Aset Disita, Rafael Alun Jatuh Miskin?

Aset Rafael Alun Kabarnya Akan Disita KPK, Restoran di Yogyakarta Disinggung Masih Buka

Liputan6.com 2023-05-15 14:03:56
Rafael Alun didampingi oleh tim kuasa hukum dan penyidik Lembaga Antirasuah. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kasus hukum yang membelit Rafael Alun Trisambodo (RAT) terus bergulir. Dalam salah satu kabar terbaru, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita rumah mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) itu, yang dibelinya dari Bos Mayapada Hospital Grace Dewi Riady alias Grace Tahir, lapor kanal News Liputan6.com.

Di tengah penyitaan aset Rafael, akun Twitter @logikapolitikid, baru-baru ini, menyinggung bahwa bisnis restorannya di Yogyakarta, yakni Bilik Kayu Heritage Resto, masih beroperasi. "Dear @KPK_RI, kalo bener mau sita aset RAT, jangan setengah-setengah, Bilik Kayu Yogya masih buka tuh," tulisnya.

"RAT resmi jadi tersangka pencucian uang. Ratain semua jangan tanggung-tanggung. Kosan Jakbar/Bilik Kayu Yogya/ Aset di Manado," akun itu menyambung. Bersama keterangan itu, pihaknya mengunggah rekaman operasional restoran di kawasan Umbulharjo, Yogyakarta tersebut.

Tampak di klip itu sejumlah orang diduga pelanggan sedang menikmati makanan di tempat makan tersebut. Di akun Instagram-nya, restoran ini memang masih terus memperbaharui informasi operasional mereka.

Unggahan terakhir tertanggal 3 Mei 2023, dikutip Senin (15/5/2023), mengiklankan menu promosi restoran yang kemudian diunggah ulang ke Instagram Story pada Minggu, 14 Mei 2023. Di bionya, restoran itu juga menulis bahwa mereka masih buka setiap hari pukul 10.30--21.00 WIB.

Bilik Kayu Heritage Resto tidak segera menanggapi permintaan Liputan6.com untuk berkomentar tentang operasional mereka di tengah kasus hukum yang menyandung ayah Mario Dandy tersebut.


Diserbu Ulasan Negatif

Ini bukan kali pertama Bilik Kayu Heritage Resto menarik perhatian di tengah kasus Rafael Alun. Sebelumnya, Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan, telah membenarkan bahwa Rafael adalah pemilik restoran di Yogyakarta tersebut.

Menurut Pahala, restoran tersebut adalah satu dari enam perusahaan milik Rafael yang terdaftar di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sebagai surat berharga. Ia menjelaskan, nilai surat berharga Rafael yang tertulis di LHKPN adalah Rp1.556.707.379.

Sebagaimana diketahui, Bilik Kayu Heritage Resto mendadak viral setelah kasus penganiayaan David oleh Mario Dandy yang kemudian diketahui sebagai anak dari Rafael. Awalnya, resto tersebut banyak dibicarakan karena diduga milik Ernie Meike Torondek, ibu dari Mario Dandy.

Restoran Bilik Kayu Heritage merupakan rumah makan mewah yang memadukan nuansa kearifan lokal dengan gaya modern. Tempat makan ini punya beberapa bagian bangunan berbentuk khas joglo, dan berada dalam satu kompleks.

Saat beredar informasi Bilik Kayu Heritage dimiliki keluarga Dandy, warganet langsung mencari tahu dan memberi ulasan. Mereka yang marah atas penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy terhadap David sebagian besar memberi ulasan negatif di sejumlah platform perjalanan wisata.


Cari Bukti Tindak Pidana Lain

Sementara itu, KPK menyatakan bakal mencari bukti dugaan tindak pidana lain yang dilakukan Rafael, menurut laporan kanal News Liputan6.com. Pidana lain ini termasuk dugaan penerimaan suap terkait perpajakan.

Sejauh, ini KPK baru menjerat Rafael dengan pasal penerimaan gratifikasi dan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU). "Kita harus buktikan juga, selain dari gratifikasi apakah ada perkara tipikor lain, misalnya suap. Apakah ada suapnya di situ," ujar Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu dalam keterangannya, Jumat, 12 Mei 2023.

Kemungkinan penyematan pasal suap pada Rafael terbuka seiring pengusutan dan pengembangan kasus. Dalam kasus suap, KPK juga akan menjerat pihak pemberi.

Asep mencontohkan dugaan suap dan gratifikasi yang diterima Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe. Dalam kasus Lukas, KPK memiliki bukti awal penerimaan suap senilai Rp1 miliar. Namun seiring berjalannya proses penyidikan, suap yang diterima Lukas mencapai puluhan miliar.

Rafael telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi perpajakan di DJP Kemenkeu. KPK juga menjeratnya dengan TPPU.


Kasus Dugaan Graitifikasi

Terkait graitifikasi, Rafael Alun diduga menerima 90 ribu dolar AS (sekitar Rp1,3 miliar) melalui perusahaan konsultan pajak miliknya. Kasus ini bermula saat Rafael diangkat jadi Kepala Bidang Pemeriksaan, Penyidikan, dan Penagihan Pajak pada Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jawa Timur I pada 2011.

"Dengan jabatannya tersebut, RAT (Rafael Alun) diduga menerima gratifikasi dari beberapa wajib pajak atas pengondisian berbagai temuan pemeriksaan perpajakannya," ujar Ketua KPK Firli Bahuri dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, 3 April 2023.

Firli mengatakan, Rafael juga diduga memiliki beberapa usaha, termasuk PT Artha Mega Ekadhana (PT AME) yang bergerak dalam bidang jasa konsultansi terkait pembukuan dan perpajakan. Menurut Firli, pihak yang menggunakan jasa PT AME adalah para wajib pajak yang diduga memiliki permasalahan pajak.

Setiap kali wajib pajak mengalami kendala dan permasalahan dalam proses penyelesaian pajaknya, Rafael diduga aktif merekomendasikan PT AME, ia menyebut. "Sebagai bukti permulaan awal, tim penyidik menemukan adanya aliran uang gratifikasi yang diterima RAT sejumlah sekitar 90 ribu dolar AS yang penerimaannya melalui PT AME dan saat ini pendalaman dan penelurusan terus dilakukan," kata Firli.

Tips Ikut War Tiket Konser Coldplay

Ikut War Tiket Konser Coldplay di Jakarta, Sandiaga Uno Ingatkan Beli di Jalur Resmi

Liputan6.com 2023-05-15 18:09:51
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Uno dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" pada Senin, 15 Mei 2023. (Tangkapan Layar YouTube)

Kepastian konser Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta jadi kabar baik yang sangat dinanti banyak penggemar di Indonesia. Antusiasme konser band pelantun Sparks ini juga dirasakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

"Belum mulai penjualan tiket via online, saya sudah dibanjiri permintaan untuk mendapatkan tiket konser 15 November 2023. Menterinya saja belum mendapat kepastian, menterinya juga akan ikut ticket war," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" pada Senin (15/5/2023).

Sandi, begitu ia akrab disapa, mengungkap bahwa konser pertama Coldplay di Indonesia ini membuat reservasi hotel di area sekitar GBK sudah di atas 90 persen. "Untuk di luar lingkaran (GBK) sudah 40--50 persen di tanggal tersebut," lanjutnya.

Ia melanjutkan, "Kami mendukung konser Coldplay sebagai bagian daripada pendukungan Jakarta sebagai destinasi MICE terbaik di Asia. Hanya empat kota di Asia yang dipilih oleh Coldplay, (dan) salah satunya Jakarta, ini merupakan suatu prestasi."

Sandi turut mengajak untuk menjalin dan memastikan koordinasi yang baik. Hal tersebut dilakukan guna kelancaran konser dan penyelenggaraannya berdampak positif bagi banyak pihak.

"Berdampak terhadap ekonomi masyarakat dan peningkatan kesejahteraan, baik pelaku UMKM maupun standar penyelenggaraan konser yang terbaik. Ini akan kita pastikan," terangnya.

Selain itu, Sandi juga mengimbau para penonton untuk mengikuti arahan dari panitia penyelenggara secara tertib. "Termasuk hati-hati (beli) tiket karena akan pasti banyak yang coba-coba melakukan shortcut mendapatkan tiket secara tidak sesuai prosedur dan nanti banyak yang berpotensi tiketnya tidak valid atau tiket palsu," tambah Sandi.

"Jadi tolong gunakan saluran informasi yang dapat diakses secara tepercaya dan pembelian tiket harus melalui jalur resmi dan online," tutupnya.


