Ditangkap karena Narkoba Lagi

Ammar Zoni Ditangkap Polisi karena Terjerat Narkoba Lagi

Liputan6.com 2023-12-13 14:12:41
Pemeran Ammar Zoni baru saja menghirup udara bebas setelah tujuh bulan mendekam akibat kasus narkoba. Setelah bebas, suami Irish Bella itu tidak bersama istri dan anaknya melainkan tinggal be

Pada hari Rabu (13/12/2023), Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat dilaporkan telah menangkap seorang artis yang diduga terlibat dalam tindak pidana narkotika. Ammar Zoni, nama yang sudah tidak asing dengan urusan hukum terkait narkotika, kembali menjadi sorotan.

Konfirmasi langsung datang dari Kasatresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Indrawienny Panjiyoga, yang membenarkan penangkapan tersebut. Namun, Panjiyoga belum memberikan rincian lebih lanjut terkait kasus ini, termasuk jenis narkotika yang diduga terlibat.

"Iya, Ammar Zoni," ujar Panjiyoga saat dikonfirmasi, Rabu (13/12/2023).


Terlibat Masalah Hukum

Ammar Zoni, seorang artis yang telah beberapa kali terlibat dalam masalah hukum terkait narkotika, kembali menemui kesulitan. Sebelumnya, ia pernah ditangkap oleh Polres Metro Jakarta Selatan dalam kasus narkoba.

Pada tanggal 8 Maret 2023, Ammar Zoni telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu. Selain Ammar Zoni, tersangka lainnya dengan inisial M (35) dan R (37) juga turut terlibat dalam kasus ini.


Sempat Ditahan

Kompol Achmad Ardhy, Kasatresnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan, menyampaikan bahwa ketiga tersangka langsung menjalani penahanan. "AZ dan tersangka lainnya langsung ditahan di kasus tersebut," ujar Ardhy kepada wartawan pada 10 Maret 2023.

Penting untuk dicatat bahwa Ammar Zoni dan kedua tersangka lainnya saat itu menjalani penahanan di Polres Metro Jakarta Selatan sambil menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Proses hukum ini menunjukkan ketegasan aparat kepolisian dalam menangani kasus-kasus terkait narkotika.

Abadikan Momen Traumatis di Gaza

Sosok Plestia Alaqad, Jurnalis Perang yang Abadikan Momen Traumatis akibat Serangan Israel di Gaza

Liputan6.com 2023-12-13 12:00:00
Jurnalis Palestina, Plestia Alaqad, yang mengabadikan banyak momen di Gaza di tengah serangan Israel, melalui akun Instagram pribadinya. (Tangkapan Layar Instagram/byplestia)

Sejumlah jurnalis perempuan Palestina menjalani hari-hari mereka tak hanya meliput, tapi juga bertahan di tengah gempuran serangan Israel. Salah satu di antara mereka adalah jurnalis bernama Plestia Alaqad.

Dikutip dari The Guardian, Rabu (13/12/2023), sosoknya viral setelah membagikan video traumatis di awal serangan Israel di Gaza. Ia merekam video di flat tetangganya di Kota Gaza dan menunjukkan mereka melepaskan kaca dari jendela dan berlindung di dalam ruangan.

Namun saat dia merekam, serangkaian serangan menghantam dekat gedung flat dan debu beterbangan. Alaqad tidak bergeming, namun ia ternganga karena terkejut. "Saya mencoba menjelaskan banyak hal, tapi saya rasa Anda bisa mendengarnya sekarang," katanya.

Video tersebut telah disukai lebih dari 200.000 kali. "Saya paham kenapa videonya viral, kenapa orang-orang bertanya bagaimana saya bisa tenang dalam situasi seperti itu, apakah saya terbiasa dengan hal-hal tersebut, atau trauma. Orang-orang bertanya-tanya, karena saya juga bertanya-tanya," katanya melalui Zoom.

Perjalanan Alaqad menggunakan Instagram untuk memberitahu orang luar tentang kehidupan sehari-hari di Gaza berlanjut hingga menjadi reporter perang. Sebelum perang, ia bekerja di sebuah agen pemasaran dan media training.

Ia lantas memakai Instagram untuk memotret kehidupan sehari-hari di wilayah tersebut, memasang deretan payung warna-warni di pantai, atau berbagi potret swafoto dengan teman-temannya. Tujuannya, katanya, adalah untuk memberitahu para pengikutnya bahwa ada lebih banyak hal di Gaza daripada konflik dan kehancuran.


Pakai Instagram Unggah Beragam Momen di Gaza

Setelah Hamas melancarkan serangan di kota-kota Israel pada 7 Oktober 2023, Alaqad mulai diminta untuk bekerja sebagai reporter saluran televisi Inggris dan Prancis. Akun Instagram-nya berubah menjadi akun pribadi yang mengabarkan perang.

Instagramnya dipenuhi dengan gambar lingkungan yang hancur dan orang asing berbagi makanan di tengah kekurangan makanan. Alaqad mengenang bagaimana ia berdiri di dalam tenda yang penuh dengan mayat, atau berjalan di antara puing-puing sambil mencoba mengingat bangunan-bangunan yang pernah berdiri di sana.

Sejauh ini, tidak ada jurnalis internasional yang diizinkan masuk ke Gaza kecuali mereka bergabung dengan militer Israel. Karena koresponden Palestina untuk media besar sering kewalahan dengan berita terkini, media sosial sering kali turun tangan untuk mengisi kekosongan tersebut.

Di Gaza, sekelompok kecil reporter muda telah membawa perang ke dunia luar. Mereka berbagi momen tentang kehilangan dan perjuangan mereka kepada jutaan orang di media sosial. Jumlah pengikut Alaqad bertambah dari 4.000 sebelum perang menjadi 4,2 juta.


Instagram adalah Catatan Pribadi

Seiring dengan itu, dia membuka setiap pesan dan email yang dia terima dari penonton sehingga dia dapat menjawab pertanyaan mereka. "Instagram adalah catatan harian pribadi bagi saya untuk terhubung dengan orang-orang, untuk menunjukkan kepada mereka apa yang terjadi, menunjukkan kepada mereka Plestia sebagai manusia, bukan hanya Plestia sebagai jurnalis. Itu pekerjaan saya," katanya.

Sentuhan pribadinya menemukan tempat yang tidak dapat ditangkap oleh berita televisi. Ia memberikan gambaran mendalam tentang kehidupan sehari-hari di wilayah kantong tersebut, tempat lebih dari 1,8 juta orang terpaksa mengungsi dan seluruh lingkungan hancur.

Korban tewas di Gaza telah melampaui 18.200 orang, dan hampir tidak ada keluarga yang tidak tersentuh oleh kehilangan tersebut. Sebanyak 63 jurnalis dan pekerja media telah tewas dalam perang sejak 7 Oktober 2023, menurut Komite Perlindungan Jurnalis.

