Dilaporkan Atas Kasus Pelecehan Seksual

AG Laporkan Mario Dandy Satriyo Terkait Pelecehan Seksual

Liputan6.com 2023-05-08 17:35:31
Mario Dandy Satriyo dilaporkan oleh AG, mantan pacarnya atas kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur. Laporan dilayangkan oleh penasihat hukum AG di Polda Metro Jaya, Senin (8/5/2

Mario Dandy Satriyo kembali dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Kali ini, pelapornya adalah mantan pacarnya sendiri, yakni AG alias AGH, atas kasus pelecehan anak di bawah umur.

Laporan dilayangkan oleh penasihat hukum AG, Mangatta Toding Allo, ke Polda Metro Jaya. Laporan tercatat dengan nomor LP/B/2445/V/2023/SPKT/Polda Metro Jaya.

"Laporan kami sudah diterima dan akan ditindaklanjuti segera oleh pihak Polda Metro Jaya," kata Mangatta kepada wartawan, Senin (8/5/2023).

Mangatta menerangkan, alasannya baru mempolisikan Mario Dandy Satriyo. Salah satunya karena menunggu putusan dari pengadilan yang kini sudah dilampirkan sebagai alat bukti.

"Kami kemarin fokus persidangan dan kami baru mendapatkan ini fakta persidangan saat sudah ada putusan. Jadi putusan juga menjadi salah satu bukti kami kemarin. Jadi alat bukti yang sah, jadi kami lampirkan laporan polisi tadi," ujar dia.

Manggatta mengklaim, pelaporan terhadap Mario Dandy juga disetujui oleh Anak AG selaku korban.

"Kami pihak keluarga berinisiatif melaporkan. Dan ini kami sudah pengetahuan anak AG juga," ujar dia.


Laporan Ketiga Pihak AG Terhadap Mario Dandy

Ini merupakan ketiga kalinya, Mangatta membuat laporan terhadap Mario Dandy Satriyo. Laporan pertama ditujukan pada pelaku penganiayaan terhadap David Ozora tersebut pada Selasa (2/5/2023). Namun, upayanya ditolak dengan alasan harus dilakukan oleh orangtua atau wali.

Sehari setelahnya atau Rabu (3/5/2023), Mangatta Toding kembali datang membawa seorang wali dari keluarga AG, sayangnya Polda Metro Jaya kembali menolak.

Menurut penolakan terjadi karema ada miss komunikasi sedikit antara pelapor dengan kepolisian.

"Yang mungkin belum berani menerima laporan atau mungkin berkoordinasi dengan unit PPA atau subdit renakta. Kurang lebih begitu," ujar dia

Dalam kasus ini, Mangatta turut mengajukan delapan bukti. Empat di antaranya sudah diserahkan ke penyidik, sedangkan empat lain akan diberikan pada saat berita acara klarifikasi atau pemeriksaan perdana pelapor.

"Empat bukti itu apa? Itu nanti penyidik yang sampaikan ya," ujar dia.

Mangatta menerangkan, Mario Dandy Satriyo disangkakan melanggar Pasal 76 D juncto pasal 81 Undang-Undang Perlindungan Anak dan atau pasal 76 E juncto Pasal 82 perlindungan anak.

"Terlapornya hanya MDS karena ini pelakunya adalah orang dewasa dan untuk pihak lain kami belum lihat unsur pidananya untuk itu," ujar dia.

Putri Diana 'Dihadirkan' di Acara Penobatan

Kate Middleton Lakukan Hal Menyentuh untuk Mendiang Putri Diana di Penobatan Raja Charles III

Liputan6.com 2023-05-08 14:16:01
Salah satunya adalah anting-anting berlian dan mutiara yang sebelumnya dimiliki oleh mendiang mertuanya, Putri Diana. (Phil Noble/Pool Photo via AP)

Kate Middleton atau Princess of Wales menyajikan sebuah penghargaan yang menyentuh banyak hati orang, terkait referensi tampilannya kepada sang ibu mertua.

Pada penobatan Raja Charles III, Kate Middleton menggunakan perhiasan pilihannya, yaitu anting-anting berlian dan mutiara yang begitu sering dikenakan oleh Putri Diana semasa hidupnya.

Cara sederhana Kate Middleton seakan-akan membawa kenangan tentang Putri Diana ke dalam peristiwa bersejarah ini.

Diana cukup sering memakai anting-anting berlian dan mutiara untuk mengubahnya menjadi salah satu penampilan viral.

Bahkan, penampilan semacam itu kerap dilakukan oleh Putri Diana untuk pesta amal, tur ke negara bagian (terutama ke Australia) dan pergi ke acara opera dan balet, dikutip dari lamantelegraph.co.uk, Senin (8/5/2023).

Anting itu berbentuk seperti set tapal kuda dengan berlian baguette. Ada pula mutiara yang digantung di tengah.

Hal yang jadi sorotan yaitu ketika Kate Middleton memakai mahkota berbentuk bunga. Padahal, ia identik dengan tiara yang juga kerap dipakai oleh Putri Diana.

Rupanya, ada alasan mengapa Kate Middleton hanya menggunakan hiasan kepala berbentuk bunga dengan warna perak karya Jess Collett x Alexander McQueen.

Dikutip dari laman LBC.co.uk, laporan menunjukkan bahwa Princess of Wales menginginkan tampilan yang lebih sederhana agar sesuai dengan tema yaitu penobatan yang jauh lebih sederhana yang telah ditetapkan Raja Charles untuk mempertimbangkan krisis biaya hidup di Inggris.


