Banjir Kritikan soal Perang Hamas-Israel

Raline Shah Angkat Bicara Usai Banjir Kritikan karena Sebut Anak-anak Palestina dan Israel Jadi Korban Perang

Liputan6.com 2023-10-22 14:30:57
Rambutnya panjang hitamnya dibiarkan lurus tanpa poni. Dengan makeup flawless yang membuatnya cantik effortless. (@ralineshah)

Konflik Israel-Palestina serta Hamas mendapat banyak perhatian dari masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Mayoritas warga Indonesia tentunya mendukung Palestina. Hal itu membuat pernyataan Raline Shah mendapat banyak kritikan.

Hal itu terjadi karena pandanganya terhadap konflik Palestina-Israel. Dia dinilai netral dan bahkan terkesan memihak Israel. Kritikan terhadap Raline Shah terlihat dalam unggahanya di Instagram pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Dia bersuara tentang tidak hanya derita anak-anak Palestina tapi juga Israel.

"Kita bukannya tidak berdaya, tetaplah dengan terang, Insya Allah kita tidak akan terpecah belah. Seorang anak Muslim dan seorang anak Yahudi sama-sama tidak bersalah," tulis Raline dalam satu satu potongan unggahannya dalam Bahasa Inggris di akun @ralineshah.

Dia berharap konflik Palestina-Israel bisa reda lewat jalur negosiasi dengan mengutamakan sisi kemanusiaan. Pandangannya inilah yang dikritik sebagian warganet karena, sebagai muslim dia dianggap tidak melihat konflik ini secara menyeluruh. Melainkan hanya bersuara karena kejadian pada 7 Oktober 2023 saat Hamas melakukan serangan, tapi tidak saat bertahun-tahun rakyat Palestina ditindas.

"Mbak alangkah baiknya jangan angkat suara netral di tengah masyarakat yang sedang berdiri untuk kemerdekaan Palestina. Kita berada di negara Indonesia. Mbak memang tidak bilang dukung ini dukung itu. Tapi ini opini yang membingungkan masyarakat. Jadi alangkah baiknya diam karena mbak adalah publik figur," saran seorang warganet.

"Untuk membuat #prayforpalestine dan #freepalestine saja dia enggan," komentar warganet yang lain.

"Kamu harus menjadi contoh seperti Bella Hadid dear.. sanggup hilang segalanya demi membela nasib rakyat dan negara Palestina," timpal warganet yang lain.

Melihat kolom komentarnya jadi ramai dan banyak yang dianggap salah persepsi, Raline membuat klarifikasi di Instagram Story-nya beberapa jam kemudian. Dia pun menegaskan posisinya berada di Palestina. Namun, dia heran mengapa banyak yang tersinggung atas pandangannya.


Mendukung Palestina Bukan Berarti Rasis Terhadap Bangsa Lain

"Kok banyak yang offended (tersinggung) dengan story-story yang saya tampilkan. Saya Pro Palestina, bukan hanya karena saya orang Indonesia atau Islam tapi banyak faktor lain yang membuat situasi ini tidak adil dari awal," terangnya.

Menurut Raline, tidak benar ketika di tengah konflik Palestina-Israel kita menjadi rasis dan tidak manusiawi. "Keputusan yang dibuat Israel sebagai bangsa, membuat banyak orang otomatis benci dan merasa menyakiti orang Yahudi itu wajar sampai teroris pun didukung. Itu dua hal yang berbeda," jelasnya.

"Hanya karena ketidakadilan dilakukan oleh negara Israel bukan berarti anak-anak yang tidak berdosa juga boleh menjadi mangsa kekejaman sebagai konsekuensi," lanjutnya.

Pemilik nama lengkap Raline Rahmat Shah ini hanya ingin tidak ada lagi korban jiwa, terutama anak-anak akibat konflik berkepanjangan Israel dan Palestina. Ia bukan membela berdasarkan latar belakang atau ras dan agama tertentu, tetapi sebagai sesama manusia

"Bukan berarti kita berhak membenci orang yang lahir dan besarnya Yahudi. Pas kita lahir memangnya bisa memilih agama dan ras kita? Anti semitisme itu rasis," tulisnya lagi.

Ia menutup unggahannya dengan kalimat perdamaian dan berharap agar perdamaian segera tercapai. "Kita semua berdarah darah yang sama. Semoga ada titik terang dari kejadian yang tragis ini. Semoga ini awal kedamaian yang berkelanjutan. Habis gelap terbitlah terang," tutupnya.


Dukungan Gigi Hadid pada Palestina

Beberapa hari lalu, Gigi Hadid dihadapkan pada reaksi keras pemerintah Israel setelah berbagi pesan dukungan untuk Palestina di tengah perang dengan Hamas. Model, yang ayahnya, Mohamed Hadid, adalah warga Palestina, membagikan ulang sebuah gambar ke Instagram Story-nya, akhir pekan kemarin.

Ia menulis, "Tidak ada yang berbau Yahudi dalam perlakuan pemerintah Israel terhadap warga Palestina. Mengutuk pemerintah Israel bukanlah antisemitisme dan mendukung Palestina tidak berarti mendukung Hamas." Akun resmi negara Israel kemudian mempermasalahkan unggahan Gigi.

