Digosipkan Hengkang ke Gerindra

Gibran Rakabuming Diterpa Isu Pindah Parpol ke Gerindra, Gara-gara Dampingi Prabowo Saat Mampir Solo

Liputan6.com 2023-05-21 08:00:20
Gibran Rakabuming digoyang isu pindah parpol ke Gerindra tak lama setelah mendampingi Prabowo Subianto yang tengah mampir Solo, Jumat (19/5/2023). (Foto: Dok. Instagram @prabowo)

Gibran Rakabuming digoyang isu pindah parpol tak lama setelah mendampingi Prabowo Subianto yang tengah mengunjungi Solo, Jumat (19/5/2023). Kabar ini memanas di kalangan jurnalis.

Gibran Rakabuming menemui Prabowo di angkringan Omah Semar Solo. Di sana, ada sejumlah relawan yang menyatakan dukungan kepada Menteri Pertahanan RI maju sebagai capres di Pemilu 2024.

Munculnya Gibran Rakabuming di sana memantik sejumlah isu dari menjadi Cawapres Prabowo hingga menjelma gosip pindah ke Gerindra. Gibran Rakabuming lantas mengklarifikasi.

"Tidak. Tuh, saya jawab," kata bintang film Sesuai Aplikasi merespons isu pindah parpol, kami lansir dari video interviu di kanal YouTube Berita Surakarta, pada Sabtu (20/5/2023).


Tetap di PDI Perjuangan

"Ya, ngapa pindah (parpol). PDI Perjuangan itu partai yang membesarkan saya, yang sudah menerima saya, mendidik saya, menyekolahkan saya, gitu," imbuh Gibran Rakabuming.

Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan kapasitasnya mendampingi Prabowo di Solo sebagai tuan rumah. Tidak lebih. Momen itu pertemuan Wali Kota Solo dengan Menteri Pertahanan RI.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tidak Pindah Ke Gerindra

"Jadi tidak ada yang namanya pindah Gerindra. (Saya mendampingi Pak Prabowo) sebagai menteri dan saya sebagai Wali Kota. Untuk urusan relawan kan kemarin saya minggir. Gitu, lo," urainya.

Gibran Rakabuming membantah spekulasi yang menyebut kehadirannya di angkringan sebagai bentuk dukungan bagi Prabowo untuk nyapres di Pemilu 2024. Ia tak pernah mengatakan mendukung.


Temani Prabowo Hingga Anies

"Jadi enggak ada yang namanya... kan enggak pernah keluar dari mulut saya kata-kata saya mendukung ini mendukung itu, enggak. Semua kami fasilitasi, semuanya kami dampingi," Gibran Rakabuming menerangkan.

Ayah dua anak ini tidak pilih kasih. Siapapun tokoh publik yang menyambangi Solo, apapun partainya, Gibran Rakabuming selalu menyempatkan untuk menemani sekalian bersilaturahmi.

"Tamu-tamu yang ke Solo pasti saya dampingi. Tidak terkecuali, bahkan Pak Anies (Baswedan) pun saya dampingi. Tuan rumah harus mendampingi tamu. Gitu, nggih," pungkasnya.

Pamer Es Cendol Sebelum Konser

Lisa BLACKPINK Pamer Es Cendol Legendaris Indonesia Sebelum Konser Born Pink di Jakarta

Liputan6.com 2023-05-21 13:02:17
Lisa BLACKPINK Pamer Es Cendol Legendaris Indonesia Sebelum Konser Born Pink di Jakarta. foto: Instagram @cendolqueenelizabeth

Konser BLACKPINK di Jakarta pada Maret lalu ternyata masih menyisakan sejumlah cerita menarik. Salah satunya adalah momen Lisa BLACKPINK terlihat mencicipi minuman cendol di sela-sela persiapan konser di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta pada Maret lalu.

Momen ini ada di dalam serial video belakang panggung konser mereka, Born Pink Memories (B.P.M.) Roll #19 yang diunggah di kanal YouTube BLACKPINK, Jumat. 19 Mei 2023. Sebelum melakukan sound check konser hari kedua, Lisa terlihat memamerkan ke kamera sebuah gelas plastik yang isinya berwarna cokelat muda dan cendol, lengkap dengan sedotan.

Di gelas itu juga terpampang logo salah merek cendol legendaris di Indonesia. "Saya akan kembali setelah soundcheck," ucap Lisa yang memakai topi binnie dan jaket jeans

Cendol Queen Elizabeth atau Es Cendol Elizabeth yang diketahui pusatnya di Kota Bandung ini pun viral dan warganet pun berbondong-bondong ingin mencobanya. Akun Instagram official cendol Queen Elizabeth sendiri ikut membagikan potret dari Lisa yang sedang memperlihatkan minuman milik usaha yang sudah berkembang lebih dari 50 tahun ini.

"Lisa aja minum cendol . Yuk disorder," tulis keterangan unggahan akun Instagram @escendolelizabethofficial dan @cendolqueenelizabeth pada Sabtu, 20 Mei 2023.

"Hayo @lalalalisa_m aja melokal,, udah pada cobain blm?" tulis akun tersebut dalam unggahan lainnya pada hari yang sama.

Salah satu akun TikTok @rezkystaycation pun terlihat membagikan video saat ia membeli cendol Queen Elizabeth karena penasaran dengan minuman yang disukai personel BLACKPINK tersebut.


Lisa Brand Ambassador Cendol Indonesia

Dalam video itu ia sempat bertanya minuman yang dipesan oleh Lisa, dan karyawan salah satu cabang Queen Elizabeth yang berada di Sumber Sari Junction.

"Mbak cendolnya lagi viral ya? mau dong 1 yang diminum Lisa BLACKPINK yang mana?," tanyanya" yang original kak," ucap sang pegawai

Terlihat dari video tersebut ada pilihan ukuran dari medium hingga large. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp19 ribu untuk medium dan Rp28 ribu untuk Large.Unggagan itu mendapat beragam komentar dari para warganet.

