Uang Gratifikasi untuk Beli Aset?

KPK: Rafael Alun Gunakan Uang Gratifikasi untuk Membeli Aset

Liputan6.com 2023-05-12 12:20:56
Rafael Alun didampingi oleh tim kuasa hukum dan penyidik Lembaga Antirasuah. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami pengguaan uang penerimaan gratifikasi perpajakan oleh mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo.

Pendalaman dilakukan saat tim penyidik memeriksa tiga saksi, yakni Direktur Mayapada Hospital Grace Dewi Riady alias Grace Tahir, kemudian Albertus Katu, dan Timothy William T di Gedung KPK pada Kamis, 11 Mei 2023.

Ketiga diperiksa berkaitan dengan dugaan penerimaan gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam pengurusan perpajakan di DJP Kemenkeu dengan tersangka Rafael Alun Trisambodo.

"Ketiga saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait adanya dugaan penggunaan uang RAT (Rafael Alun) yang berasal dari berbagai pihak," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (12/5/2023).

Ali mengatakan, Rafael Alun diduga menggunakan uang hasil penerimaan gratifikasi untuk membeli aset.

"RAT diduga gunakan uang gratitikasi untuk beli aset," kata Ali.

Diberitakan Grace Dewi Riady alias Grace Tahir dipanggil tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kamis, 11 Mei 2023. Anak dari konglomerat Dato Sri Tahir ini diperiksa berkaitan dengan kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo.

Direktur Mayapada Hospital yang juga Komisaris Utama Maha Properti Indonesia itu diselisik soal aliran uang dalam kasus Rafael Alun.

"Terkait dengan pemeriksaan saudari GT (Grace Tahir) ya, itu memang di perkaranya pak RAT (Rafael Alun), jadi kita sedang menelusuri perkara TPPU-nya, jadi terkait dengan masalah aliran dana dan lain-lain, seperti itu," ucap Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi Asep Guntur Rahayu dalam keterangannya, Jumat (12/5/2023).

Namun Asep tak membeberkan lebih jauh soal pemeriksaan Grace Tahir. Namun, Asep memastikan pemanggilan terhadap pewaris Lippo Group itu untuk mendalami TPPU Rafael Alun.

"Saudari GT ini terkait dengan adanya, ini kan masalah TPPU, TPPU itu kan mengalihkan, menempatkan hasil tindak pidana korupsi. Nah ini yang sedang kita dalami, apakah barang, sesuatu yang ada di sana itu hasil tipikor atau bukan, seperti itu," ucap Asep.

Grace Tahir sendiri bungkam usai diperiksa tim penyidik KPK pada Kamis, 11 Mei 2023. Putri kedua dari konglomerat Dato Sri Tahir dan Rosy Riady ini hanya menggelengkan kepala saat keluar dari lobi markas antirasuah. Dia diperiksa selama lebih dari tiga jam di lantai dua ruang pemeriksaan KPK.

Masih belum diketahui kaitan Grace Tahir yang merupakan pewaris Lippo Group dengan perkara Rafael Alun.

Namun dalam kasus ini tim penyidik tak hanya memeriksa Grace Tahir. Ada tiga saksi lain yang juga dijadwalkan diperiksa hari ini, yakni Imam Pamudji (pensiunan), Albertus Katu (swasta), dan Timothy William T (swasta).

"Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Kavling 4, Jakarta Selatan," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (11/5/2023).


Rafael Alun Tersangka Gratifikasi

Sebelumnya, mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi perpajakan di DJP Kemenkeu. KPK juga menjerat Rafael Alun dengan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Terkait graitifikasi, Rafael diduga menerima USD 90 ribu atau sekitar Rp 1,3 miliar melalui perusahaan konsultan pajak miliknya. Kasus ini bermula saat Rafael diangkat menjadi Kepala Bidang Pemeriksaan, Penyidikan, dan Penagihan Pajak pada Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jawa Timur I pada 2011.

"Dengan jabatannya tersebut diduga RAT (Rafael Alun) menerima gratifikasi dari beberapa wajib pajak atas pengondisian berbagai temuan pemeriksaan perpajakannya," ujar Ketua KPK Firli Bahuri dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (3/4/2023).

Firli mengatakan, Rafael juga diduga memiliki beberapa usaha yang satu diantaranya PT Artha Mega Ekadhana (PT AME) yang bergerak dalam bidang jasa konsultansi terkait pembukuan dan perpajakan.

Firli mengatakan, pihak yang menggunakan jasa PT AME adalah para wajib pajak yang diduga memiliki permasalahan pajak. Menurut Firli setiap kali wajib pajak mengalami kendala dan permasalahan dalam proses penyelesaian pajaknya, Rafael diduga aktif merekomendasikan PT AME.

"Sebagai bukti permulaan awal, tim penyidik menemukan adanya aliran uang gratifikasi yang diterima RAT sejumlah sekitar US$ 90 ribu yang penerimaannya melalui PT AME dan saat ini pendalaman dan penelurusan terus dilakukan," kata Firli.

KPK juga tengah mendalami kepemilikan aset mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo.

Pendalaman aset dilakukan saat tim penyidik memeriksa Notaris PPAT Fransiscus Xaverius Arsin sebagai saksi pada Kamis, 4 Mei 2023. Fransiscus dimintai keterangan seputar kasus dugaan penerimaan gratifikasi dalam pengurusan perpajakan di DJP Kemenkeu.

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait beberapa kepemilikan aset dari Tersangka RAT (Rafael)," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Sabtu (6/5/2023).

Di hari yang sama tim penyidik juga memeriksa Rafael Alun sebagai tersangka. Tim penyidik masih mendalami kepemilikan aset oleh Rafael selama menjadi pejabat di DJP kemenkeu.

"Tim penyidik juga memeriksa Tersangka RAT dan kembali dikonfirmasi antara lain terkait dugaan kepemilikan harta benda dalam kedudukannya sebagai salah satu pejabat di Ditjen Pajak," kata Ali.

