Gemetar Baca Kasus Miss Universe Indonesia

Kasus Body Checking Peserta Miss Universe Indonesia, Reisa Broto Asmoro Gemetar Baca Beritanya

Liputan6.com 2023-08-11 14:27:10
Kini yang terbaru, penampilannya yang diunggah Reisa Broto Asmoro di instagram dipuji netizen.

Dugaan pelecehan seksual di Ajang Miss Universe Indonesia 2023 menyita perhatian banyak pihak. Salah satunya Reisa Broto Asmoro, dokter sekaligus mantan peserta kontes kecantikan.

Reisa Broto Asmoro merasa miris mendengar apa yang dialami para finalis, korban dugaan pelecehan tersebut. Bahkan, Reisa mengaku gemetar saat membaca pemberitaan tentang kasus tersebut.

"Aku pas baca miris banget ya, kayak langsung gemeteran, 'Ya ampun, ini beneran kejadian?," aku Reisa Broto Asmoro di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (10/8/2023).

"Kalau memang bener dan hasil investigasinya terbukti, itu sudah termasuk pelecehan seksual. Sudah di luar kewajaran dan tidak semestinya orang-orang diperlakukan seperti itu," Reisa menambahkan.


Pengalaman Reisa

Reisa pun menceritakan pengalamannya saat mengikuti kontes kecantikan pada 2010 lalu.Seingat Reisa, kala itu dirinya tak menjalani proses body checking. Apalagi sampai difoto dalam keadaan tanpa busana.

"Itu sama sekali nggak normal. Saya rasa pageant lain di Indonesia tidak melakukan hal tersebut. Body check ini malah nggak pernah ada sebelumnya," aku Riesa.


Hanya Fitting Busana

Bukan body checking, kala itu Reisa justru hanya melakukan body fitting, untuk keperluan busana yang akan dikenakan pada malam final ajang tersebut.

"Dulu cuma body fitting, dan itu diperlukannya untuk malam final karena kami dapat baju. Itu pun yang fitting juga dari desainernya di ruang fitting, yang ngukur mbaknya juga dan tetap pakai baju," terangnya.


Dokter yang Melakukan Pengecekan

Reisa mengatakan, andai harus dilakukan body checking, hal itu dilakukan dokter. Nantinya dokter tersebut yang menyampaikan hasil dari pemeriksaan tubuh dari peserta.

"Kan itu privasi si peserta dengan dokternya. Misal ada tanda lahir, atau ada yang butuh laser nih, nanti dokter menyampaikan ke yayasan tanpa perlu lihat bentuknya kayak apa. Ini oknum yang menurut saya sengaja melecehkan," pungkas Reisa Broto Asmoro.

Kesaksian Prabowo soal Hotman Paris

Kesaksian Prabowo Soal Kelakuan Hotman Paris: Bergaya Selebriti tapi Hatinya Mikirin Orang Susah

Liputan6.com 2023-08-11 10:00:00
Prabowo dan Hotman Paris bersahabat lebih dari 20 tahun. Capres Partai Gerindra bersaksi Hotman Paris bergaya artis tapi hati memikirkan orang kecil. (Foto: Dok. Instagram @prabowo)

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea mengajak kedua putranya bersilaturahmi dengan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto di Jakarta, Kamis (10/8/2023). Suasana berlangsung hangat.

Capres Partai Gerindra ini mengenang persahabatan dengan Hotman Paris selama lebih dari 20 tahun. Perjumpaan ini dirayakan secara sederhana dengan ngopi bareng sembari bernostalgia.

Hotman Paris mengunggah video Prabowo Subianto bersaksi soal kelakuannya yang nyetrik, flamboyan, punya banyak asisten pribadi cantik, dan sering memanaskan lantai dansa di sejumlah kelab.

"Saya kenal Pak Hotman cukup lama, berapa puluh tahun, ya? Lebih dari 20 tahun," kata Prabowo dalam video yang diunggah di akun Instagram terverifikasi Hotman Paris, kemarin.


