Gencar Cari Nafkah Saat Ammar Zoni Ditangkap

Irish Bella Gencar Cari Nafkah Sewaktu Ammar Zoni Ditangkap untuk Ketiga Kali, Banjir Dukungan untuk Fokus pada Anak-anak

Liputan6.com 2023-12-14 14:33:59
Irish Bella dan Ammar Zoni (Instagram/_irishbella_)

Kabar penangkapan Ammar Zoni atas kasus narkoba yang dikonfirmasi kepolisian pada Rabu (13/12/2023), membuat publik bertanya-tanya perihal sikap Irish Bella. Hingga kini, istri Ammar Zoni masih belum menunjukkan reaksi secara langsung di depan publik.

Namun, salah satu hal yang kini tengah menjadi sorotan masyarakat perihal rumah tangga keduanya adalah gencarnya Irish Bella dalam mencari nafkah. Bahkan di media sosialnya, Irish Bella kini memilih untuk memamerkan pencapaiannya.

Kegiatan Irish Bella mencari nafkah mulai dari berjualan hingga endorsement tampak menghiasi Instagram Stories akun @_irishbella_ miliknya. Belum ada satu unggahan pun yang menyentil Ammar Zoni secara langsung meskipun ada beberapa kalimat bernada rohani yang disampaikan.

Menariknya, ada satu unggahan video dari Irish Bella yang tengah ramai menjadi sorotan publik. Video itu disebut-sebut diunggah oleh Irish Bella pada waktu yang hampir bersamaan ketika Ammar Zoni ditangkap lagi pada Selasa (12/12/2023) malam.


Momen Irish Bella Mencari Nafkah

Dalam videonya, tampak Irish Bella sedang berada di berbagai studio bersama sejumlah tim produksi untuk membuat beragam konten. Wajah Irish Bella di berbagai momen kesibukannya itu tampak sangat ceria.

Wanita yang akrab disapa Ibel ini juga menyorot suasana di balik layar serta wajah-wajah gembira para tim produksi yang mengajaknya untuk membuat konten. Video tersebut diunggah ulang akun @lambegosiip hingga membuat Irish Bella banjir dukungan dari warganet untuk fokus pada anak-anaknya.


Dukungan untuk Irish Bella

"Bagus lbh baik focus cari duit buat anak2," kata seorang warganet.

"Lanjutkan mb irishh ,,,,jalanmu sdh benarr," kata yang lainnya.

"Emang harus gitu, life must go on," kata yang lain.

"Hidup hrus terus berjalan, jangan tkut mbk rezeki sudah d sediakan oleh Allah, tetap di jln Allah,, semangat para single mom ," tulis seorang lagi.


Penangkapan Ammar Zoni

Ammar Zoni diamankan di salah satu apartemen kawasan Serpong, Tangerang Selatan pada Selasa, 12 Desember 2023 malam.

Dalam penangkapan itu, turut disita pelbagai jenis narkotika yang terdapat di apartemen di antaranya 4 paket sabu dan 1 paket kecil ganja.

Diketahui, Polisi masih mendalami dugaan penyalahgunaan narkoba yang menyeret artis Ammar Zoni. Penyuplai narkoba kini diburu.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Indrawienny Panjiyoga menyebut, proses pemeriksaan Ammar Zoni masih berlangsung.

"Sekarang kami sedang melakukan pemeriksaan untuk mengejar pemasok (Narkoba) terhadap artis AZ," kata Panjiyoga dalam keterangannya, Rabu (13/12/2023).

Penangkapan Ammar Zoni ini terjadi di tengah gugatan cerai yang sedang dilayangkan Irish Bella kepada suaminya itu,. Banyak pihak menduga Ammar Zoni kembali menggunakan narkoba lantaran ia frustasi akibat permintaan cerai dari sang istri.

Video Lawas Nagita Slavina-Sarah Sechan Viral

Video Lawas Nagita Slavina Ngobrol bareng Sarah Sechan Viral, Istri Raffi Ahmad Ngaku Bercita-cita Ingin Punya Mal Sendiri

Liputan6.com 2023-12-14 12:00:00
Tangkapan layar jumpa pers Sport Party (YouTube/ Rans Entertaiment)

Sempat jarang terdengar namanya, Sarah Sechan belum lama ini kembali menjadi bahan perbincangan publik setelah ia menyindir sikap Nagita Slavina yang teriak-teriak di Singapura bersama kerabat keluarga dan sejumlah sahabat sesama selebriti.

Dalam beberapa unggahan di media sosial, Sarah Sechan mengungkapkan kerisihannya melihat seorang figur publik merekam momen berteriak di sebuah mal. Presenter kondang tersebut menyematkan kata 'Sultan di negara sendiri' terhadap orang yang dimaksud. Alhasil, warganet pun jadi terbayang sosok istri Raffi Ahmad.

Lantaran unggahan Sarah Sechan tersebut viral, warganet pun jadi mengulik-ngulik kembali momen-momen lawas yang mempertemukan Sarah Sechan dan Nagita Slavina. Ternyata, salah seorang netizen menemukan video keduanya pernah berbincang hangat di salah satu talkshow.

Dalam rekaman video lawas tersebut, Nagita Slavina terlihat menjadi bintang tamu dalam sebuah acara yang dipandu oleh Sarah Sechan. Pada satu titik perbincangan, Sarah Sechan bertanya seputar reaksi Nagita sewaktu di mal. Tak disangka, Nagita mengungkapkan cita-citanya, yaitu ingin memiliki mal sendiri.


Momen Lawas Sarah Sechan Berbincang dengan Nagita Slavina yang Hangat

Dalam potongan video yang diunggah ulang pemilik akun TikTok @herliah_ii, Selasa (12/12/2023), tampak Sarah Sechan menyambut hangat Nagita Slavina yang menjadi tamu acaranya.

Keduanya sempat cium pipi kiri-kanan sewaktu bertemu, sembari Sarah Sechan memanggil Nagita dengan sapaan akrabnya, Gigi. Perbincangan keduanya pun terjalin dengan sangat seru.


Pertanyaan Sarah Sechan Soal Reaksi Nagita Slavina di Mal

Tampak dalam acara tersebut, Sarah Sechan menyentil terlebih dahulu soal isu yang menyebutkan Nagita Slavina memiliki kegemaran beraktivitas di sebuah mal.

"Kalau lihat mall, katanya lebay?" tanya Sarah Sechan dalam video lawas tersebut.

"Enggak lebay, sih, senang aja sebenarnya. Cita-cita aku itu punya mall. Itu my ultimate dream," jawab Nagita dengan antusias.

"Tapi kamu terus nanti yang shopping di situ. Kamu gila shopping?" tanya Sarah Sechan lagi.

"Enggak gila, sih. Sekarang Alhamdulillah sudah sembuh. Sedikit sembuh, lah," sahut Nagita Slavina.


Nagita Slavina Ungkap Aktivitas yang Dilakukannya Selama di Mal

Selanjutnya, Nagita Slavina menanggapi pertanyaan Sarah Sechan seputar tingkahnya seperti apa yang ditunjukkannya selama masih sering berbelanja di mal.