Kepala biro Al Jazeera, Wael al-Dahdouh, kehilangan istri, putra, putri dan cucunya dalam serangan udara Israel di rumahnya. Moamen Al Sharafi, reporter lain untuk jaringan tersebut, kehilangan 22 anggota keluarga dalam satu serangan.


Jurnalis Palestina Meliput di Jalur Gaza sambil Jaga Putrinya

Sosok jurnalis Palestina bernama Ghalia Hamad yang tengah meliput di Jalur Gaza sembari menjaga putrinya bikin warganet terenyuh. Momen ini diabadikan dalam sebuah video singkat oleh jurnalis foto yang juga bertugas di Gaza, yakni Mohammed Al Masri.

Dalam video yang diunggah di akun Instagram Al Masri pada 12 November 2023, terlihat Ghalia Hamad tengah bertugas meliput sembari memegang mikrofon dan ponsel. Ia tampak mengenakan hijab hitam dan rompi bertuliskan "Press".

Saat bertugas, putrinya yang ikut serta dengan tenang menunggu di sisi sang ibunda. Putri kecil Ghalia sesekali tampak mengucek mata sambil memegang mainan di tangannya.

Unggahan yang telah disukai lebih dari 91 ribu kali itu disertakan keterangan dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan Arab. "Kekuatan Gaza dalam satu video," demikian bunyi keterangan awal bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

"Seorang jurnalis dari Gaza yang meliput agresi Israel di Jalur Gaza sambil merawat putrinya yang masih berada di dekatnya. Inilah perempuan-perempuan hebat di Gaza," lanjut keterangan itu.

Kalah di Pengadilan, Harus Bayar Hampir Rp1 M

Pangeran Harry Kalah di Pengadilan, Harus Bayar Hampir Rp1 Miliar ke Tabloid Inggris

Liputan6.com 2023-12-13 11:00:00
Pangeran Harry, Duke of Sussex dari Inggris saat meninggalkan Royal Courts of Justice, Pengadilan Tinggi Inggris, di pusat kota London pada 28 Maret 2023. (DANIEL LEAL / AFP)

Pangeran Harry telah diperintahkan untuk membayar tabloid Inggris Mail on Sunday lebih dari 48 ribu pound sterling untuk biaya hukum setelah ia kalah dalam upaya membatalkan sebagian pembelaan surat kabar tersebut dalam kasus pencemaran nama baik. Duke of Sussex menggugat penerbit surat kabar tersebut, Associated Newspapers Limited (ANL), atas sebuah artikel tentang pertarungan hukumnya dengan Kementerian Dalam Negeri mengenai pengaturan keamanannya di Inggris.

Dikutip dari Independent, Selasa, 12 Desember 2023, hakim lalu memerintahkan suami Meghan Markle itu untuk membayar sebesar 48.447 pound sterling (Rp947 juta) setelah gugatannya gagal. Kasusnya untuk mencabut sebagian pembelaan ANL disidangkan pada Maret 2023.

Pekan lalu, hakim Pengadilan Tinggi Hakim Nicklin memutuskan bahwa ANL dapat melanjutkan pembelaan "pendapat jujur" dalam kasus pencemaran nama baik, dengan Harry menggugat grup berita tersebut atas artikel pada Februari 2022. Artikel itu berisi keputusan pemerintah untuk melepaskan fasilitas keamanan yang didanai pembayar pajak setelah Harry sekeluarga pindah ke AS.

Hakim Nicklin berpendapat bahwa ANL mempunyai "prospek nyata" untuk memperdebatkan pendiriannya dan bahwa kasus tersebut harus dibawa ke pengadilan. Harry harus membayar tabloid Inggris itu paling lambat pada 29 Desember 2023, perintah hakim.

Pengacara Harry berpendapat bahwa artikel asli tersebut mencemarkan nama baik dan menyebutnya sebagai serangan terhadap "kejujuran dan integritasnya." Artikel itu bertajuk, "How Prince Harry tried to keep his legal fight with the government over bodyguards a secret ... then -- just minutes after the story broke -- his PR machine tried to put positive spin on the dispute."


Sanggahan Pihak Harry

Pengacaranya mengatakan artikel tersebut memberi kesan bahwa Harry telah "berbohong" dan "berusaha merahasiakan rincian perjuangan hukumnya untuk mengembalikan rahasia perlindungan polisi dari publik." ANL membantah klaimnya, dengan pengacara mereka berpendapat bahwa klaim tersebut menyatakan "pendapat yang jujur" dan tidak menyebabkan "kerugian serius" pada reputasi Harry.

Dalam pengajuan tertulisnya, pengacara Harry, Justin Rushbrooke KC berpendapat bahwa pembelaan surat kabar tersebut harus dibatalkan karena "berpijak pada dua premis yang terbukti salah" sehubungan dengan pernyataan pers yang dikeluarkan oleh Harry ketika dia mengajukan gugatan hukum. Harry menantang keputusan Komite Eksekutif Royalti dan VIP (Ravec) yang tidak memberinya perlindungan polisi di Inggris otomatis sejak mengundurkan diri sebagai anggota senior keluarga kerajaan Inggris, dan pindah ke California bersama keluarganya.

Pernyataannya berbunyi, "Duke pertama kali menawarkan untuk membayar secara pribadi untuk perlindungan polisi Inggris untuk dirinya dan keluarganya pada bulan Januari 2020 di Sandringham. Tawaran itu ditolak. Dia tetap bersedia menanggung biaya keamanan, agar tidak membebani pembayar pajak Inggris."


Bantahan Tabloid Inggris

Namun, Ravec pada Februari 2022 mengatakan bahwa tawarannya untuk pendanaan swasta "tidak diajukan" kepada departemen tersebut, dalam sebuah dokumen yang disiapkan untuk sidang pendahuluan atas klaim keamanan tersebut. The Mail on Sunday menggambarkan hal ini sebagai "bantahan keras terhadap pernyataan publik awal Harry yang menyiratkan bahwa dia selalu bersedia membayar tagihannya" sambil menambahkan bahwa pernyataan pers yang dikeluarkan atas nama sang duke membingungkan media dan memberikan informasi yang salah kepada publik.

Pada sidang di Maret 2023, Rushbrooke KC mengatakan "sangat jelas" bahwa pernyataan Harry tidak mengajukan klaim bahwa penggugat (sang duke) mengajukan penawaran kepada Ravec atau Kementerian Dalam Negeri atau bahwa proses peninjauan kembali adalah untuk menantang penolakan untuk menerimanya."

Sementara itu, Andrew Caldecott KC, dari ANL, mengatakan upaya untuk mengabaikan pembelaan "pendapat jujur" tanpa pengadilan adalah "sepenuhnya tidak berdasar" dan menambahkan bahwa kasus Harry terhadap kliennya "tidak mempunyai dasar yang kuat dan tepat, sehingga kemungkinan besar akan gagal."

"Penggugat bertanggung jawab atas pernyataan pers yang mengatakan dia akan membayar untuk keamanan padahal dia tidak pernah menyatakan kesediaannya untuk membayar sampai peninjauan kembali selesai," ungkapnya.