Raja Charles III Sah Jadi Pemimpin Kerajaan Inggris

Raja Charles III sah menjadi pemimpin kerajaan Inggris setelah 70 tahun dipimpin oleh Ratu Elizabeth II. Raja Charles III dimahkotai oleh Uskup Agung Canterbury.

Kini mahkota seberat kurang lebih 2,07 kilogram itu sudah terpasang di kepala Charles. Mahkota ini bernama St. Edward yang terdiri dari rangka emas padat, berhias batu permata: rubi, kecubung dan safir.

Sambil berdiri di samping Kursi Penobatan berusia 700 tahun, Raja Charles III dipersembahkan kepada mereka yang berkumpul di lokasi penobatan oleh Uskup Agung Canterbury.

Hadirin yang ada di lokasi penobatan kemudian berteriak, "Tuhan Lindungi Raja Kami" dan suara diiringi oleh terompet, dikutip dari laman BBC, Sabtu (6/5/2023).


Raja Charles Diusap Pakai Minyak Suci

Sebelumnya, Uskup Agung Canterbury mengurapi tangan, dada, dan kepala Raja Charles III dengan minyak suci yang dibuat dengan resep rahasia, tetapi diketahui mengandung ambergris, bunga jeruk, mawar, melati, dan kayu manis.

Minyak yang dibuat untuk Charles tidak mengandung bahan apa pun yang berasal dari hewan.

Penobatan ini akan menjadi sebuah peristiwa penting, tak hanya bagi Kerajaan Inggris Raya, tetapi juga masyarakat dan pengamat dari seluruh dunia.

Raja Charles III disebut akan menggunakan kesempatan tersebut untuk memajukan semangatnya terhadap generasi muda, komunitas, keragaman, dan keberlanjutan.

Tak hanya untuk meneruskan tradisi, acara penobatan ini juga mencerminkan Inggris yang modern dan multikultural.


Raja ke-40 dan Menjadi Kepala Negara dari 14 Negara Persemakmuran

Raja Charles III menjadi raja ke-40, ia juga akan menjadi kepala negara dari 14 negara Persemakmuran.

Mahkota emas Raja Charles II pada tahun 1661 yang dihiasi 444 batu berharga akan dikenakan Raja Charles III di hari penobatannya.

Orang-orang dari seluruh dunia mengunjungi ibu kota Inggris untuk menyaksikan secara langsung acara bersejarah tersebut.

Berbagai bentuk perayaan, baik dari masyarakat sipil, komunitas, bahkan perusahaan, dilaksanakan untuk meriahkan momen bersejarah tersebut.

Dalam rangka memperingati hari penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla, Kedutaan Besar Inggris Jakarta mengadakan acara tertutup bagi komunitas masyarakat Inggris dan Persemakmuran di hari yang sama, Sabtu, 6 Mei.

Kaesang Wali Kota Solo Berikutnya?

Gibran Rakabuming Tanggapi Gosip Gerindra Usung Kaesang Pangarep Jadi Calon Wali Kota Solo Berikutnya

Liputan6.com 2023-05-08 15:16:11
Gibran Rakabuming menyebut Kaesang Pangarep sebagai Margonda 1, tepat pada hari Ganjar Pranowo diumumkan sebagai capres PDI Perjuangan. (Foto: Twitter @kaesangp)

Foto Kaesang Pangarep memakai kaus bergambar Prabowo Subianto beredar di medsos dan menggegerkan publik. Gara-gara foto tersebut, beredar kabar putra bungsu Jokowi merapat ke Partai Gerindra.

Spekulasi makin liar karena ada yang menyebut Gerindra bakal mengusung Kaesang Pangarep untuk jadi Wali Kota Solo dalam Pilkada berikutnya. Jurnalis lantas mengonfirmasi isu ini ke Gibran Rakabuming.

Ditanya awak media di Solo, baru-baru ini, Gibran Rakabuming tampak kaget mendengar gosip Partai Gerindra akan meminang Kaesang Pangarep dan menyiapkannya sebagai Wali Kota Solo berikutnya.

"Kalau Wali Kota Solo ya idealnya Wali Kotanya dari PDI Perjuangan. Tapi kalau Gerindra mendukung ya, silakan. Dan tidak harus Kaesang," bintang film Sesuai Aplikasi menanggapi.


Tanya Ke Kaesang

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Berita Surakarta, Senin (8/5/2023), Gibran Rakabuming enggan menanggapi isu Kaesang Pangarep merapat ke Partai Gerindra untuk jadi Wali Kota Solo atau Depok, Jawa Barat.

"Ya tanya ke Kaesang. Ya enggak tahu, ya mungkin begitu (Kaesang Pangarep akan mencalonkan diri menjadi Wali Kota Depok)," Gibran Rakabuming Raka menjelaskan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Enggak Ada Yang Seperti Itu

Ayah Jan Ethes enggan menanggapi isu ini lebih detail seraya mengaku kurang mengikuti agenda politik partai politik lain. Mengingat, Gibran Rakabuming sendiri sudah repot mengurusi Solo.

"Enggak, enggak ada yang seperti itu. Saya enggak tahu, tanya ke Kaesang aku ora mudeng. Apalagi berita-berita yang menyangkut update atau info dari partai lain aku kan yo ora mudeng. Ini saya juga baru dengar, aku enggak ngerti," katanya.


