Lepas Cadar karena Kondisi Darurat

Inara Rusli Lepas Cadar karena Kondisi Darurat, Ustaz Derry Sulaiman Larang Publik Mem-bully

Liputan6.com 2023-05-19 10:40:15
Inara Rusli (Foto: YouTube/ Intens Investigasi)

Keharusan untuk mencari nafkah demi ketiga buah hatinya menjadi alasan Inara Rusli melepas cadar yang dikenakannya. Keputusan ini diambil setelah meminta nasihat terlebih dahulu dengan Ustaz Derry Sulaiman.

Sang ulama pun mengizinkan. Menurutnya, pada dasarnya bercadar memang bukan kewajiban bagi muslimah. Hukum mengenakan nikab dalam Islam adalah sunah.

"Maknanya kalau lihat orang bercadar, jangan dibilang itu salah, itu urusan dia menutup wajahnya. Yang bercadar pun tidak boleh menyalahkan yang tidak bercadar," kata Ustaz Derry Sulaiman dikutip dari Intens Investigasi, Jumat (19/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Ustaz Derry Sulaiman juga meinta agar publik tidak merundung Inara Rusli atas keputusannya menanggalkan nikab. Dia meminta masyarakat saling menghargai.

"Jadi tolong suatu hari kalau netizen melihat Ina membuka cadarnya jangan bully karena itu bukan kemaksiatan, itu hukumnya boleh-boleh saja. Jadi kalau Ina tanya boleh enggak buka cadar? Silakan," ujarnya.


Prioritas Inara Rusli Adalah Ketiga Anaknya

Di hadapan awak media, wanita yang masih berstatus sebagai istri Virgoun ini pun melepas cadarnya. Meski resiko di-bully tetap ada, Inara tidak mau mempermasalahkan.

"Bully-an itu enggak ada apa-apanya buat saya, yang paling penting saya bisa menghidupi anak-anak saya," kata dia.


Inara Rusli Bekerja dengan Produk Skincare

Inara Rusli mantap melepas cadar setelah bekerja sama dengan salah satu produk skincare. Dari sini dia mencari nafkah untuk anak-anaknya.

"Membuka wajah (tak pakai cadar) seperti kakak-kakak ini tidak berdosa, itu bukan sebuah kemaksiatan. Aku tanya, kenapa Inara tanya begitu? 'Aku mungkin harus bekerja dan daruratnya pekerjaanku ternyata ini', ada hubungannya dengan kecantikan," ujar Ustaz Derry.


Respons Warganet

Sementara itu, mayoritas warganet tampaknya memahami keputusan Inara Rusli lepas cadar.

"Bukan nangis mau menyalahkan Inara karna inara lepas cadar. Tp aku nangis terharu terhadap niat berjuangnya untuk menghidupi anak, sampai lepas cadar. Selamat berjuang nduk, insyallah Allah menjamin rezekimu," kata salah satu netizen di YouTube.

"Karena cadar bkn kewajiban,asal bkn pakaian syar'imu yg kau ganti. Semoga inara & anaknya bisa menemukan kebahagiaan dan rejeki barokah," tambah yang lainnya.

Bungkam soal Kasus Cerai

Desta Belum Mau Buka Suara Soal Kasus Cerai, Tak Mau Jawab Pertanyaan Wartawan

Liputan6.com 2023-05-19 18:00:23
Natasha Rizky bersama Desta (Instagram/natasharizkynew)

Deddy Mahendra Desta atau Desta menggugat talak cerai istrinya, Natasha Rizki dan membuat geger publik. Pasalnya, rumah tangga mereka sudah dibangun 10 tahun, dan jauh dari gosip.

Publik pun dibuat bertanya-tanya tentang alasan Desta memilih berpisah dengan istrinya pada 11 Mei 2023 lalu di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Desta pun kini jadi buruan wartawan. Ditemui di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten saat mau terbang ke Yogyakarta, pria 46 tahun itu memilih irit bicara dan menghindar dari pertanyaan awak media.


Tak Mau Menjawab

Desta mengatakan tidak akan menjawab apapun pertanyaan yang dilontarkan kepadanya.

"Nggak usah nanya-nanya gue, udah, enggak bakal gue jawab apa-apa," kata Desta seperti dikutip dari Youtube SCTV, Jumat (19/5/2023).


Alasan Talak Cerai

Sebelumnya, kuasa hukum Desta, Hendra K Siregar memberikan penjelasan alasan kliennya mengajukan gugatan talak cerai.

Menurut Hendra, alasan utama gugat cerai karena tidak ada kecocokan dan sering cekcok antara keduanya.

"Sejauh ini memang tidak ada kecocokan, ada cekcok juga ya itu dasarnya," kata Hendra.


Mendamaikan

Hendra mengatakan pihaknya sudah berusaha mendamaikan keduanya tapi, Desta dan Natasha Rizki sepakat bercerai.

"Ini kemauan mereka juga, kita juga sudah mencoba untuk mendamaikan ternyata memang ini pilihan mereka," pungkas Hendra.