"Memang waktu itu kayak gimana gila shopping-nya?" tanya Sarah Sechan lagi.

"Aku bisa pergi jalan-jalan sendirian seharian. Mal to mal. Enggak everyday, sih. Cuma aku suka cuci mata. Pokoknya senang aja kalau di mal itu kayak, 'Wuaaa' (ekspresi bahagia)," jawab Nagita Slavina.

"Aku waktu itu lihat cewek guling-guling di mal, kenapa?" timpal Sarah Sechan.

"Kalau aku bisa nginep di mal, aku nginep di mal," sahut Nagita Slavina membuat Sarah Sechan bereaksi heboh.


Sindiran Sarah Sechan kepada Nagita Slavina

Sarah Sechan yang kini tinggal di Singapura, belum lama ini sempat menyindir tipis-tipis artis Indonesia bergelar Sultan yang teriak-teriak saat berada di salah satu pusat perbelanjaan di luar negeri. Publik menduga, ia menyindir Nagita Slavina.

Pasalnya, dalam sebuah video konten viral, Nagita Slavina yang sedang berada di Singapura teriak-teriak memanggil Nia Ramadhani. Video itu disertai narasi: Ketika Mama Gigi manggil Nia Ramadhani di Singapura.

Dalam video itu, istri Raffi Ahmad menelepon sambil meneriakkan nama Nia tiga kali hingga memantik tawa rekan selebritas seperti Wandahara dan Aaliyah Massaid. "Ya lo maju terus, ini kita sudah maju ke depan. Lo maju. Niaaa!!! Dengar gue enggak?" ocehnya.


Sarah Sechan Sebut Adanya Kebiasaan Dianggap Sultan

Lewat unggahan Instagram Stories, Sarah Sechan mengkritisi artis yang digelari Sultan di sebuah negara lalu merasa bisa bertingkah seenak jidat saat berada di luar negeri. Padahal, di negara orang ada adab yang mesti dihormati.

"Kebiasaan dianggap 'Sultan' di negara sendiri, pas di negara orang berasa bisa seenaknya. Di mal teriak-teriak panggil temannya, dengan bangga, padahal orang lokal lihatnya mungkin: Nih turis enggak punya manners," tulis Sarah Sechan.

Mantan VJ MTV itu mengingatkan di negara yang dikunjungi artis sultan, banyak orang yang jauh lebih kaya namun tetap beretika dan tak meneriaki orang lain saat berada di ruang publik.

"Di negara itu, banyak orang kaya. Jauh lebih kaya. Tapi enggak ada tuh yang teriak-teriak di mal panggil orang lain," tulisnya dengan latar warna saliwah polos.

Dalam bahasa Inggris, Sarah Sechan mengingatkan bahwa sekarang ada teknologi bernama ponsel. Jadi, saat berjauhan dengan teman di ruang publik, Anda bisa menelepon dan memberi tahu teman.

"Berikut sebuah tip: Ketika kamu ENGGAK berada di hutan atau kebon, simpel banget kamu bisa telepon temanmu dan bilang: Aku di lantai ini, dekat toko ini, dekat pintu itu. Duit memang enggak bisa dipakai untuk beli kelas," Sarah Sechan menyambung dalam bahasa Inggris.

Viral Lagi Pengakuan Ammar Zoni

Viral Lagi Pengakuan Ammar Zoni Naik Kelas dari Ganja ke Sabu: Dalam Bahasa Rehabilitasi, Ke-trigger

Liputan6.com 2023-12-14 11:28:32
Ditangkap kali ketiga gara-gara mengonsumsi narkoba, pengakuan lawas Ammar Zoni soal naik kelas dari ganja ke sabu viral lagi. Ia mengulas soal trigger. (Foto: Dok. YouTube Deddy Corbuzier)

Kali ketiga ditangkap polisi gara-gara kasus narkoba jelas bukan hal membanggakan bagi Ammar Zoni. Lagi-lagi, ia dirujak netizen. Pasalnya, Oktober 2023, Ammar Zoni membahas soal "naik kelas" dari mengganja ke mengonsumsi sabu-sabu.

Suami Irish Bella bahkan kala itu mengklaim statusnya kini clean alias bersih dari narkoba. Soal "naik kelas" dari ganja ke sabu-sabu, Ammar Zoni menyinggung istilah ke-trigger dalam proses rehabilitasi narkoba.

"Ini menarik banget sebenarnya. Awalnya dari ganja. Setelah sudah selesai rehabilitasi, alhamdulillah itu betul-betul clean. Clean segala macam. Menikahlah. Menikah, menikah, menikah dan terus berjalan," katanya.

Pengakuan ini terlontar dalam podcast bersama Deddy Corbuzier yang mengudara pada 18 Oktober 2023. Sejak menikah, badan Ammar Zoni menggemuk. Ia merasa tak percaya diri lalu menganggap konsumsi sabu bisa melangsingkan.


Beberapa Bulan Lalu...

"Nah, ini beberapa bulan lalu nih, kita sering kalau dalam bahasa rehabilitasi tuh kayak trigger gitu. Kayak ke-trigger, kayak kepengin. Terus juga merasa badan kan, agak gemuk," Ammar Zoni menjelaskan.

Bintang sinetron 7 Manusia Harimau berharap bisa langsing atau kurus dengan mengonsumsi sabu-sabu adalah pola pikir bodoh. Berkali Ammar Zoni mengakui ini tindakan bodoh.


Ini Bohong Banget

Ini tak bisa dijadikan pembenaran di depan aparat penegak hukum maupun masyarakat luas. Bintang film Retak Gading kemudian mengonsumsi sabu-sabu. Pada akhirnya, ia kecewa karena tak kunjung kurus.

"Ini bohong banget, ini bodoh, bodoh. Ini pembenaran bodoh sebenarnya, gue akui itu," akunya lalu bilang, "Katanya iya (orang pakai sabu-sabu jadi kurus). Katanya iya. Cuma yang gue rasain enggak. Malah tetap muscle."


Alasan Bodoh

"Itu tadi karena alasan bodoh. Alasan bodoh yang: Masa sih langsung bisa bikin kurus cepat?" Ammar Zoni mengakhiri. Sejumlah netizen lantas mengecam insiden Ammar Zoni kali ketiga ditangkap dengan barang bukti 4 paket sabu-sabu dan 1 paket kecil ganja.

"Narkoba akan merebut kebahagiaanmu selamanya dan kembali lagi Amar Zoni ditangkap polisi, kasus narkoba," tulis use****. "Baru keluar kandang udah masuk kandang lagi," cuit @raw****. "Katanya mau memantaskan diri? Lo kalau ngomong sok bijak banget mar," sahut Ris****.

Tak Dendam dengan Gunawan Dwi Cahyo

Kiesha Alvaro Mengaku Tak Dendam dengan Gunawan Dwi Cahyo Meski Ibunya Diduga Diselingkuhi

Liputan6.com 2023-12-14 11:00:00
Potret Kiesha Alvaro (Instagram/@okieagustina_)

Kiesha Alvaro, anak pasangan Okie Agustina dan Pasha Ungu, memberikan tanggapan terkait dugaan perselingkuhan yang mencuat dalam perceraian kedua orangtuanya, Okie Agustina dan Gunawan Dwi Cahyo.

