Ganti Gaya Usai Menikah

BCL Ganti Gaya dan Warna Rambut Usai Menikah, Warganet Sebut Efek Puber

Liputan6.com 2023-12-19 17:01:32
Ganti Gaya dan Warna Rambut Usai Menikah, Warganet Sebut BCL Lagi Puber. foto: Instagram @itsmebcl

Bunga Citra Lestari atau akrab disapa BCL baru saja menikah dengan Tiko Aryawardhana pada 2 Desember 2023. Ia kini tengah menikmati momen bahagianya usai resmi dinikahi oleh Tiko. Menunjukkan kehidupan barunya yang makin berwarna, BCL tampil dengan penampilan terbaru, dengan mengganti warna rambutnya.

Rambut BCL terlihat agak pendek dari biasanya karena sedikit dipotong dengan gaya rambut layers yang bikin ibu satu anak itu terlihat lebih fresh. Selain itu, BCL juga mengubah warna rambutnya menjadi blonde ashy yang membuatnya terlihat lebih muda.

Penampilan baru BCL terlihat lebih cerah dan awet muda. Kecantikannya makin terpancar dengan warna rambut berbeda. Ditangani oleh hairdresser ternama Kiefer Lippens, Bunga Citra Lestari tampil dengan pesona yang berbeda.

"New hair color for miss @itsmebcl (warna rambut baru untuk nona BCL)," tulis keterangan unggahan yang juga dibagikan akun Instagram @studiok.id pada Senin, 18 Desember 2023. BCL terlihat mengenakan sleeveless crewneck hitam, penampilan terbaru BCL pun tak luput dari pujian warganet.

Menariknya, unggahan tersebut juga mengundang sang suami dan bahkan membuat Tiko ikut terpana. Dalam unggahan itu, terlihat Tiko meninggalkan emoji hati. Pria berkepala plontos itu sepertinya menyukai penampilan baru BCL. Baru sehari dibagikan, unggahan itu sudah disukai lebih dari 79 ribu kali.

"Suka dehh so fresh!," kata sahabat BCL, desainer Didiet Maulana, di kolom komentar.

"Pangling, kirain bukan BCL," komentar seorang warganet. "BCL dari dulu memang trendsetter gaya rambut," ujar warganet yang lain.

"Cantiiiiiik bgt ini. Kaya umur kepala 20.an," tulis warganet lainnya.

"Lagi puber," timpal warganet lainnya mengisyaratkan BCL sedang jatuh cinta lagi dan sesuai dengan latar lagu di unggahan tersebut, Aku Wanita. Lagu tentang isi hati wanita yang sedang jatuh cinta itu pertama dipopulerkan oleh Reza dan dibawakan ulang oleh sejumlah penyanyi.


Pernikahan BCL-Tiko

Pernikahan BCL dan Tiko dihadiri para sahabat mereka, termasuk Didiet Maulana. Selain sebagai sahabat, Didiet ternyata juga hadir sebagai desainer baju pernikahan.

Desainer kondang itu ternyata dipercaya untuk merancang baju akad pernikahan untuk BCL dan sang suami yang menggunakan adat Jawa. Seperti biasanya, baju akad BCL dan Tiko Aryawardhana ini bernuansa putih.

Setelah mengundang rasa penasaran, Didiet Maulana akhirnya memenuhi janjinya untuk mengungkap detail dari baju pernikahan BCL tersebut. Detail itu dibagikannya melalui sebuah unggahan di Instagram, Rabu, 6 Desember 2023. "Inspirasi budaya Jawa menjadi konsep perancangan busana pernikahan Bunga dan Tiko," tulisnya dalam awal keterangan unggahannya.

Untuk kebaya yang dikenakan BCL, Didiet Maulana lebih memilih model kutu baru. Meski begitu, model kutu baru yang ditawarkan itu bernuansa klasik. Didiet mengaku bahwa ia mendapatkan inspirasi dari film-film dokumenter lawas asal Indonesia. Kebaya BCL merupakan hasil inspirasi dari pakaian pada tahun 1950 dan 1980-an.


Bahan Brokat Prancis untuk Kebaya BCL

Meski mengambil inspirasi dari kebaya di masa lampau dan khas Nusantara, ada nuansa mewah yang berbeda yang disematkan melalui hiasan kebayanya. Pasalnya, Didiet memilih bahan brokat Prancis untuk bagian luar kebaya. Brokat Prancis itu didesain dalam bentuk bunga-bunga kecil yang kemudian menghiasi luaran kebaya BCL.

Dipilihnya gambar bunga karena dianggap mewakili nama depan dari BCL dan menggambarkan nuansa kebahagiaan."Brokat Prancis berbentuk bunga disematkan pada beberapa bagian, sesuai dengan nama pengantin dan juga laksana bunga yang mekar di hari pernikahannya," jelas Didiet.

Tampilan Unge, panggilan akrab BCL, dilengkapi dengan angkin berwarna merah tua dengan batik sogan Sido Mulyo gaya Solo, yang menandakan pemakainya menjadi mulia, hidup bahagia, dan tenteram.

"Unge memakai hiasan rambut yaitu sisir serupa mahkota di tengah dengan Centhung (perlambang gerbang), yang menandakan seorang perempuan akan memasuki gerbang tahapan baru kehidupan. Dengan melati dan veil lembut, menemani Unge berjalan menuju tempat pelaminan," tulis Didiet.


Desain Baju Pengantin BCL

Sementara, Tiko memakai busana beskap yang terinspirasi dari beskap Sikepan dengan dalaman kerah tinggi, menonjolkan nuansa aristokrat, lengkap dengan blangkon dan melati yang khusus didatangkan dari Jawa.

"Bunga melati baru sampai di lokasi jam 3 pagi hari itu. Dengan epek timang antik. Mbak Mia melakukan set up merias Unge dan suka sekali dengan hasilnya. Kak Arnold membuat tampilan cantik rambutnya dengan melati yang dibawanya," jelas Didet.

Menurut Didiet, pagi itu, semua tim maksimal. Mereka semua tak lupa berdoa dan Didiet sempat memeluk Unge sebelum ia keluar untuk menyiapkan dirinya di hari istimewa itu.

"Clap to Aishah dan Mbak Mia yang sudah menata veil sehingga cantik ketika Unge menuruni tangga. Terima kasih Unge, Tiko dan Noah yang percaya sama aku buat bikin baju akad nikah ini. Sebuah moment yang akan selalu kuingat," pungkas Didiet.

