Meghan Markle, Putri Diana Jilid 2?

Pengamat Gambarkan Meghan Markle di Serial Netflix Mau Jadi Putri Diana Jilid 2

Liputan6.com 2023-05-24 20:40:25
Pangeran Harry dan tunanganya Meghan Markle melihat latihan tim Inggris untuk Invictus Games Sydney 2018 di University of Bath, (6/4). The Invictus Games 2018 akan digelar di Sydney pada 20-2

Pasangan Meghan-Harry masih terus menuai perhatian dunia. Mulai dari buku, wawancara, dan dokumenter telah pasangan Sussex itu rilis dan jadi sorotan.

Pada dokumenter di Netflix, sosok Pangeran Harry pun jadi sorotan. Tatkala ia mengungkap bagaimana keluarganya bertengkar karena masalah "Megxit" serta berbagai isu personal lainnya.

Pengamat kerajaan menilai ada upaya untuk menjadikan Meghan Markle sebagai sosok Lady Diana 2.0 atau jilid dua di dokumenter itu.

"Kamu menonton enam jam di Netflix itu adalah enam jam upaya untuk menjadikan Meghan Markle sebagai Putri Diana 2.0, dan itu tidak tepat," ujar pengamat keluarga kerajaan Kinsey Schofield, seperti dilansir Sky News, Rabu (24/5/2023).

Baru-baru ini, Meghan Markle dan Pangeran Harry kembali menjadi sorotan karena disebut nyaris mengalami kecelakaan lalu lintas akibat dikejar-kejar paparazzi. Tim keamanan pasangan Sussex berkata aksi kejar-kejaran itu bisa menjadi sangat berbahaya.

Hal itu disebut mirip dengan insiden Lady Diana ketika ia kecelakaan mobil saat dikejar-kejar paparazzi.

Meski demikian, sopir taksi yang menjadi saksi mata berkata narasi soal insiden Meghan Markle tergolong berlebihan. Schofield turut mengkritik kejadian tersebut setelah mengetahui konteksnya.

"Kita sangat tulus khawatir hingga akhirnya kita mempelajari detailnya," ucap Schofield, meski ia menyebut Harry benar-benar merasa dirinya dalam berbahaya.


Pihak Pangeran Harry - Meghan Markle Tangkis Tudingan Caper lewat Insiden Diuber Paparazi, Ingatkan Soal Putri Diana

Sebelumnya dilaporkan, pekan kemarin digegerkan dengan pengakuan Meghan Markle dan Pangeran Harry soal diuber-uber paparazzi sehingga nyaris celaka. Anggota keamanan Meghan-Harry turut memberikan pernyataan yang mengecam aksi paparazzi.

Hanya saja, sejumlah pihak meragukan klaim ini, dan menuding pasangan tersebut hanya melakukan PR stunt---alias mencari pemberitaan.

Kini perwakilan pasangan tersebut buka suara soal tudingan ini. Dilansir dari E! News, Rabu (24/5/2023), sang juru bicara membantah spekulasi tersebut, dan secara tersirat mengingatkan tragedi yang menimpa ibunda Pangeran Harry, Putri Diana.

Seperti diketahui, Lady Di meninggal dunia dalam kecelakaan pada 1997 setelah mobil yang ia tumpangi dikejar-kejar paparazi.

"Dengan penuh hormat, mengingat sejarah keluarga sang Duke, orang seharusnya tidak percaya bahwa pasangan ini atau siapa pun yang memiliki kaitan dengan mereka, melakukan sebuah gimik kehumasan," kata jubir Pangeran Harry.

Ditambahkan, "Terus terang saja, menurutku ini mengerikan."


Terguncang

Seperti diketahui, insiden ini terjadi pada 16 Mei 2023, saat Pangeran Harry, Meghan Markle, dan juga ibu wanita ini, Doria Ragland, berada di New York. Mereka menghadiri acara yang memberikan penghargaan kepada Meghan Markle.

Dalam perjalanan pulang, pihak Pangeran Harry dan Meghan Markle mengaku dikuntit sejumlah paparazi yang disebut bersikap ugal-ugalan.

"Kemarin malam, Duke dan Duchess of Sussex serta Ibu Ragland terlibat dalam pengejaran mobil yang nyaris menjadi bencana, karena sekelompok paparazzi yang sangat agresif. Pengejaran tanpa henti ini, yang berlangsung lebih dari dua jam, mengakibatkan hampir terjadi beberapa tabrakan yang melibatkan pengemudi lain, pejalan kaki dan dua petugas kepolisian New York," begitu pernyataan dari pihak Meghan Markle dan Pangeran Harry, tak lama setelah kejadian ini.

Perwakilan keduanya juga menyebutkan pasangan ini terguncang setelah insiden kejar-kejaran tersebut.

Di sisi lain, sopir taksi yang mobilnya sempat ditumpangi rombongan Pangeran Harry selama sekitar 10 menit, menyebut insiden ini terasa dibesar-besarkan.

"Menurutku ini sih bukan pengejaran. Aku enggak pernah sekali pun merasa dalam bahaya. Enggak seperti kejar-kejaran mobil dalam film. Mereka semua terdiam dan kelihatan ketakutan---tapi ini New York---semua aman," kata dia.

Namun, ia membenarkan bahwa paparazi benar-benar "menggila" dengan kameranya saat mencoba mengambil gambar orangtua Pangeran Archie dan Putri Lilibet ini.

Dilarang Jadi Cawapres

Baru 2 Tahun Jadi Wali Kota, Jokowi Larang Gibran Jadi Cawapres

Liputan6.com 2023-05-25 16:55:19
Sebelumnya, mayoritas relawan Gibran dan Jokowi menyatakan dukungannya kepada Prabowo Subianto. Pernyataan itu disampaikan saat momen pertemuan Gibran dengan Prabowo. (Liputan6.com/Faizal Fan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) rupanya melarang putranya Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres). Hal inin dikatakan Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi yang menanyakan langsung perihal usulan Gibran menjadi cawapres Prabowo Subianto.

Menurut Budi, Jokowi melarang Gibran lantaran baru menjabat sebagai Wali Kota Solo selama 2 tahun.

"Ya Pak Jokowi saya tanya, Pak Prabowo sama Gibran gimana? 'Jangan lah Gibran baru dua tahun'," kata Budi di kantor DPP Projo, Jakarta Selatan, Kamis (25/5/2023).

"Pak Jokowi bicara sama saya, ini ada wacana Pak Prabowo-Gibran. Terus Jokowi bilang Mas Gibran baru 2 tahun jadi wali kota," kata Wakil Menteri Desa ini.

Dia melanjutkan, Gibran menjadi salah satu sosok yang juga masuk dalam bursa cawapres musyawarah rakyat Projo.

"Mas Gibran ada juga di beberapa daerah di Musra. Mengusulkan Mas Gibran sebagai wapres ya," kata Budi.

Namun, kata dia, Gibran belum memenuhi syarat menjadi capres atau cawapres karena terkendala usia. Hal itu juga diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Di situ, diatur tentang persyaratan usia minimal bagi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 di mana usia capres dan cawapres minimal berusia 40 tahun.

Budi pun sudah mengetahui aturan itu tengah diuji di Mahkamah Konstitusi. Namun, belum bisa dipastikan apakah MK bakal mengabulkan.

"Cuma kan 1 konstitusi tidak memungkinkan, oh iya sedang ada yang menggugat. Judicial Review. 40 tahun batasan usia. Cuma kan apakah disetujui? Belum dong. Belum putus. Kalau belum putus kita pakai yang masih berlaku aja sekarang," ucapnya.


Desmonds Gerindra Sebut Pertemuan Gibran dan Prabowo Buat Panas PDIP

Pemanggilan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka usai bertemu dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, membuat PDI Perjuangan (PDIP) kena sindir oleh Desmond Junaidi Mahesa.

