Kangen Perawat Rumah Sakit

Baru Sehari Pulang ke Rumah, David Ozora Sudah Kangen Perawat Rumah Sakit dan Menunggu Jadwal Kontrol

Liputan6.com 2023-04-17 16:44:14
Baru Sehari Pulang ke Rumah, David Ozora Sudah Kangen Perawat Rumah Sakit dan Menunggu Jadwal Kontrol. foto: Twitter @seeksixsuck

David Ozora sudah pulang ke rumah setelah menjalani perawatan nyaris dua bulan di Rumah Sakit atau RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan pada Minggu, 16 April 2023. Dokter yang merawat David mengatakan bahwa motorik korban penganiayaan Mario Dandy ini sudah lebih baik dari sebelumnya.

Mellisa Anggraini, lewat utas singkat di akun Twitter pribadi, Minggu (16/4/2023), menguak alasan David Ozora sudah diperbolehkan pulang.

"Alhamdulillah David masuk ketahap perawatan homecare, meski tetap dalam pemberlakuan HCU setidaknya David sudah berada dalam Lingkungan hangatnya rumah dan keluarga," cuitnya.

Mewakili pihak keluarga Jonathan Latumahina, Mellisa Anggraini berharap homecare di lingkungan keluarga yang hangat mempercepat proses pemulihan David Ozora setelah puluhan hari di rumah sakit. Meski dirawat di rumah, Mellisa Anggarini memastikan standar pengawasan terhadap kondisi David Ozora tak lantas mengendur. Ruang ICU pindah ke rumah, itulah konsepnya.

"Pemberlakuan Homecare ini sama dgn ICU, yaitu Tim perawat 24 jam, okupasi terapi, fisioterapi, terapi wicara, bed standar RS, oksigen dan monitor EKG," terang Mellisa Anggraini.

"Karena masih masuk penanganan HCU maka David masih akan dipantau secara ketat oleh Tim RS Mayapada. Kita doakan kondisi David terutama kemampuan kognitifnya semakin membaik," sambungnya.

Baru sehari pulang, David Ozora ternyata malah kangen berat dengan perawat-perawat yang selama ini telah merawatnya di ICU. Hal itu diungkap oleh Ayah David, Jonathan Latumahina melalui cuitn di akun Twitternya. Jonathan mengunggah potret David yang tampak sedang duduk di ruang tunggu Rumah Sakit.


David Video Call dengan Tim ICU

"Nunggu jadwal kontrol di @RSMayapada yang perawatnya selalu dikangenin David," tulis Jonathan, dalam cuitan di akun Twitter @seeksixsuck, Senin (17/4/2023).

Untuk melepas rasa rindunya, David pun disebut melakukan video call dengan tim ICU yang selama ini telah merawatnya. "Pagi-pagi udah vidcall dengan tim ICU yang 2 bulan kemarin nemenin david. Terimakasih," lanjut Jonathan.

Dalam unggahan sebelumnya di hari yang sama, Jonathan menunjukkan putranya tengah berjemur menikmati sinar matahari pagi. Dalam foto yang diunggah Jonathan, terlihat David Ozora duduk di kursi roda sambil merentangkan kedua tangannya ke atas.

David duduk membelakangi arah datangnya sinar mentari. "Mentari pertama," tulis Jonathan. Informasi terkini mengenai kondisi David itu pun mendapat sambutan hangat warganet. Banyak dari mereka yang menyemangati korban penganiayaan oleh Mario Dandy Satriyo itu untuk segera pulih.

Kejadian unik dan menarik terjadi saat kepulangan David Ozora Latumahina ke rumah. Anak laki-laki Jonathan Latumahina ini dikawal rombongan motor gede alias moge sejak dari RS Mayapada hingga rumah.


Kondisi Terbaru David Ozora

Akun Alto Banditos, @AltoLuger kira-kira lima jam yang lalu menggunggah sebuah foto yang memperlihatkan rombongan moge berada di jalanan kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Ini terlihat dari tanda penunjuk jalan 'Hale Busway GOR Sumantri' yang ada di atas jembatan penyebrangan orang.

"Terima kasih Satudarah Maluku MC Yang mengawal David kembali ke rumah untuk melanjutkan pemulihan intensif," tulis akun @AltoLuger.

Dijelaskannya bahwa kondisi David Ozora Latumahina saat ini masih perlu terapi kognitif dan motorik untuk enam bulan ke depan karena masa kritisnya sudah terlalui. "Perlakuan homecare ini sama seperti ICU, yaitu: tim perawat 24 jam, kunjungan dokter, okupasi terapi, fisioterapi, terapi wicara, pemasangan bed standar perawatan RS, oksigen concentrate, dan monitor EKG," lanjutnya.

Di unggahan berikutnya, akun @AltoLuger menuliskan, "Selain Satudarah Maluku MC, Keluarga Besar Maluku Tenggara Raya (KB MTR) dan Angkatan Muda Kei (AMKEI) Juga selalu hadir dalam persidangan.".

"Komitmen dari saudara-saudaranya @seeksixsuck ini adalah terus mendapingi @MellisA_An selaku Pengacara Keluarga David dalam mengawal proses hukum sampai selesai," lanjutnya. Dari pantauan Liputan6.com pada Minggu malam, akun @seeksixsuck merespons kicauan ini dengan,"Lawamena Haulala."


Treatment untuk David Masih Panjang

Lebih lanjut Tatang, menjelaskan, meski David Ozora sudah diperbolehkan pulang ke rumah akan tetapi mesti harus menjalankan sebuah treatment.

"Walaupun sudah kita pulangkan hari ini, ini masih membutuhkan treatment yang cukup panjang. Karena dari sisi kognisi atau pikirannya, itu masih membutuhkan latihan dan masih membutuhkan pemulihan," ujar Tatang, melansir kanal Health Liputan6.com, Minggu, 16 April 2023.

"Dan motorik halusnya masih belum sepenuhnya membaik. Jadi, ini memang masih butuh treatment yang agak cukup panjang, sehingga dia masih pulih," tambahnya. Tatang memastikan bahwa untuk aktivitas yang sudah bisa dijalankan oleh David Ozora pasca penyembuhan dan perawatan yakni makan, minum, hingga bermain gawai.

"Nah berikutnya, itu dia sudah bisa lakukan aktovitas sehari-hari seperti makan, minum, main HP sudah bisa. Tetapi dari sisi kognisi, masih membutuhkan treatment yang masih butuh jangka waktu panjang. Sehingga, dia bisa pulih seperti sebelum terkena koma kemarin," katanya.

KPAI Dianggap Lebih Bela Penganiaya

Ayah David Ozora Kesal KPAI Lebih Bela Penganiaya Putranya, Pinta Ganti Nama Jadi Komisi Perlindungan AG

Liputan6.com 2023-04-18 17:02:35
Anak AGH alias AG tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk menjalani sidang tuntutan pada hari ini, Rabu (5/4/2023). (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Pengacara David Ozora, Mellisa Anggraini, melayangkan protes keras atas langkah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang meminta Komisi Yudisial (KY) memeriksa hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Sri Wahyuni Batubara. Sang hakim memvonis 3,5 tahun penjara kepada AG mantan pacar Mario Dandy yang terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah terlibat dalam penganiayaan berat terhadap David Ozora.

Ayah David Ozora, Jonathan Latumahina ikut angkat suara tentang protes yang dilakukan pihak KPAI. Jonathan pun menyindir pedas KPAI yang bersikeras membela AG.

Saking kesalnya, Jonathan Latuhamina lantas menyarankan agar lembaga negara itu segera mengganti nama. Menurutnya, David yang notabene menjadi korban kekerasan sadis juga masih di bawah umur, tapi sama sekali tidak mendapat perlindungan KPAI. Menurut Jonathan, mereka justru sibuk melindungi pelaku AG.

"Ganti aja namanya jadi Komisi Perlindungan AG," tulis Jonathan dalam cuitan di akun Twitternya @seeksixsuck, Selasa (18/4/2023).

Jonathan lantas meminta masyarakat tidak terlalu percaya dengan kinerja lembaga negara itu. Mereka, kata dia, sama sekali tidak punya solusi dari berbagai permasalahan yang melibatkan anak.

