Surat Bantahan Jessica Wongso

Jessica Wongso Tulis Surat dari Penjara, Bantah Keluarganya Diperas demi Bayar Otto Hasibuan

Liputan6.com 2023-10-12 09:02:36
Otto menyatakan, secara kasat mata, dirinya tak melihat mimik kesal atau marah pada wajah kliennya mengenai Jessica Coffeemix.

Film dokumenter Netflix tentang kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso berjudul Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso, masih banyak jadi pembahasan.

Ayah Mirna, Edi Darmawan Salihin sempat menuding pengacara Jessica Wongso, Otto Hasibuan diduga memeras harta keluarga terdakwa. Edi menyebut Otto pembohong dengan mengaku tidak dibayar keluarga Jessica Wongso.

Edi mengatakan dalam tayangan kanal YouTube Karni Ilyas, bahwa keluarga Jessica diperas Otto Hasibuan. Edi bahkan mengatakan keluarga Jessica sampai harus menjual ruko dan rumah .

"Sampe jual ruko, jual rumah, emaknya Jessica. Emangnya saya gak dapet info? Duitnya banyak abis, diperas sama Otto. Nggak dibayar? Hebat dia," kata Edi Darmawan kepada Karni Ilyas.

Dalam tayangan sebelumnya di kanal yang sama, Otto mengaku tidak dibayar sama sekali selama mendampingi Jessica dan hanya pernah diberi semangkuk bubur. Pernyataan ayah mendiang Mirna itu langsung dibantah oleh Jessica Wongso melalui sebuah surat yang ditulisnya di dalam penjara.

Ia juga membubuhkan tanda tangan di atas meterai pada surat tersebut. Surat yang ditulis tangan oleh Jessica itu kemudian viral dan beredar luas di media sosial dalam bentuk pindaian,

Melalui surat itu, Jessica membantah jika keluarganya diperas olej pengacara terkenal itu. Wanita yang sempat menetap di Australia itu juga menegaskan ia tidak menjual rumah atau harta benda untuk membayar layanan hukum Otto Hasibuan.


Isi Surat Jessica Wongso

Berikut potongan surat pernyataan yang ditulis Jessica Wongso. "Saya, Jessica Kumala Wongso, dengan ini menyatakan bahwa Pak Otto Hasibuan adalah pengacara saya dalam kasus 340 KUHP sejak tahun 2016.Sejak saat itu sampai sekarang, Pak Otto Hasibuan memberikan pelayanan pro bono untuk permasalahan hukum ini."

"Jika ada pernyataan kalau saya/ayah/ibu/keluarga diperas dan menjual rumah atau harta benda untuk biaya layanan Pak Otto Hasibuan, maka hal ini adalah sama sekali tidak benar.Dari lubuk hati yang paling dalam, saya dan keluarga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Otto Hasibuan yang telah membantu dengan kerja keras, tulus hati dan tanpa bayaran apapun."

"Demikian pernyataan ini saya buat dengan penuh tanggung jawab dan tanpa paksaan dari pihak manapun untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Jakarta, 10 Oktober 2023. Jessica Kumala Wongso."

Setelah surat tersebut beredar, kemudian Otto memberikan pernyataan melalui tayangan video secara langsung saat itu. Kata dia, awalnya ia tidak peduli dengan tuduhan tersebut. Namun ia harus bertindak karena jika dibiarkan akan mencemarkan nama baiknya.

"Terus terang saya biasanya saya nggak begitu peduli. Tapi kalau ini dibiarkan kan mencederai nama baik saya termasuk keluarga saya," ucap Otto. Merasa dituding memeras, Otto dan timnya datang ke Lapas Pondok Bambu untuk meminta Jessica buka suara soal tudingan dari ayah Mirna. Karena tidak bisa dibuat dengan rekaman, akhirnya dibuatlah surat tersebut.


Jessica Mengajarkan Bahasa Inggris

Belum lama ini Otto Hasibuan mengungkap kondisi terkini Jessica selama mendekam di penjara.Di balik tembok lapas untuk narapidana atau napi perempuan tersebut, wanita yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-35 ini menjalani hari-harinya.

Otto Hasibuan yang rutin menjenguk kliennya tersebut mengatakan bahwa Jessica banyak melakukan hal positif di dalam bui.Kemampuannya sebagai orang yang pernah 10 tahun tinggal di Australia ia pergunakan untuk mengajar bahasa Inggris bagi rekan-rekannya sesama napi.

"Dia pintar, di sana memberikan pelajaran bahasa Inggris kepada narapidana di penjara," ungkap Otto Hasibuan dalam podcast Deddy Corbuzier yang kemudian dibagikan ulang di TikTok oleh akun @ninimihairani pada 7 Oktober 2023.

Tak hanya pintar berbahasa Inggris, Jessica juga mengembangkan bakatnya sebagai desainer di dalam penjara. "Dia menjadi desainer di sana, dia bisa mendesain baju dan kasih masukan kalau di sana (rutan) mau membuat semacam kostum atau seragam. Tidak ada hal yang buruk tentang dia. Sangat positif sekali," ungkap Orro.

Beredar pula video Jessica yang ternyata juga bisa merajut. Dalam isi suratnya yang viral pun, Jessica mengungkapkan akan menghadiahkan salah satu sahabatnya rajutan buatannya.


Ulang Tahun Jessica Wongso

Pemilik nama lengkap Jessica Kumala Wongso ini baru saja berulang tahun ke-35 di hari Senin, 9 Oktober 2023. Tepat di hari ulang tahunnya, beredar video ibu dari Jessica, Imelda Wongso, mendatangi Rutan Pondok Bambu untuk merayakan ulang tahun putrinya

Imelda Wongso datang bersama para kuasa hukum Jessica, namun tidak terlihat ada Otto Hasibuan dalam video yang dibagikan akun TikTok @terkini69. Mereka membawa tumpeng bertuliskan 'Happy Birthday Jessica". Menurut Imelda, putrinya biasanya akan berkumpul bersama kakak-kakaknya saat berulang tahun.

"Biasanya kan kumpul, sama kakaknya, kedua kakaknya, ponakannya, ibu bapak. Sekarang di sini, ulang tahunnya sama lawyer-lawyer," kata Imelda. Kunjungan itu kabarnya benar-benar jadi kejutan bagi Jessica karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya dari ibunya maupun anggota keluarganya yang lain.

Dalam kesempatan itu, Imelda Wongso berharap putrinya yang terjerat kasus kopi sianida dapat segera bebas dari penjara. "Iya cepet bebas ya. Harapan ibu cuman itu," harapnya.

