Antara Jas AMIN, Kemeja Biru dan Baju Sat Set

Debat Capres: Anies-Cak Imin Berjas AMIN, Prabowo-Gibran Kemeja Biru, Ganjar-Mahfud Baju Sat Set

Liputan6.com 2023-12-12 19:37:12
Calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md berangkat bersama menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk debat capres perdana Pilpr

Ketiga pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) mengikuti debat capres perdana di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa malam (12/12/2023).

KPU pun memanggil satu per satu nama paslon peserta Pilpres 2024 untuk ke panggung debat capres. Dimulai dari pasangan capres-cawapres nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Anies-Cak Imin tampak kompak dengan jas hitam dengan logo 'Amin' di bagian dada sebelah kiri serta memakai peci hitam.

Pasangan berikutnya yang dipanggil adalah pasangan calon nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Prabowo-Gibran memakai kemeja warna biru muda.

Selanjutnya adalah pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo- Mahfud Md. Ganjar-Mahfud kompak memakai kemeja warna putih dengan tulisan sat set di bagian depan depan dan belakang kemeja.

Setelah sampai di lokasi debat, ketiga pasangan calon saling bersalaman. Senyum pun mengembang dari ketiga pasangan.


Anies-Cak Imin Didampingi Istri ke KPU

Dari pantauan merdeka.com, Anies-Cak Imin tiba di depan gerbang KPU dengan menaiki mobil elf warna hitam. Keduanya turut didampingi oleh istrinya masing-masing, yakni Fery Haryati dan Rustini Murtadho.

Kehadiran Anies dengan Imin pun nampak kompak dengan pakaian peci hitam dan kemejanya dengan logo 'Amin'. Tidak ketinggalan mereka mengacungkan jari telunjuknya kepada awak media.

Sebelum tiba di KPU, Anies-Cak Imin itu berangkat dari Posko Timnas AMIN di Jalan Diponegoro X, Menteng. Keduanya solat Maghrib berjamaah di Posko Timnas AMIN.

Anies mengaku memilih Istirahat sebelum debat perdana. Ia memilih santai di kediamannya.

"Cukup Istirahat saja. Hari ini hari santai rileks baca-baca ngobrol-ngobrol itulah kesiapannya. Hari ini santai ya," katanya.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini mengibaratkan menghadapi debat ini seperti masa kuliah. Anies memilih jauh-jauh hari banyak membaca buku. Agar hari sebelum ujian tinggal santai.

"Baca bukunya sudah bertahun-tahub lalu. Jadi sama seperti dulu saya seperti kuliah kalau besok mau ujian malamnya ga belajar lagi malamnya udah istirahat," katanya

Sementara itu, Cak Imin mengaku hari ini hanya memberikan dukungan kepada Anies. Karena debat perdana hanya pertarungan antar calon presiden.

"Ya kita support, kita doa dari belakang," katanya saat menemani Anies menuju KPU.

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

Wamil, Sedih Saat Pamit ke ARMY

Jimin BTS Sedih Saat Pamit ke ARMY untuk Berangkat Wamil, tapi Bersyukur Jungkook Bersamanya

Liputan6.com 2023-12-12 11:37:59
Jungkook dan Jimin BTS. (Big Hit Music/ Facebook - BTS ())

Jungkook dan Jimin BTS berangkat wajib militer atau wamil pada tanggal cantik hari ini, Selasa (12/12/2023). Sehari sebelumnya, Jimin dan Jungkook masing-masing menyapa ARMY lewat siaran langsung via Weverse.

Tujuannya jelas, yakni berpamitan kepada ARMY. Apalagi mereka adalah dua member terakhir BTS yang berangkat wamil.

"Daah! Aku akan kembali secepatnya, dalam kondisi baik," kata Jimin dalam siaran langsungnya, dilansir dari Korea JoongAng Daily. Dalam momen ini Jimin mengenakan topi kupluk untuk menutupi kepalanya yang plontos, tapi kemudian membukanya untuk memperlihatkan gaya rambut barunya kepada ARMY.

Saat berbicara dengan penggemar, Jimin sempat merasa emosional begitu mengingat akan berpisah dengan ARMY lebih dari setahun. "Rasanya seperti aku berpisah dengan [penggemar] yang telah kukenal selama 10-11 tahun," kata dia.

Meski sedih, Jimin masih bisa menghibur diri karena dua hal. "Memulai lebih awal berarti waktu untuk kami kembali sebagai tim dan bekerja bersama akan datang lebih cepat," Jimin menjelaskan.

Selain itu, ia juga lega masuk wamil bersama dengan Jungkook. "Aku bergabung dengan kemiliteran bersama Jungkook, jadi aku punya seseorang yang bisa kuandalkan," Jimin menyambung.


Janji Jungkook

Jungkook yang melakukan live streaming pada hari yang sama, juga berpamitan kepada ARMY.

"Semua member akan menjalani wajib militer mulai besok," kata Jungkook. "Aku berterima kasih [kepada semua penggemar] atas dukungan dan cinta mereka hingga saat aku masuk," imbuhnya.

Jungkook menambahkan, "Aku akan merindukan kalian... Aku akan kembali dengan kuat dan solid."


RM dan V Berangkat Sehari Sebelumnya

Diberitakan sebelumnya, pada Senin kemarin RM dan V lebih dulu masuk wamil. Jungkook dan Jimin ikut serta mengantar keduanya, begitu pun dengan Jin, J-Hope, dan Suga yang saat ini menjalani wamil serta ambil cuti.

Para member BTS berangkat wamil tanpa gembar-gembor, dan tak ada acara pelepasan khusus bersama penggemar. Dari awal, hal ini sudah diwanti-wanti pihak agensi.


Reuni Lengkap Tahun 2025

"Untuk mencegah masalah yang mungkin timbul akibat kerumunan, penggemar disarankan untuk tidak mengunjungi lokasi. Mohon sampaikan salam hangat dan dukungan dalam hati Anda saja," kata pihak agensi.

