Orang-Orang yang Hadir Saat Koma

David Ozora Nonton Band Metal Darksovls, Bertemu dengan Orang-Orang yang Sempat Hadir di Alam Bawah Sadarnya Saat Koma

Liputan6.com 2023-05-04 20:31:47
David Ozora Latumahina (Foto: Twitter/@seeksixsuck)

David Ozora akhirnya bisa mewujudkan keinginannya untuk menyaksikan penampilan grup musik death metal Darksovls. Keinginan ini sebetulnya sudah diungkapkan David Ozora sebelum penganiayaan berat itu terjadi.

Hal itu diungkapkan Bonny Sidharta, personel Darksovls di akun Twitter pribadinya, Kamis (4/5/2023). Bonny Sidharta juga mengunggah video saat bermain musik bersama band-nya.

"Jadi, bbrp hari sebelum kejadian, David sempet ngomong sama Imbar (salah satu tim produksi) buat janjian nonton Darksovls maen. bgitu tau dia dah bisa sekolah, kebetulan lokasinya ga jauh dr PL, gw kontak David dan @seeksixsuck," tulisnya.

Para personel Darksovls ini pun memainkan semua lagu-lagunya di depan David Ozora,"Hari ini kita maenin fullset langsung di dpn dia," lanjutnya.


Spesial Show untuk David Ozora yang Sembuh

Rupanya, penampilan Darksovls ini memang khusus untuk merayakan kesembuhan David Ozora. Hal itu diungkap sang vokalis dalam video tersebut.

"Spesial show nih buat David yang udah sembuh," ucapnya, yang disambut wajah malu anak 17 tahun ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


David Ozora Bertemu Orang-Orang yang Hadir Saat Koma

Tak hanya menyaksikan para personel Darksovls tampil, David Ozora juga berpose dengan mereka mengenakan seragam sekolah. Diakui Jonathan Latumahina, orang-orang inilah yang hadir di bawah alam sadar putranya.

"Alhamdulillah akhirnya ketemu sama beberapa orang yang ditemui david di alam bawah sadarnya saat koma," tulis sang ayah, Jonathan Latumahina, di akun Twitter nya.


David Ozora Masih Jalani Latihan Keseimbangan

Meski sudah bisa menyaksikan secara langsung penampilan Darksovls, tapi David Ozora masih membutuhkan banyak latihan, terutama untuk trauma otaknya. Jonathan Latumahina pun mengunggah beberapa video saat David menjalani latihannya.

"Ini latihan yang buat kita ringan (mungkin) tapi untuk David cukup melelahkan dan masih limbung karena trauma di otaknya paling besar di pusat keseimbangan," kicaunya.

"AG Korban Manipulasi"

AG Terlibat Penganiayaan David, Kuasa Hukum: Korban Manipulasi Luar Biasa Mario Dandy

Liputan6.com 2023-05-05 03:17:02
Kuasa hukum terdakwa AG, Mangatta Toding Allo saat konferensi pers yang digelar di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (4/5/2023). (Merdeka.com/Rahmat Baihaqi)

Kuasa hukum terdakwa AG, Mangatta Toding Allo mengatakan dalam kasus penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy (20), bukan hanya David (17) saja yang menjadi korban. Namun AG (15) juga merupakan korban suruhan dari mantan kekasihnya itu.

"Selain korban yang paling menderita adalah anak David, tapi anak AG merupakan korban manipulasi yang luar biasa dari MDS," ucap Mangatta dalam konferensi pers di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (4/5/2023).

Mangatta juga sempat membeberkan beberapa bukti bahwa kliennya itu tidak turut terlibat dalam aksi keji yang terjadi sekitar akhir Februari lalu.

Sebelum terjadi penganiayaan, AG sempat dijemput oleh Mario dengan mobil Rubicon. Sesaat tiba di lokasi kejadian, AG disuruh Mario untuk menghubungi David agar bertemu dengan dirinya.

"Padahal tadinya mau bersama mamanya dan bersama teman-temannya mau facial. Tiba-tiba dia (AG) dijemput karena katanya bolos magang dan lain-lain, tiba-tiba berada di lokasi kejadian itu dan memperalat anak AG untuk bertemu anak David," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, AG divonis oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan selama 3,5 tahun ditempatkan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Dirinya yang terlibat dalam penganiayaan David Ozora (15) terbukti bersalah melanggar pasal 355 ayat 1 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP yaitu tindak pidana penganiayaan berat rencana terlebih dahulu dan sebagai orang yang membantu melakukan kejahahan tanpa mencegah.


Bakal Ajukan Kasasi

Sementara itu, Kuasa hukum AG, Mangatta Toding Allo mengatakan pihaknya bakal ajukan kasasi ke pihak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan usai mendapat persetujuan dari keluarga AG.

"Rencana kami akan menyampaikan kasasi di minggu depan. Baru kemudian memori bandingnya akan kami serahkan kemudian," kata Mangatta saat konferensi Pers di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (4/5/2023).

Sedangkan untuk memori kasasinya disebutkan menyusul sebelum jatuh tempo pada 25 Mei 2023 mendatang. Sehingga ditargetkan akan rampung sebelum hari hari itu.

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

Ajukan Kasasi Usai Banding Ditolak

AG Mantan Pacar Mario Dandy Bakal Ajukan Kasasi Usai Banding Ditolak

Liputan6.com 2023-05-05 05:23:55
AG (15), pacar Mario Dandy, akan kembali menjalani proses persidangan perkara penganiayaan berat terhadap David Ozora di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (3/4/2023). (Foto: Ra

Usai upaya banding ditolak saat sidang di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Terdakwa AG Mantan kekasih Mario bakal ajukan upaya kasasi pada Kamis (11/5/2023) pekan depan.

