Dukung Palestina, Suporter Israel Geram

5 Fakta Coldplay Mendukung Palestina, Sempat Bikin Suporter Israel Geram

Liputan6.com 2023-11-07 15:50:59
Coldplay (AP Photo)

Tak terasa Coldplay akan tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada bulan ini, tepatnya 17 November 2023 mendatang. Tinggal menghitung hari, fans Coldplay dari segala penjuru Tanah Air pun sudah ancang-ancang agar bisa meluangkan waktu menonton idola mereka.

Di luar segala persiapan yang dilakukan Coldplay, pihak promotor, hingga para penggemar agar bisa membuat konser ini berjalan lancar dan memuaskan, ada satu hal yang jarang diketahui orang-orang terkait aspirasi band asal Inggris ini.

Sudah sejak lama Coldplay memiliki aspirasi dalam hal memberikan dukungannya kepada Palestina. Sejumlah jejak digital tak dapat menyembunyikan kenyataan itu.

Namun gara-gara dukungannya itu, Chris Martin (vokal), Jonny Buckland (gitar), Guy Berryman (bas), dan Will Champion (drum) sempat mengundang kontroversi di kalangan pendukung Israel.

Dari situlah terdapat sejumlah fakta menarik di balik dukungan yang diberikan oleh Coldplay kepada Palestina baik itu tersirat maupun tersurat. Lantas apa sajakah itu? Berikut deretannya.


1. Coldplay Ajak Fans Mendengar Lagu Freedom for Palestine

Coldplay rupanya sempat mengunggah di halaman Facebook mereka yang menunjukkan dukungan kepada Palestina pada 2011 lalu.

Pada saat itu, Chris Martin cs mengajak fans mereka untuk mendengarkan lagu "Freedom for Palestine", buah karya gerakan OneWorld.


2. Coldplay Bikin Geram Suporter Israel

Lantaran ajakan Coldplay tersebut, para suporter alias pendukung Israel pun geram. Mereka memboikot Coldplay dan menuntut band asli London itu untuk meminta maaf kepada Israel.

Sayangnya, beberapa lama setelah mendapatkan komentar negatif dari para pendukung Israel, postingan itu langsung dihapus.


3. Coldplay Berkunjung ke Palestina

Dukungan tersurat kembali ditunjukkan Chris Martin cs dengan melakukan kunjungan ke Palestina pada 2017 silam. Pada kesempatan itu, Chris Martin yang juga mengaku mampir ke Israel, mengungkapkan tujuannya, yakni mencari inspirasi. Kala itu, ia juga membantah rumor mengenai Coldplay bakal tampil di Palestina.

"Halo semuanya. Kami berada di Israel dan Palestina untuk mendengarkan dan belajar dan itu saja; tidak ada jadwal konser, kami hanya melakukan perjalanan yang menarik dan mencerahkan untuk mempelajari area tersebut," tulis Chris Martin.

"Artikel-artikel yang menyatakan bahwa kami memiliki kontrak yang ditandatangani adalah tidak benar. Terima kasih banyak. Dengan Cinta. cm," sambungnya di akun Instagram resmi Coldplay.


4. Kolaborasi Coldplay dengan Grup Musik Palestina

Dalam perjalanannya, Chris Martin menemui grup musik asal Palestina, Le Trio Joubran. Kedua pihak pun berkolaborasi dan menciptakan album yang mengusung tema perdamaian di Timur Tengah.

Dari kolaborasi itulah lahir lagu "Arabesque" yang membuat personel Le Trio Joubran, Adnan Joubran meyakinkan publik dunia bahwa lagu tersebut mencerminkan semangat Palestina. Adnan bahkan menyebut album studio kedelapan Coldplay, Everyday Life, juga mencerminkan semangat tersebut.


5. Vokalis Coldplay Sempat Nyanyikan Lagu untuk Gaza di Yordania

Coldplay sempat menggelar konser di Amman, Yordania pada 2019 lalu. Pada kesempatan itu, Chris Martin sempat diminta penggemar menyanyikan lagu untuk Gaza. Ia bahkan berpidato dalam rangka solidaritasnya untuk Palestina.

Dalam pidatonya, Chris Martin menyuarakan soal kemanusiaan, bahwa semua orang punya hak untuk hidup serta menentang segala bentuk penindasan di atas Bumi.

Dicap Lebih Hebat dari Selena Gomez

Rachel Vennya Dicap Lebih Hebat dari Selena Gomez Setelah Kumpulkan Rp1,2 Miliar untuk Palestina, Kini Diakui Punya Pengaruh Besar

Liputan6.com 2023-11-07 16:49:59
Rachel Vennya suarakan perihal kemanusiaan di Aksi Bela Palestina. [Foto: Instagram/rachelvennya]

Rachel Vennya telah sukses menggalang dana sebesar Rp1,2 miliar dalam rangka memberikan bantuan kepada Palestina melalui situs Kitabisa.com. Pada Minggu (5/11/2023) lalu, Rachel Vennya juga sempat ikut Aksi Bela Palestina di Jakarta bersama beberapa orang sahabatnya.

Setelah aksi penggalangan dana selama Aksi Bela Palestina, Rachel Vennya pun mengabarkan bahwa donasi di situs tersebut sudah mencapai Rp1 miliar. Kini, Rachel Vennya menyampaikan kabar terbaru perihal aksinya membantu Palestina itu.

"1 MILIAR RUPIAH dalam 1 hari!! Super gak nyangka tapi percaya kalau temen2 aku super baik, baik banget. Makasih byk temen2 online aku yg paling baik dari dulu, sekarang, selamanya @temanbaik.rachelvennya ," tulis Rachel Vennya, Selasa (7/11/2023) yang menyatakan masih membuka donasi.

Menariknya, pada unggahan baru ini Rachel Vennya mendapatkan beragam komentar dari netizen yang mulai membanding-bandingkannya dengan Selena Gomez. Tak hanya itu, Rachel Vennya juga mulai diakui sebagai selebgram berpengaruh di Tanah Air.


Ada yang Bandingkan Rachel Vennya dengan Selena Gomez

Dalam komentarnya, terdapat netizen yang menyebut Rachel Vennya kini lebih hebat daripada Selena Gomez. Pasalnya, beberapa waktu lalu Selena sempat menyampaikan sikap pesimisnya di tengah followers yang jauh lebih banyak ketimbang Rachel.

"Buna yg followernya ga sebanyak seleb luar aja bisa galang dana smpe 1M, bisa2 nya ada seleb yg blg 1 post dia ga akan ber impact apa2 salut sm bunaaa cheeel," tulis seorang warganet.

"Iya sebagai selenator dari 2011 ku merasa sedih sama story nya sel," sahut warganet lain.

"Aku tau kamu di sisi palestine, tapi omonganmu kaya t**," tulis warganet lain yang geram sambil menyenggol akun Selena Gomez.


Rachel Vennya Mulai Diakui dalam Hal Penggalangan Dana

Netizen lain juga kini mulai banyak yang menyiratkan bahwa Rachel Vennya merupakan salah satu selebgram berpengaruh lantaran bisa menggalang dana mencapai angka Rp1 miliar dalam waktu cepat.

"Keren bgt ikut terharu . Artis lain Ampe berminggu2 dapet 1 M, rachel sehari aja udh nyampe 1 M The power of @rachelvennya dan teman baik semuanya," kata seorang warganet.

"Disaat yang lain selalu menjatuhkan dengan kata-kata "Prestasinya Rachel apa?" gue dari dulu ngikutin bgt kalau buna ini beuhhh bgt kalau soal solidaritas penggalangan dana gak main, ," kata netizen lainnya.

"Terus manfaatin power gede ini buat kebaikan yaa bunaa, so proud of u," kata yang lainnya.

