Cek Jalan Rusak Naik Heli

Potret Gubernur Lampung Nih Bos! Tinjau Jalan Rusak Pakai Helikopter

Liputan6.com 2023-05-03 13:50:54
Aksi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi viral karena meninjau jalanan rusak menggunakan helikopter

Aksi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kembali mengundang perhatian warganet. Bagaimana tidak, saat mengunjungi lokasi pembangunan jalan rusak, Gubernur Lampung malah menggunakan helikopter.

Seperti diketahui, Pemprov Lampung tengah disibukkan memperbaiki jalanan yang rusak usai informasi bahwa Presiden Jokowi akan meninjau langsung infrastruktur jalan di Lampung.

Jalanan rusak di lampung menjadi viral usai Bima Yudho Saputro, pemilik akun Awbimax Reborn membuat video kritikan kepada pemerintah daerah Lampung.

Pada Senin (1/5) kemarin, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Komandan Korem 043 Gatam, dan Kapolda Lampung mengecek lokasi jalanan Lampung rusak tersebut, jalan yang juga bakal dilalui Presiden Jokowi.

Sayangnya, pengecekan lokasi perbaikan jalan rusak tersebut dicibiri oleh warganet karena Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memutuskan naik helikopter.

"Pake motor dong pak, biar ngerasain meliuk-liuk menghindari lubang, berasa lagi ujian bisa bikin SIM," tulis @mocco***.

"Harusnya pake mobil biar ngerasain jalan rusak terus udahnya mual mual mantap kan sensasinya," cuit @abangharry**.

"Pejabat skrg sudah tidak punya kepekaan terhadap penderitaan rakyat. Harusnya ngerasain juga dong jalan2 yg rusak krn memang tdk diperbaiki sebelumnya," ujar @ivone***.

"Dilaporkan bahwa jalan aman, mulus, tidak ada rusak sama sekali, bahkan bebas macet, ketika ia melewatinya, gubernur Lampung melaporkan dari dalam helikopter," tulis @mickail***.

"Masyarakatnya suruh ngrasain jln rusak, sementara dia cari enak dg naik helikopter. Sungguh pemimpin yg merakyat sekali yah," cuit @hilda***.


Jokowi Undur Jadwal Tinjau Jalan Rusak di Lampung, Warganet: Di-prank Enggak Tuh Gubernur

Presiden Joko Widodo alias Jokowi dijadwalkan akan mengunjungi Provinsi Lampung untuk meninjau sejumlah jalanan rusak di Lampung yang sempat viral di media sosial pada Rabu, 3 Mei 2023.

Namun menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, kunjungan Presiden Jokowi ke Provinsi Lampung ditunda menjadi Jumat, 5 Mei 2023.

"(Presiden ke Lampung). Jumat," kata Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Basuki mengatakan, dirinya tidak tahu alasan kunjungan Jokowi ke Lampung ditunda menjadi hari Jumat. Pasalnya, jadwal kunjungan Jokowi keluar daerah diatur oleh protokoler Istana.

Sementara itu, menyambut kunjungan Presiden Jokowi ke sejumlah jalan dan infrastruktur di Provinsi Lampung, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi hingga Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad sebelumnya telah meninjau lokasi yang hendak dikunjungi Presiden Jokowi.


Alat Berat Dikerahkan

Menurut informasi dari akun Twitter @PartaiSocmed, Presiden Jokowi akan melewati jalan-jalan rusak di Kecamatan Rumbia, Lampung, yang sebelumnya viral di medsos.

Akun ini juga mengunggah video dan foto lain yang memperlihatkan berbagai alat berat diturunkan ke lokasi jalan rusak yang akan dikunjungi Presiden Jokowi, demi membuat jalanan di sana lebih baik.

"Alat berat sudah siap tempur agar kedatangan Presiden tidak terlalu malu-maluin," kata akun tersebut melalui keterangan di sebuah foto yang memperlihatkan deretan kendaraan alat berat.

Manipulasi Transaksi Jual Beli Rumah?

KPK Duga Eks Pejabat Pajak Rafael Alun Samarkan dan Manipulasi Transaksi Jual Beli Rumah

Liputan6.com 2023-05-03 13:40:51
Rafael Alun ditahan usai diperiksa untuk pertama kalinya sebagai tersangka. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut adanya dugaan transaksi jual beli rumah yang disamarkan dan dimanupulasi oleh mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo (RAT).

KPK mendalami dugaan tersebut saat memeriksa pihak swasta bernama Hirawati pada Selasa, 3 Mei 2023. Hirawati diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi dalam pengurusan perpajakan di Ditjen Pajak yang menjerat Rafael Alun.

"Hirawati (swasta), saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan adanya transaksi jual beli rumah yang disamarkan oleh Tersangka RAT dengan memanipulasi beberapa item transaksinya," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (3/5/2023).

Tak hanya Hirawati, pada hari yang sama KPK juga dijadwalkan memeriksa dua pihak swasta lainnya yakni Jennawati dan Thio Ida. Namun keduanya tak memenuhi panggilan KPK.

"Kedua saksi tidak hadir dan KPK ingatkan agar kooperatif hadir pada penjadwalan berikutnya," kata Ali.

Dalam kasus ini KPK sudah mencegah ke luar negeri keluarga Rafael Alun. Mereka yang dicegah yakni Ernie Meike Torondek yang merupakan istri Rafael, kemudian Gangsar Sulaksono selaku adik Rafael, dan dua anak Rafael bernama Angelina Embun Prasasya dan Christofer Dhyaksa Darma.

Tak hanya keluarga Rafael, KPK juga mencegah Kepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur Wahono Saputro. Jadi total KPK mencegah lima orang dalam kasus ini.

"Saat ini KPK telah mengajukan tindakan cegah agar tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terhadap 5 orang yang diduga memiliki keterkaitan dengan proses penyidikan perkara Tersangka RAT (Rafael)," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (14/4/2023).

Ali mengatakan, pengajuan pencekalan sudah dilakukan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham. Pencekalan ke luar negeri berlaku untuk enam bulan ke depan sampai dengan September 2023 dan dapat diajukan perpanjangan yang kedua sesuai kebutuhan penyidik.

"Para pihak yang dicegah diharapkan kooperatif hadir dan jujur menyampaikan seluruh hal yang diketahuinya terkait dugaan perbuatan penerimaan gratifikasi dari Tersangka RAT," kata Ali.

Sebelumnya, mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia diduga menerima USD 90 ribu atau sekitar Rp 1,3 miliar melalui perusahaan konsultan pajak miliknya.

Ketua KPK Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri mengatakan, kasus ini bermula saat Rafael diangkat menjadi Kepala Bidang Pemeriksaan, Penyidikan, dan Penagihan Pajak pada Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jawa Timur I pada 2011.

"Dengan jabatannya tersebut diduga RAT (Rafael Alun) menerima gratifikasi dari beberapa wajib pajak atas pengondisian berbagai temuan pemeriksaan perpajakannya," ujar Firli dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (3/4/2023).

Firli mengatakan, Rafael juga diduga memiliki beberapa usaha yang satu diantaranya PT Artha Mega Ekadhana (PT AME) yang bergerak dalam bidang jasa konsultansi terkait pembukuan dan perpajakan.

Firli mengatakan, pihak yang menggunakan jasa PT AME adalah para wajib pajak yang diduga memiliki permasalahan pajak. Menurut Firli setiap kali wajib pajak mengalami kendala dan permasalahan dalam proses penyelesaian pajaknya, Rafael diduga aktif merekomendasikan PT AME.

"Sebagai bukti permulaan awal, tim penyidik menemukan adanya aliran uang gratifikasi yang diterima RAT sejumlah sekitar US$ 90 ribu yang penerimaannya melalui PT AME dan saat ini pendalaman dan penelurusan terus dilakukan," kata Firli.


