Menguak Sosok Calon Istri Prince Mateen

Mengenal Sosok Anisha Rosnah, Calon Istri Prince Mateen yang Segera Dinikahi

Liputan6.com 2024-01-02 13:42:20
Pangeran Mateen dan calon istrinya Dayang Anisha Rosnah Adam mengucapkan pesan selamat tahun baru 2024 dalam unggahan di Instagram (@tmski).

Baru-baru ini Pangeran Abdul Mateen atau akrab dikenal dengan nama Prince Mateen kembali menjadi sorotan publik. Pangeran asal Brunei Darussalam tersebut membagikan foto terbarunya bersama sang calon istri di Instagram.

Foto tersebut ia unggah pada Senin (1/1/2024) dengan caption berisi ucapan dan harapan untuk 2024. Dalam foto tersebut, Prince Mateen terlihat berdiri di samping sang calon istri yang mengenakan pakaian serba putih.

"Wishing you all the best for 2024," tulisnya di akun @tmski.

Sebagai informasi, Prince Mateen akan segera menikah dengan kekasihnya yaitu Anisha Rosnah binti Adam pada Minggu, 7 Januari 2024. Mengutip dari The Scoop pernikahan tersebut akan digelar selama 10 hari.

Pihak kerajaan membagikan bahwa pada 7 Januari 2024 tersebut merupakan acara dengan Majlis Istiadat Bersuruh Diraja atau lamaran kerajaan. Kemudian akad pernikahan keduanya akan digelar pada Kamis, 11 Januari 2024.

Puncak perayaan pernikahannya adalah Majlis Bersanding Pengantin Diraja yang digelar di Istana Nurul Iman pada Minggu, 14 Januari 2024. Kemudian acara perjamuannya akan digelar pada malam Senin, 14 Januari 2024.

Saat ini, warganet banyak yang patah hati mengetahui kabar pernikahan dari Prince Mateen dan kekasihnya. Tetapi tidak sedikit juga warganet yang sangat menantikan pernikahan dari putra Keempat Sultan Hassanal Bolkiah tersebut.


Cucu Penasihat Sultan

Anisha Rosnah binti Adam atau Anisha Isa-Kalebic adalah cucu dari Pehin Dato Awang Isa bin Awang Ibrahim. Kakeknya dikenal sebagai penasihat Sultan Brunei Darussalam yang sangat berpengaruh dan pendiri dari Royal Brunei Airlines.

Kakeknya telah mengabdi kepada kerajaan sejak 1968 ketika ia diangkat menjadi Wakil Jaksa Agung. Adapun pada 1970 kakeknya diangkat menjadi Wakil Menteri Besar dan kemudian menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri sejak 21 Oktober 1986 hingga 24 Mei 2005.

Pada 1 Maret 2011 hingga 11 Februari 2015, kakeknya tersebut juga pernah menduduki kursi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Brunei Darussalam. Kemudian sejak 30 Januari 2018 ia menjabat menjadi Menteri di Kantor Perdana Menteri.

Adapun Anisha merupakan alumni dari Universitas Bath Inggris dan sudah berteman dekat dengan Prince Mateen sejak lama. Ia juga adalah adik dari Danial Isa Kalebic yang merupakan teman dekat dari Pangeran Mateen.

Saat ini, Anisha diketahui mempunyai sebuah bisnis fashion bernama Silk Collective dan bisnis travel bernama Authentinerary yang dijalankan bersama sahabatnya Emily. Sosok calon istri Prince Mateen ini juga dikenal senang traveling terutama jika dilihat dari potretnya yang beredar di internet.


Hubungan Prince Mateen dan Anisha

Hubungan Anisha dan Prince Mateen diketahui sudah berlangsung sejak lama dan keduanya sering terlihat menghadiri acara kerajaan bersama. Adapun hubungannya mulai diketahui publik pada 2020 setelah foto kebersamaannya beredar di internet.

Selain itu Prince Mateen juga sempat membagikan momen kebersamaannya dengan Anisha saat menghadiri pernikahan kakaknya. Keduanya menggunakan pakaian serasi dengan warna senada seperti pasangan pada umumnya.

Prince Mateen dan Anisha juga sering terlihat menghabiskan waktu bersama melalui foto-foto yang beredar di media sosial. Anisha kerap menemani Prince Mateen dalam setiap kesempatan dan acara-acara tertentu.

Adapun kini keduanya dikabarkan segera melanjutkan hubungannya kepada jenjang yang lebih serius. Diketahui Prince Mateen dan Anisha akan segera menikah pada 7 Januari 2024 dengan acara yang megah.


