Ibunda Aditya Ingin Berdamai

Yety Kurniati Ibunda Aditya Hasibuan Menangis Memohon Kepada Keluarga Ken Admiral agar Kasus Penganiayaan Diselesaikan Secara Kekeluargaan

Liputan6.com 2023-04-27 18:40:13
Ibunda Aditya Hasibuan - Ibunda Ken Admiral (Foto: YouTube)

Kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan Aditya Hasibuan telah dinaikan statusnya menjadi tersangka oleh Polda Sumatera Utara (Sumut). Kini, Aditya Hasibuan telah memakai pakaian oranye setelah korban penganiayaan Ken Admiral melaporkannya.

Tak hanya sang anak yang kini berada di tahanan, tapi juga sang ayah AKBP Achiruddin Hasibuan juga dinyatakan terbukti melakukan pembiaran tindakan pidana.

"Terjadi pembiaraan pidana oleh anaknya yang bernama AH dan korban adalah Ken Admiral," ujar Dudung saat konferensi pers, Selasa (25/4/2023) malam, dilansir kanal Citizen Liputan6.com.

Melihat putranya mengenakan pakaian oranye, ibunda Aditya Hasibuan, Yety Kurniati, pun bereaksi. Dilansir kanal YouTube TvOneNews, Rabu (26/4/2023), meminta maaf kepada ibunda Ken Admiral, Elvi.

"Saya sih bermohon kepada keluarga Ken, intinya kan Ken sama Aditya berkawan, perselisihan memang pasti ada perkawanan tinggal bagaimana kita menyikapinya sebagai orangtua. Harapan saya sih mari bu buka pintu hati ibu, saya bermohon sekiranya permasalahan ini kita kekeluargaan itu mungkin yang lebih baik," ungkap Yety.


Tidak Bisa Bekerja Mendengar Aditya Hasibuan Kenakan Baju Oranye

Ibunda Aditya Hasibuan, berjanji akan menemui keluarga Ken Admiral bila memang itu bisa membuat putranya keluar dari tahanan.

"Kalau memang saya harus pergi menjumpai ibu saya bermohon kepada ibu. Saya tidak tahu lagi mau berbuat apa ada di Jakarta ini bu. Saya enggak bisa ngomong lagi bu. Pada dasarnya orangtua tidak ada yang berkeinginan seperti ini. Sampai tadi malam saya, sampai sekarang bekerja pun tidak dengar anak saya sudah memakai baju warna kuning," bebernya sambil menangis.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Ibunda Ken Admiral Sudah Berikan Maaf kepada Aditya Hasibuan

Menanggapi pernyataan ibunda Aditya Hasibuan, Elvi pun menyatakan bahwa dirinya telah memaafkan perbuatan Aditya Hasibuan. Namun perempuan itu tak bisa melupakan perbuatan Aditya kepada Ken Admiral, anaknya.

"Kalau ibu bilang untuk berdamai rasanya kan bu tak bisa terlupakan bu macam mana Aditya hantuk-hantukan kepala nak saya ke lantai bu. Macam mana dia pijak-pijakkan kepala anak saya, macam mana Aditya tendang-tendang kepala anak saya bu. Aditya bilang 'Kumatikan kau'. Untung aja bu senjata laras panjang itu enggak keluar. Jadi saya pribadi bisa merasakan sedihnya hati ibu, susahnya hati ibu, saya kan juga sama-sama orangtua bu tapi saya mohon 10 jari bu biarlah hukum ini berjalan normal. Supaya sedikit pembelajaran untuk Adit ke depan tidak boleh kita arogan seperti itu. Mohon sekali bu, biarkan proses berlanjut bu," timpal Elvi yang ikut menangis.


Aditya Harusnya yang Meminta Maaf Atas Kasus Ini

Kesedihan yang diungkapkan kedua wanita dari pihak Aditya Hasibuan dan Ken Admiral membuat haru. Namun ditegaskan oleh Reza Indragiri Amriel, Psikolog Forensik/Anggota Pusat Kajian Asesmen Pemasyarakatan bahwa kasus ini berbeda dengan kasus Mario Dandy yang melakukan penganiayaan luar biasa terhadap David, di mana salah satu pihak masih anak-anak.

"Wajar kalau kemudian orangtua angkat suara mewakili atas nama anaknya. Tetapi dalam kasus ini pemahaman saya, antara Aditya dan Ken sama-sama sudah berusia dewasa. Alhasil, semestinya Aditya sebagai individu dewasa yang justru harus lebih artikulatif menyampaikan keinginannya dia untuk damai dan seterusnya. Apakah diterima atau tidak, itu lain persoalan, tetapi sekali lagi tidak cukup orangtua yang hadir dalam kasus ini. Kenapa? Sekali lagi karena Aditya dan Ken sudah dewasa. Karena sudah dewasa pertanggungjawaban pidana tidak bisa dialihkan. Keharusan untuk bersuara, keinginan untuk berdamai, restorative justice atau apapun sebutannya idealnya keluar dari mulut Aditya," paparnya.