Cerdas dan Kerja Sangat Keras

Dalam pandangan Prabowo, kesuksesan yang didapat Hotman Paris saat ini melewati proses panjang. Kerja sangat keras adalah kuncinya. Meski demikian, kekayaan tak membuatnya silap mata.

"Saya lihat beliau orang yang sangat cerdas, kerja sangat keras, sangat kerja keras. Peduli pada orang kecil, orang yang tidak mampu," ujarnya seraya membahas gaya Hotman Paris sebagai pengacara selebritas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Flamboyan

"Beliau juga flamboyan. Flamboyan. Beliau bergaya selebritas, tapi hatinya adalah mikirin orang-orang susah. Jadi saya suka bersahabat sama beliau," papar Prabowo panjang.

Di pengujung pernyataan, Prabowo menyebut presenter program Hotroom setia kawan. Waktu menguji. Terbukti, hingga kini masih solid. Bahkan kedua anak Hotman Paris akrab dengan Prabowo.


Sekali Kawan Tetap Kawan

"Dan beliau kalau bersahat, ya bersahabat. Sekali kawan tetap kawan," Prabowo mengakhiri. Lewat akun Instagram terverifikasi kemarin, ia memamerkan sejumlah potret pertemuan dengan Hotman Paris.

Pertemuan di kantor Kementerian Pertahanan RI ini diabadikan Prabowo dalam potret monokrom disertai status teks ringkas, "Kawan lama yang selalu setia." Saat artikel ini disusun, 48 ribuan orang menyukai unggahan tersebut.

Bantah Isu Kematiannya yang Viral

Lil Tay yang Dikabarkan Meninggal Kini Muncul dan Bantah Kematiannya, Ngaku Akun Instagram-nya Di-hack

Liputan6.com 2023-08-11 08:57:40
Lil Tay. (Instagram/ liltay)

Sepanjang 10 Agustus 2023 kemarin, dunia dibuat terkejut dengan pengumuman bahwa Lil Tay meninggal dunia. Apalagi kabar ini disampaikan lewat akun Instagram sang rapper ABG yang telah diverifikasi.

"Dengan hati berat, kami mengabarkan berita duka mengenai meninggalnya Claire kami yang tercinta secara tragis dan mendadak. Kami tak bisa mengungkapkan dengan kata-kata rasa kehilangan yang tak tertahankan dan luka yang tak bisa diungkapkan," begitu petikan pengumuman tersebut.

Namun selang sehari setelah pengumuman ini diunggah, muncul bantahan soal kematian bocah yang sempat viral pada 2017-2018 tersebut.

Dilansir dari E! News, Jumat (11/8/2023), hal ini diungkap dalam pernyataan via TMZ.

"Aku ingin menjelaskan bahwa kakakku dan aku hidup dan selamat, tapi aku begitu patah hati, sulit mengungkapkan kata-kata untuk diucapkan," kata Lil Tay, seperti dimuat dalam pernyataan yang dirilis keluarga.

Soal unggahan Lil Tay meninggal dunia yang sempat bikin heboh, ia menyebut itu terjadi karena akunnya diretas.


Lil Tay Mengaku Instagram-nya Diretas

"Akun Instagram-ku sudah diotak-atik oleh pihak ketiga dan digunakan untuk membagikan informasi keliru dan rumor tentang diriku," kata Lil Tay.

Bahkan, kata gadis berusia 14 tahun ini, nama asli yang tertulis dalam pengumuman ini juga salah. "Namaku secara legal adalah Tay Tian, bukan Claire Hope."

Unggahan soal kematiannya kini telah dihapus dari akun Instagram Lil Tay.


Tak Ada yang Berani Mengonfirmasi

Sebelum bantahan ini keluar, warganet sudah banyak yang meragukan kebenaran di balik pengumuman kematian Lil Tay. Apalagi orangtua dan mantan manajernya juga enggan memberikan konfirmasi.

"Mengingat kompleksnya masalah tersebut, saya saat ini tak bisa secara gamblang memberikan konfirmasi atau bantahan mengenai legitimasi atas pernyataan yang dirilis oleh keluarga," begitu kata sang mantan manajer, Harry Tsang, saat dikontak Insider.


