"Saat David Difitnah, Mereka Diam"

Curhat Kubu David Ozora Buntut Aksi KPAI: Saat David Difitnah Sejagat Raya Lakukan Pelecehan, Mereka Diam

Liputan6.com 2023-04-19 09:31:34
Putri Gus Dur, Alissa Wahid menyambut hangat kabar David Ozora pulang dari Rumah Sakit Mayapada Kuningan Jakarta untuk menjalani perawatan homecare. (Foto: Dok. Twitter @seeksixsuck)

Kubu David Ozora tak tinggal diam saat Komisi Perlindungan Anak Indonesia alias KPAI meminta Komisi Yudisial (KY) memeriksa hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Sri Wahyuni Batubara, yang memvonis AG 3,5 tahun penjara.

Sri Wahyuni Batubara diduga melanggar kode etik dan pedoman perilaku hakim karena memaparkan AG melakukan (maaf) hubungan yang belum sepatutnya dengan Mario Dandy, ketika membacakan putusan vonis dalam sidang yang digelar terbuka.

Lewat utas yang ditulis di akun Twitter pribadi, Selasa (18/4/2023), pengacara keluarga David Ozora, Mellisa Anggraini, membeberkan "perubahan" sikap sebuah komisi (patut diduga KPAI -red) dalam musyawarah diversi antara keluarga AG dengan pihak korban.

"Saya masih ingat jelas, bagaimana pada saat musyawarah Diversi seluruh institusi anak yang mendampingi proses itu smua hanya menyampaikan terkait pelaku anak, bahkan ada instiitusi yg semestinya concern terhadap korban jg tdk menyampaikan apapun terkait korban," cuitnya.


Hakim Mempertanyakan...

Menurut Mellisa Anggraini, hakim yang menjadi fasilitator sampai heran mengapa tak ada yang membahas kondisi korban yang koma berhari-hari. Padahal, dalam kasus ini korban mestinya menjadi fokus utama.

"Hakim yang menjadi fasilitator dalam proses musyawarah itu sampai mempertanyakan, kok ga ada yg menyampaikan terkait korban, kan fokus nya ttg korban!" Mellisa Anggraini memaparkan.


Selesai Musyawarah, Saya Protes

Padahal sehari sebelumnya Mellisa Anggraini dan institusi terkait bertemu di Polda. Kala itu, ia menyampaikan banyak hal terkait kondisi David Ozora yang puluhan hari dirawat di ruang ICU Rumah Sakit Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan.

"Akhirnya hanya saya dan pihak keluarga korban yg menyampaikan bagaimana kondisi David dr awal sampai musyawarah itu dilakukan. Selesai musyawarah sy protes dan sampaikan kekecewaan, sorenya untuk pertama kalinya ybs datang ke rumah sakit," tulisnya.


Difitnah Sejagat Raya

Kini komisi itu mendorong hakim diperiksa, diduga demi melindungi AG. Padahal dalam putusan itu, harkat dan martabat David Ozora juga terdampak. Keluarga Jonathan Latumahina pun mengajukan sebuah pertanyaan mendasar.

"Kok tidak ada anak korban di mention? Waktu anak korban difitnah sejagat raya melakukan pelecehan, tidak ada statement dr mereka mengecam pihak2 yang melempar fitnah tersebut, padahal nyata2 saat itu david sedang koma," Mellisa Anggraini mengakhiri.

Netizen lalu merujak dan mempertanyakan sikap KPAI. Saat artikel ini disusun, pihak KPAI belum menyampaikan tanggapan resmi terkait nota protes yang dilayangkan keluarga David Ozora.

Jungkook BTS Donasi Rp 11 Miliar

Jungkook BTS Donasikan Rp 11 Miliar Lebih untuk Pasien Anak Kurang Mampu: Aku Ingin Lihat Mereka Tersenyum

Liputan6.com 2023-04-18 19:30:00
Jungkook BTS jadi bintang iklan Calvin Klein. (Twitter/ CalvinKlein, Foto: Park Jong Ha )

Popularitas dan kesuksesan tak membuat Jungkook BTS lupa dengan sesama, justru sebaliknya. Ia menyumbangkan 1 miliar won untuk membantu anak-anak yang sedang sakit. Bila dikonversikan, angkanya mencapai Rp 11,2 miliar lebih.

Melalui allkpop, Rumah Sakit Anak Seoul National University mengungkapkan bahwa Jungkook telah berdonasi pada 14 April lalu untuk mendukung pasien anak dan keluarga mereka.

"Jungkook telah menyumbanhkan 1 miliar won ke Rumah Sakit Anak Seoul National University," tulis Allkpop pada Selasa (18/4/2023).

Selain untuk membantu pengobatan anak-anak dari keluarga kurang mampu, donasi tersebut juga akan digunakan untuk proyek posyandu.

Lewat keterangan rumah sakit, Jungkook berkata, "Saya harap ini dapat membantu anak-anak yang menderita, dan saya akan mendukung mereka agar mereka dapat tersenyum dengan sehat."


BTS Rajin Berdonasi

BTS yang beranggotakan 7 orang lelaki tampan ini, ternyata sangat dermawan. Mereka bersama-sama terus melakukan donasi untuk membantu sesama manusia.

Pada Januari 2017 silam, mereka membantu para keluarga korban bencana kapal feri Sewol, dengan tiap anggota BTS berdonasi sekitar 10 juta won dan Big Hit Music (agensi yang menaungi BTS) menambahkan 30 juta won, sehingga total mereka berdonasi yakni 100 juta won.

Selain itu, pada tahun 2020 lalu, kembali bersama agensi mereka, BTS menyumbangkan 1 jura dolar kepada organisasi yang terkait dengan kampanye anti rasisme "Black Lives Matter". Dan masih banyak lagi donasi yang dilakukan oleh BTS dan para anggotanya.


Jungkook Antar J-Hope Wamil

Jungkook BTS sendiri baru-baru ini diketahui menonton Coachella 2023, 15 April kemarin. Hal ini ditunjukan dengan beberapa foto yang diunggah oleh para penggemar yang mengenalinya saat festival itu berlangsung.

Setelah menonton festival seni tersebut, Jungkook kembali lebih awal ke Korea Selatan untuk mengantarkan J-Hope ke pendaftaran wajib militernya pada 18 April hari ini.