Drakor Terakhir Sebelum Wamil

Kim Min Jae Ungkap Drakor Dr. Romantic 3 Jadi Proyek Terakhirnya Sebelum Jalani Wajib Militer Pada Juli 2023

Liputan6.com 2023-04-27 14:00:16
Kim Min Jae dalam drakor Dr. Romantic 3 (via Soompi)

Dr. Romantic merupakan drama korea populer yang telah masuk ke musim ketiga, menceritakan tentang kisah dokter yang bekerja di rumah sakit kumuh di pedesaan.

Dibintangi oleh artis ternama seperti Han Suk Kyu, Ahn Hyo Seop, Lee Sung Kyung, Kim Min Jae, So Ju Yeon, dan banyak lagi. Mereka semua akan kembali memerankan karakter tersebut untuk Dr. Romantic 3 mendatang, bersama beberapa pemain baru lainnya.

Seperti dikutip dari Soompi, pada Rabu (26/4/2023) kemarin, telah berlangsung konferensi pers untuk drakor Dr. Romantic 3 dan dihadiri beberapa pemain, salah satunya Kim Min Jae.

Lewat konferensi ini, Kim Min Jae diketahui akan menjalani wajib militer pada bulan Juli mendatang. Hal itu tak sengaja dikatakan oleh rekannya, Han Suk Kyu, ketika bercerita mengenai pertemuannya di Dr. Romantic musim pertama.

Melihat ekspresi bingung dari Kim Min Jae, Han Suk Kyu melanjutkan, "Apakah itu sesuatu yang seharusnya tidak dikatakan?" Tapi, Kim Min Jae memberikan tatapan manis dan menjawab bahwa drakor Dr. Romantic 3, akan menjadi proyek terakhirnya sebelum menjalani wamil.

"Saya berpikir tentang bagaimana menyampaikannya (kabar wamil), tapi saya pikir itu melegakan (Han Suk Kyu) membagikannya. Saya pikir proyek yang saya mulai ketika usia 20-an ini akan menjadi proyek terakhir (di usia 20-an)," kata aktor yang kini berusia 26 tahun.


Peran Kim Min Jae

Dipastikan Kim Min Jae akan berperan kembali menjadi Park Eun Tak, seorang perawat dengan rasa tanggung jawab yang kuat dan keyakinan kuat pada keadilan.

Selain itu, ia akan kembali memupuk chemistry dengan Yoo Ah Reum, diperankan oleh So Ju Yeon, yang sempat mencuri perhatian penonton pada musim 2.


Teaser

Dalam cuplikan terbaru drakor Dr. Romantic 3, menampilkan suasana tegang dari para dokter dan tim Rumah Dakit Doldam, mereka mempertaruhkan segalanya untuk menyelamatkan nyawa manusia.

Terlepas dari segala kesulitan yang ada, para dokter dan tim tersebut berusaha untuk tetap kuat dan memberikan usaha terbaik mereka, seraya mengatakan, "Orang-orang ini akan mati saat kita menyerah," "Kita harus berhasil agar pasien ini hidup!" dan "Tidak peduli seberapa banyak kalian bimbang, kita harus tetap kokoh."

Drakor Dr. Romantic 3 akan tayang perdana pada Jumat, 28 April mendatang, jam 10 malam (waktu Korea Selatan).


Antusias Penggemar

Para penggemar tak sabar menonton drakor Dr. Romantic musim ketiga, mereka ramai menggunakan tagar #DrRomantic3 sambil menuliskan perasaannya yang menantikan drakor satu ini. "#DrRomantic3 rilis trailer PALING INTENSE nya, THE MEDICAL KDRAMA IS REALLY BACK," cuit @kdramadaisy.

"1 hari tersisa dan ini #DrRomantic3!!! sampai ketemu besok reset couple + kim sabu & doldam fam!! ," tulis @ingukkies.

"Tidak sabar untuk melihat mereka Doldam family #DrRomantic3," tambah lainnya.

"Bisa ga si nanti tayang langsung jedeerrr full episode," kata @oktanotfound yang tak sabar menunggu seluruh episode dari drakor tersebut.

AG Dianggap Terbukti Bantu Aniaya David

Tolak Banding, Pengadilan Tinggi DKI Sebut AG Terbukti Salah Bantu Mario Dandy Aniaya David Ozora

Liputan6.com 2023-04-27 13:45:41
Hakim tunggal Budi Hapsari saat membacakan putusan di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. (Rahmat Baihaqi/Merdeka.com)

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menolak nota banding yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan kuasa hukum AG pacar Mario Dandy atas perkara penganiayaan terhadap Cristalino David Ozora (17).

"Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," ujar hakim tunggal Budi Hapsari dalam amar putusannya, di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Hapsari menyebut AG terbukti bersalah dengan membantu Mario Dandy (20) memuluskan rencana penganiayaan terhadap David.

"Bahwa saksi Mario masih dendam kepada korban, namun anak AG memberi jalan bagaimana saksi Mario bisa bertemu David dengan alasan kalau kartu pelajar ada di David dan menyerahkan kartu itu menjadi sarana untuk bertemu dengan anak korban dan saksi Mario sehingga dapat melampiaskan amarahnya," jelas Hapsari.