Didiet juga menceritakan mengenai awal mula dirinya dipercaya menjadi desainer baju pengantin BCL. Sebelum memesan kebaya, Unge rupanya lebih dulu mengenalkan Tiko kepada Didiet.

"Sahabatku menikah! 20 tahun persahabatanku dengan Unge. Kita melewati banyak periode proses hidup masing-masing dan selalu ada kalau masing-masing membutuhkan," tulis Didiet dalam unggahan di akun Instagramnya, @didietmaulana pada Sabtu, 2 Dsember 2023.

Gaun Termahal Putri Diana

Gaun Termahal yang Pernah Dipakai Putri Diana Laku Dilelang Rp17,7 Miliar, 11 Kali Lipat Estimasi Harga

Liputan6.com 2023-12-19 10:20:58
Gaun malam Azagury Dress yang pernah dikenakan Putri Diana di Itali pada tahun 1985 laku dalam lelang dengan harga Rp17,7 miliar. (Foto:AFP/ Valrie Macon)

Gaun yang pernah dikenakan oleh mendiang Putri Diana di Italia pada tahun 1985 telah laku terjual dalam lelang dengan harga 11 kali lipat dari yang diperkirakan.

Dilansir BBC, Selasa (19/12/2023), gaun malam beludru hitam dengan bagian bawah rok model balerina itu dijual di Julien's Auctions Hollywood dengan harga 904.262 pound sterling atau sekitar Rp17,7 miliar.

Gaun tersebut kemudian memecahkan rekor fesyen baru sebagai gaun termahal yang pernah dikenakan oleh mendiang Putri Diana dan dijual dalam lelang.

Sementara untuk gaun lain yang memiliki gambar dan motif serupa diperkirakan terjual dengan harga 78.776 pound sterling atau sekitar Rp1,5 miliar.

Model gaun tersebut dilengkapi dengan bantalan bahu, rok model organza dengan pita besar dan selempang.

Mendiang ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry itu pertama kali mengenakan gaun tersebut di Florence, Italia, pada tahun 1985, saat makan malam dan tengah dalam perjalanan kerajaan bersama suaminya, Pangeran Charles. Ia terlihat kembali mengenakannya saat menghadiri Orkestra Simfoni Vancouver pada tahun 1986.

Koleksi fesyen ini dibuat dari kain yang dipilih oleh pedagang tekstil ternama Jakob Schlaepfer dan menampilkan bintang bersulam metalik yang dirancang oleh tim desain di Jacques Azagury.

Sementara model rok balerina dianggap sebagai bentuk dukungannya terhadap Balet Nasional Inggris dan kecintaannya pada menari.

Sebelumnya, gaun termahal yang dikenakan Putri Diana dan dijual dalam lelang adalah gaun beludru tahun 1991 karya Victor Edelstein yang dijual seharga 476.437 pound sterling atau sekitar Rp9,3 miliar pada bulan Januari.

Diana mengenakan beberapa karya perancang busana keturunan Maroko-Inggris itu selama dia bersama keluarga kerajaan.


Blus Diana Terjual Rp9,3 Miliar

Sementara itu, blus krep berwarna merah muda dan memiliki kerah seperti ruff dan lipatan longgar di bagian depan yang pernah dikenakan Putri Diana juga telah laku dilelang.

Atasan itu terjual seharga 300.990 pound sterling atau sekitar Rp9,3 miliar, hampir empat kali lipat dari perkiraan awal.

Dikutip laman Lifestyle Liputan6.com, blus itu dikenakan ibu dua anak tersebut dalam potret yang diabadikan oleh Lord Snowden. Blus merah muda tersebut dirancang oleh David dan Elizabeth Emanuel.

Menurut Julien's Auctions, Diana memilih blus tersebut dari rak pakaian yang diberikan kepadanya oleh mantan editor mode Vogue, Anna Harvey. Dalam bukunya "A Dress for Diana", Elizabeth Emanuel menulis bahwa seorang klien meninggalkan noda maskara pada gaun yang dibuat khusus, sehingga mendorong keluarga Emanuel untuk menggunakan bahan tersebut untuk blusnya.


Surat Putri Diana Juga Laku dalam Lelang

Selain fesyen, barang berharga milik Putri Diana lainnya juga turut laku terjual dalam lelang, termasuk surat yang ditulisnya.

Lay's Auctioneers pada Kamis, 16 Februari 2023, mengumumkan koleksi surat mendiang Putri Diana telah laku terjual. Surat Princess of Wales kepada teman-temannya selama perceraiannya dengan Pangeran Charles saat itu, terjual di lelang seharga 169.663 dolar AS atau setara Rp2,5 miliar.

Sebanyak 32 lembar kertas, ditulis dengan alat tulis Istana Kensington dan sandi kerajaan Diana. Surat itu dijual secara lembaran dalam lelang berjudul "Diana, Korespondensi Pribadi Seorang Putri".

Diana mengirim surat kepada Susie dan Tarek Kassem dari tahun 1994 hingga 1997, tiga tahun terakhir hidupnya. Berita lelang diumumkan awal bulan ini, di mana isinya digambarkan "menakjubkan" dan "rahasia."


Mobil Ford Milik Putri Diana Juga Laku Dilelang

Sementara itu, sebuah mobil yang diberikan kepada Putri Diana dari Pangeran Charles sebagai hadiah tunangan mereka telah terjual USD 72.000 atau lebih dari Rp1 miliar dalam lelang.

Mobil Ford Escort Ghia 1981 tersebut dijual dengan harga sekitar setengah miliar rupiah lebih tinggi dari kisaran harga yang diharapkan.

Menurut juru lelang Reeman Dansie, mobil tersebut diberikan kepada Putri Diana oleh Pangeran Charles pada Mei 1981, dua bulan sebelum pernikahan pasangan tersebut.

Diana mengemudikan kendaraan tersebut sampai Agustus 1982.

Curhat Kebanjiran Komentar Body Shaming

Stephanie Poetri Anak Titi DJ Curhat Dibanjiri Komentar Body Shaming saat Bikin Konten tentang Kuliner Indonesia yang Ada di Amerika

Liputan6.com 2023-12-19 17:27:00
Potret Stephanie Poetri (Instagram/stephaniepoetri).

Stephanie Poetri, putri diva Titi DJ, baru-baru ini membuat konten video di media sosialnya yang menyorot berbagai kuliner Indonesia di tempat tinggalnya saat ini, Amerika Serikat. Dalam video itu, Stephanie Poetri meluncur ke salah satu restoran Indonesia.