Profil Prince Mateen

Sosok Prince Mateen dikenal sebagai pangeran yang sangat berkharisma dan mempunyai penggemar dari berbagai negara salah satunya Indonesia. Melansir dari Busines Insider Prince Mateen atau Pangeran Abdul Mateen adalah kelahiran 10 Agustus 1991.

Ia adalah anak dari Sultan Brunei Darussalam dan ibunya adalah Puan Hjh Maryam yang merupakan istri kedua sultan. Pangeran Mateen mempunyai empat saudara laki-laki dan tujuh saudara perempuan.

Prince Mateen merupakan lulusan dari University of London dan mengambil jurusan School of Oriental and African Studies (SOAS). Ia diketahui sangat senang berolahraga dan melakukan kegiatan cukup ekstrem seperti terjun payung hingga menembak.

Melansir dari SCMP Prince Mateen juga telah dianugerai RAF Wing Badge sehingga mempunyai syarat sebagai pilot helikopter. Ia berlatih menjadi pilot di Sekolah Terbang Helikopter Pertahanan di RAF Shawbury, Inggris.

Kini Prince Mateen juga mempunyai pangkat letnan dua yang diperoleh sejak 2011 di kursus perwira di Royal Military Academy Sandhurst, Inggris. Dalam meraih pangkat tersebut ia harus melalui kursus sekitar 44 minggu dengan kegiatan militer yang cukup keras.

Momen Umrah Bersama Suami Baru

Momen BCL Umrah Bersama Suami Baru Tiko Aryawardhana, Noah Sinclair Juga Ikut, Warganet Mendoakan Kebaikan

Liputan6.com 2024-01-01 14:00:00
BCL dan Tiko Aryawardhana (Foto: Instagram/ itsmebcl)

Momen pergantian tahun dimanfaatkan Bunga Citra Lestari atau BCL dan keluarga menunaikan ibadah umrah. Dia pergi ke Tanah Suci bersama suaminya, Tiko Aryawardhana anak semata wayangnya, Noah, serta ibunya.

Momen ini diperlihatkan oleh BCL melalui akun Instagram pribadinya. Dalam keterangannya, dia mengucap syukur karena dapat menjalan ibadah umrah bersama keluarga kecilnya.

"Alhamdulillah.. Umroh di malam terakhir di tahun 2023.. Thank you 2023, its been amazing.. Happy New Year," tulisnya pada Senin (1/1/2024).

Bersama keterangan tersebut, BCL dan suami yang mengenakan baju ihram, berpose bersama dengan latar Kakbah. Keduanya memperlihatkan senyuman. Ada pula foto mereka saat berpose bersama anak Bunga, Noah Sinclair dan anggota keluarga yang lainnya.


Doa Menyertai BCL dan Keluarga

Melihat Instagram Story Tiko, mereka berangkat ke Tanah Suci dengan pesawat business class. Kepergian mereka diantar oleh sejumlah kerabat.

"Selamat menjalankan ibadah umroh, semoga dilancarkan ibadahnya dijabbah semua doa-doanya," kata salah satu kerabat mereka dengan menyertakan foto rombongan saat berada di bandara.


Doa dari warganet

Warganet pun mendoakan kebaikan untuk BCL dan keluarga yang sedang menjalani umrah.

"Masyaallah cantik mba bunga,semoga pulang umroh cara berpakaiannya lebih baik lagi ya mba bunga.semoga mas Vito bisa menjadi imam yg baik bagi bunga dan Noah," kata salah satu warganet.

"Alhamdulillah udah umroh bareng keluarga semoga BCL dan keluarga sehat, bahagia dan langgeng selalu," kata netizen yang lain.

"Bismillah dilancarkan semua! Happy new year nge, @tikoaryawardhana oma @emmymuchlis and noah!" tambah yang lainnya.


Pernikahan BCL dan Tiko

BCL resmi menjadi istri Tiko Aryawardhana setelah melangsungkan pernikahan pada Sabtu (2/12/2023) di Bali. Pernikahan itu berlangsung privat dan dihadiri para sahabat kedua mempelai. Dari video yang beredar di medsos, diketahui Tiko Aryawardhana mempersunting BCL dengan maskawin fantastis yaitu 212 gram logam mulia.

"Ananda Tiko Pradipta Aryawardhana bin Haji Otis Aryana Prawiradinata, saya nikahkan dan kawinkan engkau dengan anak kandung saya yang bernama Bunga Citra Lestari dengan maskawin berupa separangkat salat dan logam mulia sebesar 212 gram dibayar tunai," ujar ayah BCL, Muchlis Rusli dilihat dari unggahan @sellyraimantra.

