Bukti Dugaan Pencabulan Mario Dandy

Pengacara AG Serahkan 4 Bukti Dugaan Pencabulan Mario Dandy ke Penyidik, Polisi Janji Dalami Kasus

Liputan6.com 2023-05-09 12:37:22
Ekspresi tersangka Mario Dandy Satriyo saat menjalani rekonstruksi penganiayaan David Ozora di Perumahan Green Permata, Jakarta, Jumat (10/3/2023). Rekonstruksi ini digelar untuk mencocokk

Belum beres kasus penganiayaan David Ozora, kini Mario Dandy Satriyo mengahadapi kasus baru setelah AG melaporkannya atas dugaan pencabulan atau pelecehan seksual ke Polda Metro Jaya, Jakarta.

Pengacara AG, Mangatta Toding Allo, menjelaskan laporan sang klien tercatat dengan nomor LP/B/2445/V/2023/SPKT/Polda Metro Jaya. Ini kali ketiga AG melaporkan Mario Dandy Satriyo.

Kali pertama laporan dibuat pada 2 Mei 2023, namun ditolak dengan alasan harus dilakukan orangtua atau wali AG. Kali kedua, 3 Mei 2023 namun tetap ditolak meski sudah membawa wali AG.

Rupanya terjadi miskomunikasi antara pelapor dan polisi. Kini, polisi menerima laporan AG dan berjanji akan mendalami kasus. Mangatta mengklaim telah menyerahkan 4 dari 8 bukti dugaan pencabulan ke penyidik.


4 Bukti Untuk Penyidik

"Empat bukti itu, apa? Itu nanti penyidik yang sampaikan ya," ujar Mangatta Toding Allo, seperti diberitakan jurnalis kanal News Lipuan6.com, Jonathan Pandapotan Purba, Selasa (9/5/2023).

"Terlapornya hanya MDS karena ini pelakunya adalah orang dewasa dan untuk pihak lain kami belum lihat unsur pidananya untuk itu," imbuhnya kepada para jurnalis di Jakarta, pekan ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Polisi Menindaklanjuti

Merespons laporan kali ketiga dari pihak AG, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko, membenarkan penyidik Polda Metro Jaya telah menerima laporan pengacara AG.

"Tentunya Polda Metro Jaya akan menindaklanjuti dengan penyelidikan," beri tahu Trunoyudo Wisnu Andiko kepada awak media di Jakarta, pada Selasa (9/5/2023).


Kemarin Fokus Ke Persidangan

Publik sempat bertanya mengapa baru sekarang kubu AG memolisikan Mario Dandy Satriyo terkait dugaan pelecehan seksual. Mangatta Toding Allo bukan tak mendengar hal ini. Ia punya penjelasan sendiri mengapa baru melaporkan Mario Dandy Satriyo sekarang.

"Kami kemarin fokus persidangan dan kami baru mendapatkan ini fakta persidangan saat sudah ada putusan. Jadi putusan juga menjadi salah satu bukti kami kemarin. Jadi alat bukti yang sah. Jadi kami lampirkan laporan polisi tadi," urainya.

Reaksi Saat Divonis Seumur Hidup

Sikap Irjen Teddy Minahasa Ketika Divonis Penjara Seumur Hidup

Liputan6.com 2023-05-09 14:05:01
Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat memvonis mantan Kapolda Sumatera Barat, Irjen Teddy Minahasa dalam kasus peredaran narkoba dengan hukuman penjara seumur hidup. (Foto: Liputan

Mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa divonis penjara seumur hidup oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Putusan vonis terhadap Irjen Teddy Minahasa itu dibacakan langsung oleh ketua majelis hakim Jon Sarman Saragih di ruang Sidang PN Jakarta Barat, Selasa (9/5/2023).

Sesaat menjelang vonis tersebut Teddy dengan gagah berdiri mendengar hakim membacakan putusan. Dari pantauan, Teddy yang mengenakan baju batik berwarna hijau dengan terpampang logo Pancasila tampak berdiri tegak.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara seumur hidup," ucap ketua majelis hakim, Jon Saragih.

Mendengar putusan hakim, jenderal bintang dua itu tampak tidak bergeming sedikit pun. Dia terus berdiri sampai dengan pembacaan putusan selesai.

Sebelum vonis dibacakan, hakim Jon lebih dahulu meminta persetujuan dari kuasa hukum dan jaksa penunutut umum untuk membacakan berkas perkara vonis yang tebalnya mencapai 200 halaman.

Dalam perkara ini, Jon menilai Irjen Teddy Minahasa telah terbukti bersalah dan meyakinkan melakukan tindak pidana peredaran narkotika jenis sabu.

Irjen Teddy Minahasa melanggar Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika Jo Pasal 55 ayat (1) ke- 1 KUHP.

Sidang vonis kasus perdagangan narkoba yang juga turut melibatkan beberapa oknum kepolisian dan sejumlah warga sipil ini sebelumnya telah melalui rangkaian proses persidangan. Mulai dari pembacaan surat dakwaan hingga membacakan replik atas duplik yang jaksa penuntut umum.


Vonis Hakim Lebih Ringan, Jaksa Tuntut Irjen Teddy Minahasa Hukuman Mati

Vonis hakim terhadap Irjen Teddy Minahasa lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum. Pada saat sidang tuntutan, jaksa menuntut jenderal bintang dua tersebut dengan pidana hukuman mati. Teddy diyakini jaksa bersalah melakukan tindak pidana peredaran narkotika jenis sabu.

Irjen Teddy Minahasa dianggap melanggar Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika Jo Pasal 55 ayat (1) ke- 1 KUHP.

"Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan secara tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, menjadi perantara dalam jual beli, menukar dan menyerahkan Narkotika Golongan I bukan tanaman, yang beratnya lebih dari 5 (lima) gram'.

Dalam duduk perkaranya, Teddy turut memberikan perintah kepada bawahannya, eks Kapolres Buktitinggi, AKBP Dody Prawiranegara untuk menyisihkan sabu-sabu sebanyak 10 kilogram dari hasil pengungkapan kasus narkoba. Namun setelahnya, Dody hanya mampu menyisihkan 5 kilogram saja.

Usai disisihkan, Dody diperintah untuk menjual barang haram itu kepada seorang kenalan atasannya Linda Pujiastuti alias Anita dengan harga yang sudah di sepakati. Alhasil, Dody pun membawa sabu-sabu itu dari Bukittinggi ke Jakarta ditemani oleh Syamsul Ma'arif untuk melakukan transaksi dengan Linda.

Jual beli barang haram itu pun terhendus oleh pihak kepolisian dengan menyasar penangkapan mulai dari Linda hingga akhirnya menyeret Jenderal binta dua, Teddy Minahasa.

Eks Kapolda Sumbar tersebut didakwa bersama-sama melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan secara tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, menjadi perantara dalam jual beli, menukar dan menyerahkan narkotika jenis sabu-sabu.

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

Potret Resmi Tanpa Pangeran Harry

Raja Charles III dan Ratu Camilla Rilis Potret Resmi Acara Penobatan Tanpa Pangeran Harry

Liputan6.com 2023-05-09 09:30:50
Raja Charles III dan Ratu Camilla rilis potret resmi acara penobatan mereka pada 6 Mei 2023, tanpa Pangeran Harry dan Pangeran Andrew. (dok. Instagram @theroyalfamily Fotografer: Hugo Burn

Dua anggota keluarga Kerjaan Inggris yang menghadiri penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla akhir pekan kemarin, 6 Mei 2023, hilang dari potret resmi acara tersebut. Mereka adalah Pangeran Harry dan pamannya, Pangeran Andrew.