Pacar Mario Dandy Ajukan Kasasi

AG Pacar Mario Dandy Ajukan Kasasi

Liputan6.com 2023-05-12 10:38:58
AG Pacar Mario Dandy tiba di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2023). (Merdeka.com/Bachtiarudin Alam)

AG (15) pacar Mario Dandy ajukan kasasi ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan permohonan tersebut pun telah diterima pada Rabu, 10 Mei 2023.

"Pernyataan kasasi sudah kami sampaikan kemari ke PN Jaksel. Jam 15.15 WIB di aktanya," kata Mangatta Toding Allo, kuasa hukum AG, saat dikonfirmasi Jumat, (12/5/2023).

"Namun untuk memori kasasi-nya kemungkinan minggu depan atau 2 minggu lagi baru kami masukkan," jelas dia.

Sementara Pejabat Hubungan Masyarakat Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Djuyamto membenarkan upaya kasasi dari mantan kekasih Mario Dandy. Selain AG pihak Jaksa juga telah melakukan upaya kasasi.

"Bahwa sesuai dengan data SIPP PN Jaksel. Pihak AG dan JPU Jaksel sudah ajukan permohonan kasasi terhadap putusan Pengadilan Tinggi DKI pada Rabu tanggal 10 Mei 2023," katanya.

Sebelumnya, Hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memutuskan untuk menolak nota banding yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan kuasa hukum AG atas perkara penganiayaan terhadap Cristalino David Ozora (17).

"Menerima permintaan banding anak dan Penuntut Umum. Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," ujar majelis hakim Budi Hapsari dalam amar putusannya, di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Kamis (27/4).


AG Terbukti Bersalah

Hapsari menyebut AG masih terbukti bersalah dengan membantu Mario (20) yang dimana memuluskan rencana penganiayaan terhadap David yang menyebabkan korban tidak sadarkan diri hingga menerima luka berat.

"Bahwa saksi Mario masih dendam kepada korban namun anak AG memberi jalan bagaimana saksi Mario bisa bertemu dengan dengan David dengan alasan kalau kartu pelajar ada di David dan menyerahkan kartu itu menjadi sarana untuk bertemu dengan anak korban dan saksi Mario sehingga dapat melampiaskan amarahnya," jelas Hapsari.

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka

Buku Kisah Perjalanan BTS

BTS Bikin Buku soal Kisah Perjalanan Grupnya Selama 10 Tahun, Cetakan Perdana Langsung Digas Sejuta Kopi

Liputan6.com 2023-05-12 16:40:00
BTS perform dynamite di Grammy 2021/dok. Twitter BTS_official

Bintang K-Pop BTS, akan merilis buku di Korea Selatan dan Amerika Serikat yang bercerita soal sejarah grup mereka hingga saat ini.

Buku tersebut berjudul Beyond The Story: 10-Years Record of BTS, ditulis oleh jurnalis Myeongseok Kang dan ketujuh anggota grup BTS. Sedangkan untuk edisi AS, buku tersebut diterjemahkan oleh Anton Hur dan bekerja sama dengan Clare Richards dan Slin Jung.

Edisi AS juga akan terdiri dari 544 halaman dan berisikan foto-foto eksklusif dari boy grup tersebut. Kedua versi buku ini akan diterbitkan pada 9 Juli mendatang, yang merupakan tanggal penting bagi BTS, yaitu anniversary dibentuknya fandom penggemar BTS, ARMY.

Ternyata sebelum berita ini dikonfirmasi, telah banyak spekulasi yang dibuat oleh para penggemar. Dilansir dari Soompi, pada Kamis (11/5/2023), penerbit asal AS, Flatiron Books, memberikan pengumuman resmi, "BTS sebenarnya adalah penulis misteri di balik buku yang akan datang, yang telah menimbulkan begitu banyak rumor dan spekulasi."


Isu Penerbitan Buku

Dalam beberapa hari terakhir, tersiar rumor mengenai kemungkinan BTS atau Taylor Swift akan menerbitkan buku, kini telah terjawab. Desas-desus bermula ketika penjual buku di Amerika mengetahui akan ada buku dengan judul yang masih misteri yang dirilis pada 9 Juli 2023, dan buku itu memiliki cetakan awal satu juta kopi.

Para penggemar mencari tahu siapa penulis buku misterius tersebut, dan berspekulasi dengan tanggal penting dalam komunitas BTS, yakni 9 Juli.


Buku Terlaris

Dengan kekuatan fandom penggemar grup yang kuat dan juga solid, ARMY berhasil membuat pra-pemesanan buku yang masih belum terbit tersebut masuk ke dalam daftar buku terlaris di Amazon dan Barnes & Nobel, bahkan tanpa konfirmasi penulis atau judulnya.


ARMY Menunggu

Penggemar sangat antusias dengan kabar penerbitan buku dari boy grup asal Korea Selatan ini, "So Excited."

"Tunggu 1 juta eksemplar cetakan awal? Aku akan membutuhkan dunia penerbitan untuk mengikuti. Seharusnya dimulai dengan minimal 2 juta. IKTR Terlaris Bangtan!!," tulis penggemar yang merasa 1 juta cetakan buku ini tidak akan cukup.

"Baru saja diacak dan dipesan sebelumnya! Sangat gembira!," kata penggemar yang sudah melakukan pra-pemesanan buku BTS ini.

"Aaaahhh mereka lebih baik merilisnya di Inggris juga!!" ujar penggemar lainnya yang ingin buku tersebut rilis di Inggris juga.

Perhiasan Putri Diana untuk Ukraina

Perhiasan Putri Diana yang Dipakai Sebelum Kematian Bakal Dilelang dan Ditaksir Senilai Rp 203 M, Sebagian Dana untuk Ukraina

Liputan6.com 2023-05-11 20:40:11
Putri Diana tiba di Royal Albert Hall, London, untuk pertunjukan gala Swan Lake oleh English National Ballet, 3 Juni 1997. (JOHN STILLWELL/PA/AFP)

Perhiasan yang dikenakan Putri Diana dalam acara resmi terakhir sebelum kematiannya, akan dijual sebagian untuk mengumpulkan dana guna membangun kembali negara Ukraina yang hancur akibat perang dengan Rusia.