Otomatis kini semua anggota BTS akan hiatus untuk menjalani tugas negara. Jin dan J-Hope lebih dulu bertugas di kemiliteran, sementara Suga yang pernah mengalami kecelakaan dan cedera serius bertugas sebagai petugas layanan sosial. BTS diperkirakan akan berkumpul dengan formasi lengkap pada 2025 mendatang.

Disebut Sombong saat Disapa Ibu-Ibu

Fuji Disebut Sombong karena Beri Reaksi Seperti Ini saat Disapa Ibu-Ibu: Maaf ya Lagi Teleponan

Liputan6.com 2023-12-12 13:00:01
Setia dengan gaya boyishnya, Fuji tampil dengan padu padan sweater, cargo pants, dan sneakers. Penampilannya dilengkapi dengan shoulder bag. [@fuji_an]

Fuji kembali jadi sorotan usai sebuah video di platform TikTok yang mendadak viral menampilkan potongan kejadian saat dia tengah berlibur.

Video yang dibagikan akun @ernanda.fm tersebut mendapat lebih dari 9 juta tayangan belum genap sehari sejak diunggah.

Dari video Tiktok tersebut, terlihat Fuji tengah mengantre di sebuah kedai sambil memainkan ponselnya. Namun, pemilik video terlihat mengambil rekaman adik ipar almarhum Vanesha Angel tersebut yang saat itu tengah mengenakan airpods.

"Fuji di tegur di bilang sombong," begitu yang tertulis dalam video tersebut.


Langsung Ditegur Sombong

Respons tidak sesuai yang diberikan Fuji lantas mendapat teguran dari perekam tersebut. Tanpa ragu, dia langsung mengatakan bahwa Fuji sombong.

"Fuji gak boleh sombong ya sama kita, harus senyum dong," kata suara yang merekam Fuji tersebut.


Minta Maaf

Meskipun Fuji terdengar sudah menjawab sapaan, teguran tersebut membuat Fuji terkejut hingga melepas airpods yang dikenakan. Dia langsung memberikan senyuman dan permohonan maaf lantaran kalimat yang dilayangkan padanya itu.

"Maaf ya, lagi teleponan ini. Ini lagi teleponan," katanya sambil menatap orang-orang yang menyapanya tersebut.


Tanggapan Warganet

Warganet yang melihat video tersebut lantas berkomentar membela Fuji yang dinilai sudah cukup sopan membalas sapaan untuknya tersebut.

"emang harus senyum terus ya buk??" begitu bunyi captionyang ditulis pengunggah video.

"mungkin harus sungkem ya bu fuji nya???" kata pemilik akun TikTok @okkyparam****.

"pdhl udah bilang hallo loh," tutur akun @nellaa_ok***.

"emang klo artis harus senyum terus ya,,,," komentar pengguna lain.

Menangis Saat Jenazah Masuk Liang Lahad

Jeje Govinda Menangis Iringi Prosesi Pemakaman Ibunda Tercinta, Air Mata Tumpah Saat Jenazah Masuk Liang Lahad

Liputan6.com 2023-12-12 15:47:00
Jeje Govinda menangis di atas pusara mendiang ibunda tercinta

Setelah disemayamkan di rumah duka, jenazah ibunda Jeje Govinda dimakamkan di TPU Cipinang Hanafi, Jakarta Timur. Prosesi pemakaman sendiri berlangsung ba'da Dzuhur.

Jeje Govinda yang diketahui baru tiba dari London, Inggris, turut mengantarkan jenazah ibunda tercinta ke peristirahatan terakhir. Bahkan, Jeje juga turun ke liang lahad menguburkan ibunya.

Sejumlah kerabat turut hadir di prosesi pemakaman ibunda Jeje Govinda. Mereka di antaranya Nagita Slavina dan juga Tara Budiman.

Pada momen itu, Jeje tampak menahan kesedihannya. Ia berusaha untuk tetap tegar melepas kepergian ibunda tercinta, hingga tertutup undukan tanah merah.


Sambutan Pihak Keluarga

Seorang pria yang mewakili pihak keluarga menyampaikan sepatah dua patah kata, usai jenazah ibunda Jeje dikuburkan. Ia berdoa semoga amal baik almarhumah diterima Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Kami mohon maaf yang sebesarnya dalam penerimaan penyelenggaraan pemakaman ini. Mohon dimaafkan mudah-mudahan almarhumah diterima amal ibadahnya diampuni segala khilafnya dan ditempatkan di sisi-Nya," ucap salah satu perwakilan keluarga.


Menangis di Pusara Ibunda

Jeje yang semula berusaha untuk tetap tegar, tak kuasa lagi menahan tangisnya di dekat pusara ibunya. Setelah merasa agak tenang, ia pun menyampaikan sepatah kata usai prosesi pemakaman.

"Jadi sekarang semuanya, Mama sudah tenang sama Papa, sama Kaka saya juga semoga diterima. Sekali lagi terimakasih," ucap Jeje.


Meninggal Dunia Dalam Usia 73 Tahun

Ibunda Jeje, Farida Budyarti, meninggal dunia pada Senin, 11 Desember 2023 pukil 08.00 WIB. Almarhumah meninggal di usianya yang ke-73 tahun.

Sebelumnya, ibunda Jeje diketahui sempat menjalani perawatan di rumah sakit. Mendiang didiagnosis mengalami infeksi di bagian empedu dan penyumbatan saluran pencernaan.

Hadiri Pemakamanan Ibunda Jeje Govinda

Nagita Slavina Hadiri Pemakamanan Ibunda Jeje Govinda, Berusaha Menguatkan Suami Syahnaz Sadiqah

Liputan6.com 2023-12-12 16:34:00
Nagita Slavina cantik dengan berhijab. (Instagram/raffinagita1717)

Nagita Slavina turut menghadiri prosesi pemakaman ibunda Jeje Govinda. Berbalut busana serba hitam, istri Raffi Ahmad itu datang ditemani asistennya, Merry.

Dalam momen itu, Nagita Slavina tampak memberi semangat untuk Jeje Govinda. Ia berusaha menguatkan adik iparnya itu, yang tengah diselimuti kabut kesedihan atas kepergian ibunda tercinta.

Nagita sempat mendatangi Jeje secara langsung. Ia sesekali mengusap pundak suami dari Syahnaz Sadiqah itu untuk menguatkan.