Melansir New York Post, Selasa (9/5/2023), foto resmi penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla diungkap Senin, 8 Mei 2023, memperlihatkan mereka dalam balutan busana kebesaran terbaik. Hugo Burnand, fotografer pernikahan Charles dan Camilla pada 2005, mengambil foto-foto itu segera setelah raja berusia 74 tahun itu resmi dinobatkan di Westminster Abbey, lapor BBC.

Mengenakan Robe of Estate dan Imperial State Crown, Charles tampak agung di Ruang Singgasana Istana Buckingham. Ia terlihat memegang Sovereign's Orb dan Sovereign's Sceptre with Cross di jari "sosis" yang sering diejek.

Dalam foto tersebut, Charles terlihat duduk di salah satu singgasana yang dibangun untuk penobatan Raja Edward VII pada 1902. Sementara, Camilla (75) dijepret di Ruang Gambar Hijau istana mengenakan mahkota dan jubah Ratu Mary.

Burnand (59) juga merilis foto grup semua anggota kerajaan senior, termasuk Pangeran William dan Kate Middleton; Putri Anne dan Wakil Laksamana Sir Tim Laurence; Duke dan Duchess of Gloucester; Pangeran Edward dan Sophie, Duchess of Edinburgh; dan Putri Alexandra.

Pengungkapan potret mengakhiri perayaan penobatan Raja Charles selama tiga hari di Inggris. Rangkaiannya termasuk konser bertabur bintang pada Minggu, 7 Mei 2023, yang menampilkan artis, seperti Lionel Richie, Katy Perry, Nicole Scherzinger, dan reuni boyband Inggris Take That.


Pernyataan Raja dan Ratu Baru Inggris

Raja Charles dan Ratu Camilla merilis pernyataan yang mengungkap "terima kasih yang paling tulus dan sepenuh hati" pada mereka yang membantu menjadikan akhir pekan penobatan sebagai "acara yang begitu istimewa."

"Mengetahui bahwa kami mendapat dukungan dan dorongan Anda, dan untuk menyaksikan kebaikan Anda yang diungkap dalam berbagai cara, merupakan hadiah penobatan terbesar," kata pernyataan itu. Raja dan ratu juga berjanji mendedikasikan kembali hidup mereka untuk "melayani rakyat Inggris Raya, kerajaan, dan persemakmuran."

Pangeran Harry telah memenuhi janjinya untuk menghadiri penobatan ayahnya, duduk dua baris dari saudaranya di Westminster Abbey. Duke of Sussex tiba tanpa istrinya Meghan Markle, yang tetap tinggal di rumah mereka di AS. Harry dilaporkan segera pergi setelah itu untuk penerbangan kembali dari Heathrow, menurut BBC.

Ia disebut tidak diundang untuk tampil di balkon di Istana Buckingham setelah upacara. Ini adalah pertama kalinya ia terlihat di depan umum bersama keluarganya sejak memoar kontroversialnya Spare dirilis. Pangeran Harry, yang tiba di Inggris pada Jumat, 5 Mei 2023, kembali ke Los Angeles pukul 19.30 waktu setempat pada Sabtu, 6 Mei 2023, setelah mengambil penerbangan British Airways, lapor kantor berita PA.


Segera Pulang Setelah Kebaktian Penobatan

Pangeran Harry masuk ke mobil sendirian di luar Abbey tidak lama setelah kebaktian penobatan selesai. 90 menit kemudian, di balkon Istana Buckingham, Raja dan Ratu bergabung dengan anggota keluarga Kerajaan lain, termasuk Pangeran dan Putri Wales, serta anak-anak mereka.

Istri Pangeran Harry, Duchess of Sussex, tetap tinggal di Los Angeles bersama anak-anak mereka. Putra sulung keduanya, Pangeran Archie merayakan ulang tahunnya keempat di hari penobatan kakeknya. Sebuah sumber sebelumnya mengatakan pada Page Six bahwa Pangeran Harry bermaksud melakukan segala upaya untuk kembali tepat waktu demi merayakan ulang tahun Archie.

Harry mengenakan morning suit dan medali pada upacara tersebut dan ia duduk bersama sepupunya Putri Eugenie dan suaminya Jack Brooksbank di baris ketiga, bersama pamannya Duke of York, Pangeran Andrew. Dua baris di depan adalah Pangeran dan Putri Wales dan anak-anak mereka Putri Charlotte dan Pangeran Louis, serta Duke dan Duchess of Edinburgh. Untuk pemakaman mendiang Ratu Elizabeth tahun lalu, Harry berada di baris kedua, tepat di belakang Raja, di Abbey.


Hubungan Tegang Antara Pangeran Harry dan Kerajaan Inggris

Sudah diketahui bahwa Pangeran Harry akan menghadiri acara penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla sendirian. Ia juga tidak memiliki peran formal karena bukan anggota keluarga kerajaan yang bekerja.

Ini juga terjadi pada Pangeran Andrew. Hubungan antara Pangeran Harry dan anggota keluarga lain jadi tegang sejak memoarnya diterbitkan, menurut laporan BBC. Buku itu dengan gamblang mengungkap perselisihan dan ketidaksepakatan dengan anggota keluarga maupun istana.

Sejak itu, Harry berbicara tentang perasaan "berbeda" dari anggota keluarga yang lain. Keputusan Meghan tidak menghadiri undangan penobatan ayah mertuanya dilihat sebagai bagian dari ketegangan keluarga yang berkelanjutan dan belum terselesaikan.

Bulan lalu, terungkap bahwa Raja berusaha menghentikan Pangeran Harry mengambil tindakan hukum terhadap surat kabar atas dugaan peretasan telepon. Dalam pernyataan saksi yang diungkapkan surat-surat pengadilan, ayah dua anak ini mengatakan ia "dipanggil ke Istana Buckingham" dan disuruh menarik gugatan kasus karena berdampak pada keluarga.

Pilih Masjid daripada Tas Mewah

Wanita Surabaya Wakafkan Hotelnya untuk Dijadikan Sekolah, Pilih Bangun Masjid daripada Beli Tas Mewah

Liputan6.com 2023-05-09 13:12:59
Wanita Surabaya yang Wakafkan Hotelnya untuk Dijadikan Sekolah Pilih Bangun Masjid daripada Beli Tas Mewah. foto: Youtube Cinta Quran TV

Seorang wanita sukses di Surabaya, Siti Aisyah sedang jadi sorotan usai memutuskan untuk mewakafkan hotel miliknya untuk dijadikan sekolah. Lewat video yang diunggah di kanal Youtube Cinta Quran TV, Selasa (9/5/2023), Aisyah mengaku telah mewakafkan hotel milik sang ibunya di Surabaya kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan kini telah dijadikan sekolah.

"Hotelnya diwakafkan juga ustaz. Sudah, mangkanya saya bilang, saya ini belum apa-apanya dibandingkan dengan ibu saya. Sekarang jadi sekolah Khadijah plus, Ibu Khofifah yang nerima," kata Aisyah.

