Ibu Ken Admiral Tutup Pintu Maaf

Ibu Ken Admiral Tutup Pintu Maaf: Datang ke Rumah Saya, AKBP Achiruddin Hasibuan Malah Marah-Marah

Liputan6.com 2023-04-26 18:08:40
Ibu Ken Admiral Tutup Pintu Maaf: Datang ke Rumah Saya, AKBP Achiruddin Hasibuan Malah Marah-Marah (doc: tangkapan layar)

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) akhirnya menetapkan Aditya Hasibuan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penganiayaan terhadap Ken Admiral. Tak hanya itu, sang ayah, AKBP Achiruddin Hasibuan juga mendapat imbas dari perbuatan anaknya.

Pria itu telah dicopot dari jabatannya sebagai Kabag Bin Opsnal di Ditresnarkoba Polda Sumut, serta ditahan tempatkan khusus (Patsus). Kabid Propam Polda Sumut Kombes Dudung Adijono menerangkan, pihaknya telah memeriksa Achiruddin Hasibuan. Hasilnya dinyatakan terbukti melakukan pembiaran pidana.

"Terjadi pembiaraan pidana oleh anaknya yang bernama Aditya Hasibuan dan korban adalah Ken Admiral," ujar Dudung saat konferensi pers, Selasa (25/4/2023) malam.

Ibu Ken Admiral, Elvi Indri mengaku tidak ada itikad baik dari para pelaku. Menurut dia, ayah dari tersangka penganiayaan sempat mendatangi kediamannya dengan tujuan meminta maaf.

Akan tetapi, bukannya berdamai, AKBP Achiruddin Hasibuan malah meluapkan emosinya dengan berkata kasar kepada keluarga Ken Admiral.

"Bapak Achiruddin pernah datang ke rumah kami tanggal 29 Desember 2022. Tetapi sampai di sana, mungkin Pak Achiruddin emosi jadi akhirnya ribu di rumah saya," kata Elvi pada Selasa (25/4/2023).

Ia menerangkan, awalnya sang suami yang bernama Zulkifli tidak terima atas apa yang dilakukan Aditya Hasibuan terhadap anaknya, Ken Admiral. Sayangnya, Achiruddin malah membalas hal tersebut dengan bahasa kasar.

"Suami saya bilang: anak saya baru pulang sekolah, belum pun saya jumpa, begitu saya jumpa udah hancur mukaknya, ga bisa saya terima Pak. Baru Pak Achiruddin bilang: saya juga ga bisa terima anak saya kok dik**tol-k**tolin."

Menurut Elvi, suasana pun menjadi panas dan akhirnya ribut. Suaminya lalu memilih pergi sementara AKBP Achiruddin juga pergi meninggalkan rumahnya.

Akibat kejadian itu, keluarga korban mengaku tidak akan menerima itikad baik atau permintaan maaf dari pelaku penganiayaan.

"Ya tidak ada rasanya perdamaian lagi, karena seharusnya pak Achiruddin jangan marah-marah kan pak dirumah saya. Akhirnya ribut, bicaranya mulai kotor, akhirnya ya tidak ada apa-apa," sambungnya.

Elvi juga mengucapkan terima kasih pada Polda Sumatra Utara atas kinerja yang membuahkan hasil seperti harapannya sekeluarga.

"Alhamdullilah, ini luar biasa loh. Karena bapak liat sendiri videonya kan pak, kek manalah dipijaknya anak saya, kalaulah itu anjing pak gigit kita, sudah ampun-ampun pasti itu ditolong loh pak," kata Elvi sambil menangis.

"Untung anak saya gak meninggal pak," ucapnya sambil menangis histeris.


Intip Deretan Kekayaan AKBP Achiruddin Hasibuan, Miliki Tanah Seluas 566 Meter Persegi Senilai Rp 46,33 Juta

Akibat membiarkan sang anak Aditya Hasibuan menganiaya seorang mahasiswa bernama Ken Admiral, Ajun Komisaris Besar Polisi Achiruddin Hasibuan ikut terseret dampaknya.

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Inspektur Jenderal Polisi R.Z Panca Putra Simanjuntak mencopot AKBP Achiruddin Hasibuan sebagai Kepala Bagian Binops pada Direktorat Narkoba Polda Sumut. Demikian mengutip dari Antara, Rabu (26/4/2023).

Pencopotan tersebut dilakukan usai Achrudin diperiksa Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sumut karena tindakan membiarkan anaknya, Aditya Hasibuan menganiaya seorang mahasiswa. Achiruddin juga disanksi penempatan khusus (patsus).

Kabid Humas Polda Sumut Komisaris Besar Polisi Hadi Wahyudi mengatakan, Achirudin Hasibuan juga ditempatkan dalam tahanan khusus Propam Polda Sumut. Ia menuturkan, Achirudin Hasibuan terbukti melanggar kode etik Pasal 13 huruf M Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi dan Komisi Kode Etik Polri.

"Dalam aturan itu disebutkan bahwa setiap pejabat di Polri di dalam etika berkepribadian dilarang melakukan tindakan kekerasan, berlaku kasar dan tidak patut," kata dia.

Bicara mengenai Achiruddin Hasibuan, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan pada 24 Maret 2021-jenis laporan khusus-awal menjabat, ia diketahui memiliki total harta kekayaan Rp 467.548.644. Kekayaan itu terbesar dari alat transportasi, sedangkan tanah seluas 566 meter persegi hanya senilai Rp 46,33 juta.

Selengkapnya...


AKBP Achiruddin Hasibuan Dicopot dari Jabatan Akibat Ulah Anaknya, Keluarga Korban Penganiayaan Ucap Terima Kasih pada Kapolda Sumut

Sebuah video viral lagi-lagi menunjukkan aksi penganiayaan yang dilakukan oleh seorang pemuda. Kali ini, video tersebut berisi aksi penganiayaan yang dilakukan oleh AH alias Aditya Hasibuan terhadap Ken Admiral.

Aksi penganiayaan itu sendiri sebenarnya telah terjadi pada 22 Desember 2022, namun dalam rentang waktu hingga 4 bulan, kasus tersebut tak kunjung diselesaikan.

Setelah kembali viral di media sosial, aksi penganiayaan oleh anak AKBP Achiruddin Hasibuan itu akhirnya mendapat perhatian Polda Sumut. Dirkrimum Polda Sumut Kombes Sumaryono menerangkan, kedua belah pihak baik korban maupun pelaku penganiayaan saling lapor ke Polrestabes Medan.