Sebelumnya, Hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 3 tahun 6 bulan penjara pada AG (15), kekasih Mario Dandy. Putusan ini terkait penganiayaan Cristalino David Ozora (17).

Setelah diberikan waktu untuk berpikir, jaksa memutuskan mengajukan banding.

"Banding. Kita ajukan banding per hari ini sudah dimasukan banding," kata Kasi Intel Kejari Jakarta Selatan, Reza saat dihubungi, Senin (17/4).

Dia enggan menjelaskan secara rinci proses banding yang dilakukan jaksa.

"Intinya, hari ini penuntut umum menyatakan banding. Saya ada acara dulu," ucapnya singkat.


Layangkan Banding

Tak hanya JPU yang mengajukan banding, kuasa hukum AG juga melayangkan banding atas vonis hakim terhadap kliennya.

"Hari ini Senin, 17 April 2023 Penasihat Hukum terdakwa anak AG telah resmi mengajukan upaya hukum banding terhadap putusan PN Jkt Selatan," ujar Humas PN Jakarta Selatan, Djuyamto.

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sembuh dari Penyakit Langka

Pulih Dari Penyakit Langka, Celine Dion Rilis Album Baru dan Main Film

Liputan6.com 2023-04-27 13:29:21
Celine Dion dalam video lirik 'Love Again'. (Dok. YouTube/Celine Dion)

Lama tidak aktif akibat masalah kesehatan, Celine Dion melakukan gebrakan baru. Penyanyi asal Kanada itu akan merilis album baru sekaligus melakukan debut aktingnya di layar lebar.

Celine Dion akan memulai debut layar lebar dalam film berjudul Love Again, bersama Priyanka Chopra Jonas dan Sam Heughan. Dalam film tersebut, Celine akan memerankan dirinya sendiri sekaligus mengisi soundtrack, dengan judul yang sama.

Film Love Again akan tayang di bioskop pada 5 Mei 2023 mendatang. Informasi itu disampaikan sendiri oleh Celine melalui akun Twitternya.

"Pada tanggal 5 Mei, film ini tayang di bioskop dan pada 12 Mei, album lengkap yang menampilkan 5 lagu baru Celine akan tersedia. Pre order album sekarang!" tulis penyanyi kelahiran 55 tahun lalu itu.

Dikutip dari Rolling Stone, Celine mengaku sangat senang bisa terlibat dalam film Love Again. Menurutnya bisa menyanyikan soundtrack film dan berakting bersama Priyanka Chopra Jonas dan Sam Heughan merupakan hak dan hadiah istimewa yang dia dapatkan.

"Saya pikir ini adalah cerita yang menyenangkan, dan saya berharap orang-orang akan menyukainya, dan juga menyukai lagu-lagu barunya," kata Celine.


Perjuangan Celine Dion

Perilisan album baru dan debutnya di layar lebar menandai Celine Dion telah kembali ke panggung musik. Sebelumnya, Celine harus cuti dari kegiatannya setelah didiagnosa menderita stiff-person syndrome, sebuah kelainan gerakan autoimun yang langka.

Celine bahkan terpaksa membatalkan beberapa jadwal turnya pada tahun 2022 lalu. Lewat sebuah video, Celine mengumumkan pembatalan sisa turnya, dan mengungkapkan bahwa stiff-person syndrome telah melemahkannya hingga dirinya tidak bisa tampil.

Celine juga mengatakan, penyakitnya telah memengaruhi kehidupannya sehari-hari. Dia kerap mengalami kejang bahkan kesulitan berjalan dan menyanyi seperti dulu.

"Baru-baru ini, Saya telah didiagnosis dengan kelainan neurologis yang sangat langka yang disebut sindrom orang kaku, yang memengaruhi sekitar satu dari sejuta orang," kata Celine Dion dalam unggahan Instagram-nya pada Desember 2022, seperti dikutip dari PEOPLE.

"Sementara kami masih mempelajari tentang kondisi langka ini, kami sekarang tahu bahwa inilah yang menyebabkan semua kejang yang saya alami," lanjutnya.

Kini Celine Dion telah kembali pulih. Seluruh kekuatannya dia dapatkan berkat dukungan dari anak-anaknya serta tim dokter yang selalu membantunya.

Sosok Selingkuhan Pangeran William?

Rose Hanbury, Wanita yang Digosipkan Jadi Selingkuhan Pangeran William Dikabarkan akan Hadir di Penobatan Raja Charles III

Liputan6.com 2023-04-27 13:00:47
Kate Middleton dan Rose Hanbury (sumber: instagram/celebbelle)

Rose Hanbury dikabarkan akan hadir di acara penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023. Belum lama ini, Rose pernah digosipkan menjadi selingkuhan suami Kate Middleton, Pangeran William.

Kabar Rose Hanbury hadir di acara penobatan raja Charles III tentu memantik perhatian publik. Bagaimana reaksi dan cara Kate dan William menangani situasi ini.