"Yang kuat ya, sabar," kata Nagita Slavina di sela-sela prosesi pemakaman, di TPU Cipinang Hanafi, Jakarta Timur, Selasa (12/12/2023).


Turun ke Liang Lahad

Tak hanya Nagita Slavina, Tarra Budiman turut hadir di prosesi pemakaman ibunda Jeje. Tarra menyampaikan rasa belasungkawanya kepada Jeje.

Dalam prosesi pemakaman ini, Jeje yang diketahui baru tiba dari London, Inggris, ikut menggotong keranda jenazah ibunda tercinta hingga ke peristirahatan terakhir. Bahkan, Jeje juga turun ke liang lahad menguburkan ibunya.


Menahan Sedih

Jeje tampak tampak berusaha menahan kesedihannya saat prosesi pemakaman berlangsung. Dengan tegar Jeje mengikuti prosesi pemakaman, hingga gundukan tanah merah menutupi jenazah mendiang.

Nyatanya, kondisi tak bertahan lama. Jeje tak kuasa lagi menahan tangis sesaat sebelum menyampaikan sepatah kata usai prosesi pemakaman dilakukan.


Ibunda Sudah Tenang

Setelah merasa agak tenang, Jeje percaya bahwa mendiang ibunya kini sudah merasa tenang.

"Jadi sekarang semuanya, Mama sudah tenang sama Papa, sama Kaka saya juga semoga diterima. Sekali lagi terimakasih," ucap Jeje.

Perjuangkan Dangdut Goes to UNESCO

Rhoma Irama Terus Perjuangkan Dangdut Goes to UNESCO

Liputan6.com 2023-12-12 15:30:00
Penyanyi dangdut Rhoma Irama tampil pada acara HUT ke-28 Indosiar di Studio 6 EMTEK City, Jakarta, Rabu (11/1/2023). Rhoma Irama membawakan lagu berjudul "Butter" dari BTS dan duet bareng

Rhoma Irama terus berjuang membawa musik dangdut sebagai warisan budaya tak benda asli Indonesia di United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Saat ini proses Dagdut Goes to UNESCO tengah bergulir di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rhoma bersama insan dangdut lainnya berharap proses ini berjalan lancar.

Salah satu upaya memuluskan Dangdut Goes to UNESCO, Rhoma bersama musisi dangdut menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa dan mengganti nama organisasi Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) menjadi Persatuan Artis Musik Dangdut Indonesia (PAMDI).

Pergantian nama ini juga telah disetujui Eddie M Nalapraya dan Muchsin Alatas, selaku pendiri PAMMI.


Penyesuaian

"Kami tetapkan dalam rangka penyesuaian aktivitas dangdut ini. Ketika kita beberapa tahun lalu mengusulkan dangdut menjadi warisan budaya tak benda asli Indonesia," ujar Rhoma di Kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (11/12/2023).

Menurut Rhoma, dengan ditetapkan dangdut terdaftar di UNESCO, tentunya menjadi nilai tambah untuk genre musik ini.


Makin Dikenal Dunia

Dalam arti, dangdut akan semakin dikenal di penjuru dunia, sebagai warisan budaya tak benda asli Indonesia.

"Dengan dangdut ke UNESCO dangdut akan semakin dikenal di dunia. Kalau sudah disahkan, dangdut adalah resmi warisan budaya tak benda dari Indonesia," kata Rhoma.


Dukungan Pemerintah

Sementara itu, Nuroji selaku anggota DPR Komisi X, mendukung penuh upaya Rhoma dan musisi mendaftarkan dangdut ke UNESCO. Ia berharap, dangdut segera disahkan sebagai warisan budaya tak benda asli Indonesia.

"Saya di sini akan mendukung Pak Haji Rhoma Irama sepenuhnya untuk proses Dangdut Goes To UNESCO atau dangdut mendapatkan pengesahan bahwa musik ini adalah warisan budaya tak benda untuk Indonesia," ucap Nuroji.

Hadiri Sidang Perdana Kasus Narkoba

Yoo Ah In Hadiri Sidang Perdana Kasus Narkoba, Ada Dakwaan yang Disanggah

Liputan6.com 2023-12-12 14:22:20
Yoo Ah In (Foto: Allkpop)

Setelah berbulan-bulan melalui masa penyidikan, kasus penyalahgunaan narkoba Yoo Ah In akhirnya disidangkan pada Selasa (12/12/2023). Sang aktor mengikuti sidang di Divisi Perjanjian Pidana 25-1 Pengadilan Distrik Pusat Seoul.

Bintang film Seoul Vibe ini didakwa dengan berbagai tuduhan, termasuk kebiasaan menggunakan narkoba, merokok dan ajakan penggunaan ganja, penghancuran barang bukti, melanggar UU Pelayanan Medis, dan penipuan.

Awalnya sidang dijadwalkan pada 14 November 2023, tanggal persidangan diubah karena permintaan dari pengacara. Yoo Ah In hadir di pengadilan mengenakan kemeja yang dilapisi dengan jas dan celana hitam.

Sebelum memasuki ruang sidang, Yoo Ah In kembali menjawab pertanyaan wartawan dan mengungkap penyesalannya.

"Saya minta maaf karena telah menyebabkan kekhawatiran banyak orang. Saya akan dengan kooperatif dalam proses persidangan dan melakukan apa pun yang saya bisa. Saya ingin meminta maaf sekali lagi kepada mereka yang sangat kecewa dan mengalami banyak kerugian karena aku," tuturnya.

Dalam persidangan, pihak Yoo Ah In mengakui bahwa aktor berusia 37 tahun tersebut memang telah menyalahgunakan obat terlarang. Salah satunya adalah ganja. Namun ada juga tuduhan yang disanggah.

"Kami mengakui bahwa terdakwa terlibat dalam kejahatan umum yaitu menghisap ganja. Namun beberapa dakwaan, seperti mengajarkan cara merokok ganja dan menghancurkan barang bukti, berbeda dari fakta atau dilebih-lebihkan," terangnya dikutip dari Allkpop.