Siti Aisyah mengaku tak punya alasan khusus mengapa sering mewakafkan hartanya yang mencapai miliaran rupiah. Ia meyakini bahwa itu semua sudah jalan Allah.

Aisyah mengungkapkan bahwa kebiasaannya bersedekah dan berwakaf didapat dari ajaran dan contoh yang diberikan oleh orangtuanya. "Saya belum ada apa-apanya dibanding orangtua saya kalau masalah sedekah," ucapnya sambil tersenyum.

Di antaranya, orangtuanya selalu menghajikan guru ngaji yang belum berhaji setiap tahun sampai mewakafkah tanah dan harta. "Tanah di mana-mana, panggil...kasih. Anak-anaknya nggak ada yang dikasih (tanah). Anak harus berjuang, kata orangtua saya," ungkapnya.

Ia menegaskan, harta yang didapatnya itu merupakan titipan Allah untuk diberikan kepada yang membutuhkan."Itu tugas kita. Allah menitipkan harta itu kan bukan buat beli kapal pesiar, tas Hermes (harga Rp1 miliar) walau bisa," ungkap dia.

Aisyah menyatakan, jika diharuskan memilih uang Rp1 miliar untuk membeli tas Hermes, ia akan memilih menggunakan uang itu untuk membangun masjid. "Saya tidak punya tas branded, saya tidak punya...sama sekali tidak punya. Saya ingin dapat branded Allah saja, doakan," ujarnya.


Wakaf karena Bosan Punya Banyak Duit

Kebiasaan bersedekah dan berwakaf itu kemudian ditularkan Siti Aisyah kepada anak-anaknya. Terbukti, anaknya sempat meminta dirinya memberikan harta kepada seorang ustaz.

"Ma, kejar itu ustad, kita kasih apa yang beliau ini," katanya. Siti Aisyah mengaku tak pernah merasa kehilangan harta meski kerap bersedekah dengan jumlah yang besar. Ia justru mendapatkan kebahagiaan karena selalu bisa berbagi segitu.

"Itu menurut saya masih sangat kecil. Jadi rasa bahagia itu yang tidak ternilai dengan miliaran tadi, yang didatangkan oleh Allah," jelasnya.

Ia mengakui bahwa hartanya senilai miliaran rupiah hilang, namun Aisyah merasa hartanya tidak pernah habis. Dia menjelaskan, bahwa ketika semakin banyak bersedekah, bukan membuat harta makin berkurang.

"Kan sesuai janji Allah. Berbagi 1 diganti 10. Ada yang lebih dalam lagi Al Baqarah, 1 diganti 700 kali. Kenapa harus takut? Kenapa harus pelit di jalan Allah?" ujarnya.

"Dunia itu pasti akan kejar kita, kata Allah. Itu adalah teori yang harus dipelajari, bagaimana agar bisa dikejar dunia," lanjutnya.

Bukan hanya itu, dengan bersedekah dan selalu berbagi pula, Allah akan dengan sendirinya mendatangkan berkahnya. "Di mana pun saya berada, saya pegang apa, itu akan jadi duit. Saya tekankan, semakin kamu berbagi, kamu semakin bahagia," ucapnya.

Ia kemudian disinggung soal restoran miliknya yang juga sudah diwakafkan. "Saya bosan punya banyak duit," ucapnya sembari tertawa.


Pengertian Wakaf

Wakaf seperti yang dilakukan Siti Aisyah adalah suatu istilah yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi orang Islam. Wakaf kerap digunakan di Indonesia sebagai kata yang berarti seseorang memberikan berupa tanah kosong atau bangunan jadi yang diperuntukkan bagi masyarakat sekitarnya.

Contoh wakaf di antaranya adalah tanah perkebunan, masjid, atau tanah kosong yang di atasnya didirikan gedung untuk kepentingan masyarakat luas dalam hal baik. Pemberian ini termasuk sedekah jariah, tidak putus pahalanya selama terus bermanfaat bagi orang banyak.

Melansir kanal Hot Liputan6.com, meski tidak wajib, anjuran wakaf tercantum pada Alquran surat Ali Imran ayat 92:

"Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya." [QS. Ali Imran: 92].

Mengutip Badan Wakaf Indonesia, kata Wakaf berasal dari bahasa Arab "Waqafa". Asal kata "Wakafa" berarti "menahan" atau "berhenti" atau "diam" di tempat" atau tetap berdiri". Kata al-Waqf dalam bahasa Arab mengandung beberapa pengertian yaitu Menahan, menahan harta untuk diwakafkan, tidak dipindahmilikkan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wakaf adalah benda bergerak atau tidak bergerak yang disediakan untuk kepentingan umum (Islam) sebagai pemberian yang ikhlas. Wakaf juga dapat dimaknai sebagai tnaah negara yang tidak dapat diserahkan kepada siapa pun dan digunakan untuk tujuan amal.

Wakaf adalah perbuatan hukum wakif (pihak yang melakukan wakaf) untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum sesuai syariah.


Syarat Sah Wakaf

Dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf, unsur wakaf ada enam, antara lain wakif (pihak yang mewakafkan hartanya), nazhir (pengelola harta wakaf), harta wakaf, peruntukan, akad wakaf, dan jangka waktu wakaf.

Wakif atau pihak yang mewakafkan hartanya bisa perseorangan, badan hukum, maupun organisasi. Jika perseorangan, ia boleh saja bukan muslim karena tujuan disyariatkannya wakaf adalah untuk memajukan kesejahteraan umum dan orang nonmuslim tidak dilarang berbuat kebajikan. Syarat bagi wakif adalah balig dan berakal.

Wakaf adalah amalan yang tentunya harus dipenuhi syarat-syaratnya. Pelaksanaan wakaf dianggap sah apabila terpenuhi syarat-syarat, berikut:

1. Wakif harus orang yang sepenuhnya menguasai sebagai pemilik benda yang akan diwakafkan. Si Wakif tersebut harus mukallaf (akil baligh) dan berwakaf atas kehendak sendiri.

2. Benda yang akan diwakafkan harus kekal dzatnya, berarti ketika timbul manfaatnya dzat barang tidak rusak. Harta wakaf hendaknya disebutkan dengan terang dan jelas kepada siapa dan untuk apa diwakafkan.

3. Penerima wakaf haruslah orang yang berhak memiliki sesuatu, maka tidak sah wakaf kepada hamba sahaya.

4. Ikrar wakaf dinyatakan dengan jelas baik dengan lisan maupun tulisan.

5. Dilakukan secara tunai dan tidak ada khiyar (pilihan) karena wakaf berarti memindahkan wakaf pada waktu itu. Jadi, peralihan hak terjadi pada saat ijab kabul ikrar wakaf oleh Wakif kepada Nadzir sebagai penerima benda wakaf.

Tak Sudi Dijodohkan

Dijodohkan dengan Fuji, El Rumi Tolak Mentah-Mentah Tawaran Bikin Gimik: Aku Bukan Artis yang Bisa Digituin

Liputan6.com 2023-05-09 15:20:00
El Rumi (Foto: YouTube/ CURHAT BANG Denny Sumargo)

Beberapa bulan terakhir, warganet sempat menjodoh-jodohkan El Rumi dengan Fuji. Pihak brand dan program acara pun pandai melihat peluang. Mereka berbondong-bondong meminta keduanya untuk tampil bareng.

Hal ini disampaikan sendiri oleh El Rumi saat berbincang di kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo. Lantas, apakah pria berusia 23 tahun ini menerima tawaran tersebut?