Terlepas dari isu miringnya dengan Pangeran William, ada alasan yang penting mengapa para bangsawan mengundang Rose ke upacara tersebut. Rose akan hadir karena suaminya, David Cholmondeley, adalah Marquess of Cholmondeley ke-7.

Dikutip dari situs cheatsheet, Kamis (27/4/2023) David juga merupakan Lord-in-waiting saat ini, sebuah gelar yang memiliki tingkat kepentingan dalam jajaran keluarga kerajaan.


Peran AnakRose Hanbury dalam Penobatan

Meskipun Rose kemungkinan besar tidak akan berperan dalam penobatan, namun putranya yang bernama Oliver, telah diberi tugas sebagai pengiring raja. Oliver menjadi salah satu di antara beberapa orang yang akan memegang jubah Raja Charles III selama upacara.

Mengingat ikatan keluarganya dengan bangsawan, tidak heran Rose akan menghadiri penobatan. Tapi sejarah skandalnya dengan William bisa membuat situasi dengan Kate Middleton menjadi canggung.


Rose adalah TemanWilliam dan Kate

Rose dan suaminya tinggal hanya beberapa mil jauhnya dari tempat tinggal William dan Kate, Anmer Hall. Kedua keluarga itu dekat sebelum ada rumor tentang Rose dan William.

Hingga saat ini, kabar tentang perselingkuhan William sendiri tidak pernah terbukti kebenarannya. Salah seorang narasumber mengatakan kepada The Daily Beast bahwa Kate tetap berhubungan baik dengan Rose.


Rumor Perselingkuhan Dibantah

Orang dalam itu juga meyakinkan para penggemar bahwa rumor tentang William dan Rose tidak benar. "Tidak pernah ada permusuhan antara Kate dan Rose. Rumor itu semua omong kosong," kata sumber tersebut.

Kata Pele Artinya Terbaik

Pele Jadi Kata Sifat Baru dalam Kamus Brasil, Sinonim dari Terbaik

Liputan6.com 2023-04-27 10:35:22
Legenda sepak bola Brasil Pele menyapa penonton menjelang pertandingan sepak bola Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, 16 Januari 2005. Kabar duka meninggalnya sang legenda disa

Kamus Brasil menambahkan "Pele" sebagai kata sifat untuk digunakan saat mendeskripsikan seseorang yang "luar biasa, tak tertandingi, unik".

Pengumuman oleh penerbit salah salah satu kamus paling populer di Brasil, Michaelis, pada Rabu (27/4/2023) adalah bagian dari kampanye yang mengumpulkan lebih dari 125.000 tanda tangan untuk menghormati pengaruh mendiang legenda sepak bola itu di luar dunia olahraga.

Pele yang berhasil membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia tiga kali meninggal pada 29 Desember 2022 di usia 82 tahun setelah berjuang melawan kanker usus besar.

Entri kamus berbunyi, "Orang yang luar biasa atau yang karena kualitas, nilai, atau keunggulannya tidak dapat ditandingi oleh apapun atau siapapun, seperti Pele; julukan Edson Arantes do Nascimento (1940-2022), dianggap sebagai atlet terbaik sepanjang masa; luar biasa, tak tertandingi, unik. Contoh: Dia adalah Pele dari bola basket, dia adalah Pele dari tenis, dia adalah Pele dari teater Brasil, dia adalah Pele dari kedokteran."

Yayasan Pele dan banyak orang Brasil merayakan keputusan Michaelis.

"Ungkapan yang digunakan untuk merujuk pada terbaik dalam sesuatu hal sudah diabadikan di halaman kamus," sebut Yayasan Pele seperti dilansir AP, Kamis (27/4). "Kita membuat sejarah bersama dan memasukkan nama Raja Sepak Bola ke dalam bahasa Portugis. Pele artinya 'TERBAIK'."

Resmi Menikah di Yogyakarta

Tri Suaka dan Nabila Maharani Resmi jadi Suami Istri, Menikah Hari Ini di Yogyakarta

Liputan6.com 2023-04-27 11:48:15
Tri Suaka dan Nabila Maharani (Instagram/ @rh_ifaddh)

Kabar bahagia datang dari Tri Suaka dan Nabila Maharani. Hari ini, Kamis (27/4/2023) mereka melangsungkan akad nikah di salah satu pantai di Yogyakarta.

Momen pernikahan itu dibagikan akun @rh_ifaddh di laman Instagramnya. Mengusung adat Jawa, kedua mempelai serasi mengenakan busana pengantin bernuansa putih.

Akun tersebut juga membagikan momen sakral, saat Tri Suaka mengucapkan ijab di hadapan ayah Nabila Maharani. Uang tunai sebesar Rp270.420 dan logam mulia seberat 23 gram, dipersembahkan Tri Suaka sebagai maskawin pernikahannya.

"Saya nikahkan Nabila Maharani, anak perempuan saya, nikah untuk ananda sendiri, dengan maskawin seperangkat alat salat, uang tunai Rp270.420 dan logam mulia seberat 23 gram dibayar tunai," ucap ayah Nabila Maharani.


