Jadi Tersangka Usai Anak Aniaya Orang Lain

AKBP Achiruddin Ditetapkan Jadi Tersangka, Biarkan Anak Aniaya Orang Lain

Liputan6.com 2023-05-03 06:05:54
AKBP Achiruddin Hasibuan (Instagram/@achiruddinhasibuan)

Polda Sumut akhirnya menetapkan AKBP Achiruddin sebagai tersangka atas kasus penganiayaan yang dilakukan anaknya. Dirinya menjadi tersangka karena membiarkan anaknya, AH melakukan penganiayaan terhadap Ken Admiral yang videonya viral belakangan.

"Hari ini juga ditetapkan sebagai tersangka terhadap yang bersangkutan (AKBP Achiruddin Hasibuan) sebagai tersangka," ucap Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak di Medan, Selasa malam (2/5/2023).

Panca juga mengatakan, yang bersangkutan telah melakukan pembiaran terhadap anaknya tersangka AH dalam melakukan penganiayaan, padahal dirinya berada di lokasi kejadian itu.

Dalam kasus tersebut, kata Panca, AKBP Achiruddin Hasibuan dijerat Pasal 304, 55, atau 56 KUHPidana.

"Karena keberadaan (AKBP Achiruddin Hasibuan) pada saat kejadian tersebut, baik itu turut serta melakukan ataupun tidak atau membiarkan orang yang seharusnya ditolong pada saat itu," katanya.


Dipecat Tidak Hormat

Sebelumnya, Polda Sumut juga memutuskan memecat AKBP Achiruddin Hasibuan melalui mekanisme Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) dikarenakan terbukti melanggar kode etik Polri terkait perilaku yang membiarkan tersangka AH melakukan penganiayaan terhadap Ken Admiral.

"Seharusnya dia bisa menyelesaikan dan mampu melerai kejadian tersebut. Tetapi dari fakta pada pemeriksaan sidang kode etik hanya melihat, tidak dilakukan apa yang seharusnya dan sepantasnya dilakukan," ucap Kapolda

Berdasarkan pertimbangan itu, Kapolda mengatakan Propam Polda Sumut memutuskan bahwa perilaku AKBP Achiruddin Hasibuan terjerat Pasal yang dikenakan dan diterapkan Pasal 5, 8, 12 dan 13 Perpol No 7 Tahun 2022.

"Sanksi itu melanggar etika kepribadian, etika kelembagaan dan kemasyarakatan. Tiga etika itu dilanggar sehingga majelis komisi kode etik memutuskan pada saudara AH untuk diberlakukan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH), " tegas Kapolda.

Surat Wasiat Pelaku Penembakan

Isi Surat Pelaku Penembakan Kantor MUI, Minta Keadilan dan Ditembak Mati Kapolda Metro Jaya

Liputan6.com 2023-05-02 13:47:44
Petugas memasang garis polisi usai dugaan penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta, Selasa (2/5/2023). Peristiwa itu terjadi pukul 10.30 WIB. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Bidang Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis membenarkan adanya sepucuk surat yang dibawa oleh pelaku penembakan Kantor MUI Menteng, Jakarta Pusat.

Cholil pun mengatakan, ada satu kali letusan tembakan yang dilepaskan oleh orang tidak dikenal itu.

"Satu kali tembakan," kata Cholil kepada wartawan, Selasa (2/5/2023).

Adapun isi surat milik pria yang diduga atas nama Mustofa NR adalah sebagai berikut:

"SUMPAH YANG KEDUA

Kepada Bapak Pimpinan KAPOLDA METRO Jaya yang terhormat, setelah saya membawa PISAU ke kantor Bapak tetap saya tidak mendapatkan hak saya yaitu keadilan juga Bapak tidak mempertemukan saya dengan ketua MUI REPUBLIK INDONESIA saya mohon kepada Bapak selaku penegak hukum supaya saya dipenjarakan seumur hidup/ Tembak Mati kalau tidak bapak lakukan.

SAYA BERSUMPAH atas nama ALLAH Dan RASUL saya akan cari senjata api saya akan tembak Penguasa/Pejabat di Negeri ini terutama orang-orang MUI tanpa memberi tahu terlebih dahulu/ meminta izin untuk kedua kalinya kepada Penegak Hukum/ Kepolisian karena saya sudah lelah berjuang untuk mendapatkan hak saya yaitu keadilan.

25 Juli 2022

Hormat saya

MUSTOFA. NR"


Polisi Langsung Oleh TKP

Polisi telah memasang garis polisi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara pada insiden penembakan yang terjadi di gedung pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta Pusat pada Selasa siang.

"Iya saat ini sedang kita olah TKP, pemeriksaan saksi-saksi dan sebagainya," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin saat dikonfirmasi, Selasa (2/5/2023).

Komarudin menjelaskan penyidik menemukan barang bukti sepucuk pistol. Sedangkan pelaku penembakan dipastikan meninggal dunia.

Pernah Dibui dan Mengaku Wakil Nabi

Polisi: Pelaku Penembakan Kantor MUI Pernah Dipenjara dan Mengaku Wakil Nabi Muhammad

Liputan6.com 2023-05-02 16:39:42
Menurut Ikhsan, tidak ada yang mengenal orang tersebut. Adapun aktivitas di Kantor MUI Menteng ada rapat pimpinan (Rapim) dan kegiatan silaturahmi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Polisi menelusuri catatat kriminal yang pernah dilakukan oleh pelaku penembakan Kantor MUI Menteng, Jakarta Pusat.

Hasilnya, pria yang disebut beridentitas Mustofa NR itu pernah melakukan tindak pidana pada 2016, termasuk mengaku sebagai nabi.

"Lalu dari database yang kami terima atas nama Mustofa NR itu pernah ada catatan kriminalnya, pernah melakukan suatu tindakan, tindak pidana pengerusakan di salah satu instalasi vital atai objek vital, itu di Kantor DPRD Prov Lampung di tahun 2016," tutur Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra kepada wartawan, Selasa (2/5/2023).

Menurut Pandra, pelaku dikenakan Pasal 406 KUHP tentang pengerusakan dalam dakwaannya dan telah menjalani hukuman 5 bulan penjara.

"Dia selalu mengklaim bahwa dia itu adalah sebagai wakil dari Nabi Muhammad SAW," jelas dia.


Back Up Penyelidikan

Pandra memastikan, Polda Lampung akan melakukan back up penyelidikan dan penyidikan atas kasus penembakan Kantor MUI Menteng.

"Intinya kita bagaimana join investigation ya, join dalam penyidikan kasus ini. Itu saja. Polda Lampung mem-back up Polda Metro Jaya," Pandra menandaskan.

Identitas M, Pelaku Penembakan

Mengaku Nabi dan Ajaran Menyimpang, Ini Identitas M Pelaku Penembakan di Kantor MUI

Liputan6.com 2023-05-02 15:45:15
"Iya benar di halaman depan kantor MUI ada beberapa kaca pecah, ada korban dari pihak kita, sudah dibawa ke rumah sakit. Saya kira ini bentuk teror yang mengaku Tuhan. Iya dia bilang mengak

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengungkapkan, pelaku penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di Menteng, Jakarta Pusat, merupakan pria berinisial M (60).

"Identitas pelaku sudah ada, inisialnya M dengan usia sekitar 60-an. KTP domisili Lampung," katanya saat dikonfirmasi di Kantor MUI Pusat, Selasa.

Komarudin menambahkan, jenazah pelaku telah dibawa ke RS Polri Kramat Jati guna dilakukan autopsi. Adapun, pelaku kedapatan membawa obat-obatan.

"Saat ini mau diautopsi, nanti dari sanalah baru diketahui penyebab meninggalnya kenapa karena ditemukan juga dalam tasnya barang-barang seperti obat-obatan, buku rekening dan beberapa lembar surat-surat," katanya, dikutip Antara.

Komarudin menjelaskan, penyidik menemukan barang bukti sepucuk pistol. Sedangkan pelaku penembakan dipastikan meninggal dunia.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto telah mengecek tempat kejadian perkara (TKP) insiden penembakan di Kantor MUI Pusat di Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa siang.

Kapolda Metro Jaya tiba sekitar pukul 12.45 WIB. Terlihat juga tim Inafis. Sejumlah polisi juga berjaga di sekitar Kantor MUI Pusat.

Polisi telah memasang garis polisi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) pada insiden penembakan itu.


Pelaku Pernah Mengaku Nabi dan Ajarkan Hal Menyimpang

Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Masduki Baidlowi mengatakan keamanan di Gedung MUI Pusat tidak diperketat usai insiden penembakan, Selasa.

"Tidaklah, biasa saja keamanan di MUI selama ini, standar saja. Prosedur standar saja karena memang tidak ada apa-apa sebenarnya itu, biasa saja," kata Masduki Baidlowi saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Juru Bicara Wakil Presiden Ma'ruf Amin itu menambahkan tidak ada penambahan petugas keamanan, melainkan meningkatkan kondisi pengamanan di Gedung MUI Pusat, Jakarta.

"Kalau tambahan (pengamanan) tidak, tapi kalau mendisiplinkan tingkat keamanannya, mungkin koordinasi dengan pihak kepolisian lebih intensif, tapi kan tidak perlu dipergawat," tambahnya.