Rekaman Lagu

Sementara pada Senin (10/4/2023) lalu, Jungkook terlihat dalam unggahan Instagram Scooter Braun, manajer Justin Bieber. Jungkook terlihat berdiri di depan mikrofon dan menunjukan seperti seseorang yang bernyanyi.

ARMY pun menduga bahwa maknae BTS ini sedang mempersiapkan karya terbarunya.

Janji Tak akan Nyanyi Lagu Dewa 19 Lagi

Di Depan Ahmad Dhani, Once Mekel Mengaku Tidak Akan Bawakan Lagu Dewa 19 Lagi

Liputan6.com 2023-04-19 07:30:42
Ahmad Dhani dan Once Mekel (Liputan6.com - M Altaf Jauhar)

Setelah sempat berseteru terkait pelarangan membawakan lagu Dewa 19, Ahmad Dhani dan Once Mekel akhirnya bertemu di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Datangnya Ahmad Dhani dan Once Mekel guna membahas urusan royalti yang masih simpang siur dengan Menteri Hukum dan HAM, Yassona H. Laoly.

Ahmad Dhani dan Once Mekel menyempatkan diri untuk wawancara bersama dengan para pewarta. Di kesempatan sama, Ahmad Dhani mengatakan tidak ada masalah pribadi dengan penyanyi bernama lengkap Elfonda Mekel.

"Sebenarnya saya sama Once enggak pernah bermusuhan," kata Ahmad Dhani di Gedung Kemenkumham, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (18/4/2023).


Tetap Larang Once Mekel Nyanyikan Lagu Dewa 19

Dikatakan Ahmad Dhani, permasalahannya dengan Once Mekel hanya seputar pembayaran royalti lagu Dewa 19, yang dinilai belum tuntas. Bahkan, Ahmad Dhani tetap pada keputusannya melarang Once Mekel membawakan lagu-lagu Dewa 19.

"Enggak bakal lah (diizinin), semua pengarang lagu sudah sepakat bahwa semuanya harus pakai izin. Tadi kan udah dibicarakan," ujar Ahmad Dhani.


Undang Undang Tidak Melarang Menggunakan Lagu

Once Mekel tampak keberatan mendengar penuturan Ahmad Dhani. Menurutnya, hingga kini undang-undang yang ada tidak melarang membawakan lagu orang lain.

"Saya kira itu bukan dalam rangka penerapan suatu hukum yang positif yang ada. Ini hanya urusan pribadi saja. Kalau hukum positif kita sampai hari ini tidak ada larang-melarang, tidak bisa melarang itu," tutur Once Mekel.


Once Mekel Janji Tak Bawakan Lagu Dewa 19

Enggan memperkeruh suasana, Once Mekel menegaskan tidak akan membawakan lagu Dewa 19, baik secara solo maupun bersama rekan-rekan Ahmad Dhani yang lain.

"Saya enggak akan lagi bawain lagunya Dhani, baik sendiri maupun bersama Dewa untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Jangan khawatir, saya enggak akan bawain lagu Dhani lagi," ucap Oncel Mekel lalu tertawa. (M. Altaf Jauhar)

Mahfud MD Cawapres Anies?

Cawapres Anies Baswedan di Pemilu 2024, PKS Tawari Mahfud Md

Liputan6.com 2023-04-19 07:15:39
Sebelumnya, Mahfud menegaskan, tidak ada perbedaan data dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait transaksi mencurigakan Rp 349 triliun di lingkungan Kemenkeu. (Liputan6.com/Faiza

Presiden PKS Ahmad Syaikhu tengah safari ke sejumlah tokoh dalam rangka mencari sosok cawapres pendamping Anies Baswedan. Salah satu tokoh yang didatangi adalah Menko Polhukam Mahfud Md.

"Saya khususnya hari-hari ini banyak silaturahmi dengan tokoh-tokoh bangsa dalam rangka mencari siapa pasangan Pak Anies Rasyid Baswedan," kata Syaikhu di DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (18/4).

"Ya tadi saya bilang, kita silaturahim ke Pak Mahfud," tambahnya.

Syaikhu melanjutkan, dalam pertemuan dengan tokoh-tokoh itu dirinya meminta kesediaan sosok itu untuk menjadi cawapres Anies Baswedan di Pemilu 2024.

"Karena saya saat ini fokusnya mencari cawapres," ungkapnya.

Namun, Syaikhu enggan membocorkan identitas sejumlah tokoh yang telah ia datangi selain Mahfud Md. Setelah safari selesai ke sejumlah tokoh-tokoh itu, ia akan melaporkan ke musyawarah Majelis Syura PKS.

"Tokoh-tokoh yang lain juga akan kita datangi, silaturahmi, kita minta pendapatnya, kita minta juga sharingnya," kata Syaikhu.

Sebelumnya, Juru Bicara (Jubir) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menegaskan, penentuan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung oleh Koalisi Perubahan menjadi kewenangan Anies Baswedan untuk menentukan.

Namun, dia menyebut jika merujuk dengan kriteria yang diinginkan Anies Baswedan sosok Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sangat tepat untuk menjadi cawapres Anies ketimbang tokoh lain seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Di SMRC sendiri kan menyampaikan kalau pada saat ada perbandingan Mas AHY dan Khofifah, kan SMRC yang bicara, elektabilitas pada saat itu Anies-AHY dengan Anies-Khofifah itu lebih tinggi Anies-AHY secara elektabilitas," kata Herzaky, di Kantor DPP Partai Demokrat, di kutip Kamis (13/4/2023).


AHY Dianggap Punya Kelebihan untuk Memenangi Anies Baswedan

Selain itu, menurutnya, AHY juga memiliki kelebihan lain yakni punya modal mesin politik yakni Partai Demokrat untuk bisa membantu kemenangan Anies pada Pilpres 2024.

"Bahwa Mas AHY punya mesin politik untuk Partai Demokrat yang bisa digerakkan," ujarnya.

Terpenting, kata Herzaky, sosok Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang memiliki kekuatan tak bisa diabaikan. Yang mana, memiliki suara yang cukup besar di Jawa Timur.

"Kalau kita bicara mengenai battle ground, battle ground itu bukan hanya Jawa Timur, battle ground itu Indonesia, kalau bisa bantu suara di Jawa Timur tapi tidak bisa bantu di daerah lain buat apa, bagaimana kita bisa semuanya, nah ini kan mesti dihitung benar," papar Herzaky.

