Di Bawah Bayang-Bayang Putri Diana

Ratu Camilla Dinilai Bangun Image Bertahun-tahun, tapi Tak Bisa Lepas dari Bayang-Bayang Putri Diana

Liputan6.com 2023-04-28 17:30:45
Ratu Camilla. (Phil Noble/Pool Photo via AP)

Beberapa hari jelang penobatan, segala seluk beluk mengenai Ratu Camilla kembali mendapat sorotan publik. Salah satunya, dihubungkan dengan masa lalunya yang kontroversial dengan sang suami, Raja Charles III.

Seperti diketahui, ia adalah orang ketiga dalam pernikahan Raja Charles dengan Putri Diana. Bahkan dalam wawancara kontroversial dengan BBC1 Panorama pada 1995 silam, ibunda Pangeran William dan Harry mengungkapkan hal ini secara blak-blakan.

"Well,there were three of us in this marriage, so it was a bit crowded (Ada tiga orang dalam pernikahan ini. Terasa lumayan sesak)," ujar Putri Diana kala itu. Kalimat ini menjadi salah satu pernyataannya yang paling ikonis dalam wawancara tersebut.

Tak heran, selama bertahun-tahun Ratu Camilla menjadi bulan-bulanan tabloid Inggris. Menurut pandangan pengamat, wanita 75 tahun ini memilih diam dan mengerjakan tanggung jawabnya.

Ia terlibat dalam sejumlah upaya amal dan memberikan dukungan terhadap sejumlah isu, termasuk melawan KDRT dan kekerasan seksual.

"Tanpa berusaha terlalu keras, ia hanya memberi waktu dan melakukannya dengan tentang, dan dia menunjukkan dia bukan wanita jahat. Dia hanya melakukan pekerjaannya," kata Ingrid Seward, pemimpin redaksi majalah Majesty, dilansir dari Associated Press, pada Jumat (28/4/2023).

Ia menambahkan, "Tapi hal terpenting tentang Camilla adalah, ia tampil untuk mendukung dan menyokong suaminya."


Camilla Tak Bisa Hapus Image Wanita Ketiga?

Meski begitu, pengamat lain meyakini image sebagai orang ketiga ini tak pernah benar-benar bisa lepas dari Camilla.

"Aku bisa berargumen bahwa ia masihlah sang wanita lain, dan mungkin ia bakal selalu menjadi sang wanita lain," kara Arianne Chernock, profesor di Boston University yang fokus pada sejarah Inggris modern.


Bayang-Bayang Putri Diana

Arianne menambahkan bahwa bayang-bayang Putri Diana akan terus menghantui Camilla---termasuk pada saat penobatan yang akan dilangsungkan pada 6 Mei mendatang.

"Diana akan menjadi sosok yang begitu hadir di Westminster Abbey pada 6 Mei. Kurasa sulit untuk tidak melihatnya, ketika kamu memandang Charles dan Camilla," ia menambahkan.

Bayang-bayang Putri Diana, kata Arianne, akan tetap menghantui Camilla, meski ia sudah dinobatkan sebagai Ratu Inggris nantinya.


Kisah Asmara Ratu Camilla - Raja Charles III

Ratu Camilla yang lahir dengan nama Camilla Rosemary Shand, datang dari keluarga yang dalam tradisinya memiliki kedekatan dengan keluarga Kerajaan Inggris. Ia disebut-sebut bertemu dengan Charles pada 1970 dalam sebuah pertandingan polo, dan langsung menjadi dekat. Namun kedekatan keduanya terpaksa berhenti karena Charles kala itu harus berangkat menunaikan tugas militer.

Saat berpisah inilah, Camilla menikah dengan pacarnya yang sudah lama menjalin hubungan dengannya, Andrew Parker-Bowles, pada 1973. Sementara itu Charles dan Putri Diana menikah tahun 1981.

Pada awal tahun 1990-an, Putri Diana mengejutkan publik dengan blak-blakan soal hubungan terlarang Charles -- Camilla.

Mahkota Bersejarah Raja Charles III

Detail Mahkota dan Artefak Bersejarah yang Bakal Dipakai Raja Charles III Saat Penobatan, Penerus Takhta Ratu Elizabeth II

Liputan6.com 2023-04-27 20:02:47
Raja Charles III dan Permaisuri Camilla berdiri bersama sebelum jamuan kenegaraan di Istana Bellevue di Berlin, Rabu (29/3/2023). Raja Charles III memulai perjalanan luar negeri pertamanya de

Penobatan Raja Charles III bakal diselenggarakan pada Sabtu, 6 Mei 2023, yang akan menggunakan beberapa regalia paling signifikan dalam sejarah kerajaan. Mahkota St. Edward, sendok pengurapan khusus, dan pedang seremonial adalah beberapa benda berharga yang mengiringi sejarah monarki Inggris yang panjang, dan tradisi yang mendukungnya yang juga akan dikenakan oleh Raja Charles III yang merupakan penerus Ratu Elizabeth II.

Dikutip dari People, Kamis (27/4/2023), Charles Farris, sejarawan publik di Historic Royal Palaces dan kurator pameran Menara London yang akan datang yang dihiasi dengan beberapa permata luar biasa secara eksklusif memberi tahu People bahwa beberapa simbol dapat ditelusuri kembali ke penobatan Raja Edgar pada 973, yang pertama dicatat secara mendetail.

Dengan "pengurapan, penobatan, pemberkatan dan prosesi," kata Farris, "dengan cara itu penobatan sebagian besar tetap tidak berubah beradaptasi." Saat ini, beberapa permata berasal dari pemerintahan yang berbeda dan mencerminkan "tradisi dan sejarah" dengan hiasan mereka di mahkota saat ini dan regalia lainnya, kata Farris.

"Ada urutan budaya dan sejarah penting yang melewati semua permata ini, dan itu adalah bagian dari makna sejarah budaya berkelanjutan dari koleksi tersebut," kata kurator kepada People. Berikut beberapa regalia yang akan digunakan di penobatan Raja Charles III:

Dengan berat hampir 5 pon (2,2 kg), mahkota megah ini dibuat pada 1661 dari bingkai emas padat, ditata dengan batu semi mulia dari turmalin, topaz, rubi, safir, zirkon, dan aquamarine. Empat salib dan empat fleurs-de-lis menghiasi pita emas.

"Ini adalah objek yang sangat berat, mengesankan, dan indah," kata Farris.


Tentang Mahkota St. Edward

Mahkota St. Edward dianggap yang paling suci dalam koleksi kerajaan dan hanya digunakan untuk penobatan yang sebenarnya, menurut Historic Royal Palaces. Mahkota ditugaskan untuk penobatan Raja Charles II, penguasa pertama setelah Perang Saudara Inggris pada abad ke-17, dan mencontoh mahkota sebelumnya yang telah dihancurkan oleh Anggota Parlemen.

Seperti aslinya, mahkota dinamai St. Edward the Confessor, seorang raja Anglo-Saxon yang meninggal pada 1066. "Dikatakan bahwa mahkotanya digunakan dalam penobatan - yang pertama kami memiliki catatan adalah Henry III pada 1220 dan secara historis disimpan di Westminster Abbey," tambah Farris.

Mahkota yang dikenal secara tradisional dikenakan pada upacara kenegaraan seperti Pembukaan Parlemen Negara. Raja diharapkan untuk mengubahnya setelah penobatan dengan Mahkota St. Edward, seperti yang dilakukan ibunya Ratu Elizabeth II pada penobatannya pada 1953.


Mahkota Imperial State Lebih Sering Digunakan

"Mahkota negara lebih sering dipakai, dan terkadang perlu diperbaiki. Juga, selera berubah dan yang berbeda telah dipesan dari waktu ke waktu. Mahkota Ratu Victoria diperbaiki beberapa kali, dan diganti dengan yang sekarang dibuat pada tahun 1937," kata Farris.

Yang paling menonjol adalah set berlian Cullinan II di tali jam seberat 317,4 karat. "Ini hanya potongan batu terbesar kedua dari berlian Cullinan asli yang 3.106 karat ketika ditemukan," kata sejarawan itu. Permata itu diberikan kepada Raja Edward VII oleh Koloni Transvaal Afrika Selatan pada 1907, dan sejarah yang rumit akan dieksplorasi dalam pameran baru di Menara London.

Sebuah batang emas di atasnya dengan bentuk hati berlapis emas yang membungkus berlian Cullinan I - yang pertama dari sembilan potong yang dipotong dari aslinya untuk digunakan dalam Permata Mahkota - dan dihitung 530,2 karat. Berkilauan di atas mewakili kekuatan kerajaan dan keadilan kerajaan.

Di tempat lain dalam upacara penobatan, Raja Charles III akan ditampilkan dengan tongkat kerajaan di atasnya dengan burung merpati yang melambangkan keadilan dan belas kasihan. Merpati melambangkan Roh Kudus, mengingatkan dia dan jemaat tentang sifat religius upacara tersebut.

Dua Gada terbuat dari emas perak di atas kayu ek, dan berasal dari 1660 dan 1695, dibawa ke Westminster Abbey dalam prosesi di awal kebaktian. Seremonial ini dilakukan di hadapan raja untuk acara-acara khusus seperti Pembukaan Parlemen Negara.

Juga dibawa sebelum upacara adalah tiga pedang yang dibawa masuk terhunus tinggi-tinggi tanpa sarungnya, mengarah ke atas. "Mereka melambangkan ksatria dan kebajikan dan nilai ksatria dan kebutuhan untuk melindungi mereka yang membutuhkan," jelas Farris.

Pedang Spiritual Justice mewakili raja sebagai Pembela Iman.

Keunikan Pedang Mercy atau Curtana memiliki ujung tumpul yang melambangkan kemurahan hati raja.


Sovereign's Orb

Sepotong lain dibuat untuk Raja Charles II pada 1661, bola itu adalah simbol kekuatan kuno, yang mewakili Bumi. Pada periode abad pertengahan, kata Ferris, sebuah salib ditambahkan. Potret penobatan ikonik Cecil Beaton pada Ratu Elizabeth II menunjukkan dia menggendong Orb dan memegang Sceptre.