Ingin Menebus Waktu Yang Hilang

Ammar Zoni Ingin Menebus Waktu Yang Hilang Bersama Anak Selama 7 Bulan Berada di Penjara

Liputan6.com 2023-10-12 08:00:00
Ammar Zoni. (Foto: Dok. Aish TV)

Selama 7 bulan terakhir pesinetron Ammar Zoni mendekam di penjara Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Suami Irish Bella itu resmi bebas murni per tanggal 4 Oktober 2023, setelah menjalani masa hukumannya sebagai terpidana kasus narkoba.

Ammar mengaku ingin menebus waktu kebersamaan dengan keluarga dan anak yang hilang, lantaran kasus narkoba yang menjeratnya. Menurut Ammar, banyak perkembangan anak yang dilewatinya selama 7 bulan mendekam di penjara.

Itu sebabnya Ammar menyempatkan menjemput buah hatinya di sekolah. Momen mengharukan itu terekam lewat sebuah video singkat, yang diunggah adik Ammar, Aditya Zoni, di Insta Story Instagramnya.

"Jelas karena waktu yang sudah hilang. Saya ingin mengembalikan lagi waktu yang kemarin. Tujuh bulan itu waktu yang menurut saya ada banyak yang saya lewati," ujar Ammar Zoni di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.


Banyak Perubahan

Menurut Ammar, banyak perubahan yang terjadi pada anak-anaknya, selama 7 bulan dirinya di penjara. Mulai dari si sulung yang sudah dapat diajak komunikasi dua arah, atau si bungsu yang kini bisa berjalan.

"Saya melihat anak saya udah bisa bicara dua arah. Amala udah bisa jalan bahkan udah bisa lari. Banyak banget perubahan dalam watu 7 bulan. Itu yang saat ini saya prioritaskan, untuk mengembalikan waktu itu," jelas Ammar.


Membangun Ikatan Ayah dan Anak

Tak sulit bagi Ammar membangun kembali ikatan dengan anak, meskipun sudah cukup lama mereka berpisah. Ia bersyukur selama ini Irish Bella selalu menceritakan anak tentang sosok ayah mereka.

"Alhamdulillah istri saya selalu mengafirmasikan bagaimana Daddy. Alhamdulillah juga Air tidak butuh waktu lama mengenali Daddy, si kecil pun sama. Dia sudah mengenali dan ada emosi yang berbeda antara saya dan Amala. Dia lebih mirip saya ya, dan dia feelingnya dalam banget," kata Ammar.


Menjaga Ayah Yang Sakit

Di samping meluangkan banyak waktu bersama anak dan keluarga, Ammar juga ingin menjaga ayahnya yang kini sedang sakit. Sebagai anak paling tua, Ammar merasa memiliki kewajiban menjaga orang tuanya.

"Sekaligus menjaga bapak saya saat ini. Karena bapak saya saat ini sedang sakit, ujian juga bagi saya. Saya anak tertua, yang harus stand by menjaga bapak saya," ucap Ammar.

Rujuk dengan Niat Baru

Akhirnya Indra Bekti dan Aldila Jelita Ngaku Nikah Lagi 25 Agustus 2023, Rujuk dengan Niat yang Baru

Liputan6.com 2023-10-12 09:26:29
Marjam Abdurahman berkukuh menentang Aldila Jelita rujuk dengan Indra Bekti. Kini ia mengajukan dua pilihan buat Aldila: nekat rujuk atau kembali ke ibunda. (Foto: Dok. Instagram @indrabek

Setelah berminggu-minggu bungkam, Indra Bekti akhirnya buka kartu soal keputusan rujuk lalu menikah lagi dengan Aldila Jelita di hadapan penghulu. Ia membenarkan menikah lagi pada Agustus 2023.

Pengakuan ini tercetus saat Indra Bekti membahas kondisi kesehatannya belakangan ini. Gejala mudah lupa ditepis dengan bukti ia masih ingat momen menikah lagi dengan Aldila Jelita di Jakarta Selatan.

"Aku ingat, 25 Agustus 2023. Kita rujuk lagi 25 Agustus, kita menikah lagi dengan ada penghulu juga," katanya kepada jurnalis. Setelah kabar menikah lagi alias rujuk berembus, pasangan selebritas ini bungkam saat ditanya awak media.

Aldila Jelita menjelaskan, saat itu bungkam karena urusan menikah lagi sejatinya bukan untuk konsumsi publik. Keduanya rujuk dengan niat baik dan semangat baru untuk memulai kembali hidup yang bahagia.


Tak Ada Niat Kasih Tahu

"Enggak ada niat untuk dikasih tahu (ke masyarakat). Namanya juga balikan dengan niat yang baik, dengan niat yang baru semoga lebih baik lagi (ke depan)," Aldila Jelita menambahkan.

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Intens Investigasi, Rabu (11/10/2023), rujuk terjadi dengan komitmen memperbaiki diri dari kedua pihak. Dengan dukungan kedua anak, Indra Bekti dan Aldila Jelita optimistis makin solid ke depan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kami Akan Saling Mengerti

"Intinya kami akan saling mengerti, saling menyayangi lebih lagi daripada sebelumnya. Kemudian kami makin kuat lagi berempat, makin kuat. Pokoknya tidak ada lagi yang bisa memisahkan kita sampai maut memisahkan," Indra Bekti menjelaskan.

Dalam kesempatan itu, Indra Bekti berharap di masa mendatang Aldila Jelita lebih memperhatikannya. Ia pun berjanji sebagai kepala keluarga akan lebih memperhatikan istri dan anak-anak.


Permintaan Indra Bekti

"Pokoknya Bunda harus benar-benar perhatiin Ayah, Ayah juga memerhatikan Bunda," ungkapnya lalu menjelaskan, "Kesehatan alhamdulillah sampai saat ini diberikan sama Allah kekuatan selalu didampingi oleh istri tercinta. Bunda selalu mendampingi."

Diberitakan sebelumnya, keputusan Aldila Jelita rujuk dengan Indra Bekti ditentang ibunya, Marjam Abdurahman. Marjam Abdurahman meminta Indra Bekti sungguh-sungguh bertobat dulu sebelum menikah lagi dengan Aldila Jelita.

Cemas Terhadap Masa Depan Anak

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Meghan Markle Ungkap Kecemasan terhadap Masa Depan Archie dan Lilibet

Liputan6.com 2023-10-12 05:00:28
Meghan Markle berbicara di atas panggung di The Archewell Foundation Parents' Summit: Mental Wellness in the Digital Age selama Project Healthy Minds' World Mental Health Day Festival 2023

Duchess of Sussex blak-blakan membahas ketakutan terhadap masa depan anak-anaknya, Archie (4) dan Lilibet (2), saat berbicara di acara tatap muka pertama Yayasan Archewell, yang berbarengan dengan peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia. Di kesempatan itu, Meghan Markle membahas pentingnya keamanan online dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak.