Menurut Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra itu, pertemuan Prabowo dan Gibran itu membuat partai berlambang banteng moncong putih itu panas.

"Apalagi seolah-olah dengan isyarat kemarin, Mas Gibran dengan Pak Prabowo kelihatan ada yang merasa kebakaran gitu," kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/5/2023).

Meski diakuinya, wajar ada pihak-pihak yang panas dengan pertemuan tersebut. Apalagi politik masih dinamis.

"Ini yang terjadi kan. Wajar-wajar saja lah melihat politik ini dinamis. Dan Pak Prabowo selalu berpesan jagalah kedamaian jagalah pertemanan dalam rangka kita ini ke depan sama-sama menghadapi persoalan negara semakin berat," kata Desmond.

Dia pun menilai, kedekatan Prabowo dan Gibran bukan hal yang luar biasa. Gibran pernah datang ke Hambalang dijamu Prabowo jelang Pilkada 2020. Belakangan keduanya juga sangat akrab.

"Kalau kita lihat Mas Gibran sangat akrab dengan Pak Prabowo saya pikir wajar-wajar saja, enggak ada yang luar biasa. Kenapa Pak Prabowo bilang Gibran pernah datang ke Hambalang. Dijamu Pak Prabowo. Tapi kan enggak ada yang luar biasa," kata Desmond.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka

Dapat Rp 1,4 T Jika Bertahan

Kylian Mbappe Akan Dapat Rp 1,4 Triliun Jika Bertahan di PSG

Liputan6.com 2023-05-25 11:30:12
Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Kylian Mbappe. (JULIEN DE ROSA / AFP)

Kylian Mbappe dikabarkan akan mengantongi 90 juta euro atau sekitar Rp 1,4 triliun. Jumlah itu bakal diterima pemain berusia 24 tahun itu sebagai bonus jika memutuskan bertahan di Paris Saint-Germain musim panas ini.

Masa depan Mbappe di PSG menjadi perdebatan musim panas lalu, dengan Real Madrid terus berusaha mendapatkan tanda tangannya setelah kontraknya berakhir. Namun, dia menandatangani kontrak baru berdurasi tiga tahun dengan raksasa Prancis itu untuk meredam ketertarikan tersebut.

Meski ada keraguan mengenai masa depannya pada musim panas lalu, kapten timnas Prancis itu bakal tetap tinggal di Parc des Princes. Menurut media Prancis RMC Sport (via Get Football News France), PSGharus menawarkan pemain bintangnya itu 90 juta euro atau sekitar Rp 1,4 triliun pada September lalu.

Ini sepertinya merupakan semacam klausul yang disisipkan saat pembaruan kontraknya setahun yang lalu. Bonus 90 juta euro dapat menjadi alasan mengapa Mbappe memutuskan untuk bertahan di klub, setidaknya satu musim lagi.

Namun, Mbappe bisa pindah bisa saja pindah pada musim panas mendatang. Menurut L'Equipe, tahun ketiga dalam kontraknya adalah opsional dan hanya bisa dipicu oleh sang pemain, bukan Paris Saint-Germain.

Karena itu, mantan pemain AS Monaco itu bisa tersedia dengan status bebas transfer paling cepat pada akhir musim 2023-24 jika dia tidak memicu klausul tersebut.


Salah Satu Penyerang Terbaik

Masa depan Kylian Mbappe telah menjadi perdebatan selama beberapa tahun dan terus berlanjut meski masih terikat kontrak dengan PSG. Menurut Metro, pemain berusia 24 tahun itu telah dikaitkan dengan klub-klub seperti Manchester United, Liverpool, dan Real Madrid untuk kepindahannya di 2024.

Dapat dimengerti mengapa klub-klub tersebut mengawasi ketersediaan Mbappe. Pemenang Piala Dunia 2018 adalah salah satu penyerang terbaik saat ini dan masih belum mencapai performa terbaiknya.

Mbappe saat ini dihargai sebesar 180 juta euro oleh Transfermarkt. Karena itu, mendapatkan pencetak gol yang sudah terbukti secara gratis akan menarik banyak klub dalam waktu 12 bulan jika penyerang asal Prancis itu memutuskan tidak bertahan bersama Paris Saint-Germain.

Jika Mbappe pergi dalam beberapa tahun mendatang, dia akan menjadi salah satu pemain terhebat PSG. Saat ini, dia sudah mencetak 211 gol dan memberikan 97 asis dari 258 pertandingan untuk klub Prancis tersebut di semua kompetisi.

Mbappe telah membantu Parisians memenangkan empat gelar Ligue 1 dan tiga gelar Piala Prancis.


Gelar Ligue 1 Musim Ini

Kylian Mbappe menikmati musim yang cemerlang bersama Paris Saint-Germain. Dia telah mencetak 40 gol dan memberikan sembilan assist dari 41 pertandingan di semua kompetisi musim ini. Termasuk 28 gol serta lima assist dari 32 pertandingan di Ligue 1.

Saat ini, Mbappe memimpin daftar pencetak gol terbanyak di Ligue 1. Dia sudah mencetak dua gol lebih banyak dari penyerang Olympique Lyonnais, Alexandre Lacazette, musim ini.

Baik Mbappe dan PSG sedang mengejar gelar Ligue 1 musim ini. Tim asuhan Christophe Galtier saat ini unggul enam poin di puncak klasemen dengan dua pertandingan tersisa.

Karena itu, mereka hanya butuh hasil imbang melawan Strasbourg dalam pertandingan berikutnya pada 27 Mei untuk meraih trofi Ligue-11 mereka.

Ayah David Ozora Jadi Saksi

17 Saksi Dihadirkan di Persidangan Mario dan Shane, Salah Satunya Ayah David Ozora

Liputan6.com 2023-05-24 18:35:37
Pernyataan pers dari Jonathan Latumahina ayah David Ozora. (Foto: Dok. Twitter @nashirr27)

Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta menyodorkan 17 saksi untuk dihadirkan di persidangan kasus penganiayaan berat terhadap David Latumahina atau Cristalino David Ozora (17).

Kedua tersangka Mario Dandy Satriyo (20) dan Shane Lukas Rotua Pangodian Lumbantoruan (19) siap menjalani persidangan dalam waktu dekat.

Asisten Tindak Pidana Umum Kejati DKI Jakarta, Danang Suryo Wibowo, menyatakan salah satu saksi yang akan dimintai keterangan di persidangan adalah orangtua dari David, Jonathan Latumahina.

"Ada beberapa yaitu Saudara Jonathan. Lalu untuk saksi yang lain kita munculkan saat tahap dua saja," kata Danang kepada wartawan, Rabu (24/5/2023).

Lebih lanjut, Danang menjelaskan, proses pelimpahan tersangka dan barang bukti atau tahap dua akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Danang mencatat sebanyak 21 item barang bukti akan dilimpahkan, di samping kedua tersangka.

"Untuk proses tahap dua tentu sesuai dengan ketentuan kita akan berkoordinasi dengan penyidik kapan mereka dapat menyiapkan tersangka serta barang bukti untuk bisa diserahkan ke JPU dan PN Jaksel. Dan semoga tidak dalam waktu yang lama kita bisa lakukan proses tahap dua tersebut," ujar Danang.

Dalam kasus ini, sebanyak 17 saksi fakta dimintai keterangan untuk tersangka Mario Dandy Satrio. Sedangkan untuk tersangka Shane Lukas ada 16 saksi fakta yang diperiksa.

Sementara itu, lima saksi ahli turut dimintai pandangan untuk perkara yang menjerat Mario Dandy Satriyo dan Shane Lukas.


Dakwaan Terhadap Mario Dandy dan Shane Lukas

Sebelumnya, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Agus Sahat Sampe Tua Lumban Gaol menjelaskan, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta telah menerbitkan surat pemberitahuan P21 yang ditujukan kepada Ditreskrimus Polda Metro Jaya.