Rafael Alun Juga Akan Dijerat dengan Pasal TPPU

Atas perbuatannya, Rafael disangka melanggar Pasal 12B UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

KPK juga memastikan bakal menjerat mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisamboso dengan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

"TPPU tentu, kita akan lakukan sebagaimana kita pernah sampaikan bahwa kita dapat melakukan TPPU karena asal mula tindak pidana tersbut adalah tindak pidana korupsi," ujar Ketua KPK Komjen Pol Firli Bahuri di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (3/4/2023).

Kini, Rafael Alun sudah dijerat pasal gratifikasi, pemerimaan hadian atau janji terkait pemeriksaan perpajakan. Pidana awal Rafael sudah ditetapkan oleh KPK.

Firli mengatakan, penerapan pasal TPPU dilakukan untuk memulihkan kerugian keuangan negara.

"Tentu ini akan kita lakukan. Kita lekatkan TPPU itu dengan tipikor yang ada, karena sesungguhnya, penerapan TPPU ini menjadi penting karena sesungguhnya dengan TPPU maka kita akan dapat meningkatkan aset recovery dan dapat meningkatkan pendapatan keuangan negara," kata Firli.

"Karena pada prinsipnya banyak orang tidak takut dengan lamanya (penjara) tapi para koruptor itu dia (takut) apabila dimiskinkan," Firli menandaskan.

Dihukum karena Piknik ke Saudi

Gara-Gara Melancong ke Arab Saudi, Lionel Messi Dapat Hukuman dari PSG

Liputan6.com 2023-05-03 11:30:05
Pemain Paris Saint Germain (PSG), Lionel Messi tengah menjadi incaran klub-klub besar jelang bursa transfer musim panas 2023. (FRANCK FIFE / AFP)

Megabintang asal Argentina Lionel Messi mendapat hukuman dari klubnya Paris Saint-Germain (PSG). Hal itu menyusul perilaku sang pemain yang baru-baru ini berkunjung ke Arab Saudi di tengah berjalannya kompetisi Ligue 1.

Melansir laporan Mirror, La Pulga bertolak ke negara Timur Tengah usai Les Parisiens dikalahkan oleh Lorient di kandang sendiri pada akhir pekan lalu. Akan tetapi, perjalanan itu belum mendapat restu dari manajer PSG Christophe Galtier.

Pihak klub pun langsung ambil tindakan menanggapi kelakuan pemain bintangnya. Kabar menyebut sang juara Piala Dunia 2022 bakal dijatuhi hukuman berupa denda dan larangan bertanding oleh Paris Saint-Germain.

Sekadar informasi, Les Parisiens sejatinya biasa memberi libur dua hari bagi para pemainnya selepas pertandingan. Namun, kekalahan Kylian Mbappe dan kawan-kawan dari Lorient membuat mereka dipanggil untuk berlatih pada Senin (1/5/2023) waktu setempat.

Lionel Messi secara mengejutkan sama sekali tak menunjukkan batang hidungnya di sesi tersebut. Kondisi itu membuat rekan-rekannya di Paris Saint-Germain kebingungan.

Adapun Messi memang diketahui merupakan duta pariwisata untuk negara Timur Tengah. Tak heran jika pemain berusia 35 tahun melakukan kunjungan ke Arab Saudi dan mempromosikan lanskap di kawasan itu.

Hanya saja yang menjadi masalah, Messi belum mendapat izin dari juru taktiknya untuk meninggalkan Paris. Mirror menyebut kondisi inilah yang membuat Les Parisiens bakal memberikan sanksi bagi kepada eks bintang Barcelona.


Posisi PSG di Ligue 1

Terlepas dari kekalahan atas Lorient, posisi Paris Saint-Germain sejatinya belum tergusur di klasemen sementara Ligue 1. Les Parisiens kokoh bertengger di posisi puncak usai mengoleksi 75 poin dari 33 pertandingan.

Marseille merupakan pesaing terdekatnya sejauh ini. Klub yang ditukangi oleh Igor Tudor itu harus mengejar defisit lima angka jika ingin mengkudeta PSG, sebab mereka baru mengumpulkan 70 poin dari 33 laga yang sudah dilakoni.

Meski cukup tangguh di liga domestik, performa Les Parisiens di kancah Eropa masih menjadi misteri. Mereka terus saja gagal melangkah jauh dalam ajang Liga Champions.

Keberadaan Lionel Messi dan Kylian Mbappe nampaknya belum cukup membantu PSG menunjukkan taring di Eropa. Buktinya PSG langsung tersingkir di babak 16 besar Liga Champions 2022/2023 usai kalah agregat 0-3 dari Bayern Munchen Maret lalu.


Kontrak Lionel Messi di PSG

Adapun Lionel Messi kini hanya memiliki sisa sedikit waktu di Parc des Princes. Pesepak bola berusia 35 tahun bakal kehabisan kontrak pada akhir Juni.

Hingga kini belum ada kabar terkait kesepakatan baru Messi dengan Paris Saint-Germain. Kabar menyebut, La Pulga sudah diincar oleh klub lamanya Barcelona apabila ia pada akhirnya memutuskan hengkang dari ibukota Prancis.

Perlu diingat bahwa kepulangan Messi ke Camp Nou tak bakal menjadi misi yang mudah untuk diselesaikan. Blaugrana saat ini masih terlilit masalah finansial, sehingga pihak klub harus melakukan restrukturisasi keuangan demi memboyong La Pulga di bursa transfer.

Menurut laporan BBC Sport, Barcelona saat ini memiliki tagihan gaji sekitar 600 juta euro yang harus mereka kurangi setidaknya 200 juta euro.

Jika gagal menuntaskan PR itu, Barca diperkirakan tak bakal bisa mengajukan tawaran resmi kepada Messi, serta menyodorkan kontrak baru kepada sejumlah pemain penting.

Pria Misterius Ancam Bunuh Raja Charles

Istana Buckingham Sempat Ditutup karena Pria Misterius Mengancam Akan Membunuh Raja Charles III

Liputan6.com 2023-05-03 11:30:17
Suasana di luar Istana Buckingham setelah insiden pria ancam membunuh Raja Charles III. (dok. LOUISA GOULIAMAKI / AFP)

Istana Buckingham ditutup total pada Selasa, 2 Mei 2023, setelah seorang pria tertangkap membawa dan melemparkan benda-benda mencurigakan ke halaman istana, hanya empat hari sebelum upacara penobatan Raja Charles III digelar. Kepolisian Metropolitan Inggris lalu menahan seorang pria yang mendekati gerbang istana sekitar pukul 7 malam.

Polisi langsung bertindak. Mereka memutuskan meledakkan tas mencurigakan milik pria tersebut sebagai langkah pencegahan. "Petugas segera menangkap pria itu dan dia telah ditahan polisi," kata Kepala Inspektur Kepolisian Metropolitan Inggris Joseph McDonald mengatakan dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Page Six, Rabu (3/5/2023).

"Belum ada laporan tentang tembakan yang ditembakkan, atau cedera apa pun pada petugas atau anggota masyarakat."

Berdasarkan gambar yang diperoleh The Sun, tas mencurigakan itu ternyata berisi dua paspor, satu ponsel, sebuah dompet, sejumlah kunci, surat cokelat, kartu bank, dan tas laptop. Terdapat pula buku anak berjudul The Happiness Advantage yang ditulis oleh dosen Harvard Shawn Achor. Buku tersebut berisi tentang psikologi positif yang bertujuan untuk 'meningkatkan capaian individu'. Belakangan diketahui ia juga membawa pisau.

Seorang saksi mata mengatakan bahwa pria misterius itu berusia sekitar 30 tahunan. "Dia telah berada di sana selama beberapa hari, berteriak,' Aku akan membunuh Raja!'," kata saksi itu.

Ia mengatakan polisi segera melompat ke arah pria itu tak lama setelah melemparkan tas ke halaman istana. Polisi pun segera menyuruhnya berbaring di tanah.