"Pesannya adalah bahwa Tuhan memerintah atas Bumi dan mengingatkan raja akan sumber kekuatan mereka. Bola dan salib juga diulangi pada mahkota," katanya. "Ini adalah upacara Kristen kuno, dan sejak awal periode modern raja juga menjadi Pembela Iman dan Kepala Gereja Inggris."

Bagian paling sakral dari upacara penobatan adalah pengurapan. Terkait dengan kerajaan yang kembali ke Perjanjian Lama, raja Inggris telah diurapi dengan minyak suci selama lebih dari seribu tahun.

Minyak Krisma untuk penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla ditahbiskan di Yerusalem pada Maret, dan akan disimpan di Ampulla emas pada hari besar, minyak akan mengalir melalui paruh elang.

Selama pengurapan, minyak Krisma akan dituangkan ke sendok penobatan, potongan regalia penobatan tertua yang masih ada. Uskup Agung Canterbury akan mencelupkan jarinya ke dalam minyak dan mengurapi Raja Charles di kepala, dada, dan tangannya.

Mahkota spektakuler dibuat untuk Ratu Mary untuk penobatan suaminya, Raja George V, pada 1911, dan Ratu Camilla akan mengeluarkannya dari arsip untuk upacara penobatan yang akan datang. Pakaian ulang kerajaan akan menandai pertama kalinya dalam sejarah baru-baru ini bahwa mahkota yang ada akan digunakan untuk penobatan Permaisuri alih-alih komisi baru dibuat, Istana Buckingham mengatakan, "demi kepentingan keberlanjutan dan efisiensi."

Sebagai penghormatan yang mengharukan, Mahkota Queen Mary akan sedikit diubah untuk menampilkan berlian Cullinan III, IV, dan V yang merupakan bagian dari koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth. Mendiang ratu sering memakainya sebagai bros.

Viral Gaya Mewah Bupati Lebak

Gaya Mewah Bupati Lebak Jadi Sorotan Setelah Bupati Pandeglang, Tenteng Tas Louis Vuitton Seharga Rp41 Juta

Liputan6.com 2023-04-28 13:03:32
Foto Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menenteng tas Louis Vuitton seharga Rp41 juta beredar di jagat maya. (dok. Twitter @bung_madin/

Konten pejabat pamer gaya mewah masih terus menghiasi jagat maya. Kali ini, giliran Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya yang tengah jadi sorotan setelah rekannya, Bupati PandeglangIrna Narulita, mendapat atensi serupa.

Ini dikuak akun Twitter @bung_madin, yang dalam kicauan Kamis, 27 April 2023, menulis, "Dalam investigasi Bung Madin menemukan salah satu foto Bupati Lebak menggunakan tas mewah bermerek Louis Vuitton. Wow! Mahal juga ya. Mohon klarifikasi apakah barang KW. Cie, seneng banget bu. Senggol dong."

Dalam foto dimaksud, bila memang barang autentik, Iti menenteng tas Louis Vuitton (LV) seri Pochette Metis seharga Rp41 juta, merujuk informasi pada laman rumah mode mewah Prancis tersebut. Di deskripsi produk, tas tangan itu ditulis berbahas kanvas berlapis monogram.

"Trim kulit sapi alami, lapisan tekstil, perangkat keras berwarna emas, penutupan kunci-S, saku luar beritsleting, tiga kompartemen dalam, serta (dilengkapi) tali yang dapat dilepas dan disesuaikan," sambung merek mewah itu menuliskan seri tas tangan yang dimaksud.

Komitmen keberlanjutan produk ini juga dibagikan, tertulis, "Kulit yang digunakan dalam produk ini berasal dari penyamakan kulit yang diaudit dan disertifikasi Leather Working Group (LWG), yang merupakan standar lingkungan tertinggi dalam hal penyamakan kulit."

"Standar ini mensyaratkan penyamakan kulit untuk mengurangi konsumsi air dan energi, serta penggunaan zat yang berpotensi berbahaya," sambung Louis Vuitton. "Penyamakan kulit tempat kami bekerja berlokasi di Eropa dan merupakan mitra berkomitmen yang bekerja bersama kami dalam upaya (menciptakan) sumber yang bertanggung jawab dan peningkatan berkelanjutan. Penerapan sistem ketertelusuran bahan dan melawan praktik deforestasi."


Tidak Sesuai dengan Kondisi Lebak

Dalam utas Twitter itu diutarakan, "Gaya hidup Bupati Lebak sangat tidak sesuai dengan kondisi Lebak saat ini. Akses transportasi yang masih tertinggal, ditambah infrastruktur yang sangat buruk membuat masyarakat Lebak kesulitan untuk pergi belajar, ke rumah sakit, dan belanja ke pasar."

Sebelumnya, akun Twitter itu sudah lebih dulu menyoroti gaya mewah keluarga Bupati Pandeglang Irna Narulita, yang juga dianggap kontras dengan kondisi Pandeglang yang kebanyakan ruas jalannya masih rusak. Anak Irna sempat terlihat menenteng beberapa tas seharga puluhan juta rupiah, dan yang terbaru, suaminya, Ahmad Dimyati Natakusumah ikut jadi sorotan.

Dalam unggahan akun Twitter @Bung_madin, baru-baru ini, terlihat foto lama suami Bupati Pandeglang memakai ikat pinggang rilisan Hermes. "Bung Madin sudah melakukan investigasi dan menemukan salah satu foto lama Ahmad Dimyati mengenakan ikat pinggang dengan merek 'Hermes', mohon dicek, foto-foto dulu aja penampilannya sudah mewah, apalagi sekarang," tulis akun tersebut, Selasa, 25 April 2023.


Pakai Ikat Pinggang Branded

Dalam foto yang diunggah, Ahmad Dimyati diketahui memakai H Buckle & Reversible Belt Veau Togo Noir/God. Harga ikat pinggang ini mencapai sekitar Rp14 juta.

Tidak hanya barang mewah, ia juga diketahui memiliki harta kekayaan hingga miliaran rupiah. Dalam situs Laporan Harta kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2021, Ahmad Dimyati diketahui memiliki harta kekayaan sekitar Rp12,2 miliar.

Ia merupakan anggota DPR RI dan pernah menjabat sebagai Bupati Pandeglang sebelum digantikan istrinya. Sementara, Irna Narulita melaporkan harta kekayaan mencapai Rp62 miliar ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Beberapa hari lalu, putri sulung Irna yang bernama Rizka Amalia kedapatan mengunggah dirinya berswafoto menggunakan sebuah tas mahal bermerek YSL seharga sekitar Rp18 juta. Hal itu juga terungkap lewat unggahan akun Twitter @bung_madin, Senin 24 April 2023.

Akun itu membagikan foto Rizka dengan tas merek YSL warna hitam dan sedang berada di luar negeri. "Di balik kemewahan anak Bupati Pandeglang. Pandeglang sampai saat ini masih termasuk wilayah tertinggal dari segi infrastruktur, pendidikan, dan SDM," tulis akun Twitter tersebut.

Ia menyambung, "Tapi tidak untuk anak seorang pejabat yang hidup dengan penuh kemewahan, kuliah di LN (Luar negeri), serta dikelilingi keluarga pejabat."


Kontras Gaya Hidup Anak Pejabat dengan Warga Biasa

Akun tersebut kemudian menyandingkan foto Rizka yang sedang bergaya di luar negeri dengan foto warga biasa. Rizka yang terlihat mengenakan tas mewah disandingkan dengan foto warga yang selfie di tengah jalan rusak di Pandeglang.

"Foto selfie anak Bupati Pandeglang vs masyarakat biasa. Siapa pemenangnya? Jawab donk @KPK_RI dan PPATK? Kalau jawabannya bener nanti bung madin kasih hadiah," tulis akun Twitter tersebut.

Unggahan tersebut mendapat ragam komentar dari warganet. Mereka menilai gaya hidup anak Bupati Pandeglang berbeda kontras dengan kondisi masyarakat di wilayah itu. Mereka juga mengomentari bahwa kondisi jalan di Pandeglang masih banyak yang rusak.

"Rakyatnya kalau sakit ditandu mau lahiran. Rojol di jalan. Awas disantet bang madin," komentar seorang warganet.

"Sumpah emang jalan jalan di Pandeglang tuh masih parah banget, apalagi kampung ibuku di Panimbang, kacauuu dari jaman aku masih bocah sampe udah mau tua bangkotan gini tuh jalan kagak bener bner buset dah wkwk," tulis pengguna lain.

Al dan EL Ghazali Gabung Gerindra

Gabung Gerindra, Al Ghazali Anak Ahmad Dhani: Saya Fans Prabowo Sejak 2014

Liputan6.com 2023-04-28 09:16:13
Dua putra Ahmad Dhani, Al Ghazali dan El Jalaluddin Rumi bergabung dengan Partai Gerindra. Keduanya langsung diperkenalkan oleh Ketum Gerindra Prabowo Subianto sebagai kader muda partai. (Lip

Putra Musisi Ahmad Dhani, Al Ghazali, mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di pilpres 2024. Al mengaku mengidolakan Prabowo sejak tahun 2014.

"Pemuda-pemudi, saya jujur pilih Pak Prabowo. Saya nge-fans sama Pak Prabowo sejak 2014," kata Al Ghazali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Kamis (27/4).

Al memuji sosok Prabowo yang punya semangat bak api membara. Menurutnya, anak muda membutuhkan hal tersebut.

"Saya melihat Pak Prabowo ini adalah tokoh yang sangat punya api yang membara dan itu yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak muda dan saya melihat Pak Prabowo ini adalah tokoh yang paling ikhlas kepada rakyat," ujarnya.

Al Ghazali dan adiknya El Jallaludin Rumi resmi bergabung dengan Partai Gerindra. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyebut, kalangan muda merupakan masa depan bangsa dan partai.


Merapat ke Gerindra

Prabowo pun menghadirkan Al dan El saat konferensi pers usai rapat koordinasi partainya. Ahmad Dhani juga ikut tampil bersama Prabowo.