Kuasa hukum AG, Mangatta Toding Allo mengatakan pihaknya bakal ajukan kasasi ke pihak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan usai mendapat persetujuan dari keluarga AG.

"Rencana kami akan menyampaikan kasasi di minggu depan. Baru kemudian memori bandingnya akan kami serahkan kemudian," kata Mangatta saat konferensi Pers di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (4/5/2023).

Sedangkan untuk memori kasasinya disebutkan menyusul sebelum jatuh tempo pada 25 Mei 2023 mendatang. Sehingga ditargetkan akan rampung sebelum hari hari itu.

Sebelumnya, Hakim tunggal Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memutuskan untuk menolak nota banding yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan kuasa hukum AG atas perkara penganiayaan terhadap Cristalino David Ozora (17).

"Menerima permintaan banding anak dan Penuntut Umum. Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," ujar majelis hakim Budi Hapsari dalam amar putusannya, di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Kamis 27 April 2023.


Terbukti Bersalah

Hapsari menyebut AG masih terbukti bersalah dengan membantu Mario (20) yang dimana memuluskan rencana penganiayaan terhadap David yang menyebabkan korban tidak sadarkan diri hingga menerima luka berat.

"Bahwa saksi Mario masih dendam kepada korban namun anak AG memberi jalan bagaimana saksi Mario bisa bertemu dengan dengan David dengan alasan kalau kartu pelajar ada di David dan menyerahkan kartu itu menjadi sarana untuk bertemu dengan anak korban dan saksi Mario sehingga dapat melampiaskan amarahnya," jelas Hapsari.

Sebagaimana diketahui, AG divonis oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan selama 3,5 tahun ditempatkan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Dirinya yang terlibat dalam penganiayaan David Ozora (15) terbukti bersalah melanggar pasal 355 ayat 1 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP yaitu tindak pidana penganiayaan berat rencana terlebih dahulu dan sebagai orang yang membantu melakukan kejahahan tanpa mencegah.

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

Luna Maya-Maxime Makin Mesra

Luna Maya dan Maxime Bouttier Makin Mesra, Ternyata Keduanya Sudah Saling Kenal Sejak 2011 dan Pernah Tampil di Sinetron yang Sama

Liputan6.com 2023-05-05 12:00:00
Luna Maya hadir dalam pesta ultah Maxime Bouttier ke-30 (Foto: Instagram bouttier_maxime)

Kedekatan Luna Maya dan Maxime Bouttier makin menjadi sorotan warganet Tanah Air. Ditambah lagi, keakraban Maxime Bouttier dengan Luna Maya yang semula merupakan teman dekat, kini berbuah menjadi kemesraan yang tertangkap kamera hingga terungkap ke publik.

Di media sosial, kemesraan Luna Maya dan Maxime Bouttier sudah tersebar dan mengundang pertanyaan publik. Belum ada yang tahu secaraa pasti apakah Luna Maya dan Maxime Bouttier sedang menjalin hubungan asmara atau sekadar bersahabat.

Pasalnya, baik itu Luna Maya maupun Maxime Bouttier, sama-sama belum ada yang menjelaskan perihal status hubungan mereka. Namun, beberapa waktu sebelum isu kemesraan ini, Luna dan Maxime rupanya sempat berbincang-bincang di sebuah acara.

Di kanal YouTube TS Media itu, Luna Maya menjadi host bersama Marianne Rumantir. Pada saat berbincang dengan Maxime Bouttier, rupanya ia dan Luna Maya menguak pertemuan sekaligus perkenalan pertama yang sempat terjadi pada 2011 silam. Keduanya juga mengenang masa-masa tampil di sinetron bersama.


Luna Maya dan Maxime Bouttier Mengenang Pertemuan pada 2011 Lalu

Selama perbincangan itu, Luna Maya dan Maxime Bouttier membahas kembali momen awal mereka berkenalan yang rupanya terjadi sudah lebih dari 10 tahun lalu, tepatnya 12 tahun, yaitu pada 2011 silam.

"Aku kenal Maxime itu sudah lama banget, lo. Sudah sekitar berapa, ya Max, 2000an?" ujar Luna Maya bertanya kepada Maxime dalam video yang diunggah Februari lalu.

"Aku pikir 2013, 2014," ujar Maxime menjawab.

"Enggak mungkin, gua sudah enggak main sinetron waktu itu. Sudah, jangan ngarang," ceplos Luna menimpali.

"2011," timpal Maxime.

"Ya, 2011," sahut Luna Maya.


Kenangan Luna Maya dan Maxime Bouttier Main Sinetron Bersama

Tak hanya itu, Luna Maya dan Maxime Bouttier mengaku sama-sama pernah bermain di tiga judul sinetron. Bahkan, Luna Maya mengaku sempat lupa pernah tampil di tiga judul sinetron yang sama bersama Maxime.

"Ternyata, tiga judul yang aku lupa semua. Lupa semua," ceplos Luna Maya.

"Sekitar dua atau tiga judul," sahut Maxime Bouttier merespons.


Luna Maya dan Maxime Bouttier Tak Tampil di Satu Adegan

Luna Maya pun tiba-tiba mengaku lupa dirinya pernah tampil bersama Maxime Bouttier dalam sinetron. Maxime pun menegaskan bahwa dirinya dan Luna memang tak mendapat kesempatan tampil di satu adegan.

"Kok enggak ada yang aku ingat, ya?" ujar Luna bertanya-tanya.

"Kita enggak pernah ada di scene bareng," sahut Maxime Bouttier mengingatkan.


Luna Maya dan Maxime Bouttier Makin Mesra saat Kedapatan Nonton Konser Bareng

Luna Maya dan Maxime Bouttier kembali tertangkap kamera saat sedang menghabiskan waktu bersama setelah sempat terlihat hadir di perayaan ulang tahun Maxime yang ke-30 beberapa waktu lalu. Kali ini, mereka tertangkap mesra saat nonton konser Yovie Widianto.

