Koleksi Mewah Istri Gubernur Lampung

Istri Gubernur Lampung Tampil Modis dengan Tas Mewah Seharga Rp33 Juta dan Bergaya bak Anak Muda Pakai Sepatu Impor

Liputan6.com 2023-04-17 14:06:20
Istri Gubernur Lampung Tampil Modis dengan Tas Mewah Seharga Rp33 Juta dan Bergaya bak Anak Muda Pakai Sepatu Impor. foto: Instagram @rianasariarinal

Potret Riana Sari Arinal menggunakan barang mewah ikut disorot setelah suaminya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi viral karena disebut baper usai dikritik pemilik akun TikTok Awbimax Reborn, Bima Yudho Saputro. Riana kedapatan pakai sepatu impor mewah dari brand Christian Louboutin seharga Rp13,9 juta di beberapa kunjungan kerja atau saat menjalani rutinitas dinasnya.

Salah satunya saat Riana sebagai Ketua PMI Lampung, mengunjungi kegiatan donor darah di GSG SMAN 2 Bandarlampung, yang dibagikan akun Instagram pribadinya @rianasariarinal, Sabtu, 15 April 2023. Dalam potret di akun yang kini dikunci itu, Riana terlihat memakai busana kasual berupa blouse berwarna oranye, celana denim, lengkap dengan hijab bunga dan kacamata baby pink.

Pada momen itu terlihat Riana tidak ingin kalah muda dengan dua murid SMA yang berpose bersamanya. Bahkan sepatu atau sneakers impor itu membuat penampilannya semakin trendi.

Setelah ditelusur dari situs Styhunt, sneakers yang dipakai Riana merupakan kategori Loubishark Donna Camo Red Sole Runner Sneakers, yang dibanderol dengan harga 945 dollar AS atau sekitar Rp13,5 juta. Tapi kemudian pada Senin (17/4/2023), harga sepatu tersebut sudah turun menjadi 378 dollar AS atau sekitar Rp5,5 juta.

Riana Sari Arinal, juga tampil percaya diri menggunakan tas mewah impor keluaran Louis Vuitton saat kunjungan ke Kalimantan Salatan. Potret ini dibagikan di akun instagram pribadinya @rianasariarinal dan dibagikan ulang di sejumlah akun di media sosial, termasuk akun Twitter @bang_madin pada Sabtu, 15 April 2023.


Tas LV Istri Gubernur Lampung

Dalam potret itu, Riana tampak cantik dam modis dengan outer kuning bermotif batik lokal Indonesia. Ia juga tampak sporty dengan hijab instan berwarna putih yang dikenakannya.

Riana melengkapi penampilannya dengan mengenakan celana denim dan flat shoes berwarna krem. Namun tas berwarna cokelat yang ditenteng Riana semakin membuat penampilannya tampak mewah.

Dalam foto lainnya di Twitter, Riana Sari terlihat berfoto dengan latar sebuah tempat wisata dengan memakai outift warna hitam, hijab biru dan kacamata hitam. Dalam foto itu ia juga terlihat menenteng tas cokelat dari Louis Vuitton (LV).

Menurut situs resmi Louis Vuitton, tas yang dikenakan Riana merupakan kategori M45987 Boetie MM dibanderol dengan harga 17.900 dollar Hongkong atau sekitar Rp 33,5 juta. Tas berwarna cokelat dengan motif monogram khas LV itu termasuk unik karena punya desain klasik dengan gembok emas, dan pegangan atas yang dibuat dari bahan kulit yang digulung.


Kritikan TikToker untuk Gubernur Lampung

Dari sisi ukuran, tas ini juga memiliki fungsional yang sangat baik karena cukup besar untuk memuat laptop 13 atau 14 inci. Cara membawanya bisa dengan dijinjing atau sebagai tas bahu.

Sementara itu, selain berperan sebagai istri Gubernur Lampung Riana juga menyandang peran sebagai Ketua PMI Lampung, Ketua Dekranasda dan Ketua PKK Lampung. Masa jabatan Riana juga sesuai dengan masa bakti suaminya sejak 2019 hingga 2024 mendatang. Sebelum menjadi Gubernur Lampung, Arinal lebih dulu menjabat sebagai Sekda Lampung.

Namanya jadi bahan pembicaraan karena kritikan dari Tiktoker Awbimax Reborn alias Bima Yudho Saputro. Bima pun ikut viral setelah videonya di Tiktok terkait infrastruktur Lampung ramai dibicarakan di media sosial.

Bima mengkritik jalanan rusak di Provinsi Lampung. Meski terkesan mengkritik, banyak yang sepakat terhadap isi video tersebut bahkan dari warga Lampung sendiri. Siapa sangka, usai video tersebut viral, Bima sempat dilaporkan ke polisi oleh orang yang tidak senang atas aksinya mengkritik Lampung.


Gubernur Lampung Memaki Orangtua Bima

Selain itu, rumah orangtua Bima Yudho Saputro di Lampung pun sempat didatangi polisi dan dipanggil menghadap bupati Lampung Timur. Menurut Bima dalam videonya yang lain, ketika bertemu dengan bupati Lampung Timur, orangtuanya kemudian disambungkan lewat telepon dengan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang malah memaki-maki orangtua Bima.

Sang Gubernur menyebut ayah Bima tidak becus dalam mendidik anaknya. Masih dari penuturan Bima, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bahkan akan memproses kasus ini hingga lebih dalam.

"Ya gue sudah kalah deh, Wak. Elu yang punya Lampung, elu yang pemimpinnya, kalau pun gue pulang ke Indonesia, gue akan was was dong karena kan Intel di mana-mana. Tukang bakso di mana-mana," kata Bima, melalui Instagram Storiesnya.

Bima juga menyebut, sang ayah sampai ketakutan karena perlakuan yang diterimanya. Ia mengaku merasa khawatir dengan keselamatan orangtuanya selama tinggal di Australia untuk menuntut ilmu dan bekerja di sana.

Koleksi Tas Mewah Selain Hermes

Selain Hermes, Simak 5 Koleksi Tas Mewah Kadinkes Lampung yang Suka Flexing di Media Sosial

Liputan6.com 2023-04-17 18:08:28
Selain Hermes, Simak 5 Koleksi Tas Mewah Kadinkes Lampung Reihana yang Suka Flexing di Medsos. foto: Twitter @wisanggeni___

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi kini menjadi sorotan usai bersitegang dengan content creator Bima Yudho Saputro, yang mengkritik pembagunan infrastruktur salah satunya jalanan di Lampung. Hal itu membuat istri Gubernur Lampung, Riana Sari Arinal juga ikut disorot terutama kerena menggunakan barang mewah.

