Para Pemimpin ASEAN Jatuh Cinta Labuan Bajo

Para Pemimpin ASEAN Jatuh Cinta dengan Keindahan Labuan Bajo

Liputan6.com 2023-05-11 10:36:00
Jokowi mengajak para pemimpin ASEAN untuk sejenak melepas penat dengan melihat senja di Labuan Bajo dari atas kapal Pinisi. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengajak para pemimpin ASEAN beserta pendampingnya untuk menikmati keindahan Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan menaiki kapal pinisi pada Rabu 10 Mei 2023.

Para pemimpin ASEAN itu pun senang karena bisa melepas penat setelah seharian melakukan pertemuan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Hotel Meruorah, Labuan Bajo.

Presiden Filipina, Ferdinand R. Marcos Jr, mengaku bahwa kegiatan ini merupakan ide yang sangat baik untuk menjernihkan kembali pikiran selepas seharian bekerja.

"Seperti yang dijanjikan oleh Presiden Widodo adalah kita datang ke kapal dan kita tidak terlalu memikirkan ekonomi dan masalah, keamanan, dan itu benar sekali, itu ide yang sangat bagus untuk menjernihkan pikiran Anda jadi kembali ke bekerja dan menyegarkan," ujar Presiden Filipina dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis (11/5/2023).

"Dan romantis!" tambah Ibu Louise Aranetta-Marcos yang berada di sampingnya.

Dia menyebut pemandangan di Labuan Bajo sangat indah. Presiden Marcos mengatakan Indonesia menetapkan standar tinggi menjadi tuan rumah KTT ke-42 ASEAN.

"Indah, pemandangannya indah, jadi kami sangat khawatir karena ketika saatnya tiba bagi kami untuk menjadi tuan rumah ASEAN, kami harus melakukan yang lebih baik dari ini. Indonesia menetapkan standar sangat tinggi, kita harus bersaing," jelasnya.

Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong, juga tampak menikmati perjalanan di atas kapal pinisi tersebut. Ia sangat senang akan melihat matahari terbenam.

"Oh rasanya sangat menyenangkan, sejauh ini sangat tenang, sangat mulus, kami menantikan untuk melihat matahari terbenam. Saya sangat senang kita bisa melihat matahari, saya pikir itu cukup spektakuler," ujar PM Lee.

PM Lee menyampaikan bahwa ini merupakan kali pertamanya mengunjungi NTT. Ia mengaku telah melihat foto keindahan NTT, tapi ketika melihatnya secara langsung ternyata lebih baik.

PM Lee akan kembali mengunjungi NTT di masa depan untuk menyelam maupun melihat komodo.

"Saya pikir akan ada banyak turis yang ingin datang juga, terutama dengan hotel-hotel baru yang akan datang," ucapnya.


Menikmati Keindahan Labuan Bajo

Tidak hanya PM Lee yang menikmati perjalanan hingga berencana untuk datang kembali ke Labuan Bajo. Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam yang juga turut dalam kapal tersebut juga mengaku sangat menikmati perjalanan dengan kapal Lako Di'a tersebut.

"Kami senang dan ini pertama kalinya kami di Labuan Bajo jadi kami senang berada di kapal ini melihat sisi berbeda dari KTT ASEAN. Ya sangat bagus, sangat santai terutama setelah pertemuan hari yang panjang," ujar Pangeran Abdul Mateen.

"Saya tahu Bali sangat terkenal, tetapi Labuan Bajo tidak setenar Bali. Saya pikir KTT ASEAN ini akan menarik lebih banyak orang untuk datang," tambahnya.

Dulu Pelakor, Kini Jadi Ratu

Jalan Panjang Camilla dari Sosok yang Disebut Perusak Rumah Tangga Putri Diana hingga Jadi Ratu Inggris

Liputan6.com 2023-05-09 19:20:59
Kolase Ratu Camilla dan Putri Diana. (The Royal Family dan AP)

Raja Charles III bukan satu-satunya orang yang dinobatkan pada Sabtu 6 Mei 2023 - istrinya Camilla juga. Wanita yang dipojokkan publik, disalahkan atas berakhirnya pernikahan antara Charles dan Putri Diana.

Tapi cinta Charles dan Camilla menang, dan sekarang dia menjadikannya ratu.

Setelah Ratu Elizabeth III meninggal pada tahun 2022, Camilla awalnya mendapat gelar queen consort atau permaisuri ratu, sesuai keinginan Elizabeth II. Tidak seperti ratu pada umumnya atau queen regnant, permaisuri ratu tidak memiliki otoritas nyata dan gelar biasanya diberikan kepada pasangan raja.

Berbicara soal perjalanan Camilla tidaklah mudah untuk mencapai tahap penting kehidupannya itu. Hingga kini masih ramai diperbincangkan, bagaimana peran Putri Diana dalam kehidupan Ratu Camilla.

Meski penuh gejolak, bermula dari Camilla Parker Bowles disebut sebagai orang ketiga dalam pernikahan Raja Charles III dan Putri Diana di masa lampau.

Melansir The Guardian, Selasa (9/5/2023), ikatan antara Camilla dan Charles disebut sangatlah kuat. Seandainya Putri Diana tidak meninggal di terowongan Paris pada 31 Agustus 1997, kisah kehidupan Camilla mungkin akan berbeda.

Melansir CBS News, Charles dan Camilla, yang dibesarkan dalam keluarga aristokrat, pertama kali menjalin hubungan romantis pada tahun 1970-an, ketika keduanya masih muda.

Namun, hubungan dini itu berakhir dan keduanya menikahi orang lain.

Camilla menikah dengan Andrew Parker Bowles pada tahun 1973 dan Charles menikah dengan Diana Spencer pada tahun 1981.

Rupanya pernikahan keduanya tidak menghalangi pasangan itu tetap dekat, tentu secara diam-diam.

Setelah Charles dan Diana bercerai pada tahun 1992, dan setelah kematian Diana dalam kecelakaan mobil pada tahun 1997, Charles dan Camilla akhirnya mengumumkan hubungan mereka ke publik.

Sebelum Diana dan Charles bercerai, sang putri memberikan wawancara yang sangat jujur kepada Martin Bashir, di mana ia berbicara tentang kehadiran Camilla dalam kehidupannya dengan Charles.

"Kami bertiga dalam pernikahan ini, jadi agak ramai," kata Diana.

Tak hanya Charles yang mengakui perselingkuhan, Diana juga mengakui perselingkuhannya dengan seorang veteran Angkatan Darat James Hewitt.


Kematian Diana Membayangi Camilla

Kematian Diana beberapa minggu kemudian membuat pasangan itu tidak mungkin terlihat bersama di depan umum.

Kediamannya sempat dikepung wartawan setelah insiden maut itu, Camilla mengaku bahwa saat itu sangat mengerikan baginya.

"Pada saat kematiannya, Diana telah mencapai pemulihan hubungan dengan Camilla," ucap Lacey, sejarawan kerajaan dan penulis. Kehidupan Diana berjalan baik dan begitu juga dengan Charles yang mengumumkan akan menikahi Camilla.

Tantangan lainnya, meski resmi bergabung dengan keluarga kerajaan, publik tidak begitu menyambut Camilla.

Jajak pendapat yang dirilis YouGov pada tahun 2005, mengemukakan bahwa hanya tujuh persen dari publik yang berpikir Camilla harus menjadi ratu suatu hari nanti.

Perceraian Charles dan Diana membuat Camilla dianggap sebagai wanita paling dibenci di Inggris, ia bahkan terpaksa menjalani perlakuan kejam dari para paparazzi.

Camilla kemudian mulai muncul di beberapa pertemuan publik tanpa diketahui. Wanita itu cukup kesulitan, banyak orang menunjuk dan berbisik-bisik.


Pernikahan yang Tidak Disetujui Anak Sendiri

20 tahun lamanya, persepsi publik terhadap Camilla mulai berubah. Namun, beberapa masih kritis, termasuk keluarga terdekat Charles, salah satunya Pangeran Harry.

Harry percaya, ada rencana di balik kembalinya Camilla dengan ayahnya. Ia menggambarkan Camilla sebagai berbahaya dan penjahat yang "meninggalkan mayat di jalan".

Harry pernah mengatakan dia dan saudara laki-lakinya, Pangeran William, meminta ayah mereka untuk tidak menikahi Camilla, dalam sebuah wawancara dengan CBS News.

"Lebih banyak kerugian daripada kebaikan," ucap sang pangeran.

Sang pangeran juga mengatakan kebutuhan Camilla untuk memperbaiki citranya membuatnya berbahaya karena kedekatannya dengan pers Inggris.

Tahun 1970, Camilla pernah bercanda dan memberi tahu Charles bahwa "nenek buyut saya adalah simpanan dari kakek buyut Anda", tak dapat diperkirakan, mereka akhirnya menempuh perjalanan itu dan mencapai titik saat ini.