Tri Suaka Mengucap Ijab Kabul

Hanya dengan sekali tarikan napas, Tri Suaka dengan lantang melafalkan kalimat ijab di depan ayah Nabila Maharani.

"Saya terima nikahnya Nabila Maharani Widya Dewi, nikah untuk saya sendiri dengan maskawin tersebut dibayar tunai," ujar Tri Suaka.


Pernikahan Sah

Seketika senyum Tri Suaka mengembang mendengar perwakilan KUA dan para saksi menyatakan prosesi ijab kabul dinyatakan sah. Bahkan, Tri Suaka sempat mengacungkan jempol ke arah tamu yang hadir, seolah menjadi tanda dirinya sukses melewati momen sakral ini.

Usai prosesi ijab kabul, Tri Suaka dan Nabila berfoto memamerkan buku nikah mereka, sebagai tanda kini telah resmi menjadi suami istri.


Ucapan Selamat

Beragam reaksi warganet pun berdatangan mengiringi video pernikahan Tri Suaka dan Nabila Maharani yang diunggah akun tersebut. Salah satunya dari akun @teithaa_ yang turut bahagia atas pernikahan Tri Suaka dan Nabila.

"Alhamdulillaah.. Maa Syaa Allah... Selamat Abang kak nabila ," tulis akun tersebut. (Reporter: M. Altaf Jauhar)

Ubur-ubur Mematikan Bermata 24

Temuan Aneh, Ada Ubur-ubur Hidup dengan 24 Buah Mata dan Punya Bisa Mematikan

Liputan6.com 2023-04-26 21:00:00
Seperti ubur-ubur kotak lainnya, spesies yang baru ditemukan ini memiliki 24 mata. (YouTube/Hong Kong Baptist University (hongkongbaptistu))

Spesies baru telah ditemukan, peneliti menamainya Tripedalia maipoensis.

Nama itu dibuat berdasarkan tempat dimana makhluk tersebut ditemukan yaitu di Cagar Alam Mai Po, Hong Kong.

Melansir Live Science, Rabu (26/4/2023), para ilmuwan di Hong Kong menemukan ubur-ubur kotak kecil berbentuk kubus di tambak udang payau.

Makhluk itu sama sekali belum pernah diteliti atau ditemukan sebelumnya, belum tersentuh oleh para peneliti.

Ubur-ubur berukuran kecil itu memiliki tubuh yang benar-benar transparan dan tidak berwarna.

12 tentakel yang di ujungnya terdapat sebuah struktur kecil seperti dayung, terhubung pada tubuh makhluk itu.

Dengan struktur tentakel tersebut, ubur-ubur ini dapat melaju lebih cepat di air dibandingkan dengan kebanyakan spesies ubur-ubur lainnya.

Seperti ubur-ubur berbentuk kotak lainnya, salah satunya ubur-ubur kotak Australia (Chironex fleckeri) yang disebut hewan laut paling berbisa di dunia, ubur-ubur yang baru dideskripsikan ini memiliki 24 mata yang tersusun dalam enam kelompok di sekitar bagian tubuhnya yang menyerupai lonceng dan berbentuk kubik.

"Ubur-ubur kotak ini menghubungkan pangkal tentakel dan loncengnya," kata Qiu Jianwen, profesor di Departemen Biologi di Universitas Baptis Hong Kong yang memimpin penelitian tersebut.

"Membuatnya berbeda dari ubur-ubur biasa lainnya," tambahnya.

Ia juga mengatakan dalam sebuah video bahwa, "Ciri lain dari ubur-ubur kotak adalah memiliki enam mata yang terletak di setiap sisi tubuhnya."


Belum Diketahui Seberapa Berbahayanya

Penamaan ubur-ubur aneh itu disesuaikan dengan nama tempat ditemukannya, yaitu di Cagar Alam Mai Po, Hong Kong.

T. maipoensis adalah ubur-ubur kotak pertama yang ditemukan di perairan China.

Tidak jelas apakah hewan sepanjang setengah inci atau sekitar 1,5 cm itu dapat menyengat manusia atau tidak.

Namun, ubur-ubur ini mungkin cukup berbisa untuk membuat sebuah udang kecil pingsan.

"Kami tidak menyentuh binatang itu untuk merasakan sengatannya," kata Qiu.

Ubur-ubur itu jumlahnya banyak, kata Qiu kepada Live Science, "Berjumlah hingga 400 individu di area kolam."

Saluran pasang surut dari kolam payau berarti bahwa spesies tersebut juga dapat ditemukan di perairan yang berdekatan di muara Sungai Pearl, tetapi belum dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi hal ini.

Spesies yang baru ditemukan oleh para peneliti ini adalah anggota ketiga yang berhasil ditemui dari kelompok ubur-ubur kotak.


Memiliki Struktur yang Unik

Ubur-ubur kotak, yang juga dikenal sebagai tawon laut itu, bergerak dengan membiarkan air masuk ke kanal yang mengalir di sepanjang selaput otot di bagian bawah tubuh mereka dan kemudian mengeluarkannya.