Tidak cukup sampai situ, Wagub Lampung Chusnunia Chalim yang belakangan meminta kepada Gubernur Lampung Arinal untuk menanggapi kritik dengan membuktikan kinerja pun ikut disorot warganet. Terbaru, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Dr. dr. Hj. Reihana, M. Kes pun turut disorot oleh warganet di media sosial.

Penyebabnya karena akun Twitter @PartaiSocmed yang lebih dahulu "membongkar" penampilan sang Kadinkes Reihana yang sangat mentereng. Warganet pun mulai menguliti harta benda milik pejabat yang suka flexing dan khas dengan model hijabnya tersebut. Rata-rata merupakan brand dari luar negeri yang nilainya sangat fantastis.

Dalam penampilannya, Kadinkes Lampung Reihana memang selalu terlihat all out memakai busana dari brand terkenal mulai dari baju sampai ke tas yang ditentengnya. Salah satu tas mewah yang dipakainya dalam sebuah kesempatan, Hermes Birkin Togo Rouge Tomato warna oranye, bahkan sampai menyentuh harga Rp200 juta. Itu harga bekasnya.

Selain Hermes Birkin Togo Rouge Tomato, Reihana memiliki Birkin lainnya yang terlihat custom order karena warnanya yang berbeda. Reihana terlihat sedang menenteng tas Birkin25 yang pada bagian depan seperti warna nude dan bagian samping warna abu sedang duduk di mobil hitam mewahnya. Harga tas model ini bervariatif tergantung bahan yang dipilih, mulai dari puluhan juta sampai miliaran rupiah.

Tak hanya tas Hermes Birkin, masih ada beberapa brand tas mewah lainnya yang selalu ditenteng Reihana, diilansir dari akun Twitter @PartaiSocmed, @ @wisanggeni___ dan @corgbutt.


1. Gucci Horsebut

Dalam salah satu foto yang diunggah @PartaiSocmed, Kadinkes Lampung Reihana mengalungkan tas Gucci kecil-nya. Harga tas Gucci authentic tak pernah murah. Berdasarkan penelusuran, tas yang dikalungkan itu adalah model Gucci Horsebit 1955 Mini bag dengan harga Rp15 jutaan.

Dalam potret lainnya, terlihat potret Reihana yang sedang memegang mic, menaruh tas mewahnya di atas meja tepat di samping lengannya bermerek LV (Louis Vuitton). Berdasarkan laman resmi LV, tas tersebut dibanderol 3.200 dollar AS atau sekitar Rp 47 juta.

Dalam unggahan lainnya, Kadinkes Lampung ini terlihat mengenakan tas mewah bermerek yang diselempangkan di badannya. Tas berwarna hitam tersebut merupakan merek Dior varian Mini Dior Book Tote bernilai sekitar Rp 41 jutaan.

Potret Reihana yang bersama tas mewah miliknya berwarna hitam dan putih juga menarik perhatian. Diduga, tas merek Dior yang satu ini termasuk edisi terbatas karena kombinasi dari dua warna. Jika dilihat dari situs resmi Dior, model Lady Dior harganya mulai dari Rp52 juta sampai Rp290 juta.


5. LV Cluny MM

Kadinkes Lampung Reihana juga terlihat sedang berfoto bersama sambil memakai tas mewah brand kenamaan asal Prancis, Louis Vuitton yaitu LV Cluny MM. Berdasarkan situs resminya, tas tersebut seharga 2.570 dollar AS atau sekitar Rp38 juta.

Gaya hidup mewah tersebut tentu memperlihatkan kalau Kadinkes Reihana berduit. Meski begitu, menurut informasi resmi Pemprov Lampung, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Reihana merupakan ASN dengan pangkat Pembina Utama Madya yang memiliki golongan IV D.

Dikutip dari web jdih.maritim.go.id, dengan golongan di atas, Reihana sebagai PNS ditaksir memiliki gaji kisaran Rp 3.447.200 hingga Rp 5.661.700. Namun selain gaji, di kalangan pegawai negeri, seorang ASN dengan jabatan Kepala Dinas juga menerima tunjangan setiap bulannya, termasuk di antaranya tunjangan kinerja alias tukin yang besarannya disesuaikan pangkat dan jabatan.

Melansir kanal Health Liputan6.com, Senin (17/4/2023), Reihana sendiri diketahui telah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung selama 14 tahun. Selain tas dan pakaian mewahnya, untuk menyempurnakan penampilan agar makin paripurna, pejabat yang disebut-sebut sudah menduduki jabatannya selama 14 tahun ini, juga kerap mengenakan hijab.


Gaya Kerudung Kadinkes Lampung

Selain tas dari merek rumah mode ternama yang harganya mencapai ratusan juta rupiah, gaya hijab yang dikenakan Reihana juga jadi sasaran komentar warganet. Ada warganet yang menyebut gaya hijab Reihanna bak Sydney Opera House, sebuah bangunan ikonik yang sering terlihat saat orang bicara tentang Australia.

Lalu, ada pula warganet yang menyebut gaya hijab Reihana mirip dengan rumah gadang. "Kerudungnya rumah gadang," komentar seorang pengguna Twitter. "Beliau orang yang kuat, terlihat dia mampu membawa rumah gadang di kelapanya," kicau seorang warganet.

Kadinkes Provinsi Lampung Reihana kerap mengunggah aktivitasnya di akun Instagram pribadinya. Meski begitu, setelah dirinya viral di dunia maya, akun Instagram Reihana, @wijayantoreihana mendadak tak bisa ditemukan di Instagram.

Kadinkes Lampung ini jadi sorotan lantaran gaya hidup mewah yang dipamerkannya. Dari beberapa foto yang berhasil 'diselamatkan' dari akun Instagram pribadinya yang kini sudah di-private, Reihana diketahui kerap memakai berbagai merk tas branded yang harganya fantastis.

"Berani Lewat Solo, Saya Habisi!"

Viral Gibran Rakabuming Peringatkan Pengendara Motor Bawa Parang di Jalan: Berani Lewat Solo, Saya Habisi!