Pihaknya mengambil tangkapan layar dari Story-nya dan mengunggah ulang ke akun mereka sendiri dengan sebuah pesan, "Tidak ada yang patut dibanggakan dalam (peristiwa) pembantaian warga Israel oleh Hamas."

"Mengutuk Hamas atas apa yang dilakukan bukanlah tindakan anti-Palestina dan mendukung Israel dalam melawan teroris barbar adalah hal yang benar untuk dilakukan," imbuh mereka dalam sebuah infografis.

Akun tersebut kemudian membidik langsung ke Gigi sambil bertanya, "@gigihadid apakah Anda tertidur seminggu terakhir? Atau apakah Anda merasa baik-baik saja saat 'menutup mata' terhadap nasib bayi-bayi Yahudi yang terbunuh di rumah mereka? Anda bungkam, dan itu sudah sangat jelas tentang di mana Anda berdiri. Kami melihat Anda."

Pemerintah Israel juga mengunggah foto kamar tidur milik seorang anak yang berlumuran darah, menambahkan, "Jika Anda tidak mengutuk ini, kata-kata Anda TIDAK berarti apa-apa," yang masih ditujukan pada kakak Bella Hadid tersebut.


Gigi Hadid Sampaikan Belasungkawa pada Semua Korban Terdampak

Beberapa pekan lalu, Gigi sudah lebih dulu mengecam "teror terhadap orang-orang yang tidak bersalah" menyusul serangan dahsyat terhadap Israel, yang dilaporkan telah menewaskan lebih dari 1.400 warga negara itu. Perempuan berusia 27 tahun itu memulai unggahannya dengan memberi tahu hampir 80 juta pengikutnya bahwa ia menyampaikan belasungkawa pada semua korban terdampak.

Ia juga menyebut itu sebagai "tragedi yang tidak dapat dibenarkan," yang menghilangkan banyak nyawa tidak berdosa, dan sebagian besarnya adalah anak-anak. Gigi menjelaskan, meski ia berempati mendalam dan turut merasakan kesedihan perjuangan Palestina dan kehidupan "di bawah pendudukan," merujuk pada wilayah Palestina yang diduduki secara militer oleh Israel sejak 1967, ia merasa bertanggung jawab untuk memperjelas di mana ia berdiri saat ini.

Walau saya memiliki harapan dan impian untuk orang-orang Palestina, tidak ada satupun yang mencakup kerugian bagi orang Yahudi," tulisnya. "Teror terhadap orang-orang yang tidak bersalah tidak sejalan dan tidak memberi manfaat apapun bagi gerakan 'Palestina Merdeka.'"

Gigi Hadid menyambung, "Gagasan bahwa hal ini telah memicu siklus pembalasan yang menyakitkan selama berpuluh-puluh tahun (yang mengorbankan warga sipil tidak bersalah, Palestina atau Israel), dan membantu melanggengkan gagasan keliru bahwa pro-Palestina = antisemit." Model, yang menonaktifkan komentar di unggahannya, menyimpulkan dengan menyatakan bahwa meski "ada banyak perasaan yang kompleks, pribadi, dan valid" yang terlibat, kita semua berhak hidup damai.

"Setiap manusia berhak mendapatkan hak-hak dasar, perlakuan, dan keamanan; tidak peduli kebangsaan, agama, etnis, atau di mana mereka dilahirkan," sebut ibu satu anak itu.

Paskibraka Mahir 5 Bahasa Asing

6 Potret Naila Aulita Alqubra Sinapoy, Gadis Paskibraka Mahir 5 Bahasa Asing yang Bermimpi Kerja di WHO

Liputan6.com 2023-10-22 06:00:00
Berikut Profil Naila Aulita Alqubra Sinapoy, Sosok Baki Cadangan Paskibraka Nasional 2023 yang Menguasai Lima Bahasa Asing dan Bercita-Cita Jadi Diplomat atau Kerja di WHO (Dokumentasi Pribad

Kecerdasan dan kerja keras pantang menyerah berhasil mengantar Naila Aulita Alqubra Sinapoy, 16 tahun, menjadi anggota Paskibraka Nasional 2023 mewakili provinsi Banten.

Tak tanggung-tanggung, kegigihan siswi terbaik di Tangerang Selatan selama masa pendidikan dan pelatihan yang berlangsung di Cibubur, Jakarta Timur, membuat Naila Aulita Alqubra dipercaya mengemban tugas sebagai Baki Cadangan.

Bila diperhatikan secara jeli, sosok Naila Aulita Alqubra Sinapoy berada persis di belakang Lilly Wenda, Sang Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2023.

Di balik wajah imut nan menggemaskan, siapa sangka Naila Aulita Alqubra Sinapoy mampu menguasai lima bahasa asing.

"Iya, jadi, aku Alhamdulillah fasih empat bahasa yaitu Inggris, Jepang, Jerman, dan Indonesia tentu saja. Sekarang lagi belajar bahasa Korea juga," kata Naila Aulitas Alqubra Sinapoy saat berbincang dengan Health Liputan6.com belum lama ini.

Naila bercerita bahwa kepiawaiannya dalam menguasai bahasa asing didapat lantaran dirinya harus tinggal di negara tersebut selama beberapa tahun.

