Surat Wasiat untuk Istri

Lee Sun Kyun Disebut Tinggalkan Surat Wasiat untuk Istrinya Sebelum Meninggal

Liputan6.com 2023-12-27 10:45:59
Nama Lee Sun Kyun pun langsung menjadi sorotan usai adanya kabar tersebut. Kini, usai nama sang aktor ramai diperbincangkan, pihak agensi HODU&U Entertainment buka suara. (Liputan6.com/IG/@ho

Kabar mengejutkan datang dari aktor Lee Sun Kyun, di tengah investigasi kasus dugaan penyalahgunaan narkoba, dia dinyatakan meninggal dunia pada Rabu (27/12/2023) di dalam mobilnya di sebuah taman di Jongno-gu, Seoul

Sebelum ditemukan meninggal dunia, bintang Parasite ini dikabarkan meninggalkan catatan yang ditujukan untuk istrinya. Polisi juga menerima panggilan darurat pada pukul 10.12 waktu setempat.

"Suami saya meninggalkan rumah setelah menulis surat yang menyerupai surat wasiat," begitu isi laporannya dilansir dari situs Allkpop.

Tak lama setelah menerima panggilan darurat tersebut, polisi menemukan kendaraan seseorang di sebuah taman yang terletak di Jongno-gu sekitar pukul 10.30 WIB.

Mereka menemukan seseorang tidak sadarkan diri. Selanjutnya, pihak berwenang mengonfirmasi bahwa aktor Lee Sun Kyun meninggal dunia.

Sementara itu, sebelum meninggal, Lee Sun Kyun menjalani penyelidikan semalaman. Ia juga menyerahkan pernyataan tertulis melalui pengacaranya ke unit investigasi kejahatan narkoba Badan Kepolisian Incheon pada tanggal 26 Desember 2023, meminta tes pendeteksi kebohongan.


KONTAK BANTUAN

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

Pebisnis Terbaik versi CNN

Taylor Swift Jadi Pebisnis Terbaik versi CNN pada 2023

Liputan6.com 2023-12-27 13:39:50
Taylor Swift Menggebrak Lewat Tur Eras. (AP Photo/Ashley Landis)

Taylor Swift memiliki tahun terbaik di antara pemimpin bisnis mana pun dalam beberapa tahun terakhir.

Dikutip dari CNN, ditulis Rabu (27/12/2023), Taylor Swift tidak perlu menjalankan perusahaan besar dan memimpin bank sentral untuk mendapatkan kekuatan ekonomi yang besar tahun ini.

Taylor Swift meraih kejayaan pada 2023 tidak hanya sebagai artis, tetapi juga sebagai pebisnis. Konser tur bertajuk "Eras" menentukan karier Swift seiring tiket yang terjual habis di seluruh dunia.

Penggemar menghabiskan banyak merchandise saat menghadiri konsernya. Film tur konser mencatat rekor box office, dan dalam proses itu membawa Taylor Swift menjadi miliarder.

Pada laporan CNN, 27 Oktober 2023, berdasarkan indeks Bloomberg Billionaires, total kekayaan bersih Taylor Swift mencapai USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 17,54 triliun (asumsi kurs Rp 15.945 per dolar Amerika Serikat). Ia pun masuk jajaran miliarder, menurut analisis Bloomberg.

Bloomberg mengatakan, Taylor Swift adalah salah satu dari sedikit selebritas yang mencapai status tersebut hanya berdasarkan musik dan penampilannya.

Dikutip dari CNN, Taylor Swift mencapai prestasi luar biasa yang akan mengesankan bagi setiap pemimpin bisnis pada umumnya yang menjalankan perusahaan Fortune 500. Ia memiliki basis penggemar setia yang datang dengan kekuatan penuh untuk belanja dan dalam perekonomian yang sebagian besar didorong belanja konsumen. Hal itu merupakan kesuksesan bagi pemimpin bisnis manapun.

"Dia adalah orang hebat dalam bisnis," ujar Profesor Manajemen Olah Raga dan Hiburan di University of South Carolina, kepada CNN.

Tidak ada pemimpin perusahaan lain sejarah yang menghasilkan begitu banyak niat baik dengan pelanggan, begitu banyak antusiasme internasional atau kecerdasan bisnis seperti itu.

Itulah sebabnya Taylor Swift dinobatkan sebagai pebisnis terbaik versi CNN pada 2023. Satu lagi penghargaan atas pengaruh besar penyanyi ini terhadap masyarakat kapitalis terkaya di dunia.


Tur Eras Sukses

Tur Eras adalah pusat dari tahun fenoemal Swift dan akan berlangsung hingga akhir 2024. StubHub mengatakan, tur Swift adalah yang terbesar dalam dua dekade sejarah perusahaan tiket tersebut, melampaui artis sukses lainnya dalam hal penjualan tiket.

"Taylor Swift tidak hanya tampil. Dia menulis ulang pedoman tersebut, meninggalkan jejak gemerlap, rangsangan ekonomi, dan gelang persahabatan ke mana pun dia pergi," tulis laporan akhir tahun perusahaan itu.

Taylor Swift sendiri belum merilis angka penjualan resmi. Akan tetapi, beberapa perkiraan menunjukkan tur itu sudah meraup 10 angka. Pollstar prediksi awal bulan ini, 60 pertunjukan pertama tur itu hasilkan pendapatan kotor lebih dari USD 1 miliar atau sekitar Rp 15,41 triliun.

Sebuah analisis yang dibagikan secara eksklusif kepada CNN, awal tahun ini memproyeksikan pertunjukan Taylor Swift di Amerika Utara saja dapat hasilkan pendapatan lebih dari USD 2 miliar atau sekitar Rp 30,84 triliun. Hal itu menjadikannya tur dengan pendapatan kotor tertinggi yang pernah ada.

Tarikan gravitasi Swift begitu kuat, sehingga fans gencar menawarkan harga tiket kembali di pasar penjualan. Kepada CNN, SeatGeek menyebutkan, harga rata-rata penjualan kembali tiket Eras sebesar USD 1.607, naik 741 persen dari tur Reputation pada 2018, yang harga rata-rata penjualan kembali tiketnya USD 191.

Selain itu, Taylor Swift juga seorang atasan murah hati. Ia membagikan bonus USD 100.000 dengan pengemudi truk Eras Tour selama musim panas.


Konser Taylor Swift Dorong Aktivitas Ekonomi

Tur sensasional itu bagaikan bola yang mendorong aktivitas ekonomi, melintasi kota-kota besar di Amerika Serikat. Sementara itu, penggemar turun dengan membawa uang untuk belanja.