Coldplay Konser di GBK Jakarta pada 15 November 2023

Tanda tanya dan rasa penasaran penggemar Coldplay di Indonesia akhirnya terjawab sudah. Kabar konser Coldplay membuat gelombang antusias kian terasa di seluruh penjuru negeri.

Kabar yang telah banyak dinanti ini dibagikan melalui unggahan video melalui akun Instagram promotor Third Eye Management pada 9 Mei 2023. Sang vokalis Chris Martin menyapa sekaligus menyampaikan kabar soal konser Coldplay di Jakarta.

"Halo, apa kabar everybody watching in Indonesia?" kata Chris dalam video singkat tersebut yang juga menampilkan ketiga personel Coldplay lainnya, yakni Jonny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion.

"Kami sangat bersemangat untuk mengumumkan konser pertama kami di negara indahmu. Kami akan ada di Indonesia - di Jakarta pada 15 November," lanjut sang vokalis.

Kemudian, Chris Martin menutup video, "Kami berharap untuk bertemu dengan kalian di sana. Terima kasih."

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa, 9 Mei 2023, konser Coldplay di Jakarta adalah bagian dari Music Of The Spheres World Tour yang memecahkan rekor.


Penjualan Tiket Coldplay

Tiket akan dijual secara publik pada Jumat, 19 Mei 2023 pukul 10.00 WIB secara eksklusif di www.coldplayinjakarta.com. Sementara pemegang kartu debit dan kredit BCA dapat mengakses tiket presale eksklusif mulai Rabu, 17 Mei pukul 10.00 hingga Kamis, 18 Mei pukul 23.59, juga melalui situs web yang sama.

"TEM Presents sangat senang bisa bermitra dengan PK Entertainment sebagai co-promotor untuk membawa Coldplay Music of the Spheres World Tour Jakarta pada 15 November 2023. Ini akan menjadi konser pertama band ini di Indonesia yang akan diadakan di tempat legendaris Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta," kata co-promotor Sam Tzovolos dari TEM Presents dan Harry Sudarma dari PK Entertainment.

Sementara, sejak pertama tur pada Maret 2022, band ini telah menjual lebih banyak tiket dibandingkan artis lain manapun di dunia. Coldplay menerima sambutan hangat dari penggemar dan juga kritikus serta meraih penghargaan "Favorite Touring Artist" AMA 2022 dan "Tour of The Year" di Penghargaan iHeartRadio 2023.

Bulan ini juga menampilkan kembali pertunjukan Coldplay pertama di Tokyo sejak 2017. Ini merupakan pertunjukan perdana Coldplay di Kaohsiung juga Jakarta, dan band ini kembali hadir ke Perth setelah pertunjukan terakhirnya pada 2009. Coldplay juga akan menyambangi penggemar di beberapa wilayah di Asia dan Australia.


Harga Tiket Coldplay

Merujuk unggahan Instagram promotor, Kamis, 11 Mei 2023, harga tiket konser Coldplay dibanderol mulai dari Rp800 ribu sampai Rp11 juta. Dengan nominal yang tidak terbilang murah, apa saja keistimewaan bagi mereka yang rela merogoh kocek lebih dalam?

Masih di unggahan yang sama, pihaknya menyebut kategori paling mahal konser Coldplay di Jakarta sebagai "Ultimate Experience." Pembelinya berhak memperoleh:

Satu tiket CAT 1 seharga Rp5 juta

Pihak promotor juga menyoroti tiket "My Universe" seharga Rp5,7 juta yang meliputi:

Eksis di Peringatan Hari Ibu

Meghan Markle Eksis di Peringatan Hari Ibu, Dipuji Sebagai Ibu yang Luar Biasa

Liputan6.com 2023-05-15 12:03:33
Meghan Markle. (dok. Instagram @_heartmom_/https://www.instagram.com/p/CsKTVaKvJZQ/Dinny Mutiah)

Meghan Markle kembali tampil di publik setelah melewatkan momen penobatan Raja Charles III yang berlangsung pada 6 Mei 2023. Ia digandeng sebuah komunitas untuk ikut berkampanye memperingati Hari Ibu di Amerika Serikat yang jatuh pada Minggu, 14 Mei 2023.

Mengutip Hello Magazine, Senin (15/5/2023), Meghan berpose bersama co-founder Alliance for Moms, Kelly McKee Zajfen, untuk mendukung kampanye terbaru Alliance of Moms yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran "para pemuda asuh yang hamil dan memiliki anak" di Los Angeles. Mereka mengenakan kaus yang sama bertuliskan Community Motherhood.

Dalam kolom keterangan, Kelly memuji Duchess of Sussex sebagai pribadi yang 'sangat memelihara', 'hangat', dan 'terbuka'. "Sungguh teman dan ibu yang luar biasa. Saya benar-benar kagum pada Anda dan saya sangat bersyukur Anda adalah bagian dari #CommUNITYofmotherhood saya," tulisnya di kolom keterangan.

Ia menyebut Meghan selalu mengiyakan dan mendukung orang-orang yang dicintainya. Ia juga memuji Meghan sebagai 'advokat yang gigih bagi mereka yang membutuhkan'.

"Terima kasih telah bergabung dalam kampanye tahun ini untuk mendukung calon ibu muda dan orangtua muda asuh di LA yang membantu memberikan layanan, pendidikan, sumber daya, dan advokasi penting sehingga mereka dapat membangun masa depan yang lebih baik untuk diri mereka sendiri dan keluarga mereka."

Tidak diketahui bagaimana Meghan akan merayakan Hari Ibu pada tahun ini, tetapi keluarga Sussex kemungkinan besar akan menghabiskan waktu pribadi di rumah mereka di Montecito, California.


Makan di Luar Bareng Sosialita

Tak berapa lama dari kampanye tersebut, Pangeran Harry dan Meghan Markle tertangkap kamera berada di luar rumah bersama yang menandai kemunculan pertama mereka di publik setelah upacara penobatan Raja Charles III. Dalam foto yang dipublikasikan TMZ, pasangan itu mendatangi restoran sushi pada Jumat, pekan lalu, kurang dari seminggu setelah Charles dinobatkan.

Page Six melaporkan bahwa mereka tak hanya berdua. Harry dan Meghan makan bersama dengan Gwyneth Paltrow dan suaminya, produser TV Brad Falchuk. Mereka juga bertemu dengan Cameron Diaz dan suaminya Benji Madden, serta CEO dan pendiri Bumble, Whitney Wolf Herd, dan suaminya, pewaris perusahaan minyak asal Texas, Michael Herd.

Mantan bintang serial Suits itu keluar dengan gaun mini satin cokelat lengan panjang dari Heidi Merrick. Dia memadukannya dengan tas ember warna putih gading dari Cesta Collective, dan sepasang sandal kulit cokelat Hermes.

Markle melengkapi penampilannya dengan menyisir rambutnya yang panjang ke belakang menjadi kuncir kuda dan menambahkan sepasang anting emas. Sementara, Harry mengenakan busana tak kalah kasual, yakni celana putih, kaus hitam, dan sepatu coklat suede.


Media Inggris Minta Maaf pada Harry

Sebelumnya, grup penerbit yang menaungi tabloid Inggris, The Daily Mirror, akhirnya meminta maaf pada Pangeran Harry di hari pertama sidang kasus dugaan penyadapan telepon. Mirror Group Newspaper (MGN) meminta maaf atas pengumpulan informasi yang melanggar hukum dan mengatakan tak akan mengulanginya.

Pengacara Pangeran Harry mengatakan pada pengadilan bahwa dia menjadi sasaran "metode paling mengganggu untuk mendapatkan informasi pribadi." Dalam dokumen pengadilan yang dirilis di awal persidangan, MGN mengakui "bukti adanya instruksi pihak ketiga untuk terlibat dalam UIG (pengumpulan informasi yang melanggar hukum) jenis lain."

Penerbit menambahkan, "MGN tanpa syarat meminta maaf atas semua kasus UIG semacam itu."

Dikutip dari news.com.au, Kamis (11/5/2023), MGN mengakui menggunakan jasa detektif swasta untuk secara tidak sah mengumpulkan informasi tentang sang pangeran yang mengunjungi klub malam Chinawhite pada 2004. Pengacara Harry menuduh para eksekutif di perusahaan mengetahui tentang penyadapan telepon yang meluas, tapi gagal bertindak.