Sidang perceraian pasangan tersebut telah digelar di Pengadilan Agama Kota Bogor, dan Kiesha Alvaro menegaskan bahwa kondisi ini memberikan dampak pada kesehatannya, memicu stres dan perasaan yang sulit dijelaskan.

Pada pertemuan dengan awak media di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kiesha Alvaro mengungkapkan bahwa meskipun telah berbicara satu kali dengan Gunawan Dwi Cahyo, komunikasi mereka tidak begitu intens. Pertemuan tersebut hanya sebatas pertukaran kata-kata.

"Komunikasi gak begitu, cuma ya pernah ketemu dan ngobrol aja," ujar Kiesha Alvaro, menunjukkan bahwa hubungan antara mereka tidak begitu erat.


Tak Dendam

Meskipun situasi ini tentu menimbulkan rasa sakit hati, Kiesha Alvaro menekankan bahwa dia bukan tipe orang yang memendam dendam. Dalam pandangannya, setiap manusia pasti melakukan kesalahan, dan memberi maaf adalah hal yang wajar. Namun, ia juga menyatakan bahwa jika kesalahan tersebut diulang, maka sikapnya bisa berubah.

"Gua bukan orang pendendam. Setiap manusia pasti melakukan salah kan, jadi kalau dimaafkan, sudah pasti," kata Kiesha Alvaro, menunjukkan sikap penuh pengertian terhadap kondisi tersebut.


Menjaga Kesehatan

Lebih lanjut, Kiesha Alvaro merasa bahwa saat ini yang terpenting adalah menjaga kesehatan mental ibunya, Okie Agustina. Meskipun tindakan seperti tidak memperpanjang gosip dan berita di media sosial, Kiesha Alvaro bertekad untuk memberikan dukungan penuh kepada ibunya selama proses perceraian.

"Demi memberikan dukungan penuh kepada Okie Agustina, Kiesha Alvaro siap menunda pekerjaan demi mendampingi ibundanya selama proses cerai dengan Gunawan Dwi Cahyo."

"Ya kenapa di mana-mana aku nggak mau ngegoreng beritanya, karena aku menjaga mental bunda juga," tegasnya.


Mendukung Okie Agustina

Dengan sikap bijaksana dan komitmen untuk mendukung ibunya, Kiesha Alvaro berharap dapat memberikan kekuatan dan kenyamanan kepada Okie Agustina dalam menghadapi proses perceraian.

Putri Nia Daniaty Dihukum 3 Tahun Pencara

Olivia Nathania, Putri Nia Daniaty, Dijatuhi Hukuman 3 Tahun Penjara dan Denda Rp 8,1 Miliar: Kasus Penipuan CPNS

Liputan6.com 2023-12-14 15:10:45
Anak penyanyi Nia Daniati, Olivia Nathania mendatangi Polda Metro Jaya untuk diperiksa terkait kasus dugaan penipuan seleksi CPNS. (Kapanlagi.com)

Olivia Nathania, putri dari aktris senior Nia Daniaty, telah dihukum 3 tahun penjara dan diwajibkan membayar ganti rugi sebesar Rp 8,1 miliar. Hal ini terkait dengan keterlibatan Olivia dalam kasus penipuan yang menggunakan modus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur telah menjatuhkan putusan bersalah terhadap Olivia Nathania, yang kemudian diikuti dengan vonis hukuman penjara dan denda pada Rabu (13/12/2023).

Desi Hadi Saputri, kuasa hukum korban dalam kasus ini, menyatakan rasa syukur atas putusan tersebut. Menurutnya, kasus ini telah melalui proses yang cukup panjang, dan putusan ini menjadi hasil dari satu tahun sidang.

"Alhamdulillah ya, hari ini pembacaan putusan dibacakan setelah satu tahun berjalannya sidang. Setelah dari proses pidana juga kita berjalan, alhamdulillah putusan perdata dibacakan," ujar Desi Hadi Saputri dalam tayangan YouTube Intens Investigasi dilihat Kamis (14/12/2023).


Bersyukur

Pihak penggugat yang diwakili oleh Desi Hadi Saputri merasa bersyukur karena semua tuntutan terhadap Olivia Nathania berhasil dikabulkan oleh majelis hakim. Ganti rugi sebesar Rp 8,1 miliar juga disahkan sebagai bentuk kompensasi atas perbuatan yang dilakukan.

"Alhamdulilah ya, hari ini pembacaan putusan dibacakan setelah satu tahun berjalannya sidang. Setelah dari proses pidana juga kita berjalan, alhamdulilah putusan perdata dibacakan," kata Desi Hadi Saputri.


Belum Selesai

Namun, meskipun putusan telah dijatuhkan, proses hukum masih belum selesai. Desi Hadi Saputri menjelaskan bahwa masih ada serangkaian proses hukum yang akan dihadapi dalam perkara ini. Meskipun demikian, pihaknya berharap agar proses selanjutnya dapat berjalan lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

"Kami jujur ini hopeless banget, saya juga nggak bisa berbicara apa-apa memang masih ada proses selanjutnya yang InsyaAllah mungkin bisa berjalan lebih cepat. Kami bersyukur, dan sangat mengajukan apresiasi sekali kepada hakim majelis Pengadilan Negeri Jakarta Timur karena sudah membela hak yang sudah seharusnya dikembalikan pada para korban," ungkapnya.


Kesulitan Ekonomi

Selama proses hukum, terungkap bahwa para korban penipuan Olivia Nathania sedang mengalami kesulitan ekonomi. Melalui Desi Hadi Saputri, para korban menyampaikan harapan agar uang yang mereka berikan kepada Olivia Nathania dapat segera dikembalikan.

"Karena kan para korban saat ini juga sedang mengalami kesulitan ekonomi dan sangat berharap uang-uang itu segera dikembalikan," tambahnya.

Dengan demikian, kasus ini mencerminkan pentingnya keadilan bagi para korban penipuan dan tuntutan untuk mengembalikan dana yang telah diperoleh secara tidak sah.

Tutup 2023 dengan Aksi Amal

Son Ye Jin Tutup 2023 dengan Gelar Lapak Jualan Baju dan Barangnya untuk Amal, Ada yang Dipakai di Drakor

Liputan6.com 2023-12-14 08:00:00
Son Ye Jin. (Instagram./ yejinhand)

Jelang pergantian tahun, sebuah ide mendadak muncul di benak Son Ye Jin: ia ingin menggelar lapak yang menjual barang bekas. Ini lapak barang seken bukan sembarang lapak, karena yang ditawarkan adalah koleksi miliknya.

Hal ini diungkapkannya dalam unggahan di Instagram, Selasa (12/12/2023) kemarin. Ia bahkan menyampaikannya dalam bahasa Inggris sekaligus Korea.