Usia Belum Cukup Please

Ini bukan kali pertama Gibran Rakabuming dimintai klarifikasi terkait Prabowo Subianto dan Partai Gerindra. Sebelumnya, ada gosip suami Selvi Ananda akan jadi cawapres Prabowo Subianto dalam pemilu 2024. Selentingan ini pun ditangkis.

"Wis ya, wis. Umur belum cukup, please. Umurku pira tha?" bantah Gibran Rakabuming. "Ilmunya belum cukup, saya tuh masih perlu banyak belajar. Baru dua tahun (memimpin Kota Solo)," pungkasnya.

Tetap Ingin Berpisah dari Ari Wibowo

Inge Anugrah Tetap Ingin Berpisah dari Ari Wibowo, Tak Sesali Pernikahan 17 Tahun Berakhir di Pengadilan

Liputan6.com 2023-05-08 13:00:00
Inge Anugrah, istri Ari Wibowo (Liputan6.com/ M Altaf Jauhar)

Pernikahan 17 tahun Ari Wibowo dan Inge Anugrah koyak. Keduanya mantap mengakhiri pernikahan yang sudah membuahkan dua anak.

Saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 8 Mei 2023, Inge memastikan tak ingin mempertahankan rumah tangganya dengan bintang sinetron Mawar Melati.

Ia sudah bulat mengambil keputusan untuk tak lagi menjalani rumah tangga bersama Ari Wibowo. Meski terasa berat, Inge sudah yakin dengan pilihannya.

"Saya memang ingin berpisah (dari Ari Wibowo)," jawab Inge saat disinggung soal kemungkinan mempertahankan pernikahan bersama Ari Wibowo.


Tak Berharap Apapun Dalam Mediasi

Menjalani proses cerai, Inge diminta pengadilan untuk lebih dulu melakukan mediasi bersama Ari Wibowo. Namun lagi-lagi, Inge merasa mediasi tak akan mengubah keyakinannya untuk berpisah.

"Memang sudah sejak lama untuk ini (bercerai)," Inge menambahkan.


Mediasi Ditunda

Sementara itu, sidang perceraian Ari Wibowo dan Inge Anugrah kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (8/5/2023). Sidang sendiri masih mengagendakan mediasi.

Namun, sidang kali ini hanya dihadiri Inge Anugrah, yang ditemani kedua orang tua dan tim kuasa hukumnya. Sementara Ari Wibowo selaku penggugat, hanya diwakili kuasa hukumnya.


Dilanjutkan 15 Mei 2023

Petrus Bala Pattyona selaku kuasa hukum Inge mengatakan, agenda mediasi ditunda. Agenda mediasi akan kembali digelar pada Senin (15/5/2023).

"Mediasi ditunda pekan depan baru keluar dari hakim mediatornya," kata Petrus Bala Pattyona usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Donasi Rp1,1 M Saat Ultah

Kim Seon Ho Donasi Rp1,1 Miliar di Hari Ulang Tahun ke-37, Sebut Sumbangan Ini dari Penggemar

Liputan6.com 2023-05-08 13:00:00
Kim Seon Ho Merayakan Ulang Tahun ke-37 dengan Bernonasi Sebesar Rp1,1 Miliar ke Palang Merah Korea. Donasi Ini Disebut Kim Seon Ho Sejatinya Pemberian Fans (WeVerse Kim Seon Ho)

Aktor Korea Selatan Kim Seon Ho merayakan ulang tahunnya ke-37 pada Senin, 8 Mei 2023. Dalam rangka mensyukuri bertambahnya usia, Kim Seon Ho memilih melakukan donasi.

Pada tahun ini, bintang Hometown Cha-Cha-Cha memberikan donasi sebesar 100 juta Won atau setara Rp1,1 miliar untuk anak-anak muda yang beranjak menuju kemandirian.

Keputusan pria yang debut akting pada 2017 untuk mensponsori anak-anak muda berdasarkan hasil pemungutan suara para penggemar yang disebut Seonhohada.

Sebenarnya, uang yang disalurkan kepada Palang Merah Korea merupakan hasil penjualan tiket fan meeting Kim Seon Ho.

Sejak awal, aktor yang menurut penanggalan Korea Selatan berusia 38 pada hari ini berniat mendonasikan hasil yang diperolehnya dari acara jumpa penggemar.

Pada bulan April lalu, agensi Kim Seon Ho, SALT Entertainment, mengumumkan, Kim Seon Ho menginginkan para penggemar terlibat dalam memilih ke mana bantuan akan diberikan dengan cara voting.

"Donasi ini bisa ada berkat para penggemar. Jadi, kami membuka pemungutan suara bagi para penggemar untuk memilih ke mana donasi akan disalurkan. Saya harap penggemar akan bergabung dengan kami dalam pemungutan suara untuk pemilihan amal," tulis keterangan agensi melalui akun Instagram.

Donasi ini akhirnya disalurkan pada hari ulang tahun Kim Seon Ho. Merasa tak mampu beramal tanpa bantuan orang lain, pria kelahiran 1986 tersebut berterima kasih kepada para penggemar, seperti melansir situs Naver.

"Donasi ini merupakan donasi yang diberikan oleh para penggemar. Terima kasih kepada para penggemar yang selalu bersama saya. Melalui kesempatan ini, saya berharap dapat membantu anak-anak muda yang harus berdiri sendiri," ujar Kim Seon Ho.