Ungkap Sulitnya Menjaga Hubungan Pernikahan

Acha Septriasa Ungkap Sulitnya Menjaga Hubungan Pernikahan: Ada Sebagian dari Dirimu yang Hilang

Liputan6.com 2024-01-01 10:00:07
"Makin cantik kak Acha," tulis dsriana_sari. "Cantiknya, cocok bob gini," tulis shanty.cw. "Bagus rambut, keliatan tambah muda dan seger penampilan nya," tulis wie_ing. [Instagram/septrias

Acha Septriasa bicara soal menjaga hubungan dalam pernikahan. Menurutnya, itu adalah bagian tersulit. Itulah mengapa setiap wanita yang belum menikah, harus selesai dengan diri sendiri terlebih dahulu.

"Aku merasa, orang banyak yang enggak ngerti kalau menjaga relationship di pernikahan itu sangat sulit. Jadi makanya kenapa dibilang sebelum menikah itu harus benar-benar menikmati masa muda, menjadi independent, established dulu, merasa fullfilled terhadap diri sendiri," tutur ibu satu anak ini di YouTube TS Media dikutip pada Minggu (31/12/2023).

Sebab, saat seseorang sudah terikat dalam hubungan pernikahan, maka dia harus siap berbagi. Berbagai dalam konteks ini berarti, dirimu tak lagi sepenuhnya menjadi milik sendiri.

"Ketika kita berbagi dengan orang lain di pernikahan, dan itu akan selalu harus berbagi, kita tidak punya privacy lagi, basically. Apalagi kamu adalah seorang perempauan yang akan menjadi seorang ibu," jelas istri Vicky Kharisma tersebut.

"Kamu basically membagi badan kamu untuk suamimu dan anakmu. You don't have any privacy anymore. Jadi ngerasanya kayak ada sebagian dari diri kamu yang hilang, you gonna be have a major crisis identity (Anda akan mengalami krisis identitas yang besar)," sambungnya.


Ada Risiko Merasa Sendirian

Dan di momen seperti ini, maka komunikasi dengan pasangan adalah hal yang paling penting untuk menjaga kesehatan mental. Itulah mengapa setiap pasangan harus bisa berkomunikasi dengan baik demi menjaga hubungan tetap stabil.

"Jadi kalau ada yang kosong seperti itu dan kita tidak bisa sharing ke partner, enggak bisa berkomunikasi dengan baik, we gonna be lonely," terangnya.


Tidak Akan Berfungsi dengan Baik

Jika begitu, maka bukan tidak mungkin seseorang akan menghadapi situasi yang sangat sulit. Sebab, dia akan melalui fase itu seorang diri.

"We gonna be alone and find ourself in the worst situation (Kita akan sendirian dan menemukan diri kita dalam situasi terburuk) dan tidak bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya, sebagai manusia yang mengenal dirinya sendiri," tutupnya.


Respons Warganet

Banyak netizen yang setuju dengan penjelasan Acha Septriasa

"Setelah nikah sih masih bisa jd diri sendiri, masih bisa pacaran halal sama suami nikmatin masa muda. Setelah jd ibu barulah duniamu berubah 100%" tutur warganet.

"Bener sekali, jdi adik adikku senang senanglah bahagiakan dirimu dlu selagi muda isi dng hal yg brguna n positif," tutur yang lain.

"Intinya harus mau saling mendengarkan, saling peduli," tambah yang lainnya.

Saat Fuji Dijodohkan dengan Putra Sultan Makassar

Respons Haji Faisal Saat Fuji Dijodohkan dengan Putra Sultan Makassar, Gonzalo Algazali

Liputan6.com 2024-01-01 08:00:00
Fuji dan kedua orang tuanya, Dewi Zuhriati dan Haji Faisal. [Foto: Instagram/fujia_an]

Haji Faisal, ayah dari Fuji, memberikan tanggapan terkait desas-desus perjodohan putrinya dengan Gonzalo Algazali, putra Sultan Makassar. Dalam responsnya, Haji Faisal menunjukkan sikap yang hati-hati dan berhati-hati terhadap kemungkinan perjodohan tersebut.

Sebagai seorang ayah, ia memiliki kriteria khusus untuk calon menantunya dan berharap agar putrinya tidak dijodohkan secara sembarangan oleh netizen di media sosial.