"Halo semua, apa kabar? Akhirnya, 2023 hampir berakhir! Aku ingin menutup tahun ini dengan sebuah event yang bermakna," tuturnya. Ia meneruskan bahwa ini ada hubungannya dengan drakor yang ia bintangi, "Ide yang muncul adalah bazar amal. Ide bagus ini adalah gagasanku! (Ingat dialog Seri di Crash Landing on You?)"

Ia menjelaskan bahwa yang akan dijual adalah barang miliknya pribadi, dan hasilnya akan diberikan untuk tujuan amal. "Ada banyak barang, mulai dari pakaian sampai aksesori yang begitu kusayang. (Bahkan baju karakterku!)," kata dia.

"Ada banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan sebagai tuan rumah bazar! Karena ini pertama kalinya bagiku, aku terus ngebut. (Kenapa aku sudah capek ya? ) ," kata dia.

Istri Hyun Bin ini juga berjanji akan mengumumkan detailnya lebih lanjut.


Warganet Tertarik Bazar Son Ye Jin

Rencana Son Ye Jin ini ternyata mendapat sambutan hangat dari warganet, bahkan ada yang sudah menunjukan ketertarikannya soal bazar ini.

"Sounds like an amazing idea, please make it available for all of us, if it's possible. Happy holidays to you and the family. We love you ," kata seorang warganet.

"Always support you~Can't wait to see charity bazaar project..Lets gooo.. yejinhand!! " kata yang lain.


Baru Merayakan Ultah Alkong

Sementara itu, pada November kemarin, Son Ye Jin baru saja merayakan ultah pertama anaknya dengan Hyun Bin yang diberi julukan imut Alkong.

Ulang tahun identik dengan kado, apalagi ulang tahun pertama yang begitu penting dalam budaya Korea. Namun ke depannya, ia secara halus menolak kado yang diberikan penggemar---yang ia sebut sebagai imodeul alias para tante.


Tak Terima Kado Lagi, Cukup Lewat Surat

"Terima kasih telah mendoakan kami kebahagiaan dalam ulang tahun pertama ini. Alkong begitu menyukai kado yang ia terima~," tutur sang aktris.

Ia menambahkan, "Namun mulai sekarang, sudah cukup untuk mendukungku lewat sebuah surat yang tulus. Aku mendoakan para tante menjalani hari bahagia," kata dia.

Tsamara Amany Jadi Stafsus BUMN

Erick Thohir Angkat Eks Kader PSI Tsamara Amany Jadi Stafsus, Ini Pertimbangannya

Liputan6.com 2023-12-13 13:15:16
Tsamara Amany Dampingi Erick Thohir Saat Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI. foto: Twitter @TsamaraDKI

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Tsamara Amany sebagai Staf Khusus Bidang Kebijakan Publik. Diketahui, Tsamara merupakan mantan Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Ini sekarang saya tambah lagi Bu Tsamara nih, nah ini staf khusus baru yang saya minta untuk fokus di publik policy (kebijakan publik," kata Erick kepada awak media di Grha Pertamina, Jakarta Pusat, Rabu (12/12).

Erick mengungkap, alasan pengangkatan Tsamara sebagai staf khusus bagian dari upaya Kementerian BUMN untuk mengakomodir masukan dari generasi muda. Salah satunya terkait fenomena kesehatan mental atau mental health.

"Pertimbangan (staf khusus) public policy, kita perlu juga suara anak muda menjadi jembatan. Salah satu diskusi saya dengan Tsamara mengenai mental health," ungkap Erick.

Erick menyebut, saat ini, sebanyak 70 persen generasi muda di Indonesia mengalami persoalan mental health.

Tsamara juga telah dilibatkan dalam acara terkait mental health yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN di Djakarta Theater beberapa waktu lalu. "Dengan inspirasi itu saya diskusi dengan Pak Tedi (Deputi Bidang SDM Kementerian BUMN) akhirnya kita terapkan. Ternyata waktu itu kita bikin di Djakarta Theater luar biasa," pungkas Erick.

Sebelumnya, mantan politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Tsamara Amany menilai Menteri BUMN Erick Thohir layak menjadi Wakil Presiden RI.

Erick dianggap memiliki kompetensi besar yang dapat membawa kemajuan bagi Indonesia ke depan. "Secara objektif kalau kita mau jujur, Pak Erick Thohir ini orang yang cocok jadi nomor dua," kata Tsamara, Jumat (10/2/2023).

Tsamara mengatakan, kemampuan Erick dalam memimpin sudah sangat terbukti. Dia mengambil contoh, Erick berhasil memulihkan ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Langkah Erick itu dilakukan saat menjabat Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

Selain itu, Erick Thohir sudah merealisasikan program PNM Mekaar yang membuat kemampuan ibu rumah tangga berwirausaha kian meningkat. Tercatat, bantuan pendanaan PNM Mekaar senilai Rp156,79 triliun telah disalurkan kepada masyarakat di seluruh wilayah Tanah Air.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com


Kementerian BUMN Tunjuk Jatmiko Santosa Jadi Dirut PalmCo

Kementerian BUMN dan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) resmi menggabungkan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V, VI dan XIII ke dalam PTPN IV untuk dibentuk menjadi Sub Holding PalmCo. Kementerian BUMN pun telah mengangkat Jatmiko Santosa sebagai Direktur Utama PalmCo.

Jatmiko Santosa sebelumnya adalah Direktur Utama PTPN V. Ia berhasil melakukan transformasi melalui beragam program transformasi, digitalisasi, dekarbonisasi, percepatan peremajaan sawit, hingga mengantarkan perusahaan tersebut hattrick kinerja finansial tertinggi sepanjang sejarah PTPN V.

Direktur Utama PalmCo Jatmiko mengatakan, di masa awal transisi ini akan dimanfaatkan untuk membangun pondasi yang solid dan memastikan seluruh operasional berjalan lancar dan konstruktif.

"Untuk proses awal transisi ini, kita fokus pada pembangunan pondasi awal yang solid dan memastikan seluruh operasional tetap dapat berjalan lancar dan konstruktif," katanya dikutip dari Antara, Jumat (8/12/2023).

Selain itu, ia juga mengatakan direksi yang terbentuk akan mengkonsolidasikan dan mendorong agar target-target yang telah ditetapkan hingga akhir tahun mendatang dapat terealisasi.

"Sebelum proses penggabungan, masing-masing perusahaan telah menetapkan target atau pencapaian hingga akhir tahun mendatang. Kita juga mendorong agar target yang telah ditetapkan dapat tercapai serta memastikan program-program strategis kedepan yang diharapkan pemegang saham agar PTPN berkontribusi dalam ketahanan pangan dan energi dapat terwujud," lanjut Jatmiko.


Direksi Lain

Mendampingi Jatmiko Santosa sebagai direksi adalah Rizal Damanik, Ryanto Winuardi, Ugun Untaryo, Hilda Savitri, Suhendri dan Irwan Perangin Angin.

Rizal Damanik yang sebelumnya merupakan Direktur PTPN XIII menempati posisi sebagai Direktur Operasional PalmCo. Posisi Direktur Pemasaran dan Komersial diemban oleh Ryanto Wisnuardhy. Ryanto sebelumnya menjabat sebagai Direktur PTPN VII Lampung.