Melansir Mirror, Rabu, 11 Oktober 2023, berada di panggung di sebelah suaminya, Pangeran Harry, ia berbagi di depan audiens di New York City, Amerika Serikat (AS), "Menjadi seorang ibu adalah hal yang paling penting dalam hidup saya, di luar tentu saja menjadi istri dari yang satu ini (Harry)."

"Tapi menurut saya, saya merasa beruntung bahwa anak-anak kami berada pada usia yang masih cukup muda, jadi hal ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat, namun saya juga merasa takut dengan perubahan yang terus terjadi dan hal ini akan terjadi di depan kita. Mereka bilang, menjadi orang tua, hari-harinya panjang, tapi tahun-tahunnya singkat."

Ia melanjutkan, "Jadi ini membuat saya khawatir, tapi saya juga diberi banyak harapan dan energi dengan kemajuan yang kami capai dalam satu tahun terakhir." Ini diungkap Meghan setelah Harry mengucapkan terima kasih pada orangtua yang sebelumnya naik ke panggung untuk berbagi cerita mereka.

Beberapa di antara orangtua itu adalah mereka yang kehilangan orang yang dicintai karena penggunaan media sosial. Pekan lalu terungkap bahwa pasangan tersebut akan berada di New York untuk jadi tuan rumah acara publik pertama mereka.


Acara Publik Pertama Yayasan Harry dan Meghan

Parents' Summit: Mental Wellness in a Digital Age merupakan wadah bagi keluarga-keluarga yang kehilangan anak karena media sosial. Pasangan ini bergabung dengan panel ahli termasuk Ahli Bedah Umum Vivek, sementara pembicaraan dipimpin Carson Daly dari NBC.

Saat mengumumkan acara tersebut, juru bicara organisasi pasangan Sussex mengatakan, "Keluarga-keluarga tersebut telah terlibat dengan The Archewell Foundation selama setahun terakhir, memperkuat komunitas dan mendorong menuju solusi."

"Bersama-sama, mereka bersatu dalam misi berbagi pengalaman pribadi, data, dan penelitian untuk memastikan hal yang sama tidak terjadi pada keluarga lain," ia menambahkan.

Sebelumnya pada hari itu, Harry dan Meghan juga melakukan kunjungan mendadak ke sekolah terdekat sebelum acara puncak dimulai. Sementara pasangan itu tersenyum saat tampil di Marcy Lab School, Harry mengeluarkan peringatan pada para siswa seputar kesehatan mental.

Ia berkata, "Jika salah satu dari kalian mulai diam, tidak muncul, kalian perlu mencari tahu alasannya."


Perjuangan Kesehatan Mental

Pangeran Harry menyambung, "Setiap orang punya ceritanya masing-masing, alasan untuk berada di sini, hidup Anda masih akan dipenuhi dengan komplikasi dan tantangan."

Ucapannya disambut tepuk tangan meriah dari para siswa, sebelum mereka semua berfoto. Dalam salah satu potret, Meghan terlihat mengenakan jaket varsity letterman yang diberikan padanya oleh tim debat di Robert Clack School di Essex, Inggris selama kunjungan pada Maret 2020.

Baik Meghan maupun Harry sangat jujur tentang perjuangan kesehatan mental mereka. Dalam wawancara dengan Oprah Winfrey, Meghan mengungkap bahwa ia pernah berpikir untuk bunuh diri ketika jadi anggota senior keluarga Kerajaan Inggris. Ia juga mengaku tidak mendapat bantuan dari institusi tersebut.

Sementara itu, berbicara di acara Apple TV-nya The Me You Can't See, Harry pernah berkata, "Yang mungkin tidak dipahami orang adalah, tadi malam Meghan memutuskan berbagi dengan saya tentang pemikiran untuk bunuh diri dan tentang bagaimana ia akan mengakhiri hidupnya."


Pangeran Harry Bicara soal Masalah Mentalnya

Pangeran Harry melanjutkan, "Hal yang paling menakutkan baginya adalah kejernihan pikirannya. Ia tidak kehilangan akal, tidak gila, tidak 'mencederai' dirinya sendiri, baik melalui pil atau alkohol. Ia benar-benar sadar, waras, namun di tengah malam yang sunyi, pikiran-pikiran ini membangunkannya."

Mengacu pada perjuangannya sendiri, Harry telah berbicara secara terbuka tentang konsultasinya dengan terapis sejak kematian ibunya. "Salah satu hal yang paling saya takuti adalah kehilangan perasaan seperti yang saya miliki terhadap ibu saya," sebut Duke.

"Saya pikir jika saya menjalani terapi, hal itu akan membunuh saya, dan saya akan kehilangan apapun yang tersisa, apapun yang berhasil saya pertahankan dari ibu saya." Namun, Harry membenarkan bahwa ketakutannya tidak sama sekali mendasar.

Ia menambahkan, "Ternyata bukan itu masalahnya. Saya tidak kehilangan hal itu. Justru sebaliknya. Apa yang saya pikir sebagai kesedihan untuk mencoba membuktikan padanya bahwa saya merindukannya, ternyata membawa saya pada kesimpulan sebenarnya ia hanya ingin saya bahagia. Itu adalah beban yang sangat besar di dada saya."

Dunia Gue Udah Terlalu Sering Runtuh

Vidi Aldiano Cerita soal Kankernya: Dunia Gue Udah Terlalu Sering Runtuh

Liputan6.com 2023-10-12 13:30:25
Vidi Aldiano

Selama bertahun-tahun, Vidi Aldiano masih berjuang melawan sel kanker yang saat ini sudah menyebar di organ tubuhnya. Musikus berusia 33 tahun ini juga harus rutin menjalani kemoterapi sesuai jadwal.

Namun demikian, ini tak menghalanginya untuk tetap beraktivitas, dia bahkan masih produktif bekerja. Kini, suami Sheila Dara itu dipercaya memandu program podcast baru bersama Deddy Corbuzier yang berjudul Pod hub.

Deddy Corbuzier pun mengungkap rasa kagumnya kepada Vidi Aldiano yang tampak begitu kuat meski kondisi kesehatannya sebenarnya sedang tidak baik-baik saja.

"Banyak orang yang ketika punya masalah seperti itu lalu mengasihani diri sendiri, diam di rumah enggak ngapa-ngapain, tapi lo memilih berkarier seperti tidak ada apa-apa. Itu luar biasa," tuturnya di Youtube dikutip pada Kamis (12/10/2023).