"Aku dulu tinggal di Jerman selama dua tahun, dan di sana aku di sekolah lokal. Jadi, mau enggak mau harus berbicara menggunakan bahasa Jerman," katanya.

"Waktu itu aku masih kecil yah, jadi aku dalam dua bulan itu sudah bisa berbicara dengan lancar," Naila melanjutkan.

Usai dari Jerman, pekerjaan sang mama mengharuskan Naila kecil ikut pindah ke Jepang. Alhasil, dirinya pun harus belajar bahasa Jepang.

"Apalagi di Jepang itu orang-orangnya jarang bisa bahasa Inggris, terpaksa juga akhu harus belajar bahasa Jepang agar bisa berkomunikasi dengan warga-warganya," katanya.

Sementara kemahirannya berbicara bahasa Inggris terasah sedari bangku TK. Ditambah lagi Naila dan keluarga harus tinggal beberapa waktu di Australia.

"Dan, aku masuk sekolah lokal juga. Jadi, sejak kecil sudah pakai bahasa Inggris," kata Naila Sinapoy.


Naila Sinapoy Sangat Ingin Kerja di WHO

Saat disinggung soal cita-cita, Naila Aulita Alqubra Sinapoy mantap menjawab ingin menjadi diplomat atau bekerja di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Aku ingin ambil jurusan public health atau biomedicine," ujarnya.

"Aku benar-benar dream ingin kerja di WHO," Naila menambahkan.

Lebih lanjut, Naila memaparkan alasannya tertarik sama dunia biomedicine,"Awalnya aku ingin jadi dokter, tapi setelah aku pikir-pikir, kedoteran belajarnya lama banget."

Dia kemudian, menambahkan,"Aku juga pikir, kalau Indonesia masih bisa di-push dalam sektor biomedicine atau biotechnology gitu, Kak."

Sementara, soal keinginannya menjadi diplomat, tidak lain karena terinspirasi dari sang mama yang adalah seorang diplomat.

"Tetapi bukan di bagian politik atau law-nya, melainkan di bidang kesehatan karena dari kecil sudah tertarik menjadi dokter," katanya.

"Dan, aku juga pikir, aku ingin membuat sebuah change yang bisa menjadi beneficial untuk Indonesia. Kalau enggak ke WHO, aku ingin jadi menteri kesehatan," Naila menambahkan.


Alasan Naila Sinapoy Ingin Sekali Bekerja di WHO

Naila memiliki tekad yang besar ingin memerkuat manajemen kesehatan di Indonesia agar bisa maju seperti Jepang dan Jerman.

"Karena pernah tinggal di Jerman dan Jepang, aku lihat bagaimana negara-negara tersebut me-manajemen sektor kesehatan mereka, sampai orang-orang asing datang ke negara mereka buat berobat," katanya.

"Nah, aku ingin membuat Indonesia menjadi negara yang kuat dalam bidang kesehatannya," Naila menambahkan.


Fathir (DI Aceh), Raihana (DI Aceh), dan Dzaky Teman Seperjuangannya yang Sama-Sama dari Banten

 


Naila Bersama Geng Putri Paskibraka Nasional 2023 dari NTB, Riau, Sulawesi Barat, Maluku, Jawa Tengah, dan Aceh

 


Naila Aulita Alqubra Sinapoy dan Dzaki Rekannya dari Provinsi Banten

 

Israel Bombardir Masjid di Tepi Barat Palestina

Israel Bombardir Masjid di Tepi Barat Palestina, Sejumlah Anggota Hamas Diklaim Tewas

Liputan6.com 2023-10-22 12:36:21
Tembakan roket diluncurkan dari beberapa lokasi di Gaza mulai pukul 06:30 pagi (0330 GMT) dan berlanjut selama hampir setengah jam, wartawan AFP melaporkan. (MAHMUD HAMS / AFP)

Israel memborbardir sebuah masjid di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang telah mereka duduki, dan petugas medis Palestina melaporkan setidaknya satu orang tewas.

Militer Israel mengatakan, serangan terhadap Masjid Al-Ansar pada Minggu (22/10) pagi menewaskan beberapa anggota Hamas yang diklaim telah menggunakan bangunan itu sebagai pusat komando untuk merencanakan serangan.

Para pejabat militer Israel mengatakan, mereka yang tewas mengorganisir serangan dan telah terlibat dalam beberapa serangan dalam beberapa bulan terakhir, dikutip dari Al Jazeera, Minggu (22/10/2023).

Rekaman di media sosial menunjukkan kerusakan parah pada bagian luar masjid dan petugas medis bergegas ke tempat kejadian.

Ada laporan penyebab yang saling bertentangan.

Mahmoud Al-Saadi, direktur Bulan Sabit Merah di Jenin, mengatakan satu orang tewas dan tiga lainnya terluka dalam serangan itu, kantor berita Palestina Wafa melaporkan.

Petugas medis Palestina sebelumnya mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa serangan itu telah menewaskan dua orang dan melukai beberapa lainnya.

Sara Khairat Saud dari Al Jazeera, yang berada di Tepi Barat yang diduduki, mengatakan bahwa serangan itu mengejutkan warga karena relatif tidak biasa bagi Israel untuk melakukan serangan udara di wilayah Palestina.