"Saya berharap Fuji jangan dijodoh-jodohin. Kita lihat aja perkembangannya ke mana arahnya nanti," ungkap Haji Faisal dikutip dari YouTube Intens Investigasi, Minggu (31/12/2023)..


Hati-Hati

Haji Faisal menunjukkan kehati-hatian terhadap kemungkinan perjodohan tersebut. Meskipun Haji Faisal menyatakan ketidaksetujuannya terhadap perjodohan yang dilakukan oleh netizen, ia juga mengakui bahwa jika hasilnya baik, ia tidak akan keberatan.

Namun, ia menegaskan bahwa perjodohan semacam itu seharusnya tidak dilakukan secara sembarangan dan kurang tepat.

"Sejauh hal itu baik, ya nggak apa-apa, tetapi kurang tepat sebenarnya dijodoh-jodohkan," ucapnya.


Tidak Sesuai

Haji Faisal mengkhawatirkan bahwa jika perjodohan tersebut tidak sesuai dengan harapan netizen, hal itu dapat mengecewakan mereka. Oleh karena itu, ia lebih memilih untuk memberikan dukungan kepada Fuji tanpa perlu melibatkan jodoh-jodohan dari netizen.

Ketika disinggung mengenai kriteria calon pendamping untuk Fuji, Haji Faisal mengungkapkan harapannya untuk mendapatkan menantu yang baik. Ia menyebutkan beberapa kriteria yang dianggapnya penting, seperti kesehatan, kesukaan dari putrinya, kemampuan menjadi pemimpin, dan latar belakang keluarga yang baik.

"Yang penting orang itu sehat, kemudian anak saya suka dan bisa menjadi pimpinan, imam lah bagi anak saya. Tentu berlatar belakang orang baik," terang Faisal.


Kriteria

Dengan sikap yang hati-hati dan memberikan penekanan pada kriteria yang dianggap penting, Haji Faisal memberikan gambaran bahwa kebahagiaan dan keselamatan putrinya adalah prioritas utama baginya.

Meskipun netizen mungkin memiliki keinginan dan harapan mereka sendiri, ia menegaskan pentingnya proses perjodohan yang tepat dan sesuai dengan keinginan dan kebahagiaan putrinya.

Ingin Punya Anak Ketiga Usai Diselingkuhi

Jeje Govinda Ingin Punya Anak Ketiga Usai Diselingkuhi Syahnaz Sadiqah

Liputan6.com 2024-01-01 15:00:00
Syahnaz Sadiqah bersama sang suami, Jeje Govinda, tampil serasi dalam balutan busana serba hitam. Syahnaz dengan kebaya berpayet, sedangkan Jeje dengan beskap hitam. [@syahnazs]

Jeje Govinda, drummer yang pernah diselengkuhi oleh istrinya Syahnaz Sadiqah, telah menetapkan harapannya untuk tahun 2024. Meskipun tahun sebelumnya penuh dengan kontroversi terkait hubungan rumah tangganya, kini Jeje dan Syahnaz berkomitmen untuk menjaga keutuhan keluarga mereka tanpa terjerat dalam gosip perceraian.

Dalam suasana yang penuh optimisme, Jeje Govinda membagikan resolusinya untuk tahun yang akan datang. Saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, beliau menyatakan harapannya agar kebahagiaan semakin melimpah dalam rumah tangganya bersama Syahnaz.

"Semoga kita berdua makin bahagia," ungkap Jeje, menandakan tekadnya untuk memperkuat hubungan dan melanjutkan perjalanan ke depan dengan penuh kebahagiaan.


Ingin Kembali Punya Anak

Selain menjadikan rumah tangganya semakin bahagia, Jeje Govinda juga bermimpi untuk diberi rezeki dalam bentuk kehadiran seorang anak. Dalam harapannya untuk tahun 2024, drummer berbakat ini berkeinginan untuk meramaikan keluarga kecilnya dengan kehadiran buah hati ketiga.

"Pengin punya anak satu lagi. (Jenis kelamin) bebas," ucap Jeje, mencerminkan harapannya untuk memperbesar keberagaman dalam keluarga kecilnya.


Jadi Anggota DPR

Jeje Govinda juga berbagi rencana kesibukannya di tahun mendatang. Selain akan sibuk dengan kegiatan bersama bandnya, ia juga memiliki impian untuk terlibat dalam dunia politik. Dengan penuh semangat, Jeje berencana merilis album bersama Govinda dan memperluas karirnya di kancah politik dengan ambisi masuk ke DPR.