Mundur dari Kerajaan

Putra bungsu Raja Charles III itu memutuskan mundur dari perannya di kerajaan dan meninggalkan Inggris pada 2020. Mengutip laman People, Sabtu, 9 Desember 2023, Harry melalui pengacaranya mengungkap alasannya terkait masalah keamanan keluarganya yaitu istrinya, Meghan Markle dan kedua anak mereka, Pangeran Archie (4) dan Putri Lilibet (2).

"Kami berdua sangat sedih karena saya dan istri merasa terpaksa mundur dari peran ini dan meninggalkan negara ini pada tahun 2020," katanya dalam pernyataan, menurut ITV.

Harry merasa Inggris sebagai rumahnya, tanah kelahirannya dan ia ingin istrinya merasa seperti di rumah sendiri, sama seperti tempat mereka tinggal saat ini di Amerika Serikat. "Hal itu tidak dapat terjadi jika tidak ada kemungkinan untuk melakukannya, menjaga mereka tetap aman saat berada di tanah Inggris," ungkapnya.

Ia melanjutkan, "Aku tidak bisa menempatkan istriku dalam bahaya seperti itu, dan mengingat pengalamanku dalam hidup, aku juga enggan menempatkan diriku dalam bahaya yang tidak perlu."

Pernah Jadi Duta Lingkungan Hidup

Profil Valerina Daniel, Moderator Debat Capres 2024 Pertama yang Pernah Jadi Duta Lingkungan Hidup

Liputan6.com 2023-12-12 19:01:19
Valerina Daniel (dok. instagram.com/valerina_daniel/https://www.instagram.com/p/B3VhdtnH1cD/Novi Thedora)

Kantor Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) di Jakarta Pusat akan menjadi lokasi debat perdana para capres-cawapres nomor urut 1, 2, dan 3 hari ini, Selasa (12/12/2023). Dua orang jurnalis dipilih menjadi moderator untuk memandu jalannya debat Capres-Cawapres di Pilpres 2024. Keduanya adalah Ardianto Wijaya Kusuma dan Valerina Daniel.

Kedua nama itu diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Sabtu, 9 Desember 2023. Nama Valerina Daniel sudah dikenal luas di dunia jurnalisme terutama televisi.

Dilansir dari berbagai sumber, Valerina Daniel lahir di Jakarta, 28 November 1978, dari orangtua yang berasal dari Sumatera Barat. Saat ini, dia menjadi penyiar berita program Bahasa Inggris di TVRI World, saluran TV resmi pemerintah yang disiarkan di seluruh Indonesia dan luar negeri. Sebelumnya, dia menjadi penyiar berita di TPI, MetroTV, antv, SCTV dan BeritaSatu.

Valerina adalah None Jakarta 1999 dan Runner Up Puteri Indonesia dan Miss ASEAN Indonesia 2005 Sejak 2007, Valerina ditunjuk menjadi Duta Lingkungan Hidup dan bertugas sebagai Communications Adviser dalam Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim.

Selanjutnya, Vale ditunjuk sebagai Juru Bicara dan Penasihat Komunikasi program Sistem Verifikasi Legalitas Kayu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) hingga tahun 2018. Dengan latar belakang bidang lingkungan, pada 2018-2020 Valerina dipercaya sebagai Tenaga Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sekaligus Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pariwisata Berkelanjutan adalah konsep pariwisata yang mengutamakan aspek Lingkungan, Sosial dan Ekonomi Kemasyarakatan, yang diprakarsai oleh Badan PBB Bidang Pariwisata, UNWTO.

Mulai 2023, Valerina ditetapkan sebagai Dewan Penasihat Senior Bidang Komunikasi Yayasan Badak Indonesia. Pada tahun ini pula, wanita yang akrab disapa Vale ini dipercaya menjadi Penasihat Komunikasi untuk program Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut (TKN PSL).


Valerina Meraih Penghargaan dan Menulis Buku

Valerina menamatkan pendidikan sarjana di FISIP jurusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia. Setelah mendapatkan beasiswa Australian Leadership Awards pada 2008, ia melanjutkan pendidikannya di Monash University, Australia dan lulus dengan gelar Master Bidang Komunikasi dan Media dengan predikat High Distinction (setara Cum Laude) pada 2010.

Berkat dedikasinya sebagai Duta Lingkungan dan jurnalis, Valerina mendapatkan penghargaan Indonesia Green Awards 2011 dan Australian Alumni Awards for Communications and Journalism 2011. Valerina juga merupakan alumni program beasiswa pertukaran pelajar American Field Service (AFS) Intercultural Program ke Amerika Serikat.

Valerina memulai karier di bidang jurnalistik pada 2000 dengan bergabung sebagai presenter di program berita Lintas 5 TPI. Kemudian pada 2003, dia bergabung sebagai presenter dan produser program berita di MetroTV. Selanjutnya, dia menjadi Lead Presenter dan International Correspondent di SCTV pada 2011.

Tahun 2015 dia pindah ke Berita Satu News untuk menjadi host Talk Show Prime Time. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di dunia pertelevisian, istri Febby Andryananto ini menyebut dalam bukunya bahwa profesi jurnalis membawanya melihat berbagai hal penting, seperti tsunami Aceh 2004 hingga pembalakan liar di Riau pada 2006.

"Saya menyaksikan langsung sisa-sisa batang pohon berasap akibat dibakar. Dari kejauhan, suara mesin pemotong dan pohon yang roboh masih terdengar. Padahal, wilayah itu masuk kawasan hutan lindung yang seharusnya tidak digunduli," ceritanya pada 2019 lalu.

Untuk menunjang tugasnya sebagai Duta Lingkungan, Valerina juga menulis buku seri lingkungan antara lain, Easy Green Living: Langkah Mudah Hidup Ramah Lingkungan pada 2009 dan Seri buku Aku Sayang Bumi (16 judul), pada 2009.


11 Panelis Debat Capres 2024

Selain moderator, Komisi Pemilihan Umum juga merilis 11 nama panelis debat perdana capres-cawapres pada pilpres 2024. Ada mantan Ketua Komnas HAM hingga Guru Besar yang masuk dalam daftar panelis. August menerangkan, 11 orang telah menyatakan kesediaannya untuk menjadi panelis pada debat pertama Pilpres 2024.

"Kita sudah mendapatkan konfirmasi dan kesediaannya. Ada 11 panelis yang kami sudah hubungi dan bersedia sejak kemarin," terangnya, dilansir dari kanal Pemilu Liputan6.com, 9 Desember 2023. August menyampaikan, panelis bakal membuat materi soal debat. Mereka telah dikarantina terhitung sejak Minggu, 10 Desember 2023 hingga Rabu, 13 Desember 2023 di Jakarta.

"Untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan disusun oleh panelis. Nanti kami akan diskusikan tema besarnya dan kemudian bagaimana rumusan-rumusan pertanyaan, termasuk bagaimana tata kelola dari pertanyaan-pertanyaan yang nanti akan dirumuskan oleh para panelis di situ," ujar dia.