"H+1 viral, itu langsung ada brand yang nawarin untuk muncul berdua dan langsung aku tolak. Aku juga bilang pada manajerku bahwa El Rumi tuh bukan artis yang bisa digituin. Dalam artian, karena viral bisa dipasangkan, digimik-gimikin," ujar mantan kekasih Marsha Aruan dalam video yang diunggah pada Senin (8/5/2023).

Alih-alih sibuk bikin gimik, El Rumi memilih fokus berkarya bersama dua saudaranya, Al Ghazali dan Dul Jaelani. "Aku enggak mau, dan kebetulan lagi fokus di The Lucky Laki karena tahun ini rencananya comeback dan mau rilis single," tuturnya.

Sekedar informasi, selain dijodoh-jodohkan dengan Fuji, El Rumi juga sempat dijodohkan dengan Sintya Marisca. Diduga kuat tawaran tampil berdua adalah dengan Fuji mengingat perjodohan mereka sangat masif.


Tak Merasa Memiliki Kewajiban Klarifikasi

Lebih lanjut, El Rumi merasa tidak memiliki kewajiban untuk bicara apalagi klarifikasi soal perjodohan yang diviralkan oleh warganet. Toh, seiring berjalannya waktu aksi perjodohan itu akan mereda dengan sendirinya.

"Kemarin pas ramai jodoh-jodohan pun brand ramai nawarin untuk tampil berdua, diundang di TV sana sini. Enggak deh ini bukan sesuatu yang harus aku klarifikasi dan aku viralin," kata El.


Ogah Viral Lewat Jalur Gimik

Alih-alih menjadi terkenal karena suka bikin gimik, El Rumi lebih senang sosoknya disorot karena sejumlah prestasi.

"Itu bukan yang ingin aku up di kehidupanku, masa banyak dari kehidupanku yang bisa di-up walaupun mungkin enggak viral. Tapi daripada viral lewat jalur itu, aku mending enggak usah," ungkapnya.


Respons Warganet

Warganet pun kagum dengan prinsip yang dipegang teguh El Rumi. "Dy bukan mumpung viral nebeng viral dy musisi ya berkarya," kata salah satu netizen di TikTok.

"Ini el broh bukan thorik," kata warganet lainnya.

"Pada kemana netizen yang pada jodohin kemaren," ujar warganet lain.

"Mana ni yg elji wkwk," yang lain menimpali.

Pangeran William Bikin Kesal?

Pembaca Gerak Bibir Ungkap Raja Charles III Komplain soal Tepat Waktu Jelang Penobatan, Gara-gara Pangeran William Sekeluarga Terlambat?

Liputan6.com 2023-05-09 07:12:17
Raja Charles III saat akan memasuki Westminster Abbey pada hari penobatannya Sabtu 6 Mei 2023. Tampak di belakangnya adalah Pangeran William dan Putri Catherine serta dua anak mereka, Putr

Raja Charles III dilaporkan mengeluh kepada Ratu Camilla saat keduanya terpaksa menunggu di dalam Diamond Jubilee State Coach yang terparkir di luar Westminster Abbey jelang penobatan mereka pada Sabtu 6 Mei 2023. Hal tersebut diungkapkan oleh pembaca gerak bibir.

Video yang menunjukkan Raja Charles III bicara dengan wajah sedikit tegang beredar secara luas.

Adapun sumber persoalan disebut-sebut adalah keterlambatan Pangeran William dan Putri Catherine serta dua anak mereka, Putri Charlotte dan Pangeran Louis, sehingga mendorong perubahan pada urutan acara yang dijadwalkan.

Pembaca gerak bibir Jacqui Press menuturkan kepada Daily Mail bahwa dia yakin Raja Charles III mengatakan, "Saya khawatir soal waktu, maksud saya kali ini lebih lama dan, yah, erm, maksud saya lihatlah! Saya tahu."

Seorang pembaca gerak bibir lainnya mengungkapkan kepada Sky News bahwa Raja Charles III menuturkan, "Kita tidak pernah bisa tepat waktu. Ya saya... ini negatif. Selalu saja ada sesuatu."

Berdasarkan urutan layanan resmi penobatan, Pangeran William, Putri Catherine, dan anak-anak mereka seharusnya tiba lebih awal dan langsung menempati kursi yang telah ditentukan sebelum kedatangan Raja Charles III dan Ratu Camilla.

"Yang Mulia Pangeran dan Putri Wales, Putri Charlotte dari Wales dan Pangeran Louis dari Wales tiba di Great West Door dan diantarkan ke tempat duduk mereka di Lantern. Semua tetap duduk. Yang Mulia Raja dan Ratu tiba West Gate. Keriuhan terdengar. Semua berdiri," demikian bunyi urutan layanan resmi penobatan seperti dilansir Daily Mail, Selasa (9/5),

Namun, yang terjadi sebaliknya. Raja Charles III dan Ratu Camilla tiba lebih awal, membuat mereka mau tidak mau harus menunggu di dalam kereta kencananya sebelum akhirnya masuk ke Westminster Abbey dengan dibuntuti keluarga Pangeran William.

Akun resmi Istana Kensington, kediaman resmi Pangeran William dan Putri Catherine, merilis sebuah video di akun Instagram mereka, yang menunjukkan keluarga Wales tampak bergegas masuk ke mobil untuk berangkat ke Westminster Abbey.

What. A. Day.Thank you to everyone who made it happen #Coronation pic.twitter.com/qaYFXSjjli

Sebagian besar dari 2.300 tamu yang hadir, termasuk di antaranya para pemimpin dunia dan selebritas, dikabarkan telah duduk selama dua jam di dalam Westminster Abbey sebelum upacara penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla dimulai.

Menyusul peristiwa bersejarah itu, Uskup Chelmsford Guli Francis-Dehqani yang hadir saat penobatan mengakui, "Ada satu atau dua hal yang berjalan tidak sesuai rencana."

Ketika didorong untuk menjelaskan lebih rinci, dia mengatakan, "Saya tidak akan mempermalukan pihak tertentu."


Pernyataan Publik Pertama

Pada Minggu (7/5), Istana Buckingham mengeluarkan pernyataan publik pertama atas nama Raja Charles III dan Ratu Camilla sejak keduanya dinobatkan.

Juru bicara Istana Buckingham mengatakan bahwa Raja Charles III dan Ratu Camila sangat tersentuh oleh antusiasme perayaan penobatan mereka.

"Yang Mulia sangat tersentuh oleh peristiwa kemarin dan sangat berterima kasih kepada semua orang yang membantu menjadikannya acara yang begitu megah - dan kepada banyak orang yang ternyata menunjukkan dukungan mereka dalam jumlah besar di London dan lebih jauh," imbuhnya.

Kota Berjuluk 'Rumah Alien'

Kota Kecil di Jepang Ini Terkenal dengan Ratusan Penampakan UFO, Dijadikan 'Rumah Alien'

Liputan6.com 2023-05-08 21:00:00
Ilustrasi UFO di tengah malam. (Sumber Max Pixel untuk ranah publik via Creative Commons)

Teori keberadaan mahkluk luar angkasa atau 'alien' sudah banyak tercatat di internet dengan seringnya penampakan yang terjadi.

Salah satu tempat dengan banyak laporan penampakan alien berada di Jepang.