Dalam sebuah komentar, Rachel Vennya membenarkan bahwa kini donasi yang digalangnya sudah terkumpul sebesar Rp1,2 miliar.

"Iya kak dalam sehari kemaren 1 M, skrg udah 1.2 M alhamdulillah ," tulis Rachel Vennya.


Penggalangan Dana Rachel Vennya Jauh Melampaui Target

Mengintip situs Kitabisa pada Selasa (7/11/2023) siang, Rachel Vennya telah berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp1,2 M dari 21.085 donatur. Jumlah ini berkali-kali lipat dari target yang hanya Rp100 juta.

Sebelumnya, Rachel Vennya hingga Syifa Hadju dan Atta Halilintar juga masuk dalam daftar tokoh publik yang berhasil mengirimkan 51,5 ton bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza di Palestina.

Mereka bahkan turut melepas pengiriman bantuan kemanusiaan yang dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur apda Sabtu, 4 November 2023.

"Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah, tapi juga dari masyarakat, dari dunia usaha, yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan. Ada yang dari BAZNAS, dari IHA, dari PMI, dari Kitabisa, dan juga dari pemerintah, TNI, dan Polri. Yang selanjutnya," kata Presiden Jokowi mengutip keterangan pers Kitabisa.com.

"Kita harapkan akan semakin banyak bantuan-bantuan dari masyarakat dan dunia usaha," Jokowi menambahkan.

Diinterogasi Gegara Bawa Duit Kebanyakan

Raffi Ahmad Diinterogasi Imigrasi Amerika Gegara Bawa Duit Kebanyakan: Aku Bilang, I'm a Boss!

Liputan6.com 2023-11-07 13:00:33
Keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Instagram/raffinagita1717)

Raffi Ahmad sekeluarga bersama timnya dari Rans Entertainment sedang berada di Amerika serikat untuk mengikuti ajang lari maraton sejauh 42 kilometer bersama sejumlah selebritas Indonesia, seperti Nirina Zubir hingga Fadil Jaidi.

Ada cerita menarik setibanya dia di Amerika. Suami Nagita Slavina ini sempat diinterogasi lama di Imigrasi Amerika Serikat. Itu karena presenter kondang ini kedapatan membawa uang cash dalam jumlah besar.

Raffi Ahmad tidak diloloskan begitu saja oleh pihak imigrasi. Dia ditanya, untuk apa membawa uang sebanyak itu ke negara orang. Jawabannya pun mengundang tawa.

"New York City, kita mau cari makan nih laper banget. Tadi kita lama banget di imigrasi, berapa jam tadi. Uang cash, ada batasnya bawa uang cash berapa gitu, dicek," tutur Raffi Ahmad dikutip dari YouTube Rans Entertainment, Selasa (7/11/2023).

"Uangnya ditanya buat apa, kok bawa uang cashnya banyak-banyak? Aku bilang, I'm a boss," sambungnya.

Ya, jawaban Raffi sepertinya memang masuk akal. Dia ke Amerika membawa keluarga dan beberapa orang karyawan. Tentu dia harus bertanggung jawab terhadap kebutuhan mereka selama berada di Negeri Paman Sam.


Cuaca di NYC yang Dingin Meski Masih Musim Gugur

Lebih lanjut, artis berusia 36 tahun ini juga mengeluh soal cuaca yang dingin setibanya di New York City. Meski masih musim gugur, namun angin yang berembus terasa dingin hingga menusuk kulit.

"Gila lo, sudah penyesuaian? Ini gue ngomong aja pelo, loh, gue udah kayak orang mabok padahal pipi gue kena angin, kayak ditabok-tabok, dingin banget sumpah," cerita Raffi Ahmad pada Fadil Jaidi.


Berhasil Lari Maraton 42 Km

Sementara itu, Raffi Ahmad berhasil mengikuti lari maraton sejauh 42 km dengan sehat tanpa cedera. Ini merupakan prestasi baru baginya sebagai penyuka olahraga.

"Finish Strong Virgin Full Marathon 42Km sehat walafiat tanpa cedera dan sangat Happy menikmati suasana New York Marathon 2023 Full Cheering sepanjang jalan dari awal sampe akhir salut sama semua warga yang respect sama semua Runners," tuturnya.


Ikut Tokyo Marathon 2024

Raffi mengungkap kunci keberhasilannya. Itu lantaran dia menanamkan rasa percaya diri yang kuat. Raffi percaya bahwa dirinya mampu menghadapi setiap tantangan yang ada di depan. Setelahnya, dia berencana ikut maraton di Tokyo.

"Next Tokyo Marathon 2024 harus lebih baik dan yakin Insyallah pasti bisa !!!!! Semangat Guys !!!! Push Your Limit do the best dan yakin setiap hari esok kita harus jadi lebih baik dan lebih baik lagii !!! Top Mantap is The Best Terimakasih untuk semua yang sudah percaya dan support " tutupnya.

Raih 2 Piala MTV EMA

Jungkook BTS Raih 2 Piala MTV EMA, Acaranya Tak Digelar karena Gejolak di Israel - Palestina

Liputan6.com 2023-11-07 14:30:23
Jungkook BTS. (Facebook/ BTS ()

Jungkook BTS memenangkan dua piala MTV Europe Music Awards atau MTV EMA 2023. Hal ini telah dikonfimasi oleh pihak penyelenggara ajang penghargaan tersebut.

Dilansir dari Yonhap News, Selasa (7/11/2023), Jungkook menang dalam kategori Best K-Pop dan lagunya "Seven" memberinya piala lewat Best Song. Selain Jungkook, "adik" satu agensinya yakni Tomorrow X Together atau TXT juga meraih satu piala, yakni Best Push Act (Best Breakthrough Artist).

MTV EMA 2023 sendiri awalnya hendak digelar di Paris pada Minggu 5 November 2023 lalu. Namun pada pertengahan Oktober lalu diumumkan pembatalan acara ini, karena konflik di Israel dan Gaza yang terus memanas.

"MTV EMA adalah perayaan tahunan musik global. Ketika kita menyaksikan peristiwa-peristiwa buruk yang terus terjadi di Israel dan Gaza, ini bukanlah momen untuk merayakannya secara global. Dengan ribuan nyawa yang hilang, ini adalah waktu berkabung," begitu pernyataan perwakilan MTV, seperti dilansir kanal Liputan6.com Lifestyle dari People.

Meski malam puncaknya tak jadi digelar, MTV memastikan tetap mengumumkan para pemenang acara peghargaan ini.

Dalam acara ini, kategori Best Video diraih Taylor Swift - "Anti-Hero." Ia juga menang dalam kategori Best Artist dan Best Live.


Dapat Sertifikat Platinum

Tak lama setelah pengumuman, Jungkook juga dinyatakan meraih pencapaian yang tak main-main. Diwartakan Soompi, Asosiasi Industri Rekaman Amerika atau Recording Industry Association of America (RIAA) secara resmi mengumumkan bahwa lagu "Seven (feat. Latto)" mendapat sertifikat platinum. Artinya, lagu ini telah terjual lebih dari 1 juta unit.

Tahun lalu, lagu kolaborasinya dengan Charlie Puth "Left and Right," menerima sertifikat Emas, karena terjual lebih dari 500.000 unit.


Comeback Solo Jungkook

Sementara itu, baru-baru ini Jungkook comeback lewat album bertajuk Golden dengan title track "Standing Next To You."

Pada Senin 6 November kemarin Big Hit Music mengumumkan bahwa Jungkook akan merilis album remix baru pada hari itu juga.

Berjudul Standing Next to You: The Remixes album ini terdiri dari sejumlah versi remix dari lagu baru Jungkook "Standing Next to You."


Pencapaian Jungkook di Spotify

Sementara itu, dilansir dari pernyataan tertulis Spotify yang diterima Liputan6.com, hingga saat ini album Golden telah meraup lebih dari 2,32 miliar streaming di platform ini.