Liputan6.com 2023-04-17 13:08:18
Jaket hitam Piala Dunia U-20 yang dipakai Gibran Rakabuming dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Solo, Rabu (29/3/2023) itu menyita perhatian khalayak. (Foto: Dok. YouTube Berita Surakarta

Gibran Rakabuming memberi peringatan keras terhadap dua remaja yang mengendarai sepeda motor pada malam hari sambil menghunus parang di ruas jalan di Karesidenan Surakarta.

Parang itu sengaja dibiarkan menggores aspal jalanan hingga menimbulkan suara yang menyakiti telinga. Video pengendara motor beraksi di jalanan ini ditonton hingga 3,8 juta kali dan viral di Twitter awal pekan ini.

"Ini plat Nomer Surakarta ya bang," cuit akun @kadr**** sembari mengunggah video dua remaja naik sepeda motor menyusuri jalanan dengan parang di tangan. Cuitan ini merespons twit Gibran Rakabuming sebelumnya.

Diunggah Minggu (16/4/2023), video berdurasi 18 detik ini menyita perhatian Gibran Rakabuming. Bintang film Sesuai Aplikasi ini terganggu dan memberi peringatan keras terhadap pelaku.


Sragen Bukan Solo

"Kalo liat platnya sepertinya sragen. Bukan solo," cuit putra sulung Jokowi menanggapi laporan netizen seraya berjanji tak akan membiarkan dua pemuda sok jagoan ini berkeliaran.

Gibran Rakabuming akan melacak keberadaan dua remaja ini dan memperingatkan agar jangan sekali-kali menginjakkan kaki di Solo dengan membawa senjata tajam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tetap Akan Saya Cari

"Gpp tetap akan saya cari. Berani lewat solo saya habisi," Gibran Rakabuming mengancam. Peringatan ini ditanggapi beragam oleh netizen. Kata habisi disorot.

"Narasi saya habisi itu kesannya diluar jalur hukum, tidak tepat Mestinya ditangani oleh penegak hukum. Sipil, apalagi pejabat, tdk boleh main hakim sendiri. Tinggal laporkan ke kepolisian, yang berwenang menindak," akun @pop**** berbagi pendapat.


Sepakat dengan Gibran

Yang lain sepakat dengan Gibran Rakabuming bahwa remaja sok jagoan macam ini layak dihabisi dalam konteks diberi pelajaran agar tak meresahkan pengguna jalan lain. "Orang kek begini mah di jalan harus dihabisi mas, meresahkan soalnya," @arti**** menyahut.

Polres Sragen lantas merespons cuita Gibran Rakabuming dan mengabarkan bahwa dua remaja pembawa parang telah diciduk aparat. "Terima kasih atas informasi. Untuk Pelaku sudah kita tangkap dan masih dalam Pemeriksaan Petugas. Salam Presisi," aparat mengabarkan.

Rencana Pesta Narkoba yang Gagal

Polisi Sebut Sebelum Tertangkap Hud Filbert Berencana Akan Menggelar Pesta Narkoba bersama 6 Temannya

Liputan6.com 2023-04-17 15:44:31
Polres Jakarta Barat Amankan Aktor Inisial HF diduga Terkait Narkoba. (ist)

Satu lagi artis yang terjerat kasus narkoba. Kali ini, pesinetron berinisial HF yang diamankan karena kasus penyalahgunaan narkoba.

Belakangan, diketahui bahwa artis inisial HF adalah Hud Filbert. Saat menggelar rilis, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol M. Syahduddi, menjelaskan terkait penangkapan yang dilakukan oleh anggotanya itu.

Syahduddi menyebut bahwa penangkapan Hud Filbert itu bermula dari tertangkapnya seorang rekan Hud Filbert terlebih dahulu.

"Pelaku atas nama MR mendapatkan atau membeli 1 butir narkotika jenis ekstasi dari Hollower yang berstatus sebagai DPO dengan harga satu butirnya Rp400 ribu. Dari pengungkapan tindak narkotika ini kami mengamankan 7 pelaku. Di mana ketujuh pelaku ini sudah kita lakukan tes urine dan semuanya dinyatakan positif menggunakan narkotika," kata Syahduddi pada Senin (17/4/2023).


Akan Menggelar Pesta Narkoba

Dari situ, polisi mendapat informasi bahwa MR akan menggelar pesta narkoba yang juga dihadiri oleh Hud Filbert. Pesta narkoba itu rencananya akan digelar di sebuah apartemen.

"Petugas melakukan pengembangan terhadap pelaku pertama saudara MR, didapat pengakuan saudara MR bahwa yang bersangkutan membelikan narkotika jenis ekstasi dan sabu kepada AIF dengan menggunakan uang milik HI alias HF untuk mengadakan pesta narkoba yang dilaksanakan di salah satu apartemen bersama lima orang lainnya," sambungnya.


Ngaku Baru Sekali

Lebih lanjut, polisi menyebut bahwa Hud Filbert cukup kooperatif saat dilakukan penangkapan. Kepada polisi, Hud Filbert mengaku bahwa dirinya baru pertama kali mengonsumsi narkoba.

"Dari pengakuan bersangkutan pas ketangkap baru sekali aja di apartemen itu," katanya lagi.

Karena kasus ini, Hud Filbert dan keenam rekannya dikenakan pasal 127 ayat 1 (a) UU RI No 34 tentang narkotika dan terancam hukuman pidana selama 4 tahun penjara.


Profil

Hud Filbert adalah aktor, pengusaha, penyanyi, disjoki, dan penari berkebangsaan Indonesia. Pria kelahiran 17 Juni 1995 (umur 27) ini memiliki nama asli Hud Al Idrus.

Di dunia musik, Hud Filbert pernah tergabung dengan tergabung dengan grup vokal The Junas Monkey. Kala itu, Hud mengisi posisi keyboardis sebelum akhirnya hengkang dari grup tersebut pada 2019 silam.

Tak lagi bergabugn di The Junas Monkey, Hud Filbert kian laris manis di dunia akting. Sejumlah judul sinetron pernah dibintanginya. Salah satunya Sinetron Putri Untuk Pangeran, yang membuat namanya kian dikenal masyarakat luas.

Tak hanya itu, Ia juga pernah membintangi sinetron Anak Langit memerankan karakter Bima. Sementara untuk layar lebar, Hud pernah menjadi kameo untuk film Takut Kawin yang rilis pada 2018.