Tepatnya di Iino-machi, Distrik Date Fukushima, yang mendapatkan ratusan laporan setiap tahun dari orang-orang percaya meyakini bahwa itu adalah magnet untuk mengunjungi makhluk luar angkasa.

Desa ini cocok bagi penggemar barang luar angkasa atau alien, lengkap dengan musem dan titik lokasi di mana biasanya ada penampakan.

Melansir dari media Mirror, Senin (8/5/2023) kota kecil itu disebut sebagai 'rumah alien' oleh penduduk setempat, diklaim sebagai titik panas dunia untuk penampakan UFO.

Hanya ada 5.000 orang yang tinggal di kota itu.

Banyak dari mereka percaya bahwa kurangnya lampu di kota merupakan daya tarik besar bagi para alien, dan mereka tampaknya ramah untuk menyambut pengunjung.

Setiap tahunnya, kota ini menarik semakin banyak pengunjung. Mereka yang melakukan perjalanan ke kota ini berharap untuk melihat sekilas penampakan dengan sedikit bantuan.

Di sana ada patung alien dan bahkan laboratorium studi UFO yang memamerkan 'pecahan dari pesawat ruang angkasa yang jatuh'.

Kota ini bahkan memiliki menara pandang untuk mengamati langit. Serta laboratoriumnya yang mengklaim telah menyelidiki sekitar 452 penampakan di area tersebut untuk tahun lalu saja.

Kota itu bahkan memiliki museum yang berisi dokumen dan penelitian rahasia CIA.

Tercatat bahwa sebagian besar penampakan alien datang di dekat gunung Senganmori tahun 2022 lalu, menarik semakin banyak pengunjung untuk melakukan perjalanan pencarian sendiri.


Pembangunan Desa

Penampakan pertama tercatat pada tahun 1970 dan sejak itu semakin banyak orang yang datang.

Menurut direktur museum, daerah Fukushima telah dilanda kejadian aneh selama berabad-abad. Toshio Kanno berkata bahwa kejadian aneh sempat dikaitkan dengan roh dan sihir, tapi sekarang sudah tidak lagi.

"Gunung Senganmori telah dikelilingi oleh mitos dan legenda sejak zaman kuno, karena medan magnetnya yang kuat," kata Kanno.

"Pada tahun 1992, proyek pembangunan daerah pemerintah nasional mengarah pada pembangunan UFO Fureai Kan, dan pembangunan kota bertema UFO dimulai," tambahnya.

Ini bisa jadi hanya permulaan.

"Sebagai bagian dari upaya kami untuk mengubah kota menjadi 'desa UFO', berkonsentrasi pada pengembangan berbagai produk terkait UFO, termasuk cinderamata dan makanan gourmet," tambahnya.


Asal Muasal Desa UFO

Bencana nuklir Fukushima yang terjadi 12 tahun lalu membuat kawasan itu bertekuk lutut, dan menyebabkan kerusakan senilai 168 miliar poundsterling (sekitar 3 triliun rupiah).

Kehancuran masih terasa hingga saat ini karena area tersebut masih perlahan pulih.

Awal bencana dipicu oleh gempa berkekuatan 9,0 melanda pantai Jepang pada tahun 2011, menciptakan gelombang tsunami.

Getaran diperkirakan sekitar 1.000 kali lebih kuat dari ukuran rekaman pada gempa bumi baru-baru ini di Suriah dan Turki.

Gemuruh yang begitu kuat berlangsung selama lima menit atau lebih. Menyebabkan sebagian besar bangunan batu runtuh ke tanah, meruntuhkan jembatan, dan bahkan dapat melemparkan benda sebesar mobil ke udara.


Pembangkit Nuklir

Gelombang tsunami yang dipicu oleh gempa tersebut akhirnya menghancurkan pembangkit nuklir di pantai prefektur Fukushima dan mengubah seluruh lingkungan menjadi puing-puing.

Namun, bangunan paling berbahaya yang terkena dampak bencana adalah pembangkit nuklir di Daichi.

Gelombang tsunami itu mengalir ke sistem pendingin, menyebabkan kehancuran yang melepaskan bahan radioaktif mematikan ke lingkungan sekitarnya.

Tingkat radiasi sangat tinggi sehingga pemerintah segera menerapkan zona eksklusi, memaksa 150.000 penduduk setempat mengungsi dari rumah mereka.

Negara Paling Bahagia di Asia

Singapura dan Taiwan Dicap Negara Paling Bahagia di Asia pada 2023 Menurut PBB

Liputan6.com 2023-05-08 20:10:00
Ilustrasi pemandangan Singapura. (Unsplash/Larry Teo)

Singapura dan Taiwan adalah salah satu negara paling bahagia di Asia Timur, menurut Laporan Kebahagiaan Dunia 2023 yang dirilis oleh Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Di posisi 30 besar, hanya ada dua negara Asia yang masuk yakni Singapura dan Taiwan.

Dirilis pada Senin, 1 Mei 2023, laporan tersebut disusun berdasarkan data survei global dari orang-orang di lebih dari 150 negara dan wilayah untuk mengukur kebahagiaan berdasarkan evaluasi kehidupan rata-rata selama periode tiga tahun.

Untuk itu, organisasi antar pemerintah mempertimbangkan tujuh faktor dari tahun 2020 hingga 2022, yakni produk domestik bruto (PDB) per kapita, dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan menentukan pilihan hidup, kemurahan hati, persepsi korupsi, dan distopia.

Bersamaan dengan terbitnya laporan tersebut, PBB sekaligus merayakan peringatan 10 tahun Hari Kebahagiaan Internasional.

"Bahkan selama tahun-tahun yang sulit ini, emosi positif tetap dua kali lebih banyak daripada yang negatif, dan perasaan dukungan sosial yang positif dua kali lebih kuat daripada perasaan kesepian," kata John Helliwell, salah satu penulis laporan tersebut, demikian dikutip dari Nextshark, Senin (8/5/2023).

Sepuluh negara paling bahagia di dunia secara berurutan adalah Finlandia, Denmark, Islandia, Israel, Belanda, Swedia, Norwegia, Swiss, Luksemburg, dan Selandia Baru.

Sementara yang paling tidak bahagia adalah Zambia, Tanzania, Komoro, Malawi, Botswana, Republik Demokratik Kongo, Zimbabwe, Sierra Leone, Lebanon dan Afghanistan.

Finlandia mengklaim gelar tersebut untuk tahun keenam berturut-turut, sedangkan Afghanistan yang dilanda perang tetap menjadi negara paling tidak bahagia sejak 2020.


Posisi Negara Asia Lainnya

Untuk negara-negara Asia, Singapura menduduki peringkat ke-25 untuk negara paling bahagia di dunia, diikuti oleh Uni Emirat Arab yang mendapatkan peringkat 26, kemudian Taiwan berada di peringkat ke-27.

Secara keseluruhan, Taiwan menduduki peringkat pertama di Asia Timur dan peringkat keempat di Asia, yang menyamai peringkatnya tahun lalu ketika negara itu juga menduduki peringkat keempat di Asia setelah Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

Kemudian, negara-negara peringkat Asia lainnya termasuk ada Jepang di peringkat ke-47, Malaysia di peringkat ke-55, Thailand menduduki peringkat ke-60, Mongolia ke-61, China ke-64, Vietnam di posisi ke-65, Filipina di 76, Nepal di 78, Hong Kong di 82, Indonesia di 83, Laos di 89, Pakistan di 108, Myanmar di 117, Bangladesh di 118, dan India berada di 126.