"Kalau bicara mengenai Jawa Timur dari SMRC itu juga menyampaikan bahwa kalau Demokrat Mas AHY itu ada kelebihannya, bagaimana pun ini ada sosok Pak SBY gitu, Pak SBY yang sangat kuat di Jawa Timur," tegas dia.

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com

Mesin Penjual Daging Beruang

Unik, Vending Machine di Jepang Jual Daging Beruang Rp224 Ribu per Kg

Liputan6.com 2023-04-18 19:10:00
Ilustrasi beruang hitam. (Dok. Pixabay)

Vending machine atau mesin penjual otomatis di Jepang muncul dengan menu baru yang unik: daging beruang liar.

Walau terdengar aneh, namun itu bukan satu-satunya menu unik yang dijual via vending machine di Jepang. Sebelumnya sudah ada daging ikan paus, siput kaleng, hingga serangga yang dapat dimakan.

Menurut harian Jepang Mainichi Shimbun, berbagai potongan daging beruang hitam lokal dijual via mesin penjual otomatis di Kota Semboku. Pelanggan dapat memilih ingin daging berlemak atau tanpa lemak dengan harga sekitar 2.200 yen atau kurang lebih Rp224 ribu per 250 gram.

Beruang hitam Asia diklasifikasikan rentan secara internasional dan dagingnya dianggap sebagai makanan lezat nan mewah maka jarang ada restoran menyajikannya. Jepang menyatakan telah membatasi jumlah perburuannya oleh pemburu berlisensi.

Dikelola oleh restoran lokal Soba Goro, vending machine di Semboku, Prefektur Akita, dilaporkan menjual 10-15 bungkus daging beruang setiap minggunya. Beruang itu dihasilkan oleh pemburu lokal dari pegunungan terdekat. Demikian seperti dilansir BBC, Selasa (17/4/2023).

Jepang memiliki jumlah vending machine per kapita tertinggi di dunia, yang terletak nyaris di seluruh penjuru, mulai dari gang kecil hingga desa terpencil. Umumnya dikenal sebagai jidou hanbaiki atau jihanki, mesin penjual otomatis menjadi populer di Jepang pada tahun 1960-an.


Ada Sekitar 15.000 Ekor Beruang di Jepang

Mesin penjual otomatis di Semboku yang menjual daging beruang terletak di pintu masuk Stasiun Tazawako, tempat perhentian Shinkansen atau kereta peluru, seperti halnya juga kereta lainnya. Namun, daging beruang kebanyakan dibeli oleh pengunjung yang datang dengan Shinkansen.

Sejak mesin penjualan daging beruang dipasang November lalu, para operatornya mengaku mendapat permintaan dari wilayah Kanto di sekitar Tokyo.

"(Daging beruang) rasanya clean dan tidak keras, bahkan saat dingin. Dapat dinikmati dalam berbagai macam hidangan, mulai dari rebusan hingga steak," kata perwakilan Soba Goro.

Para ahli mengatakan bahwa lebih banyak beruang meninggalkan hutan dan memasuki kota dalam beberapa tahun terakhir karena mereka kehabisan makanan. Berkurangnya populasi manusia di Jepang, terutama di daerah pedesaan, juga menjadi faktor hewan-hewan tersebut tertarik ke daerah yang jarang dihuni, sehingga menimbulkan ancaman bagi penduduk setempat.

Lima serangan beruang dilaporkan terjadi di Prefektur Miyagi antara April dan September 2022, di mana terdapat tujuh orang terluka. Itu adalah jumlah serangan tertinggi sejak otoritas prefektur melakukan pencatatan pada tahun 2001.

Menurut Kementerian Lingkungan Jepang, antara 3.000 dan 7.000 beruang telah terbunuh dalam tujuh tahun terakhir menyusul meningkatnya pertemuan antara manusia dan hewan itu.

Jepang membatasi jumlah beruang hitam yang dapat diburu, yaitu sebesar 12 persen dari perkiraan populasi mereka, yang diperkirakan ada sekitar 15.000 ekor di negara itu.

Resmi Berkencan dengan Timothee Chalamet

Kylie Jenner Resmi Berkencan dengan Timothee Chalamet, Disebut-sebut Terasa Berbeda dari Sang Mantan

Liputan6.com 2023-04-19 10:30:00
Gaya Kylie Jenner Selama Paris Fashion Week, credit: (@kyliejenner)

Kylie Jenner dan Timothee Chalamet kembali dengan kabar mengenai hubungan keduanya, yang membuat banyak mata tertuju pada mereka.

Entertainment Tonight melaporkan mantan kekasih dari Travis Scott yang berusia 25 tahun ini benar-benar berkencan dengan Timothee, walaupun saat ini belum serius.

"Sangat menyenangkan baginya (Kylie) karena rasanya sangat berbeda dari hubungan masa lalunya. Ini baru menarik bagi Kylie dan dia bersenang-senang," tulis ET dari seorang sumber, pada Senin (17/4/2023).

Sumber itu juga menambahkan bahwa Kylie dan Chalamet berada di Coachella, namun mereka belum siap untuk menunjukan kebersamaannya kepada publik.

Mulanya, pasangan ini dikaitkan dengan Kendall Jenner, saudara Kylie, yang berteman dengan Timothee. Alhasil, mudah untuk Kylie bergaul ke dalam kehidupan aktor usia 27 tahun tersebut.


Parkir di Halaman Timothee Chalamet

Rumor kencan Timothee dan Kylie semakin menguat ketika mobil SUV Range Rover hitam milik Kylie terlihat parkir di jalan masuk rumah Timothee di Beverly Hills, diwartakan TMZ.

Kabar ini sngat mengejutkan netizen internasional, dan publik tak menyangka akan hubungan keduanya, "Dulu Tyga dan Avril pacaran, lalu Millie bertunangan, sekarang begini?? tahun ini penuh dengan kombo selebritis yang aneh," cuit netizen yang tak percaya dengan rumor ini.


Paris Fashion Week

Ketika rumor sedang memanas, mereka sempat terekam oleh kamera dan beredar dalam sebuah video, di mana Kylie dan Timothee sempat terlihat berinteraksi dan mengobrol satu sama lain saat mendatangi Paris Fashion Week.

Sudah banyak sumber yang mengonfirmasi hubungan tersebut dan mengunggapkan bahwa Kylie dan Timothee sudah berpacaran sejak Paris Fashion Week.


Hubungan Dengan Travis Scott

Di tengah rumor panas ini, Travis Scott yang merupakan ayah dari dua anak Kylie Jenner, Stormi dan Aire, sempat memberi komentar manis dalam unggahan Kylie Cosmetics yang menunjukan wajah Kylie pada 1 April lalu.