Selain itu, kamar hotel di kota yang menjadi tuan rumah pertunjukan Eras terisi dengan cepat. Tak hanya itu, peritel menyebutkan mereka mendapatkan dorongan dari pengunjung konser yang mencari pakaian yang sesuai dengan tema tur. Laporan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve bahkan mencatat bagaimana tur itu meningkatkan pendapatan hotel di Philadelphia, menurut salah satu bisnis dalam survei itu.

Yang benar-benar menonjolkan ketajaman bisnis Swift adalah bagaimana penyanyi ini memanfaatkan antusiasme yang membara tersebut untuk mendorong lebih banyak penjualan. Penggemar yang bersedia merogoh kocek untuk membeli kaus, sweater, topi, poster dan jenis merchandise lainnya yang memamerkan Taylor Swift.

Ini menjadi studi kasus yang dinilai sangat bagus dalam memahami pelanggan Anda dan memberikan apa yang diinginkan. "Aspek merchandising dalam tur ini sangat penting karena memungkinkan penggemar membawa pulang sebagian dari pengalaman itu karena ini semua tentang kenangan," ujar Shaomian dari University of South Carolina.

"Penggemar antre berjam-jam sebelum arena dibuka karena merchandise tersebut dipasang di area yang berbeda dan mereka ingin membeli terlebih dahulu. Sekalipun hanya seperempat dari orang-orang itu yang membeli sesuatu, itu berarti setidaknya satu juta dolar AS per malam," ia menambahkan.


Strategi Bisnis

Itu di luar barang dagangan yang tersedia secara online. Swift memberikan alasan lain kepada penggemar setianya untuk membelanjakan lebih banyak dan mereka pun membelanjakannya.

Strategi bisnis melampaui panggung konser ke layar lebar, sekali lagi memanfaatkan sensasi yang sudah menggebu-gebu bagi penyanyi tersebut dan tur khasnya.

Penyangi-penulis lagu ini merilis film pertunjukan pada pertengahan Oktober 2023 yang bertajuk "Taylor Swift: The Eras Tour". Film ini meraup USD 96 juta pada akhir pekan pembukaannya di Amerika Serikat dan Kanada, menurut jaringan bioskop AMC. Film konser tersebut menjadi film konser terlaris di dalam negeri pada akhir pekan pembukaannya.

"Dibutuhkan waktu kurang dari 24 jam bagi film konser Taylor Swift The Eras Tour untuk memecahkan rekor AMC di Amerika Serikat untuk pendapatan penjualan tiket tertinggi dalam satu hari dalam 103 tahun sejarah AMC," kata AMC.

Selain itu, Taylor Swift juga dinobatkan sebagai Person of the Year versi majalah Time, sebuah penghargaab bergengsi yang biasanya diberikan kepada pembuat perubahan antara lain Barack Obama, Angela Merkel dan Paus Francis.

Buka Beach Club di Jogja, Warganet Khawatir

Raffi Ahmad Bakal Buka Beach Club di Jogja, Warganet Khawatir Warga Tak Kebagian Air Bersih

Liputan6.com 2023-12-27 11:01:22
Bakal Dibangun di Jogja, Warganet Soroti Mahalnya Harga Makanan Beach Club Raffi Ahmad di Padang. foto: TikTok @dolanjogja.trip

Artis sekaligus pebisnis Raffi Ahmad kembali melebarkan usahanya. Presenter sekaligus bos RANS Entertainment tersebut berencana membangunbeach club, resor, dan vila di Gunungkidul, Yogyakarta. Dikutip dari akun Instagram @raffinagita1717, beach club itu diklaim akan menjadi yang terbesar di Indonesia. Lokasinya tepatnya di tebing Pantai Krakal.

Namun, rencana Raffi Ahmad itu sepertinya tidak disambut positif oleh sejumlah kalangan. Mereka menilai pembangunan beach club milik Raffi Ahmad akan berdampak negatif terhadap warga sekitar.

Hal tersebut diutarakan beberapa warganet dalam beberapa unggahan video di akun TikTok @dolanjogja.trip, Selasa, 26 Desember 2023. Sejumlah warganet khawatir warga setempat tidak kebagian air tanah. Lainnya menyinggung biaya makanan di beach club Raffi Ahmad.

"Ini yang jadi catatan, kasihan warga sekitar nantinya kalau air yang di bawah tanah disedot cuma untuk wisatawan," tulis seorang warganet. "Selain makanan harus enak, juga harus murah dong. Apalagi buat warga lokal," komentar warganet yang lain.

Sebelumnya, harga makanan di beach club Raffi di Padang, Sumatera Barat, ramai dibicarakan setelah seorang warganet bernama Fatih Frederik memprotes biaya yang dikeluarkannya untuk makanan dan minuman yang dibelinya. Ia ditagih Rp1,2 juta saat makan di Marawa Beach Club. Saat itu, Fatih membeli air mineral seharga Rp 25 ribu, Rose of My Eyes Rp48 ribu, Strawberry Crush Rp48 ribu, Regular Iced Tea Rp30 ribu, Nasi Goreng Marawa Rp105 ribu, Beef Kwetiau Rp115 ribu, dan burger Rp55 ribu.


Warganet Beda Pendapat Soal Beach Club Raffi Ahmad

Selain membayar sejumlah makanan dan minuman, konsumen juga harus membayar pajak dan layanan sebesar 18 persen. Banyak warganet yang menilai harga makanan dan minuman di beach club itu terlalu mahal, tapi ada juga yang menganggap hal itu wajar karena menyasar kalangan menengah ke atas.

Melansir dari akun Instagram @marawabeachclub pada Selasa, 26 Desember 2023, minimum pembelian untuk pengunjung dewasa adalah sebesar Rp100 ribu dan Rp50 ribu untuk pengunjung anak-anak. Pembukaan Marawa Beach Club itu sempat diramaikan oleh acara grand opening yang turut dihadiri oleh Raffi, Nagita dan kedua anak mereka, Rafathar dan Rayyanza.

Dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, 10 Mei 2022, pada hari pembukaan beach club Raffi Ahmad, acara berlangsung meriah dengan penampilan dari salah seorang diva Indonesia, Reza Artamevia. Meskipun berlokasi jauh dari pusat kota, mereka yang datang tampak antusias. Bahkan, terdapat juga penampilan Once Mekel dan Maliq and D'Essentials.