August mengatakan, panelis dan moderator kemudian akan menandatangani fakta integritas. Pada debat perdana kali ini, hanya para calon presidenlah yang beradu gagasan terkait sejumlah isu utama yang akan diangkat, yakni Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.


Panelis dan Moderator

Panelis Debat:

1. Pakar Ilmu Politik UGM Mada Sukmajati

2. Pakar Ilmu Politik Undana Rudi Rohi

3. Ahli Hukum Tata Negara Undip Lita Tyesta ALW

4. Pakar Hukum Unand Khairul Fahmi

5. Pakar Hukum Tata Negara UNS Agus Riewanto

6. Pakar Tata Hukum Negara UNPAD Susi Dwi Harijanti

7. Guru Besar Universitas Jember Bayu Dwi Anggono

8. Ketua Komnas HAM 2017-2020 Ahmad Taufan Damanik

9. Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga Phil Al Makin

10. Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto

11. Dekan Fisipol UGM Wawan Mas'udi

Moderator Debat:

1. Ardianto Wijaya

2. Velerina Daniel.

Sementara itu, untuk lokasi debat capres dan cawapres tersebut untuk saat ini akan dilaksanakan di Jakarta. KPU juga sempat mempertimbangkan untuk menggelar acara debat di lokasi lain namun akan ada masalah mobilisasi. "Ada kemungkinan rencananya di Jakarta semua," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari pada Rabu, 29 November 2023.

Masyarakat Indonesia bisa menyaksikan acara debat capres-cawapres tersebut melalui saluran televisi dan radio yang menyiarkannya. Diketahui terdapat beberapa stasiun TV dan radio yang akan menyiarkan debat tersebut secara langsung.

Berikut ini adalah jadwal lengkap Debat Capres dan Cawapres Pilpres 2024:

* Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023.

* Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023.

* Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024.

* Debat Keempat: Minggu, 14 Januari 2024.

* Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024.

Klarifikasi Soal Nyanyi

Iqbaal Ramadhan Klarifikasi Nyanyi Lagu Baby Pakai Syal Palestina, Singgung Justin Bieber Pro Israel

Liputan6.com 2023-12-13 11:05:22
Iqbaal Ramadhan. (Foto: Dok. Instagram @iqbaal.e)

Potongan video Iqbaal Ramadhan menyanyikan lagu "Baby" milik Justin Bieber viral di medsos. Bukan saja perkara kunci nada yang diambil ketinggian, netizen menyorot syal bendera Palestina yang dikenakan bintang film Dilan 1990.

Ini terkesan ironis mengingat Justin Bieber (maaf) dituding pro-Israel atau Zionis. Di sisi lain, Iqbaal Ramadhan malah menyanyikan lagu Justin Bieber dengan syal dukungan untuk Palestina.

Sadar aksinya menuai pro-kontra, Iqbaal Ramadhan menyampaikan klarifikasi tertulis yang mengerucut pada beberapa poin. Salah satunya, minta maaf karena tak melakukan cek silang atas sepak terjang Justin Bieber belakangan ini.

"Halo teman-teman, semoga sehat selalu. Aku ingin menjelaskan beberapa hal terkait video berkaraoke yang tersebar dan dibahas tentang aku yang membawakan lagu Baby dari Justin Bieber sambil menggunakan syal dengan atribut Palestina," tulisnya.


Minta Maaf Sedalam-dalamnya

Klarifikasi ini diunggah akun Instagram terverifikasi Lambe Turah, Rabu (13/12/2023). Iqbaal Ramadhan menepis tudingan mendukung Justin Bieber dan atau mendukung agresi militer Israel yang memantik tragedi kemanusiaan.

"Pertama-tama aku meminta maaf sedalam-dalamnya. Kesalahanku yang tidak melakukan crosscheck lebih lanjut tentang Justin Bieber yang ternyata adalah pro-Zionis/ Israel," Iqbaal Ramadhan mengklarifikasi.


Terkesan Mendukung Israel?

"Dan membawakan lagunya terkesan sebagai bentuk aku 'mendukung' seniman atau musisi yang ternyata bertolak belakang 180 derajat dengan value dan prinsipku untuk selalu mendukung kedaulatan dan hak asasi manusia di Palestina," imbuhnya.

Dalam klarifikasi yang sama Iqbaal Ramadhan mengingatkan dukungannya untuk Palestina tak pernah berubah. Ia tak bermaksud menodai dukungan buat Palestina. "Kedua, tidak ada tujuanku sama sekali untuk menodai dukunganku terhadap Palestina," urai Iqbaal Ramadhan.


Kesempatan Menyapa Teman-teman

Iqbaal Ramadhan menyebut karaoke tersebut adalah ajang sambung silaturahmi dengan penggemar maupun audiens. Tak ada muatan politik atau membahas isu global yang sedang memanas beberapa pekan terakhir.

"Berkaraoke dengan OomLeo adalah kesempatan untukku menyapa teman-teman di daerah atau di manapun sambil bersenang-senang bersama, membawakan lagu-lagu yang di-request oleh audiens," ia mengakhiri.

Meminta-Minta Bantuan ke AS

Zelenskyy Memohon Lebih Banyak Bantuan ke AS: Berkat Ukraina, Negara Eropa Lain Aman dari Agresi Rusia

Liputan6.com 2023-12-13 11:07:17
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara setelah memberikan hadiah kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat mereka bertemu di Oval Office Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat

Volodymyr Zelenskyy memohon agar Amerika Serikat (AS) mendukung lebih banyak bantuan ke Ukraina. Untuk itu, Zelenskyy mengunjungi para pemimpin ASdi Washington DC dalam upaya terakhirnya mendapatkan bantuan sebesar USD 61 miliar yang mandek di Kongres.

Proposal pendanaan terbaru tersangkut politik partisan AS, di mana anggota Kongres dari Partai Republik bersikeras bahwa mereka hanya akan mendukung bantuan untuk Ukraina jika hal itu terkait dengan reformasi imigrasi secara menyeluruh.

Meskipun Joe Biden dan Partai Demokrat bersedia mengeluarkan lebih banyak uang untuk keamanan perbatasan, mereka memandang perubahan yang diminta oleh Partai Republik sebagai hal yang tidak dapat diterima.

Waktu hampir habis sebelum Kongres jeda Natal, sehingga menimbulkan peringatan suram dari Gedung Putih dan Ukraina tentang prospek perang tanpa dukungan AS.

Biden yang menemui Zelenskyy di Gedung Putih mengatakan Kongres harus berkompromi dan membuktikan bahwa Putin salah.

"Saya tidak akan meninggalkan Ukraina," kata Biden dalam konferensi pers bersama dengan Zelensky pada Selasa malam, seperti dilansir BBC, Rabu (13/12/2023).

"Ukraina akan bangkit dari perang ini dengan bangga, bebas, dan berakar kuat di Barat -- kecuali kita meninggalkannya."

Sementara itu, Zelenskyy mengatakan sangat penting bahwa pada akhir tahun ini untuk mengirimkan sinyal yang sangat kuat kepada agresor.