"Dia tidak pernah berasumsi apa pun tentang apakah mereka bisa bersama." kata temannya, Marchioness of Lansdowne kepada Sunday Times sebelum penobatan.


Berawal dari Permaisuri, 'Tiba-tiba' Jadi Ratu

Tak hanya anak-anak Charles, Camilla juga harus berurusan dengan Ratu Elizabeth II.

Seorang penulis biografi, mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II pernah menyebut Camilla sebagai "wanita jahat".

Namun di hari pernikahan, sang mendiang ratu menyambut Camilla, menyiratkan bahwa ia telah menyetujui pernikahan itu.

Ratu Elizabeth II yang meninggal pada tahun 2022, menginginkan Camilla tetap menjadi Permaisuri, tidak menjadi ratu.

Permintaan ibu dari Charles itu awalnya dihormati dan dilaksanakan, hingga ketika undangan hari penobatan keluar, gelar Camilla telah diubah menjadi "ratu".

Camilla bukanlah seorang anggota keluarga kerajaan dari lahir, ia tidak memiliki otoritas. Namun, kenyataan ia berdiri di sebelah Charles dengan gelar ratu telah mengubah segalanya.

Lacey mengatakan bahwa satu-satunya orang yang tampaknya mampu menenangkan dan membantu Charles dengan segala sifat dan wataknya, dengan cara yang pasti tidak pernah dilakukan oleh orang tuanya, adalah Camilla.

"Mendiang Ratu mungkin lega seseorang dapat memberikan kedamaian kepada putranya," ucapnya.

"Kisah yang sangat pribadi antara keduanya yang akan kita saksikan hari ini," kata Tina Brown, kontributor CBS News yang meliput hari penobatan.

Keluarga David Tolak Polisi

Polisi Berencana Periksa David Ozora Namun Ditolak Keluarga, Ini Alasannya

Liputan6.com 2023-05-10 16:45:25
Niatan untuk menganiaya David Latumahina alias Cristalino David Ozora tergambar jelas lewat reka adegan yang dijalani oleh tersangka Mario Dandy Satriyo (20), Shane (19), dan peran penggan

Polisi berencana periksa David Latumahina atau Cristalino David Ozora. Keinginan ini diungkapkan salah penyidik yang tangani berkas perkara Mario Dandy Satriyo dan Shane Lukas Rotua Pangodian Lumbantoruan. Namun, pihak keluarga menolak dengan alasan kondisi kesehatan David.

Hal itu disampaikan, Penasihat Hukum David, Mellisa Anggraini. Dia menerangkan, pihaknya dihubungi oleh salah satu penyidik Polda Metro Jaya.

"Penyidik yang telepon kita mempertanyakan apakah David bisa jadi saksi," kata dia kepada wartawan, Rabu (10/5/2023).

Mellisa menjelaskan, kondisi David sangat tidak memungkinkan untuk diambil keterangannya sebagai saksi. Namun, Mellisa tak berkenan menjelaskan secara detail.

"Saya rasa secara medis nanti rumah sakit yang bisa memberikan statement terkait itu tetapi kita sudah sampaikan kepada kejaksaan bahwa sepanjang proses terapi ini David pun secara kognisi masih jauh dari normal dia belum bisa membedakan mana yang terjadi, mana yang imajinasi," ujar dia.

"Nah bagaimana ya seperti ini mau dihadirkan ke persidangan gitu kan," Mellisa menambahkan.

Menurut dia, pihak rumah sakit akan lebih paham. Lebih baik, dari pihak penyidik atau kejaksaan berkomunikasi dengan perwakilan rumah sakit agar tidak ada anggapan penasihat hukum mengada-ngada tentang kondisi David Ozora. Secara fisik memang terlihat baik tapi secara kognisi bermaslah.

"Kami melihat David aja belum kembali seperti sedia kala yang dia sampaikan juga masih cukup banyak random ingatannya," ujar dia.


Berkas Belum Rampung Mario dan Shane Dipertanyakan

Kubu David Latumahina atau Cristalino David Ozora pertanyakan lambannya berkas Mario Dandy Satriyo dan Shane Lukas Rotua Pangodian Lumbantoruan dibawa ke pengadilan. Penasihat Hukum David Ozora, Mellisa Anggraini singgung masa penahanan kedua tersangka.

"Itu menjadi pertanyaan juga di kami, sejauh ini melihat dari batas masa tahanan, kita kawal sehingga tidak melewati itu," kata Mellisa saat dihubungi, Rabu (10/5/2023).

Mellisa menerangkan, pihaknya akan kembali berkomunikasi dengan pihak penyidik Polda Metro Jaya dan kejaksaan. Informasi terakhir, Polda Metro Jaya berencana serahkan berkas kedua tersangka ke Kejati DKI Jakarta pada Kamis, 11 Mei 2023.

Apabila, dinilai lengkap maka kemungkinan sidang perdana bakal digelar pada akhir Mei atau awal Juni 2023.

"Nanti Kejati akan memeriksa lagi, kalau sudah selesai katanya sebelum tanggal 21 akan dilakukan tahap 2. Sehingga kemungkinan sidangnya akan dimulai akhir bulan ini atau awal bulan," ujar dia.

Mellisa sampaikan kekhawatiran habisnya masa penahanan kedua tersangka ke kejaksaan dan Polda Metro Jaya.

Dia pun mendesak kepada kedua institusi untuk segera memenuhi berkas perkara. Menurut dia, tidak perlu lagi menggali motif. Sehingga yang perlu didalami seharusnya pola perencanaan, perbuatan pada saat melakukan penganiayaan sehingga mengakibatkan luka berat.

"Menurut kami dari proses persidangan kami dari proses persidangan anak kemarin sebenarnya bukti sudah cukup ini kan pasal penganiayaan tidak ada rumusan motif didalamnya. Tapi kita hargai proses ini karena mungkin waktunya memang masih cukup sehingga pihak kejaksaan ingin menyempurnakan berkas," ujar dia.Menurut

Pewaris Takhta Sejak Usia 3 Tahun

Profil Raja Charles III, Anak Ratu Elizabeth II Pewaris Takhta Sejak Usia 3 Tahun

Liputan6.com 2023-05-10 10:02:26
Potret Resmi Raja Charles III Usai Penobatan di Istana Buckingham dengan Mahkota, Tongkat Kerjaan, dan Orb. (Fotografer: Hugo Burnand/Dokumentasi: The Royal Family)

Charles Philip Arthur George telah resmi dinobatkan sebagai Raja Charles III yang memimpin Inggris setelah Ratu Elizabeth II mangkat. Raja Charles III dimahkotai pada Sabtu 6 Mei 2023 bersama istrinya, Ratu Camilla dalam upacara bersejarah yang digelar di Westminster Abbey di London, Inggris.

Charles pun menjadi raja tertua sepanjang sejarah di Inggris. Ia berusia 73 tahun ketika naik takhta - tetapi sekarang berusia 74 tahun, dengan ulang tahunnya pada 14 November 2022. Ia juga sembilan tahun lebih tua dari raja terakhir yang memegang gelar itu, Raja William IV.

Raja Charles III merupakan anak Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, yang lahir di Istana Buckingham pada pukul 09.14 malam pada tanggal 14 November 1948. Sebulan kemudian, pada 15 Desember, Pangeran Charles dibaptis di Ruang Musik di Istana Buckingham oleh Uskup Agung Canterbury, Dr Geoffrey Fisher.

Ibu Raja Charles III dinobatkan sebagai Ratu Elizabeth II pada usia 25 tahun, ketika ayahnya, Raja George VI, meninggal dunia pada usia 56 tahun.

Pada 6 Februari 1952, saat Ratu naik takhta, Charles - sebagai putra tertua Penguasa - menjadi pewaris takhta pada usia tiga tahun.

Sebagai Pewaris Takhta, ia mengambil gelar tradisional Duke of Cornwall di bawah piagam Raja Edward III pada tahun 1337; dalam gelar kebangsawanan Skotlandia, Duke of Rothesay, Earl of Carrick, Baron Renfrew, Lord of the Isles, dan Prince and Great Steward of Scotland.

Charles berusia empat tahun pada upacara penobatan ibunya, di Westminster Abbey pada tanggal 2 Juni 1953.

Banyak orang yang menyaksikan Penobatan tersebut karena memiliki kenangan jelas tentang dirinya yang duduk di antara neneknya sebagai janda, yang dikenal sebagai Ibu Suri Ratu Elizabeth, dan bibinya, Putri Margaret.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip memutuskan bahwa Charles harus pergi ke sekolah daripada memiliki guru di Istana. Kemudian, Charles mulai bersekolah di sekolah Hill House London Barat pada 7 November 1956. Setelah 10 bulan, ia menjadi siswa asrama di Cheam School, sebuah sekolah pelatihan di Berkshire.