Bertempat di Padang dengan suasana ala Bali, tentu banyak yang penasaran seperti apa suasana beach club baru milik Raffi Ahmad ini. Melansir dari media sosial milik Marawa Beach Club, terlihat bahwa konsep beach club ini tetap menjaga ciri khas kultur lokal.


Beach Club Nuansa Minang

"A work in progress - an architecture that upholds local cultural values with a modern touch. Marawa Beach Club segera hadir di Pesisir Pantai Air Manis Padang," begitu keterangan yang disampaikan.

Selain menjaga kultur lokal di sekitar lokasi beach club, Raffi Ahmad juga memilih arsitektur yang sangat khas dengan nuansa Minang. Pemilihan desain bangunan beach club ini juga dibuat dengan sangat artistik dan memiliki sedikit sentuhan bergaya modern.

Bila dicermati, bentuk bangunan beach club itu mirip dengan rumah gadang yang merupakan rumah adat di Sumatra Barat. Ukurannya yang besar membuatnya semakin megah.

Memiliki konsep beach club, tentu saja lokasi area ini bertempat di tepi pantai. Dilihat dari atas, areanya terkesan luas. Melihat lebih dekat lagi, terdapat banyak fasilitas yang tersedia di beach club ini. Salah satunya adalah kolam renang yang saat itu sudah selesai dibuat.


Pantai Krakal Jogja

Sementara beach club milik Raffi Ahmad di Jogja akan berlokasi di Pantai Krakal yang menawarkan keindahan alam yang memesona. Pantai ini berlokasi di Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Mengutip dari wisata.gunungkidulkab.go.id, nama krakal diambil dari kata kerakal. Dalam bahasa Jawa, kerakal berarti batu-batuan kecil yang tersebar. Nama itu sesuai dengan pesona Pantai Krakal yang tak hanya menawarkan keindahan pasir putih, tetapi juga batuan kecil dengan permukaan halus dan berwarna putih.

Saat berada di Pantai Krakal Gunungkidul, pengunjung akan melihat keindahan pasir putih yang berpadu dengan jernihnya air pantai. Saat sedang surut, pengunjung dapat menikmati keindahan aneka biota laut yang berada di dalamnya. Salah satu jenis ikan yang terkenal di Pantai Krakal adalah ikan damselfish. Ikan ini berwarna kuning dengan aksen biru di punggungnya.

Selain itu, terdapat batu karang besar yang tampak seperti jalan setapak di atas permukaan laut. Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan di sini, mulai dari bersantai di gazebo, menikmati sunset, berfoto, berselancar, snorkeling, hingga mengeksplor pantai kecil di dekat Pantai Krakal yang lokasinya hanya dibatasi batu karang besar.

Natalan ke Rumah Mantan Suami

6 Potret Yuni Shara Silaturahmi Natal ke Henry Siahaan, Disebut Keluarga Cemara Punya Toleransi Kuat

Liputan6.com 2023-12-27 12:00:33
Yuni Shara menghadiri silaturahmi Natal yang digelar di kediaman mantan suami, Henry Siahaan, 25 Desember 2023. Suasana terasa hangat dan banjir pujian. (Foto: Dok. Instagram @yunishara36)

Perceraian nyatanya tak membuat hubungan Yuni Shara dan Henry Siahaan ambyar. Ini tampak jelas saat pelantun "Mengapa Tiada Maaf" menghadiri silaturahmi Natal di kediaman Henry Siahaan.

Digelar pada 25 Desember 2023, silarurahmi Natal ini juga dihadiri mantan istri Henry Siahaan lainnya, Nur Afni Octavia. Berpose dengan mantan suami tak membuat Yuni Shara canggung.

Yuni Shara mengunggah sejumlah potret dan video silaturahmi Natal bareng mantan suami dan dua putranya, Cavin Obrient Salomo Siahaan serta Cello Obrien Siahaan di akun Instagram terverifikasi.

Laporan khas Showbiz Liputan6.com kali ini menghimpun 6 potret silaturahmi Natal Yuni Shara bareng mantan suami dan keluarga besar. Netizen menyebut momen ini simbol toleransi yang kuat.


1. Serbahitam di Hari Natal

Menghadiri silaturahmi Natal, Yuni Shara tampil serbahitam. Ia pakai atasan tanpa kerah berlengan panjang mengembang plus belt hitam tebal serupa pita kado. Rok pendeknya pun hitam.

Agar tak terkesan monoton, kakak kandung Krisdayanti menyematkan bros keperakan di dada plus sepatu putih mengilap. Rambutnya dibiarkan tergerai. Simpel dan glamor di saat bersamaan, wow!

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


2. Kompak Bareng Mantan Suami dan Anak

Cavin Obrient Salomo Siahaan tampil simpel dengan atasan putih dibalut setelah jas dan celana panjang hitam. Tampak serasi dengan Yuni Shara. Entah jika keduanya janjian.

Cello Obrien Siahaan dan Henry Siahaan kompak berkemeja putih dilapisi jas merah tua dan celana panjang warna gelap. Berpose dengan latar pohon Natal, mereka sangat bahagia.


3. Selamat Natal dari Yuni Shara

Yuni Shara paham betul, foto dan video mampu merefleksikan beribu kata. Karenanya, ia tak menulis caption panjang lebar di medsos. Biar video dan foto yang bercerita kepada publik.

"Mengucapkan Selamat Natal buat buat teman-teman yang merayakannya," tulis penyanyi kelahiran Batu, 3 Juni 1972, kemudian menyematkan emotikon pohon cemara dan hati putih.


4. Lovely Family Yuni Shara

Mengunggah 10 potret, Yuni Shara tak memberi keterangan apapun kecuali tagar namanya, silaturahmi Natal, lovely family dan angka 251223 merujuk pada tanggal, bulan, serta tahun kejadian.

Salah satu yang menyita perhatian publik, potret Henry Siahaan bareng dua mantan istri, yakni Nur Afni Octavia dan Yuni Shara. Tetap hangat dan solid seolah tak ada lagi luka di masa lalu.


5. Disebut Keluarga Cemara

Silaturahmi Natal ala Yuni Shara dan Henry Siahaan kebanjiran pujian netizen. Bahkan ada yang menyebut momen ini keluarga cemara. "Toleransi yg sangat kuat. Keluarga Cemara. Happy Merry Christmas buat Uda Henry and Big Family," @d.e.**** menulis.

"Indonesia butuh contoh toleransi seperti ini," @angya**** berpendapat. "Salut. Memupus ego pribadi, tetap damai dengan mantan demi kebahagiaan anak-anak," akun @hani**** menyanjung.