Masduki pun menyebut Wapres Ma'ruf Amin sudah mengetahui insiden penembakan tersebut dan tidak menginstruksikan hal khusus untuk MUI.

"Tidak ada (instruksi khusus) karena (penembakan) itu kan tidak ada hubungan dengan masalah internal MUI, apalagi orang ini sebelumnya mengaku nabi, katanya. Kalau dia mengaku nabi selama ini, ya ajaran-ajaran yang nyeleneh-nyeleneh begitu, dan MUI selama ini punya tugas membina dan membimbing pihak-pihak yang ajaran-ajarannya keluar dari mainstream dari umat Islam ahlussunnah wal jama'ah," jelasnya.

Terhadap hal-hal yang menyimpang tersebut, Masduki mengatakan MUI biasanya melakukan tugas-tugas pembimbingan.

"Sehingga, saat memberikan bimbingan, bisa jadi ada yang suka dan tidak suka," imbuhnya.

Tim Rembulan


Simak Video Pilihan Ini:

Orang Tak Dikenal yang Mengaku Tuhan

9 Fakta Penembakan di Kantor MUI Jakarta Oleh Orang Tak Dikenal yang Mengaku Tuhan

Liputan6.com 2023-05-02 14:10:39
Terjadi penembakan di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2023). (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi).

Aksi penembakan terjadi di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) hari ini, Selasa (2/5/2023). Berdasarkan informasi yang dilaporkan akun Twitter @faicalwashh ada sejumlah orang yang menjadi korban dalam peristiwa penembakan tersebut. Saat melancarkan aksinya, pelaku mengaku Tuhan.

Hal ini belakangan telah dibenarkan oleh Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hukum dan HAM Ikhsan Abdullah saat dikonformasi.

"Iya benar di halaman depan kantor MUI ada beberapa kaca pecah, ada korban dari pihak kita, sudah dibawa ke rumah sakit. Saya kira ini bentuk teror yang mengaku Tuhan. Iya dia bilang mengaku Tuhan," tutur Ikhsan saat dikonfirmasi, Selasa.

Menurut keterangan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komaruddin, peristiwa penembakan di Gedung MUI tersebut terjadi pada pukul 10.30 WIB. Pelaku beraksi seorang diri.

"Sementara (pelaku) satu orang dan sudah meninggal," kata Kapolres.

Terkait motif dan identitas pelaku penembakan saat ini tengah dalam penyelidikan polisi.

Berikut sederet fakta penembakan di Kantor MUIJakarta oleh orang tak dikenal hingga menyebabkan sejumlah orang menjadi korban:


1. Insiden Penembakan di MUI Pertama Kali Disebarkan Akun Twitter @faicalwashh

Informasi ini pertama kali disebarkan oleh akun twitter @faicalwashh kepada pengikutnya di twitter.

"Terjadi penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia Jakarta oleh orang tak dikenal. Beberapa orang terluka dan dibawa ke rumah sakit," tulis akun faicalwashh seperti dikutip, Selasa (2/5/2023).

Pemilik akun faicalwashh turut membagikan foto-foto yang menampilkan kondisi di pintu masuk Gedung MUI. Tampak, kaca-kaca pecah.

Sementara itu, pada foto lain ada pula seseorang yang diduga pelaku sedang diamankan.


2. Pelaku Penembakan di MUI Tewas

Terduga pelaku penembakan tewas dalam insiden tersebut. Menurut Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komaruddin dia, peristiwa itu terjadi pada pukul 10.30 WIB, Selasa (2/5/2023).

"Pelaku sudah meninggal," kata Kapolres saat dikonfirmasi perihal kabar ditangkapnya pelaku penembakan di MUI.

Menurutnya pelaku teridentifikasi seorang diri, namun demikian pihaknya masih terus menyelidiki hal tersebut.

"Sementara (pelaku) satu orang.

Polisi saat ini tegah melakukan olah tempat kejadian peristiwa di Gedung MUI guna menyelidiki kejadian tersebut.

"Polisi saat ini sedang olah TKP, pemeriksaan saksi-saksi, dan sebaginya," kata Komaruddin.

Polisi masih menyelidiki identitas pelaku dan motif penembakan.

"Nanti kalau sudah dapat identitas pelaku, latar belakang, dan sebagainya, modus dan sebagainya nanti kita rilis," kata Komaruddin.


3. Pelaku Penembakan di MUI Mengaku Tuhan

Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hukum dan HAM Ikhsan Abdullah membenarkan telah terjadi penembakan di Kantor MUI Pusat, Menteng, Jakarta Pusat. Pelaku Orang Tak Dikenal (OTK) itu mengaku sebagai Tuhan.

Menurut Ikhsan, tidak ada yang mengenal orang tersebut. Adapun aktivitas di Kantor MUI Jakarta ada rapat pimpinan (Rapim) dan kegiatan silaturahmi.

"Nggak ada yang kenal (pelaku), di atas sedang halal bi halal," jelas dia.


4. 3 Orang Jadi Korban dalam Penembakan di Kantor MUI Tersebut

Saat aksi teror dilakukan oleh terduka pelaku, dilaporkan tiga orang menjadi korban, yakni petugas keamanan, staff, dan front officer.

"Terluka tangan dan punggung, peluru karet," jelas Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hukum dan HAM Ikhsan Abdullah.

Polisi menyelidiki dugaan penembakan yang terjadi di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta Pusat. Informasi ini pertama kali disebarkan oleh akun Twitter @faicalwashh kepada pengikutnya di Twitter.


5. Pelaku Penembakan Kantor MUI Pusat Sempat 2 Kali Bersurat ke Pimpinan

Sementara itu, Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa, Arif Fahrudin menyampaikan, pelaku penembakan Kantor MUI Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, dikenali sebagai sosok yang sempat dua kali berkirim surat ke Pimpinan MUI.

"Yang bersangkutan pernah mengirimkan surat dengan pimpinan sudah dua kali," tutur Arif kepada wartawan, Selasa (2/5/2023).

"Surat (pelaku) belum dibaca suratnya," Arif menandaskan.

Menurut Arif, pelaku bermaksud menemui langsung Pimpinan MUI sebelum melakukan penembakan. Hanya saja memang tengah ada kegiatan rapat pimpinan (Rapim) sejak pukul 10.00 WIB.

"Yang sekarang (pelaku) pengen ketemu tapi nggak sabar, karena lagi rapat dari jam 10.00-11.00 WIB. Dia mungkin nggak sabar, buat keonaran, terus gitu," jelas dia.


6. Kronologi Penembakan di Kantor MUI Jakarta

Penembakan terjadi di Gedung Majelis Ulama Indonesia atau MUI, Jakarta Pusat. Terduga pelaku penembakan tewas dalam insiden tersebut.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komaruddin membenarkan peristiwa penembakan tersebut. Peristiwa itu terjadi pukul 10.30 WIB, Selasa (2/5/2023).

"Pelaku sudah meninggal," kata Kapolres saat dikonfirmasi perihal kabar ditangkapnya pelaku penembakan.

Menurutnya pelaku teridentifikasi seorang diri, namun demikian pihaknya masih terus menyelidiki hal tersebut.

Polisi saat ini tegah melakukan olah tempat kejadian peristiwa di Gedung MUI guna menyelidiki kejadian tersebut.

"Polisi saat ini sedang olah TKP, pemeriksaan saksi-saksi, dan sebaginya," kata Komaruddin.


7. Lokasi Penembakan di MUI Dipasang Garis Polisi

Dari pantauan merdeka.com kantor MUI yang terletak di Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat telah dijaga ketat oleh aparat kepolisian hingga mulai dipasang garis kepolisian.

Nampak aparat kepolisian melakukan penjagaan ketat di Kantor MUI. Selain itu banyak juga anggota yang tengah memeriksa kondisi ruangan di depan pintu lobi MUI.

Masih banyak juga petugas yang masih keluar masuk kantor MUI. Bahkan beberapa kendaraan jajaran penyidik masih lalu lalang, beberapa di antaranya terparkir di sekitaran TKP hingga membuat macet.

Lebih lanjut, Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto juga telah hadir di lokasi kejadian ditemani oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Hengki Haryadi, dan Kapolres Metro Jakarta Pusat.


8. Terkuak Isi Surat Pelaku Penembakan di MUI

Ketua Bidang Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis membenarkan adanya sepucuk surat yang dibawa oleh pelaku penembakan Kantor MUI Menteng, Jakarta Pusat.

Cholil pun mengatakan, ada satu kali letusan tembakan yang dilepaskan oleh orang tidak dikenal itu.

"Satu kali tembakan," kata Cholil kepada wartawan, Selasa (2/5/2023).

Adapun isi surat milik pria yang diduga atas nama Mustofa NR adalah sebagai berikut:

"SUMPAH YANG KEDUA

Kepada Bapak Pimpinan KAPOLDA METRO Jaya yang terhormat, setelah saya membawa PISAU ke kantor Bapak tetap saya tidak mendapatkan hak saya yaitu keadilan juga Bapak tidak mempertemukan saya dengan ketua MUI REPUBLIK INDONESIA saya mohon kepada Bapak selaku penegak hukum supaya saya dipenjarakan seumur hidup/ Tembak Mati kalau tidak bapak lakukan.