Komentar Ayah Ibu

Saat dihubungi People, pengacara ibunda Lil Tay menyebut karena ini adalah isu sensitif, mereka belum bisa memberikan komentar. Sementara ayah Lil Tay, Chritopher Hope berkata, "Aku tak punya komentar apa pun."

Dipuji karena Merawat Suami

Sandra Bullock Dipuji Atas Usahanya yang Luar Biasa Merawat Bryan Randall

Liputan6.com 2023-08-11 12:35:49
Sandra Bullock dihantui pria penguntit yang terus masuk ke dalam kediamannya, membuat hidupnya merasa tak aman (AP Photo)

Aktris Sandra Bullock dipuji karena usahanya yang "luar biasa" dalam merawat pasangannya di tahun-tahun terakhir sebelum kepergian Bryan Randall.

Bryan Randall meninggal dunia pada usia 57 tahun setelah didiagnosis menderita amyotrophic lateral sclerosis (ALS) tiga tahun lalu.

Dalam sebuah pernyataan, keluarga Randall mengatakan mereka "sangat berterima kasih kepada para dokter yang tak kenal lelah yang menangani lanskap penyakit ini".

Sandra Bullock mendapat pujian atas perhatiannya pada sang kekasih oleh saudara perempuannya Gesine Bullock-Brado dalam penghargaan yang Gesine unggah di Instagram.

"ALS adalah penyakit yang kejam," tulisnya, "tetapi ada sedikit kenyamanan mengetahui bahwa dia memiliki pengasuh terbaik dari saudara perempuan saya yang luar biasa dan sekelompok perawat yang Bullock kumpulkan yang membantunya merawatnya di rumah mereka."

"Saya yakin bahwa Bry telah menemukan tempat memancing terbaik di surga dan sudah melemparkan umpannya ke sungai yang deras dan penuh dengan salmon."

Mengutip dari BBC, kematian Bryan Randall pertama kali diumumkan dalam pernyataan yang dirilis keluarganya kepada People.

Keluarga mengatakan fotografer "memilih lebih awal untuk merahasiakan perjalanannya dengan ALS", kemudian menambahkan: "Kami yang merawatnya melakukan yang terbaik untuk menghormati permintaannya."

Pernyataan keluarga melanjutkan: "Kami sangat berterima kasih kepada para dokter yang tak kenal lelah yang menavigasi lanskap penyakit ALS ini bersama kami dan kepada perawat luar biasa yang menjadi teman sekamar kami, sering mengorbankan keluarga mereka sendiri untuk bersama kami."

"Saat ini kami meminta privasi untuk berduka dan berdamai dengan ketidakmungkinan mengucapkan selamat tinggal kepada Bryan."

Sandra Bullock terkenal karena film-film seperti Speed, Gravity dan Miss Congeniality, dan memenangkan Oscar pada tahun 2010 untuk penampilannya di The Blind Side.

Amyotrophic lateral sclerosis (ALS), dikenal sebagai Penyakit Lou Gehrig setelah seorang pemain bisbol terkenal New York meninggal karenanya, adalah penyakit progresif yang belum ada obatnya.

Hal ini disebabkan oleh matinya sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang yang mengontrol pergerakan otot yang kita kendalikan secara sadar.

Penyakit ini sering dimulai dengan kedutan otot dan kelemahan pada lengan atau kaki, kesulitan menelan atau bicara yang tidak jelas, tetapi seiring perkembangannya, penyakit ini berdampak besar pada kemampuan untuk bergerak, berbicara, dan bahkan bernapas.

Kebanyakan orang meninggal dalam waktu dua tahun setelah didiagnosis. Penyebab pasti penyakit ini masih belum diketahui. Sedangkan sejumlah kecil kasus diwariskan.


Seperti Bryan Randall Kekasih Sandra Bullock, Stephen Hawking Juga Derita Penyakit ALS Selama 55 Tahun

Kabar mengenai kekasih Sandra Bullock, Bryan Randall yang meninggal dunia pasca berjuang menghadapi ALS turut meningkatkan kesadaran mengenai penyakit tersebut. Beberapa media turut mengulas mengenai Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS).