"Yakin cendol Queen Elizabeth akan meroket setelah plog nya lisa," komentar seorang warganet.

"Jadi brand ambassador min wkwk," timpal warganet lainnya.

"Tapi emng cendol elizabeth enak bangetttt ya Allah," komentar warganet lainnya.

"Akhirnya bisa masang tulisan "lisa blackpink pernah minum cendol ini" beneran no gimmick ," tulis warganet lainnya.

Sebagai salah satu cendol legendaris di Indonesia, Es Cendol Elizabeth dirintis oleh Haji Rohman. Dia dibantu anak-anaknya dalam mengelola usaha yang dirintisnya sejak 1972 ini.


Berawal dari Jualan Cendol Keliling

Nur Hidayah, putri kedua Haji Rohman, sempat bercerita bapaknya semasa kecil sudah harus membantu perekonomian keluarga. Rohman yang ketika itu baru duduk di bangku kelas 2 SD ditinggal sang ayah.

"Jadi awalnya, bapaknya Bapak (Rohman) meninggal, waktu itu masih tinggal di Pekalongan. Kehidupan di desa kan tak menentu hanya kerja tani. Sementara, bapak itu anak laki-laki satu-satunya jadi tumpuan keluarga," ucap Nur kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Awalnya, Rohman keliling berjualan cendol dan memulai berjualan di kawasan Leo Genteng, Astana Anyar, Kota Bandung. Usai berkeliling, Rohman biasanya memarkirkan jualannya di sebuah rumah di Jalan Ciateul. Rumah tersebut yang kemudian menjadi titik awal dimulainya usaha cendol milik Rohman.

Pemilik rumah tersebut bernama Elizabeth (Bu Eli) dan merupakan pelanggan tetap Rohman. Menurut Nur Hayati, Elizabeth saat itu bekerja di sebuah toko tas.

"Ada suatu waktu Bapak tidak bisa nulis. Kalau ada pesanan larinya ke dalam minta Bu Eli menuliskan pesanannya. Kalau Ibu Eli menulis selalu pakai bon Toko Elizabeth," terang Nur.


Resep Rahasia Membuat Cendol

"Dari situ Bu Eli bilang, 'Sudah aja Man, cendolnya sekalian namain Cendol Elizabeth'. Dan orang pun kenalnya Cendol Elizabeth karena pakai bon itu," tambahnya.

Sejak itu, nama cendol Rohman bernama Es Cendol Elizabeth hingga terkenal sampai saat ini. Tak sedikit yang mendompleng popularitas Es Cendol Elizabeth.

Diakui Nur Hayati, tokonya tak punya resep rahasia dalam memproduksi cendol. Bahan utamanya hanya tepung aci kawung serta gula kelapa. Untuk pewarna digunakan daun suji dan daun pandan sebagai penambah aroma.

"Kadang kita sendiri pun cari bahan bakunya kesulitan sekarang ini. Apalagi gula kelapa, kalau sekarang dicari ada yang campuran ubi, dan lain-lain. Kita pun sudah sudah berusaha beli dari petaninya langsung," ungkapnya.

Sementara itu, Eva, salah satu pembeli mengatakan, setiap bulan Ramadan datang dirinya selalu mampir ke Toko Es Cendol Elizabeth. Namun, ia mengaku tak bosan membeli es cendol di sini.

"Kurang lengkap saja kalau belum beli langsung ke sini. Cuma di sini yang jual Es Cendol Elizabeth," tuturnya.

Nonton Konser Coldplay, tapi di London

Al Ghazali Pilih Nonton Konser Coldplay di London: Mau Rasakan Suasana Berbeda

Liputan6.com 2023-05-20 16:20:15
Potret konser band Coldplay (Instagram/coldplay).

Musisi sekaligus bintang film Al Ghazali tak ikut memburu atau war tiket konser Coldplay, pada 17 Mei 2023 lalu. Al Ghazali mengaku bahwa ia tak akan menonton aksi panggung Coldpay di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Seperti diketahui, masyarakat begitu antusias menanti konser grup band asal Inggris, yang akan diselenggarakan pada 15 November 2023. Bahkan, penjualan tiket presale BCA hingga penjualan untuk publik konser Coldplay langsung ludes terjual.

Meski tak ikut war tiket di Indonesia, Al Ghazali justru sudah lebih dulu membeli tiket untuk menonton konser Coldplay di luar negeri.

"Aku enggak ikut, yang ikut El tuh. Kalau aku udah beli tiket untuk nonton di London, Inggris," kata Al Ghazali, di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, Jumat (19/5/2023).


Al Ghazali Sudah Membeli Tiket Coldplay Jauh-Jauh Hari

"Sebenernya sih aku ada nonton di London nya sudah lama. Kebetulan Coldplay ada manggung juga di sini. Aku udah beli dua yang di London, jadi aku enggak begitu khawatir," sambungnya.

Dari informasi yang didapat Al, lamanya jadwal manggung di London membuat perburuan tiket tidak seketat di Jakarta. Di London dan Paris, kata Al, Chris Martin Cs berencana menggelar konser selama 4 hari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Nonton Coldplay di London Beda Suasana

"Di London, di Paris, ternyata empat hari ya. Jadi enggak begitu war. Kalau di sini kan sehari jadi war," ujar Al.

Lebih lamjut Al Ghazali mengungkap alasannya memilih nonton konser Coldplay di London, ketimbang saat band tersebut datang ke Indonesia. Ia ingin merasakan suasana yang berbeda.

"Beda aja vibes nya, di London kan lebih berasa, mau merasakan suasana berbeda aja," akunya.


Coldplay Bakal Manggung di 2 Kota London

Sebelum menyambangi Indonesia, Coldplay diketahui lebih dulu manggung di Eropa untuk tur konsernya yang bertajuk "Music of The Spheres World Tour". Setidaknya Coldplay akan manggung sebanyak 47 kali hingga 20 November 2023.