Fakta dan Prinsip Hukum

"Ada banyak hal yang perlu ditinjau secara mendalam mengenai fakta dan prinsip hukum. Saya akan memberikan pendapat saya tentang hal itu setelah meninjau bukti secara menyeluruh," sambung pengacara.

Diberitakan sebelumnya, media setempat melaporkan bahwa dalam dakwaan, tercatat Yoo Ah In telah menggunakan total 9,6 liter propofol tingkat medis pada 181 kesempatan terpisah di 14 rumah sakit berbeda dalam rentang waktu 2 tahun.


Beli Obat Terlarang dengan Nama Orang Lain

Diberitakan oleh Allkpop, 2 November 2023, ia juga didakwa menggunakan 567 miligram midazolam, 10,7 mililiter ketamine, dan 200 miligram remimazolam serta 1.150 obat tidur secara ilegal yang diperoleh dari 44 transaksi berbeda dengan menggunakan nama orang lain.

Tak hanya itu, Yoo Ah In juga dituduh menyuruh orang lain menggunakan ganja yang dicurigai sebagai upaya menyembunyikan penggunaan narkoba dirinya sendiri.


Menyuruh Seorang YouTuber Merokok Ganja?

Setelah YouTuber berinisial A tahu bahwa Yoo Ah In menggunakan ganja, aktor berusia 37 tahun ini dikabarkan menyuruh A untuk mencoba rokok. Awalnya, permintaan itu ditolak oleh YouTuber tersebut, tapi Yoo Ah In malah menyuruhnya untuk menghirup ganja lebih dalam ketika A akhirnya menyerah dan pura-pura merokok.

Yoo Ah In diduga melakukan hal ini agar YouTuber tersebut tidak melaporkannya ke polisi karena kandungan obat terlarang juga sudah terkandung dalam tubuh A kala itu.

Mantan Tukang Kebun Dapat Warisan Rp178 Triliun

Mantan Tukang Kebun Keluarga Hermes Dikabarkan Bakal Dapat Warisan Rp178 Triliun

Liputan6.com 2023-12-12 13:00:00
Foto yang diambil pada 25 Mei 2023 di Lille, timur laut Prancis ini menunjukkan papan nama toko mewah Hermes di Rue Grande-Chaussee. (SAMEER AL-DOUMY / AFP)

Miliarder sekaligus keturunan dinasti mode Hermes, Nicolas Puech, diduga menyusun rencana yang mengejutkan terkait warisannya. Sosok yang disebut akan mewarisi hartanya adalah mantan tukang kebunnya berusia 51 tahun.

Dikutip dari New York Post, Selasa (12/12/2023), pria berusia 82 tahun itu diketahui belum menikah dan tidak memiliki anak. Puech berencana untuk secara resmi menunjuk mantan tukang kebun dan tukang dari keluarga sederhana Maroko sebagai ahli warisnya yang sah, seperti yang dilaporkan oleh publikasi Swiss Tribune de Genve.

Tindakan tidak lazim untuk mewariskan kekayaan dan properti real estatenya yang sangat besar kepada tukang kebunnya telah memicu spekulasi yang kuat. Puech sendiri adalah generasi kelima keturunan Thierry Herms, pendiri Hermes pada 1837.

Puech memiliki saham yang cukup besar di perusahaan yang kini bernilai 220 miliar dolar AS, termasuk sebagai orang terkaya di Swiss dengan perkiraan kekayaan 10,3 miliar dolar AS hingga 11,4 miliar dolar AS (Rp161 triliun hingga Rp178,2 triliun). Diduga, Puech telah memulai proses hukum, didukung oleh tim hukum yang tangguh untuk meresmikan adopsi tukang kebun tersebut, yang merupakan bagian penting dari revisi pengaturan estate-nya.

Tukang kebun tersebut dilaporkan menikah dengan seorang perempuan dari Spanyol dan memiliki dua anak. Pria itu akan mendapat warisan sebagian besar kekayaan Puech, termasuk memperoleh properti besar di Marrakesh, Maroko dan Montreux, Swiss senilai 5,9 juta dolar AS (Rp92,2 miliar).


Konflik Keluarga

Menggali sejarah Puech bersama Herms menggambarkan sekilas tentang motivasi di balik pilihan yang tidak lazim bagi ahli warisnya ini. Keretakan yang pahit muncul pada 2014 ketika LVMH, konglomerat mewah saingannya, mengakuisisi saham besar di Herms, sehingga memicu perselisihan sengit dalam keluarga tersebut.

Keluarnya Puech dari dewan direksi perusahaan di tengah kekacauan ini menandakan perselisihan yang tidak dapat diperbaiki dengan kerabatnya. "Dia mengundurkan diri karena selama beberapa tahun merasa dikepung oleh anggota keluarganya, yang menyerangnya dari berbagai sisi, tidak hanya terkait LVMH," kata juru bicara Puech saat itu.

Rencana Puech yang tidak biasa itu menghadapi tantangan berat, melewati rintangan hukum yang rumit untuk adopsi orang dewasa, sebuah kejadian yang sangat jarang terjadi di Swiss. Laporan menunjukkan bahwa persyaratan untuk adopsi semacam itu memerlukan adanya hubungan terlebih dahulu selama masa anak-anak yang diadopsi, suatu kondisi yang mungkin sulit untuk dipenuhi. Selain itu, terdapat konflik komitmen yang besar.


Diprediksi Hadapi Tantangan

Puech sebelumnya telah menyumbangkan kekayaannya ke yayasan Isocrates, yang didirikan olehnya untuk memerangi informasi yang salah. Upaya untuk mencabut sumpah ini mungkin akan memicu pertarungan hukum yang sengit seperti perselisihan keluarga di masa lalu.

Yayasan tersebut, dalam pernyataan yang dibagikan kepada Fortune, menentang pembatalan kontrak warisan secara sepihak, yang menandakan potensi pertikaian. Laporan menunjukkan bahwa manuver adopsi dapat berfungsi sebagai taktik hukum untuk mencegah campur tangan yayasan terhadap wasiat Puech.