Di Amerika Serikat, donasi bagi ALS Association mengalami lonjakan hingga 500 persen setelah Bryan Randall meninggal dunia. Hal ini pun tak lepas dari permintaan Sandra Bullock dan keluarga yang meminta agar individu yang hendak mengirimi mereka karangan bunga mengalihkan biaya tersebut menjadi donasi pada ALS Association dan Massachusetts General Hospital.

Namun, Bryan Randall bukanlah satu-satunya figur publik yang berjuang melawan penyakit ALS. Ada ilmuwan Stephen Hawking yang telah lebih dulu dan lebih lama hidup dengan penyakit tersebut.

Stephen Hawking, yang meninggal di usia 76 tahun pada 2018, telah hidup dengan penyakit ALS yang melumpuhkan selama 55 tahun.

Selengkapnya...


Pasca Bryan Randall Kekasih Sandra Bullock Meninggal karena ALS, Donasi untuk Asosiasi ALS Melonjak 500 Persen

Aktris Sandra Bullock masih berduka atas kepergian kekasih hatinya pada 5 Agustus 2023. Fotografer Bryan Randall yang telah menjadi tambatan hati Sandra Bullock sejak 2015 meninggal dunia usai berjuang menghadapi amyotrophic lateral sclerosis atau ALS selama tiga tahun.

Namun di balik kabar duka meninggalnya kekasih Sandra Bullock itu, terjadi peningkatan donasi bagi Asosiasi ALS di Amerika Serikat. Laman New York Post mencatat, ada peningkatan donasi hingga 500 persen.

Peningkatan donasi itu tak lepas dari peran Sandra Bullock dan keluarganya yang mengimbau masyarakat untuk berdonasi bagi ALS Association dn Massachusetts General Hospital.

"Sebagai pengganti karangan bunga, kami mohon untuk berdonasi pada ALS Association dan Massachusetts General Hospital," demikian bunyi pesan yang disampaikan pihak Sandra Bullock dan keluarga terkait kepergian Bryan Randall.

Selengkapnya...


Sandra Bullock Setahun Hiatus Karier di Hollywood untuk Rawat Bryan Randall yang Sakit hingga Meninggal

Sandra Bullock diketahui hiatus sementara dari kariernya di Hollywood untuk merawat pacarnya yang sakit kritis lalu baru meninggal, Bryan Randall. Randall meninggal dunia pada akhir pekan setelah pertempuran tiga tahun dengan ALS.

Mengutip dari laman Page Six, Rabu (9/8/2023), pada Maret 2022 Sandra Bullock melangkah ke karpet merah bersama lawan mainnya Channing Tatum di pemutaran perdana film mereka "The Lost City". Saat itu tanpa Randall di sisinya sebagai pacar, hanya sedikit yang tahu apa yang terjadi sebenarnya.

Tatum diyakini berada di antara kelompok kecil yang mengetahui bahwa Randall, sang fotografer, menderita penyakit degeneratif yang kejam. Sejak itu, Bullock hanya terlihat beberapa kali di depan umum.

Saat mempromosikan film komedi tersebut, Bullock, yang menyebut Randall (57), sebagai cinta dalam hidupnya mengungkapkan bahwa dia akan sementara hiatus dari kariernya di Hollywood. "Saya ingin berada di rumah. Saya tidak membantu siapa pun yang berinvestasi dalam sebuah proyek jika saya berkata, 'Saya hanya ingin berada di rumah,'" katanya kepada CBS Sunday Morning.

Selengkapnya...

Kalah dari Mantan, Didenda Rp500 Juta

Kevin Hillers Kalah dari Siska Khair, Dihukum Wanprestasi dan Didenda Setengah Miliar Rupiah

Liputan6.com 2023-08-11 14:10:00
Kevin Hillers (Foto: Instagram/@kevin_hillers_)

Pesinetron Ikatan Cinta, Kevin Hillers diputus bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Pengadilan mengabulkan sebagian dari gugatan Siska Khair, dokter kecantikan yang juga mantan kekasihnya.

