Sejarah Darah Biru Putri Diana

Putri Diana Ternyata Keturunan Raja dan Ratu, Ini Sejarah Darah Biru Keluarga Spencer di Inggris

Liputan6.com 2023-05-25 19:10:49
Kue pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana yang berusia 40 tahun bakal dilelang Agustus 2020 mendatang. (Instagram/lady_.dianaspencer).

Sebelum menjadi putri Inggris, Lady Diana memiliki nama lengkap Diana Frances Spencer. Wanita kelahiran 1 Juli 1961 itu sebetulnya bukan berasal dari keluarga biasa.

Keluarga Spencer merupakan aristokrat di Inggris. Putri Diana saat kecil bahkan pernah bermain bersama Pangeran Andrew dan Edward yang kelak menjadi adik-adik iparnya.

Apabila ditelusuri silsilahnya, keluarga Spencer ternyata cukup tua di Inggris. Tak heran jika ada yang menyebut bahwa darah biru Diana lebih kental ketimbang Raja Charles III yang notabene keturunan Jerman.

Menurut situs Find My Past, Kamis (25/5/2023), Diana masih keturunan raja Inggris: Raja Charles II yang berkuasa dari 1660 hingga 1685.

Diana merupakan keturunan dari dua anak luar nikah Raja Charles II, yakni Charles Lennox (Duke of Richmont) dan Henry Fitzroy (Duke of Grafton).

Ratu Camilla juga merupakan keturunan Raja Charles II. Nenek moyang Ratu Camilla adalah Anne van Keppel yang merupakan putri dari Charles Lennox. Alhasil, Diana dan Camilla merupakan saudara jauh.

Selain itu, Diana juga masih keturunan Ratu Mary dari Skotlandia.

Leluhur Putri Diana aktif dalam politik. Charles Spencer merupakan kakek buyut Diana dan merupakan anggota Parlemen pada 1880-1895 dan 1900-1905.

Ternyata menurut situs tersebut, Putri Diana pun masih ada hubungan keluarga dengan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill.

Situs tersebut menyebut Putri Diana dianggap lebih berdarah biru ketimbang Charles, pasalnya ayah dari Raja Charles III (Pangeran Philip) merupakan keturunan dari beberapa kerajaan Eropa.

Kakek dari Philip dari sisi Ayah adalah Pangeran Andrew yang merupakan keturunan Raja George I dari Yunani, namun sejatinya merupakan pangeran Denmark. Sementara, neneknya adalah Ratu Olga yang merupakan keturunan Rusia.

Sementara, ibunda dari Pangeran Philip adalah Putri Alice yang merupakan anggota keluarga Battenberg dari Jerman.


Mengenang Sosok Putri Diana Lewat 3 Film

Bertahun-tahun setelah kematiannya yang tragis pada 1997 di usia 36 tahun, Putri Diana terus menjadi sumber inspirasi dan daya tarik.

Mulai dari film, acara TV, dokumenter, novel, dan biografi, semuanya telah mengeksplorasi keadaan hidupnya.

Sampai hari ini, orang-orang berduka atas kehilangan sang Putri Rakyat dan lapar akan detail lebih lanjut tentang pengawasan yang ia hadapi, sebelum dan sesudah perceraiannya dengan Pangeran Charles. Kedua anaknya, William dan Harry, juga kerap memberi penghormatan kepada ibu mereka.

Jika Anda mencari malam bertema kerajaan, berikut ada tiga film yang mengisahkan kisah hidup sosok Putri Diana yang bisa ditonton. Mulai dari karya imajinatif bernuansa horor yang dibintangi Kristen Stewart, hingga film dokumenter yang menggunakan cuplikan dari kehidupan nyata Putri Diana.


1. Spencer (2021)

Film yang mendapat pujian kritis ini mendapat banyak pujian karena menceritakan kembali kehidupan Putri Diana yang intens dan imajinatif, lebih dirancang untuk membangkitkan perasaan tentang keadaannya daripada fakta sebenarnya.

"Spencer" yang dibintangi Kristen Stewart, berfokus pada titik dalam kehidupan Putri Diana di mana hubungannya dengan Pangeran Charles menurun, dan momen di mana ia mulai bosan dengan tekanan dari menjadi bangsawan. Film ini juga menunjukkan perjuangannya di kehidupan nyata dengan gangguan makan bulimia.

Kristen Stewart juga mendapatkan nominasi Oscar pertamanya untuk perannya sebagai Putri Diana, demikian dilansir dari Today, Sabtu (20/5/2023).