Jonathan menuding pihak KPAI hanya numpang berfoto dengan anak yang sedang bermasalah untuk membuat laporan kepada atasan mereka, agar terkesan mereka telah bekerja melindungi anak.

"Jangan percaya2 amat sama komisi2an itu, yang selalu ada disamping kalian ketika mengalami masa sulit adalah keluarga dan sahabatmu. Komisi2 itu mentok di foto2 doang sama bikin laporan buat atasan," tulis Jonathan.


Protes Keras Pengacara David Ozora

Sebelumnya, KPAI menduga Sri Mulyani telah melanggar kode etik saat membacakan pertimbangan dalam sidang terbuka dengan menyebut aktivitas seksual AG dengan Mario Dandy secara rinci. Anggota KPAI Dian Sasmita mengklaim ini melanggar kode etik dan pedoman perilaku hakim yang semestinya arif bijaksana. Dian khawatir, paparan soal aktivitas seksual AG dan Mario Dandy meningkatkan frekuensi labelling pada yang bersangkutan.

Protes keras dilayangkan Mellisa Anggraini lewat utas di akun Twitter pribadinya, Sabtu, 15 April 2023, sambil mengunggah tautan berita dengan tajuk: KPAI Minta Komisi Yudisial Periksa Hakim yang Sidang AG.

"KPAI tolonglah, kita semua tau sidang putusan itu sifatnya terbuka untuk umum, semua sudah sesuai dengan procedur, harusnya dorong agar anak2 tidak lagi melakukan aksi kriminal, bukan melindungi seperti ini," cuitnya.

"Semua pertimbangan dalam memutuskan apakah unsur tindak pidana terpenuhi atau tidak tentu haris dibacakan sehingga menjadi dasar dalam hakim memutuskan vonis hukum," ungkap Mellisa Anggraini.


Hakim Menilai AG Tidak Jujur

Setelahnya, ia mengingatkan bahwa penganiayaan berat yang menimpa David Ozora hingga koma berhari-hari diwarnai tudingan bahwa kliennya melakukan perbuatan kurang pantas terhadap AG. Kala itu, beredar pernyataan bahwa Mario Dandy sampai hati menganiaya karena David Ozora disebut melakukan perbuatan kurang pantas terhadap pacarnya, AG, yang masih di bawah umur.

Kini, keadaan berbalik. Hakim tunggal dalam sidang menilai AG tak jujur. "Apakah KPAI tenang jika isu pelecehan terhadap anak David yang berkembang tanpa publik tau kebenarannya sama sekali? Kemarin KPAI diam saat anak korban David difitnah melecehkan ini juga anak loh!" pungkas Mellisa Anggraini.

David sudah kembali ke rumah setelah 53 hari berada di rumah sakit. Meski begitu, kondisi kesehatannya belum pulih benar. Siswa kelas X itu masih harus menjalani terapi kognitif dan motorik selama enam bulan ke depan. Hal itu diungkapkan sang ayah, Jonathan Latumahina, di akun Twitter terverifikasi miliknya, Sabtu, 15 April 2023.


David Sudah Pulang ke Rumah

Melansir kanal Showbiz Liputan6.com, meski sudah berada di rumah, korban penganiayaan Mario Dandy ini tidak boleh dijenguk secara bebas layaknya berada di rumah sakit. Setelah pulang ke rumah, dia menikmati suasana yang lama tak dirasakannya selama berada di rumah sakit. Ia bisa berjemur dan merasakan kebebasan.

Melihat unggahan Jonathan Latumahina, kuasa hukum ikut menyemangati David Ozora. Apalagi, peralatan rumah sakit berada di kamar David yang telah disulap seperti ruangan ICU. "ICU Pindah ke rumah ini mahh..Semangat ," tulis Mellisa Anggraini seraya meminta masyarakat terus mendoakan kesembuhan kliennya.

Meski berada di rumah, perlakuan David Ozora masih seperti di ruang ICU yaitu dengan tim perawat 24 jam, kunjungan dokter, okupasi terapi, fisio terapi, terapi wicara, pemasangan bed standar perawatan rumah sakit, oksigen concentrate dan monitor EKG. David juga masih dipantau secara ketat oleh tim RS Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan.

Argentina Tuan Rumah Piala Dunia U20

Alasan FIFA Pilih Argentina Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Liputan6.com 2023-04-18 12:02:44
Suporter Timnas Argentina merayakan keberhasilan Lionel Messi dan kawan-kawan menjadi juara Piala Dunia di kota Buenos Aires, Selasa (20/12/2020). (AP Photo/Matilde Campodonico)

FIFA telah mengonfirmasi bahwa Argentina terpilih sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023.

Keputusan tersebut menyusul pencopotan tuan rumah turnamen sebelumnya yaitu Indonesia, serta tawaran berikutnya yang diajukan oleh Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA).

Menurut FIFA kepercayaan tuan rumah piala dunia U20 diberikan lantaran Argentina bukan negara baru di dunia persepakbolaan.

"Argentina adalah negara paling sukses dalam sejarah Piala Dunia U20, setelah memenangkan turnamen sebanyak enam kali, terakhir pada tahun 2007. Negara ini juga menjadi tuan rumah kompetisi pada tahun 2001," tulis keterangan FIFA, dikutip dari laman fifa.com, Selasa (18/4/2023).

Piala Dunia U-20 FIFA akan berlangsung dari 20 Mei hingga 11 Juni 2023 dan akan menampilkan enam grup yang terdiri dari empat tim.

Setelah diberikan hak menjadi tuan rumah turnamen, Argentina akan bertanding di ajang tersebut menggantikan Indonesia.

"FIFA dengan senang hati mengumumkan bahwa edisi Piala Dunia FIFA U-20 tahun ini akan berlangsung di Argentina," kata Presiden FIFA Gianni Infantino.

"Saya ingin berterima kasih kepada AFA dan khususnya Presidennya Claudio Tapia, serta otoritas pemerintah, atas komitmen mereka untuk menjadi tuan rumah acara yang luar biasa ini dalam waktu sesingkat itu."

"Piala Dunia U-20 memainkan peran kunci dalam upaya FIFA untuk mempromosikan sepak bola pemuda di seluruh dunia. Sejak 1977, turnamen ini menampilkan beberapa pemain terhebat dalam beberapa dekade terakhir, termasuk Diego Armando Maradona, Lionel Messi, Paul Pogba, Erling Haaland, dan banyak lainnya."

Menyusul konfirmasi tuan rumah baru, Pengundian Resmi FIFA U-20 World Cup 2023 akan berlangsung pada Jumat 21 April di Home of FIFA di Zurich. Rincian lebih lanjut akan diberikan pada waktunya.


Timnas Indonesia U20 Batal Ikut Ambil Bagian

Piala Dunia U-20 akan diikuti oleh 24 tim. Masing-masing peserta dibagi ke dalam enam grup. Argentina sebagai tuan rumah yang baru dipastikan ikut ambil bagian menggantikan timnas Indonesia.

Argentina sendiri merupakan negara tersukses di Piala Dunia U-20 dengan enam gelar juara. Argentina juga pernah menjadi tuan rumah acara ini pada tahun 2011.

"FIFA hari ini dengan senang hati mengumkan Piala Dunia U-20 tagun ini akan berlangsung du Argentina, sang juara dunia membuka pintunya bagi bagi superstar sepak bola masa depan," ujar Infantino seperti dikutip dari keterangan resmi FIFA yang diterima Liputan6.com lewat email.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada AFA, terutama kepada presiden Claudio Tapia, begitu juga kepada pihak pemerintah atas komitmen mereka memastikan Piala Dunia U-20 berjalan dengan waktu persiapan yang relatif sangat singkat," katanya.


Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah

Piala Dunia U-20 2023 sejatinya berlangsung di Indonesia. Namun acara ini batal setelah mencuatnya isu penolakan timnas Israel yang berhasil lolos melalui jalur kualifikasi.

Sikap ini telah memicu pembatalan acara drawing yang sejatinya digelar di Bali pada 31 Maret 2023. FIFA sejauh ini tidak menjelaskan alasan pembatalan tersebut, tapi penolakan dari Gubernur Bali, I Wayan Koster, terhadap kehadiran Israel diduga menjadi pemicunya.