Najwa Shihab Bikin Chris Martin Penasaran

Najwa Shihab Bikin Vokalis Coldplay, Chris Martin Penasaran dengan Nama-Nama Musisi Indonesia yang Layak Diajak Kolaborasi

Liputan6.com 2023-05-19 15:18:59
Vokalis dari band rock Inggris Coldplay, Chris Martin tampil pada festival musik Rock in Rio di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (11/9/2022). (AP Photo/Bruna Prado)

Rencana Coldplay untuk konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada 15 November 2023 mendatang, rupanya disambut antusias oleh jurnalis dan presenter Najwa Shihab. Bahkan, tim Narasi TV di program Mata Najwa yang dinakhodai olehnya, terpilih untuk mewawancarai vokalis Coldplay, Chris Martin, belum lama ini.

Pada satu sesi, Najwa Shihab terdengar menanyakan siapa musisi Indonesia yang membuat Coldplay tertarik untuk berkolaborasi. Namun, Chris Martin rupanya sama sekali tak mengerti soal industri musik Indonesia. Alhasil, pentolan Coldplay bertanya balik ke Najwa Shihab.

Najwa Shihab yang tak dapat menutupi rasa gugupnya, hanya menyebut bahwa Indonesia memiliki banyak sekali deretan musisi berbakat. Lantaran mendengar pernyataan itu, Chris Martin pun langsung meminta nama-nama yang direkomendasikan oleh Najwa Shihab.

"Adakah rencana untuk kolaborasi dengan artis Indonesia saat sedang konser di Jakarta?" tanya Najwa Shihab kepada Chris Martin vokalis Coldplay, mengutip kanal YouTube Najwa Shihab, diunggah belum lama ini.


Tanggapan Chris Martin Soal Artis Indonesia Kolaborasi Bareng Coldplay

Chris Martin secara jujur mengungkapkan bahwa ia sama sekali tak tahu artis Indonesia mana yang tepat untuk tampil bersama Coldplay.

"Kamu harus memberiku masukan. Mungkin kamu bisa mengirimkan email kepada kami mengenai hal ini," ujar Chris Martin kepada Najwa.

"Kami akan melakukannya, kami memiliki banyak musisi hebat, serta penyanyi-penyanyi yang sangat bertalenta. Tentu kami bisa mengumpulkan beberapa nama dan mengirimnya kepadamu. Kami akan melakukannya," timpal Najwa Shihab.

"Ide yang bagus. Baiklah Najwa, aku akan menagih kamu nanti, ya," sahut Chris.


Najwa Shihab Tanya Peluang Coldplay Konser Lagi di Jakarta

Selain itu, Najwa Shihab juga mengutarakan kepada Chris Martin perihal kemungkinan Coldplay tampil lagi di Indonesia setelah tanggal 15 November 2023.

Namun, Chris tak bisa memastikan dan akan membicarakannya dengan Phil Harvey, sang manajer Coldplay.

"Aku tidak tahu. Kita lihat saja. Aku akan bicara dengan bosku, Phil. Aku akan bilang kalian mencintai dia dan kita lihat tanggapannya," celetuk Chris Martin.


Tiket Konser Coldplay di Jakarta Sudah Ludes

Sesi penjualan tiket konser Coldplay di Jakarta yang bertajuk Music of The Spheres untuk umum dibuka kembali pada hari ini, Jumat 19 Mei 2023, pukul 10.00 WIB. Tidak terlalu jauh berbeda ketika sesi presale tiket konser Coldplay untuk pengguna BCA dibuka pada 17 Mei 2023, antrean pembeli pun langsung membludak.

Beberapa warganet mengaku sulit masuk ke laman www.coldplayinjakarta.com, tidak bisa lanjut ke room penjualan tiket, dan sampai ada yang harus mengantre ulang karena tiba-tiba tampilan di browser otomatis refresh.

Sekalipun ada yang masuk ke bagian pembelian tiket Coldplay tersebut, mereka harus dihadapkan dengan tidak lagi tersedianya tiket di kategori yang diinginkan. Lainnya mengatakan, dia merasa emosional karena dirinya tidak bisa mendapatkan tiket dan menyaksikan secara langsung band asal Inggris itu tampil di Stadion GBK pada 15 November 2023 mendatang.

Timnas Dikepung Lautan Massa

Prabowo dan SBY Bertemu di Pacitan

Bukan di Cikeas, Prabowo dan SBY akan Bertemu di Pacitan Akhir Pekan Ini

Liputan6.com 2023-05-19 13:45:41
Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) salam komando dengan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto usai menggelar pertemuan di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (21/12). Per

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani memastikan, pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan berlangsung pada akhir pekan ini.

Terkait lokasi pertemuan, hampir pasti akan berlangsung di Pacitan, Jawa Timur yang diketahui kampung dari SBY.

"Insya Allah (minggu ini)," kata Muzani kepada awak media, Jumat (19/5/2023).

Terkait jam pastinya, Muzani mengatakan harus memeriksa jadwal yang bersangkutan terlebih dahulu.

"Saya cek dulu ya," singkat dia.

Soal alasan pertemuan berlangsung di Pacitan, Muzani mengaku tidak tahu alasan pastinya. Dia beranggapan, mungkin hal itu permintaan dari SBY dan Prabowo sebagai junior saat berdinas di TNI seyogyanya harus mengikuti.

"Saya ndak tahu kenaoa di Pacitan bukan di Cikeas, Kenapa ngga di Kuningan (Jakarta) saya nggga tahu. (Yang saya tahu) Pak SBY itukan senior (dari Prabowo)," jelas Muzani.


