Viral Gaya Hedon Sipir Lapas Lampung

Gaya Hidup Sipir di Lapas Lampung Dinilai Hedon, Ditjen PAS Ambil Langkah Tegas

Liputan6.com 2023-04-24 01:10:39
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Kegiatan ini guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 antar tahan

Sekretaris Diretorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Heni Yuwono angkat suara terkait aksi Dhawank Delvi seorang sipir di Lapas Rajabasa Bandar Lampung yang disorot karena memamerkan gaya hidup mewah.

Menurut Heni, sipir yang disorot karena memamerkan gaya hedon dengan motor gede (Moge) Harley Davidson ini sudah ditindak oleh otoritas setempat.

"Karena dia di wilayah Kanwil Lampung, Kakanwil Lampung telah mengambil langkah tegas, dari Ditjen Pas tentunya melakukan arahan dan monitoring evaluasi untuk tidak memamerkan gaya hidup hedon," kata Heni melalui pesan singkat diterima, Minggu (23/4/2023).

Heni menambahkan, langkah tegas diambil oleh otoritas terkait setempat adalah dengan melakukan memindahkan yang bersangkutan ke kantor pusat di Provinsi Lampung sebagai langkah pemeriksaan.

"Info dari kakanwil, yang bersangkutan ditarik ke kanwil untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut," jelas Heni.

Dia memastikan, Ditjen PAS terus mendorong setiap petugas di Lembaga Pemasyarakatan untuk menerapkan pola hidup sederhana.

"Jangan pamerkan gaya hidup hedon dan terapkan pola hidup sederhana bagi seluruh jajaran petugas pemasyarakatan di Indonesia," dia menandasi.


Pamer Harley Davidson hingga Motor Trail

Sebagai informasi, selain pamer Harley, Dhawank Delvi juga kerap pamer motor trail. Awalnya, gaya hidup yang bersangkutan diungkap oleh warganet di sosial media.

Dia juga menggunakan pesawat kelas bisnis untuk menunaikan ibadah umrah. Warganet menilai, aksi Dhawank Delvi termasuk hedon sebagai seorang penyelenggara negara.

Khofifah Jadi Rebutan

Punya Modal Kuat Sebagai Cawapres, Khofifah Jadi Rebutan Semua Capres

Liputan6.com 2023-04-24 14:04:11
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Analis Politik Arifki Chaniago menilai Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi rebutan calon presiden di Pemilu 2024. Sebab, secara kultural Khofifah memiliki modal sebagai bagian kulutural dari NU dan Gubernur Jawa Timur.

"Peluang Khofifah ini gubernur, aktivis NU dan modal politik ini secara kultural akan menguntungkan untuk dilirik semua capres," kata Arifki melalui pesan suara diterima, Senin (24/4/2023).

Arifki lalu mengurai, potensi masing-masing figur calon presiden (capres) bila dipasangkan dengan Khofifah. Pertama, Anies Baswedan membutuhkan sosok pemiliki elektoral di Jawa Timur dan figur perempuan.

"Ketika mengarah ke Ganjar, tentu dia membutuhkan figur perempuan yang religius dan memiliki wilayah yang kuat (Jawa Timur), karena Ganjar cukup kuat di Jawa Tengah," jelas Arifki.


Figur Kuat

Terakhir bagi Prabowo, Arifki meyakini, sosok Khofifah juga dibutuhkan sebagai figur kuat secara religius maupun isu elektoral di Jawa Timur.

"Hal ini menguntungkan bagi Khofifah ketika dia ingin menjadi calon wakil presiden dari calon presiden yang menginginkannya dan Khofifah berhitung bahwa dia dalam kondisi politik Pilkada keduanya di Jatim, tentu harapannya menang dan bukan kalah," Arifki menutup.