Sebenarnya, Vidi Aldiano juga pernah melewati fase berat tersebut. Hanya, dia tidak mau terpuruk terlalu lama. Vidi memilih bangkit dan menghadapi ujiannya.

"Awal-awal dulu mah pasti ada, awal gue dapat berita kanker aja wah runtuh dunia gue. Cuma mungkin dunia gue sudah sering runtuh jadi gue menolak ada terus di reruntuhan itu," ungkapnya.

Vidi Aldiano sudah di tahap ikhlas menerima penyakit dalam tubuhnya. Dia hanya berdoa kepada Tuhan agar penyakit tersebut tidak menghalanginya untuk melakukan apa pun yang dia sukai.


Jangan Beri Gue Kesakitan yang Penuh

"Gue sih berdoa sama Tuhan enggak apa-apa dikasih cobaan apa pun tapi mindset gue dari kecil, kalau gue dikasih ujian gue yakin Tuhan tahu gue bisa lewatin. Gue juga berdoanya, apa pun yang ada di badan gue akan menjadi apa, dan sembuhnya kapan, gue sih berdoa supaya at least jangan berikan gue kesakitan yang penuh sampai gue enggak ada energi untuk melakukan passion gue," terangnya.

"Karena ketika gue kehilangan energi itu, that's when I stop living, gue masih hidup atau enggak. Dan gue rasa gue menolak untuk itu. Gue enggak mau cupu," sambungnya.


Vidi Ingin Tetap Hidup

Selagi dia masih memiliki semangat untuk menjalani berbagai hal yang dia sukai, maka Vidi Aldiano akan terus berjuang untuk bertahan hidup.

"Gue merasa selama gue punya kekuatan, energi, passion, gue senang lakuinnya, nyanyi, comeback, gue senang. Selama gue punya energi itu yang gue mau tetap hidup, gue enggak mau kalah sama penyakit gue," ungkapnya.


Pengakuan Vidi di Medsos

Sementara itu, publik tahu bahwa ternyata Vidi belum sembuh dari kanker setelah dia membuat pengakuan di medsos soal dirinya yang masih menjalani spa day atau kemoterapi. Pengakuan ini tentu membuat masyarakat terkejut.

"Tau enggak ini berawal dari kebodohan gue, yang gue posting. Situasi yang gue alami sekarang sebenarnya bukan sesuatu yang baru, jadi kemarin waktu gue ngepost niatnya cuma sharing," tutur Vidi.

Tak Dikenali Fans, Operasi Plastik?

Wajah Jennifer Lawrence Tidak Dikenali Penggemar, Diduga karena Operasi Plastik

Liputan6.com 2023-10-12 09:30:54
Jennifer Lawrence mengenakan kemeja katun putih Dior Cruise 2024 dengan rok beludru hitam. [Dior]

Wajah Jennifer Lawrence terlihat berbeda saat menghadiri show koleksi Spring/Summer 2024 Dior sebagai pembuka Paris Fashion Week. Penampilannya membuat para penggemar mengira aktris berusia 33 tahun itu telah melakukan serangkaian operasi plastik.

Melansir Radar Online, Rabu, 11 Oktober 2023, para penggemar menyayangkan perubahan wajah Lawrence. Bintang Hunger Gamesini berpose di belakang panggung acara dengan mengenakan kemeja putih dan rok maxi hitam dengan ikat pinggang tipis.

Membiarkan rambut pirang panjangnya tergerai, aktris itu memulas riasan cukup natural yang memamerkan bibir lebih berisi. Selain bibir, struktur rahang dan pipinya juga dinilai lebih penuh. Karena itu, beberapa orang menganggap Lawrence menyuntik wajahnya dengan filler.

Penggemar lain mengira ia menjalani operasi plastik untuk mendapatkan tampilan baru tersebut. Fans tidak menyukai penampilannya yang tidak bisa dikenali. Mereka mengecam perubahan wajah Lawrence dengan menuliskan komentar kurang mengenakkan di X, sebelumnya Twitter.

"Satu lagi contoh kecantikan alami yang hancur," tulis salah satu pengguna. "Tentu saja itu pilihan mereka, tapi sungguh menyedihkan melihat para wanita ini berpikir mereka memerlukan operasi plastik untuk menjadi atau tetap cantik!" bunyi komentar lainnya.

"Jennifer Lawrence setelah operasi plastik terlihat sangat berbeda," ujar yang lain. Penggemar lain menganggap dengan wajah barunya, Lawrence lebih mirip seorang "influencer" daripada aktris papan atas.

"Siapa yang mendorong operasi plastik ini terhadap selebriti, terutama seperti Jennifer Lawrence yang sudah memiliki salah satu wajah paling cantik di seluruh Hollywood," tanya seorang pengguna , sambil menambahkan, "Sekarang dia hanya terlihat seperti seorang YouTuber, bukan bintang film."


Melahirkan Anak Pertama

Sebelum ini, Lawrence jadi headlinesaat melahirkan anak pertamanya pada 2022. Kanal ShowBiz Liputan6.com melaporkan bahwa saat itu, sejumlah media hiburan telah mengonfirmasi kelahiran anak pertama sang aktris dengan Cooke Maroney.

People mewartakan pada 21 April 2022 bahwa ia dan sang suami sempat terlihat berjalan-jalan dengan bayi mereka. Namun, tidak diketahui informasi lain mengenai sang buah hati, termasuk jenis kelamin dan tanggal kelahiran. Pasangan ini dikenal sangat menjaga privasi anak sejak dalam kandungan.

Hal ini pernah disampaikan Lawrence saat berbicara dengan Vanity Fair pada Desember 2021. Dalam wawancara itu, ia mengungkap ikrarnya untuk sebisa mungkin menjaga identitas sang buah hati.

"Saya sempat berada di sebuah pesta makan malam, dan ada seseorang yang berkata, 'Ya Tuhan kamu sedang hamil.' Lalu saya berpikir, 'Saya bisa bicara soal ini. Pergi dari saya dasar psikopat,'" kelakarnya.

Lawrence melanjutkan dengan nada lebih serius, "Setiap insting dalam tubuh saya ingin melindungi privasinya seumur hidupnya, sebisa saya."


Lindungi Privasi Anak

Jennifer Lawrence tidak ingin sembarang orang bisa masuk begitu saja ke kehidupan anaknya. "Saya merasa hal ini dimulai dengan tidak menyertakannya dalam pekerjaan saya," ujarnya.

Lawrence dikonfirmasi tengah berbadan dua pada September 2021 dan pada Desember di tahun yang sama, ia muncul di gala premier Don't Look Up dengan perut yang sudah sangat besar.