Meski tak hanya berdua dan mengajak sekelompok teman, Luna Maya dan Maxime terlihat sangat mesra difoto. Luna Maya diketahui menjadi pembawa acara di Konser Yovie Widianto bertajuk 'Billion Songs Confest' pada Rabu, 3 Mei 2023 lalu.

Tentunya Kebersamaan Luna dan Maxime pun berhasil mencuri perhatian. Di unggahan lain, Maxime Bouttier dan Luna Maya berpose dengan para kerabat. Keduanya tampak mesra dan saling menempelkan pipi ke satu sama lain.

Salah satu unggahan lainnya juga menunjukkan Maxime yang mengenakan sweater putih serta topi hitam tengah melakukan swafoto. Di sebelahnya, muncul Luna Maya yang tersenyum sembari bersandar di bahu Maxime.

Asyik Mancing di Laut Tomogashima

Ariel NOAH Santap Ikan Mentah Pakai Wasabi, Hasil Memancing di Laut Tomogashima Jepang

Liputan6.com 2023-05-05 14:40:00
Ariel NOAH (Foto: Instagram/@arielnoah)

Ariel NOAH tengah berada di Jepang. Kegiatan yang dilakukannya berbeda dari biasa. Dalam sebuah unggahan, Ariel NOAH memancing di laut Tomogashima, Jepang.

Momen seru ini diperlihatkan vokalis band NOAH di akun Instagram terverifikasi miliknya, Kamis (5/4/2023). Tampak Ariel NOAH memancing di atas kapal bersama seorang pria asal Jepang.

Mantan kekasih Sophia Latjuba ini juga memperlihatkan saat dirinya memasang umpan seekor udang di kail pancingannya untuk memancing. Ia juga menengok ke kedalaman pancingannya melalui sebuah alat.

"Delapan puluh meter. Lumayan juga, ya," ucap Ariel NOAH dalam video yang diunggahnya tersebut.


Ikan Pertama Ariel NOAH dari Hasil Memancing

Setelah menunggu hingga beberapa kali memberi umpan, akhirnya kail milik pria Jepang yang sedang bersama Ariel, lebih dulu dimakan ikan.

Tak lama kemudian, barulah Ariel NOAH juga ikut beruntung mendapatkan tangkapan setelah kailnya disambar ikan.

"Pertama kali dapat ikan. Kita dapet ikan," lanjutnya sambil memperlihatkan hasil tangkapannya tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Ikan yang Didapat Ariel NOAH Kecil

Keberuntungan tak selalu berpihak pada Ariel NOAH. Buktinya saat memancing, Ariel NOAH tak mendapatkan ikan besar seperti harapannya.

Meski begitu, hal tersebut tak membuat Ariel sedih. Ia tetap terlihat senang melihat hasil pancingannya.

"Dapet tapi kecil2.... ," tulisnya sebagai keterangan.


Disantap Mentah dengan Wasabi

Pria Jepang tersebut langsung mengolah hasil tangkapannya. Tampak Ariel NOAH ikut membantu pria Jepang tersebut untuk memotong-motong.

Tak dimasak, ikan tersebut langsung disantapnya dengan wasabi. Menurut Wikipedia wasabi adalah tanaman asli Jepang yang dimakan sebagai penyedap makanan, rasanya tajam menyengat (pedas) tapi tidak seperti cabai.

"Arigatou gozaimasu (terima kasih)," kata Ariel NOAH sambil membungkukkan badannya kepada pria Jepang setelah ikan tersebut habis dimakannya.

Umur Saya Belum Cukup

Disebut Bakal Jadi Cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024, Gibran: Umur Saya Belum Cukup

Liputan6.com 2023-05-05 11:58:45
Gibran Rakabuming Raka usai menghadiri pertemuan dengan para PKL Sunday Morning Stadion Manahan Solo, Rabu (5/2).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menanggapi wacana mengajukan dirinya sebagai calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang.

Gibran mengaku, dirinya tidak memenuhi persyaratan usia untuk menjadi bakal capres maupun cawapres pada Pilpres 2024.

"Umur (saya) belum cukup," kata Gibran dilansir dari Antara, Jumat (5/5/2023).

Gibran tidak mempermasalahkan wacana menduetkan dirinya dengan Prabowo Subianto sebagai pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024. Ia pun tidak mau menanggapi isu tersebut secara berlebihan.

"Kan rumor, saya sudah jawab kalau umur belum cukup," ucap Gibran.

Selain itu, Gibran pun mengakui dia belum terlalu lama terjun ke dunia politik, sehingga dia merasa masih harus banyak belajar.

"Ilmunya belum cukup. Saya masih perlu banyak belajar. Baru dua tahun (jadi Wali Kota Surakarta)," katanya.

Putra pertama Presiden Jokowi itu juga menilai, menjadi presiden maupun wakil presiden bukan merupakan tugas yang ringan.

"Itu tugas berat lho, jangan dibayangkan (mudah)," tambah Gibran.

Wacana menduetkan Gibran dengan Prabowo tentu tidak lepas dari kedekatan yang kerap ditunjukkan sang putra sulung Jokowi dengan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan RI tersebut.

Gibran pada Juni 2022 sempat melakukan kunjungan ke kediaman Prabowo di Bukit Hambalang, Bogor, untuk memenuhi undangan dari tuan rumah.

Dalam kesempatan itu, Prabowo sempat menyarankan Gibran untuk maju ikut dalam pemilihan kepala daerah tingkat provinsi atau gubernur.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Prabowo ketika menyempatkan diri bertemu Gibran di Surakarta pada 24 Januari 2023, di sela-sela kunjungan kerja penyerahan kendaraan dan alat komunikasi bagi Babinsa Koramil Serengan 03 Surakarta.


