"Harus Ada Api Cemburu"

Resep Dimas Seto dan Dhini Aminarti Jaga Keharmonisan Rumah Tangga, Salah Satunya Harus Ada Api Cemburu

Liputan6.com 2023-12-15 14:00:00
Dhini Aminarti dan Dimas Seto. (Instagram/ dhiniaminarti)

Dimas Seto dan Dhini Aminarti mengungkap resep menjaga keharmonisan, dalam membina rumah tangga. Menurut Dhini, terpenting adalah menjaga komunikasi agar tetap terjalin dengan baik.

Dhini Aminarti tak menampik, keberadaan ponsel terkadang menjadi penghalang terjalinnya komunikasi langsung antara suami dan istri. Karenanya penting untuk meluangkan waktu berkomunikasi, tanpa kehadiran ponsel.

"Komunikasi karena 80 persen pernikahan itu ngobrol. Walau sekarang terhalang HP, nggak bisa dipungkiri. Tapi ya kita harus bener-bener peka mencari waktu ngobrol," ujar Dhini Aminarti di Kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Kamis (14/12/2023).

"Deep talk, pillow talk kalau orang-orang bilang kan. Ya dicari waktu dan ditinggalin HP," Dhini Aminarti menambahkan.

Dimas juga menyebut satu tips penting, yakni menjaga api cemburu tetap menyala untuk menjaga rasa sayang terhadap pasangan.


Cemburu Sayang, Bukan yang Tak Terkontrol

Namun Dimas menegaskan, cemburu di sini bukan yang tak jelas dan berlebihan.

"(Cemburu) harus dong, kalau nggak ada cemburu malah aneh pasangan itu. Harus, adanya cinta karena cemburu satu sama lain. Tetapi cemburu yang sayang, bukan cemburu yang tidak terkontrol," ujar Dimas.


14 Tahun Berumah Tangga

Tanggal 12 Desember kemarin, pernikahan Dimas dan Dhini genap 14 tahun. Tak lantas merayakan secara khusus, bagi mereka,kebersamaan setiap harinya merupakan aniversary.

"Tiap hari anniversary, jadi nggak yang dikhususkan. Jadi itu sebagai tanggal aja. Justru hari-hari kita isi mengevaluasi diri," aku Dimas.


Sama-Sama Belajar

Seiring 14 pernikahannya, Dhini dan Dimas berharap selalu kompak dalam menjalani biduk rumah tangga, karena bukan perkara yang mudah. Mereka juga berusaha terus beradaptasi dan belajar sebagai pasangan yang lebih baik lagi ke depannya.

"Semoga selalu kompak, paling penting segala sesuatu rumah tangga bukan hal yang mudah dijalani. Ya gimana kita bisa lewati, dan yang paling penting jadi harus sama-sama belajar," ucap Dhini Aminarti.

Terungkap Isi Gugatan Irish Bella

Pengacara Ungkap Gugatan Irish Bella Terhadap Ammar Zoni Terkait Hak Asuh dan Penetapan Nafkah Anak

Liputan6.com 2023-12-15 10:00:00
Genap berusia 29 tahun pada Rabu (8/6), Ammar Zoni mendapat surprise birthday party dari sang istri Irish Bella. Tampilan kompak mereka bergaya rocker di pesta ulang tahun curi perhatian. (In

Proses perceraian Ammar Zoni dan Irish Bella masih bergulir di Pengadilan Depok, Jawa Barat. Salah satu alasan Irish menggugat cerai karena Ammar mengonsumsi dan tersandung kasus narkoba.

Selain cerai, Nurul Amalia selaku kuasa hukum Irish Bella menyebut kliennya juga mengajukan hak asuh dan nafkah anak dalam gugatan cerainya terhadap Ammar. Ia enggan merinci nominal nafkah yang diajukan pihaknya.

"Dalam gugatan kami masukkan terkait hak asuh anak dan penetapan nafkah anak, dan ini menjadi tanggung jawab ayahnya," ujar Amalia di Kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (14/13/2023).

