, dan saya memiliki setengah juta penggemar YouTube, dan saya memiliki banyak pengikut, tetapi kemudian saya menghentikan semuanya."

"Saya membuat video dengan Miss World dan beberapa aktris lainnya, tapi saya menghentikan itu, lalu pergi ke Malaysia dan memulai dakwah, seperti yang mereka katakan, sisanya adalah sejarah. Saya menikah dengan seorang wanita cantik Malaysia yang telah mendukung saya dalam semua usaha saya, dan dia telah menjadi khadijah saya sejak awal. Ketika Anda menyerahkan sesuatu kepada Allah, itu selalu baik untuk Anda, tetapi harus berkorban," tungkasnya.

Sejak 2012, Julien telah terlibat dalam beberapa proyek Dakwah termasuk New Muslim Care, yang menjawab kebutuhan mualaf pasca sertifikasi. Julian adalah Manajer Pengembangan Bisnis untuk perusahaan perdagangan pertanian yang menghadirkan peluang investasi di Asia.

Istri Julien, Zara Shafie, asal Malaysia, adalah mantan penyanyi soprano/jazz, tetapi setelah dia menemukan kembali Islam pada tahun 2013, dia meninggalkan industri musik. Dia sebelumnya bekerja sebagai manajer untuk acara minyak dan gas besar, kemudian meninggalkan dunia korporat untuk menjadi sukarelawan di proyek Dakwah.

Kode Suap 'Nganter Musang King'

Kode Suap untuk Wali Kota Bandung Yana Mulyana 'Nganter Musang King'

Liputan6.com 2023-04-16 06:41:29
Yana Mulyana diduga melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang 31/1999 juncto 20/2021 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (Liputan6.com/Angga Yuniar

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron membeberkan kode suap yang diterima Wali Kota Bandung Yana Mulyana terkait program Bandung Smart City melalui pengadaan CCTV dan jasa internet.

Ghufron menyebut, sekitar Januari 2023, Yana Mulyana bersama keluarga menerima fasilitas berlibur ke Thailand dari PT Sarana Mitra Adiguna (PT SMA). Saat itu Kepala Dinas Perhubungan Bandung Dadang Darmawan dan Sekretaris Dinas Perhubungan Bandung Khairul Rijal juga turut serta.

"YM (Yana Mulyana) juga menerima sejumlah uang dari AG (Andreas Guntoro-Manager PT SMA) melalui KR (Khairul) sebagai uang saku dan YM menggunakan uang saku tersebut dengan membeli sepasang sepatu merek LV," ujar Ghufron dalam jumpa pers di Gedung KPK, Minggu (16/4/2023).

Tak hanya Yana, menurut Ghufron, Kepala Dinas Perhubungan Bandung Dadang Darmawan juga saat itu menerima uang dari Andreas melalui Khairul karena memerintahkan pengubahan termin pembayaran kontrak pekerjaan jasa internet (ISP) senilai Rp 2,5 miliar dari tiga termin menjadi empat termin.

Setelah itu disepakati adanya pemberian uang untuk persiapan menyambut lebaran 2023 ini.

"Diperoleh informasi, penyerahan uang dari SS (Sony Setiadi-CEO PT Citra Jelajah Informatika (PT CIFO)) dan AG (Andreas) untuk YM (Yana) memakai istilah 'nganter musang king'," kata Ghufron.

Sebagai bukti awal penerimaan uang oleh Yana Mulyana dan Dadan Darmawan melalui Khairul Rijal senilai sekitar Rp 924,6 juta.

"Dari hasil pemeriksaan, tim KPK juga mendapatkan informasi dan data adanya penerimaan uang lainnya oleh YM selaku Wali Kota Bandung dari berbagai pihak yang masih akan terus didalami lebih lanjut," kata Ghufron.


KPK: Usai Yana Mulyana Terima Suap Terkait Bandung Smart City, Every Body Happy

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Yana Mulyana dijerat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lantaran diduga menerima suap berkaitan dengan program Bandung Smart City. Dia diduga sudah menerima Rp 924 juta berkaitan dengan pemaksimalan layanan CCTV dan jasa internet di Kota Bandung.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyebut, usai Yana bersama Kepala Dinas Perhubungan Bandung Dadang Darmawan menerima suap, Sekretaris Dinas Perhubungan Bandung Khairul Rijal sempat mengatakan kepada sekretaris pribadi Yana Mulyana yang bernama Rizal Hilman, 'every body happy,'.