"Insha Allah tahun depan akan banyak job. Kebetulan tahun depan Govinda rilis album. Terus pengin masuk DPR, kalau dapat kepercayaan nggak akan menyia-nyiakan. (Jadi wakil rakyat) yang perlu disiapkan banyak karena saya awalnya buta politik tapi akan terus belajar," ungkap pria berusia 40 tahun ini, menunjukkan tekadnya untuk menggali potensi dan kontribusinya dalam ranah politik.

Kenangan Saat Mendaki Gunung Latimojong

Raline Shah Sambut Tahun 2024 dengan Kenang Pendakian ke Gunung Latimojong

Liputan6.com 2024-01-01 19:00:24
Raline Shah. (Instagram/ ralineshah)

Menyongsong tahun baru 2024, Raline Shah mengenang kembali perjalanan hidupnya selama 2023. Dari banyak memori pada tahun lalu, ada satu hal yang benar-benar membekas di pikirannya. Yakni mendaki Gunung Latimojong, Sulawesi Selatan.

Hal ini ia ungkap di postingan pertama di feed Instagram-nya pada tahun ini, Senin (1/1/2024). Ia membagikan sejumlah rekaman dan foto saat pendakiannya dengan rekan-rekannya, hingga kebersamaan dengan warga sekitar.

Raline Shah menulis, "2024 sudah datang. Mengingat kembali awal 2023 pendakian salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Latimojong."

"Momen2 yang sudah berlalu namun dekat di hati. Tidak cukup fisik yang kuat tapi mental sangat terbantu oleh kebersamaan, kehangatan dan persabatan selama pendakian yang penuh dengan tantangan ini. Badai yang tiap hari menerpa seakan tak henti henti dan banyak kali membuat kita putus asa," lanjutnya.

Banyak orang yang menganggap filosofi pendakian gunung serupa seperti menjalani hidup. Ternyata Raline Shah juga meyakini hal yang sama.

"Begitu juga dengan hidup. Puncak yang ingin kita raih membutuhkan kekuatan fisik dan mental yang harus terus kita latih... Tantangan yang tak terduga seakan selalu muncul di waktu yang paling sulit untuk kita terima," kata dia.


2023 Belajar Ikhlas

Dalam pendakian ini, Raline ingat bahwa ia belajar makna keihlasan. Bahwa semua yang terjadi adalah untuk kebaikannya, dan dengan izin Allah SWT.

"Keikhlasan ini salah satu faktor yang membuat tahun 2023 ini tahun terbahagia dalam hidupku," kata dia.


Siap dengan Petualangan Lainnya

Raline Shah mengucpkan terima kasih untuk teman-temannya yang menemani perjalanan hidupnya. Tahun 2024 ini, ia sudah siap dengan beragam perjalanan lain.

"Life has been a very exciting ride for me. Ready for 100 more adventures! Selamat Tahun Baru" tulisnya.


Ketinggalan Pesawat

Sementara itu, Raline Shah baru-baru ini menceritakan pengalaman apesnya di pengujung tahun 2023. Pada 29 Desember lalu, ia bercerita ketinggalan pesawat gara-gara keasyikan nonton sunset dan kemacetan parah di Bali.

"Nah loh, menikmati sunset Bali terakhir tahun ini dan alhasil ketinggalan pesawat Kacau sih macetnya ke bandara hari ini 3 setengah jam," kata Raline di keterangan unggahannya.

Minta Dijauhkan dari Fitnah Dunia yang Kejam

Umrah Bersama Ria Ricis, Teuku Ryan Berdoa Minta Dijauhkan dari Fitnah Dunia yang Kejam

Liputan6.com 2024-01-02 08:00:21
Ria Ricis tepis isu miring rumah tangganya dengan mengunggah foto bareng Teuku Ryan [Instagram/riaricis1795]

Seperti sejumlah selebritas lainnya, Ria Ricis dan Teuku Ryan juga menjalani ibadah umrah di momen libur tahun baru 2024. Keluarga besar Ria Ricis pun ikut serta dalam perjalanan ibadah kali ini.

Sebelum bertolak ke Tanah Suci, Teuku Ryan sempat meladeni wawancara dengan wartawan terlebih dahulu. Dia ditanya, apakah keberangkatannya bersama istri otomatis menepis gosip yang belakangan beredar?

Terkait pertanyaan ini, dia enggan menjawab karena ingin fokus pada ibadah. Teuku Ryan juga mengungkap doa spesifik yang ingin dipanjatkan di Tanah Suci.

"Mohon doanya ya, iya semuanya insyaallah sekeluarga. Ini mau umrah dulu, jadi mohon izin ya maaf ya, cuma mau membersihkan hati jadi enggak ada yang gimana-gimana. Mohon doanya aja," jelasnya.