"(Nominalnya) nggak bisa saya sampaikan scara detail ya karena memang bagian dari sidang secara tertutup," sambung Amalia.


Tak Ada Orang Ketiga

Amalia memastikan tidak ada orang ketiga dalam perceraian Irish dan Ammar. Namun, ia tidak dapat mengungkap alasan lainnya Irish mengajukan gugatan, selain faktor kasus narkoba yang menjerat Ammar.

"Itu (orang ketiga) tidak ada ya. Alasan lainnya saya tidak bisa bahas secara rinci, karena itu menjadi bagian privasi Mbak Irish. Kita hormati sidang secara tertutup," ujar Nurul.


Soal Perjanjian Pra Nikah

Amalia tak mengetahui apakah terdapat perjanjian pra nikah antara Irish dan Ammar. Menurut dia, sejauh ini kliennya tak pernah menyampaikan hal itu sebelum gugatan cerai diajukan.

"Tidak ada ya, Mbak Irish tidak pernah menyampaikan sebelum ajukan gugatan dan saat bertemu kami tidak pernah menyampaikan itu," jelas Amalia.


Tak Menuntut Harta Bersama

Amalia menambahkan, perceraian ini juga bukan dipicu karena masalah ekonomi dan nafkah. Bahkan, Irish tak menuntut harta bersama dengan Ammar selama mereka berumah tangga.

"Terkait soal ekonomi dan masalah nafkah tidak ada ya, Mbak Irish tidak pernah menuntut masalah itu. Salah satunya yang bisa saya sampaikan, karena memang ada masalah penggunaan narkoba," pungkas Nurul Amalia.

Kolaborasi dengan Usher

Jungkook BTS Gandeng Usher Rilis Video Performance Remix Lagu Standing Next to You

Liputan6.com 2023-12-15 14:43:48
Jimin dan Jungkook BTS (Foto: Instagram/ uarmyhope)

Jungkook BTS baru saja merilis video performance untuk lagu Standing Next to You, Jumat (15/12/2023). Kali ini, ia menggandeng musisi R&B Amerika Serikat, Usher.

Sebelumnya, BIGHIT MUSIC telah merilis teaser untuk kolaborasi ini pada 13 Desember 2023 dini hari. Sementara itu, lagu Standing Next to You versi Usher Remix telah lebih dulu dirilis dalam bentuk audio pada 1 Desember 2023.

Dalam teaser tersebut Jungkook dan Usher sedang berada di sebuah gudang kosong. Mereka mengenakan pakaian yang menunjukkan gaya hip hop sesungguhnya.

Saat sudah dirilis, video performance ini mendapatkan tanggapan positif dari para penggemar. Jungkook dan Usher tampil maksimal dengan nyanyian dan tarian yang sinkron. Usher memulai bagiannya yang menarik dengan lirik, "Stop, can you feel that."

Versi remix lagu ini memperkenalkan versi yang lebih halus dari lagu aslinya. Kolaborasi dari kedua bintang ini menghasilkan musik yang lebih segar.

"Remix ini menambahkan sentuhan lembut pada getaran energik dari versi lainnya. Menampilkan sinergi antara kedua artis dengan kekuatan penuh," tulis BIGHIT MUSIC dalam rilis resminya.

Standing Next to You merupakan lagu utama dari album solo perdana Jungkook, GOLDEN. Lagu ini diproduseri oleh Andrew Watt dan Cirkut. Adapun liriknya ditulis oleh Andrew Watt, Ali Tamposi, Henry Walter, serta penulis dan penyanyi AS Jon Bellion.

Sebelum merilis albumnya itu, idol Kpop ini sudah lebih dulu merilis single Seven dan 3D. Beberapa musisi ternama juga ikut andil dalam penggarapan album GOLDEN, seperti Ed Sheeran, Shawn Mendes, hingga DJ Snake. Album tersebut telah dirilis pada 3 November 2023.