Sementara itu, Amerika Serikat menduduki peringkat ke-15 sebagai negara paling bahagia di dunia untuk tahun 2023 dan Kanada menduduki dua peringkat lebih tinggi yakni ke-13.


Negara Paling Damai di Dunia pada 2022

Bicara soal negara paling bahagia, bagaimana dengan negara paling damai?

Global Peace Index (GPI) atau Indeks Perdamaian Global mengeluarkan daftar negara mana saja yang paling damai pada 2022.

Diproduksi oleh Institute for Economics and Peace (IEP), GPI adalah ukuran terdepan dunia untuk perdamaian global. Laporan tersebut menyajikan analisis berbasis data yang paling komprehensif hingga saat ini tentang tren perdamaian, nilai ekonominya, dan bagaimana mengembangkan masyarakat yang damai.

Indikator-indikator tersebut nantinya digabungkan menjadi satu skor GPI.

Melansir dari Vision of Humanity, Rabu (22/3/2023), beberapa negara yang terdaftar sebagai negara terdamai di dunia pada 2022 adalah Islandia.

Islandia menjadi negara paling damai di kawasan Eropa dan juga di dunia pada GPI 2022, dengan peningkatan skor sebesar 3,4 persen.

Kemudian, Selandia Baru menjadi negara paling damai di kawasan Asia-Pasifik dan negara paling damai kedua secara keseluruhan di GPI 2022.

Mayoritas negara-negara di Eropa mengisi 10 posisi pertama untuk negara paling damai, tetapi dua di antaranya adalah dari Asia, yakni Singapura dan Jepang.

Singapura berada di posisi ke-9, sedangkan Jepand ada di peringkat ke-10.

Baca selebihnya di sini...


Laos Jadi Negara Paling Menawan di Asia Tenggara Versi Forbes

Omong-omong soal negara paling damai, baru-baru ini Laos disebut sebagai negara paling menawan di Asia Tenggara dalam artikel yang dirilis Forbes pada Jumat, 31 Maret 2023.

Menurut Forbes, meskipun Laos tidak memiliki garis pantai tropis, tetapi diimbangi dengan pegunungan yang indah, sawah yang subur, dan Sungai Mekong yang menakjubkan.

Laos turut dipuji atas serangkaian atraksi budaya yang memukau, aktivitas luar ruangan, dan pesonanya yang abadi karena sebagian besar belum tersentuh pengembangan komersial, dikutip dari The Star, Senin (3/4/2023).

Forbes juga menyoroti Luang Prabang, kota yang terletak di utara Laos, yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1995.

Luang Prabang dilabeli Forbes sebagai "permata Asia Tenggara yang diabaikan" karena warisan dan tradisinya yang kaya, termasuk upacara sedekah setiap hari di mana penduduk setempat mempersembahkan ketan, biskuit, atau kue kepada para biksu.

Baca selebihnya di sini...

Tampil Memukau di SEA Games 2023

Profil Farhan Halim, Atlet Voli Indonesia Tampil Memukau di SEA Games 2023

Liputan6.com 2023-05-09 12:37:21
Selebrasi pemain Timnas Bola Voli putra Indonesia, Farhan Halim, setelah berhasil meraih poin dari timnas Bola Voli putra Kamboja dalam pertandingan final Bola Voli Putra SEA Games 20

Nama atlet Indonesia, Farhan Halim tengah menjadi topik perbicangan setelah tampil memukau di ajang SEA Games 2023. Farhan yang merupakan pemain Timnas Voli Indonesia ini dipuji karena aksi servisnya.

Penampilan Farhan dalam Final SEA Games 2023 ini berhasil membuat dia dan timnya mengalahkan Kamboja. Pertandingan yang berlangsung di Olympic Complex Indoor Main Hall pada Senin (8/5/2023) kemarin dimenangkan Indonesia tiga set sekaligus.

Tim Indonesia mendapatkan skor 25-21, 15-10, dan 25-15. Salah satu momen ikonik ketika Farhan Halim melakukan servisnya yang mematikan di set kedua. Indonesia bahkan unggul lebih jauh sekitar 9-0 melalui servis Farhan.

Warganet yang melihat penampilannya tersebut pun mengungkapkan kekaguman karena servis Farhan yang terus berturut-turut memberikan poin.

Mereka juga memuji bagaimana servis tersebut membuat para pemain Kamboja kebingungan karena tidak bisa menghentikan bola dari Farhan.

Profil Farhan Halim

Merangkum dari beberapa sumber, Farhan Halim adalah seorang atlet kelahiran 26 April 2001. Dia mempunyai tinggi badan sekitar 193 cm. Di tim, Farhan menempati posisi sebagai outside hitter.

Saat ini, Farhan tengah menempuh pendidikan di Universitas Pasundan. Dalam kariernya, Farhan sudah tampil dalam sejumlah pertandingan voli, baik dalam maupun luar negeri. Namanya mencuat ketika Proliga 2020 karena performanya yang luar biasa.

Namanya juga sempat ramai dibahas ketika babak final di SEA Games 2021. Saat itu, Farhan Halim melakukan smash yang sangat keras. Namun, tanpa sengaja mengenai wajah salah satu pemain lawannya hingga terkapar.

Farhan juga mempunyai media sosial Instagram yaitu @ieufarhan dan sudah mempunyai 188 ribu pengikut. Dia sering membagikan momen-momen ketika ia bertanding di media sosialnya tersebut.

Ramai-Ramai Tolak RUU Kesehatan

HEADLINE: Lima Organisasi Profesi Tolak RUU Kesehatan, Plus-Minusnya?

Liputan6.com 2023-05-10 00:00:09
Aksi damai menolak RUU Kesehatan Omnibuslaw ini melibatkan lima organisasi profesi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lima organisasi profesi kesehatan yang terdiri dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) menggelar aksi damai di Ibu Kota kemarin, Senin, 8 Mei 2023. Para dokter dan tenaga kesehatan turun ke jalan, menyuarakan aspirasi mereka di kawasan Monumen Nasional (Monas), Patung Kuda, hingga Gedung Kementerian Kesehatan di Jakarta.

Dalam aksi damai itu, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menghentikan pembahasan RUU Kesehatan karena substansi dalam RUU tersebut dinilai belum mencerminkan kebutuhan dari permasalahan kesehatan yang terjadi di Indonesia. Penyusunan RUU Kesehatan pun dinilai terburu-buru.

"Substansi yang ada dalam undang-undang itu belum mencerminkan kebutuhan dari permasalahan kesehatan di Indonesia. Substansinya belum mencapai permasalahan-permasalahan keseluruhan," ujar Ketua IDI dr Adib Khumaidi di Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

"Kalau kemudian ini dibuat, maka yang terjadi adalah tidak menjadi sebuah jawaban permasalahan penyelesaian masalah kesehatan di Indonesia, itu yang pertama," lanjutnya.

Setidaknya ada tujuh poin yang menjadi alasan kelima organisasi profesi tolak RUU Kesehatan seperti disampaikan Ketua Bidang Hukum Pembelaan dan Pembinaan Anggota (BHP2A) IDI Beni Satria.