"Semoga kita dijauhkan dari yang tidak baik, fitnah dunia karena kan sangat kejam, dan dari semuanya lah pokoknya. Mohon doanya untuk semuanya, bukan hanya untuk keluarga saya, tapi juga untuk semuanya, semoga ada keberkahan, dilindungi Allah dan semua sehat," sambungnya.


Tidak Mau Membahas Urusan Dunia

Namun wartawan tetap mencecar Teuku Ryan dengan topik soal isu keretakan rumah tangga. Dengan sabar, ayah satu anak ini menolak dengan memberi jawaban bijak.

"Kita mau ibadah dulu, jadi kita enggak bahas dunia dulu ya. Icis lagi nunggu di situ sama keluarga," terangnya.


Momen di Tanah Suci

Lebih lanjut, melalui akun Instgaramnya, kakak Ria Ricis, Oki Setiana Dewi mengunggah momen kebersamaan dengan saudara-sudaranya di sela ibadah. Dia mengucap syukur atas segala kebaikan yang terjadi di 2023.

"With sisters @dr.shindyputri_ @riaricis1795 . Terimakasih untuk semua perjalanan hidup di 2023.. semoga tahun-tahun berikutnya menjadi lebih baik.. aamiin," tuturnya.


Doa warganet

Warganet pun mendoakan mereka agar lancar menjalani ibadah. "MasyaAllah ukhti cantik syekali lancar umroh nya ya ibu icis."

"Masyaallah lancar ibadahnya Buicis," kata netizen yang lain di kolom komentar Instagram lambegosiip.

"Cantiknya MasyaAllah lancar2 ibadahnya" ujar warganet lainnya.

"Alhamdulillah mereka baik aja, smoga setelah dari tanah suci keluarga ricistr semakin harmonis," yang lain menimpali.

Terharu Tiap Ingat Kebaikan Suami

Uut Permatasari Terharu Tiap Bahas Soal Suami, Akui Selalu Meneteskan Air Mata Karena Ingat Kebaikannya

Liputan6.com 2024-01-02 14:00:00
[Instagram/uutpermatasari]

Uut Permatasari merasa bahagia menjalani rumah tangga dengan Tri Goffarudin Pulungan. Bahkan, ia mengaku selalu terharu jika membahas soal suaminya.

Menurut Uut, suami menerima kekurangan dan kelebihannya sebagai istri. Uut menyebut suami selalu mengajarkan kebaikan dan sangat menyayangi orang tuanya.

"Setiap kali berbicara tentang suami saya, saya selalu meneteskan air mata, karena suami saya baik sekali sama saya," ujar Uut di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

"Beliau imam, suami dan bapak terbaik untuk saya dan kedua putra saya. Beliau selalu mengajarkan hal-hal baik, sayang sama orangtua saya, dan itu kado terindah" Uut menambahkan.


Bukan Pribadi Romantis

Uut mengakui suaminya bukan pribadi yang romantis. Bahkan, Uut menyebut suami tak pernah memberi bunga, sebagi ungkapan rasa sayangnya.

"Dulu itu pernah sekali ulang tahun di Gowa. Katanya kenapa aku harus beliin bunga hidup, udah aku beliin bunga mati aja biar nggak mati-mati, maksudnya ada terus nggak bakal layu," katanya.


Tak Pernah Menuntut Suami

Meski begitu, Uut merasa selalu mendapat perhatian penuh dari sang suami. Sebagai istri, Uut juga mengaku tak pernah banyak menuntut kepada suami.

"Nggak pernah cuekin istrinya, saya juga minta sesuatu nggak pernah lebihin batas gaji suami saya, kalau agak mahal saya pakai uang sendiri," imbuhnya.


Harus Pintar Menjadi Istri

Uut menambahkan, dirinya tetap menjalani profesi di industri hiburan, meski statusnya kini sebagai istri abdi negara. Selama sang suami merestui, Uut akan tetap menekuni.

"Selama Allah meridhoi, saya nyanyi dan suami mengizinkan insya Allah akan saya jalani. Karena anak-anak saya masih kecil. Kalau papanya pensiun anak saya masih SMP sama SD, jadi saya harus pintar-pintar sebagai istri jangan boros," pungkas Uut.