Tidak untuk Lobi-lobi Politik

Terkait agenda pertemuan, Muzani meyakini tidak untuk lobi-lobi politik. Pertemuan kedua tokoh elite partai dan mantan jenderal militer ini hanya akan bersilaturahmi secara kekeluargaan.

"Ya silaturahmi, silaturahmi dengan tokoh-tokoh. Seperti kemarin dengan Pak Jusuf Kalla sudah dan tokoh-tokoh lain juga sudah," dia menutup.

Tiket Konser Coldplay Dijual Rp364 Juta

Harga Tiket Konser Coldplay di Malaysia Ditawarkan Calo Sampai Rp364 Juta, Situs Online Jual Tiket Termurah 8 Kali Lipat

Liputan6.com 2023-05-19 14:14:57
Vokalis dari band rock Inggris Coldplay, Chris Martin (kiri) dan drummer Will Champion tampil pada festival musik Rock in Rio di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (11/9/2022). Ia meminta para

Ternyata tak hanya penggemar Coldplay di Indonesia yang frustrasi perihal kesulitan mendapatkan tiket untuk konser rock band tersebut. Para fans di Negeri Jiran Malaysia pun demikian, mereka pun war tiket konser Coldplay dalam kurun waktu tiga jam pada Rabu, 17 Mei 2023.

Tiket Coldplay pre-sale eksklusif untuk pemegang kartu CIMB yang mulai dijual pada Selasa, 16 Mei juga terjual habis dalam hitungan jam.

Dilansir dari The Straits Times, Jumat (19/5/2023), permintaan tiket Coldplay sangat tinggi sehingga salah satu pembeli di pasar e-commerce Carousell di negara tersebut menawarkan hingga RM111.111 (sekitar Rp364 juta).

Pembeli tiket di Malaysia kini sedang mencari tiket di Kategori 1 yang awalnya seharga RM1.288, dan Kategori 2 seharga RM758.

Dengan permintaan yang tinggi, para calo pun memulai aksinya, dengan menawarkan tiket dengan harga lebih murah dari pasaran di luar tiket resmi. Tiket dibanderol RM43.000 (sekitar Rp141 juta) di situs Carousell.

Unggahan itu kemudian menyatakan bahwa tiket itu telah lockedpada harga RM55.200, tetapi kemudian unggahan itu dihapus.

Coldplay akan bermain di Stadion Nasional Bukit Jalil di Kuala Lumpur (KL) pada 22 November mendatang. Itu adalah konser pertama Coldplay di Malaysia selama Tur Dunia "Music Of The Spheres".

Harga tiket konser Coldplay di Malaysia ini berkisar antara RM228 dan RM3.088, menurut penyelenggara, Live Nation Malaysia.

The Star melaporkan pada hari Rabu bahwa tiket termurah dijual seharga RM1.749 di pasar tiket online Viagogo, yang hampir delapan kali lebih tinggi dari harga aslinya.

Di Carousell, tiket Kategori 4 dan Kategori 5, dengan harga masing-masing RM598 dan RM498 dijual seharga RM2.499 dan RM3.000, tambah laporan tersebut.

Tiket untuk konser KL juga terdaftar di Carousell di Singapura, dengan harga mulai dari SGD350 hingga SGD8.000.

Misalnya, tiket Kategori 2 dihargai SGD350 dalam satu daftar. Empat tiket dalam Kategori My Universe, masing-masing berharga RM2.108, dihargai SGD8.000 pada daftar terpisah.


Kementerian Malaysia Turun Tangan

Pada Kamis, 18 Mei, Menteri Perdagangan Domestik dan Biaya Hidup Malaysia Salahuddin Ayub mengatakan bahwa tidak masuk akal untuk menjual kembali tiket konser Coldplay seharga RM43.000.

Pihak kementerian tersebut belum menerima laporan tentang tiket konser yang terlalu mahal, kata Salahuddin.

Kementerian Perdagangan Domestik dan Biaya Hidup Malaysia akan menyelidiki apabila ada laporan penjualan kembali tiket konser Coldplay berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen 1999, tambahnya.

"Jika ada laporan resmi, kami dapat memberi tahu publik tentang masalah ini. Saya tahu publik ingin menghadiri konser, tetapi buatlah keputusan yang bijak mengenai hal ini. Jangan membeli tiket yang dijual seharga RM43.000," kata Salahuddin.

Situs penjualan tiket GoLive Asia mengatakan antrean virtual untuk tiket pre-sale konser tersebut memiliki 400.000 penggemar, membuat rekor untuk platform tersebut.

Para penggemar di Malaysia juga ada yang meminta konser tambahan oleh Coldplay di media sosial setelah banyak yang gagal mendapatkan tiket.

Mereka menandai akun resmi seperti Coldplay dan GoLive Asia, meminta pertunjukan kedua. Mereka juga memulai petisi online untuk Coldplay agar mengumumkan pertunjukan kedua.


Perbandingan Harga dengan Tiket Coldplay di Indonesia

Bicara soal harga tiket konser Coldplay di Malaysia, bagaimana dengan di Indonesia?

Promotor Third Eye Management dan PK Entertainment menginformasikan konser Coldplay bertajuk "Coldplay Music of The Spheres World Tour" bakal digelar di Indonesia, tepatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 15 November 2023.

Pengumuman tersebut disampaikan melakukan akun Instagram @temgmtpada 9 Mei 2023. Pihak promotor juga menggunggah video yang menampilkan personel Coldplay, sang vokalis Chris Martin menyapa dan mengumumkan konser pertama band asal Inggris itu di Indonesia.