Sudah Pulang tapi Tak Bisa Dijenguk

David Ozora Jalani Perawatan HCU di Rumah, Masih Belum Bisa Dijenguk Secara Bebas

Liputan6.com 2023-04-17 15:05:55
Pengacara keluarga David Ozora menyebut tudingan bahwa kliennya yang koma berhari-hari melakukan pelecehan seksual terhadap AG adalah isu sampah. (Foto: Dok. Twitter @seeksixsuck)

David Ozora, sudah kembali ke rumah setelah 53 hari berada di rumah sakit. Meski begitu, kondisi kesehatan David Ozora belum pulih benar.

David Ozora masih harus menjalani terapi kognitif dan motorik selama enam bulan ke depan. Hal itu diungkapkan sang ayah, Jonathan Latumahina, di akun Twitter terverifikasi miliknya, Sabtu (15/4/2023).

"Kondisi david saat ini masih perlu terapi kognitif dan motorik untuk 6 bulan kedepan, karena masa kritisnya sudah terlalui tim dokter merujuk untuk lanjut perawatan dirumah (homecare)," cuitnya.

Meski sudah berada di rumah, namun korban penganiayaan Mario Dandy ini tidak boleh dijenguk secara bebas layaknya berada di rumah sakit.

"Karena masih masuk pada penanganan perawatan tingkat tinggi (HCU) maka david belum bisa dikunjungi secara bebas," lanjutnya.


David Ozora Nikmati Matahari Pertama di Rumah

Setelah pulang ke rumah, David Ozora menikmati suasana yang lama tak dirasakannya selama berada di rumah sakit. Ia bisa berjemur, dan merasakan kebebasan.

"Mentari pertama," sambungnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kuasa Hukum Memberikan Semangat kepada David Ozora

Melihat unggahan Jonathan Latumahina, kuasa hukum ikut memberikan semangat kepada David Ozora. Apalagi melihat peralatan rumah sakit berada di kamar David yang telah disulap seperti ruangan ICU.

"ICU Pindah ke rumah ini mahh..Semangat ," tulis Mellisa Anggraini.


Minta Doa untuk David Ozora Semakin Membaik

Mellisa Anggraini, juga meminta kepada masyarakat untuk tetap mendoakan kesehaan David Ozora agar segera bisa semakin sembuh.

"Kita doakan kondisi David terutama kemampuan kognitif nya semakin membaik aminnnnn," tambahnya.

Meski berada di rumah, namun perlakuan David Ozora masih seperti di ruang ICU yaitu dengan tim perawat 24 jam, kunjungan dokter, okupasi terapi, fisio terapi, terapi wicara, pemasangan bed standar perawatan rumah sakit, oksigen concentrate dan monitor EKG. Dan David masih dipantau secara ketat oleh tim RS Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan.

Penobatan Raja Charles Dikawal Ketat

Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla Dikawal Lebih dari 6.000 Personel Militer Inggris

Liputan6.com 2023-04-17 14:25:24
Suasana Westminster Abbey di London, Rabu (12/4/2023) menjelang penobatan Raja Charles III. (Dok: Dan Kitwood/Pool Photo via AP)

Lebih dari 6.000 personel militer Inggris akan ambil bagian dalam penobatan Raja Charles III. Pemerintah Inggris pada Minggu (16/4/2023) mengakui bahwa itu merupakan penyebaran terbesar pasukan Inggris dalam tujuh dekade.

Kementerian Pertahanan Inggris menuturkan bahwa ribuan tentara, pelaut, dan penerbang akan mengawal Raja Charles III dan Ratu Camilla dalam perjalanan menuju dan dari upacara penobatan dengan rute Istana Buckingham dan Westminster Abbey pada 6 Mei 2023.

Tembakan kehormatan akan diluncurkan dari kapal perang Inggris dan pangkalan militer di seluruh negeri. Kemudian jet tempur, dari jet era Perang Dunia II Spitfires hingga yang lebih modern, akan melakukan atraksi flypast melewati Istana Buckingham.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan, itu akan menjadi persembahan yang spektakuler dan layak bagi Raja Charles III, yang juga merupakan panglima tertinggi angkatan bersenjata Inggris.

"Sisi militer penobatan mencerminkan tradisi berabad-abad, tetapi merupakan indikasi peran integral yang dimainkan angkatan bersenjata di Inggris modern dan cara luar biasa kami mendukung bangsa, apakah itu menghalangi agresi dan menjaga stabilitas di seluruh dunia atau memperkuat ketahanan dan kemakmuran domestik kami," ujar Kepala Staf Pertahanan Inggris Laksamana Tony Radakin seperti dilansir AP, Senin (17/4).


Melibatkan Pasukan dari Negara Persemakmuran

Ratusan tentara dari 35 negara persemakmuran juga akan memainkan peran dalam upacara penobatan pertama Inggris sejak Ratu Elizabeth II pada tahun 1953.

Charles, yang menjadi raja ketika Ratu Elizabeth II meninggal pada September, akan secara resmi dinobatkan bersama Camilla di Westminster Abbey, yang berusia 1.000 tahun setelah melakukan perjalanan dengan kereta kuda berlapis emas dari Istana Buckingham.

Putra bungsu Raja Charles III, Pangeran Harry, dikonfirmasi akan hadir dalam upacara penobatan ayahnya. Namun, dia akan datang sendiri tanpa sang istri, Meghan Markle.

Jadi Inspirasi Nama Spesies Tanaman

Lisa BLACKPINK Jadi Inspirasi Nama Spesies Tanaman Baru yang Ditemukan di Thailand

Liputan6.com 2023-04-16 19:01:00
Lisa BLACKPINK saat hadir di Michael Kors Collection Spring 2019 Runway Show, New York, Amerika Serikat. (Larry Busacca / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Spesies tumbuhan berbunga baru yang ditemukan di Thailand dinamai Bunga Lalisa, menurut Bangkok Post, Kamis, 13 April 2023 waktu setempat. Bunga berarti bunga dalam bahasa Thailand dan Lalisa adalah nama Lisa BLACKPINK.

Dikutip dari The Korea Times, Minggu (16/4/2023), spesies tanaman baruini ditemukan di provinsi selatan Narathiwat oleh sekelompok peneliti di Fakultas Sains Chiang Mai University. Tumbuhan itu adalah bagian keluarga tanaman Annonaceae yang terdiri dari pohon, semak atau liana.

"Itu dinamai untuk menghormati Lalisa Manobal, seorang rapper, penyanyi dan penari Thailand yang terkenal, yang motivasinya telah sangat menginspirasi penulis pertama - Anissara Damthongdee - untuk mengatasi hambatan apa pun selama studi Ph.D.-nya," bunyi laporan penelitian resmi.