Video yang direkam Stephanie Poetri bersama seorang teman pria itu menunjukkan betapa Stephanie penuh semangat memperkenalkan opor dan jus alpukat yang dimakannya sepanjang video tersebut. Keceriaan menyelimuti ekspresi wajahnya selama pamer kuliner Indonesia di Amerika Serikat.

Sayangnya, video kuliner yang diunggah Stephanie Poetri melalui akun Instagram @stephaniepoetri pada Selasa (19/12/2023) itu malah mengundang komentar-komentar tak etis dari sejumlah warganet Tanah Air. Tampak beberapa komentar yang bermunculan malah lebih menyorot bentuk tubuh Stephanie.

Alhasil, Stephanie Poetri pun langsung curhat bahwa gara-gara komentar tersebut, dirinya malah merasa menjadi korban body shaming. Ungkapan tersebut disampaikannya melalui Instagram Stories, beberapa jam setelah mengunggah video kuliner itu.


Stephanie Poetri Awalnya Ingin Membuat Penggemarnya di Indonesia Bangga

Tampak dalam curahan hati dengan bahasa Inggris itu, Stephanie Poetri awalnya mengaku bahwa video kuliner tersebut dimaksudkan agar para penggemarnya di Indonesia bisa bangga lantaran makanan khas Tanah Air rupanya juga banyak di Amerika Serikat.

"Ketika kamu membuat video mengenai makanan Indonesia yang di Amerika yang mengagumkan, berharap orang-orang akan berkomentar tentang betapa bangganya mereka makanan Indo dikenal di Amerika," tulis Stephanie Poetri mengawali di Instagram Stories akunnya, Selasa (19/12/2023).

"Namun ketimbang hal itu, komentar-komentarnya malah dipenuhi oleh orang-orang yang mengatakan betapa gemuknya aku," sambung pelantun lagu "I Love You 3000" itu.


Stephanie Poetri Tak Marah tapi Mengaku Kecewa

Stephanie Poetri memang tak tampak marah dengan komentar-komentar body shaming tersebut. Namun, ia tetap tak bisa menutupi kekecewaannya lantaran komentar miring cukup mendominasi konten yang dimaksudkan untuk membangkitkan rasa bangga sebagai orang Indonesia itu.

"Teman-teman, memang aku ini gemuk. Aku cuma tahu pencahayaan dan sudut pandangku. Tetapi sekali lagi merasa kecewa pada orang-orang berkomentar dari pikiran negatif mereka ketimbang membicarakan hal-hal positif dalam video itu," terang Stephanie masih dalam bahasa Inggris.

"Ayo lah, keren banget restoran Indonesia sukses di New York, kenapa kalian cuma bisa bicarain badanku yang gemoy ini beb," tutupnya dalam bahasa Indonesia.


Masih Tetap Ada Komentar Positif

Biarpun Stephanie Poetri mengatakan demikian, pada kenyataannya, masih terselip sejumlah komentar positif dari warganet Indonesia.

"Opor berasa makanan mewah ya kalau di US Bangga banget makanan indonesia mendunia," kata seorang warganet.

"Stephanie u so cuteeee Opor ayam memang best ," kata yang lainnya.

"Gumuuyyys, aku udah liat full nya. Ga lupa mengucap bismillah sebelum makan ," tulis seorang lagi.

Terancam Dipenjara, Nasib Avengers?

Jonathan Majors Terancam Dipenjara, Bagaimana Nasib Avengers: The Kang Dynasty Milik Marvel?

Liputan6.com 2023-12-19 13:04:24
Jonathan Majors. (AP Photo/Seth Wenig)

Beberapa jam setelah dinyatakan bersalah atas penyerangan dan pelecehan, aktor Kang Jonathan Majors dikeluarkan dari Marvel, tetapi studio tersebut dilaporkan berencana untuk melanjutkan dengan Avengers: The Kang Dynasty.

Jonathan Majors secara resmi bergabung dengan Marvel Cinematic Universe sebagai Kang di Loki musim 1, di mana ia memainkan varian He Who Remains. Aktor tersebut kemudian memainkan varian yang berbeda, Kang the Conqueror di Ant-Man and the Wasp: Quantumania, sebelum mengulangi perannya sebagai He Who Remains dan memainkan karakter Kang lainnya, Victor Timely di Loki musim 2.

Namun, setelah dinyatakan bersalah atas dua tuduhan pelanggaran ringan yaitu pelecehan dan penyerangan, Majors telah dikeluarkan dari MCU, meskipun Marvel mungkin akan tetap melanjutkan karakter Kang.

Menurut The Hollywood Reporter, Marvel "berniat untuk melanjutkan" Avengers: The Kang Dynasty setelah studio tersebut berpisah dengan Majors. Ada perubahan di balik layar pada film Avengers kelima sebelum uji coba Majors dimulai pada 29 November.

Pada pertengahan November, Marvel Studios mengganti sutradara Destin Daniel Cretton yang diumumkan sebelumnya dalam The Kang Dynasty, tetapi dia tetap ikut serta dalam proyek lain seperti acara TV Wonder Man. Baru-baru ini, Marvel mendatangkan pencipta Loki dan penulis skenario Doctor Strange in the Multiverse of Madness Michael Waldron untuk menulis ulang Avengers 5.

Mengingat langkah yang dilakukan Marvel di balik layar Avengers: The Kang Dynasty dengan mengganti sutradaranya dan mendatangkan penulis skenario baru, kemungkinan besar studio tersebut telah merencanakan perombakan kreatif besar-besaran. Ada kemungkinan bahwa Marvel Studios berencana untuk mengubah peran Kang, dan Waldron - yang mengawasi perluasan multiverse di MCU - akan menjadi orang yang tepat untuk memberikan penjelasan tentang Marvel Cinematic Universe mereka.


Kemungkinan Kang diperankan orang lain

Faktanya, Loki season 1 telah menunjukkan bahwa varian dapat terlihat berbeda di multiverse dengan Loki yang berwujud seorang wanita, anak kecil, bahkan aligator, sehingga Marvel dapat dengan mudah mengubah Major yang sebelumnya memerankan Kang dan melanjutkan sesuai rencana.

Namun, ada masalah lain yang dihadapi Avengers: The Kang Dynasty di luar perpisahan Marvel dengan Majors, dan itu adalah kegagalan Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Landasan peluncuran MCU Fase 5 itu gagal di box office setelah menerima tinjauan beragam dari para kritikus.