Di sisi lain, orang terkaya di dunia, Bernard Arnault, sedang menyusun rencana pembagian warisan guna mencegah kelima anaknya berebut harta. Kekayaan Arnault tercatat senilai 196 miliar dolar AS (sekitar hampir Rp3 kuadriliun), menurut sebuah laporan.

Melansir New York Post, Selasa, 7 Februari 2023, CEO LVMH ini telah menciptakan perusahaan induk baru yang membagi kekayaannya secara merata di antara anak-anaknya, lapor Bloomberg News. Perusahaan baru ini adalah kunci visi Arnault untuk membuat LVMH tetap berada di bawah kendali keluarga.


Orang Terkaya di Dunia Memulai Rencana Pembagian Warisan, Cegah 5 Anaknya Berebut Harga

Kendati, para pengamat tidak tahu yang mana dari kelima anaknya, yang semuanya bekerja di bisnis ini, yang akan mengambil peran kepala eksekutif LVMH. Arnault jadi ayah dari dua anak: Delphine (47) dan Antoine (45) dengan istri pertamanya dan memiliki tiga anak dari pernikahannya saat ini: Alexandre (30), Frederic (28), dan Jean (24).

Pada Desember 2022, Antoine diangkat sebagai CEO Christian Dior SE, dan di sekitar waktu yang sama, saudara perempuannya, Delphine, ditunjuk untuk mengepalai merek Christian Dior Couture. Ia sebelumnya bertugas mengawasi produk di divisi Louis Vuitton.

Promosi tersebut memicu spekulasi di kalangan pebisnis Eropa tentang rencana suksesi Arnault. Tidak sampai di situ, Alexandre tercatat menjalankan produk dan komunikasi di properti keluarga lain, peritel perhiasan Tiffany & Co., sementara Frederic bertanggung jawab atas pembuat jam tangan Swiss, Tag Heuer.

Jean telah ditempatkan sebagai penanggung jawab divisi baru di Louis Vuitton yang akan memproduksi jam tangan. Keluarga Arnault mengendalikan sekitar 48 persen saham LVMH, memberikannya 64 persen hak suara, menurut pengajuan sekuritas.

Taman Hiburan Disney Terburuk di Dunia

Di Mana Lokasi Taman Hiburan Disney yang Dapat Rating Terburuk di Seluruh Dunia?

Liputan6.com 2023-12-12 14:00:00
Fuji Liburan Bareng Bridesmaid Azizah Salsha di Disneyland (Sumber: Instagram/fuji_an)

Total ada 12 taman hiburan Disney yang dibuka di seluruh dunia. Walau mengusung 'Di mana mimpi terwujud', faktanya tidak semua taman bermain memperoleh rating bagus. Belum lagi kritikan makin deras mengalir setelah sejumlah pengelola taman hiburan memutuskan menaikkan harga hingga 10 persen, mulai dari tiket masuk hingga biaya menggunakan kamar mandi.

DailyMail pun membandingkan rating Disneyland yang satu dengan taman hiburan lainnya berdasarkan perolehan mereka di Yelp. Di aplikasi tersebut, pengunjung memberikan ratingnya pada taman hiburan dimaksud. Hasilnya, taman hiburan Disney terburuk adalah Disney's Hollywood Studio di Florida.

Taman bermain itu dibuat sebagai penghormatan bagi studio film raksasa hiburan tersebut dan merupakan rumah bagi Twilight Zone Tower of Terror yang terkenal, serta roller coaster Slinky Dog Dash yang terinspirasi dari Toy Story dan Rock 'n' Roller Coaster yang dibintangi Aerosmith. Karena sering rusak, wahana itu kini ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan untuk 'perbaikan'.

Dari hampir 1.500 ulasan pelanggan Hollywood Studios yang mendapat rating 3,7, banyak yang mencatat bahwa terdapat wahana yang tutup dan antrean panjang. Pengguna Yelp, Stephanie G., mengatakan tentang pengalamannya di taman pada musim semi ini, "Wow, tamannya ramai dan tidak bergerak."

"Mungkin ada kalanya kurang ramai, tapi tidak ada wahana yang pantas untukmengantre lebih dari setengah jam," imbuhnya seraya menyebutkan bahwa dia membeli tiket Genie Plus, yang menggantikan sistem FastPass+ lama dan memungkinkan pengunjung melewati antrean di wahana dan atraksi tertentu dengan melewati 'Jalur Petir'. Tiket tersebut memaksa pengunjung menambah biaya 15--25 dolar AS per orang per hari.


Unek-Unek Para Pengunjung

"Disney pada akhirnya dan secara permanen gagal total dalam misinya untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada banyak orang," pengguna lain, Rick E., menulis dalam ulasan pedasnya tentang taman tersebut awal tahun ini.

Seorang pengunjung yang merasa kesal, Phil G., berkomentar, "Ini adalah taman Disney yang terburuk. Itu kecil dan selalu penuh sesak."

Di posisi kedua taman Disney terburuk adalah Disneyland di California yang mendapatkan rating 3,8 dari 2.000 ulasan yang ditinggalkan di Yelp. Destinasi yang dibuka di Anaheim, California, pada 1955 itu merupakan taman hiburan pertama dalam portofolio Disney dan satu-satunya yang dibangun di bawah pengawasan langsung Walt Disney.

Banyak pengunjung menumpahkan kekecewaannya terhadap taman bermain itu. Stephen L., misalnya, membocorkan bahwa dia harus membayar 50 dolar AS untuk 'tater tots, hamburger, dan pizza basah'. "Di sini memang menawan sampai taraf tertentu, tapi setiap kenikmatannya terkuras oleh membanjirnya orang. Saya rasa saya benar-benar tidak ingin datang ke sini lagi," tambahnya.

Pengunjung lain, Amber Y., menyebut pengalamannya sebagai tampilan 'keserakahan perusahaan' yang 'menghancurkan' nostalgia yang pernah ia rasakan. "Saya besar di California dan sering pergi ke sini; mereka biasanya memberi Anda tiket masuk gratis pada hari ulang tahun Anda, harga tiket adalah harga yang ditetapkan, tidak berfluktuasi berdasarkan hari dalam seminggu/berapa hari berturut-turut Anda pergi," katanya. "Ini adalah keserakahan perusahaan dan keinginan mereka untuk memberi harga kepada pengunjung yang menipu sungguh luar biasa."