Set kalung dan anting-anting mutiara berlian tersebut bisa terjual lebih dari 10 juta (sekitar 185 miliar rupiah), dikutip dari media LBC, Kamis (11/5/2023).

Perhiasan itu dikenakannya saat dia pergi ke malam gala untuk menonton pertunjukkan Swan Lake di Royal Albert Hall pada Juni 1997, hanya beberapa minggu sebelum kecelakaan mobil fatal di Paris.

Kalung itu merupakan pemberian dari Dodi Al-Fayed, pasangan Putri Diana saat itu yang juga tewas dalam kejadian mengenaskan tersebut.

Perhiasan yang dijuluki "Swan Lake Suite" itu dianggap sebagai satu-satunya perhiasan pribadi milik Putri Diana yang dijual.

Kalung itu terbuat dari 178 berlian senilai 51 karat dan lima mutiara Laut Selatan yang serasi. Sementara, anting-antingnya dibuat setelah kematiannya.

"Ini menjadikannya sangat penting," kata Arlan Ettinger, presiden perusahaan yang melelang set perhiasaan tersebut (Guernsey's Auctioneers of New York).

Set perhiasan tersebut sebenernya telah dimiliki oleh keluarga asal Ukraina sejak 2008. Tetapi keuangan mereka 'terpukul karena adanya perang, dan mereka ingin menyumbangkan sebagian hasil uang dari penjualan untuk membangun kembali negaranya.

Guernsey's Auctioneers of New York menilai permata sebelum penjualan antara 4 juta dan 11 juta (yaitu sekitar 74 hingga 203 miliar rupiah). Mereka rencananya akan dijual pada 27 Juni 2023.


Keistimewaan Kalung

Walaupun tokoh terkenal dan berprestasi di dunia sudah banyak yang hilang dan dilupakan, Putri Diana masih sangat dikagumi hingga saat ini. "Seperti pada saat dia menjadi wanita yang paling digemari di dunia," kata Arlan Ettinger, presiden perusahaan yang melelang set perhiasaan tersebut (Guernsey's Auctioneers of New York).

Dia menjelaskan bahwa perhiasan yang dikenakan Putri Diana ketika masih bertugas dalam keluarga kerajaan itu hanya dipinjamkan kepadanya oleh kerajaan.

Sementara kalung Swan Lake Suite dibuat khusus untuknya. Dia adalah bagian dari proses desain.

"Ada banyak orang yang menggambarkannya sebagai sesuatu yang tak ternilai harganya, tetapi kami telah memberikan perkiraan yang sangat luas."

Untuk anting-antingnya, mereka pertama kali dijual dengan izin dari keluarga Diana, dan sebagian uang masuk ke organisasi Unicef.

Seorang pengusaha Amerika, Jim McIngvale, membelinya kurang dari $1 juta (sekitar 14 miliar rupiah) tetapi menjualnya pada tahun 2008 selama resesi.


Gaun Putri Diana di Toko Barang Bekas

Selain perhiasaan Putri Diana, pakaiannya juga sempat terjual. Namun yang mengejutkan terjual di toko barang bekas.

Gaun Putri Diana itu dijual dengan harga 200 pound sterling, setara Rp3,6 juta rupiah. Harga tersebut termasuk murah untuk sekelas gaun bekas seorang putri kerajaan, terlebih Lady Diana.

Gaun menawan karya David Emmanuel ini pernah dipakai Diana sewaktu menghadiri pertunangan kerajaan tahun 1968 di Bahrain.

Melansir Express, pakaian mewah tersebut diberikan untuk sumbangan.

Hingga delapan tahun kemudian, seorang asisten toko membeli gaun putih tersebut dengan harga 200 pound sterling.

Ia membawa pulang pakaian itu tanpa mengetahui seberapa tinggi harga sesungguhnya gaun tersebut.

Mengetahui seberapa berharganya gaun bekas Diana tersebut, pakaian ini akan dijual dalam lelang dengan perkiraan harga yaitu 100.000 pound sterling atau Rp1,8 miliar, berkali-kali lipat lebih tinggi dari harga awal.

Lelang dilakukan pada 10 Desember 2018 di Passion for Fashion oleh Kerry Taylor Auctions di London.


Cerita Realisasi

Pada tahun 1994, pelanggan yang tidak disebutkan namanya sempat membeli gaun itu di toko amal di Hereford seharga dengan harga Rp3,6 juta.

Pelanggan itu bermaksud hendak memakainya ke pesta, tetapi tidak pernah sempat.

Belum menyadari pentingnya pakaian tersebut, ia menyimpannya di gudang selama lebih 20 tahun.

Gaun gading sutra itu menampilkan detail permata dengan bahu empuk, lengan panjang, dan pita besar di bahu kirinya.

"Pemilik membayar 200 pound sterling untuk gaun itu. Ia tahu itu milik Diana. Tetapi tidak menyadari pentingnya sampai beberapa tahun kemudian," ucap Taylor, dari Bermondsey, London Selatan.

Sebuah film dokumenter lah yang menyadarkan sang pemilik gaun.

"Ia menonton film dokumenter tentang Putri yang memperlihatkan dia mengenakan gaun itu dan dia menyadari itu adalah gaun yang duduk di dalam kotak di lemari pakaiannya, tidak dipakai, selama itu."

CEO Baru Twitter Pengganti Elon Musk

Kemiripan Putri Charlotte dan Putri Diana

Putri Charlotte Disebut Mirip Mendiang Putri Diana, Ini Potret Kemiripannya

Liputan6.com 2023-05-12 09:00:52
Putri Charlotte memiliki senyum pemalu yang sama dengan Putri Diana. (Sumber: Twitter/@etnow)

Acara penobatan Raja Charles III yang diselenggarakan pekan lalu pada 6 Mei 2023 terlihat dihadiri hampir seluruh keluarga kerajaan Inggris.