Kevin Hillers diputus bersalah dan dihukum atas tuduhan wanprestasi. Dalam informasi yang diambil dari SIPP Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kevin Hillers dinyatakan bersalah melakukan tindakan wanprestasi yang berakibat pada denda signifikan, mencapai angka setengah miliar rupiah.

Amar putusan Pengadilan Negeri Jakarta Barat secara tegas menyatakan bahwa Kevin Hillers telah melanggar janji yang telah dibuat, yakni wanprestasi. Dalam akibatnya, ia diwajibkan membayar ganti rugi materi sebesar Rp 120 juta kepada Siska Khair.


Sanksi Denda

Selain kewajiban ganti rugi, Kevin juga dikenakan sanksi denda senilai Rp424.850 juta. Sebagai tindakan tambahan, Kevin juga diberikan kewajiban membayar denda paksa atau Dwangsom sebesar Rp100 ribu setiap bulan, sebagai akibat dari keterlambatan pembayaran hukuman yang dijatuhkan sejak keputusan ini mendapat status hukum tetap.


Bersyukur

Siska Khair hanya bisa merasa bersyukur atas putusan yang mengabulkan sebagian gugatannya.

"Dengan gugatan ini diterima, ini adalah suatu kebanggan bagi semua karyawan kami. Di tengah usaha mereka dalam menjaga reputasi klinik ku dan mempertahankan kepercayaan masyarakat terhadap dr. Siska beauty clinic," ujar Siska kepada media.


Terimakasih

Ini adalah langkah hukum yang memiliki implikasi besar terhadap kasus Kevin Hillers dan Siska Khair, serta memunculkan dampak signifikan terhadap persepsi masyarakat terhadap kedua individu ini.

"Terimakasih kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat beserta Panitera khususnya kepada Pengacara saya Bang Pitra Romadoni Nasution & Partners karena telah memenangkan kasus ini, setelah kemenangan sebelumnya di Polres Bogor Kevin Hillers selaku Terlapor telah juga resmi menyandang gelar Tersangka hingga saat ini," pungkasnya.

Pacaran dengan Ririn Dwi Ariyanti

Jonathan Frizzy Pacaran dengan Ririn Dwi Ariyanti, Dhena Devanka: Ketika Dizalimi, Doa Kita Diijabah

Liputan6.com 2023-08-11 15:20:00
Heboh Jonathan Frizzy akhirnya mengaku pacaran dengan Ririn Dwi Ariyanti. Dhena Devankan mengunggah kutipan bijak seolah doa orang yang terzalimi. (Foto: Dok. Instagram @ijonkfrizzy)

Setelah sekian lama bungkam, akhirnya Jonathan Frizzy mengakui pacaran dengan Ririn Dwi Ariyanti. Dhena Devanka mantan istri sang aktor mengaku tak kaget dengan pengakuan ini.

Beberapa hari setelah pengakuan Jonathan Frizzy memacari Ririn Dwi Ariyanti, Dhena Devanka mengutip perkataan bijak tentang kesabaran, perilaku zalim, dan waktu yang menjawab.

"Ketika kita sakit, dosa kita diampuni. Ketika kita bersabar, diberi pahala besar. Ketika kita didzolimi, doa kita dijabah. Ketika kita bersyukur, nikmat kita ditambah," tulis Dhena Devanka.

Perkataan bijak ini ditulis Dhena Devanka di akun Instagram terverifikasi, Kamis (10/8/2023), seraya mengunggah foto diri. Ia mengingatkan bahwa Allah Mahabaik karenanya penting untuk berserah diri.


Allah Baik Banget

"Allah itu baik banget sama kita, jangan mengeluh ya. Ketika kita pasrahkan pada ilahi keajaiban itu mulai datang. Masyaallah," ibu tiga anak ini mengakhiri. Netizen menanggapi riuh status teks ini.