Meskipun Putri Diana dikenal luas karena keanggunan dan sikapnya yang lembut, film ini justru memberikan gambaran yang lebih tajam tentang bagaimana hidupnya jauh dari pers. Film ini juga memasukkan sedikit elemen genre horor untuk menambah sedikit dramatisasi.


2. Diana: In Her Own Words (2017)

"Diana: In Her Own Words" menjadi salah satu dokumentari mengenai Putri Diana yang telah masuk ke dalam 10 besar platform streaming.

Dirilis pada 2017 di National Geographic, "Diana: In Her Own Words" menggunakan rekaman pada 1991 yang akhirnya menjadi dasar biografi blockbuster oleh Andrew Morton untuk menceritakan kisah pernikahan Wales dari sudut pandang sang Putri.

Ini adalah kisah yang sangat jujur, dan mungkin dicatat, sangat subjektif. Sebab, dokumenter berpusat dari rekaman suara Putri Diana dalam sebuah wawancara, seperti dilansir dari Standard UK.

Dokumenter tersebut juga berisikan Putri Diana yang membuka dalam segala hal mulai dari pacaran awal dengan Charles, hingga bulimia, dan perjuangannya untuk berintegrasi dengan keluarga kerajaan.

Dalam "Diana: In Her Own Words", dijelaskan juga bagaimana kesehatan mental Putri Diana memburuk hanya dua bulan setelah pernikahannya bersama Charles.

Perasaannya saat melahirkan kedua anaknya, William dan Harry, hingga konfrontasinya pada Camilla akan perselingkuhan bersama suaminya, semuanya diceritakan melalui kata-kata Putri Diana sendiri.


3. The Princess (2022)

HBO juga merilis film dokumenter asli tentang hidup Putri Diana.

Disusun secara eksklusif dari rekaman arsip, film dokumenter karya Ed Perkins ini mengarahkan pandangan "mendalam dan intim" tentang bagaimana pemujaan publik, ditambah dengan pengawasan luar biasa yang Putri Diana hadapi, menjadi badai yang bergumul dalam diri sang Putri.

"The Princess" tidak menampilkan narator, tidak ada wawancara, tidak ada "pakar kerajaan" yang memutar hal-hal ke dalam perspektif. Alih-alih, ceritanya terungkap melalui klip berita dan rekaman yang ditemukan, diputar dalam urutan kronologis, demikian dilansir dari Vogue.

Awalnya dalam pembukaan, dimulai dengan kisah akhir Putri Diana yang berakhir secara tragis di Paris.

Namun sisa alurnya tetap teratur. Mulai dari pertunangan Diana Spencer yang kala itu masih sangat muda, hingga montase pernikahan kerajaan yang ikonik.

Secara keseluruhan, dokumenter tersebut dengan cekatan menunjukkan intrusi dan pengawasan ekstrem yang dihadapi Putri Diana. Mengingat kehidupan Putri Diana disorot tanpa henti oleh tabloid atau paparazzi, dokumenter ini menunjukkan betapa banyaknya klip dari media yang secara mendalam meliput hampir setiap momen dari seluruh hubungan Diana dan Charles, mulai dari pertunangan mereka pada 1980 hingga perpisahan mereka pada 1992, serta kematian Diana pada 1997.

No Comment, Takut Dilaknat

Takut Dilaknat, Gibran Rakabuming Ogah Komentari Hasil Survei Elektabilitas Prabowo Salip Ganjar Pranowo

Liputan6.com 2023-05-25 18:30:00
Gibran mengaku telah memberikan klarifikasi berupa kronologi terkait pertemuannya dengan Prabowo beberapa waktu lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Hasil survei Litbang Kompas yang dirilis pada Mei 2023, menyebut elektabilitas Prabowo mencapai 24,5 persen sementara Ganjar Pranowo membayangi dengan persentase 22,8 persen.

Selisih tipis membuat persaingan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo makin panas jelang Pemilu 2024. Sejumlah jurnalis lantas meminta tanggapan Gibran Rakabuming terkait hasil survei tersebut.

Gibran Rakabuming enggan mengomentari dengan alasan belum membaca detail hasil surveinya. "Saya belum baca surveinya, mana coba saya lihat (hasil surveinya)?" katanya, di Solo, pekan ini.

Bintang film Sesuai Aplikasi dicecar wartawan mengingat pekan lalu, ia nongkrong bareng Prabowo Subianto di salah satu angkringan di Solo. Sejumlah orang yang mengaku relawan Jokowi-Gibran menyatakan dukungan untuk Prabowo sebagai capres Pemilu 2024 hingga jadi isu nasional.