"Saksi mata berbicara dan mengatakan mereka melihat jet tempur F di langit, mereka mendengarnya dan kemudian tentara Israel keluar untuk memastikan bahwa itu adalah serangan udara," kata Khairat langsung dari Ramallah.

Setelah upaya pemogokan, beberapa warga menerima pesan teks di telepon mereka yang memperingatkan mereka agar tidak berkolaborasi dengan Brigade Jenin, salah satu kelompok terbesar dan terpopuler di Tepi Barat. Pesan-pesan itu juga mengatakan agar anak-anak tetap di dalam.

Serangan itu terjadi ketika Israel terus membombardir Gaza pada malam hari, setelah para pejabat militer berjanji untuk meningkatkan serangan udara di daerah kantong tersebut untuk meminimalkan risiko bagi pasukan Israel menjelang serangan darat yang diperkirakan akan dilakukan.

Setidaknya 11 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di Khan Younis, Gaza selatan, media Palestina melaporkan.


Perang Hamas Vs Israel: Perbatasan Mesir dan Gaza Dibuka, Hanya 20 Truk Bantuan yang Diizinkan Masuk

Perbatasan antara Mesir dan Gaza dibuka pada Sabtu (21/10/2023), untuk pertama kalinya mengalirkan bantuan yang sangat dibutuhkan ke wilayah Palestina yang diblokade total pasca serangan kelompok Hamas ke Israel Sabtu 7 Oktober 2023.

Hanya 20 truk yang diizinkan masuk, jumlah yang menurut para pekerja kemanusiaan tidak cukup untuk mengatasi krisis kemanusiaan. Dilaporkan terdapat lebih dari 200 truk yang membawa 3.000 ton bantuan telah menunggu di dekat pintu perbatasan selama berhari-hari.

Sebanyak 2,3 juta warga Palestina di Gaza, setengah dari mereka telah meninggalkan rumah, menjatah makan dan mengonsumsi air kotor. Rumah sakit kehabisan pasokan medis dan bahan bakar untuk generator darurat di tengah pemadaman listrik di seluruh wilayah.

Bahkan, lima rumah sakit terpaksa berhenti berfungsi karena kekurangan bahan bakar dan kerusakan akibat bom. Demikian seperti dilansir AP, Minggu (22/10).

Israel masih melancarkan gelombang serangan udara di Gaza, sementara militan Palestina menembakkan roket ke Israel.

Pembukaan perbatasan Rafah dilakukan setelah lebih dari sepekan diplomasi tingkat tinggi, termasuk kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres ke wilayah tersebut. Israel bersikukuh tidak ada yang akan memasuki Gaza sampai Hamas membebaskan semua tawanan yang disanderanya di kota-kota di Israel selatan pada 7 Oktober.

Pada Jumat (20/10) malam, Hamas membebaskan tawanan pertamanya -- seorang wanita AS dan putri remajanya. Belum jelas apakah ada hubungan antara pembebasan tersebut dan pengiriman bantuan. Israel mengatakan Hamas masih menyandera sedikitnya 210 orang.

Sabtu pagi, seorang reporter AP melihat 20 truk menuju utara dari Rafah ke Deir al-Balah, sebuah kota pertanian yang tenang di mana banyak pengungsi dari utara Gaza mencari perlindungan. Ratusan pemegang paspor asing di Rafah yang berharap bisa melarikan diri dari konflik tidak diizinkan keluar.

aktu.


44 Ribu Botol Air Minum

Truk-truk bantuan gelombang pertama disebutkan memasuki Gaza dengan membawa 44.000 botol air minum -- cukup untuk 22.000 orang dalam satu hari.

"Air yang terbatas ini akan menyelamatkan nyawa, namun kebutuhannya mendesak dan sangat besar," kata Direktur Eksekutif UNICEF Catherine Russell.

Organisasi Kesehatan Dunia mengungkapkan bahwa empat truk membawa pasokan medis, termasuk obat trauma dan tas trauma portabel untuk petugas pertolongan pertama.

"Situasinya sangat buruk di Gaza" kata kepala Program Pangan Dunia PBB (WFO), Cindy McCain.

"Kami membutuhkan lebih banyak truk dan aliran bantuan yang berkelanjutan," katanya, seraya menambahkan bahwa sekitar 400 truk memasuki Gaza setiap hari sebelum perang.

Pemerintahan Hamas di Gaza menyerukan koridor aman yang beroperasi sepanjang w

Pamer Gandengan Pria Spanyol

Nathalie Holscher Pamer Gandengan Pria Spanyol, Sule Gercep Unjuk Gebetan Baru

Liputan6.com 2023-10-22 14:30:00
Potret kedekatan Nathalie Holscher dan Ladislao Camara. (Sumber: TikTok/nathalieholscher14)

Nathalie Holscher beberapa waktu belakangan ini secara mengejutkan memamerkan kedekatannya dengan pria asal Spanyol, Ladislao Camara. Padahal, belum lama rasanya Nathalie Holscher beberapa kali memperlihatkan kedekatannya dengan TikToker Yogi Ilham.

Nathalie Holscher pun kini mulai sering menyorot Ladislao Camara di konten TikToknya. Bahkan, beberapa kali Nathalie Holscher mempersilakan Ladislao Camara untuk menggendong Adzam, anak semata wayangnya dari pernikahan dengan Sule.