"Rabu, 24 Mei 2023 Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta telah nerbitkan P21 untuk perkara atas nama Mario Dandy Satrio alias Dandy dan Shane Lukas Rotua Pangodian Lumbantoruan," kata Agus Sahat di Kejati DKI Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Agus menerangkan, Mario Dandy Satrio didakwa dengan dakwaan Premier Pasal 355 Ayat 1 KUHP junto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Dakwaan subsider Pasal 353 ayat 2 KUHP junto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP atau ke 2 Pasal 76 C junto Pasal 50 ayat 2 Undang-Undang No 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak junto Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP.

Sedangkan, Shane Lukas Rotua Pangodian Lumbantoruan didakwa dengan dakwaan subsider kesatu pada Pasal 355 ayat 1 ke 1 KUHP Junto Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP.

Kemudian, dakwaan subsider Pasal 355 ayat 2 junto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Selain itu, Shane Lukas Rotua Pangodian Lumbantoruan didakwa kedua Primere dengan Pasal 355 ayat 1 ke 1 KUHP junto 56 ke-2 KUHP.

Dan dakwaan subsider Pasal 353 ayat 2 KUHP junto Pasal 56 ayat ke-2 KUHP. Terakhir, Pasal 76 C junto Pasal 50 ayat 2 Undang-Undang No 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak junto Pasal 56 ke 2 KUHP.

Atlet Terkaya tapi Pelit

Termasuk Atlet Terkaya, Legenda Bola Basket LeBron James Justru Dikenal Pelit

Liputan6.com 2023-05-24 21:00:34
LeBron James menjadi pemain aktif dengan gelar MVP Final NBA terbanyak saat ini, yaitu empat kali. Hebatnya lagi, ia menjadi pebasket pertama yang berhasil memenangi gelar tersebut di tiga kl

Pemain basket sekaligus miliarder LeBron James begitu bergelimang harta. Bahkan dia pun termasuk sebagai atlet dengan bayaran tertinggi sepanjang masa. Namun di balik itu, ternyata dia terkenal sebagai orang yang pelit. Lantas, bagaimana kisahnya?

Dalam kariernya, dia mendapatkan juara empat kali, MVP empat kali, All-Star 19 kali dan menjadi pemain NBA dengan bayaran tertinggi sepanjang masa. Bahkan dia menambah prestise lebih banyak lagi pada status miliardernya.

Belum lagi ada kontrak terbaru LeBron James selama dua tahun senilai USD 97 juta dengan Lakers yang akan membayarnya USD 50 juta pada 2024-2025. Meskipun memiliki selera yang mahal dalam hal mobil dan rumah, dia juga terkenal pelit dengan uangnya.

Atlet Terkaya

Dilansir dari South China Morning Post, Rabu (24/5/2023), James telah mengantongi USD 432 juta selama 20 tahun kariernya di NBA.

Dia juga menandatangani perpanjangan kontrak selama dua tahun senilai USD 97 juta dengan Lakers yang akan memberinya USD 141 juta selama tiga tahun ke depan.

Perpanjangan tersebut akan menjadikan James pemain dengan penghasilan tertinggi sepanjang masa dengan bayaran USD 532 juta.

Selain gajinya di NBA, James juga menghasilkan sekitar USD 90 juta per tahun dari dukungan di luar lapangan. Pada 2021, dia teratas dibandingkan semua atlet yang mengantongi pendapatan di dalam dan luar lapangan sebesar USD 126,9 juta.

Tahun berikutnya, dia menduduki peringkat kedua dalam daftar yang sama -- di belakang pemenang Piala Dunia Lionel Messi -- dengan total pendapatan USD 121,2 juta.

Sebagian besar berkat kesepakatan seumur hidupnya dengan perusahaan besar seperti Nike. Alhasil James sekarang menjadi miliarder dunia versi Forbes. Dia disebut memiliki pendapatan lebih dari USD 900 juta dari dukungan dan usaha bisnis lainnya.


Dikatakan Sebagai 'Orang Termurah' di NBA

Terlepas dari seleranya yang mahal dalam hal mobil dan rumah, Dwyane Wade pernah menyebut James sebagai "orang termurah di NBA".

Miliarder Warren Buffett memiliki penilaian sendiri tentang James, "Dia cerdas. Dia pintar dalam masalah keuangan." Investor terkenal itu menambahkan, "Sungguh menakjubkan bagi saya kedewasaan yang dia tunjukkan."

Sejak saat itulah terbongkar bahwa James sangat hemat bahkan dikatakan pelit. Melansir South China Morning Post, inilah beberapa bukti bahwa ia termasuk orang yang pelit.

1. Tidak akan menggunakan ponselnya jika tidak ada Wi-fi

"Tidak, saya tidak melakukan itu," kata James suatu waktu. "Saya tidak mengaktifkan roaming data, saya tidak membeli aplikasi, saya masih mendapatkan Pandora dengan iklan."

Ketika layanan streaming musik mendengarnya, James menawarkan akun premium gratis.

2. Pernah terlihat mengendarai sepeda ke sebuah pertandingan di Miami

3. Tidak akan membayar tanda centang biru di Twitter

James merujuk pada penghematannya ketika menolak membayar untuk mempertahankan tanda centang birunya di Twitter baru yang dipimpin Elon Musk.

Namun, terlepas dari uangnya yang jutaan dolar itu, James memang memiliki selera yang mahal di beberapa hal dan memberikan banyak uang untuk kegiatan amal.

Miliarder Dermawan di Asia

Inilah 10 Miliarder Terkuat di Asia, Berharta Banyak Tapi Juga Dermawan

Liputan6.com 2023-05-25 06:00:31
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik

Saat Asia terus tumbuh dan mendominasi ekonomi global, sekelompok miliarder terpilih dari kawasan ini telah muncul sebagai beberapa individu paling kuat dan berpengaruh di dunia.

Mereka tidak hanya memiliki kekayaan yang sangat besar, tetapi juga memiliki usaha bisnis yang signifikan dan inisiatif filantropis yang telah memberikan dampak besar di kawasan ini dan sekitarnya.

Baik visi Jack Ma untuk platform e-niaga global atau investasi Mukesh Ambani dalam energi terbarukan, dampak dari miliarder kuat ini pasti akan terus terasa di tahun-tahun mendatang.

Melansir South China Morning Post, Kamis (25/5/2023), berikut ini 10 miliarder Asia terkuat yang tidak hanya membuat kemajuan dalam bisnis global, tetapi juga meninggalkan warisan.

1. Mukesh Ambani -- USD 87 miliar

Kekayaan bersih ketua dan pemegang saham terbesar Reliance Industries, perusahaan paling bernilai di India, Mukesh Ambani mencapai lebih dari USD 87,1 miliar.

Dia memegang posisi orang terkaya di India dan Asia. Ambani juga telah melakukan investasi yang signifikan di berbagai bidang, seperti telekomunikasi, energi, dan ritel di seluruh wilayah perkotaan dan pedesaan di India.

Melalui Reliance Foundation, inisiatif filantropi Ambani mencakup upaya di bidang pendidikan, literasi digital, penanggulangan bencana, kesehatan, dan pembangunan pedesaan.

2. Zhong Shanshan -- USD 62 miliar

Kekayaan bersih pendiri Nongfu Spring, perusahaan air kemasan dan minuman terkemuka di China, Zhong Shanshan mencapai lebih dari USD 62 miliar.

Dia juga mendirikan perusahaan pembuat vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise, yang telah menjadi pemasok utama alat uji Covid-19 di China dan di seluruh dunia.

Upaya filantropisnya adalah dalam ruang pendidikan, air minum bersih di daerah pedesaan China, keberlanjutan dan pengentasan kemiskinan.