"Bagaimana bisa dia begitu dekat dengan Istana Buckingham saat Penobatan hampir berlangsung?" ucap saksi tersebut.


Di Mana Raja Charles III dan Ratu Camilla Berada?

Melansir BBC, polisi menyebut insiden itu tidak terkait terorisme dan riwayat kesehatan tersangka yang tidak disebutkan namanya sedang diselidiki. Ia diyakini bertindak sendiri dan diperlakukan sebagai insiden terisolasi.

Sementara, The Sun yang mewawancarai tetangga tersangka mengaku kaget. "Saya akan melihatnya berjalan-jalan dengan anjingnya dan tidak akan mengatakan hal buruk tentang dia. Jika dia pergi ke sana dengan niat, itu benar-benar mengejutkan," ujarnya.

Insiden yang terjadi tak berdampak luas. Jalan-jalan sekarang telah dibuka kembali dan penjagaan ketat telah dicabut. Wartawan yang sempat diminta meninggalkan kompleks Istana Buckingham juga telah diizinkan masuk kembali. Begitu pula dengan latihan terakhir untuk penobatan raja tetap berlangsung sesuai rencana.

Pihak Istana Buckingham juga mengatakan baik Raja Charles maupun Camilla tidak ada di istana pada saat kejadian. Beberapa jam sebelum insiden, Raja Charles menyambut Perdana Menteri Australia Anthony Albanese di kastil. Meskipun detail pembicaraan mereka belum dirilis, Albanese mengatakan perjalanannya ke Inggris akan fokus pada Perjanjian Perdagangan Bebas Australia-Inggris.


Kerahkan 6.000 Anggota Militer

Upacara penobatan Raja Charles III memiliki sandi "Operasi Golden Orb". Disebutkan bahwa lebih dari 6.000 anggota militer akan ditarik dari seluruh Inggris demi memastikan keamanan upacara penobatan, dengan polisi berpakaian preman akan berada di tengah kerumunan dan penembak jitu ditempatkan di atas atap. Zona larangan terbang di pusat Kota London akan diberlakukan dan drone dilarang.

Pemerintah Inggris pada Minggu, 16 April 2023, mengakui bahwa itu merupakan penyebaran terbesar pasukan Inggris dalam tujuh dekade. Kementerian Pertahanan Inggris menuturkan bahwa ribuan tentara, pelaut, dan penerbang akan mengawal Raja Charles III dan Ratu Camilla dalam perjalanan menuju dan dari upacara penobatan dengan rute Istana Buckingham dan Westminster Abbey pada 6 Mei 2023.

Tembakan kehormatan akan diluncurkan dari kapal perang Inggris dan pangkalan militer di seluruh negeri. Kemudian, jet tempur, dari jet era Perang Dunia II Spitfires hingga yang lebih modern, akan beratraksi flypast melewati Istana Buckingham.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan, itu akan menjadi persembahan yang spektakuler dan layak bagi Raja Charles III, yang juga merupakan panglima tertinggi angkatan bersenjata Inggris.

"Sisi militer penobatan mencerminkan tradisi berabad-abad, tetapi merupakan indikasi peran integral yang dimainkan angkatan bersenjata di Inggris modern dan cara luar biasa kami mendukung bangsa, apakah itu menghalangi agresi dan menjaga stabilitas di seluruh dunia atau memperkuat ketahanan dan kemakmuran domestik kami," ujar Kepala Staf Pertahanan Inggris Laksamana Tony Radakin seperti dilansir AP, Senin, 17 April 2023, dikutip dari kanal Global Liputan6.com.


Biaya Upacara Penobatan Raja Charles III

Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla yang diikuti dengan perayaan nasional selama akhir pekan diperkirakan menghabiskan uang pajak setidaknya 100 juta pound sterling atau sekitar Rp1,8 triliun. Baik Downing Street maupun Istana Buckingham tidak mengonfirmasi biaya pasti penobatan.

Secara skala, durasi, dan jumlah tamu undangan, upacara penobatan Raja Charles III jauh di bawah penobatan Ratu Elizabeth II pada 1953. Keputusan untuk "menurunkan kemegahan" upacara penobatan sendiri disebut merupakan wujud dari kepekaan Raja Charles III terhadap krisis biaya hidup, di samping alasan lain, yaitu membentuk monarki yang lebih modern dan ramping.

Kemeriahan perayaan nasional dinilai akan sangat kontras dengan suramnya krisis ekonomi, di mana inflasi yang tinggi telah memicu aksi mogok buruh. Ratusan pekerja Inggris, di antaranya dokter, guru, dan masinis, telah menjalankan aksi mogok dalam beberapa bulan terakhir untuk menuntut gaji yang lebih baik. Dan aksi mogok lebih lanjut dari petugas lalu lintas dan pekerja Bandara Heathrow dikabarkan membayangi perayaan penobatan.

Kepala Eksekutif Republik, kelompok anti-monarki, Graham Smith, yang akan segera menerbitkan buku berjudul "Abolish the Monarchy" seperti dilansir TIME, Senin (1/5/2023) menuturkan, "Itu adalah jumlah uang pembayar pajak yang sangat besar untuk dibelanjakan. Kita tahu bahwa ada banyak pekerja sektor publik yang berjuang untuk mendapat kenaikan gaji. Kita tahu bahwa ada orang di tempat kerja yang mengandalkan bank makanan. Ada rumah sakit yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan, sekolah berjuang untuk mendapat sumber daya bagi murid-murid mereka, layanan polisi berjuang untuk memberantas berbagai jenis kejahatan."

Mau Nikah, Kirim Surat untuk Fans

Aktor Yoon Park Akan Menikah di Musim Gugur, Tulis Surat Manis untuk Fans

Liputan6.com 2023-05-03 12:30:00
(Foto: Instagram/ yoon.bak)

Aktor Korea Selatan, Yoon Park berbagi kabar bahagia. Melalui surat tulisan tangan, bintang serial You Are My Spring ini mengumumkan bahwa dia akan menikah beberapa bulan mendatang.

Surat yang ditujukan untuk para penggemar itu diunggah ke akun Instagram pribadinya. Tak dipungkiri, ada perasaan gugup saat Yoon Park mulai menyusun kata demi kata di selembar kertas.

"Bagaimana kabar kalian semua? Ini sudah memasuki musim semi. Rasanya cukup canggung dan deg-degan saat mengambil pena untuk memposting (surat) seperti ini," kata dia mengawali suratnya yang diunggah pada Rabu (3/4/2023).

"Alasan mengapa saya dengan hati-hati menulis surat ini adalah karena saya harus menyampaikan berita ini pada semua orang. Saya akan menghabiskan sisa hidup bersama kekasih saya pada musim gugur ini," sambungnya.


Kekasih Selalu Membuat Bahagia

Artis berusia 35 tahun ini lantas mendeskripsikan sebaik apa sang calon istri di matanya. Yoon Park mengaku sangat bahagia saat berada di sisi calon istrinya.

"Saat bersama, dia memberi saya banyak cinta, kepercayaan, dan kebahagiaan, perasaan yang kami rasakan satu sama lain juga menentukan momen ini," tuturnya.


Semoga Pernikahan Diberkati

Di akhir suratnya, Yoon Park meminta doa dan dukungan dari penggemar terhadap pilihan hidupnya.

"Kami akan berterima kasih jika Anda dapat memberkati masa depan kami dengan hati yang bahagia agar kami dapat memulai keluarga yang bahagia. Saya juga berjanji untuk terus membuat Anda terkesan sebagai aktor di masa mendatang," ia mengakhiri.


Respons Warganet

Warganet pun ikut bahagia dan beramai-ramai mengucapkan selamat untuk Yoon Park. "Oooh. Good for him. Congrats and best wishes!" kata salah satu netizen di Twitter.

"May both live happily ever after," kata pengguna akun purwoneg***.

"My first kdrama crushieeee Congratulations," yang lain menimpali.