Respons Jokowi soal Gibran Disebut Bakal Jadi Cawapres Prabowo di Pilpres 2024

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi wacana sejumlah kalangan yang mengajukan nama putranya, Gibran Rakabuming Raka, untuk mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Jokowi menegaskan Gibran belum realistis untuk masuk dalam bursa pilpres 2024. Setidaknya ada dua alasan mengapa putra sulungnya, yang kini menjabat Wali Kota Surakarta, belum waktunya ikut bertarung di Pilpres.

"Pertama umur. Kedua, baru dua tahun jadi Wali Kota. Yang logis saja lah," katanya, di Mal Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis 4 Mei 2023, dikutip dari Antara.

Jokowi kemudian tidak mau menanggapi lebih lanjut topik tersebut dan memilih tertawa sebelum merespon sejumlah pertanyaan lain.

Gibran memang saat ini baru berusia 35 tahun dan baru mulai menjabat sebagai Wali Kota Surakarta sejak 26 Februari 2021.

Kendati demikian, karier politiknya cukup melaju pesat, bahkan DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta akan menjadikan Gibran sebagai juru kampanye pemenangan Pemilu 2024 untuk wilayah Solo.

Alasan Jasad Dikubur di Laut

Menguak Alasan Jasad Osama Bin Laden Dikubur di Laut Tanpa Nisan

Liputan6.com 2023-05-04 21:00:11
Potret Osama bin Laden pada 1998 (AP Photo/Mazhar Ali Khan, File)

Osama bin Laden dinyatakan meninggal pada 1 Mei 2012, dan lokasi pemakamannya sempat menjadi misteri.

Kemudian diketahui bahwa pemakaman Osama dilakukan di laut, terungkap dari beredarnya surat elektronik pada akhir tahun itu. Detil mengenai pemakaman tersebut bocor dari email internal antara pejabat militer Amerika Serikat (AS).

Pada akhirnya, jasad orang yang bertanggung jawab atas serangan teror paling berdarah di tanah AS itu tak memiliki nisan sebagai pertanda.

Misi lanjutan untuk mengurus jenazah Osama bin Laden dengan cara yang sesuai ketentutan AS, sambil tetap mengikuti adat Islam itu disebut tak kalah penting seperti penggerebekannya.

Mengutip Mirror, Kamis (4/5/2023), diketahui bahwa Washington menjadi semakin khawatir jika Osama dikubur di darat maka kuburannya akan menjadi tempat suci bagi calon militan untuk dikunjungi dan kian menggembleng niat untuk membunuh.

Setelah SEAL atau pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat mengakhiri era teror Osama, mereka menerbangkan jasadnya sejauh 850 mil (sekitar 1367 km) ke Laut Arab, di mana tubuhnya diselimuti kafan putih, ditempatkan dalam tas pemberat, dan dengan lembut diturunkan ke laut, selanjutnya disesuaikan dengan upacara pemakaman Muslim.

"Seorang perwira militer membacakan pidato agama yang telah disiapkan dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab oleh seorang penutur asli," kata seorang pejabat pertahanan AS.

Pada saat itu, AS mengklaim telah menyelesaikan ritual keagamaan dengan sangat serius,


Pro-Kontra Cara Pemakaman Bin Laden

Meski proses pemakaman Osama bin Laden telah rampung menurut AS, tetapi beberapa anggota komunitas Muslim merasa Washington dapat mengatur penguburan di tanah.

Beberapa pakar Islam mempunyai perbedaan pendapat tentang kelayakan Osama dikuburkan di laut. Ada yang mengatakan itu bukan masalah besar mengingat kejahatan Osama Bin Laden.

Yang lain berpendapat itu sama saja dengan penistaan, dan seharusnya Osama dikubur di tanah dengan kepala menghadap Mekkah.

Banyak yang mengatakan bahwa penguburan laut hanya diperbolehkan ketika seseorang meninggal dalam perjalanan laut.


AS Sebut Tak Ada Negara yang Mau Mengambil Jasad Osama

Selain perihal potensi dijadikan situs suci oleh militan, AS mengklaim mereka tidak dapat menemukan negara, atau satu individu pun, yang bersedia mengambil jenazah Osama bin Laden.

Tetapi sejumlah pakar mengatakan bahwa hal itu tidak benar, dengan alasan bahwa anggota keluarga besarnya, atau seorang pendukung akan dengan senang hati mengambil tugas tersebut.

Kendati demikian tidak mungkin AS mengeksplorasi opsi untuk menyerahkan tubuh salah satu teroris terjahat yang pernah ada di dunia kepada pendukung ideologi jahatnya.

Negara asalnya, Arab Saudi, kabarnya sempat diminta untuk berkorban dan menerima jenazahnya. Tetapi kerajaan Arab Saudi mengikuti Wahabisme, yang sangat menentang segala bentuk penyembahan berhala, termasuk pemujaan kuil sehingga tak menerima jasadnya.

Pada saat itu, Associated Press mengutip mufti agung Dubai Mohammed al-Qubaisi, yang mengatakan penguburan laut hanya diperbolehkan dalam keadaan luar biasa, yang dalam kasus Osama bin Laden tak termasuk.

"Jika keluarga tidak menginginkannya, sangat sederhana dalam Islam: Anda menggali kuburan di mana saja, bahkan di pulau terpencil, Anda berdoa dan begitu saja," kata Mohammed al-Qubaisi.


Kronologi Kematian hingga Kabar Bocor Prosesi Pemakaman

12 tahun yang lalu, Osama Bin Laden ditembak mati saat dia muncul dari lantai tiga sebuah gedung, tempat dia bersembunyi bersama keluarganya di Abbottabad, Pakistan.