Adapun harga tikel termahal di Jakarta mencapai Rp11 juta, sedangkan termurah Rp800 ribu. Namun, itu belum termasuk pajak 15% dan biaya 5% serta biaya lainnya.

Berikut adalah layout dan harga tiket konser Coldplay di Jakarta:

Baca selebihnya di sini...


Tiket Konser Coldplay di Jakarta 2023 Dijual Calo Berkali-kali Lipat hingga Rp22 Juta di Marketplace

Tidak hanya calo di Malaysia yang menjual harga tiket konser Coldplay berkali-kali lipat, begitu juga di Indonesia.

Ramai para penggemar Coldplay mulai mengungkapkan kekecewaannya karena kalah bersaing dengan para calo. Hal itu terjadi selang dua jam dari penjualan tiket konser Coldplay di Locketcom yang dimulai pada Rabu, 17 Mei 2023 pukul 10.00 WIB.

Tiket konser Coldplay Ultimate Experience Kategori 1 yang harganya mencapai Rp11 juta bahkan habis terjual dalam delapan menit. Tiket konser Coldplay yang habis terjual saat pre-sale itu bahkan sudah ditawarkan di berbagai platform e-commerce.

Beberapa akun penjual yang Liputan6.com telusuri bahkan menjual berkali-kali lipat dari harga aslinya. Misalnya, tiket Kategori 3 yang dibanderol Rp3,3 juta, kemudian menjadi Rp5,5 juta di berbagai platform e-commerce.

Adapun tiket konser Coldplay My Universe yang dijual Rp5,7 juta, menjadi Rp15 juta. Lebih mengagetkannya lagi, tiket Ultimate Experience Kategori 1 yang harga awalnya Rp11 juta, dijual menjadi Rp20 juta.

Tentu saja harga dari calo tiket tersebut termasuk lebih mahal dari harga asli yang dijual.

Namun meski jauh lebih mahal, tiket konser Coldplay paling murah hingga mahal yang dijual oleh penyedia jasa titip alias jastip tercatat ludes di berbagai layanan jual beli online.

Baca selebihnya di sini...

Singa Tertua Sedunia Terbunuh

Loonkiito yang Diyakini Salah Satu Singa Tertua Sedunia Terbunuh, Ditembak Saat Cari Mangsa di Kandang Ternak

Liputan6.com 2023-05-19 10:18:59
Loonkiito, singa tertua di Afrika. (Sumber: Facebook/Lion Guardians)

Loonkiito yang diyakini salah satu singa tertua di dunia, telah dibunuh di Kenya pada usia 19 tahun, kata organisasi konservasi Lion Guardians.

Singa itu dibunuh pada Rabu 10 Mei 2023 oleh pemilik kandang ternak. Kebetulan, Loonkiito memasuki kandangnya di tengah malam untuk mencari mangsa karena "kelaparan", kata organisasi itu.

Mengutip dari media CNN, Jumat (19/5/2023), dia adalah "singa jantan tertua di ekosistem kita dan mungkin di Afrika," kata Lion Guardians, yang mengumumkan kematiannya "dengan berat hati."

Organisasi tersebut mengaitkan umur panjang dari singa liar yang bertahan lebih lama belakangan ini, di lanskap di mana "satu dekade yang lalu, kami tidak memiliki singa yang bertahan hingga usia 10 tahun," dengan upaya komunitas lokal yang berbagi tanah dengan kucing besar ini.

Akan tetapi, peningkatan dramatis dalam permintaan energi dan material selama 50 tahun terakhir telah membuat manusia dan singa bersaing untuk mendapatkan ruang dan sumber daya, menurut situs World Wildlife Fund (WWF).

Singa akan melakukan perjalanan jauh, terkadang berkeliaran di luar kawasan lindung, untuk mencari mangsa saat sumber makanannya berkurang.

Ini dapat menimbulkan risiko bagi komunitas manusia saat mereka memangsa ternaknya. Maka dari itu, petani sering membunuh mereka sebagai pembalasan atau untuk mencegah konflik.

Loonkiito termasuk salah satu yang "terjebak dalam dinamika ini," kata Lion Guardians.

"Dia adalah simbol ketahanan dan koeksistensi. Kami di Lion Guardians merasa istimewa karena telah menjadi saksi hidup dan warisannya," tambahnya.

Kenya telah mengalami kekeringan terburuk dalam empat dekade terakhir.

Lamanya fenomena kekeringan yang berlanjutan biasanya ditandai dengan meningkatnya konflik manusia-singa, karena mangsa liar semakin sulit untuk diburu dan pemilik ternak menjadi "sangat waspada" setelah kehilangan begitu banyak hewan.

Insiden ini merupakan situasi yang sulit bagi kedua belah pihak, manusia dan singa.


Sepuluh Singa Mati

Sebelum Loonkiito mati, minggu lalu, sepuluh singa juga dibunuh di Kenya. Enam dari sepuluh singa itu mati pada Sabtu 13 Mei 2023 .

Kenya Wildlife Service (KWS) juga mengatakan bahwa hal seperti ini diakibatkan oleh konflik antara manusia dan satwa liar yang meningkat di wilayah tersebut.

Ini adalah "singa dalam jumlah yang luar biasa besar untuk dibunuh sekaligus," kata juru bicara KWS.