"A beauty," tulisnya.

Reaksi dari penggemar sontak kebingungan dan beranggapan bahwa keduanya masih berkomunikasi dan mungkin untuk kembali bersama.

WNI Terkena Peluru Nyasar

WNI Terkena Peluru Nyasar di Sudan, Begini Kondisi Terkininya

Liputan6.com 2023-04-19 12:29:59
Asap tebal mengepul di atas gedung-gedung di sekitar bandara Khartoum pada 15 April 2023, di tengah bentrokan di ibu kota Sudan. (AFP)

Sudan tengah dilanda perang perebutan kekuasaan antara tentara dan paramiliter.

Menurut laporan CNN, Rabu (19/4/2023), korban meninggal dunia sudah mencapai 270 orang. Kondisi ibu kota Sudan juga masih mencekam. Suara tembakan, ledakan, dan pesawat tempur masih terdengar di Khartoum.

Seorang WNI juga dilaporkan terkena peluru nyasar akibat konflik di Sudan. Pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI telah membenarkan adanya insiden tersebut.

Kondisi WNI itu dilaporkan selamat, hanya mengalami luka ringan, dan sudah pulih. WNI itu tinggal di Arkaweet.

"Yang bersangkutan tinggal di Arkaweet. Yang bersangkutan terkena pantulan peluru nyasar yang menyebabkan goresan kecil di pinggang. Saat ini yang bersangkutan sudah sembuh dan sehat," jelas Direktur Perlindungan WNI Judha Nugraha kepada wartawan dalam pernyataan tertulisnya.

Pada pernyataan tersebut, Judha juga mengatakan Kemlu RI kemudian mengirimkan bantuan kepada 200 WNI yang berada di Khartoum pada 18 April 2023.

Mayoritas WNI yang terdampak konflik Sudan saat ini berstatus sebagai mahasiswa atau pekerja migran.

"Petugas KBRI bekerja sama dengan PPI Sudan dan Ikatan Mahasiswa Indonesia (IMI) menelusuri beberapa wilayah di Arkaweet dan Makmurat yang berjarak 500 meter dari zona konflik bersenjata. Sebelumnya, KBRI juga telah mendistribusikan sembako kepada WNI, termasuk kepada 76 mahasiswa yang ditampung di Auditorium Kampus Internasional University of Africa," tutur Judha Nugraha.

Bantuan yang diberikan pihak Kemlu RI berupa mi instan, roti, beras, telur, teh, kopi dan air mineral.

Judha juga menyampaikan bahwa konflik Sudan telah memicu kelangkaan suplai logistik di Sudan. Pasalnya, distribusi barang masuk ke Sudan tersendat dan banyak toko yang tutup.

Berdasarkan data KBRI, jumlah WNI di Sudan tercatat sebanyak 1.209 orang, mayoritas berdomisili di wilayah Khartoum, dan sebagian di Wad Madani, dan Port Sudan.

Pihak KBRI juga telah berkomunikasi dengan para WNI yang berada di berbagai wilayah Sudan, untuk memberikan imbauan di tengah konflik yang terjadi.


Cerita WNI Alami Krisis Bahan Pangan Akibat Konflik Sudan

Sebelumnya dilaporkan pada Selasa 18 April, mahasiswa Indonesia mulai mengalami krisis bahan pangan dan logistik. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Ikatan Mahasiswa Indonesia di Universitas Internasional Afrika Abdurrahman.

"Untuk kebutuhan makan, minum, dan lain sebagainya itu sejujurnya saat memasuki hari ke empat ini kami sudah mulai krisis bahan pangan dan logistik dikarenakan kami harus staydi kediaman masing masing. Otomatis kami tidak bisa bergerak secara bebas untuk membeli kebutuhan logistik," ujar Abdurrahman atau yang akrab disapa Abduh kepada Liputan6.com, hari Selasa.

"Teman-teman relawan juga tidak bisa maksimal dalam pembelian logistik dikarenakan banyaknya toko-toko di sekitar area kami yang bahannya sudah mulai kehabisan atau bahkan tidak mau menjual lagi ke orang-orang ataupun masyarakat sekitar dikarenakan ketidakpastian kondisi saat ini. Jadi, untuk pengadaan makanan dan minuman sampai saat ini kami bersinergi dengan berbagai elemen."

Tantangan besar lainnya, menurut Abduh, adalah penukaran mata uang asing yang semakin menipis stoknya.

Abduh sendiri saat ini berada di asrama kampus Universitas Internasional Afrika di Ibu Kota Khartoum. Menurut Abduh, kurang lebih ada 600 hingga 650 mahasiswa Indonesia di kampus yang sama dengannya.

"Kami terus berkoordinasi dan bersinergi dengan berbagai elemen. Pastinya dengan KBRI Khartoum juga. Alhamdulillah hingga saat ini sinergi dan komunikasi kami masih sangat sangat intensif dan baik," kata mahasiswa tahun akhir yang menempuh jurusan Studi Islam tersebut.


Di Tengah Pusaran Konflik Sudan

Menurut Ketua Ikatan Mahasiswa Indonesia di Universitas Internasional Afrika Abdurrahman yang akrab disapa Abduh, Warga negara Indonesia (WNI) di Sudan terpencar di sejumlah wilayah.

"Yang paling banyak ada di dua wilayah, yaitu Arkaweet dan Makmuroh. Ini lokasinya berdampingan, jadi masih bisa dijangkau walaupun itu juga sangat sangat sulit mengingat medan konflik yang terjadi di Sudan termasuk di area kami," ujar Abduh kepada Liputan6.com hari Selasa.

"Benar-benar di depan, samping kanan, kiri, belakang area kami. Bahkan, kemarin pun beberapa terjadi di dalam area kawasan perumahan kami. Ini menjadikan akhirnya beberapa kendala besar kami untuk pembelian dan penyaluran logistik. Penyaluran logistik yang jaraknya hanya sekitar satu hingga dua kilometer dari kami pun belum bisa kami sambangi karena ruang gerak kami yang sangat, sangat terbatas mengingat kondisi keamanan saat ini," tutur Abduh.

Ditanya soal listrik, Abduh menjelaskan bahwa di wilayahnya di Arkaweet sampai saat ini listrik belum menyala.