6. Yuni dan Henry, Solid dan Rukun

Melansir dari berbagai sumber, Yuni Shara dan Henry Siahaan yang beda iman menikah di Perth, Australia, 7 Agustus 2002. Dalam catatan Showbiz Liputan6.com, ia melahirkan Cello Obrien Siahaan di Jakarta, November 2004. Pada Juni 2008, pasangan ini resmi cerai.

Perceraian tak lantas membuat silaturahmi keduanya ambyar. Wajar jika publik menyanjung kedewasaan Yuni-Henry. "Luar biasa keluarga ini. Jadi contoh meskipun tidak bersama lagi tetep solid dan rukun," @melly**** mengapresiasi lalu menyematkan emotikon hati merah.

Klarifikasi Gosip Cerai dengan Yasmine Ow

Aditya Zoni Klarifikasi Gosip Cerai dengan Yasmine Ow: Hanya Berantem Kecil, Masih Satu Rumah

Liputan6.com 2023-12-27 11:00:16
Aditya Zoni. (Foto: Dok. Instagram @real_aditya1)

Isu tak sedap menerpa rumah tangga Aditya Zoni setelah Yasmine Ow berhenti mengikuti akun Instagam terverifikasi sang suami. Yasmine Ow diduga menghapus semua foto Aditya Zoni.

Isu keduanya bakal cerai pun menguat. Dikonfirmasi soal isu cerai, adik Ammar Zoni membantah. Aditya Zoni mengakui rumah tangganya tak 100 persen mulus. Pertengkaran beberapa kali mewarnai.

"Oh (foto) sama istri? Di Instagram istri? Foto (saya) dihapus-hapusin? Ya, doakan yang terbaik. Entar kalau salah ngomong lagi, viral lagi. Kita baik-baik saja kok, enggak ada masalah," katanya.

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Intens Investigasi, Selasa (26/12/2023), Aditya Zoni membenarkan ada pertikaian kecil namun hingga kini ia masih tinggal seatap dengan Yasmine Ow.


Berantem Kecil

"Biasalah. Ya berantem kecil, berantem kecil. Bukan saling (unfollow), dia yang unfollow. Saya mah, kagak. Biasalah. Orang kita masih tidur bareng kok," Aditya Zoni menyambung.

Spekulasi yang beredar di kalangan awak media, rumah tangga Aditya Zoni dan Yasmine Ow gonjang-ganjing gara-gara kecipratan dampak Ammar Zoni ditangkap lagi gara-gara narkoba.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Masih Satu Rumah

Pesohor dengan 2 jutaan pengikut di Instagram ini meluruskan bahwa pertengkaran dengan Yasmine Ow tidak ada sangkut pautnya dengan insiden ganja dan sabu-sabu Ammar Zoni.

"Tenang saja teman-teman, enggak ada apa-apa kok. (Kami) masih satu rumah," cetus Aditya Zoni lalu menambahkan, "Enggak, enggak (karena Bang Ammar tersandung narkoba kali ketiga)."


Tak Ada Kaitan dengan Ammar Zoni

Bintang sinetron Cinta Karena Cinta mengimbau masyarakat tak terpancing kabar miring. Aditya Zoni mengingatkan bahwa Ammar Zoni dan dirinya dua pribadi yang berbeda.

"Enggak ada (kaitannya dengan itu). Karena itu, kan balik ke pribadi sendiri-sendiri. Kalau saya, kan beda sama Bang Ammar. Boleh adik kakak, cuma kan beda orang. Beda kepribadiannya," Aditya Zoni mengakhiri.

Soal Jodoh Belum Dikasih Sama Tuhan

Putri Patricia Sering Ditanya Kapan Nikah di Usia 43 Tahun, Begini Jawabannya: Jodohnya Belum Dikasih Sama Tuhan

Liputan6.com 2023-12-27 15:20:19
Dari berita yang terus beredar itu, akhirnya Putri Patricia tahu kondisi sahabatnya tersebut. Salah satu pemeran sinetron Tersanjung itu mengaku menyesal lantaran baru mengetahui. (Galih W. S

Putri Patricia belum lama ini muncul di kanal YouTube Maia AlElDul TV untuk membagikan kondisi terkini dirinya usai didiagnosa mengidap tumor.

Pemeran film Kembang Api itu mengungkapkan bahwa dirinya kini berangsur pulih dan kembali beraktivitas seperti sedia kala. Ia bahkan sempat bingung mengapa bisa terkena tumor karena ia mengakui punya pola hidup yang sehat.

Selain membicarakan masalah kesehatan, Maia Estianty juga menyinggung soal kehidupan asmara wanita cantik yang telah menginjak usia 43 tahun tersebut.

"Kenapa memutuskan untuk single?" tanya Maia.

"Bukan memutuskan, jodohnya belum dikasih sama Tuhan. Jadi selama ini masih single," kata Putri Patricia dikutip dari YouTube Maia AlElDul TV.


Kesal Ditanya Kapan Nikah

Putri tampak santai menanggapi pertanyaan itu lantaran selama dia telah mengalaminya sendiri bagaimana pertanyaan itu akhirnya bakal berlalu begitu saja. Ia sendiri bukannya memutuskan untuk tidak menikah atau enggan menjalin asmara namun memang belum dipertemukan jodohnya oleh Tuhan.

"Dulu sempat kesal. Udah melewati berbagai fase, dari kecil, sampai ke peduli, sampai ke akhirnya orang capek nanyain gue," sambungnya.

Ia menegaskan tetap membuka hati dan mencoba melakukan pendekatan dengan seorang pria. Bahkan saat pandemi melanda, Putri sempat dekat dengan seseorang namun hubungan itu tak berlanjut.


Dipasangkan dengan Didi Riyadi

Ketika ditanya bagaimana perasaannya saat di jodoh-jodohkan netizen dengan Didi Riyadi mengingatkan pria itu juga masih single hingga saat ini. Ia menyiratkan bahwa memang tak memiliki hubungan khusus dengan Didi namun tak menutup kemungkinan menjalin asmara suatu saat nanti.

"Tapi lo ngga ama dia (Didi Riyadi) ya?" tanya Maia.

"Ngga,"respons Putri.

"Ngga tau?" tanyanya lagi.

"Ngga tau ya bisa?" ungkap Putri tak menutup kemungkinan.