Sementara itu, bintang Silver Linings Playbook tersebut pertama kali diberitakan sedang dekat dengan art dealer Cooke Maroney pada Juni 2018. Hubungan berlanjut dengan pertunangan pada Februari 2019, dan keduanya menikah bulan Oktober tahun yang sama.

Seorang sumber yang dekat dengan sang aktris mengatakan ia menganggap Maroney sebagai sosok yang tepat untuk membentuk keluarga bersama. "Jen sudah sangat lama ingin membentuk keluarga, dan ia menemukan pasangan ideal yang ia cintai, hormati, dan ia senang berada di dekatnya," kata sumber dari industri perfilman ini pada People.

Dilanjutkan, "Ia sangat menikmati kehidupan pernikahan, dan mereka memiliki pondasi yang kokoh untuk kehadiran bayi. Ia sangat bahagia dan sangat menantikan bisa menjadi seorang ibu."


Rumor Operasi Plastik Lainnya

Terkait operasi plastik, nyatanya bukan hanya selebritas yang dilakukan menjalani prosedur tersebut. Seorang ahli bedah plastik ternama di California, Gary Motykie, mengklaim bahwa Presiden Amerika Serikat Joe Biden menjalani prosedur operasi plastik, termasuk pengencangan wajah dan alis.

Dalam video yang dibagikan di akun media sosialnya, Motykie menyebut Biden rela merogoh kocek tidak sedikit demi prosedur kecantikan tersebut. "Saya memperkirakan Joe Biden menghabiskan hingga 100 ribu dolar AS (Rp1,5 miliar) untuk operasi plastik jika ia menjalani prosedur ini di sini, di Beverly Hills," kata ahli bedah plastik itu pada Jam Press, dikutip dari New York Post, 31 Agustus 2023.

Melalui unggahannya, ahli bedah langganan selebritas Hollywood ini mengevaluasi dugaan transformasi tampilan Biden. Hal tersebut dilakukannya untuk membuktikan bahwa presiden ke-46 AS itu telah menjalani prosedur operasi plastik.

Klaim soal bedah plastik ini berdasarkan tudingan dari anggota kongres dari Partai Republik North Carolina Greg Murphy yang menyatakan bahwa Biden telah menjalani banyak operasi plastik. "Presiden Biden sekarang berusia 82 tahun. Saya pikir dia pasti menjalani operasi plastik," kata Motykie dalam klip di akun TikTok miliknya.

Ahli bedah yang berspesialisasi di operasi hidung hingga peremajaan wajah tersebut melanjutkan bahwa Biden tidak menjalani operasi bedah, baru-baru ini. Namun, suami Jill Biden tersebut dikatakan menjalani prosedur estetika bertahun-tahun lalu. Motykie menyebut, hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa Biden menunjukkan beberapa tanda-tanda operasi plastik, dimulai dari rambutnya.

Sudah 7 Tahun Pisah dari Will Smith

Jada Pinkett Smith Sudah 7 Tahun Pisah dari Will Smith, tapi Bantah Pernikahannya Berstatus Open Marriage

Liputan6.com 2023-10-12 15:00:00
Will Smith - Jada Pinkett Smith . (AP Photo/Jae C. Hong, File)

Jada Pinkett Smith membuat sebuah pengumuman yang selama ini telah ia tutupi selama tujuh tahun bersama sang suami, Will Smith. Pasangan ini rupanya sudah berpisah sejak 2016 lalu, meski masih sering tampil bersama.

Hal ini diungkap sang bintang Madagascar dalam tayangan Today dan wawancara eksklusif dengan People.

"Kurasa aku masih belum siap, masih mencari kejelasan mengenai bagaimana hubungan kerja sama kami dan juga soal bagaimana kami akan menampilkannya kepada orang-orang," kata Jada dalam Today, seperti dilansir dari E! News, Kamis (12/10/2023).

Wanita dua anak ini menambahkan, "Kami belum menemukan jalan keluarnya."

Sementara itu diwartakan People, meski mengaku telah berpisah, Jada menyebut baik dirinya maupun sang aktor Aladdin tak memiliki affair.

"Kami menihilkan kemungkinan terjadinya pengkhianatan," kata Jada dalam memoar terbarunya yang baru terbit, Worthy. "Ini seperti, 'Ayo kita bicarakan hal ini. Mari kita selesaikan bersama-sama. Mari bermitra. Jangan menyembunyikan sesuatu satu sama lain'," ia menambahkan.

Jada Pinkett juga menegaskan bahwa hubungannya dengan Will Smith saat ini juga bukan open marriage, atau bisa menjalin hubungan dengan orang lain meski masih berada dalam ikatan pernikahan.


Bikin Bingung karena....

"Menurutku hal ini jadi membingungkan setelah seiring berjalannya waktu, ada tahap berbeda dalam pernikahan kami di mana Will dan aku memutuskan kami tidak bersama...Kami tidak mengabarkan kepada publik, padahal sebenarnya aku sempat berpikir untuk bercerai, berpisah," kata dia.

Ia melanjutkan, "Sudah beberapa kali kami menjalani kehidupan secara terpisah. Jadi menurutku di situlah orang mungkin berpikir, 'Oh, mereka pasti memiliki open relationship.'"


Sempat Pertimbangkan Perceraian

Jada Pinkett Smith memang sempat mempertimbangkan perceraian, tapi akhirnya memutuskan untuk tak mengajukan gugatan.

"Aku membuat janji bahwa tak akan ada alasan bagi kami untuk bercerai. Kami akan melalui apa pun, dan hingga kini aku belum mampu mengingkari janji itu," ujar wanita 52 tahun ini.


Sudah Berpisah Saat Oscar 2022

Meski berpisah sejak 2016, Will Smith dan Jada Pinkett Smith tetap menghadiri sejumlah acara bersama. Salah satunya dalam Oscar tahun 2022, di mana terjadi peristiwa menggegerkan Will Smith menampar Chris Rock di atas panggung.

Saat itu Chris Rock mengucap guyonan soal kondisi penyakit alopecia atau kebotakan yang dialami Jada.

Trauma dan Tak Sudi Lagi Kerja Bareng Gus Anom

Yadi Sembako Trauma dan Tak Sudi Lagi Kerja Bareng Gus Anom Akibat Kasus Cek Kosong Rp198 Juta

Liputan6.com 2023-10-12 10:20:10
Komedian Yadi Sembako memenuhi panggilan penyidik Polres Metro Tangerang Selatan terkait dugaan penipuan dan penggelapan yang menyeret namanya.

Dugaan penipuan dan penggelapan yang menyeret nama Yadi Sembako rupanya berbuntut panjang. Pekan ini, ia diperiksa penyidik Polres Metro Tangerang Selatan selama 5 jam terkait cek kosong Rp198 juta yang dilaporkan Muhammad Adri Permana pada 12 September 2023.