Para peneliti menemukan bahwa, tidak seperti spesies yang berkerabat dekat, T. maipoensis memiliki kanal yang terpisah menjadi beberapa cabang.

Spesies-spesies dari kelompok ubur-ubur kotak dikenali dengan bentuk tentakel khas mereka yang ujungnya memiliki struktur datar seperti dayung, disebut Tripedalia.

Para ilmuwan juga mencatat bahwa mata pada makhluk itu ada yang untuk melihat dan ada yang hanya untuk merasakan cahaya.

Spesies ini diperkirakan memakan krustasea kecil yang disebut copepoda.

"Kami sangat senang dengan penemuan ini," kata Qiu.

"Menemukan spesies baru di Mai Po, di mana penelitian ekstensif telah dilakukan, menyoroti potensi penemuan lebih banyak kehidupan laut di Hong Kong dan bahkan perairan pesisir China," tambahnya.


Pria di Australia Meninggal Dunia Akibat Sengatan Ubur-Ubur Kotak

Banyak yang mengenali ubur-ubur kotak dengan sengatannya yang beracun. Seorang pria Australia diketahui menjadi korban dari makhluk mematikan tersebut.

Seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun meninggal seminggu setelah disengat ubur-ubur kotak di pantai Queensland, Australia.

Diketahui remaja itu sedang berenang di Patterson Point, dekat Bamaga, pada 22 Februari ketika dia disengat hewan itu. Media lokal juga melaporkan bahwa ini adalah kematian pertama dari sengatan ubur-ubur kotak dalam 15 tahun terakhir.

Kepolisian Queensland mengkonfirmasi kepada CNN pada Kamis (4/3) bahwa mereka sedang mempersiapkan laporan untuk petugas koroner setelah kematian mendadak remaja tersebut, dari Bamaga.

Seorang juru bicara dari Royal Flying Doctor Service, layanan medis udara di Australia, mengatakan kepada CNN dalam sebuah pernyataan bahwa kru sempat menstabilkan remaja tersebut di Bamaga sebelum memindahkannya ke Rumah Sakit Townsville pada 22 Februari.

Baca selengkapnya di sini...

Putri Kim Jong Un Bikin Kesal

PPP Pecah Kongsi dengan KIB?

HEADLINE: PPP Turut Deklarasi Ganjar Capres 2024, Pecah Kongsi dengan KIB?

Liputan6.com 2023-04-28 00:03:33
Pertemuan Ketua Umum Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), di Restoran Bunga Rampai, Jakarta Pusat, Rabu, 30 November 2022. (Istimewa)

PDI Perjuangan (PDIP) sukses membuat element of suprise dunia perpolitikan dengan mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024 jelang lebaran pada 21 April 2023 di Istana Batu Tulis Bogor, Jawa Barat.

Petinggi PDIP, termasuk Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto merasa yakin setelah sang Ketua Umumnya Megawati Soekarnoputri mengumumkan capres, maka partai lain segera bergerak. Dia pun memberi istilah "bandul politik yang bergerak".

Benar saja, sebut saja Partai Hanura kemudian disusul dengan Partai Buruh yang menyebut hanya berkoalisi dengan capresnya, dan yang terakhir secara resmi adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dua partai awal jika sesuai aturannya, tak masuk hitungan karena tak mempunyai kursi, berbeda dengan PPP yang punya suara dan sudah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di mana kedua partai tersebut belum bersikap. Hal ini jelas mempengaruhi kontelasi politik, dan banyak yang bertanya akan nasib koalisi yang seumur jagung tersebut.

Jelang sehari pengumuman PPP, para ketua umum parpol yang tergabung KIB berkumpul malam hari di kediaman Airlangga Hartarto. Di depan awak media, Ketum Golkar itu pun mengakui membahas apa yang telah menjadi keputusan PPP di dalam Rapimnas mereka.

"Silaturahmi malam hari ini tentu kami mendapatkan penjelasan dari ketua umum PPP terkait dengan hasil Rapimnas dan tentunya kami mengapresiasi mekanisme yang ada di Partai Persatuan Pembangunan, dan masing-masing partai walaupun kita ini semua koalisi KIB, pada malam hari ini terlihat kita solid, guyub dan rukun," kata Airlangga, di Jakarta, Kamis (27/4/2023) malam.

"Dan seperti mekanisme yang dipahami, bahwa KIB tidak akan mencampuri urusan internal partai masing-masing, dan itu clear," tegasnya.

Airlangga menegaskan, pertemuan ini adalah cerminan bagaimana hubungan parpol satu dengan lainnya di KIB sudah layaknya keluarga. Sehingga, setiap ada sebuah keputusan dibicarakan bersama-sama.

Untuk nasib KIB, Menko Perekonomian ini tak menyebutkan spesifik bubar atau tidak. Namun, akan ada pembicaraan lanjutan.

"Nah tentu untuk kedepannya, KIB masih melihat, masih diperlukan pembicaraan-pembicaraan lanjutan," jelas Airlangga.