Salah satu anggota keluarga kerajaan yang kerap mencuri perhatian dan jadi target foto pada penobatan Raja Charles III adalah keluarga Wales yang terdiri dari Pangeran William, istrinya Catherine, dan tiga anaknya yaitu George, Louis, dan Charlotte.

Dalam beberapa foto yang tertangkap media, para penggemar keluarga kerajaan menyadari akan suatu hal. Mereka yakin kalau Putri Charlotte memiliki raut wajah yang mirip dengan Putri Diana.

Anak perempuan dari Pangeran dan Putri Wales itu disebut terlihat memiliki senyum pemalu serta rona kecantikan yang sama seperti mendiang neneknya, Putri Diana.

Putri Charlotte datang ke acara penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey dengan penuh pesona, memakai hiasan kepala perak berbentuk bunga yang kembar dengan ibunya Putri Kate. Begitu pun gaun yang dikenakan, keduanya memakai yang serupa.

Dia memimpin anak-anak anggota kerajaan lainnya, mengenakan gaun Alexander McQueen dan jubah krep sutra gading.

Mereka tampak cantik!

Namun, selain penampilan elegan yang terlihat di penobatan, para penggemar dengan cepat menyadari kemiripan Putri Charlotte dengan Putri Diana dan membuat foto perbandingan.

Mereka bahkan juga mengatakan bahwa Putri Charlotte dan neneknya Putri Diana memiliki tingkah laku yang sama, termasuk cara tatapannya dan senyum yang malu-malu.

Berikut adalah beberapa foto perbandingan Putri Charlotte dan neneknya Putri Diana mengutip majalah Hello, dilansir pada Jumat (12/5/2023):


Tanggapan Netizen

Media sosial kini dibanjiri dengan foto-foto perbandingan yang mencengangkan di hari besar itu.

Di antara komentar, seorang penggemar menulis, "Cara senyumnya mengingatkan saya pada neneknya Putri Diana, dia memiliki senyum malu-malu yang sama. Tuhan memberkati putri kecil kami dan calon Putri Kerajaan."

Yang lain menulis, "Siapa yang mirip neneknya? Putri Charlotte, seperti mendiang neneknya Putri Diana, Pangeran William telah mewariskan gen ibunya kepada putrinya."

Ada juga yang menambahkan, "Putri Charlotte seperti Neneknya, Putri Diana #Coronation." "Mata samping Putri Charlotte .. mengingatkan saya pada mata Putri Diana." "Putri Charlotte terlihat seperti Putri Diana #Coronation."

Para penggemar menyimpulkan, "Putri Charlotte dengan tatapan terbaiknya Diana.... #Coronation.""Pertama kali, saya akan benar-benar melihat kemiripannya, ini sangat mencolok."


Kedekatan Putri Charlotte dan Pangeran Louis Tertangkap Kamera

Sepanjang hari penobatan diisi dengan momen-momen luar biasa, termasuk saat Putri Charlotte berbagi tawa hangat dengan ibunya, Putri Kate.

Sebagai kakak perempuan, Putri Charlotte memiliki pekerjaan yang cukup penting di hari itu. Sepanjang upacara, dia harus mengawasi adik laki-lakinya Pangeran Louis.

Ada satu momen di mana kedekatan mereka tertangkap kamera, saat sang putri dengan manis memegang tangan adiknya, Louis.

Kemudian setelah upacara sekitar dua jam, Putri Charlotte dan Pangeran Louis bergabung dengan orang tua mereka dan saudara laki-laki mereka Pangeran George untuk momen balkon Istana Buckingham. Sementara Putri Charlotte dan Pangeran Louis tetap bersama, Pangeran George menghabiskan waktu dengan anggota Pages of Honour lainnya di balkon.


Momen Emosional Pangeran William

Pada momen penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla, banyak momen menarik yang terekam. Salah satunya adalah momen emosional saat Pangeran William berlutut di depan ayahnya, Raja Charles III.

Saat itu, Pangeran William melangkah maju dengan peran khusus untuk dimainkan dalam penobatan ayahnya, Raja Charles.

Pangeran Wales, yang merupakan pewaris takhta Inggris, mengikrarkan kesetiaan dan kesetiaannya kepada raja selama upacara penobatan Raja Charles III yang bersejarah di Westminster Abbey pada hari Sabtu lalu.

Pangeran William (40) maju saat Stole Royal (dari kata Yunani kuno yang berarti "syal") dan Robe Royal dibawa ke Raja Charles. Dia membantu Baroness Merron dan para uskup mengenakan jubah pada Raja Charles (74) sebelum sang raja dimahkotai dengan Mahkota St. Edward.

Setelah penobatan Raja Charles, Pangeran William berlutut di depan Raja Charles dan meletakkan tangannya di tangan ayahnya. Dia berkata, "Saya, William, Pangeran Wales, mengikrarkan kesetiaan saya kepada Anda dan iman serta kebenaran yang akan saya tanggung kepada Anda, sebagai penghubung hidup dan anggota tubuh Anda. Jadi tolonglah saya, Tuhan."

Klik di sini untuk lanjut membaca

Tas Tangan Ratu Thailand Curi Perhatian

Tas Tangan Ratu Thailand yang Dibawa di Penobatan Raja Charles III Curi Atensi, Apa Spesialnya?

Liputan6.com 2023-05-12 10:00:00
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (kiri) dan Ratu Thailand Suthida tiba di Westminster Abbey di London tengah pada 6 Mei 2023, menjelang penobatan Raja Inggris Charles III dan Camilla, Per

Penobatan Raja Charles III di di Westminster Abbey, Inggris, pada Sabtu, 6 Mei 2023 menghadirkan beragam cerita. Salah satunya tas tangan Yan Lipao yang dibawa oleh Ratu Thailand Suthida Bajrasudhabimalalakshana selama kunjungan singkat ke acara penobatan tak luput jadi sorotan.