Gaza Krisis Obat-obatan dan Kelaparan

Gaza Dilanda Krisis Obat-obatan dan Kelaparan, PMI Siapkan Bantuan

Liputan6.com 2023-12-27 11:00:38
Tim Palang Merah Indonesia (PMI) di Kairo, Mesir mempersiapkan pengadaan bahan makanan, selimut, o

Tim Palang Merah Indonesia (PMI) di Kairo, Mesir, sedang mempersiapkan pengadaan bahan makanan, selimut, obat-obatan, dan peralatan kesehatan untuk dikirim ke masyarakat Gaza, Palestina. Bantuan ini merupakan bantuan tahap kedua yang akan diberikan PMI.

Upaya bantuan tahap kedua PMI ini merespons kondisi di Gaza yang semakin dilanda krisis pangan dan obat-obatan. Bahkan, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencatat, sekitar 576.600 warga Palestina di Gaza kelaparan.

Ketua Tim Misi PMI di Gaza, Arifin M. Hadi, menerangkan bantuan tahap kedua sebagai hasil pertemuan antara PMI dan otoritas Bulan Sabit Merah Mesir, Bulan Sabit Palestina, Kementerian Kesehatan dan Kependudukan Mesir, dan pihak RS Palestina di Mesir pada Minggu (24/12/2023) di Markas Bulan Sabit Merah Mesir di Kairo.

"Merujuk pada hasil asesmen dan data-data yang diberikan oleh mitra PMI di Mesir seperti Bulan Sabit Merah Mesir, Bulan Sabit Merah Palestina, Kementerian Kesehatan dan Kependudukan Mesir serta RS Palestina di Mesir, kebutuhan pangan, pakaian (selimut), obat obatan serta peralatan kesehatan menjadi kebutuhan prioritas," terang Arifin melalui pernyataan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Rabu (27/12/2023).

"Oleh karena itu, PMI akan menfokuskan bantuannya pada kebutuhan dasar makanan dan kesehatan ini."

Sekretaris Jenderal PMI AM. Fachir menambahkan, bantuan pengadaan kesehatan yang akan PMI salurkan bertujuan membantu upaya pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat terdampak konflik Gaza Palestina.

"Bantuan PMI pada tahap kedua ini melanjutkan bantuan tahap pertama, yang sebelumnya telah dilakukan penyaluran bantuan logistik berupa family kit, hygiene kit, baby kits, masker dan peralatan kesehatan melalui pemerintah yang dikoordinasikan oleh Kementerian Luar Negeri," tambah AM. Fachrir di Jakarta.

Kondisi konflik yang terus berlanjut di Gaza menyebabkan beberapa rumah sakit kekurangan pasokan medis, obat-obatan, dan kekurangan makanan dan air minum yang signifikan bagi warga pengungsi, staf medis, pasien, dan korban luka.

Selain itu, lebih dari 14.000 pengungsi telah tinggal di lingkungan rumah sakit selama lebih dari tiga minggu. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam jumlah orang hilang dan hilang karena kesulitan dalam menyelamatkan korban dari bawah reruntuhan.


Akses Terbatas di Perbatasan Gaza

Arifin M. Hadi menyebut, perbatasan Gaza saat ini memiliki akses yang sangat terbatas.

"Memiliki jarak tempuh sekitar 5 jam dengan 12 chek point dari Kota Kairo, Mesir. Akses terbatas hanya diberikan untuk beberapa keperluan yang sangat mendesak seperti evakuasi warga negara yang membutuhkan pertolongan medis dengan autorisasi khusus," ucapnya.

Selama di Kairo, Tim PMI berkoordinasi intens dengan Bulan Sabit Merah Mesir sebagai pihak yang ditunjuk secara resmi oleh Pemerintah Mesir untuk menyalurkan bantuan gaza, dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Mesir di Kairo.

Laporan yang dirilis pada Kamis (21/12/2023) oleh PBB dan sejumlah lembaga nonpemerintah mengungkapkan bahwa seluruh penduduk di Jalur Gaza berada dalam krisis pangan, dengan 576.600 orang berada pada tingkat bencana atau kelaparan akibat serangan Israel sejak 7 Oktober 2023.

"Ini adalah situasi di mana hampir semua orang di Gaza kelaparan," tutur kepala ekonom Program Pangan Dunia (WFP) Arif Husain, seperti dilansir AP, Jumat (22/12/2023).

"Orang-orang sangat, sangat dekat dengan wabah penyakit dalam jumlah besar karena sistem kekebalan tubuh mereka menjadi sangat lemah lantaran tidak mendapatkan cukup makanan."

Menurut angka-angka dalam laporan tersebut, tingkat kelaparan penduduk Jalur Gaza, bahkan melampaui yang terjadi di Afghanistan dan Yaman dalam beberapa tahun terakhir. Laporan itu memperingatkan bahwa risiko kelaparan meningkat setiap hari yang dipicu oleh kurangnya bantuan yang masuk.

"Saya belum pernah melihat hal sebesar ini terjadi di Gaza dan secepat ini," ungkap Husain.


Makanan Menjadi Langka dan Mahal

Dilansir dari The Guardian, Minggu (24/12/2023), risiko kelaparan meningkat setiap harinya, menurut Integrated Food Security Phase Classification (IPC) menyatakan pada pekan ini, bahwa seluruh penduduk Gaza menderita "tingkat bencana kerawanan pangan akut".

Saat ini proporsi tertinggi dari populasi mengalami kerawanan pangan akut dari yang pernah direkam oleh monitor.

Pada Jumat, 22 Desember 2023, Dewan Keamanan PBB mendukung resolusi yang menyerukan peningkatan besar bantuan kemanusiaan untuk Gaza.

Namun, Sekretaris Jenderal PBB, Antnio Guterres, mengatakan kepada wartawan bahwa, "Masalah sebenarnya adalah cara Israel melakukan serangan ini menciptakan hambatan besar terhadap distribusi bantuan kemanusiaan di Gaza."

The World Food Programme (WFP) atau Program Pangan Dunia juga mengatakan semakin sulit menjangkau masyarakat karena semakin intensifnya pertempuran, makanan menjadi langka dan mahal, dan bahan bakar untuk memasak sulit didapat.

Laporan terbaru mengenai ketahanan pangan WFP menyebutkan bahwa situasi terburuk terjadi di bagian utara Gaza, di mana 90 persen penduduknya tidak makan seharian penuh.

Banyak warga Gaza menggunakan media sosial untuk melampiaskan rasa frustasi mereka atas kurangnya pasokan dan tingginya harga makanan. Menurut mereka keadaan jadi semakin parah sejak berakhirnya jeda sementara pertempuran pada November 2023.

