KPK Akan Panggil Windy Idol

KPK Bakal Panggil Windy Idol, Diduga Terlibat Kasus Dugaan Suap Penanganan Perkara di MA

Liputan6.com 2023-05-11 13:22:22
Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat, Windy Yunita Ghemary atau biasa dikenal Windy Idol punya kesibukan baru. (Andy Masela/Bintang.com)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami keterlibatan sejumlah pihak dalam kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA). Salah satu pihak yang akan didalami KPK yakni penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Windy Yunita Ghemary alias Windy Idol.

Dalam kasus ini KPK sudah menjerat dua tersangka baru, yakni Sekretaris MA Hasbi Hasan dan Komisaris Wika Beton DTY.

"Terkait dengan beberapa orang di dalam perkaranya, saudara HH (Hasbi Hasan) dan DTY, ini tadi ada disebutkan seseorang perempuan, ya (Windy Idol), semua orang, siapa pun itu yang memang kami atau para penyidik kira memiliki pengetahuan terkait masalah-masalah tipikor tentu akan kita panggil," ujar Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu dalam keterangannya, Kamis (11/5/2023).

Asep mengatakan, pemanggilan Windy Idol untuk melihat sejauh mana keterlibatan Windy dengan Hasbi Hasan dan Komisaris Wika Beton DTY.

"Akan kita panggil, dan akan kita mintai keterangan. Jadi tidak ada misalkan karena dia siapa atau apa pun itu diabaikan," Asep memungkasi.


Dalami Hubungan

Sebelumnya, KPK menyatakan bakal mendalami hubungan penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Windy Yunita Ghemary alias Windy Idol dengan Sekrataris Mahkamah Agung (Sekma) Hasbi Hasan dalam kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

"Sejauh ini hanya hubungan kedekatan (Windy Idol dan Hasbi Hasan), dan sedang kita dalami," ujar Plt Deputi Penindakan Asep Guntur Rahayu dalam keterangannya, Kamis (11/5/20223).

Asep belum bersedia menjelaskan lebih lanjut. Namun Asep memastikan kedekatan antara Windy Idol dan Hasbi Hasan yang tengah didalami pihaknya berkaitan dengan dugaan tindak pidana korupsi.

"Tentunya kan ini hubungannya terkait dengan tindak pidana korupsi," kata dia.


Dicegah Keluar Negeri

Windy Idol merupakan salah satu saksi yang dicegah ke luar negeri dalam kasus dugaan suap penangana perkara di MA ini. Windy dicegah ke luar negeri bersama Komisaris PT Wika Beton.

Windy Idol dan DTY dicegah ke luar negeri selama enam bulan sejak 12 Januari 2023 hingga 12 Juli 2023. Tak hanya Windy Idol dan Komisaris PT Wijaya Karya (Wika) Beton yang dicegah ke luar negeri dalam perkara ini. Hasbi Hasan juga termasuk pihak yang dicegah ke luar negeri.

KPK menetapkan dua tersangka baru kasus dugaan suap penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA). Dua tersangka baru itu yakni Sekretaris MA Hasbi Hasan dan Komisaris Wika Beton DTY (Dadan Tri Yudianto).

"Benar KPK telah tetapkan dua orang pihak sebagai tersangka yaitu pejabat di MA (Hasbi Hasan) dan seorang swasta (DTY)," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dikutip Kamis (11/5/2023).

Ali belum bersedia merinci kontruksi kasus yang menjerat keduanya. Ali mengatakan, berdasarkan keputusan pimpinan KPK, detail kontruksi kasus akan disampaikan dalam konferensi pers.

Pasalnya, Ali menyebut pihaknya hingga saat ini masih mencari kelengkapan bukti untuk memperkuat sangkaan kepada keduanya.

"Kelengkapan alat bukti menjadi prioritas yang terus dikumpulkan untuk melengkapi bukti permulaan yang telah kami miliki," kata Ali.

Media Inggris Minta Maaf

Media Inggris Minta Maaf pada Pangeran Harry, Akui Sewa Detektif tapi Tak Terima Dituduh Menyadap Telepon

Liputan6.com 2023-05-11 12:02:17
Pangeran Harry dalam penobatan Raja Charles III. (Andy Stenning/Pool photo via AP)

Grup penerbit yang menaungi tabloid Inggris, The Daily Mirror, akhirnya meminta maaf pada Pangeran Harry di hari pertama sidang kasus dugaan penyadapan telepon. Mirror Group Newspaper (MGN) meminta maaf atas pengumpulan informasi yang melanggar hukum dan mengatakan tak akan mengulanginya.

Pengacara Pangeran Harry mengatakan pada pengadilan bahwa dia menjadi sasaran "metode paling mengganggu untuk mendapatkan informasi pribadi." Dalam dokumen pengadilan yang dirilis di awal persidangan, MGN mengakui "bukti adanya instruksi pihak ketiga untuk terlibat dalam UIG (pengumpulan informasi yang melanggar hukum) jenis lain."

Penerbit menambahkan, "MGN tanpa syarat meminta maaf atas semua kasus UIG semacam itu."

Dikutip dari news.com.au, Kamis (11/5/2023), MGN mengakui menggunakan jasa detektif swasta untuk secara tidak sah mengumpulkan informasi tentang sang pangeran yang mengunjungi klub malam Chinawhite pada 2004. Pengacara Harry menuduh para eksekutif di perusahaan mengetahui tentang penyadapan telepon yang meluas, tapi gagal bertindak.

Namun, MGN menyangkal terlibat dalam peretasan telepon. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari pembelaan penerbit terhadap klaim yang diajukan Harry dan individu lain, termasuk ahli waris mendiang penyanyi George Michael, atas dugaan pengumpulan informasi yang melanggar hukum untuk sejumlah publikasi di media-media MGN, yang juga mencakup The Sunday Mirror dan The Sunday People.

Penerbit juga menyangkal keterlibatan apa pun dalam kasus salah satu penggugat, Michael Turner. Dalam sidang sebelumnya diberitahu bahwa kasus Harry mencakup 148 artikel yang diterbitkan antara 1996--2010, termasuk informasi yang diduga diperoleh melalui metode ilegal, seperti peretasan telepon.


Permintaan Maaf Tanpa Syarat

Sidang Pengadilan Tinggi akan berlangsung enam atau tujuh minggu. Pangeran Harry diperkirakan akan memberikan kesaksian pada Juni 2023.