Adapun di Inggris sendiri, Coldplay akan menggelar konser di 2 kota, Manchester dan Cardiff. Di Manchester, konser Coldplay akan berlangsung 4 hari, yakni 31 Mei, 1, 3 dan 4 Juni. Sementara di Cardiff, Coldplay akan manggung di Stadion Kerajaan Cardiff pada 6 dan 7 Juni. (M. Altaf Jauhar)

Pernikahan Terkesan Menyeramkan

Anya Geraldine Sebut Pernikahan Menyeramkan Setelah Banyak Perselingkuhan dan Perceraian

Liputan6.com 2023-05-20 21:00:00
Potret Anya Geraldine (Instagram/anyageraldine).

Dunia artis Tanah Air ramai dengan kasus perselingkuhan dan juga perceraian. Hal tersebut pun menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Segala macam jejak digital ikut membantu sosok yang terlibat dalam permasalahan perceraian maupun perselingkuhan tersebut.

Hal tersebut ditanggapi antipati oleh Anya Geraldine. Bahkan Anya sampai pada sebuah kesimpulan menikah sangatlah menyeramkan dan bukan menjadi solusi permasalahan hidup.

"Naaah, serem kan nikah? Karena nikah emang bukan solusi dari masalah, tapi baru awal mula dari segala masalah," kata Anya Geraldine seperti dilihat di akun Twitternya, Jumat (19/5/2023).


Belum Menikah

Entah dengan cuitan ini membuat Anya Geraldine enggan untuk menikah atau tidak. Yang pasti hingga saat ini Anya sendiri memang betah berpacaran. Beberapa kali berpacaran namun dirinya selalu gagal dalam percintaan.


Dikomentari

Cuitan wanita bernama asli Nur Amalina Hayati ini ramai dikomentari warganet. Banyak yang setuju dengan pernyataan dari wanita 27 tahun itu.

"Betul. Temenku yg udah nikah bilang gitu, intinya menikahlah kalo sudah siap. Siap apa? Siap semuanya, prepare for the worst," kata akun @_ikhsanrizky.

"nikah mah gak serem kalau ketemunya sama pasangan yang tepat. kalau ketemunya modelan virgoun nah itu baru serem," tulis akun @dinifaramithaa.

Desta-Natasha Rizki di Resepsi Enzy Storia

Gaya Desta dan Natasha Rizki Hadiri Pernikahan Enzy Storia dan Molen Kasetra

Liputan6.com 2023-05-20 17:30:46
Vincent Rompies nampak mencuri perhatian di pernikahan Enzy sebagai saksi nikah (@hestipurwadinata)

Bahagia tengah membebat pasangan Enzy Storia dan Molen Kasetra yang resmi menikah hari ini, Sabtu (20/5/2023). Di tengah ucapan selamat dan doa-doa baik yang dihaturkan karena Enzy menikah, sorotan juga diberikan pada Desta dan Natasha Rizki yang menghadiri acara itu, kendati tidak difoto dalam satu potret.

Di gambar yang dibagikan di akun Instagram TONIGHT SHOW, seperti Vincent Rompies, Desta tampil memakai beskap dan celana panjang deep grey, lengkap dengan kain wastra yang melilit pinggangnya. Ayah tiga anak ini juga memakai peci berwarna senada dan pantofel hitam sebagai pelengkap penampilan.

Seperti yang lain, Desta tampak tersenyum ke arah kamera. Sementara Natasha Rizki, yang akan segera memulai sidang perceraiannya dengan Desta setelah 10 tahun menikah, tampil manis dengan kebaya brokat panjang berwarna kalem.

Senada dengan pengiring pengantin lain, ia memakai bawahan kain tenun songket. Melengkapi tampilan, perempuan yang akrab disapa Caca ini juga mengenakan hijab segitiga berwarna senada dengan kebayanya. Tampilan Natasha ini dibagikan rekan kerja Desta, Hesti Purwadinata, di unggahan Instagram Story-nya, Sabtu (20/5/2023).

Pernikahan Enzy dan Molen Kasetra, menurut kanal Showbiz Liputan6.com, berlangsung di Nusantara Ballroom, The Dharmawangsa, Jakarta Selata. Ini merujuk pada unggahan Instagram The Bride Story, hari ini.

Pihaknya menulis, "@enzystoria telah resmi menikah dan menjadi istri dari Maulana Kasetra (Molen) pagi ini. Akad nikah berlangsung dengan khimad, dihadiri keluarga dan sahabat terdekat. Selamat, pasangan yang berbahagia!"


Pacaran 2 Tahun

Menurut keterangan tertulis The Bride Story, prosesi pernikahan Enzy Storia dan Molen Kasetra dilangsungkan dengan sentuhan konsep tradisional. Pasangan ini disebut sudah pacaran selama dua tahun sebelum memutuskan hidup berdampingan sebagai suami istri.

Di hari spesialnya, Enzy mengenakan busana pengantin dan suntiang khas Sumatra Barat. Di keterangan unggahan yang dituliskan si pengantin wanita, busana akad Enzy merupakan rancangan Vera Anggraini, sementara tampilan resepsinya menggunakan busana dari Didiet Maulana.

Lalu, dekorasinya dibuat sarat berwarna Bumi. "Enzy sangat menyukai rona warna earthy tone, sehingga kami menuangkannya ke dalam dekorasi area akad nikah ini dan pilihan warna baju keluarga, (yakni) hijau turquoise dan cokelat keemasan," sebut Gisela Setyawan selaku wedding planner dan organizer dari Hilda by Bridestory.

Sebelum menikah, pasangan ini menjalin hubungan jarak jauh alias LDR. Pasalnya, Molen diketahui bekerja di KBRI Washington D.C, Amerika Serikat (AS) sebagai second secretary.


Tantangan Mempersiapkan Pernikahan

Enzy pun mengungkap tantangan mempersiapkan pernikahan dalam kondisi perbedaan jarak dan waktu. Menurutnya, hal ini memang tidak mudah.