Pada 5 November lalu, sepuluh dari 11 lagu dalam album ini masuk ke dalam tangga lagu Global Daily Top Songs di Spotify. "Seven (feat. Latto)" masih menduduki posisi teratas di #1, sementara "Standing Next to You" menyusul di posisi #2.

"Seven (feat. Latto)" menjadi lagu tercepat yang mencapai 1 miliar streams dalam sejarah Spotify.

Pakai Model Jeans Favorit Meghan Markle

Kate Middleton Tampil Trendi Memakai Model Jeans Favorit Meghan Markle

Liputan6.com 2023-11-04 20:30:11
Kate Middleton mengambil bagian dalam "Dad Walk" saat berkunjung ke Dadvengers, komunitas untuk para ayah dan anak-anak mereka, di London utara pada 1 November 2023, untuk menyoroti peran

Putri Wales telah memperlihatkan banyak gaya di beberapa kunjungan kerajaan terakhirnya. Melanjutkan itu, Kate Middleton kedapatan tampil trendi ketika memenuhi jadwal di London, Inggris, Rabu, 1 November 2023.

Istri Pangeran William ini telah sering terlihat mengenakan gaun dengan perhiasan berkilau dan aksesori elegan. Tapi untuk jadwal pertengahan pekan ini, Kate memilih busana nyaman dalam atasan bergaris Breton, yang jadi go-to-style-nya, dipadankan straight jeans, ansambel favorit Meghan Markle, lapor Hello, dikutip Sabtu (4/11/2023).

Untuk acara informal dan sederhana, Putri Wales tidak takut menunjukkan tampilan lebih santai, namun straight-leg fit jeans dengan ujung melebar merupakan perubahan menarik dari skinny fit yang sering ia kenakan selama bertahun-tahun, yang acap kali dipadukannya dengan sepatu kets.

Kate bukan satu-satunya anggota kerajaan yang menggunakan jeans berkaki lebih lebar. Meghan telah terlihat mengenakan tampilan trendi ini beberapa kali di masa lalu. Meski Duchess of Sussex juga menyukai model skinny fit, istri Pangeran Harry ini sering kali memilih model celana berpotongan lebih lurus atau lebih lebar untuk denim.

Dari waktu ke waktu, tampilan Meghan dan Kate acap kali memesona publik, termasuk saat mereka tampil "serasi tanpa janjian." Pada Mei 2023, misalnya, keduanya memperlihatkan penampilan serupa dalam acara yang masing-masing mereka hadiri secara terpisah.

Tanpa janjian terlebih dulu, baik Kate Middleton maupun Meghan Markle, memperlihatkan tampilan dalam busana bernuansa kuning.


Tampilan Kate dan Meghan

Mengunjungi Dame Kelly Holmes Trust dan bertemu beberapa anak muda yang didukung badan amal tersebut di Bath, Inggris, 16 Mei 2023, waktu setempat, Kate Middleton terlihat cerah dengan blazer kuning senilai 359 pound sterling (sekitar Rp6,7 juta) dari LK Bennett berpadu inner,straight pants, dan sneakerputih.

Rambut cokelat bergelombangnya dibiarkan tergerai, berpadan pulasan natural makeup beraksen semi smokey di bagian mata. Lalu, jauh di seberang Samudra Atlantik, Meghan menghadiri Women of Vision Awards inisiasi Ms. Foundation di Ziegfeld Ballroom, Selasa, 16 Mei 2023, waktu New York, Amerika Serikat (AS).

Didampingi suaminya, Pangeran Harry, Duchess of Sussex tampil menawan dengan strapless gold dress. Melansir Mirror, 17 Mei 2023, gaun seharga 1.850 dolar AS (sekitar Rp27,5 juta) itu dipadankannya dengan sepasang heels rilisan Tom Ford serasi dan clutch dengan warna yang sama dari Carolina Herrera.

Rambut hitam Meghan Markle, yang juga bergelombang, ditata bertumpuk ke sebelah kiri untuk memamerkan anting-anting lingkaran nan menawan


Kompak Serba Merah

Ini bukan kali pertama Kate dan Meghan mengenakan busana berwarna senada. Selain kuning, penampilan berani keduanya juga sempat direpresentasi dalam potongan mode merah saat menghadiri acara terpisah.

Kala itu, Putri Wales terlihat mengenakan busana monokrom serba merah saat jadi tuan rumah untuk The Royal Foundation Centre for Early Childhood di BAFTA, London, Inggris, pada 30 Januari 2023. Ia hadir bersama Pangeran William yang datang mengenakan setelan jas biru gelap.

Dikutip dari NY Post, 31 Januari 2023, Kate mengenakan celana berpotongan lurus berwarna merah menyala keluaran Alexander McQueen yang disebut berharga 890 dolar AS. Ia memadankannya dengan blazer asimetris keluaran label yang sama senilai 2.290 dolar AS.

Sang putri menyempurnakan penampilannya dengan clutchberbahan suededari Miu Miu, serta sepatu pump berwarna senada rilisan Gianvito Rossi. Terakhir, ia menambahkan sepasang anting Chalk yang disebut ramah di kantong, yakni seharga 93 dolar AS. Perhiasan itu sempat dikenakannya di acara Windrush Day pada 2022.


Tampilan Meghan Markle

Tampilan serba merah juga pernah ditunjukkan Meghan Markle saat berdiri di podium One Young World Summit di Manchester, Inggris, pada awal September 2022, beberapa hari sebelum Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Itu menjadi penampilan publik resmi pertamanya di Inggris setelah memutuskan mundur sebagai anggota senior kerajaan pada 2020.

Dikutip dari Vogue Arabia, Meghan saat itu memilih busana kerja yang sederhana tetapi modis. Setelan serba merah itu diketahui berlabel AnotherTomorrow yang mengklaim sebagai brand fashion ramah lingkungan. Terdiri dari blus tanpa kerah dengan dasi di leher dan celana lurus, Meghan memadankannya dengan sepatu hak runcing berwarna senada dari label favorit selebritas, Aquazzura.

Ia juga mengenakan perhiasan emas minimal, sementara rambutnya dikuncir kuda. Pengamat kerajaan menilai busana yang dikenakan Meghan sebagai penghormatan untuk Putri Diana setelah peringatan kematian ke-25 tahun pada minggu sebelumnya. Ibu William dan Harry itu difoto oleh Patrick Demarchelier dalam gaun merah Valentino untuk Vogue Inggris sebelum dia meninggal pada 1997.

Sudah Bercerai tapi Masih Cinta

Ardhito Pramono Umumkan Sudah Berpisah dengan Sang Istri, Jeanneta Sanfadelia tapi Akui Masih Cinta

Liputan6.com 2023-11-07 08:59:48
Ardhito Pramono dan istri (Sumber: Instagram/jeannetasfdl)

Ardhito Pramono tiba-tiba memberi kabar mengejutkan mengenai hubungannya dengan sang istri, Jeanneta Sanfadelia. Keduanya ternyata tak lagi hidup bersama.

Hal itu disampaikan sendiri oleh Ardhito Pramono sendiri melalui akun Instagram pribadinya. Dia memperlihatkan video sedang memainkan gitar sambil bernyanyi bersama seorang temannya.

Sementara dalam slide berikutnya ada foto kebersamaannya dengan Jeanneta Sanfadelia. Dalam keterangannya, bintang film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini tersebut mengungkap bahwa dia akan membuka lembaran hidup baru.

"Aku paham beberapa orang mengkhawatirkanku, kondisiku, dan semua sampah yang harus kubuang. tapi mulai sekarang, aku hanya akan menghapusnya dan memulai perjalanan baru dengan niat baikku untuk membantuku lebih dulu dari kesepian yang paling sepi ini," curhatnya di Instagram, Senin (7/11/2023).