Mewakili penerbit, Andrew Green KC mengatakan permintaan maaf itu tidak dibuat dengan tujuan taktis untuk mengurangi kerugian, tetapi dibuat karena perilaku seperti itu seharusnya tidak pernah terjadi. Persidangan terhadap MGN adalah yang terakhir dari beberapa kasus yang diajukan terhadap tabloid oleh Duke dan Duchess of Sussex selama beberapa tahun terakhir.

Harry juga terlibat dalam tindakan yang terkait dengan dugaan peretasan telepon terhadap dua perusahaan lain, yakni penerbit The Daily Mail, dan penerbit The Sun. Kedua perusahaan menyangkal melakukan kesalahan.

Dilansir dari CNN, Mirror Group Newspapers yang kini dimiliki Reach menyatakan "tanpa syarat meminta maaf dan menerima bahwa (Harry) berhak atas kompensiasi yang sesuai" untuk kasus pengumpulan informasi yang melanggar hukum hampir 20 tahun lalu. Insiden itu melibatkan seorang detektif swasta yang dibayar 75 pound sterling pada 2004 oleh Sunday People, tabloid yang dimiliki grup itu, untuk mengumpulkan informasi tentang Harry saat berada di klub malam di London.


Tuding Pihak Kerajaan Inggris Terlibat

Seiring dengan gugatan hukum kepada penerbit Inggris itu, tudingan baru diluncurkan Pangeran Harry pada Kerajaan Inggris. Melansir People, Rabu, 29 Maret 2023, suami Meghan Markle ini mengajukan pernyataan saksi, mengatakan bahwa ia dibuat mengadopsi kebijakan keluarganya untuk "tidak pernah mengeluh, tidak pernah menjelaskan" ketika berhadapan dengan media.

"Menyusul kematian ibu saya pada 1997 ketika saya berusia 12 tahun dan perlakuannya di tangan pers, saya selalu memiliki hubungan yang tidak nyaman dengan pers," katanya. "Namun, sebagai anggota Institusi (Kerajaan Inggris), kebijakannya adalah 'tidak pernah mengeluh, tidak pernah menjelaskan.'"

"Tidak ada alternatif, saya dikondisikan untuk menerimanya. Sebagian besar, saya menerima ketertarikan untuk menjalankan fungsi publik saya," imbuh ayah dua anak itu. Namun, Pangeran Harry mengatakan, berkencan dengan Meghan membuatnya "semakin bermasalah dengan pendekatan tidak mengambil tindakan terhadap pers setelah serangan ganas yang terus-menerus, pelecehan, dan terkadang artikel rasis tentang Meghan."

Ia menambahkan bahwa "situasinya jadi lebih buruk" dengan kehamilan Meghan dan kelahiran anak pertama mereka, Pangeran Archie, pada Mei 2019. Harry mengatakan, ia menyadari bahwa ia memiliki klaim terhadap News Group Newspapers terkait peretasan telepon yang bisa saja ia permasalahkan pada 2018.


Klaim Harry soal Tuntutan Hukum

Pangeran Harry berkata, "Institusi (Kerajaan Inggris) tanpa ragu menahan informasi dari saya untuk waktu yang lama tentang peretasan telepon NGN dan itu baru jadi jelas dalam beberapa tahun terakhir karena saya telah mengajukan tuntutan saya sendiri dengan nasihat dan perwakilan hukum yang berbeda."

"Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa gelembung itu meledak dalam hal yang saya ketahui pada 2020 ketika saya pindah dari Inggris Raya," sambungnya. Sebagaimana diketahui, Harry dan Meghan pindah ke California tahun itu setelah mundur dari jabatan sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris.

"Sampai hari ini, ada anggota keluarga Kerajaan dan teman-teman saya yang mungkin jadi sasaran NGN dan saya tidak tahu apakah mereka telah atau belum mengajukan tuntutan," lanjutnya. "Tidak pernah ada diskusi terpusat di antara kami tentang siapa yang mengajukan tuntutan karena setiap kantor di Institusi dikucilkan."

Ia melanjutkan, "Ada kesalahpahaman bahwa kami semua terus berkomunikasi satu sama lain, tapi itu tidak benar." Pangeran Harry mengatakan tuntutan hukum itu "bukan hanya tentang saya."

Kejutan di Atas Kapal Pinisi

Kejutan Jokowi Ajak Pemimpin ASEAN Berlayar dengan Pinisi di Labuan Bajo Tuai Pujian dari Presiden Filipina hingga Pangeran Abdul Mateen

Liputan6.com 2023-05-11 11:50:26
Presiden Filipina Bongbong Marcos Jr dan istrinya, Louise Marcos ketika sedang menikmati keindahan Labuan Bajo di atas kapal pinisi bersama para Leaders KTT ke-42 ASEAN 2023. (Tangkapan layar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi mengajak para pemimpin ASEAN beserta pendampingnya menikmati keindahan Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan menaiki kapal pinisi pada Rabu (10/5/2023).

Para pemimpin ASEAN dan pendamping mereka pun tampak antusias karena bisa melepas penat sejenak setelah seharian melakukan pertemuan pada gelaran KTT ke-42 ASEAN 2023 di Hotel Meruorah, Labuan Bajo.

Presiden Filipina Ferdinand R. Marcos Jr., misalnya, mengaku bahwa berlayar dengan pinisi ini merupakan ide yang sangat baik untuk menjernihkan kembali pikiran selepas seharian bekerja.

"Seperti yang dijanjikan oleh Presiden Jokowi adalah kita datang ke kapal dan kita tidak terlalu memikirkan ekonomi dan masalah, keamanan, dan itu benar sekali, itu ide yang sangat bagus untuk menjernihkan pikiran Anda jadi kembali ke bekerja dan menyegarkan," ujar Presiden Marcos Jr seperti dilansir setneg.

"Dan romantis!" tambah Ibu Negara Filipina Louise Aranetta-Marcos.

Lebih lanjut, Presiden Marcos mengatakan, "Indah, pemandangannya indah, jadi kami sangat khawatir karena ketika saatnya tiba bagi kami untuk menjadi tuan rumah ASEAN, kami harus melakukan yang lebih baik dari ini. Indonesia menetapkan standar sangat tinggi, kita harus bersaing."


PM Singapura: Saya Akan Kembali ke Labuan Bajo

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong juga tampak menikmati perjalanan di atas pinisi tersebut. Dia sangat senang dapat menyaksikan matahari terbenam sambil berlayar.

"Oh rasanya sangat menyenangkan, sejauh ini sangat tenang, sangat mulus, kami menantikan untuk melihat matahari terbenam. Saya sangat senang kita bisa melihat matahari (terbenam), saya pikir itu cukup spektakuler," ujar PM Lee.