"Hari ini kita dapat bantuan kekuatan anak-anak muda milenial yang siap berjuang bersama kita, Al dan El. Saudara, silakan ke depan. Mereka masa depan kita semua," kata Prabowo.

Ajak Putranya ke di Gedung Putih

Angelina Jolie Ajak Putranya Hadiri Acara Makan Malam Glamor di Gedung Putih

Liputan6.com 2023-04-28 03:00:02
Aktris AS Angelina Jolie dan putranya Maddox tiba untuk Makan Malam Kenegaraan untuk menghormati Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, di Gedung Putih di Washington, DC, pada 26 April 2023

Putra Angelina Jolie, Maddox yang jarang terlihat kini tampil begitu dewasa. Aktris peraih Oscar mengajak putranya, Maddox Jolie-Pitt menghadiri acara Gedung Putih yang bertabur bintang pada Rabu, 26 April 2023.

Keduanya menghadiri jamuan makan malam Kenegaraan untuk Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dari Republik Korea, yang diselenggarakan oleh Presiden AS Joe Biden. Untuk acara bergengsi itu, Angelina Jolie mengenakan pakaian serba putih yang terlihat ringan.

Mengutip dari laman The Sun, Kamis, (27/4/2023), wanita berusia 47 tahun itu mengenakan gaun putih memukau dengan pinggang rendah dan lengan panjang, yang dipasangkannya dengan blazer putih tipis. Dia menata rambutnya tergerai dengan bagian samping yang tebal, dan menambahkan lipstik merah cerah.

Mantan istri Brad Pitt ini juga mengenakan kalung dan anting-anting emas, dan juga membawa kopling emas kecil di tangannya. Sedangkan putranya yang berusia 21 tahun memilih jas hitam klasik dengan twist.

Mantel hitam Maddox dan kemeja putih bersih mematuhi kode dasi hitam tradisional. Sementara dasi chunky dan sepatu berumbai menambahkan tampilan yang lebih modern pada pakaiannya.

Duo ibu-anak itu tetap dekat sepanjang malam, dengan satu foto manis menunjukkan pasangan itu berbagi momen manis ketika Angelina meletakkan lengannya di bahu Maddox. Pasangan itu juga berbaur dengan tamu lain, dan saat mereka duduk berdampingan untuk menikmati hiburan malam itu.


Pertarungan Hak Asuh Anak Jolie dan Pitt

Maddox adalah salah satu dari enam anak Angelina dan mantan suaminya Brad Pitt. Mantan pasangan emas Hollywood berpisah pada 2016 setelah 12 tahun bersama, dengan aktris Tomb Raider itu mengutip "perbedaan yang tidak dapat didamaikan" di surat cerai.

Perpisahan Brad dan Angelina terjadi setelah insiden di pesawat ketika Brad diduga kehilangan kendali atas dirinya dan bentrok dengan Maddox. Setelah peninjauan, FBI dan Departemen Anak dan Keluarga Los Angeles County membebaskan aktor tersebut dari segala kesalahan.

Mantan pasangan itu dilaporkan telah diberikan hak asuh bersama atas anak-anak mereka. Keputusan itu diambil setelah para mantan Hollywood itu terlibat dalam pertarungan hak asuh yang buruk selama lima tahun terakhir.

Seorang sumber mengatakan kepada Page Six: "Ada perubahan signifikan yang dibuat dalam perjanjian hak asuh berdasarkan keputusan yang sangat rinci yang dibuat oleh hakim."

Ia melanjutkan, "Brad hanya berusaha untuk memiliki lebih banyak waktu dengan anak-anaknya dan sudah jelas bahwa Angie telah melakukan segala kemungkinan untuk mencegah hal ini." Bintang Fight Club itu juga menggugat mantan istrinya karena diduga diam-diam menjual perkebunan dan kilang anggur Prancis senilai 164 juta pounsterling kepada seorang oligarki Rusia.


Angelina Jolie Tertangkap Dekat dengan David Mayer de Rothschild

Sementara itu, mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, 27 Maret 2023, Angelina Jolie kembali menarik perhatian karena kedekatannya dengan seorang pesohor. Kali ini, yang tertangkap dekat dengannya bukan sosok main-main: David Mayer de Rothschild.

Pria berusia 44 tahun ini adalah pegiat isu lingkungan yang juga anggota keluarga Rothschild, salah satu keluarga paling tajir melintir di dunia, yang bergerak di dunia perbankan. Dilansir dari People, keduanya tertangkap makan siang bersama di Malibu, California, Amerika Serikat. Menurut laporan Page Six, pertemuan keduanya berjalan selama tiga jam.

Angelina Jolie tampak anggun dengan gaun panjang hitam, dengan aksen potongan melingkar di bagian pinggang. Sementara David Mayer de Rothschild mengenakan celana jin yang dipadukan dengan kaos dan jaket biru. Keduanya dilaporkan meninggalkan lokasi dengan moodyang baik.

Sudah jelas, momen ini bikin banyak orang bertanya-tanya, apa hubungan janda Brad Pitt ini dengan sang miliuner. Apakah pertemuan ini bersifat bisnis ataukah pribadi?


Dugaan Pertemuan Bisnis atau Pribadi

Hal ini belum dapat ditentukan, karena perwakilan Angelina Jolie tak segera memberi jawaban kepada media yang meminta responsnya. Terdapat kemungkinan, keduanya bertemu untuk membahas kegiatan mereka sebagai aktivis.

Ini bukan kali pertama Angelina Jolie menaik perhatian publik karena tertangkap sedang bersama pria. Akhir 2021 misalnya, ia diketahui makan malam bareng mantan suaminya, Jonny Lee Miller. Namun sumber dekatnya menyatakan kepada E! News bahwa keduanya berteman saja.

Pada tahun yang sama, ia pun tepergok jalan bareng The Weeknd, namun isu kencan juga ditepis sumber dekat mereka. Katanya, keduanya memiliki minat serupa, dan senang mendiskusikan hal tersebut.

Angelina Jolie pada akhir tahun lalu mengambil keputusan besar, yakni mundur dari posisinya sebagai utusan badan pengungsi PBB (UNHCR) yang telah ia lakoni selama 20 tahun terakhir.

"Pada tahun-tahun mendatang saya akan terus mengerahkan segala daya upaya untuk mendukung para pengungsi dan orang terlantar lain," ungkapnya dalam pernyataan resmi.

Ronaldo-Georgina Saling Memaki

Tidak Peduli Ada Saksi Mata, Cristiano Ronaldo dan Georgina Rodriguez Saling Maki di Ruang Publik

Liputan6.com 2023-04-28 00:01:11
Georgina Rodriguez tersenyum sambil berpose untuk fotografer setibanya di pemutaran perdana film 'Tar' selama Venice Film Festival ke-79 di Venesia, Italia (1/9/2022). Georgina merias ramb

Rumor perpisahan Cristiano Ronaldo dan Georgina Rodriguez makin membara. Keduanya terlibat perdebatan panas di hadapan publik saat hendak naik pesawat.

"Mereka saling berteriak kepada satu sama lain dan tidak peduli keadaan sekitar," kata saksi mata, dikutip Marca.

Georgina kemudian naik pesawat dalam keadaan marah besar. Dia pun tidak menyapa awak kapal udara. Berbeda dengan Ronaldo yang dilaporkan tetap tenang dan sopan kepada orang-orang di sekitar.

"Keduanya tidak bicara satu sama lain sepanjang penerbangan," sambung saksi tersebut.

Hubungan Cristiano Ronaldo dan Georgina belakangan ini ramai dijadikan topik pembicaraan. Duo publik figur kabarnya bakal berpisah lantaran CR7 sudah tak tahan dengan kelakuan perempuan berusia 29 tahun itu.

Hubungan Georgina dan Ronaldo sebenarnya sudah berlangsung cukup lama. Keduanya diketahui telah menjalin relasi selama kurang lebih tujuh tahun sejak pertama kali berjumpa di Madrid pada tahun 2016 silam.

Adapun Georgina kala itu hanya berstatus sebagai staf di salah satu toko Gucci. Sementara itu, Ronaldo sudah santer dikenal sebagai megabintang sepak bola berkat penampilannya yang impresif di level klub serta internasional.

Kisah asmara Georgina dan Ronaldo pun berkembang cukup serius. Pasangan ini bahkan sudah dikaruniai dua orang anak biologis. Namun, kabar menyebut hubungan CR7 dengan kekasihnya akhir-akhir ini mulai retak.


Ronaldo dan Georgina Tidak Akan Menikah

Jurnalis Portugal Daniel Nascimento mengklaim Ronaldo sudah tidak bahagia bersama kekasihnya. Penyebabnya tak lain ialah gaya hidup Georgina yang kelewat royal. Dia konon bersikap boros dengan kerap mengunjungi pusat perbelanjaan di Riyadh.

Sikapnya juga disebut mulai egois. Ia kurang memberi perhatian bagi Ronaldo serta anak-anaknya. Belum lagi, Georgina dituding menjadi penyebab kerenggangan hubungan antara CR7 dengan sang ibu, Dolores Aveiro.

Presenter TV Portugal Leo Caeiro juga menyebut eks bintang Manchester United sudah muak dengan perilaku kekasihnya, sehingga bakal memilih untuk berpisah dengan Georgina.

"Kemungkinan besar mereka (Georgina dan Ronaldo) akan berpisah," tutur Caeiro kala membahas hubungan duo figur publik dalam program televisi Noite das Estrelas, seperti dilansir dari pemberitaan Marca.


Unggahan Georgina Rodriguez di Media Sosial

Di tengah meruaknya kabar putus hubungan dengan Ronaldo, Georgina seolah memberi sinyal melalui unggahannya di media sosial Instagram, Kamis (27/4/2023).

Supermodel kelahiran Argentina itu membagikan foto langit malam melalui fitur story sembari menyertakan lagu berbahasa Spanyol yang liriknya seolah menampik isu perpisahan dia dengan mantang bintang Real Madrid.

"(Orang-orang) yang iri menciptakan desas-desus (rumor), para penggosip menyebarkannya, dan (mereka yang) bodoh mempercayai hal itu," demikian bunyi lirik lagi dalam Instagram story yang diunggah Georgina.