"Kami masih belum mengetahui sebabnya. Apakah ada kerusakan di pusat listrik area Arkaweet atau terkena dampak dari peperangan. Adapun untuk area Makmuroh, area seberang, saat ini dikonfirmasi nyala walaupun beberapa kali mati-nyala mati-nyala tapi masih kami anggap normal," kata Abduh.

Namun, Abduh menyatakan bahwa asrama kampus sendiri termasuk area paling aman dan paling terjamin listriknya. "Karena kalau mati listrik sekalipun, kampus punya generator listrik khusus."


Penyebab Konflik Sudan

Melansir BBC, laporan PBB mengungkapkan, sekitar 185 orang tewas dan lebih dari 1.800 terluka dalam pertempuran yang memasuki hari ketiga pada Senin.

Kedua belah pihak yang bertikai, yaitu militer dan kelompok paramiliter yang disebut Rapid Support Forces (RSF), saling mengklaim telah menguasai sejumlah situs penting di Khartoum.

Perang terjadi antara unit tentara yang setia kepada pemimpin de facto Jenderal Abdel Fattah al-Burhan dengan RSF yang dipimpin oleh Mohamed Hamdan Dagalo atau yang lebih dikenal sebagai Hemedti.

Hemedti mengatakan pada Senin bahwa masyarakat internasional harus campur tangan. Dia mencap Jenderal Burhan sebagai seorang Islam radikal yang mengebom warga sipil dari udara.

Sementara itu, Jenderal Burhan mengatakan dia bersedia bernegosiasi.

Kedua belah pihak mengadakan gencatan senjata singkat pada hari Minggu (16/4) untuk memungkinkan yang terluka dievakuasi, meskipun tidak jelas seberapa ketat mereka mematuhinya.

Otoritas Antarpemerintah dalam Pembangunan atau IGAD dilaporkan akan mengirimkan Presiden Sudan Selatan, Djibouti, dan Kenya untuk menengahi perselisihan.

Sekretaris Eksekutif IGAD Nuur Mohamud Sheekh mengatakan kepada BBC bahwa ada beberapa tanda kemajuan dapat dicapai.

"Mereka sedang bersiap untuk melakukan perjalanan ke Sudan untuk bertemu dengan kedua pemimpin tetapi mereka terlibat melalui diplomasi saluran belakang, mereka berbicara kepada para pemimpin ini untuk menghentikan permusuhan, menghentikan pertempuran, dan kembali ke meja perundingan," ujarnya.

"Kedua pemimpin ini menyetujui mediasi, yang dengan sendirinya merupakan perkembangan yang sangat positif selama beberapa jam terakhir. Para pemimpin kami memiliki pengalaman dalam hal mediasi dalam konflik."

Siap Promosikan Kuliner ke Mancanegara

Iko Uwais dan Audy Item Bisnis Makanan, Siap Kenalkan Kuliner Indonesia ke Mancanegara

Liputan6.com 2023-04-19 16:20:00
Iko Uwais dan Audy Item di Kawasan Wijaya, Jakarta Selatan, Selasa (18/4/2023). (Dok. via M. Altaf Jauhar)

Tak mudah bagi Iko Uwais menjalani karir aktingnya di Hollywood. Sulitnya mencari makanan yang pas dengan lidah orang Indonesia, menjadi salah satu tantangan Iko Uwais setiap kali menjalani syuting di luar negeri.

Kegelisahan itu yang memunculkan ide bagi Iko Uwais dan istrinya, Audy Item, membuka bisnis kuliner. Mereka menghadirkan makanan khas nusantara dalam kemasan cepat saji yang dilabeli Sadjian Lado.

"Selama ini kita kalau ke luar negeri susah banget nyari makanan yang pas di lidah. Apalagi Iko, selama keluar, dia sering kangen masakan Indonesia," kata Audy Item di Kawasan Wijaya, Jakarta Selatan, Selasa (18/4/2023).

"Pengalaman kerja di luar negeri adalah paling susah cari makanan yang sesuai dengan lidah kita. Mungkin menunya ada tapi rasanya enggak sesuai ekspetasi. Mungkin bahan bakunya beda kan terus negara kita kan kaya bumbu, ya," ujar Iko menimpali.


Audy Item dan Iko Uwais Pilih Olahan Khas Minang

Dari banyaknya kekayaan kuliner di Indonesia, Audy memilih olahan khas Minang untuk seri kali ini. Audy mengatakan, ke depannya, ia juga akan menghadirkan menu khas dari daerah-daerah lain.

"Jadi ada rendang, dendeng balado, paru lado ijo. Ini dari Minangkabau dulu, InyaAllah akan keliling indonesia untuk seri selanjutnya. Apalagi indonesia itu kan terkenal dengan bumbunya," jelas Audy.


Iko Uwais dan Audy juga Mengenalkan Makanan Ringan Berbahan Dasar Buah

Melengkapi Sadjian Lado, Iko dan Audy juga mengenalkan makanan ringan berbahan dasar buah yang dibuat dengan teknologi freeze drying. Ada 6 varian buah yang dikenalkan pasutri tersebut untuk camilan ini.

"Kalau saya milih ini karena cuan. Ini bisa dibilang seperti maksanan astronot karena buahnya dikeringkan sampai nol derajat, karena buah itu kan kalau dibekukan dan dikeringkan enggak akan menghilangkan rasa ataupun vitaminnya," ujar Iko.


Uko Uwais Mengenalkan Indonesia Lewat Makanan Setelah Melalui Silat

Bukan sekadar berbisnis, lewat usaha ini Iko Uwais dan Audy ingin memperkenalkan ragam kuliner khas Indonesia ke pasar yang lebih luas lagi. Menurut Iko, ini menjadi cara lain baginya mengenalkan Indonesia selain lewat seni bela diri Pencak Silat.

"Saya kan selama ini mengenalkan budaya Indonesia dari silat, sekarang kami mau lewat makanan saja nih, cepat saji. Indonesia banyak provinsinya, bisa dibayangkan, ya," pungkas Iko Uwais. (Liputan6.com/M. Altaf Jauhar)

Jurus Anti-Macet di Jalur Mudik

HEADLINE: One Way-Contra Flow hingga Gage di Tol Jalur Mudik Lebaran, Efektif Urai Macet?

Liputan6.com 2023-04-20 00:00:16
Foto udara memeperlihatkan kendaraan pemudik terjebak kemacetan ketika hendak memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pada H-2 Lebaran ini, sejumlah rekayasa la

Pemerintah melalui Korlantas Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas one way, contra flow hingga ganjil genap selama musim mudik Lebaran 2023. Ini demi menghindari kepadatan yang luar biasa.