Penulis: Resla Aknaita Chak

Timeline Hubungan Olivia Rodrigo-Louis Partridge

Rumor Semakin Panas, Ini Timeline Hubungan Olivia Rodrigo dan Louis Partridge

Liputan6.com 2023-12-15 13:35:37
Olivia Rodrigo berpose dengan piala penghargaan Best Pop Vocal Album, Best New Artist, dan Best Pop Solo Performance pada ajang Grammy Awards 2022 di MGM Grand Garden Arena, Las Vegas, Amerik

Olivia Rodrigo dikabarkan berkencan dengan aktor Enola Holmes, Louis Partridge. Rumor ini mulai berembus tepat setelah Olivia merilis album keduanya GUTS pada Oktober 2023.

Kabar ini semakin mencuat setelah keduanya terlihat sering bersama. Mengutip dari berbagai sumber, begini awal mula pertemuan dan hubungan Olivia Rodrigo dan Louis Partridge:

30 Oktober 2023

Rumor kedekatan Olivia Rodrigo dan Louis Partridge bermula dari laporan The Sun. Saat itu, Olivia dikabarkan melakukan perjalanan ke London bersama sahabatnya, Conan Gray, untuk mengunjungi Louis.

Keduanya bertemu melalui teman bersama di awal tahun. Dua sejoli ini telah saling mengirim pesan dan menghabiskan banyak waktu bersama.

8 Desember 2023

Sempat lama tak terdengar, pada 8 Desember 2023 rumor hubungan keduanya kembali muncul. Louis terlihat hadir untuk mendukung Olivia saat tampil di iHeart Radio Jingle Ball di Madison Square Garden, New York.

Sebuah video menampilkan Louis yang sedang asyik bernyanyi bersama di keramaian. Ia juga terlihat bersama sahabat Olivia, Conan Gray dan Madison Hu.

9 Desember 2023

Sehari setelah acara iHeart Radio Jingle Ball, Louis dikabarkan berada di antara penonton di Studio 8H. Ia berada di sana untuk mendukung Olivia saat mengisi acara Saturday Night Live (SNL).

Selain itu, keduanya juga terlihat hadir di after-party acara tersebut. Bahkan, mereka juga menaiki mobil yang sama.

14 Desember 2023

Setelah beredar banyak spekulasi, Olivia Rodrigo dan Louis Partridge seolah mengonfirmasi hubungan keduanya melalui foto. Tampak keduanya saling berpelukan dan berciuman. Dari foto yang beredar terlihat Olivia dan Louis sangat bahagia.

Penulis: Resla Aknaita Chak

Eks Pengacara Kecewa, Ogah Bantu

Eks Pengacara Ammar Zoni Ogah Bantu Kasus Narkoba Suami Irish Bella: Saya Kecewa, Sudah Cukup!

Liputan6.com 2023-12-15 11:38:11
Ditangkap kali ketiga gara-gara mengonsumsi narkoba, pengakuan lawas Ammar Zoni soal naik kelas dari ganja ke sabu viral lagi. Ia mengulas soal trigger. (Foto: Dok. YouTube Deddy Corbuzier)

Mantan pengacara Ammar Zoni, Abdullah Emile Oemar akhirnya buka suara soal keputusannya tak sudi membantu suami Irish Bella yang tersandung kasus penyalahgunaan narkoba kali ketiga.

Terang-terangan ia mengaku kecewa dan sudah cukup membantu Ammar Zoni soal narkoba. Sehari sebelum kasus Ammar Zoni ditangkap polisi lagi tersekspos, Abdullah Emile Oemar sebenarnya sudah tahu.

Ia lantas menemui bintang film Madu Murni. Ammar Zoni tampak malu karena belum tobat dari pemakaian ganja dan sabu-sabu. Dalam pertemuan itu, sang aktor mengemis bantuan hukum tapi ditolak.

"Dia malu juga ketemu sama saya. Kemarin kebetulan pagi jam 8 dia telepon saya. Dan langsung pagi kemarin saya ke sini. Saya sampai ke sini, jam 9-10-an," kata Abdullah Emile Oemar kepada wartawan.