PM Lee menuturkan bahwa ini merupakan kali pertamanya mengunjungi NTT. Dia mengaku telah melihat foto keindahan NTT, tapi ketika melihatnya secara langsung ternyata lebih baik.

Pemimpin Singapura itu pun mengatakan akan kembali mengunjungi NTT untuk menyelam maupun melihat komodo.

"Saya pikir akan ada banyak turis yang ingin datang juga, terutama dengan hotel-hotel baru yang akan buka," kata dia.

Ternyata, tidak hanya PM Lee yang menikmati hingga berencana untuk kembali ke Labuan Bajo, Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam yang turut berlayar bersama kepala negara ASEAN juga mengaku sangat menikmati perjalanan dengan pinisi Lako Di'a tersebut.

"Kami senang dan ini pertama kalinya kami di Labuan Bajo, jadi kami senang berada di kapal ini melihat sisi berbeda dari KTT ASEAN. Ya sangat bagus, sangat santai terutama setelah pertemuan yang panjang," ujar Pangeran Abdul Mateen.

"Saya tahu Bali sangat terkenal, tetapi Labuan Bajo tidak setenar Bali. Saya pikir KTT ASEAN ini akan menarik lebih banyak orang untuk datang," tambahnya.


Kejutan dari Jokowi bagi Para Pemimpin ASEAN

Pinisi berwarna dasar putih yang dinaiki para kepala negara ASEAN memiliki nama Ayana Lako Di'a atau dalam bahasa masyarakat Manggarai, suku asli di Labuan Bajo, artinya "semoga selamat di perjalanan".

Berukuran panjang 54 meter dan mulai dioperasikan oleh Ayana Komodo Resort pada Mei 2019, pinisi Lako Di'a telah bersandar di dermaga Marina Waterfront Labuan Bajo, yang diresmikan Presiden Jokowi pada 22 Juli 2022, sejak Rabu pagi.

Menikmati suasana laut pesisir Kota Labuan Bajo di sore hari sambil menyaksikan matahari terbenam dari pinisi merupakan kejutan yang disiapkan oleh Presiden Jokowi untuk menghormati para pemimpin ASEAN.

"Inilah momentum yang sangat baik kita adakan KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo untuk mempromosikan Labuan Bajo. Supaya semua tahu di Indonesia ada yang namanya Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur," kata Presiden Jokowi usai mendarat di Bandar Udara Komodo, Minggu (7/5).

Berkebaya Saat Jadi Dosen Pembimbing

Gaya Dian Sastrowardoyo Saat Mengajar Jadi Dosen Pembimbing, Pilih Berkain dan Berkebaya

Liputan6.com 2023-05-11 16:00:00
Gaya Dian Sastrowardoyo saat mengajar jadi dosen. (Dok: Instagram @fikriramadhandi)

Dian Satrowardoyo terkenal sebagai sosok aktris yang tak hanya cantik, juga berprestasi di bidang akademik. Ia sempat mengambil jurusan Ilmu Filsafat di Universitas Indonesia (UI), kemudian lulus Magister Manajemen untuk Program Studi S2 di kampus yang sama pada 2014 dengan predikat cum laude.

Kesuksesan perempuan yang memiliki nama lengkap Diandra Paramitha Sastrowardoyo itu dalam karier sebagai artis, sutradara dan produser bisa dilihat dari karya-karyanya yang selama ini dinikmati masyarakat. Awalnya Dian masuk ke dunia modeling lewat pemilihan wajah sampul di sebuah majalah, tapi kariernya makin bersinar setelah bermain di film Ada Apa dengan Cinta? bersama Nicholas Saputra.

Istri dari Maulana Indraguna Sutowo ini juga menjadi produser di film Guru-Guru Gokil yang tayang di Netflix, bahkan Dian menjadi penulis skenario dan sutradara di film Quarantine Tales untuk segmen Nougat. Tak berhenti dengan kariernya di dunia film, Dian baru-baru ini kembali tampil mengajar menjadi dosen pembimbing di kampusnya dulu.

Bukan hanya cara mengajarnya yang terlihat profesional, lebih menarik lagi tentang gaya Dian Satrowardoyo yang serius tapi tetap terkesan. Berikut gaya Dian Sastro saat menjadi dosen yang dirangkum Liputan6.com pada Kamis (11/5/2023).

Di gaya yang pertama tampak Dian Sastro memakai tunik panjang bermotif dengan detail kancing di depan. Atasan itu ia padukan bersama celana jins longgar yang digulung ujungnya.

Sepatu sporty yang dipakainya menambah kesan kasual, tampak Dian merasa nyaman. Apalagi ia justru tak begitu terlihat sebagai dosen justru mahasiswa yang sedang kuliah lantaran ikut membawa ransel di pundaknya. Ditambah tatanan rambutnya yang dikuncir ke belakang dengan kacamata.


2. Kebaya Kutu Baru dengan Jins

Di penampilan lainnya sempat terlihat Dian mengenakan atasan kebaya kutu baru yang dipadukan bersama jins yang lagi-lagi digulung bagian ujungnya. Kali itu rambut panjangnya digerai begitu saja dan tanpa kacamata.

Sesekali terlihat Dian tengah berinteraksi dengan para mahasiswanya yang bertanya, lalu ia kembali ke mejanya. Meski mengenakan kebaya, tapi ibu dua anak ini tetap memakai paduan sepatu kets yang memberi kesan nyaman.

Di tayangan video yang beredar Dian tampak dikerumuni mahasiswanya usai mengajar. Mereka meminta berfoto dan merekam video. Dian dengan sabar terlihat menanggapi permintaan itu.

Salah seorang mahasiswa di kelasnya ikut mengunggah video Dian Sastro saat mengajar. Mahasiswa bernama Fikri Ramadhandi membagikan pengalamannya bimbingan dengan aktris tersebut di akun TikTok @fikrigansbat.

"Gw bingung mana Dian Sastro ya taunya yg pke baju putih, Mak kirain itu mahasiswi," tulis warganet.

"Malah lebih cocok jadi mahasiswanya daripada jadi dosen, soalnya gemesh banget," kata yang lain.


3. Atasan Kemeja dengan Rok Batik

Selanjutnya Dian juga terlihat mengenakan atasan kemeja putih yang dipadukan bersama rok batik berwarna dominasi cokelat. Ia masih memadukannya bersama sepatu non-formal, lalu rambutnya kembali dikuncir ke belakang dan memakai kacamata.