Kemudian, pada musim gugur ini dilaporkan bahwa Marvel Studios sedang mempertimbangkan untuk mengalihkan cerita Multiverse Saga dari Kang. Karena film yang seharusnya menjadi debut layar lebar sang penjahat gagal, tidak ada harapan besar bahwa ia bisa mencapai ancaman tingkat Thanos yang layak untuk membentuk Avengers.


Akan ada perombakan besar-besaran?

Jika Marvel benar-benar menjauh dari Kang, The Kang Dynasty mungkin akan mendapatkan perombakan yang lebih besar dari sekedar perombakan penjahat utamanya.

Masih harus dilihat apa jadinya Avengers: The Kang Dynasty. Film ini tidak dijadwalkan untuk dirilis hingga Mei 2025, tetapi karena Marvel menargetkan produksi dimulai pada awal 2024, studio harus memutuskan bagaimana menyesuaikan rencana mereka secepatnya.

Tentu saja, Marvel bisa menunda Avengers: The Kang Dynasty, namun dengan adanya jeda enam tahun antara film-film Avengers - yang terlama sejak pertama kali dirilis pada tahun 2012 - MCU berisiko mengabaikan franchise terbesar mereka terlalu lama. Untuk saat ini, Marvel mungkin akan melanjutkan Avengers: The Kang Dynasty, tetapi apa sebenarnya rencana mereka terhadap film tersebut masih belum jelas.

Pesan untuk Para Bunda Jelang Hari Ibu

Pesan Ria Ricis untuk Para Bunda Jelang Hari Ibu 2023: Lelahmu dan Tangismu, Semua Akan Terbalas

Liputan6.com 2023-12-19 10:40:00
Sejak melahirkan bayi perempuan pada 26 Juli 2022, hari-hari Ria Ricis penuh warna. Iamenyeimbangkan karier sebagai YouTuber sekaligus istri dan ibu. (Foto: Dok. Instagram @riaricis1795)

Sejak melahirkan bayi perempuan pada 26 Juli 2022, hari-hari Ria Ricis jadi penuh warna. Istri Teuku Ryan itu menyeimbangkan karier sebagai YouTuber sekaligus istri dan ibu.

Jelang Hari Ibu 2023, Ria Ricis mengenang hari-harinya kala Cut Raifa Aramoana atau yang akrab disapa Baby Moana hadir ke dunia. Saat itulah, ia mencicipi romantika sebagai ibu.

Bahagia, terharu, dan lelah, adalah tiga momen yang sering dijumpai Ria Ricis sebagai ibu. Saat itulah, bintang film Aku Tahu Kapan Kamu Mati menyadari peran besar dan pengorbanan ibu.

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Senin (18/12/2023), Ria Ricis menyampaikan pesan terbuka kepada para ibu di Indonesia yang memiliki cinta tanpa syarat untuk anak-anak mereka.


Lelahmu, Tangisanmu, Kekhawatiranmu

"Untuk para ibu, Selamat Hari Ibu. Lelahmu, tangisanmu, kekhawatiranmu, semua akan terbalaskan dengan senyuman dan peluk kasih dari anak serta orang terdekat di sekelilingmu," kata Ria Ricis.

Hampir dua tahun, YouTuber dengan 41 jutaan pelanggan ini jadi ibu. Ada banyak hal yang disyukuri. Di sisi lain, Ria Ricis merasa masih banyak PR yang harus dikerjakan demi memberi yang terbaik untuk Baby Moana.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Makin Banyak Perjuangan Ibu

"Rupanya makin banyak perjuangan yang harus aku lakukan dan berikan untuk Moana. Aku menikmati peranku. Aku bersyukur diberi kesempatan menjadi seorang ibu," ia menambahkan.

Ria Ricis mengamini bahwa ibu kerap dianalogikan superhero karena kontribusinya besar untuk keluarga. Dari memiliki unconditional love, dapat bekerja multitasking, sabar merawat anak, memiliki healing power, hingga kemampuan memecahkan masalah.


Ibuku Pahlawanku

Ini disampaikan Ria Ricis dalam peluncuran kampanye "My Mom is My Superhero" bersama Mothercare di Jakarta, pekan ini. Dalam kesempatan itu, Senior Vice President for Baby, Kids and Toy Brands, Vasudev Kataria, menyorot peran penting ibu dalam keluarga.

"Seorang ibu dapat menyesuaikan diri dalam berbagai kebutuhan dan situasi, mengajar dan mengarahkan anak-anaknya. Ibu kerap menjadi role model terbaik bagi anak-anak. Jelang Hari Ibu, kami mengajak semua orang melihat dari sudut pandang: Ibuku pahlawanku," ujar Vasudev Kataria.

Karenanya, Mothercare sebagai penyedia kebutuhan orangtua dan calon orangtua dari perlengkapan kehamilan, hingga pakaian anak dari bayi sampai usia 8 tahun, berkomitmen mendukung segala peran ibu.

Rayakan Setahun Jadian

5 Potret Luna Maya Diunggah Maxime Bouttier untuk Rayakan Setahun Jadian, Ada Pose Nyeleneh Terkesan Kocak

Liputan6.com 2023-12-19 11:00:00
Luna Maya dan Maxime Bouttier. (Foto: Instagram.com/lunamaya)

Hubungan asmara Luna Maya dan Maxime Bouttier tak terasa sudah berjalan satu tahun lamanya. Perayaan pun dilakukan pasangan yang usianya terpaut cukup jauh ini. Maxime Bouttier kini berusia 30 tahun sementara Luna Maya 40.

Maxime Bouttier mengisyaratkan, tanggal dirinya mulai berpacaran dengan Luna Maya adalah 18 Desember 2022. Itu tampak dalam rangkaian foto dan sebuah video yang diunggah di akun Instagram @bouttier_maxime, Senin (18/12/2023).

Menariknya, bukan potret berupa pose-pose cantik Luna Maya, Maxime Bouttier malah seolah menyorot keindahan alam dan tempat yang dikunjungi Luna Maya dalam deretan potret unggahannya tersebut.

Ada beberapa foto nyeleneh dari ekspresi kocak Luna Maya yang terkesan konyol, hingga tanpa riasan. Seperti apa saja potret Luna Maya yang diunggah Maxime Bouttier pada perayaan hari jadi hubungan asmara mereka? Berikut deretannya.