Akibat ulah anaknya, AKBP Achiruddin Hasibuan mendapat imbas berupa pencopotan dari Jabatan sebagai Kabag Bin Opsnal di Ditresnarkoba Polda Sumut, serta ditahan tempatkan khusus (Patsus). Kabid Propam Polda Sumut Kombes Dudung Adijono menerangkan, pihaknya telah memeriksa Achiruddin Hasibuan. Hasilnya dinyatakan terbukti melakukan pembiaran pidana.

"Terjadi pembiaraan pidana oleh anaknya yang bernama AH dan korban adalah Ken Admiral," ujar Dudung saat konferensi pers, Selasa (25/4/2023) malam.

Terkait sanksi yang diterima oleh AKBP Achiruddin Hasibuan serta masih diprosesnya sang anak, keluarga korban mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sumut dan kepada warganet Indonesia yang telah membantu memviralkan kasus tersebut.

Hal itu tampak dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @Heraloebss.

"Terima kasih teman-teman. Saya mewakili keluarga korban, mengucapkan terima kasih terhadap Kapolda Sumatera Utara. Alhamdulillah, mudah-mudahan ini terus berlanjut (diproses). Dan terima kasih juga pada netizen Indonesia."


Sosok Ken Admiral, Korban Penganiayaan Anak AKBP Achiruddin Hasibuan Ternyata Kuliah di Inggris

Penyelidikan kasus ini diklaim terkendala karena sebelumnya Ken Admiral tengah berada di luar negeri setelah kasus penganiayaan itu sehingga belum diperiksa.

"Sebenarnya tidak ada kendala dalam pemeriksaan, tapi kendala karena kemarin kita terhambat pelapor Ken Admiral sedang belajar di luar negeri. Jadi menunggu yang bersangkutan datang untuk pemeriksaan," Kata Kombes Sumaryono kepada Awak Media, Selasa (25/4/2023).

Hal tersebut dibenarkan oleh Elvi Indi, ibu dari Ken Admiral yang mengatakan bahwa sang anak kuliah di Manchester University, Inggris.

Wanita itu menjelaskan dampak penganiayaan Aditya Hasibuan pada anaknya yang membuat Ken mengalami luka serius di bagian pelipis serta darah beku di mata.

"Habis kejadian itu, pagi dibawa jahit dulu di sini (menunjuk pelipis), habis jahit, besoknya di ga bisa mereng kiri kanan kepalanya, dibawa ke RS Materna, di-scan kepalanya semuanya. Cuma bisa satu hari karena dia ada ujian, dia ga sekolah di sini, harus balek dia," ucap Elvi pada konferensi pers tersebut.

Lebih jauh, Elvi menjelaskan bahwa anaknya kembali untuk kuliah dalam keadaan sakit. Setelah itu, barulah Ken Admiral berobat jalan untuk menyembuhkan luka yang ia dapat dari penganiyaan tersebut.

"Sekarang yang ia alami cuma kurang bisa lihat cahaya, sama kalau lihat-lihat tulisan macam kabur-kabur gitu," ucapnya yang akhirnya meminta anaknya pulang untuk mendapat perawatan.

"Cuman kemaren saya pulangin 10 hari, sekarang posisinya kan dia ujian, sekarang udah balek tadi jam 7.00 WIB udah balek, karena sekolahnya kebetulan di Inggris, di Manchester University," kata Elvi.

Warganet Beri Semangat ke David Ozora

David Ozora Latihan Terapi Wicara dan Okupasi untuk Melatih Kognitifnya Usai Alami Penganiayaan Berat, Warganet Beri Semangat

Liputan6.com 2023-04-26 14:18:56
David Ozora Latumahina (Foto: Instagram/@tidvrberjalan)

Sejak David Ozora siuman, ia harus menjalani fisioterapi agar aliran darah, gerak tubuh bisa kembali normal usai mengalami penganiayaan berat yang diduga dilakukan Mario Dandy. Tak hanya itu, David Ozora juga melakukan latihan lainnya.

Dalam video yang diunggah Jonathan Latumahina, di akun Instagram pribadinya, Rabu (26/4/2023), sang ayah, memperlihatkan David Ozora tengah belajar mencocokan gambar dari sebuah buku.

Terlihat David Ozora agak kesulitan menemukan spatula seperti petunjuk dalam buku tersebut. Ia pun dituntun oleh sang ayah.

Diakui Jonathan Latumahina, bukan hal mudah bagi putranya untuk kembali belajar layaknya anak kecil.


Sebagai Terapi Wicara dan Okupasi

Dijelaskan Jonathan Latumahina, hari-hari David Ozora diisi dengan latihan fisioterapi, terapi wicara hingga okupasi. Tentunya banyak hal yang harus diperbaiki dalam tubuh anak berusia 17 tahun ini.

"Ini juga latian yang cukup melelahkan untuk saat ini selain fisioterapi, namanya terapi wicara dan okupasi," tulisnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Latihan yang Dilakukan David Ozora untuk Memori dan Respons Otak

Semua latihan-latihan yang dilakukan David Ozora, agar memorinya bisa kembali seperti dulu sehingga bisa ingat kejadian-kejadian yang telah dialaminya sebelum koma selama 43 hari di rumah sakit.

"Gunanya untuk melatih kembali kognitifnya, selain fisik yang diasah juga memori dan respon otaknya," lanjutnya.


Warganet Beri Semangat David Ozora

Melihat David Ozora semangat dalam belajar, membuat warganet kagum. Mereka pun memberikan semangatnya, karena yakin David bisa melalui cobaan semua ini.

"Semangat ya David...seneng bgt liat kemajuannya cpt skali,jgn patah semangat nakk..kmu psti bisa,peluk.jauh buat cah bagusku," tulis akun @cn*****1.

"Semangat David kamu pasti bisa, buat orangtua David tetap semangat dan jaga kesehatan. Butuh proses dan kesabaran lebih. Melihat kondisi David saat ini kembali terkenang peristiwa 12 tahun lalu yang menimpa anakku. Persis sama kejadiannya," tambah akun @uc********n.

"Semangat David.. bisa pegang pinsil bagus kuat, ngelingkari bagus.. emang rumit nyari spatula nya.. saya jg nyari2 mana spatula.. ya ampun ternyata gagangnya aja . Wis pinter nak lanjutkan latihannya.. tak tunggu kabarnya lagi ," timpal akun @no***************a.

Sowan ke Istana, Bahas Apa?