Namun, MGN menyangkal terlibat dalam peretasan telepon. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari pembelaan penerbit terhadap klaim yang diajukan Harry dan individu lain, termasuk ahli waris mendiang penyanyi George Michael, atas dugaan pengumpulan informasi yang melanggar hukum untuk sejumlah publikasi di media-media MGN, yang juga mencakup The Sunday Mirror dan The Sunday People.


Durasi Sidang Dugaan Peretasan Telepon Pangeran Harry

Sidang Pengadilan Tinggi akan berlangsung enam atau tujuh minggu. Pangeran Harry diperkirakan akan memberikan kesaksian pada Juni 2023. Dalam sidang sebelumnya diberitahu bahwa kasus Harry mencakup 148 artikel yang diterbitkan antara 1996--2010, termasuk informasi yang diduga diperoleh melalui metode ilegal, seperti peretasan telepon.

Mewakili penerbit, Andrew Green KC mengatakan permintaan maaf itu tidak dibuat dengan tujuan taktis untuk mengurangi kerugian, tetapi dibuat karena perilaku seperti itu seharusnya tidak pernah terjadi. Persidangan terhadap MGN adalah yang terakhir dari beberapa kasus yang diajukan terhadap tabloid oleh Duke dan Duchess of Sussex selama beberapa tahun terakhir.

Harry juga terlibat dalam tindakan yang terkait dengan dugaan peretasan telepon terhadap dua perusahaan lain, yakni penerbit The Daily Mail, dan penerbit The Sun. Kedua perusahaan menyangkal melakukan kesalahan.

Dilansir dari CNN, Mirror Group Newspapers yang kini dimiliki Reach menyatakan "tanpa syarat meminta maaf dan menerima bahwa (Harry) berhak atas kompensiasi yang sesuai" untuk kasus pengumpulan informasi yang melanggar hukum hampir 20 tahun lalu. Insiden itu melibatkan seorang detektif swasta yang dibayar 75 pound sterling pada 2004 oleh Sunday People, tabloid yang dimiliki grup itu, untuk mengumpulkan informasi tentang Harry saat berada di klub malam di London.

Kejutan Main Piano di Kontes Eurovision

Kate Middleton Bikin Kejutan, Main Piano di Kontes Menyanyi Eurovision dengan Salah Satu Gaun Terbaik

Liputan6.com 2023-05-15 09:01:45
Kate Middleton tampil bermain piano untuk pembukaan kontes Eurovision. (dok. Instagram @princeandprincessofwales/https://www.instagram.com/p/CsMb48YuAWe/Dinny Mutiah)

Putri Wales Kate Middleton mengejutkan para penggemar. Ia tampil menjadi bintang tamu di tengah kompetisi menyanyi tingkat Eropa, Eurovision Song Contest pada Sabtu malam, 13 Mei 2023.

Bukan sekadar muncul, Kate Middleton tampil menunjukkan keahliannya bermain piano yang dimainkan di sesi pembukaan. Ibu tiga anak itu membawakan lagu yang digubah oleh Joe Price dan Kojo Samuel. Pertunjukan piano instrumentalnya itu diiringi Kalush Orchestra dari Ukraina.

Video Kate memainkan pianonya diambil di Crimson Drawing Room di Istana Windsor. Unggahan cuplikan video Kate memainkan piano disertai keterangan, "Sebuah kejutan #eurovision. Senang bisa bergabung dengan Kalush Orchestra dalam penampilan spesial entri @eurovision pemenang tahun lalu. Nikmati pertunjukannya, Liverpool."

Kate tampil dengan gaun one-shoulder Marlowe yang dirancang desainer kesayangannya, Jenny Packham. Gaun tersebut memperlihatkan garis leher asimetris yang menampilkan kesan bak dewi, korset berhiaskan permata setinggi pinggang, dan rok sifon yang mengembang saat dia duduk di depan piano.

Rambut cokelatnya ditata dengan belahan samping dan rambutnya dikeriting ikal jatuh. Ia memberi penghormatan kepada mendiang Ratu Elizabeth II melalui akesori yang dikenakannya, yakni sepasang anting fringe bermata safir dan berlian milik Ibu Suri yang menjadi bagian koleksi perhiasan pribadi mendiang ratu.

Dikutip dari Hello Magazine, Senin (15/5/2023), penampilan kejutan Kate saat main piano itu dijuluki oleh sejumlah penggemar mode kerajaan sebagai 'busana terbaiknya.'


Penghormatan Kate Middleton untuk Ukraina

Seorang warganet mencuit, "Saya tidak bisa membayangkan betapa indahnya gaun itu bergerak jika semua yang kita lihat adalah diam. Ini membuat saya memilih apa yang saya harap dia kenakan ke acara tiara akhir tahun ini. Saya ingin melihat seluruh tampilan benar-benar bersinar!"

"Gaun yang sangat cantik dan saya suka tampilannya saat duduk di depan piano," imbuh warganet berbeda.

Yang lain juga melontarkan komentar senada. Ia menulis, "Salah satu penampilan terbaiknya. Suka dengan semuanya itu. Seluruh adegan saat dia bermain piano dengan gaun indah adalah seperti dongeng."

Gaun biru cobalt yang dipilihnya bukan sekadar untuk mempercantik penampilannya. Lewat busana itu, ia ingin memberi penghormatan pada Ukraina yang merupakan pemenang kontes pada tahun lalu, tetapi tak bisa menjadi tuan rumah kompetisi tahun ini akibat konflik bersenjata dengan Rusia.

Bukan sekali itu Kate menunjukkan dukungannya pada rakyat Ukraina. Salah satunya saat ia beraudiensi dengan Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska saat ia mengunjungi London untuk menghadiri persemayaman Ratu Elizabeth II. Lawatannya saat itu juga untuk memberi penghormatan terakhir kepada Ratu Inggris 'atas nama semua warga Ukraina'.


Raga Dukungan Kate pada Rakyat Ukraina

Kate Middleton juga menunjukkan dukungan untuk rakyat Ukraina saat menghadiri Commonwealth Day Service di Westminster Abbey, Senin, 14 Maret 2022. Dikutip dari People, Selasa, 15 Maret 2022, ia berbalut busana serba biru dari Catherine Walker & Co. Istri Pangeran William tersebut mengenakan gaun mantel wol crepe berkerah beludru sutra dilengkapi topi dan sarung tangan.

Namun, anting-anting dan kalung Kate Middleton tampaknya jadi pesan halus tanda mendukung Ukraina di tengah invasi Rusia yang sedang berlangsung ke negara itu. Perempuan berusia 40 tersebut mengenakan perhiasan safir dan berlian.

Aksesori pemanis itu adalah perhiasan yang sama ketika ia kenakan pada Oktober 2020. Momentum tersebut mempertemukan Kate dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan istrinya, Olena Zelenska, di Istana Buckingham.

Set perhiasan itu diyakini berasal dari koleksi Putri Diana. Aksesori cantik tersebut sangat cocok dengan cincin pertunangan mendiang Diana yang kini dikenakan Kate.

Sebelumnya, Kate dan Pangeran William kunjungan mendadak ke Pusat Kebudayaan Ukraina di London untuk mendengar tentang upaya yang dilakukan untuk mendukung warga Ukraina di Inggris dan di seluruh Eropa. Mereka bahkan membawa brownis cokelat dan granola bar buatan sendiri dari Istana Kensington untuk para relawan.


Penampilan 'Sederhana ' Kate Middleton di Upacara Penobatan Raja Charles III

Sementara, gaya penampilan Putri Wales di upacara penobatan Raja Charles III dan sang istri, Camilla, menuai perhatian. Ia memancarkan kesan elegan saat muncul berbalut jubah biru resmi kerajaan dan double headpiece mewah yang terlihat seperti tiara di kepalanya.

Lewat foto keluarga resmi usai penobatan yang diunggah di laman akun Instagram resmi Raja Charles III dan Ratu Camilla baru-baru ini, terungkap bahwa di balik jubah biru yang tersemat di tubuh Kate, istri Pangeran William itu mengenakan gaun warna putih ivory yang desainnya sangat tak asing.

Gaun itu menonjolkan potongan garis leher kerah V dihiasi elegan dengan sulaman dan detail yang sama di sepanjang bagian lengannya. Kate melengkapi penampilannya dengan kalung berlian milik mendiang Ratu Elizabeth II, kalung Diamond Festoon.

Melansir laman Hello Magazine, Selasa, 9 Mei 2023, gaun putih yang dipakai Kate di sesi pemotretan resmi penobatan Raja Charles III tersebut mirip gaun yang penah dikenakan Kate di acara pesta resepsi Diplomatic Corps Reception pada 2019. Gaun tersebut keluaran rumah mode Alexander McQueen.