"Berkat pertahanan Ukraina, negara-negara Eropa lainnya aman dari agresi Rusia," ujarnya


Republikan Enggan Bernegosiasi

Ini adalah kunjungan ketiga Zelenskyy ke AS sejak perang Ukraina bergulir pada Februari 2022.

Berbeda dengan dua kunjungan sebelumnya, tidak ada karpet merah atau kemeriahan seremonial, yang mencerminkan pesimisme yang melingkupi upaya untuk memenangkan dukungan bagi pendanaan baru.

Sebelumnya pada hari yang sama, Zelenskyy menggelar pertemuan tertutup dengan para senator AS dan juga bertatap muka dengan Ketua DPR AS Mike Johnson dari Partai Republik, yang tetap mempertahankan pendiriannya dalam mendorong masalah perbatasan.

Berbicara kepada wartawan setelah pertemuan mereka, Johnson tidak memberikan indikasi terbuka untuk bernegosiasi, meskipun dia mengakui bantuan lebih lanjut ke Ukraina adalah hal yang penting.

"Perbatasan adalah sebuah bencana besar," katanya, sambil memperingatkan bahwa anggota DPR dari Partai Republik tidak akan mengalah sampai perubahan transformatif dilakukan.

"Inilah kondisi rakyat AS," kata Johnson. "Kami tegas dalam hal itu."


Hadiah Natal bagi Putin?

Ketua DPR AS menyalahkan Gedung Putih atas penundaan bantuan terhadap Ukraina, dengan mengatakan bahwa mereka tidak memiliki strategi yang jelas untuk menang dan tidak dapat memberikan jawaban yang menjadi hak rakyat AS.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan mayoritas warga AS tidak lagi mendukung pengiriman lebih banyak uang ke Ukraina dan oposisi di Kongres semakin vokal dalam beberapa bulan terakhir.

Senator Partai Republik dari Missouri Eric Schmitt mengatakan dia tidak mendengar hal baru dari Zelenskyy dan tidak menganggap Partai Demokrat menghargai komitmen Partai Republik dalam mengamankan perbatasan selatan.

"Jika Anda mendengarkan orang-orang di kampung halaman, mereka tidak tertarik dengan cek kosong untuk Ukraina ketika mereka melihat 12.000 orang melintasi perbatasan selatan kita yang terbuka setiap hari," katanya kepada BBC.

Dari Ruang Oval bersama Zelenskyy, Biden memperingatkan bahwa akan menjadi "hadiah Natal" bagi Putin jika Kongres gagal memberikan bantuan militer baru untuk Kyiv.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina, Kongres AS telah menyetujui bantuan militer dan ekonomi senilai lebih dari USD 110 miliar ke Ukraina. Sebagian besar dana tersebut sudah disalurkan.

AS tidak hanya berperan penting dalam mendukung perang Ukraina, namun mereka juga bertanggung jawab mengoordinasikan dukungan tersebut.

Para ahli militer telah memperingatkan bahwa Eropa tidak dapat memenuhi apa yang telah diberikan oleh AS dan bahwa tanpa dukungan AS terdapat bahaya nyata, yaitu Ukraina akan kalah perang -- tidak dalam waktu dekat namun dalam jangka panjang.

Miss Celebrity Indonesia 2023

Shella Anggia Putri Terpilih Menjadi Miss Celebrity Indonesia 2023, Ini Daftar Pemenang Lainnya Diumumkan di SCTV

Liputan6.com 2023-12-13 07:30:18
Miss Celebrity Indonesia 2023. (Source/Vidio)

Ajang pencarian bakat bertajuk Miss Celebrity Indonesia 2023 yang akan melahirkan bintang baru di dunia hiburan Tanah Air akhirnya membuahkan hasil.

Pada Selasa (12/12/2023) malam, acara yang digelar di Studio 6 Emtek City, Jakarta tersebut telah memasuki babak akhir atau grand final untuk mengetahui siapa yang akan keluar sebagai pemenang Miss Celebrity Indonesia pada tahun ini.

Acara yang dipandu oleh Ben Kasyafani ini tidak hanya menghadirkan musisi Tanah Air seperti Budi Doremi dan Mawar de Jongh, namun juga turut menghadirkan Raffi Ahmad, Wulan Guritno, Randy Pangalila, dan Wicky V. Olindo sebagai juri pada malam Grand Final Miss Celebrity Indonesia 2023 di SCTV.

Sederet tantangan seperti acting dan presenting yang dibantu oleh Junior Roberts, Steward Henry, Randy Pangalila, hingga Jasi Michelle telah dilewati oleh para finalis.

Terdapat 5 kategori yang akan dimenangkan oleh para finalis yang telah dipilih melalui voting para juri.

Berikut daftar pemenang lengkap Miss Celebrity Indonesia 2023:


Pemenang Miss Celebrity Indonesia 2023

Pada tahun ini, Miss Celebrity Indonesia 2023 memberikan gelar pemenangnya kepada Shella Anggia Putri yang berasal dari Medan. Pemberian mahkota kepada sang pemenang pun diberikan secara langsung oleh pemenang Miss Celebrity Indonesia 2015, Mawar de Jongh.

Adapun pemenang runner up pertama yang dimenangkan oleh Keyla Donnelly dari Jakarta, dan diikuti dengan pemenang runner up kedua yang diberikan kepada Kayla Faizahra yang berasal dari Medan.


2 Kategori Lainnya

Selain mengumumkan pemenang dan runner up dari ajang pencarian bakat Miss Celebrity Indonesia 2023, ada dua kategori lain yang juga diberikan oleh para finalis Miss Celebrity Indonesia 2023.

Kategori pertama adalah penghargaan untuk Best Acting yang dimenangkan oleh Ashifa Rizqina dari Jakarta. Kemenangan ini ia dapatkan setelah beradu akting dengan finalis lainnya yang dibantu oleh salah satu aktor muda ternama, Junior Roberts.

Dan kategori kedua adalah penghargaan untuk Best Presenting yang dimenangkan oleh Shella Anggia Putri yang berasal dari Medan setelah menerima tantangan untuk menjadi seorang presenter dalam acara UEFA Champions League yang dibantu oleh Sportcaster Steward Henry.

>Tampil Anggun di Acara Grand Final Miss Celebrity

Mawar de Jongh Tampil Anggun dalam Acara Grand Final Miss Celebrity Indonesia 2023 di SCTV

Liputan6.com 2023-12-13 08:30:29
Mawar De Jongh dalam acara Grand Final Miss Celebrity Indonesia 2023 pada Selasa (12/12/2023). (Source: Vidio)

Ajang pencarian bakat Miss Celebrity Indonesia 2023 akhirnya memasuki babak grand final di SCTV pada Selasa, 12 Desember 2023.

Sebelumnya, penampilan Budi Doremi sebagai pembuka acara dengan bawakan lagu "Tolong" dan "Melukis Senja" mendapatkan sambutan meriah dari para penonton yang hadir secara langsung di Studio 6 Emtek City, Jakarta.