Hary Tanoe Sowan ke Jokowi di Istana, Bantah Bahas Politik

Liputan6.com 2023-04-26 11:34:06
Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo usai menemui Presiden Jokowi (Liputan6.com/ Hanz Jimenez Salim)

Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (26/4/2023). Hary Tanoe menyebut dirinya menghadap Jokowi dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Pertemuannya terkait silaturahmi. Jadi saya menghadap beliau (Presiden) setelah lebaran. Karena waktu (Jokowi) di Solo kan tida ada open house," kata Hary Tanoe usai pertemuan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (26/4/2023).

Hary Tanoe mengatakan, dia secara khusus meminta waktu untuk bertemu dengan Jokowi. Dia mengaku tak ada pembahasan khusus soal politik maupun bisnis dalam pertemuan dengan Jokowi.

"Enggak, enteng-enteng saja. Suasana masih libur jadi enggak mau berat-berat," ujarnya.

"Enggak ada enggak ada. Enggak ada bisnis enggak ada politik, silaturahmi," sambung Hary Tanoe.

Adapun pertemuan berlangsung kurang lebih satu jam. Hary Tanoe sudah tiba di Istana Kepresidenan Jakarta pukul 09.15 WIB, dan keluar sekitar pukul 10.42 WIB.


Airlangga dan Hary Tanoe Bertemu, Bahas Pemilu 2024 dan Koalisi Besar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo melakukan pertemuan di kantor DPP Golkar, Jakarta, Senin (10/4/2023). Pertemuan ini dimaksudkan untuk membahas rencana koalisi besar di Pemilu 2024 dengan anggota partai pro pemerintah.

Airlangga mengakui banyak bertukar pikiran dengan Hary Tanoe tentang Pemilu 2024 dan wacana koalisi besar.

"Kemudian juga kami bertukar pikiran mengenai rencana ke depan dari koalisi yang ada baik itu koalisi besar maupun dari koalisi KIB dan tentunya kedua partai melihat bahwa ke depan kita perlu terus menjalin silaturahmi termasuk terkait dengan jadwal-jadwal Pemilu yang ada," ujar Airlangga Hartarto usai pertemuan.

Airlangga mengatakan, Hary Tanoe dan Perindo punya komitmen sama mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin. Menurutnya, peluang kerja sama dengan Perindo terbuka karena ada kesamaan.

"Jadi tentu dukungan-dukungan tersebut akan memperkuat kerja sama antar partai-partai ke depan dan tadi disampaikan juga bahwa kondisi besar itu penting koalisi Indonesia itu penting karena Indonesia ini negara besar dan koalisi besar itu sangat diperlukan agar kita bisa menerobos tantangan-tantangan yang ada," ujarnya.

Selain itu, kerja sama koalisi besar diperlukan untuk menghadapi situasi penuh ketidakpastian.

"Maka kestabilan politik itu penting. Nah kestabilan politik hanya bisa dicapai kalau ketua umum-ketua umum partai komunikasinya baik dan lancar," pungkas Ketua Umum Partai Golkar ini.

Anak Aniaya Mahasiswa, AKBP AH Dicopot

Anaknya Jadi Tersangka Penganiayaan, AKBP AH Dicopot dari Jabatannya di Polda Sumut

Liputan6.com 2023-04-26 11:06:18
(Ilustrasi)

Terkait kasus penganiayaan terhadap korban Ken Admiral yang dilakukan sang anak, AKBP AH ikut diperiksa di Propam Polda Sumut. "Ya benar, saat ini ayah tersangka AH (AKBP AH) telah diperiksa khusus oleh Propam dan tinggal tunggu di sidang," ucap Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP Herwansyah, di Medan, Rabu.

Selain perwira polisi itu diperiksa oleh Propam, kata Herwansyah, AKBP AH telah dicopot dari jabatannya di Polda Sumut.

"Ya sudah dicopot jabatannya," ucapnya.

Hal ini terkait atas peristiwa penganiayaan yang dilakukan oleh anaknya yakni AH yang menganiaya korban Ken Admiral pada 21 Desember 2022 lalu. AKBP AH bukan melerai atas penganiayaan yang dilakukan oleh anaknya terhadap korban, melainkan terkesan membiarkannya.

Sebelumnya, Polda Sumut menetapkan tersangka terhadap AH yang merupakan pelaku penganiayaan terhadap seorang mahasiswa Ken Admiral.

Herwansyah menerangkan, kejadian itu bermula ketika korban hendak mendatangi rumah tersangka untuk mengganti rugi atas kasus pengrusakan dan penganiayaan pada pukul 03.00 WIB.

Hanya saja, sampai di rumah ayah dari tersangka AKBP AH yang menjabat di Polda Sumut itu bukan melerai, melainkan membiarkan anaknya bergumul.

Kasus ini sempat viral di sosial media dengan sebuah video beredar, seorang pria yang memakai jaket hitam dan celana tampak menganiaya korban bernama Ken Admiral. Sejumlah orang tampak mengelilingi melihat penganiayaan pelaku tersebut.

Infeksi Darah, Jojo Mundur

Jojo Mundur Usai Kena Infeksi Dalam Darah, Ini 2 Harapan Tunggal Putra Indonesia di Badminton Asia Championships 2023

Liputan6.com 2023-04-26 15:01:14
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie berusaha mengembalikan kok ke arah rekan senegaranya Chico Aura Dwi Wardoyo dalam final Indonesia Masters 2023 di Istora Senayan, Jakar

Jonatan Christie terpaksa mundur dari ajang Badminton Asia Championships (BAC) 2023 lantaran isu kesehatan. Ia dikabarkan mengalami masalah infeksi dalam darah.

Hal ini diungkap oleh PBSI via akun medis sosial Twitter mereka, di mana Jojo (nama panggilan akrab Jonatan Christie) sempat menjalani latihan di practice court dengan kondisi baik.

"Tapi sorenya Jonatan tiba-tiba muntah di kamarnya. Lalu kami konsultasi dengan dokter PBSI dan akhirnya dibawa ke rumah sakit," tulis pernyataan Irwansyah, Pelatih Tunggal Putra di akun PBSI.

Dia mejelaskan, "Setelah dilakukan pengambilan darah dan diinfus, hasil pemeriksaan darah terdapat infeksi di dalam darahnya."

Berdasarkan hal tersebut, pihak PBSI pun memutuskan untuk mundur dari kompetisi yang seharusnya Jojo berhadapan melawan Shi Yu Qi dari China pada babak pertama di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Rabu (26/4).

Kabar Jojo mundur dari laga Badminton Asia Championships 2023 membuat Indonesia harus kehilangan satu pemain di sektor tunggal putra.

Meski begitu, asa menjaga kemenangan di ajang tersebut belum usai. Pasalnya, masih ada dua pemain tunggal putra yang juga diunggulkan menjadi jawara.

Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Keduanya ada di kolom draw yang sama dan punya peluang bertemu di Semi Final jika selalu memenangi laga. Di sana, mereka harus berhadapan dengan unggulan lain seperti; Kunvalut Vitidsarn dari Thailand hingga Lee Zii Jia dari Malaysia.


Komentar Warganet Usai Jojo Mundur dari Badminton Asia Championships 2023

Kabar Jojo mundur dari laga Badminton Asia Championship 2023 karena ada infeksi dalam darah, langsung menuai reaksi dari warganet.

Mayoritas mereka berharap Jonatan dapat segera sembuh, pulih dari infeksi dalam darah, dan dapat kembali berlaga untuk Indonesia di laga dunia.

Berikut adalah komentar warganet, sebagaimana dirangkum tim Liputan6.com via media sosial Twitter, (Rabu 26/4/2023).

"Aaahh Jo semoga lekas pulih dan semoga bukan sesuatu yang serius... aminnnn ," tulis @BenedictaLL di Twitter.

"Ya Allah kok bisa get well soon, jojo:(((," ujar @just_uptome di platform media sosial itu. Akun @yaaaprill berkata, "Adaa aja cobaannya, get well very soon ya jo!"

Sedangkan akun @lintanglangit15 mencuitkan, "Jojo ya Allah cepet sembuh ya. Semoga atlet lain aman semua deh."

"Kaget banget jo, lekas membaik yaaaa," kata @terlalupirau di Twitter, dan "semoga gak parah dan cepet sembuh joo!" cuit @dmyshare.

"Semoga cepet sembuh dan semoga atlet-atlet lainnya tetap sehat, aamiin ," kata @awangabut di platform media sosial milik Elon Musk itu.


Jadwal Badminton Asia Championships 2023

Diketahui, wakil Indonesia melanjutkan perjuangan pada Badminton Asia Championships 2023 di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (26/4/2023).

Sebanyak 15 pejuang Merah Putih turun melakoni putaran pertama, setelah tiga ganda campuran terjun terlebih dahulu.

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti sukses melewati lawan masing-masing. Kredit lebih patut diberikan untuk Dejan/Gloria yang mampu menaklukkan unggulan enam Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping asal China.

Sayang langkah Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati tehenti karena mengalami cedera, Rehan tidak bisa lanjut bertanding akibat gangguan di otot perut dan pinggang.

"Rehan otot antara perut dan pinggangnya tertarik dua hari sebelum keberangkatan. Sejak tiba di sini sudah diterapi dan coba diobati, tapi memang belum sembuh," kata pelatih ganda campuran Amon Sunaryo.

Salah satu sosok yang beraksi hari ini adalah tunggal putra Jonatan Christie. Berstatus unggulan pertama, Jojo langsung dihadapkan melawan Shi Yu Qi yang kembali menemukan performa terbaiknya.

Turut beraksi kuartet ganda putra. Di sektor inilah harapan terbesar Indonesia meraih gelar. Terbukti, ganda putra mempersembahkan satu-satunya titel bagi Merah Putih di edisi terakhir Kejuaraan Bulu Tangkis Asia. Adalah Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan yang menempati podium tertinggi pada 2022.

Perselingkuhan Virgoun Dibongkar Istri

Dugaan Perselingkuhan Virgoun Dibongkar Istri, Inara Idola Rusli Sebut Sang Suami Masih Pulang ke Rumah

Liputan6.com 2023-04-25 18:30:00
Virgoun dan istri (Sumber: Instagram/virgoun_)

Musisi Virgoun tengah menjadi perbincangan hangat di jaga maya. Hal itu bermula dari unggahan Inara Idola Rusli, istri Virgoun, di Insta Stories-nya, yang membongkar dugaan perselingkuhan suaminya itu.

Saat dikonfirmasi melalui pesan langsung di Instagram, Inara membenarkan Virgoun telah melakukan perselingkuhan. Lantas, apakah Inara Idola Rusli masih tinggal seatap dengan Virgoun usai membongkar isu perselingkuhan ini?

"Enggak tahu, sementara ini barang-barang dia masih di sini (rumah) semua," kata Inara Idola Rusli kepada wartawan, baru-baru ini.

"(Dia) tetap pulang, dan ini memang bukan kali pertama. Cuma saya sudah capek, karena sudah berkali-kali saya kasih kesempatan, hanya dimanipulasi," tambah Inara.


Inara Tahu Dugaan Perselingkuhan Lewat Mutasi Rekening Virgoun

Inara mengetahui dugaan perselingkuhan itu lewat mutasi rekening suaminya. Di situ, ia mendapati Virgoun mengirimkan sejumlah uang kepada wanita lain.

"Sejak Agustus 2021 yang sepengetahuan saya dari mutasi rekening pribadinya," ungkapnya.


Virgoun Sempat Membawa Wanita yang Diduga Selingkuhan ke Rumahnya

Diakui Ina, wanita yang diduga selingkuhan Virgoun itu sempat dibawa ke rumah pada Lebaran tahun lalu.

"Namanya Ten** Aje** Ani** (TAA). Waktu itu sampai dibawa ke rumah waktu lebaran tahun lalu," kata Ina.


Tak Menaruh Curiga pada Wanita yang Diduga Selingkuhan Virgoun

Saat dikenalkan, Ina mengaku tak menaruh curiga pada wanita tersebut. Namun selang beberapa bulan dari perkenalan itu, Ina mendapat info bahwa wanita tersebut diduga pelakor.

"Enggak curiga, saya Lillahita'ala aja. Entar juga ada aja informan atas seizin Allah. Bahkan hubungannya lebih lama dari itu, sudah setahun lebih," pungkas Ina. (Liputan6.com/M. Altaf Jauhar)

Kondisi Terkini Pilot Susi Air

OPM alias KKB Papua Bagikan Kondisi Terkini Pilot Susi Air

Liputan6.com 2023-04-26 16:00:50
Pilot Susi Air Kapten Philips M sedang bersama Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Hampir tiga bulan Pilot Susi Air, Philips Mark Methrtens (37) disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB). Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB-OPM) pun membagikan kabar kondisi terkini Pilot Susi Air tersebut.

Pvideo yang dibagikan Jubir Komnas TPNPB-OPM Sebby Sambom, Capten Philips menyampaikan kondisinya dalam keadaan baik. Meski sudah tiga bulan disandera ketika penyerangan KKB Papua terhadap pesawat Susi Air.

"Selamat siang hari ini hari senin tanggal 24 bulan april tahun 2023. Sekarang hampir 3 bulan dari waktu OPM menangkap saya di Paro," kata Philips dari video yang dilihat, Rabu (26/4).