Fans Kim Seon Ho Berdonasi untuk Pasien Kanker Anak

Dalam rangka merayakan ulang tahun sang idola, para penggemar Kim Seon Ho di Fan Cafe bernama 'Seonho Nara' juga berdonasi untuk pasien kanker anak.

Pihak Fan Cafe Seonho Nara mengungkap bahwa mereka senang dapat berpartisipasi dalam pengaruh baik idola mereka, Kim Seon Ho.

"Kami berharap hati yang kecil tapi hangat akan tersampaikan untuk anak-anak pasien kanker dan keluarganya yang sedang mengalami masa sulit," kata perwakilan penggemar.

Jumlah donasi yang dikumpulkan para penggemar pemeran karakter Han Ji Pyeong tersebut terbilang mencapai angka yang cukup fantastis.

Menurut Yayasan Leukemia Anak Korea pada Rabu, 3 Mei 2023, Seonho Nara mendonasikan 3.058.000 won atau setara Rp33,6 juta untuk biaya pengobatan pasien kanker anak.


Kim Seon Ho Gelar Pameran Foto, Keuntungan akan Didonasikan

Belum lama ini, Kim Seon Ho juga mengajak penggemar berdonasi dengan menggelar pameran foto bertajuk '2023 Kim Seon Ho Photo Exhibition - Our Seasons' yang akan bertempat di Seogyo Place, Mapo-gu, Seoul, Korea Selatan pada 24 Mei hingga 6 Juni 2023.

SALT Entertainment menginformasikan bahwa penjualan tiket pameran foto Kim Seon Ho itu akan dibuka mulai besok, 9 Mei 2023, pada pukul 14.00 waktu Korea Selatan.

"Hasil dari pameran foto akan didonasikan," tutur agensi.

Membaca pengumuman ini, para penggemar Kim Seon Ho terenyuh dengan hati baik sang idola.

"Anak baik, segala bentuk apapun didonasikan pastinya ... YOU ARE LIKE AN ANGEL WITHOUT WINGS," tulis salah satu penggemar di kolom komentar.

Penggemar lainnya turut mendoakan agar Tuhan selalu memberkahi sang idola karena kebaikannya.

"God bless you always my idol, Kim seon ho," tulis penggemar tersebut.


Penggemar Kim Seon Ho dari Indonesia Kompak Berdonasi Tahun Lalu

Pada ulang tahun Kim Seon Ho sebelumnya, para penggemar sang aktor dari berbagai negara juga kompak melakukan donasi. Salah satunya adalah penggemar dari Indonesia dengan akun @imseonhohada86.

Pada 8 April 2022, akun itu mengunggah hadiah apa saja yang mereka kirim untuk sang idola. Salah satunya plakat bukti donasi atas nama Kim Seon Ho.

Pada bulan Maret, @imseonhohada menggandeng @seonhohadaindonesiatl mengirimkan truk kopi ke lokasi syuting Sad Tropics.

Dari donasi yang terkumpul, ternyata masih ada sisa uang. Berdasarkan kesepakatan bersama, uang itu pun digunakan untuk berdonasi.

"Sisa uang kami gunakan untuk donasi melalui Yayasan Kesejahteraan MIRAL untuk Anak Disabilitas," tulis akun itu.

Dari nominal yang tertera di plakat, donasi yang mereka berikan sebesar 381.000 Won atau setara Rp4,3 juta.

Ibunda Virgoun Dilarang Bertemu Cucu

Inara Rusli Larang Mertua Bertemu Cucu Sementara Waktu, Tuding Ibunda Virgoun Sering Teriak dan Bicara Kasar

Liputan6.com 2023-05-08 14:30:00
Inara Rusli menyesalkan sikap ibunda Virgoun berkoar di medsos soal putranya tak diizinkan beli gitar. Kini, ia tak izinkan mertua bertemu cucu untuk sementara. (Foto: Dok. Instagram @mommy_s

Konflik rumah tangga Inara Rusli merembet ke mertua. Baru-baru ini, ia tak mengizinkan ibunda Virgoun, Eva Manurung, bertemu tiga cucunya untuk sementara setelah sang mertua melontar sindiran di medsos.

Keributan bermula ketika Eva Manurung menulis status teks membahas perkara beli gitar. Mengunggah potret Virgoun main gitar di akun Instagram pribadi, 3 Mei 2023, Eva Manurung menulis pernyataan soal anaknya.

"Kamu cari makan dari gitar sama tenggorokan tapi dilarang beli gitar ya Nak," cuit Eva Manurung. Mendapati status teks ini, Inara Rusli tak terima lalu membongkar perilaku sang mertua dan kakak ipar.

Tangkapan layar status teks Eva Marunung diunggah Inara Rusli di Instagram Stories, Senin (8/5/2023), disertai larangan bertemu ketiga cucu untuk sementara. Larangan dibuat bukan tanpa alasan.


Minimal Tabayun Dulu

"Minimal tabayun dulu, crosscheck dulu kedua belah pihak. Kalau Ina ada salah fatal juga pasti dihajar sama maminya Ina, bukan ditimang-timang, bukan cari pembenaran," tulis Inara Rusli bersama unggahan ini.

Tak henti sampai di situ, pesohor dengan 780 ribuan pengikut di Instagram ini membeberkan, selama ini Eva Manurung sering teriak dan melontar kata-kata kasar via voice note maupun WhatsApp.