Menurut dia, bahwa komunikasi ini akan terus dilakukan mencari jalan yang terbaik. Karena saat ini masih terbuka segala opsi, terlebih jadwal pemilu yang menurutnya masih lama dilakukan.

"Dengan demikian, situasi masih semuanya masih terbuka, opsi masih terbuka. Kita juga tadi mengetahui bahwa jadwal untuk pemilu ini masih 6 bulan ke depan jadwal resminya. Sehingga sambil menanti jadwal resmi, komunikasi masih terus berjalan secara baik, demikian pula dengan ketum-ketum partai yang di luar KIB," kata Airlangga.

"Karena tujuan KIB tentu akan membangun Indonesia yang lebih kuat, yang mandiri dan juga membangun persatuan diantara kita dan ini adalah kesempatan untuk melalukan pembangunan jangka panjang 2025-2045," pungkasnya.

Senada, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, seusai pertemuan ini, maka setiap parpol KIB akan mengambil keputusan sesuai mekanisme masing-masing partai.

"Tentu nanti pada saatnya ada Partai Amanat Nasional juga akan mengusung sesuatu ada mekanismenya, begitu juga partai Golkar," kata pria yang akrab disapa Zulhas ini.

Nantinya, partai ini akan menyampaikan hasil dari rapat internal mereka.

"Masing-masing partai itu mungkin bisa sama, bisa tidak. Baru kita berembuk apakah bisa ada kesepakatan, apakah tidak pada akhirnya nanti masih panjang perjalannya ini KIB," kata Zulhas.

Dalam pertemuan ini juga membahas agar partai-partai koalisi pemerintah bisa berkumpul bersama, dengan tuan rumahnya adalah Presiden Jokowi. Meskipun, tak menjelaskan apa ikhwal politiknya.

"Kita berharap nanti koalisi pemerintah ini tentu diundang oleh tuan rumahnya, kita minta bapak presiden, tentu ya bicara mengenai bagaimana melanjutkan pembangunan yang sudah bagus, tentu kalau yang belum bagaimana nanti memperbaikinya. kira-kira itu," tegas Zulhas.

"Jadi KIB solid, harmonis, kuat dan tentu akan melanjutkan perbincangan-perpincangan," sambungnya.

Sementara, Plt Ketum PPP Mardiono membenarkan masalah ini membahas soal dukungan dan sikap partainya terhadap Ganjar Pranowo.

Meski demikian, menurut dia, itu bagian dari mekanisme yang ada di PPP dan semua pihak minta menghormatinya. Mardiono menegaskan, dalam beberapa hari ke depan akan bertemu dengan Megawati, mengingat Ganjar merupakan kader PDIP.

"Pak Ganjar Pranowo juga memiliki induk kader partai, yaitu di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, PDIP, maka saya juga harus menyampaikan ini kepada Ibu Ketua Umum, Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Mardiono.

Dia pun menepis, jika ada anggapan KIB ini telah bubar setelah PPP mengumumkan dukungan ke Ganjar Pranowo.

"Kalau ada orang mengatakan ini KIB bubar? Enggak, enggak, enggak bubar. Manakala nanti pilihannya sama, itu nanti jadi koalisi plus potensi plus," jelas Mardiono.


Langkah PAN Sudah Ketebak, Menanti Arah Partai Golkar

Pengamat politik Adi Prayitno memandang, itu semua berada di putusan partai, tapi jika membaca langkah bahwa PAN juga sangat tertarik untuk mendukung Ganjar Pranowo.

"Variabelnya jelas, begitu banyak misalnya pengurus PAN di berbagai wilayah yang beberapa waktu lalu mendukung Ganjar Pranowo. Bahkan, ketika rakornas PAN yang dilaksankan di Semarang beberapa waktu yang lalu juga menyebut Ganjar Pranowo sebagai kandidat Capres yang coba dipasang-pasangkan dengan Erik Thohir," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (27/4/2023).

"Jadi bagi saya, PAN ini tinggal menunggu waktu mendeklarasikan diri mendukung Ganjar Pranowo sebagai kandidat capres. Kecuali, PAN memang di the end of the day-nya mau mengubah bahwa dalam Rakornas di Semarang kemarin memberikan kode keras dukungan ke Ganjar dibatalkan. Tapi rasa-rasanya sampai saat ini PAN juga menunjukan ketertarikannya untuk bisa menjadi bagian dari pendukung Ganjar Pranowo," sambungnya.

Adi memandang, hal ini berbeda dengan Golkar karena mematok harga mati untuk ketua umumnya Airlangga Hartarto maju sebagai kandidat capres.

"Jadi wajar hingga saat ini,Golkar tidak buru-buru merespons dan memberikan pernyataan sikap bergabung atau tidak dengan PDIP mendukung Ganjar. Golkar itu sampai saat ini kelihatan terus berusaha ingin memaksimalkan supaya Airlangga Hartato bisa mendapatkan tiket pencapresan, minimal sebagai cawapres," jelas dia.