Selain Budi Doremi, musisi Tanah Air lainnya yang turut meramaikan malam Grand Final Miss Celebrity Indonesia 2023 adalah Mawar de Jongh.

Sebagai informasi, Mawar de Jongh adalah pemenang dari Miss Celebrity Indonesia 2015 yang telah mulai berkarier tidak hanya dalam dunia tarik suara, melainkan juga dalam dunia perfilman.


Tampil Anggun

Saat memasuki panggung, musisi muda ini tampil anggun dengan menggunakan dress berwarna putih dan hijau.

Perempuan kelahiran 2001 tersebut memaksimalkan penampilannya dengan tata rambut yang setengah terurai dan menggunakan aksesoris anting berwarna silver.


Bawakan Lagu Cinta Pertama dan Terakhir dan Cinta Aku Bisa Apa

Tampil anggun dengan dress yang dikenakan, pemilik nama asli Mawar Eva de Jongh ini juga turut membawakan lagu "Cinta Pertama dan Terakhir" yang dirilis pada bulan Juli lalu.

Lagu yang sebelumnya dipopulerkan oleh Sherina Munaf pada tahun 2009 silam itu merupakan bagian dari album studio kelima Sherina yang bertajuk Gemini.

Selain itu, Mawar juga membawakan lagu "Cinta Aku Bisa Apa" yang baru saja dirilis pada November 2023 lalu. Lagu ini berkisah tentang pasangan yang telah menjalani hubungan, namun sat salah satu dari mereka berusaha dan berjuang untuk mempertahankan hubungan, pasangannya yang lebih memilih orang lain.


Pengiring Lagu 5 Finalis

Lagu "Cinta Pertama dan Terakhir" yang dibawakan oleh Mawar dalam acara Grand Final Miss Celebrity Indonesia 2023 tidak hanya semata-mata untuk meramaikan malam puncak ajang pencarian bakat tersebut.

Pasalnya, lagu ini juga digunakan sebagai pengiring lagu untuk kelima finalis yang terpilih dalam acara Grand Final Miss Celebrity Indonesia 2023 untuk melakukan cat walk di atas panggung.

Ungkap Permintaan Terakhir Ibunda

Jeje Govinda Ungkap Pertemuan Terakhir dengan Ibunya, Sebut Mendiang Minta Dibelikan Jam Tangan

Liputan6.com 2023-12-12 19:30:00
Duka mendalam dirasakan Ritchie Ismail atau Jeje Govinda dan keluarga. Farida Budiarti meninggal dunia pada Senin (11/12) pagi. Jeje yang berada di Inggris langsung kembali ke Tanah Air. Beri

Jeje Govinda mengungkap pertemuan terakhir dengan mendiang ibunya, sebelum bertolak ke luar negeri. Kala itu, ibunda Jeje tengah menjalani perawatan secara intensif di rumah sakit.

Di tengah kabar duka atas meninggalnya sang ibu, Jeje Govinda diketahui sedang berada di London, Inggris, untuk urusan pekerjaan. Karenanya Jeje langsung memutuskan pulang ke tanah air, setelah mengetahui ibunda tercinta telah tiada.

Diakui Jeje, saat berpamitan untuk pergi ke London, mendiang ibu meminta untuk dibelikan jam tangan. Namun belum sempat keinginan itu terwujud, takdir justru berkata lain.

"Pertemuan saya terakhir di rumah sakit sebelum ke London, nitip jam tangan. Tapi beliau sudah pulang," kata Jeje Govinda di TPU Cipinang Hanafi, Jakarta Timur, Selasa (12/12/2023).


Berkesempatan

Jeje merasa bersyukur berkesempatan mengantar dan memakamkan jenazah Ibunya. Sementara ini istri dan anaknya, kata Jeje, masih berada di London.

"Alhamdulillah saya bisa mengejar ke Indonesia, keluarga saya masih di sana, anak-anak masih disana. Alhamdulillah saya bisa memakamkan almarhumah ibu saya," ungkap Jeje.


Sudah Tenang

Jeje percaya, mendiang ayah dan ayahnya kini sudah merasa tenang di alam sana. Jenazah ibunda dimakamkan satu liang lahat dengan almarhum ayahnya.

"Jadi semuanya, mama sudah tenang sama papa sama kakak saya juga. Semoga diterima, terimakasih," ucap Jeje.


Meninggal Dunia

Ibunda Jeje Govinda, Farida Budiarti, meninggal dunia pada Senin, 11 Desember 2023 sekitar pukul 08.00 WIB. Mendiang menghembuskan napas terakhir di usia ke 73 tahun.

Mendiang ibunda Jeje Govinda diketahui juga sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Almarhum didiagnosis mengalami infeksi di bagian empedu dan penyumbatan saluran pencernaan.

TikTok Shop Komitmen Dukung UMKM?

HEADLINE: TikTok Shop Kembali Beroperasi di Indonesia, Komitmen Dukung UMKM?

Liputan6.com 2023-12-14 00:00:00
Keranjang TikTok Shop telah kembali hadir di aplikasi TikTok (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

TikTok Shop kembali online di Indonesia pada Selasa 12 Desember 2023. Sebelumnya, platform jual beli yang ada di aplikasi TikTok ini tutup pada 4 Oktober, tepat pukul 17.00 WIB.

Tutupnya TikTok Shop dua bulan lalu ini untuk mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. Seperti diketahui, pemerintah telah merilis Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 31 Tahun 2023, pada Rabu 26 September 2023.

Peraturan ini terkait perizinan usaha, periklanan, pembinaan, serta pengawasan pelaku usaha dalam perdagangan melalui sistem elektronik. Dalam aturan ini, aplikasi asal China ini tidak bisa menjalankan TikTok Shop yang merupakan platform jual beli karena tidak memiliki izin e-commerce.

Setelah gulung tikar selama 2 bulan, ternyata TikTok Shop kembali hadir. Tak main-main, untuk bisa mengoperasikankembali TikTok Shop, TikTok melakukan investasi sebesar Rp 23,4 triliun kepada PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk.

Dampak dari transaksi investasi ini, TikTok akan menjadi pengendali atas PT Tokopedia. Dengan kemitraan ini, fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia atau Tiktok Shop akan dioperasikan dan dikelola oleh Tokopedia.

TikTok dan Grup GoTo berkomitmen untuk memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

Tanpa menunggu lama, pada 12 Desember 2023, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), TikTok dan Grup GoTo langsung memulai program uji coba bertajuk Kampanye Beli Lokal.

Kampanye Beli Lokal akan ada di aplikasi Tokopedia dan TikTok. Kampanye ini akan mempromosikan berbagai jenis merchant (pedagang online) dengan fokus pada produk asal Indonesia. "Program Beli Lokal di aplikasi TikTok memungkinkan pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal," seperti dikutip dari keterangan resmi manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Rabu (13/12/2023).

TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo juga berkomitmen memberi kesempatan luas pada para pelaku UMKM Indonesia dengan memanfaatkan e-commerce. Selain itu juga mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

Dengan penggabungan kedua bisnis itu, lebih dari 90 persen merchant merupakan pelaku UMKM.