Ugun Untaryo dipercaya menjabat sebagai Direktur Strategi dan Sustainability. Ugun merupakan sosok yang malang melintang di perkebunan dengan jabatan terakhir sebagai Senior Executive Vice President Business Support PT Indonesia Nabati Lestari, salah satu anak Holding Perkebunan Nusantara III (Persero).

Selanjutnya Hilda Savitri menjabat sebagai Direktur Keuangan. Hilda yang merupakan satu-satunya sosok perempuan sebagai direksi di PalmCo itu dikenal sarat akan pengalaman di sejumlah BUMN, seperti Direktur Keuangan Hutama Karya dan Angkasa Pura II.

Kemudian, Suhendri yang merupakan mantan bos PT SGN juga dipercaya mendampingi Jatmiko Santosa sebagai Direktur SDM dan Teknologi Informasi.

Didukung Irwan Perangin Angin, mantan Direktur PTPN II yang turut dipercaya menjalankan roda operasional PalmCo sebagai Direktur Hubungan Kelembagaan.

Istri Giring Ganesha Pamer Baliho Wajah

Cynthia Istri Giring Ganesha Pamer Baliho Wajahnya di Tengah Isu Dugaan Melanggar Aturan Kampanye

Liputan6.com 2023-12-14 17:11:59
Giring Ganesha atau dikenal Giring eks Nidji menyampaikan ucapan selamat imlek 2022 bersama sang istri, Cynthia Riza (https://www.instagram.com/p/CZawobnJuDr/)

Istri Giring Ganesha, Cynthia Riza atau Cynthia Ganesha, tetap menunjukkan sisi optimis di tengah isu dugaan pelanggaran kampanye. Dikabarkan sebelumnya, Cynthia Ganesha dilaporkan ke Panwascam Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah karena terkait laporan dugaan pelanggaran kampanye.

Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Dapil Jawa Tengah V nomor urut 1 dari PSI itu diduga tidak menyertakan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) saat menggelar kampanye. Ketua Panwascam Pasar Kliwon, Agus Anwari, sempat menyampaikan bahwa terdapat tiga orang yang dilaporkan ke panwascam termasuk Cynthia Ganesha.

"Nanti yang bersangkutan akan kami panggil hari ini untuk terlapor satu selaku timsesnya. Untuk memanggil Mbak Cynthia tidak memungkinkan karena kemungkinan juga akan kita tanya ke Mas Jalu (terlapor ketiga) apakah beliaunya Mbak Cynthia itu masih di Solo atau tidak. Siang ini akan kita panggil ke panwascam," kata dia, Rabu (13/12/2023), mengutip kanal Regional Liputan6.com.

Di tengah-tengah laporan yang sedang dihadapinya itu, Cynthia Ganesha masih yakin dirinya bisa terpilih sebagai anggota legislatif pada saat Pemilu 2024 nanti. Hal itu ditunjukkannya melalui media sosialnya dalam sebuah unggahan seorang kerabat yang memamerkan baliho wajahnya.


Dukungan kepada Cynthia Ganesha dari Seorang Kerabat

Mengutip fitur Instagram Stories di akun @cynthiaganesha, tampak istri Giring eks Nidji mengunggah ulang video singkat dari seorang kerabatnya pemilik akun Instagram @claudysitepu.

Di situ, kerabatnya yang bernama Claudia terlihat sedang berada berkendara di jalan kota Solo lalu melihat baliho Cynthia.

"Perjalananku ke Solo, melihat baliho si cantik @cynthiaganesha caleg DPR RI Jateng V (Surakarta, Sukoharjo, Boyolali & Klaten) yuk warga Jateng jangan lupa dipilih nanti supaya Cynthia bisa menjalankan program-programnya," tulis Claudia.


Isyarat Cynthia Ganesha Masih Optimis

Setelah akunnya dicolek bersama unggahan video singkat tersebut, Cynthia Ganesha langsung mengisyaratkan dirinya optimis dengan langkahnya sebagai caleg.

Cynthia menunjukkannya dengan mengucapkan terima kasih kepada salah satu sahabatnya itu karena telah mendukungnya dan menunjukkan baliho wajahnya di salah satu sisi jalan kota Solo itu.

"Sayangku, thank you," tulis Cynthia bersama emotikon mata terharu dan juga simbol hati.


Cynthia dan Beberapa Orang Lain Dilaporkan Ketua RW

Menurut Agus, laporan dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan Cynthia dan beberapa orang lain muncul setelah salah seorang warga yang juga Ketua RW 3 Semanggi, Pasar Kliwon, Solo melaporkan kasus tersebut.

Mereka dilaporkan lantaran saat menggelar kampanye di kampung tersebut tidak disertai dengan surat pemberitahuan STTP atau surat tanda terima pemberitahuan dari Polresta Solo.

"Ketika peristiwa itu terjadi yang bersangkutan atau beliaunya itu tidak ada STTP-nya. Kronologisnya itu mengapa Pak RW melapor karena saat pulang kerja pada Senin sekitar pukul 17.30 WIB melihat ada kerumuman di balai warga. Setelah itu dia ke rumah dan buka grup pengurus RW ada sosialisasi dari caleg PSI," jelas dia.


Langsung Menghubungi Petugas Pengawas Pemilu Lapangan

Adanya laporan tersebut, Ketua RW itu pun langsung menghubungi petugas pengawas pemilu lapangan (PPL). Kemudian petugas tersebut meluncur ke balai warga. Sesampainya di lokasi, ternyata acara sosialisasi kampanye caleg partai tersebut telah selesai.

"PPL sampai di lokasi sudah azan magrib ternyata sudah bubar. Kemudian kami ada laporan pada Selasa (12/12/2023) jam 16.00 WIB ke Kantor Panwascam Pasar Kliwon. Saya sangat mengapresiasinya karena berani melapor," ucapnya.

Seperti diketahui Cynthia Riza merupakan caleg DPR RI Dapil jawa Tengah V nomor urut 1 PSI. Kini baliho yang bergambar wajah Chintya Riza telah terpasang di sejumlah daerah di wilayah Dapil Jawa Tengah V yang meliputi, Solo, Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo.

Tak Ada Lampu dan Pohon Natal di Bethlehem

Tak Ada Lampu dan Pohon Natal di Bethlehem Tahun Ini, Bentuk Solidaritas Terhadap Warga Gaza Palestina

Liputan6.com 2023-12-14 14:00:33
Seorang biarawan Kristen berjalan menjelang Natal di luar Gereja Kelahiran Yesus di kota Bethlehem, Tepi Barat pada 22 Desember 2022. Menjelang perayaan Natal, Kota Bethlehem sudah bersole

Perayaan Natal di Kota bersejarah Bethlehem, Tepi Barat diselimuti dengan keprihatinan akan perang yang berkobar di Palestina. Nuansa Natal di Kota Bethlehem dirayakan tidak berlebihan dibandingkan di negara-negara lain.