Pada Rabu (29/3/2023) malam WIB, FIFA secara resmi membatalkan status tuan rumah Indonesia.

"Menyusul adanya pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketum PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 akibat situasi saat ini," tulis FIFA melalui rilis resminya.

"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal pelaksanaan turnamen tetap tidak berubah. Potensi sanksi untuk PSSI juga akan diputuskan setelahnya," sambung federasi sepak bola dunia.

Disentil Gibran soal Bima Yudho Saputro

Misi Berdarah TNI ke Sarang KKB

Misi Berdarah Prajurit TNI Diserang KKB dalam Penyelamatan Pilot Susi Air di Papua Disorot Dunia

Liputan6.com 2023-04-18 14:00:09
Pilot Susi Air Kapten Philips M sedang bersama Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Misi pencarian pilot Susi Air Kapten Philip Mark Merthens yang diculik kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Nduga, Papua menelan korban. Salah satu prajurit terbaik TNI Pratu Miftahul Arifin dilaporkan tewas saat bertempur melawan KKB.

"Panglima TNI turut berduka cita atas gugurnya prajurit terbaik TNI atas nama Pratu Miftahul Arifin yang gugur pada 15 April 2023 pukul 16.30 WIB," kata Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono saat jumpa pers, Minggu 16 April 2023.

Kabar misi penyelamatan pilotSusi Air itu mencuri perhatian dunia, sejumlah media asing turut menyorotinya.

Salah satu media Asia dari Hong Kong, Asia Times, memuat kabar misi berdarah penyelamatan pilot Susi Air itu dengan "Reports of deadly ambush in Papua shake Indonesian military".

"Pemberontak Papua dilaporkan telah membunuh atau menangkap hingga 15 tentara Indonesia dalam penyergapan di dataran tinggi yang diselimuti kabut dan dekat dengan tempat orang-orang suku bersenjata menyandera seorang pilot Selandia Baru selama lebih dari dua bulan. Jika benar, ini adalah salah satu kemunduran militer terburuk di Indonesia, menimbulkan kekhawatiran akan pembalasan besar-besaran karena pasukan keamanan mencari tentara yang hilang, yang sebagian besar diyakini anggota elit Pasukan Khusus Indonesia (Kopassus)," sorot Asia Times dalam pemberitaannya tertanggal 17 April 2023 yang dikutip Selasa (18/4/2023).

Media Turki TRT World melalui artikel "Separatists ambush Indonesian military in Papua New Guinea", mengangkat seorang prajurit yang gugur. "Separatis bersenjata telah menyergap sekelompok tentara Indonesia yang mencari pilot Selandia Baru yang diculik di wilayah Papua, menewaskan sedikitnya satu orang," menurut pihak TNI.

Sementara itu media Inggris The Telegraph dengan pemilihan angle berita serupa mengangkatnya melalui tulisan bertajuk "Papua rebels kill six troops on rescue mission for New Zealand pilot".Orang-orang bersenjata separatis membunuh pasukan yang mencari Phillip Mehrtens, sorot media itu.

Media Inggris lainnya, BBC, menyoroti isu prajurit TNI diserang KKB dengan artikel "Papua: At least one killed in hunt for kidnapped NZ pilot Philip Mehrtens". Sesuai dengan keterangan pihak berwenang yang menyebut setidaknya satu tentara Indonesia tewas dalam serangan pemberontak saat mencari pilot Selandia Baru yang diculik di wilayah Papua.

Sedangkan The Guardian yang juga dari Inggris, menyebut ada enam prajurit yang terbunuh dalam misi pembebasan pilot Susi Air melalui artikel dalam tulisan yang diberi judul "Six soldiers killed, 30 missing in attempt to rescue kidnapped pilot in West Papua".


Sorot Jumlah Korban Simpang Siur

Media Timur Tengah Al Jazeeradalam artikel "Papua rebels ambush Indonesian troops looking for kidnapped pilot"juga menyoroti misi berdarah dalam rangka penyelamatan pilot Susi Air, Philip Mark Merthens.

Dalam artikel yang dimuat tanggal 17 April, Al Jazeeramenyebut separatis di wilayah Papua Indonesia telah membunuh sembilan tentara dalam penyergapan, tetapi militer mengatakan satu tentara tewas selama operasi pencarian untuk menemukan pilot Selandia Baru yang diculik.

Al Jazeera kemudian mengutip juru bicara militer Indonesia Julius Widjojono pada Minggu 16 April, tentara diturunkan ke beberapa lokasi dalam pencarian pilot Susi Air Phillip Mehrtens dan mengalami kesulitan komunikasi karena cuaca buruk.

Media Negeri Jiran, Malay Now, turut memberitakan melalui "Soldier killed as separatists ambush military in Indonesia's Papua".

Dari Amerika Serikat (AS), media NY Breaking mengangkat isu tersebut dengan "Papua Rebels Ambush Indonesian Troops Looking For Kidnapped Pilot".

APyang juga dari AS, dengan angle serupa mengangkat isu tersebut melalui "Indonesian troops killed in battle with separatists in search for kidnapped New Zealand pilot".

Media AS lainnya, CNN, menyebut jumlah korban tewas lebih banyak yakni 13 orang melalui artikel "Rebels holding New Zealand pilot hostage claim they've killed at least 13 Indonesian soldiers".

CNNmerujuk pernyataan dari klaim Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) yang mengatakan tentaranya menyerang dua pos militer Indonesia di Distrik Yal dan Mugi di Kabupaten Nduga selama akhir pekan. Disebutkan pula dalam pernyataan itu bahwa pemberontak menembak mati 13 anggota militer dan polisi Indonesia di Distrik Mugi. Satu jenazah telah dievakuasi oleh militer Indonesia, tetapi pemberontak masih memiliki 12 jenazah, tambah pernyataan itu, tanpa memberikan bukti.

Sedangkan dari Australia, ABC.net.au, menyebut banyak orang hilang dalam misi penyelamatan sang pilot Susi air dengan tulisan bertajuk "Rebel gunmen attack Indonesian troops searching for New Zealand pilot Phillip Mehrtens, leaving dozens missing".


RI Konfirmasi 1 Orang Tewas dalam Misi Penyelatam Pilot Susi Air di Papua

Kapuspen TNI Laksda Julius Widjojono saat jumpa pers, Minggu 16 April 2023 mengatakan Panglima TNI turut berduka cita atas gugurnya prajurit terbaik TNI atas nama Pratu Miftahul Arifin yang gugur pada 15 April 2023 pukul 16.30 WIB.

Julius melanjutkan, soal kesimpang siuran informasi yang berbedar di media sosial sejak kemarin, dirinya menyarankan kepada awak media untuk berkenan merujuk pada informasi yang disampaikan oleh jalur Mabes TNI.

"Penyebaran informasi yang keliru akan berdampak pada tingkat keberhasilan operasi di lapangan," jelas dia.

Julius memastikan, demi membela NKRI maka TNI tidak pernah mundur sejengkalpun untuk menjaga kedaulatan wilayah RI dan anggota TNI masih konsisten dalam menjalankan misi terkait di Papua.

"Panglima TNI dengan tegas menyampaikan, untuk ambil tindakan jangan ragu-ragu," tegas dia.

Julius membenarkan, situasi anggota TNI saat ini yang masih ada di medan operasi mengalami kesulitan akses komunikasi. Hal itu disebabkan kondisi cuaca yang tidak menentu.

"Panglima TNI secara terus menerus memerintahkan untuk melakukan pencarian dan bantuan tempur dengan kekuatan maksimal," dia memungkasi.


Lokasi Pilot Susi Air Sudah Diketahui, TNI: Operasi Penyelamatan Semakin Mengerucut dan Terfokus

Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia (Kapuspen TNI) Laksda Julius Widjojono memastikan, lokasi pilot susi air yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua sudah diketahui. Hal ini menyusul adanya operasi penyelamatan terhadap pilot yang bernama Philip Mark Merthens ini.