Dikabarkan bahwa enam singa yang mati pada hari Sabtu telah membunuh 11 kambing dan satu anjing.


Tanggapan Penduduk Setempat

Semua singa itu adalah bagian dari ekosistem Amboseli Kabupaten Kajiado, sebuah situs cagar biosfer UNESCO di dekat Gunung Kilimanjaro.

Pada hari Sabtu, KWS mengadakan pertemuan yang dihadiri oleh penduduk setempat dan pejabat pemerintah untuk membahas pembunuhan baru-baru ini.

"Diskusi berpusat pada mencari solusi untuk meminimalkan risiko konflik manusia-satwa liar, termasuk mengembangkan sistem peringatan untuk masyarakat akan keberadaan satwa liar di sekitar mereka," kata KWS.

"Diskusi lebih lanjut berpusat pada gambaran yang lebih luas tentang eksplorasi konflik manusia-satwa liar dalam konteks mata pencaharian masyarakat dan pembagian keuntungan menuju koeksistensi yang harmonis di komunitas terbuka dan lanskap satwa liar," tambahnya.


Ramadhan Saat Kekeringan

Seperti diketahui, Afrika mengalami kekeringan parah sudah selama 40 tahun. Termasuk saat Ramadhan di bulan kemarin.

Saat waktu berbuka puasa, umat Islam di Afrika hanya memiliki air dan makanan seadanya yang tersedia. Salah satu yang mengalami ini adalah Hadiiq Abdulle Mohamed dan keluarganya.

Melansir dari AP, Sabtu (1/4/2023), satu juta warga Somalia telah meninggalkan rumah mereka untuk mencari bantuan. Sementara, sudah ada 43.000 orang yang diperkirakan meninggal tahun lalu.

Keluarga Momamed, termasuk suami dan enam anaknya, termasuk salah satu warga yang mencari bantuan dan berlindung di salah satu kamp pengungsian di ibu kota, Mogadishu.

Bulan Ramadhan memicu kenaikan harga pangan untuk negara yang sebelumnya sedang berjuang melawan inflasi yang sebagian disebabkan oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Ditambah lagi dengan lima musim hujan yang gagal beturut-turut, menyebabkan hasil pertanian lokal layu dan tidak subur. Jutaan ternak yang menjadi makanan utama masyarakat pun telah mati.

Sekarang makanan semakin sulit didapat bagi mereka yang terlantar.

Klik di sini untuk lanjut membaca

Siaga Gunung Karangetang

Aktivitas Gunung Karangetang Meningkat, Status Berubah dari Waspada Jadi Siaga

Liputan6.com 2023-05-19 13:06:44
Kondisi Gunung Karangetang yang menunjukan peningkatan aktivitas, Rabu (8/2/2023).

Aktivitas Gunung Karangetang yang ada di Pulau Siau, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, mengalami peningkatan. Hal itu diungkapkan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Kepala Badan Geologi Sugeng Mujiyanto mengatakan, pihaknya lantas menaikkan status gunung api tersebut dari sebelumnya waspada menjadi siaga lantaran terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik.

"Berdasarkan hasil pengamatan visual dan instrumental, serta berdasarkan hasil evaluasi maka tingkat aktivitas vulkanik Gunung Karangetang dinaikkan dari level II (waspada) menjadi level III (siaga) terhitung sejak 19 Mei 2023 pukul 10.00 Wita," kata Kepala Badan Geologi Sugeng Mujiyanto, Jumat (19/5/2023).

Pada April 2023, Gunung Karangetang tercatat mengalami 61 kali gempa guguran, 25 kali gempa embusan, 144 kali gempa fase banyak, 81 kali gempa vulkanik dangkal, 24 kali gempa vulkanik dalam, 26 kali gempa tektonik lokal, dua kali gempa terasa skala I MMI, 222 kali gempa tektonik jauh, dan 15 kalo gempa tremor menerus.

Pada periode 1-17 Mei 2023 terekam 60 kali gempa guguran, 26 kali gempa hembusan, 39 kali gempa fase banyak, 12 kali gempa vulkanik dangkal, 25 kali gempa vulkanik dalam, delapan kali gempa tektonik lokal, tiga kali gempa terasa skala l -- ll MMI, dan 71 kali gempa tektonik jauh.

Pengamatan kegempaan menunjukkan terekamnya kembali gempa guguran sejak tanggal 15 Mei 2023, sebanyak tujuh kejadian per hari dan cenderung meningkat.Pada 17 Mei 2023, gempa guguran meningkat menjadi 32 kejadian. Kondisi peningkatan gempa guguran tersebut menunjukkan adanya suplai magma ke permukaan yang menyebabkan penambahan material kubah dan juga menyebabkan ketidakstabilan kubah lava.

Pergerakan magma ke permukaan ini kemudian diikuti oleh terjadinya erupsi efusif yang berpotensi menimbulkan guguran dan awan panas.


Guguran Lava

Sedangkan berdasarkan pengamatan visual, Gunung Karangetang sering berawan hingga hujan dan tertutup kabut. Namun, saat cuaca cerah teramati asap kawah putih dengan intensitas sedang hingga tebal, tinggi sekitar 50-250 meter di atas puncak, angin lemah hingga kencang ke arah utara, timur laut, timur, barat dan barat laut.