Namun, sikap yang tak kalah mengejutkan ditunjukkan Sule tak lama setelah mantan istrinya pamer momen akrab dengan pria Spanyol tersebut. Sule dengan santai dan cueknya mengajak selebgram sekaligus TikToker wanita bernama Santyka Fauziah.

Momen berduaan tersebut dipamerkan Sule pada ia sedang live alias siaran langsung di TikTok. Bahkan, Sule dan Santyka Fauziah beberapa kali saling berujar mesra. Keduanya juga terlihat duduk dalam jarak yang sangat dekat dan terkadang bersentuhan.


Kedekatan Sule dan Santyka Fauziah yang Dipanaskan Warganet

Kedekatan Sule dengan Santyka Fauziah ini dipanaskan oleh warganet pemilik akun @sqmp1m7. Pemilik akun menyampaikan kalimat yang cukup meyakinkan perihal Sule dengan Santyka sedang menjalin asmara.

"Seneng bgt ayah sule dapat pasangan baru,gi publis," tulis pengguna akun tersebut.

Tampak dalam potongan rekaman live yang diunggah ulang tersebut, Santyka Fauziah dengan seksama ikut menyimak berbagai komentar yang ditulikan oleh netizen dan followers Sule.


Sule Singgung Soal Santyka Fauziah Bilang Sayang

Salah satu momen yang tampaknya membuat warganet terkejut, ketika Sule terdengar dipanggil 'sayang' oleh Santyka. Sule pun menanggapinya dengan santai campur kelakar.

"'Mbaknya ngomong sayang'. Memang enggak boleh ngomong sayang? Kan namanya 'Sayang Nurhayati'," ceplos sang komedian dalam video yang diunggah Minggu (22/10/2023) dini hari.

"Guys, yang belum follow, follow guys! 'Ah kok seru?' Seru, lah," ceplos Sule mengalihkan pembahasan.


Kedekatan Nathalie Holscher dengan Para Pria Setelah Cerai dari Sule

Kembali pada Nathalie Holscher, setelah cerai dari Sule, ibu satu anak itu sempat kedapatan sering jalan dengan Faris Utama. Namun setelahnya, ia kedapatan sering membuat konten mesra bersama Yogi Ilham. Barulah setelahnya Nathalie dekat dengan Ladislao Camara.

Ladislao Camara merupakan pria asing asal Spanyol yang dikenal sebagai pembawa acara 'Travel Addict' dan telah cukup lama tinggal di Indonesia. Kabarnya Ladislao Camara telah menjadi seorang mualaf sejak tahun 2014 lalu. Kini, Ladislao lebih sering berkegiatan sebagai kreator konten.

Disebut Sebagai Bella Hadid dari Indonesia

Syifa Hadju Disebut Sebagai Bella Hadid Dari Indonesia Usai Ikut Turun Langsung Dalam Aksi Damai Bela Palestina

Liputan6.com 2023-10-22 12:00:00
Syifa Hadju mengenakan sorban yang menutupi kepalanya ketika melakukan aksi damai membela Palestina pada Jumat (20/10/2023) di depan gedung PBB, Thamrin, Jakarta Pusat. [Foto: Instagram/syifa

Aksi damai solidaritas untuk Palestina menjadi sorotan di Jakarta, khususnya di kawasan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat pada Jumat (20/10/2023).

Massa dari berbagai kalangan masyarakat berkumpul dan berjalan menuju gedung perwakilan PBB, dengan tujuan menyuarakan tuntutan mereka terkait situasi Palestina yang terus mengkhawatirkan.

Di tengah aksi tersebut, terlihat kehadiran sejumlah tokoh dan artis Tanah Air yang ingin memberikan dukungan kuat untuk Palestina. Salah satu di antaranya adalah Syifa Hadju.

Kekasih Rizky Nazar ini turut serta dalam aksi ini sebagai wujud dukungannya terhadap Palestina. Pada aksi damai itu, Syifa Hadju dengan berani turun langsung ke jalan bersama massa untuk menyuarakan protes terhadap serangan Israel terhadap Gaza.

Ia juga membagikan momen-momen aksinya melalui akun Instagram pribadinya. "From the river to the sea! PS #SaveGaza," tulis Syifa Hadju.


Bentangkan Bendera

Dalam salah satu unggahan, Syifa Hadju memperlihatkan dirinya menggenggam sebuah bendera Palestina berukuran kecil.

Ia juga terlihat membentangkan bendera Palestina di antara massa yang beraksi. Tidak hanya itu, aksi-aksi dan momen-momen tersebut juga diunggah di feed Instagram-nya.


Suarakan Pesan Kemanusiaan

Dalam sebuah postingan, Syifa Hadju tampak memegang selembar banner yang berisi pesan perdamaian untuk Palestina. Pesan tersebut dituliskan dalam bahasa Inggris.

"Kamu tidak perlu menjadi Muslim untuk mendukung Gaza, kamu hanya perlu menjadi manusia."


Vibes Bella Hadid

Unggahan Syifa Hadju tersebut menuai respons positif dari warganet. Bahkan sebagian dari mereka menyandingkan nama Syifa Hadju dengan Bella Hadid.