"Kondisi pilot sudah diketahui areanya. Operasinya sudah semakin mengerucut dan terfokus," kata Julius saat jumpa pers, Minggu (16/4/2023).

Meski diketahui, menyisir medan dan mendekati kordinat bukan tanpa hambatan. Selain KKB yang juga memiliki senjata api, faktor alam seperti hujan juga menjadi kendala tersendiri bagi anggota di medan tempur.

"Yang paling menyulitkan dalam operasi ini adalah cuaca. Jadi cuaca, dan ini sangat tidak menentu di Papua," ujar Julius.

Akibat cuaca buruk, jaringan dan koneksi untuk berkomunikasi antar anggota juga mengalami masalah.

"Kemarin kami mencoba untuk berkomunikasi melalui saluran radio juga masih terhambat," urai Julius.

Benci Meghan Markle Sejak Ratu Wafat

Kate Middleton Disebut Simpan Kebencian pada Meghan Markle Sejak Wafatnya Ratu Elizabeth II

Liputan6.com 2023-04-18 07:01:45
(kiri ke kanan) Pangeran William dan istrinya Kate Middleton bersama sang adik Harry dan istrinya Meghan Markle melambaikan tangan kepada masyarakat di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, 10

Hubungan memanas antara Kate Middleton dan Meghan Markle dikabarkan mencapai puncaknya saat mendiang Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022. Putri Wales itu disebut 'memendam kebencian' pada saudara iparnya karena membuatnya terpaksa tak bisa menemui Ratu Elizabeth di detik-detik terakhir hidupnya.

Kisah tersebut termuat dalam buku terbaru karangan penulis biografi kerajaan, Robert Johnson, berjudul Our King: Charles III: The Man and The Monarch Revealed. Ia menulis bahwa Kate Middleton merasa dipaksa untuk tetap tinggal di Inggris saat Ratu Elizabeth meninggal di Balmoral.

Dikutip dari NY Post, Selasa (18/4/2023), Jobson mengklaim Raja Charles III telah memerintahkan para menantunya untuk tetap tinggal di kediaman masing-masing karena 'tidak tepat' untuk mereka berada di samping ranjang sang ratu. "Harry bersikeras Meghan pergi bersamanya ke Skotlandia saat hidup Ratu tak lama lagi, tetapi raja mengatakan hanya anak dan cucu yang bersama ratu," tulis Jobson.

Penulis biografi itu juga menyebut Charles meminta Pangeran William untuk tidak membawa istrinya dengan alasan 'jika Catherine tidak datang, Meghan juga tidak bisa'. Ia menambahkan, "Secara pribadi, dia ingin mengatakan Meghan tidak diterima - tetapi dia tidak bisa mengatakan itu kepada Harry, jadi dia secara pribadi turun tangan dan meminta Kate untuk tetap di rumah agar lebih adil untuk Meghan."

Saat itu, Kate disebut sangat ingin berangkat ke Balmoral untuk menemui mendiang ratu terakhir kalinya sebelum meninggal. Diketahui hubungan Kate dan Ratu Elizabeth sangat dekat semasa hidupnya.

"Kate sengaja menjauh, tapi dia sangat ingin berada di sana bersama Ratu di saat-saat terakhirnya," tulis Robson. "Itu memakan Kate dan telah membangun kebencian terhadap Meghan."


Salah Satu Hal Tersulit yang Harus Dilakukan Kate Middleton

Di hari kematian Ratu Elizabeth II, Kate terlihat menjemput anak-anaknya, Pangeran George dan Putri Charlotte, dari sekolah. Anggota keluarga kerajaan yang bergegas ke Skotlandia untuk menemui ratu terakhir kalinya adalah Charles, Camilla, Putri Anne, dan dokter pribadi ratu, Huw Thomas.

William bersama Pangeran Edward dan istrinya, Sophie, juga terbang ke kediaman resmi keluarga kerajaan di Skotlandia menyusul kematian ratu. Pangeran Harry juga tiba di Balmoral dan mengaku telat untuk mengucapkan perpisahan langsung pada neneknya. Atas pernyataan yang tertulis di buku tersebut, belum ada tanggapan apapun dari pihak istana maupun perwakilan Harry dan Meghan.

Selain klaim soal kebencian Kate pada Meghan, buku Jobson juga mengulas momen William dan Kate berjalan bersisian dengan Meghan dan Harry saat menemui warga untuk menerima penghormatan terakhir dan ucapan duka cita dari publik di luar Istana Windsor. Itu menjadi momen pertama kali mereka tampil sebagai 'Fab Four' setelah bertahun-tahun hubungan mereka renggang.

Menurut Jobson dalam bukunya, momen tersebut adalah 'salah satu hal tersulit' yang harus dilakukan Kate Middleton sepeninggal Ratu Elizabeth. Dia juga menjelaskan bahwa kegiatan itu merupakan ide William.


Meghan dan Harry Bikin Telat

Menurut Jobson, penampilan mereka berempat di muka publik adalah cara untuk menunjukkan persatuan dan kebersamaan keluarga kerajaan menyusul kepergian Ratu Elizabeth II. Tetapi, agenda itu rupanya tidak sepenuhnya berjalan sesuai rencana. Komentator kerajaan NBC, Daisy McAndrew mengklaim bahwa agenda itu mundur dari jadwal karena Harry dan Meghan telat.

"Menariknya, alasan mereka berjalan itu sangat terlambat - dijadwalkan hampir satu jam sebelum mereka benar-benar datang - adalah karena, tentu saja, Harry dan Meghan harus pergi dan berganti pakaian," kata McAndrew pada acara "Today" di 13 September 2022, menambahkan bahwa mereka terlambat sekitar satu jam untuk acara tersebut.

"Mereka tidak mengenakan pakaian berkabung formal yang tepat, jadi mereka harus segera pergi dan berganti pakaian - saya kira, menata rambut dan merias wajah untuk Meghan. Jadi itu sebabnya mereka terlambat."

Agenda itu berjalan sekitar 40 menit. Kedua pasangan kerajaan itu kembali menaiki mobil yang sama setelah bertemu dan menyalami warga. William terlihat mengendarai mobil tersebut dan Kate berada di bangku depan. Sementara, Harry dan Meghan duduk di bangku belakang.


Harry Sebut Kate Middleton Merasa Tersaingi Meghan Markle

Pangeran Harry ikut serta dalam perseteruan antara Kate dan istrinya. Ia menuding kakak iparnya telah mengambil 'Willy' darinya. "Saudara laki-laki yang saya antar ke Westminster Abbey pagi itu telah pergi selamanya. Siapa yang bisa menyangkalnya?"

Dalam autobiografinya berjudul "Spare", Harry menyatakan bahwa ikatannya dengan William berubah sejak saudara laki-lakinya menikah dengan Kate. "Saya juga mengatakan saya tidak sabar menunggu mereka bertemu dengannya, bahwa saya menantikan kami berempat menghabiskan banyak waktu bersama, dan saya mengakui untuk kesekian kalinya, bahwa ini telah lama menjadi impian saya --- untuk bergabung dengan mereka dengan pasangan yang setara. Menjadi berempat," tulis Harry.

Sebaliknya, Kate dan Markle tidak pernah berteman dekat. Sejak hubungannya dengan sang pangeran terungkap, Markle secara terbuka dibandingkan dengan Kate, calon ratu Inggris. Kate sebagai Mawar Inggris melawan Meghan Markle aktris Amerika yang blak-blakan.

Menurut buku Harry, saat perhatian beralih ke Markle, Kate merasa bahwa dia "dipaksa untuk bersaing dengan Meg". Dia merinci bagaimana Kate "meringis" ketika Markle meminta untuk meminjam lip gloss di acara "Fab Four" pertama mereka, penampilan Royal Foundation Forum pada Februari 2018.

Duke of Sussex menulis bahwa tamasya tersebut menandai awal dari konfliknya karena pers, setelah wartawan "merasakan" ketegangan selama panel. "Saya pikir itu membuat Kate gelisah sambil memberi tahu dia dan semua orang bahwa dia sekarang akan dibandingkan, dan dipaksa untuk bersaing dengan, Meg," tulis Harry.