"Sinar api di atas kawah utama teramati dengan tinggi sekitar 10 meter, terdengar bunyi guguran sejak tanggal 15 Mei 2023," kata Sugeng.Sugeng menyampaikan bahwa secara visual guguran mulai teramati kembali tanggal 18 Mei 2023. Guguran itu meluncur ke arah barat daya dan selatan sejauh sekitar 1.500 meter dari kawah utama.

Kondisi kawah utara masih tampak adanya asap kawah setinggi sekitar 25-100 meter. Ketika malam hari api diam di atas kubah lava masih tampak setinggi sekitar 10-25 meter, kondisi lainnya belum tampak, dan guguran tidak teramati.

Lebih lanjut dia memaparkan akumulasi material hasil erupsi efusif yang berada di lembah-lembah jalur luncuran atau guguran lava pijar berpotensi menjadi guguran lava ke bagian hilir, sehingga perlu kewaspadaan masyarakat yang tinggal di sekitarnya serta masyarakat yang akan melintasi lembah atau sungai tersebut.

"Selain itu perlu diwaspadai juga terjadinya lahar di waktu hujan di puncak," pungkas Sugeng.

Hubungan Surya Paloh-Jokowi Meruncing?

HEADLINE: Menkominfo Johnny G. Plate Tersangka Korupsi, Peruncing Hubungan Surya Paloh-Jokowi?

Liputan6.com 2023-05-20 00:00:46
jokowi mengundang Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sarapan di Istana Merdeka (Setpres/Biro Pers)

Kejaksaan Agung menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate sebagai tersangka dugaan korupsi proyek pengadaan BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kemenkominfo Tahun 2020-2022.

Penetapan tersangka politikus Nasdem ini terjadi saat suasana politik antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Surya Paloh tengah merenggang.

Memanasnya hubungan Jokowi dan Surya Paloh ini berawal dari perbedaan pilihan politik di pilpres 2024. Surya Paloh mengusung Anies Baswedan, sementara Jokowi bersama partainya, PDIP, mencalonkan Ganjar Pranowo.

Pengamat politik Arifki Chaniago menilai penetapan tersangka Sekjen Partai Nasdem ini dipastikan akan memperuncing hubungan Surya Paloh dan Jokowi. Sebab, penetapan tersangka Johnny G. Plate dilakukan saat momen politik yang bakal merugikan Nasdem secara elektoral. Apalagi, kata dia, pemberitaan sudah mengarah bahwa duit korupsi mengarah ke partai politik.

"Ini akan menjadi sinyal Nasdem untuk menjelaskan posisinya dengan Jokowi," kata Arifki kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat, (19/5/2023).

Selama ini Nasdem masih berdiri di dua kaki. Di mana saat ini Nasdem masih berada di dalam kabinet Jokowi sementara satu sisi mendukung pencapresan Anies Baswedan yang mengusung slogan 'Perubahan'.

Selain itu, nasib hubungan Jokowi dan Surya Paloh juga akan tergantung dari keputusan siapa yang akan dipilih untuk menggantikan posisi Johnny G. Plate sebagai Menkominfo.

"Kalau Jokowi menggantinya dengan kader Nasdem, maka Jokowi masih bersama Nasdem. Kalau di luar Nasdem maka secara tidak langsung mengusir Nasdem di kabinetnya," ujarnya.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan hubungan Jokowi dan Surya Paloh saat ini sudah kusut dan semakin rumit.

"Semakin sulit untuk mencari titik temu karena tanda-tanda keduanya mulai meretak kan sudah lama. Terutama sejumlah pertemuan-pertemuan partai pendukung pemerintah, Nasdem tidak diundang. Itu artinya tidak dianggap sebagai koalisi pemerintah," kata Adi kepada Liputan6.com.

Apalagi, kata dia, penetapan tersangka Sekjen Partai Nasdem ini akan membuat hubungan makin suram, makin gelap gulita dan sulit untuk disatukan kembali.

"Apalagi Nasdem disaat bersamaan sudah mulai nyaring, sudah mulai lantang menyerang Jokowi," ujarnya.

Sementara Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing menilai bahwa relasi politik antara Jokowi dan Surya Paloh tidak akan mesra seperti dahulu. Meski dia meyakini hubungan pribadi antara Jokowi dan Surya Paloh tidak akan memanas.

"Saya rasa hubungan personal tidak akan memanas karena mereka ini negarawan, Jokowi tidak akan terganggu, apalagi Jokowi juga mengatakan bahwa kasus ini murni penegakan hukum di Kejagung," kata Emrus kepada Liputan6.com.

Namun, kata dia, mau tak mau Jokowi harus mengganti Johnny G. Plate karena sudah tak bisa lagi menjalankan tugasnya sebagai menteri.

Surya Paloh sendiri menyatakan menerima dengan lapang dada jika kadernya dicopot dari kabinet buntut penetapan tersangka ini. Soal reshuffle dia menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi, karena memang hak prerogatif presiden.

"Kita terima. Kita konsisten, itu hak prerogatif presiden. Dan kita tidak pernah bergoyah untuk mengatakan apa yang telah kita utarakan. Konsistensi itu paling tidak itulah sumbangsih yang bisa kita berikan pada partai ini," kata Surya Paloh beberapa waktu lalu.

Surya Paloh juga menegaskan tidak akan mengajukan nama ke Presiden Jokowi untuk menggantikan Plate.