1. Keindahan Air Terjun yang Dikunjungi Luna Maya

Pada potret pertama, Maxime Bouttier mengunggah momen ketika ia dan Luna Maya berkunjung ke air terjun. Maxime seolah memilih foto tersebut lantaran Luna Maya hanya dipotret hingga paha, sementara air terjunnya menjadi sorotan utama.

"We laugh we quarrel. We love we fight. It has been a year since we began this dynamic together, and not in my wildest imagination we would cross paths and move to this direction together," tulis Maxime sebagai keterangan.

"I have the luck of calling you my friend and my partnerAnd share the sweet and bitter moments of our lives to each other. Happy one year," tambahnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


2. Menyorot Bangunan Indah di Belakang Luna Maya

Selanjutnya, Maxime mengunggah video singkat saat ia dan Luna Maya berkunjung ke Jepang. Dalam video itu, Luna Maya berada di depan Maxime.

Namun, Maxime lebih menyorot bangunan yang ada di belakang Luna Maya. Sementara Luna beberapa kali melihat ke arah kamera, Maxime hanya menyorot sebagian wajah kekasihnya.


3. Wajah Konyol Luna Maya

Selanjutnya, Maxime mengunggah potret wajah Luna Maya yang berekspresi "konyol" sambil dicubit oleh jempol dan telunjuk Maxime. Mengamati bentuk bibir Luna Maya dalam foto ini, tak disangka sang aktris bisa melempar pose yang terbilang kocak.


4. Wajah Polos Luna Maya

Maxime Bouttier juga mengunggah potret wajah polos Luna Maya tanpa riasan alias bare face. Rambut berantakan Luna Maya dalam foto ini menimbulkan kesan sang aktris baru bangun tidur.


5. Foto Buram Luna Maya Waktu Berperahu

Terakhir, Maxime Bouttier justru memilih foto yang agak buram saat keduanya menikmati momen naik perahu. Duh, ada-ada saja ya gaya bercanda Maxime terhadap kekasihnya.

Diisukan Dekat dengan Asnawi Mangkualam

Steffi Zamora Diisukan Dekat dengan Asnawi Mangkualam, Potret Sang Aktris Mesra dengan Okin Mantan Suami Rachel Vennya Diungkit Lagi

Liputan6.com 2023-12-19 16:17:00
Selain iri, netizen juga menyebut mantan Steffi Zamora akan menyesal telah meninggalkan Steffi Zamora [instagram/steffizamoraaa]

Nama aktris Steffi Zamora tengah menjadi perbincangan warganet. Pasalnya aktris yang baru putus dari Fero Walandouw itu tengah diisukan dekat dengan kapten Timnas Indonesia yang sempat diduga berpacaran dengan Fuji, Asnawi Mangkualam.

Namun di tengah isu kedekatan dengan Asnawi Mangkualam, warganet justru banyak yang menyorot Steffi Zamora sempat bermesraan dengan Niko Al Hakim alias Okin mantan suami Rachel Vennya. Okin sendiri kini diketahui sedang berpacaran dengan Regina Phoenix.

Isu kedekatan antara Okin dengan Steffi Zamora sebenarnya sudah bergulir sebelum sang aktris berpacaran dengan Fero Walandouw pada 2021 lalu. Namun, admin salah satu akun Instagram, kembali memanaskan isu tersebut.

Mengintip akun Instagram @lambe__danu, diunggah kembali foto-foto kedekatan Steffi Zamora dengan Okin yang terbilang mesra. Dalam potret itu, Steffi terlihat dipangku oleh Okin sembari pinggangnya dipegang oleh ayah dua anak itu.


Kemesraan Steffi Zamora dan Okin di Tengah Sahabat yang Tak Terduga

Selain itu, diperlihatkan juga sebuah foto lawas yang menunjukkan kemesraan Okin dan Steffi saat bersama sahabat mereka.

Tanpa diduga, rupanya Azizah Salsha ada dalam foto tersebut. Hal ini mengisyaratkan Azizah selama ini menjadi saksi perjalanan cinta Steffi Zamora.

Pasalnya, hingga kini kedekatan antara Steffi Zamora dengan Azizah Salsha terbilang masih langgeng. Bahkan istri Pratama Arhan merayakan ulang tahun Steffi yang ke-23 pada Jumat (15/12/2023) lalu.


Banyak yang Baru Tahu Steffi dan Okin Pernah Dekat

Menariknya, setelah foto-foto tersebut diunggah kembali, banyak warganet yang mengaku baru tahun Steffi Zamora dan Okin pernah menjalin kedekatan. Namun, ada juga mengaku tahu seberapa dekat Okin dan Steffi kala itu.

"Baru tau Steffy sama Okin," tulis seorang warganet.

"Pernah sama Okin? Baru tau, kirain Okin cuma pernah sama Zara terus Regina," kata warganet lainnya.

"Temenan doang itu, mereka nggak pernah ada apa-apa. Steffi juga se circle sama rachel pas itu," kata seorang lagi.


Isyarat Steffi Zamora Sedang Dekat dengan Asnawi

Dalam perayaan ulang tahun Steffi Zamora yang ke-23 di sebuah kafe pada Jumat (15/12/2023) lalu, ada satu reaksi yang mengarah pada kedekatan sang aktris dengan Asnawi. Momen itu terungkap dari unggahan di akun TikTok @bah1446,

Kala itu, Steffi Zamora mendapatkan kejutan berupa kue sembari dinyanyikan lagu ulang tahun. Sebelum meniup lilin, rupanya ada sebuah kertas bertuliskan "cegelku". Spontan, Steffi menunjuk ke arah seseorang di depannya.

Momen itu sempat mengundang tanda tanya perihal siapa yang ditunjuk Steffi. Namun pada video yang lain, terungkapkan bahwa di depan Steffi ternyata ada sosok Asnawi Mangkualam yang ikut memeriahkan perayaan ulang tahunnya.

Blak-blakan Ungkap Kesalahan 2 Kali Berumah Tangga

Sule Blak-Blakan Ungkap soal Kesalahannya Setelah 2 Kali Gagal Berumah Tangga

Liputan6.com 2023-12-19 13:30:00
Nama Sule terbawa dalam dugaan promosi judi online sepert Wulan Guritno. Ia mengaku tak tahu bahwa yang dipromosikannya termasuk kategori judi online. (Foto: Dok. Instagram @ferdinan_sule)

Sule berencena akan menikah lagi setelah lebih dari setahun bercerai dengan Nathalie Holscher. Ayah Rizky Febian ini akan menikahi wanita berhijab bernama Santyka Fauziah, yang berusia 18 tahun lebih muda darinya.