SAYA BERSUMPAH atas nama ALLAH Dan RASUL saya akan cari senjata api saya akan tembak Penguasa/Pejabat di Negeri ini terutama orang-orang MUI tanpa memberi tahu terlebih dahulu/ meminta izin untuk kedua kalinya kepada Penegak Hukum/ Kepolisian karena saya sudah lelah berjuang untuk mendapatkan hak saya yaitu keadilan.

25 Juli 2022

Hormat saya

MUSTOFA. NR"


9. Polisi Periksa Saksi-saksi Penembakan di Kantor MUI

Diketahui, saat penembakan terjadi ada tiga orang yang menjadi korban, yaitu petugas keamanan, staf dan front officer.

"Iya, saat ini sedang kita olah TKP. Pemeriksaan saksi-saksi dan sebagainya," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin dilansir Antara.

Komarudin menyatakan petugas menemukan barang bukti berupa pistol yang diduga digunakan pelaku penembakan gedung MUI. Sementara itu, Komarudin mengatakan, pelaku penembakan tewas.

Sementara itu, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan mengaku belum mengetahui motif pelaku melakukan aksi penembakan. "Belum diketahui motif penembakan tersebut," ujar Amirsyah.

Sementara itu, Ketua MUI Pusat Cholil Nafis membenarkan adanya peristiwa penembakan tersebut. Dia mengatakan, pantulan peluru pecahan kaca akibat penembakan kantor MUI itu mengenai punggung staf resepsionis, pecahan kaca juga mengenai tangan seorang staf dan badan sekuriti.

"Semua luka ringan. Kami pecaya aparat keamanan mampu menyelesaikan dengan baik," kata Cholil.

Tulisan Lama yang Dianggap Ejekan

Tulisan Lama Meghan Markle tentang Pernikahan Kate Middleton Muncul Kembali, Dianggap Mengejek Ipar

Liputan6.com 2023-05-02 14:01:34
Duchess of Cambridge, Kate Middleton dan Duchess of Sussex, Meghan Markle berbincang saat menghadiri perayaan Natal kerajaan di Gereja St Mary Magdalene di Sandringham, Inggris (25/12). Kedua

Di tengah perayaan ulang tahun ke-12 pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, tulisan lama Meghan Markle di blognya kembali menyeruak. Mantan aktris berusia 41 tahun itu sebelumnya mengaku hanya tahu sedikit tentang para bangsawan Inggris sebelum menikah dengan Pangeran Harry pada 2018.

Namun demikian, kembali pada 2014, Meghan menulis kritik tajam terhadap pernikahan Kate pada 2011 dengan Pangeran William di blog gaya hidupnya yang sekarang sudah tidak ada lagi, The Tig. Bintang Suits itu dianggap mengejek pernikahan mewah Pangeran dan Putri Wales, dilansir dari New York Post, Selasa (2/5/2023).

Dinamai dari anggur merah favoritnya, Tignanello, jurnal online Meghan membahas topik-topik seperti makanan, mode, kesehatan, perjalanan, serta menyentuh topik politik dan filantropi. Menurut Daily Mail, tulisan blog yang muncul kembali dilaporkan mencatat "percakapan tanpa akhir" seputar upacara mewah.

Juga, menyatakan bahwa gadis-gadis muda harus ingin tumbuh jadi wanita kuat dalam kehidupan nyata, bukan perempuan yang terhanyut dalam dongeng. "Kita jelas tidak membicarakan Cinderella di sini," tulis Meghan tentang pernikahan kerajaan.

"Gadis-gadis kecil bermimpi jadi putri. Saya, misalnya, pernah tergila-gila dengan She-Ra, Princess of Power," katanya, merujuk pada pahlawan super fiksi dalam franchise Masters of the Universe. "She-Ra adalah saudara kembar He-Man dan seorang pemberontak kerajaan yang menggunakan pedang yang dikenal karena kekuatannya."

Meghan melanjutkan, "Wanita dewasa tampaknya mempertahankan fantasi masa kecil ini. Lihat saja kemegahan dan keadaan seputar pernikahan kerajaan dan percakapan tanpa akhir tentang Putri Kate."

Sebuah sumber yang dekat dengan istri Pangeran Harry ini kemudian membantah bahwa Tig ditutup atas perintah keluarga kerajaan menjelang pertunangannya dengan Harry pada 2017, menurut People.


Blog Meghan Markle Bakal Aktif Lagi?

Sekarang, beberapa orang berspekulasi bahwa Meghan Markle itu akan melakukan comeback untuk blognya dalam waktu dekat. Awal tahun ini, Meghan mengajukan dokumen ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS untuk berpotensi me-reboot blog.

Versi baru situs web akan terdiri dari wawancara dan artikel tentang berbagai topik, termasuk memasak, hubungan, mode, desain interior, gaya hidup, seni, kesehatan, dan kebugaran. Tepat sebelum blognya offline, Meghan membuat catatan perpisahan tahun itu berjudul, "The Tig: Farewell, Darling."

"Setelah hampir tiga tahun yang indah dalam petualangan ini bersama kalian, saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal pada The Tig," tulisnya, menyebut situs tersebut sebagai "komunitas inspirasi, dukungan, kesenangan, dan kesembronoan."

Ia melanjutkan, "Terus temukan momen penemuan Tig itu, teruslah tertawa dan ambil risiko, dan teruslah jadi 'perubahan yang ingin Anda lihat di dunia.' Di atas segalanya, jangan pernah melupakan nilai diri Anda, seperti yang telah saya katakan pada Anda berkali-kali: kamu, temanku yang manis, kamu sudah cukup. Terima kasih untuk semuanya."


Ulang Tahun ke-12 Pernikahan William dan Kate

Sementara itu, Pangeran William dan Kate Middleton menandai ulang tahun ke-12 pernikahan mereka pada Sabtu, 29 April 2023 dengan sebuah potret manis. Pangeran dan Putri Wales membagikan foto mereka di akun Instagram bersama, menulis singkat, "12 years ."

Dikutip dari People, 30 April 2023, foto yang dibagikan saat ulang tahun pernikahan pasangan kerajaan Inggris itu diabadikan fotografer Matt Porteous, tahun lalu. William dan Kate terlihat mengendarai sepeda di pedesaan Norfolk dengan saling merangkul satu sama lain.

Potret itu adalah bagian dari serangkaian foto yang sebelumnya dijepret oleh Porteous. Foto lain dari pemotretan dibagikan bulan lalu, yakni pada Hari Ibu di Inggris dan selama Natal 2022.

William dan Kate menikah pada 2011 di Westminster Abbey dalam kebaktian yang dilakukan oleh Uskup Agung Canterbury saat itu, Dr. Rowan Williams. Ulang tahun ke-12 pernikahan mereka datang tepat seminggu sebelum Raja Charles III dan Ratu Camilla ditetapkan untuk dinobatkan di lokasi yang sama selama penobatan pada 6 Mei 2023.


Tidak Akan Betemu Meghan Markle di Penobatan Raja Charles

Di momen penobatan Raja Charles III, Kate Middleton tidak akan bertemu iparnya, Meghan Markle, yang telah dikonfirmasi akan tinggal di rumahnya di California, sementara Pangeran Harry bakal pulang kampung untuk acara bersejarah itu.

Sebelumnya, ibu tiga anak ini telah lebih dulu membocorkan busana yang akan dikenakannya di upacara penobatan pada 6 Mei 2023 mendatang pada pembawa acara This Morning di ITV, Alison Hammond. "Saya merasa Anda akan menggunakan (baju) biru," ucap Hammond pada Putri Wales, dikutip dari NY Post, 27 April 2023.

Keluarga kerajaan kemudian mengonfirmasi bahwa busana yang dipakai dalam upcara penobatan raja akan bernuansa biru. Kate yang kini berusia 41 tahun tidak asing dengan warna biru langit.

Ia belum lama ini terlihat mengenakan mantel, topi, dan kopling biru elektrik di Kapel St. George di Kastil Windsor untuk kebaktian Paskah bersama keluarga kerajaan. Kate juga mengenakan gaun pas badan Issa biru tua saat mengumumkan pertunangannya dengan Pangeran William pada 2010.

Ia pun pernah difoto mengenakan busana biru muda di Kejuaraan Tenis Wimbledon pada 14 Juli 2019; kotak-kotak biru ke Istana Holyroodhouse pada 26 Mei 2021; dan mantel biru selama kunjungan resmi ke Cambridgeshire pada 23 Juni 2022.

Biaya Penobatan Menuai Kritik

Biaya Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla Diprediksi Rp1,8 Triliun, Kritikus: Lebih Baik Dimanfaatkan untuk Layanan Publik

Liputan6.com 2023-05-01 21:32:17
Potret terbaru Raja Charles III dan Ratu Permaisuri Camilla jelang acara penobatan di Westminster Abbey pada 6 Mei 2023. (dok. Instagram @theroyalfamily/https://www.instagram.com/p/CqoPL-C

Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla pada 6 Mei 2023 akan diikuti dengan perayaan nasional selama akhir pekan, yang diperkirakan menelan uang pajak setidaknya 100 juta pound sterling atau sekitar Rp1,8 triliun.

Baik Downing Street maupun Istana Buckingham tidak mengonfirmasi biaya pasti penobatan. Meski secara skala, durasi, dan jumlah tamu undangan jauh di bawah penobatan Ratu Elizabeth II pada tahun 1953, namun penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla yang diberi sandi "Operasi Golden Orb" berlangsung di tengah krisis biaya hidup yang masih melanda Inggris.