Philips yang memakai kaos hitam dan celana pendek seperti tengah berada di hutan. Oleh dua anggota TPNPB-OPM, ia diminta menjelaskan kesehariannya selama jadi sandera KKB Papua.

"Saya masih hidup masih sehat saya makan yang baik minum yang baik. Saya tinggal di sini duduk bersama, istirahat bersama tidak ada masalah dengan saya," ujar Philips.

Dia meminta agar pemerintah Indonesia tidak melakukan pengeboman kepada wilayah tempatnya berada. Karena, hal itu bisa sangat berbahaya bagi dirinya dan orang-orang sekitar.

"Indonesia lepas bom di daerah jadi tidak usah, kalau lepas bom itu bahaya buat orang-orang di sini," ujar Philips.


Kondisi Kesehatan Pilot Susi Air Sempat Turun

Sebelumnya, Polda Papua mendapatkan laporan bila kondisi kesehatan Pilot Susi Air, Kapten Phillips Mark Mehrtens semakin menurun. Selama masih menjadi sandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya.

"Tim gabungan TNI-Polri masih kerja keras untuk menyelamatkan pilot. Kondisi kesehatan pilot menurun," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo saat dihubungi, Sabtu (25/3).

Kendati begitu, Benny belum bisa menjelaskan lebih rinci atas kondisi kesehatan Philips saat ini seperti apa. Termasuk dengan kepastian apakah benar Philips memiliki riwayat asma yang diidapnya.

Karena, Benny mengatakan sejauh ini TNI-Polri masih melakukan pendekatan persuasif ke KKB Papua agar mau segera membebaskan Philips. Alhasil, proses komunikasi dengan Philips masih terbatas.

"Terkait kesehatan pilot, TNI-Polri meminta segera pilot diserahkan," tambahnya.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

Park Jihoon Belajar Pencak Silat

Park Jihoon Belajar Pencak Silat Pakai Golok hingga Keris, Dapat Pujian dari Pelatih: Seperti Bukan Pemula

Liputan6.com 2023-04-25 17:30:00
Park Jihoon belajar pencak silat. (Tangkapan layar YouTube/ KBS WORLD Indonesian)

Park Jihoon baru-baru ini menjadi bintang tamu dalam tayangan World Class K-Dol di KBS. Dalam acara ini, para idol K-Pop diperkenalkan dengan budaya sejumlah negara dunia.

Untuk sang mantan member Wanna One, ia diperkenalkan dengan seni bela diri pencak silat. Dalam tayangan YouTube di kanal KBS World Indonesian pada 21 April 2023 lalu, dua pelatih yang memperkenalkan silat kepada Park Jihoon bukanlah orang sembarangan.

Mereka adalah Park Seong Tae dan Kim Jae Sik, Wakil Presiden Federasi Pencak Silat Korea.

"Pencak silat itu adalah seni bela diri yang paling berat, tapi juga indah," kata Park Seong Tae, memperkenalkan pencak silat. Ia juga menjelaskan bahwa silat ditampilkan di film The Man from Nowhere, The Raid, hingga yang terbaru Kill Boksoon.

Pertama-tama, kedua pelatih memeragakan gerakan pertarungan silat yang bikin Park Jihoon bengong. "Ini susah loh," kata bintang drakor Weak Hero Class 1 ini.


Park Jihoon Dipuji Pelatih

Sang pelatih kemudian membimbing Park Jihoon untuk melakukan gerakan silat tangan kosong dengan menggunakan aba-aba bahasa Indonesia. Ia tampak memperhatikan dengan serius gerakan ini.

"Seperti ada sesuatu, seperti kerendahan hati," kata Park Jihoon, seusai belajar gerakan silat pertamanya.

Saat menirukan kembali gerakan silat pertamanya ini, sang pelantun "Blank Effect" ini rupanya sudah cukup lancar, dan mendapat pujian dari sang pelatih. "Kamu bagus. Bisa langsung mulai saja," kata sang pelatih. "Ah, saya tak bisa," kata Jihoon sambil tertawa.


Park Jihoon Merasa Jadi Sopan dan Rendah Hati

Kedua pelatih kemudian memberi tantangan yang lebih tinggi. Yakni latihan dengan menggunakan senjata. Mulai dari menggunakan golok hingga keris. Ia juga sempat menyaksikan contoh pertarungan dengan menggunakan karimbit.

Pelatih kemudian menjelaskan ada empat elemen dalam pencak silat. Yakni latihan mental, pertahanan diri, seni budaya, dan olahraga.

"Sekarang seperti meditasi, membuatku menjadi sopan dan rendah hati," kata dia.


Kata Pelatih, Park Jihoon Seperti Bukan Pemula

Setelah belajar sejumlah jurus, kini tiba saatnya Park Jihoon memeragakan jurus silat sendiri. Uniknya, karena punya latar belakang sebagai aktor, ia kemudian menambahkan satu dialognya di drakor Weak Hero Class 1.

"Aku sudah bilang untuk berhenti!" kata Park Jihoon dalam bahasa Indonesia.

Park Jihoon kembali mendapat pujian dari para pelatihnya. "Dia bagus sekali, seperti bukan pemula," kata Kim Jae Sik, yang lantas merekomendasikan Park Jihoon untuk belajar silat.

Pelatih Park Seong Tae menambahkan, "Dengan pencak silat, semoga nanti jadi peran utama di film."

Semburan Api di Rest Area Tol Cipali

Semburan Api di Rest Area 86 Tol Cipali Diduga Akibat Kebocoran Gas Alam

Liputan6.com 2023-04-26 17:44:51
Api tiba-tiba menyembur dari dalam tanah Rest Area KM 86 Tol Cipali Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Rabu (26/4/2023). (Istimewa)

Api tiba-tiba menyembur dari dalam tanah Rest Area KM 86 Tol Cipali Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Rabu (26/4/2023) pagi tadi. Sumber api di rest area Tol Cipali itu diketahui berasal dari galian sumur yang diduga mengandung gas.

"Bukan ledakan, tetapi ada gas keluar dari sumur bor dan menyemburkan api," kata Kainduk PJR Tol Cipali Ipda Raden Nugraha saat dihubungi, Rabu (26/4/2023).

Dia mengatakan, semburan api awalnya terlihat sekitar pukul 09.00 WIB. Awalnya, dari galian itu sempat keluar air. Namun, seiring waktu api muncul.

"Pagi sekitar jam 09.00 WIB. Bukan pipa gas, tapi gas alam pertamanya menyemburkan air," ujar Raden Nugraha.