Di papan kelas terlihat juara pertama Gadis Sampul 1996 itu sedang membahas materi tentang "Pengantar Film 2". Dian juga tengah sibuk membacakan materi dari buku yang sedang dipegangnya, sambil serius menerangkan ke mahasiswanya.

Di video lainnya yang dibagikan Fikri Ramadhani warganet kembali ikut berkomentar perihal gaya Dian saat mengajar. "Gw bingung mana Dian Sastro ya taunya yg pke baju putih, Mak kirain itu mahasiswi," tulis warganet.

Ada pula yang menyebutkan bahwa Dian terlihat seperti dosen-dosen yang serius dalam memberi nilai, "Mba Disas muka dosen yg ngasi nilai ga becanda."

"Justru dosen kaya Dian ini yg suka nyecer pas sidang wkwkwk vibesnya mirip dosen penguji gw soalnya, kalem santai tapi pas sidang ditanya terus," sebut yang lainnya.


Bukan Kali Pertama Mengajar

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, 22 November 2023, beberapa potret kasual saat mengajar, Dian mengungkapkan materi yang diajarkan pada mahasiswa bimbingannya. Di unggahan tersebut, bintang film 'Sri Asih' itu tampak serius mengajar di tengah-tengah kelas yang dipenuhi mahasiswa.

"Membahas dasar-dasar Story Structure, premis film, Central Dramatic Question, dan LTG (Long Term Goal) dalam sebuah karakter, dasar-dasar bahasa visual dan mise en scne," tulis Dian Sastrowardoyo di keterangan foto Instagram pribadinya.

Dirinya saat itu mengenakan kemeja putih, rok batik warna merah, dan sneakers dengan rambut yang diikat serta kacamata. Tentunya, riasan wajahnya juga sederhana.

Dian juga tampak segar dan natural menggunakan makeup tipis dengan lipstik merah. Tak hanya mengajar, pemain film 'Kartini' juga menyemangati mahasiswa bimbingannya supaya lebih semangat mengerjakan tugas.

"Aku tahu kalian lebih pintar dan lebih kreatif dari kalian pikir! Kalian hanya belum tahu saja," tuturnya.

Jalur Gaza Membara

Jalur Gaza Memanas, Israel dan Kelompok Militan Palestina Saling Serang

Liputan6.com 2023-05-11 08:16:43
Pejabat Israel mengatakan lebih dari 400 roket telah ditembakkan pada Rabu malam. (AP Photo/Fatima Shbair)

Tentara Israel dan kelompok militan Palestina baku tembak lintas perbatasan pada Rabu (10/5/2023), dengan ratusan roket diluncurkan dari Jalur Gaza ke Israel. Peristiwa itu terjadi setelah Pasukan Pertahanan Israel (IDF) melancarkan serangan yang menewaskan tiga komandan Jihad Islam dan sejumlah warga Palestina lainnya, termasuk anak-anak.

"Israel telah membombardir operasi dan dan infrastruktur Jihad Islam, menggunakan drone untuk memantau persiapan militan untuk meluncurkan roket," ungkap juru bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari seperti dilansir CNN, Rabu.

Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza menyebutkan bahwa setidaknya enam warga Palestina tewas dalam serangan udara pada Rabu, merevisi hitungan sebelumnya.

Menurut IDF, hampir 500 roket ditembakkan dari Jalur Gaza ke Israel dalam serangan terbaru. Dari jumlah itu, 153 di antaranya berhasil dicegat oleh pertahanan rudal Israel, sementara 107 lainnya gagal dengan mendarat di Jalur Gaza.

IDF menambahkan bahwa jet tempur dan helikopternya menargetkan lebih dari 40 peluncur roket dan mortir milik Jihad Islam di Jalur Gaza serta terus membidik peluncur lain dan pos tambahan kelompok itu.

Warga sipil di Israel telah diminta bertindak sesuai instruksi khusus yang diunggah di Portal Darurat Nasional.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan pejabat tinggi lainnya pada Rabu meremehkan soal gencatan senjata dengan Jihad Islam.

"Serangan belum berakhir," kata Netanyahu.

Ketua Dewan Keamanan Nasional Israel Tzachi Hanegbi menegaskan bahwa desas-desus tentang gencatan senjata prematur, sementara Menteri Pertahanan Yoav Gallant memberikan nada yang sedikit lebih optimistis, dengan mengatakan "Saya harap kami akan segera mengakhirinya, tetapi kami siap untuk opsi bahwa itu akan diperpanjang."

Lebih dari setengah juta orang Israel berada di dalam atau di dekat tempat penampungan, kata juru bicara IDF Hagari, tepat setelah pukul 14.00 waktu setempat pada Rabu.


Seruan untuk Menahan Diri

Para pemimpin internasional telah mengutuk aksi saling serang tersebut. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak semua pihak melakukan "pengekangan maksimum" atas meningkatnya kekerasan di Jalur Gaza.

"Sekretaris Jenderal mengutuk hilangnya nyawa warga sipil, termasuk anak-anak dan perempuan, yang menurutnya tidak dapat diterima dan harus segera dihentikan," sebut Farhan Haq, wakil juru bicara sekjen PBB, pada Rabu.

"Israel harus mematuhi kewajibannya di bawah hukum humaniter internasional, termasuk penggunaan kekuatan secara proporsional dan mengambil semua tindakan pencegahan yang layak untuk menyelamatkan warga sipil dan objek sipil dalam melakukan operasi militer."

Di lain sisi, sekjen PBB juga mengutuk "peluncuran sembarangan" roket dari Jalur Gaza ke Israel, menambahkan bahwa tindakan itu "melanggar hukum kemanusiaan internasional dan membahayakan warga sipil Palestina dan Israel."

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar Majed Al-Ansari dalam pernyataan pada Rabu mengatakan bahwa pihaknya telah terlibat dalam seruan intensif dan terus menerus untuk menghentikan agresi brutal Israel di Jalur Gaza demi menghindari lebih banyak kerugian.

Sementara itu, XtraNews yang berafiliasi dengan negara Mesir mengatakan ada upaya intensif untuk mencapai gencatan senjata di Jalur Gaza. Laporan itu mengutip sumber-sumber Mesir, tanpa mengklarifikasi pihak mana yang telah dikomunikasikan. Namun, laporan tersebut dimuat di situs online surat kabar pemerintah, Al Ahram.