Sudan Krisis Pangan dan Logistik

Pertempuran Sudan: Mahasiswa Indonesia Sebut Mulai Krisis Pangan dan Logistik

Liputan6.com 2023-04-18 16:12:06
Gambaran suasana perang di Khartoum, Sudan, pada Senin (17/4/2023), tampak asap hitam mengepul. (Dok. AFP)

Memasuki hari keempat pertempuran Sudan pada Selasa (18/4/2023), mahasiswa Indonesia mulai mengalami krisis bahan pangan dan logistik. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Ikatan Mahasiswa Indonesia di Universitas Internasional Afrika Abdurrahman.

"Untuk kebutuhan makan, minum, dan lain sebagainya itu sejujurnya saat memasuki hari ke empat ini kami sudah mulai krisis bahan pangan dan logistik dikarenakan kami harus stay di kediaman masing masing. Otomatis kami tidak bisa bergerak secara bebas untuk membeli kebutuhan logistik," ujar Abdurrahman atau yang akrab disapa Abduh kepada Liputan6.com, Selasa.

"Teman-teman relawan juga tidak bisa maksimal dalam pembelian logistik dikarenakan banyaknya toko-toko di sekitar area kami yang bahannya sudah mulai kehabisan atau bahkan tidak mau menjual lagi ke orang-orang ataupun masyarakat sekitar dikarenakan ketidakpastian kondisi saat ini. Jadi, untuk pengadaan makanan dan minuman sampai saat ini kami bersinergi dengan berbagai elemen."

Tantangan besar lainnya, menurut Abduh, adalah penukaran mata uang asing yang semakin menipis stoknya.

Abduh sendiri saat ini berada di asrama kampus Universitas Internasional Afrika di Ibu Kota Khartoum. Menurut Abduh, kurang lebih ada 600 hingga 650 mahasiswa Indonesia di kampus yang sama dengannya.

"Kami terus berkoordinasi dan bersinergi dengan berbagai elemen. Pastinya dengan KBRI Khartoum juga. Alhamdulillah hingga saat ini sinergi dan komunikasi kami masih sangat sangat intensif dan baik," kata mahasiswa tahun akhir yang menempuh jurusan Studi Islam tersebut.

Warga negara Indonesia (WNI) di Sudan terpencar di sejumlah wilayah.

"Yang paling banyak ada di dua wilayah, yaitu Arkaweet dan Makmuroh. Ini lokasinya berdampingan, jadi masih bisa dijangkau walaupun itu juga sangat sangat sulit mengingat medan konflik yang terjadi di Sudan termasuk di area kami. Benar-benar di depan, samping kanan, kiri, belakang area kami. Bahkan, kemarin pun beberapa terjadi di dalam area kawasan perumahan kami. Ini menjadikan akhirnya beberapa kendala besar kami untuk pembelian dan penyaluran logistik. Penyaluran logistik yang jaraknya hanya sekitar satu hingga dua kilometer dari kami pun belum bisa kami sambangi karena ruang gerak kami yang sangat, sangat terbatas mengingat kondisi keamanan saat ini," tutur Abduh.

Ditanya soal listrik, Abduh menjelaskan bahwa di wilayahnya di Arkaweet sampai saat ini listrik belum menyala.

"Kami masih belum mengetahui sebabnya. Apakah ada kerusakan di pusat listrik area Arkaweet atau terkena dampak dari peperangan. Adapun untuk area Makmuroh, area seberang, saat ini dikonfirmasi nyala walaupun beberapa kali mati-nyala mati-nyala tapi masih kami anggap normal," kata Abduh.

Namun, Abduh menyatakan bahwa asrama kampus sendiri termasuk area paling aman dan paling terjamin listriknya. "Karena kalau mati listrik sekalipun, kampus punya generator listrik khusus."


Imbauan KBRI Khartoum

Abduh menjelaskan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Khartoum mengeluarkan sejumlah imbauan terkait situasi Sudan. Imbauan terakhir keluar pada Senin (17/4).

"Tidak mendekati jendela ataupun pintu yang bisa menjadi sasaran dari peluru peluru nyasar. Dan ini memang terjadi ya kasus peluru-peluru nyasar ini masuk ke kediaman penduduk. Tapi, Alhamdullah hingga saat ini tidak ada korban jiwa ataupun terluka. Sampai saat ini seluruh WNI dikatakan selamat dan kondisinya juga baik baik saja," ungkap Abduh.

Intensitas pertempuran pada Senin, yang merupakan hari ketiga, diakui Abduh lebih tinggi dibanding hari-hari sebelumnya.

"Hari ketiga kemarin itu menjadi salah satu puncak dari intensitas baku tembak antara kedua belah pihak, darat, udara, semuanya bener bener sangat sangat intens sekali kemarin akhirnya," kata dia.

Mengutip pernyataan tertulis KBRI Khartoum pada Senin, sejumlah imbauan lain terhadap WNI adalah terus meningkatkan kewaspadaan, tetap tenang dan selalu berhati-hati, tetap tinggal di rumah, meningkatkan saling komunikasi, berkumpul bersama di titik-titik aman, tidak berkeliaran, dan menyiapkan dokumen paspor serta beberapa barang keperluan pribadi dalam satu tas/ransel.


Pemicu Pertempuran Sudan

Melansir BBC, laporan PBB mengungkapkan, sekitar 185 orang tewas dan lebih dari 1.800 terluka dalam pertempuran yang memasuki hari ketiga pada Senin.

Kedua belah pihak yang bertikai, yaitu militer dan kelompok paramiliter yang disebut Rapid Support Forces (RSF), saling mengklaim telah menguasai sejumlah situs penting di Khartoum.

Perang terjadi antara unit tentara yang setia kepada pemimpin de facto Jenderal Abdel Fattah al-Burhan dengan RSF yang dipimpin oleh Mohamed Hamdan Dagalo atau yang lebih dikenal sebagai Hemedti.

Hemedti mengatakan pada Senin bahwa masyarakat internasional harus campur tangan. Dia mencap Jenderal Burhan sebagai seorang Islam radikal yang mengebom warga sipil dari udara.

Sementara itu, Jenderal Burhan mengatakan dia bersedia bernegosiasi.

Kedua belah pihak mengadakan gencatan senjata singkat pada hari Minggu (16/4) untuk memungkinkan yang terluka dievakuasi, meskipun tidak jelas seberapa ketat mereka mematuhinya.

Otoritas Antarpemerintah dalam Pembangunan atau IGAD dilaporkan akan mengirimkan Presiden Sudan Selatan, Djibouti, dan Kenya untuk menengahi perselisihan.

Sekretaris Eksekutif IGAD Nuur Mohamud Sheekh mengatakan kepada BBC bahwa ada beberapa tanda kemajuan dapat dicapai.

"Mereka sedang bersiap untuk melakukan perjalanan ke Sudan untuk bertemu dengan kedua pemimpin tetapi mereka terlibat melalui diplomasi saluran belakang, mereka berbicara kepada para pemimpin ini untuk menghentikan permusuhan, menghentikan pertempuran, dan kembali ke meja perundingan," ujarnya.

"Kedua pemimpin ini menyetujui mediasi, yang dengan sendirinya merupakan perkembangan yang sangat positif selama beberapa jam terakhir. Para pemimpin kami memiliki pengalaman dalam hal mediasi dalam konflik."

J-Hope BTS Pamit Wamil

Member BTS Antarkan J-Hope Wamil, Ada Jin BTS yang Gagah Kenakan Seragam Militer

Liputan6.com 2023-04-18 13:54:56
J-Hope BTS Berangkat Melaksanakan Wajib Militer Alias Wamil pada Hari Ini, Rabu, 18 April 2023. Semua Member BTS Tak Terkecuali Jin BTS Terlihat Ikut Mengantar J-Hope Berangkat Wamil (twitter

Akun Twitter @BTS_twt pada Selasa siang, 18 April 2023, mengunggah dua foto yang memperlihatkan para member BTS yang sepertinya sedang mengantarkan J-Hope ke barak wamil.

"I love you J-Hope," tulis @BTS_twt.

Sang rapper santer dikabarkan akan berangkat melaksanakan wajib militer pada hari ini, Rabu, 18 April 2023.