Kritikan untuk Taman Hiburan Disney di Orlando hingga Paris

Sementara, Magic Kingdom di Orlando memperoleh rating 3,9 di Yelp. Lagi-lagi ulasannya didominasi ketidakpuasan para pengunjung.

"Pertama kali di Magic Kingdom," tulis Elle M. dalam ulasan dua bintangnya awal tahun ini. "Restorannya terlalu ramai, tempat parkir adalah mimpi buruk, bahkan dengan pilihan, orang-orang menabrak Anda dari kiri dan kanan, anak-anak kasar mencoba memotong antrean Anda, jadi apakah menurut saya itu sepadan dengan uang yang dikeluarkan?...tidak sama sekali."

Dua taman hiburan Disney yang berbasis di Prancis, Walt Disney Studios Park dan Disneyland Park, masing-masing menarik 4,0 bintang di Yelp. Dari 114 ulasan Walt Disney Studio Park, sebagian besar memberikan empat bintang dan mencatat betapa kecilnya taman tersebut.

Disneyland Park yang terletak di Chessy, Prancis, sekitar 20 mil di luar Paris, luasnya hanya 62 hektare, kurang dari setengah luas Hollywood Studios di AS yang mencapai 154 hektare. "Ini adalah taman yang cukup kecil yang terletak tepat di seberang Disneyland Paris, tapi patut untuk dikunjungi. Kami mendapatkan tiket masuk taman satu hari dua yang cukup terjangkau dibandingkan dengan harga taman di AS," komentar Eric B.

Namun, pengulas Nikki R. kurang antusias dengan Walt Disney Studio Park, dan tidak puas dengan layanan pelanggannya. "Ini bukan taman 'Disney'!" dia menulis. "Mereka pasti kekurangan staf, banyak atraksi yang tutup, dan karyawan yang jelas-jelas kasar!"

Amelia K. berbagi kesan serupa tentang Disneyland Park, juga di Chessy. "Saya tidak pernah meninggalkan taman Disney dengan sedih.... Sampai saya pergi jauh-jauh ke Paris untuk ulang tahun saya yang ke-40," tulisnya dalam ulasan satu bintang yang diunggah pada bulan April.

"Tempat ini bukan Disney. Tidak ada keajaiban apa pun. Karyawannya kasar dan tidak pernah tersenyum atau bahkan mengakui keberadaan Anda," tambah Amelia.


Taman Disney Paling Tenang

Sementara, Disney's California Adventure Park, Disneyland Hong Kong, dan Animal Kingdom di Florida berbagi rating yang sama di Yelp, yakni 4,1. California Adventure Park yang dianggap sebagai pilihan Disneyland yang lebih berorientasi pada orang dewasa, dipuji oleh Yelp karena 'pilihan makanan kreatif' dan 'banyak pilihan minuman beralkohol', meskipun pengunjung banyak dikecewakan oleh layanan pelanggan taman hiburan tersebut.

"Hampir setiap interaksi staf yang kami lakukan di sini hari ini bersifat negatif," tulis Stephanie W. Warganet lain menimpali, "Satu-satunya hal yang disebut sebagai 'tempat paling bahagia di dunia', tidak terlihat seperti itu bagi para karyawan. Semua orang di sana sepertinya hanya ada di sana untuk mendapatkan cek dan tiket gratis."

Sementara, Disneyland Hong Kong yang dibuka di Pulau Lantau pada 2005, banyak dipuji pengunjung karena dinilai lebih tenang dibandingkan taman hiburan lain di seluruh dunia. "Pro: Hampir tidak ada antrean di mana pun, kastil baru, mudah untuk berkeliling," tulis pengguna Yelp Jackie F. Hal senada diungkapkan Roger P. Ia menuliskan, "Kami pergi pada hari Minggu dan saya sangat khawatir bahwa taman akan dikemas. Saya tidak yakin apa alasannya tetapi itu benar-benar kosong!"

Animal Kingdom Disney di Orlando, Florida yang mengangkat tema zoologinya dipuji karena 'perhatiannya terhadap detail dalam pameran hewan', meski sejumlah pengguna mengeluhkan atraksi yang rusak dan antrean dua jam. Epcot Disney World mencetak skor 4,2 bintang di Yelp, didukung oleh konsep 'keliling dunia'.


Rating Terbaik

Di Jepang, taman DisneySea dan Disneyland di Tokyo sama-sama menduduki peringkat taman hiburan Disney dengan rating tertinggi, masing-masing mendapatkan rata-rata bintang 4,5 di Yelp. DisneySea --- terinspirasi oleh mitos dan legenda laut --- disukai oleh pengunjung Amerika karena tiketnya yang murah dan tata ruang yang mudah dinavigasi, dengan atraksi yang terinspirasi oleh film laris Disney seperti Nemo, The Little Mermaid, dan Journey to the Center of the Earth .

Namun, peringkat rata-ratanya diturunkan oleh pengunjung yang mengeluhkan betapa padatnya taman tersebut --- dan kurangnya sistem FastPass. "Saya kasih bintang satu karena yang saya lakukan hanya mengantri dan bahkan tidak sempat menikmati taman," tulis Yelper Sophie L.

Tokyo Disneyland --- taman hiburan Disney internasional pertama yang dibuka pada 1983 --- juga dikritik karena antrean panjang. Salah satu pengulas menyatakan bahwa ia hanya menaiki empat wahana dalam sepuluh jam. Namun, lebih banyak ulasan positif yang menyebut taman ini "ajaib" karena makanannya yang layak untuk difoto, seperti roti mochi berbentuk alien yang menyerupai makhluk hijau dari Buzz Lightyear.

Antisipasi Wabah Kutu Busuk

HEADLINE: Wabah Kutu Busuk Melanda Korsel, Hong Kong hingga Singapura, Antisipasi Indonesia?