"Setelah 70 hari perang di Gaza, akhirnya bantuan masuk ke Gaza, untuk delapan orang, hanya dua ini?," kata seorang pria dalam video yang dibagikan oleh Al Jazeera sambil memegang sekaleng kacang-kacangan dan sebungkus kecil biskuit.

Tak Berhenti Berdoa hingga Dapat Mujizat

Cerita Cut Mini yang Tak Berhenti Berdoa hingga Dapat Mujizat Saat Ingin Ibadah Haji dengan Suami

Liputan6.com 2023-12-26 22:00:00
(Adrian Putra/Fimela.com)

Kisah saat hendak pergi berhaji memang selalu menarik, sebab tak jarang ada berbagai cerita yang mungkin di luar nalar manusia. Salah satunya dialami oleh aktris Cut Mini dan sang suami yang tak lelah meminta mukjizat agar bisa pergi berhaji yang terungkap dalam perbincangan bersama Daniel Mananta.

"Jangan pernah menyerah dengan yang namanya mujizat, minta, minta, minta," curhat Cut Mini saat hampir gagal pergi haji pada tahun 2018 kepada Daniel Mananta dalam podcast Daniel Tetangga Kamu yang diunggah ulang oleh akun TikTok VJ Daniel, Jumat, 22 Desember 2023.

"Pokoknya aku cuma matiin handphone, nggak bisa ada yang ngehubungin aku. Aku males ditanya bagaimana-bagaimananya, aku nggak mau jawab apapun, aku capek," beber Cut Mini lagi.

Di tengah kebimbangan apakah ia bisa berangkat, lalu saat sore menuju magrib di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta ia berdoa. Wanita berusia 49 tahun itu sempat berdoa bahwa, jika ia dan suaminya diizinkan untuk menjadi salah satu tamu Allah di rumah-Nya maka izinkan dan permudah.

Tapi kalaupun tidak ia hanya berprasangka baik bahwa dirinya belum layak berhaji dengan menginjakan kaki ke Tanah Suci. Lalu usai berdoa, tak lama salah seorang di rombongan memberi kabar kalau ia bisa berangkat dengan perasaan tanpa beban. Menurutnya selepas berdoa tak ada lagi perasaan harap atau pun cemas karena telah berserah sepenuhnya.


Teman yang Tertinggal Akhirnya Berangkat Haji Juga

Ia pun berpamitan dengan sang ibu ketika sudah berada di dalam pesawat sekaligus meminta maaf. Tak hanya itu, Cut Mini juga berpamitan dengan sesama jemaah lain yang ternyata belum bisa bersamanya ikut haji padahal sudah selama berhari-hari terkatung-katung.

Ternyata teman satu rombongan yang berada di Jakarta akhirnya menyusul berangkat ke Tanah Suci, setelah ada pesawat Saudi Arabia kosong menjemput mereka. Cut Mini pun bersyukur semua temannya bisa ibadah haji seperti dirinya.

"Dan mereka nyampe pas, satu jam lagi kita mau menjalankan ibadah haji," ungkapnya lagi, padahal sempat ada kabar bahwa rombongan itu sebagian ada yang tidak berangkat.

"Kuasa Allah itu memang nggak ada tandingannya," kata Cut Mini berurai air mata karena merasa sangat bersyukur karena doanya telah dikabulkan.

Pemeran di film Arisan itu pun merasakan nikmatnya berhaji. Dari cerita Cut Mini, Daniel pun merasa orang lain bisa mengambil inspirasi dan keyakinan bahwa mukjizat Tuhan pasti akan datang.


Cut Mini Mendambakan Punya Anak

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, Selasa (26/12/2023), sudah sekitar 23 tahun Cut Mini menikah dengan Muhamad Safril Sarwono, tapi mereka belum dikaruniai buah hati untuk melengkapi kebahagiaan. Sejauh ini, sudah berbagai usaha dia lakukan untuk punya keturunan.

Dalam YouTube Daniel Mananta, Cut Mini cerita bahwa awalnya dia dan suami memang tidak memiliki target untuk langsung punya anak setelah menikah. Keduanya cenderung santai menikmati masa-masa berdua. Mereka pun disibukkan dengan pekerjaan.

"Jadi tahun pertama kita ke dokter karena enggak langsung hamil memang kebetulan di saat baru nikah aku banyak kerjaan jadi MC ke sana sini. Jadi Allah kayak menggantikan uang yang dikeluarkan," tuturnya.

Tahun demi tahun berganti, keduanya mendambakan hadirnya seorang anak. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memiliki keturunan termasuk menjalani program bayi tabung.

"Terus sampai akhirnya kita harus ke dokter ternyata nggak ada masalah, semuanya baik. Dicoba natural, akhirnya lewat-lewat. Waktu berjalan, akhirnya bayi tabung deh kayaknya setelah 9 tahun aku nikah. Sebelumnya sudah inseminasi, laparoskopi, saking penasaran di dalam perut ada apa dan alhamdulillah semuanya bagus, salurannya bagus, tidak ada penyempitan dan lainnya," paparnya.


Program Bayi Tabung hingga Akupuntur

Bintang film Laskar Pelangi ini menjalani program bayi tabung dibarengi dengan pengobatan dengan metode akupuntur. Sayangnya, percobaan pertama tak membuahkan hasil. Bayi tabungnya dinyatakan gagal.

"Saat itu umur aku sudah 30 somethingjadi aku simpan telur banyak di-freeze, begitu diambil kalau nggak salah 10 telur, tapi yang pertama gagal. Habis itu masukin lagi sampai aku punya nama Do Re Mi, karena yang dimasukin 3 yang pertama. Aku panggil mereka Do Re Mi, aku kayak ngerasa sudah hamil. Tapi Do Re Mi bye bye," ujarnya.

Cut Mini dan suami tak menyerah. Mereka kembali melakukan program bayi tabung. Saat harapan akan keberhasilan sudah melambung tinggi, tiba-tiba dia dihempas lagi dengan kenyataan pahit.

"Telurnya dari 10 yang diambil yang paling bagus tinggal 2, dan ternyata nggak juga. Tapi pas aku akupuntur dibilang katanya kayaknya hamil, terus jadi besar kepala, berbunga-bunga, senang, paling nggak kita mati ada yang mendoakan kita. Tapi seminggu kemudian keluar lagi, itu aku stres melihat warna merah, aku histeris," tuturnya.