Poin-poin tersebut yakni:

"Itu tentu kami tolak, kenapa? Karena masyarakat pasti terabaikan di sini. Alokasi 10 persen saja tidak terserap secara maksimal, apalagi kalau itu dihapuskan. Ini menjadi persoalan khusus," kata Beni Satria.

"Undang-undang profesi itu hak wajib satu untuk memberi perlindungan kepada masyarakat. Jangan sampai ada double standard, dobel profesi yang kemudian menimbulkan kegaduhan dan masyarakat tidak mendapatkan haknya."

"Hubungan dokter dan tenaga kesehatan dengan masyarakat adalah hubungan keperdataan kesehatan. Maksudnya adalah upaya maksimal, tidak boleh menjanjikan hasil. Pasien yang datang ke dokter maka dokter sesuai sumpahnya akan mengobati secara maksimal supaya mencapai kesembuhan."

"Tapi yang terjadi adalah perbedaan, kalau terjadi sengketa atau permasalahan tentu diarahkan pada penyelidikan dan pemidanaan. Nah kalau ini terjadi maka akan penuh penjara yang isinya tenaga kesehatan. Karena untuk membuktikan adanya unsur kelalaian tidak bisa menggunakan azas pidana umum yang diatur dalam KUHP."

Ketujuh poin tersebut disampaikan oleh lima perwakilan organisasi profesi saat berdiskusi dengan Kemenkes dalam rangkaian aksi damai 8 Mei 2023.


Aksi Damai 5 Organisasi Profesi Tolak RUU Kesehatan

Koordinator Lapangan Aksi Damai dari Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) drg Eka Erwansyah mengatakan, aksi damai pada Senin, 8 Mei 2023 terpaksa dilakukan karena organisasi profesi merasa ada kebuntuan jalan dialog serta bentuk kepedulian organisasi profesinya terhadap RUU Kesehatan yang dinilai tidak sesuai kepentingan masyarakat.

"Ini merupakan bentuk kepedulian dokter gigi Indonesia yang tergabung dalam PDGI terhadap ancaman RUU Kesehatan yang tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat," ujar Eka.

Menurutnya, sebelum aksi tersebut, berbagai upaya telah dilakukan oleh PDGI guna menyuarakan ketidaksepakatan terhadap RUU Kesehatan. Upaya tersebut disampaikan secara lisan maupun tertulis kepada Kemenkes maupun DPR RI.

Mewakili IDI, Adib pun menegaskan bahwa pihaknya bukan tak mau berdialog, hanya saja merasa aspirasi yang telah mereka sampaikan tidak diindahkan. Hal ini menjadi alasan berikutnya mengapa IDI meminta Kemenkes menghentikan pembahasan RUU Kesehatan.

"Kami bukan tidak mau berdialog, kami tetap ingin berdialog, kami ingin tetap berdiskusi tapi apa yang sebelumnya kami berikan sebagai masukan ternyata tidak diberikan perhatian," ujarnya.

"Ini kemudian mengapa substansi-substansi yang sebenarnya ada di dalam permasalahan kesehatan itu tidak masuk, belum masuk dalam suatu bagian di undang-undang ini. Sehingga kita minta ayo kita duduk bareng kita setop dulu, tunda pembahasan, kita duduk bareng bagaimana menyelesaikan RUU Kesehatan."

Adib menambahkan, orang-orang yang turun dalam aksi damai ini adalah dokter dan tenaga kesehatan yang bekerja di lapangan. Artinya, mereka tahu apa saja permasalahan kesehatan di Indonesia. Aksi damai pada 8 Mei 2023 juga diikuti mahasiswa dari berbagai profesi bidang kesehatan. Menurut Adib, hal itu menunjukkan adanya kepentingan bersama dalam menyuarakan permasalahan terkait kesehatan yang ada di masyarakat.

"Ini cukup masif dan perlu menjadi atensi bahwa ada problem yang memang harus diperhatikan pemerintah. Dan ada potensi damage yang bisa terjadi pada saat undang-undang kesehatan ini tetap dilanjutkan," ucap Adib.

PDGI menilai proses penyusunan draft RUU Kesehatan telah bermasalah sejak awal karena tidak taat azas dan prematur. Menurut PDGI, pasal-pasal yang disusun terlihat banyak yang saling kontradiktif.

Berdasarkan kajian pasal-pasal RUU Kesehatan bersama para pakar hukum, PDGI menyimpulkan beberapa pasal berpotensi menimbulkan konflik dokter-pasien. Hal tersebut ditengarai rawan terjadi kriminalisasi dan mengancam keselamatan tenaga medis lantaran proses penyusunan yang terburu-buru tanpa memperhatikan partisipasi publik secara sungguh-sungguh.

PDGI menyebut, usulan masyarakat dan organisasi profesi kesehatan sebenarnya telah diakomodasi pada RUU Kesehatan inisiatif DPR. Namun, sebut PDGI, usulan tersebut dimentahkan kembali dalam Daftar Inventaris Masalah (DIM) yang disampaikan Kemenkes pada DPR.


Kemenkes Tanggapi Perbedaan Pendapat Soal RUU Kesehatan

Merespons aksi damai yang dilakukan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan empat Organisasi Profesi Kesehatan lain menolak pembahasan RUU Kesehatan, Kemenkes melalui Juru Bicara Mohammad Syahril menyampaikan, hal itu bukan berarti harus berbenturan satu sama lain dengan Pemerintah. Namun, bagaimana memikirkan bersama apa yang akan dikerjakan nantinya.

"Nah, tentu saja dengan demo ini, bukan berarti kita harus berbenturan satu sama lain. Tapi untuk menyampaikan, apa yang harus kita lakukan dan apa yang kita kerjakan bersama sama," ujar Syahril dalam keterangan resmi di Jakarta pada Senin, 8 Mei 2023.

Persoalan perbedaan pendapat dalam penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan diakui Syahril adalah hal yang wajar. Penyampaian pendapat seperti aksi damai yang dilakukan Organisasi Profesi Kesehatan juga termasuk hal yang wajar.

"Itu adalah hak warga negara untuk menyampaikan pendapatnya melalui forum-forum resmi yang diakui negara," ujar Syahril.

Sebelumnya Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pun meminta agar perbedaan pendapat terkait RUU Kesehatan diselesaikan dengan cara beradab.

"Kalau ingin mencapai tujuan yang baik dan ada perbedaan pendapat, kita selesaikan secara civilized(beradab)," ujar Menkes Budi Gunadi di Gedung Kemenkes RI Jakarta usai menghadiri Peluncuran Beasiswa Fellowship Luar Negeri, Senin (8/5/2023).

Budi Gunadi mengatakan, RUU Kesehatan merupakan ikhtiar pemerintah dalam memastikan layanan kesehatan masyarakat dapat meningkat lebih baik lagi.

"Tujuan pemerintah adalah memastikan layanan kesehatan kepada masyarakat jadi meningkat, dan itu tujuan semua tenaga kesehatan juga," ungkapnya.

Dalam kesempatan berbeda, Syahril meluruskan informasi yang menyebut RUU Kesehatan menghilangkan perlindungan bagi tenaga kesehatan. Menurutnyal, beberapa pasal terkait perlindungan nakes sudah ditambahkan dalam Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) terbaru.

"Dalam undang-undang yang berlaku saat ini memang perlindungan hukum untuk dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan lainnya masih belum maksimal," kata Syahril pada 24 April 2023.