Ardhito Pramono juga tahu bahwa banyak orang yang sadar tentang kebiasaannya bersosial media yang mulai berubah. Sang musikus tak lagi menguggah foto putrinya yang bernama Asmara.

"Orang-orang selalu bertanya padaku tentang putriku; "kenapa ga pernah posting lagi?" baiklah, menurutku itu adalah keputusan kami berdua untuk tidak lagi menampilkan foto putri kami yang cantik, Asmara, ke media sosial," tuturnya.


Sudah Tidak Bersama Lagi denganJeanneta

Namun, pria berkacamata ini menyampaikan bahwa sang anak tumbuh dengan baik. Asmara telah menjadi anak yang pintar dan periang. Dan, di sinilah pernyataan bahwa dia telah berpisah dengan sang istri pun diungkap.

"Dia baik-baik saja! Suka kelas baletnya setiap hari Jumat dan selalu jenaka, cantik seperti ibunya. dan walaupun aku dan Jeanne sudah tidak bersama lagi, aku selalu mendoakan yang terbaik untuk Jeanne," ujar Ardhito.


Aku Mencintaimu

Kendati demikian, dia mengaku masih tetap menyayangi Jeanneta Sanfadelia. Tampaknya, wanita yang telah memberinya seorang anak itu akan selalu memiliki tempat spesial di hatinya.

"Aku mencintaimu Ibu. kamu selalu menjadi Candy-ku. aku selalu mencintaimu," tutupnya.


Reaksi Warganet

Warganet pun tampak kaget mendengar kabar buruk ini. "omg baru tau udah gasama2 :(" kata salah satu netizen.

"Love Jeanne, You, and Ara So sorry for what happened to you all," kata yang lain.

"Hiduplah yang sehat kak, untuk menemani Asmara lebih lama lagi. Sungguh kami sayang dirimu, kamu juga harusnya lebih," tambah yang lainnya.

Sebelumnya, publik tidak tahu bahwa Ardhito dan Jeanne telah menikah, sampai Ardhito terjerat kasus hukum pada 2022. Dari situlah diketahui bahwa keduanya telah menjadi pasangan suami istri sejak 2019.

Belajar Tari demi Peran di Film

Kinaryosih Belajar Seni Tari untuk Peran di Film Syirik, Sampai Belajar ke Penari Profesional

Liputan6.com 2023-11-07 12:40:02
Kinaryosih saat syuting film Syirik di desa Banyusoco, Gunung Kidul, Yogyakarta, Senin (6/10/2023).

Kinaryosih, yang dikenal sebagai salah satu aktris berbakat di industri film Indonesia, saat ini tengah serius mempersiapkan diri untuk perannya dalam film "Syirik."

Namun meski telah banyak membintangi puluhan judul film, Kinaryosih merasa penting untuk menjaga keragaman peran yang diambilnya.

"Aku tidak ingin memilih-milih peran, tetapi saya ingin memastikan bahwa saya tidak terjebak dalam peran yang monoton. Saya selalu ingin berkembang dan mengeksplorasi kemampuan akting saya," ujar Kinaryosih saat syuting film Syirik di desa Banyusoco, Gunung Kidul, Yogyakarta, Senin (6/10/2023).


Peran

Sebagai seorang aktris yang pernah meraih penghargaan sebagai Pemeran Pembantu Wanita Terbaik di berbagai festival film ternama, seperti Festival Film Jakarta, Festival Film Bandung, dan Festival Film Indonesia tahun 2006 berkat perannya dalam film "Mendadak Dangdut," Kinaryosih sekarang bersemangat untuk perannya dalam film "Syirik," yang disutradarai oleh Hestu Saputra.


Penari Tradisional

Dalam film ini, Kinaryosih akan memerankan seorang penari tradisional Ledhek yang berharap putrinya bisa mewarisi bakatnya. Untuk memahami peran ini lebih mendalam, Kinaryosih berupaya belajar seni tari dari seorang penari berpengalaman, Cahwati, yang telah memperlihatkan kemampuannya di beberapa negara Eropa sebagai penari tradisional.

"Aku mengikuti kursus menari dengan Mbak Cahwati, seorang penari tradisional yang telah tampil di berbagai negara Eropa. Pengalaman ini sangat membantu saya dalam mempersiapkan peran sebagai seorang penari dalam film 'Syirik'," kata Kinaryosih dengan semangat.


Optimis

Kinaryosih sangat optimis bahwa film terbarunya ini akan diterima dengan baik oleh para penggemar film horor.

Dia menambahkan, "Saya yakin bahwa film ini juga akan menarik jutaan penonton yang menyukai film horor." Dengan komitmennya terhadap seni peran dan usahanya dalam memahami karakternya, Kinaryosih siap memberikan penampilan spektakuler dalam "Syirik."

Belum Terpikir Menikahi Sarah Menzel

Azriel Hermansyah Belum Terpikir Menikahi Sarah Menzel dalam Waktu Dekat: Kami Masih Muda, Sarah Masih Mau Kuliah

Liputan6.com 2023-11-07 13:30:00
6 Potret Mesra Azriel Hermansyah dan Sarah Menzel, Temani Buka Puasa Meski Beda Agama (IG/azriel_hermansyah)

Hubungan Azriel Hermansyah dan Sarah Menzel semakin lengket. Apalagi kedua keluarga sudah saling mengenal baik. Bahkan, Azriel bersama keluarga sudah bersilaturahmi ke rumah Sarah Menzel di Jerman.

"Sudah dekat. Soalnya kan udah ke rumahnya di Jerman kan. Udah jauh," ujar Azriel Hermansyah di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Minggu (5/11/2023).

Sarah pun merasakan kedekatan yang terjalin dengan keluarga Azriel. Saking dekatnya, Sarah Mendez dan keluarganya selalu dilibatkan di setiap acara yang dihelat keluarga Anang Hermansyah dan Ashanty.

"Ya dari awal memang ketemu Jiel sama Bunda kan, terus dari situ udah dekat. Udah pokoknya setiap kali ada acara Bunda juga melibatkan," aku Sarah Menzel.


Sarah Menzel Masih Mau Kuliah

Meski begitu, Azriel dan Sarah Menzel belum terpikir melenggang ke pelaminan dalam waktu dekat ini.

Saat ini, mereka mengaku masih ingin mengejar karir dan pendidikan. "Belum ada (rencana). Sarah masih mau kuliah," kata Azriel.


Butuh Persiapan Matang

Azriel mengaku ingin menikmati masa muda untuk mengejar semua impiannya. Apalagi ia menyadari, butuh persiapan yang matang untuk sebuah pernikahan.

"Kalau aku sih menikmati masa muda. Soalnya pernikahan itu kan nggak semudah yang dibayangkan," jelasnya.


Umur 25 ke Atas

Bukan berarti Azriel tak memilik target kapan dirinya akan menikah. Ia berencana membina rumah tangga di usia 25 ke atas. "Ya umur 25 ke atas," ungkap Azriel Hermansyah.

Wakil Indonesia di Final Miss Universe 2023

Agenda Wakil Indonesia Fabienne Nicole di Kontes Miss Universe 2023, Wawancara Menyentuh hingga Pemotretan

Liputan6.com 2023-11-06 16:00:00
Agenda Wakil Indonesia Fabienne Nicole di Kontes Miss Universe 2023, Wawancara Menyentuh hingga Pemotretan (Tangkapan Layar Instagram/fabienne_fng)

Wakil Indonesia Fabienne Nicole telah tiba di El Salvador untuk menjalani serangkaian agenda menuju final kontes Miss Universe 2023. Beberapa aktivitas Fabienne dibagikannya melalui deretan unggahan di akun Instagram pribadinya.