"Selain kesibukan jadwal dan aktivitas kami masing-masing, salah satu tantangan dalam merencanakan pernikahan ini adalah hubungan kami yang dijalani secara long distance. Indonesia dan Amerika Serikat serta singkatnya waktu persiapan," kata Enzy dalam keterangan tertulis.

Karenanya, ia bersyukur karena pernikahan mereka berlangsung lancar dan khidmat. "Hari ini kami merasa sangat bahagia, penuh haru, dan lega. Akhirnya momen yang ditunggu ini datang juga dan bisa dilaksanakan secara khidmat dengan keluarga dan sahabat terdekat," ujar dia.

Molen menikahi Enzy dengan maskawin berupa uang tunai senilai 205 dolar AS dan Rp2.023, yang menyimbolkan tanggal pernikahan mereka. Molen juga memberi mahar berupa emas seberat delapan gram. Angka ini sesuai bulan kelahiran mereka berdua, yaitu Agustus.

Selain, angka delapan juga diasosiasikan dengan simbol infinity yang berarti tiada berakhir.


Janji yang Terwujud

Hari pernikahan Enzy Storia diketahui hanya berbeda dua minggu dari sahabatnya, Jessica Mila. Ternyata, Enzy pernah berjanji dengan Jessica untuk menikah dan hamil secara bersamaan, catat kanal Healt Liputan6.com. Hal ini terungkap saat keduanya berbagi cerita di podcast di kanal YouTube Enzy pada 2021.

"Kita tuh bareng tahu nanti (menikahnya)," kata Mila mengawali janji. "Bareng ya. Kita kan janjian mau hamil bareng. Lo jangan ninggalin gue dong," ucap Enzy sambil merengek dan tertawa.

"Kita berdua tuh selalu berdoa kayak, semoga kita nikah di tahun yang sama," lanjutnya. Mila pun mengiyakan ucapan Enzy sambil tertawa. Siapa sangka, keduanya berhasil mewujudkan doa menikah di tahun yang sama. Bahkan, di bulan yang sama, hanya berbeda dua minggu.

Enzy kemudian bercerita kali pertama ia bertemu suami Mila, Yakup Hasibuan. Ia mengaku sudah berfirasat bahwa Yakup merupakan jodoh Mila. Karena itu, Enzy mengatakan takut akan ditinggal nikah oleh Mila.

"Pas gue nengok ke orangnya (Yakup), ini lagi nih jodoh temen gue kayaknya," Enzy bercerita. "Gue langsung, bye Mil. Gue enggak tahu harus gimana," lanjut Enzy sambil peragakan dirinya jatuh lemas.

Pose dengan Pakaian Dalam, 2 Juta Likes

Cristiano Ronaldo Dapat 4 Juta Likes Hanya dalam 2 Jam Usai Pose dengan Pakaian Dalam di Instagram

Liputan6.com 2023-05-21 16:04:22
Cristiano Ronaldo. (foto: AFP)

Cristiano Ronaldo meraup empat juta likes dalam sebuah unggahan di Instagram, baru-baru ini, hanya dalam waktu dua jam.

Ronaldo adalah orang yang paling banyak diikuti di Instagram, dengan 584 juta pengikut. Ikon Portugal ini mengunggah foto dirinya hanya dengan pakaian dalam yang sedang menikmati sinar matahari.

Mantan bintang Manchester United ini hanya menambahkan sebuah emoticon matahari di keterangan foto tersebut. Para pengikut penyerang Al Nassr ini jelas menyukai apa yang mereka lihat.

Seperti dilansir Sportskeeda, unggahan Ronaldo tersebut mencapai 4 juta likes dalam dua jam pertama setelah diunggah. Sejak saat itu, foto tersebut telah mendapatkan 5.187.000 likes dan jumlahnya terus meningkat.


Main Catur dengan Messi

Cristiano Ronaldo menghebohkan dunia maya pada November 2022 ketika dia mengunggah foto dirinya dan Lionel Messi yang sedang bermain catur. Kedua rival lama ini sedang mempromosikan Louis Vuitton dan unggahan mereka mencatatkan sejarah.

Postingan duo legendaris ini berada di urutan keempat dalam postingan Instagram yang paling banyak disukai dalam sejarah.


Performa Terbaik

Cristiano Ronaldo terlihat menikmati waktu istirahatnya saat timnya Al Nassr terus bertarung dengan Al Ittihad di puncak klasemen Liga Pro Saudi. Faris Najd berada di posisi kedua di liga, tertinggal satu poin dari Ittihad dengan tiga pertandingan tersisa.

Legenda Portugal ini sedang dalam performa terbaiknya sejak tiba di Mrsool Park pada Januari 2023. Dia telah mengantongi 13 gol dan dua assist dalam 17 pertandingan di seluruh kompetisi.

Usaha Orangtua Kate Middleton Bangkrut

Orangtua Kate Middleton Jual Perusahaan Penyedia Perlengkapan Pesta Setelah Bangkrut

Liputan6.com 2023-05-21 13:46:56
Bisnis Milik Ibu Kate Middleton Alami Penurunan Permintaan. (Instagram:@partypieces/Geiska Vatikan Isdy)

Bisnis penyedia perlengkapan pesta yang dirintis Carole Middleton, ibu dari Kate Middleton telah dijual usai alami kebangkrutan.

Dikutip dari BBC, Minggu (21/5/2023), Party Pieces diluncurkan pada 1987 ketika Carole Middleton sedang mencari inspirasi untuk pesta ulang tahun Kate Middleton yang ke-5. Bisnis tersebut telah dibeli oleh pengusaha James Sinclair dengan harga yang dirahasiakan.

Perusahaan ini awalnya dijalankan dari rumah keluarga dengan empat kamar tidur di Bradfield, Berkshire. Namun, setelah mengalami kesulitan, perusahaan dimasukkan dalam administrasi dan segera dijual ke Teddy Tastic Bear Company, salah satu dari sejumlah perusahaan James Sinclair.