Seolah menguatkan spekulasi tersebut, J-Hope BTS mengunggah sejumlah foto di media sosial dan berpamitan dengan penggemar.

J-Hope BTS membagikan dua buah foto di Instagram. Foto pertama saat J-Hope memamerkan rambut cepak, yang lazim dibagikan Idol Kpop jelang keberangkatan menuju barak wamil.

Dikutip dari Soompi, J-Hope menyertakan sebuah tulisan tangan di atas kertas bertuliskan 'Aku akan kembali dengan sehat dan selamat!'.

Dari foto yang dibagikan @BTS_twt semua member turut mengantarkan J-Hope berangkat wamil. Tidak hanya Jungkook, V, Jimin, Suga, atau RM saja. Di foto tersebut tampak sosok Jin BTS yang gagah dengan seragam kemiliterannya.

Di foto pertama, semua member menengok ke arah kamera. Tangan V merangkul pundak J-Hope. Di foto kedua, semua tangan member memegang kepala J-Hope BTS.

"Ini bukan selamat tinggal. Ini hanya mengucapkan sampai jumpa nanti," kicau @Qi**** merespons unggahan tersebut.

"Kami akan menunggumu, J-Hope," kicau @jimin*****

"Kami menangis begitu banyak air mata dan tersenyum begitu banyak senyum hari ini. Saya cinta kalian semua," kicau akun @inventingSa****

"Sehat selalu, Hobi (panggilan J-Hope). Tolong pergi dan kembali dalam keadaan sehat," kicau @faranaaz.


J-Hope BTS Membagikan Foto Akan Berangkat Wamil di Weverse

Tak hanya di Instagram, J-Hope BTS membagikan foto terbarunya ini di Weverse. J-Hope tampak tersenyum kecil dan memberi hormat ke arah kamera.

Dia menulis pesan serupa dengan keterangan foto di Instagram, dan menambahi sebuah kalimat manis 'Aku menyayangimu ARMY'.


Menunggu J-Hope BTS Pulang

Member BTS yang lain, Jimin, juga membagikan foto berdua bareng J-Hope dan rambut barunya ini.

Unggahan J-Hope ini tentu saja menggetarkan hati ARMY yang akan ditinggal pergi untuk sementara oleh idolanya.

"Kami akan menunggumu, J-Hope," cuit @healwithtae yang disukai lebih dari 6 ribu warganet.

"Kuharap kamu selalu selamat, sehat, dan bahagia. Jaga diri dan lekas bertemu lagi hobi," tulis @fallfortaegi yang difavoritkan lebih dari seribu pengguna Twitter.

Belum Sanggup Nafkahi Rp 30 Juta per Bulan

Keluarga Ungkap Indra Bekti Belum Sanggup Penuhi Nafkah Rp 30 Juta per Bulan Usai Bercerai

Liputan6.com 2023-04-18 12:10:00
Indra Bekti (Foto: YouTube/ MAIA ALELDUL TV)

Indra Bekti telah resmi bercerai dari Aldila Jelita. Dalam persidangan disampaikan bahwa presenter terkenal ini harus memberi nafkah kepada anaknya sebesar Rp 30 juta per bulan dengan kenaikan 10 persen tiap tahun.

Terkait hal ini, kakak Indra Bekti, Cipta, memberi tanggapan. Nominal nafkah memang sudah disepakati namun dikembalikan pada kesanggupan Bekti. Lantas, apakah pria 44 tahun itu bisa memberi nafkah dengan nominal tersebut?

"Itu dikembalikan dengan kemampuan Bang Indra. Kalau untuk saat ini saya rasa juga belum sanggup ya, kalau untuk tuntutan yang itu," tutur Cipta dikutip dari YouTube Intens Investigasi, Selasa (18/4/2023).

"Tapi kalau nanti ke depannya bagaimana, kalau alhamdulillah ada rezekinya, ya monggo aja itu kan kemampuannya beliau," dia menyambung pernyataan.


Berembuk soal Besaran Nafkah yang Harus Diberikan Bekti

Perkara nafkah, Cipta menjelaskan bahwa hal ini memang sudah didiskusikan bersama-sama. Cipta sendiri dilibatkan dalam perundingan ini.

"Kalau masalah itu di awal kita rembukan sama keluarga, saya, manajemen dan kuasa hukum sudah menggaris sekian-sekian, tapi nanti dikembalikan lagi, disesuaikan dengan kesanggupan Bang Indra. Yang penting yang pokok-pokoknya dulu," papar Cipta.


Indra Bekti belum Bisa Memenuhi Kewajiban Nafkah

Beberapa hal pokok yang harus diutamakan soal nafkah meliputi tiga poin yang telah disepakati bersama. Tapi, mengingat Indra Bekti masih dalam masa pemulihan, tampaknya nafkah itu belum dapat dipenuhi untuk sementara.

"Iya kalau nafkah itu kemarin kita fokusnya sama biaya pendidikan, asuransi sama kebutuhan sebulan. Tapi balik lagi, itu juga belum bisa dipenuhi sampai setahun ini mungkin karena Bang Indra kerjaanya belum bisa seperti semula," ujarnya.


Keterangan Humas soal Nafkah

Sebelumnya diberitakan bahwa Humas PA Jakarta Selatan, Taslimah, menegaskan soal besaran nafkah anak yang harus dipenuhi Bekti setiap bulannya. Bekti diwajibkan memberikan uang Rp30 juta untuk kebutuhan kedua anaknya.

"Dua orang anak, jadi tergugat membayar nafkah dua orang anak sejumlah itu per bulan, sampai anak itu dewasa dan mandiri dengan kenaikan 10 persen tiap tahun," terangnya.

Misi Penyelamatan Pilot Susi Air

HEADLINE: Misi Penyelamatan Pilot Susi Air dari Sandera KKB Papua, Operasi Militer Efektif?

Liputan6.com 2023-04-19 00:00:00
Pilot Susi Air, Captain Philips M, hingga kini disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Jumat (10/3/2023). (Foto: Nur Habibie/Merdeka)

Satuan Tugas Batalyon Infanteri Yonif Raider 321/Galuh Taruna (Yonif R 321/GT) yang bertugas melakukan operasi SAR pilot Susi Air di wilayah Mugi-Mam Kabupaten Nduga mendapat serangan dari gerombolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pada Sabtu, 15 April 2023 lalu. 1 prajurit TNI gugur dalam kontak tembak dan lima prajurit lainnya masih dalam proses pencarian.

Awalnya, penyerangan terhadap personel TNI terjadi ketika satgas mencoba untuk menyisir dan mendekati posisi dari para penyandera. Kemudian, terjadi serangan, satu prajurit TNI terjatuh dan mendapatkan serangan lanjutan. Demikian menurut Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Julius Widjojono.

Kapuspen TNI memastikan korban jatuh dalam operasi tersebut hanya satu jiwa. Terkait informasi luar yang menyebut ada korban jiwa lain, hal itu belum dapat dikonfirmasi.

Meski demikian, Kapuspen TNI memastikan tetap bakal melakukan operasi dalam menyelamatkan pilot Susi Air serta melakukan evaluasi mendalam terkait misi penyelamat pilot Susi Air yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Khususnya pasca gugurnya satu prajurit TNI di Kabupaten Nduga, Papua.

Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi, berpandangan bahwa insiden penyerangan terhadap prajurit TNI dalam operasi penyelamatan pilot Susi Air, patut dijadikan perhatian dan evaluasi bagi pemerintah dan TNI.

"Insiden penyerangan yang menggugurkan satu prajurit TNI pada Sabtu (15/4) kemarin, menununjukkan ada hal yang perlu diperhatikan dan dievaluasi," kata Fahmi kepada Liputan6.com, Selasa (18/4/2023).

Fahmi menjelaskan ada beberapa faktor yang mesti dievaluasi. Pertama, kompetensi dan kesiapan soal dukungan data terkait dengan situasi dan kondisi medan yang ada.

"Hal yang perlu dievaluasi di antaranya soal kompetensi dan kesiapan prajurit terkait situasi dan medan tempur yang penting untuk diperhatikan," ujarnya.