Tanya Ke Lembaga Survei

"Saya enggak tahu. Jadi tanya saja ke lembaga surveinya. Makanya, masa gara-gara makan bakmi (sama saya) langsung melejit. (Kalau periode survei sampai tanggal 10 Mei) berarti (makan malam bareng saya memang) enggak berpengaruh," ujar Gibran Rakabuming.

Melansir video wawancara di kanal YouTube Berita Surakarta, Kamis (25/5/2023), putra sulung Jokowi enggan berkomentar karena takut dilaknat dan dicap pengkhianat sejumlah pihak.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Saya Takut Dilaknat

"Sudah jangan dibahas lagi ya. Saya takut dilaknat. Sudah ya. Ya kalau hasil survei kan masih dinamis dan calon-calon angkanya masih naik turun. Masih dinamis," ia menyambung.

Wali Kota Solo meminta masyarakat tidak mudah tersulut hanya karena hasil survei. Di Indonesia, ada banyak lembaga survei dengan sampel dan metode penelitian beragam.


Pantau Terus Hasil Survei

Karenanya, alangkah baiknya jika masyarakat Indonesia tetap bersikap kritis dan membandingkan hasil survei lembaga satu dengan yang lain. Jalan menuju Pemilu 2024 masih panjang. Artinya, beragam kemungkinan masih bisa terjadi.

"Intinya kita pantau terus hasil surveinya. Kita bandingkan juga dengan lembaga-lembaga survei yang lain. Nanti biar para relawan yang bisa menilai sendiri. Masih panjang, tenang saja. Masih naik turun," pungkas Gibran Rakabuming.

Keluarga David Ozora Geram

Keluarga David Ozora Geram Korban Disebut Mengalami Luka Ringan karena Sudah Sekolah, Jonathan Latumahina: Yang Kita Lawan Ini Mafia

Liputan6.com 2023-05-26 16:15:40
David Ozora Latumahina (Foto: Instagram/@naomi_prayogo)

Jonathan Latumahina, selama ini memang kerap membagikan kondisi kesehatan sang putra, David Ozora usai mengalami penganiayaan dengan tersangka Mario Dandy dan Shane Lukas. Bahkan diketahui David Ozora telah kembali ke sekolah, tentunya bukan karena sudah sembuh melainkan untuk melatih kognitifnya.

Hotman Paris, dalam acara Hotroom menanyakan kepada pakar hukum pidana, Jamin Ginting tentang proses hukum Mario Dandy dan Shane Lukas, dianggap sengaja diperlambat seolah menunggu kesembuhan dari David Ozora sehingga pasal yang diancamkan lebih ringan yaitu 351 bukan lagi 355.

Mendapat pertanyaan tersebut, Jamin Ginting, mengaku bahwa saat ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) tengah dilema hukum dalam membuat rancangan surat dakwaan.

"Karena kondisi dari pada si kalau benar ya sudah bersekolah, artinya statusnya akan ditentukan apakah dia luka ringan, luka berat, cacat tetap, atau mati. Mati sudah pasti enggak, sesuai dengan aturan hukum karena konteks nya adalah pidana delik materil akibat dari suatu perbuatan yang dihukum maka dilihat akibatnya. Trauma enggak jadi materil. Yang langsung dapat dibuktikan oleh dokter apakah dia cacat tetap, mati, atau ringan," ungkap Jamin, dilansir kanal YouTube Kompas TV, Kamis (25/5/2023).


Kuasa Hukum David Ozora Anggap Ada yang Mencoba untuk Menggeser Pengertian Luka Berat

Mendengar pernyataan Jamin Ginting, keluarga David Ozora termasuk kuasa hukumnya langsung merasa geram. Mellisa Anggraini menganggap pernyataan tersebut adalah ngaco.

"Ada yang mencoba-coba menggeser pengertian luka berat atas penganiayaan biadab yg dialami oleh David, seolah2 andai david sdh sembuh hari ini maka jadinya luka ringan githu?ngaco!!apa lupa 2 bulan david menjadi pasien tetap ICU?kok kerusakan kognisi dianggap bukan akibat??" cuitnya di Twitter, Kamis (25/5/2023).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Jonathan Latumahina: Yang Kita Lawan Ini Mafia

Tak hanya Mellisa Anggraini yang memberikan komentarnya terhadap pernyataan Jamin Ginting. Jonathan Latumahina, yang merasa anaknya sebagai korban penganiayaan pun tak tinggal diam.

Bahkan ia berteriak bahwa saat ini lawan yang tengah dihadapinya bukanlah sembarangan.