Para peneliti dilaporkan menekankan bahwa itu harus dikelompokkan sebagai Sangat Terancam Punah. Dipimpin oleh Thanawat Chaowasku, tim peneliti menjalankan proyek untuk menggali lebih dalam taksonomi dan evolusi tanaman langka dalam keluarga Annonaceae di Thailand.

Itu didukung oleh Kantor Riset dan Inovasi Sains Thailand dan Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, Riset, dan Inovasi. Dikutip dari Allkpop, nama ilmiah tumbuhan tersebut adalah Friesodielsia Lalisae Damth., Baka & Chaowasku.

Lisa memulai debutnya sebagai anggota BLACKPINK pada 2016 dengan album, "Square One." BLACKPINK, salah satu grup K-pop terbesar, dijadwalkan menggelar konser encore selama dua hari di Stadion Nasional Rajamangala di Bangkok - stadion terbesar di Thailand - pada 27--28 Mei 2023. Kuartet tersebut sebelumnya tampil di negara Asia Tenggara sebagai bagian dari tur dunianya pada bulan Januari. Tur ini diperkirakan akan menarik 1,5 juta penonton.


Rayakan Ulang Tahun di Thailand

Lisa BLACKPINK beberapa waktu lalu merayakan ulang tahunnya yang ke-26. Meski disibukkan dengan tur dunia bersama girl group yang membesarkan namanya, namun Lisa dapat kembali ke kampung halamannya di Thailand untuk berbagi kebahagiaan.

Dikutip dari Koreaboo, Minggu, 2 April 2023, BLACKPINK saat ini sedang menjalani tur dunia BORN PINK di Asia dengan hanya dua pemberhentian lagi sebelum mereka menuju ke Meksiko. Mereka lalu kembali ke Asia, sebelum menuju ke Australia dan kemudian Prancis untuk pertunjukan encore.

Semua personel telah merayakan ulang tahun mereka dalam tur. BLINK, demikian penggemar setia BLACKPINK akrab disapa, mengejutkan Jisoo, Jennie, Rose, dan kini Lisa dengan kue cantik selama tanggal konser yang jatuh menjelang ulang tahun mereka.

Tanggal konser yang paling dekat dengan ulang tahun Lisa BLACKPINK adalah pertunjukan BORN PINK pada 26 Maret 2023 di Manila. BLINK menghadiahi Lisa dengan kue berjenjang yang menampilkan lampu, proyek amal, hewan peliharaan kesayangannya, dan, tentu saja, menyanyikan "Selamat Ulang Tahun" untuknya.

Perayaan tidak berhenti setelah konser. Lisa merayakan ulang tahunnya di Raymi Bar di Thailand.


Momen Manis di Thailand

MaknaeBLACKPINK tersebut juga membagikan foto eksklusif hari spesialnya dengan BLINK. Melalui akun Instagram pribadinya yang terverifikasi, Lisa tampak berbalut outfit serba pita dalam momen spesial itu. Perempuan kelahiran 27 Maret 1997 tersebut tampil mengenakan gaun mini bertutup pita dan aksesori merah yang menarik perhatian.

Lisa BLACKPINK melengkapi tampilannya dengan stocking merah senada dengan pita di kepalanya dan sepatu hak tinggi warna senada. Pemilik nama Lalisa Manobal tersebut kemudian mengganti pakaiannya dan mengenakan gaun merah muda berkilau. Ia masih tetap menggunakan aksesori pita merah di kepalanya.

Tak banyak keterangan yang Lisa sampaikan melalui kolom keterangan unggahan. "Sweet 26th," tulis Lisa BLACKPINK singkat dalam unggahan di Instagram pribadi yang telah diikuti lebih dari 91,2 juta pengikut tersebut.

Lisa mendukung bar Raymi lokal di Pecinan Bangkok dengan merayakan ulang tahunnya di bar atap. Hal tersebut mendorong bar tersebut untuk mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada Lisa.

"Merupakan kehormatan bagi kami untuk merayakan ulang tahun Anda bersama di bar Raymi. Kunjungan Anda sangat berarti bagi kami, dan kami berharap Anda memiliki waktu yang fantastis. Semoga Anda selamat ulang tahun yang penuh dengan cinta dan kebahagiaan," bunyi keterangan Raymi Bar dalam unggahan di akun Instagram mereka.


Kejutan dari BLINK Manila

Lisa BLACKPINK mendapat kejutan meriah dari penggemarnya BLINK di konser tur dunia BORN PINK di Filipina, Minggu, 26 Maret 2023. Kejutan untuk Lisa BLACKPINK itu didapatnya beberapa jam sebelum ulang tahunnya yang sebenarnya.

Dikutip dari Allkpop, Senin, 27 Maret 2023, para penggemarnya yang memenuhi Philippine Arena menyanyikan "Selamat Ulang Tahun" untuk Lisa BLACKPINK hingga ia terharu. Selain itu, para penggemar membentuk lautan warna khas masing-masing anggota BLACKPINK.

Warna merah untuk Jisoo, biru untuk Jennie, putih untuk Rose, dan kuning untuk Lisa. Karena itu adalah hari ulang tahun Lisa, warna kuning pertama kali ditampilkan menerangi seluruh tempat.

Kue besar diberikan kepadanya di atas panggung sementara para penggemar menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun. Penggemarnya membuat "lautan kuning" di arena baik dengan menempelkan kertas kuning ke senter ponsel mereka atau menunjukkan wallpaper kuning di ponsel mereka. Para BLINK juga menggelar spanduk besar bertuliskan 'Selamat Ulang Tahun Lalisa' di bagian kotak bawah arena.

Terungkap Alasan Gugat Cerai

Terungkap Alasan Ari Wibowo Gugat Cerai Inge Anugrah hingga Berharap Dapat Hak Asuh Anak

Liputan6.com 2023-04-17 15:35:17
Ari Wibowo dan Inge Anugrah (Fimela.com)

Petrus Bala Pattyona, kuasa hukum Inge Anugrah, membenarkan Ari Wibowo menggugat cerai kliennya. Bahkan, sidang cerai perdana keduanya telah digelar hari ini.

Petrus mengungkap alasan Ari Wibowo mengugat cerai Inge Anugrah. Dalam gugatan Ari disebutkan, seringnya terjadi cekcok sejak 2020, menjadi alasan Ari ingin menyudahi rumah tangganya dengan Inge.