Sementara itu, 12 karyawan perusahaan akan dipindahkan ke pemilik baru. Adapun bisnis yang dijalankan keluarga Kate Middleton ini menjual berbagai perlengkapan pesta dan ulang tahun mulai dari balon, spanduk hingga kue. "Keahliaan kami akan membantu Anda mengubah tonggak sejarah menjadi kenangan," demikian ditulis dari web perusahaan tersebut.

Akan tetapi, Interpath Advisory mengatakan perdagangan telah dipengaruhi secara signifikan oleh pandemi COVID-19 dan dengan tekanan pada arus kas yang meningkat, direktur berusaha eksplorasi sejumlah opsi.

"Party Pieces adalah merek mapan dengan warisan Inggris yang membanggakan, tetapi seperti banyak perusahaan lain di sektor ritel telah sangat terpengaruh oleh pembatasan pertemuan sosial," ujar Will Wright dari Interpath.


Bisnis Perlengkapan Pesta Milik Ibu Kate Middleton Sedang Tak Baik-Baik Saja, Efek Krisis Ekonomi Inggris?

Sebelumnya, ibunda Kate Middleton, Carole Middleton mengaku bisnis Party Pieces, layanan perlengkapan pesta yang didirikannya saat ini menghadapi kesulitan. Hal itu lantaran permintaan pelangggan menurun akibat krisis biaya hidup yang menimpa banyak warga Inggris.

Melansir dari Daily Mail pada Senin, 6 Februari 2023, pihaknya kini sedang berselisih dengan pemasok atas perjanjian pembayaran yang terlanjur dibuat. Menurut Carole, ia melihat gelagat buruk dari bisnisnya sejak Natal tahun lalu.

"Carole menjelaskan bahwa ini adalah Natal yang mengerikan, dan diperburuk oleh pemogokan (pengiriman) pos," ujar salah satu sumber pada Daily Mail.

Carole sedang mengusahakan yang terbaik untuk meningkatkan prospek bisnisnya dan terjun langsung bernegosiasi dengan para pemasok untuk meminta keringanan pembayaran. "Dia menjelaskan bahwa ingin melakukan bisnis dengan mereka (pemasok) tetapi menginginkan pesyaratan pembayaran barang selama 90 hari bukan 30 hari seperti biasanya," ujar sumber tersebut.

Namun, penawaran yang dilakukan oleh Carole itu tidak berhasil membuat pemasok menjadi luluh karena kondisinya saat ini. Mereka tidak bisa menerima untuk pembayaran kredit selama 90 hari.

Pada 2021, bisnis milik ibu Kate Middleton ini merugi sebesar 285.506 pound sterling atau setara dengan Rp5,1 miliar sehingga total defisit keuangan pada tahun itu menjadi 1,35 juta pound sterling atau Rp24 miliar. Kerugian besar itu sebagai konsekuensi dari investasi berkelanjutan dalam rencana pertumbuhan perusahaan, termasuk peluncuran divisi grosir dan pembukaan wilayah baru di Amerika Serikat, Eropa, dan Timur Tengah.


Pesta Ulang Tahun

Meski begitu, ibu Kate Middleton tetap menggelar pesta ulang tahunnya ke-68 pada Selasa, 7 Februari 2023. Dia juga sempat membagikan peringatan ulang tahunnya tersebut di Instagram bisnisnya @partypieces.

Dalam unggahan tersebut terlihat Carole tersenyum dan berdiri dengan beberapa balon berbintang yang berwarna cerah. Dia pun menyematkan keterangan, "Apakah hanya saya atau Januari telah berlalu? Artinya ini hampir ulang tahun saya. Saya sering pergi berlibur untuk ulang tahun saya, tetapi tahun ini saya membawa sinar matahari kepada saya dengan mengadakan pesta yang menampilkan banyak warna cerah dan berani. Jika Anda akan segera berulang tahun, lihat hasil edit saya di situs web untuk mendapatkan inspirasi."

Pada ulang tahun ke-67, Carole sempat membagikan potret masa lalunya. Dalam foto tersebut terlihat Carole yang sedang tersenyum ke kamera bersama ketiga anaknya yang sedang menggunakan topi kerucut ulang tahun dan meniup terompet lidah. Berdasarkan penelusuran People, gadis yang berada di sebelah kanan adalah Kate Middleton, sedangkan kedua adiknya bermain di sisi kiri Carole.


Terinspirasi Kate Middleton

Carole masih ingat, bisnis yang dijalaninya saat ini terinspirasi saat Kate Middleton ingin merayakan ulang tahunnya kelima. Melansir People, Party Pieces didirikan karena saat itu ketika ia mencari perlengkapan pesta untuk Kate, toko yang didatanginya tidak memiliki barang yang unik.

"Yang bisa saya temukan hanyalah piring badut besar," tuturnya. "Saya menyadari ada celah di pasar perlengkapan pesta yang tidak terlalu mahal dan terlihat bagus, jadi saya memutuskan untuk mendesain sendiri."

Dia sempat membawa sampel ke berbagai peritel di High Street, Inggris, namun ditolak. Tapi, ia tak menyerah. Dia mulai membangun bisnisnya di atas meja dapur rumahnya di Berkshire, Inggris pada 1987.

Bisnisnya terbukti sukses dan tiga dekade bisnis tersebut berjalan Carole masih meluncurkan produk baru untuk menarik perhatian para pembeli. Ketiga anak Carole, yaitu Kate, James, dan Pippa Middleton, pernah membantu ibunya menjalankan bisnis tersebut.

"Anak-anak saya terus menginspirasi saya dan, saat mereka tumbuh dewasa, merek kami telah berkembang," jelas Carole.

Kursus Tersenyum Laris Manis di Jepang

Mulai Lepas Masker, Kursus Tersenyum Laris Manis diJepang

Liputan6.com 2023-05-21 09:00:46
ilustrasi perempuan tersenyum/Photo by Trung Nguyen from Pexels

Pandemi COVID-19 yang menghantam seluruh dunia membuat orang-orang wajib memakai masker untuk melindungi diri dan orang di sekitarnya. Hal tersebut juga berlaku di Jepang tapi kini aturan penggunaan masker sudah tak ketat. Masyarakat di sana sudah boleh lepas masker.