"Mel, yang kita lawan ini mafia. Tapi jangan pernah gentar, akan ada sejarah mafia pada klojotan besok. Amorfati," timpal Jonathan Latumahina.


Kesal Perjuangan David Ozora Lepas dari Maut Tak Dihargai

Tak hanya mencuit di Twitter, Jonathan juga mempertanyakan logika hukum di Instagram Story nya, Jumat (26/5/2023).

"Artinya sesaat setelah penganiayaan itu terjadi, luka berat spt apa yg ditimbulkan Bukan yg stelah korban berjuang lepas dari matu, bangun dari koma, dirawat di ICU 2 bulan, di operasi, dibolongin tenggorokanny, putus saraf dan mundur kognisiny, dilanjut menjalani berbagai terapi..tanggungan biaya luar biasa, mulai belajar jalan dll dari nol lagi!

Lalu kondisi ada perbaikan atas perjuangan korban dan keluarga! kok bisa2 nya ini jadi hal yang meringankan pelaku!logika hukum macam apa itu? Kalau saja saksi ibu N tidak teriak saat itu ntah bagaimana nasib anak korban!!!" tulisnya.

Calon Haji Tertua dari Madura, 119 Tahun

Calon Haji Tertua Se-Indonesia Berusia 119 Tahun Ditanya Rahasia Awet Muda, Jawabannya Mencengangkan

Liputan6.com 2023-05-26 09:26:16
Harun Senar Muhammad (119), akhirnya berangkat ke Tanah Suci Makkah sebagai calon haji tertua se-Indonesia. (Liputan6.com/ Dok Ist)

Harun Senar Muhammad (119), akhirnya berangkat ke Tanah Suci Makkah sebagai calon haji tertua se-Indonesia. Calon haji tertua se-Indonesia asal Dusun Karang Duak, Desa Pangbatok, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, datang ke Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Kamis (25/5/2023).

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sempat memohon doa dari Harun Senar Muhammad untuk masyarakat di Jawa Timur.

"Mohon doanya untuk Jawa Timur semoga selalu aman. Masyarakat sehat, bahagia dan berkah," kata Khofifah dalam keterangannya di Surabaya, Jumat (26/5/2023).

Kakek dengan 6 anak dan 6 cucu itu mendaftar haji pada 2017 dengan menjual sebidang tanah untuk menutupi kekurangan tabungannya dari hasil bekerja sebagai pedagang ayam dan sapi yang digeluti sejak usia muda.

Untuk melunasi biaya haji ketika namanya masuk dalam daftar berangkat tahun ini, kakek yang mengenyam pendidikan hanya sampai kelas 3 sekolah dasar di masa penjajahan Jepang itu menjual dua ekor sapi.

Keberangkatannya ke Tanah Suci didampingi seorang keponakannya, Masdi, usia 63 tahun. Tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 6 yang berangkat ke Tanah Suci melalui Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada pukul 22.00 WIB Kamis malam, 25 Mei 2023.

Gubernur Khofifah sempat bertanya apa resepnya, sehingga masih terlihat sehat hingga usia 119 tahun.

"Ternyata Mbah Harun ini rutin membaca Al-Qur'an. Sampai sekarang masih rajin membaca Al-Qur'an tanpa menggunakan kacamata. Kemudian, beliau juga istiqamah melakukan shalat malam," ujarnya.

Menurut data medis dari tim kesehatan, Harun terkonfirmasi dalam keadaan baik.


Rela Jual Tanah

Khofifah mengungkapkan tidak ada rekomendasi obat-obatan khusus yang harus dibawa, kecuali vitamin C saja dan istirahat yang cukup.

Sementara Harun menyatakan sakit yang sering dirasakan lebih disebabkan karena usia tua. "Pinggang saya sering terasa sakit. Saya rasa sakitnya itu karena usia sudah tua," katanya.

Harun, yang terlihat masih bisa berjalan layaknya orang sehat, berharap mampu menjalankan ibadah di Tanah Suci tanpa bantuan kursi roda.

"Ke Mekah itu yang saya harapkan ganjaran pahala dari Allah SWT untuk menggenapkan rukun Islam kelima. Demi itu saya rela jual tanah untuk berangkat menunaikan ibadah haji," ucapnya.

Bukan Poligami, Alasan Istri Opick Pergi

Istri Sopir Angkot Ikut Arisan Rp2,5 M

ASN Terkaya, Lebih Kaya Daripada Jokowi

Biden: AS Tak Akan Bangkrut

AI Membahayakan Kehidupan Manusia

Jabatan Firli Bahuri Jadi 5 Tahun?