"Mereka menikah pada 2006 dan dikaruniai 2 anak. Kemudian sejak tahun 2020 mereka sering bertengkar karena ketidak cocokan," kata Petrus Bala Pattyona, kuasa hukum Inge, lewat sambungan telepon, Senin (17/4/2023).

"Lalu Ari Wibowo mengajukan gugatan ke pengadilan, didaftarkan tanggal 3 April 2023. Tapi tadi sidang perdana Ari tidak datang," ujar Petrus menambahkan.


Mediasi Belum Terlaksana, Ini Penyebabnya

Petrus mengatakan, mediasi yang jadi agenda sidang cerai perdana Inge dan Ari tidak dapat terlaksana. Pasalnya, masih ada adminstrasi yang belum dipenuhi Ari Wibowo selaku pihak penggugat.

"Karena dalam sidang, kuasa hukum yang baru belum dapat menunjukkan surat pencabutan kuasa dari SL. Damayanti, sehingga hakim beranggapan bahwa verifikasi belum lengkap. Karena itu belum dapat dilakukan mediasi karena belum lengkapnya verifikasi," terang Petrus.


Ari Berharap Dapat Hak Asuh Anak

Petrus melanjutkan, dalam gugatan Ari juga meminta agar hak asuh anak diberikan pada. Sementara urusan harta gana-gini, Ari tidak menyinggungnya dalam gugatan.

"Jadi cerai lalu hak asuh anak diminta supaya diasuh Ari, tapi kan masih berproses. Kalau soal harta bersama itu tidak ada di gugatan," ungkap Petrus.


Sidang Cerai Ditunda

Sidang cerai lanjutan Ari Wibowo dan Inge Anugrah sendiri akan kembali dilanjutkan usai libur Lebaran, pada 8 Mei 2023.

"Sidang selanjutnya, hakim mengagendakan pada tanggal 8 Mei 2023," tandas Petrus Bala Pattyona. (Reporter: M. Altaf Jauhar)

Putra Mahkota Iran Hadir di Peringatan Holocaust

Putra Mahkota Iran Reza Pahlavi Akan Kunjungi Israel untuk Menghadiri Peringatan Holocaust

Liputan6.com 2023-04-17 13:24:48
Reza Pahlavi adalah putra mahkota Iran yang diasingkan. Dia merupakan anak dari shah terakhir Iran Mohammed Reza Pahlavi. (Dok. AP)

Putra mahkota Iran, Reza Pahlavi, yang diasingkan dijadwalkan mengunjungi Israel pekan ini. Kunjungan itu disebut membandingkan hubungan hangat yang pernah dimiliki ayahnya, Mohammed Reza Pahlavi, yang merupakan shah terakhir Iran dengan kondisi permusuhan Teheran dan Tel Aviv saat ini.

Mohammed Reza Pahlavi adalah shah terakhir Iran yang memerintah sebelum Revolusi Islam 1979.

Pada Minggu (16/4/2023), Reza Pahlavi mengatakan bahwa dia akan menyampaikan pesan persahabatan dari rakyat Iran.

Menteri Intelijen Israel Gila Gamliel mengonfirmasi kunjungan Reza Pahlavi dengan mengungkapkan bahwa pria usia 62 tahun itu akan berpartisipasi dalam upacara peringatan tahunan Holocaust pada Senin (17/4) malam. Tidak hanya itu, Reza Pahlavi juga akan mengunjungi pabrik desalinasi, melihat Tembok Ratapan, dan bertemu dengan perwakilan komunitas lokal Bahai serta Yahudi Israel keturunan Iran.

Gamliel memuji keputusan berani Reza Pahlavi untuk melakukan kunjungan perdana ke Israel.

"Putra mahkota melambangkan kepemimpinan yang berbeda dari rezim ayatollah dan memimpin nilai-nilai perdamaian dan toleransi, berbeda dengan ekstremis yang memerintah Iran," ujar Gamliel seperti dikutip dari AP, Senin.


Menetap di Amerika Serikat

Reza Pahlavi meninggalkan Iran pada usia 17 tahun untuk sekolah penerbangan militer di Amerika Serikat (AS), sesaat sebelum ayahnya terpaksa meletakkan takhta untuk diasingkan. Revolusi Islam kemudian terjadi, disusul pembentukan republik islam, pengambilalihan Kedutaan Besar AS di Teheran, dan penyingkiran sisa-sisa monarki yang didukung AS.

Reza Pahlavi, yang masih tinggal di AS, menyerukan revolusi damai yang akan menggantikan pemerintahan ulama dengan monarki parlementer, mengabadikan hak asasi manusia, dan memodernisasi ekonomi yang dikelola negara.

Tidak diketahui apakah Reza Pahlavi dapat menggembleng dukungan untuk kembali berkuasa. Pemerintahan ayahnya sendiri lekat dengan kemewahan dan represif.

Iran dan Israel putus hubungan pada tahun 1979, setelah pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Khomeini mencap Israel sebagai musuh Islam. Hingga saat ini keduanya masih menjadi musuh bebuyutan, di mana Iran menyerukan penghancuran Israel dan Israel memosisikan Iran sebagai ancaman terbesarnya.

"Saya ingin rakyat Israel tahu bahwa Republik Islam tidak mewakili rakyat Iran. Ikatan kuno antara rakyat kita dapat dihidupkan kembali untuk kepentingan kedua negara," twit Reza Pahlavi.

Koalisi Besar Megawati-Prabowo?

HEADLINE: Megawati-Prabowo Bertemu, Bahas Koalisi Besar atau Wujudkan Perjanjian Batu Tulis?

Liputan6.com 2023-04-18 00:00:02
Potret keakraban Menhan Prabowo Subianto dengan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri saat menghadiri upacara HUT ke-77 RI. (Youtube Sekretariat Presiden)

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Rencananya, Megawati dan Prabowo akan bertemu saat momen halalbihalal Idul Fitri 2023.

Pertemuan kedua tokoh politik nasional itu sebetulnya sudah biasa, bahkan bisa dibilang sering. Tapi pertemuan kali ini berbeda. Kondisi politik yang semakin hangat, memunculkan banyak spekulasi. Terlebih, saat ini peta politik sudah mulai berpola. Memunculkan blok koalisi. Sudah ada tiga blok yang terbentuk jelang pemilu 2024.