Bedanya, gaun yang terbuat dari velvet alias beludru yang dikenakannya pada 2019 tersebut berwarna navy blue alias biru tua dan dipasangkan dengan tiara legendaris, Lover's Knot Tiara dari Garrard.

Seleksi Pria Ala Prilly

Prilly Latuconsina Seleksi Pria Yang Berusaha Mendekatinya: Kan Nggak Mau Salah Pilih

Liputan6.com 2023-05-15 15:00:00
Prilly Latuconsina tak tinggal diam kala namanya dikaitkan alias terseret dalam dugaan pencucian uang Rp 4,4 triliun artis P. (Foto: Dok. Instagram @prillylatuconsina96)

Tak berlebihan rasanya jika Prilly Latuconsina termasuk wanita idaman pria, mengingat parasnya yang cantik serta memiliki karir cemerlang. Namun nyatanya, artis 26 tahun ini masih setia menyendiri.

Menurut Prilly Latuconsina, hidup memang tidaklah sempurna. Ketika seseorang merasa baik untuk urusan karier, ada sisi kehidupan lain yang harus diperjuangkan secara ekstra.

"Memang hidup itu tidak ada yang sempurna ya. Kadang kalau dikasih rejekinya di karier, ada tempat lain yang tidak terpenuhi. Ya itu wajar, karena masing-masing udah ada rezekinya," ujar Prilly Latuconsina di Kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu (14/5/2023).

"Temen aku nikahnya cepat, tapi dia enggak bisa berbisnis. Ada juga yang punya anaknya cepat, tapi dia enggak bisa berkarier karena harus mengurus anak. Ya aku kariernya lancar, tapi belum dapat jodoh," pemeran Yumi dalam sinetron Hanya Kamu, menambahkan.


Tak Mau Salah Pilih

Prilly Latuconsina mengaku selektif dalam mencari pria yang bakal menjadi pasangannya. Ia menuturkan, hal itu penting dilakukan agar tidak menyesal di kemudian hari.

"Selektif itu wajar ya. Semua perempuan dan laki pun harus selektif karena seumur hidup. Jadi ya pasti selektif, kan enggak mau salah pilih," ujarnya.


Tetap Membuka Hati

Ketimbang memikirkan jodoh, sementara ini dara kelahiran 15 Oktober 1996 mengaku ingin fokus mengejar mimpinya yang belum terwujud.

Meski begitu, ia tetap membuka hati untuk pria yang mencoba mendekati. "Sekarang aku memilih untuk sendiri dan konsentrasi sama mimpi dan tujuan aku. Aku sih membuka pintu pada siapapun yang datang," akunya.


Bisnis Roti

Saat ini Prilly Latuconsina diketahui tengah menekuni bisnis rotinya. Ia diketahui membuka toko kue berbasis kafe, yang terinspirasi dari kedai-kedai di Eropa.

"Semoga bisa buka di seluruh Indonesia. Bisa besar dan buka lapangan pekerjaan yang banyak. Harapannya semoga bisa memberikan rezeki yang banyak buat semuanya," pungkas Prilly Latuconsina. (M. Altaf Jauhar)

Rawon Sup Terbaik di Dunia

Rawon Puncaki Daftar Sup Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas

Liputan6.com 2023-05-14 19:00:00
Rawon Setan Mbak Endang (Liputan6.com/Putu Elmira)

Kekayaan gastronomi Tanah Air telah termasyhur ke mancanegara. Tak sedikit pula makanan Indonesia yang meraih predikat terbaik hingga terenak dan salah satu di antaranya adalah rawon.

Sajian berbahan dasar kluwek ini meraih posisi pertama dalam daftar sup terbaik di dunia versi TasteAtlas. Peringkat deretan sup dari seantero dunia ini telah diperbarui pada 24 April 2023 lalu.

Rawon yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur ini meraih 4,8 dari 5 bintang. TasteAtlas menulis sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai.

"Namun, elemen kuncinya adalah buah kluwek, biji hitam Indonesia. Bumbu Indonesia yang tidak biasa ini sangat beracun saat mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi," lanjut laman tersebut.

TasteAtlas juga menulis, "Itu digiling dengan bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa yang bersahaja dan asam serta warna hitam gelap yang unik. Asal muasal sajian tersebut diyakini dari kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur."

Ada pula disertakan beberapa rekomendasi untuk menyantap rawon, mulai dari di kawasan Surabaya, Malang, hingga Jakarta Selatan. Ini bukan kali pertama Rawon masuk salah satu daftar sup terbaik di dunia.

Sebelumya, rawon pada September 2022 lalu menduduki posisi delapan dalam daftar sup terbaik di dunia versi TasteAtlas. Kala itu, khao soi, hidangan khas Thailand Utara menyabet posisi pertama.


Daftar Sup Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas pada April 2023

Rawon adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, elemen kuncinya adalah buah kluwek, biji hitam Indonesia.

Tonkotsu adalah jenis ramen unik yang terdiri dari kaldu babi berlemak yang sangat kaya, mi segar, kuning telur lembut, dan perut babi empuk yang meleleh di mulut. Ini sangat populer dan spesial sehingga bisa menjadi hidangan tersendiri, bukan hanya gaya ramen.

Ramen biasanya diberi daun bawang untuk kecerahan dan semangat, rebung untuk rasa renyah, kacang, rumput laut nori untuk kerenyahan, dan jagung manis untuk rasa yang lebih enak. Kaldu yang kaya dikembangkan dengan memasak tulang babi dalam waktu yang sangat lama, hingga kolagen dan lemaknya larut, menghasilkan tekstur hidangan yang unik dan lembut.

Mercimek orbas adalah sup Turki favorit yang dibuat dengan kacang-kacangan merah, kaldu ayam, bawang bombay, dan wortel. Sajian ini sering dibumbui dengan garam, merica, jintan, atau paprika. Mudah disiapkan, diisi, dan dihangatkan, sup ini dikonsumsi untuk sarapan, makan siang, atau makan malam di daerah pedesaan Turki, terutama di tempat makan lokal yang dikenal sebagai lokantas.


4. Tom kha gai - Thailand Utara, Thailand

Tom kha gai adalah hidangan lezat nasional Thailand yang datang dari utara dan membawa pengaruh negara tetangga Laos. Ini adalah sup yang namanya diterjemahkan menjadi sup ayam lengkuas rebus, terdiri dari santan, potongan ayam atau suwir, lengkuas (tanaman kayu berwarna cokelat kemerahan atau merah muda terkait dengan jahe), serai, bawang putih, cabai rawit, daun jeruk purut, kecap ikan, dan jamur shiitake.

Hidangan tradisional dari Semenanjung Yucatan, Meksiko. Sopa de lima adalah sup ayam dan tomat yang pedas dan beraroma, bertentangan dengan namanya yang membuat orang mengira limau adalah bahan utama hidangan ini. Namun, supnya dibumbui dengan jeruk nipis Yucatan yang unik dan pahit serta cabai habanero pedas.

Hot pot versi Taiwan dimakan selama musim dingin, dan terutama pada hari-hari yang dingin dan hujan. Resepnya tidak diatur, melainkan terdiri dari sepanci kaldu dan berbagai bahan yang dimasak di dalamnya, lalu dicelupkan ke dalam kuah pendamping sebelum dikonsumsi.

Ciorba Radauteana adalah sup tradisional Rumania yang dibuat dengan kombinasi ayam, bawang merah, paprika merah, seledri, wortel, jus lemon, bawang putih, peterseli, dan krim asam. Bahan-bahan tersebut direbus dengan api sedang hingga daging dan sayuran menjadi empuk.

Bori-bori (vori-vori) adalah sup hangat Paraguay yang diisi dengan daging (biasanya daging sapi atau ayam), pangsit lembut yang terdiri dari tepung jagung dan keju, serta sayuran seperti wortel, seledri, dan bawang bombay. Supnya secara tradisional dibumbui dengan daun salam, cengkeh, dan peterseli, sedangkan kunyit memberikan warna keemasan yang kaya.


9. Ramen - Jepang

Ramen adalah sup mi yang pertama kali muncul di Jepang pada 1910, ketika juru masak China menggabungkan mi dengan kaldu asin. Mi keriting ini berwarna kuning cerah dan lebih elastis daripada mi Jepang yang dibuat pada saat itu, adonannya diremas dengan air mineral yang mengandung natrium karbonat yang disebut kansui. Pada 1958, namanya berasal dari pengucapan kata mandarin lamian (mi tarik), dan pada tahun yang sama, Nissin Foods memproduksi mie instan versi pertama dengan kaldu rasa ayam yang disebut Ramen Ayam.