Kasus ini bermula ketika event organizer milik Muhammad Adri Permana direkrut untuk mengurus peluncuran PT Gudang Artis, Agustus 2023. Muhammad Adri Permana menyebut Gus Anom sebagai komisaris perusahaan yang memerintahkan penyelenggaraan acara tersebut.

Honor dijanjikan cari pada 28 Agustus 2023. Janji itu rupanya berujung tragedi cek kosong. Walhasil, Muhammad Adri Permana memolisikan Yadi Sembako selaku Direktur PT Gudang Artis. Yadi Sembako disebut menandatangani MOU dengan Muhammad Adri Permana.

Kini, hubungan Yadi Sembako dan Gus Anom dikabarkan memburuk. "Saya tidak bilang putus (hubungan dengan Gus Anom), saya tidak bilang putus," kata Yadi Sembako. Meski demikian, ia mengaku kapok dan tak sudi lagi kerja sama dengan Gus Anom ke depan.


Melihat Statement Gus Anom

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Intens Investigasi, Rabu (11/10/2023), Yadi Sembako telah mempelajari sejumlah pernyataan Gus Anom setelah dugaan penipuan dan penggelapan ini meledak. Bintang film Susuk Pocong menyayangkan pernyataan itu.

"Tapi saya sudah melihat statement-statement-nya Gus Anom dari keluarga saya. Walaupun enggak semuanya karena saya dilarang banget sama keluarga saya buat nonton tayangan-tayangan yang ada nama sayanya tentang berita (penipuan dan penggelapan) ini," imbuhnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kalau Dibilang Kapok

"Kalau dibilang kapok, saya sudah mempelajari ya. Mempelajari dari sekian banyak rentetan kejadian ini sampai nama saya seperti ini yang saya kawal dari nol karier sampai saat ini luar biasa. Itu saya menghormati beliau pernah ada di dalam hidup saya," aku Yadi Sembako.

Masih segar dalam ingatannya, Gus Anom mengajarinya mengaji dan selawat. Kini ia jadi pengusaha. Tak lama setelahnya, nama Yadi Sembako terseret dalam dugaan penipuan dan penggelapan. Muhammad Adri Permana membidiknya dengan 372 dan 378 KUHP.


Dulu Ngajar Ngaji Selawatan

"Yang dulunya mengajar ngaji selawatan sekarang tiba-tiba jadi pengusaha, itu masih saya hormati. Tapi mungkin untuk urusan ke depannya, saya tidak mungkin bekerja sama lagi," ia menegaskan.

Yadi Sembako diperiksa selama 5 jam oleh penyidik Polres Metro Tangerang Selatan. Usai diperiksa, ia menjelaskan kepada jurnalis bahwa bukti-bukti telah diberikan kepada tim penyidik.

Bakal Racik Kopi Khusus untuk Fans di Jakarta

Taecyeon 2PM Bakal Racik Kopi Khusus untuk Penggemar Saat Fan Meeting di Jakarta

Liputan6.com 2023-10-12 16:40:00
Taecyeon 2PM. (Instagram/ taecyeonokay)

Tinggal menghitung hari anggota 2PM Ok Taecyeon akan ke Jakarta untuk menggelar fan meeting bertajuk "2023 Ok Taecyeon in Jakarta: SpecialTY." Acara ini akan dilangsungkan di The Kasablanka Hall - Jakarta, pada 21 Oktober 2023.

Menjelang acara, pihak promotor, KIG LIVE membocorkan tema fan meeting Taecyeon di Jakarta. Konsep yang unik itu bertemakan cafe. Nantinya, bintang serial Vincenzo ini akan berperan sebagai barista dan menyeduh kopi secara langsung di atas panggung.

Menariknya, penggemar beruntung yang hadir dalam acara ini akan memiliki kesempatan eksklusif untuk disajikan secangkir kopi yang dibuat sendiri oleh Ok Taecyeon. Ini tentu akan jadi momen yang paling dinanti.

Fan meeting ini diharapkan akan menjadi pengalaman berkesan bagi penonton. Sebab, pelantun lagu "Hands Up" ini akan menyuguhkan penampilan menarik dan interaktif. Ini adalah kesempatan bagi penggemar untuk mengenal serta berinteraksi lebih dekat idola mereka.

Untuk mengekspresikan antusiasmenya, Ok Taecyeon secara pribadi mengirim pesan dalam bentuk video berbahasa Inggris kepada penggemarnya di Indonesia. Dia tak sabar ingin melepas rindu dengan para penggemar.


Pesan dari Taecyeon untuk Fans Indonesia

"Hai Manis, this is Taecyeon. I am going to Jakarta for my SpecialTY fan meeting to see you guys. It's gonna be fun, it's gonna be great! I hope you guys are gonna be there! See you guys soon! I'll see you in Jakarta." tuturnya.

"Hai Manis, ini Taecyeon. Aku akan ke Jakarta untuk fan meeting SpecialTY dan bertemu kalian. Ini akan menyenangkan dan luar biasa! Saya harap kalian akan ada di sana! Sampai jumpa lagi! Sampai jumpa di Jakarta," begitu terjemahannya.


Tiket Fan Meeting Masih Tersedia

Tiket masih tersedia di website kiglive.id untuk menyaksikan 2023 Ok Taecyeon in Jakarta: SpecialTY. Tiket dijual mulai dari harga Rp 1,550,000 untuk kategori Silver dan Rp 1,850,000 untuk kategori Gold.

Tidak hanya melihat penampilan Ok Taecyeon, pembeli tiket juga berkesempatan untuk memenangkan fan benefit seperti Polaroid Photo, Signed Poster, dan Soundcheck Session.


Singgah ke 5 Kota di Asia

Sejauh ini sudah ada lima kota di Asia yang diumumkan. Yang kebagian jadwal pertama adalah Taipei pada 16 September, dilanjutkan Manila pada tanggal 23 dan Hong Kong pada tanggal 29 di bulan yang sama.

Fan meeting Bangkok akan digelar pada 14 Oktober, berlanjut ke Indonesia pada 21 Oktober mendatang.

Warga Luar Jakarta Bayar Lebih Mahal?

HEADLINE: Usulan Kenaikan Tarif Transportasi Warga Luar Jakarta, Plus Minusnya?

Liputan6.com 2023-10-13 00:00:09
Bus Transjakarta menaikkan penumpang di halte kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (31/1/2023). Dinas Perhubungan (Dishub) DKI masih melakukan evaluasi tarif integrasi transportasi di Jaka

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana menerapkan sistem tiket transportasi berbasis akun atau account based ticketing (ABT). Sistem ini bakal terintegrasi dengan data KTP dan status ekonomi penumpang.