Pada hari pertama, perempuan berusia 23 tahun tersebut terlihat mengenakan gaun strapless bernuansa emas rancangan desainer Indonesia, Yosep Sinudarsono. "Day 1 at @missuniverse - Having 'INDONESIA' across my chest once again feels surreal. (Hari ke-1 di @missuniverse - Melihat 'INDONESIA' di dadaku sekali lagi terasa tidak nyata)," tulisnya dalam unggahan pada Minggu, 5 November 2023.

"Indonesia, you are my home, and I promise to always do my utmost best.Now, I want to hear from you, my lovely friends! How did you like my outfit today? :) (Indonesia, kau adalah rumahku, dan aku berjanji akan selalu melakukan yang terbaik. Sekarang, saya ingin mendengar pendapat Anda, teman-teman terkasih! Anda menyukai pakaian saya hari ini? :))," lanjutnya.

Selanjutnya, Fabienne mengunggah potret bersama MUA dan hair stylist di acara yang menggunakan produk riasan dari Muba Cosmetics tersebut. Perempuan kelahiran 27 December 1999 itu menyebut hari pertama di kontes membuatnya sangat bersemangat.

"From registration to getting glam with the amazing MUBA team and the final dress fitting -- it's been a day full of excitement and preparation. (Dari pendaftaran hingga tampil glamor bersama tim MUBA yang luar biasa dan fitting pakaian terakhir -- ini adalah hari yang penuh kegembiraan dan persiapan. )," tambah Miss Universe Indonesia 2023.


Keseruan Agenda

Lalu pada hari kedua, Fabienne mengenakan bustier hitam dipadu dengan blazer shocking pink dan celana warna bernyala. Rambutnya ditata curly dengan selempang Indonesia melingkari tubuhnya.

Atasan tersebut masih dari desainer Yosep Sinudarsono, celananya persembahan Ang Studio, dan anting-anting dari Leciel Design. Agenda kontes kecantikan sejagat ini dilaksanakan di InterContinental San Salvador-Metrocentro Mall.

"Day 2 at Miss Universe - From the heartfelt interviews that allowed me to share my story, to the dazzling photoshoots that brought out my inner confidence, every moment has been a part of my extraordinary journey (Hari ke-2 di Miss Universe - Dari wawancara yang menyentuh hati yang memungkinkan saya berbagi kisah, hingga pemotretan memukau yang membangkitkan kepercayaan diri saya, setiap momen telah menjadi bagian dari perjalanan luar biasa saya )" tulisnya dalam kolom keterangan.

Sebelumnya, wakil Indonesia ini tiba di El Salvador dengan busana serba merah dari brand fesyen lokal. Di unggahan Instagram-nya, Jumat, 3 November 2023, Fabienne menulis captiondalam bahasa Inggris yang artinya, "Mendarat di El Salvador, saya dipenuhi kebanggaan dan tekad mewakili Indonesia di kompetisiMiss Universe. Terima kasih atas dukungan dan cinta Anda yang tidak tergoyahkan. Ayo lakukan ini, Indonesia!"


Tiba di El Salvador

Keterangan unggahan itu juga memuat penjelasan bahwa atasan Fabienne merupakan rancangan desainer lokal, Agung Gumelar, sementara celana panjang serasinya rilisan lini mode ANG STUDIO. Melengkapi penampilan, Fabienne juga memakai aksesori dari merek lokal, Hermosa.

Fabienne diketahui berangkat dari Indonesia pada Selasa, 31 Oktober 2023, diantar para penggemar yang datang ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Di unggahan yang dibagikan Rabu, 1 November 2023, video keberangkatannya diawali dengan Fabienne turun dari mobil hitam.

Ia tampil dalam balutan crop top berlengan panjang warna hitam yang penuh kilau. Itu dipadankan dengan celana panjang hitam dan sepatu hak tinggi. Wardrobetersebut merupakan persembahan desainer ternama Indonesia, Diana M. Putri.

Sementara itu, makeup-nya dipoles MUA Djaya Fahlevie dan rambut ditata oleh Andaresta Haryanto. Ia juga mengenakan selempang dan mahkota Miss Universe Indonesia 2023.

Fabienne menulis keterangan unggahan dalam bahasa Inggris yang artinya, "Berangkat menuju panggung Miss Universe dengan hati penuh rasa syukur. Terima kasih pada semua orang luar biasa yang telah mendukung saya dalam perjalanan ini. Saya membawa cinta dan dorongan Anda saat saya mewakili negara kita."


Gaun Rancangan Desainer Lokal

Di antara agenda kontes kecantikan itu, Fabienne akan memakai dua gaun desainer asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Yusuf Isvania. "Yang pertama gaun prelimenary, dan yang kedua itu gaun untuk grand final," kata Yusuf, menurut laporan kanal Regional Liputan6.com per 24 Oktober 2023.

Ia bercerita hanya memiliki waktu dua minggu untuk mempersiapkan dua gaun Fabienne. Kendati mepet, Yusuf tetap memastikan memberi kejutan menarik di dua gaun rancangannya. Ia pun optimis Indonesia bisa meraih prestasi di ajang Miss Universe 2023.

Yusuf menambahkan, salah satu dari dua gaun yang ia rancang bekerja sama dengan jebolan Jember Fashion Carnaval, sekaligus MUA, Bubah Alfian, yang telah merekomendasikannya pada Fabienne. "Saya berharap dia (Fabienne) bisa membawa nama Indonesia dengan baik dengan segala ceritanya, pengalamannya, dan background-nya," ujar dia.

Melansir Philstar, Sabtu, 4 November 2023. Organisasi Miss Universe telah mengumumkan jajaran juri pada kontes edisi ke-72 di El Salvador. Selama tiga tahun terakhir, juri-juri ini semuanya perempuan. Namun tahun ini, tiga pria akan bergabung dalam panel tersebut. Para juri perempuan antara lain:

Sedangkan laki-laki yang akan bergabung dengan panel adalah:

Beberapa dari mereka akan jadi juri Suara untuk Perubahan, beberapa untuk babak penyisihan, dan yang lainnya untuk malam final.

"Gue Hampir Kehilangan Dia"

Belum Dikaruniai Anak, Ganindra Bimo Ungkap Andrea Dian Sempat Keguguran hingga Pendarahan Hebat: Gue Hampir Kehilangan Dia

Liputan6.com 2023-11-07 15:00:29
Andrea Dian dan Ganindra Bimo (Sumber: Instagram/andreadianbimo)

Pernikahan satu dekade yang dijalani Ganindra Bimo dan Andrea Dian bukan sekadar angka. Sebab, keduanya pasti melewati banyak hal untuk tetap bersama-sama sejak janji di depan Tuhan diucapkan pada 2013 lalu.

Meskipun sudah menjalani pernikahan selama 10 tahun lamanya, keduanya masih tampak romantis menghabiskan waktu bersama. Beberapa waktu lalu baik Bimo maupun Andrea membagikan momen liburan mereka.

Namun, kehidupan mulus tak selamanya mereka lalui. Adakalanya ujian harus mereka terima di dalam perjalanan pernikahan. Diungkap Ganindra Bimo, Andrea Dian pernah kehilangan janinnya tak lama setelah mereka menikah.

"Baru nikah, di bulan keenam Andrea hamil, and then di bulan keempat, empat bulan setelah itu dia keguguran," ungkap Ganindra Bimo pada Daniel Mananta di kanal YouTube-nya.


Sempat Memiliki Rencana Punya Anak

Presenter tersebut juga menyebut rencananya setelah menikahi bintang FTV tersebut adalah memiliki anak. Namun, takdir berkata lain, mereka harus kehilangan calon buah hati mereka di usia 4 bulan.

"Tentu mimpi kami berdua adalah saat itu, wah punya anak. Menyenangkan sekali nih kalau kita punya anak," katanya menceritakan kilas balik awal pernikahannya dengan Andrea Dian.