"Setelah DD (Dadang Darmawan) dan YM (Yana Mulyana) menerima uang, KR (Khairul Rijal) menginformasikan kepada RH (Rizal Hilman) dengan mengatakan 'every body happy'," ujar Ghufron dalam jumpa pers di Gedung KPK, Minggu (16/4/2023) dini hari.

Ghufron membeberkan awal mula mereka menerima suap. Sekitar Agustus 2022, Manager PT Sarana Mitra Adiguna (PT SMA) Andreas Guntoro dan CEO PT Citra Jelajah Informatika (PT CIFO) Sony Setiadi menemui Yana Mulyana di Pendopo Wali Kota. Mereka berharap mendapat poyek pengadaan CCTV pada Dinas Perhubungan dan Dinas Komunikasi dan Informatika Bandung.

Pertemuan tersebut difasilitasi Khairul Rijal selaku Sekretaris Dinas Perhubungan Pemkot Bandung.

Kemudian pada Desember 2022 Sony Setiadi kembali menemui Yana Mulyana bersama dengan Khairul Rijal. Dalam pertemuan ini ada pemberian sejumlah uang dari Sony kepada Yana dan Dadang untuk mengondisikan agar PT CIFO mendapat proyek pengadaan jasa internet di Dishub Bandung.

Penerimaan uang terjadi melalui Rizal Hilman sekalu sekretaris pribadi sekaligus orang kepercayaan Yana Mulyana. Namun KPK tak merinci nominal uang yang diberikan Sony kepada Yana dan Dadang.

"Atas pemberian uang tersebut, PT CIFO dinyatakan sebagai pemenang proyek penyediaan jasa internet (ISP) di Dishub Pemkot Bandung dengan nilai proyek Rp2,5 miliar," kata Ghufron.


KPK Tetapkan 6 Tersangka dalam Kasus Suap Wali Kota Bandung Yana Mulyana

KPK menetapkan enam tersangka dalam kasus ini, mereka yakni Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bandung Dadang Darmawan, Sekretaris Dishub Bandung Khairul Rijal, Direktur PT Sarana Mitra Adiguna (PT SMA) Benny, Manager PT SMA Andreas Guntoro, dan CEO PT Citra Jelajah Informatika (PT CIFO) Sony Setiadi.

Yana, Dadang, dan Khairul yang dijerat sebagai penerima suap disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 200 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP.

Sementara Benny, Sony, dan Andreas selaku pemberi disangka melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP.

Terseret Kasus Dugaan Investasi Bodong

Nama Atta Halilintar Terseret Kasus Dugaan Investasi Bodong, Suami Aurel Hermansyah Ngaku Tak Pernah Promosikan Robot Trading Wahyu Kenzo

Liputan6.com 2023-04-15 12:40:58
Atta Halilintar. (Foto: Dok. Instagram @attahalilintar)

Ada delapan selebritis Tanah Air yang namanya terseret kasus dugaan investasi bodong robot trading milik Wahyu Kenzo, yang disebutkan oleh kuasa hukum pelapor, Zainul Arifin. Diketahui ada 820 korban Wahyu Kenzo yang mengalami kerugian bila ditotal sekitar Rp150 miliar.

Zainul Arifin, mendatangi Bareskrim Mabes Polri untuk membuat laporan terkait aliran dana kejahatan yang menyeret delapan selebritis, salah satunya Atta Halilintar.

Namanya disebut-sebut terkait robot trading, suami Aurel Hermansyah ini angkat bicara. Dilansir kanal YouTube Intens Investigasi, Jumat (14/4/2023).

"Ya enggak tahu ya karena mungkin kan banyak ya kalau ada acara semua diundang. Dari penyanyi, YouTuber, influencer, promoin susu misalnya. Kita diundang secara profesional," ungkap Atta Halilintar.


Atta Halilintar Tegaskan Tak Mungkin Tanyakan Asal Usul Uang Pembayaran

Ditegaskan Atta Halilintar, saat menerima undangan atau menerima sebuah pekerjaan dirinya tak pernah menanyakan secara gamblang uang yang untuk membayarnya berasal dari mana.

"Kita kan enggak mungkin nanyain ini dari mana, dari mana. Kayak sekarang saya diundang, saya enggak mungkin nanya ini duitnya dari mana. Saya diundang sebagai brand ambasador kah, atau sebagai influencer kah diundang," tambah Atta Halilintar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tak Pernah Mempromosikan Robot Trading Wahyu Kenzo

Terkait namanya terseret kasus dugaan robot trading Wahyu Kenzo, Atta Halilintar justru tak mengetahuinya. Sehingga ia belum bisa memberikan tanggapan terkait masalah tersebut.