"Nggak sadar ya dia punya anak perempuan suruh banyak dengerin siraman rohani deh," tulis @imel**** di kolom komentar. "Gusti Allah mboten sare (Tuhan tidak tidur). Pepatah lama yang akan selalu berlaku," @caan**** menyahut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Sabar Ilmu Tingkat Tinggi

Beberapa jam sebelumnya, Dhena Devanka mengunggah video kolase dirinya membahas waktu Allah sangat sempurna. Waktu ini pula yang akhirnya akan menjawab teka-teki hidup yang mengambang.

"Sabar itu ilmu tingkat tinggi, belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, cobaannya setiap waktu dan ujiannya sering datang mendadak. Waktu Allah sangat sempurna dalam segala hal," Dhena Devanka mencuap.


Akhirnya Waktu Menjawab

"Akhirnya waktu yang menjawab semuanya dan takdir yang menentukan segalanya, kita harus belajar mempercayainya," ia mengakhiri. Banyak yang menduga, status teks ini respons tak langsung Dhena Devanka atas kabar perselingkuhan Jonathan Frizzy di masa lalu.

Seperti diketahui, rumah tangga Dhena Devanka dan Jonathan Frizzy berakhir di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Mereka resmi cerai pada 17 Februari 2022. Ketiga anak mereka kini dalam asuhan Dhena Devanka.

Kembali Mesra Usai Isu Selingkuh

5 Momen Dahlia Poland dan Fandy Christian Kembali Mesra Usai Isu Selingkuh, Netizen: Jangan Nakal Lagi Bang

Liputan6.com 2023-08-11 16:00:00
Dahlia Poland dan Fandy Christian diduga rujuk usai diterpa isu selingkuh (Foto: instagram fandych)

Rumah tangga Dahlia Poland dan Fandy Christian beberapa waktu lalu diterpa badai. Lewat Instagram Stories, Dahlia pada 14 Mei 2023 mengungkap sederet tangkapan layar percakapan di aplikasi chat antara sang suami dengan wanita lain. Isu Fandy Christian selingkuh pun menjadi topik hangat di media sosial pada Mei 2023 silam.

Baik Fandy Christian mau pun Dahlia Poland tak mau banyak bicara soal perselingkuhannya. Ketika ditemui di gala premiere film Losmen Melati, Fandy memilih cuek pada pertanyaan wartawan. Berbeda dengan beberapa selebriti yang roadshow membeberkan perselingkuhan suami, Dahlia hingga saat ini tidak muncul di acara televisi atau podcast usai berkoar lewat media sosial.

Setelah dua bulan berlalu, perlahan hubungan Fandy dan Dahlia mulai membaik. Keduanya diduga telah berbaikan. Lewat Instagram stories, bintang sinetron Jangan Bercerai Bunda mulai membagikan momen harmonis bareng sang istri secara berkala. Tak hanya itu, Dahlia juga mulai merespons Fandy yang menulis komentar di Instagram-nya.

Sejumlah netizen merasa senang melihat pasangan yang menikah pada 2015 kembali harmonis. Tak sedikit yang mengingatkan pria 37 tahun untuk tak ulangi kesalahan. Berikut 5 momen Dahlia Poland dan Fandy Christian kembali mesra pasca isu selingkuh dirangkum Showbiz Liputan6.com dari Instagram keduanya, Jumat (11/08/2023).


Repost

Dalam catatan kami, tanda-tanda Dahlia Poland dan Fandy Christian rujuk terlihat sejak 31 Juli 2023. Kala itu, Fandy mengunggah potret Dahlia dalam filter monokrom.

Beberapa jam kemudian, bintang Ganteng Ganteng Serigala me-repost atau unggah ulang Instagram Stories sang suami. Unggahan ini memakai backsound lagu Shawn Mendes berjudul "Fallin All In You".


Mari Pulang

Pada 6 Agustus 2023, Fandy memamerkan potret berdua dengan Dahlia dengan filter hitam putih. Pria asal Medan itu juga menulis "Let's go home (mari pulang)" di unggahannya.

Potret ini diambil secara mirror selfie. Dahlia tampak merebahkan kepalanya pada bahu Fandy yang merangkul sang istri.


Rumah

Pada hari yang sama, Fandy membuat unggahan Instagram Stories dalam bentuk kolase. Tiga kotak menunjukkan progres pembangunan rumah mereka yang sedang dibangun.