Sistem akan diterapkan pada tiga moda transportasi umum di Jakarta, yakni Mass Rapid Transit (MRT), Light Rapid Transit (LRT) dan Transportasi Jakarta (Transjakarta). Sistem ABT sendiri dirilis melalui aplikasi JakLingko yang bisa diunduh di Playstore.

Para pengguna transportasi publik ini pun pasrah jika kebijakan itu diterapkan. Terutama bagi pekerja Jakarta yang tinggal di wilayah aglomerasi. Salah satu pengguna transportasi Depok-Jakarta, Nia mengaku pasrah jika kebijakan tersebut akan diterapkan. Sebab mau tak mau dia memerlukan transportasi yang memudahkannya datang ke kantor.

"Sebagai kelas pekerja, kayaknya pasrah aja. Transportasi umum semacam KRL dan MRT itu suatu kebutuhan. Mobil tidak punya," kata Ramdania kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Namun, kata Nia, kebijakan tarif ini cukup memberatkan bagi kalangan pekerja yang pas-pasan namun tidak memiliki KTP DKI Jakarta.

"Jadi memang perlu banget perhatian pemerintah untuk golongan warga macam ini," ujarnya.

Sementara Lina, pengguna MRT Jakarta juga mengaku pasrah dengan rencana kebijakan ini. "Ya mau nggak mau ikut aja, karena pakai MRT juga cukup menghemat waktu," ujar Lina.

Namun, sebagai warga yang ber-KTP Pemalang tapi sudah belasan tahun tinggal di Jakarta, Lina mengaku merasa didiskriminasi atas kebijakan itu.

"Saya kok merasa didiskriminasi? Apalagi memang ada jaminan kalau dari luar Jakarta lebih mampu secara ekonomi?" ujarnya.

Kemudian Lina juga menyoroti pembelian tiket berbasis akun yang harus menggunakan KTP. Dia khawatir jika data pribadinya bocor.

"Pakai data pribadi apa ada jaminan nggak bocor? Apalagi sekarang sedikit-sedikit pakai data pribadi," kata Lina.

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahardiansyah menegaskan pengguna transportasi umum seharusnya tak boleh dibeda-bedakan terdasarkan KTP.

Trubus menilai Jakarta bukan kota yang tertutup sehingga tidak mudah untuk memilah mana warga Jakarta dan mana yang bukan, dalam penggunaan transportasi umum sehari-hari.

"Kalau konteksnya transportasi umum tidak boleh dibedakan, Jakarta bukan kota tertutup," ujar Trubus kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis, (12/10/2023).

Menurutnya rencana kebijakan kenaikan tarif transportasi publik untuk warga luar Jakarta justru akan merugikan pemprov sendiri.

"Justru akan memperburuk citra sebagai publik trust, seolah-olah ada diskriminasi, padahal transportasi publik itu ya untuk semua orang," kata dia.

Kemudian, dengan adanya pembedaan tarif, Trubus mengatakan, masyarakat bakal kembali naik kendaraan pribadi. Sehingga target Pemprov DKI untuk mengurangi kemacetan dan polusi bisa jadi gagal.

"Potensi kembali ke kendaraan pribadi lebih tinggi, kan kita harapannya mengurangi kemacetan, polusi. Malah justru akan ada masalah baru, polusi sulit ditangani," tegasnya.

Sementara Pengamat Transportasi dari Institut Studi Transportasi (Intrans) Darmaningtyas mengatakan warga di luar DKI Jakarta tak akan berpindah ke kendaraan pribadi jika tarif transportasi publik masih lebih murah.

"Kalau tarif yang harus dibayarkan masih lebih murah daripada menggunakan kendaraan bermotor pribadi, maka tidak perlu ada kekhawatiran akan pindah. Tapi kalau tarifnya kompetitif dengan naik kendaraan pribadi tentu akan pindah ke kendaraan pribadi," ujar Darmaningtyas kepada Liputan6.com di Jakarta.

Darma menilai dengan menggunakan sistem Account Based Ticket (ABT) yang diterapkan PT JakLingko, maka subsidi dari pemprov DKI lebih tepat sasaran.

"Sehingga ke depan tarif angkutan itu bisa tidak flat seperti sekarang kemana-mana kalau naik Transjakarta bayar Rp 3.500 tapi sesuai dengan kemampuan ekonomi masing-masing. Untuk dapat menentukan kemampuan ekonomi masing-masing itu dasarnya adalah KTP," ujar dia.

"Tapi minusnya tidak semua orang punya HP android, bagaimana dengan nasib mereka itu?" tandasnya.

Wacana perbedaan tarif ini dinilai bisa mengurangi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Menurut Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Gilbert Simanjuntak wacana ini muncul dengan mempertimbangkan Public Service Obligation (PSO) yang selama ini dikucurkan Pemprov DKI Jakarta untuk subsidi transportasi umum yang berasal dari APBD.

"Kita sebagai wakil rakyat Jakarta tentu mendukung kebijakan tersebut," kata Gilbert kepada Liputan6.com, Kamis (12/10/2023).

Gilbert mencontohkan, PSO untuk moda transportasi pada 2022 mencapai Rp 3,9 triliun. Sehingga, kata dia warga KTP Jakarta sebagai pembayar pajak lah yang seharusnya diutamakan sebagai sasaran penerima subsidi.

"Karena asal PSO dari APBD, ini tentunya hak warga Jakarta pembayar pajak. Warga non Jakarta tentunya tidak mendapat hak tersebut kecuali PSO atas APBN," kata dia.

Gilbert menyarankan, PSO dibagi sesuai KTP, bila warga non Jakarta mau tarif Transportasi umum tidak dibedakan. Terlebih, Gilbert menyebut 70 persen pengguna kendaraan umum di Jakarta saat ini adalah warga non Jakarta

"Kalau mau daerah pendukung mendapat tarif yang sama, sebaiknya perkara subsidi/PSO ini dibagi sesuai asal KTP," ujarnya.

Senada, Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta juga menyetujui wacana ini. Penasehat Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Rany Mauliani menyatakan, tarif transportasi dibedakan berdasarkan domisili sudah sewajarnya diterapkan, asal jelas peruntukannya.

"Mungkin lumrah-lumrah saja ya bila ada perbedaan selama hal tersebut jelas peruntukannya dan tetap masih terjangkau, kualitas pemanfaatnya tidak berkurang," kata Rany.

Meski begitu, Rany ingin Pemprov memperhatikan betul mekanisme yang efisien terkait wacana ini. Sebab, kata dia memilah KTP Jakarta dan non Jakarta mesti dilakukan dengan proses yang jelas.