Sebenarnya Saya Sudah Tahu

"Jadi sebelum awak media tahu sebenarnya saya kemarin sudah tahu (Ammar ditangkap lagi). Dan saya tegaskan juga ke Ammar kalau kasus ini mungkin, saya enggak bisa pegang," akunya.

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Intens Investigasi, Kamis (14/12/2023), Abdullah Emile Oemar membeberkan reaksinya kali pertama bertemu Ammar Zoni setelah ditangkap.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Saya Kecewa, Sudah Cukup Kemarin

Ia tak mampu menutupi rasa kecewa terhadap Ammar Zoni yang masih saja berkubang dengan narkoba. Abdullah Emile Oemar mengaku tak sudi membantu bintang sinetron 7 Manusia Harimau lagi.

"Karena jujur, saya bilang saya kecewa. Sudah cukup kemarin saya bantu untuk saat ini, ya mungkin cari (pengacara) yang lain, saya bilang," Abdullah Emile Oemar menambahkan.


Tapi Dia Tetap Ngotot

Mendengar Abdullah Emile Oemar ogah membantu, Ammar Zoni ngotot dan memohon. "Tapi dia tetap ngotot. Akhirnya saya bilang coba saya pikir-pikir dululah semalam. Dan alhamdulillah kemudian Bang Jon (Mathias) datang, rekan saya datang. Dia mau bantu Ammar," ia mengakhiri.

Ammar Zoni ditangkap lagi gara-gara narkoba, Selasa (12/12/2023), di salah satu apartemen di Serpong, Tangerang Selatan dengan barang bukti 4 paket sabu dan satu paket kecil ganja. Sebelumnya Ammar ditangkap karena kasus yang sama pada 2017 dan Maret 2023.

Sikap Leon Dozan Pasca-Bebas

Sikap Leon Dozan Pasca-Bebas: Pengakuan Betharia Sonata dan Harapannya untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Liputan6.com 2023-12-15 11:00:00
Willy Dozan, Leon Dozan, Betharia Sonata. (ist)

Sikap Leon Dozan setelah keluar dari penjara baru-baru ini menjadi sorotan utama dalam perbincangan publik. Putra dari Betharia Sonata ini terlihat "linglung," sebuah kata yang menggambarkan kebingungan atau ketidakpastian, terutama saat menghadiri jumpa pers di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Betharia Sonata, sebagai ibu dan pendukung utama Leon, memberikan pembelaan terhadap sikap putranya tersebut. Menurut Betharia, keadaan "linglung" Leon adalah hal yang wajar mengingat ia baru saja bebas dari penjara. Betharia melihat bahwa situasi ini membuat Leon merasa gugup dan gelisah, terlebih lagi karena ia tahu bahwa Rinoa, sosok wanita yang menjadi korban dugaan penganiayaannya, akan hadir.

"Kalau linglung, maklum aja namanya dia gerogi nervous berkecamuk. Apalagi dia tahu Rinoa akan datang," kata Betharia Sonata saat diwawancarai di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, baru-baru ini.


Momen Emosional

Betharia menekankan bahwa pertemuan langsung dengan Rinoa, yang pernah menjadi kekasih Leon, menjadi momen yang penuh tekanan emosional.

"Apalagi bertemu orang yang dicintai pastilah deh deg-degannya. Jadi serba salah," tambahnya.


Pemahaman

Betharia Sonata juga memberikan pemahaman terhadap ketidakmampuan Leon untuk memberikan pernyataan di awal jumpa pers. Menurutnya, Leon awalnya berencana untuk memberikan pernyataan, tetapi pertanyaan-pertanyaan dari awak media membuatnya semakin gugup.

Betharia mengingatkan putranya untuk memetik pelajaran dari masalah hukum yang telah dialaminya. Ia berharap bahwa Leon dapat melihat pengalaman ini sebagai batu loncatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bijaksana ke depannya.

"Ya menjadikan ini pengalaman berharga dalam hidup dia dan menjadikan itu supaya kamu menjadi anak yang jauh lebih baik, soleh, dan kasih sayang terhadap semuanya," ujar Betharia Sonata.