Kini dia telah naik takhta menjadi Raja Charles III, setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia karena sakit pada Kamis 8 September 2022.


Pendidikan Raja Charles III

Pada tahun 1958, saat Charles berada di Cheam School, Ratu memberinya gelar sebagai Pangeran Wales dan Earl of Chester. Saat itu Pangeran berusia sembilan tahun.

Pada April 1962, Charles memulai tahap pertamanya di Gordonstoun, sebuah sekolah dekat Elgin di Skotlandia Timur yang pernah dihadiri oleh Duke of Edinburgh.

Pangeran Wales menghabiskan dua periode pada tahun 1966 sebagai siswa pertukaran di Timbertop, yaitu sebuah pos terpencil dari Sekolah Tata Bahasa Geelong Church of England di Melbourne, Australia.

Ketika ia kembali ke Gordonstoun untuk tahun terakhirnya, Charles ditunjuk sebagai perwakilan sekolah.

Charles yang telah lulus dengan enam O Levels, juga mengambil A Levels dan dianugerahi nilai B dalam sejarah dan C dalam bahasa Prancis, bersama dengan nilai istimewa dalam makalah sejarah khusus opsional pada Juli 1967.

Charles kemudian melanjutkan studinya ke Universitas Cambridge pada tahun 1967 untuk belajar arkeologi dan antropologi di Trinity College. Dia beralih jurusan ke sejarah untuk gelar keduanya, dan pada tahun 1970 dianugerahi gelar 2:2.


Penobatan dan Karier Militer

Charles dinobatkan sebagai Pangeran Wales oleh Ratu pada tanggal 1 Juli 1969 dalam sebuah upacara yang penuh warna di Kastil Caernarfon. Sebelum pengangkatan tersebut, Charles telah menghabiskan satu semester di University College of Wales di Aberystwyth, belajar berbicara bahasa Welsh.

Pada 2019, Pangeran merayakan 50 tahun peristiwa tersebut bersama dengan berbagai badan amal, organisasi, dan bisnis Welsh yang didukungnya, pada resepsi Istana Buckingham yang diselenggarakan oleh Yang Mulia Ratu.

Pada 11 Februari 1970, Charles memasuki House of Lords (parlemen). Kemudian, pada 8 Maret 1971, ia menerbangkan dirinya ke Royal Air Force (RAF) Cranwell di Lincolnshire, untuk berlatih sebagai pilot jet.

Berdasarkan permintaannya sendiri, Charles telah menerima instruksi terbang dari RAF selama tahun keduanya di Cambridge.

Pada September 1971 setelah parade kelulusan di Cranwell, Charles memulai karier di angkatan laut, mengikuti jejak ayah, kakek dan kedua kakek buyutnya.

Kursus selama enam minggu di Royal Naval College, Dartmouth, diikuti dengan dinas di kapal perusak rudal berpemandu HMS Norfolk dan dua fregat.

Charles kemudian memenuhi syarat sebagai pilot helikopter pada tahun 1974, lalu bergabung dengan Skuadron Udara Angkatan Laut 845, yang beroperasi dari kapal induk komando HMS Hermes. Selanjutnya, pada 9 Februari 1976, ia mengambil alih komando pemburu ranjau pesisir HMS Bronington selama sembilan bulan terakhirnya di Angkatan Laut.


Kehidupan Pernikahan

Pada 29 Juli 1981, Charles menikahi Lady Diana Spencer atau Putri Diana di Katedral St Paul, yang menjadi HRH The Princess of Wales.

Ayah Lady Diana, yang saat itu menjabat sebagai Viscount Althorp sekaligus Earl Spencer kedelapan, telah menjadi pendamping George VI dan Sang Ratu.

Nenek dari pihak ibu, Ruth, Lady Fermoy, adalah teman dekat sekaligus Lady-in-Waiting bagi Ibu Suri.

Charles dan Diana memiliki dua putra: Pangeran William, lahir pada 21 Juni 1982; dan Pangeran Harry, lahir pada 15 September 1984.

Sejak pernikahan mereka, Charles dan Diana melakukan tur ke luar negeri dan melakukan banyak kegiatan bersama di Inggris.

Pada 9 Desember 1992, Perdana Menteri, John Major, mengumumkan kepada House of Commons bahwa Charles dan Diana telah setuju untuk berpisah. Pernikahan itu dibubarkan pada 28 Agustus 1996.

Putri Diana masih dianggap sebagai anggota Keluarga Kerajaan. Dia terus tinggal di Istana Kensington dan melakukan pekerjaan publiknya untuk sejumlah badan amal.

Ketika Sang Putri tewas dalam kecelakaan mobil di Paris pada tanggal 31 Agustus 1997, Pangeran Wales terbang ke Paris bersama kedua saudara perempuannya untuk membawa jenazahnya kembali ke London.

Putri Diana terbaring di Kapel Royal di Istana St James's hingga malam sebelum pemakaman.

Pada hari pemakaman, Pangeran Wales menemani kedua putranya, yang berusia 15 dan 12 tahun pada saat itu, saat mereka berjalan di belakang peti mati dari The Mall ke Westminster Abbey. Tampak bersama mereka, Duke of Edinburgh dan saudara laki-laki sang Putri, Earl Spencer.

Charles meminta media untuk menghormati privasi putra-putranya, agar mereka dapat menjalani kehidupan sekolah yang normal.

Pada tahun-tahun berikutnya, Pangeran William dan Harry, yang sekarang berada di urutan kedua dan keenam dalam garis takhta, menemani ayah mereka dalam sejumlah acara resmi di Inggris dan luar negeri.

Pada 9 April 2005, Charles dan Camilla menikah dalam upacara sipil di Guildhall, Windsor.

Setelah pernikahan tersebut, Camilla dikenal sebagai HRH The Duchess of Cornwall. Pernikahan keduanya dihadiri sekitar 800 tamu pada acara Doa dan Persembahan di Kapel St George, Kastil Windsor.

Kebaktian dilanjutkan dengan resepsi di Kastil Windsor yang diselenggarakan Ratu Elizabeth II.

Jadi Tersangka Kasus Pencucian Uang

KPK Tetapkan Rafael Alun Tersangka Kasus Dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang

Liputan6.com 2023-05-10 12:35:19
Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo saat wawancara khusus dengan Liputan6.com, Kamis (30/3/2023). Rafael berbicara soal kasus y

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Rafael Alun Trisambodo (RAT) sebagai tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Hal itu menyusul perkara gratifikasi yang menjeratnya.

"Benar, KPK saat ini telah kembali menetapkan RAT sebagai tersangka dugaan TPPU," tutur Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (10/5/2023).

Menurut Ali, penetapan tersangka Rafael Alun sebagaimana bukti permulaan awal yang ditemukan penyidik dari penerimaan berbagai gratifikasi dalam proses pengurusan perpajakan yang dilakukannya.

"Diduga kuat ada kepemilikan aset-aset tersangka RAT yang ada tautan dengan dugaan TPPU diantaranya dengan menempatkan, mengalihkan, membelanjakan sekaligus menyembunyikan hingga menyamarkan asal usul harta miliknya yang diduga bersumber dari korupsi," ucap dia.

Pengumpulan alat bukti, lanjut Ali, kini telah dilakukan di antaranya dengan melakukan penelusuran berbagai aset dengan melibatkan peran aktif dari unit Aset Tracing pada Direktorat Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi KPK.

"Penerapan TPPU sejalan dengan komitmen KPK untuk memaksimalkan penyitaan dan perampasan sebagai asset recovery hasil korupsi," Ali menandaskan.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami kepemilikan aset mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo, ayah Mario Dandy Satrio.

Pendalaman aset dilakukan saat tim penyidik memeriksa Notaris PPAT Fransiscus Xaverius Arsin sebagai saksi pada Kamis, 4 Mei 2023. Fransiscus dimintai keterangan seputar kasus dugaan penerimaan gratifikasi dalam pengurusan perpajakan di DJP Kemenkeu.

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait beberapa kepemilikan aset dari Tersangka RAT (Rafael Alun Trisambodo)," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Sabtu 6 Mei 2023.


KPK Terus Selidiki

Di hari yang sama tim penyidik juga memeriksa Rafael Alun sebagai tersangka. Tim penyidik masih mendalami kepemilikan aset oleh Rafael selama menjadi pejabat di DJP Kemenkeu.

"Tim penyidik juga memeriksa Tersangka RAT dan kembali dikonfirmasi antara lain terkait dugaan kepemilikan harta benda dalam kedudukannya sebagai salah satu pejabat di Ditjen Pajak," kata Ali.

KPK menyebut penyidikan kasus mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo mulai mengarah ke dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Kami pendalaman saat ini terhadap saksi-saksi yang kami panggil adalah mengarah kepada tindak pidana pencucian uang," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu 3 Mei 2023.