Pesona Pangeran Abdul Mateen

Pesona Pangeran Abdul Mateen Saat Dampingi Sultan Brunei Darussalam Hadiri KTT ke-42 ASEAN 2023 Kembali Curi Perhatian Netizen Indonesia

Liputan6.com 2023-05-11 08:10:20
Pangeran Abdul Mateen mendampingi ayahnya, Sultan Hassanal Bolkiah dalam menghadiri KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tengara Timur (NTT). (Liputan6.com/ Benedikta Miranti)

Bukan kabar baru bahwa pesona Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam mencuri perhatian warganet Indonesia. Pangeran berusia 31 tahun itu tercatat telah beberapa kali mendampingi sang ayah, Sultan Hassanal Bolkiah, melakukan kunjungan resmi ke Indonesia.

Teranyar, dia menemani Sultan Hassanal Bolkiah menghadiri KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 10-11 Mei 2023. Keduanya mendarat di Bandara Komodo pada Rabu.

Setibanya di lokasi utama KTT ASEAN 2023, Hotel Meruorah, keduanya disambut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pangeran Abdul Mateen sendiri terpantau terlibat dalam pertemuan tertutup para pemimpin ASEAN.

Anak ke-10 sultan Brunei Darussalam yang juga merupakan atlet polo ini kerap mengunggah momen-momen lawatan resminya bersama sang ayah di media sosial Instagram. Dan seperti yang sudah-sudah, unggahan tentang keberadaannya di Indonesia pun banjir komentar netizen, khususnya kaum Hawa.

Sebut saja seperti pengguna Instagram dengan nama akun @adindaluckita yang menulis, "Ternyata kita dibawah langit yang sama."

Pemilik akun @sherinvalomie menulis, "Ayang sorry gabisa nemenin, salam buat papa ya."

Pengguna Instagram dengan nama akun @tanakbar37 tidak ketinggalan berkomentar, "AYANGGG aku udah masakin semur dan jengkol baldo buat makan kita nanti malam yaaa."

"Setidaknya menghirup udara di bawah langit yang sama," tulis pemilik akun Instagram @ikaaaaa47_

Pemilik akun @ajeng8lestari bahkan tidak segan mengundang Pangeran Abdul Mateen ke rumahnya, "Sini mampir ke rumahku di Bogor Aa Mateen, ntar dibikinin seblak."

"Gantengnya pacarku," kata pemilik akun @deandash_

Pengguna akun Instagram @ibu.mpuss menulis, "Welcome to my country, my prince."

Pemilik akun Instagram @pwulannn_ mengundang Pangeran Abdul Mateen untuk makan pempek, "Welcome beb, mampir Palembang makan pempek "

"Ayanggg kita sedekat ini tapi tak bisa berjumpa " tulis pemilik akun Instagram @ellda.yosef

Pengguna Instagram dengan akun @dwiani_safitri berkomentar dengan mengatakan, "Semakin yakin kalau kita berjodoh....:)"


Sultan Brunei Darussalam Pilih Menginap di Bali

Sultan Brunei Darussalam memilih menginap di Nusa Dua, Bali, selama KTT ASEAN 2023. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menjelaskan bahwa hal tersebut bukan karena terpaksa tidak .

"Delegasi negara tersebut yang memang memilih menginapnya di Bali. Tentunya kita hormati. Jadi, bukan karena terpaksa," kata Bey Machmudin, Senin (8/5/2023).

Pemilihan Bali sebagai alternatif penginapan kepala negara lain selain NTT, menurut Bey Machmudin, juga menunjukkan bahwa Indonesia memiliki konektivitas yang baik.

Penyanyi Solo Wanita Paling Ngetop

Profil Tiara Andini, Peraih 'Penyanyi Solo Wanita Paling Ngetop' di SCTV Music Awards 2023

Liputan6.com 2023-05-11 16:11:54
Sedangkan dalam kategori Penyanyi Solo Wanita Paling Ngetop diraih oleh Tiara Andini. Tiara berhasil unggul dari pesaingnya, Lyodra, Mahalini, Yura Yunita, dan Ziva Magnolya. [Instagram/tiara

Penyanyi muda Tiara Andini saat ini baru saja mendapatkan penghargaan Penyanyi Solo Wanita Paling Ngetop di ajang bergengsi SCTV Music Awards 2023. Acara yang berlangsung pada Selasa (09/05/2023) malam ini menjadi momen yang membahagiakan bagi Tiara dan juga para penggemarnya.

"Selamat untuk Tiara Andini berhasil membawa pulang piala dengan kategori "Penyanyi Solo Wanita Paling Ngetop"" tulis @sctv

Tiara juga mengunggah momen bahagianya tersebut di media sosial Instagramnya dengan caption untuk para penggemarnya. Dalam foto tersebut terlihat Tiara mengenakan dress hitam berpadu pink yang membuatnya terlihat sangat anggun.

"Thanks u guys for all your support! Aku janji bakal lebih baik dan akan memberikan banyak hal yang indah kedepannya!" tulis Tiara (@tiaraandini)


Profil Tiara Andini

Tiara Andini atau nama lengkapnya Tiara Anugrah Eka Setyo Andini merupakan penyanyi kelahiran 23 September 2001 asal Jember, Jawa Timur. Ia merupakan anak sulung dari tiga bersaudara dari pasangan Nugraha Ediyono Deddy dan Sari Yoshida Setyoasri.

Sejak kecil Tiara memang sudah tertarik dengan musik karena ayahnya seorang penata musik dan ibunya seorang penyanyi. Ia juga sudah mengikuti les vokal sejak dibangku Sekolah Dasar.

Tidak hanya itu dahulu Tiara juga mendalami bidang pemodelan dan sejak kecil bergabung dalam Jember Fashion Carnaval. Bahkan pada tahun 2018 ia terpilih menjadi peraga busana purwarupa dari Jember Fashion Carnaval dengan tema Korea Selatan untuk penutupan Asian Games 2018.

Adapun dalam karier bernyanyinya Tiara semakin dikenal publik setelah mengikuti kontes Indonesian Idol musim 10. Ia mendapatkan titanium tiket dari salah satu juri yaitu Judika dan membawanya hingga lolos babak final di Indonesian Idol.

Sejak saat itu Tiara pun menjadi penyanyi dengan lagu-lagunya yang sering menjadi hits di Indonesia. Bahkan pada awal kariernya ia mendapatkan penghargaan "Pendatang Baru Terbaik-Terbaik" dari ajang Anugerah Musik Indonesia.

Pakai Jam Tangan Putri Diana Saat Hiking

Ramai-Ramai Nyaleg, Bagaimana Eks Napi Koruptor?