Memutuskan untuk menikah lagi tentu bukan perkara mudah mengingat sang komedian sudah dua kali gagal berumah tangga. Untuk itu, Sule juga banyak introspeksi diri dan berusaha tak mengulangi kesalahan yang sama dengan hubungan sebelumnya.

Dari pernikahan pertama dengan Lina Jubaedah, salah satu kesalahan yang dia sadari adalah kurangnya perhatian kepada pasangan. Itu disebabkan karena dirinya yang terlalu sibuk bekerja.

"Sebetulnya saya masih perhatian karena nyari duit. Tapi saking sibuknya akhirnya punya pikiran 'Lo bisa sendiri deh, ada anak-anak' Ternyata itu salah. Di saat yang kedua kali saya lagi mencoba (memperbaiki) kalau mau jalan ke mana saya ikut, di situlah saya memperbaiki," terangnya dikutip dari YouTube Al El Dul TV, Selasa (19/12/2023).

"Jadi memang kalau dari kegagalan yang pertama menurut saya, saya kurang dari quality time-nya, terlalu mementingkan pekerjaan. Saya cuek, sama pasangan tuh cuek, enggak terlalu romantis," sambungnya.


Belajar Perhatian dan Romantis Saat Menikahi Nathalie

Saat menikah dengan Nathalie Holscher, kekurangan ini dia perbaiki. Sule mencoba menjadi suami yang lebih perhatian dan romantis terhadap pasangan.

"Nah sama yang kedua saya mulai romantis, ngasih bunga, karena saya belajar dari yang pertama, kan saya enggak mau gagal kedua kalinya. Tapi Tuhan berkehendak lain ya kita mau gimana," jelasnya.


Apa Permasalahan dengan Nathalie?

Ya, badai dalam rumah tangga itu pada akhirnya tetap datang. Tapi Sule menegaskan bahwa sumber masalahnya sengan Nathalie Holscher bukanlah perkara kurang perhatian.

"Tapi kalau yang kedua masalahnya karena hal lain. Kalau itu sudah berubah, berupaya yang dulunya saya enggak kasih bunga, saya kasih bunga, kalau marah saya peluk walau masih marah. Tapi kan mungkin ada hal (masalah) lain. Setiap pribadi kan beda-beda," jelasnya," tuturnya.


Sule Terus Belajar

Saat menjalin hubungan dengan Santyka Fauziah, Sule juga masih terus belajar untuk menjadi pasangan yang lebih baik. Dengan harapan, rumah tangga mereka nanti bakal langgeng sampai maut memisahkan.

"Di sisi lain kita sebagai manusia juga enggak bisa berubah semudah membalikkan telapak tangan, jadi perlu komunikasi. Saya kalau sama pasangan semuanya diungkapkan, saya tuh begini, cuek, nanti ingetin, kalau enggak romantis jangan tersinggung. Tapi saya coba. Jadi berdua sama dia saling mengoreksi tentang kesalahan dan kekurangan," tutupnya.

Pernah Jadi Pelayan Restoran

Lee Jong Suk Pernah Kerja Jadi Pelayan Restoran, Pengunjung Membeludak untuk Melihat Ketampanannya

Liputan6.com 2023-12-19 18:00:00
Lee Jong Suk. (Instagram/ jongsuk0206)

Bukan rahasia lagi, Lee Jong Suk memang meniti karier dari nol di dunia hiburan. Ia bahkan pernah bekerja sebagai pelayan restoran yang dimiliki komedian Kim Ki Wook sebelum tenar seperti sekarang.

Pengalaman Lee Jong Suk bekerja kemudian di-spill sang pelawak saat tampil di tayangan JTBC, Knowing Bros, yang tayang pada 16 Desember 2023 lalu. Dilansir dari SBS Star News, di restorannya yang dulu terletak di Apgujeong, Gangnam, ada seorang pelayan yang kondang karena ketampanannya.

"Dan dia adalah Lee Jong Suk," kata Kim Ki Wook.

Ia menambahkan, "[Lee Jong Suk] menjadi pelayan di restoranku sekitar tiga sampai empat bulan saat ia bekerja sebagai model. Sepanjang waktu tersebut, kami mendapat banyak pelanggan karena dirinya," kata Kim Ki Wook. Komedian Shim Jin Hwa yang juga menjadi bintang tamu menambahkan, bahwa orang-orang bahkan sampai antre di luar restoran.

Sayang, kekasih IU tersebut mendadak berhenti bekerja di restoran ini, dan tak lama kemudian tempat usaha ini tutup. Menurut Kim Ki Wook, ada korelasi antara dua hal ini.

"Tanpa Lee Jong Suk, bisnis tak sebagus sebelumnya. Pelanggan enggak datang, penjualan turun, jadi aku gulung tikar," kata Kim Ki Wook.

Salah satu member variety show ini, Lee Su Geun kemudian melempar guyonan bahwa restoran milik sang komedian memang cuma punya pelayan ganteng, tanpa makanan yang enak.

Beberapa waktu kemudian Kim Ki Wook mendengar kabar bahwa sang aktor mundur dari pekerjaannya karena ikut audisi untuk drakor Secret Garden.


Ketemu Lagi di Syuting Drakor

Cerita Kim Ki Wook soal Lee Jong Suk belum berakhir sampai di sini. Beberapa tahun kemudian, ia bertemu sang aktor di lokasi syuting drakor.

"Aku mendapat kesempatan jadi cameo dalam drakor SBS, Doctor Stranger yang dibintangi Lee Jong Suk. Adegan yang akan diambil adalah konfrontasi antara Lee Jong Suk dan aku," kata dia.


Disapa Lee Jong Suk pada Hari Syuting

Kim Ki Wook ingat betul bahwa dirinya sangat gugup jelang syuting.

"Saat hari pengambilan gambar aku menunggunya muncul dan kemudian aku mendengar seseorang datang mendekat. Itu adalah Lee Jong Suk. 'Sudah lama enggak ketemu', begitu kata dia," tutur Kim Ki Wook.


Lee Jong Suk Dianggap Berjiwa Besar

Hal lain yang tak lekang dari ingatan Kim Ki Wook dalam pertemuan ini, adalah Lee Jong Suk sendiri yang pertama kali mengungkap soal pekerjaannya sebagai pelayan di restoran tersebut.