3. Zhang Yiming -- USD 45 miliar

Zhang Yi-ming menjadi salah satu pendiri dan mantan CEO ByteDance, perusahaan di balik aplikasi video pendek populer TikTok. Dia memiliki kekayaan bersih sekitar USD 45 miliar.

Zhang dikenal karena visinya menggunakan kecerdasan buatan untuk membuat konten yang dipersonalisasi dan telah terlibat dalam berbagai upaya filantropi di Tiongkok, termasuk bantuan Covid-19 dan berbagai prakarsa pendidikan dan lingkungan.

4. Gautam Adani -- USD 44 miliar

Gautam Adani menjadi ketua Grup Adani, konglomerat multinasional India dengan kepentingan di sektor-sektor seperti energi, infrastruktur, dan pertahanan.

Kekayaan bersihnya mencapai lebih dari USD 44 miliar. Adani juga telah terlibat dalam berbagai inisiatif sosial dan lingkungan , lintas pendidikan, keberlanjutan, energi bersih, konservasi satwa liar, dan bantuan Covid-19.

5. Li Ka-shing -- USD 38 miliar

Li Ka-shing sering dijuluki "Superman". Dia menjadi salah satu tokoh bisnis dan dermawan dari Hong Kong dengan kekayaan bersih lebih dari USD 38 miliar.

Dia membangun kerajaan bisnis yang luas melalui konglomeratnya CK Hutchison Holdings, yang memiliki kepentingan di sektor-sektor seperti pelabuhan, ritel, telekomunikasi, dan energi.

Li dikenal karena investasi strategis dan ketajaman bisnisnya, dan telah aktif terlibat dalam filantropi. Dia diketahui telah menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk pendidikan, perawatan kesehatan, dan tujuan sosial.

Dia dihormati secara luas atas prestasi kewirausahaannya dan komitmennya untuk memberi kembali kepada masyarakat.


6. Tadashi Yanai -- USD 37 miliar

Pendiri dan CEO Fast Retailing dari Jepang, perusahaan induk Uniqlo, Tadashi Yanai telah membangun kekayaan bersih lebih dari USD 37 miliar.

Dia juga terlibat dalam berbagai inisiatif filantropi, termasuk upaya bantuan bencana, yang menunjukkan komitmen terhadap kesejahteraan sosial, pendidikan, dan keberlanjutan, baik di Jepang maupun di seluruh dunia.

7. Pony Ma Huateng -- USD 35 miliar

Pendiri dan CEO Tencent, konglomerat multinasional Tiongkok, Pony Ma Huateng memiliki kekayaan bersih lebih dari USD 35 miliar. Berkantor pusat di Shenzhen, Tencent dikenal dengan media sosial dan platform gamenya.

Selain itu, Ma juga terlibat dalam prakarsa filantropi dan lingkungan, termasuk Tencent Foundation, yang ia dirikan pada 2007.

Yayasan tersebut berfokus pada promosi pendidikan, mendukung upaya bantuan bencana, dan memberikan bantuan kepada kelompok kurang mampu di Tiongkok.

Ini telah menyumbangkan jutaan dolar untuk berbagai tujuan, termasuk membangun sekolah, memberikan beasiswa dan mendukung program perawatan kesehatan.

8. Robin Zeng -- USD 34 miliar

Robin Zeng, juga dikenal sebagai Zeng Yuqun, adalah seorang pengusaha Cina dan pendiri CATL (Contemporary Amperex Technology Co. Ltd.), salah satu produsen baterai lithium-ion terbesar di dunia untuk kendaraan listrik.

Dengan kekayaan bersih lebih dari USD 34 miliar, Zeng berperan penting dalam mendorong pengembangan dan penerapan solusi energi bersih secara global.

Upaya filantropinya difokuskan pada keberlanjutan dan penyebab lingkungan. Melalui teknologi baterai CATL yang inovatif, dia secara tidak langsung berkontribusi pada kemajuan transportasi bersih dan pengurangan emisi karbon.

9. William Lei Ding -- USD 28 miliar

Pendiri dan CEO NetEase, perusahaan teknologi China terkemuka dengan minat pada e-commerce, game, dan layanan internet, William Lei Ding membanggakan kekayaan bersih sebesar USD 27,9 miliar.

Ding juga terlibat dalam prakarsa filantropis, termasuk pendirian Yayasan Ding, yang berfokus pada mendukung program dan prakarsa pendidikan yang bermanfaat bagi siswa dan masyarakat kurang mampu, dengan penekanan khusus pada pendidikan sains dan teknologi.

10. Jack Ma -- USD 24 miliar

Jack Ma sebagai pendiri Alibaba Group, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia dan pemilik South China Morning Post, memiliki kekayaan bersih lebih dari USD 23,8 miliar.

Dia juga terlibat dalam inisiatif filantropis, termasuk pendirian Yayasan Jack Ma, yang berfokus pada kewirausahaan, pendidikan, kepemimpinan wanita, dukungan medis, dan perlindungan lingkungan.

Pakai Kaos Simpel, Tas Harga Ratusan Juta

Tampil Simpel Pakai Kaus Polos Saat Temani Jan Ethes, Selvi Ananda Pakai Tas Seharga Ratusan Juta Rupiah

Liputan6.com 2023-05-24 23:02:48
Potret Kebersamaan Selvi Ananda dan Kakak. (Sumber: Instagram/selvie_ananda_)

Penampilan Selvi Ananda kerap menarik perhatian warganet. Gayanya yang simpel namun tetap mengenakan sederet barang branded berharga fantastis memang selalu sukses jadi menarik perhatian. Terlebih, di tengah himbauan sang mertua, Presiden Jokowi (Joko Widodo) yang meminta para pejabat publik untuk tak pamer gaya hidup mewah.

Pasalnya, baru-baru ini, saat mendampingi putra sulungnya tanding basket bersama timnya Humble di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Selvi Ananda kedapatan mengenakan tasmewah dari rumah mode Prancis, Chanel. Saat itu, Selvi yang hadir bersama sang suami, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming memang terlihat berpenampilan simpel dan kasual.

Ia memilih memakai kaus polos warna pink dan celana panjang hitam. Menariknya, dalam kesempatan tersebut, mantan Putri Solo itu terlihat mengenakan tas Chanel 19 bermaterial wol. Tas ini punya model klasik tapi tetap terlihat segar. Menurut laman Buyma, harga tas tersebut berkisar antara Rp100 juta hingga Rp105 jutaan.

Dengan harganya yang fantastis, tas ini tentunya punya keistimewaan sendiri. Pasalnya, bahan wol memang sudah digunakan Chanel sejak tahun 1920-an dan pertama kali diaplikasikan untuk membuat setelan.

Melansir Lavergne, meski awalnya tidak dianggap sebagai kain mewah, wol mampu dengan cepat menjadi ikon dari merek Chanel. Nuansa mewah dan pesona kain yang unik mampu menghadirkan kesan yang selalu istimewa, terutama pada Chanel Pink Tweed.

Memang, bukan kali ini saja Selvi Ananda terlihat menenteng tas mewah. Ia juga pernah membawa tas Chanel saat menemani Jan Ethes bermain basket pada Desember tahun lalu.


Tas Mungil Selvi Jadi Sorotan

Saat itu, Jan Ethes diwawancarai beberapa awak media di Solo dan terlihat Selvi bersama Gibran mendampingi putra pertamanya tersebut. Namun, saat Ethes sibuk menjawab pertanyaan wartawan, dalam video yang dibagikan akun @27kinkin di Twitter, tas mungil Selvi yang berada di pinggangnya justru jadi sorotan.

Secara visual, aksesori itu memang cukup mencolok, karena ada aksen logo huruf C khas Chanel. Warna hitam tas tersebut memberi kesan tak lekang waktu, sementara sentuhan emasnya memberi kesan mewah.