Keputusan untuk "menurunkan kemegahan" upacara penobatan sendiri disebut merupakan wujud dari kepekaan Raja Charles III terhadap krisis biaya hidup, di samping alasan lain, yaitu membentuk monarki yang lebih modern dan ramping. Bagaimanapun, kemeriahan perayaan nasional dinilai akan sangat kontras dengan suramnya krisis ekonomi, di mana inflasi yang tinggi telah memicu aksi mogok buruh.

Ratusan pekerja Inggris, di antaranya dokter, guru, dan masinis, telah menjalankan aksi mogok dalam beberapa bulan terakhir untuk menuntut gaji yang lebih baik. Dan aksi mogok lebih lanjut dari petugas lalu lintas dan pekerja Bandara Heathrow dikabarkan membayangi perayaan penobatan.

Kepala Eksekutif Republik, kelompok anti-monarki, Graham Smith, yang akan segera menerbitkan buku berjudul "Abolish the Monarchy" seperti dilansir TIME, Senin (1/5/2023) menuturkan, "Itu adalah jumlah uang pembayar pajak yang sangat besar untuk dibelanjakan. Kita tahu bahwa ada banyak pekerja sektor publik yang berjuang untuk mendapat kenaikan gaji. Kita tahu bahwa ada orang di tempat kerja yang mengandalkan bank makanan. Ada rumah sakit yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan, sekolah berjuang untuk mendapat sumber daya bagi murid-murid mereka, layanan polisi berjuang untuk memberantas berbagai jenis kejahatan."

Graham mengakui bahwa 100 juta pound sterling bukanlah jumlah yang akan sangat berarti jika diarahkan ke National Health Service atau polisi. "Tapi itu akan sangat bermanfaat bagi banyak orang jika dihabiskan untuk layanan publik, tunawisma, kemiskinan, dan sebagainya dibanding dihabiskan untuk sebuah parade atau satu orang."


Pembelaan Pemerintah Inggris

Sejumlah menteri Inggris menolak gagasan untuk mengurangi kemeriahan penobatan. Kanselir Kadipaten Lancaster Oliver Dowden mengklaim bahwa masyarakat tidak ingin berhemat pada apa yang akan menjadi momen bersejarah bangsa. Lagipula, menurutnya, penobatan pada masa lalu tidak selalu terjadi pada waktu yang tepat.

Penobatan kakek Raja Charles III pada tahun 1937, Raja George VI, terjadi di tengah resesi ekonomi hanya dua tahun sebelum dimulainya Perang Dunia II.

"Saya rasa, orang tidak peduli berapa biayanya hanya karena itu sukses dan menjadi pertunjukan besar," ungkap pakar kerajaan Richard Fitzwilliams.

Fakta lain terkuak berdasarkan survei terbaru oleh YouGov. Lebih dari setengah dari partisipan menilai bahwa penobataan seharusnya tidak boleh didanai oleh pemerintah, dibandingkan hanya 32 persen yang setuju. Beberapa bahkan mempertanyakan mengapa keluarga kerajaan tidak mau membayar tagihan sendiri.

Investigasi baru-baru ini oleh The Guardian mengungkapkan bahwa kekayaan pribadi Raja Charles III sekitar 1,8 miliar pound sterling, meski gambaran lengkap tentang keuangan monarki sebagian besar tetap tidak jelas.

Para pendukung monarki berargumen soal peran monarki dalam mendorong pertumbuhan sektor pariwisata Inggris walau tidak tersedia angka pastinya.

"Tidak ada bukti sama sekali untuk mendukung bahwa wisatawan datang ke Inggris karena monarki," tegas Smith.

Peran Penting Pangeran William

Terungkap Peran Penting Pangeran William di Penobatan Raja Charles III

Liputan6.com 2023-05-02 03:00:00
(kiri ke kanan) Pangeran William, Permaisuri Camilla, dan Raja Charles III saat upacara proklamasi bersama Dewan Aksesi di Istana St. James, London, Inggris, Sabtu (10/9/2022). Charles III

Pangeran William ditetapkan untuk memberi penghormatan kepada ayahnya Raja Charles III pada penobatan. Pangeran William akan melangkah maju di Westminster Abbey pada 6 Mei mendatang dan mengikrarkan kesetiaannya kepada Raja selama upacara penobatan Raja Charles III tersebut.

Dikutip dari People, Senin, 1 Mei 2023, setelah Raja Charles III dimahkotai di tengah upacara, Pangeran William akan berlutut di hadapan Raja Charles III. Pangeran berusia 40 tahun itu juga meletakkan tangannya di antara tangan Raja.

Ia juga akan berkata, "Saya, William, Pangeran Wales, berjanji setia kepada Anda dan iman dan kebenaran akan saya tanggung kepada Anda, sebagai penghubung hidup dan anggota tubuh Anda. Jadi bantu saya Tuhan. Kata-kata Pangeran Wales - yang disebut Penghormatan Darah Bangsawan - menggemakan sumpah yang dibuat oleh mendiang kakeknya Pangeran Philip kepada istrinya Ratu Elizabeth pada tahun 1953 ketika dia juga bersumpah untuk menjadi "tuan hidup dan anggota tubuhnya".

"Kata-kata kesetiaan" dan peran Pangeran William telah dikonfirmasi dalam liturgi layanan penobatan yang dirilis oleh kantor Uskup Agung Canterbury di Istana Lambeth. Pangeran William adalah satu-satunya bangsawan yang akan memberikan penghormatan dengan cara ini dalam kebaktian tersebut.

Pangeran William juga akan muncul selama upacara penobatan sebagai Stole Royal (dari kata Yunani kuno yang berarti "syal") dan Robe Royal dibawa ke Raja. William akan membantu Baroness Merron dan para uskup mengenakan jubah pada Raja Charles III.


Prosesi Penobatan

Liturgi juga melihat terobosan lain yang berbeda dari masa lalu, dengan Uskup Agung, Yang Terhormat Justin Welby, mengundang orang-orang di seluruh Inggris untuk menonton atau mendengarkan upacara untuk bergabung dalam Penghormatan Rakyat. Peran itu secara tradisional akan dilakukan oleh Duke dan bangsawan turun-temurun di Westminster Abbey.

Gereja Inggris mengatakan ini adalah "momen baru dan penting dalam tradisi Penobatan. Seperti yang belum pernah terjadi sebelumnya, masyarakat umum ditawari kesempatan seperti itu untuk bergabung dengan tokoh nasional dalam menyatakan kesetiaan mereka kepada Yang Berdaulat."

Sumpah baru berbunyi, "Saya bersumpah bahwa saya akan memberikan kesetiaan sejati kepada Yang Mulia, dan kepada ahli waris dan penerus Anda menurut hukum. Jadi bantu saya, Tuhan." Lantas, diikuti dengan kemeriahan dan Uskup Agung kemudian memimpin orang-orang untuk memuji Tuhan Selamatkan Raja, dengan jawaban "Tuhan selamatkan Raja Charles, Hidup Raja Charles, Semoga Raja hidup selamanya."

Dalam penyimpangan lainnya dari tradisi, dan menggarisbawahi komunitas yang berbeda di Inggris modern, para pemimpin agama lain akan menyambut Charles secara serempak saat dia meninggalkan kebaktian.


Banyak yang Berbeda

Perwakilan dari agama Yahudi, Hindu, Sikh, Muslim dan Budha akan berkata, "Sebagai orang yang berdekatan dalam iman, kami mengakui nilai pelayanan publik. Kami bersatu dengan orang-orang dari semua agama dan kepercayaan dalam ucapan syukur, dan dalam pelayanan dengan Anda untuk kebaikan bersama."

Layanan akan memiliki yang momen pertama lainnya, termasuk seorang uskup perempuan yang mengambil bagian dalam penobatan, dan bahasa tradisional negara-negara Kepulauan Inggris juga akan digunakan. Ada doa dalam bahasa Welsh dan himne, Veni Creator, yang akan dinyanyikan dalam bahasa Welsh, Gaelik Skotlandia, dan Gaelik Irlandia.

Pangeran George, putra tertua Pangeran William yang berada di urutan kedua dalam garis suksesi, juga akan memainkan peran khusus dalam penobatan kakeknya. Pangeran berusia 9 tahun itu akan menjadi Page of Honor bagi Raja Charles pada upacara penobatan.

Partisipasi George di penobatan akan membuat sejarah, menurut The Telegraph. Pangeran George akan menjadi calon raja termuda yang memainkan peran resmi di penobatan.


Pangeran George Akan Bawa Pedang Pelindung di Penobatan Raja Charles III

Dikutip dari Mirror, Jumat, 14 April 2023, sementara perencanaan prosesi penobatan terus didetailkan dan daftar tamu terus diperbarui, Pangeran George sudah dipastikan akan bertugas sebagai Page of Honour. Ia tidak akan bertugas sendirian, tetapi total ada empat Page of Honour yang bertugas membawa pedang sambil mengenakan mantel merah, celana putih, dan stoking.