Diketahui bahwa Bella Hadid Bella Hadid, supermodel papan atas dunia yang berdarah Palestina, telah lama dikenal sebagai sosok yang vokal dalam membela hak-hak warga Palestina.

Ia kerap menggunakan platform media sosialnya untuk menyuarakan ketidakadilan yang dialami oleh rakyat Palestina.

"vibes nya udaa kaya bella hadid ," tulis @mirandaoktarina_.

"SYIFA HADID ," timpal @putriindahharumi.

"Bella hadid kitaa," tambah @shellovrr.

Akhirnya Bertemu Film The Architecture of Love

Akhirnya Putri Marino Ketemu Nicholas Saputra di Film The Architecture of Love, Pertama dalam Sejarah!

Liputan6.com 2023-10-21 22:00:00
Para pencinta novel The Architecture of Love karya Ika Natassa gembira setelah tahu dua karakter utamanya diperankan Putri Marino dan Nicholas Saputra. (Foto: Dok. Instagram @putrimarino)

Para pencinta novel The Architecture of Love gembira setelah tahu dua tokoh utamanya diperankan Putri Marino dan Nicholas Saputra. Putri Marino memerankan Raia, sementara Nicholas Saputra dipercaya sebagai River.

Pengumuman resmi ini disampaikan dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (20/10/2023). The Architecture of Love diangkat dari novel karya Ika Natassa. Ika Natassa berkali ucap syukur bisa menyandingkan Nicholas Saputra dan Putri Marino.

Film ini diproduksi Starvision Plus dengan sutradara Teddy Soeriaatmadja. The Architecture of Love akan syuting di New York City, AS, dan Indonesia. Kepada Showbiz Liputan6.com, Ika Natassa berbagi cerita soal bagaimana Putri Marino dipinang.

"Kalau Putri Marino jujur kita sudah locked dari tahun 2020. Maaf ya menggantung sekian lama. Jadi waktu itu, aku sama Pak Parwez mengobrol berdua, muncullah nama Putri. Tanpa perdebatan, kita berdua sepakat. Setuju," ujar Ika Natassa.


Aku Jatuh Cinta...

Ia mengaku sejak lama jatuh hati pada akting Putri Marino, yang telah meraih 2 Piala Citra untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik (Posesif) dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (Losmen Bu Broto).

"Aku jatuh cinta pada akting dia dari sejak film Posesif, Jelita Sejuba, you are awesome. Habis kita lock Putri tentu PR besar kita di casting adalah menemukan pemain yang kelasnya enggak boleh di bawah," katanya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Ada Jeda Akibat Pandemi

Setelah meminang Putri Marino sejak 2020, industri film mengalami jeda panjang akibat pandemi Covid-19. Ada hikmah di balik wabah. Ika Natassa dan tim Starvision punya banyak waktu untuk menyeleksi para pemain The Architecture of Love.

"Waktu itu sempat ada jeda gara-gara pandemi Covid-19. Alhamdulillah dengan adanya jeda, saya, Pak Parwez bersama tim casting (setelah Mas Teddy masuk), menemukan banyak nama yang luar biasa," Ika Natassa menyambung.


Itu Yang Dirasakan Raia

Deretan nama luar biasa yang dimaksud antara lain Omar Daniel, Jerome Kurnia, Jihane Almira, Arifin Putra, Agla Artalidia, Jeremie Tobing, Willem Bevers, Imelda Therinne, dan aktris legendaris Lydia Kandou.

Ika Natassa lantas memberi catatan khusus soal tokoh Raia. Raia adalah penulis. Menulis menjadi identitasnya. Saat seorang penulis tak bisa menulis, maka ia kehilangan identitas. Inilah yang terjadi pada Raia hingga akhirnya ia terbang ke negeri orang.

"Itulah yang dirasakan Raia dan dia harus mencari identitasnya kembali dengan segala cara sampai akhirnya dia kabur ke New York, tinggal di rumah sahabat, dan menemukan hidupnya kembali," pungkasnya.

Dikuatkan Keluarga dan Teman Dekat

Rebecca Klopper Dikuatkan Keluarga dan Teman Dekat Usai Video Diduga Mirip Dirinya Tersebar

Liputan6.com 2023-10-22 07:00:00
Potret Terbaru Rebecca Klopper Tak Direstui Haji Faisal (Sumber: Instagram/rklopperr)

Penyebaran video syur memukul psikologis Rebecca Klopper. Bintang sinetron Mermaid in Love ini diketahui dalam kondisi tak nyaman usai beredarnya video Rebecca Klopper.

Raudhah Mariah, pengacara Rebecca Klopper, membenarkan kliennya sedang berjuang untuk memulihkan diri dari trauma akibat kemunculan video syur Rebecca Klopper.

"Pastinya ada konsekuensi yang timbul terhadap korban (Rebecca)," ungkap Raudhah di kawasan Jalan Petogogan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

"Kondisi Rebecca hingga saat ini masih dalam pemulihan pascatrauma atas kasus yang dialami," dia menambahkan.


Upaya Menguatkan Rebecca

Raudhah bersyukur, dukungan keluarga sedikit banyak menguatkan kondisi bintang sinetron Bersama Meraih Mimpi, dalam menghadapi kesehariannya saat ini.