"Kalau kita konsisten ini hak prerogatif presiden, bagaimana kita mengajukan baru? Salah-salah presiden enggak suka. Enggak ada yang lebih bodoh dari NasDem untuk mengajukan nama baru, tanpa diminta oleh presiden. Sekali lagi, itu adalah hak prerogatif presiden," tuturnya.

Saat ini, Paloh menilai yang terjadi pada Johnny Plate semata perkara hukum yang harus dijalani prosesnya.

"Tanggapan saya, ini harus mengkaji ulang, apakah itu benar (intervensi). Dalam proses itu saya berkontemplasi. Sejauh ini saya berpikir positive thinking, enggak ada itu intervensi. Sejauh ini," kata Surya Paloh.

Namun, lanjut Paloh, ke depan siapa yang bisa menggaransi proses hukum berjalan dengan baik tanpa ada intervensi dari siapa pun.

"Kita kan enggak tahu siapa yang garansi bahwa kasus ini tidak diintervensi. Mungkin sekarangm saat ini tidak, besok, lusa, minggu depan bisa saja terjadi (intervensi)," kata Paloh.

"Semuanya, apabila kita sayang pada negeri ini, buanglah kepentingan-kepentingan subjektivitas, buanglah kepentingan-kepentingan sesaat jika memang kepentingan strategis yang lebih besar menunggu kehadiran kita," tuturnya.

Surya mengakui, usai kasus Plate mencuat, akan memengaruhi elektabilitas Partai NasDem dan bakal calon presiden yang diusungnya, Anies Baswedan. Namun, kata dia, itu semua tergantung dari persepsi dan opini yang dibentuk media.

"Pengaruh pasti ada. Isu-isu partai politik yang dibangun oleh kekuatan persepsi dan keyakinan publik salah satu faktor atau key factor, menentukan sekali," kata Paloh.

"Barangkali kalau wartawan punya opini, 'Nasdem itu memang udahlah emang partainya bulshit itu, enggak ada artinya, lemah itu, bohong itu, memang perlu kita hukum itu. Rusak itu elektoral itu. Tergantung bagaimana kita membangun persepsi publik dan itulah peran rekan-rekan institusi pers yang saya nantikan, saya harapkan pers yang bebas dan tetap mempunyai rasa tanggung jawab pada profesional dan etik yang kita miliki," tuturnya.

Pengamat politik Arifki Chaniago menilai seharusnya Nasdem menarik menterinya di kabinet dan mempertegas posisinya sebagai oposisi pemerintah. Meskipun risikonya, proses hukum yang menjerat Johnny G. Plate akan dipercepat.

"Tapi dengan berbagai risiko itu maka Nasdem akan diuntungkan secara elektoral sebagai oposisi, kalau Nasdem bisa mengelola isu ini. Ini akan jadi pertaruhan bagi Nasdem," ujar Arifki.

Sementara Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing berharap Nasdem tidak akan membangun persepsi publik sebagai partai yang 'terzolimi' untuk menyelamatkan elektabilitasnya.

"Para politisi ini memang sering membuat framing tanpa ada dasar, fakta dan bukti yang kuat sehingga memposisikan penegak hukum tidak baik di mata masyarakat. Kita nantikan saja bagaimana prosesnya bertarung di pengadilan, pilih pengacara kawakan untuk bertarung, saya kira itu lebih produktif," ujarnya.


Jokowi Pastikan Tak Ada Intervensi dalam Kasus Johnny G. Plate

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sendiri mengatakan akan menghormati proses hukum yang menjerat Johnny G. Plate.

"Kita menghormati kita harus menghormati proses hukum yang ada," kata Jokowi kepada wartawan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Saat ditanya soal adanya intervensi politik terkait kasus Johnny G.Plate, Jokowi hanya menjawab dirinya meyakini Kejaksaan Agung (Kejagung) akan bekerja secara terbuka dan profesional.

"Yang jelas kejaksaan agung pasti profesional dan terbuka terhadap semua yang berkaitan dengan kasus itu," jelasnya.

"Kejagung akan terbuka dan saya yakin bekerja profesional," sambungnya.

Sementara Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menegaskan Presiden Jokowi tidak akan bisa melakukan intervensi kasus hukum. Sehingga Jokowi kerap mengingatkan jajaran menterinya untuk berhati-hati bekerja agar tak tersandung kasus hukum.

"Dalam setiap kesempatan presiden telah menyampaikan kepada para menteri, para wakil menteri, kepala lembaga agar jangan pernah sekali-sekali punya masalah dengan hukum," kata Ngabalin kepada wartawan, Kamis (18/5/2023).

"Karena kapan terjadi dengan masalah hukum, maka tidak akan mungkin presiden bisa memberikan privilege atau mengintervensi dalam penyelesaian kasusnya," sambungnya.

Dia pun menekankan bahwa kasus yang menjerat mantan Sekjen Partai NasDem itu murni terkait tugas dan tanggung jawabnya sebagai Menkominfo. Untuk itu, Ngabalin meminta pihak-pihak tertentu tak mengaitkan kasus Johnny G. Plate dengan politik, khususnya Pemilu 2024.

"Sekali lagi, saya ingin menyampaikan dan menegaskan bahwa jangan pernah ada orang yang mengkait-kaitkan masalah penahanan Pak Johnny G. Plate dengan kasus politik. Apalagi, ini tahun-tahun politik dan menjelang Pemilu," jelasnya.