Ramen shoyu berbahan dasar kecap adalah salah satu dari empat kelompok utama ramen, hidangan mi yang dipuji karena rasanya yang istimewa. Mi, kuah kaldu, dan aneka topping adalah tiga elemen penting dalam setiap mangkuk ramen.

Kuahnya yang berwarna gelap dan asin inilah yang membedakan shoyu dari jenis lainnya. Biasanya menggunakan kaldu daging atau seafood, yang dicampur dengan kombinasi kaldu kombu dan kecap yang harum. Mi gandum keriting segar biasanya digunakan dalam shoyu ramen. Dimasak secara terpisah, mereka disajikan dalam mangkuk dan disiram dengan kaldu yang kaya.

Palmyra, Pulau Termahal Sedunia

Mengenal Palmyra, Pulau Termahal Sedunia yang Tak Bisa Dikunjungi Tanpa Izin

Liputan6.com 2023-05-14 07:00:56
Pulau Termahal di Dunia Menurut Guinness World Records (Tangkapan layar dari website guinnessworldrecords.com)

Dalam upaya melestarikan salah satu tempat paling murni yang tersisa di Pasifik tropis, The Nature Conservancy membeli atol Palmyra 23 tahun lalu dengan harga yang sangat mahal.

Atol Palmyra adalah gugusan pulau karang tak berpenghuni yang megah, 1.450 km barat daya Honolulu, Hawaii. Atol itu dibeli seharga $30 juta setara Rp442 miliar, dari keluarga Fullard-Leos, keluarga Honolulu yang telah memilikinya selama 80 tahun.

Akuisisi tersebut menjadikan Palmyra pulau termahal yang pernah dijual.

Palmyra penuh dengan banyak harta karun. Mengutip dari Guinness World Records, Sabtu (13/5/2023), pulau ini terdiri dari 26 pulau kecil, berisi beberapa atol, terumbu karang, dan pulau yang paling terisolasi, tertua, dan tersehat serta merupakan rumah bagi dunia bawah laut dan terestrial yang bercahaya.

Palmyra memiliki spesies karang lima kali lebih banyak daripada Florida Keys dan tiga kali lebih banyak dari Hawaii. Di sini adalah rumah bagi invertebrata darat terbesar di dunia, kepiting kelapa, dan populasi burung booby berkaki merah yang hanya dapat ditemukan di Kepulauan Galapagos.

Vegetasi yang subur mendukung lebih dari satu juta burung dari 29 spesies, dan atol ini adalah satu-satunya habitat bersarang bagi burung laut dan burung pantai yang bermigrasi dalam 450.000 mil persegi (1.165.494 kilometer persegi) dari lautan.


Hutan Hujan Tropis Palmyra

Hutan hujan tropis Palmyra juga menyediakan habitat penting bagi native gecko, serangga, dan spesies langka lainnya.

Terdiri dari sekitar 680 hektar hutan di atas air dan 515.232 hektar tanah terendam dan perairan terbuka. Selain itu juga memiliki terumbu karang yang luas, tiga laguna dangkal, dan sejumlah pulau pasir dan batu karang serta batang yang ditutupi dengan vegetasi.

Palmyra Atoll tidak memiliki penduduk asli tetapi menampung sekelompok kecil staf dan ilmuwan sementara dari pemerintah AS danThe Nature Conservancy.

The Nature Conservancy dan US Fish and Wildlife Service telah bermitra dalam pengelolaan Palmyra sejak tahun 2000 untuk melindungi hutan belantara laut yang terancam punah, dan untuk mendirikan tempat bagi para ilmuwan konservasi untuk melakukan pekerjaan mereka.


Penemuan Kapal yang Menjadi Cikal Bakal Nama Pulau Palmyra

Palmyra dinamai oleh kapten kapal Amerika Cornelius Sowle, yang kapalnya bernama The Palmyra, terdampar saat badai pada tahun 1802.

Menurut The Naval Chronicle tahun 1805, pada saat penemuannya, Kapten Sowle menulis:

Di tahun 1816, sebuah kapal bajak laut Spanyol bernama Esperanza, sarat dengan jarahan dari kuil-kuil Inca, karam di terumbu karang atol dan muatannya hilang selamanya.

Pada 1862, dua orang asal Selandia Baru yang menikah dengan wanita Hawaii, memperoleh akta atol dari Raja Kamehameha V, dan ketika Hawaii dianeksasi ke AS pada tahun 1898, Palmyra dikeluarkan.

Pulau ini akhirnya diserahkan kepada Fullard-Leos bersaudara, sebuah keluarga kontraktor atap, yang membeli atol seharga $70.000 (Rp1 miliar) sebelum kemudian diakuisisi oleh The Nature Conservancy.

Mengunjungi Palmyra membutuhkan izin dari US Fish and Wildlife Service.


4 Cara untuk Mengunjungi Pulau Palmyra

Situs web mereka menyatakan: "Akses publik ke Palmyra Atoll bersifat terbatas karena biaya perjalanan yang sangat tinggi ke tujuan yang begitu jauh. The Nature Conservancy memiliki dan mengoperasikan satu-satunya landasan pacu pesawat di Palmyra, dan dengan kapal memakan waktu 5--7 hari perjalanan berlayar dari Honolulu".

Ada empat cara masyarakat untuk dapat memperoleh akses ke tempat perlindungan ini yaitu:

1. Bekerja, dipekerjakan, atau menjadi sukarelawan untuk The Nature Conservancy atau Fish and Wildlife Service

2. Melakukan penelitian ilmiah melalui Fish and Wildlife Service Special Use Permits

3. Undangan melalui perjalanan donor yang disponsori The Nature Conservancy

4. Kunjungan dengan perahu layar rekreasi pribadi atau perahu motor.

Sampai hari ini, Palmyra Atoll adalah satu-satunya wilayah yang tergabung di Amerika dan mereka yang berkunjung harus membekukan dan mendisinfeksi barang-barang mereka untuk menghindari masuknya spesies invasif baru.

Awas Serangan Flu Babi Afrika

Flu Babi Afrika Kembali Serang Indonesia, Epidemiolog: Belum Ada Penularan ke Manusia

Liputan6.com 2023-05-15 09:45:22
Sejumlah babi melompat ke kolam di sebuah peternakan di Shenyang, Liaoning, China, (17/8). Dengan cara ini babi-babi dinilai akan banyak bergerak sehingga mengurangi kandungan lemak ditubuhny

Flu Babi Afrika atau istilahnya African Swine Fever (ASF) kembali ditemukan di Indonesia. Awal mulanya, temuan virus ASF menyerang babi di Pulau Bulan, Batam belum lama ini. Namun, belum ada laporan penularan di daerah lain.

Epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman menyampaikan, penyakit Flu Babi Afrika sampai saat ini belum ada laporan temuan penularan ke manusia. Artinya, virus ASF hanya menyerang babi dan tidak bersifat zoonotik (zoonosis) -- yang menular ke manusia.

"Kabar baiknya, sejauh ini belum ada, tanda atau pun kecenderungan ini akan berubah menjadi zoonotik virus. Artinya, virus yang ada di hewan pindah ke manusia," ujar Dicky melalui keterangan yang diterima Health Liputan6.com pada Minggu, 14 Mei 2023.

"Jadi sejauh ini 100 persen, dia sifatnya penyakit hewan saja. Tidak ada potensi atau pun tanda menginfeksi manusia."

Laporan temuan virus African Swine Fever (ASF) asal Batam ini sebenarnya pertama kali dilaporkan Singapura. Bahwa ditemukan ASF pada babi di rumah pemotongan hewan di Jurong, Singapura.

Strait Times menuliskan, babi tersebut berasal dari Indonesia. Singapura pun memilih untuk menghentikan sementara impor babi hidup dari Indonesia.

Tindak selanjutnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI pada 4 Mei 2023 mendalami kasus temuan Badan Pangan Singapura terkait ditemukannya virus Flu Babi Afrika atau African Swine Fever (ASF) terhadap babi yang di ekspor dari Pulau Bulan, Batam.


Pengujian Virus African Swine Fever

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan Didi Sumedi mengatakan, adanya temuan Flu Babi Afrika akan dilakukan pengecekan ke produsen.