Ali belum bersedia membeberkan detail soal indikasi TPPU dalam penyidikan kasus Rafael Alun, ayah dari Mario Dandy Satriyo itu. Namun demikian, salah satu unsur TPPU adalah menyembunyikan, menyamarkan, dan membelanjakan hasil kejahatan.

Ali memastikan penyidikan kasus Rafael Alun tidak berhenti pada dugaan penerimaan gratifikasi.

"Kami pastikan KPK tidak berhenti sampai di situ. Kami pasti akan nanti lari pada proses berikutnya yaitu TPPU. Namun demikian pasti kami akan sampaikan kepada teman-teman ketika sudah fix alat bukti yang kami temukan, proses-proses administrasi dari penyidikan," kata Ali.


Rafael Alun dan Istri Dicekal ke Luar Negeri

Dalam kasus ini KPK sudah mencegah ke luar negeri keluarga Rafael Alun. Mereka yang dicegah yakni Ernie Meike Torondek yang merupakan istri Rafael, kemudian Gangsar Sulaksono selaku adik Rafael, dan dua anak Rafael bernama Angelina Embun Prasasya dan Christofer Dhyaksa Darma.

Tak hanya keluarga Rafael, KPK juga mencegah Kepala Kantor Pajak Madya Jakarta Timur Wahono Saputro. Jadi total KPK mencegah lima orang dalam kasus ini.

"Saat ini KPK telah mengajukan tindakan cegah agar tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terhadap 5 orang yang diduga memiliki keterkaitan dengan proses penyidikan perkara Tersangka RAT (Rafael)," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat 14 April 2023.

Ali mengatakan, pengajuan pencekalan sudah dilakukan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham. Pencekalan ke luar negeri berlaku untuk enam bulan ke depan sampai dengan September 2023 dan dapat diajukan perpanjangan yang kedua sesuai kebutuhan penyidik.

"Para pihak yang dicegah diharapkan kooperatif hadir dan jujur menyampaikan seluruh hal yang diketahuinya terkait dugaan perbuatan penerimaan gratifikasi dari Tersangka RAT," kata Ali.

Sebelumnya, mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia diduga menerima USD90 ribu atau sekitar Rp1,3 miliar melalui perusahaan konsultan pajak miliknya.

Ketua KPK Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri mengatakan, kasus ini bermula saat Rafael diangkat menjadi Kepala Bidang Pemeriksaan, Penyidikan, dan Penagihan Pajak pada Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jawa Timur I pada 2011.

"Dengan jabatannya tersebut diduga RAT (Rafael Alun) menerima gratifikasi dari beberapa wajib pajak atas pengondisian berbagai temuan pemeriksaan perpajakannya," ujar Firli dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (3/4/2023).

Firli mengatakan, Rafael juga diduga memiliki beberapa usaha yang satu diantaranya PT Artha Mega Ekadhana (PT AME) yang bergerak dalam bidang jasa konsultansi terkait pembukuan dan perpajakan.

Firli mengatakan, pihak yang menggunakan jasa PT AME adalah para wajib pajak yang diduga memiliki permasalahan pajak. Menurut Firli setiap kali wajib pajak mengalami kendala dan permasalahan dalam proses penyelesaian pajaknya, Rafael diduga aktif merekomendasikan PT AME.

"Sebagai bukti permulaan awal, tim penyidik menemukan adanya aliran uang gratifikasi yang diterima RAT sejumlah sekitar US$ 90 ribu yang penerimaannya melalui PT AME dan saat ini pendalaman dan penelurusan terus dilakukan," kata Firli.

Atas perbuatannya, Rafael disangka melanggar Pasal 12B UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Jadi Pewaris Takhta Urutan ke-5

Raja Charles III Sah Dinobatkan Jadi Raja Inggris, Pangeran Harry Jadi Pewaris Takhta Urutan ke Berapa?

Liputan6.com 2023-05-10 12:28:30
Raja Charles III, Ratu Camilla, dan Pangeran Harry pada 2005. (James Vellacott, Pool Photo via AP, File)

Raja Charles III resmi menjadi pemimpin di Kerajaan Inggris usai menjalani proses penobatan pada Sabtu, 6 Mei 2023 di London.

Selain itu, penobatan tersebut mengangkat Camilla sebagai Ratu Inggris selanjutnya. Pengangkatan Charles menjadi raja dilakukan usai setahun kematian Ratu Elizabeth II.

Kini, nama Pangeran William ada di giliran selanjutnya dalam takhta pewaris Kerajaan Inggris. Lantas, ada dimana posisi Pangeran Harry?

Posisi Pangeran Harry bukan dibawah saudaranya Pangeran William. Harry ada di urutan berikutnya setelah Pangeran George dan dua saudara lainnya. Berikut urutan pewaris takhta Kerajaan Inggris:

Garis suksesi mengalami perombakan yang signifikan tahun lalu setelah meninggalnya Ratu Elizabeth II pada usia 96 tahun. Ia digantikan oleh putra sulungnya Raja Charles III yang memerintah bersama sang istri Camilla. Pergeseran resmi ditandai dengan penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023.

Ratu Elizabeth II adalah pemimpin kerajaan Inggris yang paling lama memerintah di dunia, merayakan tonggak bersejarah dengan memimpin selama 70 tahun pada Juni 2022. Ia menjadi ratu pada 6 Februari 1952 setelah kematian ayahnya Raja George VI, mengikuti garis suksesi kerajaan. Ratu Elizabeth II tutup usia pada 8 September 2022.

Berdasarkan laman the Royal Family, garis suksesi kerajaan Inggris diatur tidak hanya melalui keturunan, tetapi juga oleh undang-undang parlemen. Secara resmi didefinisikan sebagai urutan anggota keluarga kerajaan dalam urutan garis keturuna.

Undang-Undang the Succession to the Crown Act berubah pada 2013, ketika Catherine mengandung anak pertamanya Pangeran George. Undang-Undang tersebut menggantikan preferensi anak sulung yang berarti anak tertua, tanpa memandang jenis kelamin dapat naik takhta.


Raja ke-40 dan Menjadi Kepala Negara dari 14 Negara Persemakmuran

Raja Charles III menjadi raja ke-40, ia juga akan menjadi kepala negara dari 14 negara Persemakmuran.

Mahkota emas Raja Charles II pada tahun 1661 yang dihiasi 444 batu berharga akan dikenakan Raja Charles III di hari penobatannya.

Orang-orang dari seluruh dunia mengunjungi ibu kota Inggris untuk menyaksikan secara langsung acara bersejarah tersebut.

Berbagai bentuk perayaan, baik dari masyarakat sipil, komunitas, bahkan perusahaan, dilaksanakan untuk meriahkan momen bersejarah tersebut.

Dalam rangka memperingati hari penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla, Kedutaan Besar Inggris Jakarta mengadakan acara tertutup bagi komunitas masyarakat Inggris dan Persemakmuran di hari yang sama, Sabtu, 6 Mei.

Banser Siap Kawal Sidang Mario Dandy

Tersangka Penganiaya David Ozora, Mario Dandy dan Shane Lukas Segera Disidangkan, GP Ansor DKI Siapkan Banser untuk Mengawal

Liputan6.com 2023-05-10 13:35:24
Ekspresi tersangka Mario Dandy Satriyo saat menjalani rekonstruksi penganiayaan David Ozora di Perumahan Green Permata, Jakarta, Jumat (10/3/2023). Rekonstruksi ini digelar untuk mencocokk

Tersangka penganiaya David Ozora, Mario Dandy dan Shane tak lama lagi akan segera disidangkan. Namun belum dipastikan waktu persidangan Mario Dandy akan digelar.

Menurut Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta, bahwa waktu penyidikan kasus Mario Dandy dan Shane Lukas sudah P20. Jika sudah dalam tahap P21 tanggal sidang pun bakal ditentukan.

Pihak David Ozora, juga siap mengikuti jalannya persidangan Mario Dandy dan Shane.

Ternyata bukan hanya David Ozora dan keluarga saja yang siap mengawal persidangan tapi juga GP Ansor DKI. Seperti diketahui, Jonathan Latuhamina merupakan pengurus di Tim Cyber PP Pengurus Pusat (PP) GP Ansor.


GP Ansor DKI Siapkan Personel Banser

Kuasa hukum David Ozora, Mellisa Anggraini, melalui akun Twitter nya, Selasa (9/5/2023), menjelaskan bahwa GP Ansor akan mengerahkan para personelnya pada saat sidang tersangka Mario Dandy dan Shane digelar.