Kedua, soal keamanan dan lalu lintas informasi terkait misi penyelamatan pilot Susi Air. Hal ini merujuk pada kerahasiaan informasi operasi yang seharusnya bisa menjadi pertimbangan agar tidak diketahui oleh pihak lawan atau penyandera.

"Selanjutnya soal keamanan dari operasi, kemudian kerahasiaan soal arus lalu lintas informasi yang terkait dengan pelaksanaan tingkat operasi. Hal ini juga patut dijadikan perhatian sebelum pelaksanaan operasi-operasi di Papua tersebut," kata Fahmi.

Kendati demikian, Fahmi menyadari baik pemerintah maupun TNI, keduanya menghadapi tantangan yang berat untuk bisa membebaskan pilot Susi Air, Philip Max Marthens, dari tangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

Menurutnya, Medan pegunungan menjadi salah satu tantangan atau kesulitan pemerintah dan TNI dalam misi penyelamatan pilot Susi Air tersebut.

"Kesulitannya pasti ada. Apalagi ini di Medan pegunungan, pasti kontur secara fisik geografis akan menyulitkan. Kemudian hutan rimba belantara juga cuaca yang sering berubah-ubah secara ekstrem, itu juga yang menjadi penyulit," ucapnya.

Lebih lanjut, Fahmi menilai, upaya persuasif pemerintah hingga saat ini tetap harus terus didorong oleh penegak hukum khususnya TNI-Polri untuk memberikan penguatan dalam upaya-upaya negosiasi yang sudah berjalan. Hal ini bertujuan untuk dapat menekan tanpa adanya korban berguguran.

"Adapun terkait langkah persuasif yang dilakukan pemerintah. Tentunya TNI-Polri harus memberikan dukungan khususnya dalam upaya-upaya mendekati sasaran dan melihat peluang-peluang dalam melakukan penyelamatan, agar dapat meningkatkan posisi tawar pemerintah dalam negosiasi yang sedang berjalan," Fahmi menandasi.

Adapun Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani mendorong evaluasi menyeluruh kebijakan keamanan Papua usai satu prajurit TNI gugur dalam misi penyelamatan pilot Susi Air di Kabupaten Nduga. Menurutnya, kebijakan pemerintah saat ini tidak bisa menyelesaikan masalah keamanan di bumi Cendrawasih tersebut.

"Kesempatan ini sebaiknya menjadi momentum evaluasi secara menyeluruh kebijakan keamanan di Papua. Perlu ada kebijakan jelas dari Pemerintah Pusat karena faktanya eskalasi gangguan keamanan di Papua tidak bisa lagi diselesaikan dengan cara-cara biasa seperti yang dilakukan selama ini," ujarnya kepada wartawan, dikutip Selasa (18/4/2023).

"Pertanyaannya apakah kebijakan itu sudah dirumuskan pemerintah? Atau mungkin ada tapi bersifat parsial dalam skala kecil untuk merespon kasus demi kasus saja?" imbuhnya.

Christina berpandangan perlu peta besar solusi gangguan keamanan Papua. Fokus Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pendekatan pembangunan ekonomi belum memberikan penekanan pada aspek gangguan keamanan.

"Kami berpendapat peta besar solusi gangguan keamanan di Papua harus segera dirumuskan. Beberapa kali Presiden ke Papua dan berfokus pada pendekatan pembangunan (ekonomi) tapi kurang memberi penekanan pada aspek gangguan keamanan," ujar Christina.

Politikus Golkar ini mengingatkan jangan sampai ada lagi prajurit atau warga yang jatuh menjadi korban.

"Kita tidak ingin ada prajurit lagi yang gugur dan jangan lagi jatuh lebih banyak korban warga sipil," sambungnya.

Menurut Christina Perpres Pelibatan TNI dalam mengatasi terorisme perlu segera diundangkan. Karena posisi TNI di Papua hanya mendukung operasi penegakan hukum Polri. Sementara pemerintah telah menyebut KKB sebagai kelompok teroris sejak 29 April 2021.

"Sehingga jelas peran seperti apa yang bisa dilakukan TNI. Kami membaca prajurit sering mengalami dilema ketika dikaitkan dengan HAM, padahal situasi di Papua saat ini bisa disebut dalam kondisi perang. Personil TNI dan Polri menjadi korban, warga sipil menjadi korban. Sampai kapan ini mau dibiarkan? Kami menunggu keseriusan Pemerintah," pungkasnya.


Operasi Lawan KKB Naik Jadi Siaga Tempur Darat

Diketahui, Panglima TNI telah menaikkan status siaga tempur di Papua buntut penyerangan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang mengakibatkan satu personel atas nama Pratu Miftahul Arifin gugur.

"Artinya ditingkatkan dari yang tadi itu soft approachmenghadapi serangan yang seperti ini, yang seperti terjadi tanggal 15 April lalu," kata Yudo di Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Papua, Selasa (18/4/2023).

"Tentunya kita tingkatkan menjadi siaga tempur untuk pasukan kita. Sehingga, naluri tempurnya terbangun untuk itu," sambungnya.

Yudo mengatakan pihaknya tetap mendahulukan operasi penegakan hukum dengan soft approach, namun dengan tewasnya 1 prajurit TNI maka statusnya ditingkatkan menjadi siaga tempur.

"Tapi tentunya dengan kondisi yang seperti ini, khususnya di wilayah tertentu ya kita ubah menjadi operasi siaga tempur," sambungnya.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid menyayangkan keputusan yang diambil oleh TNI tersebut. Kebijakan itu dinilainya akan memberikan dampak yang besar bagi Papua dan tidak membuat kekerasan di Papua menjadi terhenti.

"Selama puluhan tahun, Jakarta menerapkan pendekatan keamanan dalam mengatasi konflik di Papua, selama itu pula korban terus berjatuhan. Pendekatan keamanan terbukti tidak menyelesaikan kekerasan di Papua. Namun negara tidak pernah belajar dari pengalaman ini," kata dia, Selasa (18/4/2023).

"Kami menyayangkan keputusan Panglima TNI yang menaikkan status operasi TNI menjadi siaga tempur. Status siaga tempur ini merupakan keputusan dengan dampak yang besar dan hingga diumumkan Panglima TNI, belum ada keputusan politik dari negara terkait status ini," kata dia.

Terlebih lagi pemberlakuan siaga tempur ini meningkatkan risiko keselamatan warga sipil di sana dan juga pilot Susi Air asal Selandia Baru, Phillip Mehrtens, yang masih disandera kelompok pro-kemerdekaan pimpinan Egianus Kogoya.

"Potensi pelanggaran HAM dengan korban jiwa juga makin besar, apabila kita merujuk pada insiden kekerasan empat tahun belakangan ini. Dan korbannya tidak hanya warga sipil, namun juga dari kalangan aparat keamanan," ujar dia.

Secara otomatis, dia menjelaskan, status ini pun berisiko menimbulkan eskalasi kekerasan di Papua. Ia mengingatkan bahwa kondisi HAM di Papua sudah sangat mengkhawatirkan.

"Kami mencatat dalam lima tahun terakhir setidaknya sudah 179 warga meninggal dalam puluhan kasus pembunuhan di luar hukum yang melibatkan aparat keamanan dan kelompok pro-kemerdekaan Papua," ujar dia.

Untuk itu, pihaknya menyerukan agar aparat keamanan segera menghentikan operasi militer dengan status siaga tempur TNI. Ia mengimbau agar mengedepankan pendekatan dialog dengan kelompok pro-kemerdekaan dan pihak-pihak terkait untuk mencegah potensi pelanggaran HAM dan krisis kemanusiaan yang lebih besar.

"Kami juga mendesak agar proses pembebasan sandera dilakukan tanpa menimbulkan korban sipil," ujar dia.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan, kedamaian Papua merupakan agenda besar Pemerintah untuk membangun perdamaian yang berkelanjutan, dan menghentikan konflik yang berkepanjangan.

"Wapres mengimbau kepada segenap aparat keamanan yang tengah bertugas di Papua agar tidak gentar akibat kejadian ini, sembari tetap waspada, tabah dan berani dalam menghadapi tindak kekerasan dari KKB," kata Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi dalam keterangannya, Selasa (18/4/2023).