"Kita sedang dalami temuan itu seperti apa dan kita akan lakukan cek ke produsen yang ditemukan virus itu," katanya saat di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (4/5/2023).

Apabila setelah dilakukan pengujian terbukti ditemukan virus ASF. Maka, Kemendag akan segera menyelesaikan persoalan tersebut agar aktivitas ekspor babi ke Singapura bisa berlanjut.

Diketahui, akibat mencuatnya kasus Flu Babi Afrika, Pemerintah Singapura akhirnya memutuskan untuk menghentikan sementara impor babi hidup dari Indonesia.

Lebih lanjut, Kemendag akan menggandeng Kementerian Pertanian untuk berkoordinasi agar bisa membantu mengawasi kegiatan ekspor babi hidup di kawasan peternakan Pulau Bulan, Batam.

Sebagai informasi, African Swine Fever (ASF) adalah penyakit pada babi yang sangat menular dan dapat menyebabkan kematian pada babi hingga 100 persen, sehingga mengakibatkan kerugian ekonomi yang sangat besar. Virus ASF sangat tahan hidup di lingkungan serta relatif lebih tahan terhadap disinfektan.


Investigasi Flu Babi Afrika

Badan Karantina Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng Badan Pangan Singapura atau Singapura Food Agency (SFA) untuk menginvestigasi temuan virus Flu Babi Afrika atau African Swine Fever (ASF) pada babi asal Pulau Bulan, Batam.

Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, Barantan, Wisnu Wasisa Putra melaporkan hasil join investigasi.

"Hasil join investigasi bersama antara Indonesia dan Singapura terjadi kematian babi yang cukup besar di Pulau Bulan, namun dengan gejala klinis mengarah ke Classical Swine Fever (CSF) atau Hog Cholera," ujarnya dalam keterangan, Minggu 7 Mei 2023.

Wisnu mengatakan Pemerintah telah secara aktif berkoordinasi dengan Singapura. Koordinasi antara Badan Karantina, Direktorat Kesehatan Hewan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan Singapura telah dilakukan pada 28 April 2023 yang lalu di kantor produsen, PT Indo Tirta Suara (ITS).

Selain itu, Badan Karantina juga melakukan pemantauan terhadap importasi pakan dan bahan pakan yang masuk ke Pulau Bulan sebagai langkah kewaspadaan kemungkinan masuknya ASF di Pulau Bulan.


Virus African Swine Fever Masuk Sejak 2019

Wisnu Wasisa Putra menjelaskan, sebenarnya virus African Swine Fever (ASF) telah masuk di Indonesia sejak 2019 di Medan dan penyebarannya hanya di lokasi yang sama. Sementara di Pulau Bulan, secara berkala dilakukan pengujian hingga ditetapkan bebas ASF.

"Memang pada Februari 2023 itu di Singapura ada kejadian ASF pada babi liar. Frekuensi ada tiga kali. Kita juga lagi mencari jalur masuknya virus di Pulau Bulan," jelasnya, Rabu (10/5/2023).

"Karena perusahaan sudah melakukan bius ketat tetapi masih ada ASF. Jalur masuknya kan banyak bisa dari alat akut. Kita sedang investigasi jalur masuknya dari mana."

Dalam penanganan virus ASF di Batam, Kementan telah memberikan obat antibodi pada babi-babi sehat di Batam. Karena belum menyebar ke berbagai wilayah, virus ASF belum dinyatakan sebagai wabah.

"Ini tidak dibilang wabah, karena ini kan cuma satu tempat saja. Kalau menular ya menular cuma ke sesama babi," sambung Wisnu.

Kementan juga melakukan pengujian bebas ASF secara berkala. Adapun persyaratan khusus bebas ASF pada babi di antaranya, keamanan lingkungan dan pengujian tes pada babinya.

Bisikan Jokowi soal Capres Pilihan

HEADLINE: Jokowi Akan Bisiki Pilihan Capres-Cawapres jika Koalisi Rampung, Prediksinya?

Liputan6.com 2023-05-16 00:02:40
Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam puncak musyawarah rakyat (Musra) Indonesia yang digelar di Istora, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (14/5/2023) (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menerima amplop berisi nama-nama calon presiden hasil Musyawarah Rakyat (Musra) relawan yang digelar di GBK, Minggu 14 Mei 2023. Amplop tersebut mengundang penasaran Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Dia pun menanyakan langsung kepada Presiden Jokowi.

Namun sang Kepala Negara menyimpan rapat-rapat nama tersebut. Dia belum mau membocorkan siapa kandidat capres hasil rekomendasi Musra. "Tadi Bapak Presiden mengatakan sudah terima amplop tapi belum dibuka. Tadi pagi saya tanya belum dibuka juga," ujar Airlangga di Istana, Jakarta, Senin (15/5/2023).

Sementara itu Presiden Jokowi mengungkapkan dirinya masih menunggu partai politik merampungkan pembahasan koalisi untuk membisikkan nama capres cawapres pilihan musra. Sebab ia menilai, saat ini belum tepat momentumnya untuk membuka isi amplop tersebut.

"Sehingga itu bagian saya untuk memberikan bisikan kuat kepada partai-partai yang sekarang ini koalisinya belum selesai. Jadi kalau saya ngomong sekarang, untuk apa?" lanjut Jokowi.

Penanggung jawab Musra, Budi Arie, mengungkapkan terdapat beberapa nama capres yang didukung masyarakat melalui musra. Di antaranya, capres PDIP Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Dia menegaskan pihaknya tidak mengutak-atik hasil musra. Dia hanya menyerahkan hasil musra dan setelahnya menjadi keputusan Presiden Jokowi untuk mengambil keputusan. Lantas siapa sosok yang bakal didukung Jokowi dalam ajang Pilpres 2024?

Menurut Pengamat/Analis Politik Arifki Chaniago, pernyataan-pernyataan yang disampaikan Jokowi dalam Musra tidaklah mengarah kepada Ganjar Pranowo. Dalam kode-kode yang diberikan, Jokowi mencirikan sosok 2024 menjurus kepada Prabowo Subianto.

"Kalau kita melihat dari narasi Pak Jokowi di Musra, ini menunjukkan ada sinyal berbeda dari Pak Jokowi. Orang menyangka, narasi musra mengarah ke Ganjar tetapi Jokowi mencirikan figur 2024 ini bisa mengarah ke Prabowo melihat koalisinya yang lagi diutak-atik," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (15/5/2023).

"Makanya jika Jokowi mengarah dukungannya ke Ganjar Pranowo, PDIP kan tidak harus berkoalisi. Sedangkan yang perlu KIB dan KKIR. Saya menangkap, sinyal justru mengarah ke Prabowo karena kesan pemberani dan istilah lainnya yang mencirikan seperti Prabowo," ujar Direktur Eksekutif Aljabar Strategic ini.

Arifki mengungkapkan restu Jokowi sangat menentukan dalam ajang kontestasi Pilpres 2024. Sebab hal itu dapat mengarahkan bagaimana soal infrastruktur politik yang dikelola oleh capres yang didukung Jokowi.

"Secara infrastruktur, capres ini akan didompleng oleh Jokowi, dan kemungkinan Pak Jokowi akan menyiapkan orang yang akan menjadi bagian dari restu, baik Ganjar atau Prabowo. Tentu bukan Anies yang dimaksud Jokowi untuk melanjutkan suksesi kepemimpinan di 2024," ujarnya.

Untuk itu, Arifki menegaskan, antara Ganjar dan Prabowo memiliki kesempatan menang lebih besar ketimbang Anies. Terlebih para relawan Jokowi saat ini dukunganya terbelah.

"Sementara ini, Projo dan Bara JP yang terbilang cukup besar kekuatannya belum menyatakan dukungannya seperti Joman, kemana akan memberi dukungan sosok capres. Saya menduga Projo dan Bara JP nantinya ikut berperan dalam menentukan, kemana Jokowi akan berlabuh," terang dia.

Ia memandang koalisi yang saat ini ada, masih dalam kondisi dinamis. Otak-atik koalisi masih dilakukan guna mencari sosok cawapres yang tepat dan berujung pada kemenangan.

"Saya melihat juga ada otak atik koalisi hari ini dalam menentukan cawapres, apakah Airlangga atau Cak Imin. Ini dinamika di level parpol menjelang pendaftaran Oktober. Selain itu, koalisi perubahan juga masih mungkin kehilangan satu partainya. Maka perombakan format koalisi ini masih mungkin berubah," Arifki menandaskan.