Sebut saja Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Kemudian ada Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang digawangi Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Di blok lain ada Koalisi Perubahan, yang terdiri dari Partai NasDem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Namun, dari blok yang sudah ada itu, saat ini muncul rencana membangun koalisi yang lebih besar lagi. Koalisi yang di dalamnya terdiri dari anggota KIB dan KKIR.

Nah, pertemuan Megawati dengan Prabowo kali inilah yang menjadikan berbeda, menjadi menarik. Memunculkan banyak spekulasi. Apakah kedua elite politik itu akan membahas koalisi besar, atau malah membuat rencana koalisi khusus antara PDIP dan Gerindra.

"Saya membaca soal rencana pertemuan keduanya lebih kepada agenda yang mereka buat. Apakah PDIP akan berkoalisi dengan koalisi besar, atau ini akan menjadi narasi baru dalam Perjanjian Batu Tulis antara Mega dan Prabowo," ujar Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, kepada Liputan6.com, Senin, 17 April 2023.

Diketahui, PDIP dan Partai Gerindra pernah berkoalisi pada pilpres 2009 dengan menduetkan Megawati dengan Prabowo sebagai pasangan capres-cawapres. Keduanya sepakat, hubungan ini akan berlanjut hingga pilpres 2014. Maka dibuatlah Perjanjian Batu Tulis.

Di dalam perjanjian itu salah satunya tertuang kesepakatan bahwa Megawati yang menjadi capres 2009 akan mendukung Prabowo sebagai presiden pada pilpres 2014 mendatang.

Namun, perjanjian itu batal. PDIP justru mencalonkan kadernya yang sedang naik daun, Joko Widodo, sebagai calon presiden. Hal itu yang membuat kubu Gerindra merasa 'dikhianati' oleh Megawati dan PDIP.

Baca PDIP Usung Jokowi, Prabowo: Anda Kecewa Nggak Kalau Jadi Saya?

Arifki menambahkan, jika melihat konteks romantisme, apakah pertemuan keduanya untuk menjalin kembali koalisi Mega-Prabowo seperti pada pemilu 2009. Atau sinyal deal-deal Prabowo dan Mega dalam Perjanjian Batu Tulis bisa tercapai pada pemilu 2024.

"Saya melihat ada skema lain yang akan menjadi hal menarik ketika terjadi deal Mega dan Prabowo. Bisa jadi kemungkinan capres dari PDIP dan cawapresnya Gerindra," kata Arifki.

Jika narasi yang dimainkan seperti itu, menurut Arifki, bisa saja duet Mega-Prabowo kembali terulang. Namun jika itu terjadi, Arifki menilai, yang kurang diuntungkan adalah Gerindra, karena pemilu 2024 bisa jadi kesempatan terakhir Prabowo untuk berjuang sebagai capres. Sehingga, Prabowo akan berjuang habis-habisan.

"Kita juga melihat apakah pertemuan keduanya memunculkan wacana koalisi antara nama-nama, Prabowo-Ganjar atau Prabowo-Puan?" kata Arifki.

"Dua kemungkinan ini bisa terjadi di 2024, apakah kesepakatan ini yang akan dibangun?" dia menambahkan.

Tapi yang jelas, kata Arifki, saat ini Prabowo sudah punya modal kuat dengan KIB dan KKIR. Begitu juga posisi PDIP. Meskipun partai banteng moncong putih itu belum menentukan berada di koalisi mana, namun posisinya masih sangat kuat. PDIP tidak bergantung pada partai lain dalam menentukan calon presiden.

"Yang jelas PDIP tak mungkin rugi dalam mengatur permainan capres-cawapres. Sebab PDIP ini juru kunci tanpa bergantung partai lain karena bisa mengusung sendiri kadernya," kata Arifki.

"Makanya saya melihat pertemuan dua tokoh nanti, Prabowo-Mega, akan menentukan konstelasi selanjutnya dalam narasi yang akan dimunculkan setelah bertemu," tambahnya.

Selain itu, menurutnya, saat ini PDIP dan Gerindra harus juga serius mengintip kubu Koalisi Perubahan yang dibangun NasDem, Demokrat dan PKS. Koalisi yang mengusung Anies Baswedan menjadi calon presiden.

Meski elektabilitas Anies masih berada jauh di bawah Prabowo dan Ganjar, namun nasib PDIP dan Gerindra juga dapat dipengaruhi elektabilitas Anies.

"Ketika Anies tiba-tiba meningkat elektabilitasnya, maka saatnya Gerindra-PDIP memikirkan cara untuk begabung untuk menghadapi Anies di 2024. Makanya, nasib dari PDIP-Gerindra ini juga dapat dipengaruhi situasi elektabilitas Anies," kata Arifki.


Megawati-Prabowo Halalbihalal Lebaran

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan pertemuan Mega dan Prabowo akan dikemas dalam acara halalbihalal lebaran. Kedua pemimpin partai itu akan membahas rencana pembentukan koalisi besar.

"Saya kira halalbihalal itu kan sebuah kesempatan untuk bersilaturahim secara lebih terbuka, baik dengan tokoh politik maupun para ketua umum partai," ujar Fadli Zon di Bogor, Minggu, 16 April 2023.

Fadli menjelaskan pertemuan ini merupakan sebuah proses komunikasi untuk membangun koalisi besar di pemilu 2024. Diketahui, Gerindra, PKB, PAN, PPP, dan Partai Golkar tengah berkomunikasi intens untuk membangun koalisi besar di pemilu 2024. Bahkan, PDIP dikabarkan akan bergabung dengan koalisi pro pemerintah itu.

"Saya kira proses ini akan terus berlangsung bagi setiap parpol termasuk Gerindra. Kita akan berupaya mendapatkan dukungan seluas-luasnya," kata Fadli Zon.

Politikus Gerindra Andre Rosiade mengatakan Prabowo memiliki hubungan yang baik dengan seluruh tokoh partai, termasuk PDIP. Sehingga pertemuan Prabowo dengan Megawati, menurutnya, sudah seperti biasa saja. Lazimnya hubungan dua saudara yang bertemu.

"Pak Prabowo dengan Ibu Megawati memiliki hubungan yang sangat baik. Bahkan keduanya sudah seperti kakak-beradik," kata Andre kepada Liputan6.com, Senin, 17 April 2023.