Dikutip dari The Star, Kamis, 11 Mei 2023, tas tangan Ratu Thailand ini banyak dipuji oleh warganet di jagat maya. Raja dan Ratu Thailand berada di London dari 4 hingga 7 Mei 2023.

Selain pakaian dan aksesori Ratu Thailand, tas tangan Yan Lipao miliknya dari Yayasan Dukungan Ratu Sirikit, Ibu Suri, dengan cepat bikin heboh. "Tas itu luar biasa. Ada yang tahu siapa yang membuatnya?" cuit seorang warganet dengan menyertakan tagar #coronation #queenofthailand #CoronationDay.

Tas tangan Yan Lipao menjadi terkenal di kalangan orang asing berkat Ratu Sirikit Ibu Suri untuk mempromosikan dan mengembangkan produk. Langkah ini dilakukan untuk menghasilkan pendapatan bagi orang-orang di Selatan Thailand.

Lipao, pernah dianggap sebagai rumput liar, adalah tanaman dalam climbing fern family yang berasal dari bagian selatan Thailand. Tanaman ini banyak ditemukan di Nakhon Si Thammarat, Satun, Songkhla, Yala, Pattani, dan Narathiwat.

Dikutip dari Thai PBS World, tas tangan Ratu Thailand juga melengkapi pakaian pilihannya, baik tradisional maupun kontemporer Thailand, semuanya dibuat dari tenunan sutra Thailand. Orang asing yang tidak terbiasa dengan kerajinan Thailand akan memiliki sedikit gagasan tentang tas semacam ini.


Cerita di Balik Tas Tangan

Tetapi, sebagian besar orang Thailand tahu betul bahwa kerajinan tangan semacam itu adalah buah dari upaya berkelanjutan dari HM Ratu Sirikit, Ibu Suri, pelindung kerajinan Thailand. Yayasan Pendukung Ratu Thailand, sekarang berganti nama menjadi SUPPORT Arts and Crafts International Centre of Thailand Public Organization atau SACICT, tempat Ibu Suri meletakkan fondasinya telah menghidupkan kembali kerajinan Yan Lipao, mengubahnya menjadi kerajinan tinggi seni akhir yang berasal dari warisan budaya Selatan.

Ibu Suri tidak kenal lelah dalam upayanya untuk menghidupkan kembali kerajinan tenun ini dan kemudian mempromosikan keranjang di pasar domestik dan luar negeri. Kerajinan Yan Lipao dari Selatan Negeri Gajah Putih ini telah diwariskan dari generasi ke generasi selama ratusan tahun.

Tas ini telah lama diyakini berasal dari kebijaksanaan rakyat periode Ayutthaya pada masa Chao Phraya Nakhon Si Thammarat. Tas itu disebutkan pada masa pemerintahan Raja Rama II dalam catatan sejarah, yang mencatat bahwa itu dibawa dari Nakhon Si Thammarat sebagai hadiah untuk Raja.


Tas Tradisional Mulai Dikenal

Tas Yan Lipao mulai dikenal luas pada masa pemerintahan Raja Rama V, saat dibawa oleh para elit, terutama para dayang istana. Popularitas Yan Lipao menurun dan hampir menghilang dari kehidupan Thailand hingga tahun 1970, ketika Ibu Suri (saat itu Ratu Sirikit) memberinya kehidupan baru dengan mempromosikan konservasi dan pengembangannya sebagai pekerjaan paruh waktu bagi orang-orang di Selatan.

Dia mengatur kursus pelatihan tentang cara membuat Yan Lipao melalui SUPPORT Foundation. Sejak itu tas menjadi populer baik di tingkat lokal maupun nasional. Selain memamerkan keahlian yang luar biasa, Ibu Suri juga peduli untuk melestarikan tanaman merambat lipao sebagai bahan mentah.

Ia menyarankan orang-orang di Selatan untuk menanam tanaman merambat dan mencegah tanaman itu punah. Mendapatkan penghasilan tambahan dari keahlian mereka juga membawa kebanggaan bagi penduduk desa Selatan. Tanaman merambat lipao yang dulu dianggap sebagai rumput liar, kini telah menjadi tanaman ekonomi.


Proses Pembuatan yang Rumit

Sejak 1974, tenun Yan Lipao telah berkembang dan tasnya menjadi populer di kalangan atas. Benang paduan perak, emas, dan tembaga sering dimasukkan ke dalam pola anyaman yang rumit dan tas yang sudah jadi juga dapat menampilkan lambang kerajaan dari anggota keluarga kerajaan tertentu.

Teknik menenun, yang diwariskan dari generasi ke generasi, memungkinkan tanaman biasa diubah menjadi karya seni yang sangat indah, beberapa di antaranya bisa bernilai ribuan dolar AS. Selain keindahan polanya yang indah, Yan Lipao juga menampilkan warna-warna alami yang indah.

Karena waktu dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membuat setiap tas, produk ini cenderung dijual dengan harga yang relatif tinggi. Proses produksi yang meliputi penyiapan sulur, penenunan pola, dan pernis serta dekorasi, sangat memakan waktu. Hanya satu dua tas yang dapat diproduksi setiap bulan.

Perhatian yang diterima oleh tas Yan Lipao selama penobatan Raja Charles III berkat Ratu Suthida dapat membantu untuk lebih menumbuhkan apresiasi terhadap kerajinan Thailand, terutama tas seperti Yan Lipao.

DPRD Banten Beli Pajero Sport untuk Ambulans

Geger DPRD Banten Beli Mobil Pajero Sport untuk Ambulans, Begini Penampakannya

Liputan6.com 2023-05-12 11:04:59
Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten beli mobil Mitsubishi Pajero Sport untuk Ambulans. (srouce: benten.antaranews.com)

Umumnya mobil ambulans itu berjenis All Purpose Vehicle (APV). Namun, belum lama ini Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten baru saja membeli mobil Mitsubishi Pajero Sport terbaru untuk dijadikan ambulans.