Gaya Sapa Fans Saat Hari Raya

Gaya Shah Rukh Khan Sapa Fans pada Hari Lebaran Idul Fitri 2023, Si Bungsu Diajak Ikut Serta

Liputan6.com 2023-04-24 08:00:08
Shah Rukh Khan sapa fans dalam Idul Fitri 2023. (Twitter/ iamsrk)

Shah Rukh Khan punya satu tradisi unik tiap Idul Fitri atau hari raya Lebaran bersama para penggemarnya. Para penggemar akan berkumpul di rumah sang aktor yang terletak di Mumbai, India.

Sang aktor lalu menyapa penggemar dari balkon rumahnya, sambil melambai dan memberi salam. Hal ini pun ia lakukan pada tahun ini.

Dilansir dari Hindustan Times, Minggu (23/4/2023), fans Shah Rukh Khan sudah berkumpul sejak pagi-pagi pada hari Lebaran. Sang superstar Bollywood kemudian keluar dengan mengenakan pakaian kasual, t-shirt putih, celana denim hitam, dengan kacamata gelap menutupi wajahnya.

Ia kemudian tersenyum, melambai, dan menyapa para penggemar dengan menangkupkan kedua telapak tangannya. Sesekali ia mengeluarkan pose khasnya, yakni merentangkan kedua lengannya lebar-lebar.

Dalam sejumlah video yang dibagikan penggemar ke internet, anak bungsunya yakni Abram Khan juga sempat ikut keluar, menyapa penggemar ayahnya. Si kecil yang pada Mei nanti berusia 10 tahun ini, tampak mengenakan kurta putih dan salwar.


Pesan Shah Rukh Khan: Sebarkan Cinta

Shah Rukh Khan juga sempat mengabadikan momen ini di media sosialnya, baik Twitter dan Instagram.

"So lovely to see you all on this festive day!!! Now let's spread the love... and may God's blessings be upon all of us... Eid Mubarak. (Sungguh menyenangkan melihat kalian semua dalam hari perayaan ini!!! Sekarang, mari sebarkan cinta...dan semoga Rahmat Tuhan menyertai kalian semua. Selamat Idul Fitri)," tulisnya menyertai unggahan foto ini.


Tradisi yang Dimulai Lagi pada Lebaran Tahun Lalu

Tradisi ini sempat disetop Shah Rukh Khan selama pandemi Covid-19. Shah Rukh Khan baru menghidupkan kembali kebiasaan ini pada Idul Fitri 2022 lalu.

Kala itu penggemar tumpah ruah, dan polisi pun berjaga di lokasi.

"May Allah bless you with love happiness and may the best of your past be the worst of your future. Eid Mubarak!!" cuitnya, menyertai foto bareng penggemar dari balkonnya.


Salman Khan Juga Sapa Penggemar

Bukan Shah Rukh Khan saja yang punya tradisi ini. Superstar Bollywood yang lain, Salman Khan, juga menyapa ribuan penggemar dari balkon rumahnya.

"Aap sabhi ko Eid Mubarak! (Selamat Lebaran untuk kalian semua)," tulisnya di caption Instagram.

Hengkang dari Gerindra

Resmi, Sandiaga Uno Keluar dari Gerindra

Liputan6.com 2023-04-24 15:04:36
Sandiaga Uno bersama Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco (Istimewa)

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno akhirnya resmi menyatakan undur diri dari Gerindra. Hal ini disampaikan usai bertemu Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco saat momen halal bi halal di rumah dinasnya.

"Saya sempat ngobrol tertutup dengan Bang Dasco dan saya sampaikan beberapa pemikiran sekaligus juga kalau ada kesalahan selama ini maaf lahir batin. Intinya di momen lebaran ini kita bisa pererat silaturahmi dan berjuang bersama, intinya juga mohon pamit," kata Sandiaga di Jakarta, seperti dikutip Senin (24/4/2023).

Sandiaga memastikan, undur dirinya dari Partai Gerindra sudah dilakukan secara prosedural, administratif, dan beretika. Mulai dari bertemu Prabowo Subianto selaku ketua umum Partai Gerindra hingga menyampaikan surat kepada Sufmi Dasco.