Ratu Denmark Turun Takhta

Ratu Denmark Margrethe II Umumkan Turun Takhta, Putri Mary Bakal Jadi Ratu Kelahiran Australia Pertama

Liputan6.com 2024-01-02 10:08:00
Putra Mahkota Frederik (kiri) dan Putri Mahkota Mary dari Denmark berpose di Istana Perdamaian selama kunjungan dua hari mereka ke Belanda, di Den Haag, pada 20 Juni 2022. (SEM VAN DER WAL

Pemimpin monarki yang paling lama memerintah dalam sejarah Kerajaan Denmark, Ratu Margrethe II mengumumkan bahwa dirinya akan turun takhta pada Januari 2024. Kabar ini muncul di pidato malam Tahun Baru, Minggu, 31 Desember 2023.

Dikutip dari CNN, Selasa (2/1/2024), ini adalah langkah yang sangat langka di Denmark. Seorang raja belum pernah turun takhta sejak 1146 ketika Raja Eric III menyerahkan mahkotanya untuk bergabung dengan sebuah biara, menurut Royal House.

Putra sulung Margrethe II, Pangeran Frederik, akan menjadi Raja. Sementara istrinya, Putri Mary, akan menjadi orang Australia pertama yang menjadi Ratu, sebuah kabar yang menyenangkan para pendukungnya di kampung halaman.

Bagi banyak pengagum Putri Mary di Australia, ini adalah akhir yang manis untuk kisah cinta yang terkenal dimulai di sebuah pub Sydney yang gaduh sekitar Olimpiade pada 2000. Ceritanya, keduanya bertatapan di Slip Inn.

Ini dianggap sebagai tempat yang tidak mungkin untuk menemukan bangsawan Denmark, apalagi asal-usul pertemuan pasangan yang kemudian menjadi Raja dan Ratu Denmark di masa depan. Jutaan orang menyaksikan pasangan ini menikah pada 2004.

Dua dekade kemudian, kenaikan takhta mereka diperkirakan akan memikat penonton di seluruh dunia, mulai dari Kopenhagen hingga ibu kota Tasmania, Hobart, tempat Putri Mary dilahirkan. Perdana Menteri Tasmania Jeremy Rockliff mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin, 1 Januari 2024 bahwa negara bagian tersebut "sangat bangga dengan Putri Mahkota Mary."

"Dengan kerendahan hati, keanggunan dan kebaikan yang ditunjukkannya, saya yakin Putri Mahkota Mary akan dilantik sebagai Ratu bersama suaminya, Raja Frederik, setelah diumumkan secara resmi akhir bulan ini," kata Rockliff.

Ia menambahkan, "Saya berharap dapat menyaksikan generasi berikutnya, dan ratu kelahiran Tasmania, memimpin masa depan Denmark."


Sosok Putri Mary

Mary lahir pada 1972 dari seorang profesor matematika Skotlandia dan asisten eksekutif Inggris. Menurut biografi resminya, dia memulai pendidikannya di Houston, Texas sebelum pindah kembali ke Hobart untuk masuk sekolah dan universitas.

Perkenalan Mary dengan dunia kerja mencakup tugas sebagai eksekutif periklanan dan perjalanan keliling Eropa sebelum ia mendapatkan peran di sebuah perusahaan properti yang berbasis di Sydney. Di sanalah dia bertemu Frederik, seorang pangeran muda Denmark yang kemudian dinikahinya di Katedral Kopenhagen dalam sebuah upacara mewah yang disiarkan televisi di seluruh dunia.

Rumah tangga mereka dikarunia empat anak, yakni Pangeran Christian Valdemar Henri John, Putri Isabella Henrietta Ingrid Margrethe, Pangeran Vincent Frederik Minik Alexander, dan Putri Josephine Sophia Ivalo Mathilda. Anak sulung mereka, Pangeran Christian kini menjadi pewaris takhta berikutnya.

Selain dipuji karena ketenangan dan selera fesyennya, Mary juga mendapatkan pengikut karena komitmennya yang kuat terhadap tujuan sosial melalui The Mary Foundation, yang didirikan pada 2007.


Ratu Denmark Margrethe II Singgung Beragam Hal

Pidato Ratu Margrethe II pada Malam Tahun Baru menyinggung beragam hal, mulai dari tragedi perang, hilangnya nyawa tak berdosa di Gaza, penyebaran antisemitisme dan pentingnya dukungan Denmark terhadap Ukraina. Ia berbicara tentang perubahan iklim, tantangan kecerdasan buatan, dan kebanggaannya terhadap cucunya, Pangeran Christian, yang baru saja berusia 18 tahun.