Sementara satu kotak menunjukkan Fandy bersama Dahlia dan anak bungsu mereka.


Bersandar

Pada 8 Agustus 2023, Fandy mengunggah potret Dahlia sedang bersandar di bahunya. Hal ini kian menguatkan dugaan bahwa keduanya kembali bersama.


Pesan

Pada 10 Agustus 2023, Dahlia membuat unggahan bersama Nala, anjing peliharaan mereka. Fandy yang juga baru posting bareng anjing menulis komentar "ihh samaan". Dahlia merespons dengan emoji hati.

Unggahan ini pun diramaikan komentar netizen yang memberi pesan pada Fandy. "Jangan nakal lagi lo bang semoga bahagia dan diberkati terus pasangan favku," tulis akun ***aly.

Wajib Lindungi Foto Kim Jong Un Saat Badai

Rakyat Korea Utara Wajib Lindungi Foto Kim Jong Un Saat Topan Khanun Melanda

Liputan6.com 2023-08-11 16:33:02
Dalam gambar tak bertanggal yang dirilis 28 Agustus 2020 memperlihatkan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un (kiri) mengunjungi daerah yang dilanda topan di Provinsi Hwanghae Selatan. Kunjungan

Warga Korea Utara diminta untuk melakukan segala upaya dalam melindungi foto-foto Dinasti Kim saat negara itu bersiap menghadapi hujan lebat dan angin kencang yang disebabkan oleh Topan Khanun.

Surat kabar resmi Partai Buruh Korea Utara Rodong Sinmun mengatakan bahwa fokus utama rakyat harus pada memastikan keamanan potret Kim Jong Un, ayahnya Kim Jong Il, dan kakeknya yang juga pendiri negara itu Kim Il Sung. Selain foto, rakyat juga diminta untuk melindungi patung, mozaik, mural, dan monumen Dinasti Kim, yang telah memerintah 1948.

Topan Khanun, yang mendarat di Semenanjung Korea pada Kamis (10/8/2023), diperkirakan akan bergerak ke Utara pada Jumat (11/8). Demikian seperti dilansir The Guardian.

Bencana alam memiliki dampak menghancurkan di Korea Utara yang miskin, di mana infrastruktur yang lemah dan penggundulan hutan telah meningkatkan kerentanannya terhadap banjir.

Di Korea Selatan, Topan Khanun telah menyebabkan banjir dan tanah longsor. Sementara itu, terdapat satu korban jiwa dan lebih dari 16.000 orang terpaksa mengungsi.

Kantor berita Korea Utara, KCNA, mengatakan bahwa semua sektor dan unit di negara itu melakukan kampanye dinamis untuk mengatasi bencana iklim abnormal. KCNA menambahkan bahwa peringatan terkait angin kencang, hujan deras, hingga gelombang pasang telah dikeluarkan.


Simbol Religius

Perintah untuk melindungi potret Dinasti Kim adalah pengingat bahwa Dinasti Kim menempatkan simbolisme untuk memperkuat legitimasinya.

Menurut NK News, potret Kim Jong Il dan Kim Il Sung menghiasi setiap rumah dan kantor di Korea Utara dan orang-orang dapat dihukum mati karena merusaknya, bahkan secara tidak sengaja sekalipun.

"Jangan lupa bahwa Korea Utara juga adalah negara teokratis," kata profesor di Universitas Kookmin Andrei Lankov kepada NK News.

"Patung-patung dan potret-potret ini merupakan simbol-simbol religius yang sakral atau pada dasarnya ikon. Setiap agama sejak dahulu kala mengharapkan umatnya siap untuk mati -- atau setidaknya menderita -- untuk menyelamatkan ikon-ikon suci."

Media pemerintah Korea Utara mengatakan bahwa anggota militer dan partai telah diperintahkan untuk menyiapkan tindakan penanggulangan banjir dan menyelamatkan tanaman, di tengah laporan bahwa badai dapat menyerang Pyongyang.