Berikut dukungan untuk UMKM lewat kolaborasi TikTok, Tokopedia, dan grup GoTo:


Mendag Beri WaktuUji Coba 4 Bulan

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menjelaskan, TikTok Shop dan Tokopedia ini merupakan dua entitas yang berbeda sehingga fungsi masing-masing aplikasi ini berbeda. Ia menegaskan bahwa TikTok bukanlah e-commerce, sehingga TikTok tidak memiliki izin untuk berjualan dan melakukan transaksi produk.

"E-commerce-nya itu Tokopedia, kerja sama dengan TikTok. Jadi TikTok itu dia tidak e-commerce, e-commerce-nya, yang jualannya itu Tokopedia," terangnya.

Hal ini berarti bahwa layanan e-commerce TikTok Shop nantinya akan dilayani melalui Tokopedia. Jadi, hanya Tokopedia yang bisa berjualan dan melakukan transaksi. Sedangkan Tiktok, hanya bisa mengiklankan produk.

Namun, Zulkifli Hasan menjelaskan, karena ini terkait dengan teknologi tinggi, maka akan membutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan untuk masa uji coba.

"Cuma kan ini teknologinya tinggi, perlu mungkin 3-4 bulan semacam percobaan, trial and error coba, diutamakan juga mereka minta untuk produk-produk lokal. Nanti hasilnya seperti apa, kolaborasi, kerja sama itu nanti kita nilai mungkin 3-4 bulan mendatang karena perlu penyesuaian," jelasnya pada Selasa (12/12/2023).

Tak lupa, Zulkifli Hasan juga menyarankan untuk para pemilik industri lokal ikut beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan memanfaatkan kesempatan ini.

"Ayo, manfaatkan. Karena perkembangan e-commerce, digital itu tidak mungkin lagi dihindari. Jadi harus dua, yang offline dan yang online harus dikembangkan karena pasarnya luas," ungkapnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi pun meminta agar jangan banyak barang impor diperjualbelikan di TikTok Shop.

"Selama sesuai dengan peraturan perundang-undangan kami dukung. Tetapi yang pasti, jangan lebih banyak barang impor. Kami akan pantau. Nanti kalau banyak barang impor kasihan UMKM kita," kata dia dikutip dari Antara, Rabu (13/12/2023).

Budi Arie mengatakan timnya akan memantau dan mengingatkan agar tidak banyak barang-barang impor yang dijual melalui platform e-commerce yang kini bermitra dengan GoTo itu.

"Ini bukan soal barang impor ilegal atau legal, jangan banyak barang impor. Tim kita bisa memantau itu. Kita ingatkan. Kan mesti dilaporkan ke Kementerian Perdagangan. Nanti kan ke kita ada PSE-nya segala macam. Kita lihat nanti," ujar dia.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengingatkan platform asal China, TikTok untuk mematuhi regulasi dan mengutamakan UMKM di Indonesia.

"Harus ikut mengembangkan program pemerintah, memberdayakan UMKM kita dan membangun bisnis model yang berkelanjutan," kata Menteri Teten, Senin (11/12/2023).

Selain itu, TikTok dan GoTo juga diminta mematuhi regulasi yang ada di Indonesia. Khususnya Permendag Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE).

Beberapa kebijakan dalam Permendag Nomor 31 Tahun 2023 yang menurut Menteri Teten harus dipatuhi TikTok dan GoTo. Pertama, adalah tentang kebijakan multichannel di e-commerce, yakni kepatuhan dengan aturan pemisahan e-commerce dari media sosial.

"Kedua, TikTok dan GoTo dilarang untuk memberi ruang bagi barang dumping di negara asalnya, atau barang impor dengan harga ekspor yang lebih rendah dibanding negara asalnya. Oleh karena itu, para merchant yang menjual produk impor harus dilengkapi dokumen importasi supaya tidak menjual barang ilegal," ucap Menteri Teten.

Ketiga, Menteri Teten juga meminta TikTok dan GoTo tidak menjual barang impor yang dokumennya tidak lengkap. "Barang impor yang dijual di online harus memiliki izin edar dari BPOM, punya SNI, dan memiliki sertifikasi halal. Semua itu perlu dilengkapi untuk melindungi konsumen di Indonesia," jelas Teten.

Keempat, TikTok dan GoTo diminta untuk tidak menjual barang yang harganya berada di bawah harga pokok penjualan (HPP) dalam negeri. Fenomena ini dikenal dengan istilah predatory pricing atau jual rugi. Tujuannya adalah untuk melindungi UMKM produsen dalam negeri.

"Kelima, platform online termasuk TikTok dan GoTo tidak boleh menjual produk sendiri. Ini untuk menghindari adanya diskriminasi terhadap brand atau produk lokal yang dijual di platform mereka," terangnya.


Seharusnya Belum Bisa Jalan

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatid Fiki Satari mengatakan, seharusnya TikTok Shop tak boleh melakukan transaksi. Maka, dia meminta perusahaan segera menaati aturan yang berlaku.

"Saya melihat apa yang sudah terjadi mulai kemarin di 12.12 dan program Beli Lokal, namun mereka masih berjualan di media sosialnya, seharusnya tidak boleh, secara regulasi dilarang, bahwa media sosial adalah platform komunikasi sedangkan TikTok melakukan transaksi," ujar Fiki Satari dalam keterangannya, Rabu (13/12/2023).

Menurutnya, regulasi harus berlaku secara penuh dan tidak ada catatan dalam proses adaptasi. Di mana hal tersebut juga terjadi pada para pelaku UMKM, yakni apabila belum memenuhi berbagai aspek regulasi atau perizinan maka akan diberikan sanksi yang sesuai dengan pelanggarannya.

"Jadi kalau ada ruang kebutuhan sosialisasi dan adaptasi tentu kita paham sekali, mungkin dalam sebuah journey teknologi akan ada versi uji coba seperti User Acceptance Test (UAT) untuk menguji performa, fungsi, dan keamanan, tapi kalau masih dalam tahap uji coba seharusnya hanya di internal, tidak untuk dilempar ke publik, ini yang ingin kita mitigasi," bebernya.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim menyebut TikTok Shop harus memindahkan proses transaksinya ke e-commerce. Artinya, tidak lagi ada transaksi di dalam aplikasi media sosial TikTok.

Isy menegaskan, dengan izin ecommerce yang dikantongi TikTok Shop, maka seharusnya tidak ada transaksi di media sosial TikTok.

"Tiktok tuh izinnya socialcommerce, kan dia dikasih pilihan mau buat e-commerce sendiri, tapi yah harus ngurus ini itu atau tetap social commerce dia harus bekerjasama, transaksi di Tokopedia," ujarnya kepada wartawan, ditulis Rabu (13/12/2023).

Isy menegaskan kalau konsep tersebut harus dilakukan transisi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Artinya, proses transaksi dalam TikTok Shop harus pindah ke Tokopedia, mitra ecommerce-nya saat ini.