Penampakan Pajero yang disulap jadi mobil ambulans itu menjadi heboh di kalangan masyarakat. Kabarnya, Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut dibeli dari anggaran APBD tahun 2023 yang bernilai sekitar Rp 900 juta.

''Sebenarnya ambulans ini sejak pertama sudah ada di sekretariat DPRD, tetapi terakhir saya cek sudah tidak layak digunakan bahkan sudah tidak bisa dioperasikan karena usianya sudah puluhan tahun makanya kita membeli ambulans," ucap Sekretaris Dewan Deden Apriandhi di Gedung DPRD Provinsi Banten, dikutip dari antara, Rabu (10/5/2023).

Menurut situs resmi Mitsubishi Motors, satu unit Pajero Sport 2023 ini dijual pada kisaran Rp 567-735 juta. Deden mengungkapkan mobil ambulans tersebut hasil katalog dari LKPP dan memiliki alat-alat medis terlengkap dari mobil ambulans lain.

Menurutnya, mobil ambulans ini memiliki berbagai kelengkapan alat-alat medis di antaranya, elektrokardiogram (EKG) atau rekam jantung, alat sirkulasi oksigen dan darah, selang oksigen, serta lampu operasi.

Selain itu, ia menjelaskan kalau mobil ambulans tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan untuk Sekretariat DPRD baik anggota maupun pegawai yang ada di DPRD Banten. Bukan hanya anggota sebagai fasilitas DPRD Banten saja, Deden juga mengatakan mobil ini juga dapat digunakan masyarakat umum.

"Kita harus menyiapkan layanan kesehatan untuk anggota, pegawai DPRD, masyarakat, disabilitas, dan sebagainya,'' tuturnya.


Layanan Tidak Dipungut Biaya

Kemudian, ia menegaskan bahwa layanan ambulans ini tidak dipungut biaya alias gratis. Dalam hal ini, Deden berharap mobil ambulans baru tersebut bisa bermanfaat bukan saja bagi sekretariat DPRD, tetapi juga buat masyarakat sekitar.

''Layanan ini tidak dipungut biaya atau gratis, Kita juga sudah kordinasi bersama pihak Polres Serang dengan Kanit Gakum Lantas Polres Serang kota mengingat tingkat kecelakaan di Palima-Boru masih sangat tinggi dan selalu sulit untuk evakuasi karena pergerakan ambulans dari rumah sakit dan klinik terdekat cukup kesulitan," pungkasnya.

Godaan untuk Golkar

HEADLINE: Golkar Digoda ke Koalisi Gerindra-PKB atau NasDem, Peluangnya?

Liputan6.com 2023-05-13 00:00:00
Lima ketum parpol koalisi pemerintah menggelar pertemuan bersama Presiden Jokowi di Kantor DPP PAN, Jaksel, Minggu (2/4/2023). Mereka adalah Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Muhaimin Isk

Partai Golongan Karya (Golkar) mulai digoda sejumlah partai politik (parpol) di luar Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Meski koalisi yang dibangun bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) belum resmi bubar, namun Golkar terus digoyang dari kiri dan kanan.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang beberapa kali menjalin komunikasi politik dengan Golkar berharap, partai pimpinan Airlangga Hartarto itu bersedia bergabung bersama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang telah dibangun bersama Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengklaim, sebentar lagi Golkar akan bergabung bersama KKIR untuk memenangkan kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dia pun berharap Ketum Golkar Airlangga Hartarto bisa menjadi bagian dari Tim Pemenangan Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

"Iya tentu kita ingin tiga kekuatan ini menyatu, Gerindra, PKB, Golkar. Nah ini akan terus pada akhirnya kita buka," tutur Cak Imin saat ditemui di kediaman Wakil Presiden (Wapres) ke-9 RI Hamzah Haz, Jakarta Timur, Kamis (11/5/2023).

Cak Imin mengerti bahwa Partai Golkar masih mengincar kursi Capres atau calon wakil presiden (Cawapres). Namun hal tersebut belum sepenuhnya menjadi pembicaraan secara internal KKIR.

"Saya belum memasukkan pertimbangan itu," ucap dia.

Yang pasti, kata Cak Imin, dirinya sangat senang apabila Airlangga Hartarto memutuskan untuk mendukung Prabowo Subianto dan menjadi ketua tim pemenangan. "Iya pasti (senang)," katanya menandaskan.

Tak hanya PKB dan Gerindra yang ingin Golkar bergabung. Ketum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh juga ingin Golkar bekerja sama dengannya dalam menyongsong Pilpres 2024 mendatang.

Apalagi Surya Paloh yang juga lahir dari 'rahim' Golkar ini sudah menganggap Airlangga seperti adik sendiri. "Kemungkinan apakah akan ada kerja sama dengan Golkar? Kepada siapapun kemungkinan itu tetap terbuka," ujar Surya di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Meski begitu, dia menyerahkan sepenuhnya kepada Airlangga untuk mengarahkan arah politik Partai Golkar. "Pak Airlangga itu adik saya, dia Ketum Golkar. Golkar pasti memiliki strategi tersendiri apa yang terbaik untuk Golkar," ujarnya.

Bagi NasDem, yang terpenting dalam menghadapi Pemilu 2024 adalah membangun nuansa politik yang bersahabat. Sementara, dia tidak ingin ikut campur strategi politik partai lain.

"Kembali lagi, NasDem menginginkan semuanya yang relatif dalam suasana yang bersahabat. Itu lebih penting bagi saya. Strategi silakan dijalankan," ujar Surya Paloh.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno menilai, munculnya godaan terhadap Golkar ini tak lepas dari kondisi KIB yang telah layu sebelum berkembang. Bahkan menurut dia, KIB sejatinya telah bubar, meski narasi itu ditolak Golkar, PPP, dan PAN.