Mami dan Kakak Teriak-teriak

"Selama ini Mami dan Kakak masih teriak-teriak di voice note dan masih berkata kasar di WA dan masih koar-koar di medsos dan status WhatsApp. Dan enggak bisa dudukkan kami berdua untuk mediasi," ia menyambung.

Inara Rusli menyesalkan perilaku mertua yang ia sebut mestinya jadi figur bijak di tengah prahara rumah tangga. "Baiknya enggak usah ketemu cucu dulu sampai bisa cooling down. Mereka butuh figur yang bijak, makasih," oceh Inara Rusli.


Sekarang Kalian Tahu, Kan?

Lebih lanjut, Nyonya Virgoun memberi tahu netizen, "Sekarang kalian tahu kan kenapa jadi viral?" Berdasarkan pantauan Showbiz Liputan6.com, sore ini, unggahan tersebut telah amblas dari Instagram Stories Inara Rusli.

Diwarnai dugaan perselingkuhan, kondisi rumah tangga Inara Rusli dan Virgoun tak memperlihatkan tanda-tanda membaik. Bahkan, Virgoun mengajukan talak cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Barat.

Qibil The Changcuters Nikah, Ariel Noah Curhat

Qibil The Changcuters Resmi Nikah, Ariel NOAH: Sekarang Gue Ditinggal Dia Nikah Duluan

Liputan6.com 2023-05-08 15:30:10
Qibil The Changcuters Resmi Nikah. (instagram.com/qibil)

Kabar bahagia datang dari personel The Changcuters, Qibil. Gitaris The Changcuters ini mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi seorang wanita bernama Qurrotuayun alias Ota.

Kabar tersebut dibagikan langsung oleh Qibil The Changcuters melalui unggahan di Instagram-nya pada Senin (8/5/2023). Dalam unggahan itu, Qibil memamerkan beberapa potret saat momen pernikahannya.

Menyertai unggahannya, Qibil menyampaikan rasa syukurnya lantaran telah resmi berstatus sebagai sepasang suami istri.

"Alhamdulillah, sudah resmi suami-istri! Terima kasih untuk semua yang sudah ikut bahagia & mendoakan kami. Terima kasih juga yang sudah datang, semoga semua senang & makan kenyang," tulis Qibil The Changcuters.


Terima Kasih

Tak lupa, ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua sahabat yang sudah hadir dan menyaksikan hari bahagia mereka.

"Terakhir, terima kasih banyak sahabat-sahabat yang baik hati & mau direpotin dari awal persiapan sampai selesai acara. Semoga semua kebaikan kalian dibalas berlipat ganda, sehat selalu, dan rejekinya lancar. Aamiin," tulis Qibil lagi.


Doa

Di kolom komentar, banyak yang kemudian ikut berbahagia atas pernikahan Qibil The Changcuters. Mereka kemudian memberikan doa terbaik agar rumah tangga Qibil menjadi rumah tangga yang Sakinah Mawadah Warahmah.

"Ya Allah, ikut berbahagia ya Qibs. Semoga keberkahan dan ridho Allah SWT selalu menaungi pernikahan dan keluarga kalian. ," tulis Ronal Surapradja.


Ditinggal Menikah

Terpisah, Ariel NOAH yang diketahui memang bersahabat dengan Qibil sejak sekolah juga turut berbahagia dengan memberikan ucapan lewat sebuah unggahan di Instagram Story. Ariel juga bercanda dengan mengatakan bahwa dirinya telah ditinggal menikah duluan oleh Qibil.

"Qibil, halo gue baru beres manggung gue lupa ngucapin, selamat menempuh hidup baru, gue ditinggal sama Qibil, dia sekarang nikah duluan, ha ha ha. Gue doain all the best Qibil," kata Ariel NOAH.

"Nuhun Aa.. Sok atuh gaskeun buru!" balas Qibil seraya mengunggah ulang unggahan Ariel NOAH.

Masuk Daftar 100 Disjoki Terbaik Se-Asia

Mahalini-Rizky Febian Bertunangan

Selamat, Mahalini Raharja dan Rizky Febian Resmi Bertunangan

Liputan6.com 2023-05-08 09:51:59
Rizky Febian dan Mahalini Raharja (Sumber: Instagram/thebridestory)

Pasangan penyanyi Mahalini Raharja dan Rizky Febian yang baru menggelar prosesi pertunangan pada Minggu (7/5/2023) malam. Dalam prosesi itu, Mahalini dan Rizky mengundang rekan-rekan serta keluarga dari kedua belah pihak.

Prosesi lamaran dilaksanakan di The Langham Jakarta. Dilihat dari Instagram salah satu wedding organizer terkenal Indonesia The Bridestory, prosesi lamaran berlangsung dengan hangat dan mesra.

"Penyanyi @rizkyfbian telah melamar sang kekasih @mahaliniraharja. Prosesi lamaran berlangsung dengan hangat & intimate bersama dengan keluarga serta kerabat terdekat. Congrats, lovebirds!," tulis akun @thebridestory dikutip Senin (8/5/2023).

Selain saling memasangkan cincin pertunangan yang cantik, Rizky Febian juga diketahui memasangkan kalung dalam acara lamaran tersebut. Melalui foto yang beredar, Mahalini juga terlihat tersenyum bahagia.

"Senyum sumringah tampak dari wajah @mahaliniraharja ketika @rizkyfbian memasangkan kalung pada acara lamaran malam hari ini," jelas keterangan wedding organizer.

Sementara, unggahan di Instagram label RFAS Music terdapat penggalan ucapan Rizky Febian ketika prosesi berlangsung.

"Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Om swastyastu. Hari ini merupakan hari yang spesial buat saya, ketika saya memantapkan diri saya. Disini, Iky tidak sendiri, Iky bersama keluarga besar, dan begitupun Mahalini bersama keluarga besar," ungkapnya.

Rizky Febian juga mengatakan jika prosesi lamaran hari ini mempunyai tujuan yang tulus untuknya dan Mahalini. Ia juga meminta izin kepada beberapa pihak dalam melaksanakan prosesi lamaran tersebut.

"Iky hanya memiliki niat ibadah untuk menjadi kepribadian yang lebih baik, dan mempunyai tujuan yang tulus, dan ingin meminta izin kepada Papa, Dadong, Kak Dion, Ka Jody, Ka Ugek, dan Kak Nindi," ujarnya.

Rizky menceritakan bagaimana dirinya yang masih belum sempurna dan mempunyai kekurangan. Namun, ia meminta izin agar bisa memperbaiki segala kekurangan tersebut bersama kekasih tercintanya yaitu Mahalini.

"Mungkin Iky memang tidak sempurna, masih banyak kekurangan dalam diri IIky, tapi izinkan Iky nantinya bisa memperbaiki bersama dengan Mahalini. Terimakasih!," ucapnya.

Adapun keduanya mengenakan pakaian berwarna hijau tua di mana Rizky Febian menggunakan batik. Sedangkan, Mahalini menggunakan gaun kebaya dengan warna yang sama.

52 Persen Jalan di Indonesia Rusak

HEADLINE: 52 Persen Jalan di Indonesia Rusak, Akibat Anggaran Dipotong atau Bukti Korupsi?

Liputan6.com 2023-05-09 00:00:39
"Secepat-cepatnya dimulai (perbaikan jalan rusak), yang bisa yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan, kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh Kementerian PU, ut

Bermula dari unggahan TikTok Bima Yudho Saputro @awbimaxreborn, masalah jalan rusak di Lampung mampu membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan. Bermula dari masalah di Lampung ini kemudian terkuak bahwa kondisi jalan rusak di Indonesia mencapai 52 Persen.

Di akun TikTok, Bima mengkritik Provinsi Lampung 'Dajjal' sebagai provinsi yang tertinggal karena melihat infrastruktur tertinggal dalam unggahan video berjudul "Alasan Lampung Gak Maju-maju".

Bima menyoroti jalan-jalan di Lampung yang termasuk infrastruktur untuk mobilisasi ekonomi tidak baik."Tapi jalan-jalan di Lampung satu kilometer bagus, satu kilometer rusak, jalan ditempel-tempel doang," kata dia.

Perkataan dari Bima inipun terdengar sampai ke telinga Presiden Jokowi. Ia kemudian membuktikan sendiri dengan pergi ke Lampung pada Jumat 5 Mei 2023 kemarin.

Menarik, Jokowi tak mau menggunakan jalur yang sudah disiapkan pemerintah provinsi atau Pemprov Lampung saat mengecek kondisi jalan rusak. Pasalnya, jalan yang disiapkan oleh Pemprov Lampung itu sudah sedikit diperbaiki, meski tak permanen.

"Presiden tidak mau menggunakan jalur yang sudah dijadwalkan. Sebab itu kondisinya sudah lebih baik. Bukan baik sepenuhnya diperbaiki, tetapi ada perbaikan sedikit yang tidak permanen," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin pada Jumat 5 Mei 2023.

Jokowi pun memilih melewati jalur lain yang jalannya masih rusak. Dia ingin merasakan jalan rusak di Lampung yang biasa dilewati oleh masyarakat setempat.

Usai membuktikan jalan rusak di Lampung tersebut memang nyata, Jokowi pun menyampaikan sindirannya kepada pemerintah daerah setempat. Bertolak belakang dengan kenyataan, Jokowi mengatakan bahwa jalan yang ia lalui sangat mulus.

"Jalannya mulus, enak. Dinikmati," kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan sambil tersenyum, usai meninjau jalan rusak di Lampung, Jumat 5 Mei 2023.

Jokowi pun ditanya apakah sempat mengalami guncangan pada perut sepanjang perjalanan. Namun, Jokowi mengaku dirinya dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan tertidur di mobil.

"Sampai Pak Zul tadi tidur, saya juga tidur. Ya karena mulus, sampai di mobil tidur dong," ujar Jokowi.

Ia pun kemudian memastikan pemerintah pusat mengambil alih masalah tersebut. "Tapi karena kerusakan jalan daerah ini memang sudah lama, perbaikannya akan diambil alih oleh pemerintah pusat. Tahun ini khusus untuk Lampung, pemerintah pusat akan mengucurkan anggaran kurang lebih Rp 800 miliar untuk 15 ruas jalan daerah," kata Jokowi.

Setelah meninjau secara langsung kondisi jalan rusak di Lampung, RI 1 memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk segera melakukan lelang pekerjaan.

Usai kunjungan Jokowi tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi justru menyalahkan pengusaha yang menjadi salah satu penyebab jalanan di wilayahnya rusak.

Arinal menyebut, kelebihan tonase kendaraan milik perusahaan menjadi penyebab jalan rusak di Lampung.

"Hanya satu yang saya minta karena sudah dibantu oleh Presiden, maka masyarakat sekitar serta pengusaha harus menjaganya," kata Arinal Djunaidi, beberapa waktu lalu.