"Belum bisa kasih jawaban karena kita sih enggak pernah yang gitu-gitu ya. Enggak pernah promo-promoin yang robot-robot gitu, enggak pernah. Kemungkinan juga kita ini doang, misalnya dibayar ada acara manggung, apa produknya ya kita enggak tahu," sambungnya.


H. Faisal Ogah Mengembalikan Uang Rp400 Juta dari Wahyu Kenzo

Nama H. Faisal juga ikut terseret kasus dugaan robot trading. Dengan tegas, H. Faisal tak mau mengembalikan uang yang telah masuk ke Yayasan Bersama Gala.

"Semua uang yang ada di yayasan itu sudah dihibahkan pada si Gala. Dan saya soal itu ndak ada masuk ke rekening saya. Ini nanti masyarakat bisa merasa kurang senang dengan orang-orang yang ngomong enggak karuan tentang masalah uang ini. Kenapa? Karena masyarakat menyumbang sukarela, ikhlas, nanti kalau Gala besar enggak mau lagi menempati rumah itu karena ada yang bicara soal pencucian uang. Pencucian uang apa? Enggak ada cucian uang, nanti sumbangan masyarakat mubazir. Semuanya transparan," papar H. Faisal.

Pamer Disopiri Susi Pudjiastuti

Krisdayanti Pamer Disopiri oleh Susi Pudjiastuti Saat Berada di Pangandaran: Jalan-Jalan Ngabuburit Cari Sunset

Liputan6.com 2023-04-16 15:02:30
Krisdayanti Pamer Disopiri oleh Susi Pudjiastuti Saat di Pangandaran: Soreku Istimewa. (instagram.com/krisdayantilemos)

Krisdayanti beberapa waktu lalu diketahui baru saja berkunjung ke Pangandaran, Jawa Barat. Di sana, penyanyi yang karib disapa KD, bertemu dan dijamu oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Krisdayanti menghabiskan sore harinya untuk berjalan-jalan sore sambil menunggu waktu maghrib. Momen tersebut dibagikan Krisdayanti melalui unggahan di Instagram.

"Jalan jalan ngabuburit cari sunset di pangandaran ," tulis Krisdayanti.

Yang uniknya, momen jalan-jalan sore keliling Pangandaran itu, Krisdayanti disopiri langsung oleh Susi Pudjiastuti.


Soreku Istimewa

Krisdayanti menyebut bahwa momen tersebut bahkan terasa sangat istimewa baginya. Hal yang sama juga disampaikan oleh Susi Pudjiastuti yang bisa mengajak Krisdayanti berkeliling.

"Soreku istimewa, sama ibu, ditemani ibu Susi," kata Krisdayanti sambil tertawa kegirangan naik mobil bak.

"Yes, aku sopirin, artis Ibu Kota, penyanyi populer, Krisdayanti. Disopirin oleh Susi Pudjiastuti," timpal Susi Pudjiastuti.


Ikut Bahagia

Momen tersebut membuat warganet yang melihatnya ikut bahagia. Mereka kemudian mendoakan agar Krisdayanti dan Susi Pudjiastuti senantiasa diberikan kesehatan.

"Masya allah mimi @krisdayantilemos bersama ibu susi.. sukses selalu dan sehat serta selalu dlm lindungan allah swt.. ayo tenggelamkan yang berbau bau kebusukan di ramadhan berkah," tulis @fitriyantisuroto.

"Mimiii..di pangandaran?..seneng didatengin diva, masyallah," timpal @uul_emaknya_moykyo.


Nikmati Sunset

Dalam unggahan lain, tampak Krisdayanti bersama dengan suami dan anak-anaknya menikmati indahnya matahari terbenam di sebuah pantai di Pangandaran.

"Sunset at the beach house in pangandaran," tulisnya.

Vespa untuk Dakwah

Tunjangan Kesepian Rp7,4 Juta per Bulan

Para Pemuda Kesepian di Korea Selatan Bakal Dapat Tunjangan Rp7,4 Juta per Bulan

Liputan6.com 2023-04-15 11:31:40
Ilustrasi Kesepian Credit: unsplash.com/Anthony

Kementerian Kesetaraan Gender dan Keluarga Korea Selatan mengumumkan bahwa mulai pekan ini akan meluncurkan sebesar 650 ribu won atau sekitar Rp7,4 juta per bulan untuk para pemuda yang kesepian. Biaya tersebut dikeluarkan dalam upaya untuk mendukung 'stabilitas psikologis dan emosional serta pertumbuhan yang sehat'.