Kehilangan Anak

Ganindra Bimo juga mengungkap cerita ketika dia kehilangan calon bayi di kandungan Andrea. Kejadian itu diakuinya menjadi kehilangan terbesar yang dialami.

"Waktu itu gue ngekos di daerah Setiabudi, kamar mandinya ketutup, pas gue buka Andrea udah gini (terkapar) gue nggak tahu kenapa," papar Bimo.

"Ketika sampai di rumah sakit, dokternya, Dokter Batara bilang, gue udah kehilangan anak gue. Kehilangan terbesar dalam hidup gue salah satunya itu," kata Bimo melanjutkan.


Hampir Kehilangan Andrea Dian

Selain kehilangan anaknya, Bimo juga menyampaikan situasi buruk yang dialaminya masa itu karena harus berhadapan pada kemungkinan kehilangan istrinya. Pria kelahiran 1987 tersebut juga menyampaikan kondisi buruk yang dilalui Andrea Dian saat itu.

"Tapi satu sisi juga, gue hampir kehilangan Andrea. Gue hampir kehilangan Andrea, dokternya bilang probability, probilitas Andrea selamat itu 30 persen karena ternyata udah ada genangan darah sekitar 2 liter di rahimnya," curahnya.

"Dan mukjizat terjadi, Andrea bisa survive, dia selamat, tapi kami kehilangan anak. Dan di momen itu Andrea juga diambil saluran indung telurnya yang kiri dan kami punya trauma lumayan cukup panjang untuk hamil lagi," terang Bimo.

KTA PDIP Gibran dan Kegalauan Bobby

HEADLINE: Gibran Kembalikan KTA PDIP dan Kegalauan Bobby Nasution, Pertanda Apa?

Liputan6.com 2023-11-08 00:00:00
Banner Infografis Gibran Kembalikan KTA PDIP dan Kegalauan Bobby Nasution (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Wali Kota Solo sekaligus bakal calon wakil presiden (Cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Gibran Rakabuming Raka resmi keluar dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu telah mengembalikan Kartu Tanda Anggota (KTA) miliknya ke DPC PDIP Kota Surakarta.

Kendati secara aturan, Gibran sejatinya secara otomatis telah keluar dari PDIP sejak dideklarasikan menjadi bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto. Sebab, PDIP telah mengusung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Saat status politik Gibran di PDIP sudah pasti, kini kegalauan justru dirasakan Wali Kota Medan Bobby Nasution. Menantu Jokowi ini galau antara memilih kakak iparnya atau PDIP selaku partai yang telah membesarkan namanya.

Bobby sendiri telah menghadap ke Kantor DPP PDIP di Jakarta pada Senin, 6 November 2023 kemarin. Kepada Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun, Bobby mengungkapkan kegalauannya. Dia meminta izin mendukung kakak iparnya dan masuk dalam tim kampanye nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Namun di sisi lain, dia tidak ingin keluar dari PDIP.

Komarudin menegaskan bahwa siapapun kader PDIP tidak bisa bermain dua kaki. Karena itu, PDIP memberi waktu Bobby Nasution untuk segera mengambil keputusan politiknya.

Namun sekarang yang menjadi pertanyaan besar, kemana Gibran Rakabuming Raka akan berlabuh setelah tak lagi ber-KTA PDIP?

Direktur Populi Center Usep S Akhyar menuturkan bahwa Gibran bisa saja memilih tetap tidak berpartai hingga Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti usai. Sebab, tanpa berpartai pun Gibran sudah memiiki afiliasi dari para pendukung Jokowi.

"Jadi para pendukung Pak Jokowi mengasosiasikan bahwa Gibran itu representasi dari Pak Jokowi, dan Pak Jokowi ini pendukungnya banyak. Jadi kalau pun tidak berpartai, Gibran sebenarnya sudah ada ceruknya," ujar Usep saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (7/11/2023).

Untuk saat ini, justru partai politik yang lebih membutuhkan Gibran agar bergabung dengannya. Sehingga partai tersebut akan mendapatkan coat-tail effect atau efek ekor jas dari elektabilitas Gibran di Pemilu 2024.

Sementara jika Gibran bergabung dengan partai tertentu, menurut Usep, pasti akan berdampak pada hubungannya dengan parpol lain di Koalisi Indonesia Maju.

Namun begitu, bukan berarti Gibran akan lebih baik untuk tidak berpartai selamanya. Menurut dia, putra sulung Jokowi itu perlu memiliki partai ketika nanti sudah terpilih menjadi wakil presiden Republik Indonesia (RI).

"Karena untuk mendorong memperkuat koalisi nanti di parlemen gitu. Posisi dia (di pemerintahan) juga akan lebih kuat," kata Usep.

Lebih lanjut terkait kegalauan Bobby Nasution, Usep melihat nasibnya di PDIP tinggal menunggu waktu. Secara emosional kekeluargaan, mustahil Wali Kota Medan itu tidak mendukung Gibran di Pilpres 2024.

"Ya kan sebenarnya tinggal nunggu waktu saja, ketegasan dari PDIP gitu. Ini kan dari kemarin juga saling menunggu apakah dari pihak keluarganya Jokowi yang akan menyerahkan (KTA), dan Gibran kan akhirnya menyerahkan itu setelah disindir-sindir," katanya.

Begitu juga dengan Jokowi. Meski tidak pernah menyatakan dukungan terhadap pasangan manapun dan menegaskan presiden netral, namun publik tetap akan melihat Jokowi berpihak pada anaknya. Ditambah lagi, sikap Jokowi juga tersirat dari keputusan para relawannya mendukung Prabowo-Gibran.

"Agak sulit ya melihat bahwa keluarga Pak Jokowi tidak solid mendukung Gibran," ujar Usep.

Meski begitu, 'pembangkangan' ini tidak serta merta bisa membuat PDIP bersikap tegas kepada Jokowi. Sebab bagaimanapun, Jokowi masih setahun menjabat sebagai presiden dan memiliki hak prerogatif untuk menentukan menteri kabinetnya.

Jika salah mengambil keputusan, bukan tidak mungkin justru akan membuat PDIP terjungkal di Pemilu 2024. Itu sebabnya, hingga saat ini Jokowi masih dibiarkan berstatus sebagai kader PDIP.

"Karena merka juga tahu kan hubungan tehadap Jokowi itu bukan hanya soal harus tegas atau tidak tegas, tapi punya efek elektoral enggak itu yang kemudian dihitung oleh GP (Ganjar Pranowo). Kalau tegas gimana, kalau tidak tegas apa efek elektoralnya, pasti dihitung," ujar Usep.

Menurut dia, PDIP saat ini dalam posisi sulit. Pasangan Ganjar-Mahfud tidak bisa menggambil sikap berseberangan dengan Jokowi. Begitu juga PDIP tidak bisa mengkritik kebijakan atau keputusan yang diambil Jokowi.

"Karena kegagalan Pak Jokowi sama saja dengan kegagalan PDIP, dan sebaliknya. Jadi posisinya itu kalau mengambil posisi berseberangan itu juga berisiko, mengambil posisi menganggap Pak Jokowi mendukung itu juga berisiko, karena pada kenyataannya enggak," kata Usep.

"Makanya mungkin sikap-sikap yang netral lunak gitu, itu mungkin justru lebih strategis bagi keduanya karena kan ini yang berebut dua ini," sambungnya.

Saat Kaesang Pangarep gabung Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan langsung menjabat sebagai ketua umum, banyak yang berspekulasi Jokowi kelak akan diproyeksikan menjadi dewan pembinanya. Namun menurut Usep, hal itu tidak akan terjadi.

Setelah tidak lagi menjadi kepala negara, terlepas siapapun presidennya nanti, Jokowi diperkirakan tidak akan terjun di struktural partai. Menurut Usep, Jokowi akan kembali ke kampung halamannya di Solo dan bisa saja menjadi king maker.