Menjaga Hubungan Baik

Leon sendiri menyampaikan perasaannya saat dipertemukan dengan Rinoa di depan publik. Ia menyatakan upayanya untuk menjaga komunikasi yang baik dengan mantan kekasihnya tersebut.

"Menjalin hubungan agar tetap baik. Niatnya baik. Yang penting dari hati Leon seperti itulah," ungkap Leon.

Sementara Leon Dozan mencoba menavigasi kehidupannya setelah masa tahanan, Betharia Sonata tetap memberikan dukungan dan pandangan positif untuk masa depan anaknya yang lebih cerah.

Ungkap Cerita Nyesek di Awal Karier

Park Seo Joon Ungkap Cerita Nyesek di Awal Karier, Wajah Dihina Sampai Disuruh Oplas Saat Ikut Audisi

Liputan6.com 2023-12-15 16:12:05
Park Seo Joon. (Awesome Entertertainment via Instagram/ awesome_ent_official)

Saat ini, mungkin tak sulit menemukan orang yang kesengsem dengan wajah Park Seo Joon. Namun, lain halnya dengan masa-masa awal saat ia hendak debut ke industri hiburan.

Park Seo Joon menceritakan hal ini dalam talk show You Quiz on The Block yang dibawakan Yoo Jae Suk dan tayang baru-baru ini. Diwartakan SBS Star, Kamis (14/12/2023), awalnya sang aktor Korea menampik asumsi Yoo Jae Suk bahwa dirinya langsung sukses begitu debut.

"Itu enggak benar. Sebelum debut aku menjalani beberapa kali audisi, dan gagal di semuanya. Aku juga sering dimarahi waktu audisi. Waktu itu, aku merasa rendah diri," kata dia.

Yoo Jae Suk kaget dengan jawaban ini, tapi lebih syok lagi begitu mengetahui alasan di balik rasa rendah diri bintang drakor Gyeongseong Creature tersebut.

"Itu karena penampilanku," kata dia.

Park Seo Joon menjelaskan bahwa standar kecantikan dan ketampanan masa lalu terbilang beda dari sekarang. "Fitur wajah yang kuat dan tajam waktu itu sedang tren. Jadi, aku benci mataku," kata dia.

Saat menjalani audisi pun, omongan nyelekit kerap diterimanya. "Banyak casting director yang menyuruhku operasi plastik. Banyak yang bilang, 'Tampang apa itu? Kamu dari mana sih?'," kata dia mengenang kembali masa lalunya.


Kepercayaan diri Park Seo Joon Luntur

Hinaan dan juga omongan untuk menjalani oplas tak cuma sekali saja diterima Park Seo Joon. Setelah berulang kali diminta permak wajah, rasa percaya diri Park Seo Joon mulai luntur.

"Aku sering bertanya kepada diriku sendiri, 'Apa aku melakukan sesuatu yang salah di sini?'," kata dia.


Sempat Merasa Masa Depannya Tak Akan Cerah

Park Seo Joon bahkan mulai sangsi bahwa dunia hiburan adalah bidang yang tepat untuknya. "Sulit bagiku untuk terus melalui hal ini. Rasanya juga seperti aku tahu masa depanku di sini tak akan cerah," kata dia.

Namun alih-alih menyerah, ia kembali meneguhkan hati. "Dan untungnya, semua berjalan dengan baik untukku," kata dia.


Debut pada 2011

Park Seo Joon akhirnya debut pada 2011 lewat video musik Bang Yongguk "I Remember." Setahun kemudian, namanya mulai dikenal lewat drakor Dream High 2, dan makin meroket lewat Hwarang: The Poet Warrior Youth yang ia bintangi bareng Park Hyung Sik, Go Ara, hingga V BTS.