Sekitar 3,1 persen orang Korea berusia 19 hingga 39 tahun adalah 'anak muda kesepian yang tertutup'. Mereka didefinisikan sebagai tinggal di "ruang terbatas, dalam keadaan terputus dari luar selama lebih dari jangka waktu tertentu, dan mengalami kesulitan nyata dalam hidup. kehidupan normal", menurut laporan kementerian, mengutip Institut Korea untuk Urusan Kesehatan dan Sosial.

Dikutip dari CNN, Jumat (14/4/2023), diperkirakan sekitar 338.000 orang di seluruh negeri mengalami kesemian, dengan 40 persen di antaranya mulai terisolasi sejak masa remaja, menurut kementerian. Berbagai faktor dianggap berperan, termasuk kesulitan keuangan, penyakit mental, masalah keluarga atau tantangan kesehatan.

Langkah-langkah baru ini secara khusus menargetkan kaum muda sebagai bagian dari Undang-Undang Dukungan Kesejahteraan Pemuda yang lebih besar. Tujuannya adalah untuk mendukung orang-orang yang dikucilkan dari masyarakat, serta kaum muda tanpa wali atau perlindungan sekolah yang berisiko menjadi nakal.

Tunjangan bulanan akan tersedia untuk anak muda penyendiri berusia 9 hingga 24 tahun yang tinggal di rumah tangga berpenghasilan di bawah rata-rata pendapatan nasional, yakni sekitar 5,4 juta won (sekitar Rp61 juta) per bulan, untuk rumah tangga yang terdiri dari empat orang.


Studi Kasus Kesepian

Para pemuda dapat mendaftar untuk program tersebut di pusat kesejahteraan administratif setempat; wali, konselor, atau guru mereka juga dapat mengajukan permohonan atas nama mereka.

"Pemuda yang tertutup dapat memiliki pertumbuhan fisik yang lebih lambat karena gaya hidup yang tidak teratur dan nutrisi yang tidak seimbang, dan kemungkinan besar akan menghadapi kesulitan mental seperti depresi karena kehilangan peran sosial dan adaptasi yang tertunda," kata kementerian tersebut, menekankan pentingnya 'dukungan aktif'.

Laporan pada Selasa, 11 April 2023, merinci beberapa studi kasus, termasuk seorang siswa muda yang menderita masalah kesehatan mental dan kesulitan bersosialisasi sejak remaja. Dia lalu berjuang untuk menyesuaikan diri dengan perguruan tinggi, tetapi memilih untuk tidak hadir, dan menarik diri lebih jauh dari kehidupan sosial.

Siswa lain menghadapi kekerasan dalam rumah tangga dan kelaparan di rumah -- membuatnya sulit untuk meninggalkan rumah atau menjalin hubungan dengan orang-orang di luar. Tidak ada individu yang identitasnya diungkap.


Fenomena Kesepian Juga Terjadi di Jepang

Laporan tersebut juga merinci rencana masa depan untuk tindakan lebih lanjut, seperti mendistribusikan pedoman kepada pemerintah daerah, meningkatkan jaring pengaman sosial remaja dan sistem deteksi dini, dan bekerja lebih erat dengan fasilitas kesejahteraan remaja seperti tempat penampungan atau pusat rehabilitasi.

Sejumlah kota dan pemerintah daerah sudah lebih dulu menerapkan sistem serupa di daerah mereka. Sebut saja Seoul, ibu kota negara, memiliki 'Reclusive Youth Support Project' yang menyediakan konseling kesehatan mental, pengembangan hobi dan pelatihan kerja, serta pembinaan kehidupan bagi kaum muda yang terisolasi.

Fenomena ini tidak hanya terjadi di Korea Selatan. Jepang memiliki masalah yang sama, dengan hampir 1,5 juta orang muda penyendiri yang kesepian, yang dikenal sebagai hikikomori, menurut survei pemerintah baru-baru ini. Beberapa keluar hanya untuk membeli bahan makanan atau untuk kegiatan sesekali, sementara yang lain bahkan tidak meninggalkan kamar mereka.

Ungkapan itu diciptakan di Jepang pada awal 1980-an. Pihak berwenang di negara itu telah menyatakan keprihatinan yang meningkat atas masalah ini selama dekade terakhir, tetapi Covid-19 telah memperburuk keadaan, demikian temuan survei tersebut.