Pemimpin gereja dan warga di Bethlehem sepakat merayakan Natal tahun ini dengan sederhana tanpa kemeriahan dan banyak lampu bahkan pohon Natal. Hal ini sebagai bentuk solidaritas terhadap warga di Gaza, Palestina yang sedang menderita menghadapi agresi brutal Israel.

Salah satu gereja di kota tersebut bahkan menyiapkan dekorasi Natal tahun ini menggunakan puing-puing bangunan yang menjadi sasaran serangan terntara Israel di kawasan Palestina. Puing-puing tersebut menjadi simbol serangan Israel di Gaza.

"Sementara genosida sedang dilakukan terhadap rakyat kami di Gaza, kami tidak bisa merayakan kelahiran Yesus Kristus tahun ini dengan cara apa pun. Kami tidak ingin merayakannya," terang pendeta Munzir Ishak dari Gereja Natal Evangelis Lutheran kepada Anadolu, Rabu, 13 Desember 2023.

Bethlehem merupakan Kota Suci yang jadi tujuan wisata rohani utama umat Kristen seluruh dunia.Pada awal Desember 2023, para pemimpin gereja berkumpul di Bethlehem untuk meresmikan musim Advent sebelum Natal, yang biasanya merupakan daya tarik wisata utama. Namun tahun ini jalanan dan alun-alun di kota tersebut sebagian besar kosong.

Biasanya, area ini didekorasi dengan mewah menjelang Natal dan para turis berbondong-bondong melihat pohon Natal raksasa. Namun, tahun ini tidak ada pohon Natal.


Pertama Kalinya Tak Ada Pohon Natal

Ini merupakan pertama kalinya dalam ingatan banyak warga, tidak ada pohon Natal yang didirikan di Nativity Square. Gereja bersiap mengadakan kebaktian tanpa perayaan.

Munzir Ishak mengungkapkan, hiasan reruntuhan sebagai pengganti dekorasi Natal di gereja adalah pesan untuk diri mereka sendiri dan dunia."Pesan kami kepada diri kami sendiri adalah ini: Tuhan beserta kita dalam penderitaan ini," ujarnya.

"Kristus lahir dalam solidaritas dengan mereka yang menderita dan menderita. Tuhan menyertai mereka yang tertindas," tambahnya. Kedua, Ishak ingin memberitahukan kepada gereja-gereja di seluruh dunia bahwa 'Sayangnya, Natal di Palestina seperti ini.' Baik Kristen atau Muslim, ini adalah situasi yang kita alami di Palestina.

"Kita dihadapkan pada perang genosida yang menargetkan seluruh warga Palestina. Ketika kita memikirkan kelahiran Bayi Kristus, kita memikirkan bayi-bayi yang dibunuh secara brutal di Gaza," sambungnya.

Sementara itu, Maia Estianty dan suaminya, Irwan Mussry, pada awal tahun ini diketahui sempat plesiran ke Israel. Rupanya hal itu dalam rangka menghadiri undangan pernikahan kenalan mereka di sana.


Konflik Israel-Palestina

Setelahnya, Maia Estianty menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa tempat penuh sejarah di Israel. Di antaranya adalah Bethlehem dan Jerusalem.

Karena foto tersebut, selang beberapa waktu kemudian tepatnya ketika konflik Israel kontra Palestina kembali memanas belakangan ini, muncul tudingan bahwa Maia Estianty adalah buzzer Israel. Terkait hal ini, Maia Estianty akhirnya buka suara setelah selama ini ia diam.

"Gini loh, kadang-kadang kalau fitnah kita jawab, itu makin nanti jawabannya pasti ada pro dan kontra tetep namanya fitnah bukan kewajiban kita untuk menjawab sebuah fitnah. Ngapain? Harusnya kan kita bahagia ya kalau kita di fitnah, dosa kita diambil ya gitu kan makanya di fitnah, alhamdulillah dosa kita makin abis," kata Maia Estianty dalam video yang diunggah di kanal YouTube-nya pada Selasa, 12 Desember 2023.

Maia Estianty menyebut bahwa dirinya memang sering bepergian ke luar negeri. Namun lucunya, hanya karena pernah pergi Israel, ia disebut sebagai buzzer Israel.


Tanggapan Maia Estiany Soal Kunjungan ke Israel

"Tapi lucu juga sih, kalau mau gue jawab ya, kalau pas kemaren gue umroh ke Arab harusnya kan gue dibilang buzzer Arab juga dong? Atau misalnya gue lagi ada kawinan di London, buzzer London, gue ada kawinan Tegal, gue buzzer Tegal, ada kawinan di Bali, kaya kemaren, gue buzzernya Bali," kata Maia Estianty.

"Kenapa cuma negara itu doang yang kayaknya emang dibenci banget gitu ya dan komentarnya ga bijak gitu loh dan gue yang tertuduh kan," sambung Maia Estianty.

Oleh karenanya, Maia Estianty lebih memilih untuk diam dan tidak memberikan tanggapan mengenai hal tersebut.

"Lebih baik kalau masalah fitnah itu lebih baik kita diem. Karena apa? Jawabannya juga, kalau orang udah gak suka Pasti kita mau ngejawab kayak gimana pun tetep aja mereka akan gak suka gitu, jadi buat apa?" tambahnya lagi.

Maia Estianty percaya bahwa Tuhan mengetahui segalanya dan tentunya akan ada balasan untuk setiap fitnah yang disebar."Kita udah capek-capek buang-buang energi untuk seperti itu/ Biarin aja Tuhan yang nanti (membalas), ya itu kan Kalau misalnya difitnah ya, dosa kita diambil, santai aja bos," tutupnya.

Peluang Gencatan Senjata di Gaza

HEADLINE: PBB Serukan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza, Berapa Besar Peluang Perundingan?

Liputan6.com 2023-12-15 00:01:58
Banner Infografis PBB Serukan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza. (Foto: AFP)

Perang Israel vs Hamas kini memasuki bulan ketiga. Jumlah korban tewas pun dilaporkan terus bertambah.

Dalam perang paling berdarah yang pernah terjadi di Gaza --dipicu oleh serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 orang di Israel selatan, mengutip Anadolu per 13 Desember 2023, dilaporkan jumlah korban meninggal mencapai 18.600 warga Palestina. Demikian menurut kementerian kesehatan (Kemenkes) Gaza yang dikelola Hamas.

Sementara Kemenkes Gaza menyebut serangan Israel telah melukai 50.594 orang.

Adapun menurut CNN, jumlah Israel Defense Forces/IDF atau tentara Israel yang terbunuh di Gaza selama konflik menjadi 166 orang.

Pihak IDF mengatakan 135 sandera masih ditahan oleh Hamas. 19 di antaranya diperkirakan tewas, menurut kantor berita Reuters.

Menurut LSM ActionAid, perempuan dan anak perempuan di Gaza terbunuh dan terluka pada tingkat yang mengerikan, hak-hak penting mereka atas makanan, air dan layanan kesehatan tidak diberikan setiap hari, sementara mereka mengalami tekanan psikologis dan trauma yang sangat besar setelah dua bulan hidup dalam teror.