Ma'ruf menegaskan, kini saatnya TNI dan Polri bersikap tegas terhadap KKB.

"Saatnya bersikap tegas dalam melakukan penyisiran dan pengejaran terhadap kelompok KKB secara tepat dan tidak mengganggu rakyat sipil," kata Masduki.

"Wapres yakin bahwa saudara-saudara rakyat sipil Papua juga mengutuk keras segala tindakan brutal dan pergerakan KKB yang telah merusak sendi-sendi keharmonisan dan kedamaian di tengah-tengah rakyat Papua, khususnya Papua Pegunungan," sambung Masduki.

Ma'ruf, kata Masduki, mengecam keras tindakan kekerasan oleh KKB, yang kembali merenggut nyawa seorang prajurit TNI di tengah perjuangannya melindungi rakyat dan misi kemanusiaan yakni menyelamatkan pilot Susi Air yang masih disandera KKB.

"Wapres turut merasakan kehilangan ini yang merupakan ujian berat bagi keluarga dan rekan-rekan prajurit TNI yang ditinggalkan," kata Masduki.

Tak lupa, Ma'ruf juga mendoakan semoga Pratu Miftahul Arifin yang gugur di medan laga sebagai seorang pahlawan bangsa, diterima segala amal baktinya dan ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Kepada keluarga dan rekan-rekan TNI yang ditinggalkan, semoga diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini. Wapres yakin, semangat patriotisme dan cinta tanah air yang telah diwariskan oleh Pratu Miftahul Arifin akan tetap melekat dan terus hidup dalam diri kita semua," pungkasnya.


Disorot Media Asing

Kabar misi penyelamatan pilot Susi Air itu mencuri perhatian dunia, sejumlah media asing turut menyorotinya.

Salah satu media Asia dari Hong Kong, Asia Times, memuat kabar misi berdarah penyelamatan pilot Susi Air itu dengan "Reports of deadly ambush in Papua shake Indonesian military".

"Pemberontak Papua dilaporkan telah membunuh atau menangkap hingga 15 tentara Indonesia dalam penyergapan di dataran tinggi yang diselimuti kabut dan dekat dengan tempat orang-orang suku bersenjata menyandera seorang pilot Selandia Baru selama lebih dari dua bulan. Jika benar, ini adalah salah satu kemunduran militer terburuk di Indonesia, menimbulkan kekhawatiran akan pembalasan besar-besaran karena pasukan keamanan mencari tentara yang hilang, yang sebagian besar diyakini anggota elit Pasukan Khusus Indonesia (Kopassus)," sorot Asia Times dalam pemberitaannya tertanggal 17 April 2023 yang dikutip Selasa (18/4/2023).

Media Turki TRT World melalui artikel "Separatists ambush Indonesian military in Papua New Guinea", mengangkat seorang prajurit yang gugur. "Separatis bersenjata telah menyergap sekelompok tentara Indonesia yang mencari pilot Selandia Baru yang diculik di wilayah Papua, menewaskan sedikitnya satu orang," menurut pihak TNI.

Sementara itu media Inggris The Telegraph dengan pemilihan angle berita serupa mengangkatnya melalui tulisan bertajuk "Papua rebels kill six troops on rescue mission for New Zealand pilot". Orang-orang bersenjata separatis membunuh pasukan yang mencari Phillip Mehrtens, sorot media itu.

Media Inggris lainnya, BBC, menyoroti isu prajurit TNI diserang KKB dengan artikel "Papua: At least one killed in hunt for kidnapped NZ pilot Philip Mehrtens". Sesuai dengan keterangan pihak berwenang yang menyebut setidaknya satu tentara Indonesia tewas dalam serangan pemberontak saat mencari pilot Selandia Baru yang diculik di wilayah Papua.

Sedangkan The Guardian yang juga dari Inggris, menyebut ada enam prajurit yang terbunuh dalam misi pembebasan pilot Susi Air melalui artikel dalam tulisan yang diberi judul "Six soldiers killed, 30 missing in attempt to rescue kidnapped pilot in West Papua".

Media Timur Tengah Al Jazeera dalam artikel "Papua rebels ambush Indonesian troops looking for kidnapped pilot" juga menyoroti misi berdarah dalam rangka penyelamatan pilot Susi Air, Philip Mark Merthens.

Dalam artikel yang dimuat tanggal 17 April, Al Jazeera menyebut separatis di wilayah Papua Indonesia telah membunuh sembilan tentara dalam penyergapan, tetapi militer mengatakan satu tentara tewas selama operasi pencarian untuk menemukan pilot Selandia Baru yang diculik.

Al Jazeera kemudian mengutip juru bicara militer Indonesia Julius Widjojono pada Minggu 16 April, tentara diturunkan ke beberapa lokasi dalam pencarian pilot Susi Air Phillip Mehrtens dan mengalami kesulitan komunikasi karena cuaca buruk.

Media Negeri Jiran, Malay Now, turut memberitakan melalui "Soldier killed as separatists ambush military in Indonesia's Papua".

Dari Amerika Serikat (AS), media NY Breaking mengangkat isu tersebut dengan "Papua Rebels Ambush Indonesian Troops Looking For Kidnapped Pilot".

AP yang juga dari AS, dengan angle serupa mengangkat isu tersebut melalui "Indonesian troops killed in battle with separatists in search for kidnapped New Zealand pilot".

Sedangkan dari Australia, ABC.net.au, menyebut banyak orang hilang dalam misi penyelamatan sang pilot Susi air dengan tulisan bertajuk "Rebel gunmen attack Indonesian troops searching for New Zealand pilot Phillip Mehrtens, leaving dozens missing".


Teman Pilot Susi Air Kecewa

Seorang teman pilot Susi Air yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Nduga, Papua angkat bicara soal misi pencarian temannya tersebut. Dia mengaku kecewa dengan upaya terakhir yang telah dilakukan oleh Pemerintah dan penegak hukum Indonesia.

Seorang teman Phillip Mehrtens, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan kepada media Stuff.Nz yang dikutip Selasa (18/4/2023) bahwa dia terkejut karena selama dua bulan upaya penyelamatan belum mengembalikan temannya, pilot Susi Air yang diculik.

"Ini mengecewakan. Saya baru saja menunggu kabar bahwa dia telah berhasil diekstradisi. Saya punya teman di militer yang mengatakan tidak ada yang bisa dilakukan Selandia Baru. Mereka tidak terlatih untuk situasi seperti ini," jelas teman Kapten Phillip Mehrtens.

Dia mempertahankan sikap "optimisme yang hati-hati" tentang kembalinya Mehrtens.

"Saya yakin keluarga hanya ingin dia pulang," katanya.

Sementara itu, sejauh ini belum ada komentar dari pihak keluarga yang diberitakan. Kendati demikian beberapa waktu lalu bos pilot Susi Air menggambarkan Mehrtens sebagai "pilot terbaik", dengan seorang istri yang penuh kasih dan seorang putra yang masih kecil.

Pendiri Susi Air dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti mengatakan kepada NZHerald, Mehrtens adalah salah satu pilot terbaik maskapai tersebut. Ia mengatakan putrinya telah berbicara dengan istri Mehrtens yang pasti sedang mengalami masa "sangat sulit".

Mehrtens diketahui memiliki seorang putra kecil yang berusia sekitar 5 tahun. Kepala pilot dan direktur operasi telah menghubungi keluarga tersebut, kata Susi.

Seorang teman dan mantan kolega menggambarkan Mehrtens sebagai pria yang "pendiam dan serius" yang berasal dari Christchurch.

Mehrtens menikah dengan wanita keturunan Indonesia dan sudah cukup lama tinggal di negara asalnya. Dia fasih berbahasa Indonesia, bahasa utama yang digunakan di Indonesia.

"Ini akan bermanfaat baginya dalam situasi ini," kata Susi kepada NZHerald.

"Ada persentase tinggi ekspatriat yang bekerja di Susi Air. Ini adalah salah satu perusahaan terbaik di Indonesia dan mereka menjaga pilot mereka," kata mantan rekan Mehrtens. "Saya yakin mereka akan melakukan yang terbaik untuk membantunya."