"Saya kira sejak ada wacana tentang koalisi besar ataupun ketika (PPP dan PAN) mendukung Ganjar Pranowo, itu adalah menjadi penanda end of KIB. Jadi KIB sudah bubar jalan, sudah tidak ada lagi yang bisa diselamatkan. KIB tinggal nama," ujar Adi saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (12/5/2023).

Maka tak mengherankan jika Golkar sangat agresif menjalin komunikasi politik dengan sejumlah parpol di luar KIB, mulai dari PKB, Gerindra, hingga Partai Demokrat. Ikhtiar ini dilakukan Airlangga untuk merawat mimpi dan amanat forum tertinggi Golkar yang mengamanahkan dirinya sebagai capres 2024.

"Karena hasil Munas Golkar adalah capres, maka Airlangga Hartanto wajib mencari tiket pencapresan hingga 2024," ujar Adi.

Kondisi KIB yang 'hidup segan mati tak mau' ini membuat Golkar seringkali digoda dua poros yakni PKB-Gerindra dan NasDem bersama Koalisi Perubahan. Namun Adi melihat ada kecenderungan Golkar merapat ke poros Kebangkitan Indonesia Raya.

Apalagi belakangan Golkar juga menawarkan proposal Cawapres untuk Airlangga Hartarto mendampingi Prabowo Subianto di 2024.

"Di antara kecenderungan itu, saya melihat Golkar lebih tertarik menjadi bagian koalisinya PKB dan Gerindra ketimbang menjadi bagian dari poros politik perubahan dengan NasDem karena kolam politik dan kolam iman Gerindra berbeda dengan NasDem yang jelas-jelas memang dianggap berseberangan dengan pemerintah," tuturnya.

Namun begitu, peluang Golkar merapat ke poros Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang telah mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capresnya juga sama besar. Menurut Adi, Golkar saat ini sedang mencari poros mana yang bisa menjamin Airlangga Hartarto maju di Pilpres 2024, minimal sebagai Cawapres.

"Kalau itu yang terjadi, maka di situ lah pelabuhan politik Golkar akan dilabuhkan. Tapi tidak sembarangan poros politik, terutama yang seiman dan searah yaitu parpol pendukung Jokowi. Misalnya Ganjar kasih kode, PDIP kasih kode tertarik ke Airlangga, saya kira di situlah Airlangga akan berlabuh," ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini.

Pun demikian dengan Prabowo jika lebih tertarik berpasangan dengan Airlangga ketimbang Cak Imin, maka Golkar pasti akan merapat ke KKIR.

"Tapi catatannya adalah bahwa Airlangga kelihatan tidak tertarik untuk menjadi bagian dari poros perubahan (NasDem cs), karena dianggap sebagai lawan tanding, kelompok oposisi yang dipersepsikan berhadap-hadapan dengan pemerintah," ucap Adi.

Lebih lanjut, dia menilai bahwa, Golkar kehilangan momentum pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ini karena tidak memiliki figur capres yang mentereng seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, maupun Anies Baswedan. Sekalipun Golkar merupakan partai besar dan juga runner up kursi terbanyak di parlemen.

KIB yang menjadi koalisi politik pertama dideklarasikan untuk 2024 oleh Golkar, PAN, dan PPP belakangan goyang karena tidak memiliki figur yang kuat untuk diusung menjadi capres. Alih-alih mengusung kader dari internal KIB, PPP dan PAN justru mendukung capres dari partai lain.

"Ini yang sebenarnya Golkar rada rumit, satu sisi sebagai parpol besar nomor dua tapi figur capres tidak terlampau kuat kalah saing dengan yang lainnya. Ini yang kemudian bisa menjelaskan kenapa Golkar relatif agak kesulitan membentuk poros politik sendiri karena belum ada keseriusan parpol bergabung dengan Golkar mengusung Airlangga Hartato sebagai kandidat Capres," kata Adi Prayitno menandaskan.


Golkar Konsisten Siapkan Airlangga Jadi Capres atau Cawapres

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono angkat bicara terkait isu partainya digoda sejumlah parpol di luar KIB, mulai dari PKB, Gerindra, hingga NasDem. Dia menyatakan, konsolidasi yang dibangun Golkar dan sejumlah parpol saat ini adalah untuk melahirkan koalisi besar dalam menghadapi pesta demokrasi 2024.

"Narasi yang kalian buat itu tidak sesuai dengan konsep yang dibangun oleh Golkar. Kami sedang membuat koalisi besar yang menggabungkan semua partai-partai parlemen dan non-parlemen," ujar Dave saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (12/5/2023).

Namun dia tidak mau menjelaskan skenario kedua yang akan dilakukan Golkar seandainya upaya pembentukan koalisi besar gagal. "Nanti tanya lagi," katanya singkat.

Sementara terkait pernyataan Ketum PKB Muhaimin Iskandar yang berharap Airlangga bisa menjadi ketua tim pemenangan Prabowo Subianto, Dave menegaskan bahwa Ketum Golkar tersebut hanya diproyeksikan sebagai capres atau cawapres di 2024, bukan ketua tim sukses.

"Posisi Golkar hanya mencalonkan Pak AH (Airlangga Hartarto) sebagai Capres atau Cawapres di 2024," ujarnya menegaskan.

Lebih lanjut, putra mantan Ketum Golkar Agung Laksono ini mengungkapkan, partainya kini tengah menjalin komunikasi dengan sejumlah parpol untuk bekerja sama menyongsong Pilpres 2024, tak terkecuali dengan PDIP.

Dia tak menutup kemungkinan, Golkar akan mengikuti langkah anggota KIB lainnya yakni PPP dan PAN yang lebih dulu mendukung Ganjar sebagai capres. "Masih berjalan komunikasi mengenai hal ini, jadi harap bersabar ya," kata Dave.

Namun bila akhirnya Golkar tak lagi satu visi dengan PPP dan PAN, anggota Komisi I DPR ini enggan berspekulasi lebih jauh soal nasib KIB ke depan. "Kita belum melihat akan mengarah ke sana (KIB bubar)," ucap Dave Laksono menandaskan.