Kematiannya adalah hasil dari Operasi Neptune Spear, operasi "tangkap dan bunuh" yang dipimpin CIA selama 40 menit, di mana Bin Laden dan empat pria lain termasuk putranya dan seorang wanita lainnya dibantai.

Setelah dia terbunuh, pasukan AS berputar kembali ke Afghanistan, di mana tubuhnya diidentifikasi dengan tes DNA.

Mengutip Associated Press 2012 lalu, disebutkan detil mengenai pemakaman Osama diketahui bocor di email atau surat elektronik internal antara pejabat militer Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan e-mail dari Badan Informasi Amerika Serikat Freedom of Information Act, mantan pemimpin Al Qaeda itu memang dikuburkan ke laut. Jenazah awalnya dimandikan, dibungkus kain kafan, ditempatkan di sebuah kantong jenazah, hingga kemudian dikubur di laut di bawah kapal induk.

"Prosesi pemakaman dilakukan secara islami. Jasad almarhum dimandikan, kemudian ditempatkan dalam kantong. Lalu seorang perwira militer membaca pidato, yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Arab. Setelah doa dibacakan, jenazah kemudian ditempatkan di atas papan dan diluncurkan ke laut," tulis e-mail yang dikirim pada 2 Mei 2012 dari Kapten militer AS Gaouette Charles.

Surat elektronik lainnya, yakni dari seorang pejabat publik kantor pemerintah AS Vinson menyatakan tidak banyak pemimpin marinir yang tahu. Selain itu, informasi dan komunikasi antar pejabat militer AS pun disamarkan. Wakil Komandan Armada Kelima Angkatan Laut Gaouette pun menggunakan kode rahasia untuk membicarakan helikopter yang digunakan untuk membawa jenazah Osama hingga tiba di Vinson.

"Ada berita pada paket untuk kita?" tanya Gaouette kepada komandan Samuel Perez.

"FEDEX telah dikirim lewat paket. Kedua truk yang membawanya sudah aman," jawab Perez.

Gaun Putri Diana di Toko Barang Bekas

Gaun Sutra Rp3 M Milik Putri Diana dan 4 Barang Berharga Bernilai Tinggi Ini Juga Ditemukan di Toko Barang Bekas

Liputan6.com 2023-05-04 20:10:00
Simak seperti cerita di balik pelelangan gaun beludru Putri Diana (Foto: instagram/chichappensboston)

Menemukan barang bermerek dan mahal di dalam tumpukan benda di toko barang bekas rasanya seperti mencari harta karun, sangat sulit untuk didapatkan.

Kecil kemungkinannya barang-barang tersebut dibuang atau didonasikan, apalagi berakhir di toko barang bekas.

Namun rupanya, banyak orang beruntung yang menemukan barang-barang berharga dalam tumpukan tersebut. Mulai dari karya seni langka, benda bersejarah, hingga yang paling mengejutkan yaitu gaun bekas Putri Diana.

Barang-barang ini biasanya muncul di lelang bergengsi dan dibanderol dengan harga tinggi. Tetapi, ada juga loh yang menemukannya di toko barang bekas yang tentunya memberikan harga jauh lebih murah.

Berikut ini, beberapa temuan berharga dan bernilai tinggi di toko barang bekas, melansir The Sun, Kamis (4/5/2023):

Putri Diana, atau akrab dipanggil Lady Diana, terkenal sebagai pribadi yang dermawan dan murah hati, termasuk dalam hal berpakaian.

Ia bermaksud memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk berpakaian bak putri. Oleh karena itu, beberapa pakaiannya sengaja disumbangkan ke badan amal.

Begitulah bagaimana sebuah gaun sutra yang dikenakannya sewaktu jamuan makan malam kenegaraan dapat berakhir di sebuah toko amal.

Gaun Putri Diana ini dijual dengan harga 200 dolar atau setara 2,9 juta rupiah.

Selama 20 tahun, gaun itu disimpan oleh pemilik toko hingga mereka menonton film dokumenter Putri Diana dan menyadari bahwa pakaian tersebut adalah milik seorang yang sangat penting.

Dengan cepat, gaun itu terjual dengan harga 208.000 dolar pada tahun 2018, saat ini harganya mencapai Rp3 M.


2. Karya Seni Picasso

Tahun 2012, Zachary Bodish pergi ke toko barang bekas Relawan Amerika di Ohio.

Lelaki itu melihat poster karya seni Picasso yang terlihat berbeda dari poster lainnya, lapor ABC News.

Bodish memutuskan membelinya dengan harga 14,14 dolar atau sekitar 205 ribu rupiah. Ia pulang dan meneliti lebih lanjut benda yang dibelinya itu. Hingga ia menemukan bahwa karya itu adalah linocut yang dibuat oleh Picasso yang kemudian ditekan ke kertas dengan tinta.

Dengan modal yang kecil, pria itu menjual karya Picasso ke seorang pembeli dengan harga 7.000 dolar, setara 102,7 juta rupiah.

Seorang wanita membeli sebuah piring dengan desainnya yang unik dengan harga di bawah 100 dolar (1,5 juta rupiah).

Wanita itu menggantung piring tersebut di dinding di atas kompor selama bertahun-tahun hingga akhirnya ia memutuskan untuk membawa benda tersebut ke sebuah toko benda antik untuk dinilai.

Rupanya, piring itu adalah karya Picasso yang merupakan bagian dari koleksi keramik yang diselesaikannya pada tahun 1955.

Meskipun benda bernilai tinggi itu sudah sangat berdebu bahkan berminyak, harganya tetap mahal.

Piring wanita itu dihargai sekitar 10.000-15.000 dolar atau 147-220 juta rupiah.