Setelah pemerintah mengumumkan pelonggaran aturan penggunaan masker, banyak orang yang kesulitan menyesuaikan diri dengan kehidupan baru tanpa penutup wajah, sebut surat kabar Asahi Shimbun.

Tak hanya itu, beberapa bahkan lupa cara tersenyum. Mereka merasa perlu melatih ekspresi wajah, lanjut surat kabar itu.

Oleh karena itu, setelah media pertama kali melaporkan pada Februari 2023 bahwa pemerintah akan meninggalkan aturan pemakaian masker, sesi latihan senyum yang diselenggarakan oleh Akabane Elderly Relief Centre kini semakin populer dengan jumlah pelamar naik sebanyak 4,5 kali lipat.

Pada bulan Mei, Jepang mengumumkan bahwa masker merupakan pilihan individu, bersamaan dengan diturunkannya klasifikasi keparahan virus menjadi penyakit biasa.

"Karena memakai masker sudah menjadi norma, orang memiliki lebih sedikit kesempatan untuk tersenyum, dan semakin banyak orang yang merasa kesulitan melakukannya," ujar Keiko Kawano, seorang pelatih senyum kepada Asahi Shimbun.


Lupa Cara Tersenyum

Penggunaan masker dalam jangka waktu yang cukup lama membuat orang Jepang sibuk mempelajari kembali cara untuk tersenyum.

"Orang-orang jarang tersenyum saat memakai masker," ujar Kawano.

"Sekarang, mereka kebingungan."

"Orang-orang mulai menyadari bahwa mereka tidak terlalu sering menggunakan otot pipi atau mulutnya," tuturnya melalui telepon dikutip dari The New York Times.

"Dan Anda tidak bisa tiba-tiba mulai menggunakan otot-otot ini. Anda perlu melatihnya."

"Otot-otot wajah dapat dilatih seperti otot-otot lain, meskipun pelatihan seperti itu bisa menantang, karena perbedaan yang besar antara setiap individu," tambah Profesor Hanein yang bekerja di laboratorium neuro-engineering di Tel Aviv University di Israel.

Meski nampak sederhana, senyum yang terlihat palsu atau dipaksakan dapat menimbulkan dampak buruk. "Masalah yang mungkin terjadi karena senyum palsu adalah bahwa orang lain mungkin menyadarinya," tambahnya.

Oleh karenanya, kursus tersenyum kian laris. "Menggerakkan dan mengendurkan otot-otot wajah adalah kunci untuk membuat senyum yang baik," jelas Kawano.


Kursus Senyum

Pada tiap sesi latihan senyum, peserta diberi cermin tangan untuk memeriksa kemajuan kemampuan senyumnya, dengan beberapa menyesuaikan ekspresi wajahnya sampai mereka senang dengan hasil senyum yang nampak alami.

Yasuko Watarai, salah seorang peserta, mengatakan kepada surat kabar Mainichi Shimbun, "Senyum sangat penting dalam komunikasi tanpa masker. Saya ingin menerapkan apa yang saya pelajari hari ini di kegiatan sukarela dan pertemuan lainnya."

Miki Okamoto, juru bicara IBM Jepang yang merupakan klien Kawano juga mengatakan bahwa sesi pelatihan senyum Kawano diterima dengan baik oleh para peserta.

Kawano mengatakan dia ingin orang-orang lebih banyak tersenyum untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental mereka.

"Tersenyum tidak hanya membuat kesan yang baik pada orang lain dan memfasilitasi komunikasi tetapi juga membuat diri Anda merasa lebih positif."

Salah satu anak didiknya, Rieko Mae, 61, sekarang memberi tahu kliennya sendiri bahwa latihan senyum itu penting bahkan bagi orang yang sering tersenyum.

"Terkadang, Anda perlu menunjukkan senyum profesional yang bagus, dan orang-orang tidak banyak tahu tentang itu," ungkap Mae dikutip dari The New York Times.


Manfaat Tersenyum

Kursus tersenyum dapat membantu orang meningkatkan ekspresi wajahnya dan bahkan membangun kepercayaan diri, tutur Masami Yamaguchi, seorang psikolog di Chuo University, Jepang.

Selain itu, senyum memang memberikan berbagai manfaat. Menurut Delaware Psychological Services, beberapa manfaat tersenyum termasuk panjang umur dan menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2010 menemukan bahwa senyum yang tulus dan intens dikaitkan dengan usia harapan hidup yang lebih panjang.

Tersenyum lebih sering juga membantu meningkatkan suasana hati, sementara tertawa dapat mengurangi tekanan darah.

"Ketika endorfin dilepaskan untuk melawan efek negatif dari hormon stres, tubuh Anda rileks, membuat tekanan darah menurun. Kombinasi hormon bahagia dengan turunnya tekanan darah meningkatkan suasana hati, meredakan kecemasan dan menghilangkan ketegangan," sebut situs Henry Ford Health.

Tersenyum juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi lebih efektif. Ketika Anda tersenyum, fungsi kekebalan tubuh meningkat karena Anda lebih rileks.

(Adelina Wahyu Martanti)

Jam Tangan Kaisar Terakhir China

Jam Tangan Mewah Milik Kaisar Terakhir China Diprediksi Terjual Rp44 M, Ada Tulisan Angka dalam Bahasa Arab

Liputan6.com 2023-05-21 08:00:00
Jam milik kaisar Tiongkok akan terjual seharga Rp44 miliar, (Tangkapan layar dari website cnn.com)

Jam tangan yang pernah dimiliki oleh kaisar terakhir China, Aisin-Gioro Puyi, diperkirakan akan terjual lebih dari $3 juta (Rp44 miliar) saat mulai dijual di Hong Kong, pada Mei 2023.