George akan menjadi yang termuda di rombongan pendamping Raja Charles. Tiga lainnya adalah anak-anak teman Raja Charles III, yakni Lord Oliver Cholmondeley, Nicholas Barclay, dan Ralph Tollemache. George akan mengenakan pakaian yang sangat berbeda dari seragam sekolah regulernya dan cocok untuk menggambarkan posisinya sebagai pewaris takhta Inggris kedua.

Melansir The Sun, Rabu, 5 April 2023, Ratu Camilla juga akan didampingi empat Page of Honour dalam prosesi penobatan itu. Mereka adalah tiga cucu Camilla, Gus Lopes, Louis Lopes, dan Freddy Parker Bowles, serta keponakan Camilla, Arthur Elliot.

Gus dan Louis Lopes adalah putra kembar anak Camilla, Laura Lopes, yang kini berusia 13 tahun. Sementara, Freddy Parker Bowles adalah putra Tom Parker Bowles yang berusia 12 tahun serta Arthur Elliot 11 tahun. Para pendamping nantinya akan ditugasi memegang ekor jubah Raja dan Ratu selama penobatan yang diperkirakan akan berlangsung sekitar 2,5 jam.

Dengan hanya tiga minggu tersisa, seorang sumber menyebut latihan untuk acara penobatan itu baru digelar sekali. Pengaturan tempat duduk masih belum diputuskan dan pembangun telah diminta untuk membuat tanjakan karena khawatir Raja Charles III bisa tersandung karena jubah seremonialnya yang berat saat berjalan ke kursi singgasana setelah dimahkotai. Namun, Istana Buckingham membantah klaim tersebut dengan para pembantunya bersikeras semuanya berjalan lancar.

Tenten Anisa Bantah jadi Orang Ketiga

Tenten Anisa Layangkan Somasi kepada Virgoun dan Inara Idola Rusli, Bantah Tudingan jadi Orang Ketiga

Liputan6.com 2023-05-02 17:19:59
Tenri Ajeng Anisa alias Tenten Anisa, wanita muda yang dituding sebagai selingkuhan Virgoun dan sempat membuat Inara Idola Rusli meradang. (Dok. via M. Altaf Jauhar)

Tenri Ajeng Anisa buka suara terkait tudingan sebagai orang ketiga di rumah tangga Inara Idola Rusli dan Virgoun. Didampingi kuasa hukumnya, Tenri alias Tenten Anisa dengan tegas membantah tudingan tersebut.

Merasa dicemarkan nama baiknya, Tenri Anisa melayangkan somasi terbuka kepada Virgoun dan Inara Idola Rusli. Bahkan, ia tak segan menempuh jalur hukum andai somasi tersebut tidak digubris.

"Tenri Ajeng Anisa hari ini memberikan somasi terbuka kepada Virgoun dan istrinya, Ina Idola Rusli, terkait dengan pemberitaan yang tidak benar selama ini, yang sebenarnya pelakunnya adalah Virgoun," kata kuasa hukum Tenten Anisa, Milano Lubis, di Kawasan Brawijaya, Jakarta Selatan, Selasa (2/5/2023).

"Makanya kita kasih kesempatan keduanya untuk minta maaf dan klarifikasi ini semua dalam 2x24 jam," sambung Milano Lubis.


Surat Pernyataan yang Ditulis Virgoun Menyebutkan Nama Tenri Ajeng Anisa

Milano mengatakan, tudingan terhadap Tenri Anisa muncul lantaran unggahan Inara di Instagram Stories-nya. Namun, di situ terdapat surat pernyataan yang ditulis Virgoun, yang menyebutkan nama Tenri Ajeng Anisa.

"Memang yang menyebarkan istrinya namun kontennya sendiri itu adalah, karena ada pernyataan, semacam surat pernyataan yang dibuat Virgoun menyatut nama klien kami. Seolah klien kami adalah pelakor atau pihak ketiga dalam keretakan permasalahan rumah tangganya," sambung Milano.


Tanya Motif Virgoun Menulis Nama Tenri di Surat Pernyataan

Dalam kesempatan itu, Milano juga dengan tegas membantah tudingan yang menyebut Tenri Anisa adalah pelakor. Ia juga tidak mengetahui motif Virgoun menulis nama Tenri di surat pernyataan tersebut.

"Hubungan seperti yang ditulis di perjanjian itu, ya. Virgoun mengaku ada hubungan seperti layaknya suami istri. Itu kan sudah terlalu, ya. Ini kan enggak benar. Saya sendiri enggak mengerti apa motifnya," tandasnya.


Awal Mula Retaknya Rumah Tangga Virgoun dan Inara Idola Rusli

Sekadar diketahui, rumah tangga Virgoun dan Inara Idola Rusli tengah menjadi sorotan. Hal itu bermula dari unggahan Inara di Insta Story dengan membongkar dugaan perselingkuhan yang dilakukan Virgoun.

Di antara unggahan dalam Insta Story-nya, Inara sempat mengunggah daftar transfer uang yang diduga dikirimkan Virgoun ke wanita lain dari Juli 2021 hingga Agustus 2022, yang mencapai jumlah Rp181 juta. (Liputan6.com/M. Altaf Jauhar)

Asal-usul Jalan Kelok 9

Asal-usul Kelok 9, Ruas Jalan Populer di Sumatera Barat yang Ada Sejak Zaman Belanda

Liputan6.com 2023-05-02 16:10:00
Kelok 9 merupakan ruas atau arus jalan di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat. (Dok: Instagram @pu_putri98)

Jalur lalu lintas Sumatera Barat - Riau buka tutup akibat longsor yang menerjang di Jorong Aia Putiah Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat pada Minggu, 30 April 2023 sekitar pukul 17.00 WIB. Lokasi yang berada tak jauh dari Kelok 9 membuat diberlakukan jalur buka tutup.

Mengutip kanal Regional Liputan6.com, sebelum buka tutup, jalur lalu lintas sempat putus total sekitar dua jam. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, tapi sebuah mobil merek Brio terseret karena longsor dan dua orang di dalamnya mengalami luka ringan.

Kalaksa BPBD Limapuluh Kota Rahmadinol mengatakan, longsor Kelok 9 tersebut menimbun badan jalan dan saat ini material longsor sedang dibersihkan tim gabungan. "Hingga saat ini kondisi jalur sumbar-riau masih buka tutup," ungkapnya.

Ia menyebut hujan disertai angin kencang di Kabupaten Limapuluh Kota terjadi sejak pukul 15.00 WIB. Rahmadinol juga mengimbau ke penguna jalan agar tetap selalu waspada saat melintas Kelok 9. Sementara, Kelok 9 adalah ruas atau arus jalan di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat yang terbilang populer. Jalan ini letaknya sekitar 30 kilometer di sebelah timur Kota Payakumbuh.

Kelok Sembilan membentang sejauh 300 meter di Jorong Aie Putiah sebagai penghubung lintas tengah Sumatera dan Pantai Timur Sumatera. Selain berfungsi sebagai salah satu jalur utama, Kelok Sembilan sebenarnya juga bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata Sumatera Barat.

Apabila dilihat dari atas, arus ini terlihat sangat menawan lantaran tampak mengular di tengah dua cagar alam. Dua cagar alam tersebut, yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau.


Kelok 9 Sempat Rawan Bencana Longsor pada 2003

Sesuai dengan namanya, Kelok 9 merupakan jembatan layang yang memiliki daya tarik berupa sembilan tikungan. Tikungan-tikungan tersebut hanya berjarak sekitar 30 meter. Apabila ditinjau dari asal-usulnya, dahulu Kelok 9 terlalu rawan dengan adanya bencana longsor pada 2003.

Sampai akhirnya, Kelok 9 dibangun san selesai pada 2013 sebagai sebuah jalan layang sepanjang 1,5 kilometer untuk mengatasi masalah jalan sebelumnya. Semenjak itu, Kelok 9 menjadi satu ikon megah di Provinsi Sumatera Barat.

Untuk para wisatawan yang melintasi jalan ini, biasanya akan langsung terpukau dengan keindahannya. Bahkan, sering kali mereka menyempatkan diri untuk beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan alam dan berfoto.

Kelok 9 bahkan mempunyai beberapa spot foto menarik dengan berbagai latar, di antaranya pemandangan bukit, lembah, hutan hijau, dan jembatan. Di samping itu, di sepanjang jalan juga ada banyak warung yang bisa digunakan untuk tempat bersantai. Warung-warung ini menjajakan aneka makanan, seperti makanan khas Minang sampai jajanan jagung bakar.


Dibangun Belanda untuk Transportasi ke Teluk Bayur

Mengutip dari laman Kementerian Keuangan, Selasa (2/5/2023), pada awalnya berdasarkan beberapa referensi, diketahui bahwa ukuran jalan di Kelok 9 jika direntang lurus hanya sepanjang 300 meter. Lebar jalan pun hanya 5 meter yang dulunya dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1908--1914 untuk memperlancar transportasi dari Pelabuhan Teluk Bayur di barat Sumatera menuju ke wilayah timur.

Lama kelamaan, jalur ini ramai dan padat seiring pertumbuhan ekonomi. Tetapi pertumbuhan tersebut tidak seimbang dengan fasilitas jalan yang ada. Hal ini melihat kondisi jalan dengan tanjakan curam dan tikungan tajam, serta berbahaya bagi penggunanya oleh karena banyaknya truk besar dengan muatan berat gagal menanjak.