Ganti Nama Anak

Lesti Kejora dan Rizky Billar Ganti Nama Anak Jadi Muhammad Levian Al Fatih, Ada Doa Indah di Baliknya

Liputan6.com 2023-12-27 09:26:30
Rizky Billar dan Lesti Kejora mengganti nama anak mereka dari Muhammad Leslar Al Fatih Billar menjadi Muhammad Levian Al Fatih. Mereka punya alasan kuat. (Foto: Dok. Instagram @lestikejora)

Pasangan selebritas Lesti Kejora dan Rizky Billar mengumumkan telah mengganti nama anak mereka dari Muhammad Leslar Al Fatih Billar menjadi Muhammad Levian Al Fatih ketika merayakan ulang tahun kedua si buah hati.

Lesti Kejora menjelaskan, nama baru Muhammad Levian Al Fatih sebenarnya digunakan sejak lama termasuk di akun Instagram sang anak. Sementara Rizky Billar menjelaskan proses pencarian nama hingga kata Levian ditemukan.

"Nama Levian itu sebenarnya saya mencari referensi nama-nama yang berawalan dari L. Setelah saya cari tahu... saya kepikiran nama Levian. Lalu, saya kasih nama (itu)," kata Rizky Billar.

Tertarik dengan nama Levian, bintang sinetron Jodoh Wasiat Bapak lalu mengulik makna di balik nama tersebut. Ternyata, kata Levian merefleksikan banyak doa dan harapan indah.


Mencari Arti Nama Levian

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Intens Investigasi, Selasa (26/12/2023), Rizky Billar menyebut salah satu arti kata Levian yakni orang yang besar dan bertanggung jawab.

"Lalu saya kulik-kulik Levian itu artinya apa, ya? Sebetulnya saya enggak tahu artinya. Setelah saya cari tahu artinya sangat banyak kebaikan dalam nama Levian itu. Salah satunya adalah, Levian itu berarti seorang yang besar nantinya," ujarnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Orang Yang Bertanggung Jawab

"Orang yang bertanggung jawab atas tanggung jawab yang diemban. Orang yang bijaksana, yang nanti bisa merangkul banyak orang. Itu sih yang saya dapatkan setelah mencari tahu nama dan mudah-mudahan itu menjadi suatu doa," urai Rizky Billar.

Terkait nama Leslar yang akhirnya ditanggalkan, pasutri ini punya alasan kuat. Rizky Billar dan Lesti Kejora membayangkan jika kelak Baby L punya adik dan namanya bukan Leslar, paduan dari nama bapak dan ibunya.


Antisipasi Kecemburuan Adik Baby L

"Kita kepikiran nama (Leslar) itu kombinasi kita. Lalu, kita berpikir kalau kita kasih nama Leslar untuk anak pertama lalu ada anak-anak berikutnya, artinya dia merasa: Aduh kok gue enggak dikasih nama Leslar, kok cuma abang gue doang?" pungkasnya.

Khawatir memantik kecemburuan di masa mendatang, akhirnya Rizky Billar dan Lesti Kejora mengganti nama anak menjadi Muhammad Levian Al Fatih. Si kecil dibuatkan akun Instagram dengan nama @levianbillar. Jumlah pengikutnya mencapai 60 ribuan.

Segera Dipecat Presiden?

HEADLINE: Dewas KPK Sanksi Berat Firli Bahuri, Segera Dipecat Presiden?

Liputan6.com 2023-12-28 00:03:43
KPK juga telah memeriksa sejumlah saksi dalam kasus ini, satu di antaranya ialah Plh Dirjen Minerba sekaligus Kepala Biro Hukum pada Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM Muhammad Idris Fr

Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri kembali lagi tersandung dengan kasus yang melibatkan Syahrul Yasin Limpo alias SYL.

Pria yang pernah menjadi Deputi Penindakan di lembaga antirasuah tersebut, telah divonis terbukti melakukan pelanggaran etik. Majelis Etik Dewan Pengawas (Dewas KPK) menyatakan, Firli terbukti melakukan pertemuan dengan SYL.

Pertemuan tersebut dilakukan Firli Bahuri untuk mengamankan SYL dari kasus korupsi yang tengah ditangani tim penindakan KPK.

"Menyatakan terperiksa saudara Firli Bahuri telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran kode etik yaitu melakukan hubungan langsung ataupun tidak langsung dengan Syahrul Yasin Limpo yang perkaranya sedang ditangani KPK dan tidak diberi tahu dengan sesama pimpinan lain yang diduga menimbulkan konflik kepentingan serta tidak menunjukkan keteladanan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Ketua Majelis Etik Tumpak Hatorangan Panggabean dalam amar putusannya, yang dibacakan di Gedung ACLC KPK, Kavling C1, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2023).

Tumpak menyebut Firli Bahuri telah melanggar Pasal 4 ayat 2 huruf a atau Pasal 4 ayat 1 huruf j dan Pasal 8 ayat e Peraturan Dewas KPK Nomor 3 Tahun 2021.

Firli pun dijatuhkan sanksi etik berat oleh Majelis Etik Dewas KPK dan diminta mengundurkan diri dari jabatan pimpinan KPK.

"Menjatuhkan sanksi berat kepada Terperiksa berupa diminta untuk mengajukan pengunduran diri sebagai pimpinan KPK," kata Tumpak.

Dia mengatakan, tak ada hal meringankan yang diterima Firli Bahuri. "Hal meringankan, tidak ada," ujar Tumpak.

Sementara hal memberatkan, lanjut dia, Firli Bahuri dianggap tak mengakui perbuatannya, tidak hadir dalam persidangan kode etik dan pedoman perilaku tanpa alasan yang sah meskipun telah dipanggil secara sah dan patut.

Firli Bahuri juga dianggap berusaha memperlambat jalannya persidangan. Selain itu, Firli sebagai ketua dan anggota KPK tidak memberikan contoh dalam mengimplementasikan kode etik, tetapi malah berperilaku sebaliknya.

"Terperiksa pernah dijatuhi sanksi kode etik," jelas Tumpak.

Dewas KPK memperlihatkan, bahwa Firli memang bertemu dan berkomunikasi dengan SYL, di mana itu berkaitan dengan penanganan kasus korupsi di Kementan.

"Bahwa selain melakukan pertemuan dengan Syahrul Yasin Limpo, Terperiksa (Firli) juga pernah melakukan komunikasi dengan Syahrul Yasin Limpo melalui pesan aplikasi WhatsApp," ujar Anggota Majelis Etik Dewas KPK Syamsuddin Haris.