Rekayasa lalu lintas contra flow sejak dimulai pada 18 April 2023 pukul 14.00-24.00 WIB dari Km 47 Tol Karawang Barat hingga Km 72 Tol Cikampek. Pada hari yang sama, kebijakan one way diberlakukan dari Km 72 Tol Cikampek hingga Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung.

Kemudian, untuk penerapan ganjil genap akan dilakukan mulai Km 47 Karawang Barat hingga Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung. Rekayasa lalu lintas mulai diberlakukan Selasa (18/4) sampai dengan Jumat (21/4) pukul 08.00-24.00 WIB.

Polri juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah jalan arteri apabila mengalami kepadatan saat mudik Lebaran 2023.

Polri menerjunkan 148.211 personel gabungan dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Lebaran 2023 yang akan digelar 18 April hingga 1 Mei 2023.

Petugas gabungan tersebut berasal dari Mabes Polri sebanyak 1.240 personel, Polda jajaran 91.153 personel dan stakholder terkait sebanyak 55.818 personel yang berasal dari TNI, Kementerian Perhubungan.

Kemudian petugas Jasa Marga, Kementerian Kesehatan Kementerian Perdagangan, Pelindo, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR dan Kemenko PMK yang akan mengawasi momen mudik Lebaran 2023.

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, menilai harus ada skema lain dari pemerintah dalam mengurai kemacetan. Tidak cukup hanya one way, contra flow dan ganjil genap.

"Kayaknya belum, kalau saya lihat belum mencukupi. Yang sekarang lagi dijalankan kan yang one way sama contra flow kan. Dengan jumlah yang padat seperti ini kan, saya lagi di perjalanan juga, saya lihat macet banget. Kayaknya enggak memadahi deh itu, harus cari lain. Karena kalau misalnya pakai one way itu sebenarnya yang jadi problem pengendara jarak pendek," kata Trubus kepada Liputan6.com, Rabu (19/4/2023).

Trubus menilai, pemudik jarak pendek selalu jadi korban kebijakan one way.

"Tahun lalu kan itu, Bandung-Jakarta, orang-orang Bandung yang mau ke Jakarta harus nunggu 6 jam lebih, sampai 8 jam. Kalau sampai 24 jam kan kasihan yang berjarak pendek, kalau misalkan jalannya, semua dipakai semua kan untuk one way. Misalnya sampai Kalikangkung, Cipali, berarti yang jarak pendek lewat mana? Kan harus ada, harus cari alternatif dong. Mungkin masyarakat perlu diedukasi untuk cari jalur alternatif lain."

Ia juga menilai perlu ada pengawasan ketat di titik-titik penumpukan kendaraan, contohnya seperti di Cipali. Oleh karena itu, kata Trubus, perlu dicarikan solusi lain. Salah satunya adalah informasi jalur altenatif. Hal ini menurutnya, kurang disosialisasikan pemerintah.

"Untuk yang berjarak pendek ini harus dikasih informasi dan edukasi ke mana harus mereka mengambil, menempuh perjalanan jalurnya itu. Kalau rute yang utama dijadikan one way kan berarti dia harus mutar kan, kemana? Itu yang menurut saya informasi yang perlu, supaya masyarakat enggak bingung," pungkasnya.


Kekurangan dan Kelebihan One Way, Contra Flow dan Ganjil Genap

Pengamat Transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengatakan kebijakan one way, contra flow hingga ganjil genap di tol jalur mudik Lebaran 2023 ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kendati demikian, menurut dia, kemacetan saat arus mudik, wajar terjadi mengingat jutaan orang tumpah ruah di jalanan menuju kampung halaman.

"Yang jelas kalau mudik ini kan memang kemacetan terjadi lah ya, tapi dengan rekayasa arus lalu lintas harapannya macet tidak berkepanjangan. Memang kebijakan seperti itu ada plus minusnya," kata Djoko kepada Liputan6.com, Rabu (19/4/2023).

"Minusnya adalah bagi yang mau balik ke Jakarta, bus-bus penjemput itu menjadi masalah, agak lebih lama. Contra flow masih ada lajur, kalau one way enggak ada lajur," jelas Djoko.

Djoko menilai selain menerapkan one way, contra flow, hingga ganjil genap, ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengurai kemacetan pemudik saat lebaran tiap tahunnya.

Menurut Djoko, sudah seharusnya pembangunan serta pengadaan moda transportasi publik yang memadai diperbanyak. Walaupun, kata dia, saat ini sarana dan prasarana mudik dikelola dengan cukup baik.

"Iya jauh lebih baiklah ya untuk pengelolaannya. Yang kita wanti-wanti kan ada lima hal, jalan tol, penyebrangan, mudik gratis, sepeda motor, sama pengelolaan jalur-jalur," jelasnya.

Lebih lanjut, Djoko menyarankan agar cuti bersama diperpanjang, apabila terjadi kendala seperti kepadatan lalu lintas saat arus mudik maupun arus balik Lebaran 2023.

"Iya paling ini nanti kalau kurang lancar (lalu lintas) ketika balik, waktunya dilonggarkan cutinya," kata dia.

Pasalnya, kata Djoko pemerintah memprediksi ada 123 juta jiwa yang melakukan perjalanan mudik pada Lebaran 2023 ini. Jumlah ini, bahkan lebih tinggi dari tahun lalu, yakni hanya ada 85,5 juta orang yang mudik.

"Mungkin (cuti bersama) mundur 2 atau 3 hari seandainya ini tidak lancar, sesuai situasi saja," katanya.

Harus Ada Plan B

Ketua Komisi V DPR, Lasarus menyatakan rekayasa lalu lintas yang dilakukan petugas pada arus mudik 2023, seharusnya mampu membuat mudik tahun ini lebih baik dan efektif dari tahun sebelumnya.

"Soal rekayasa lalulintas tentu sifatnya situasional, Korlantas dan Perhubungan sudah punya pengalaman yang cukup, yang diperlukan adalah tertib berlalulintas bagi para pemudik untuk mengikuti arahan petugas serta mematuhi rambu lalulintas," kata Lasarus kepada Liputan6.com, Rabu (19/4/2023).

Lasarus menilai terkait fasilitas mudik seperti rest area, tol dan kondisi jalan tahun ini secara umum telah meningkat dan lebih baik dari tahun 2022. "Terkait infrastuktur mudik tahun ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumya," kata dia.