Selain itu, waktu tempuh makin panjang dan padat karena lajur masih sempit, sulit untuk menyalip atau mendahului kendaraan di depannya. Menyikapi kondisi ini, maka pemerintah Indonesia mulai mengembangkan jalan tersebut pada 2003 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dengan konsep green construction, yakni mengarah pada struktur dan pemakaian proses yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan hemat sumber daya sepanjang siklus hidup bangunan tersebut.


Konstruksi Kelok 9 Menyesuaikan Topografi Tanah

Menurut Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan KPKNL Bukittinggi Sutarmin, saat itu Kelok Sembilan terbagi dalam enam buah jembatan dengan lebar 13,5 meter serta ditopang pilar setinggi sekitar 60 meter di atas permukaan jalan yang ada di bawahnya. Panjang keenam jembatan tersebut berbeda-beda sebab menyesuaikan topografi tanah dan panjang lekuk atau kelok jembatan itu sendiri.

Untuk gambaran, masing-masing ukuran jembatan yaitu jembatan pertama sepanjang 20 meter, jembatan kedua 230 meter, jembatan ketiga 65 meter, dan jembatan keempat 462 meter, jembatan kelima 31 meter serta jembatan keenam sepanjang 156 meter. Di samping itu, masih terdapat jalan penghubung sepanjang lebih dari 1,9 kilometer.

Setelah pengerjaan selesai dan difungsikan, jembatan Kelok Sembilan begitu dirasakan efeknya oleh para pengguna, baik dari sudut tanjakan, ketajaman lekuk/kelok jalan, risiko kecelakaan maupun waktu tempuh yang terpangkas. Hal lain yang membanggakan dari konstruksi jembatan ini yaitu dibangun oleh bangsa Indonesia sendiri dan seluruhnya dikerjakan kontraktor dan tenaga ahli dari dalam negeri.

Perginya Sandiaga dan Masuknya Wiranto

HEADLINE: Sandiaga Uno Pergi dan Sinyal Wiranto Merapat ke Gerindra, Peluangnya?

Liputan6.com 2023-05-03 00:00:00
Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Jenderal TNI (Purn) Wiranto disambut oleh Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Senin (1/5/2023).

Satu per satu tokoh nasional merapat ke Partai Gerindra usai ditinggalkan Sandiaga Salahuddin Uno. Setelah sebelumnya ada mantan Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya, kini giliran mantan Ketum Partai Hanura Jenderal TNI Purnawirawan Wiranto yang mendekati Gerindra.

Mantan Panglima ABRI itu menyambangi kediaman Ketum Partai Gerindra Letnan Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Senin 1 Mei 2023 kemarin petang.

Pada kesempatan tersebut, Wiranto juga mengantarkan sejumlah loyalisnya untuk bergabung bersama Gerindra, setelah siangnya ia lebih dulu memboyong kader binaannya yang lain ke Markas Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Saya tanya mereka apa masih punya hasrat untuk berjuang di politik, dan rata-rata mereka siap pada perintah. Tapi saya katakan jangan siap pada perintah, karena masuk partai ini bukan seperti masuk tentara, tapi aspirasi Anda bagaimana," ujar Wiranto saat bertemu Prabowo dan elite Gerindra lainnya di Hambalang.

Menurut Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ini, sebagian kader binaannya yang dianggap nasionalis memilih melanjutkan berjuang bersama Partai Gerindra, sementara sebagian loyalisnya yang religius berlabuh ke PPP.

"Ternyata memang yang cenderung basic nasionalism memilih Gerindra. Teman-teman yang lebih banyak bernapaskan agamis, Islam, saya serahkan untuk bisa berkiprah di PPP. Tadi siang saya serahkan ke Pak Mardiono," ungkap Wiranto.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Panglima TNI ini juga mengaku lebih condong dengan Gerindra setelah dirinya keluar dari Hanura. Sebab, partai pimpinan Prabowo Subianto ini lebih menghormati dan menghargai para pendahulunya.

"Para founding father berpesan dalam UUD 45 terutama alinea kedua. Itu sangat jelas sekali bunyinya," ujar Wiranto.

Prabowo pun menyambut baik kader-kader binaan Wiranto yang siap berjuang bersama Gerindra. Dia sangat senang dengan keputusan yang dipilih Wiranto mengantarkan kader terbaiknya bergabung bersama Gerindra.

Prabowo bahkan menggoda Wiranto agar ikut bergabung dengan Partai Gerindra. "Syukur-syukur bapak sendiri juga (bergabung) karena bapak sudah pakai baju putih. Bapak didaulat, saya kira itu penting," ucap Prabowo disambut tawa para kader yang hadir.

Sementara itu, Sandiaga Uno hingga saat ini masih belum bergabung dengan paratai politik (parpol) manapun setelah mundur dari Gerindra. Kendati, dia digadang-gadang bakal diusung menjadi calon wakil presiden (Cawapres) lewat PPP.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno melihat bahwa safari politik yang dilakukan Wiranto ke Markas PPP dan rumah Prabowo di Hambalang tak lain bertujuan untuk melakukan penjajakan kemana dia akan melabuhkan karir politiknya selanjutnya.

Penjajakan ini sebenarnya mulai terlihat ketika muncul isu Wiranto akan bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN) sekitar dua bulan lalu. Namun hingga kini tidak kunjung ada pengumuman resmi mantan Ketum Hanura itu bergabung dengan PAN.

"Nah baru-baru ini ketika ada pertemuan antara Prabowo dengan Wiranto (di rumah Wiranto), lalu ada kunjungan balasan dari Wiranto ke Prabowo, lalu ke PPP, ini dianggap sebagai suatu sinyalemen bahwa di tahun 2024 Wiranto mencari pelabuhan politik, ya. Tentu mencari partai yang kira-kira bisa menerjemahkan dan mengaksentuasi visi dan platform politik Wiranto ke depan," ujar Adi saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (2/5/2023).

"Karena apapun judulnya, Wiranto adalah sosok yang memiliki nama besar, pernah memimpin Hanura dan sukses lewat Senayan, dan saat ini Watimpres," sambungnya.

Jika dilihat dari kecenderungan, gestur, dan sejarahnya, menurut Adi, Wiranto lebih berpeluang bergabung dengan Gerindra. Ditambah lagi, belakangan ini Wiranto dan Prabowo yang sama-sama purnawirawan TNI kerap memperlihatkan kedekatan dan kecocokannya di depan publik.

"Apalagi misalnya, Wiranto kan mengungkapkan pujian-pujiannya bahwa Prabowo adalah sosok capres yang layak diusung pada 2024, karena Prabowo dinilai cukup tulus, banyak jasa yang sudah diberikan kepada orang-orang di negara ini," tutur Direktur Eksekutif Parameter Politik ini.

Sementara terkait Sandiaga, dia menilai bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) tersebut akan tetap dengan keputusan politiknya mundur dari Gerindra. Keputusan ini akan menguntungkan Sandiaga apabila dia pada akhirnya akan diusung PPP maju di Pilpres 2024.

"Tapi kalau Sandi keluar dari Gerindra dan tidak mendapatkan tiken pencapresan atau tiket untuk cawapres, saya kira rugi besar bagi Sandiaga Uno. Karena keluar dari Gerindra itu bukan perkara gampang. Gerindra itu partai besar. Dan itu tadi, kalau PPP berhasil jadi pelabuhan Sandi dan PPP mengusung nama Sandi sebagai cawapres Ganjar Pranowo misalnya, saya kira Sandi akan untung besar dalam konteks itu," ucap Adi Prayitno.

Analis Politik Arifki Chaniago melihat bahwa manuver politik yang dilakukan Wiranto ini merupakan upaya untuk memancing Hanura. Dia ingin menunjukkan daya tawar politiknya kepada elite-elite Partai Hanura agar memanggilnya kembali untuk bergabung.

"Atau bisa juga cara Wiranto ini untuk bergabung ke PPP atau Gerindra. Tapi Wiranto juga berhitung, partai mana yang sekiranya dapat memberikan ruang baginya," ujar Arifki saat dihubungi Liputan6.com, Selasa.

Menurut Direktur Eksekutif Aljabar Strategic ini, jika Wiranto merapat ke Gerindra maka bisa dibaca ada romantisme antara dirinya dengan Prabowo yang kembali terbentuk. Namun jika bergabung dengan PPP, karir berpolitik Wiranto dinilai akan bisa lebih berkembang.

"Kenapa berkembang? Karena di PPP partai yang tanda kutip tidak ada pemiliknya, tidak ada pihak yang bisa mengklaim punya saham paling besar di partai tersebut. Kalau Gerindra, kenapa Wiranto bisa disebut sulit berkembang, karena di partai itu boleh jadi saham terbesar dimiliki keluarga Prabowo, seperti kakaknya Hasyim. Jadi karir dan daya tawar politiknya lebih lemah, jadi soal kesempatan untuk karir politik Wiranto ke depannya," kata Arifki menjelaskan.

Selain untuk memancing elite Hanura dan melakukan penjajakan politik ke PPP dan Gerindra, lebih dari itu, manuver Wiranto ini juga bisa bertujuan untuk memasukkan namanya dalam bursa cawapres 2024.