Undang Pemuka Islam dan Hindu di Penobatan

Raja Charles III Dobrak Tradisi, Pemuka Agama Islam hingga Hindu Ikut Serta Ucap Ikrar di Penobatan 6 Mei Mendatang

Liputan6.com 2023-05-03 15:30:35
Raja Charles III menemui publik jelang kebaktian di Gereja St. Lawrence Church, Norfolk, Inggris, Minggu, 8 Januari 2023. (dok. Joe Giddens/PA via AP)

Ada banyak hal menarik yang akan terjadi dalam penobatan Raja Charles III yang akan digelar pada 6 Mei mendatang. Salah satunya terkuak dalam liturgi yang dirilis oleh Keuskupan Canterbury dari Istana Lambeth baru-baru ini.

Salah satunya, adalah kehadiran perwakilan sejumlah pemuka agama selain Kristen dalam upacara ini. Dilansir dari People pada Rabu (3/5/2023), pemuka agama Yahudi, Hindu, Sikh, Buddha, dan Islam akan hadir. Hal ini dimaksudkan sebagai cerminan kemajemukan dalam masyarakat Inggris modern.

Para pemuka agama ini akan menyampaikan salam untuk Raja Charles III sebelum ia meninggalkan upacara.

Mereka akan berujar secara bersama-sama,"Sebagai tetangga dalam iman, kami mengakui pentingnya pelayanan publik. Kami bersatu dengan orang-orang dari semua agama dengan keyakinan dan penuh syukur, melayani bersama Anda untuk kebaikan bersama," begitu yang tertulis dalam liturgi.


Raja Charles III Dobrak Tradisi Lain

Selain itu, ada lagi tradisi yang akan diubah dalam penobatan Raja Charles III. Warga Inggris yang mendengar jalannya seremoni diajak ikut serta dalam 'Homage of the People'. Secara tradisi, acara ini dilakoni oleh para bangsawan Inggris di Westminster Abbey.

"(Ini) adalah momen baru dan penting dalam tradisi Penobatan ...Ini sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya, di mana masyarakat umum ditawari kesempatan untuk bergabung dengan para tokoh nasional dalam menyatakan kesetiaan mereka kepada Yang Berdaulat," begitu pernyataan Gereja Inggris.


Janji Setia Rakyat Inggris

Dalam segmen ini, orang-orang diminta oleh Uskup Agung Justin Welby untuk berucap serempak.

Isi ikrarnya adalah, "Saya bersumpah bahwa saya akan memberikan kesetiaan sejati pada Yang Mulia, dan kepada ahli waris dan penerus Anda menurut hukum. Jadi bantu saya Tuhan."

Diwartakan kanal Lifestyle Liputan6.com, ternyata muncul pro dan kontra mengenai hal ini. Bahkan jajak pendapat The Sun, baru-baru ini, menunjukkan 53 persen responden tidak akan bergabung dalam seruan sumpah tersebut.


Sumpah Pangeran William

Peran Pangeran William dalam acara penobatan juga telah diumumkan. Suami Kate Middleton tersebut akan maju ke hadapan Raja Charles III, tak lama setelah pria 74 tahun ini dinobatkan. Pangeran William akan mengukuhkan sumpah setianya kepada sang raja.

"I, William, Prince of Wales, pledge my loyalty to you and faith and truth I will bear unto you, as your liege man of life and limb. So help me God,"begitu bunyi sumpah sang Pangeran.

Dalam bahasa Indonesia, sumpah ini kurang lebih bisa diartikan sebagai berikut, "Saya, William, Pangeran Wales, mengucap sumpah setia kepada Anda dengan keyakinan serta kejujuran yang akan saya berikan kepadamu, sebagai abdi jiwa ragamu. Jadi kumohon bantulah saya, Tuhan."

Rakyat Inggris Antre Makanan Gratis

Ironi Rakyat Inggris Antre Makanan Gratis Jelang Penobatan Raja Charles III yang Mewah

Liputan6.com 2023-05-03 10:01:24
Fans membawa potongan foto Raja Charles III dan Ratu Camilla. (AP Photo/Alberto Pezzali)

Hanya tinggal beberapa hari sebelum penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla berlangsung di Westminster Abbey, London, Sabtu, 6 Mei 2023. Di tengah persiapan penobatan Raja Charles III, sejumlah rakyat Inggris mempertanyakan pengeluaran uang untuk penobatan yang mewah, mengingat krisis biaya hidup berlangsung di negara itu.

Lebih ironi, sejumlah warga Inggris terpaksa antre makanan gratis dalam bayang-bayang publikasi penobatan mewah sang raja baru. Melansir CNN, Rabu (3/5/2023), Angela Davis jadi salah satu rakyat Inggris yang awalnya merasa malu pergi ke bank makanan.

Ibu tunggal dari lima anak ini menyadari bahwa setelah membayar tagihan, ia tidak punya uang lagi untuk membeli makanan. "Rasanya memalukan. Saya agak sedih tentang itu," katanya sambil menikmati secangkir teh dan biskuit yang disajikan di kafe komunitas di Gereja St. John the Evangelist di Doncaster.

Gereja mengoperasikan kafe di samping bank makanan yang menawarkan makanan, pakaian, barang-barang rumah tangga, dan kebutuhan lain secara gratis pada penduduk setempat yang membutuhkan. Davis berbaris lebih awal, tiba dua jam sebelum pintu gereja dibuka, dan penantian itu terbayar.

Selain barang-barang penting seperti roti dan sayuran, ia juga mendapat sebuket bunga yang disumbangkan supermarket. "Saya akan menaruh bunga di vas saya dan sisanya di makam ibu saya," katanya.

Saat pertama kali dibuka sebelum pandemi COVID-19, bank makanan ini kebanyakan melayani para tunawisma. Namun hari-hari ini, banyak dari mereka yang datang adalah orang-orang yang bekerja penuh waktu.


Jutaan Orang Inggris Berada di Ambang Kemiskinan

"Mereka menggunakan semua gaji mereka untuk membayar tagihan dan tidak punya uang tersisa untuk makan. Sangat menyedihkan bahwa seseorang yang bekerja penuh waktu tidak menghasilkan cukup uang untuk memenuhi kebutuhan dasarnya," kata Andy Unsworth, seorang pendeta di gereja yang mengelola bank makanan Given Freely Freely Given, pada CNN.

Doncaster adalah salah satu daerah berekonomi rendah di Inggris Raya. Seperti banyak bagian wilayah Inggris utara, kota South Yorkshire yang berpenduduk lebih dari 300 ribu orang juga tidak pernah pulih sepenuhnya dari penurunan industri dan penutupan tambang pada 1980-an dan 90-an.

Sudah berjuang, kawasan ini tetap terpukul keras krisis biaya hidup yang sekarang berdampak pada seluruh wilayah Inggris. Inflasi yang sangat tinggi, stagnasi upah selama bertahun-tahun, serta kenaikan harga energi yang tiba-tiba dan tajam telah membuat jutaan orang Inggris berada di ambang kemiskinan.

Namun pada saat yang sama, pemerintah Inggris bersiap-siap menghabiskan puluhan juta uang pembayar pajak untuk acara gemerlap yang merayakan satu orang yang sangat, sangat kaya: Raja Charles III.


Perkiraan Biaya Penobatan Raja Charles III

Penobatan Raja Charles III, akhir pekan ini, akan menampilkan sebagian dari kekayaan luar biasa yang dikumpulkan monarki Inggris selama berabad-abad. Akan ada kereta emas, perhiasan tidak ternilai, dan pakaian desainer yang dibuat khusus dengan harga lebih mahal daripada yang dihasilkan kebanyakan orang dalam beberapa bulan.

Pemerintah negara itu telah menolak menyebutkan biaya penobatan raja baru, namun media Inggris memperkirakan pengeluarannya berkisar antara 50 juta hingga lebih dari 100 juta poundsterling (sekitar Rp918 miliar--Rp1,8 triliun).