Dapat Kompensasi Besar

Terlepas dari benar atau tidaknya kabar perpisahan Cristiano Ronaldo dengan Georgina Rodriguez, sang supermodel sudah dilaporkan bakal menerima kompensasi besar jika hal itu sungguh-sungguh terwujud.

Sejumlah kekayaan Ronaldo memang harus dialihkan kepada sang kekasih apabila keduanya putus lantaran Georgina secara sah merupakan ibu kandung dari dua anak CR7. Laporan mengeklaim Georgina bakal meraup setidaknya 35 persen dari kekayaan eks pemain Juventus.

Adapun Ronaldo saat ini diperkirakan memiliki harta mencapai lebih dari 1 miliar dolar AS. Dengan demikian, Rodriguez akan menerima jumlah yang mendekati 350 juta dolar atau sekitar Rp5,2 triliun jika mengakhiri hubungan dengan superstar Portugal tersebut.

Mayang Dilamar, Mahar 20 Ekor Unta

Mayang Dilamar Pengusaha Turki, Maharnya Tak Main-Main Langsung Diberikan 20 Ekor Unta

Liputan6.com 2023-04-27 19:00:24
Potret Mayang Lucyana di Ultah Ke-20 (Sumber: Instagram/mayaang.lucyaana)

Adik kandung mendiang Vanessa Angel, Mayang, sempat dilamar oleh seorang pengusaha asal Turki. Hal itu dikatakan oleh ayah Mayang, Doddy Sudrajat.

Doddy mengatakan bahwa putrinya dilamar dengan mahar yang cukup besar dan unik. Doddy menyebut mahar yang ditawarkan berupa 20 ekor unta dengan harga mencapai miliaran rupiah.

"Ini yang ngelamar Mayang pengusaha butik di Turki, langsung ngomong sama daddy, 'Kalau mau saya lamar anak Anda dengan 20 unta'," ujar Doddy Sudrajat pada video yang diunggah akun Instagram @viralkak dilihat Kamis (27/4/2023).


Bingung

Doddy Sudrajat pun mengaku bingung dengan lamaran tak biasa tersebut. Apalagi, sejauh ini dirinya belum mengenal sang pengusaha.

"Kita bingung," ucap Doddy Sudrajat.


Ditolak

Lantas saja Doddy menolak lamaran tersebut karena putri keduanya masih fokus dengan karier dan pendidikanya. Ia juga ingin Mayang menyelesaikan kuliahnya.

"Itu belum karena memang Mayang targetnya menyelesaikan kuliah, tiga tahun ke depan mau fokus sama karir sama kuliah," tuturnya.


Respons Mayang

Mendengar ucapan ayahnya, adik mendiang Vanessa Angel ini hanya tersenyum. Ia tidak berbicara apapun soal lamaran yang diungkap oleh sang ayah tersebut.

Sontak cuplikan video tersebut viral dan ramai dikomentari warganet. Banyak yang justru memberikan hujatan kepada Doddy telah mengaku putrinya dilamar pengusaha Turki. Tak sedikit yang tidak percaya dengan ucapan Doddy tersebut.

"Gak percaya klo bukan tu pengusaha yg ngomong langsung..klo masih bapaknya mayang yg ngomong namanya HALU..," tulis akun @dian_s87.

"Mayang mukanya malu punya bapak halu mayang mau ngelarang bapaknya ngmg ngak2 udh tua nanti jantunga," tulis akun @novitasalsa.

1.500 Koleksi Pribadi Bakal Dilelang

1.500 Koleksi Pribadi Freddie Mercury Bakal Dilelang, Ada Lirik Lagu Band Queen Tulisan Tangan Senilai Rp5,5 M

Liputan6.com 2023-04-28 12:01:02
Freddie Mercury (AFP)

Koleksi pribadi sebanyak 1.500 item milik mendiang bintang band rock dunia Queen, Freddie Mercury, akan dilelang oleh seorang teman lamanya.

Menariknya, lirik tulisan tangan dan kostum panggung milik sang legendaris termasuk dalam daftar barang yang akan dilelang.

Ini merupakan berita besar bagi para penggemar Freddie Mercury.

Melansir BBC, Jumat (28/4/2023), diketahui bahwa sang penyanyi membutuhkan waktu selama 30 tahun untuk mengumpulkan koleksi sebanyak itu. Ketika ia meninggal di tahun 1991, Mercury meninggalkan rumah beserta isinya di London Barat kepada Mary Austin, teman yang kemudian melelang seluruh koleksinya itu.

Setelah bertahun-tahun lamanya, akhirnya perempuan itu memutuskan untuk berpisah dengan benda-benda yang terus mengingatkannya pada sang legenda band rock dunia.

Austin mengatakan, "Koleksinya akan membawa Anda lebih mengenal dengan dalam individu dan pria yang saya kenal."

"Waktunya telah tiba bagi saya untuk mengambil keputusan sulit untuk menutup babak yang sangat istimewa dalam hidup saya ini," ucap Austin.

Di luar beberapa hadiah pribadi dan foto bersama Mercury, Austin memutuskan untuk menjual segalanya.

"Saya memutuskan bahwa tidak pantas bagi saya untuk menyimpan kembali barang-barang itu. Jika saya akan menjual, saya harus berani dan menjualnya," jelasnya.

Lelang diperkirakan akan menghasilkan lebih dari 6 juta pound sterling atau sekitar 111 miliar rupiah

Sebagian dari hasil penjualan disebut akan disumbangkan untuk amal.

Berikut ini, beberapa koleksi bersejarah dan penting milik Mercury yang akan dilelang bulan September mendatang:


1. Lirik Lagu Tulisan Tangan Freddie Mercury

Sorotan dari penjualan ini adalah lirik tulisan tangan milik Freddie Mercury untuk salah satu lagu kebangsaan terbesar Queen, We Are The Champions, termasuk harmoni dan akord.

Item paling bersejarah ini terdiri atas sembilan halaman. Diharapkan terjual 200.000-300.000 pound sterling, setara 3,7-5,5 miliar rupiah.

Tak hanya lagu We Are The Champions, ada juga lirik lagu Killer Queen yang tintanya sudah hampir pudar seutuhnya. Lirik tersebut ditulis pada selembar kertas pada tahun 1974. Diperkirakan akan terjual di harga 50.000-70.000 pound sterling, atau setara 926 juta hingga 1,2 miliar rupiah.

Austin mengatakan bahwa lirik-lirik tulisan itu menunjukkan sisi terindah dari pria yang dicintainya.

"Anda sedang melihat proses dari karya seorang artis, bagaimana pekerjaan itu dilakukan," ucap perempuan itu.

"Pencoretan, pemikiran ulang, pemformatan ulang," tambahnya.

Sebulan sebelum dia meninggal, Mercury membeli sebuah karya milik pelukis Prancis Tissot, menjadi karya seni terakhir yang dibeli Mercury

Lukisan itu digantung di tempat yang strategis agar Merkuri dapat melihatnya dari sofa.

Diperkirakan, nilai benda itu mencapai 400.000-600.000 pound sterling, atau setara 7,4-11,1 miliar rupiah.

"Lukisan itu memperlihatkan seleranya," kata Austin kepada BBC. "Koleksi yang sangat cerdas dan canggih."


3. Properti Panggung Milik Freddie Mercury, Kostum hingga Mahkota

Kostum panggung Mercury pun akan dijual, termasuk catsuit berpayet, sepatu berkilauan, mahkota merah beludru berlian imitasi, hingga jubah yang dikenakan Mercury selama tur terakhirnya dengan Queen di tahun 1980-an.

Mahkota legendarisnya itu diperkirakan akan terjual dengan harga sekitar 60.000-80.000 pound sterling, setara 1,1-1,5 miliar rupiah.

Seluruh benda berharga itu disimpan rapi oleh Mercury di sebuah ruang ganti yang berlapiskan cermin.

Sebuah gitar akustik Martin D-35 yang diperkirakan digunakan oleh Mercury untuk menulis dan merekam lagu Crazy Little Thing Called Love di tahun 1975 juga akan dijual dengan harga sekitar 30.000-50.000 pound sterling, atau sekitar 556-926 juta rupiah.

Ada juga rompi favoritnya, yang dipakai dalam video terakhirnya These are the Days of Our Lives, pada tahun 1991.

Rompi indah itu berhiaskan potret kucing-kucing Mercury, yaitu Delilah, Goliath, Oscar, Lily, Romeo, dan Miko, yang dilukis tangan.

Item tersebut diperkirakan bernilai 5.000-7.000 pound sterling, setara 92-130 juta rupiah.


4. Furniture dan Hiasan di Rumah Freddie Mercury

Isi dari rumah sang penyanyi yang berlokasi di Garden Lodge, Kensington, hampir seluruhnya tetap utuh. Bahkan setelah hampir tiga dekade sejak kepergiannya.

Furnitur antik, karya seni, hingga kaca dan kain mewah yang disukai Mercury, semuanya masih ada.

Beberapa pajangan menarik salah satunya adalah sebuah karya milik Matisse dan Chagall yang digantung di dinding ruang makan.

Selain itu juga ada potret Picasso yang dipajang di atas meja makan di dapur. Item ini diperkirakan akan terjual di harga 50.000-70.000 pound sterling, setara 926 juta hingga 1,2 miliar rupiah.

Pajangan-pajangan itu menunjukkan dengan nyata betapa Mercury senang tinggal di rumah yang dipenuhi oleh hal-hal indah.

"Saya ingin menjalani kehidupan Victoria, dikelilingi oleh kekacauan yang indah," ucap Mercury, suatu waktu.

Sebelum dilelang di bulan September mendatang, seluruh 1.500 item milik Mercury akan terlebih dahulu dipajang di Sotheby's di London.

Kisah Para Pengemis Jutawan

8 Kisah Pengemis Jutawan Bahkan Miliarder yang Sempat Bikin Heboh dan Viral di Indonesia

Liputan6.com 2023-04-28 11:16:16
Eisha, Pengemis kaya raya yang meninggal dan tinggalkan harta berlimpah

Belum lama ini masyarakat dibuat heboh dengan Tini, pengemis di Kota Bogor, Jawa Barat yang memiliki cek senilai Rp1,3 miliar. Padahal selama ini Tini tinggal di kolong jembatan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor dan kesehariannya memang menjadi pengemis.