Dari mereka yang disurvei, lebih dari seperlima menyebut pandemi sebagai faktor penting dalam gaya hidup tertutup mereka. Alasan umum lainnya yang dikutip adalah kehamilan, kehilangan pekerjaan, pensiun dan memiliki hubungan interpersonal yang buruk.


Ciri-Ciri Orang Kesepian

Rasa sepi kadang diperlukan untuk merenung dan berpikir. Tapi, kesepian tak selalu menyenangkan. Psikolog anak, remaja, dan keluarga Universitas Kristen Maranatha Bandung, Efnie Indriani mengungkapkan bahwa biasanya rasa sepi yang muncul tidak disadari oleh seseorang. Kerap kali orang tidak menyadari bahwa dirinya sedang kesepian.

Lalu sebenarnya, apa yang dibutuhkan oleh orang yang tengah dilanda kesepian? Menurut Efnie, saat merasa kesepian, seseorang sebenarnya akan lebih membutuhkan relasi yang melibatkan keterikatan emosional (emotional attachment).

"Biasanya orang yang kesepian lebih membutuhkan relasi yang memang memiliki emotional attachment yang sesungguhnya," kata Efnie melalui keterangan pada Health Liputan6.com ditulis Selasa, 8 November 2022.

Efnie menjelaskan bahwa kesepian bisa disebabkan oleh banyak hal. Umumnya, orang bisa merasa kesepian saat tidak ada orang-orang di sekitarnya yang benar-benar bisa masuk ke dalam hati. Tapi, fase tersebut tak selalu mudah. Hal ini lantaran untuk tidak merasa kesepian bersama orang-orang di sekitar Anda, dibutuhkan rasa nyaman dan chemistry yang terlibat.

"Seseorang bisa merasa kesepian saat ia merasa orang-orang di sekitarnya tidak ada yang bisa masuk ke dalam 'hati'-nya. Jadi, relasi yang terbentuk hanya bersifat perifer semata," kata Efnie. "Butuh chemistry memang agar seseorang bisa dirasakan sesuai dan bisa mengisi hati kita. Meskipun itu sebagai sahabat."

Gelar Open House Saat Lebaran

Beda dengan Jokowi, Gibran Rakabuming Bakal Gelar Open House Saat Lebaran dan Tak Batasi Pengunjung

Liputan6.com 2023-04-15 07:00:42
Gibran Rakabuming Raka usai menghadiri pertemuan dengan para PKL Sunday Morning Stadion Manahan Solo, Rabu (5/2).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Seiring meredanya pandemi Covid-19, di hari raya Idul Fitri 1444 H atau Lebaran di tahun ini tradisi open house sepertinya bakal semakin marak. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bahkan sudah mengungkapkan akan menggelar open house di rumah dinasnya di Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi.

Sebelum open house Gibran bakal melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjid Baitul Hikmah di kompleks Balai Kota Solo. "Iya wis, Mas Herwin sudah tak panggil, besok open house jam 9 ya habis salat Ied. Silakan, diperbolehkan kok," ujar Gibran Rakabuming di Balai Kota Solo, Jumat, 14 April 2023, mengutip laman merdeka.com.

"Di Loji Gandrung. Nanti salat Id dulu di sini, terus geser ke Loji. Silakan open house," sambung Gibran. Gibran juga mempersilakan warga Solo untuk hadir pada open house yang pertama kali digelar olehnya selama menjabat sebagai Wali Kota Solo.

"Sopo wae oleh. Sampe maemane ntek. (Siapa saja boleh datang, sampai makanannya habis)," katanya lagi. Usai open house Gibran mengaku ingin beristirahat bersama keluarga. "Leren, ojo ngganggu aku (istirahat, jangan ganggu saya)," ucapnya.

Saat disinggung ke mana Jan Ethes berlibur, Gibran enggan menyampaikan. "Rahasia, jangan diganggu. Liburannya enggak panjang soalnya," ungkap suami dari Selvi Ananda ini. Gibran juga mengaku kurang setuju dengan masa liburan saat ini, karena banyak hari libur sebelum hari raya.

Dia mengatakan, tidak ada imbauan apapun saat perayaan Lebaran tahun ini. Begitu juga terkait kegiatan open house. "Namanya open house ya datang saja. Silakan menikmati hidangan yang ada," ujar Gibran.