Sementara, anggota DPRD DKI Jakarta Komisi B Taufik Azhar menyetujui wacana perubahan tarif TransJakarta sesuai status ekonomi dan domisili penumpang melalui tiket berbasis akun (account based ticketing/ABT).

"Kalau saya dalam hal ini setuju-setuju saja. Karena kita tidak bisa terus mengandalkan penambahan dana subsidi kewajiban layanan publik (public service obligation/PSO)," kata Taufik.

Menurut Taufik, PSO sudah seharusnya tepat sasaran sehingga perlu dibedakan tarifnya bagi setiap pelanggan.

Isu mengenai beda tarif Transjakarta untuk warga KTP DKI Jakarta dan luar Jakarta dibagikan akun X atau sebelumnya Twitter @TMIHARINI pada Jumat, 22 Oktober 2023.

Pada postingan akun itu, dijelaskan tarif bus Transjakarta untuk warga domisili DKI Jakarta dan non Jakarta akan berbeda akibat penerapan sistem Account-Based Ticketing (ABT).

"Tarif bus Transjakarta akan mengalami perubahan. Transjakarta berencana memberlakukan sistem Account-Based Ticketing (ABT) yang mana tarifnya ditentukan beradasarkan status ekonomi dan KTP domisili penumpang. Tarif untuk warga domisili DKI Jakarta dan non Jakarta akan berbeda," demikian bunyi keterangan akun X @TMIHARINI tersebut.

Sementara Pemprov DKI Jakarta sudah menerapkan uji coba pembelian tiket berbasis akun pada MRT, LRT Jakarta, dan Transjakarta melalui aplikasi Jaklingko.

"Pada minggu lalu kami sudah melakukan uji coba. Prinsipnya untuk fitur ABT di aplikasi Jaklingko ini sudah cukup baik," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo.

Rencana pembelian tiket berbasis akun ini nantinya akan terintegrasi dengan data KTP dan status ekonomi penumpang.


Terkesan Diskriminatif

Sementara itu, Anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Suhud Alynudin mengatakan, sebelum wacana tersebut ditetapkan perlu dibuat kajian yang serius agar kenaikan tarif tak menambah beban masyarakat.

"Perbedaan besaran tarif, dikhawatirkan menimbulkan kesan diakriminatif, antara warga Jakarta dan non-Jakarta. Padahal mereka sama-sama warga negara Indonesia. Hal ini harus diwaspadai," kata Suhud.

Suhud menyarankan, agar wacana tarif dinaikkan saat kondisi ekonomi warga sudah baik akibat dampak krisis dan Covid-19. Dia menilai, Pemprov harusnya mengutamakan pada peningkatan pelayanan transportasi.

"Yang harus diutamakan saat ini adalah peningkatan pelayanan transportasi publik, bukan menaikan tarif," kata Suhud.

Anggota DPRD DKI Jakarta Sholikhah juga menolak kenaikan tarif transportasi publik untuk warga luar Jakarta karena malah dikhawatirkan membuat mereka kembali beralih ke kendaraan pribadi.

"Dengan memberikan tarif terintegrasi transportasi yang lebih tinggi untuk penduduk luar Jakarta akan membuat mereka kembali menggunakan kendaraan pribadi untuk bekerja dan beraktivitas," kata Sholikhah saat dihubungi di Jakarta, Rabu (11/10/2023) seperti dilansir Antara.

Sholikhah menuturkan dikhawatirkan dengan naiknya tarif bagi luar Jakarta ini membuat upaya untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan mengurangi kemacetan menjadi tidak efektif.

Dia menilai warga luar Jakarta yang bekerja dan beraktivitas juga berkontribusi bagi perekonomian Ibu Kota.

Dengan demikian, dia menyarankan agar penerapan tiket terintegrasi untuk penggunaan transportasi publik di Jakarta tidak dibedakan antara warga Jakarta dan warga luar Jakarta.

Dia lebih menyarankan agar pemerintah membangun dan pelayanan transportasi publik yang lebih baik agar masyarakat mau memanfaatkan dan beralih dari kendaraan pribadi.

"Pembangunan dan pelayanan transportasi publik yang semakin baik akan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi termasuk penduduk luar Jakarta sehingga kemacetan bisa dikurangi," katanya.

Anggota Fraksi Partai Solidaritas Indonesia atau PSI Justin Adrian menilai warga non Jakarta juga berkontribusi terhadap pendapatan DKI Jakarta.

"Fraksi PSI tegas menolak subsidi transportasi yang hanya khusus untuk warga Jakarta, mengingat Jakarta berperan sebagai episentrum ekonomi nasional, dan banyak warga sekitarnya yang berkontribusi signifikan pada aktivitas ekonomi kota ini," ujar Justin.

"Saat ini, hampir 1 juta pengendara luar Jakarta yang masuk ke Jakarta setiap harinya, di mana 77 persen dari mereka adalah pengendara bermotor," sambung dia.

Justin membeberkan, apabila tujuan wacana ini untuk mengurangi beban subsidi, Justin menyarankan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan penyesuaian tarif transportasi publik secara umum.

"Fraksi PSI meminta Pemerintah Provinsi untuk menganalisa dan melakukan studi kembali terhadap nilai Willingness to Pay (WTP) pengguna transportasi publik (MRT, LRT, Transjakarta dan Jaklingko) untuk menyesuaikan tarif subsidi yang sudah sekian lama belum disesuaikan. Serta mengupayakan efisiensi dan efektivitas pendapatan Non-farebox untuk mengurangi beban APBD," ucap dia.


Kebijakan yang Kontra-produktif

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai bahwa kebijakan ini kontra produktif, sebab pembedaan tarif berpotensi mendorong mereka kembali menggunakan kendaraan pribadi.

"(Kenaikan tarif) Ini justru akan membuat Jakarta semakin padat kendaraan pribadi dari luar Jakarta," kata Pengurus Harian YLKI Agus Suyatno, dalam penyataan tertulis pada Kamis (12/10/2023).

"Kebijakan diskriminatif ini akan sulit diimplementasikan dan memiliki potensi terjadi chaos di lapangan, terutama antara petugas dan pengguna publik transport," lanjutnya.

Agus menambahkan, jika alasan kenaikan tarif tersebut karena beban subsidi PSO untuk publik transport Jakarta dirasa semakin memberatkan, maka sudah saatnya ada penyesuaian tarif secara umum.

"Sejak diluncurkan tahun 2004, TransJakarta belum sekalipun menyesuaikan tarif. Ini lebih fair (adil) bagi masyarakat konsumen, dibanding dengan pembedaan tarif," pungkasnya.