Sementara itu, anggota Komisi V DPR, Syahrul Aidi, menilai efektif tidaknya rekayasa lalulintas mudik tahun ini baru bisa teruji usai arus mudik dan balik selesai.

"Efektif tidaknya nanti bisa diuji memang sudah dilaksanakan. Pemerintah selalu berpikir untuk kurangi kemacetan, kita berharap tentu karena potensi mudik sangat besar tahun ini, maka perilaku pemegang kebujakan tidak boleh sama dengan yang dulu. Harus ada banyak penambahan dan perbaikan," kata Syahrul.

Menurut Syahrul, fasilitas penunjang mudik di tiap jenis angkutan harus ditungkatkan dan diperhatikan lebih lagi. Ia mencontohkan rest area yang kerap penuh dan harus mendapat perhatian lebih.

"Harus diberi perhatian lagi, harus ditambah, meski sudah ada perbaikan. Pemerintah harus ada Plan B," pungkasnya.


Puan Minta Posko Mudik Miliki Fasilitas Lengkap, Tempat Istirahat-Teknisi Kendaraan

Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar layanan posko mudik di seluruh wilayah memiliki fasilitas lengkap untuk menunjang kebutuhan pemudik. Layanan di posko-posko mudik diharapkan menjadi obat lelah perjalanan para pemudik.

"Untuk posko-posko mudik yang dibuat oleh pemerintah atau swasta, saya minta untuk mengedepankan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan menyediakan fasilitas yang lengkap," tutur Puan Maharani dalam keterangannya, Rabu (19/4/2023).

"Karena banyak pemudik yang lelah selama perjalanan dan ingin beristirahat. Selain petugas keamanan dan kesehatan, diperlukan juga tempat istirahat yang layak, toilet, bahkan jika perlu tempat untuk salat," lanjutnya.

Selain itu, kata Puan, posko mudik yang berada di titik-titik jalur darat juga harus menyiapkan fasilitas perawatan kendaraan. Karena, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi akan memerlukan bengkel-bengkel apabila ada kendala di kendaraannya.

"Selain fasilitas lengkap untuk pemudik, posko mudik juga harus menyiapkan teknisi perbaikan kendaraan. Ini untuk meminimalisir adanya kendaraan mogok saat perjalanan mudik yang menggunakan jalur darat," sebut Puan.

Mantan Menko PMK ini menambahkan, keamanan di seluruh posko mudik pun harus diperhatikan. Puan meminta kepada pihak kepolisian untuk menempatkan personel di seluruh posko mudik.

"Selain nyaman, keamanan juga harus dikedepankan. Anggota kepolisian harus berada di setiap posko-posko mudik. Ini bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi pemudik yang hendak beristirahat di posko-posko," tegasnya.

Lebih lanjut, Puan juga meminta agar tenaga kesehatan selalu siaga di setiap posko mudik. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya pemudik yang mengalami sakit saat perjalanan sehingga dapat segera ditangani.

"Tenaga kesehatan juga harus ada, ini penting apabila ada pemudik yang sakit saat perjalanan mereka. Harus segera ditangani, disiagakan juga ambulance di setiap posko mudik," imbau Puan.

Puan berharap setiap instansi yang terlibat dalam pelaksanaan mudik Lebaran melakukan evaluasi berkala, sehingga jika muncul permasalahan dapat segera diatasi. Menurutnya, sinergi yang baik antar instansi harus dilakukan secara baik dari tingkat pusat sampai ke petugas-petugas di lapangan.

"Kita ingin masyarakat dapat merayakan momen hari raya bersama keluarga di kampung halaman tanpa ada kendala. Untuk itu dibutuhkan kerja sama dan gotong royong dari semua pihak," pungkas Puan.


Hindari Kecelakaan, Kapolri Minta Pemudik Tidak Istirahat di Bahu Jalan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada masyarakat atau pemudik untuk tidak ada yang beristirahat di bahu-bahu jalan. Karena, sudah ada rest area yang disediakan untuk tempat memberhentikan kendaraannya.

"Tentunya kita juga informasikan bahwa setelah exit bagaimana masuknya kembali ke jalur tol ini juga perlu di informasikan, sehingga ini kemudian menjadi pilihan-pilihan agar tidak ada pengguna jalan yang kemudian istirahat di bahu-baju jalan," kata Sigit, Selasa (18/4/2023).

"Karena ini tentunya yang pertama berdampak terhadap meningkatnya kemacetan yang kedua ini juga resiko terjadinya laka lantas sangat tinggi," sambungnya.

Oleh karena itu, ia ingin agar para pemudik untuk bisa beristirahat di rest area yang sudah disediakan baik di tol maupun di jalur arteri atau luar tol.

"Sehingga kemudian manfaatkan rest area atau jalur-jalur exit di luar tol yang memang disiapkan mungkin disana juga bisa lebih leluasa. Namun, pada saatnya bisa masuk kembali ke jalur tol jadi hal-hal seperti ini kita minta terus disosialisasikan," ujarnya.

Selain itu, Sigit memuji petugas jajaran yang berada di Jawa Tengah yang sudah bagus dalam kesiapan arus mudik lebaran.

"Saya lihat dibandingkan dengan tahun kemarin ada evaluasi-evaluasi juga harapkan bagaimana kemudian persiapan yang dilaksanakan rekayasa yang sudah disiapkan informasi yang juga penting untuk diinformasikan sedini mungkin," ungkapnya.

"Sehingga, masyarakat juga mengetahui semua ini menjadi bagian yang harus betul-betul bisa terlaksana dengan baik. Sehingga ujungnya bagaimana mewujudkan perjalanan mudik yang aman dan kemudian nyaman," pungkasnya.

Imbauan Mahfud Md

Menko Polhukam Mahfud Md menyoroti masih banyaknya pengemudi beristirahat di pinggir jalan yang dapat menimbulkan kemacetan. Hal itu ia lihat ketika memantau arus mudik lebaran 2023 di Tol Jakarta-Cikampek.

"Saya tadi masih melihat di beberapa tempat berdasarkan laporan, ada beberapa pengemudi yang misalnya masih istirahat di pinggir jalan yang bukan tempat yang disediakan. Nah itu kalau nanti menumpuk itu bisa mengganggu menimbulkan kemacetan," kata Mahfud di pusat di Tol Japek, Selasa (18/4/2023).