"Saya sedikit royalis dan saya suka keluarga kerajaan (Inggris). Tapi, saya pikir mereka belum benar-benar membaca situasi terkini. Banyak dari itu (biaya penobatan) seharusnya berasal dari kantong mereka sendiri daripada pembayar pajak. Saya pikir itu seharusnya sedikit dilunakkan," kata Laura Billington, seorang guru di sebuah sekolah di kota itu.

Ia telah melihat dampak krisis biaya hidup terhadap murid-muridnya. Banyak yang datang ke sekolah tanpa peralatan paling dasar, seperti pulpen dan pensil. Ia juga memperhatikan lebih banyak masalah perilaku dan konsentrasi.

"Saya tidak pernah tahu siswa bersikap apatis terhadap pembelajaran, apakah itu karena mereka lelah atau lapar karena hanya mendapatkan makanan di sekolah dan hanya itu yang akan mereka makan hari ini," katanya.

Billington juga merasakan kesulitan. Tagihannya naik dan gajinya tidak naik sejalan dengan inflasi. Di seluruh Inggris Raya, upah riil termasuk bonus turun tiga persen dalam tiga bulan hingga Februari 2023, menurut Kantor Statistik Nasional. Itu salah satu penurunan terbesar sejak pencatatan dimulai pada 2001.


Pekerjaan Ekstra yang Tidak Dibayar

Billington adalah perwakilan serikat pekerja di sekolahnya dan seperti ratusan ribu rekannya, ia mogok karena nominal gaji dalam beberapa bulan terakhir. Ia mengatakan bahwa anggaran sekolah yang membengkak berarti guru menghadapi beban kerja yang semakin tidak terkendali.

Ia bekerja penuh waktu, menghabiskan 22 jam seminggu di kelas. Ia diberi waktu kurang dari tiga jam seminggu untuk persiapan, perencanaan, dan penilaian, yang menurutnya tidak cukup. Karena sisa beban kerjanya, termasuk rapat, waktu tutor, tugas setelah sekolah, dan sebagainya, ia akhirnya membawa sebagian besar pekerjaan persiapannya ke rumah.

Ia memperkirakan pekerjaan ekstra ini tidak dibayar, berjumlah kira-kira 15 jam seminggu. Minggu terakhir ini, ia akan menghabiskan sebagian besar hari mengurusi penilaian materi sejarah. Billington adalah seorang guru bahasa Prancis. Ia hanya mengajar sejarah karena ada kekurangan staf.

"Yang ingin saya lakukan hanyalah menjadi seorang guru," katanya. "Jika bukan karena murid-murid saya, saya pikir saya mungkin akan belajar mengajar sejak beberapa waktu lalu."

Inggris telah dilanda gelombang besar pemogokan dalam beberapa bulan terakhir, dengan perawat, dokter junior, bidan, petugas kesehatan, staf universitas, masinis kereta api, dan pegawai negeri, termasuk staf yang memeriksa paspor di bandara, keluar karena perselisihan gaji.

Sebagian besar pekerja sektor publik telah ditawari kenaikan gaji sebesar empat atau lima persen untuk tahun keuangan saat ini, yang secara signifikan lebih rendah dari tingkat inflasi tahunan yang berada di atas 10 persen selama tujuh bulan berturut-turut.

Penggemar kerajaan sering berargumen bahwa monarki menawarkan nilai bagus bagi pembayar pajak Inggris karena meningkatkan pariwisata dan pengeluaran konsumen, terutama selama acara-acara besar. Tapi, dengan tiga acara kerajaan besar: Platinum Jubilee, pemakaman Ratu, dan penobatan Raja Charles, berlangsung kurang dari setahun, tagihan bertambah.


Apakah Pantas Penobatan Raja Charles III Pakai Dana Publik?

Dengan sebagian besar warga negara menderita, banyak yang sekarang mempertanyakan apakah pantas untuk mengadakan tontonan kerajaan yang didanai publik, terutama karena Inggris adalah satu-satunya monarki Eropa yang masih memiliki penobatan.

"Yang perlu diingat bahwa penobatan adalah acara kenegaraan dan itu berarti harus dibayar negara," kata Craig Prescott, seorang ahli hukum tata negara Inggris dan dosen Universitas Bangor. "Sampai batas tertentu, Raja tidak punya pilihan. Harapannya selalu bahwa kami akan memiliki penobatan raja baru."

Billington, sang guru, menambahkan, "Saya merasa kasihan pada Raja karena ia telah menunggu puluhan tahun untuk hal ini terjadi dan sekarang, di usia 70-an, ia akhirnya jadi Raja dan tiba-tiba penobatannya berada di tengah-tengah krisis biaya hidup, yang bukan salahnya."

"Tapi pada saat yang sama, ia memang memiliki semua perkebunan itu, ia memang memiliki semua uang yang berasal dari perkebunan, tidak bisakah ia mengatakan, 'Benar, sebagai keluarga kerajaan, kami akan membayar setengah dari tagihan. daripada itu berasal dari dana publik,'" katanya.

Sebagai penguasa saat ini, Charles memiliki Crown Estate senilai 16,5 miliar poundsterling, portofolio properti dan investasi yang mencakup banyak bangunan di pusat kota London, ladang angin lepas pantai, dan lahan pertanian.

Tapi, meski Raja secara teknis adalah pemilik perkebunan, itu bukan milik pribadinya. Ia tidak tahu bagaimana pengelolaannya dan pasti tidak bisa menjualnya. Di bawah pengaturan sejak tahun 1760, Raja menyerahkan semua keuntungan dari perkebunan pada pemerintah dengan imbalan sebagian, yang disebut Hibah Berdaulat.

Hibah tersebut pada dasarnya adalah rekening pengeluaran Raja, yang mencakup barang-barang seperti biaya perjalanan, staf, dan rumah tangga. Pada 2017, tunjangan dinaikkan dari 15 persen jadi 25 persen dari keuntungan selama 10 tahun berikutnya untuk menutupi biaya perbaikan di Istana Buckingham. Itu ditetapkan sebesar 86,3 juta pounsterling untuk tahun keuangan ini, sama dengan tahun sebelumnya.

Sumber utama pendapatan Raja lain adalah Kadipaten Lancaster, sebuah perkebunan pribadi yang dibangun pada 1265 dan bernilai 653 juta pounsterling. Pada tahun keuangan terbaru, kadipaten menghasilkan pendapatan 24 juta pounsterling untuk Raja.

Nekat demi Patahkan Mitos Nyi Roro Kidul

Aksi Nekat Pria Pakai Baju Hijau ke Pantai Selatan demi Patahkan Mitos Nyi Roro Kidul, Hasilnya?

Liputan6.com 2023-05-03 04:00:00
Viral video pria pakai baju hijau di pantai selatan Jawa. (Dok. TikTok/@naser.thok123)

Di Indonesia, sebagian besar masyarakat masih dipengaruhi oleh persepsi lokal mengenai hal-hal yang bersifat mistik. Salah satunya di bagian selatan Pulau Jawa, mitos mengenai Nyi Roro Kidul sebagai penguasa Pantai Selatan beredar luas.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Negeri Semarang pada 2020, ditemukan adanya mitos yang masih dipercayai masyarakat Cilacap tentang pantai selatan, khususnya larangan memakai pakaian berwarna hijau jika berkunjung ke pantai selatan Jawa. Hal ini dipicu oleh warna hijau yang konon adalah warna favorit Nyi Roro Kidul.

Menurut mitos itu, siapapun yang memakai warna hijau akan terseret ke tengah laut dan akan sulit ditemukan. Namun, banyak masyarakat yang tidak percaya dengan mitos ini dan mencoba membuktikan kebenarannya.