Sedangkan Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai kehadiran Jokowi dalam acara Musra sebagai bentuk wadah politiknya dalam konteks membangun sebuah kekuatan. Sebab Jokowi dianggap sosok yang tidak memiliki power dalam struktur partai.

"Ketika Pak Jokowi bukan ketua umum partai, tidak punya kekuatan sebagai ketua umum partai, maka ya mainannya di Musra itu. Bagian dari pada mainan politik Jokowi dalam konteks membangun sebuah kekuatan. Kelihatannya Pak Jokowi ingin menunjukkan bahwa walaupun dia bukan ketua umum partai, tetapi ia ingin menjadi king maker dalam konteks capres-cawapres itu," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (15/5/2023).

Karena itu, tiga nama yang muncul dalam rekomendasi Musra tersebut merupakan sosok yang berada di lingkarannya. Nama-nama tersebut dianggap dapat meneruskan pembangunan yang dilakukan oleh Jokowi. "Saya melihatnya ketika tiga nama dimunculkan bagi saya itu tidak aneh dan heran," kata dia.

Namun demikian, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini menilai Jokowi belum mengunci nama capres yang akan didukung dalam Pilpres 2024. Lobi lobi politik masih akan terus dilakukan ke berbagai pihak, termasuk partai dan capres.

"Pak Jokowi atuau relawan tidak mengunci satu nama. Jadi bisa memungkinkan Pak Jokowi untuk melobi ke banyak partai termasuk melobi ke banyak capres. Kalau kita lihat, konstruksi capres yang ada, sebenarnya tiga nama musra itu mengerucut kedua nama. Prabowo dan Ganjar, karena kelihatannya yang memiliki elektabilitas tinggi ya Prabowo dan Ganjar, sedangkan Anies itu kan di pihak lawan, oposisi. Maka namanya tidak ada," jelas Ujang.

Ia melihatnya soal bisik membisik, Jokowi akan melobi Megawati terkait Ganjar. Sedangkan Prabowo langsung kepada yang bersangkutan. "Persoalannya nanti apakah Pak Jokowi mendukung kepada tiga atau dua nama itu yang beredar kencang jadi capres, kemungkinan Pak Jokowi akan melobi dua-duanya," kata dia.

Terkait dengan cawapres yang dihasilkan dari Musra, Ujang menilai kans Mahfud lebih besar ketimbang lainnya. Dalam rekomendasi cawapres dari Musra, ada nama Menkopolhukam Mahfud MD, Ketua Umum Kadin Arsyad Rasyid, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno.

"Yang punya kans besar dari nama yang muncul, mungkin Mahfud Md menjadi kuat karena sedang bagus-bagusnya di mata publik terkait penungkapan kasus mafia pajak dan sebagainya, dibandingkan lainnya," ujar dia.

Ujang juga menyoroti soal skema dua paslon capres cawapres dalam Pilpres 2024. Kedua capres tersebut, kata dia, bisa jadi berasal dari all men's Jokowi lantaran Anies Baswedan dianggap sebagai oposisi.

"Sangat mungkin, karena Anies dianggap oposisi, jadi ya perlu dieliminasi, kira kira begitu, dimanapun kan yang namanya lawan, perlu dilemahkan. Kalau kita hubungkan dengan hasil Musra, nama-nama tiga hasil musra itu kan tidak ada Anies Baswedan, artinya dua pasangan ya mungkin, satu, terkait dengan politik, ingin all jokowi's men, atau all presiden's men. Kedua kan memang kalau putaran kedua anggarannya juga berat. Artinya kalau tiga pasangan, anggarannya membludak, karena dua putaran. Jadi bisa saja skema dua pasangan capres itu terjadi, mungkin. Dalam politik serba mungkin," terang Ujang.

Adapun Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta) Adi Prayitno melihat pada kontestasi Pilpres 2024, Jokowi menginginkan adanya friendly match atau pertandingan pesahabatan, yang mana diikuti oleh orang-orang di lingkarannya.

"Kalau kita melihat politik secara umum, sepertinya Jokowi itu berharap yang bertanding di Pilpres 2024 itu all Jokowi's men yaitu orang orang Jokowi misalnya, Ganjar, ada Prabowo, ada Airlangga Hartarto. Tiga nama ini kan yang direkomendasikan oleh Musra," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (15/5/2023).

Sementara untuk calon wakil presiden, lanjut dia, masih termasuk mereka yang menjadi orang dekatnya. Jokowi menginginkan di Pilpres itu yang bertanding adalah orang yang saat ini berada di inner circle kekuasaan politiknya.

"Jadi siapa pun yang bertanding, itu semacam friendly match, pertandingan persahabatan antara sesama orangnya Jokowi dan bisa memastikan siapa pun nanti yang menjadi presiden adalah mereka yang melanjutkan semua legacy yang sudah dilakukan oleh Jokowi," dia menegaskan.

Sedangkan menurut pengamat politik dari Universitas Brawijaya Anang Sujoko, penyampaian aspirasi yang dilakukan Musra merupakan bagian dari demokrasi. Meski begitu, belum tentu usulan tersebut bisa terwujud. Dalam sistem politik di Indonesia yang saat ini berlaku, untuk dapat menjadi capres cawapres resmi, mereka harus didaftarkan oleh parpol peserta pemilu ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam penentuan capres dan cawapres yang dilakukan oleh Musra, Anang mensinyalir adanya kepentingan kelompok tertentu yang ingin mengajukan calonnya untuk dapat diusung di pilpres 2024. Anang juga mensiyalir adanya lembaga survei yang memiliki kepentingan untuk dapat mengajukan capres cawapres tertentu dengan memasukan persentase tertentu kepada kandidat tertentu.

Ketika menjelang pemilu, banyak kepentingan yang akan bermain. Anang melihat beberapa pihak yang memiliki kepentingan untuk bermain seperti lembaga survei, parpol, oligarki ekonomi.

Menurut Anang, sejatinya hasil Musra atau survei hanya sebagai pemantik saja. Sehingga dampak besar atau kecilnya pemantik tersebut ditentukan oleh beberapa pihak yang memiliki kepentingan tersebut.

Hasil Musra atau survei yang dilakukan oleh beberapa lembaga, menurut Anang, saat ini dijadikan kendaraan dari pihak tertentu yang memiliki kepentingan terhadap capres cawapres. Hasil tersebut seolah-olah mereka peduli kepada masyarakat dan dijadikan sebagai salah satu penyerap aspirasi masyarakat.

"Namun kenyataannya hasil Musra dan survei politik tersebut sejatinya bisa dijadikan legitimasi calon tertentu. Namun yang harus diingat dalam aturan yang berlaku saat ini capres dan cawapres yang akan mengikuti kontestasi pilpres diajukan oleh parpol atau koalisi parpol peserta pemilu 2024," ungkap Anang.

Anang percaya betul, parpol yang tidak memiliki kepentingan terhadap hasil Musra atau survei lembaga tertentu tidak akan serta-merta menggunakan hasil atau rekomendasi tersebut. Parpol dengan mesin politik yang baik sudah memiliki sistem untuk menyerap aspirasi mengenai capres cawapres yang diinginkan oleh masyarakat.

"Parpol yang tak memiliki kepentingan, belum tentu tertarik dengan hasil Musra atau survei. Parpol pasti memiliki data yang dihimpun dari mesin politik mereka. Mereka lebih yakin dengan data yang dihimpun mesin politiknya. Parpol pasti sudah tahu siapa aktor intelektual di belakang rekomendasi Musra atau lembaga survei yang merekomendasikan calon tersebut. Sehingga parpol yang tidak memiliki kepentingan pasti tak akan mempertimbangkan hasil Musra, "ujar Anang.

Jika parpol atau koalisi parpol gegabah memilih capres cawapres yang tidak popular dan rendah elektabilitas, Anang memastikan mereka akan mengeluarkan effort lebih untuk memenangkan pilpres dan pileg di pemilu ini. Sebab mereka selain harus memperkenalkan capres yang tak popular dan elektabilitas rendah dalam pilpres, mereka juga memiliki tugas untuk memenangkan pileg agar tak tersingkir dari pemilu berikutnya.

Sehingga memilih capres cawapres yang tak popular dan elektabilitas rendah, parpol harus memiliki effort ganda untuk dapat memenangkan pemilu.


Demokrat Harap Tidak Ada Upaya Negara Mengendorse Salah Satu Paslon

Partai Golkar menyambut hasil Musyawarah Rakyat (Musra) relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang salah satunya mengusulkan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Presiden Partai Golkar, Nusron Wahid menilai, hasil tersebut semakin memantapkan sikap Golkar bahwa Airlangga layak menjadi presiden penerus Jokowi.