"Ini etika berpolitik, pertama menghadap pimpinan partai, kemudian saya juga sempat ketemu pak ketua umum (Prabowo) tentunya di momen lebaran ini satu per satu kita siapkan tahapan selanjutnya," jelas Sadiaga.


Curahkan Perasaan Lewat Surat

Sandiaga menambahkan, surat disampaikan kepada Sufmi Dasco bersifat personal dan emosional. Sebab, dalam surat itu dirinya menumpahkan apa yang dirasakannya selama berada di Gerindra di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto.

"Saya hormat kepada yang saya sangat teladani Pak Prabowo, beliau negarawan dan saya berjuang bersama Pak Prabowo dan apa yang saya rasakan saya tuangkan di surat itu dan saya sampaikan," Sandiaga menandasi.

Kantor Pemerintah Dilarang Halal Bihalal

Mahfud Md: Kantor Pemerintah Dilarang Gelar Halal Bihalal pada 24-30 April 2023

Liputan6.com 2023-04-24 14:56:31
Mahfud hadir dalam posisinya sebagai Ketua Komite Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dan Sri Mulyani sebagai anggota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) Ad Interim Mahfud Md mengumumkan semua kantor pemerintah baik, kantor kementerian/lembaga, BUMN, hingga TNI-Polri dilarang menggelar Halal Bihalal Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah pada 24 sampai 30 April 2023.

"Selaku Menteri PANRB ad interim, secara resmi saya mengumumkan: Pada pekan pertama (tanggal 24 - 30 April 2023) supaya tidak diadakan acara Halal Bihalal dan lain-lain (syawalan, reunian, dan sejenisnya) di tempat-tempat tersebut (kantor pemerintah)," kata Mahfud Md melalui akun Instagramnya @mohmahfudmd, Senin (24/4/2023)

Dia mengatakan Halal Bihalal di kantor pemerintah baru boleh digelar setelah tanggal 30 April 2023 atau ditunda sampai awal pekan kedua Lebaran 2023.

"Semua kantor pemerintah, yakni Kantor Kementerian/Lembaga Non-Kementerian/BUMN/TNI/POLRI, jika merencanakan Halal Bihalal dan semacamnya supaya ditunda sampai awal pekan kedua setelah Hari Raya Idul Fitri 1444 H," ujarnya.

"Surat resmi akan segera dikirim ke kantor dan instansi masing-masing," sambung Mahfud.


Jokowi Imbau ASN, TNI-Polri, hingga Pegawai Swasta Balik Mudik Setelah 26 April 2023

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengimbau aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, hingga pegawai swasta untuk menunda jadwal kepulangan mudik Lebaran 2023, apabila tak ada keperluan mendesak. Imbauan Jokowi ini untuk mencegah penumpukan kendaraan pada puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 24 dan 25 April 2023.

"Untuk memecah penumpukan yang terjadi pada puncak arus Balik tanggal 24 dan 25 April 2023, secara bersamaan pemerintah mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak untuk menghindari puncak arus balik tersebut," kata Jokowi disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (24/4/2023).

"Dengan cara menunda atau mengundurkan jadwal kembali mudik setelah tanggal 26 April 2023," sambungnya.

Menurut dia, ketentuan ini berlaku untuk ASN, TNI-Polri, BUMN, dan pegawai swasta. Adapun teknis terkait penundaan jadwal kepulangan mudik nantinya diatur oleh instansi atau perusahaan masing-masing.

"Seperti bentuk cuti tambahan atau bentuk cuti lainnya," ujarnya.

Jokowi pun mengingatkan pemudik untuk tetap berhati-hati dan mengikuti arahan petugas saat melakukan perjalanan ke daerah asal. Pasalnya, ada 203.000 kendaraan yang diprediksi akan menuju Jakarta saat puncak arus balik.