Kisah Tini terkuak dari hasil operasi penertiban penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) oleh Satpol PP dan Dinas Sosial Kota Bogor, Kamis 27 April 2023. Petugas menggiring Tini untuk dimintai keterangan tentang aksinya. Ternyata, bukan kali pertama Tini terjaring operasi pengemis jalanan.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Bogor Dodi Wahyudin mengatakan, Tini mengejutkan para petugas yang menginterogasinya. Pasalnya, kata Dodi, wanita berkulit hitam memakai topi ini diduga memiliki harta kekayaan senilai lebih dari Rp1 miliar.

"Ditemukan ada cek senilai Rp1.350.000.000 dan 2 STNK sepeda motor, salah satunya Honda 150 cc," ujar Dodi.

Rupanya, jauh sebelum kisah Tini yang merupakan diduga pengemis kaya, pada 2017 lalu ada Sri Keryati saat itu berusia 55 tahun. Dia ditangkap petugas dari Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat saat mengemis di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Kramat Sentiong, Jakarta Pusat, Minggu, 12 November 2017.

Saat tertangkap, petugas menemukan emas dan uang yang jumlahnya cukup mencengangkan, hampir Rp23 juta.

"Uang kertasnya itu Rp 22 juta sekian, terus ada uang recehnya jadi hampir Rp23 juta. Sedangkan emasnya itu dibungkus, tidak dipakai karena dia kan sedang mengemis," kata Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Susana Budi Susilowati, kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin, 13 November 2017.

Dan pada 2019, petugas Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Selatan menangkap seorang kakek yang berprofesi sebagai pengemis dengan barang bukti uang senilai Rp194,5 juta hasil dari mengemis di jalan.

Berikut sederet kisah pengemis kaya yang menjadi jutawan bahkan miliarder sempat membuat heboh masyarakat Indonesia dihimpun Liputan6.com:


1. Pengemis Bernama Sri Keryati pada 2017 Silam

Perempuan bernama Sri Keryati saat itu usianya 55 tahun. Dia ditangkap petugas dari Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat saat mengemis di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Kramat Sentiong, Jakarta Pusat, Minggu, 12 November 2017.

Saat tertangkap, petugas menemukan emas dan uang yang jumlahnya cukup mencengangkan, hampir Rp23 juta.

"Uang kertasnya itu Rp22 juta sekian, terus ada uang recehnya jadi hampir Rp23 juta. Sedangkan emasnya itu dibungkus, tidak dipakai karena dia kan sedang mengemis," kata Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Susana Budi Susilowati, kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin, 13 November 2017.


2. Pengemis Punya Rp1 Miliar di Bogor

Legiman merupakan seorang pengemis berusia 52 tahun asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Namanya sempat menjadi bahan pergunjingan publik karena mengaku memiliki kekayaan dari hasil mengemis mencapai Rp1,4 miliar.

Angka Rp1,4 miliar berupa uang, rumah, tanah pekarangan, dan tabungan. Untuk tabungan yang disimpan adiknya mencapai Rp 900 juta, aset tanah Rp275 juta, dan rumah senilai Rp 250 juta.

"Legiman tercatat sebagai warga Ngawen, Kecamatan Margerojo, Pati. Ngakunya punya kekayaan Rp 1,4 miliar. Pengakuannya itu saat terjaring razia dan kebetulan di video dan jadi viral," kata Sekretaris Satpol PP Kabupaten Pati, Imam Rifai, kepada Liputan6.com, Kamis 17 Januari 2019.

Menurutnya, saat sepi, pendapatan sehari sekitar Rp500 ribu. Namun, ketika ramai Legiman mengaku bisa membawa pulang uang hingga Rp2,5 juta. Ketika terjaring razia Minggu, 12 Januari 2019, didapat uang Rp600 ribu.

"Hari ini sepi. Hanya dapat Rp 695 ribu," kata Lik Man Ceker, panggilan akrabnya ketika ditangkap di sekitar Simpang Lima, Pati.

Dalam pengakuannya Lik Man kerap mendapatkan makanan dan minuman. Bahkan, jika beruntung berttemu Anak Buah Kapal, ada yang memberinya Rp50 ribu.

Lik Man Ceker sendiri sudah dua kali terjaring razia. Tiap razia ia mengaku dalam semalam ia mampu mengumpulkan uang Rp 500 ribu hingga Rp1 juta.

Satpol PP tidak mau gegabah mempercayai pengakuan itu. Namun, Imam Rifai menyebut bahwa penjelasan itu memang berasal dari mulut Legiman sendiri.

Kepala Desa Sokokulon, Pati, tempat di mana Legiman tercatat sebagai warga menyebutkan, Legiman tidak memiliki rumah dan hanya kos. Sehingga pengakuannya terasa janggal.

"Hidup di rumah kos saja, yang bayari adiknya yang jualan rosok (barang-barang bekas), tiap bulan Rp400 ribu. Jika punya aset miliaran mosok kerjanya juga mengemis setiap hari," kata Masrikan, Kades Sokokulon, kepada Liputan6.com, Kamis 17 Januari 2019.

Pemilik rumah kos yang ditempati Legiman juga meragukan pengakuannya itu. Menurut dia, jika memang punya tabungan uang sampai Rp 900 juta tentu uang kos tak jadi masalah.

"Tapi ini kok dibayar sama adiknya yang kerja jualan rosok. Saya kok ragu," kata Mohadi.


3. Pengemis di Bogor Punya Mobil

Pengemis bernama Herman diamankan anggota Satpol PP Kota Bogor saat mengemis di Yasmin, Jalan Abdullah bin Nuh, Kota Bogor, Rabu 20 Maret 2019.

Sosoknya sempat populer lantaran beberapa hari sebelum razia, dia kedapatan hendak mengemudikan mobil minibus untuk meninggalkan lokasi tempatnya mengemis.

Terkuaknya seorang pengemis tua memiliki mobil itu berawal saat sejumlah anggota Satpol PP sedang melakukan giat penertiban alat peraga kampanye di kawasan Jalan Abdullah bin Nuh, tepatnya di Simpang Yasmin pada Senin 18 Maret 2019.

Karena dikira kedatangan petugas Penegak Perda yang hendak melakukan razia Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), pria yang belum diketahui identitasnya itu terlihat tergesa-gesa masuk area parkir gedung dekat Lotte Mart.

Secara kebetulan, kendaraan yang ditumpangi petugas Satpol PP pun masuk ke tempat yang dituju kakek tersebut dan parkir saling berdekatan. Karena takut digelandang ke kantor, kakek tanpa hidung itu langsung mengeluarkan kunci mobil dari saku baju kokonya.

Namun, sesaat akan membuka pintu depan mobilnya, anggota Satpol PP yang sudah mengenali wajah pengemis itu lantas menghampiri dan menginterograsinya. Begitu mengetahui kakek itu memiliki kendaraan pribadi, para anggota Satpol PP pun tercengang.

Para petugas kemudian hanya melakukan pengusiran terhadap kakek yang mengenakan sarung, baju koko, dan peci hitam itu. Sebelum meninggalkan lokasi, seorang anggota Satpol PP sempat memfoto saat pengemis membuka pintu kemudi mobilnya.

Pada Rabu 20 Maret 2019, kakek tanpa hidung ini kemudian digelandang ke Kantor Satpol PP di Jalan Pajajaran Kota Bogor untuk dimintai keterangan. Usai diinterogasi, Herman selanjutnya dibawa ke Kantor Dinas Sosial (Dinsos) untuk didata.

Saat ditanya petugas Dinsos, Herman membantah memiliki kendaraan roda empat dan rumah mewah, serta mempunyai tiga istri. "Jadi, apa yang diaampaikan di medsos itu fitnah, tidak benar. Saya bisa menuntut itu," ucap Herman.

Menurut dia, kendaraan Toyota Avanza warna hijau yang sempat viral di media sosial dia sewa berikut sopir sebesar Rp85 ribu per hari.

"Iya naik mobil, tapi bukan punya saya. Itu tiap hari saya sewa sama tetangga. Sopirnya juga dia tiap hari diantar jemput," kilahnya.

Pria yang akrab disapa Enur ini mengaku menyewa mobil lantaran sudah tidak kuat lagi untuk mengangkat kakinya pada saat naik angkot.

"Kaki kalau diangkat begini enggak bisa jalan, makanya pakai mobil," ucap pengemis berusia 87 tahun ini.

Enur juga membantah memiliki rumah mewah di Leuwiliang, Kabupaten Bogor, dan mempunyai istri tiga. Menurut dia, ketiga istrinya kini sudah tiada.

"Kalau kawin memang tiga kali, tapi kawin-cerai, kawin-cerai, dan sudah meninggal semua. Yang pertama orang Madura, kedua Cimayang, ketiga orang Palembang," ujar dia.

Herman mengungkapkan sudah menjalani profesinya sebagai pengemis di sejumlah ruas jalan Kota Bogor sejak tahun 1980. Saat ini, dia lebih sering mangkal di lampu merah Simpang Yasmin maupun Simpang Semplak Kota Bogor.

Dari hasil mengemis mulai pukul 07.00 WIB sampai 11.00 WIB, dia mampu menghasilkan uang minimal Rp150 ribu per hari. Uang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari anak, menantu dan cucu-cucunya.

"Anak saya kerja gajinya kecil. Semua tinggal satu rumah, menantu, anak dan cucu," jelas dia.


4. Pengemis Sragen Punya Tabungan dan Deposito

Pengemis bernama Cipto Wiyono Sukijo (74) ditangkap petugas gabungan Satpol PP dan Dinsos Sragen. Di tas dan kantong plastik miliknya terdapat uang Rp12 juta dan deposito Rp25 juta.

Dia terjaring razia tim gabungan pada Rabu 28 Agustus 2019, di simpang empat radio umum Cantel Kulon, Sragen Kota. Dia kemudian dibawa ke Rumah Singgah Dinsos Tlebengan, Sragen Tengah, Sragen.