Dia menuturkan bahwa ini bukan kali pertamnya partai politik pro pemerintah terjerat kasus hukum. Ngabalin menyebut pejabat negara dari PDI Perjuangan (PDIP), Partai Gerindra, dan Partai Golkar juga pernah berurusan dengan hukum.

Menurut dia, hal ini menandakan bahwa Presiden Jokowi tak mengintervensi penegakan hukum. Termasuk, ke partai-partai koalisi pemerintah.

"Itu artinya bahwa dalam hal penegakan hukum Bapak Presiden tidak akan mungkin mengintervensi. Sehingga apa yang saya katakan tadi bahwa presiden tidak akan mungkin melakukan intervensi meskipun itu kepada partai-partai koalisi pemerintah," tutur Ngabalin.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memastikan tidak ada politisasi hukum terkait ditetapkannya Johnny G. Plate sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi.

"Saya pastikan tidak ada politisasi hukum karena saya ngikutin kasus ini dari awal," ujar Mahfud.

Mahfud juga memastikan hal ini tidak berhubungan dengan partai politik dan murni penindakan hukum, sehingga ia meminta semua pihak untuk berpikir positif.

"Mari kita berpikir positif saja. Ini tidak mengarah ke partai, tapi tindak pidana dugaan tindak pidana korupsi yang nanti bisa dinilai secara terbuka di pengadilan," kata Mahfud.

Mahfud pun menyebut telah memastikan kepada Kejaksaan Agung (Kejagung) bahwa penetapan Johnny sebagai tersangka tidak berhubungan dengan intervensi maupun manuver politik.

"Saya sudah pastikan ke Kejaksaan Agung, 'Ini ada politiknya nggak?', 'Nggak'. Justru saya bilang, kalau memang dua alat bukti terpenuhi, ya, ditingkatkan menjadi status tersangka. Karena kalau sudah memenuhi syarat kok tidak diangkat dengan alasan kondusifitas politik, maka itu salah," ujarnya.


Kasus Hukum yang Menjerat Johnny G. Plate

Kejaksaan Agung telah menetapkan Menkominfo Johnny G. Plate sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kemenkominfo.

Dirdik Jampidsus Kejagung Kuntadi menjelaskan bahwa alasan penetapan Johnny G. Plate sebagai tersangka karena berkaitan perannya sebagai menteri dan pengguna anggaran. Di mana telah mengakibatkan kerugian negara dalam kasus ini sebesar Rp 8,32 triliun.

"Terkait dengan hasil penghitungan kerugian negara yang kita sampaikan beberapa hari lalu. Kasus ini telah menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 8,32 triliun," sebutnya.

Sehingga dengan adanya bukti yang cukup dan total kerugian negara yang telah berdasarkan hasil perhitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Maka politikus Partai NasDem itu dijerat dengan Pasal 2 dan pasal 3 UU No. 20 Tahun 2001 Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 KUHP sebagai pasal turut serta dengan hukuman maksimal 20 tahun penjara dan minimum 1 tahun penjara.

Tak berhenti di situ, Kejagung juga tengah mengusut sebaran kerugian keuangan negara yang mencapai Rp8,03 triliun lebih itu.

"Nah itu sedang kita dalami lah (ke mana saja uangnya). Takut kita ganggu penyidik. Itu kan didalami dari berkas, dari BPKP Rp8 triliun. Itu kan belum dipelajari, baru hari Senin (15 Mei laporannya)," tutur Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung Febrie Adriansyah.

Menurut Febrie, penyidik mempelajari lebih lanjut hasil temuan kerugian keuangan negara tersebut dengan melakukan pendalaman lewat pemeriksaan saksi. Selain itu, tim juga akan berkoordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

"Itu pasti butuh waktu lah," jelas dia.

Salah satu yang dinanti, lanjut Febrie, adalah fakta persidangan dari lima tersangka awal yakni Anang Achmad Latif (AAL) selaku Direktur Utama BAKTI Kominfo, Galumbang Menak S (GMS) selaku Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia, dan Yohan Suryato (YS) selaku Tenaga Ahli Human Development Universitas Indonesia (Hudev UI) Tahun 2020.

Kemudian Mukti Ali (MA) selaku Account Director PT Huawei Tech Investment, dan Irwan Hermawan (IH) selaku Komisaris PT Solitech Media Sinergy.

"Oleh karena itu saya dorong agar dibuka semua di persidangan supaya cepat. Supaya masyarakat bisa tahu ini kenapa rugi Rp8 triliun, siapa yang terlibat, siapa yang diuntungkan, kan kebuka semua itu nanti. Masing-masing tersangka berapa keuntungannya, nah kebuka itu nanti di persidangan. Oleh karena itu jaksa punya kewajiban untuk mempercepat disidangkan perkara (Korupsi BTS Kominfo) ini," Febrie menandaskan.

Menko Polhukam Mahfud Md menjelaskan proyek penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika diduga mangkrak.

"Mangkrak dan belum ada barangnya, yang ada pun mangkrak," kata Mahfud.

Oleh sebab itu, kata dia, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) kemudian melakukan pemeriksaan.

"Semula dihitung kerugian oleh Kejaksaan itu sekitar satu, sekian triliun namun kemudian BPKP turun tangan. Diperiksa itu ternyata mulai dari perencanaan, dari mulai penunjukan konsultan, penunjukan barang, mark up dan sebagainya itu, nah itu yang kemudian dijadikan alasan," ujarnya.