Dalam kejadian ini, dia memastikan tidak ada korban jiwa. Sementara proses penanggulangan semburan api masih dalam proses penutupan oleh Pertamina sampai sore hari.

"Lagi perbaikan saluran air akan mengganti mesin pompa. Enggak ada (korbab) kan itu kaheap bahasa sunda na mah. Belum padam, kan gas yang keluarnya api dari gas. Iya masih lagi ditangani tim sama Pertamina juga ada di sini," kata Raden Nugraha.


Ditutup

Atas adanya insiden semburan api ini, kata Reden, pihaknya telah memutuskan menutup sementara Rest Area KM 86 Tol Cipali arah Jakarta. Demi mencegah keramaian masyarakat dalam arus balik hari ini.

"Ditutup karena takutnya ngerembet ke mana-mana. (Lalin) aman lancar," tutur Raden Nugraha.

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka

Nasib WNI di Tengah Konflik Sudan

HEADLINE: Ramai-Ramai Evakuasi Warga Asing dari Perang Saudara di Sudan, Seluruh WNI Selamat?

Liputan6.com 2023-04-27 00:02:03
Asap tebal mengepul di atas gedung-gedung di sekitar bandara Khartoum pada 15 April 2023, di tengah bentrokan di ibu kota Sudan. (AFP)

Desingan peluru, dentuman bom, hingga kepulan asap, membuat suasana di Sudan mencekam. Perang saudara pecah di tengah ibadah puasa Ramadan.

Sejak baku serang antara kelompok paramiliter dan militer Sudan terjadi pada pertengahan April 2023, penduduk di Ibu Kota Khartoum diminta tetap tinggal di rumah. Situasi itu membuat persediaan makanan dan minuman menipis, bahkan pengeboman yang menghantam sejumlah infrastruktur utama seperti pipa air, membuat warga terpaksa mengonsumi air dari Sungai Nil.

Menurut catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), konflik bersenjata selama berminggu-minggu di Ibu Kota Khartoum, telah menewaskan 459 jiwa dan 4.072 orang terluka. 29 negara, termasuk Indonesia, telah mengevakuasi warganya dari Sudan untuk kembali ke Tanah Air.

Pemerintah Indonesia melakukan evakuasi WNI secara bertahap. "Evakuasi tahap pertama jumlahnya adalah 538 orang yang sudah berada di Kota Port Sudan. Terdapat tambahan 31 orang WNI yang tiba di Kota Port Sudan dari Provinsi lain, sehingga total evakuasi pertama jumlahnya adalah 569 orang," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam press briefing virtual pada Rabu (26/4/2023).

"Dari 569 orang ini, 557 sudah melanjutkan perjalanan melalui laut ke Pelabuhan Jeddah dan telah tiba di Pelabuhan Jeddah pada hari ini 26 April sekitar pukul 10.00 WIB," imbuh Menlu Retno.

Sementara itu, sambung Menlu Retno, 12 orang lainnya yaitu 10 orang dari tim KBRI tetap tinggal sementara di Kota Port Sudan untuk membantu evakuasi tahap kedua. Plus ada 2 WNI yang saat ini masih menunggu penyelesaian dokumen perjalanan.

Selain itu, tim dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang dipimpin oleh Direktur PWNI saat ini juga sedang menyebrang dari Jeddah ke Kota Port Sudan untuk membantu evakuasi tahap 2 serta menyelesaikan segala urusan terkait evakuasi yang sangat rumit.

"Alhamdullilah, proses evakuasi tahap kedua dari Khartoum menuju kota Port Sudan telah tiba di Port Sudan melalui jalur darat dan tiba pada hari ini juga 26 April sekitar pukul 09.30 WIB."

Di dalam evakuasi tahap kedua ini, terdapat 328 WNI yang terdiri dari:

Sebagian besar mereka adalah mahasiswa, terdapat pula PMI dengan keluarganya dan seorang tenaga profesional airlines.

"Keberangkatan mereka dipimpin oleh 4 staf KBRI Khartoum. Kalau yang tahap pertama dipimpin langsung oleh Dubes, yang tahap kedua ini dipimpin oleh tim dari KBRI yang jumlahnya 4 orang," ucap Menlu Retno.

"Mereka menggunakan 7 buah bus dan menempuh perjalanan yang sama dengan evakuasi tahap pertama yaitu dari Kota Khartoum melewati Atbara, kemudian kota Sawakin, dan kemudian ke Kota Port Sudan," papar Menlu Retno.

Selain WNI, sambung Menlu Retno, evakuasi tahap kedua ini kita juga membawa 7 WNA (Warga Negara Asing), yaitu 6 WN Australia dan 1 WN Sudan.

Menlu Retno menuturkan bahwa menurut data awal yang disampaikan olehnya, jumlah WNI yang tercatat di KBRI adalah 1.209 WNI.

Namun, sambungnya, setelah dilakukan pemutakhiran data, total WNI yang dapat dikontak dan tercatat jumlahnya adalah 937 WNI. Dengan rincian sebagai berikut:

Setiba di Jeddah, kata Menlu Retno, para WNI ini akan beristirahat dan akan dipulangkan secara bertahap ke Indonesia.

"Para WNI tersebut, sekali lagi, akan dipulangkan ke Indonesia secara bertahap dalam waktu dekat, dan update mengenai kepulangan ke Indonesia akan saya sampaikan dalam waktu dekat pada kesempatan pertama," tuturnya lagi.

Retno mengakui, evakuasi WNI dari Sudan sangat tidak mudah. Evakuasi dilakukan di tengah pertempuran yang masih terus berlangsung.

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada otoritas dan pihak-pihak yang ada di Sudan yang telah membantu kelancaran proses evakuasi via darat dari Khartoum ke kota Port Sudan. Selain itu, saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Saudi Arabia yang telah memfasilitasi jalur transportasi laut dari kota Port Sudan menuju Jeddah," pungkas Menlu Retno.


Perang Paramiliter Vs Militer Sudan

Perang saudara pecah di Sudan akibat masalah antara pasukan militer melawan paramiliter. Kekuatan paramiliter yang juga kuat membuat mereka dapat menghadapi angkatan bersenjata negara.

Namun, siapa sebenarnya kelompok paramiliter Rapid Support Forces (RSF)?

RSF merupakan kelompok paramiliter yang digunakan Presiden Omar Al-Bashir untuk menghancurkan pemberontak di Dafur pada tahun 2000-an.