"Itu membuktikan bahwa Pak Airlangga dikehendaki oleh rakyat, sehingga sangat wajar kalau menjadi alternatif pemimpin Indonesia," kata Nusron Wahid, Senin (15/5/2023).

"Menjadi ideal Pak Airlangga untuk dijadikan presiden atau wakil presiden," sambung Nusron.

Adapun Partai Golkar saat ini tengah menjajaki koalisi dengan Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Melalui penjajakan koalisi itu, Golkar berharap bisa memasangkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Airlangga sebagai cawapresnya.

Hal itu juga sejalan dengan rekomendasi para relawan Jokowi yang juga memasukkan nama Prabowo sebagai salah satu calon presiden.

"Kan hasil Musra tiga. Ganjar, Prabowo dan Airlangga. Karena Ganjar sudah diusung sama PDI-P, maka selayaknya Prabowo-Airlangga. Pasti relawan Presiden Jokowi senang kalau keputusannya itu," kata Nusron.

Sementara itu Airlangga mengaku mengapresiasi hasil musra Jokowi yang juga menyebutkan namanya menjadi salah satu yang tertinggi. Ia berterima kasih telah masuk dalam nominasi yang digelar musra.

"Ya kalau salah satu yang diusulkan ya tentu berterima kasih kepada musra, kepada yang telah bekerja di 29 tempat," kata Menko Perekonomian.

Airlangga pun mengamini pernyataan Presiden Jokowi agar koalisi terus dimatangkan. "Tentu juga pidato Bapak Presiden koalisi antarpartai ini yang harus terus dimatangkan," ujar Airlangga.

Selain dari Airlangga, apresiasi serupa juga disampaikan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko yang namanya menguat di musyawarah rakyat atau Musra relawan Jokowi. Moeldoko bersyukur namanya bisa muncul dalam Musra relawan pendukung Jokowi.

"Namaku disebut ya? Aku soalnya nggak ikut, Alhamdulillah ya kalau diberi kepercayaan ya, selaku prajurit apapun kita lakukan," kata Moeldoko dalam konferensi pers perkembangan UU PRT di kawasan Jakarta Pusat, Senin (15/5/2023).

Moeldoko juga tak menyangka namanya bakal menguat sebagai capres dan cawapres di tengah relawan Pro Jokowi itu. Menurut dia, sekali ada kesempatan dia siap maju jika benar diusung.

"Ya, relawan, saya tidak tahu ya seperti apa perjuangannya, tapi saya lihat militan begitu memperjuangkan saya untuk maju ya itu kalau diberi kesempatan ya kita gas saja kan gitu," jelas dia.

Kendati demikian, Moeldoko mengaku belum ada pembicaraan dengan partai politik (parpol) perihal capres-cawapres untuk Pilpres 2024. Dia menyebut, hanya akan mengikuti proses politik yang berkembang antarparpol peserta Pemilu.

"Itu belum, belum, ini kan urusan istilahnya. Nah bagaimana proses politik berikutnya kita ikuti," kata Moeldoko.

Sedangkan Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief menilai sah saja Jokowi mengumpulkan relawan, selama bukan dilakukan di gedung pemerintahan.

"Selama tidak dikumpulkan di sarana negara maka itu hak dia. Tapi begini, dia masih menggunakan simbol negara artinya dia masih menjadi pemimpin alat-alat negara, hukum, militer, intelejen, BUMN, takutnya ditafsirkan oleh bawahannya sebagai bentuk harus mendukung salah satu calon, nah ini tidak fair," kata Andi pada wartawan, Senin (15/5/2023).

Menurut Andi, tidak adil apabila Jokowi mengunakan jabatannya mendukung salah satu paslon, dan membuat alat negara di bawahnya ikut mendukung salah satu paslon.

"Kedua, bahaya kalau terjadi head to head, sepeti 2014, seandainya itu terjadi presiden condong ke salah satu, maka dia tidak dipercaya rakyat, dan akan menimbulkan instabilitas nantinya," kata Andi.

Andi berharap tidak ada upaya negara mengendorse salah satu paslon apalagi berusaha membentuk hanya ada dua paslon di Pilpres 2024.

"Jangan dihalangi, jangan direkayasa berapa pun paslonnya. Mau 3 atau 4 paslon itu kewenang partai. Karena begitu presiden menggunakan powernya itu sangat berbahaya, bisa aparat hukum mentersangkakan dan dikerahkan," pungkasnya.


Tugas Jokowo Membisiki Nama Capres ke Koalisi Parpol

Presiden Joko Widodo atau Jokowi belum membuka nama-nama capres dan cawapres yang muncul dalam musyawarah rakyat (Musra) relawannya ke pihak manapun. Jokowi mengatakan, masih menunggu partai politik merampungkan pembahasan koalisi untuk membisikkan nama capres cawapres pilihan musra.

"Tadi di ruang tunggu para ketua menyampaikan kepada saya, beberapa nama yang kuat," kata Jokowi, dalam pidatonya di musra, Jakarta, Minggu (14/5/2023).

"Menurut konstitusi yang bisa mencalonkan itu adalah partai atau gabungan partai. Sehingga itu bagian saya untuk memberikan bisikan kuat kepada partai-partai yang sekarang ini koalisinya belum selesai. Jadi kalau saya ngomong sekarang, untuk apa?" lanjut dia.

Namun, dia menghargai apa yang dilakukan oleh relawan Jokowi dalam musra kali ini.

"Itu yang namanya strategi ya itu, jangan tergesa-gesa, jangan grusa-grusu, jangan pengen cepet-cepetan karena Belanda masih jauh. Tapi saya menghargai apa yang diakukan musra menjaring nama-nama yang diinginkan rakyat kita," kata Jokowi.

Dia juga bertanya kepada ribuan relawannya soal siapa sesungguhnya sosok pemimpin yang diinginkan rakyat Indonesia ke depan. Jokowi lantas meminta relawannya untuk tidak salah memilih pemimpin Indonesia selanjutnya.

"Saya tahu saudara-saudara semua ingin menyerap aspirasi rakyat benar? Siapa sih yang diinginkan rakyat? Jangan sampai keliru," kata Jokowi.

"Dan saya tahu saudara-saudara ingin mencari, menemukan capres dan cawapres yang benar dan tepat karena yang kita dengarkan adalah suara rakyat, suara akar rumput bukan suara elite," sambung dia.

Sementara itu Sekretaris Musyawarah Rakyat (Musra) Taki Reinhard Parapat meminta segenap relawan harus tegak lurus dengan arahan Presiden Jokowi di acara Musra. Pasalnya, Jokowi ingin agar para relawan bersabar dan tidak 'grasa-grusu' (terburu-buru).

"Presiden ingin tensi politik nasional tetap dingin. Soal nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) relawan harus percaya kepada Jokowi untuk berkomunikasi dengan partai politik," tulis Taki dalam keterangan diterima, Senin (15/5/2023).

Taki meyakini, dari pernyataannya, Jokowi juga menginginkan agar relawan melakukan sosialisasi figur nama capres dan cawapres kepada masyarakat sehingga pada Pilpres 2024 masyarakat bisa memilih pemimpin yang tepat dan benar.

"Relawan harus melakukan sosialisasi soal ciri-ciri capres yang sudah disebutkan Jokowi, seperti sosok yang berani demi kepentingan rakyat, berpandangan maju dan melanjutkan legacy yang telah dibuat di era Jokowi," dorong pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Kebangkitan Indonesia Baru (DPN KIB) ini.

Taki memastikan, Musra mengapresiasi sikap bijaksana Jokowi yang tidak menyebutkan sosok capres pilihannya. Hal ini menunjukan ke-arifan seorang Jokowi, meskipun dalam berbagai kesempatan, Jokowi menunjukan gestur arah politik ke salah satu capres dalam beberapa momen.

"Sebut saja sosok berambut putih, kehadiran penetapan capres di Batu Tulis di Kota Bogor, satu mobil, satu pesawat Presiden pulang bareng ke Solo, dan besoknya sholat Idul fitri bersama di masjid MBZ Solo, silahkan masyarakat dapat menyimpulkan sendiri," jelas dia.

Taki mengimbau, seluruh relawan tetap solid, dan satu komando bersama Jokowi dalam menentukan sosok calon presiden penggantinya.

"Soliditas relawan membuat kita tetap diperhitungkan dan mengambil peran penting menjaga kualitas demokrasi di Indonesia," Taki memungkasi.