4. Cangkir Antik China dari Cula Badak

Di Australia, pada tahun 2013, seorang pembeli membayar 4 dolar (58 ribu rupiah) untuk sebuah cangkir unik.

Cangkir itu terlihat terbuat dari kayu dengan ukiran yang rumit.

Namun, ternyata bukan terbuat dari kayu, melainkan dari cula badak.

"Libation Cup" itu kemudian melonjak harganya menjadi 75.000 dolar, sekitar 1,1 miliar rupiah.

Tak kalah unik, kali ini sebuah jaket penting ditemukan di sebuah toko barang bekas.

Seorang jurnalis lah yang pertama kali menyadarinya, ia melihat sebuah blazer berwarna hijau yang ternyata adalah pakaian langka yang hanya diberikan kepada pemenang turnamen golf Masters.

Biasanya, pakaian ini tidak diperbolehkan dibawa keluar dari lapangan golf kecuali jika pemenangnya yang membawa pulang blazer mereka.

Jurnalis tersebut membelinya dengan harga lima dolar saja, sekitar 73 ribu rupiah.

Lalu ia menjual dan menaikkan harganya, yaitu 139.349 dolar atau setara dua miliar rupiah, harga yang sangat tinggi.

Sayangnya, nama pemilik yang sah telah dipotong dari labelnya, jadi tidak ada yang tahu siapa pemilik sebenarnya blazer hijau tersebut.


Misteri Tiga Gaun Paling Ikonik Putri Diana yang Berakhir di Toko Barang Bekas, Siapa Pelakunya?

Sementara itu, misteri masih menyelimuti pertanyaan tentang bagaimana sejumlah pakaian Putri Diana yang ikonik berakhir di toko barang bekas. Konon ibunda Sarah Ferguson yang melakukannya.

Claudia Joseph baru saja merilis Diana: A Life in Dresses, dari Debutante hingga Style Icon, di mana dia menceritakan kisah luar biasa tentang bagaimana trio pakaian milik Putri Diana itu diselamatkan dari ritel barang bekas.

Mengutip dari, dailystar.co.uk, Rabu (3/5/2023), gaun yang diambil itu diperlakukan sebagai artefak sejarah dalam arsip pakaian dengan pengatur suhu, sebagai bagian dari fasilitas penyimpanan Royal Ceremonial Dress Collection di Hampton Court.

Menurut pakar mode dan royal expert Claudia, sebuah sumber mengkonfirmasi kepadanya bahwa ibu dari mantan istri Pangeran Andrew itu mendapati dirinya memiliki gaun Diana setelah kematiannya pada tahun 1997.

Baca selengkapnya di sini...

Masih Cinta Meski Sudah Ditalak

Inara Idola Rusli Akui Masih Cinta dengan Virgoun, Meski Suami Sudah Ajukan Permohonan Talak Cerai

Liputan6.com 2023-05-05 10:00:00
Virgoun dan istri (Sumber: Instagram/virgoun_)

Inara Idola Rusli harus menelan pil pahit, rumah tangganya dengan Virgoun terancam berakhir di Pengadilan Agama Jakarta Barat. Seperti diketahui, Virgoun telah resmi mendaftarkan permohonan cerai terhadap Inara.

Inara Idola Rusli tidak menampik masih cinta dengan Virgoun. Namun menurutnya, sebuah pernikahan tidak hanya soal cinta, ada takwa dan tanggung jawab yang juga harus ada di dalamnya.

"Ya cinta pasti. Terlepas dia pura-pura atau enggak," aku Inara Idola Rusli di Kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (5/3/2023).

"Cuma kan pernikahan itu bukan melulu soal cinta. Di situ ada tanggung jawab, ada takwa," ujar Inara menambahkan.


Inara Sudah Berusaha Semaksimal Mungkin

Sebagai istri, Inara mengaku sudah berusaha semaksimal mungkin mempertahankan rumah tangganya. Itu sebabnya, ia sempat meminta bantuan beberapa pihak, untuk memediasi permasalahannya dengan Virgoun.

"Permohonan talak sudah masuk, ya saya harus ke meja hijau. Sebelum masuk saya sudah mengajukan mediasi," ungkapnya.


Anak-Anak Mulai Tanyakan Virgoun

Atas permasalahan rumah tangga yang dihadapi, Inara berusaha memberi pengertian pada ketiga anaknya. Sebab, sang anak mulai menanyakan keberadaan Virgoun, yang kini tak lagi tinggal serumah dengan mereka.

"Ya (anak) jelas nanyain. Memberi pengertian aja sih," imbuh Inara.


Belum Menerima Gugatan Virgoun

Diakui Inara, sementara ini belum adanya pembicaraan antara dirinya dengan Virgoun untuk urusan anak. Ia juga belum menerima gugatan perceraian yang diajukan Virgoun.

"Kalau untuk anak belum ada pembicaraan. Gugatan aja belum kita terima," tandas Andy Mulia Siregar. (M.AltafJauhar)

Poros Baru Jelang Pemilu?

HEADLINE: Lobi-Lobi Elite Parpol Kian Gencar Jelang Pilpres 2024, Bakal Ada Poros Baru?

Liputan6.com 2023-05-06 00:00:31
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima kunjungan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kantor Kemenko Perekonomian pada Senin (19/9/2022). ( Sumber ekon.

Lobi-lobi politik kian gencar. Para elite parpol bertemu dan mencari peluang terbaik. Mungkinkah poros baru tercipta jelang pertarungan pilpres 2024?

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto jadi salah salah satu elite yang intens safari politik. Pada Rabu (3/4/2023), Airlangga melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada Kabinet Indonesia Maju itu juga bertemu Ketum Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Semua pintu komunikasi dibuka oleh Golkar.

Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno, mengatakan, yang ideal bagi Golkar sebenarnya adalah bergabung dengan poros yang bisa memastikan Airlangga mendapatkan tiket di pilpres.

"Itu saja ukurannya. Untuk apa bergabung dengan poros politik yang tidak bisa memastikan Airlangga maju," kata Adi kepada Liputan6.com, Jumat (5/5/2023).

Jika tidak bisa memastikan Airlangga dapat tiket pencapresan, kata Adi, maka setidaknya Golkar harus merapat ke poros politik yang bisa memenangkan pertarungan di 2024.

Peneliti Senior Populi Center, Usep S Ahyar, menilai Golkar sebenarnya masih terus mengupayakan koalisi besar. Sebab, partai berlambang beringin itu ingin pegang kendali dan menjadi partai inti.

"Tapi persoalannya Golkar tidak punya calon yang memang bisa dijadikan bargaining di antara partai-partai, itu persoalannya. Golkar kalau gabung ke koalisi PDIP itu juga pasti kalah, PDIP lebih maju, mereka punya kader yang punya elektabilitas tinggi seperti Ganjar Pranowo, kemudian dari sisi perolehan suara PDIP juga lebih tinggi," kata Usep kepada Liputan6.com, Jumat (5/5/2023).

Usep menilai, Golkar coba mengambil celah melalui KIB. Masalahnya, PPP sudah merapat ke PDIP. Sementara PAN juga mengisyaratkan dukung Ganjar.

"Akhirnya kelimbungan lagi, Golkar jadi tidak punya koalisi yang benar-benar bargaining positif terhadap partai-partai lain, padahal dia secara perolehan suara tidak buruk-buruk amat di DPR. Jadi sampai hari ini Golkar belum nyerah gitu mau bergabung kemana, justru inginnya membangun koalisi yang partai lain bergabung bersama mereka," tambahnya.

Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, mengatakan langkah Golkar menjalin komunikasi dengan Gerindra dan Demokrat adalah bentuk usaha mendapatkan Airlangga tiket di Pilpres.

Ia juga percaya partai berlambang beringin itu takkan merapat ke poros PDIP dan PPP. Sebab, kata Ujang, PDIP kemungkinan tak mau Airlangga jadi cawapres Ganjar.

"Ketemu Prabowo, ketemu Demokrat, ya itu sebagai usaha ikhtiar dari Golkar untuk membangun koalisi agar Airlangga bisa jadi capres atau minimal jadi cawapres. Bertemu Prabowo juga berkomunikasi bisa jadi Golkar menawarkan Airlangga jadI cawapres Prabowo," kata Ujang kepada Liputan6.com, Jumat (5/5/2023).

"Lalu dengan Demokrat juga bisa jadi ya bisa bersilaturahmi untuk memungkinkan bisa bekerjasama untuk bisa menjadi suatu pasangan poros ataupun mengajak Demokrat membangun poros baru atau gabung koalisi besar."


Mungkinkah Ada Poros Baru?

Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno, mengatakan, bukan hal yang mustahil Golkar membuat poros baru. Ini penting demi memastikan tiket pilpres untuk Airlangga.

"Mungkin saja akan ada poros baru terutama poros parpol yang Ketua Umum mereka sampe saat ini belum mendapatkan tiket pencapresan dan mereka mendapatkan teman atau kongsi baru misalnya Golkar dengan Demokrat, atau dengan PKB. Ketum mereka hingga saat ini belum keliatan bisa maju atau tidak, makanya Golkar misalnya begitu aktif ketemu PKB, ketemu Demokrat, lalu juga PKB merayu AHY untuk bisa bergabung. Itu menunjukkan adanya kemungkinan menjajal poros baru," Adi menambahkan.

Berbeda, Peneliti Senior Populi Center, Usep S Ahyar, menilai agak sulit untuk membuat poros baru di tengah peta politik seperti sekarang. Sebab, Golkar yang ingin pegang kendali di poros baru, tak punya tokoh dengan elektabilitas tinggi.

"Agak susah di 2024 itu menjadi empat poros ya, mungkin tiga atau bahkan mungkin dua," kata Usep.

"Saya sih menduga ya jika tidak terjadi tiga atau mengupayakannya, maka mungkin ada koalisi besar dan menjadi dua poros akhirnya. Dua pasang tapi itu juga agak susah karena kita tahu juga kan masing-masing itu sudah relatif kuat dalam posisinya, kecuali kalau Anies Baswedan misalnya dalam konteks kalau Demokrat tidak mau untuk mendukung, ini kan agak susah membangun koalisi karena tidak mencapai target 20%."

Usep mengatakan, jika seandainya Demokrat batal dukung Anies, maka Golkar bisa merapat dan menawarkan Airlangga.

"Tapi bargaining apa yang diajukan ke Nasdem yang terlebih dahulu sudah mendeklarasikan Anies dan Anies sudah identik dengan Nasdem."

"Jadi kalau menurut saya Golkar itu menurut saya segera saja memutuskan kemana, karena memang agak sulit kalau membuat keputusan poros baru yang mereka kendalikan. Karena, mau enggak mau harus bargaining dengan kelompok-kelompok koalisi yang agak relatif establish," ucapnya.

Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, ragu bakal ada poros baru lagi. Sebab, poros PDIP-PPP, Gerindra-PKB, dan PKS-Demokrat-NasDem, sudah memiliki capres dengan elektabilitas tertinggi. Tinggal Golkar dan PAN yang belum ambil sikap.

"Poros Ganjar dengan pasangannya, Prabowo dengan pasangannya dan Anies dengan pasangannya, kelihatannya arahnya seperti itu. Poros baru atau poros keempat agak sulit, tiga pun berat. Kalau seandainya Anies gagal nyapres, ya hanya dua poros kalau gitu," jelas Ujang.