Pada 26 April 2023, akun TikTok dengan nama @naser.thok123 mengunggah dua video yang menunjukkan seorang pria muda mengenakan kaus hijau menerjang ombak di Pantai Kebumen sambil tertawa jahil. Di akhir video, ia memberikan jempol ke arah kameramen.

Video tersebut menunjukkan dirinya baik-baik saja dan tidak hilang walaupun menggunakan kaus hijau di Pantai Selatan. "Pantai kebumen nihh," tulis pembuat video dalam caption. Hingga artikel ini ditulis, video tersebut telah viral dan dilihat lebih dari dua juta orang.

Walaupun tidak secara terang-terangan berkata ingin membuktikan kebenaran mitos Nyi Roro Kidul, banyak warganet yang menyimpulkan ia sedang mencoba 'menantang maut'.


Warna Hijau Dilarang Supaya Tidak Menyerupai Kanjeng Ratu Kidul

"Mau mitos apa fakta, lebih baik jaga-jaga.. Ndak usah mancing karena apese menungso (manusia) ndak ada yang tau.. Tetap mawas diri," komentar salah seorang warganet yang teratas.

"Hari apes gak ada di kalender besty," tulis beberapa warganet yang lain.

Banyak pula yang menyarankan ia mencobanya di pantai-pantai yang lain, seperti Pelabuhan Ratu Sukabumi atau di Pantai Parangtritis. "Katanya walau udah aman tapi pas pulang tetep diikutin, tapi mitosnya sih. Tapi gw orang jawa percaya," komentar yang lain.

Ada pula yang memuji nyalinya yang besar, dan ada yang mencemooh karena ia terlalu berani menantang mitos yang berbahaya.

Handayani, Pengurus Dewan Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berkata bahwa larangan memakai baju hijau atau yang biasa disebut gadhung mlathi karena itu merupakan pakaian Kanjeng Ratu Kidul.

"Itu larangan baju hijau gadhung mlathi karena itu ageman (pakaian) Kanjeng Ratu Kidul," ungkapnya saat diwawancarai Liputan6.com pada Selasa, 2 Mei 2023. Kanjeng Ratu Kidul memiliki kain dodot panjang berwarna hijau yang di tengahnya berwarna putih.


Akan Terjadi Kesialan

Jika kita melakukan perjalanan ke Pelabuan Ratu Sukabumi akan mudah menemukan galeri, toko, kios yang menawarkan cinderamata yang memajang lukisan Nyi Roro Kidul berbagai ukuran. Sang ratu digambarkan sebagai sosok wanita yang berparas cantik, menggunakan siger (mahkota) emas dengan ronce bunga melati, berbusana berwarma hijau dengan selendang putih.

Warna hijau adalah warna baju kesukaan Kanjeng Ratu Kidul. Ia tidak menyukai orang lain yang memiliki warna busana yang sama. Orang yang menggunakan baju berwarna hijau dikhawatirkan bisa menjadi targetnya yang akan dijadikan sebagai budak atau pelayannya.

Begitu kuatnya mitos warna baju tersebut sehingga tidak boleh ada yang memakai pakaian berwarna tersebut di sepanjang pantai selatan Jawa. "Itu biasanya kalau make itu orang-orang pasti ada sengkalanya gitu," jelas Handayani.

Dalam bahasa Jawa, Sengkala adalah bala yang dialami oleh manusia akibat energi negatif atau aura hitam dan energi yang tidak selaras di dalam tubuh seseorang.


Pakaian Hijau Hanya untuk Kalangan Raja

Selain itu, Handayani mengatakan bahwa zaman dulu, pakaian hijau gadhung mlati merupakan barang berharga. "Hijau kan dari sutra zaman dulu itu. Agem-ageman para raja itu hijau polos, hijau kembang. Karena kan kalau baju hijau dipakai kalung karset itu kelihatan bagus," ujarnya.

Ia menambahkan, "Tapi kalau dipakai di pantai gak boleh, hanya untuk kalangan di lingkungan (kerajaan) aja."

Namun, Handayani juga mengonfirmasi bahwa ada juga orang-orang yang mengenakan baju hijau ke pantai selatan tetapi tidak terjadi apa-apa. Beberapa perspektif logis juga diberikan tentang larangan memakai baju hijau di pantai selatan. Menurut beberapa orang, larangan itu mungkin muncul karena jika memakai baju warna hijau, seseorang akan sulit terlihat di dalam air. Hal ini akan membuat mereka sulit dicari jika menghilang.

Terlepas dari mitos atau faktanya larangan penggunaan baju hijau di pantai selatan, hendakya para wisatawan selalu mempersiapkan diri dan berhati-hati karena ombak di pantai selatan dapat dibilang sangat besar. Wisatawan juga sebaiknya menghormati adat istiadat yang ada di daerah tersebut untuk mengindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Ajukan Kasasi, Peluangnya?

Anak Buah Ferdy Sambo, Ricky Rizal Ajukan Permohonan Kasasi

Liputan6.com 2023-05-03 09:09:00
Terdakwa kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ricky Rizal usai menjalani sidang vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/2/2023). Majelis hakim menjatuh

Ricky Rizal, terdakwa pembunuhan Brigadir J alias Nofriansyah Yoshua Hutabarat mengajukan upaya hukum kasasi usai bandingnya ditolak majelis hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

"Penasehat hukum salah satu terdakwa pembunuhan berencana almarhum Brigadir Joshua yaitu Ricky Rizal telah mengajukan permohonan kasasi terhadap putusan banding PT DKI Jakarta," kata Djuyamto dalam keterangannya, Rabu (3/5/2023).

"Permohonan kasasi tersebut dinyatakan langsung di kepaniteraan PN Jakarta Selatan," sambungnya.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait vonis 13 tahun penjara kepada Ricky Rizal. Putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta itu sekaligus mengandaskan banding diajukan mantan ajudan Ferdy Sambo tersebut.

Dengan demikian, hukuman dijatuhkan kepada Ricky Rizal tetap sama yakni 13 tahun penjara. Selain itu, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta juga memerintahkan terdakwa tetap dalam tahanan.

"Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor 799/Pid.B/2022/PN Jakarta Selatan tanggal 13 Februari 2023 yang dinyatakan banding tersebut," kata Hakim Mulyanto saat membacakan amar putusan hasil banding di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Rabu (12/4).

"Lima membebani terdakwa biaya perkara pada tingkat banding sebesar lima ribu rupiah," ujar hakim.


Pengadilan Tinggi Tolak Banding Ferdy Sambo Cs, Bagaimana Peluang Menang Kasasi di MA?

Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta telah menggelar sidang putusan banding terhadap terdakwa Ferdy Sambo, Rabu 12 April 2023. Dalam putusannya, sidang yang diketuai Hakim Singgih Budi Prakoso dan beranggotakan empat orang ini menolak banding mantan Kadiv Propam Polri tersebut. Artinya Ferdy Sambo tetap dihukum mati atas kasus pembunuhan berencana terhadap ajudannya, Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Kini tinggal satu langkah lagi bagi Ferdy Sambo untuk menggunakan jalur hukum agar vonis mati yang diterima dapat berubah. Suami dari Putri Candrawathi itu bisa menempuhnya melalui pengajuan kasasi di Mahkamah Agung (MA).

Pengacara Ferdy Sambo, Arman Hanis saat dikonfirmasi, tidak menanggapi terkait langkah-langkah yang akan diambil usai putusan banding kliennya ditolak Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Pesan yang dikirim Liputan6.com melalui WhatsApp hanya dibaca dan belum dibalas. Dan saat dihubungi pun tidak menjawab.

Meski demikian, menurut Pengamat Hukum dari Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar, pengacara biasanya akan menempuh segala upaya hukum maksimal untuk kebaikan kliennya. Karena itu, kasus Ferdy Sambo ini tidak tertutup kemungkinan akan sampai pada tingkat kasasi.