Dilarang Tayang di Lebanon

Film Barbie di Lebanon Dilarang Tayang, Dituding Promosi Homoseksualitas

Liputan6.com 2023-08-11 11:59:59
Gambar ini dirilis oleh Warner Bros Pictures yang menunjukkan Ryan Gosling (kiri) dan Margot Robbie dalam sebuah adegan film Barbie. (Warner Bros. Pictures via AP)

Film Barbie masih menjadi sorotan setelah peluncurannya pada Juli 2023 lalu. Salah satunya perihal keuntungan yang diraih film tersebut yang berhasil mencapai angka miliaran dolar secara internasional, hanya 17 hari setelah dirilis.

Melansir BBC, Warner Bros mengungkapkan bahwa film Barbie menyelesaikan akhir pekan dengan pendapatan USD 1,03 miliar atau setara Rp15,6 triliun dalam penjualan tiket di box office global.

Di balik cuan besar yang diperoleh, film Barbie ternyata juga memicu kontroversi di Lebanon karena dianggap mempromosikan homoseksualitas.

Menteri Kebudayaan Lebanon Mohammad Mortada bahkan sampai mengambil tindakan untuk melarang film Barbie dari bioskop-bioskop negara tersebut pada Rabu, 9 Agustus 2023. Keputusan ini diambil dengan alasan bahwa film itu "mempromosikan homoseksualitas" dan bertentangan dengan nilai-nilai keagamaan.

Melansir dari The Guardian, Jumat (11/8/2023), Mohammad Mortada, didukung oleh kelompok Hizbullah di mana sang pemimpin, Hassan Nasrallah, semakin meningkatkan retorikanya melawan komunitas LGBT, dengan mengatakan bahwa komunitas ini membuat "bahaya mendekat" bagi Lebanon dan harus "dihadapi".

Menteri Mortada menyatakan bahwa film ini telah mempromosikan homoseksualitas dan transformasi seksual, serta bertentangan dengan nilai-nilai iman dan moral dengan merendahkan pentingnya unit keluarga.

Menteri Mortada kemudian meminta Badan Keamanan Umum Lebanon, yang berada di bawah Kementerian Dalam Negeri dan secara tradisional bertanggung jawab atas keputusan sensor di negara itu, untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah penayangan film ini.

Sejauh ini belum ada tanggapan langsung dari Menteri Dalam Negeri, Bassam Mawlawi, terkait hal tersebut.

Lebanon adalah negara Arab pertama yang mengadakan gay pride week pada tahun 2017 dan dianggap sebagai tempat yang aman bagi komunitas LGBT di Timur Tengah yang secara umum konservatif.


Dianggap Mempromosikan Penyimpangan Seksual

Masalah tersebut menjadi fokus yang lebih tajam baru-baru ini hingga memicu ketegangan. Mawlawi, Menteri Dalam Negeri Lebanon, tahun lalu mengambil keputusan untuk melarang acara yang "mempromosikan penyimpangan seksual"di Lebanon, yang dipahami merujuk pada pertemuan LGBT-friendly.

Dalam pidatonya pada Juli 2023, Nasrallah meminta otoritas Lebanon untuk mengambil tindakan terhadap materi yang menurutnya mempromosikan homoseksualitas, termasuk dengan melarangnya.

Dan pada hari Selasa, 8 Agustus 2023, kabinet Lebanon mengajak warga untuk "berpegang" pada nilai-nilai keluarga setelah pertemuan dengan pemimpin agama Kristen teratas negara itu, Patriarch Bechara Boutros al-Rahi, kepala Gereja Maronit, meskipun tidak menyebutkan komunitas LGBT secara khusus.

Ayman Mhanna, direktur eksekutif di Yayasan Samir Kassir, organisasi nirlaba, mengatakan kepada Reuters bahwa langkah Mortada menghindari proses penyensoran yang biasa dilakukan di Lebanon di tengah "gelombang kefanatikan".

"Ini adalah bagian dari kampanye yang lebih luas yang menyatukan Hizbullah, Kristen sayap kanan, dan pemimpin agama lainnya dalam kampanye terfokus melawan orang-orang LGBT," kata Mhanna.