Adik Ammar Zoni Kecewa

Aditya Zoni Kecewa Ammar Zoni Tiga Kali Terjerat Narkoba, Pilih Sibuk Nyaleg Selama Akhir Pekan, Belum Berencana Jenguk Kakaknya

Liputan6.com 2023-12-15 19:01:59
Pose sembari pegang baju, salah satunya pose pegang kerah baju adalah salah satu pose andalan para pria. Pegang baju sembari pamer tatapan tajam ke kamera, pesona adik ipar Irish Bella ini se

Aditya Zoni, adik dari Ammar Zoni, rupanya kecewa berat terhadap sang kakak yang kembali terjerat dengan kasus narkoba. Pernyataan itu disampaikan oleh Abdullah Emile Oemar, mantan pengacara Ammar Zoni, yang mengaku sempat berbicara dengan Aditya Zoni soal kasus tersebut.

Dalam pernyataan kepada wartawan di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (14/12/2023), Abdullah Emile Oemar sempat menyampaikan perihal reaksi adik kandung Ammar Zoni atas penangkapan bintang film Madu Murni karena kasus narkoba itu.

Ditanya perihal reaksi keluarga Ammar Zoni, Abdullah Emile Oemar menyatakan bahwa ayah suami Irish Bella belum tahu perihal kasus narkoba yang menimpa putranya itu. Namun adik Ammar, Aditya Zoni, rupanya sudah mengetahuinya dari kabar-kabar di sejumlah media.

"Dia tahu, sudah saya kasih tahu. Dia WA saya karena media sudah pada tahu. Dia tanya kepada saya, 'Bang ini kok kak Ammar sepertinya kena lagi, bang. Apa benar isunya?" ujar Abdullah Emile Oemar, mengutip tayangan YouTube Cumicumi, Kamis (14/12/2023).


Reaksi Kekecewaan Aditya Zoni terhadap Ammar Zoni

Setelah itu, Abdullah Emile Oemar membeberkan reaksi kekecewaan Aditya Zoni yang sempat ditunjukkan di hadapannya langsung.

"Akhirnya aku ceritain bahwasanya aku sudah ke Polres Jakarta Barat, sudah ketemu sama Ammar...," terang Omar.

"Dia kecewa, yang pasti dia kecewa. 'Masih saja bang Ammar seperti itu.' Yang jelas Adit kecewa, lah," sambungnya menirukan reaksi Aditya Zoni.


Aditya Zoni Pilih Menjalani Kesibukan sebagai Caleg

Menurut Omar lagi, Aditya Zoni rupanya belum memiliki rencana untuk menjenguk kakaknya. Alih-alih, Aditya memilih untuk menjalani kesibukan sebagai caleg (calon anggota legislatif) dengan mengunjungi dapilnya (daerah pemilihan).

"Hingga hari ini belum, karena Adit lagi turun ke dapil. Dia sempat sakit, lalu Selasa ke kantor, ngobrol-ngobrol sama saya, Kamis, Jumat, Sabtu, dia ke dapil," ungkap Omar.


Kronologi Penangkapan Ammar Zoni karena Dugaan Narkoba

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Syahduddi, mengungkap kronologis kasus narkoba yang menjerat Ammar Zoni. Penangkapan ini bermula dari informasi yang didapat tentang adanya transaksi narkona di Wilayah BSD, Tangerang Selatan.

"Pada hari selasa tanggal 12 Desember 2023 pukul 21.49, penyidik mengamankan seorang tersangka atas nama Ammar Zoni," kata Kombes Pol Syahduddi di Polres Metro Jakarta Barat, Jumat (15/12/2023).

"Kemudian dilakukan penggeladahan badan dan kamar apartemen. Diamankan beberapa barang bukti. Pertama 4 paket sabu dengan berat 4,36 gram, 1 paket daun ganja dengan berat 1,32 gram, kantong, kertas papir, satu timbangan elektronik serta satu unit HP," sambung Syahduddi.


Ammar Zoni Positif Narkoba

Guna memastikan barang bukti yang didapat, penyidik melakukan pemeriksaan barang bukti di laboratorium. Selain itu, penyidik juga melakukan tes urine terhadap Ammar.

"Hasilnya positif mengandung THC, Afetamin dan Metafetamin. Tersangka juga mengakui, sehari sebelum ditangkap yang bersangkutan mengonsumsi kedua narkotika tersebut," jelas Syahduddi.