"Atau king maker di 2024. Kekuatan Wiranto ini lumayan kalau mampu mengkonsolidasi kekuatan petinggi di Hanura dan eks Hanura yang hari ini dipegang OSO (Oesman Sapta Odang). Mendekatnya Wiranto ke partai lain seperti PPP dan Gerindra memperlihatkan pesonanya sebagai ikon Hanura masih ada. Ini bisa menjadi gimmick tersendiri bagi Wiranto saat berhadapan dengan OSO," ucap Arifki menandaskan.


Gerindra dan PPP Tak Memaksa Wiranto Bergabung

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra, Sugiono mengungkapkan, pertemuan Wiranto dan Prabowo di Hambalang kemarin terasa begitu hangat dan akrab. Dalam kesempata itu, Prabowo menyampaikan bahwa jika ingin negara ini kuat maka para elite dan pemimpinnya harus bersatu.

"Sementara Pak Wiranto juga menyampaikan bahwa beliau ingin melanjutkan perjuangannya di bidang politik dan menganggap Partai Gerindra sebagai partai nasionalis yang bisa merepresentasikan perjuangan beliau tersebut," kata Sugiono kepada Liputan6.com, Selasa.

Wiranto juga menyampaikan bahwa pertempuran yang saat ini dihadapi bersama adalah melawan kemiskinan dan kebodohan. Menurut mantan Panglima ABRI itu, sudah selayaknya perjuangan politik diarahkan untuk tujuan tersebut.

"Hal ini juga senada dengan perjuangan politik yang selama ini dilakukan oleh Pak Prabowo dan Partai Gerindra. Menurut saya komitmen kedua tokoh tersebut sangat kuat untuk melanjutkan apa yang sudah berhasil kita raih sebagai bangsa di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo dalam rangka mencapai Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur," tutur Sugiono.

Lebih lanjut, Gerindra memahami posisi Wiranto yang saat ini masih mengemban amanat sebagai Ketua Wantimpres. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2006 tentang Dewan Pertimbangan Presiden, disebutkan bahwa anggota Wantimpres dilarang merangkap jabatan di struktur parpol.

Karena itu, Gerindra tidak memaksa Wiranto ikut bergabung dengan partainya. "Gerindra memahami hal tersebut. Kunjungan Pak Wiranto kepada Pak Prabowo kami nilai sebagai sebuah tambahan perkuatan bagi perjuangan Gerindra, karena nilai-nilai yang beliau miliki sama dan sebangun dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh Pak Prabowo dan Gerindra," ujarnya.

Lebih lanjut, Sugiono menyatakan bahwa keluarnya Sandiaga Uno dari barisan kepengurusan Gerindra tidak berdampak pada semangat perjuangan partai pimpinan Prabowo Subianto tersebut. Menurut dia, Gerindra dan kader-kadernya tetap pada irama perjuangan yang sama.

"Tetap semangat menghadapi Pemilu 2024. Tetap pada keyakinan bahwa Pak Prabowo sebagai calon presiden yang kami usung akan menjadi pemenang, dan Partai Gerindra juga akan menjemput kemenangan tersebut. Tidak ada yang berubah dalam semangat kami. Patah tumbuh hilang berganti, esa hilang dua terbilang," katanya menandaskan.

Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono mengaku tidak mengajak Wiranto bergabung dengan partainya. Sebab, Wiranto saat ini masih menjabat sebagai Ketua Wantimpres yang berdasarkan undang-undang dilarang merangkap jabatan di struktur partai politik maupun perusahaan.

"Jadi tidak mungkin mengajak (Wiranto gabung PPP). Kalau sudah tidak menjabat (Ketua Wantimpres) mungkin bisa diajak, tapi kan beliau masih lama menjabat. Untuk sekarang belum ada. Tapi saat sudah tidak menjabat, peluang mengajak ada," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (2/5/2023).

Dia juga belum mau berspekulasi soal posisi apa yang akan ditawarkan kepada Wiranto seandainya mau bergabung dengan PPP. "Itu belum. Masih lama itu, jadi belum berpikir ke situ. Kita masih melihat dinamika," kata Mardiono.

Sementara terkait isu yang semakin santer menyebut Sandaiga Uno akan berlabuh ke PPP setelah pamit dari Gerindra, Mardiono meminta publik menunggu. Yang pasti, kata dia, akan ada banyak tokoh yang akan bergabung dengan partai berlambang Ka'bah tersebut.

"Soal Sandiaga ya nanti ditunggu saja, tapi yang jelas banyak yang mau gabung. Minggu depan kita umumkan ada beberapa tokoh akan bergabung," tutur dia.

Sejauh ini, kata Mardiono, PPP belum mengajukan siapa nama tokoh yang diusulkan menjadi calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Ganjar Pranowo. Pertemuannya dengan elite PDIP kemarin baru sebatas membahas dukungan PPP terhadap Ganjar sebagai calon presiden (Capres) 2024.

"Cawapres nanti ada forum khusus, tentu akan dirembuk di koalisi nanti. Kan ini menentukan pemimpin bangsa, pasti dirembuk harus dengarkan suara-suara dan melihat elektablitas, karena banyak aspek dipertimbangkan," katanya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pertimbangan PPP, Romahurmuziy alias Rommy mengatakan, pihaknya memahami alasan Sandiaga Uno belum juga bergabung dengan partainya. Menurut dia, Sandiaga sat ini tengah berusaha menggeser diri pada titik netral terlebih dulu setelah mundur dari Gerindra.

"Karena kan memang beliau baru saja mengundurkan diri dari Partai Gerindra dan kita tidak ingin karena ketum kami kan orangnya sangat santun, Pak Sandi saya kira tidak dalam posisi sangat terburu-buru untuk masuk PPP," ujarnya.

Saat akan menyampaikan surat pamitan dari Gerindra, kata Rommy, Sandiaga lebih dulu memberitahukan maksudnya tersebut kepada Mardiono. Karena itu, pihaknya memahami sikap Sandiaga yang tak ingin buru-buru menyatakan diri gabung ke PPP.

"Nah kita tunggu waktu yang tepat. Saya kira di waktu di bulan Syawal ini mungkin akan ada pergerakan-pergerakan yang lebih konkret. Pak Sandi welcome, anytime, sepenuhnya waktu ada di tangan Pak Sandi, bukan di tangan kami," tutur Rommy.

Lebih lanjut, mantan Ketum PPP ini menyatakan bahwa dukungan partainya terhadap Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 sudah bulat, sekalipun nantinya bukan Sandiaga atau kader parta berlambang Ka'bah tersebut yang dipilih menjadi cawapres.

"Kita bergabung dengan PDI Perjuangan itu terlepas dari nama Pak Sandi atau tidak. Bahkan terlepas dari soal cawapres atau tidak. Kenapa? Karena disampaikan pada pertemuan tertutup, sejarah panjang PPP dengan PDIP yang sudah 50 tahun kita jatuh bangun bersama, dizalimi bersama di zaman orde baru," kata Rommy menandaskan.


Manuver Politik Wiranto ke PPP dan Gerindra

Sebelumnya, Wiranto mendatangi Kantor DPP PPP untuk menyerahkan daftar eks kader Partai Hanura untuk menjadi calon anggota legislatif (caleg) potensial di partai berlambang Kakbah tersebut, Senin 1 Mei 2023. Wiranto tiba sekitar pukul 13.00 WIB dan disambut langsung Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono.

Mardiono kemudian memasangkan sorban PPP ke leher Wiranto. Turut hadir Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PPP Arwani Thomafi, Ketua Majelis Pertimbangan PPP M Rommahurmuziy dan jajaran DPP PPP lainnya.

Wiranto mengaku membawa 100 lebih eks kader Hanura untuk didaftarkan menjadi caleg PPP.

"Tentunya banyak sekali teman-teman saya, kolega saya yang saat ini juga masih bersama-sama saya menunggu untuk mau ke mana ini, karena semangatnya ada, kualitasnya ada, kesungguhannya dan tekadnya ada, tapi masih belum tahu mau ke mana untuk menyampaikan aspirasi politiknya itu ke mana," kata Wiranto di Kantor DPP PPP.

Purnawirawan Jenderal TNI ini menuturkan, eks kader Hanura yang dianggap potensial sudah ia saring dan jumlahnya sekitar 100 lebih yang berlabuh ke PPP.

"Saya saring, saya ukur ya banyak ya kurang lebih 100 lebih yang saya anggap punya potensi untuk terus berjuang dalam politik. Kemudian saya ajak berbincang-bincang dan ternyata pilihannya jatuh di Partai Perstuan Pembangunan," tutur Wiranto.

Menurut Ketua Dewan Pertimbangan Presiden ini, jumlah itu akan terus bertambah jika dihitung dengan kelompok Jenderal Wiranto Club yang ada di daerah-daerah.

"Kemudian di daerah juga akan ada suatu gerakan yang sama di mana JW Club ini, Jenderal Wiranto Club ini akan mengikuti saudara-saudaranya yang hari ini telah melakukan suatu deklarasi untuk masuk ke keluarga besar Partai Persatuan Pembangunan," kata dia.

Oleh karena itu, Wiranto menyampaikan terima kasih kepada Mardiono yang telah menerima eks kader Hanura tersebut menjadi kelarga baru PPP.

"Saya benar-benar menyampaikan hormat dan terima kasih kepada terutama Ketua Umum PPP, Bapak Muhammad Mardiono, yamg telah tulus dan ikhlas menerima saudara-saudara saya untuk memperkuat posisi dari Partai Persatuan Pembangunan," ucap mantan Ketum Partai Hanura ini.