"Setidaknya 203.000 kendaraan per hari dari arah timur, Jalan Tol Trans Jawa dan dari arah Bandung diperkirakan akan melalui tol Jakarta-Cikampek. Tentu ini merupakan jumlah yang sangat besar dibandingkan dari jumlah normalnya yaitu, 53.000 kendaraan," katanya menandaskan.

PSG Rela Melepas Lionel Messi?

Tak Ada Kepastian soal Kontrak Baru, PSG Izinkan Lionel Messi Pergi di Akhir Musim?

Liputan6.com 2023-04-24 12:00:14
Pemain Paris Saint Germain (PSG), Lionel Messi tengah menjadi incaran klub-klub besar jelang bursa transfer musim panas 2023. (FRANCK FIFE / AFP)

Raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) konon tak keberatan melepas Lionel Messi pada akhir musim. Kabar ini disampaikan oleh Mirror melalui pemberitaannya yang diunggah Sabtu (22/4/2023) malam.

Seperti diketahui, kontrak La Pulga bersama Les Parisiens memang bakal habis dalam waktu dekat. Ia hanya diikat kesepakatan berdurasi dua tahun sampai Juni 2023, usai berpisah dari Barcelona pada musim panas 2021 silam.

Transfermarkt mencatat Messi telah tampil dalam 70 pertandingan bersama PSG di berbagai kompetisi sejak kedatangannya. Kontribusi pemain berusia 35 tahun itu pun terbilang cukup apik. Ia berhasil menyumbangkan 31 gol dan 34 assists bagi kubu Ligue 1.

Sayangnya, kabar menyebut PSG hingga kini tak terlihat getol menyelesaikan perpanjangan kontrak dengan La Pulga. Padahal, Messi hanya memiliki sisa waktu dua bulan di Parc des Princes sebelum kembali menyandang status sebagai agen bebas.

Melansir laporan Mirror, perilaku PSG yang mulai legawa membiarkan Lionel Messi pergi tak lain didorong oleh sikap presiden klub, Nasser Al-Khelaifi. Pria berusia 49 tahun kabarnya ingin menjadikan Les Parisiens sebagai klub yang lebih stabil dan berkelanjutan secara finansial.

Untuk itu, Khelaifi berencana mengurangi nama-nama bintang yang tergabung di bawah payung PSG, serta ingin memberi penekanan lebih besar pada talenta-talenta muda Prancis di masa mendatang.


Siap Ditampung Barcelona

Barcelona konon siap menampung Lionel Messi apabila ia memutuskan untuk angkat kaki dari Parc des Princes pada pengujung musim. Sang raksasa Catalan nampaknya memang masih ingin balikan dengan megabintang asal Argentina.

Kepala transfer Barca bahkan sempat mengonfirmasi pihaknya telah melakukan kontak dengan pemain juara Piala Dunia 2022 terkait potensi kepulangan ke Camp Nou. Messi pun disebut menyadari ketertarikan itu, tetapi hingga kini belum ada pendekatan resmi yang dilakukan.

Blaugrana sendiri harus menuntaskan misi besar demi mendaratkan kembali La Pulga di Spanyol. Mereka harus melakukan penghematan ekonomi secara masif agar bisa mendaftarkan pemain baru pada musim panas menyusul adanya kontrol ketat terkait Financial Fair Play (FFP).


Tanggapan Presiden La Liga

Di sisi lain, Presiden La Liga Javier Tebas ikut-ikutan buka suara mengenai prospek kembalinya Lionel Messi ke Barcelona. Tebas secara terang mengakui bahwa dirinya berharap La Pulga dapat kembali menjejakkan kaki di Camp Nou.

Akan tetapi, untuk mewujudkan hal itu, ia lebih dulu meminta Barca menyelesaikan masalah finansialnya. Klub besutan Xacu didorong melepas sejumlah pengagwa demi memberi ruang bagi La Pulga untuk masuk ke skuad.

"Sampai hari ini, tidak (Barcelona tidak bisa merekrut Messi), tetapi masih banyak waktu yang tersisa. Kami sedang menunggu rencana lanjutan mereka (untuk musim depan)," kata Tebas seperti dikutip dari Fot Mob.