Berdasarkan hasil interogasi terhadap Ammar Zoni, diperoleh informasi bahwa yang bersangkutan mendapat narkotika jenis ganja dan sabu dari seseorang berinisial AH. Atas informasi itu, penyidik berhasil menangkap AH di Kawasan Pademangan, Jakarta Utara.

"Setelah dilakukan interogasi dan pendalaman terhadap AH ini, penyidik berhasil mendapat barang bukti di tempat tinggalnya atau kosannya yang berada di wilayah Cipondoh, Tangerang, dengan barang buki 4 paket ganja seberat 7,20 gram. Satu timbangan elektrik dan satu unit handphone," kata Syahduddi.

Kota Terpopuler Versi Euromonitor

Terungkap Destinasi Kota Terpopuler di Dunia pada 2023 Versi Euromonitor, Ada dari Indonesia?

Liputan6.com 2023-12-15 16:00:00
Potret Menara Eiffel yang diabadikan pada 15 Juni 2020. (STEPHANE DE SAKUTIN / AFP)

Paris sekali lagi dinobatkan sebagai destinasi kota paling menarik di dunia, menurut laporan tahunan perusahaan riset pasar global Euromonitor International. Indeks 100 Destinasi Kota Teratas tahun 2023 disusun dalam kemitraan dengan perusahaan data Lighthouse.

Indeks ini mengamati kota-kota terkemuka di seluruh dunia dan memeringkatnya berdasarkan kriteria, termasuk pariwisata, keberlanjutan, kinerja ekonomi, serta kesehatan dan keselamatan. Sayangnya, kota di Indonesia tak ada yang masuk daftar.

Dikutip dari CNN, Jumat (15/12/2023), Eropa menduduki peringkat teratas, dengan tujuh dari 10 kota teratas dan 63 negara masuk dalam 100 teratas. Satu-satunya kota yang bukan di Eropa yang masuk dalam 10 besar adalah Dubai di peringkat ke-2, Tokyo di peringkat ke-4, dan New York di peringkat ke-8.

Madrid berada di urutan ketiga, sementara Amsterdam, Berlin dan Roma masing-masing berada di peringkat 5, 6 dan 7. Barcelona dan kemudian London melengkapi 10 besar.

Asia berada di posisi 20 besar dengan Singapura (11), Seoul (14), Osaka (16) dan Hong Kong (17) semuanya masuk dalam daftar. Laporan tersebut menghubungkan kesuksesan Eropa dengan "percepatan urbanisasi dan adopsi teknologi yang meluas."

Wisatawan kini menginginkan internet berkecepatan tinggi, opsi pemesanan fleksibel, dan ruang untuk bekerja jarak jauh. Euromonitor International mengatakan, "Meningkatkan keberlanjutan, jaringan transportasi, dan dampak sosial adalah beberapa tujuan utama yang diadopsi oleh kota-kota saat ini untuk meningkatkan daya saing, meningkatkan penawaran pariwisata, dan memberikan perjalanan pelanggan yang lancar."


Tokyo Masuk 10 Besar

Tokyo masuk dalam peringkat 10 besar untuk pertama kalinya, yang menurut laporan tersebut disebabkan oleh peningkatan infrastruktur pariwisata, pelonggaran peraturan terkait Covid-19, dan melemahnya Yen. Kondisi ini menawarkan nilai uang yang sangat besar bagi pengunjung internasional.

Ada empat pendatang baru yang masuk dalam 100 besar, yang semuanya bisa membanggakan peningkatan kinerja pariwisata tahun ini, yakni Washington DC di peringkat 48, Montreal di peringkat 68, Santiago di peringkat 88, dan Vilnius di peringkat 92.

Perjalanan internasional terus mengalami pemulihan yang kuat, dengan jumlah perjalanan diproyeksikan mencapai 1,3 miliar pada akhir tahun 2023, menghasilkan sekitar 1,7 triliun dolar AS dalam belanja pariwisata global. Istanbul menduduki puncak daftar jumlah kedatangan internasional pada 2023, diikuti oleh London dan kemudian Dubai.