Arinal juga menjelaskan bila memang terbukti melanggar, maka akan diambil tindakan tegas salah satunya dengan melakukan lelang.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan alokasi belanja Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan nasional di Provinsi Lampung pada tahun 2023 sebesar Rp 588,7 miliar.

"Dari total tersebut, sudah terealisasi Rp 81,6 miliar hingga 2 Mei 2023," tulis Sri Mulyani dalam akun instagram resmi @smindrawati, Minggu (7/5/2023).

Pada tahun 2022, realisasi belanja Kementerian PUPR untuk jalan nasional di provinsi tersebut mencapai Rp 508,1 miliar. Adapun secara keseluruhan ruas jalan nasional di Provinsi Lampung mencapai 1.289,1 kilometer (km).

Selain melalui belanja kementerian/lembaga (k/l), Menkeu menuturkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) turut mengalokasikan transfer dana dari pusat ke pemda (pemerintah daerah) untuk pembangunan jalan (Dana Alokasi Khusus/DAK Fisik) tahun 2023 untuk Provinsi/Kabupaten/Kota seluruh Lampung mencapai Rp 402,44 miliar untuk 231,9 km jalan.

Untuk Provinsi Lampung saja, alokasi DAK Fisik bidang jalan mencapai sebesar Rp 52,45 miliar untuk tiga ruas jalan, yaitu Belimbingsari-Jabung (4,17 km) sebesar Rp 16,98 miliar, Liwa-BTS Sumsel (4,8km) sebesar Rp 13,33 miliar, serta SP Sidomulyo-Belimbingsari (4 km) sebesar Rp 20,13 miliar.

Dalam pembangunan jalan tol Sumatera yang melintasi Provinsi Lampung, APBN juga mengalokasikan penyertaan modal negara (PMN) dan jaminan pemerintah kepada PT Hutama Karya untuk dua ruas. Pertama, ruas Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (140 km) dengan dukungan PMN Rp2,2 triliun dan jaminan pemerintah Rp 22,09 triliun.

Kedua, ruas jalan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (189 km) dengan dukungan PMN Rp 4 triliun dan jaminan pemerintah Rp 14,37 triliun.


Masalah Lebih Besar, Jalan RusakTak Hanya di Lampung

Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno memaparkan, kondisi jalan rusak tidak hanya banyak terjadi di Provinsi Lampung, tapi juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Total, ada sekitar 52 persen jaringan jalan buruk di daerah yang bakal dibenahi oleh pemerintah pusat. Nominal anggaran yang disiapkan pun tidak kecil, mencapai Rp 32,7 triliun.

"Jadi itu jalan seluruh Indonesia ada 52 persen yang rusak yang akan ditangani oleh pusat. Jadi pusat mengeluarkan dana tahun ini Rp 32,7 triliun," jelas Djoko kepada Liputan6.com, Sabtu (6/5/2023).

Djoko mengatakan, aksi ini dilakukan lantaran Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai pemerintah daerah (pemda) tidak mampu mengelola jalan dengan baik. Terlebih, alokasi anggaran daerah untuk merawat jalan rusak tergolong minim.

"Memang kalau dilihat, jalan yang rusak banyak di kabupaten. Sementara kabupaten itu anggarannya kecil APBD-nya," sebut dia.

Menurut dia, salah satu penyebab utama jalan rusak adalah truk yang mengangkut melebihi tonase dan dimensi. Sehingga pemerintah diminta terlebih dulu membangun fasilitas jembatan timbang.

"Harapannya, dengan adanya alokasi anggaran dari pemerintah pusat untuk membangun atau memperbaiki jalan di daerah dapat mengurangi prosentese jalan rusak di daerah," ungkapnya.

Sedangkan Mengacu data yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS), ada sekitar 31 persen dari seluruh jalan di Indonesia dalam keadaan rusak dan rusak berat. Rinciannya, 16,01 persen jalan rusak di Indonesia, dan 15,09 persen lainnya dalam kondisi rusak berat. Ini mengacu data per 2021 lalu.

"Jika dirinci menurut kondisi jalan 42,6 persen panjang jalan di Indonesia berada dalam kondisi baik, 25,49 persen dalam kondisi sedang, 16,01 persen dalam kondisi rusak, dan 15,9 persen dalam kondisi rusak berat," tulis laporan Statistik Transportasi Darat 2021, yang dirilis November 2022, dikutip Senin (8/5/2023).

Jika dirinci lebih jauh, ada sepanjang 2.646 kilometer jalan di Indonesia dalam kondisi rusak pada jalan dengan kewenangan negara atau nasional. Kemudian, ada 1.203 jalan dalam kondisi rusak berat pada konteks kewenangan yang sama.

Sementara itu, ada 6.330 kilometer jalan provinsi dalam kondisi rusak, dan 6.385 kilometer jalan provinsi dalam kondisi rusak berat.

Lalu, ada 78.478 kilometer jalan atas kewenangan kabupaten/kota dalam kondisi rusak. Serta ada 79.256 kilometer jalan kabupaten/kota dalam kondisi rusak berat.

Secara total, jalan dengan kondisi rusak di Indonesia ada sepanjang 87.454 kilometer. Serta, 86.844 kilometer jalan berada dalam kondisi rusak berat.

Mengutip laporan yang sama, pada 2021 panjang jalan di Indonesia mencapai 546.116 kilometer. Jika dibagi tingkat kewenangan pembinaan, kabupaten/kota masih menempati posisi paling besar dengan 444.548 kilometer atau 81,4 persen dari total panjang jalan.