"Namun adanya dukungan keluarga, teman dekat dan kami selaku kuasa hukum diharapkan dapat menguatkan Rebecca kembali jalani kehidupan yang normal," Raudhah menambahkan.


Disarankan Healing

Raudhah menyarankan agar Rebecca tak terlalu banyak memikirkan aktifitas dan pekerjaanya di industri hiburan. Ia mesti diberi ruang untuk memulihkan traumanya.

"Sebenarnya ini salah satu fokus juga, lebih baik Rebecca healing dulu, pemulihan psikologisnya," katanya.


Ada Tawaran Pekerjaan

Rebecca, disebut Raudhah, dalam kondisi yang mulai membuka diri untuk kembali beraktifitas. Malahan, kata dia, Rebecca mulai menerima tawaran pekerjaan.

"Karena pihak-pihak ini kan (klien) awalnya takut, tapi karena dorongan kami selaku kuasa hukum yang menjelaskan, mulai kembali ada pekerjaan," jelas Raudhah.

Bikin Tato Pistol, Terinspirasi Rihanna

Amanda Manopo Beberkan Alasannya Buat Tato Pistol di Bawah Ketiak Terinspirasi Rihanna, Sempat Dilarang Sang Ibunda

Liputan6.com 2023-10-22 13:30:25
Amanda Manopo dalam premier film Indigo (Sumber: Instagram/amandamanopo)

Aktris cantik Amanda Manopo sempat menjadi sorotan publik beberapa waktu lalu usai melakukan photoshoot dan memamerkan tato di bawah ketiaknya. Karena berada di area yang tertutup, banyak yang tidak mengetahui sebelumnya kalau wanita kelahiran 1999 memiliki tato.

Tato tersebut memiliki bentuk seperti pistol dan berukuran kecil. Tentu hal itu mengundang tanya sejumlah orang yang mengikuti dirinya di media sosial terutama kalangan para fans tentang alasan di balik pembuatan tatonya.

Praz Teguh yang belum lama ini membuat konten bersama Amanda di kanal YouTube Tuah Kreasi pun merasa penasaran dan menanyakan alasannya memilih tato pistol.

"Gue lihat di sini lo ada tato pistol. Kepikiran apa lo bikin pistol?" tanya komika ini dalam video wawancaranya yang diunggah pada Jumat (20/10/2023).


Terinspirasi dari Rihanna

Lawan main Arya Saloka dalam Ikatan Cinta ini membeberkan cerita unik dibalik pembuatan tato pistol. Ia mengungkap terinspirasi dari penyanyi Rihanna. Amanda mengaku fans berat Rihanna sehingga membuat tato yang serupa dengannya.

"Lo tau kenapa gue bikin pistol itu? Gue suka banget sama penyanyi Rihanna dan dia ada tato pistol juga," ungkap Amanda.


Membuat Tato Sebelum Usia 17 Tahun

Lebih lanjut, Praz bertanya kapan ia membuat tato itu. Menariknya, mantan kekasih Billy Syahputra ini tak ingat betul kapan membuatnya. Namun Amanda memperkirakan saat itu ia masih sangat belia dan mungkin masih berumur di bawah 17 tahun.

"Kapan lo bikin itu? Dah lama ya? Sebelum umur 17?" tanya Praz.

"Wah...ngga inget. Kayaknya iya deh," tutur Amanda.


Sempat Dilarang Sang Ibunda

Amanda ternyata tak hanya memiliki satu tato di tubuhnya. Ia mengaku punya beberapa tato lain seperti burung, kupu-kupu dan kebanyakan memiliki arti penting dalam hidupnya dan orang tuanya.

Meski demikian, almarhum ibunda sempat melarang karena perspektif orang-orang tentang wanita bertato belum lagi ia seorang figur publik. Namun akhirnya Amanda memberikan pengertian dan ia sendiri memang menyukai seni baik itu berupa tato.

Bercerai Usai 4 Dekade Bersama

Meryl Streep Diam-Diam Pisah dari Suami Sejak 6 Tahun Lalu, Sudah Menikah 4 Dekade Lebih

Liputan6.com 2023-10-22 15:00:00
Aktris senior Meryl Streep kembali masuk nominasi Oscar yang ke-20 untuk perannya dalam film "Florence Foster Jenkins". Ini juga membuatnya menjadi aktris terbanyak yang pernah dinominasikan

Selama ini, tidak ada kabar miring mengenai pernikahan aktris senior Meryl Streep dengan Don Gummer. Namun bukan berarti keadaan rumah tangga keduanya baik-baik saja.

Kini terungkap bahwa pasangan ini rupanya sudah berpisah sejak enam tahun lalu. Bukan kabar burung, hal ini disampaikan langsung oleh perwakilan bintang Mamma Mia! Dan The Devil Wears Prada ini.

"Don Gummer dan Meryl Streep telah berpisah selama lebih dari 6 tahun, dan meskipun mereka akan tetap selalu peduli satu sama lain, mereka memilih hidup secara terpisah," begitu pernyataam wakil Meryl Streep, dilansir dari People dan E! News, Minggu (22/10/2023).