"Masih ada tabungan berisi Rp22.000 dan deposito senilai Rp25 juta di BNI. Jadi total uang yang ada dalam tas itu senilai Rp37.441.000. Kami tidak mengira tas kumal itu berisi uang yang cukup fantastis bagi seorang pengemis," ujar Kasi Operasi Pengendalian Gangguan Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP Sragen Sriyono, Selasa 3 September 2019.

Cipto Wiyono Sukijo diketahui merupakan warga Dukuh Sundoasri RT 019, Desa Banaran, Kecamatan Sambungmacan, Sragen. Cipto mengalami gangguan jiwa. Kakek-kakek itu mengemis dengan membawa tas hitam itu ke mana-mana sambil berkalung radio.

Kasi Operasi Pengendalian Gangguan Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP Sragen, Sriyono mengatakan, Cipto sudah tertangkap Satpol PP dua kali. Pertama pada Februari 2019 lalu, saat itu ia juga membawa tas berisi uang tunai senilai Rp5 juta dan deposito Rp25 juta.

Sriyono mendapat informasi dari warga, Cipto si pengemis tajir kerap mengancam orang yang tidak memberi uang menggunakan tongkat besi yang dibawanya.

Bahkan Kasi Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial Dinsos Sragen, Ine Marliah, mengatakan kondisi kejiwaan Cipto tidak stabil, sehingga perlu dibawa ke RSJ. Setiap barang yang dibawa pengemis ini, kata dia, diperiksa dan disaksikan yang bersangkutan.


5. Muklis Si Pengemis Tajir Gandaria

Muklis Muctar Besani (65) terjaring razia petugas Dinas Sosial di kawasan Gandaria Jakarta Selatan, pada Jumat 29 November 2019.

Dari tas yang dibawa Muklis petugas mendapati uang dengan ragam pecahan Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, dan Rp 20 ribu. Totalnya mencapai Rp 194,5 juta.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan Mursyidin mengatakan, petugas telah memantau Muklis sejak tiga bulan terakhir. Muklis tak pernah berhenti menadahkan tangan ke pejalan kaki yang melintas selama petugas membuntuti aktivitasnya.

"Kami tidak serta-merta menangkap, kami rekam bagaimana pengemis beraksi. Biasanya di depan bank, minimarket, dan tempat-tempat yang berpotensi orang-orang memberikan uang Rp 2 ribu atau Rp 3 ribu," ucap Mursyidin saat dihubungi Liputan6.com, Jumat 29 November 2019.

Muklis beranjak dari rumahnya di Bukit Indah Ciputat, Tangerang Selatan pada pukul 06.00 WIB ke tempat-tempat strategis di wilayah Kebayoran baru, dan Kebayoran Lama. Ia menyambangi setiap perbankan, dan retail. Uniknya, ketika uang hasil mengemis yang didapat sudah lumayan banyak akan ditukarkan ke bank

"Dari puluhan ribu menjadi ratusan ribu sehingga uang dia bagus-bagus," ucap dia.

Muklis kemudian menaruh uang-uang itu ke dalam ranselnya. Hingga kini terkumpul Rp 194,5 juta.

Ini bukan yang pertama kali Muklis terciduk petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan. Pada 2017 lalu Muklis juga pernah tertangkap dengan bukti uang Rp 82 juta.

"Yang pertama kami masukan ke panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 Kedoya, kemudian kami hubungi keluargannya. Setelah dibina, sanak keluarga menjemput ya dipulangkan. Singkat cerita mereka membuat pertanyaan tidak mengemis. Tapi nyatanya tidak demikian," ucap dia.

Mursyidin mengatakan, Muklis mempunyai target apabila sudah terkumpul Rp 200 juta akan dipakai untuk modal usaha dan membangun rumah di Kampung Jambi

"Uang dan pengemis ada di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya. Duitnya nanti dikembalikan," tutup dia.


6. Pengemis di Aceh Kendarai Mobil

Seperti halnya Herman, warganet juga memergoki seorang peminta-minta di Kota Lhokseumawe, Aceh, pulang naik mobil sedan usai mengemis pada Juni 2019 silam.

Dalam video yang diunggah oleh akun instagram @tercyduk.aceh, tampak seorang pria mengenakan baju warna merah serta menggunakan sarung dan peci berjalan mendekati mobil yang diparkir di pinggir jalan itu. Sadar dirinya sedang direkam, pria itu langsung marah.

"Jangan urus saya kau," kata pengemis itu sambil masuk ke dalam mobil.

Pria yang merekam video tersebut lantas membalas dengan kesal, "pak, bapak uangnya untuk apa pak? Masa' droneuh ek moto, kiban cara ile? (Masak kamu naik mobil, bagaimana ini?) Minta sedekah untuk bisa naik mobil? Plat Jakarta lagi, makasih ya besok minta-minta lagi," ucap perekam video.

Menurut keterangan dari unggahan tersebut, kejadian ini direkam di depan SMP 5 Lhokseumawe. Tak butuh waktu lama untuk video ini mencuri perhatian warganet dan menjadi viral.


7. Pengemis di Gorontalo Punya Simpanan Rp490 Juta

Warga Gorontalo dihebohkan dengan penemuan dua buah buku rekening pengemis dengan total saldo mencapai angka Rp490 juta. Rekening tersebut milik LH alias Lutfi, seorang pengemis yang kerap berkeliling di Kota Gorontalo.

Lufti yang kini tinggal di Kelurahan Ipilo, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo, menghebohkan warganet. Bahkan, pengemis tersebut viral dan hingga kini masih diperbincangkan.

Melihat hal tersebut, Pemerintah Kelurahan Ipilo kemudian melakukan pemanggilan terhadap Lutfi. Tidak hanya pemerintah kelurahan, pihak kepolisian juga turut dihadirkan.

Dari hasil pertemuan tersebut, Lutfi mengaku jika uang tersebut didapatkan selama dirinya mengemis. Kurang lebih 13 tahun, uang itu kemudian disetorkan ke dua rekening yang berbeda.

Terungkap pula, jika modus Lufti untuk mengemis dengan membawa sebuah proposal masjid yang dibuatnya sendiri. Selain itu, Lufti juga kerap memaksa warga untuk memberikan sumbangan itu.

Selain menggunakan proposal palsu, saat menjalankan aksi itu, dirinya menggunakan pakaian bekas dan kotor. Hal itu demi membuat warga yang melihat merasa iba kepadanya.

"Untuk modus, pengemis itu menggunakan proposal pembangunan masjid," kata Kapolsek Kota Timur, Ipda Imanuel Ivan Bagus Pratama Thaaba, Senin 6 Juni 2022.

"Tadi, kami sudah minta yang bersangkutan membuatkan surat perjanjian untuk tidak mengulangi perbuatannya," Ipda Ivan menambahkan.

Sementara itu, Lufti mengaku uang yang dikumpulkan kerap dirampok oleh orang yang tidak dikenal. Kejadian itu dialaminya saat di jalan hingga di rumahnya sendiri.

"Biasanya ada orang yang sering rampas uang saya. Saat memasuki rumah dan di jalan," ia menandaskan.


8. Heboh Pengemis di Kota Bogor Punya Cek Rp1,3 Miliar

Yang terbaru, Tini, pengemis di Kota Bogor, Jawa Barat, bikin heboh karena memiliki cek senilai Rp 1,3 miliar. Selama ini, Tini tinggal di kolong jembatan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor dan kesehariannya memang menjadi pengemis.

Kisah Tini terkuak dari hasil operasi penertiban penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) oleh Satpol PP dan Dinas Sosial Kota Bogor, Kamis 27 April 2023.

Petugas menggiring Tini untuk dimintai keterangan tentang aksinya. Ternyata, bukan kali pertama Tini terjaring operasi.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Bogor Dodi Wahyudin, mengatakan Tini mengejutkan para petugas yang menginterogasinya. Pasalnya wanita berkulit hitam memakai topi ini diduga memiliki harta kekayaan senilai lebih dari Rp 1 miliar.

"Ditemukan ada cek senilai Rp 1.350.000.000 dan 2 STNK sepeda motor, salah satunya Honda 150 cc," ujar Dodi.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan kebenaran cek yang dimiliki Tini, sebab belum melakukan validasi ke pihak bank.

"Di cek itu tertera Bank BCA cabang Antasari Samarinda. Ada kemungkinan juga dia cuma nemu di jalan, kan kadang dia suka memulung juga. Tertera juga tahun dan tanggalnya sudah kedaluarsa," ucap Dodi.

Seorang perempuan yang diketahui beralamat di Rumpin, Kabupaten Bogor itu juga kedapatan mengantongi uang tunai Rp 1,8 juta dari hasil mengemis selama beberapa hari.

Tini diketahui mendapatkan hasil yang besar setiap kali mengemis, terutama selama Ramadan dan lebaran. Bahkan dia sudah beberapa kali terjaring operasi.

"Sudah 3 kali pernah tertangkap. Kami hitung uang tunainya ada Rp 1,8 juta," ucap Dodi.

Dodi lalu mengingatkan agar warga tidak memberikan bantuan kepada pengemis di pinggir jalan. Hal ini akan membuat mereka semakin betah dan menjadikan pengemis sebagai profesi untuk mencari uang.

"Alangkah baiknya bantuan disalurkan langsung ke panti, Baznas atau lembaga resmi lainnya," imbaunya.

Langkah selanjutnya Tini dan penyandang masalah kesejahteraan sosial lainnya akan dibina dan ditampung di Rusunawa agar ke depan mereka bisa hidup mandiri tidak mengandalkan belas kasihan orang lain.

"Kami bersama dinas lain memang menyediakan fasilitas kesehatan, sekolah gratis dan sembako untuk bantalan kebutuhan sehari-hari," pungkasnya.

Antisipasi Cuaca yang Membakar

HEADLINE: Cuaca Panas dan Potensi El Nino Agustus 2023 di Indonesia, Antisipasinya?