Berdasarkan laporan Middle East Eye, Rabu (26/4/2023), RSF juga pernah dituduh melakukan kejahatan-kejahatan perang, seperti pembunuhan extrajudicial, pemerkorsaan, dan penyiksaan. Konflik yang terjadi di Dafur berdampak kepada 2,5 juta orang yang harus dipindahkan dan 300 ribu orang kehilangan nyawa.

Pemimpin RSF adalah Mohamed Hamdan Dagalo (Hemeti) yang merupakan seorang jenderal. RSF kerap kali terlibat ke urusan sipil di Sudan, seperti penegakan hukum dan pengumpulan pajak.

Pada 2019, RSF ikut melawan Presiden Omar Al-Bashir yang didemo masyarakat.

Pada 2021, RSF dan Militer (Sudan Armed Force) berkolaborasi untuk melakukan kudeta terhadap Perdana Menteri Abdalla Hamdok, tetapi kedua pihak akhirnya pecah kongsi.

Konflik antara Jenderal Abdul Fattah Al-Burhan yang merupakan pemimpin militer dan Hemeti semakin meruncing dalam beberapa bulan terakhir.

Mereka pun melakukan negosiasi agar ada integrasi pada kedua belah pihak. Perjanjian harusnya ditandatangani pada 1 April 2023, tetapi ada masalah soal jadwal integrasi sehingga berujung konflik.

Menurut draf perjanjian tersebut, integrasi antara militer Sudan, RSF, dan mantan gerakan-gerakan pemberontak harus dilakukan dalam tempo 10 tahun. Akan tetapi, pihak militer ingin dua tahun saja. Ketegangan pun terjadi antara kedua pihak.

Menjelang pertengahan April 2023, militer Sudan memberikan teguran kepada RSF karena mereka melakukan mobilisasi tanpa persetujuan militer. Posisi mobilisasi RSF juga dekat dengan bandara strategis.

Pada Rabu 12 April, setidaknya ada 100 kendaraan RSF yang masuk ke kota Merowe yang berjarak sekitar 330 kilometer dari ibu kota Khartoum. Bandara di kota itu juga dikepung.

Middle East Eye melaporkan bahwa masyarakat merasa resah karena mobilitasi tersebut. Warga pun memilih diam di rumah.

Ketika konflik militer pecah pada 15 April 2023, warga asing pun juga terdampak, termasuk para WNI yang kesulitan mencari makanan.

Media Nigeria, The Pulse, melaporkan bahwa para mahasiswa Nigeria merasakan ketakutan, listrik sering mati, dan meminta untuk dievakuasi.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi sempat berkata kesulitan untuk mengevakuasi para WNI karena situasi yang mencekam. Namun, ratusan WNI kini sudah berhasil diterbangkan keluar dari Sudan.

Negara-negara lain juga menyelamatkan warga mereka dari perang saudara di Sudan.

Saat ini, pihak RSF telah setuju untuk melakukan gencatan senjata selama tiga hari.


Penyebab Perang Saudara di Sudan

Apa penyabab perang Sudan?

Dikutip dari laman BBC, Selasa (25/4/2023) penyebab perang Sudan bermula ketika negara tersebut dilanda kudeta tahun 2021. Sejak itu, Sudan dijalankan oleh dewan jenderal, yang dipimpin oleh dua orang petinggi militer, yang kemudian menjadi cikal bakal perselisihan ini.

Mereka adalah Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, kepala angkatan bersenjata dan presiden negara itu dan wakilnya serta pemimpin RSF, Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, lebih dikenal dengan nama Hemeti.

Masalah utama adalah rencana untuk memasukkan sekitar 100.000 Rapid Support Forces (RSF) ke dalam tubuh tentara, dan siapa yang kemudian akan memimpin pasukan baru tersebut.

Aksi penembakan menjadi pemicu konflik Sudan, tepatnya pada tanggal 15 April setelah ketegangan berhari-hari terjadi.

Kala itu, anggota RSF ditempatkan kembali di seluruh negeri dalam suatu tindakan yang dianggap oleh tentara negara sebagai bentuk ancaman.

Ada harapan bahwa pembicaraan dapat menyelesaikan situasi tetapi ini tidak pernah terjadi.

Masih diperdebatkan siapa yang melepaskan tembakan pertama tetapi pertempuran dengan cepat meningkat di berbagai bagian negara. Akibatnya, lebih dari 400 warga sipil tewas, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Meskipun konflik tampaknya berada di bawah kendali instalasi, namun hal ini banyak menimbulkan efek besar, terutama di daerah perkotaan. Bahkan, warga sipil menjadi korban.

Tidak jelas di mana pangkalan RSF berada, tetapi anggota mereka kerap pindah ke daerah padat penduduk.

Angkatan udara Sudan telah melakukan serangan udara di ibu kota, sebuah kota berpenduduk lebih dari enam juta orang, yang kemungkinan besar telah menyebabkan korban sipil.

Beberapa gencatan senjata telah diumumkan untuk memungkinkan orang-orang melarikan diri dari pertempuran tetapi hal ini belum dipatuhi.


29 Negara Sudah Evakuasi Warganya dari Sudan

Berikut ini update daftar negara yang telah mengevakuasi warganya dari Sudan, berdasarkan informasi yang tersedia sejauh ini, mengutip Associated Press dan sejumlah sumber,Rabu (26/4/2023):

Menurut informasi Kemlu RI, otoritas Indonesia telah melakukan evakuasi tahap II dari konflik Sudan.

Evakuasi pertama dengan memindahkan warganya terlebih dahulu ke Jeddah, sebelum akhirnya tiba di Tanah Air. Ada 542 WNI sedang dalam perjalanan laut dari Port Sudan menuju Jeddah.

Sementara dalam evakuasi tahap II, kabarnya tengah berlangsung dari Khartoum ke Port Sudan terlebih dahulu.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan pada hari Senin bahwa Washington telah mulai memfasilitasi keberangkatan darat warga negara AS yang ingin meninggalkan Sudan dengan menggunakan aset intelijen, pengawasan dan pengintaian.

Sebelumnya, pemerintah AS memberi tahu sekitar 16.000 warga AS di Sudan bahwa mereka harus berjuang sendiri dan tidak akan ada evakuasi massal.

Sekitar 1.200 tentara Inggris yang menjadi bagian dari operasi militer dari pangkalan udara utama Inggris di Pulau Siprus di Mediterania timur membantu mengevakuasi sekitar 30 staf diplomatik Inggris dan keluarga mereka keluar dari Sudan.