"Menurut saya, biasanya pengacara itu semua upaya itu ditempuh," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Dia pun menyoroti putusan banding Ferdy Sambo yang ditolak oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Menurutnya, putusan yang dihasilkan tersebut itu sudah melalui pertimbangan dan kecermatan para hakim.

"Pangadilan Tinggi menganggap pertimbangan hukum yang diberikan oleh Pengadilan Negeri itu sudah cukup tepat, sehingga Pengadilan Tinggi menyetujui baik pertimbangan hukum maupun putusan yang dijatuhkan, sama dengan Pengadilan Negeri. Sehingga terdakwa Sambo tetap dihukum mati," kata dia.

Fickar menjelaskan, pada tingkat PN dan PT itu memeriksa terdakwa Ferdy Sambo, memeriksa fakta-faktanya apakah perbuatan yang dilakukan itu dapat dikualifikasi sebagai tindak pidana pembunuhan sebagaimana diatur dalam pasal 338 dan 340. Sementara pada level kasasi, hakim akan menilai dari sisi penerapan hukumnya.

"Di Mahkamah Agung nanti, tingkat kasasi, akan menilai apakah Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi itu sudah benar menerapkan hukumnya. Itu yang akan diperiksa oleh MA," kata dia.

Jika tidak ada yang membatalkan, lanjut Fickar, Hakim tidak masuk dalam perkaranya. Mereka hanya menilai apakah penerapannya sudah sesuai dengan ketentuan atau belum.

"Tapi kalau dianggap tidak sesuai, maka dia bisa membuka kembali sidang. Baik hanya memeriksa faktanya saja yang sudah ada di BAP, maupun memanggil sidang para pihak secara live, dia punya kewenangan memanggil itu, membuka sidang seperti di PN. Tapi itu semua kalau dia rasa memang pertimbangan dan putusan PN dan PT itu ada yang salah, namun kalau dianggap benar, ya sama. MA akan memutuskan bahwa Pengadilan Negeri dan PT sudah melaksanakan dan menerapkan hukum dengan benar," jelasnya.

Dia memprediksi, jika Ferdy Sambo mengajukan kasasi ke MA, peluang untuk dikabulkan oleh hakim akan tipis. Hal ini lantaran dapat dilihat dari indikator proses hukum yang sudah berjalan, yaitu putusan Pengadilan Tinggi yang menguatkan putusan tingkat I di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Jadi Kemungkinannya (untuk menang) kecil lah menurut saya, untuk bisa mengubah (vonis mati). Karena sudah dua level seperti itu, tidak ada catatan sama sekali. (Putusan PT dan PN) Itu juga bisa menjadi indikator MA menyatakan bahwa sidangnya sudah dilaksanakan dengan baik, dan putusannya sudah dilakukan dengan tepat," kata dia.

Seandainya kasasi itu ditolak MA, vonis hukuman mati Ferdy Sambo akan dilaksanakan. Namun karena hukuman mati adalah hukuman paling maksimal, secara otomatis tahap Peninjauan Kembali (PK) akan ada di Mahkamah Agung.

"PK itu kan alasannya dua, ada novum, atau ada kekeliruan hakim. Nah yang dipakai oleh Mahkamah Agung itu yang kedua. Jadi diajukan atau tidak PK, maka hakim MA tingkat PK tetap akan memeriksa. Karena dikhawatirkan hakimnya keliru," jelas dia.

Reporter: Nur Habibie/Merdeka

Motif Penembakan di Kantor MUI

HEADLINE: Geger Penembakan di Kantor Pusat MUI, Motif Pelaku dan Penyelidikan Polisi?

Liputan6.com 2023-05-04 00:01:07
Nampak aparat kepolisian melakukan penjagaan ketat di Kantor MUI. Selain itu banyak juga anggota yang tengah memeriksa kondisi ruangan di depan pintu lobi MUI. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang pria paruh baya menggegerkan kantor Majelis Ulama Indonesia Pusat yang terletak di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat pada Selasa 2 Mei 2023. Mustofa NR (60) mencoba masuk ke dalam gedung dan hendak naik ke lantai empat untuk menemui Ketua MUI. Namun niatnya itu urung dilkaukan.

Di dalam gedung MUI sedang ada acara halal bihalal dan rapat pimpinan. Mustofa sempat dihadang oleh petugas keamanan. Tak terima mendapat perlakuan tersebut, dia lantas mengeluarkan pistol dan melepaskan peluru. Satu orang mengalami luka tembak pada bagian punggung.

Pelaku mencoba kabur usai melakukan penembakan. Karyawan berusaha mengejar dan berhasil ditangkap. Oleh kepolisian, Mustofa disebut sempat pingsan dan sempat dilarikan ke Puskemas Menteng. Namun, pada saat diperiksa oleh dokter yang bersangkutan dinyatakan meninggal dunia.

Kasus ini pun langsung diambil alih oleh Polda Metro Jaya. Setelah berkoordinasi, terlebih ke Polda Lampung, ternyata pelaku merupakan residivis kasus pengerusakan pada 2016 dan divonis tiga bulan. Pelaku diduga memiliki riwayat sakit asma dan jantung. Hal itu diperkuat dengan ditemukan obat-obatan di tas pelaku.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi menyebut Mustopa sudah memiliki niat jahat sejak 2018.

"Ada niat jahat daripada tersangka dimulai dari tahun 2018," ujar Hengki dalam keterangannya, Rabu (3/5/2023).

Hengki mengatakan demikian berdasarkan dari surat-surat ancaman yang ditulis Mustopa. Dalam surat tersebut, Mustopa menyatakan akan menyerang pejabat di Tanah Air dan petinggi MUI kalau dirinya tidak diakui sebagai wakil tuhan.

"Yang mana menyatakan yang bersangkutan apabila tidak diakui maka akan lakukan tindakan kekerasan terhadap pejabat-pejabat negeri dan juga MUI dengan mencari senjata api berdasarkan surat-surat itu," kata dia.

Sementara, Wasekjen MUI Bidang Hukum dan Ham, Ikhsan Abdullah menyebut untuk hari ini terjadwal lima orang akan dimintai keterangan penyidik.

"Tadi malam ada 2 dan hari ini ada 5, jadi 7. Kemarin satu sekuriti, satu staf, daan hari ini pemeriksaan korban, dan apa yang diinginkan polisi lah. Kita akan sajikan ke polisi," kata Ikhsan di Kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (3/5/2023).

Menurut Ikhsan, pihaknya juga telah memberikan rekaman CCTV ke penyidik. Sejauh ini garis polisi atau police line masih terpasang, khususnya di lokasi pecahnya pintu kaca tempat terjadinya penembakan.

"Ini kan masih di police line, jadi masih kewenangannya penegak hukum ya. Masih dalam investigasi," jelas dia.

Berdasarkan informasi dari kepolisian, lanjut Ikhsan, pelaku juga pernah melakukan hal yang sama dengan menyerang Kantor MUI di Lampung. Saat itu, insiden terjadi pada sore hari dan tidak ada korban, sementara pelaku divonis bersalah sehingga menjalani masa kurungan penjara selama tiga bulan.

"Penyerangannya kacanya dipecahkan. Kalau ini dari belakang, mungkin karena dari depan banyak orang. Ya itu tadi karena tidak ada yang tahu, karena pada saat itu pada pulang dan sekuriti rupanya tidak hadir di sana, sehingga tahunya kaca sudah berantakan tetapi juga dugaan kuat tetap dan sudah divonis bahwa pelakunya adalah juga yang bersangkutan," kata Ikhsan.

Namun, ada yang berbeda. Ikhsan menyebut pelaku dalam kondisi baik, alias tidak pingsan saat diamankan usai menembak kantor MUI.

Ikhsan memastikan, saat diamankan petugas keamanan MUI, Mustofa, yang merupakan warga Kabupaten Pesawaran, Lampung, itu dalam kondisi sadar. Dalam video yang beredar, pelaku juga tampak masih hidup saat diamankan.