Kota-kota dengan pertumbuhan tahunan terbesar adalah Hong Kong (2,495 persen) dan Bangkok (142 persen), karena merupakan kota terakhir yang dibuka kembali setelah pandemi Covid-19. Namun, peningkatan jumlah pengunjung dapat berdampak beragam, dan dapat berdampak negatif terhadap komunitas lokal dan lingkungan.


Tantangan Overtourism

Nadejda Popova, manajer senior di Euromonitor International, membahas dalam sebuah pernyataan tentang cara kota-kota menghadapi tantangan overtourism. "Beberapa destinasi memberlakukan pembatasan, pajak yang tinggi, atau pengurangan kapasitas hotel untuk membantu membatasi masuknya wisatawan dan melestarikan warisan budaya, sementara yang lain menerapkan strategi penyebaran yang mempromosikan destinasi alternatif atau terpencil," katanya.

Ia memperkirakan bahwa kenaikan biaya hidup, fluktuasi inflasi, dan volatilitas geopolitik akan menjadi hambatan terbesar bagi pertumbuhan pariwisata pada 2024 dan 2025. Konsumen akan mencari tawaran perjalanan yang bernilai baik dan banyak yang memilih liburan yang lebih dekat dengan rumah.


Top 100 City Destinations Index 2023

Dikutip dari Forbes, simak peringkat 21 hingga 100 dalam daftar Top 100 City Destinations Index 2023:

21. Praha, Republik Ceko

22. Sydney, Australia

23. Istanbul, Turki

24. Melbourne, Australia

25. Orlando, Florida

26. Frankfurt, Jerman

27. Kyoto, Jepang

28. Taipei, Taiwan

29. Florence, Italia

30. Toronto, Kanada

31. Athena, Yunani

32. Zrich, Swiss

33. Bangkok, Thailand

34. Las Vegas

35. Miami

36. Kuala Lumpur, Malaysia

37. Venesia, Italia

38. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

39. Stockholm, Swedia

40. Brussel, Belgia

41. Tel Aviv, Israel

42. San Fransisco

43. Shanghai, China

44. Warsaw, Polandia

45. Guangzhou, China

46. Kopenhagen, Denmark

47. Nice, Prancis

48. Washington, Amerika Serikat

49. Budapest, Hungaria

50. Shenzhen, China

51. Vancouver, Kanada

52. Palma de Mallorca, Spanyol

53. Sevilla, Spanyol

54. Sao Paulo, Brasil

55. Valencia, Spanyol

56. Kota Meksiko, Meksiko

57. Antalya, Turki

58. Sapporo, Jepang

59. Beijing, China

60. Busan, Korea Selatan

61. Fukuoka, Jepang

62. Edinburgh, Inggris Raya

63. Porto, Portugal

64. Yerusalem, Israel

65. Krakow, Polandia

66. Rio de Janeiro, Brasil

67. Honolulu, Hawai

68. Montreal, Kanada

69. Makau

70. Cancun, Meksiko

71. Marne-La-Valle, Prancis

72. Doha, Qatar

73. Sharjah, Uni Emirat Arab

74. Rhodes, Yunani

75. Verona, Italia

76. Bologna, Italia

77. Tesalonika, Yunani

78. Buenos Aires, Argentina

79. Lima, Peru

80. Phuket, Thailand

81. Delhi, India

82. Heraklion, Yunani

83. Tallinn, Estonia

84. Pattaya-Chonburi, Thailand

85. Kota Ho Chi Minh, Vietnam

86. Playa Del Carmen, Meksiko

87. Johor Bahru, Malaysia

88. Santiago, Chili

89. Tbilisi, Georgia

90. Riyadh, Arab Saudi

91. Marrakesh, Maroko

92.Vilnius, Lituania

93. Mugla, Turki

94. Zhuhai, China

95. Mekah, Arab Saudi

96. Punta Cana, Republik Dominika

97. Guilin, China

98. Hanoi, Vietnam

99. Kairo, Mesir

100. Muskat, Oman