Mengutip dari cnn.com, Sabtu (20/5/2023), penilaian yang menggiurkan ini sebagian karena kelangkaan Patek Philippe Reference 96 Quantieme Lune, satu dari delapan barang yang pernah ada dan diketahui hingga saat ini.

Tetapi menurut balai lelang Phillips, yang menangani penjualan ini, diperkiraan tujuh benda lainnya juga mengarah ke jam tangan berusia 86 tahun dengan sejarah luar biasa itu - yang dibawa ke Siberia selama lima tahun penjara mantan penguasa di Uni Soviet.

Arloji platinum berdiameter 1,2 inci menampilkan angka dalam tulisan Arab, jarum jam emas warna pink gold, dan fungsi "fase bulan" yang menunjukkan seberapa terlihat bulan dari Bumi pada waktu tertentu.

Selain itu ada beberapa mekanisme internalnya yang berasal dari tahun 1929, meskipun model tersebut tidak dijual oleh Patek Philippe --- pembuat jam tangan Swiss yang dikenal memasang mesin jam rumit ke dalam casing rampingnya --- hingga tahun 1937.

Tidak diketahui bagaimana Puyi memperoleh arloji tersebut, meskipun catatan menunjukkan bahwa jam tersebut awalnya dijual melalui toko mewah di Paris.

Phillips menambahkan sebenarnya dokumen sejarah membuktikan bahwa mantan kaisar itu membawanya ke kamp penjara Soviet di Khabarovsk. Dia kemudian menghadiahkannya kepada Georgy Permyakov, seorang penutur bahasa Mandarin fasih yang menjadi tutor dan penerjemah bahasa Rusia selama dia ditahan.


Puyi Naik Takhta Pada Tahun 1908

Puyi, yang hidupnya membentuk dasar dari film pemenang Oscar tahun 1987 "The Last Emperor," naik takhta pada tahun 1908. Kemudian dia dipaksa turun takhta kurang dari empat tahun kemudian ketika pemberontakan republik menggulingkan Dinasti Qing.

Ia diizinkan untuk terus tinggal di istana kekaisaran di Beijing (dan diangkat kembali sebentar sebagai kaisar pada 1917). Tahun 1924, ia melarikan diri dari Beijing dan membentuk aliansi dengan Jepang, yang kemudian mengangkatnya sebagai kaisar negara bonekanya, Manchukuo, di wilayah Manchuria, Tiongkok timur laut.

Setelah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II, Puyi ditangkap oleh pasukan Soviet dan ditahan sebagai tawanan perang. Menurut Phillips, dia memberikan arloji itu kepada Georgy Permyakov, seorang penutur bahasa Mandarin fasih yang menjadi tutor dan penerjemah bahasa Rusia selama dia ditahan, pada tahun 1950, tepat sebelum mantan kaisar itu kembali ke China untuk diadili atas kejahatan perang.

Menurut siaran pers, Phillips menghabiskan tiga tahun untuk meneliti sejarah objek dan mengonfirmasi asalnya - sebuah proses yang dijelaskan oleh Thomas Perazzi kepala bagian jam tangan di Phillips auction house untuk Asia, dalam sebuah pernyataan sebagai proyek penelitian yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan tim jam tangan di seluruh dunia. Mulai dari spesialis, sejarawan, jurnalis, dan ilmuwan.


Kaisar Menghadiahkan Jamnya Kepada Keponakannya, Tetapi Diminta Kembali

Dalam daftar katalognya, Phillips mengutip keponakan Puyi, Yuyan (yang dipenjara bersamanya) mengingat dalam memoarnya bahwa pamannya memakai arloji itu sehari-hari, saat berada di Manchukuo.

Katalog itu juga mengatakan bahwa Puyi sebelumnya telah menghadiahkan arloji itu kepada keponakannya, tetapi kemudian memintanya kembali untuk diberikan kepada Permyakov.

Hampir satu dekade setelah kembali ke China, Puyi diampuni dan hidup sebagai warga sipil di Beijing sampai kematiannya pada tahun 1967. Sementara itu, Permyakov menjaga arloji itu sampai dia meninggal pada tahun 2005, setelah itu diserahkan kepada ahli warisnya sebelum diserahkan ke Phillips, oleh pemiliknya saat ini pada tahun 2019.

Arloji bersejarah itu kemudian ditampilkan di New York, Singapura, London dan Taipei, dan akan melakukan perjalanan ke Jenewa sebelum kembali ke Hong Kong, di mana jam tersebut akan dijual di kantor pusat baru Phillips di Asia pada 23 Mei.


Bukan Hanya Arloji, ada Juga Barang Lainnya Milik Puyi

Arloji itu ditawarkan bersama beberapa barang bekas Puyi lainnya. Di antaranya adalah 15 cat air, yang dikaitkan dengan saudara ipar Puyi, Gobulo Runqi, dan kipas kertas merah yang juga diberikan kepada Permyakov, yang menampilkan puisi tulisan sang mantan kaisar.

Salah satu buku catatan manuskrip Puyi, yang menurut Phillips "memberikan pandangan sekilas ke dalam pikirannya," juga dijual bersama salinan "The Analects" karya Konfusius, dengan kedua item tersebut diperkirakan akan terjual lebih dari $25.000 setara dengan Rp368 juta.

Penjualan itu akan diikuti oleh lelang jam tangan selama dua hari di rumah lelang Phillips yang menampilkan sekitar 240 jam tangan. Di antara barang-barang penting yang ditampilkan secara historis adalah Omega Speedmaster Apollo XI 1969 edisi terbatas yang pernah dipersembahkan kepada astronot NASA Charles "Pete" Conrad Jr., orang ketiga yang pernah berjalan di Bulan.

Rumah Walet Berteknologi AI

Canggih, Indonesia Punya Rumah Budidaya Walet Berteknologi AI Pertama di Dunia

Liputan6.com 2023-05-20 15:30:37
Rumah Budidaya Walet Smart. (Dok. PT Esta Indonesia)

Indonesia merupakan negara penghasil sarang burung walet terbesar di dunia dengan jumlah produksi sarang burung walet mencapai lebih dari 80 persen dari total produksi dunia.