Setelah dari Markas PPP, Wiranto melanjutkan safari politiknya ke rumah Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Senin petang. Wiranto dan rombongan tiba di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang sekitar pukul 17.24 WIB.

Kedatangan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) ini disambut hangat oleh Prabowo dan sejumlah elite Partai Gerindra. "Orang jauh-jauh datang ke sini berarti mau jadi sahabat," ucap Prabowo.

Lantas dalam pertemuan itu Prabowo mengajak Wiranto dan rombongannya untuk bergabung bersama Gerindra dalam memenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dukungan Wiranto kepada dirinya dalam Pilpres mendatang diyakini akan membawa kesejukan.

"Selama ini kita sering diadu-adu, kalau di panggung yang sama sepertinya sejuk," ucap Prabowo kepada Wiranto.

Sementara itu, Wiranto mengaku sudah sejak lama memiliki niat menemui Prabowo di Hambalang untuk mempererat hubungan silaturahmi. Namun niat itu sempat tertunda karena ada pandemi Covid-19.

"Janji saya untuk kemari, jadi kebetulan saat ini suasana masih lebaran untuk mengucapkan mohon maaf lahir bathin," ujar Wiranto.

Di hadapan Prabowo, Wiranto menyatakan dirinya sudah meninggalkan Partai Hanura. Ia beralasan partai yang kini dipimpin Oesman Sapta Odang alias OSO itu sudah tidak sesuai dengan pemikirannya.

"Saya terpaksa melepaskan Hanura karena sistem navigasinya yang saya lihat sudah berubah. Tapi itu pengalaman berharga bagi saya," ungkap Wiranto.

Wiranto melihat bahwa Partai Gerindra benar-benar partai politik yang menghormati dan menghargai para pendahulu. "Para founding father berpesan dalam UUD 45 terutama alinea kedua. Itu sangat jelas sekali bunyinya," ujarnya.

Karena itu, kedatangan Wiranto membawa para loyalisnya yang sebagian besar mantan prajurit TNI ini ke Hambalang dengan tujuan untuk mendukung Prabowo sebagai Capres 2024. Sebab ia tidak ingin para loyalisnya berhenti berjuang untuk kemajuan negara RI.

"Saya tanya mereka apa masih punya hasrat untuk berjuang di politik, dan rata-rata mereka siap pada perintah. Tapi saya katakan jangan siap pada perintah, karena masuk partai ini bukan seperti masuk tentara, tapi aspirasi Anda bagaimana," terangnya.

Ia berharap Prabowo dapat menerima dengan tulus para mantan kader Hanura ini untuk ikut berjuang mengantarkan Partai Gerindra menuju kemenangan pada Pemilu 2024 mendatang. "Mereka nyata-nyata sangat potensial untuk berjuang bersama Partai Gerindra," ujar Wiranto menandaskan.

Sebelumnya, Wiranto telah memberi sinyal dukungan terhadap Prabowo Subianto sebaga Capres 2024. Hal itu disampaikan Wiranto ketika menerima silaturahmi Prabowo di kediamannya di Jalan Bangka, Jakarta Selatan.

"Oh beliau (Prabowo) sudah mumpuni dong," kata Wiranto di kediamannya, Selasa (25/4/2024).

Wiranto membeberkan sejumlah prinsip-prinsip dari seorang capres. Pertama harus punya pengalaman lengkap, setia terhadap NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan memahami betul isu domestik dan internasional.

"(Capres) harus mau dan mampu untuk melaksanakan itu ya. Mampu belum cukup, harus mau, kadang orang mampu tapi tidak mau, harus seperti itu," ujarnya.

Wiranto menambahkan, seorang capres juga harus bisa melanjutkan kesinambungan pembangunan yang telah dilakukan pemerintahan sekarang.

"Kemudian terpenting juga bisa untuk bersedia melanjutkan kesinambungan pembangunan negeri ini," kata Ketua Wantimpres ini menandaskan.


Hengkang dari Gerindra, Pelabuhan Sandiaga Masih Misteri

Pasca-mundur dari Partai Gerindra, isu Sandiaga Uno akan bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) semakin santer. Beragam asumsi pun berkembang di masyarakat, termasuk soal Sandiaga yang akan maju dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, pria yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) ini meminta seluruh pihak bersabar. Dia mengakui keputusan ke mana akan berlabuh masih belum ditetapkan, mengingat langkah-langkah politik kini tengah disiapkan.

"Saya baru saja memutuskan untuk mundur dari Gerindra, belum sampai lebih dari dua minggu, belum sebulan. Jadi temen-temen mohon bersabar saja, langkah-langkah sedang disiapkan dengan penuh perhitungan," ujar Sandiaga Uno usai menyaksikan film Buya Hamka di Metropole, Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (1/5/2023).

Dirinya mengakui Pilpres 2024 telah memasuki sejumlah tahapan. Namun, Sandiaga menegaskan kontestasi harus disambut dengan semangat persatuan, seperti yang ditunjukkan Buya Hamka dalam masa perjuangan.

"Kontestasi demokrasi ini memasuki tahap selanjutnya, kita sambut dalam semangat persatuan untuk percepat pembangunan dan perjuangan, ini juga seperti yang Buya Hamka sampaikan tadi, bahwa kita mengedepankan politik yang amat sangat kita inginkan, kita mengedepankan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin," ungkapnya.

Meski demikian, Sandiaga Uno mengaku kini tengah berkomunikasi dengan sejumlah ulama untuk mendapat masukan dan pandangan. Tak hanya langkah politik, tetapi arah pembangunan demi terwujudnya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Saya terus melakukan komunikasi dengan para Kiai dan ulama untuk mendapatkan masukan, ini bukan hanya semata ingin mencari kekuasaan, tapi berjuang membantu masyarakat untuk bangkit. Saya baru mendapat laporan banyak sekali, insan-insan pelaku ekonomi itu butuh bantuan, butuh stimulus, butuh insentif," ungkap Sandiaga Uno.

"Nah ini yang akan kami perjuangkan, karena politik itu jangan hanya fokus mencari kekuasaan, tapi politik ini kita gunakan sebagai wahana, sebagai kendaraan kita untuk pembangunan bangsa dalam bingkai persatuan," jelasnya.

Sementara itu, terkait pernyataan Prabowo Subianto, Sandiaga Uno mengaku sangat menghormati pandangan dan gagasan Ketua Umum Partai Gerindra itu. Menurutnya, komitmen maupun sejumlah pelajaran politik Prabowo harus dipedomani generasi muda saat ini.

"Apa yang disampaikan beliau itu menurut saya yang patut dipedomani oleh anak-anak muda dan saya merasa bahwa partai politik itu adalah kaderisasi pemimpin-pemimpin bangsa, ada beberapa keyword-keyword yang harus kita pedomani, beliau menyampaikan bahwa sebuah kendaraan politik itu adalah apa kata nahkodanya," ungkap Sandiaga Uno.

"Dan jika sudah tidak sepaham dengan nahkoda dalam perjalanan ke depan, tentunya ada kebebasan individu untuk menyampaikan perjuangannya dalam pemahaman dengan kendaraan lain dan mengambil langkah-langkah tentunya untuk kebaikan NKRI," jelasnya.

Nilai-nilai tersebut yang dipegang oleh Sandiaga. Kemudian setelah mempertimbangkan secara matang, dirinya memutuskan untuk pamit dari Partai Gerindra.

Hal senada disampaikannya mengenai isu bergabungnya dengan PPP. Dirinya mengaku kini tengah menyusun sejumlah pertimbangan.

"Temen-temen sabar, karena belum juga satu bulan, mohon doanya saja dan temen-temen bantu beri masukan," ungkap Sandiaga Uno.

"Kalau itu kan perlu tiga bulan kan masa idah? Siapa tahu rujuk kembali. Persiapan sudah selesai, kita siapkan langkah-langkah ke depan," tutupnya tertawa.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membuka peluang memasangkan Ganjar Pranowo dengan Sandiaga Uno. Namun yang jadi masalah, Sandiaga belum juga resmi menjadi kader PPP.

"Kalau terkait nama Pak Ganjar-Sandi itu peluang terbuka karena memang muncul di beberapa lembaga survei," ujar Ketua DPP PPP Achmad Baidowi saat diskusi daring, Sabtu (29/4/2023).

PPP telah menyatakan dukungan kepada Ganjar sebagai calon presiden. Pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Yogyakarta, DPP PPP juga diminta mengomunikasikan kepada PDIP agar jatah calon wakil presiden (cawpres) berasal dari kader partai berlambang Ka'bah ini.

"Hasil Rapimnas PPP calon wakil presidennya diserahkan ke DPP dan untuk mengkomunikasikan kepada PDIP dan disyaratkan dimohonkan itu kader dari PPP," kata Awiek.

Tetapi, sampai hari ini Sandiaga masih belum menjadi kader PPP. Sehingga PPP belum bisa menawarkan nama Sandiaga kepada PDIP. Awiek menyerahkan kepada Sandiaga kapan akan resmi bergabung dengan PPP.

"Pak Sandi sampai hari ini belum menjadi kader PPP bagaimana kita mau menawarkan," kata Awiek.