"Ansor DKI Telah Mempersiapkan Personil Banser Untuk Mengawal Persidangan Mario Dandy dan Shane," cuitnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Jonathan Latumahina Batasi Unggahan Konten David Ozora

Sementara itu, Jonathan Latumahina, ayah David Ozora mengumumkan bahwa pihaknya akan membatasi posting tentang putranya. Bukan tanpa alasan ia melakukan hal tersebut.

Jonathan Latumahina tak mau, konten-konten David Ozora justru menjadi bahan di persidangan Mario Dandy dan Shane.

"Memang sedang membatasi share kegiatan david, mohon maap bapak emak onlen.

Karena bentar lagi sidang pelaku, supaya konten2nya gak dijadikan bahan mereka pas sidang. Mereka bukan orang2 polos seperti jenengan semua ," tulisnya di Instagram pribadinya, Selasa (9/5/2023).


Mario Dandy Dilaporkan Kasus Dugaan Pencabulan oleh AG

AG yang lebih dulu divonis hukuman pidana 3 tahun 6 bulan, baru saja melaporkan sang kekasih, Mario Dandy dengan kasus dugaan pencabulan. Laporan ini sempat dua kali ditolak Polda Metro Jaya.

Tak putus asa, untuk ketiga kalinya, kuasa hukum AG kembali melaporkan Mario Dandy dan akhirnya diterima.

"Semuanya kami buka kemarin, termasuk dengan bukti-bukti yang sama yang sudah kami sampaikan kemarin. Intinya laporan kami sudah diterima," ungkap Mangatta Toding, dilansir kanal YouTube KompasTV, Senin (8/5/2023).

Ke Gunung, Sengaja Nyewa Paparazzi?

Meghan Markle Tertangkap Kamera Lagi Mendaki Sehari Setelah Penobatan Raja Charles III, Sengaja Nyewa Paparazzi?

Liputan6.com 2023-05-10 10:00:02
Potret Meghan Markle Hiking Sehari Setelah Penobatan Raja Charles III, Tidak Ditemani Pangeran Harry. (Foto: Backgrid)

Istri tercinta Pangeran Harry, Meghan Markle tertangkap kamera sedang mendaki bersama teman-temannya satu hari setelah penobatan Raja Charles III, tepatnya pada Minggu, 7 Mei 2023.

Diketahui, ibu dari Archie dan Lilibet satu ini mendaki di area dekat rumahnya di Montecito, California. Meghan Markle menggunakan atasan dan bawahan berwarna hitam, dengan jaket berwarna khaki yang diikatkan pada pinggangnya.

Meghan Markle juga memadupadankan topi krem bertepi lebar, syal merah, dan kacamata hitam besar sebagai perlengkapannya untuk mendaki.

Momen itu merupakan pertama kalinya Meghan Markle terlihat di depan umum setelah penobatan Raja Charles III.

Foto-foto Meghan Markle mendaki pun tersebar luas di internet dari berbagai sudut. Mulai dari yang tampak melihat ke kamera, sedikit menunduk sambil tersenyum, hingga menggenggam handphone.

Sebelumnya, kehadiran Pangeran Harry dalam upacara penobatan Raja Charles III memang sempat dipertanyakan. Ternyata, Pangeran Harry tetap hadir. Hanya saja tidak ditemani Meghan Markle, Archie, maupun Lilibet.

Meghan Markle telah mengenal teman yang mendaki bersamanya Markus Anderson dan Heather Dorak sejak beberapa tahun lalu, seperti dikutip dari laman DailyMail, Selasa 9 Mei 2023.

Markus Anderson memegang posisi senior di klub anggota pribadi Soho House dan mengenal Meghan Markle sejak dirinya berada di Toronto, Kanada untuk syuting sebuah acara televisi.

Sedangkan Heather adalah instruktur pilates dan yoga istri Pangeran Harry tersebut selama beberapa tahun. Markus dan Heater sama-sama sering tampil di media sosial Meghan Markle sebelum ia menutup akunnya.


Meghan Markle Istri Pangeran Harry Rayakan Ulang Tahun Archie

Dikabarkan, Meghan Markle disebut-sebut tidak datang dalam acara penobatan mertuanya Raja Charles III karena bertepatan dengan hari ulang tahun Archie.

Meghan Markle sendiri merayakan ulang tahun Archie yang keempat di rumahnya pada Sabtu, 6 Mei 2023.

Menurut keterangan sumber dekatnya, Meghan Markle membuatkan kue lemon untuk Archie dari buah-buahan yang ada di taman.

Usai acara penobatan Raja Charles III, Pangeran Harry juga langsung bergegas pulang dan tidak mengikuti makan siang di Istana Buckingham. Keputusan itu nampaknya diambil karena Pangeran Harry ingin menghabiskan waktu bersama putranya yang tengah merayakan ulang tahun.

Di sisi lain, Raja Charles III sempat mengangkat gelas untuk bersulang pada hari ulang tahun Archie sebagai bentuk penghormatan kepada cucu laki-laki yang hampir tidak pernah dilihatnya.


Raja Charles III Emosional Sebut Cucu-Cucunya

Terlepas dari perselisihan yang sedang berlangsung antara Pangeran Harry dengannya, Raja Charles III nampak emosional. Ia berusaha menyebutkan cucu-cucunya yang hadir dan tidak pada hari besarnya.

Momen pedih itu datang saat pertemuan keluarga pribadi di istana setelah penobatan yang berlangsung di Westminster Abbey dan penampilannya di balkon bersama Ratu Camilla.

Dapat dipahami bahwa undangan telah disampaikan dengan sopan kepada Pangeran Harry untuk bergabung dalam makan siang bersejarah itu. Tetapi ia telah memutuskan untuk kembali ke California merayakan hari besar Archie.


Pangeran Harry Tak Ada di Foto Resmi

Di sisi lain, foto-foto resmi usai penobatan Raja Charles III telah beredar. Dalam foto itu, tidak ada kehadiran Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Pakar kerajaan Richard Fitzwilliams hanya menyebut bahwa absennya kehadiran anggota keluarga pada foto itu sudah diketahui jelas alasannya.

"Untuk mereka yang absen (dalam foto), semua orang tahu alasannya," kata Richard merespons ketidakhadiran Pangeran Harry dalam foto keluarga terbaru.

Viral Guru Muda Bongkar Pungli

Viral Guru Muda Berani Laporkan Pungli di Pemkab Pangandaran, Dikepung 12 Orang dan Diancam Pemecatan

Liputan6.com 2023-05-10 12:14:16
Viral Guru Muda Laporkan Dugaan Pungli di Kabupaten Pangandaran, Diancam hingga Berujung Resign. (Sumber: Instagram @husein_ar).

Cerita Husein Ali Rafsanjani dalam mengejar mimpinya tengah menjadi sorotan warganet. Guru muda ini memilih resign dari pekerjaannya usai berani membongkar dugaan pungutan liar (pungli) di Pemkab Pangandaran.

"Kalau bukan karena pernah jadi PNS di Kabupaten Pangandaran, saya gak akan pernah tahu," ujar Husein menyertakan tangkapan layar berisi laporannya soal anggaran bermasalah dikutip melalui video yang diunggah melalui akun @husein_arpada Rabu 10 Mei 2023.

"Setelah saya melaporkan mereka dengan bukti yang valid, jawaban mereka adalah mengancam pemecatan kepada pelapor, bukan menjawab laporan sang pelapor," Husein menambahkan. Video yang dibuat Husein viral kemudian di media sosial.

Husein mengungkapkan bahwa mulanya masalah berawal saat dirinya dimintai biaya transportasi untuk Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar) 2020 ke Bandung sebesar Rp270 ribu. Ada pula syarat ikut atau tidaknya, peserta tetap wajib membayar.

Tak berhenti di sana, Husein menyebut ada pula pungli selanjutnya saat Lastar tersebut berlangsung. Padahal, gajinya saat itu masih belum dibayarkan selama tiga bulan.

"Sebagai CPNS yang tergolong muda, saya merasa terus diancam sampai saya dianggap tidak sehat rohani. Padahal, di kota kelahiran saya di Bandung, saya cukup banyak mendapat compliment (pujian) atas kinerja saya. Bahkan saya bisa merangkul semua murid saya dengan cukup baik," kata Husein.

"Tapi sekarang mimpi saya sebagai tenaga pendidik sepertinya harus saya urungkan karena saya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai PNS karena saya merasa tidak aman dan tidak nyaman bekerja di Kabupaten Pangandaran," dia menambahkan.


Alasan Guru Muda Husein Ali Rafsanjani Berani Resign dan Speak Up

Dalam video berbeda, Husein menyebut bahwa ada alasan kuat mengapa dirinya berani untuk mengundurkan diri dan akhirnya memilih membocorkan dugaan pungli itu di media sosial.

"Kenapa saya bisa berani speak up? Kenapa saya bisa berani untuk mengundurkan diri? Awalnya itu waktu Latsar 2020 setelah kita menerima surat tugas dengan detail anggaran yang sudah dibiayakan oleh negara, tiba-tiba H- seminggu, kita disuruh bayar uang transport," ujar Husein.