Jokowi Tak Gelar Open House

Ayah dua anak ini tidak akan membatasi masyarakat yang akan datang ke Loji Gandrung. Namun, dia lebih berharap hanya warga Solo atau para pemudik di Kota Solo yang hadir."Yo kalau bisa yang Solo saja. Atau yang mudik ke Solo. Nanti opornya cepat habis. Jam 10 selesai kan enggak lucu," katanya.

Gibran juga berjanji akan berbagi THR, jika ada rezeki. Keputusan tersebut berbeda dengan ayahnya, Presiden Jokowi (Joko Widodo) yang sebelumnya menyatakan tak menggelar open house Lebaran pada perayaan Hari Raya Idul Fitri mendatang. Meski begitu, Jokowi tak melarang bila ada pejabat atau masyarakat yang ingin melakukan tradisi open house saat Lebaran nanti.

"Ini kita kan sudah 3 tahun tidak buka puasa bersama, tidak open house, saya beri keleluasaan untuk semuanya bisa berjumpa dengan keluarga besarnya, bisa berjumpa dengan sahabat-sahabatnya tetangga-tetangganya," kata Jokowi di Depok, Jawa Barat, Kamis, 13 April 2023.

Selain bersiap menyambut Lebaran, Gibran Rakabuming juga disibukkan dengan kegiatannya di Persis Solo. Klub andalan Kota Solo itu bakal menggelar laga uji coba pra musim melawan tim luar negeri, sesuai dengan janji Gibran. Bisa jadi lawan yang diundang adalah klub asal Inggris, Manchester City di Stadion Manahan, Solo.


Gibran Renovasi Stadion Manahan

Setelah direnovasi, Stadion Manahan pun kini bisa dibilang sudah siap untuk menggelar acara bertaraf internasional. Secara keseluruhan, kesiapan dari segi fasilitas dan infrastruktur, kualitas Stadion Manahan sudah memenuhi syarat dan spesifikasi yang telah ditetapkan dalam ketentuan FIFA.

Menurut Gibran Rakabuming, rampungnya proses renovasi ini membuat Stadion Manahan siap menyambut era yang penuh dengan berbagai gebrakan baru. Persiapan yang sebelumnya dilakukan untuk menyambut gelaran Piala Dunia U-20 2023 memang menjadi momentum tersendiri bagi stadion berkapasitas 20 ribu penonton ini untuk bersolek.

"Stadion Manahan sebagai istana kedua sepak bola Indonesia siap menyambut era yang penuh catatan historis," kata Gibran melalui akun Instagramnya, Selasa, 11 April 2023.

"Kendati gagal menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 2023, Stadion Manahan akan terus bersolek demi menyambut berbagai event olahraga pengganti yang bertaraf internasional," tambahnya. Sebelumnya, Persis Solo memang sudah sempat menyampaikan rencananya mengundang klub luar negeri untuk bertanding melawan Laskar Sambernyawa pada agenda pramusim.


Gibran Ingin Datangkan Manchester City?

"Bulan Juni nanti. Bukan Piala Wali Kota karena sudah ada agenda sendiri. Ini tim internasional, yang sudah konfirmasi baru dua tim dari Asia dan Eropa," jelas Gibran.

Salah satu klub besar yang berpotensi diundang untuk menghadapi Persis Solo di Stadion Manahan ialah klub raksasa Liga Primer Inggris, Manchester City. Pasalnya, Direktur Utama Persis Solo, Kaesang Pangarep, sempat berjumpa dengan pemilik klub Manchester City, Sheikh Mansour, pada medio pertengahan November 2022.

Pertemuan itu terjadi ketika Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohamed Bin Zayed Al Nahyan di kediamannya, Kampung Sumber, Solo. Dalam kesempatan itu, tampak pula Gibran dan Bobby Nasution. Mereka terlihat duduk bersama dalam satu meja bersama Sheikh Mansour yang berstatus sebagai pemilik Man City

Seperti klub-klub Eropa lainnya, Manchester City akan menjalani masa istirahat untuk menyambut musim 2023/2024 yang biasanya baru berlangsung pada bulan Agustus. Sebelum menjalani musim baru, mereka akan menjalani latihan dan pertandingan pra musim.

Dalai Lama Dibela

Dalai Lama Dibela Pemimpin Tibet Usai Minta Bocah Hisap Lidahnya

Liputan6.com 2023-04-15 18:00:04
Permimpin spiritual Tibet, Dalai Lama (AP/Matt Dunham)

Kepala pemerintahan Tibet di pengasingan, Penpa Tsering, membela Dalai Lama atas video viral yang menunjukkan dia meminta seorang anak laki-laki untuk menghisap lidahnya.