Selain itu, Golkar termasuk papan atas, jadi wajar kalau mereka itu tidak buru-buru mengusung salah satu kandidat capres tertentu tanpa ada konsesi politik bahwa Airlangga akan dijadikan pasangan. "Dan itu yang sedang dicari Golkar sampai saat ini," kata Adi.

Adi menilai, secara normatif KIB sebenarnya tidak menyatakan diri bubar, mereka tetap menyatakan sebagai bagian dari satu bangunan koalisi. Tapi secara substansi, secara prinsip KIB bubar karena sudah kurang satu partai dan itu artinya sudah tidak seusai ambang batas presiden 20 persen.

"Jadi kalau cuma PAN dan Golkar itu enggak cukup kursinya untuk menembus ambang batas presiden 20 persen. Jadi secara prinsip, secata praktis wassalam, sudah bubar jalan meski belum resmi menyatakan koalisi bubar. Tapi dalam prakteknya, ya KIB itu sudah tidak bisa mengusung capres sendiri," jelas dia.

Maka, kata Adi, satu-satunya cara ialah apakah partai yang pernah ada dalam KIB itu reunian gabung dalam suatu poros politik yang sama atau menjadi poros politik masing-masing.

"Itu saja sebenarnya. Apa yang bisa diharapkan dari KIB? PPP sudah tidak ada. Mengusung capres sendiri juga sudah tidak cukup.Kalau melihat kecenderungannya PAN dan Golkar lah yang tersisa kan, kalaupun tidak mau dengan Ganjar pastinya tidak jauh-jauh gabung dengan Prabowo Subianto kalau Prabowo terus maju 2024," ungkap dia.

Namun, dia kembali memprediksi, PAN dan Golkar juga tertarik berkoalisi dengan PDIP.

"Tinggal bagaimana konsesi politik yang ditawarkan dan diterima oleh masing-masing pihak, itu aja. Golkar tentu tertarik dengan PDIP berkoalisi, apalagi misalnya ada kemungkinan Airlangga bisa berdampingan dengan Ganjar," kata Adi.

"Begitu pun dengan PAN yang sangat kelihatan sejak awal iman politiknya cenderung ke Ganjar bukan ke yang lainnya. Yang jelas PAN dan Golkar itu rasa-rasanya agak sulit bergabung dengan Koalisi Perubahan. Mereka itu sejak awal tidak menunjukan rasa sukanya, treatment-nya kan ke Anies, kira-kira begitu," pungkasnya.

Hal senada diungkapkan oleh pengamat politik Ujang Komaruddin, dia merasa yakin PAN akan ke Ganjar Pranowo. Tinggal Golkar yang bisa saja juga bergabung atau justru malah bersama Gerindra dan PKB.

"Jadi ada dua kemungkinan. Pertama all out, semuanya mendukung Ganjar. Tapi khusus untuk Golkar ada dua skenario, yang pertama dukung Ganjar dengan PPP bersama PAN, lalu skema kedua yaitu Golkar mendukung Prabowo," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (27/4/2023).

Dia pun melihat KIB bisa bubar atau tidak tergantung dari skema yang di mana diambil oleh partai tersebut. KIB sama-sama mendukung Ganjar atau salah satu atau dua berpisah mendukung calon yang lain.

"Jadi itu kemungkinannya. Enggak ada yang lain dan sudah kelihatan. Sudah semakin terbaca bahkan sejak tahun lalu bahwa KIB ini sekocinya Ganjar," jelas Ujang.

Selain itu, dia memandang agak susah KIB untuk menolak mendukung Ganjar, mengingat sudah ada restu dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. "KIB itu kan barangnya Jokowi. Golkar, PAN, dan PPP ada di dalam kekuasaan Jokowi. Jadi maju mundur sikap KIB itu ya karena Jokowi, sudah rahasia umum," pungkasnya.


Relawan Yakin Ada Koalisi Besar Dukung Ganjar Pranowo

Penasihat Relawan Sahabat Ganjar, Fahlesa Munabari menyambut baik dukungan PPP. Bahkan, dia memprediksi Golkar dan PAN akan segera menyusul.

"Kenapa tidak mungkin (Golkar dan PAN bergabung)? Dinamika pola koalisi politik di Indonesia bersifat cair, fleksibel, dan tergantung perubahan politik di lapangan. Tradisi pola koalisi parpol di Indonesia dalam menghadapi pemilu presiden memang cenderung pragmatis," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (27/4/2023).

Fahlesa pun yakin, akan banyak parpol mendukung Ganjar, termasuk yang berada di KIB.

"Saya yakin, sejumlah dukungan resmi lainnya kepada Pak Ganjar akan segera ditunjukkan oleh sejumlah parpol lain, termasuk yang saat ini di KIB," jelas dia.

Karena itu, mekanisme keputusan dukungan dari parpol-parpol berikutnya tentu saja dikembalikan kepada pimpinan parpol lain.

"Kami di Sahabat Ganjar fokus untuk menjalankan program-program sosialisasi pak Ganjar yang menarik dan simpatik agar makin banyak masyarakat dari berbagai latar belakang yang mendukung pencapresan Pak Ganjar di 2024," ungkap Fahlesa.