"Saya berharap mereka (Barca) dapat membuat langkah yang diperlukan untuk memberikan ruang masuk bagi Messi. Namun, tentu saja kami tidak akan mengubah aturan apa pun supaya Messi bisa (kembali) masuk."

"Barca sendiri dapat melakukan pergerakan; (misalnya dengan) menjual pemain. Itulah yang kami harapkan terjadi karena saya adalah penggemar Messi, dan saya ingin Messi bermain di liga kami," tuturnya menambahkan.


Dukungan Lain

Tak hanya Javier Tebas, eks juru taktik Barcelona Ronald Koeman juga mendukung kepulangan Messi ke Camp Nou. Pelatih asal Belanda itu masih menyayangkan situasi pelik yang sempat memaksa Messi keluar dari Barca dua tahun silam.

"Dia (Messi) pemain terbaik di dunia. Tim mana pun yang memiliki dia bakal kuat. Saya menyaksikan langsung kepergiannya dan itu adalah masa-masa yang buruk," ujar Koeman, melansir laporan Marca.

"Saat saya melihat Leo mengenakan jersey lain, dan saya merasa itu aneh. Yang pasti saya dukung Messi kembali jadi pemain Barcelona," tandasnya.

Dobrak Tradisi Keluarga

Pangeran Louis Ultah ke-5, Kate Middleton Patahkan Tradisi Keluarganya

Liputan6.com 2023-04-23 17:00:00
Pangeran Louis dan Kate Middleton. (Millie Pilkington/The Prince and Princess of Wales via AP)

Pangeran Louis kini sudah tak bisa lagi dipanggil balita. Ya, putra bungsu pasangan Kate Middleton dan Pangeran William ini merayakan ultah kelimanya pada hari ini, Minggu (23/4/2023).

Seperti tradisi keluarga ini, foto terbaru si kecil yang sedang berulang tahun dirilis ke publik. Ada dua potret yang dibagikan ke Instagram sehari sebelum ultah adik Pangeran George dan Putri Charlotte ini.

Yang pertama, adalah wajah ceria Pangeran Louis saat duduk di kereta sorong yang didorong oleh Kate Middleton. Foto kedua, adalah versi close-up wajah si pangeran kecil, memperlihatkan matanya yang cokelat dan pipi bersemu merah.

"Someone's turning 5 tomorrow... A very happy birthday toPrince Louis (Seseorang bakal berusia lima tahun besok. Semoga Pangeran Louis berulang tahun dengan sangat bahagia)," begitu caption yang menyertai foto tersebut.

Unggahan hari bahagia Pangeran Louis ini ternyata mematahkan tradisi yang dibangun oleh sang ibunda. Apakah itu?


Foto Pangeran Louis Tak Diambil Kate Middleton

Dilansir dari People, selama ini Kate Middleton menjadi fotografer yang terjun langsung mengabadikan foto spesial untukk ultah anak-anaknya. Ia memang memiliki hobi fotografi, bahkan menyebut dirinya sebagai seorang "fotografer amatir yang antusias."

Foto Pangeran Louis ini sendiri diambil oleh fotografer Millie Pilkington pada awal April ini.


Memperingati Ultah Ratu Elizabeth II

Di sisi lain, keluarga kerajaan pada Jumat 21 April lalu juga memperingati hari ulang tahun Ratu Elizabeth II. Bila masih hidup, ia berusia 97 tahun.

Untuk momen istimewa ini, pihak Kerajaan Inggris merilis foto mendiang bersama sejumlah cucu dan cicitnya, yang diambil di Balmoral pada musim lalu. Foto ini, dijepret oleh Kate Middleton.


Pangeran Louis Makin Sering Tampil

Semakin besar, Pangeran Louis belakangan mulai sering tampil dalam berbagai event bersama keluarganya.

Yang terbaru, untuk pertama kalinya ia menghadiri misa Paskah bersama keluarganya pada bulan ini.