Berdasarkan penelusuran di laman Pinterest dan Tinkerlust, Jumat, 23 Desember 2022, tas tangan ini merupakan Chanel Metallic Crumpled Goatskin Small Boy Flap Black Gold. Keistimewaan tas ini utamanya karena terbuat dari kulit anak sapi dan kulit kambing yang diperlihatkan di bagian tengah, dilengkapi corak yang khas.

Di laman resmi Chanel, tas yang dibandrol seharga sekitar Rp79 juta ini punya ukuran panjang 20,3 cm, tinggi hampir 12 cm, dan lebar 8,4 cm. Fitur lainnya yang membuat tas ini istimewa adalah rantai emas sebagai tali, dan sambungan tali hitam sebagai bantalan bahu.


Tas Menantu Jokowi

Bukan hanya Selvi, menantu Presiden Jokowi lainnya, Erina Gudono juga beberapa kali terlihat menenteng tas dari rumah mode ternama. Yang terbaru, istri Kaesang Pangarep itu kedapatan menenteng tas rilisan rumah mode mewah, Fendi, seri Peekaboo Iseeu yang dibanderol 5,4 ribu dolar AS (sekitar Rp80 juta), merujuk situs web merek, dilansir Selasa (23/5/2023).

Dalam deskripsi produk, pihaknya menulis, "Tas Peekaboo ISeeU ikonis, terbuat dari kulit putih dan dihiasi pengunci twist klasik di kedua sisinya."

"Menampilkan lapisan kulit nappa lembut berwarna merah muda dan abu-abu dove, dua kompartemen dipisahkan partisi yang kaku, saku bagian dalam dengan kancing, dan peralatan logam berlapis emas," imbuhnya.

Tas Eriina ini dapat dibawa dengan tangan atau dikenakan di bahu dengan tali yang dapat dilepas dan disesuaikan. Tas tersebut dibawa Erina saat menemani para finalis Puteri Indonesia 2023 mengunjungi Istana Negara untuk bertemu Presiden Jokowi), beberapa hari lalu.

Di Instagram Story-nya, Senin, 22 Mei 2023, Erina berbagi sepotong momen kunjungan juniornya. Tampil elegan dalam busana monokrom, Erina mengenakan gaun hitam berpadu crop blazer putih. Membiarkan rambut hitam panjangnya tergerai, Erina melengkapi gayanya dengan makeup yang memberi kesan segar.


Tas Dior Erina Gudono

Sebelum ini, perempuan berusia 26 tahun ini kedapatan menyampirkan tas Lady Dior saat liburan bareng keluarga Jokowi ke Labuan Bajo di momen Lebaran.Melansir situs web Dior, 2 Mei 2023, Puteri Indonesia DIY 2022 itu memakai seri Small Lady Dior My ABCDior Bag seharga Rp92 juta.

Dalam deskripsi produk tas yang dipakai Erina Gudono, tertulis, "Tas Lady Dior My ABCDior melambangkan visi The House akan keanggunan dan keindahan. Ramping dan halus, gaya abadi dibuat dalam kulit domba latte dengan jahitan Cannage, menciptakan tekstur berlapis yang langsung bisa dikenali, sedangkan logam berlapis emas pucat dan resin cokelat D.I.O.R. merepresentasi pesona siluet."

Disebutkan bahwa seri tas Lady Dior ini menampilkan tali bahu yang dapat disesuaikan dengan menambahkan lencana, gaya kecil dan unik dapat dibawa dengan tangan atau dikenakan di selempang. Fitur lain tas Erina ini termasuk saku ritsleting bagian dalam, serta dapat dipasangkan dengan tali bordir yang berbeda.

Mobil Mewah Johnny G. Plate Disita

Kejagung Sita Mobil Mewah Milik Johnny G. Plate di Kasus Korupsi BTS Kominfo

Liputan6.com 2023-05-24 22:25:45
Pemeriksaan berlangsung di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, pada Rabu (17/5/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kejaksaan Agung (Kejagung) tengah menyita aset milik eks Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) JohnnyG. Plate yang telah ditetapkan menjadi tersangka atas dugaan kasus korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana mengatakan aset yang disita milik Plate yakni berupa mobil mewah.

"Satu unit mobil Land Rover Type R. Rover Velar 2 OLAT Model Jeep S.C. HDTP Nomor Registrasi B 10 HAN warna Putih Metalik Tahun 2021," ujar Ketut dalam keterangannya, Rabu (24/5).

Dari hasil penelusuran awak media, mobil yang disita oleh penyidik Kejagung merupakan kendaraan bertipe SUV. Apabila ditaksir harga tersebut senilai Rp 2,05 miliar.

Selain aset milik politikus fraksi Nasdem itu, Ketut menyebut juga turut menyita sejumlah aset milik tiga tersangka lainnya, yakni Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, Anang Achmad Latif; Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia, GMS; dan Komisaris PT Solitech Media Sinergy berinisial IH.

Adapun aset yang dilakukan penyitaan akan menjadi barang bukti masing-masing tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G.


Rincian Penyitaan Aset Tersangka Korupsi BTS Kominfo

Tersangka AAL

* satu unit mobil BMW / X5 Nopol B 1869 ZJC warna hitam metalik no. rangka MHHCR6601NKA02640, no. mesin:18096652, beserta STNK dan kunci.

* satu unit sepeda motor merk BMW/R 1250 GS Adventure warna hitam kuning dengan nomor registrasi D 4679 ADV dengan nomor rangka WB10M1109N6F17715 dan nomor mesin A74B12M45210858BMWAG beserta kunci kontaknya.

* satu unit kendaraan bermotor roda empat dengan nomor registrasi B 1534 DFQ, merek Honda type Honda HR-V 1,5L SE CVT, tahun pembuatan 2022, warna abu-abu metalik, nomor rangka MHRRV3870NJ200737, nomor mesin, L15ZF1301613.

* satu unit kendaraan roda dua dengan nomor registrasi B 5336 TEN, merk Ducati type Scrambler Cafe Racer, tahun pembuatan 2019, warna silver, nomor rangka ML0KC06AAKT001200, nomor mesin ML0800A26901086.

* satu unit kendaraan roda dua dengan nomor registrasi B 4630 SPU, merk Triumph type Tiger 1200 Rally Pro, tahun pembuatan 2022, warna hijau, nomor rangka SMTTAP20VUNBA3055, nomor mesin VAR5331.

* satu bidang tanah dan/atau bangunan yang berlokasi di South Grove, Unit No: 08, Tipe: SG, luas tanah: 261 m2, luas bangunan: 433 m2, lokasi: Jl. Lebak Bulus 1 No. 3, Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, berdasarkan Berita Acara Serah Terima Tanah dan Bangunan South Grove Dengan Pinjam Pakai No.: 001/BAST-SG/IGPM-SG/VIII/2020 tanggal 24 Agustus 2020 antara PT. Inti Gria Pramudya dengan Ny. Sakinah Juliani Utami.

Tersangka GMS

* satu unit mobil merk Toyota Innova Venturer warna hitam dengan nopol B 166 GLB dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Nomor: 11153456 atas nama PT. MORA TELEMATIKA INDO dengan nomor rangka: MHFAW8EM9HO207404, nomor mesin: 1TRA329765 warna hitam metalik beserta kunci kontaknya.

* satu unit mobil merk Lexus dengan Nopol B 2188 SJE dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Nomor: 15042951 atas nama Cristofer M. Simanjuntak dengan nomor rangka: JTJZAMCA9M2112819, nomor mesin: 8AR4533417 warna hitam beserta kunci kontaknya.

* satu bidang tanah dan/atau bangunan dengan luas 431 M2, yang terletak di Jln. Denpasar Barat Blok.C/6. Kav. No.18, Kelurahan Kuningan Timur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, berdasarkan Sertifikat Hak Milik No.50 atas nama GMS.