"Gaza adalah tempat paling berbahaya di dunia bagi perempuan atau anak perempuan saat ini. Jumlah perempuan dan anak perempuan yang dibunuh secara tidak wajar dalam kekerasan ini meningkat setiap jamnya," kata Riham Jafari, Koordinator Advokasi dan Komunikasi ActionAid Palestina, dalam pernyataannya.

"Sementara itu, setiap hari mereka harus berjuang mati-matian untuk memenuhi kebutuhan paling dasar mereka."

Setidaknya dua ibu terbunuh setiap 60 menit, sementara tujuh perempuan terbunuh setiap dua jam di daerah kantong yang terkepung tersebut, kata para dokter di wilayah tersebut kepada organisasi tersebut.

Lebih dari 5.000 perempuan telah terbunuh sejak Israel mengobarkan perang di Gaza akibat serangan Hamas pada 7 Oktober ke Israel selatan.

Krisis kemanusiaan yang terjadi di Gaza membuat Majelis Umum PBB pada Selasa (12/12) memberikan suara mayoritas untuk menuntut gencatan senjata kemanusiaan di Gaza, sebagai bentuk dukungan global yang kuat untuk mengakhiri perang Israel-Hamas. Pemungutan suara tersebut juga menunjukkan semakin terisolasinya Amerika Serikat dan Israel.

Hasil pemungutan suara di badan dunia yang beranggotakan 193 negara itu menghasilkan 153 suara setuju, 10 suara menentang, dan 23 suara abstain. Amerika Serikat dan Israel ikut menentang resolusi tersebut oleh delapan negara - Austria, Ceko, Guatemala, Liberia, Mikronesia, Nauru, Papua Nugini, Paraguay.

Dukungan terhadap resolusi gencatan senjata ini lebih tinggi dibandingkan resolusi 27 Oktober yang menyerukan "gencatan senjata kemanusiaan" yang mengarah pada penghentian permusuhan, dengan hasil pemungutan suara 120-14 dan 45 abstain.

Setelah Amerika Serikat memveto resolusi Dewan Keamanan atau DK PBB pada hari Jumat (8/12), yang menuntut gencatan senjata kemanusiaan, negara-negara Arab dan Islam menyerukan sidang darurat Majelis Umum yang beranggotakan 193 negara untuk melakukan pemungutan suara mengenai resolusi yang mengajukan tuntutan yang sama.

Berbeda dengan resolusi Dewan Keamanan, resolusi Majelis Umum tidak mengikat secara hukum. Namun pesan-pesan majelis tersebut "juga sangat penting" dan mencerminkan opini dunia, kata juru bicara PBB Stephane Dujarric pada Senin (11/12) mengutip Associated Press.

Pemungutan suara di Majelis Umum mencerminkan semakin terisolasinya Amerika Serikat karena menolak mengikuti tuntutan gencatan senjata. Dibandingkan dengan PBB atau organisasi internasional lainnya, Amerika Serikat dipandang sebagai satu-satunya entitas yang mampu membujuk Israel untuk menerima gencatan senjata sebagai sekutu terdekat dan pemasok persenjataan terbesarnya.


Daftar 153 Negara yang Setuju dengan Resolusi Gencatan Senjata Terbaru

Berikut daftarnya sesuai dengan urutan alfabet, mengutip Al Jazeera:

A: Afghanistan, Albania, Aljazair, Andorra, Angola, Antigua dan Barbuda, Armenia, Australia, Azerbaijan

B: Bahama, Bahrain, Bangladesh, Barbados, Belarus, Belgia, Belize, Benin, Bhutan, Bolivia, Bosnia dan Herzegovina, Botswana, Brasil, Brunei, Burundi

C: Kamboja, Kanada, Republik Afrika Tengah, Chad, Chili, Tiongkok, Kolombia, Komoro, Kosta Rika, Pantai Gading, Kroasia, Kuba, Siprus

D: Djibouti, Denmark, Djibouti, Dominika, Republik Dominika

E: Timor Timur, Ekuador, Mesir, El Salvador, Eritrea, Estonia, Ethiopia

F: Fiji, Finlandia, Prancis

G: Gabon, Gambia, Ghana, Yunani, Grenada, Guinea, Guinea-Bissau, Guyana

H: Honduras

I: Islandia, India, india, Iran, Irak, Irlandia

J: Jamaika, Jepang, Yordania

T: Kazakstan, Kenya, Kuwait, Kyrgyzstan

Kiri: Laos, Latvia, Lebanon, Libya, Liechtenstein, Luksemburg

M: Madagaskar, Malaysia, Maladewa, Mali, Malta, Mauritania, Mauritius, Meksiko, Moldova, Monako, Mongolia, Montenegro, Maroko, Mozambik, Myanmar

N: Namibia, Nepal, Selandia Baru, Nikaragua, Niger, Nigeria, Makedonia Utara, Norwegia

O: Oman

P: Pakistan, Peru, Filipina, Polandia, Portugal

T: Qatar

A: Republik Korea (Korea Selatan), Rusia, Rwanda, Republik Kongo

S: Saint Kitts dan Nevis, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Samoa, San Marino, Arab Saudi, Senegal, Serbia, Seychelles, Sierra Leone, Singapura, Slovenia, Kepulauan Solomon, Somalia, Afrika Selatan, Spanyol, Sri Lanka, Sudan, Suriname, Swedia, Swiss, Suriah

T: Tajikistan, Thailand, Trinidad dan Tobago, Tunisia, Tuvalu, Turki

A: Uganda, Uni Emirat Arab, Republik Tanzania, Uzbekistan

V: Vanuatu, Vietnam

J: Yaman

Z: Zambia, Zimbabwe

Menolak

A: Austria

C: Republik Ceko

G: Guatemala

I: Israel

L: Liberia

M: Mikronesia

N: Nauru

P: Papua Nugini, Paraguay

U: United States (Amerika Serikat)

Abstain (23)

A: Argentina

B: Bulgaria

C: Cape Verde, Camerun (Kamerun)

E: Equatorial Guinea

G: Georgia, German (Jerman)

H: Hongaria

I: Italia

L: Lituania

G: Malawi, Kepulauan Marshall

N: Netherland (Belanda)

P: Palau, Panama

R: Rumania

S: Slovakia, Sudan Selatan

T: Togo, Tonga

U: Ukraina, United Kingdom (Inggris), Uruguay


3 Permintaan Penting di Resolusi MU PBB hingga Indonesia Galang Dukungan Kawasan

Ada tiga permintaan penting di resolusi itu berdasarkan laporan UN News, Selasa (12/12), berikut ini di antaranya:

1. Menuntut gencatan senjata kemanusiaan secepatnya.

2. Menegaskan permintaan kepada semua pihak agar mematuhi tanggung jawab-tanggung jawab di bawah hukum internasional, termasuk hukum kemanusiaan internasional, terutama terkait perlindungan rakyat sipil.

3. Menuntut pelepasan secepatnya dan tanpa syarat semua tawanan, serta memastikan akses kemanusiaan.

Sejak berakhirnya humanitarian pause (jeda kemanusiaan) di Gaza pada 1 Desember 2023 lalu, situasi kemanusiaan semakin memburuk. Korban jiwa mencapai lebih dari 18.000 orang, di mana 70% merupakan anak-anak.