Lebaran Pertama Tanpa Eril

Kesedihan Ridwan Kamil Lebaran Pertama Tanpa Eril: Al Fatihah Untukmu Anakku Sayang

Liputan6.com 2023-04-23 15:00:00
Catatan penuh haru Ridwan Kamil tentang kebaikan putranya, Eril. Mulai dari memberikan THR Pada satpam hingga beli baju lebaran untuk anak yatim. (Instagram/dheoramdana).

Idul Fitri 2023 tentu terasa sangat berbeda bagi Ridwan Kamil dan keluarga. Bagaimana tidak, ini merupakan Lebaran pertama mereka tanpa kehadiran anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Di momen Lebaran, Ridwan Kamil dan keluarga tentunya menyempatkan diri berziarah ke peristirahatan terakhir Eril. Ia kembali menghiasi makam dengan bunga-bunga dan tentunya memanjatkan doa.

"Dear Eril, Ini lebaran pertama tanpa dirimu. Lebaran kali terasa tidak sama," tulis Ridwan Kamil sebagai keterangan video di akun Instagram-nya, Minggu (23/4/2023).

Meski raganya telah tiada, namun keluarga tak akan pernah melupakan kenangannya. "Namun kami percaya, dirimu selalu ada dalam perjalanan bahagia keluarga kita," ujarnya.


Pembangunan Masjid Al Mumtadz

Ridwan Kamil pun merangkai kelopak bunga hingga menyerupai bentuk hati di atas pusara Eril. Kamera juga menyorot kerangka masjid Al Mumtadz yang masih dalam tahap pembangunan.

"Lapor juga Ril, Masjid Al Mumtadz sudah naik struktur atap. Semoga ada rejekinya untuk menyelesaikan secepatnya. Aamiin," kata Ridwan Kamil lagi.


Kucing di Pusara Eril

Satu lagi hal yang menarik perhatian, yaitu kehadiran seekor kucing di makam Eril. Hewan itu seakan selalu ada untuk menemani jasadnya yang terkubur di bawah tanah.

"Btw Ril, di atas pusaramu selalu ada kucing entah darimana yang setia siang malam menemanimu. Alfatihah selalu untukmu anakku sayang," tutup sang Gubernur Jawa Barat.


Respons Warganet

Unggahan idwan Kamil dihujani komentar penuh rasa takjub.

"Masyaa Allah, hewan termasuk kucing Allah berikan kemampuan untuk mendengarkan penghuni kubur, jika kucingnya nyaman di pusara semoga kang eril juga nyaman, tenang dan damai disana. Aamiin," kata salah satu warganet.

"Subhanallah di dunia a Eril di jaga,di bimbing serta di didik dg baik oleh bapak Ridwan Kamil,dan insya Allah di surga dia di jaga oleh malaikat Ridwan,, alfatihah untukmu a Eril," tambah yang lainnya.

Jadi Rebutan Klub Eropa

Profil Kaoru Mitoma, Pemain Jepang yang Jadi Rebutan Klub Eropa

Liputan6.com 2023-04-24 10:00:18
Selebrasi gelandang Brighton and Hove Albion, Kaoru Mitoma setelah menjebol gawang Arsenal pada laga putaran ketiga Piala Liga Inggris 2022/2023 di Emirates Stadium, London (9/11/2022). Brigh

Pemain asal Jepang, Kaoru Mitoma belakangan jadi buah bibir di Inggris. Winger Brighton and Hove Albion itu menunjukkan performa yang sangat apik di mana ia mengemas banyak gol dan assist bagi The Seagulls.

Saat ini, banyak klub top Eropa mulai tertarik merekrut Mitoma. Mulai dari Real Madrid, Arsenal, hingga Manchester United dilaporkan ingin menggunakan jasa winger timnas Jepang itu di musim panas nanti.

Brighton sendiri tidak kaget jika Mitoma bakal jadi rebutan pada musim panas nanti. Pemilik sang winger siap untuk melepaskan sang winger di musim panas nanti.