Tersangka Lain

Tersangka IH

* satu bidang tanah dan/atau bangunan dengan luas 1.000 M2, yang terletak di Jalan Graha Indah Golf 1 Nomor 11 Kavling 7A, Desa Mekarsalayu, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, berdasarkan Sertifikat Hak Milik No.01731 atas nama IH.

* satu bidang tanah dan/atau bangunan dengan luas 346 M2, yang terletak di Perumahan Dago Asri Jln. Dago Asri I, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, berdasarkan Sertifikat Hak Milik No.6767 atas nama Siska Suryaman.

Sejauh ini, Kejagung telah menetapkan tujuh tersangka kasus tersebut yakni, Komisaris PT Solitech Media Sinergy berinisial IH; Anang Achmad Latif (AAL) selaku Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo; Yohan Suryanto (YS) selaku Tenaga Ahli Human Development (HUDEV) Universitas Indonesia Tahun 2020; GMS selaku Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia; seorang tersangka berinisial MA, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jhonny G Plate; dan orang kepercayaan IH, WP.

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

Viral, Alat Kelamin Emas Raksasa di Kuil

Alat Kelamin Emas Raksasa Dibangun di Kuil Buddha Thailand, Disebut untuk Menghormati Asal-usul Kehidupan

Liputan6.com 2023-05-25 04:00:00
Alat kelamin raksasa dibangun di kuil Buddha. (dok: Viralpress)

Umat Buddha Thailand membawa bangunan pemujaan emas ke tingkat yang lebih tinggi. Mereka membangun altar vagina berlapis emas raksasa, yang baru-baru ini diberi lampu hijau oleh pihak berwenang setelah beberapa perubahan kecil.

Biksuni Buddha yang dikenal sebagai Bunda Brahmana, membangun patung cabul agar wanita dapat meningkatkan kesuburan dan "keberuntungan" mereka, serta menebus tindakan "berdosa" seperti aborsi. Rekaman yang menyertai menunjukkan vagina emas setinggi 4 kaki, yang secara anatomis sehat dan dikelilingi oleh delapan vulva yang lebih kecil.

"Kami melakukan upacara di sini untuk memberikan solusi atas kemalangan," kata pencipta Naowaratkotchaporn Simethawong kepada Viral Press tentang situs di sebuah kuil Buddha di provinsi Nakhon Ratchasima.yang dikutip dari New York Post, Kamis (25/5/2023).

Sementara itu, patung kesuburan yang menjaga adalah ular batu mirip hydra dengan tujuh kepala yang duduk di bawah pohon mangga di dekatnya dijadikan sebagai penangkal suci. Jika itu tidak cukup menguntungkan, para penyembah juga mendirikan penis emas yang dikelilingi delapan lingga yang lebih kecil untuk melengkapi patung vagina berlapis emas.

Tempat ibadah di daerah bawah telah melonjak popularitasnya dengan pengikut setia yang berziarah dari segala penjuru untuk berdoa. Mereka memohon keberuntungan, kesuburan, kecantikan, dan bantuan untuk menemukan Mr. Right.

"Saya percaya bahwa kita harus menghormati alat kelamin karena itu mewakili asal usul kehidupan dan kelimpahan di dunia," kata Bunda Brahmana.


Bangunan Telah Disetujui

Ia menyambung, "Itu tidak aneh atau tidak biasa." Terlepas dari dugaan kenormalan vagina "keberuntungan", Brahmana harus mendapatkan persetujuan patung dari pihak berwenang, yang memeriksanya pada 22 Mei 2023 untuk memastikannya tidak melakukan pantangan agama apa pun di daerah yang mayoritas penduduknya beragama Buddha tersebut.

"Kami ingin memastikan bahwa kuil tersebut memenuhi standar moral," kata ketua dewan lokal Kanatchon Sijaroen, yang memimpin ujian tersebut.

"Kami memerintahkan mereka untuk menghapus tanda-tanda yang mungkin vulgar," Katanya lagi.

Dia menambahkan bahwa mereka juga harus memindahkan patung Buddha besar yang berada di antara patung penis dan vagina karena tidak sopan menempatkannya begitu dekat dengan "alat kelamin".

Setelah proses pemeriksaan, pihak berwenang mengizinkan lingkaran kehidupan cabul ini tetap digunakan tanpa campur tangan. "Saya bersedia bekerja sama dengan pemerintah untuk mengatasi masalah apa pun," kata Bunda Brahmana kepada outlet media tersebut.


Kanamara Matsuri, Festival Penis di Jepang

Mengutip dari kanal Global Liputan6.com, orang- orang di sebuah kota Jepang sedang mempersiapkan Kanamara Matsuri, perayaan tahunan yang juga dikenal sebagai "Festival Penis" Dilansir dari laman UPI, Minggu 3 April 2022, Kanamara Matsuri, yang secara kasar diterjemahkan menjadi "Festival Lingga Baja," dimulai setiap tahun pada hari Minggu pertama bulan April di Kuil Kanayama di Kawasaki.

Festival ini berpusat di sekitar dewa Shinto Kanayama-hiko dan dewi Kanayama-hime. Para dewa dikaitkan dengan seni metalurgi dan kesehatan seksual.

Orang-orang yang bersuka ria di festival secara tradisional termasuk pekerja seks yang mencari perlindungan dari penyakit dan di zaman modern kerumunan telah berkembang termasuk kelompok LGBTQ yang mencari berkah seksual dan pasangan yang sudah menikah berdoa untuk kesuburan dan anak-anak yang sehat.

Kuil Kanayama sekarang menyumbangkan hasil dari festival untuk penelitian HIV/AIDS. Acara ini menampilkan citra phallic yang tercermin dalam karya seni, makanan yang dapat dimakan, topi, boneka, kostum, dan parade kuil portabel yang memuat benda-benda suci berbentuk penis.


Dipercaya Membawa Berkah Kesuburan

Perahu Kanamara Mikoshi, kuil portabel pertama dalam parade, disumbangkan ke festival oleh Hitachi Zosen Corp. dan menampilkan lingga besi hitam di dasar berbentuk perahu. Kuil kedua, dijuluki Elizabeth Mikoshi, disumbangkan oleh klub crossdressing Elizabeth Kaikan yang berbasis di Tokyo.

Kuil ini memiliki lingga raksasa di atas dasar kayu dan dibawa oleh pria yang berpakaian seperti wanita dan wanita yang berpakaian seperti pria. Kanamara Mikoshi, kuil portabel tertua dan ketiga dalam parade, menampilkan lingga kayu yang ditempatkan di dasar persegi dengan atap.

Pawai ini diikuti oleh acara yang dikenal sebagai "mochi nage", yang melibatkan pendeta Shinto berdiri di atas perancah tinggi memberkati kue beras dan melemparkannya ke kerumunan. Menangkap salah satu lontong dipercaya membawa berkah kesuburan.

Pengunjung yang menjelajah di dalam ruang pameran Kuil Kanayama dapat meninjau gambar, benda suci, dan buku yang merinci tradisi seksualitas dan festival lain di seluruh dunia yang didedikasikan untuk dewa berbasis jenis kelamin.

Uji Coba Kereta Cepat

HEADLINE: Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Persiapan Operasional?

Liputan6.com 2023-05-26 00:00:13
Petugas mengecek rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang telah tiba di Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/5/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung memasuki babak baru. Teranyar, kereta cepat hasil kerja sama Indonesia dan China ini telah melakukan uji coba operasional dari Stasiun Halim ke Stasiun Tegalluar.

Dalam uji coba kali ini, kecepatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung secara bertahap ditingkatkan. Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan, pengujian Kereta Cepat Jakarta-Bandung kali pertama pada Senin (22/5/2023) lalu berjalan lancar.

Dia menyebut, semua sistem berfungsi dengan baik. Mulai dari kereta, rel, persinyalan, kelistrikan, dan lainnya.

Saat dilakukan uji coba tahap awal, kereta inspeksi atau comprehensive inspection train (CIT) melaju dengan kecepatan rata-rata 60 km per jam. Namun, kecepatannya berangsur ditambah hingga 180 km per jam.