Pelaku penembakan disebut sempat berusaha melarikan diri usai melakukan aksinya, tapi berhasil diamankan pamdal yang kemudian menghubungi kepolisian.

"Soal kematiannya nunggu visum ya. Tapi dipastikan bahwa saat yang bersangkutan dibawa dari kantor MUI ke depan sana oleh para petugas kepolisian masih dalam keadaan baik (tidak pingsan)," ujar Ikhsan.

Dia juga menuturkan, pelaku penembakan gedung MUI Pusat sudah tiga kali mendatangi kantornya. Namun menurut Ikhsan tak ada kecurigaan dari para pegawai MUI terhadap Mustopa.

"Tiga kali. Kami tidak pernah mencurigai orang, karena kantor ini melayani kepentingan umat, masyarakat yang mengadu, yang melakukan dakwah dan lain-lain, jadi semua seperti kalian tidak ada yang dicurigai, insyaAllah tidak ada apa-apa selama ini," ujar Ikhsan.

Ikhsan menyebut, Mustopa kerap bolak balik dari Kabupaten Pesawaran, Lampung menuju Jakarta untuk menyampaikan surat kepada MUI Pusat.

"Tahun ini kalau suratnya sudah banyak sekali bertaburan dari orang yang sama, dan diantar juga, jadi dia pulang pergi Lampung-Jakarta itu ke MUI hanya untuk menyampaikan surat," kata dia.

Ikhsan mengatakan, surat yang disampaikan Mustopa ke MUI berisi soal keinginan bertemu dengan Ketua MUI Pusat. Hanya saja, menurut Ikhsan, di dalam surat tersebut Mustopa tidak mencantumkan alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

"Hanya ingin bertemu dengan Ketua MUI, secara spesifik tidak ada. Nah itu yang membuat kami sulit, kemudian kami setelah baca suratnya tidak ada meninggalkan identitas, di mana alamatnya, nomor handphonenya, sehingga kami sulit untuk mengonfirmasi, 'yuk kita ketemu', biasanya seperti itu meninggalkan nomor handphone dan alamat sehingga kami bisa mengonfirmasi," ucap Ikhsan.

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Polri Brigjen Hariyanto mengatakan autopsi jasad Mustopa NR (60), pelaku penembakan kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), rampung dilakukan. Namun Hariyanto belum bisa menjelaskan hasilnya.

"Iya, sudah selesai (autopsi). Hasilnya kita baru bahas nanti ke penyidik," ujar Hariyanto dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (3/5/2023).

Hariyanto menyatakan bahwa pihaknya tidak bisa membeberkan secara langsung hasil autopsi pelaku penembakan kantor MUI itu kepada masyarakat. Dia menyebut hasil autopsi akan dikomunikasikan terlebih dahulu dengan penyidik yang menangani kasus ini.

"Nanti yang menyampaikan penyidik dalam konferensi pers atau apa. Nanti, misalnya kita diundang ke konferensi pers, itu kemudian penyidik mungkin minta tolong kepada kita menjelaskan," kata Hariyanto.

Brigjen Hariyanto sebelumnya mengatakan tidak ada luka pada jasad Mustopa NR. Dalam jasad Mustopa juga tidak ada luka tembak.

"Tidak ada (luka-luka pada tubuh Mustopa)," kata dia.


Bukan Kriminal Biasa, Penembakan MUI Bentok Teror

Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Bambang Rukminto memandang ada peran Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang dianggap tidak maksimal, terlebih pelaku mempunyai sepak terjang sebagai residivis.

"Kasus tersebut bukan kriminalitas biasa yang terjadi insidentil, tetapi lebih pada upaya melakukan teror, yang sudah terencanakan. Artinya, program deradikalisasi belum menyentuh orang-orang seperti pelaku ini atau salah sasaran," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (3/5/2023).

Menurut Bambang, tindakan seperti ini sudah bagian dari kejahatan terorisme. Sehingga, BNPT harus mulai jeli melihatnya.

"Kejahatan Terorisme muncul karena banalitas (kedangkalan atau ketidak mampuan berpikir) bukan radikalitas," ungkap Bambang.

Karena itu, dia meminta agar ini tak ada yang mengaitkan dengan agama apapun. Karena tindakan penembakan di MUI jelas, tak ada kaitannya, hanya berupa tindakan terorisme.

"Mengaitkan aksi kejahatan dengan agama itu juga bentuk banalitas. Selalu harus dipisahkan antara kejahatan dengan agama, karena ajaran agama tak pernah mengajarkan kejahatan. Harus tegas, bahwa pelaku adalah penjahat ekstrim banal bukan radikal," tegas Bambang.

Senada, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan meminta pihak kepolisian mengusut tuntas kejadian ini.

Meskipun demikian, dia memuji tindakan kepolisian yang bergerak cepat menangani kasus ini, khususnya Polda Metro Jaya.

"Meminta pihak kepolisian mengusut tuntas kasus ini," kata Edi kepada Liputan6.com, Rabu (3/5/2023).

Selain itu, dia juga meminta agar tak ada pihak saling mengaitkan ini dengan isu yang lain, terlebih sekarang sudah memasuki tahun politik.

Karena itu, Edi meminta semua satuan polisi tak hanya di tingkatan Polda, tapi Polres dan Polsek juga harus bersiap.

"Semua polisi harus bersiap. Terlebih isu seperti ini jelang Pemilu. Sehingga, semua harus diwaspadai dan tidak terprovokasi," pungkasnya.


Minta Masyarakat Hindari Spekulasi

Ketua DPP Partai NasDem Suyoto menyayangkan terjadinya peristiwa penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat (Jakpus).

"Kita sangat menyesalkan adanya penembakan dan main hukum sendiri di Kantor MUI," ungkap Suyoto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/5/2023).

Menurut Suyoto, para penegak hukum harus bergerak menuntaskan kasus tersebut dengan cepat.

"Percayakan kepada penegak hukum untuk menuntaskan kasus ini," ucap dia.

Sambil kepolisian menemukan motif pelaku penembakan, Suyoto berharap kepada masyarakat untuk menghindari semua spekulasi, supaya situasi dan kondisi tetap jernih.

"Jangan ada spekulasi apapun, sebelum penegak hukum mengungkapnya. Semua pihak jangan berspekulasi. Kita percayakan kepada penegak hukum," pintanya.

Mengenai adanya korban luka-luka, Suyoto berharap agar para korban untuk segera mendapatkan pengobatan yang maksimal.

"Kalau ada korban, diurus sebaik-baiknya supaya diselamatkan," desak Ketua DPP Partai NasDem Suyoto.

Senada, Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi pun menilai, pelaku penembakan Kantor MUI itu diduga mengalami masalah kejiwaan.

"Yang pasti, berdasarkan surat yang dikirimkan oleh pelaku penembakan Kantor MUI pusat, dapat diduga ada masalah kejiwaan, karena menjadikan dirinya sebagai wakil nabi. Jangan sampai digoreng sana-sini, akhirnya kita malah jadi dipermainkan oleh orang yang memiliki masalah kejiwaan," ujar Teddy yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Rabu (3/5/2023).

Menurut dia, pastinya akan sulit diterima akal sehat, di mana mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam dan ada yang mengatasnamakan wakil nabi. Sehingga, kata dia, tak perlu membawa unsur Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan atau SARA.

"Kita sudah berpengalaman akan hal seperti ini, sudah ada lebih dari 10 orang di Indonesia yang mengaku Nabi dan semuanya hanya jadi bahan lelucon masyarakat. Kali ini bukan mengaku Nabi tapi mengaku wakil Nabi, bedanya kalau yang ini menggunakan kekerasan dalam menjalankan perannya," ucap Teddy.

"Karena sudah masuk ranah pidana maka ini menjadi urusan polisi, jangan sampai dibawa dengan berbagai teori konspirasi yang akhirnya melebar ke urusan sara, karena tindakan aneh ini bukan hal baru di Indonesia," jelas Teddy.