Haris membeberkan, komunikasi-komunikasi yang terjadi antara Firli dan SYL. Pada 23 Mei 2021, komunikasi diawali oleh Firli Bahuri yang menanyakan kabar SYL. Kemudian SYL mengatakan ingin bersilaturahmi ke rumah Firli Bahuri.

"Dan dijawab oleh Terperiksa (Firli) 'boleh dibekasi ya pak. Nanti mlm. Skrg mau tennis'," kata Haris.

Kemudian komunikasi kembali terjadi pada Juni 2021. Saat itu Syahrul Yasin Limpo mengirimkan dokumen. Namun Haris tak menjelaskan dokumen apa yang dimaksud.

"Dan dijawab oleh Terperiksa 'Sy komunikasi dg deg-degan'," kata Haris.

Pada Oktober 2021, Firli Bahuri mengirimkan dua link berita media yang berisi soal penyuluhan antikorupsi dan pakta integritas yang dilakukan KPK terhadap Kementerian Pertanian.

Pada Desember 2021, SYL kemudian mengundang Firli Bahuri untuk hadir dalam acara peringatan hari anti-korupsi di Kementan.

Pada Juni 2022, Firli Bahuri menyampaikan kepada Syahrul Yasin Limpo sedang berada di Desa Pakato Kec. Bonto Marranu Kab. Gowa dalam kegiatan Pencanangan Desa Anti Korupsi.

"Terperiksa (Firli) tidak pernah memberitahukan komunikasi-komunikasi yang dilakukan melalul aplikasi WhatsApp tersebut kepada pimpinan yang lain," kata anggota Dewas KPK ini.


Firli Juga Komunikasi Saat Penetapan Tersangka SYL

Anggota Majelis Etik Dewas KPK Syamsuddin Haris mengatakan, Firli Bahuri juga melakukan komunikasi dengan SYL pasca mantan Mentan itu ditetapkan tersangka kasus dugaan korupsi berupa pemerasan dalam jabatan, penerimaan gratifikasi, dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

"Bahwa setelah Surat Perintah Penyidikan atas nama saksi Syahrul Yasin Limpo ditandatangani dan ditetapkan sebagai tersangka, terperiksa (Firli Bahuri) kembali melakukan komunikasi dengan saksi Syahrul Yasin Limpo melalui pesan WhatsApp pada September 2023," ujar Haris di Gedung ACLC KPK Kavling C1, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2023).

Haris menyebut Firli melakukan komunikasi saat SYL tengah melakukan perjalanan dinas ke Roma. Di saat yang bersamaan tim penyidik tengah menggeledah kediaman Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono.

"Pada saat saksi Syahrul Yasin Limpo berada di Roma dan penyidik KPK melakukan penggeledahan di rumah saksi Kasdi Subagyono," kata Haris.

Haris menyebut, saat itu SYL meminta petunjuk kepada Firli Bahuri karena sudah menjadi tersangka di KPK. Menurut Haris, Firli Bahuri sempat membalas pesan tersebut, hanya saja langsung dihapus oleh Firli Bahuri.

"Dalam komunikasi tersebut saksi Syahrul Yasin Limpo mengatakan 'mohon izin jenderal, baru dapat infonya. Kami mohon petunjuk dan bantuan karena masih di LN.' Dan dijawab oleh terperiksa (Firli) yang kemudian dihapus," kata Haris.

"Komunikasi ini pun tidak disampaikan oleh terperiksa kepada pimpinan yang lain," Haris menambahkan.

Haris mengatakan, pada saat pemeriksaan Syahrul Yasin Limpo telah memberikan persetujuan kepada Dewan Pengawas untuk mengakses dan menggunakan bukti screenshot komunikasinya dengan Firli Bahuri yang telah disita penyidik KPK sebagai bukti.

"Menimbang, bahwa terperiksa dalam Berita Acara Klarifikasi menyatakan meragukan keabsahan percakapan antara terperiksa dengan saksi Syahrul Yasin Limpo dalam bentuk screenshot, namun keraguan terperiksa tersebut tidak beralasan karena selain tidak didukung oleh alat bukti lain juga berdasarkan keterangan ahli digital forensik Saji Purwanto, screenshot tentang komunikasi terperiksa dengan saksi Syahrul Yasin Limpo melalui aplikasi WhatsApp yang bersumber dari HP milik saksi Syahrul Yasin Limpo yang disita oleh penyidik KPK dan dijadikan sebagai bukti di persidangan adalah benar, dan bukan hasil editing," Haris menambahkan.


ICW: Dewas KPK Harus Kirimkan Putusan Sanksi Berat Firli Bahuri k Presiden

Dewas KPK sudah memberikan sanksi kepada Firli Bahuri, yaitu untuk mengajukan pengunduran diri sebagai Pimpinan KPK.

Namun, Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana mengatakan, dalam kondisi terkini, putusan itu dikhawatirkan tidak berdampak apapun terhadap Firli.

"Mengapa? Sebab, saat ini Firli sudah mengajukan permintaan pengunduran diri kepada Presiden pada Sabtu lalu, 23 Desember 2023.Kondisi ini memang problematik, karena di dalam aturan Dewas, tidak ada kewajiban bagi Dewas untuk mengirimkan putusan pelanggaran etik berat kepada Presiden," kata dia dalam keterangannya, Rabu (27/12/2023).

"Namun, untuk menegakkan etik dan menghormati proses persidangan, Dewas harus berani mengambil terobosan hukum," jelasnya.

Karena itu, lanjut Kurnia, ICW mendesak agar Dewas KPK melakukan sejumlah hal.

"Dewas KPK segera mengirimkan surat kepada Presiden dengan muatan permintaan penerbitan Keputusan Presiden pemberhentian Firli Bahuri sebagai Pimpinan KPK disertai lampiran putusan sanksi berat," tuturnya.

Selain itu, menurut Kurnia, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, tidak menerbitkan Keputusan Presiden atas dasar permintaan Firli Bahuri untuk mengundurkan diri, melainkan karena terbukti Melakukan Perbuatan Tercela.

"Konteks Melakukan Perbuatan Tercela dapat dibuktikan dengan adanya putusan Dewas KPK. Hal ini sesuai dengan Pasal 32 ayat (1) huruf c UU KPK. Hal ini penting, sebab, jika Firli diberhentikan karena permintaan mengundurkan diri, maka putusan Dewas menjadi sia-sia," pungkasnya.