Liputan6.com 2023-12-13 00:00:09
Foto file: Kutu busuk merayap di dalam wadah yang dipajang pada National Bed Bug Summit ke-2 di Washington, DC, 2 Februari 2011. AFP/Archives

Menjelang libur akhir tahun, bukan hanya peningkatan kasus COVID-19 dan mycoplasma pneumonia yang diwaspadai sejumlah negara di dunia, melainkan juga hewan kecil penghisap darah yang dikenal dengan: kutu busuk!

Beberapa waktu terakhir, kutu busuk menjadi mimpi buruk global. Pada awalnya, mereka menghantui Paris di Oktober lalu yang diikuti oleh kepanikan akan kemungkinan outbreaks di wilayah Eropa dan Amerika Serikat.

Kini, hewan mungil itu mulai menginvasi sejumlah negara di Asia. Kemunculannya tak hanya membuat masyarakat khawatir, melainkan juga mendorong pemerintah setempat bertindak.

Di Asia, Korea Selatan menjadi negara pertama yang menyatakan perang terhadap makhluk pengisap darah itu sejak awal November 2023. Sebetulnya kutu busuk di negara aktor Lee Min Ho itu sudah diberantas sejak 1960-an. Namun, sekarang hewan-hewan itu muncul lagi dan menimbulkan kekhawatiran.

Meski hanya ada 13 kasus kutu busuk yang terkonfirmasi dan lusinan kasus suspek, sudah dinilai cukup untuk negara itu meningkatkan kewaspadaan. Korea Selatan secara khusus membentuk satuan tugas (satgas) antarkementerian untuk mengatasinya. Pemerintah pusat dan daerah pun mulai mendisinfeksi sejumlah lokasi yang dinilai berisiko tinggi seperti tempat pemandian dan transportasi umum. Bahkan, warga yang prihatin akan kemunculan kutu busuk membuat situs web dengan peta interaktif guna melacak serangan kutu busuk di seantero negeri.

Kekhawatiran mengenai serangan kutu busuk atau bedbugs juga meningkat di Hong Kong. Negara itu berpenduduk padat. Pemerintah setempat berupaya meredakan kekhawatiran bahwa kutu busuk berpotensi masuk ke Hong Kong melalui Korea Selatan, dilansir Times.

Selebaran mengenai penyebaran kutu busuk pun mulai dibagikan pada para pelancong di bandara. Perusahaan-perusahaan transportasi seperti kereta api Hong Kong gerak cepat melakukan bersih-bersih menyeluruh setelah sebuah foto viral. Foto yang diunggah salah seorang pengguna media sosial itu menduga ada kutu busuk di salah satu kursi kereta Airport Express.

Meski parlemen telah mendesak pemerintah mengeluarkan pedoman pembersihan area-area yang berisiko tinggi, warga sudah lebih dulu ambil tindakan pencegahan. Penjualan insektisida meningkat dalam beberapa pekan terakhir di November. Sebuah platform e-commerce lokal mengatakan, penjualan produk anti-kutu busuk melonjak 172 kali lipat selama pesta belanja 11/11 yang dikenal sebagai Single's Day.


Kekhawatiran Landa Singapura

Kekhawatiran munculnya kutu busuk juga jadi berita utama di Singapura dan Jepang.

Umumnya, peningkatan keberadaan kutu busuk berkorelasi dengan perjalanan manusia. Serangga parasit itu bisa bersembunyi di celah-celah seperti pakaian, koper, dan terbawa melintasi perbatasan oleh para pelancong.

Para ahli telah memperingatkan, kebangkitan kutu busuk secara global selama dua dekade terakhir. Ancaman mikroskopis ini sudah mengembangkan resistensi terhadap insekstisida umum dan menjadi sangat efisien dalam melipatgandakan jumlah mereka.

Mengutip laman The Straits Times, kutu busuk sangat aktif di malam hari sehingga sulit untuk menemukan mereka ketika siang. Ukurannya pun kecil, hanya sekitar 5mm.

Meski gigitannya tidak menyebarkan penyakit, bekas gigitan kutu busuk menyebabkan gatal, demikian menurut platform kesehatan nasional Singapura HealthHub.

Platform kesehatan itu juga tak bisa memastikan ada berapa banyak kasus gigitan kutu busuk di Singapura lantaran mereka yang mengalaminya cenderung lebih memilih pengobatan non medis. Individu yang digigit kutu busuk jarang mengembangkan komplikasi dan rasa gatalnya pun perlahan mereka. Gigitan kutu busuk biasanya menimbulkan benjolan merah di area yang tergigit seperti di leher, lengan, dan kaki. Area tersebut merupakan area terbuka yang jarang tertutupi pakaian.

Sejauh ini, tidak ada wabah kutu busuk besar yang dilaporkan di Asia pada musim gugur ini. Namun beberapa penduduk dan pemerintah kota sudah mempekerjakan perusahaan pengendalian hama atau membeli persediaan pengendalian hama begitu saja.

Pembasmi hama mengatakan mereka baik-baik saja dengan hal itu. "Kutu busuk selalu ada, namun minat konsumen terhadap pengendalian hama meningkat akhir-akhir ini sebagai akibat dari liputan media," kata Darian Ee, direktur Ikari, sebuah perusahaan pengendalian hama di Singapura yang mengalami peningkatan sebesar 10-15 persen.


Langkah Agensi Perjalanan Singapura Hadapi Isu Kutu Busuk

Menanggapi kekhawatiran akan penyebaran kutu busuk di negaranya, para agensi perjalanan mengambil sejumlah langkah pencegahan dan penanganan. Chan Brothers Travel misalnya, menerapkan sejumlah cara untuk melindungi para pelancong meski belum pernah menemukan keluhan dari pelanggan terkait kutu busuk.

Senior Marketing Communication Manager Chan Brother Jeremiah Wong mengatakan, para sopir bus agensinya meningkatkan protokol kebersihan dan disinfeksi sehari-hari pada bus-bus yang mereka operasikan ke destinasi wisata.

Lalu, jika ada wisatawan yang merasa telah digigit kutu busuk dalam trip tersebut akan diganti kamar hotelnya dan ditemani ke dokter untuk mendapat pengobatan.

"Kami juga mendorong para pelancong untuk membeli asuransi perjalanan untuk meng-cover jika ada kedaruratan," tutur Wong pada Straits Times.