Pada Kamis (13/4/2023), Tsering mengatakan bahwa tindakan Dalai Lama telah disalahtafsirkan dan kontroversi tersebut melukai perasaan para pengikutnya. Dia juga mengungkapkan bahwa Dalai Lama selalu hidup dalam kesucian dan selibat serta latihan spiritualnya selama bertahun-tahun telah membawanya melampaui kesenangan indrawi.

Tsering mengklaim bahwa penyelidikan menunjukkan sumber-sumber pro-China berada di balik pembuatan video tersebut sehingga viral di media sosial. Namun, Tsering tidak menyertakan bukti atas klaimnya tersebut. Demikian seperti dilansir BBC, Sabtu (15/4).

Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa sudut politik dari insiden video viral tersebut tidak dapat diabaikan.

Peristiwa dalam video kontroversial itu disebut terjadi di Dharamshala pada 28 Februari, namun viral di media sosial pada awal bulan ini.

Dalam video tersebut, Dalai Lama dilaporkan meminta anak laki-laki di hadapannya untuk mencium pipinya dan kemudian bibirnya setelah anak laki-laki itu bertanya apakah dia bisa memeluknya.

Dalai Lama kemudian menempelkan dahinya ke dahi anak laki-laki itu, sebelum akhirnya menjulurkan lidahnya dan mengatakan, "Hisap lidahku".


Memicu Kecaman

Video tersebut memicu kemarahan, dengan sejumlah orang menyebut tindakan Dalai Lama tidak pantas. Beberapa aktivis sayap kanan bahkan mengatakan itu merupakan pelecehan anak.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan kantornya, Dalai Lama menyatakan dia ingin minta maaf kepada anak laki-laki itu dan keluarganya atas luka yang mungkin ditimbulkan oleh kata-katanya.

"Yang Mulia sering menggoda orang yang dia temui dengan cara yang polos dan lucu, bahkan di depan umum dan di depan kamera. Dia menyesali kejadian itu," bunyi pernyataan Kantor Dalai Lama.

Dalai Lama tinggal di pengasingan di India sejak melarikan diri dari Tibet pada tahun 1959, menyusul pemberontakan melawan pemerintahan China di sana.

Pada tahun 2019, pernyataan Dalai Lama juga memicu kontroversi setelah dalam wawancara dengan BBC dia mengatakan bahwa Dalai Lama wanita di masa depan harus menarik.

Kantornya kemudian meminta maaf atas pernyataan tersebut.

Lambang Baru Kerajaan Inggris

Souvenir Mug dan Piring untuk Penobatan Raja Charles III Ungkap Lambang Baru Kerajaan Inggris

Liputan6.com 2023-04-15 13:00:00
Mug produksi Royal Collection Trust untuk penobatan Raja Charles III. (Dok: AFP)

Koleksi mug dan piring produksi Royal Collection Trust sebagai souvenir untuk penobatan Raja Charles III mengungkap lambang Kerajaan Inggris yang baru. Souvenir tersebut menampilkan desain Royal Coat of Arms baru yang dipesan khusus dengan latar belakang warna biru "murni".

Mengutip dari The Sun, Sabtu (15/4/2023), desain souvenir dirancang dengan warna ultramarine "maskulin" untuk mencerminkan raja laki-laki pertama dalam tujuh dekade. Namun karena kenaikan inflasi yang menyebabkan krisis biaya hidup, harga barang koleksi melonjak dibandingkan dengan Platinum Jubilee kurang dari setahun yang lalu.

Ian Grant, kepala pengembangan dan pembelian produk untuk RCT berkata, "Pada awal proses, kami ingin mengembangkan rentang yang mencerminkan Raja.

"Banyak rentang yang telah kami hasilkan selama 30 tahun terakhir sangat mencerminkan monarki wanita, jadi kami ingin mengembangkan rentang yang sedikit lebih maskulin," ujarnya.

Desain Royal Coat of Arms yang baru didukung oleh karangan bunga daun salam yang melambangkan perdamaian, serta daun ek yang melambangkan kekuatan dan umur panjang. Lambang dari empat negara Inggris Raya yaitu thistle, rose, shamrock, dan daffodil juga disertakan.