"Yang bikin jengkelnya tuh ikut enggak ikut sama rombongan, kalau saya kan naik motor dari Pangandaran ke Bandung, ada juga kan orang yang gak bisa ikut karena lagi hamil atau lagi sakit, itu juga disuruh bayar," dia menjelaskan.

Husein, menambahkan, dirinya mau tak mau membayar biaya transportasi itu. Selanjutnya, dia malah dimintai lagi uang sebesar Rp350 ribu.

"Walaupun under sejuta, bagi beberapa orang mungkin bukan seberapa. Tapi bagi kita ini agak berpengaruh. Apalagi waktu itu tuh kita gaji selama tiga bulan belum dibayar, benar-benar belum dibayar lagi, dirapel katanya," kata Husein.


Husein Sang Guru Muda Tunjukkan Bukti Uangnya di Rekening

Lebih lanjut Husein mengungkapkan bahwa saat dimintai uang Rp350 ribu, dirinya merasa keberatan. Sebab, kala itu, uangnya sendiri sudah menipis.

"Jadi berat banget aja gitu. Sampai saya tuh, sampai yang nagih itu saya bilang 'Saya enggak ada uang banget'. Saya kasih screenshot isi rekening saya, enggak ada, di lima ratus ribu saja enggak ada di rekening waktu itu. Jadi sayar lapor saja, di lapor.go.id," ujar Husein.

"Saya kasih cantumannya, saya kasih screenshot penagihannya, saya kasih bukti transfernya di situ dengan kata-kata yang baik, dengan kata-kata yang saya pikirkan bersama teman-teman saya," dia menambahkan.

Husein, menambahkan, tak lama setelah laporan itu diketahui pihak Pemkab Pangandaran, pelapor dicari tahu. Merasa dirinya tak mau ada orang lain yang dituduh, Husein mengaku bahwa dirinya yang melaporkan.


Husein Guru Muda Dikepung 12 Orang dan Dapat Ancaman Pemecatan

Alhasil, Husein mengungkapkan dirinya langsung dipanggil ke kantor BKPSDM Pangandaran di Jalan Parigi. Momen itu membuat dirinya dikepung oleh 12 orang.

"Itu tuh suasananya kayak gimana ya, wah, hp disuruh taruh di depan terus suasananya gak enak. Saya dikepung 12 orang, saya di tengah dilingkarin gitu terus ditanya-tanya. Saya bilang, saya keberatan, saya enggak bisa bayar uang yang saya enggak tahu ini uang untuk apa," ujar Husein.

Husein menyebut, dari penjelasan orang-orang di sana, uang itu digunakan untuk penanganan COVID-19. Saat dimintai surat perpindahan dana tersebut, Husein menyebut mereka beralasan lagi uangnya tidak ada.

"Ada kali saya enam jam di kantor disidang, disuruh nurunin, diancam dipecat. Nah ini diancam dipecat juga lucu sih, katanya 'Kamu kalau laporan ini gak diturunkan, bisa dipecat karena bisa dianggap merusak nama baik instansi'. Saya bilang dengan polosnya, ya sudah saya minta surat pemecatannya hari ini juga," kata Husein.

Rusuh Usai Penangkapan Imran Khan

Pakistan Chaos Pasca Penangkapan Imran Khan, 43 Orang Ditangkap di Islamabad

Liputan6.com 2023-05-10 15:00:36
Imran Khan, pemimpin partai Pakistan, Tehreek-e-Insaf Justice Party (PTI) dan digadang-gadang sebagai calon perdana menteri baru Pakistan (Anjum Naveed / AP PHOTO)

Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan (72) diperkirakan akan muncul di hadapan hakim pada Rabu (10/5/2023) atas berbagai tuduhan korupsi, kurang dari 24 jam setelah dia ditangkap secara dramatis oleh pasukan paramiliter.

Pendukung Khan dan polisi anti huru-hara telah berkumpul di luar markas besar kepolisian, di mana polisi mengatakan sidang terhadap Khan akan berlangsung sebagai upaya menjauhkannya dari publik. Pengacara Khan, Faisal Chaudhry, mengaku kepada CNN bahwa dia belum melakukan kontak dengan kliennya.

Dalam pernyataan yang direkam sebelum penangkapannya dan dirilis di Youtube oleh Partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) yang dipimpinnya, Khan mengatakan dia "ditahan atas tuduhan yang salah". Dia juga menuturkan kepada para pendukungnya, "Waktunya telah tiba bagi Anda semua untuk datang dan memperjuangkan hak-hak Anda."

"Saya selalu menaati hukum. Saya ditangkap sehingga tidak bisa mengikuti jalan politik saya..." katanya dalam video tersebut.

Ratusan pendukung Khan kemudian menanggapi seruannya untuk turun ke jalan dan bentrokan dengan militer pun pecah di beberapa kota.

Pendukung Khan yang bersenjatakan tongkat menyerbu markas militer di Kota Rawalpindi. Sekelompok lainnya memblokir salah satu jalan raya utama ke Islamabad, melempar batu dan merobohkan rambu-rambu jalan. Sebuah kendaraan polisi dibakar, mengakibatkan polisi membalas dengan gas air mata.

Sementara itu, menurut laporan CNN yang dilansir Rabu, di Quetta, seorang pendukung Khan tewas ditembak oleh polisi.

Dalam upaya mengatasi kekacauan, pihak berwenang memblokir layanan internet, sementara itu menurut Asosiasi Sekolah Swasta seluruh sekolah swasta diperintahkan tutup pada Rabu.

"Setidaknya 43 pengunjuk rasa ditangkap di Islamabad pada Selasa," kata polisi.


Krisis Politik dan Ekonomi

Khan digulingkan melalui mosi tidak percaya tahun lalu dan sejak itu dia memimpin kampanye populer melawan pemerintah saat ini yang dipimpin oleh Perdana Menteri Shehbaz Sharif. Khan menuduhnya berkolusi dengan militer untuk menggulingkannya dari jabatan.

Mantan bintang pemain kriket yang berubah menjadi politikus populis itu menyangkal semua tuduhan yang dilontarkan kepadanya. Sebaliknya, dia menuduh Sharif dan militer memainkan permainan politik. Militer dan Sharif --yang berada di Inggris setelah menghadiri penobatan Raja Charles III-- menyangkal tuduhan Khan.

November lalu, Khan selamat dari penembakan di rapat umum politik, yang disebut partainya sebagai upaya pembunuhan.

Dan pada Maret, kekacauan meletus di luar rumah Khan di Lahore setelah ratusan pendukungnya menantang polisi dan pasukan paramiliter yang datang untuk menangkapnya. Petugas terpaksa menghentikan operasi setelah protes berubah menjadi kekerasan, salah satu dari beberapa upaya polisi yang gagal untuk menangkap Khan.

Berbagai opini Khan dinilai telah menyentuh hati populasi muda di negara di mana perasaan anti-kemapanan biasa terjadi, ditambah krisis biaya hidup yang meningkat karena inflasi yang melonjak membuat barang-barang biasa semakin tidak terjangkau.

Di tengah krisis, pemerintah sejauh ini gagal mencapai kesepakatan dengan Dana Moneter Internasional untuk memulai kembali program pinjaman US$ 6,5 miliar yang terhenti sejak November.

Pergolakan politik disebut telah meningkatkan popularitas Khan. Tahun lalu, PTI berhasil memenangkan pemilihan lokal di Provinsi Punjab yang paling padat penduduknya di negara itu, fenomena yang dipandang sebagai pijakan bagi pemilu nasional.

Pecel Masuk 50 Salad Terbaik Dunia

5 Makanan Indonesia Masuk Daftar 50 Salad Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas, Pecel sampai Gado-Gado

Liputan6.com 2023-05-10 07:02:00
Pecel Mboto Warung Wajib Dikunjungi Ketika ke Sukoharjo (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Deretan makanan Indonesia kembali menjadi sorotan dunia. Kali ini, sajian berbahan dasar sayuran hingga buah seperti pecel masuk daftar 50 salad terbaik di dunia versi TasteAtlas.

Dikutip dari TasteAtlas, Selasa, 9 Mei 2023, daftar yang diperbarui pada 24 April 2023 tersebut menampilkan jajaran salad dari berbagai negara. Dari 50 salad, setidaknya ada lima makanan Indonesia dalam daftar ini.

Ada pecel dari Jawa Timur yang duduk di posisi ke-17 dengan penilaian 4,3 dari 5 bintang. TasteAtlas menulis pecel sebagai sajian dengan bumbu kacang yang harum atau perpaduan antara sambal dan aneka sayuran, biasa disebut sebagai salad.