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP terancam bubar akibat perbedaan dukungan Capres 2024. PPP sendiri telah mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Capres.

Begitu juga PAN yang arahnya juga terlihat akan mengikuti jejak PPP. Sedangkan Golkar masih belum menentukan sikap dan berpegang kepada keputusan Munas Partai mendukung ketumnya Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024.

Terkait hal ini, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek mengatakan, konsekuensi perbedaan sikap soal capres akan membuat kerja sama politik KIB harus berakhir.

"Soal kemudian pilihan capres berbeda, konsekuensinya KIB ya harus berakhir dengan baik-baik," ujarnya saat ditemui di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Jumat (12/5/2023).

Namun, Awiek memastikan komunikasi antarkolega partai di KIB saat ini masih baik-baik saja. Tidak menutup kemungkinan juga KIB akan terus berlanjut jika ada kesamaan soal pencapresan.

"Kalau ternyata capresnya sama, ya KIB berlanjut," ujarnya.

Sementara itu, PPP sudah mendapatkan kabar bahwa PAN akan segera mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Sekjen PPP Arwani Thomafi membenarkan kabar tersebut.

"InsyaAllah jika semua berjalan lancar, apa yang diprediksi, apa yang disebut-sebut itu InsyaAllah benar. Ya semoga," ujarnya singkat.


Peluang Duet Prabowo-Airlangga

Direktur Eksekutif Institute for Policy Studies Muhammad Tri Andika meyakini, Partai Golkar tidak hanya mau sekedar ikut mendukung capres dan cawapres di Pemilu 2024. Terlebih, jumlah suara yang tinggi dan mesin partai yang kuat.

Menurutnya, Partai Golkar tak ingin hanya menjadi sekadar pemanis saja di Pemilu 2024. Sebab, Golkar sedang mencari koalisi yang lebih nyaman.

"Di sisi lain, Golkar beda dengan partai lain. Pemegang saham politik di Golkar banyak, sehingga Airlangga harus mendengar dan mengakomodir dan tidak bisa memutuskan sendiri," ujar Andika, Kamis (4/5/2023).

Hal ini sebagaimana menanggapi safari politik yang dilakukan Airlangga Hartarto ke sejumlah elite parpol dalam beberapa waktu terakhir. Misalnya dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Menurut Andika, peluang Golkar untuk bergabung dengan poros manapun dalam koalisi masih sangat terbuka lebar. Termasuk pada akhirnya bakal bergabung dengan poros PDIP.

"Tapi yang paling nyaman bagi Golkar saat ini adalah dengan koalisi Gerindra-PKB," ujar dia.

Andika menilai, poros Gerindra-PKB membuat posisi tawar Golkar menjadi lebih besar, sehingga peluangnya untuk mendapatkan tiket cawapres juga kuat.

"Di sana, peluang Airlangga jadi Cawapres atau mendapat kursi kabinet lebih banyak, peluangnya lebih besar," katanya.

Dia meyakini, Golkar pada akhirnya akan bersikap realistis, tidak akan ngotot harus mendapatkan kursi capres ataupun cawapres. "Power sharing tidak harus kursi cawapres. Bisa juga dalam bentuk jatah kursi kabinet yang lebih banyak," ujarnya.

Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Nusron Wahid menyatakan partainya dan PKB tengah menggodok pembentukan koalisi besar. Pada proposal pembentukan koalisi besar ini, Nusron menyebut, Golkar akan mendukung Prabowo Subianto sebagai capres di 2024 dan Airlangga Hartarto sebagai cawapresnya.

"Salah satu proposal adalah Prabowo presiden, dan wakil presidennya dari KIB yaitu Airlangga Hartarto," ujar Nusron di Kawasan Senayan, Rabu (10/5/2023).

Terkait cawapres Prabowo, Nusron mengklaim pihaknya tidak berebut posisi cawapres dengan PKB. Menurutnya, keputusan calon RI 2 ini ada di tangan Prabowo.

"Gerindra posisinya sudah settle dengan Prabowo. (Golkar dan PKB) tidak memperebutkan, kami membicarakan dan saling menawarkan dan user-nya adalah Pak Prabowo siapa yang mau menerima siapa," katanya.

Meski demikian, saat ini pihaknya masih fokus pada pembentukan koalisi besar daripada penentuan paslon.

"Semangat kerjanya adalah niat untuk menang dan cara kerja untuk menang, dan kalau sudah ketemu semangat kerjanya, dan figur itu nomor sekian. Presentase sudah 70 persen," kata Nusron.

Menurut Nusron, meski belum ada deklarasi resmi koalisi besar, namun ia menyebit sinyal dukungan ke Prabowo capres sudah kuat.

"Belum (deklarasi) ini sinyal lah. Sinyal yang kuatlah menuju sana. Ya nanti pasti ada (deklarasi) kalau sudah resmi," pungkas dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menegaskan hanya ada nama Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai bakal Capres atau Cawapres dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

Sehingga nama Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto tak menjadi pertimbangan untuk diusung di Pilpres 2024. "Kami kan jelas formulasinya. Presiden Wapres di tangan Prabowo dan Gus Muhaimin," ujar Jazilul kepada wartawan dikutip Selasa (9/5/2023).

Menurut Jazilul, munculnya nama Airlangga hanya dinamika politik saja. Apalagi Golkar masih mencari formulasi baru karena di KIB tidak jelas.

"Nah itu dinamika. Yang kayak-kayak gitu kita sebut sebagai dinamika. Karena Golkar atau Pak Airlangga sendiri kan juga masih mencari bentuk. Karena KIB kan tidak jelas formulasinya, gitu," ujar Wakil Ketua MPR RI ini.

Sementara, Koalisi Gerindra-PKB masih terbuka bagi partai lain yang ingin bergabung, tak terkecuali Golkar. "Koalisi ini terbuka untuk bergabungnya Partai-partai yang lain, kan jelas. Jadi kita hanya menjalankan formulasi saja," ucap Jazilul memungkasi.