Meryl Streep dan Don Gummer memang sudah tak pernah tampil bersama sejak 2018 silam di depan publik. Namun, Meryl Streep masih terlihat mengenakan cincin nikahnya. Termasuk saat menghadiri ajang penghargaan Princesa de Asturias Awards di Spanyol pada Jumat 20 Oktober 2023 lalu.

Meski sudah berpisah selama bertahun-tahun, jubir sang aktris tidak menyebutkan soal perpisahan secara resmi di pengadilan, alias perceraian.

Meryl Streep dan Don Gummer sendiri menikah pada 1978, dan tanggal 30 September lalu baru merayakan ultah pernikahan ke-45.


Kenalan Kakak Meryl Streep

Don Gummer diketahui berkenalan dengan Meryl Streep pada 1978 silam, dan merupakan teman dari kakak sang aktris. Kala itu Meryl Streel tengah berkabung karena kekasihnya, aktor John Cazale, meninggal karena kanker paru-paru.

Tak disangka, keduanya langsung cocok saat bertemu. Pasangan ini kemudian menikah enam bulan kemudian, pada tahun yang sama, di rumah orangtua sang aktris.

Dari pernikahan ini, mereka memiliki empat anak yakni Henry (43), Mamie (40), Grace (37), dan Louisa (32).


Jaga Privasi Rumah Tangga dan Keluarga

Bila nama Meryl Streep berkibar di dunia seni peran, maka sang suami bersinar di dunia seni. Don Gummer merupakan alumnus School of the Museum of Fine Arts Boston dan peraih gelar master Seni Murni dari Yale University. Kayanya sering diikutsertakan dalam sejumlah pameran di berbagai penjuru dunia sejak awal 1970-an.

Sepanjang pernikahannya, Meryl Streep dan Don Gummer sama-sama menjaga privasi hubungan mereka dan keluarganya. Namun sang aktris pernah mengungkap rahasia pernikahan langgengnya dalam wawancara dengan Vogue pada 2002 silam.


Meryl Streep soal Pernikahan

Menurutnya, pernikahan bisa langgeng dengan adanya niat baik dan kemauan untuk merendah--- bahkan sesekali "tutup mulut".

"Tak ada peta yang menunjukkan cara menjalani hidup berkeluarga: Itu selalu menjadi negosiasi yang sangat besar," kata dia kala itu.

Selalu Ditolak Saat Audisi di Luar Negeri

Curhat Song Joong Ki Selalu Ditolak Saat Audisi di Luar Negeri: Saya Harap Berhasil Kali Ini

Liputan6.com 2023-10-17 19:30:30
Song Joong Ki (Foto: Instagram/@hi_songjoongki)

Song Joong Ki baru-baru ini menjalani sesi wawancara dengan salah satu stasiun televisi. Dalam kesempatan itu, dia bicara soal perkembangan karirnya sebagai seorang aktor Korea Selatan.

Dalam menjalankan profesinya, suami Katy Louise Saunders itu ingin terus bertumbuh dan berkembang. Dia ingin meraih pencapaian baru dalam perjalanan kariernya. Jika dia tidak berhasil mencapai sesuatu, itu akan terlihat jelas dari penampilannya.

"Saya pribadi mencoba untuk tidak melakukan apa yang telah saya lakukan sebelumnya. Saya memiliki obsesi yang aneh. Jika saya tidak menikmatinya, itu akan terlihat. Saya tidak berusaha bersikap rendah hati, tapi aku benar-benar tidak bisa berpura-pura, dan penampilanku menurun," terangnya dikutip dari Allkpop, Selasa (17/10/2023).

Salah satu usaha yang dia lakukan adalah mengikuti audisi untuk beberapa proyek di berbagai negara. Itu untuk menghilangkan rasa bosannya sebagai aktor dan terus melangkah maju.


Sering Audisi Namun Gagal

Sayangnya, mengikuti casting di luar negeri tidak mudah. Jadi, ayah satu anak itu bertekad untuk terus mencobanya sampai dia berhasil mendapatkan peran yang dia inginkan.

"Setelah menyelesaikan jadwal rilis film Hopeless, saya berencana pergi ke luar negeri untuk mengikuti audisi beberapa proyek. Saya selalu ditolak, jadi saya berharap untuk berhasil kali ini," ujarnya.

"Keinginan saya untuk berakting dalam konteks budaya yang berbeda dengan beragam cerita yang berkembang," sambungnya.


Ingin Memperluas Wawasan

Ketika ditanya tentang cita-citanya sebagai seorang aktor, Song Joong Ki mengungkap bahwa dia ingin selalu memperluas wawasannya.

"Saya telah mendaki gunung dengan rasa syukur, dan saya ingin menjadi gunung yang lebih besar lagi. Itu sebabnya saya melakukan ini. Itulah mengapa sanga mengambil berbagai tantangan. Saya akan mencoba menjadi aktor yang membuat orang menantikan karya saya," jelasnya.


Film Hopeless

Sementara itu, saat ini film Hopeless yang dibintangi Song Joong Ki sedang tayang di bioskop. Hopeless bercerita tentang seorang anak laki-laki yang ingin melarikan diri dari kenyataan pahit dan akhirnya bergabung dalam dunia berbahaya setelah bertemu dengan bos di sebuah organisasi.