"Untuk itu, dalam RUU ini akan kita usulkan untuk ditambah. Jadi, tidak benar informasi yang beredar kalau RUU menghilangkan perlindungan. Kami justru menambah."

Dengan adanya RUU Kesehatan ini, Pemerintah mengusulkan tambahan perlindungan hukum untuk dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan lainnya ketika memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Pasal-pasal perlindungan hukum ditujukan agar jika ada sengketa hukum, para tenaga kesehatan tidak langsung berurusan dengan aparat penegak hukum, sebelum adanya penyelesaian di luar pengadilan, termasuk melalui sidang etik dan disiplin," tutur Syahril.

Syahril melanjutkan, terdapat beberapa pasal baru perlindungan hukum yang diusulkan Pemerintah dalam RUU Kesehatan.

Salah satunya, Penyelesaian Sengketa Diluar Pengadilan yang tertuang dalam Pasal 322 ayat 4 DIM Pemerintah. Pasal ini mengatur Tenaga Medis atau Tenaga Kesehatan yang telah melaksanakan sanksi disiplin yang dijatuhkan terdapat dugaan tindak pidana, aparat penegak hukum wajib mengutamakan penyelesaian perselisihan dengan mekanisme keadilan restoratif.

Ada juga Perlindungan Untuk Peserta Didik yang tertuang dalam Pasal 208E ayat 1 huruf a DIM Pemerintah. Pasal ini, mengatur peserta didik yang memberikan pelayanan kesehatan berhak memeroleh bantuan hukum dalam hal terjadinya sengketa medik selama mengikuti proses pendidikan.


RUU Kesehatan adalah Hak Inisiatif DPR RI

Mohammad Syahril, RUU Kesehatan adalah hak inisiatif DPR RI yang sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selanjutnya, Presiden menugaskan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk dipelajari.

"Kemudian diminta masukan, kritik, saran dari seluruh stakeholder, seluruh profesi, seluruh masyarakat dan muncul yang disebut Daftar Inventarisasi Masalah atau DIM ini," terangnya.

"DIM ini yang sudah kami serahkan kepada DPR untuk dibahas ulang. Jadi itu prosesnya ya. Saat ini, Daftar Inventarisasi Masalah itu sudah disampaikan ke DPR untuk dibahas."

Kemenkes sudah menyelenggarakan partisipasi publik dan sosialisasi RUU Kesehatan sejak 13 sampai 31 Maret 2023. Total ada 115 kegiatan partisipasi publik, 1.200 stakeholder yang diundang, dan 72.000 peserta yang terdiri dari 5.000 hadir luring dan 67.000 hadir daring.

Hasil DIM RUU Kesehatan menggabungkan 10 Undang-Undang (UU) dan mengubah sebagian isi UU, yakni UU nomor 20/2004 tentang SJSN dan UU 24/2011 tentang BPJS.

Dari 478 pasal RUU Kesehatan, total DIM batang tubuh sebanyak 3.020, 1.037 DIM tetap untuk disepakati di rapat kerja DPR, 399 DIM perubahan redaksional untuk ditindaklanjuti oleh tim perumus dan tim sinkronisasi, 1.584 DIM perubahan substansi untuk ditindaklanjuti oleh panitia kerja (Panja) DPR.

Kemudian DIM penjelasan ada 1.488, sebanyak 609 DIM tetap, 14 DIM perubahan redaksional, 865 DIM perubahan substansi.


DPR Akan Perhatikan Tuntutan 5 Organisasi Profesi

Ketua Majelis Kehormatan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Tjandra Yoga Aditama berpendapat aksi damai menolak RUU Kesehatan yang dilakukan IDI dan organisasi profesi kesehatan lain adalah tindakan yang tepat.

"Tentu saja aksi damai semua tenaga kesehatan kemarin adalah hal yang amat tepat dan perlu dilakukan," ujar Tjandra kepada Health Liputan6.com melalui pesan teks, Selasa (9/5/2023).

Tjandra menilai, dampak yang akan dirasakan tentang RUU Kesehatan dan diperjuangkan pada aksi damai kemarin adalah pada derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

"Yang diperjuangkan adalah agar semua tenaga kesehatan dapat melakukan darma baktinya dengan baik," ujar Tjandra

Menurutnya, diperlukan setidaknya lima hal agar nakes dapat melaksanakan darma bakti dengan baik, yakni:

Sementara itu, anggota Komisi IX DPR RI Ansory Siregar menilai, aksi demonstrasi yang dilakukan oleh lima organisasi profesi kesehatan, merupakan bentuk ekspresi dan kepedulian terhadap RUU Kesehatan.

Menurut Ansory, penyusunan RUU tentang Kesehatan yang dibahas dengan metode omnibus law harus dilakukan secara menyeluruh, teliti, dan melibatkan pemangku kepentingan terkait (meaningful participation) sehingga tidak ada pengaturan yang luput dan kontradiksi.

"Demonstrasi yang dilakukan oleh para tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga medis (nadis) sejatinya bentuk ekspresi dan perhatian para pemangku kepentingan kesehatan terhadap proses pembahasan Omnibus Law RUU Kesehatan," kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (9/5/2023).

Ansory menambahkan, DPR akan memperhatikan tuntutan dari lima organisasi profesi kesehatan tersebut dan akan berupaya untuk memperbaiki naskah RUU Kesehatan.

"Kami memahami kekhawatiran dan kepentingan dari lima organisasi profesi kesehatan tersebut. Kami berkomitmen untuk menjalankan tugas kami sebagai anggota DPR dengan sebaik-baiknya demi kepentingan rakyat dan kesejahteraan masyarakat Indonesia," jelasnya.

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) juga meminta pemerintah untuk memperhatikan isi tuntutan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan empat organisasi lainnya.

"Mendorong pemerintah untuk memperhatikan isi tuntutan dan menghargai masukan dari aksi unjuk rasa PB IDI tersebut," kata Bamsoet, Senin (8/5/2023).

Ia juga menyarankan agar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI kembali membuka dialog dengan IDI serta Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) yang menolak RUU Kesehatan.

Lewat diskusi maka Kemenkes bisa menyerap aspirasi, masukan maupun tuntutan terkait pembahasan RUU Kesehatan yang dinilai berpotensi memperlemah perlindungan dan kepastian hukum bagi perawat dan masyarakat. Selain itu, perlu juga memperhatikan aturan yang berpotensi memicu kriminalisasi kepada dokter dan tenaga kesehatan.


Organisasi Profesi Tunggu Keputusan Kemenkes

Pada Senin, 8 Mei 2023 kemarin, perwakilan IDI dan organisasi profesi telah berdiskusi dengan Kementerian Kesehatan.

Saat diskusi, tujuh poin alasan organisasi profesi menolak RUU Kesehatan telah disampaikan. Usai diskusi, Beni menerangkan bahwa pihaknya menunggu keputusan dari Kemenkes.

"Mereka (Kemenkes) akan mempertimbangkan itu dan kami harap pertimbangannya tidak terlalu lama. Kita akan lihat terus reaksinya seperti apa. Apakah kita terus dikasih gula manis-manis atau memang direalisasikan."

"Kami meminta waktu sesegera mungkin dua atau 20 hari ke depan, kita akan lihat. Jika tidak ada tindak lanjut dari Kemenkes, kita akan lakukan aksi seperti ini lagi dan ini akan seluruh Indonesia," ujar Beni.