"Jadi sekali lagi, seperti yang disampaikan Pak Prabowo berulang-ulang kali, bahkan Sekjen kami, Pak Muzani. Selain berkomunikasi dengan koalisi lima partai ini KIB dan KKIR, Pak Prabowo juga akan berkomunikasi dengan PDIP. Jadi mudah-mudahan akan ada pertemuan lanjutan dengan PDIP," tuturnya.

Terkait apakah pertemuan itu membahas soal capres, Andre menilai itu merupakan ranah para ketua umum partai KIB dan KKIR.

"Kalau memang lima ketua umum partai ini berkoalisi (KIB-KKIR), berarti yang menentukan capres dan cawapres adalah lima ketua umum pimpinan partai. Tapi kalau nanti PDIP bergabung, tentu ada enam ketua umum partai yang akan menentukan siapa yang akan kita usung," Andre menjelaskan.


Sikap Partai Anggota KIB-KKIR

Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut baik rencana PDI Perjuangan akan masuk dalam koalisi besar. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mulyadi menilai pertemuan kedua pemimpin PDIP dan Gerindra nanti membawa angin segar bagi koalisi dalam menghadapi pemilu 2024.

"PAN akan senang gembira jika PDIP dapat bersama-sama dengan KIB dan KKIR. Hal itu akan menambah basis konstituen pemilih, sehingga paslon yang akan diusung berpotensi dapat memenangi pilpres 2024," ujar Viva Yoga kepada Liputan6.com, Senin (17/4/2023).

Soal PDIP yang ngotot untuk mengusung capres dari internal, menurut Viva, sikap itu merupakan hal yang wajar. Selain sebagai partai terbesar pada pemilu 2019 lalu, PDIP juga menjadi satu-satunya partai yang memenuhi syarat bisa mengusung sendiri capres-cawapres.

Namun, untuk menentukan sosok sebagai capres-cawapres dalam satu koalisi, harus melalui kesepakatan mitra lainnya lewat meja perundingan.

"Semua parpol bebas memperjuangkan cita-citanya di meja perundingan. Karena hal itu adalah logis dan wajar saja. Di meja perundingan dipastikan akan ditetapkan secara kolektif kolegial, musyawarah mufakat, tidak voting," tuturnya.

"Oleh karena itu perlu duduk satu meja dan berdiskusi. Saya meyakini jika sudah duduk berdiskusi akan banyak titik temu dan bersatunya kepentingan dalam rangka pemenangan paslon yang akan diusung," kata Viva.

Senada, Partai Golkar juga menyambut baik rencana PDIP bergabung dalam koalisi besar. Hanya saja Golkar mengingatkan PDIP untuk mengikuti aturan main yang ada di koalisi besar.

"Prinsipnya kita terbuka, hanya saja kita pastikan bahwa kalau terbuka tentu harus ikut dalam aturan main di koalisi besar," ujar Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily di kantor DPP Golkar, Jakarta, Rabu, 12 April 2023.

Ace mengatakan koalisi besar ada karena atas inisiasi partai-partai yang lebih dahulu gabung. Jangan sampai partai yang hadir belakangan justru ingin menguasai.

"Jangan sampai nanti, misalnya, koalisi sudah dibangun, tapi belakangan ingin menguasai. Tentu itu yang harus dihindari," ujar Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini.

Maka dari itu, kata Ace, Golkar menekankan pentingnya untuk membangun kesepahaman lebih dahulu. Bukan saling memberikan syarat seperti soal jatah calon presiden dan calon wakil presiden.

"Ya makanya yang terpenting adalah membangun sebuah pemahaman yang sama," ujar Ace.

Ace menegaskan Partai Golkar ingin soal konfigurasi capres dan cawapres koalisi besar berasal dari representasi KIB dan KKIR.

"Kita harapkan ya masing-masing tentu memiliki representasinya dalam konteks penempatan figur capres dan cawapresnya," ujar Ace.

Ace mengatakan masing-masing dari KIB dan KKIR punya tokoh calon presiden dan calon wakil presiden. Tetapi, ia tidak menjawab tegas apakah akan memasangkan Prabowo Subianto sebagai perwakilan KKIR dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebagai perwakilan KIB.

"Ini kan jelas KIB punya, KKIR juga punya, jadi bisa dilihat lah," ujar Ace. "Tunggu pada waktunya," sambung Ace.


PDIP Ngotot Capres Harus dari Internal

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan, PDIP harus mengusung kader internal sebagai calon presiden ada pemilu 2024. Hasto mengatakan hal tersebut merupakan kebijakan partai yang dikukuhkan dalam kongres PDIP.

Selain itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah menegaskan akan mengusung kader sendiri sebagai calon presiden.

"Tentu saja kami mendorong kader internal partai dan ini sudah menjadi policy diputuskan di dalam kongres kelima dan dipertegas oleh Ibu Ketua Umum pada saat hari ulang tahun PDI Perjuangan ke-50 bahwa partai akan mengusung kader internal partai," ujar Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Sabtu, 15 April 2024.

Sebelumnya, Partai Golkar menyindir PDIP yang seolah mensyaratkan calon presiden bila bergabung dengan koalisi besar partai pro pemerintah jelang pemilu 2024.

Hasto mengaku tidak mempermasalahkan pernyataan Golkar tersebut. Dia mengatakan PDIP bakal menjadi pendengar yang baik.

"Itu kan hak Golkar untuk berpendapat kami menjadi pendengar yang baik," kata Hasto.

Menurut dia, PDIP percaya diri mengenai koalisi pemilu 2024, partai-partai akan merapat setelah pengumuman calon presiden dari partai berlambang banteng tersebut.

"Di dalam sebuah tahapan-tahapan strategis secara empiris maka nanti setelah Ibu Ketua Umum mengumumkan siapa capres dari PDI Perjuangan. Dari pengalaman mengumumkan Pak Jokowi di situ akan terjadi konsolidasi pengerucutan dalam kerja sama tersebut," ujar Hasto.

Hasto menilai konsolidasi koalisi besar partai-partai pendukung pemerintah yang tergabung dalam KIB dan KKIR akan terjadi setelah PDIP mengumumkan calon presiden.

"Apa yang dilakukan ujung-ujungnya kan akan berbicara siapa yang menjadi capres siapa yang menjadi cawapres, sehingga dalam konteks komunikasi politik yang dilakukan gagasan kerja sama besar sangat bagus itu positif," ujar Hasto.

"Tetapi konsolidasi dari kerja sama itu akan terjadi setelah nanti diumumkan siapa capresnya dari PDIP," imbuhnya.