"Dasar sausnya dibuat menggunakan kacang panggang dan rempah-rempah yang biasanya meliputi cabai, gula aren, bawang putih, air asam jawa, terasi, daun jeruk purut, garam, dan kencur," tulis laman tersebut.

TasteAtlas menambahkan bahwa pecel disajikan dengan saus perpaduan rasa manis dan pedas yang khas. Saat disajikan dengan nasi, hidangan ini dinamai nasi pecel.

Berlanjut dengan gado-gado yang menempati posisi ke-23 dalam daftar 50 salad terbaik di dunia versi TasteAtlas. Sajian ini mendapat 4,2 dari 5 bintang.

"Gado-gado adalah salad campur versi Indonesia. Biasanya terdiri dari aneka sayuran, telur, tempe, dan tahu. Sayurannya biasanya direbus sebentar, dilumuri saus pedas, lalu dilengkapi tambahan kerupuk udang yang renyah," bunyi keterangan itu.

TasteAtlas juga menulis, "Hidangan ini benar-benar mewakili jajanan kaki lima Indonesia, dan telah hadir dalam budaya Indonesia sejak abad ke-16."


Rujak Cingur hingga Karedok

Kemudian, ada rujak cingur berada di posisi ke-37. Sajian khas Surabaya ini mendapat 4 dari 5 bintang.

"Rujak cingur adalah salah satu dari banyak versi rujak Indonesia, salad buah yang terdiri dari buah-buahan tropis yang berbeda, biasanya disajikan dengan bumbu pedas dan manis. Rujak cingur adalah jenis yang unik, karena selain buah-buahan, rujak cingur juga mengandung sayuran dan bahan langka - moncong binatang," tulis TasteAtlas.

Laman tersebut melanjutkan, "Secara tradisional, moncong daging sapi atau kerbau digunakan dalam rujak cingur, sedangkan buah dan sayuran disajikan dalam keadaan direbus atau mentah. Hidangan ini dirangkai dan ditutup dengan saus pedas Indonesia dalam jumlah banyak yang dibuat dengan terasi, kacang tanah, gula, dan cabai."

Lalu, ada karedok di posisi ke-48 dalam daftar ini. Makanan khas Sunda ini mendapat 3,9 dari 5 bintang.

TasteAtlas menulis karedok adalah versi salad sayuran tradisional Indonesia. Hidangan sederhana dan sehat ini membutuhkan bahan segar dan mentah yang diiris dan disajikan dengan saus kacang tradisional.

"Sayuran yang paling umum di karedok termasuk ketimun, kol, kacang hijau, kemangi Thailand, tauge, dan terong, namun sayuran lain juga bisa digunakan," jelasnya.


Asinan

TasteAtlas juga menulis, "Sausnya dibuat dengan menggiling kacang goreng bersama garam, gula aren, dan cabai. Rasa kuahnya bisa disesuaikan dengan bahan lain seperti terasi atau bawang putih. Karena penggunaan bumbu kacang, karedok sering disandingkan dengan makanan khas Indonesia lainnya, gado-gado, namun tetap dibedakan dengan penggunaan bahan mentahnya saja."

Terakhir, asinan berada di posisi ke-50 dengan 3,9 dari 5 bintang. Nama asinan mengacu pada salad tradisional Indonesia yang dibuat dengan acar buah atau sayuran.

"Varietas buah dipercaya berasal dari Jakarta dan varietas sayuran berasal dari kota Bogor. Hidangan ini dikembangkan di bawah berbagai pengaruh budaya, dan merupakan perwakilan sejati dari warisan multikultural Indonesia," jelas laman itu.

Asinan adalah jajanan kaki lima khas di Indonesia, dan biasanya dijual oleh pedagang kaki lima atau di tempat makan lokal. Namun, asinan juga merupakan hidangan umum di banyak restoran tradisional Indonesia.

"Meskipun asinan dapat dibuat dengan buah atau sayuran apa saja, kol dan mentimun adalah bahan yang paling umum," lanjut laman itu.


Daftar 50 Salad Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas

Peluang Banding Teddy Minahasa

HEADLINE: Vonis Penjara Seumur Hidup Teddy Minahasa, Pintu Masuk Usut Polisi Nakal di Kasus Narkoba?

Liputan6.com 2023-05-11 00:30:39
Terdakwa kasus dugaan peredaran narkoba jenis sabu-sabu Irjen Pol Teddy Minahasa seusai mengikuti sidang pembacaan vonis yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (9/5/2023) sia

Inspektur Jenderal Teddy Minahasa divonis penjara seumur hidup. Putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat ini lebih ringan dari tuntutan jaksa yang meminta mantan Kapolda Sumatera Barat itu dihukum mati atas perbuatannya mengedarkan narkotika.

Teddy Minahasa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah terlibat dalam peredaran narkotika jenis sabu, sebagaimana dakwaan jaksa penuntut umum.

Meski lolos dari hukuman mati, Teddy masih tidak terima. Dia menggunakan hak hukumnya dengan mengajukan banding atas putusan hakim.

Lalu, seberapa besar peluang Teddy Minahasa lepas dari hukuman penjara seumur hidup di tingkat banding?

"Mengenai banding, kami serahkan kepada pihak JPU ataupun pihak kuasa hukum terdakwa," ujar Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid kepada Liputan6.com, Rabu (9/5/2023).

Usman menghormati putusan majelis hakim yang mengganjar hukuman penjara seumur hidup kepada Teddy Minahasa.

Menurut Usman, vonis yang diterima Teddy merupakan hukuman terberat dari perbuatan pelaku kejahatan. Sehingga, sudah tidak ada lagi hukuman yang lebih dari penjara seumur hidup.

"Pada intinya, Amnesty International tidak menolak penghukuman terhadap pelaku tindak kejahatan," kata Usman.

Namun, kata Usman, apa pun jenis kejahatannya, apa pun latar belakang identitas pelakunya, bentuk hukuman kepada mereka harus bebas dari segala bentuk penyiksaan dan perlakuan buruk lainnya. Begitu juga dengan penghukuman yang kejam, tidak manusiawi dan merendahkan derajat dan martabat manusia.

"Bagi kami, selain tidak manusiawi, pemberian hukuman mati juga bukan solusi untuk memberikan efek jera dalam kasus narkotika," ucap Usman tegas.

Usman kemudian memberikan contoh pernyataan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen. Pol. Petrus Reinhard Golose pada Februari 2022.

Ketika itu, Petrus menyatakan bahwa prevalensi pengguna narkotika di Indonesia mengalami peningkatan pada tahun 2021 menjadi 3,66 juta, sedangkan tahun 2019 sebanyak 3,41 juta.

"Hal ini menunjukkan bahwa asumsi (hukuman mati) menimbulkan efek jera, setidaknya untuk kasus narkotika, menjadi tidak terbukti," kata Usman.

Senada disampaikan Direktur Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) Erasmus Abraham Todo Napitupulu. Menurut Erasmus, vonis penjara seumur hidup yang diberikan kepada Teddy merupakan hukuman terberat yang pantas diterima pelaku kejahatan.

"Dari sisi ICJR, karena kami menolak hukuman mati dan tuntutannya adalah hukuman mati, kami dalam posisi tidak apresiasi (tuntutan jaksa). Dalam posisi pengadilan mau berikan hukuman tertinggi, ya hukuman seumur hidup sudah pas. Jangan lah pidana mati," ujar Erasmus kepada Liputan6.com.

Erasmus mengaku tidak heran dengan kasus narkoba yang menjerat Irjen Teddy Minahasa. Dia justru melihat, dalam kasus narkoba Teddy Minahasa ini ada persoalan lain yang jauh lebih serius dan harus segera ditangani.

"Yang kayak Pak Teddy Minahasa ini jangan-jangan banyak. Itu satu yang perlu dibongkar," ucap Erasmus.

"Coba cari kasus serupa, banyak. Kasus di mana aparat penegak hukum terlibat peredaran narkotika. Bukan hal yang mengherankan. Sampai sekarang kita enggak tahu bagaimana langkah pemerintah bereskan itu, langkah Kapolri," tuturnya.

Saat ini, pengawasan di internal sendiri sangat lemah. Sehingga, banyak oknum polisi yang bermain-main dengan narkoba.

"Betapa power yang besar di kepolisian enggak punya pengawasan. Jadi poinnya adalah kasus ini bukan sesuatu yang sangat mengherankan. Kita enggak kaget, kecewa pasti. Kita sedih melihat bagaimana sistem berjalan, tapi kita enggak ada yang kaget. Teman-teman sudah lama tahu bahwa permasalahan terbesar kita itu di institusi (Polri)," ujar Erasmus.

Kembali ke vonis Teddy Minahasa, bagi Erasmus, sudah tepat kalau hakim memberikan hukuman penjara seumur hidup.