"Aku benar-benar kagum soal betapa terbukanya dirinya soal hal itu. Menurutku, ia adalah sosok berjiwa besar," tutur Kim Ki Wook.

Ada Lingkaran Setan Korupsi Kepala Daerah?

HEADLINE: Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba Terjerat Kasus Jual Beli Jabatan, Lingkaran Setan Korupsi Kepala Daerah?

Liputan6.com 2023-12-20 00:00:02
Gedung KPK (Liputan6/Fachrur Rozie)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan tim penindakan pada Senin, 18 Desember 2023 kemarin.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan OTT yang dilakukan tim penindakan tersebut terkait kasus dugaan korupsi lelang jabatan dan pengadaan barang dan jasa (PBJ).

"Diduga dalam tindak pidana korupsi lelang jabatan dan proyek pengadaan barang dan jasa," ujar Ghufron di Jakarta.

Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo mengatakan, bahwa jual beli jabatan merupakan korupsi klasik kepala daerah. Modusnya sederhana, siapa yang ingin menempati suatu jabatan tertentu maka ia harus membayar dengan tarif yang ditetapkan oleh kepala daerah.

"Biasanya ada jabatan kepala dinas, atau jabatan basah dan kering, nah jabatan basah dan kering ini tergantung jumlah APBDnya, jumlah perizinannya di situ. Artinya jumlah uang yang ada di dinas tersebut misalnya kalau untuk kepala dinas," kata Yudi kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa, (19/12/2023).

Jabatan-jabatan prestise tersebut, kata Yudi jelas menguntungkan meski ia harus membayar sejumlah uang kepada kepala daerah.

"Jelas menguntungkan, ia bisa jadi akan kembali modal ya, tentu saja ketika orang berani membayar maka dia pasti akan memperhitungkan apakah jabatannya prestise atau bisa untung, minimal balik modal seperti itu, ya karena memang saat ini dalam lingkungan birokrasi jabatan yang dikejar bukan sekedar kompetensi," ujarnya.

Yudi mengatakan, berdasarkan pengalamannya sebagai penyidik KPK, biasanya kepala daerah mendapat 10 persen dari nilai proyek dari suatu jabatan.

"Biasanya sekitar 10 persen dari belanja tidak langsung, yaitu proyek-proyek, diitungnya dari situ. Misalnya proyeknya setahun Rp 40 miliar, maka dia bisa jadi Rp 4 miliar setorannya," kata Yudi.

"Biasanya yang paling banyak setorannya kepada kepala daerah dinas pekerjaan umum, makanya kalau OTT kepala dinas PU juga termasuk yang ada sangkut pautnya," lanjutnya.

Selain lelang jabatan, modus korupsi yang dilakukan kepala daerah adalah soal perizinan serta pengadaan barang dan jasa.

Yudi mengatakan, korupsi kepala daerah ini bagai makan buah dimalakama bagi pejabat di bawahnya. Sebab meski sistem rekrutmen dan perencanaan terkait kebutuhan jabatan di daerah sudah bagus, tapi memiliki kepala daerah yang korup maka sistem tersebut akan berantakan.

"Kalau ada kompetensinya, ada rekruitmennya, namun akhirnya ketika kepala daerah inisiatif meminta atau menerima setoran, di situlah percuma sistem itu, dan orang yang terpilih pun walau dia merasa prosesnya benar tapi ketika diminta duit daripada dia nggak jadi menjabat atau dikucilkan, ya akhirnya dia menyerahkan (sejumlah uang ke kepala daerah) ya memang ini simalakama," kata Yudi.

Sehingga sistem lelang jabatan yang baik atau buruk di daerah akan tergantung pada kepala daerahnya.

"Jadi sistem sebaik apapun kalau kepala daerahnya masih korup nggak akan bisa diperbaiki, jadi memang dikembalikan lagi bahwa ini permasalahan di kepala daerahnya apakah dia mau jadi kepala daerah yang bersih?," ujar Yudi.

Sehingga sistem penindakan di KPK seperti operasi tangkap tangan ini diharapkan menjadi efek jera bagi kepala daerah yang lain agar tak melakukan korupsi.

"OTT seperti ini akan sangat bagus untuk menjadi contoh bagi yang lain, artinya kalau masih ada yang bermain dalam lelang jabatan atau pengadaan barang jasa ketika ditangkap itu merupakan satu cara untuk menghentikannya," tandas Yudi.

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Egi Primayoga mengatakan bahwa praktik jual beli jabatan sudah terjadi berkali-kali. Praktik ini merusak sistem meritokrasi birokrasi, di mana dalam sistem ini seharusnya dalam lelang jabatan didasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil tanpa membedakan latar belakang ASN.

Praktik ini tumbuh subur di kalangan kepala daerah lantaran biaya pemilu yang tinggi. Di mana kepala daerah yang terpilih melalui sistem pemilu harus mengembalikan modal kampanyenya.

"Kepala daerah perlu mengembalikan modal kampanye kepada para penyokong, sehingga melakukan praktik lancung ketika menjabat," kata Egi kepada Liputan6.com.


Lingkaran Setan Korupsi Kepala Daerah

Peneliti Transparency International Indonesia (TII), Alvin Nicola menilai penangkapan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba ini menandakan budaya birokrasi yang masih transaksional. Fenomana ini, kata Alvin terus terjadi karena korupsi dalam birokrasi terjadi di dalam jaringan ikatan sosial berkelanjutan di antara pihak-pihak yang terlibat.

Ada sejumlah problem sehingga fenomena korupsi dan suap menyuap di daerah terus berlanjut. Pertama, upaya pencegahan korupsi di birokrasi selama ini hanya fokus pada reformasi administratif. Dalam konteks pengisian jabatan, faktanya mekanisme seleksi lelang terbuka dan asesmen berbasis teknologi saat ini tidak mampu mengurai jaringan paternalistik di dalam birokrasi.

Bahkan suap jabatan juga pada umumnya hanya menjadi pintu masuk praktik korupsi lanjutan. Setelahnya skema 'setoran' yang serupa juga dimanfaatkan oleh kepala daerah agar pejabat tidak dimutasi dan di-non job kan. Kemudian untuk memastikan setoran berjalan, pejabat akan terus memanfaatkan dana dari proyek-proyek yang dikelolanya.

"Artinya ini semacam lingkaran setan korupsi yang tak ada habisnya," ujar Alvin kepada Liputan6.com di Jakarta.