HEADLINE: Ramai-Ramai Daftar Bakal Caleg ke KPU, Bagaimana Eks Napi Koruptor?

Liputan6.com 2023-05-12 00:01:52
Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah petinggi Partai Nasdem berkumpul di Ballroom Nasdem Tower, Jalan RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023). Nasi tumpeng yang dihiasi ragam sajian lainnya menjadi menu hidangan dalam perjamuan tersebut.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh memotong nasi tumpeng usai doa dipanjatkan. Selain dihadiri pengurus DPP, juga disaksikan oleh 38 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dari 38 provinsi melalui daring.

Doa dan pemotongan tumpeng bersama ini dilakukan tepat sebelum Partai Nasdem menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem Surya Paloh memberikan arahan sebelum berkas pendaftaran resmi diantar ke KPU pukul 11.00 WIB. Surya Paloh menyampaikan pada Pemilu 2024 ini partainya melakukan upaya yang lebih keras belajar dari pengalaman pada Pemilu tahun-tahun sebelumnya.

"InsyaAllah saudara-saudara semuanya di samping seluruh upaya dan kerja keras, strategi yang kita angkat jauh lebih baik belajar daripada kekurangan, kesalahan pada masa-masa yang pernah kita lalui, dan diiringi doa kita semuanya alam yang akan menyertai kita," kata Surya Paloh.

Sementara itu di jalan menuju kantor KPU, kader dan simpatisan PDI Perjuangan (PDIP) menggelar parade kebudayaan. Mereka berjalan berbaris panjang dengan membawa lambang Pancasila.

Lambang Dasar Negara itu dipegang Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Di bagian tengah barisan , Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto yang menjadi pimpinan rombongan arak-arakan tampak menaiki sebuah andong bersama Ketua DPP PDIP yang juga Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah.

Rombongan arak-arakan budaya itu DPP menuju KPU untuk mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) PDIP untuk Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerima secara resmi berkas pendaftaran bakal calon legislatif (caleg) untuk DPR pada Pemilu 2024 dari PDI Perjuangan di Jakarta. Berkas tersebut diterima langsung Ketua KPU Hasyim Asy'ari dari Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Ruang Sidang Utama, Kantor KPU RI.

"Pada hari ini, Kamis, 11 Mei 2023, hadir di sini pimpinan pusat PDI Perjuangan untuk mendaftarkan bakal calon anggota DPR RI," kata Hasyim usai menerima berkas pendaftaran bakal caleg DPR RI dari PDI Perjuangan itu.

KPU kemudian akan memeriksa apakah kategorinya pendaftaran bakal caleg PDI Perjuangan sudah lengkap atau belum. "Nanti, sekiranya setelah diperiksa bersama-sama tim teknis KPU dan tim teknis PDI Perjuangan ada hal-hal yang belum lengkap, masih ada kesempatan melengkapi sampai batas akhir pendaftaran 14 Mei," jelas Hasyim.

KPU telah membuka pendaftaran Caleg DPR dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota mulai 1-14 Mei 2023. Usai 10 hari dibuka, baru PKS dan Hanura yang mendaftarkan kader mereka ke KPU pada Senin (8/5/2023) dan Rabu (10/5/2023).

Menurut Pengamat Pemilu sekaligus Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI) Jeirry Sumampow, wajah-wajah bakal caleg 2024 tak jauh berbeda dengan pemilu sebelumnya. Namun akan banyak sosok yang berpindah antarpartai.

"Umumnya politisi-politisi lama yang dulu sudah pernah nyaleg sekarang, nyaleg lagi, atau sedang menjabat di parlemen di semua parleman, semua tingkatan, kemudian ikut nyaleg lagi. Yang mungkin ada perbedaan itu, terkait dengan calon perempuan, keliatannya akan ada banyak wajah baru. Karena memang ada ajakan cukup besar dari parpol terhadap kader perempuan atau bahkan yang tidak kader ikut menjadi caleg, memeunhi kuota 30 persen perempuan," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (11/5/2023).

Jeirry menambahkan, para caleg itu berasal dari kader partai. Baik mereka yang duduk di struktur kepengurusan maupun kader yang menjabat di daerah.

"Umumnya caleg itu mereka yang sudah bergiat di partai, sedang menjabat, pengurus2 partai yang dulu juga tidak mau sekarang maju,bahkan di antara mereka itu mantan kepala daerah atau yang masih menjabat tapi memilih menjadi caleg," ujar dia.

Jeirry menyoroti terkait aturan mantan napi koruptor yang dibolehkan untuk maju menjadi bakal caleg. Menurut dia, aturan tersebut sudah diputuskan oleh Mahkamah Agung

"Memang aturannya kan begitu ya, dulu juga memang boleh. Aturan yang dulu boleh tapi waktu itu dengan improvisasi dan keberaniannya KPU membuat PKPU tidak membolehkan, lalu berperkara kemudian lewat Bawaslu dikatakan boleh. karena memang di Undang Undang Nomor 7 itu tidak dilarang," kata dia.

"Jadi kalau MA keluarkan seperti itu hanya menguatkan apa yang ada di undang-undang. Nah secara legal boleh. KPU jangan lagi membuat aturan yang bertentangan dengan undang-undang," Jeirry mengimbuhkan.

Namun begitu, dia menilai secara substansial sebaiknya eks napi koruptor tidak diberi hak politik untuk menjadi calon legislatif. Tetapi juga tidak boleh dalam waktu berkepanjangan lantaran dinilai bertentangan dengan HAM.

"Harus ada batasannya, misalnya dalam jangka 10 tahun, setelah itu bisa. Karena kan meskipun mereka mantan napi koruptor, tetap ketika selesai menjalani hukuman hak politiknya mestinya dipulihkan. Karena dalam prinsip HAM, hak politik hanya bisa dicabut oleh pengadilan atau pengaturan undang-undang," ujar dia.

Jeirry menilai aturan eks napi koruptor mengikuti kontestasi Pileg memang tidak bertentangan dengan undang-undang. Namun secara etis, bisa menjadi pertimbangan agar parpol tidak mengajukan mereka untuk didaftarkan ke KPU.

"Sekarang kan dia diperbolehkan, cuma bagi saya, secara etis, baik juga bagi pemilu kita kalau napi koruptor itu tidak boleh serta merta, harus diberi jangka waktu," kata dia.