Wacana Prabowo-Airlangga

Hubungan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dinilai semakin menguat menjelang Pilpres 2024.

Hal itu ditandai dari pertemuan kedua kalinya Prabowo dengan Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie dan Airlangga yang dilakukan pekan lalu.

Pengamat politik Ikhwan Arif menilai pertemuan Prabowo, Airlangga dan Aburizal Bakrie menunjukkan sinyalemen bahwa ketiga tokoh tersebut mempunyai peran penting dalam menentukan nominasi kandidat capres dan cawapres.

"Apalagi ketiganya merupakan tokoh berpengaruh besar dalam partai Gerindra dan Golkar. Dalam menentukan nominasi bakal capres dan cawapres peran tokoh sentral sangat berpengaruh," kata Arif.

Secara historis, Arif mengatakan ketiganya punya pengaruh besar terhadap mesin partai, sehingga pertemuan ketiga tokoh tersebut bisa saja menunjukkan bahwa Prabowo dan Airlangga berpeluang besar untuk diusung sebagai capres dan cawapres karena didukung oleh tokoh-tokoh kuat dari kedua partai.

"Wacana peleburan koalisi besar semakin menunjukkan bahwa Prabowo dan Airlangga merupakan tokoh yang digadang-gadangkan untuk maju di Pilpres 2024," katanya.

Menurut Arif, faktor kekuatan partai politik yang besar akan memudahkan langkah strategis koalisi dalam mengusung Prabowo-Airlangga sebagai capres dan cawapres.

APalagi, lanjutnya, keduanya mempunyai pengalaman yang sama di pemerintahan sehingga sangat memungkinkan kedua tokoh akan melanjutkan program kerja pemerintah yang belum terwujud.

Selain itu, Arif menilai keduanya juga telah mendapatkan restu dari Jokowi untuk maju di Pilpres 2024 sehingga akan mempermudah langkah strategis kedua tokoh untuk merebut simpati publik dalam melanjutkan program kerja pemerintah Jokowi

"Kalau dilihat dari komposisi koalisi saat ini, seperti PDIP dengan PPP, Demokrat, PKS, NasDem, masih besar peluang PKB untuk tetap bergabung dengan Prabowo, jika Airlangga berpasangan dengan Prabowo," ucap Arif.


Gerak Lincah Cak Imin

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin), bertemu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Senayan, Rabu (3/5/2023) siang. Lalu dilanjutkan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Cikeas pada malam harinya.

"Semua yang kita lakukan ini tentu tidak lepas dari untuk bersimulasi pasangan-pasangan dan bersimulasi sampai pada saat putusan nanti. Saya bersama Pak Prabowo bersimulasi, saya bersama Pak Airlangga bersimulasi," kata Cak Imin usai bertemu Airlangga, Rabu (3/5/2023).

Menurut Cak Imin, berbagai simulasi dilakukan untuk membuka peluang koalisi. Meski demikian, menurutnya simulasi dengan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto tetap ada.

"Simulasi itu tidak menutup berbagai peluang, apakah Prabowo-Muhaimin, apakah Prabowo-Airlangga, atau kah Airlangga-Muhaimin, itu masih proses yang akan kita jalani," ucapnya.

Meski demikian, Cak Imin menyebut pertemuan dengan Airlangga Hartarto hari ini belum memutuskan capres-cawapres. Kedua pihak masih menunggu momentum yang tepat.

"Kita ingin siang ini PKB dan Golkar akan terus lebih intensif lagi sampai pada hari yang kita anggap tepat," kata dia.

Usai bertemu Airlangga, malam harinya Cak Imin merapat ke Cikeas dan bertemu AHY.

Cak Imin menggoda AHY bergabung ke Koalisi Besar di Pilpres 2024. Cak Imin pun bertanya apakah AHY masih "jomblo" dan sudah serius berada di Koalisi Perubahan.

Adapun Partai Demokrat saat ini bergabung dengan Koalisi Perubahan bersama Partai NasDem dan PKS. Sedangkan PKB, tergabung dengan Koalisi Indonesia Raya (KIR) bersama Partai Gerindra dan sedang menggagas Koalisi Besar.

"Namanya koalisi harus saling menggoda, siapa tahu ya. Memperbanyak teman. Apalagi kalau saling mengisi," kata Cak Imin dalam konferensi pers usai pertemuan dengan AHY di Puri Cikeas Jawa Barat, Rabu, 3 Mei 2023 malam.

"Apa ya misalnya, sudah serius apa belum? Kalau bahasanya, di sana jomblo enggak?" sambung Cak Imin tertawa.

Kendati begitu, AHY membantah ada pembahasan dirinya masih 'jomblo' atau tidak. AHY mengatakan pertemuan empat mata dengan Cak Imin tidak membahas soal itu.

"Tadi enggak nanya gitu. Kalau nanya gitu mungkin masih lama kita di dalam," ujarnya.

Menurut dia, pertemuan dengan Cak Imin berlangsung cair dan membahas sejumlah hal. AHY mengakui dirinya juga ikut menggoda agar Cak Imin masuk ke Koalisi Perubahan.

"Rasanya kita saling menggoda tadi. Saling menggoda dalam arti yang baik artinya kami saling bertukar pikiran, bertukar catatan," tutur dia.

Kendati begitu, AHY menyebut tidak upaya mempengaruhi yang berlebihan untuk masuk ke koalisi masing-masing. Dia pun merasa diskusi-diskusi dengan Cak Imin baik untuk dipertimbangkan demi kemajuan Indonesia.

"Dan sekali lagi, kami tidak ada upaya terlalu berlebihan untuk saling mempengaruhi, saling bercerita tapi rasanya baik untuk kita pertimbangkan, kita pikirkan," pungkas AHY.