Lantas, siapa Kaoru Mitoma?

Kaoru Mitoma adalah pemain sepak bola profesional Jepang yang lahir pada 20 Mei 1997, di Kanagawa, Jepang.

Sebelum berkostum Brighton, Mitoma bermain di Liga Sepak Bola Universitas Kanto dengan Tsukuba dan dinobatkan ke semua liga XI.

Selama berada di Tsukuba, Mitoma terpilih untuk mewakili Jepang di turnamen Universiade 2017 dan 2019, serta Asian Games 2018 dan Turnamen Toulon 2019 bersama tim nasional U-23.

Dia bergabung dengan Kawasaki Frontale pada 2019 dan dipinjamkan ke Avispa Fukuoka. Mitoma kemudian dibawa ke tim utama Brighton musim ini, di mana dia berhasil mencetak 10 gol dengan tujuh assist dalam 31 penampilan.

Posisi Kaoru Mitoma di Brighton & Hove Albion adalah gelandang. Dia bergabung dengan klub pada Agustus 2021 dengan kontrak empat tahun dari tim Liga J1 Kawasaki Frontale.

Mitoma menghabiskan musim 2021/22 dengan status pinjaman bersama tim divisi satu Belgia Royal Union Saint-Gilloise sebelum bergabung Brighton & Hove Albion.

Dia dengan cepat memantapkan dirinya sebagai pemain populer dengan penampilannya yang menarik di sayap dan mencetak gol pertamanya dalam kemenangan 3-2 di Wolves pada November 2022.

Teror Macan Dahan di Agam

Teror Macan Dahan di Agam Sumbar, 4 Ternak Warga Jadi Korban

Liputan6.com 2023-04-24 04:00:00
Ilustrasi Macan Putih. Foto (Pixabay.com)

Hewan liar sejenis macan dahan menebar teror di Jorong Kayu Pasak Timur, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam Sumbar. Macan buas tersebut memangsa hewan ternak milik warga, Sabtu (22/4/2023).

Kepala Resort Maninjau BKSDA Sumatera Barat Rusdiyan P. Ritonga di Lubukbasung, Minggu (23/4/2023) mengatakan, empat ekor kambing milik Doni itu mati sebanyak dua ekor dan luka-luka dua ekor.

"Satu ekor kambing yang mati masih ada di dekat kandang dan satu ekor lainnya hilang dibawa satwa itu," katanya.

Ia mengatakan empat ekor kambing diduga dimangsa macan dahan, karena di lokasi ditemukan ada jejak cakaran satwa dilindungi Undangan-udang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya.

Ini berdasarkan verifikasi dan identifikasi lapangan yang dilakukan oleh Tim Patroli Anak Nagari (PAGARI) Salareh Aia. "Tim PAGARI Salareh Aia menemukan jejak cakaran satwa tersebut juga menemukan bercak darah dan satu kaki kambing sisa mangsa satwa itu," katanya.

Ia menceritakan, pemilik ternak tersebut mengetahui kambingnya dimangsa satwa tersebut saat hendak mengeluarkan dari kandang pada Sabtu (22/4/2023) pagi. Saat itu, tambahnya, Doni melihat kandang ternaknya mengalami rusak, satu ekor kambingnya dalam kondisi mati dan dua ekor luka-luka.

Mendapatkan kejadian tersebut, Doni langsung melaporkan kejadian tersebut ke Tim PAGARI Salareh Aia dan tim langsung menuju lokasi untuk melakukan penanganan lapangan atas interaksi negatif satwa liar dengan manusia.

"Sebagai tindak lanjut di lapangan, tim telah memasang kamera jebak di sekitar kandang untuk beberapa hari kedepan guna memastikan jenis satwa apakah yang memangsa ternak tersebut," katanya.

Ia mengimbau pemilik ternak untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara memberi penerangan di lokasi kandang, memasang apai-apian dan lainnya, agar ternak tidak dimangsa satwa.