"Kalau hakim mau menjatuhkan pidana paling tinggi, yang paling tepat seumur hidup. Itu menurut kami," kata Erasmus.


Pakar Hukum Pidana Nilai Teddy Minahasa Layak Dihukum Mati

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti, Azmi Syahputra, menilai Irjen Teddy Minahasa sangat layak dihukum mati. Menurut Azmi, jika saja hakim teliti dalam melihat fakta-fakta dan juga perbuatan Teddy yang dikategorikan sebagai kejahatan sistematis dan ditemukan banyak perbuatannya sebagai pemberat, maka sangat layak jenderal bintang dua itu divonis mati.

"Sayang sekali hakim kurang cermat dalam memerhatikan aspek-aspek karakteristik dan kasuistik dalam perkara ini terkait putusannya. Ini harus jadi poin penting bagi hakim, mengingat TM berpangkat jenderal, pimpinan penegakan hukum tertinggi di wilayahnya sebagai Kapolda Sumatera Barat, mengorbankan orang lain termasuk anak buahnya, perintahnya dilakukan dengan sengaja," ujar Azmi kepada Liputan6.com.

Ironisnya lagi, lanjut Azmi, kewenangan Teddy sebagai pejabat kepolisian yang sedang menjalankan tugas dijadikan modus, termasuk disalahgunakan untuk bertransaksi narkoba. Perbuatan Teddy nyata mencoreng nama baik instiusi kepolisian.

VIDEO: Sambo hingga Teddy Minahasa Mencoreng Citra Polisi, Saatnya Polri Berbenah Diri

"Sehingga dengan melihat segala aspek tersebut bahwa perbuatan pelaku adalah bentuk nyata kejahatan yang sistemik, maka dalam hukum pidana penangulangan kejahatan yang bersifat sistematik harus dikenakan hukuman mati. Kejahatan yang sudah sistemik dapat dimusnahkan dengan hukuman mati (asas crimina morte extinguuntur)," jelas Azmi.

Atas dasar itu, menurut Azmi, keputusan hakim ini akan menjadi preseden kurang baik dalam perkara narkoba di kemudian hari yang melibatkan pimpinan penegak hukum.

"Karena putusan ini kurang bermanfaat, tidak dapat dijadikan barometer di kemudian hari jika seorang pimpinan pejabat tinggi hukum terlibat transaksi narkoba yang sistematis hukumannnya juga masih bisa diterapkan tidak maksimal oleh hakim," kata Azmi.

Terkait upaya banding yang dilakukan Teddy, Azmi menilai, itu hak hukum bagi setiap terdakwa yang belum menerima putusan pengadilan negeri.

Namun, apa hasilnya, semua ada di tangan majelis hakim pengadilan tinggi. Semuanya terbuka, pengadilan tinggi dapat saja menguatkan atau mengubah putusan pengadilan negeri.

"Kuncinya, jika hakim pengadilan banding menemukan ada kelalaian dalam penerapan hukum acara atau kekeliruan, atau ada yang kurang lengkap dalam pemeriksaan pengadilan negeri, pilihannya dua, menguatkan atau mengubah," ujar Azmi.


Kejahatan Teddy Minahasa Lebih Bahaya Ketimbang Ferdy Sambo

Kekecewaan atas vonis seumur hidup Irjen Teddy Minahasa juga dirasakan warganet. Menurut mereka, vonis seumur hidup yang diberikan hakim sangat tidak sesuai mengingat peran Teddy Minahasa yang dianggap sebagai bandar tingkat atas.

"Bayangin, bandar yang kedapatan punya di bawah 100 kg aja dihukum mati, lah ini ngelepasin ton-tonan sabu malah cuma seumur hidup," kata pemilik akun @vik***.

Lebih lanjut, pengguna dengan akun @6zh*** mengatakan vonis ini lucu. Apalagi Teddy Minahasa telah mencuri barang bukti dari kepolisian yang jumlahnya cukup banyak, tapi vonisnya hanya penjara seumur hidup. Seharusnya dihukum mati.

"Lucu banget, padahal dia bandar tingkat atas curi barbuk dari kepolisian yang jumlahnya berton-ton, masa seumur hidup, sedangkan bandar yang lain dihukum mati, duit emang sakti," kicau pemilik akun tersebut.

Pengguna dengan akun @asn*** mengatakan, karena kasus ini kurang viral, hukumannya jadi kurang maksimal.

Sementara, pengguna dengan akun @ran*** menyebut, hukuman seumur hidup mungkin saja membuat Teddy Minahasa bertaubat. "Bisa aja dia tobat sebelum mati kan? Gak ada yang tau di akhirat gimana," katanya.

Lalu, pengguna Twitter lainnya menyebut kejahatan yang dilakukan Teddy Minahasa lebih berbahaya daripada yang dilakukan Ferdy Sambo.

"Kejahatan teddy ini lebih bahaya dari pada sambo......kok bisa cuman se umur hidup...dg alasan meringankan belum pernah di tahan dan banyak prestasi...sambo juga kan banyak prestasi..anehh," kicau pemilik akun @mr_f***.

Diketahui, mantan Kadiv Propam Polri itu divonis mati karena menjadi otak pembunuhan terhadap anak buahnya sendiri, Brigadir Joshua. Ferdy Sambo membuat skenario seakan-akan Brigadir J tewas karena aksi saling tembak dengan anak buahnya yang lain, Bharada Rizhard Eliezer.

Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta telah menggelar sidang putusan banding terhadap terdakwa Ferdy Sambo, Rabu 12 April 2023. Dalam putusannya, sidang yang diketuai Hakim Singgih Budi Prakoso dan beranggotakan empat orang ini menolak banding Ferdy Sambo.

Artinya, Ferdy Sambo tetap dihukum mati atas kasus pembunuhan berencana terhadap ajudannya, Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Kini tinggal satu langkah lagi bagi Ferdy Sambo untuk menggunakan jalur hukum agar vonis mati yang diterima dapat berubah. Suami dari Putri Candrawathi itu bisa menempuhnya melalui pengajuan kasasi di Mahkamah Agung (MA). HEADLINE: Pengadilan Tinggi Tolak Banding Ferdy Sambo Cs, Bagaimana Peluang Menang Kasasi di MA?


Teddy Minahasa akan Berjuang Cari Keringanan Hukuman

Kuasa hukum Teddy Minahasa, Hotman Paris, memastikan akan mengajukan banding atas vonis penjara seumur hidup kepada kliennya dalam kasus peredaran narkoba.

Putusan vonis penjara seumur hidup terhadap Irjen Teddy Minahasa itu dibacakan langsung oleh ketua majelis hakim Jon Sarman Saragih di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (9/5/2023).

"Setelah sidang putusan vonis tadi menyatakan Teddy Minahasa dituntut penjara seumur hidup, Teddy meminta untuk ajukan banding," ujar Hotman saat ditemui pers usai sidang vonis.

Pengacara nyentrik itu berjanji akan terus berupaya mencari keringanan hukuman bagi kliennya hingga ke level kasasi bahkan jika dibutuhkan PK alias peninjauan kembali.

"Kita tegas tidak akan berhenti sampai di sini. Masih ada banding, kasasi dan PK nantinya," kata Hotman.

Vonis hakim terhadap Teddy Minahasa lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum. Jaksa menuntut jenderal bintang dua tersebut dengan pidana hukuman mati. Teddy diyakini jaksa bersalah melakukan tindak pidana peredaran narkotika jenis sabu.

Irjen Teddy Minahasa dianggap melanggar Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika Jo Pasal 55 ayat (1) ke- 1 KUHP.

"Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan secara tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, menjadi perantara dalam jual beli, menukar dan menyerahkan Narkotika Golongan I bukan tanaman, yang beratnya lebih dari 5 (lima) gram."

Dalam duduk perkaranya, Teddy turut memberikan perintah kepada bawahannya, eks Kapolres Buktitinggi, AKBP Dody Prawiranegara untuk menyisihkan sabu-sabu sebanyak 10 kilogram dari hasil pengungkapan kasus narkoba. Namun setelahnya, Dody hanya mampu menyisihkan 5 kilogram saja.

Usai disisihkan, Dody diperintah untuk menjual barang haram itu kepada seorang kenalan atasannya Linda Pujiastuti alias Anita dengan harga yang sudah di sepakati. Alhasil, Dody pun membawa sabu-sabu itu dari Bukittinggi ke Jakarta ditemani oleh Syamsul Ma'arif untuk melakukan transaksi dengan Linda.

Jual beli barang haram itu pun terhendus oleh pihak kepolisian dengan menyasar penangkapan mulai dari Linda hingga akhirnya menyeret jenderal bintang dua, Teddy Minahasa.

Eks Kapolda Sumbar tersebut didakwa bersama-sama melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan secara tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, menjadi perantara dalam jual beli, menukar dan menyerahkan narkotika jenis sabu-sabu.