Mahfud berharap, masyarakat dapat bekerja sama membantu kepolisian agar mudik menjadi lancar. Dia juga mengingatkan pengemudi tidak mengkonsumsi obat-obatan saat berkendara.

"Masyarakat harus bekerja sama supaya berhati-hati terutama untuk pengemudi mobil besar itu supaya juga jaga badan, jangan menggunakan obat-obatan yang menyebabkan disorientasi seperti narkoba atau obat-obat yang apa namanya memacu syaraf tertentu, supaya menggunakan yang wajar-wajar saja dan jangan sampai membuat atau mengganggu jalannya arus ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Mahfud menilai, persiapan Korlantas Polri di mengatur jalannya arus mudik sudah cukup baik. Dari segi kesiapan teknologinya, Korlantas juga sangat rapih.

"Saya sudah langsung berhubungan tadi dengan petugas-petugas di lapangan di jalan Tol, Pelabuhan dan sebagainya dan semuanya udah siap dengan segala antisipasi jika terjadi sesuatu," imbuh Mahfud Md.


Tol Layang MBZ Dibuka Tutup Demi Hindari Penumpukan di KM 47 Jakarta-Cikampek

Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi menyebut Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) diberlakukan buka tutup untuk menghindari penumpukan di kendaraan di KM 48, Tol Jakarta-Cikampek.

"Sumber arus bangkitan saat ini belum nampak, namun ekor kepadatan masih berada di KM 15 Bekasi Timur, dan Jalan Layang MBZ masih dilakukan buka/tutup untuk minimalisir kepadatan di pertemuan arus KM 48," ujar Firman dalam keterangannya, Rabu (19/4/2023).

Firman menyebut, untuk mengurai kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek pihaknya memperpanjang lajur contra flow dari KM 36 hingga KM 70. Sebelumnya contra flow berlaku dari KM 48 hingga KM 70.

"Berdasarkan hal tersebut di atas maka rekayasa lalulintas one way di hari kedua mudik yang dijadwalkan selesai pada pukul 12.00 WIB hari ini (19 April 2023), masih akan terus dilanjutkan. Perpanjangan rekayasa lalu lintas oneway diperkirakan akan berkahir pada Rabu 19 April 2023 pukul 24.00 WIB," kata Firman.

Meski demikian, Firman mengatakan keputusan itu belum final. Pihaknya masih akan melihat kondisi di lapangan.

"Namun apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran one way masih terdapat peningkatan volume lalulintas yang signifikan dari Jakarta ke arah Timur, maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalulintas one way (dapat dilanjutkan atau diakhiri dan lalu lintas kembali normal 2 arah)," kata dia.

Jadwal Lengkap One Way, Contra Flow dan Ganjil Genap Jalan Tol Mudik Lebaran 2023

Ketentuan Waktu Rekayasa Lalu Lintas One Way

KM 72 (Cikampek)-KM 414 (GT Kalikangkung)

Selasa, 18 April 2023 pukul 14.00-24.00 WIB

Rabu, 19 April 2023 pukul 08.00-24.00 WIB

Kamis, 20 April 2023 pukul 08.00-24.00 WIB

Jumat, 21 April 2023 pukul 08.00-24.00 WIB

Arus Balik Periode 1

KM 414 (GT Kalikangkung)-KM 72 (Cikampek)

Senin, 24 April 2023 pukul 14.00-24.00 WIB

Selasa, 25 April 2023 pukul 08.00 WIB -24.00 WIB

Rabu, 26 April 2023 pukul 00.00 WIB-08.00 WIB

Arus Balik Periode 2

KM 414 (GT Kalikangkung)- KM 72 (Cikampek)

Sabtu, 29 April 2023 pukul 14.00-24.00 WIB

Minggu, 30 April 2023 pukul 08.00-24.00 WIB

Senin, 1 Mei 2023 pukul 08.00 WIB-24.00 WIB

Selasa, 2 Mei 2023 pukul 00.00 WIB-08.00 WIB

Ketentuan Waktu Rekayasa Lalu Lintas Contra Flow

Arus Mudik

KM 47 (Karawang Barat)-KM 72 (Cikampek)

Selasa, 18 April 2023 pukul 14.00-24.00 WIB

Rabu, 19 April 2023 pukul 08.00-24.00 WIB

Kamis, 20 April 2023 pukul 08.00-24.00 WIB

Jumat, 21 April 2023 pukul 08.00-24.00 WIB

Arus Balik Periode 1

KM 72 (Cikampek)-KM 47 (Karawang Barat)

Senin, 24 April 2023 pukul 14.00-24.00 WIB

Selasa, 25 April 2023 pukul 08.00 WIB-24.00 WIB

Rabu, 26 April 2023 pukul 00.00 WIB-08.00 WIB

Arus Balik Periode 2

KM 72 (Cikampek)-KM 47 (Karawang Barat)

Sabtu, 29 April 2023 pukul 14.00-24.00 WIB

Minggu, 30 April 2023 pukul 08.00-24.00 WIB

Senin, 1 Mei 2023 pukul 08.00 WIB-24.00 WIB

Selasa, 2 Mei 2023 pukul 00.00 WIB-08.00 WIB

Ketentuan Waktu Rekayasa Lalu Lintas Ganjil-Genap

Arus Mudik

KM 47 (Karawang Barat)-KM 414 (GT Kalikangkung)

Selasa, 18 April 2023 pukul 14.00-24.00 WIB

Rabu, 19 April 2023 pukul 08.00-24.00 WIB

Kamis, 20 April 2023 pukul 08.00-24.00 WIB

Jumat, 21 April 2023 pukul 08.00-24.00 WIB

Arus Balik Periode 1

KM 414 (GT Kalikangkung)- KM 47 (Karawang Barat)

Senin, 24 April 2023 pukul 14.00-24.00 WIB

Selasa, 25 April 2023 pukul 08.00 WIB-24.00 WIB

Rabu, 26 April 2023 pukul 00.00 WIB-08.00 WIB

Arus Balik Periode 2

KM 414 (CT Kalikangkung)- KM 47 (Karawang Barat)

Sabtu, 29 April 2023 pukul 14.00-24.00 WIB

Minggu, 30 April 2023 pukul 08.00-24.00 WIB

Senin, 1 Mei 2023 pukul 08.00 WIB-24.00 WIB

Selasa, 2 Mei 2023 pukul 00.00 WIB-08.00 WIB