"Saya tidak bisa berandai-berandai. Kalau dia bilang ya pulang ke Solo, itu lebih baik. Berarti ya king maker lah," katanya.

"Mungkin itu juga kalau anak-anaknya mapan di partai itu misalnya Gibran di partai apa Golkar, kalau Kaesang di PSI, menurut saya sudah tidak harus Pak Jokowi secara de jure masuk ke partai mana. Pasti dengan anak-anaknya, keluarganya yang masuk di partai-partai itu saya kira ya de facto-nya pasti berkonsultasi semua sama king maker-nya itu," ucap Usep menandaskan.

Hal yang sama juga disampaikan Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno terkait nasib Gibran setelah tak lagi ber-KTA PDIP. Menurut dia, semua partai politik terutama yang berada di KIM pasti membuka lebar pintunya untuk Gibran.

"Saya kira yang bisa jawab apakah Gibran mau ke Golkar, PSI atau partai lain, itu hanya Gibran. Tapi yang jelas peminat Gibran ini banyak, mengingat posisi saat ini Gibran ini adalah cawapres yang berpasangan dengan Prabowo Subianto, dan kedua Gibran ini anak presiden, itu daya tarik yang cukup luar biasa," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Selasa.

Namun Adi tidak menampik bahwa ada kans yang cukup besar Gibran bakal bergabung dengan Golkar. Meski hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari Gibran maupun Golkar.

"Kalau berani jujur, santernya Gibran itu dikaitakan dengan Golkar, meski dalam bersamaaan Kaesang juga menawarkan diri. Tapi sangat jelas tergantung dengan Mas Gibran," katanya.

Sementara terkait kegalauan Bobby Nasution, Adi melihat, nasib Wali Kota Medan itu di PDIP akan seperti kakak iparnya. Apalagi Bobby juga telah menyatakan dukungannya terhadap Prabowo-Gibran yang merupakan lawan PDIP di Pilpres 2024.

"Tinggal bagaimana menyelesaikan proses administrasi dengan PDIP, karena secara politik Bobby pasti tidak ke Ganjar, lebih ke Prabowo dan Gibran. Tinggal apakah kartu anggota akan dikembalikan atau nunggu dipecat. Tapi treatment-nya sama ke Gibran untuk mengembalikan kartu," ujarnya.

Dia yakin PDIP di Pemilu 2024 ini tidak akan bermain dua kaki, meski masih memberi kesempatan Bobby untuk memilih serta tidak memecat Jokowi yang oleh sebagian publik dianggap lebih berpihak pada Prabowo-Gibran ketimbang Ganjar-Mahfud yang diusung partainya.

"Kan ditegaskan oleh PDIP mereka enggak main dua kaki. Kalau main dua kaki, enggak bakal minta kepada Gibran dan Bobby untuk mengembalikan kartu anggotanya. Udah pecah kongsi halus itu," kata Adi menandaskan.


Golkar Terbuka Tampung Gibran dan Bobby

Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Idrus Marham merespons isu yang menyebut Gibran Rakabuming Raka di-Golkar-kan setelah tidak lagi berstatus sebagai kader PDIP. Menurut dia, Golkar tidak pernah memaksa Gibran bergabung dengan partainya.

"Saya kira masalah politik berlabuh ke partai mana, biarlah hak individu masing-masing," ujar Idrus saat berbincang dengan Liputan6.com di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Selasa (7/11/2023).

Meski secara komunikasi politik, Golkar adalah partai yang pertama kali memandatkan Gibran sebagai bakal cawapres Prabowo melalui rapat pimpinan nasional (Rapimnas), namun bukan berarti putra sulung Presiden Jokowi itu harus bergabung dengan partainya.

"Tetap kita serahkan ke Mas Gibran secara bebas menentukan haknya mau kemana, dan saya kira Mas Gibran seorang yang berpengalaman sebagai wali kota dan sudah berpartai, tentu memiliki pertimbangan-pertimbangan yang akan dijadikan dasar untuk menentukan itu (status kepartaian)," ucap Idrus.

Dia menegaskan bahwa Golkar adalah partai yang terbuka. Idrus mengibaratkan Golkar seperti perusahaan go public yang bisa dimiliki siapa saja. Karena itu, dia memastikan bahwa pihaknya tidak akan mempengaruhi Gibran agar bergabung dengan Golkar.

"Jadi biar Gibran yang menentukan, biarkan dia yang melihat sendiri suasana di Golkar," katanya.

Begitu juga terhadap Bobby Nasution yang sedang galau dengan sikap politiknya. Meski menurut Idrus, ayah Bobby merupakan kader Golkar, namun pihaknya tetap tidak bisa memaksa agar suami Kahiyang Ayu itu mengikuti jejak orangtuanya.

"Jadi semua kita kembalikan ke mereka. Kita menghargai hak memilih masing-masing orang untuk menentukan pilihan politiknya," katanya.

"Yang perlu kami jelaskan bahwa Partai Golkar adalah milik rakyat dan bukan hanya milik satu keluarga, bukan hanya milik satu kelompok saja. Tidak ada satu pun keluarga yang boleh dan berhak mengklaim Golkar itu miliknya. Itu yang penting," ujar Idrus menambahkan.

Saat ditanya soal sikap Bobby Nastution mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 sebagai pertanda apa, Idrus hanya menjawab. "Saya kira ini proses dari dialektika yang terjadi, jadi biar mengalir saja," katanya memungkasi.

Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily mengungkapkan, partainya terbuka terhadap siapapun, termasuk Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution. Menurut dia, Golkar terbuka sebagai kendaraan politik Bobby setelah nanti keluar dari PDIP, karena punya kesamaan sikap pada Pilpres 2024.

"Ya Golkar sendiri adalah partai yang terbuka, partai yang inklusif. Siapapun yang memiliki kesamaan sikap politik dan pandangan politik dalam menghadapi pemilihan presiden, tentu ya kami sangat terbuka," katanya di DPR, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Golkar sendiri tidak ingin ikut campur pada masalah Bobby dengan internal PDIP. Keputusan apakah keluar dari partai berlambang banteng itu diserahkan sepenuhnya kepada Bobby.

"Nah soal PDIP sendiri tentu kami tidak mau ikut campur urusan internal PDIP, dan itu saya kira dikembalikan kepada Bang Bobby karena setiap pilihan politik tentu ada konsekuensinya, termasuk soal kemungkinan risiko politik yang dihadapi oleh siapapun kalau memang sudah melakukan, sudah memilih pilihan politik," ujar Ace.

Dukungan Bobby Nasution kepada pasangan Prabowo-Gibran dinilai sesuatu yang wajar. "Karena bagaimanapun beliau punya kedekatan khusus dengan Prabowo dan Mas Gibran," kata Ace menandaskan.


Beda Cerita Soal KTA PDIP Gibran

Sebagai informasi, Wali Kota Solo sekaligus bakal cawapres KIM, Gibran Rakabuming Raka sudah resmi keluar dari PDIP. Putra sulung Presiden Jokowi itu dikabarkan telah mengembalikan KTA PDIP setelah diusung menjadi bakal cawapres Prabowo Subianto.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut, Gibran Rakabuming Raka telah mengembalikan kartu tanda anggotanya ke Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta. Dia juga sudah berpamitan.

"Ya sudah. Jadi, sudah diselesaikan oleh DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta karena Mas Gibran 'kan menerima KTA dari DPC Kota Surakarta sehingga tidak lagi beranggota PDI Perjuangan karena sudah pamit," kata Hasto di Denpasar, Bali, Sabtu 4 November 2023 lalu.

Lebih lanjut, Hasto menuturkan bahwa secara perundang-undangan, calon presiden dan calon wakil presiden harus diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik. PDIP bersama PPP, Perindo, dan Hanura sudah mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Sementara Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah diusung oleh gabungan partai Koalisi Indonesia Maju.