Sebuah pita ikut melambangkan Raja Charles dan Permaisuri Camilla "bekerja sama secara harmonis". Dibuat pada pabrik-pabrik di Stoke-on-Trent, yang dikenal sebagai 'The Potteries' karena perdagangan bersejarahnya, set tersebut mencakup cangkir kopi, tankard, kotak obat, dan piring pencuci mulut, serta cangkir teh dan tatakan paling populer.


Koleksi Cangkir Kopi dan Teh Edisi Terbatas

Koleksi ini dibuat dengan banyak pilihan terbatas dan edisi menyusul. Desainnya juga menyertakan proklamasi yang menyatakan "Penobatan Yang Mulia Raja Charles III dan Ratu Camilla 6 Mei 2023".

Dapat dipahami bahwa pilihan RCT untuk menggunakan Ratu Camilla daripada gelar Permaisuri sejalan dengan keputusan Istana Buckingham untuk menghapus 'permaisuri' setelah penobatan. Tetapi siapa pun yang ingin mendapatkan koleksi Coronation baru akan menghadapi kenaikan harga yang signifikan, termasuk 10 pounsterling lebih banyak daripada penawaran Platinum Jubilee untuk sebuah tankard, piring samping, dan cangkir teh serta piring.

Kenaikan harga yang sangat besar disebabkan oleh melonjaknya biaya energi dan pemanas yang dihadapi negara tersebut selama setahun terakhir, klaim pabrikan. Proses pembakaran yang melapisi tanah liat hingga suhu tinggi berlangsung selama 11 jam dan dilakukan dalam semalam.

Mr Grant mengatakan bahwa koleksi baru memperingati acara yang sangat penting. "Kami ingin memastikan bahwa kami merayakannya dengan cara yang paling tepat."


Pangeran Harry Dijadwalkan Datang ke Penobatan Raja

Dia menambahkan, "Untuk mencoba dan menjaga harga tetap terkendali, kami telah membuat beberapa perubahan pada desain dan cara kami memproduksi sesuatu dan itu tercermin dalam harga yang sedikit lebih tinggi daripada koleksi Platinum Jubilee.

"Tapi seandainya kami tidak melakukan perubahan yang kami buat, harga berpotensi lebih tinggi dari yang sebenarnya."

RCT bekerja dengan 12 pabrik di area Stoke-on-Trent untuk memproduksi barang pecah belah peringatan mereka, yang berarti bahwa setiap bagian akan melalui 50 "tangan yang sangat terampil" yang terpisah.

Pabrik-pabrik tidak bisa disebutkan namanya di bawah kebijakan rumah tangga Kerajaan, karena fakta bahwa mereka tidak ingin perusahaan memperdagangkan asosiasi. Sementara itu, saat penobatan Raja Charles III berjarak kurang dari sebulan, Pangeran Harry dikonfirmasi akan menghadiri acara tersebut. Namun, Meghan Markle tidak akan berada di sisinya untuk menemani.

Melansir People, 13 April 2023, Istana Buckingham mengonfirmasi bahwa Duke of Sussex akan menghadiri upacara penobatan Raja dan Ratu Camilla di Westminster Abbey London pada 6 Mei 2023. "Duchess of Sussex akan tetap di California bersama Pangeran Archie dan Putri Lilibet," kata mereka dalam pernyataan tersebut.


Pangeran Harry Datang Sendiri

Bangsawan 38 tahun itu ingin hadir untuk mendukung ayahnya di momen penting dalam hidupnya, kata seorang teman pada People. Meski ada tiga hari acara seputar penobatan, termasuk konser di Kastil Windsor dan hari sukarelawan, Harry diperkirakan tak akan menghadiri acara selain upacara penobatan.

Istana tidak berkomentar lebih lanjut tentang apakah Pangeran Harry akan bergabung dengan Raja Charles, Ratu Camilla, serta anggota keluarga kerajaan lain di balkon Istana Buckingham setelah penobatan. Sementara, Meghan yang ditinggal di rumah akan merayakan ulang tahun ke-4 Pangeran Archie pada 6 Mei 2023.

Terakhir kali Pangeran Harry dan Meghan Markle menghabiskan waktu bersama anggota keluarga Kerajaan Inggris merupakan saat keduanya menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II pada September 2022. Harry pun mengunjungi Inggris bulan lalu sendirian.

Harry kedapatan menghadiri sidang kasus hukum di mana ia serta tokoh terkemuka lain, termasuk Elton John, Elizabeth Hurley, dan mantan istri Jude Law, Sadie Frost, menggugat Associated Newspapers Ltd (ANL), penerbit Daily Mail, untuk pengumpulan informasi ilegal.