Walet sarang putih (aerodramus fuciphagus) yang merupakan jenis burung walet penghasil sarang yang bisa dikonsumsi adalah burung endemik kawasan asia tenggara, sehingga hanya bisa dijumpai dan dibudidayakan di Indonesia dan negara sekitarnya seperti Malaysia, Vietnam, Thailand dan sekitarnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, nilai ekspor sarang burung walet Indonesia mencapai USD 517,03 juta dengan volume 1.505,5 ton pada 2021. Melihat potensi ekonomi yang dihasilkan maka Sarang burung walet menjadi salah satu komoditas ekspor andalan di sektor peternakan Indonesia yang diharapkan pemerintah untuk terus meningkat tiap tahun nya.

PT Esta Indonesia sebagai salah satu eksportir terbesar sarang burung walet di indonesia, menjawab tantangan pemerintah dengan mengembangkan berbagai teknologi terapan melalui riset bersama CV Nore Inovasi untuk meningkatkan kualitas produksi sarang burung walet dari Hulu hingga ke Hilir produksi sarang burung walet.

Director Research & Manufacturing Development PT Esta Indonesia Dian Rochyati mengatakan, PT Esta Indonesia berkomitmen dalam mengembangkan teknologi untuk mendukung berkembangnya industri sarang burung walet di indonesia.

Jika sebelumnya berhasil mengembangkan teknologi dalam memproses sarang burung walet dengan tanpa melibatkan bahan kimia, ramah lingkungan dan tetap menghasilkan produk yang berkualitas tinggi sesuai dengan standar pengolahan bahan pangan internasional, Rumah budidaya walet smart ini adalah salah satu teknologi yang dikembangkan perusahaan untuk menjaga kualitas dan juga meningkatkan produktifitas di Hulu industri ini yaitu budidaya.

"Rumah Budidaya Walet Smart kami menggunakan berbagai teknologi untuk menjaga Rumah budidaya tetap ideal bagi berkembangnya burung walet, dari mulai suhu udara, tingkat kelembaban, pencahayan dan faktor-faktor lainnya," kata dia.

"Dan dengan menggunakan sensor yang kami gabungkan dengan sistem AI, kami juga dapat menghitung jumlah populasi dan hasil petik yang mana semua teknologi di dalam Rumah Smart walet ini dapat dikontrol dan diawasi langsung secara online melalui aplikasi dan software IOT yang kami kembangkan bersama CV Nore Inovasi, sehingga memudahkan untuk memantau dan mengontrol rumah walet secara otomatis dan realtime di rumah walet yang lokasinya tersebar di berbagai daerah," lanjut dia.


Aplikasikan Teknologi

Rumah Budidaya Walet Smart yang dibangun di Desa Donggulu, kabupaten Parigi Moutong, propinsi Sulawesi Tengah menjadi Pilot Project yang akan di terapkan juga di berbagai daerah.PT Esta Indonesia menargetkan untuk mengaplikasikan teknologi Rumah Budidaya Walet Smart di 30 lokasi di berbagai daerah pada tahun 2023.

"Kami juga memastikan rumah budidaya walet smart ini juga ramah lingkungan, selain penanaman tumbuhan yang dapat mendukung ketersediaan pakan alami walet. Kami juga mengembangkan speaker walet desibel rendah dengan frekuensi khusus yang efektif dan tidak menghasilkan polusi suara yang kerap menjadi masalah dan keluhan terhadap rumah-rumah budidaya walet konvensional yang ada saat ini," tutup dia.


Sarang Burung Walet, Harta Karun Pendongkrak Ekspor Indonesia

Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam beberapa waktu belakangan gencar mensosialisasikan tentang ekspor sarang burung walet. Sering disebut 'emas putih' sebagai harta karun Indonesia, komoditas ekspor satu ini istimewa karena memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Sarang burung walet ini sebenarnya dalah air liur burung walet yang dijadikan sarang ketika sudah berubah menjadi padat atau mengering. Ini menjadi salah satu komoditas langka karena hanya dihasilkan di beberapa negara, Indonesia menjadi salah satunya yang beruntung. Maka dari itu, komoditas ini memiliki nilai jual yang tinggi.

Mengutip dari data Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, angka produksi sarang burung walet di Indonesia mencapai 75 persen, menjadikan Indonesia negara produsen terbesar di dunia.

Sepanjang 2022, Indonesia telah berhasil mengekspor sebanyak 1.418 ton sarang burung walet ke dunia, dengan nilai ekspor mencapai 590,57 juta dolar AS. Ada peningkatan sebanyak 14,1 persen dibandingkan tahun lalu dengan nilai sebesar 517,54 juta dolar AS. Capaian ini termasuk tinggi dalam catatan ekspor sarang burung walet Indonesia, berkat kontribusi dari para pengusaha lokal, menurut Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Ada beberapa kota yang dikenal sebagai penghasil sarang burung walet di Indonesia, yaitu Demak, Semarang, Rembang, Magelang, Banjarmasin, dan Medan. Sementara itu, umumnya Indonesia mengekspor komoditas ini ke Tiongkok, Hong Kong, Vietnam, Singapura, Amerika Serikat, dan Australia serta Taiwan.


Jadi Produk Makanan dan Minuman

Hasil dari panen sarang burung walet dapat dijadikan produk makanan dan minuman. Bahan ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mencegah penuaan, meningkatkan konsentrasi, hingga melawan kanker.

Hal ini juga didukung oleh Mendag Zulhas mengingat komoditas ini termasuk langka dan Indonesia beruntung karena bisa menjadi salah satunya.

"Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan bekerja sama mendukung kebijakan pemerintah. Kita semua tetap harus terus fokus bekerja keras dalam mempertahankan capaian yang sudah membanggakan dan memperbaiki hal-hal yang masih perlu diperhatikan," pungkasnya, dikutip dari situs resmi Kementerian Perdagangan.