Pengaturan sedang dilakukan untuk menerbangkan para pengungsi pulang dari Siprus. Menteri Inggris untuk Afrika, Andrew Mitchell, mengatakan sekitar 2.000 warga Inggris yang masih berada di Sudan telah mendaftar ke kedutaan dan bahwa "perencanaan intensif" sedang dilakukan untuk "serangkaian kemungkinan evakuasi."

Para pejabat mengatakan Prancis telah mengevakuasi 491 orang, termasuk warga negara dari 36 negara, dalam penerbangan ke Djibouti di Tanduk Afrika terdekat. Mereka termasuk 23 warga negara Sudan yang merupakan anggota keluarga atau memiliki hubungan lain dengan orang asing yang dievakuasi dan 38 warga negara Niger.

36 lainnya adalah warga negara Irlandia dan sembilan orang Amerika. Lainnya termasuk tiga orang yang terluka, duta besar Jerman dan beberapa duta besar asing lainnya.

Empat pesawat angkut militer Jerman menerbangkan lebih dari 400 orang dari Sudan ke Yordania dari mana mereka akan menuju ke negara asal mereka. Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan negaranya telah mengevakuasi warga dari 20 negara selain negaranya sendiri, dan akan berusaha untuk terus melakukannya, bahkan jika berakhirnya gencatan senjata pada Senin dapat memperumit situasi. Pemerintah Austria mengatakan 27 orang di antaranya adalah warga negara Austria.

Menteri luar negeri Kanada, Melanie Joly, mengatakan Ottawa bekerja sama dengan "negara-negara yang berpikiran sama" untuk membantu setidaknya 1.600 warga negara yang secara resmi terdaftar di Sudan melarikan diri dari negara tersebut. Kanada menangguhkan layanan konsuler di Sudan pada Minggu 23 April, mengatakan diplomat Kanada akan "sementara bekerja dari lokasi yang aman di luar negeri."

Pesawat angkut C-130 Angkatan Udara Italia mengangkut sekitar 200 orang dari bandara Khartoum pada Minggu 23 April malam dan menerbangkannya ke Djibouti. Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani mengatakan mereka termasuk 140 orang Italia, beberapa orang Swiss, orang Eropa lainnya dan personel dari kedutaan Vatikan di Khartoum.

Spanyol mengatakan telah mengevakuasi sekitar 172 orang dari ibu kota Sudan ke Djibouti sejauh ini, termasuk 34 warga negara Spanyol dan warga Argentina, Kolombia, Irlandia, Italia, Meksiko, Portugal, dan Polandia.

Swedia mengatakan 25 staf kedutaannya dan keluarga mereka termasuk di antara 388 orang yang diterbangkan pesawat Prancis ke Djibouti. Denmark mengatakan 15 warganya termasuk di antara kelompok itu.

Kementerian Luar Negeri Swiss mengatakan pasukan Prancis telah mengevakuasi 12 warga negara Swiss ke Djibouti dan Mesir.

Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto mengatakan via twit bahwa 10 warga Finlandia, termasuk anak-anak, telah dievakuasi dari Khartoum. Dia mengatakan upaya sedang dilakukan untuk mengevakuasi orang lain yang masih berada di ibu kota Sudan.

Duta Besar Norwegia untuk Sudan Endre Stiansen telah men-twit bahwa dia dan dua rekannya berada "di tempat yang aman" di luar Sudan.

Kementerian Luar Negeri Polandia mengatakan 11 warga Polandia -- termasuk duta besar untuk Sudan, staf diplomatik dan warga negara -- telah dievakuasi sebagai bagian dari upaya Prancis dan Spanyol.

Sepasang pesawat Hercules C-130 angkatan udara Belanda telah terbang dari Sudan ke Yordania pada Senin 24 April, membawa sejumlah orang Belanda dan pengungsi lainnya yang dirahasiakan. Menteri Pertahanan Kajsa Ollongren mengatakan dalam sebuah tweet bahwa lebih banyak penerbangan telah direncanakan "bekerja sama erat dengan para mitra."

Kementerian Luar Negeri Bulgaria mengatakan 21 warga negara Bulgaria telah dievakuasi melalui darat ke Mesir atau melalui udara ke Eropa.

Pemerintah Turki mengatakan sedang mengevakuasi "ratusan" warganya melalui darat ke Ethiopia, dari mana mereka dijadwalkan akan diterbangkan ke Istanbul.

Kementerian Luar Negeri Yunani mengatakan 15 warga negara Yunani dan anggota keluarga mereka telah dievakuasi ke Djibouti dengan bantuan Italia.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan delapan orang Jepang, termasuk pejabat kedutaan dan keluarga mereka, diterbangkan dari pangkalan udara di Khartoum utara oleh militer Prancis. Pasukan pertahanan Jepang telah mengevakuasi 45 orang lainnya ke Djibouti terdekat.

Pemerintah Afrika Selatan mengatakan sedikitnya 77 warga negara Afrika Selatan, termasuk staf kedutaan, sedang dalam perjalanan keluar dari ibu kota Sudan.

Kementerian Luar Negeri Kenya mengatakan 29 pelajar Kenya telah menyeberang ke Ethiopia dan sedang dalam perjalanan ke Nairobi, sementara angkatan udara memiliki pesawat angkut yang siap menerbangkan 18 pelajar yang sekarang dalam perjalanan menuju perbatasan Sudan Selatan. Dua pesawat lainnya diperkirakan akan mengangkut 300-400 warga Kenya ke Jeddah.

Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat Palestina mengatakan sekitar 72 warga Palestina telah pindah ke Port Sudan, sementara konvoi kendaraan membawa sekitar 200 warga Palestina ke Mesir.

Korea Selatan mengatakan sebuah bus yang mengangkut sedikitnya 28 warga negaranya, termasuk staf kedutaan, telah memasuki bandara internasional Port Sudan di mana sebuah pesawat militer Korea Selatan menunggu untuk menerbangkan mereka ke Jeddah, Arab Saudi.

Sekitar 343 warga negara Yordania yang dievakuasi dari Port Sudan tiba di bandara militer Amman dengan empat pesawat angkut.

Kantor berita MENA milik pemerintah Mesir mengatakan negara itu mendesak lebih dari 10.000 warga Mesir di Sudan untuk menuju ke Port Sudan dan Wadi Halfa di utara untuk evakuasi. Bus yang membawa sejumlah warga Mesir yang dirahasiakan menyeberang ke Mesir dari perbatasan Arqin pada hari Senin.

Pemerintah Austria mengatakan 27 warga negara Austria dievakuasi bersama dengan pihak Jerman.

Hungaria dan Rumania mengatakan warganya telah dievakuasi dengan bantuan asing.

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan bahwa lebih dari 1.000 warga Uni Eropa telah dievakuasi.