"Karena korupsi kejahatan berbeda dari lain. Dan praktik korupsi juga itu terjadi berhubungan dengan pemilu, karena mereka dipilih dalam pemilu. Jadi atas dasar argumentasi seperti ini memang sebaiknya eks napi koruptor, perlu istirahat seperti 10 tahun," Jeirry mengimbuhkan.

Jeirry menekankan peran penting dari parpol untuk memilah bakal caleg yang bebas dari masalah. Aturan tersebut, kata dia, sebenarnya bisa dibuat dari internal parpol itu sendiri.

"Kita berharap parpol memperhatikan hal begini, sehingga mantan napi koruptor itu memang meskipun dia kader partai tapi dia boleh beraktivitas di partai. Namun partai bisa istirhatakan dulu lima 10 tahu, baru dicalonkan kembali. Cuman kan partai punya mekanismenya sendiri dan hampir semua partai itu tidak melarang. Partai cenderung melihat undang-undang. Padahal sebetulnya partai bisa buat aturan sendiri terkait ini," terang dia.

Di samping itu, peran serta masyarakat juga penting dilakukan. Publik dapat memberikan masukan terkait nama-nama yang dianggapnya memiliki rekam jejak tak baik.

"Di samping partai politik yang kita harapkan memperhatikan ini, sebaiknya tidak mencantumkan para mantan kpruptor sebagai caleg, tapi juga kita berharap daftar calon sementara yang nanti itu mendapatkan perhatian publik supaya publik memberi masukan kepada parpol terkait dengan nama calon itu," ujar dia.

Cara itu, Jeirry menambahkan, dapat dilakukan setelah KPU memberikan akses kepada masyarakat. Dalam daftar caleg sementara, nama dan profil mereka dapat diakses publik untuk mengidentifikasi secara cermat.

"Mekanisme itu sebenarnya bisa ditempuh setelah daftar caleg sementara diumumkan secara resmi. Memang ada tahapan itu, pengumuman, meminta tanggapan dari masyarakat. Karena selama ini, masukan dari masyarakat itu kecil hampir nggak ada malah. Ini kerepotannya, kan orang tidak peduli sedetail itu. Mengimbau masyarakat untuk mencermati Daftar Calon Sementara dan memberi masukan kepada parpol dan KPU," dia menandaskan.

Sementara itu Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini menekankan agar KPU tidak terlalu lama membuka akses terhadap data dan profil bakal caleg. Sebab bila itu dilakukan, pemilih akan kesulitan mengidentifikasi kandidat.

"Perlu keterbukaan KPU terhadap akses pada data dan profil kandidat. Kalau itu tidak dibuka, pemilih akan kesulitan mengidentifikasi para kandidat. Akhirnya pemilih hanya mengandalkan media yang bisa diakses. Karena itu saya kira beberapa partai mewajibkan petahana yang sedang menjabat kembali mencaleg. Artinya wajah wajah senayan kembali maju berkompentisi di Pemilu 2024," ujar dia kepada Liputan6.com, Kamis (11/5/2023).

"Tentu saja kecendrungannya petahana akan kembali mempertahankan kursinya melalui Pemilu. Sementara sistem proporsional itu partai akan mengajukan lebih dari satu caleg. Artinya akan ada juga tantangan dari kandidat non petahana juga ingin terpilih," dia menambahkan.

Titi mendesak agar KPU segera membuka data para caleg yang diajukan oleh partai sehingga pemilih dan publik itu mengetahui dan mengenali para kandidat. Hal ini dapat membangun interaksi yang lebih programatik. Bukan mengandalkan pencitraan atau pun hal yang sifatnya simbolik.

"KPU jangan terlalu lama untuk mempublikasikan data dan profil para bakal caleg kita. Meskipun memang masih berubah, tapi justru dengan diikuti oleh publik, publik juga bisa ikut suara kritis. Ini untuk menjaga iklim demokrasi ini tetap bekerja, supaya tidak terjadi kesewenang wenangan perlakuan, prosesnya berjalan akuntabel," kata dia.

"Kesempatan yang lebih memadai kepada masyarakat untuk memberikan keputusan yang tepat," Titi menambahkan.

Dia mengungkapkan, keterbukaan KPU juga akan menjadi penyaring bagi caleg-caleg yang bermasalah. Selain itu, lembaga penyelenggaraan pemilu juga akan terbantu dengan kondisi tersebut.

"Ketika publik mampu mengakses profil caleg, publik kan tidak berhenti di situ. Kalau ada caleg yang dianggap atau ditemukan bermasalah, KPU juga kan akan terbantu terutama Bawaslu, karena itu akan kekuatan kontrol yang tidak membuat caleg bermasalah itu bisa lolos dalam pemilu," ucap Titi.

Selain itu, cara itu juga akan membantu pemilih untuk berhati hati menjatuhkan pilihannya. Meskipun mantan terpidana atau napi koruptor boleh maju di pemilu, tapi masyarakat ketika membuat keputusan ditopang oleh pertimbangan pertimbangan yang berdasarkan pada informasi yang memadai.

"Jadi bukan karena keterbatasan informasi atau politik jual beli suara. Mentransformasi pemilu kita menjadi lebih programatik bukan transaksional. Nah tidak mungkin itu dilakukan kalau publik sulit mengakses data dan profil serta riwayat hidup bakal caleg," dia menandaskan.


Ada Bacaleg Partai Nasdem Pindahan dari Partai Lain

Partai NasDem resmi mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) partainya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Nampak, Ketua Koordinator Bappilu Partai NasDem Pranda Surya Paloh yang menghantarkan berkas pendaftaran ke KPU.

Prananda mengatakan secara komposisi partainya berhasil memenuhi kuota calon legislatif perempuan 30 persen. Bahkan, kata dia kuota kepada kader perempuan yang diberikan mencapai 33 persen.

"Hal kedua yang menjadi catatan kami ada catatan yang cukup baik di tengah polemik 30 persen atas perempuan kuota perempuan ini Partai Nasdem sukses memberikan caleg perempuan di atas 30 persen yaitu 33 persen," kata Prananda di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Selain itu, kata dia petahana Partai NasDem masih mendominasi kuota Bacaleg yang didaftarkan untuk pemilihan legislatif (Pileg) 2024 ini.

"Tentu karena ini saya rasa kita ingin jadi partai besar yang tadi saya utarakan, tentu petahana kami yang lebih dominan ya," kata dia.

Kemudian, kata Prananda ada dua Bacaleg pindahan dari partai lain yang ikut didaftarkan pada Pileg 2024. Kendati demikian, menurut Prananda partainya banyak mendaftarkan Bacaleg di bawah usia 45 tahun.