Kedua, hal ini sangat erat kaitannya dengan politisasi birokrasi akibat kencangnya patronase politik. Di mana jabatan publik yang terbatas ini dikomersialisasikan oleh kepala daerah sebagai sumber keuangan baru untuk modal politik, baik mengganti biaya kampanye sebelumnya ataupun kepentingan pemilihan mendatang.

Fakta ini dibuktikan dengan adanya indikasi dana hasil suap diperuntukkan melakukan survei elektabilitas di akhir masa jabatan tahun depan.

"Hal ini mengartikan partai politik juga harus ikut bertanggung jawab. Proses pemilihan kepala daerah saat ini masih banyak mengharuskan mahar politik yang tak sedikit, dan justru pada gilirannya kontraproduktif dengan semangat reformasi birokrasi itu sendiri," ujar dia.

Ketiga, kata Alvin pengawasan penerapan sistem merit sesuai mandat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 mengenai Aparatur Sipil Negara (UU ASN) dan PP No. 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS tak berjalan efektif, terutama dalam konteks sistem pengisian jabatan di luar jabatan pimpinan tinggi (JPT).

Disisi lain, penerapan mekanisme asessment pegawai untuk mengetahui tingkat kompetensi pegawai di OPD juga belum optimal.

"Di berbagai daerah, kita masih mudah menemukan ada kepala daerah terpilih memberikan jabatan kepada anggota dari tim suksesnya atau diberikan kepada orang dengan garis saudara yang sama atau satu keluarga. Kondisi ini tentu menciderai prinsip-prinsip dan nilai dari sistem merit itu sendiri," ujarnya.

"Terus berulangnya kasus jual beli jabatan ini juga menunjukkan kita perlu mempertanyakan secara serius dimana peran Kemenpan RB, KPK, Tim Nasional Pencegahan Korupsi, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Ombudsman," ujarnya.

Alvin mengatakan, perlunya memperkuat peran pengawas internal, yakni Inspektorat dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di PBJ terkait dalam proses pengangkatan jabatan di level eselon III atau IV.

"Keterlibatan ini penting mulai dari mekanisme pengawasannya hingga siapa saja yang terlibat di dalamnya. Organ ini memiliki kecakapan terkait penelusuran rekam jejak dari para kandidat. Hasil penelusuran tersebut dirangkum dalam sebuah nota rekomendasi yang kemudian dapat menjadi pertimbangan bagi tim seleksi," ujarnya.

Kemudian, implementasi sistem merit perlu diikuti penerapan pedoman konflik kepentingan ini. Karena pada akhirnya, siklus koruptif ini berdampak pada menurunnya kualitas pelayanan publik.

Dalam proses seleksi, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di masing-masing wilayah perlu aktif membuka kanal pengaduan masyarakat terkait rekam jejak calon sebagai bahan pertimbangan panitia seleksi, yang secara khusus melihat dari sisi integritas calon.

"Keterbukaan ini diharapkan dapat meningkatkan pengawasan dari masyarakat terhadap para kandidat sehingga proses seleksi dapat berjalan lebih kompetitif dan menghindari risiko jual-beli jabatan," ujarnya.

Lalu, kata Alvin, BKD juga perlu menaruh perhatian serius pada pembangunan assessment center sehingga dapat melaksanakan proses seleksi yang layak, memberikan peningkatan kapasitas secara serius kepada kandidat, merespon cepat kekosongan jabatan melalui proses talent pool dan talent management, serta merumuskan mekanisme-mekanisme yang dibutuhkan agar indepedensi dan keragaman dari panitia seleksi tetap terjaga.


OTT Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan tim penindakan pada Senin, 18 Desember 2023 kemarin. KPK menyebut Abdul Gani ditangkap di sebuah hotel di wilayah Jakarta Selatan.

"Tempat penangkapan di antaranya di sebuah hotel di Jakarta Selatan," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (19/12/2023).

Selain Abdul Gani Kasuba, tim penindakan juga turut mengamankan beberapa pihak lainnya di DKI Jakarta dan Ternate.

"Sejauh ini sekitar lebih dari 15 orang yang ditangkap baik di Jakarta Selatan maupun di kota Ternate. Di antaranya benar Gubernur Maluku Utara dan beberapa pejabat lainnya serta pihak swasta," ujar Ali Fikri.

Ali mengatakan, Abdul Gani Kasuba dan beberapa pihak lainnya yang diamankan tengah menjalani pemeriksaan intensif. Ali berjanji akan membeberkannya ke publik perihal konstruksi dan kronologi OTT ini.

"Masih dilakukan permintaan keterangan terhadap para pihak yang ditangkap. Selengkapnya akan kami sampaikan setelah memastikan seluruh proses kegiatan selesai," kata Ali.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan OTT yang dilakukan tim penindakan tersebut terkait kasus dugaan korupsi lelang jabatan dan pengadaan barang dan jasa (PBJ).

"Diduga dalam tindak pidana korupsi lelang jabatan dan proyek pengadaan barang dan jasa," ujar Ghufron.

Ghufron belum bersedia membeberkan para pihak yang terjaring operasi senyap tersebut. Menurutnya, tim satgas KPK masih melakukan pemeriksaan awal terhadap para pihak yang diamankan.

"Sementara ini kami masih melakukan pemeriksaan terhadap pihak yang kami amankan dan barang buktinya," ucap Ghufron.

Menyelisik laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang diakses melalui elhkpn.kpk.go.id, Abdul Gani Kasuba tercatat memiliki kekayaan senilai Rp 6.458.409.184 atau Rp 6,4 miliar. Harta itu dilaporkan Abdul Gani pada 14 Mei 2023 untuk tahun periodik 2022.

Dalam laman itu tercatat Abdul Gani Kasuba memiliki harta kekayaan berupa tanah dan bangunan sebanyak sembilan bidang yang tersebar di Kota Ternate, Kota Halmahera Utara dan Kota Halmahera Selatan.

Harta tidak bergeraknya itu mencapai Rp 5.380.000.000.

Sementara untuk kendaraan, Abdul Gani Kasuba hanya melaporkan kepemilikan Toyota Kijang Innova G tahun 2012 senilai Rp 75 juta. Namun dia tercatat memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp 330 juta.

Abdul Gani Kasuba juga tercatat memiliki kas dan setara kas sejumlah Rp 673.409.184.

Dia tercatat tak memiliki utang, sehingga total harta kekayaan Abdul Gani Kasuba seluruhnya mencapai Rp 6.458.409.184.