"Secara bertahap kecepatan perjalanan pengujian akan ditingkatkan hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km/jam. Untuk mencapai hal tersebut peningkatan di beberapa aspek seperti pagar pengaman dan sound barrier perlu dilakukan penyempurnaan agar tidak menggangu kenyamanan masyarakat saat KCJB melintas," kata Kartika dalam keterangannya.

Mulai 18 Mei 2023 lalu, jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) juga sudah mulai dialiri listrik dengan tegangan 27,5 kV. Untuk itu, masyarakat diminta untuk menghindari kegiatan di sekitar jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Adapun total panjang kabel kontak Overhead Catenary System (OCS) tersebut adalah 384,6 km yang terpasang pada jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung sepanjang 142,3 km.

General Manager Corporate Secretary Kereta Cepat indonesia China (KCIC) Rahadian Ratry mengatakan, sebelum dialirkan ke OCS, seluruh komponen, jaringan, dan sistem kelistrikan telah dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Setelah dinyatakan siap, maka listrik dapat dialirkan ke OCS.

"Hari ini seluruh jaringan OCS Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah dialiri listrik dengan tegangan 27,5 KV. Hal tersebut menandakan bahwa masyarakat harus berhati-hati jika beraktivitas di sekitar Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung karena dapat tersengat listrik tegangan tinggi," ujar Rahadian dalam keterangannya, Jumat (19/5/2023).

Penyaluran listrik untuk OCS tersebut berarti tegangan tinggi dari jaringan listrik lokal sepanjang jalur KA Cepat diubah melalui substation traksi menjadi arus AC frekuensi industri satu fasa 27,5 kV.

Kemudian disalurkan ke jaringan OCS di atas jalur kereta untuk memberikan energi pada KA Cepat. Adapun empat substation traksi tersebut ditempatkan di wilayah Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar.

Seluruh sistem yang dibangun telah sesuai dengan standar internasional sehingga memili kualitas yang baik, umur pakai yang panjang, hingga keamanan yang dapat diandalkan. Berbagai langkah, prosedur, dan penanganan kondisi darurat telah disiapkan untuk menjamin keamanan seluruh sistem kelistrikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Masyarakat diminta untuk tidak mendekati jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung karena sangat berbahaya bagi dirinya maupun kelangsungan tes Commissioning Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Dengan pengamanan yang ada sebagai upaya memastikan keberlangsungan penyediaan daya listrik pada sistem OCS Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang memiliki tegangan tinggi hingga 27,5 kV," bebernya.

Rahadian juga menegaskan, Masyarakat dilarang untuk beraktivitas di jalur KCJB, melempar benda asing, bermain layangan atau balon di sekitar jalur KCJB. Lalu, dilarang masuk ke dalam jalur rel, terowongan, dan jembatan KCJB, serta masuk ke area-area terlarang lainnya.

Rahadian menambahkan, KCIC juga telah bekerjasama dengan TNI-Polri dalam rangka mencegah gangguan yang berpotensi membahayakan tes Commissioning hingga operasional KCJB nantinya.

KCIC mengingatkan kepada seluruh pihak untuk tidak melakukan pencurian, maupun pengrusakan terhadap kabel listrik, kabel kontak, dan elemen struktural lainnya pada peralatan dan fasilitas KCJB karena dapat membahayakan keselamatan perjalanan KCJB.


Progres Pengerjaan Infrastruktur

Hingga saat ini pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sudah mencapai 89 persen. Hal ini menyusul uji coba operasi KCJB dari Stasiun Tegalluar menuju Stasiun Halim beberapa waktu lalu.

Corporate Communication Manager PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Emir Monti mengungkap capaian tersebut. Mengingat, rencana KCJB akan diresmikan pada 18 Agustus 2023 mendatang.

"Pembangunan KCJB sudah ada di angka 89 persen saat ini. Secara paralel seluruh aspek diselesaikan oleh KCIC bersama seluruh kontraktor," kata dia kepada Liputan6.com.

Informasi, ada 4 stasiun yang akan dilalui oleh KCJB. Diantaranya, Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, serta Stasiun Tegalluar. Stasiun Tegalluar sendiri menjadi depo tempat singgah rangkaian KCJB.

Emir menjelaskan, KCIC saat ini tengah melakukan berbagai persiapan menjelang operasional secara efektif. Misalnya, dengan melakukan Testing & Commissioning untuk mengejar target peresmian yang ditetapkan pemerintah yaitu 18 Agustus 2023.

Pasca menggelar uji coba operasi beberapa waktu lalu, kecepatan KCJB belum pada posisi maksimal. Kecepatannya, baru 180 kilometer per jam. Namun, Emir menegaskan, pihaknya akan secara berkala meningkatkan kecepatan KCJB.

"Saat ini kecepatan maksimal pengetesan masih di 180 km/jam. Pengujian akan terus dilakukan hingga mencapai puncak kecepatan operasional di 350 km/jam dan puncak kecepatan teknis di 385 km/jam," ungkapnya.

"Kecepatan akan terus ditingkatkan secara bertahap melalui penyempurnaan prasarana serta evaluasi dari kontraktor dan konsultan independen yang ditunjuk," sambung Emir Monti.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan saat ini sarana pendukung untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) masih dalam tahap penyelesaian.

"Semua dalam tahap penyelesaian," kata Didiek kepada Liputan6.com.

Namun, ketika ditanya lebih lanjut Didiek tidak menyebutkan berapa persen tahapan penyelesaian sarana pendukung KCJB tersebut rampung.

Sementara itu, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) juga telah melakukan penyesuaian halus atau fine adjusment. Tujuannya adalah memastikan rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) itu tidak bergelombang dan bisa digunakan untuk kereta dengan kecepatan tinggi.

General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry mengatakan, proses ini dilakukaan setelah proses track laying selesai. Adapun keseluruhan proses track laying sepanjang 304 km sendiri telah selesai pada 31 Maret 2023 dan diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan.

"Pengerjaan proyek KCJB terus dilakukan agar dapat segera dioperasikan. Fine adjustment adalah salah satu proses yang saat ini sedang dilakukan oleh jajaran KCIC dan kontraktor untuk memastikan perjalanan KCJB aman dan nyaman," ujar Rahadian dalam keterangannya.

Rahadian menyebut, fine adjustment dilakukan untuk memastikan tidak ada gelombang pada rel KCJB. Hal ini penting, mengingat rel yang akan dilalui KCJB perlu dipastikan sudah benar-benar lurus dan rata.

Sehingga saat KCJB melaju dalam kecepatan 350km/jam, penumpang tidak merasakan guncangan yang mengganggu kenyamanan.

Perlu diketahui, sebelum fine adjustment dilakukan, perlu dilakukan ballast disturbing yaitu memberikan guncangan pada tumpukan batu ballast di jalur KCJB sesuai dengan kekuatan guncangan KA Cepat.

Tujuannya untuk meratakan posisi batu ballast agar kuat meredam guncangan KCJB saat melintas. Baru setelah proses ini selesai, mesin penyesuaian halus atau fine adjustment akan dijalankan di atas rel kereta.

Sebanyak 255 personel Polda Jabar dikerahkan untuk mengamankan uji fungsi jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Diketahui, Uji fungsi jalur ini berlangsung selama hampir tiga bulan, mulai 17 Mei hingga 15 Agustus mendatang, atau menjelang peresmian oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ada sebanyak 72 titik rawan jalur kereta cepat yang mendapat perhatian khusus polisi. Langkah pengamanan di area proyek KCJB dilakukan untuk mengantisipasi berbagai tindak kriminal yang terjadi seperti pencurian, perkelahian, dan pelanggaran hukum lainnya.

Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda Jabar, Kombes Pol Drs. Budi Wasono, mengatakan pengamanan di titik-titik rawan melibatkan sebanyak 146 personel Satuan Brimob Polda Jabar.

Sedangkan area lainnya dilakukan oleh personel Polrestabes Bandung, Polresta Bandung, Polres Cimahi, Polres Purwakarta, dan Polres Karawang.

"Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir sekaligus mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa menganggu jalur kereta cepat," kata Budi dalam keterangannya.

Selain itu, kata Budi, pihaknya juga menerjunkan personel Bhabinkamtibmas serta jajaran Polsek yang ada di kewilayahan. Peran mereka, imbuh dia, yaitu melakukan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar jalur KCJB. Selain itu, para Bhabinkamtibmas ini juga menyambagi tokoh-tokoh masyarakat di sepanjang jalur tersebut untuk memberikan pemahaman.

"Personel Bhabinkamtibmas bertugas memberikan imbauan kepada masyarakat agar jangan mendekati rel kereta," ujar dia.


Kondisi Finansial

Dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang sudah memasuki tahap uji coba operasional dan ditargetkan beroperasi 18 Agustus 2023 mendatang, berapa sebenarnya besaran biaya untuk pembangunan fasilitas tersebut?

Menurut hitungan terbaru dari Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo, atas 2 asersi Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), besaran biaya pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung mencapai USD 1,449 miliar atau setara Rp 21,4 triliun.

Angka itu menandai pembengkakan biaya atau cost overrun, diluar dari biaya pokok pembangunan KCJB sebesar USD 6,07 miliar.

Didiek Hartantyo menyebut, angka tersebut keluar setelah BPKP melakukan 2 kali audit. Pada reviu pertama, BPKP menemukan kelebihan biaya sekitar USD 1,176 miliar, dan reviu kedua menunjukkan angka USD 273 juta.

"Sehingga dengan adanya asersi satu dan asersi dua ini total nilai cost overrun ini adalah USD 1,449 miliar," kata Didiek Hartantyo dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VI DPR RI dengan KAI, pada November 2022 lalu.

Terkait cost overrun ini, Didiek mengabarkan, Indonesia dan China Development Bank (CDB) masih negosiasi soal bunga pinjaman USD 550 juta. Utang itu diajukan untuk menambal porsi pembiayaan Indonesia di proyek KCJB.

Adapun nilai cost overrun yang telah antara RI dan China disepakati sebesar USD 1,2 miliar. Pinjaman itu merupakan struktur pembiayaan proyek yang membuat China dan Indonesia ikut menanggung beban cost overrun. Dengan porsi 25 persen berasal dari setoran ekuitas, dan 75 persen berasal dari pinjaman utang.

Disepakati dalam porsi pinjaman 75 persen untuk pembengkakan biaya, pihak Indonesia menanggung 60 persen dan China 40 persen. Sehingga bila dihitung, Indonesia menanggung porsi sekitar USD 597 juta.

Meskipun proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung masih terbelit masalah finansial, Didiek mengatakan, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator terus melakukan commisioning test secara bertahap. Jika sukses, itu akan berlanjut ke tahap uji coba operasi (trial operation).

"Kemarin sudah dalam 180 km per jam. Dalam waktu 10 hari mendatang kita akan menuju ke (kecepatan) 350 km per jam. Ini sejarah loh di Indonesia, ada perjalanan moda transportasi kecepatan 350 km per jam untuk kereta api, itu luar biasa. Kita harus bangga dengan kereta cepat," tuturnya.

Didiek pun optimistis, Kereta Cepat Jakarta Bandung bisa beroperasi komersial sesuai target, 18 Agustus 2023. "Tetap (on target)," pungkasnya singkat.

Sementara untuk bocoran pengumuman tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), hal tersebut baru akan diumumkan setelah masalah pembengkakan biaya atau cost overrun terkait proyek itu tuntas.

"Ini masalah cost overrun aja belum, tarifnya tunggu dulu. Nanti kan masalah financial strukturnya harus kita selesaikan dulu," ujar Didiek.


Ikuti Jejak Sukses China

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) meyakini, kehadiran kereta api cepat di suatu negara dapat meningkatkan industri pariwisata dan perekonomian, terutama pada wilayah-wilayah yang dilalui.

General Manager Corporate Secretary Kereta Cepat Indonesia China Rahadian Ratry mencontohkan, hal itu telah terjadi di China, dimana peningkatan wisatawan semakin terasa sejak dioperasikannya KA Cepat di wilayah tersebut.

Dampak positif yang muncul ini menjadi harapan bagi Indonesia, yang sebentar lagi akan menikmati kehadiran Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

"Operasional KA Cepat di China sangat disambut baik oleh masyarakat. Terbukti sejak pertama kali dioperasikan pada tahun 2008, KA Cepat di Tiongkok telah melayani lebih dari 10 milyar penumpang. Tidak hanya untuk bekerja, penumpang juga memanfaatkan kehadiran KA Cepat untuk berwisata," ungkapnya.

Rahadian menyampaikan, melansir data dari biro pariwisata Tongcheng, terjadi peningkatan 80 persen volume pemesanan paket tur KA Cepat di Juni 2022. Adapun biro pariwisata Tuniu mencatat, terjadi peningkatan wisatawan yang memilih KA Cepat sebagai moda transportasinya untuk berwisata sebesar 132 persen pada Juni 2022.

Peningkatan tersebut dapat tercipta melalui hadirnya promo-promo paket wisata dan dukungan pemerintah setempat di berbagai daerah berkaitan dengan KA Cepat. Misalnya Di Hubei dan Chongqing, penumpang KA Cepat bisa mendapatkan tiket gratis atau diskon 50 persen tiket untuk beberapa destinasi wisata.

Adapun Departemen Budaya dan Pariwisata di wilayah Tiongkok timur seperti Jiangsu, Zhejiang, dan Anhui, serta Shanghai bersama-sama merilis daftar destinasi wisata di wilayah-wilayah yang dilewati trase KA Cepat.

Selain dampak peningkatan pariwisata, terjadi pula peningkatan perekonomian di wilayah yang dilalui KA Cepat. Berdasarkan data statistik dari China's Highspeed Railway Study Report, terdapat peningkatan sebanyak 14 persen untuk pertukaran ekonomi di kota Beijing dan Guangzhou setelah terhubung dengan KA Cepat.

Menurut Rahadian, waktu tempuh menjadi salah satu faktor penting dalam mempengaruhi mobilitas masyarakat.

"Berbagai peningkatan tersebut terjadi setelah adanya KA Cepat di Tiongkok yang memungkinkan mobilitas barang dan orang menjadi lebih cepat dibandingkan masa sebelumnya," imbuhnya.

Oleh karenanya, ia berharap Kereta Cepat Jakarta Bandung bisa seperti KA Cepat di China yang mampu menggaet wisatawan dalam dan luar negeri sebagai salah satu segmen penumpangnya.

Dia menilai, kecepatan dan kenyamanan yang ditawarkan KCJB menjadi nilai tambah bagi para wisatawan yang ingin bepergian dengan aman, cepat dan nyaman.

"Pengoperasian KCJB akan berkaca kepada kesuksesan pengoperasian Kereta Api Cepat di Negara Maju lainnya. KCJB akan mengadopsi sisi teknologi dan pelayanan yang telah diterapkan disana. Sehingga harapannya dapat menimbulkan berbagai peningkatan perekonomian," tuturnya.

Secara estimasi waktu tempuh, perjalanan dari Jakarta ke Bandung maupun sebaliknya hanya butuh sekitar 30-40 menit saja. Rahadian menilai, itu bisa jadi benefit guna menghemat waktu untuk liburan.

"Kami melihat bahwa Kereta Api Cepat akan menjadi masa depan transportasi di Indonesia. Tiongkok sudah berhasil membuktikan itu, dan sekarang saatnya Indonesia untuk membuktikannya," pungkas Rahadian.