Liputan6.com 2023-04-29 00:02:42
Ilustrasi Liputan Khusus El Nino

Api menghanguskan empat unit mobil yang tengah terparkir di halaman The Breeze Waterpark, Jalan Lingkar Utara, Kelurahan Guntung Payung, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu 23 April 2023 lalu. Mobil-mobil itu terbakar setelah diduga kuat terpapar cuaca panas matahari yang sangat menyengat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, suhu di lokasi kejadian kala itu mencapai 35,4 derajat celcius. Ditambah hal ini dikuatkan dengan pernyataan kepolisian yang menyebut api muncul dari aksesoris di dashboard mobil yang terbakar akibat tersengat sinar matahari.

"Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah pantulan sinar matahari yang membakar bulu aksesoris di bagian dashboard mobil," kata Kepala Seksi Humas Polres Banjarbaru, AKP Tajuddin Noor, Senin 24 April 2023.

Cuaca panas yang menyengat memang terjadi di banyak wilayah Asia termasuk di Indonesia. Temperatur cuaca di sejumlah negara bahkan terbilang ekstrem. Seperti yang terjadi di Bangladesh dan India yang mencapai 51 derajat.

"Tetapi kalau kita lihat lagi terutama di Asia Tenggara, tetangga-tetangga kita dan posisinya agak sama dengan kita dekat Lintang gitu. Nah di negara-negara Asia Tenggara ini pun udah banyak sekali yang mencatatkan rekor terpanasnya, misalkan Laos mencatatkan rekor terbaru sepanjang masa suhu mencapai 42,7 derajat celcius. Thailand mencatat juga rekor yang sama, Myanmar juga mencatat rekor yg terpanas yang sama di kota Chauk," kata Juru Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Indonesia, Adila Isfandiari kepada Liputan6.com, Jumat (28/4/2023).

Dia menambahkan, semua itu terjadi bersamaan dan banyak yang mengatakan bahwa heat waves atau gelombang panas tengah melanda walaupun di Indonesia belum sampai se-ekstrem itu. "Karena yang paling panas itu tercatat di Ciputat ya 37-an derajat celcius. Itu kalau menurut BMKG belum terlalu ekstrem, belum di atas 40 derajat celcius sehingga kita belum masuk kategori terkena gelombang panas," ujar dia.

Tetapi memang, Adila menambahkan, bila melihat tren pasti ada pengaruh krisis iklim, terlepas dari panasnya ini disebut akibat dipicu oleh gerak semu matahari dan minimnya tutupan awan, Namun ditegaskan bahwa itu semua ada pengaruh krisis iklim juga. Karena banyak sekali studi-studi yang menyimpulkan tren krisis iklim ini itu meningkatkan intensitas, frekuensi, dan durasi gelombang panas di negara-negara Asia. Terutama yang terletak di Lintang Menengah hingga Lintang Tinggi, termasuk Indonesia.

"Jadi ini yang memicu rekor suhu-suhu terpanas yang terjadi di Indonesia maupun negara Asia Tenggara lainnya. Itu sih, jadi krisis iklim ini sebenarnya ya suhu panas ini tadi ya ada gerak semu matahari namun itu sudah terjadi sejak dulu ya. Nah tetapi tadi, tren pemanasan global ini ternyata yang meningkatkan intensitas, frekuensi, dan juga durasinya, lebih panjang nih kita kena suhu panas ini," ujar dia.

Adila memaparkan dampak luas yang ditimbulkan dari adanya krisis iklim ini. Dia mengungkapkan, bila saat ini baru 1,1 derajat celcius suhu temperatur global, kondisi itu akan terus naik bila negara tidak melakukan terobosan dalam menyelamtkan iklim. Hal ini tertera dalam temuan dari Proyek Persepsi Perubahan Iklim Eropa atau EPCC.

"Kita tuh track-nya akan mencapai, katanya menurut EPCC, bukan menurut saya, bahkan EPCC bilang kalau kebijakan negara-negara gini-gini aja nih untuk aksi iklimnya, kita bisa menembus 1,5 derajat. Itu bahkan di pertengahan tahun 2030 mendatang. Padahal mengacu pada Paris Aggrement sebetulnya kita menahan 1,5 derajat celcius itu kenaikannya di tahun 2100 gitu kan. Tetapi kalau kita gini-gini saja kebijakannya, itu akan naik ke 1,5 derajat bahkan lebih dari 2 derajat celcius.

Dengan kondisi 1,1 derajat celcius, kata dia, panasnya telah mencapai rekor. Bahkan sejak 2015 selalu mencatat rekor-rekor terpanas setiap tahunnya. Pada 2021 terpanas, 2020, bahkan 2022 kemarin itu pun masuk ke suhu terpanas secara global. Dan pastinya, ancaman-ancaman tersebut tidak hanya heat waves saja tetapi bencana hidrometeorologi lainnya akan bertambah semakin katastropik. Seperti heavy rainfall, hujan yang tiba-tiba curah hujannya tinggi sekali, terus juga kekeringan yang semakin parah.

"Akan semakin tinggi intesitasnya, durasinya, frekuensinya, bahkan itu semua sudah diperhitungkan dalam model IPCC yang baru kemarin meluncurkan sintesis reportnya. Bahwa tidak hanya heat waves tapi bencana seperti curah hujan meningkat akan semakin parah ke depannya. Apalagi ketika kenaikannya lebih dari 1,5 deraja celcius gitu, kita tuh nggak bisa lagi menahan dampaknya terutama dampak kepada masyarakat, dampak kepada kesehatan itu akan semakin parah lagi, itu yang kita takutkan," terang dia.

Untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan, Adila meminta pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah-langkah strategis agar cuaca panas tidak terjadi seperti di Myanmar, Laos, Thailand yang mencapai 45 derajat. Terlebih posisi Indonesia deket dengan negara-negara tersebut.

"Harusnya pemerintah bersiap-siap menurut saya. Bagaimana kita akan melakukan adaptasi, mitigasi, apalagi kalau kita lihat daerah perkotaan itu akan semakin merasakan panas yang semakin panas dibandingkan wilayah lainnya karena kita ada urban heat island dan lain-lain. Jadi pemerintah Indonesia baik nasional dan kota sudah harus siap-siap bagaimana kita harus adaptasi. Ini dampaknya sudah semakin parah dan kita nggak bisa cuma ngomongin mitigasi tapi juga adaptasi, gimana kita menyiasatinya karena bencana iklim ini bukan nanti-nanti tapi sudah terjadi," terang Adila.

Ia meminta pemerintah benar-benar menyiapkan adaptasinya lantaran saat ini baru sebatas masyarakat yang melakukan secara mandiri. Misalkan bila pada level masyarakat saat membicarakan soal cuaca panas, mereka menghindar untuk keluar rumah. Sedangkan pemerintah hanya mengimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas di luar ruangan.

"Tetapi nanti ke depannya pastinya krisis iklim dan bencana ikutannya akan membawa dampak ke ekonomi semakin besar, dan juga mengancam kesejahteraan masyarakat. Misalkan ketika bertambah panas, kelangkaan pangan bagaimana, bahkan aktivitas ekonomi luar ruang atau misalnya pertanian, bagaimana nanti mereka akan bekerja dengan suhu yang panas seperti ini. Itu kan pasti akan mengancam ketahanan pangan kita sendiri," kata dia.

"Belum lagi kenaikan muka air laut, kita kan negara pesisir dengan panjang pantai kedua terpanjang di dunia, jadi bagaimana sih kita berhadapan nanti nggak cuma gelombang panas saja tetapi juga ketika suhu semakin tinggi lelehan es dari kutub akan semakin tinggi dan akan menyebabkan dampak lebih parah," Adila menambahkan.

Karena itu, ke depan tidak lagi dapat mengandalkan adaptasi secara mandiri. Tetapi harus ada tindakan secara kolektif untuk menyelamatkan dampak yang ditimbulkan dari kondisi tersebut.

"Kita mengharapkan gimana sih adaptasi dari pemerintah, terutama nggak cuma pemerintah Indonesia aja kita meminta pertanggungjawabannya tetapi juga pemerintah negara maju yang kemarin-kemarin sudah mengeluarkan emisi yang semakin besar. Karena di KOP tahun kemarin KOP 27 kan negara-negara maju ini juga bilang akan menyediakan dana-dana untuk lost and damage, gitu kan ya, tapi belum fiks nih berapa dan bagaimana mekanismenya, ini dibicarakan di KOP 28 tahun ini," ungkap Adila.

Yang kedua pastinya mitigasi. Dia menilai adaptasi akan mengurangi paparan resiko. Salah satunya dengan mengurangi sumber dari krisis iklim itu sendiri terutama sektor energi. Mengapa, Adila menjelaskan, karena menurut NDC Indonesia sektor energi ini diproyeksikan akan menjadi penyumbang emisi terbesar di tahun 2030, jadi 58 persen emisi Indonesia akan berasal sari sektor energi.

"Salah satunya karena kita saat ini bergantung banget sama bahan bakar fosil yang merupakan sumber utama emisi gas rumah kaca. Nah itu mitigasinya bagaimana, terutama ya misalkan saat ini 88 persen listrik di Indonesia itu masih berasal dari bahan bakar fosil, jadi masih gede banget, dari batu bara masih di 69 persen. Nah gimana nih rencana pemerintah mengurangi emisi dari bahan bakar fosil. Gimana rencana pemerintah untuk melakukan transisi energi. Itu yang sebetulnya perlu kita pertanyakan dari sisi mitigasi. Komitmen sudah bagus tapi bagaimana pelaksanaannya sekarang," terang dia.

Sementara itu, Juru Kampanye Hutan Greenpeace Indonesia, Iqbal Damanik menilai rencana Menko Luhut Panjaitan yang akan memodifikasi cuaca saat terjadi El Nino sebagai sebagai langkah yang sulit dilakukan. Terlebih saat puncak kemarau.

"Sifat rekayasa hujan buatan ini bukan sebagai tindakan pencegahan, tetapi reaktif sementara atas terjadinya kebakaran dan asap, terutama di lanskap gambut yang rusak oleh pengeringan kanal-kanal perkebunan sawit dan akasia. Ini memerlukan biaya yang sangat besar yang berasal dari APBN," ujar dia.