Kebijakan yang kurang lebih sama juga diterapkan oleh Dreamcation Cruises and Tours. Mereka tidak mau mengambil risiko meski hingga saat ini tak satu pun kliennya yang melaporkan masalah terkait kutu busuk.

"Sebagai bagian dari tindakan proaktif kami, kami memastikan tindakan pencegahan keselamatan yang ketat, membersihkan semua barang bawaan sebelum naik bus dan check in ke hotel. Jika ada kecurigaan terhadap barang bawaan tertentu, tim kami akan segera mengisolasinya," jelas pihak travel.

Bagasi yang diisolasi kemudian diperiksa dan dibersihkan secara menyeluruh untuk meminimalkan potensi dampak pada wisatawan lain, tambah Dreamcation.

"Paket perjalanan sudah termasuk perlindungan kesehatan. Jika terjadi masalah kesehatan, termasuk yang berkaitan dengan kutu busuk, individu yang terkena dampak dapat mengklaim biaya pengobatan untuk masalah kesehatan mereka," katanya.


Bagaimana di Indonesia?

Mencermati adanya kekhawatiran terhadap wabah kutu busuk di sejumlah negara Asia, termasuk Singapura, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau masyarakat untuk traveling di dalam negeri saja, khususnya pada momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Kutu busuk di negara tetangga ini satu lagi alasan untuk tidak pergi ke mana-mana cukup di Indonesia saja," ucap Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin, 11 Desember 2023.

Menparekraf mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mencegah agar Indonesia jauh dari wabah kutu busuk. "Salah satu negara yang terkenal terbersih di dunia seperti Singapura saja ternyata bisa terserang kutu busuk, hal ini tentu cukup berbahaya. Mari kita jaga-jaga agar tidak masuk ke Indonesia. Jadi kita, berwisata di Indonesia aja," kata pria yang biasa disapa Sandi.

Sementara itu, menurut Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, masyarakat tidak perlu terlalu khawatir mengenai kemungkinan wabah kutu busuk karena telah ada cara penanganannya di Tanah Air.

"Sudah ada cara penangananyaa jadi ndak perlu khawatir," demikian ujar Nadia melalui pesan yang diterima Liputan6.com, Selasa, 12 Desember 2023.

Dalam kesempatan berbeda, peneliti Global Health Security Dicky Budiman menyebut, kutu busuk yang bernama ilmiah Cimex lectularius juga ada di Indonesia. Bahkan ada variasi penyebutan nama kutu busuk di Indonesia dalam bahasa Jawa dan Sunda.

"Untuk diketahui, di Indonesia ada juga kutu busuk. Kalau dalam bahasa Jawa namanya tinggi. Kalau saya kan dari Sunda, jadi nyebut kutu busuk itu namanya tumbila," kata Dicky kepada Health Liputan6.com.

Kutu busuk biasanya bersembunyi atau hidup di lipatan kasur, celah kayu, bantal, dan tempat lembab serta gelap yang kurang terkena sinar matahari.

"Cimex ini bersembunyi saat siang hari pada celah sempit tadi atau retakan dan aktif di malam hari. Satu ekor Cimex dapat menghisap darah manusia itu 10-15 menit dan biasanya anak-anak, wanita dan juga lansia ya," Dicky Budiman menerangkan.

"Jadi yang mobilitasnya kurang lebih berisiko digigit. (Gigitan) Kutu busuk ini juga berkaitan dengan ketebalan kulit dari manusia itu sendiri."

Sampai saat ini, belum ada penyakit yang ditularkan dari kutu busuk.

"Syukurnya, sejauh ini belum terdeteksi penyakit yang bisa ditularkan ya oleh tumbila atau gigitan kutu busuk. Tapi menyebabkan gangguan kenyamanan, termasuk orang yang alergi," sambung Dicky yang juga epidemiolog.

Agar kutu busuk tidak mewabah di Indonesia, Dicky menekankan pentingnya menjaga kebersihan di beberapa tempat, utamanya panti jompo dan sekolah.

"Dalam konteks Indonesia ya kita bangun literasi soal kutu busuk. Lalu pada lokasi-lokasi, tempat-tempat seperti panti jompo atau sekolah dibiasakan adanya upaya membersihkan dan meningkatkan sanitasi serta personal hygienemaupun kebersihan lingkungannya," tegasnya.


Cara Mengatasi Bentol Akibat Gigitan Kutu Busuk

Jika muncul bentol yang meluas akibat gigitan kutu busuk, maka itu merupakan tanda alergi sehingga perlu diredakan dengan minum obat, seperti disampaikan spesialis kulit dan kelamin Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK.

"Reaksi alergi, kalau yang terparah itu bentolnya bisa menyebar ke seluruh badan, seperti biduran. Gatal dan bentol-bentol," tutur Kepala Departemen Dermatologi dan Venereologi FK Udayana, dilansir Antara.

Darma menjelaskan, efek gatal-gatal akibat gigitan kutu busuk juga berbeda-beda tiap orang. Bagi individu yang tidak alergi, biasanya gatal sudah mulai mereda dalam kurun waktu satu hingga dua hari. Namun, pada orang yang memiliki alergi, gatal-gatal bisa dirasakan hingga sepekan bahkan lebih lama.

"Usahakan, sewaktu muncul harus diobati," tuturnya.

Alergi akibat gigitan kutu busuk, kata Darma, tidak menimbulkan sesak napas, mata bengkak, ataupun bibir bengkak. Reaksi terparah adalah bentol yang menyebar ke seluruh badan.

"Kalau gigitan begini biasanya efeknya lokal dan sekitarnya," kata Darma.

Jika seseorang merasa digigit kutu busuk sehingga muncul tanda inflamasi atau radang, Darma menyarankan agar segera memeriksakan diri ke dokter. Biasanya dokter akan memberi resep salep anti-radang atau kortikosteroid.

Jika muncul reaksi alergi yang memerlukan obat minum, dokter bisa memberi resep untuk membeli obat minum berupa antihistamin atau kortikosteroid yang dapat diminum.

"Itu harus dalam resep dokter," Darma menekankan.