"Ini 'kan berbeda dengan undang-undang tentang partai politik, sehingga otomatis ketika seseorang sudah dicalonkan partai lain, ya, otomatis KTA-nya tidak boleh rangkap," kata Hasto, dilansir dari Antara.

Ditegaskan pula bahwa seseorang dilarang menjadi anggota di dua partai politik, tak terkecuali Gibran putra sulung Presiden Joko Widodo.

"Memangnya karena menjadi anak pejabat lalu boleh KTA-nya tiga? 'Kan tidak boleh, ini undang-undang, ini konstitusi. Jadi, pamitnya sudah diterima," kata Hasto memungkasi.

Namun pernyataan berbeda justru disampaikan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo. Dia menyebut Gibran hingga kini belum mengembalikan KTA. Meski begitu, ia menegaskan bahwa putra sulung Presiden Jokowi itu otomatis tak lagi jadi bagian PDIP sejak menjadi bakal cawapres dari Prabowo Subianto.

"Mas Gibran sudah sah tidak menjadi bagian dari PDI Perjuangan lagi sejak menjadi bacawapres untuk koalisi partai lain," kata Hadi dilansir dari Antara, Selasa (7/11/2023).

Hadi mengaku, dirinya sudah tidak lagi mempermasalahkan soal pengembalian KTA. Hadi juga enggan memaksa Gibran mengembalikan KTA.

"Hingga saat ini KTA belum dikembalikan. Akan tetapi, dikembalikan atau tidak silakan. Pokoknya sudah tidak jadi masalah. Sudah tutup buku. Persoalan tersebut sudah tutup buku," tambah Hadi.

Disinggung soal surat permohonan darinya agar Gibran mengembalikan KTA, Rudy mengaku, tidak lagi berharap balasan.

Dalam surat tersebut, dia hanya menyarankan Gibran untuk mengembalikan KTA agar tidak muncul anggapan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri berdiri di dua kaki.

"Suratnya jelas, untuk menghilangkan isu supaya Bu Mega tidak dianggap bermain di dua kaki, Pak Jokowi tidak dianggap bermain di dua kaki. Maka, saya hanya menyarankan untuk dikembalikan KTA. Yang namanya menyarankan 'kan tidak ada batas waktu," tutur Hadi.


PDIP Beri Waktu Bobby Nasution Memilih

Sementara itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution telah memenuhi pemanggilan DPP PDI Perjuangan (PDIP). Bobby menghadap ke kantor DPP PDIP di Jakarta, Senin (6/11/2023) sekitar pukul 15.48 WIB.

Bobby yang menumpangi mobil hitam terlihat mengenakan kemeja berwarna putih. Sementara, terlihat seragam merah khas PDIP tergantung di dalam mobilnya.

"Dipanggil Pak Sekjen," katanya saat memasuki kantor PDIP.

Sementara itu, Bobby mengaku belum mengetahui apa yang akan dibahas bersama Hasto Kristiyanto. "Belum tahu. Nanti saya kasih tahu," kata dia.

Tak berselang lama, Bobby keluar dari Kantor DPP PDIP. Namun dia enggan mengungkap apa yang dibahas di dalam.

"Sudah saya sampaikan pada Pak Komarudin Watubun, tadi sudah," kata Bobby usai pertemuan.

Menantu Presiden Jokowi ini tidak banyak memberikan keterangan terkait pemanggilannya. Ia hanya mengatakan akan ada yang disampaikan dalam beberapa hari ke depan.

"Beberapa hari lagi akan disampaikan," kata Bobby singkat.

Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun mengungkap alasan Wali Kota Medan Bobby Nasution memilih mendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Menurut Komarudin, dukungan Bobby diberikan karena hubungan keluarga.

"Ya pasti alasan hubungan kekerabatan lah tanya Mas Bobby jangan tanya saya," kata Komarudin di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (6/11/2023).

Tetapi, Komarudin membantah Bobby memilih Prabowo-Gibran karena perintah Presiden Joko Widodo.

"Enggak-enggak," kata dia.

Pada pemanggilan hari ini, Bobby menjelaskan bahwa ia galau karena masih ingin di PDIP namun mendukung Prabowo-Gibran. Bobby pun meminta izin kepada PDIP untuk bergabung dengan Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

"Akhirnya dia minta kalau diizinkan boleh ke sana bergabung dengan Pak Prabowo, timnya Pak Prabowo dalam pemenangan Pak Prabowo. Tidak mau berpindah ke partai di sana, tetap di PDI Perjuangan," ujar Komarudin.

Komarudin mengaku memahami perasaan Bobby yang tetap ingin berada di PDIP. Karena telah dibantu untuk menjadi wali kota Medan.

"Saya mengerti lah perasaan dia, dia sampaikan 'aduh bagaimana pun saya besar seperti hari ini karena seluruh kekuatan PDI Perjuangan dikerahkan waktu saya mencalonkan diri jadi Wali Kota Medan'. Termasuk masalah-masalah pribadi yang waktu itu kita bagaimana menjaga dia menjadi wali kota," ujarnya.

Tetapi, di PDIP dilarang kadernya untuk bersikap dua kaki di pemilu. Maka PDIP memberi pilihan untuk mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud Md atau keluar sebagai anggota partai.

"Nah kita mengerti perasaan itu, makanya tadi kami sampaikan, oke kalau begitu kamu tetap harus memilih salah satu, enggak bisa main dua kaki. Kembali beberapa hari ini silakan pikir baik-baik, lalu kembalikan KTA partai sebagai pengunduran diri di DPC PDIP Kota Medan," ujar Komarudin.

PDI Perjuangan memberikan kesempatan kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk mengambil keputusan selama 1-2 hari apakah mengundurkan diri atau tetap di PDIP dan mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Bobby sebelumnya diketahui menyatakan mendukung Prabowo-Gibran.

Berbeda dengan Gibran yang otomatis keluar dari PDIP, Bobby masih diberikan waktu memilih. Komarudin Watubun menjelaskan, Gibran tidak diberi kesempatan memilih karena dianggap membuat masalah dan membangkang.

Komarudin mengungkit bahwa Gibran pernah dipanggil oleh PDIP dan menyatakan untuk tegak lurus keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat dipanggil. Tetapi akhirnya malah membangkang menjadi cawapres mendampingi Prabowo.

"Kalau Mas Gibran itu kasusnya agak beda ya. Mas Gibran itu kita sudah panggil, panggil resmi, kita tanya di ruangan ini dia bilang saya tegak lurus dengan ibu Ketum," ungkap Komarudin di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (6/11/2023).

"Semua TV kayaknya hadir waktu itu, kemudian dikasih tugas, jadi kepala daerah kampanye milenial keliling daerah semua dikasih tugas-tugas, tapi diabaikan. Itu pembangkangan yamg jelas ya," tegasnya.

Berbeda, Bobby sampai menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran tidak pernah membuat masalah dengan partai.

"Kalau Mas Bobby kan enggak. Dia selama ini enggak ada masalah dengan partai, dia deklarasi, lalu dia sampaikan relawan ke sana," ujar Komarudin.

Maka itu, PDIP hari ini meminta klarifikasi kepada Bobby. Disampaikan oleh menantu Presiden Joko Widodo itu bahwa hatinya tetap berada di PDIP. Tetapi, ia ingin mendukung Prabowo-Gibran. Bahkan sampai minta izin untuk masuk Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

Hanya saja PDIP punya aturan bahwa kadernya dilarang untuk punya sikap politik dua kaki di pemilu.

"Tadi dia sampaikan aduh pak saya besar ini karena PDI, ya tapi kita enggak bisa. Kau harus pilih salah satu," tegas Komarudin.