Sedangkan, untuk jalan nasional sepanjang 47.017 kilometer atau 8,61 persen, dan jalan provinsi sepanjang 54.551 kilometer atau setara 9,99 persen dari total jalan yang ada.

Kemudian, jika dilihat dari jenis permukaannya, jalan beraspal cenderung memiliki komposisi paling besar dibandingkan jenis permukaan tidak diaspal. Pada tahun 2021, panjang jalan beraspal sebesar 67,07 persen dari total panjang jalan. Sedangkan tidak diaspal sebesar 32,93 persen.

Dilihat menurut kewenangan, jalan negara, provinsi, dan kabupaten/kota secara umum berada pada kondisi baik. Hal tersebut dapat dilihat dari besarnya komposisi kondisi baik yang relatif besar dibandingkan kondisi yang lain.

Panjang jalan di bawah kewenangan negara yang memiliki kondisi baik mencapai 35,71 persen diikuti kemudian oleh kondisi sedang 56,10 persen dan sisanya berada pada kondisi rusak dan rusak berat.

Jalan provinsi dengan kondisi baik mencapai 53,15 persen diikuti kemudian oleh kondisi sedang 23,54 persen dan sisanya kondisi rusak dan rusak berat. Selanjutnya, jalan kabupaten/kota dengan kondisi baik mencapai 42,03 persen, diikuti kondisi sedang dan rusak masing-masing 22,48 persen dan 17,65persen, sisanya kondisi rusak berat.


Mengapa Jalan Rusak Tak Diperbaiki?

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengungkap salah satu penyebab banyaknya jalan rusak di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya karena adanya anggaran perbaikan jalan yang dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Diketahui, sejak 2019 lalu, sejumlah anggaran dilakukan pengalihan untuk menangani dampak dari pandemi Covid-19 di Indonesia. Salah satunya anggaran untuk perbaikan dan perawatan kondisi jalan di Indonesia.

"Memang ada 1 kondisi jalan di banyak provinsi yang menurun pemantapannya atau kualitasnya, bahwa selama 3 tahun terakhir kita berhadapan dengan pandemi, situasi pandemi, budget kita kan banyak yang dialihkan, dialokasikan untuk kebutuhan yang sangat prioritas untuk penanganan covid," ujar Endra dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Senin (8/5/2023).

Atas adanya pengalihan anggaran, ada sejumlah jalan yang tidak mendapat perawatan. Sehingga pada akhirnya mengalami kerusakan dan tak langsung diperbaiki karena keterbatasan anggaran.

"Jadi memang salah satu yang terdampak itu di sektor jalan di banyak jalan yang tidak atau kurang mendapatkan penanganan selama pandemi tersebut," kata dia.

Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Kewilayahan MTI Djoko Setijowarno menanggapi, rusaknya jalan di Lampung ini menjadi bukti adanya korupsi di wilayah tersebut.

"Jalas itu bukti proyek tidak sesuai kualitas. Di Lampung itu masih menerapkan return fee kepada para pemegang proyek," jelas Djoko kepada Liputan6.com, Senin (8/5/2023).

Return fee dijelaskan Djoko, merupakan bentuk cash back yang diberlakukan pemerintah daerah terhadap para pengusaha yang akan mengerjakan proyek. Return fee ini bisa diterima oleh kelompok ataupun individu pejabat daerah.

Untuk itu, Djoko mendukung upaya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau instansi pengadilan lain untuk masuk, mengusut semua proyek yang menggunakan APBD masing-masing pemerintah daerah.

"Saya bisa katakan jika saat ini hanya Jawa Tengah yang sudah tidak menerapkan return fee untuk setiap proyek yang melibatkan swasta," terangnya.

"Gubernur Lampung pasti tidak mau mendeklarasikan tidak ada return fee. Karen memang itu ada dan itu menjadi budaya," pungkas dia.


Jalan Rusak Bikin Investor Lari

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira melihat, dampak ekonomi dari infrastruktur jalan yang rusak bukan persoalan yang sederhana.

"Pertama, bisa berpengaruh pada yang namanyaincremental capital output ratio(ICOR). Jaman SBY, ICOR Indonesia itu di 4,2, sekarang di jaman Jokowi 6,2. Jadi artinya ada kenaikan inefficiency (ketidakefisienan) dalam investasi," kata Bhima kepada Liputan6.com, Selasa (9/5/2023).

"Kenapainefficiency ini terjadi, karena ICOR itu juga menghitung berapa banyak investasi yang dikeluarkan suatu perusahaan ketika membangun pabrik, dan ketika jalannya rusak, baik karena pembangunan, pertanian, maka akan ada tambahan biaya yang dibebankan kepada investor," paparnya.

Semakin tinggi nilai ICOR, semakin tinggi nilai ketidakefisienan untuk mendapatkan output yang dihasilkan, maka ini juga akan menurunkan daya saing Indonesia.

"Maka dari situ artinya logistic performance index kita juga turun, ini ada pengaruhnya nanti kepada performa investasi," jelasnya.

Bhima melanjutkan, infrastruktur jalan yang rusak juga bisa mempengaruhi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) suatu daerah.

"Maka bisa dicek apakah PMTB di daerah yang jalannya rusak, itu juga kecil, karena ada korelasi. Seseorang akan malas berinvestasi ketika infrastrukturnya tidak mensupport," ucapnya.