Data menunjukkan bahwa di Gaza, tiap 10 menit terdapat 1 anak korban jiwa. Situasi ini dan kekhawatiran atas korban yang terus bertambah, serta kondisi sistem kesehatan dan kemanusiaan yang nyaris kolaps di Gaza, telah disampaikan banyak pihak dalam beberapa pekan terakhir, termasuk dari Sekjen PBB dan Comissioner General UNRWA.

Dalam pembukaan Sidang Emergency Special Session ke-10, Presiden Majelis Umum (MU) PBB Denis Francis menegaskan bahwa, "Tujuan kita di sini satu -- hanya satu. Yakni menyelamatkan nyawa manusia."

Resolusi"Protection of Civilians and Upholding Legal and Humanitarian Obligations" yang diajukan Mesir atas nama Kelompok Arab dan OKI di Sidang ESS ke-10 tersebut sangat singkat, meminta agar segera dilakukan gencatan senjata, melindungi warga sipil, melepas seluruh sandera dan memastikan pemenuhan kewajiban hukum humaniter internasional.

Adapun resolusi "Protection of Civilians and Upholding Legal and Humanitarian Obligations" disepakati pada pertemuan Emergency Special Session ke-10 (ESS ke-10) Majelis Umum (MU) PBB, di New York pada Selasa 12 Desember 2023.

Mengutip situs Kemlu RI, Kamis (14/12/2023), Indonesia diketahui turut menggalang dukungan 11 negara dari berbagai kawasan, yakni:

Indonesia menyampaikan Joint Letterkepada Presiden MU PBB untuk dukungan permintaan Kelompok Arab dan OKI agar MU PBB segera menggelar sidang Emergency Special Session tersebut.

Indonesia bersama 104 negara lainnya turut menjadi co-sponsor atas resolusi "Protection of Civilians and Upholding Legal and Humanitarian Obligations", agar segera dilakukan gencatan senjata, melindungi warga sipil, melepas seluruh sandera dan memastikan pemenuhan kewajiban hukum humaniter internasional.


Menakar Peluang Terciptanya Perundingan Damai israel-Hamas di Gaza

Melihat situasi ini, pengamat Hubungan Internasional dari Universitas Padjadjaran, Teuku Rezasyah menyebut bahwa resolusi ini hanya akan jadi macan kertas saja.

"Resolusi PBB, yang diputuskan oleh Majelis Umum dan Dewan Keamanan, hanya akan menjadi macan kertas," kata Teuku Rezasyah saat dihubungi oleh Liputan6.com, Kamis (14/12/2023).

"Israel tetap akan melanjutkan praktik Carpet Bombing secara sistematis, diseluruh wilayah Gaza. Titik-titik pemboman sudah semakin mudah, sejak Israel menguasai wilayah Utara. Selanjutnya, bergerak ke Tengah dan Selatan."

Menurut Rezasyah, Resolusi PBB ini tak menyebut Hamas sebagai teroris dan yang dihasilkan hanya angka statistik saja.

"Bagi Israel, Resolusi yang PBB hasilkan hanyalah angka statistik. Karena Resolusi tersebut tidak pernah menyebut Hamas sebagai Teroris," kata Rezasyah.

"Israel diperkirakan semakin brutal, karena para penyandang senjata dari luar negeri tersebut, tak terpengaruh oleh aksi-aksi demonstrasi yang menentang Israel."

Saat ditanya soal upaya perundingan setelah Resolusi PBB ini keluar? Teuku Rezasyah mengatakan hal ini sangat sulit terjadi.

"Sangat sulit terjadi. Karena tiadanya tekanan politik, ekonomi, dan militer dari OKI dan GNB," kata Rezasyah.

"Sepanjang masyarakat Palestina di dalam dan luar negeri masih berbeda pandangan soal Two States Solution yang menyangkut kewilayahan dan pemerintahan, maka perundingan tidak akan terwujud."

Sementara menurut Helen Clark, anggota The Elders yang merupakan mantan Perdana Menteri Selandia Baru dan UN Development Programme Administrator (Administrator Program Pembangunan PBB), mengatakan tak ada jalan lain selain gencatan senjata sekarang juga.

"Gencatan senjata dan negosiasi penyelesaian politik adalah satu-satunya cara untuk menghentikan siklus kekerasan. Tidak ada solusi militer terhadap konflik ini," jelas Helen.

"Semua negara yang memiliki pengaruh terhadap Israel dan Hamas Kita harus menggunakan setiap kekuatan yang mereka miliki untuk segera menjamin gencatan senjata kemanusiaan. Kemanusiaan kita menuntut hal itu," pungkas Helen.


Respons Israel Soal Resolusi PBB: Tak Ada Yang Akan Menghentikan Kita

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan bahwa ia akan memimpin negaranya agar terus berperang, meski sudah ada resolusi PBB yang menuntut gencatan senjata demi kemanusiaan. Netanyahu tidak gentar jika tak didukung dunia internasional.

Hal itu diungkap Benjamin Netanyahu saat berbicara dengan militer Israel. Pada sebuah video yang ia posting di Twitter yang kini bernama X, Netanyahu berkata ingin menghabisi Hamas.

"(Israel) akan melanjutkan hingga akhir, hingga kemenangan, hingga eliminasi dari Hamas," ujarn PM Netanyahu seperti dikutip BBC, Kamis (14/12).

Ia mengakui adanya tekanan internasional, tetapi PM Netanyahu berjanji bahwa ia tidak akan berhenti.

"Tidak ada yang akan menghentikan kita, kita akan pergi hingga akhir, menuju kemenangan, tidak kurang dari itu," tegasnya.

Sebelumnya, BBC juga melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri (Menlu) Israel mengatakan pihaknya akan melanjutkan perang di Gaza "dengan atau tanpa dukungan internasional".

Menlu Israel Eli Cohen memperingatkan bahwa gencatan senjata pada tahap konflik ini akan menjadi "hadiah" bagi Hamas dan memungkinkan mereka kembali melakukan konflik.

Israel menghadapi tekanan yang meningkat atas jumlah warga sipil Palestina yang dibunuh oleh militernya di Gaza dan memburuknya krisis kemanusiaan di sana.

Beberapa waktu sebelumnya, sekutu Israel, Joe Biden mengakui bahwa Israel mulai kehilangan dukungan global atas pengeboman di Jalur Gaza.

"Mereka mulai kehilangan dukungan global karena pengeboman tanpa pandang bulu yang terjadi," kata Biden, seperti dilansir BBC, Rabu (13/12).

Pernyataan Joe Biden itu disebut menandai komentar paling keras terhadap kepemimpinan Israel. Di lain sisi, kebijakan standar ganda AS sulit dibantah, termasuk dengan melangkahi Kongres untuk mengirim belasan ribu butir amunisi tank ke Israel.

Setelah menuturkan Israel kehilangan dukungan global, Biden kembali menggarisbawahi dukungannya terhadap perang melawan Hamas dan Israel, tegas dia, menyebut Israel berhak melakukannya.