"Ini perlu ditransisi, makanya diberikan waktu 3-4 bulan, pindahin pedagangnya, transaksinya dan banyak itu yang diurus. Supaya dia enggak jualan di medsosnya," tegas dia.

Dia menegaskan setelah mencapai tenggat waktu tersebut, proses transaksi yang ada harus benar-benar pindah. Dalam jangka waktu ini, kabarnya proses transaksi bisnis antara TikTok dan GoTo bakal dirampungkan.

"3-4 bulan ini kita pantau lagi prosesnya. Tetap mereka harus patuh sama aturan. Baru nanti semua transaksi di e-commerce-nya yakni Tokopedia," pungkasnya.


Jangan Sampai Predatory Pricing

Direktur Ekonomi Digital Celios Nailul Huda menyoroti kebijakan soal predatory pricing dan penjualan barang impor yang terkesan menyisakan celah usai kembalinya TikTok Shop ke Indonesia.

Terkait predatory pricing, Nailul tak ingin TikTok Shop bersama Tokopedia dan pengelola platform e-commerce lain mengulang kesalahan dengan banyak menjual produk di bawah harga yang merugikan pedagang UMKM offline.

"Dari sisi regulasi lainnya, perlu ada pengaturan mengenai penghindaran predatory pricing. Sehingga pedagang offline juga bisa dilindungi," kata Nailul Huda kepada Liputan6.com, Rabu (13/12/2023).

Nailul juga mengaku khawatir atas regulasi soal penandaan produk impor oleh para pelaku Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE).

Menurut dia, regulasi yang terlalu tebal akan membuat regulator kebingungan menempatkan posisi platform.

"Jangan sampai posisi TikTok feat Tokopedia bermasalah ke depannya. Perlu ada penyesuaian regulasi terutama terkait jenis perizinan," imbuh dia.

"Terkait dengan impor, saya rasa harus ada penyesuaian dalam restriksi impor dengan menambahkan tagging produk di semua platform PMSE, tidak terbatas pada TikTok," ungkapnya.

Lebih lanjut, Nailul melihat kembalinya TikTok Shop bakal mengembalikan pengalaman bermain media sosial sekaligus belanja. Tokopedia disebutnya bisa memanfaatkan live shopping di TikTok utuk memasang keranjang hijaunya. Sehingga bisa ditransaksikan dengan sistem Tokopedia yang memang sudah berizin e-commerce.

"Bagi seller Tokopedia, mereka bisa memanfaatkan fitur live TikTok untuk berdagang dan diintegrasikan dengan fitur Tokopedia. Keduanya akan saling menguntungkan dari sisi ekosistem masing-masing platform," terang dia.

Hal sama diungkap ekonom sekaligus Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Tauhid Ahmad.

Ia menyimpan kekhawatiran bahwa kehadiran kembali TikTok Shop potensi mengulang praktik predatory pricing.

"Saya kira masih akan punya peluang predatory pricing. Karena kalau kebijakan itu ada seharusnya berbarengan dengan data-data yang disampaikan oleh Kementerian Perdagangan. Karena standarnya belum ada," ujar Tauhid kepada Liputan6.com, Rabu (13/12/2023).

Adapun standar harga yang dimaksud yakni acuan harga untuk produk-produk yang nanti dijual. Kementerian Perdagangan memang telah membuat Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik, yang melarang TikTok Shop selaku social commerce berjualan di Indonesia.

Namun, Tauhid mencermati aturan tersebut belum mencantumkan aturan terkait kode barang atau acuan harga yang terindikasi masuk praktik predatory pricing.

"Kan sudah ada Permendag, cuma kan harus ada lampirannya detil. Ketika tidak ada, maka itu akan terbuka peluang, yang predatory pricing ini yang mana, dasar ketentuan harganya ada di mana," tegasnya.

"Kalau standar belum ada, tidak ada standar ya mereka akan bisa melakukan itu. Belum ada regulasi yang disebut predatory pricing yang mana," imbuh dia.


Kata Pedagang

Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Edy Misero mengatakan bergabungnya TikTok dan Tokopedia pasti akan berdampak positif ke bisnis khususnya sektor UMKM.

Hal ini dapat dicapai, asalkan TikTok dan Tokopedia tetap mengutamakan produk lokal dan memberikan kesempatan produk lokal untuk mencapai pasar global.

"Utamakan yang dijual produk lokal, hadirnya Tokopedia ini bisa menjadi benteng dari serbuan produk impor yang makin merajalela, memberikan fair competition dan bisa membuat gairah industri kecil dalam negeri," ujar Edy.

Lebih lanjut Edy juga mengatakan kerjasama antara TikTok dan Tokopedia pertama-tama berpeluang meningkatkan pendapatan penjualan, kedua meningkatkan daya beli dan meningkatkan lapangan kerja.

"Dengan kabar gabungnya TikTok dan Tokopedia maka pelaku UMKM berpeluang untuk kembali meningkatkan pendapatannya. Pasalnya, saat penutupan aplikasi TikTok tidak sedikit pelaku UMKM yang merasa dirugikan karena pendapatannya menurun secara signifikan. Tidak hanya pelaku UMKM, tetapi juga berdampak pada karyawan di perusahaan ekspedisi yang memutuskan memberhentikan karyawannya lantaran sepi orderan," papar Edy.

"Kehadiran mereka bisa menyerap lapangan pekerjaan. Hal itu bisa di lihat dari banyaknya jumlah content creator yang semakin hari semakin meningkat. Tidak hanya dari konten kreator saja tetapi juga bagi pekerja ekspedisi. Hal itu bisa di lihat ketika resmi di tutup oleh pemerintah tidak sedikit bagi pekerja ekspedisi yang terdampak," lanjutnya.

Hadirnya kembali TikTok Shop ini juga mendapat sambutan antusias dari para TikTok Affiliate yang selama ini meraup cuan dari program ini. TikTok Affiliate adalah suatu program yang menghubungkan kreator dengan seller, sebagai pemilik produk yang memiliki bisnis di aplikasi TikTok, melalui sebuah tautan/link promosi sebagai strategi pemasaran afiliasi dengan imbalan berupa komisi.

Salah satunya adalah Renny Antonious yang sudah 2,5 tahun menjadi seorang TikTok Affiliate. Menurutnya, menjadi seorang TikTok Affiliate bisa dikerjakan dari rumah, tetapi potensi pendapatannya cukup besar.

"Saya hepi banget karena fitur belanja TikTok telah kembali dengan menggandeng e-commerce lokal, Tokopedia. Pastinya dengan konsep seperti ini, UMKM dan brand lokal bisa semakin tumbuh dan para seller maupun affiliator semakin mudah meraup cuan sebagai TikTok Affiliate," ungkap Renny yang memiliki pengikut 1,8 juta di platform TikTok tersebut, Rabu (13/12/2023).

Renny sendiri merupakan Tiktok Affiliate dari seller untuk produk-produk kecantikan, skincare, personal care, dan sejenisnya. Mayoritas produk yang dipasarkan Renny adalah produk-produk lokal.