"Tentu juga kami banyak di bawah 45 tahun, tetapi memang yang menjadi dominan di Pemilu ketiga ini di kisaran 55 sampai 60 tahun," ungkapnya.

"Tetapi kami juga sadar akan pentingnya peran pemuda, makanya kami akan menggerakkan ataupun juga memaksimalkan organisasi-organisasi sayap kami Garda Pemuda NasDem untuk terus meraih simpati dari kalangan Pemuda begitu ya," jelas dia.

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Sumatera 2 Willy Aditya menambahkan, politisi berada di posisi terbanyak yang mendaftar sebagai Bacaleg, disusul mantan birokrat, peneliti, hingga akademisi.

"Kalau berbicara komposisi yang paling banyak di nasDem yang pertama politisi yang kedua mantan birokrat karena profesional yang ketiga peneliti dan intelektual doktornya itu sampai 30, 40 orang doktornya, ada profesor dua orang doktornya sampai 50 orang," kata Willy.

Ketua Koordinator Bappilu Partai NasDem, Prananda Surya Paloh menyatakan partainya menargetkan menjadi partai dua besar atau kurang lebih memiliki 100 kursi di DPR RI pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Prananda usai resmi menyerahkan nama bakal calon legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

"Partai NasDem juga seperti teman-teman sudah ketahui, ingin merebut ataupun juga paling tidak menjadi dua besar pada pemilu 2024 ke depan atau kurang lebih dengan target 100 kursi DPR RI," kata Prananda.

Menurut Prananda, pengalaman dua kali pernah ikut Pemilu menjadi batu loncatan penting bagi partainya untuk menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Dia meyakini, NasDem bakal mampu berkembang menjadi parpol lebih besar pada Pemilu 2024.

"Ini adalah batu loncatan yang sangat penting bagi Partai Nasdem karena kami sadar biasanya Pemilu ketiga akan membuat partai kita menjadi partai yang besar atau tetap menjadi partai menengah," jelas dia.

Prananda menjelaskan, Bacaleg yang didaftarkan pada Pemilu ketiga yang diikuti partainya ini, didominasi petahana dengan rentang usia kisaran 55-60 tahun.

"Tentu juga kami banyak di bawah 45 tahun, tetapi memang yang menjadi dominan di Pemilu ketiga ini di kisaran 55 sampai 60 tahun," ucapnya.

Kendati demikian, Prananda menyampaikan parpolnya menyadari betul peran pemuda. Oleh sebab itu, dia menyebut bakal memaksimalkan organisasi-organisasi sayap untuk memperoleh suara anak-anak muda.


PDIP dan Bakal Caleg

PDI Perjuangan (PDIP) mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) tingkat provinsi maupun kabupaten/kota pada Kamis, 11 Mei 2023. Pendaftaran dilakukan secara serentak pada pukul 10.00 WIB.

"Terkait dengan seluruh tahapan-tahapan pemilu yang diikuti secara konsisten oleh PDIP, maka pendaftaran seluruh calon anggota legislatif dari kabupaten, kota provinsi dan tingkat pusat akan dilakukan secara serentak pada tanggal 11 Mei jam 10.00 tepat seluruh Indonesia akan melakukan pendaftaran," jelas Seketaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Senin (8/5/2023).

Menurut dia, PDIP sudah melengkapi seluruh persyaratan atau kelengkapan admnistrasi pendaftaran caleg. Hasto memastikan para caleg dari PDIP sudah dipersiapkan dengan matang untuk kemajuan Indonesia.

"Sebagaimana menjadi ciri dari PDIP seluruh kelengkapan administratif sudah dilakukan dan seluruh calon anggota legislatif sudah dipersiapakan secara matang," ujarnya.

"Karena kemajuan Indonesia Raya ke depan juga akan ditentukan tidak hanya oleh siapa capres, cawapres dengan seluruh jajaran menterinya," sambung Hasto.

Hasto belum mau membeberkan apakah caleg PDIP di Pemilu 2024 akan diisi nama-nama baru atau tidak. Namun, dia menyebut daftar caleg PDIP akan diisi berbagai kalangan seperti, akademisi, budayawan, hingga menteri Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Mengingat seluruh caleg bersama seluruh kepala daerah dan capres merupakan satu kesatuan sehingga nama-nama siapa saja yg akan menjadi vote gatters, nama-nama mana saja yang mewakili dari akademisi, tokoh-tokoh budayawan, menteri dalam kabinet Bapak Presiden Jokowi yang akan dicalonkan oleh PDIP, pakar-pakar yang akan menjadi core yang sangat penting di dalam setiap komisi itu nanti akan diumumkan pada waktu yang tepat," tutur Hasto.

Di antara bakal caleg,nama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, masuk yang didaftarkan PDIP di Pemilu 2024.

"Dari Menteri Kabinet Indonesia Maju, yang berasal dari PDI Perjuangan yang dicalonkan adalah Bapak Yasonna Laoly," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Gedunf KPU RI, Kamis (11/5/2023).

Menurut Hasto kinerja Puan yang baik membuat Puan kembali dicalonkan sebagai caleg 2024.

"Beliau adalah Ketua DPR RI perempuan pertama, sosok yang telah melalui penugasan secara berjenjang. Dan beliau menjadi Ketua DPP Bidang Politik, Menko PMK yang terbukti kepemimpinannya berhasil sebagai Menko PMK termuda, dan juga ketua DPR RI perempuan pertama. Sehingga atas fungsi-fungsinya yang sangat baik tersebut, maka Mbak Puan juga dicalonkan," katanya.

Sementara menteri dari PDIP yang lain menurut Hasto, tidak nyaleg dan akan fokus membantu Jokowi.

Selain itu, ada sejumlah tokoh dan 14 artis yang mendaftar. Yakni Rano Karno, Krisdayanti, Denny Cagur, Lucky Perdana, Once Mekel, dan lain-lain.

"Dari kalangan budayawan, seniman dan artis selain figure incumbent seperti Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Krisdayanti, Harvey Malaihollo, Junico Siahaan, juga bergabung Once Mekel, Marcell Siahaan, Taufik Hidayat Udjo, Denny Cagur, Tamara Geraldine, Sari Yok Koeswoyo, mengingat Koes Plus itu kan spirit nasionalisme patriotismenya luar biasa, Andre Hehanusa, Lucky Perdana," ujarnya.

Ada pula pakar-pakar hukum yang turut bergabung dengan PDIP, salah satunya pengacara Rony Talapessy.