Padahal kuncinya adalah, kata Iqbal, dengan membuat lanskap gambut tetap basah seperti kondisi alamiahnya agar tidak mudah terbakar meskipun kekeringan ekstrem akibat El Nino.

"Pada intinya, senjata menghadapi El Nino itu perlindungan dan restorasi gambut dari upaya perusakan oleh industri perkebunan sawit dan akasia skala besar. Jangan lagi membebankan izin atau menerbitkan HGU baru di lahan-lahan gambut yang tersisa," Iqbal menandaskan.


Benar kah El Nino Bakal Terjadi pada Agustus?

Peneliti Ahli Utama Klimatologi pada Pusat Riset Iklim dan Atmosfer, BRIN, Erma Yulihastin mengungkapkan potensi El Nino yang terjadi pada pertengahan April hingga Juli peluangnya pada angka 60 persen. Potensi itu semakin bertambah hingga 90 persen pada Juni hingga September 2023.

"Jadi dengan peluang yang semakin membesar ya, artinya 90% itu peluangnya tinggi di bulan Agustus- September. Kalau bulan Juli masih 60 persen," kata Erma saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (28/4/2023).

Dia melanjutkan, meski begitu ada dua catatan dilihat dari sisi scientific. Pertama adalah model prediksi yang dilakukan pada saat Maret, April, Mei atau spring time itu memiliki tingkat kepercayaan yang paling rendah ketika modelnya itu dikeluarkan pada periode-periode saat ini.

"Sekarang kan April nih, nah nanti kalau dikeluarkannya bulan Juni itu kepercayaannya tinggi," ujar dia.

"Hal itu memang sudah menjadi justifikasi ilmiah. Memang kemampuan model itu, dia ada barrier effect, ada efek penghalang ketika spring, jadi dia akan rendah kemampuannya memprediksi," Erma menambahkan.

Kemudian catatan kedua, lanjut Erma, potensi terjadinya El Nino masih fifty fifty kondisinya. Dia menjelaskan, maksud dari fifty-fifty tersebut adalah adanya fenomena alam lain yang tengah terjadi di permukaan laut.

"Kami tadi mendiskusikan itu di BRIN, ada bentuk lain yang sekarang terjadi," ungkap dia.

Erma menuturkan, pemanasan di dekat Peru memang sudah terjadi di bagian Samudera Pasifik bagian timur, tapi suhu juga naik di dekat Papua. Jadi, lanjut dia, ada dua kenaikan suhu pemanasan, yaitu di dekat Papua dan Peru.

Namun, kata dia, di tengah-tengah Samudera Pasifik ekuator, tepatnya agak sedikit ke utara itu kondisi mengalami sedikit pendinginan.

"Nah Anda tahu itu apa itu? Kami menyebutnya dalam bahasa ilmiah ialah La Nina Modoki yang ditemukan oleh peneliti dari Jepang," kata dia.

Itu artinya, kata Erma, kalau fiturnya sekarang ini masih menunjukkan ada La Nina Modoki, maka terdapat dua skenario. Yaitu bisa terjadi La Nino Modoki atau El Nino.

"Untuk kondisi sekarang ini akan kita pantau terus, apakah La Nina Modokinya yang menguat atau El Nino-nya," kata dia.

Hal ini belum banyak diketahui oleh para ilmuwan. Karena menurut dia, pihaknya pun baru mengetahui setelah memutakhirkan perkembangan iklim tersebut.

"Dan itu saya kira belum sadari ya, belum banyak hal yang diketahui karena kami juga baru tahu tadi dan ini baru di update setiap seminggu sekali observasi tersebut di permukaan laut Samudera Pasifik sehingga kita berharap nanti di Minggu depan apakah sudah berubah nih. Jadi artinya masih fifty fifty itu El Nino-nya belum proofen banget bahwa akan terjadi El Nino, sekarang baru 60%," dia menandaskan.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan wilayah Indonesia dimungkinkan terjadi El Nino kering dengan intensitas rendah setelah tahun ini menghadapi pasca Lalina basah. Untuk itu harus diwaspadai.

Kekeringan akibat El Nino merupakan fenomena pemanasan suhu muka laut di atas kondisi normal yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

"Potensi El Nino yang akan melanda Indonesia perlu kita waspadai bersama. Selain memicu kekeringan, minimnya curah hujan yang terjadi juga akan meningkatkan jumlah titik api, sehingga rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan," katanya, dilansir dari Antara, Kamis (27/4/2023).

Pengalaman dampak El Nino di tahun 2015 di antaranya mengguncang sektor ekonomi karena mengakibatkan kekeringan tanaman padi seluas 597 ribu hektare di wilayah Indonesia

Khofifah berharap dampak El Nino ke depan dapat diantisipasi bersama-sama secara komprehensif. Salah satunya dengan membentuk desa tangguh. Terdapat sebanyak 7.724 desa yang tersebar di 38 kabupaten/ kota wilayah Jatim.

Khofifah menekankan pentingnya gotong royong seluruh elemen strategis dalam mewujudkan desa tangguh untuk menekan risiko bencana.

"Ketangguhan itu akan membentuk resiliensi. Tentu perlu sosialisasi, edukasi dan pelatihan secara masif berkaitan dengan kesiapsiagaan bencana," ujarnya.

Sementara itu, setiap 26 April diperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional dengan tema "Tingkatkan Ketangguhan Desa, Kurangi Risiko Bencana".

Selaras dengan tema tersebut, Khofifah mengungkapkan ketangguhan berkaitan kesiapsiagaan menghadapi bencana perlu dibangun dari lini yang paling bawah.

"Seluruh elemen masyarakat hingga lini terbawah semua harus siap untuk mewujudkan bangsa yang tangguh bencana. Tentu sosialisasi, edukasi dan pelatihan tidak cukup disampaikan sekali lalu selesai. Ini adalah bekal bagi kita semua untuk mengantisipasi jika terjadi bencana," katanya.


Senjata Luhut Hadapi El Nino

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar tak panik dan tetap waspada menghadapi suhu panas yang melanda Indonesia hari ini, Selasa (25/4/2023).

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dwikorita Karnawati menjelaskan, suhu panas di Indonesia, bukan dampak dari perkembangan gelombang panas Asia Selatan yang masih berlangsung hingga hari ini di hampir sebagian besar negara-negara di Asia Selatan.

"Fenomena udara panas yang terjadi di Indonesia belakangan, jika ditinjau secara lebih mendalam, baik secara karakteristik fenomena maupun secara indikator statistik pengamatan suhu, tidak termasuk kedalam kategori gelombang panas," kata Dwikorita dalam keterangan resmi, Selasa (25/4/2023).

Menurut Dwikorita, secara karakteristik fenomena, suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang biasa terjadi setiap tahun. Dia menyebut, potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya.

Dia menerangkan variasi suhu maksimum 34C - 36C untuk wilayah Indonesia masih dalam kisaran normal klimatologi dibandingkan tahun- tahun sebelumnya.

"Secara klimatologis, dalam hal ini untuk Jakarta, bulan April-Mei-Juni adalah bulan-bulan di mana suhu maksimum mencapai puncaknya, selain Oktober-November," ungkap Dwikorita.

Sedangkan, lanjut dia secara indikator statistik suhu kejadian, lonjakan suhu maksimum yang mencapai 37,2C di Indonesia hanya terjadi di Ciputat pada pekan lalu. Itu pun, ujarnya hanya terjadi satu hari pada tanggal 17 April 2023 lalu.

"Suhu tinggi tersebut sudah turun dan kini suhu maksimum teramati berada dalam kisaran 34 hingga 36C di beberapa lokasi," kata dia.

Lebih lanjut BMKG mengungkapkan bahwa secara klimatologis, terutama untuk bagian Jakarta, pertengahan tahun seperti bulan April, Mei, dan Juni memang merupakan bulan-bulan dimana suhu akan mencapai puncaknya.

Selain ketiga bulan tersebut, suhu panas juga kemungkinan mencapai titik maksimum pada bulan Oktober sampai November.

Seperti diketahui, sebelumnya, BMKG di negara-negara Asia seperti Myanmar, Bangladesh, India, China, Thailand dan Laos sudah melaporkan kejadian suhu panas lebih dari 40 derajat Celcius yang berlangsung selama beberapa hari belakangan dengan rekor-rekor baru suhu maksimum di wilayahnya.

"Badan Meteorologi Cina (CMA) melaporkan lebih dari 100 stasiun cuaca di Cina mencatat suhu tertinggi sepanjang sejarah pengamatan instrumen untuk bulan April ini," ujar BMKG.

"Di Jepang, panas yang luar biasa juga teramati dalam beberapa hari terakhir. Kumarkhali, kota di distrik Kusthia, Bangladesh menjadi daerah terpanas dengan suhu maksimum harian yang tercatat sebesar 51,2 derajat Celcius pada 17 April 2023. Sedangkan 10 kota terpanas di Asia lainnya terjadi sebagian besarnya berada di Myanmar dan India."

Sementar itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun meminta semua pihak bersiap menghadapi El Nino.

Menko Luhut mengatakan, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah harus bersiap melakukan upaya mitigasi menghadapi El Nino. Berdasarkan pengalaman di 2015, El Nino berpotensi menyebabkan dampak kekeringan yang luas, termasuk juga kebakaran hutan dan lahan.

Dengan kekeringan ini akan membuat produksi pangan terdampak sehingga sangat berpotensi meningkatkan angka inflasi. Hal inilah yang diminta oleh Menko Luhut untuk diantisipasi.

"Saya meminta seluruh K/L terkait juga pemerintah daerah untuk mulai bersiap sejak dini, memperhitungkan segala langkah yang mesti ditempuh agar pengalaman buruk delapan tahun lalu tidak terulang kembali. " katanya dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, dikutip dari Antara, Rabu (26/4/2023).

Luhut mengungkapkan suhu di beberapa daerah belakangan terasa begitu tinggi. Untuk menghadapi El Nino, Luhut mengaku sudah memiliki 'senjata'.

"Setidaknya sejak saat ini kami menyiapkan teknologi modifikasi cuaca sebagai senjata menghadapi El Nino," tulis dia.