Kemudian, ratu berusia 83 tahun itu beralih ke kehidupannya sendiri dan betapa suksesnya operasi punggung baru-baru ini memberinya alasan untuk memikirkan masa depan. Selain itu, Ratu Margrethe II berkata bahwa ia sedang mempertimbangkan "apakah saat ini merupakan waktu yang tepat untuk menyerahkan tanggung jawab tersebut kepada generasi berikutnya."

"Saya telah memutuskan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat," katanya. "Pada 14 Januari 2024, 52 tahun setelah saya menggantikan ayah tercinta, saya akan mundur sebagai Ratu Denmark. Saya serahkan takhta pada putra saya Putra Mahkota Frederik."

"Dalam 14 hari (ke depan), saya akan jadi Ratu Denmark selama 52 tahun. Waktu yang begitu lama tidak akan berlalu tanpa jejak bagi semua orang, termasuk saya. Waktu terus berlalu, dan 'penyakit' semakin bertambah. Anda tidak lagi dapat mengatasi hal-hal yang sama seperti dulu," imbuhnya.


Pernyataan Resmi

Terkait pengumuman ini, keluarga Kerajaan Denmark juga membagikan pernyataan ke Instagram, menulis, "Yang Mulia Ratu malam ini, dalam Pidato Tahun Barunya, mengumumkan bahwa Yang Mulia akan mengundurkan diri sebagai Ratu Denmark pada 14 Januari 2024 dan akan menyerahkan takhta pada HRH the putra Mahkota."

Di keterangan tambahan, termasuk terjemahan pidato Ratu Margrethe, Keluarga Kerajaan Denmark mencatat bahwa ia berterima kasih pada para pendukungnya dan rakyat Denmark atas "kehangatan dan dukungan luar biasa yang saya terima selama bertahun-tahun."

"Terima kasih pada pemerintahan yang terus berubah, yang selalu memberi hasil yang baik atas kerja keras saya, dan pada Parlemen, yang selalu menyambut saya dengan percaya diri," lanjutnya. "Terima kasih saya sampaikan pada semua orang yang, baik di acara-acara khusus maupun setiap hari, telah mengelilingi saya dan keluarga saya dengan kata-kata dan pemikiran yang penuh kasih. Hal ini telah membuat tahun-tahun ini jadi begitu berharga."

Korban Jiwa Gempa Jepang Terus Bertambah

Update Korban Tewas Gempa Jepang 48 Orang, Puluhan Ribu Rumah Dilaporkan Hancur

Liputan6.com 2024-01-02 16:43:59
Sejumlah bangunan dilaporkan ambruk, jalan-jalan rusak parah, dan memutus aliran listrik ke sebagian besar rumah dalam suhu yang sangat dingin. (AP Photo/Hiro Komae)

Jumlah korban tewas akibat serangkaian gempa bumi dahsyat melanda Jepang bagian barat dilaporkan terus bertambah. Sedikitnya 48 orang kini dilaporkan tewas.

Sementara itu, menurut laporan NHK, Selasa (2/1/2023), ribuan bangunan, kendaraan dan perahu juga dilaporkan rusak. Pihak berwenang memperingatkan masyarakat di beberapa wilayah pada hari Selasa untuk menjauh dari rumah mereka karena risiko gempa yang lebih kuat.

Gempa susulan terus mengguncang prefektur Ishikawa dan daerah sekitarnya sehari setelah gempa berkekuatan magnitudo 7,6 yang sebelumnya disebut 7,4 menghantam daerah tersebut pada Senin (1/1) sore.

48 orang dipastikan tewas di Ishikawa, dengan korban terkonsentrasi di Kota Wajima dan Suzu, menurut lembaga penyiaran negara Jepang NHK dan media lainnya. Setidaknya 14 orang lain dikatakan oleh para pejabat terluka parah, sementara kerusakan rumah sangat parah sehingga tidak dapat segera dinilai.

Laporan media Jepang menyebutkan puluhan ribu rumah hancur. Juru bicara pemerintah Yoshimasa Hayashi mengatakan 17 orang terluka parah dan memberikan jumlah kematian yang sedikit lebih rendah, sambil mengatakan dia mengetahui jumlah korban di prefektur tersebut.

Layanan air, listrik, dan telepon seluler masih terputus di beberapa daerah, dan warga menyatakan kesedihan atas rumah mereka yang hancur dan masa depan yang tidak menentu.

"Bukan hanya berantakan. Dindingnya runtuh, dan Anda bisa melihat ke kamar sebelah. Saya rasa kami tidak bisa tinggal di sini lagi," kata Miki Kobayashi, warga Ishikawa, sambil menyapu sekeliling rumah yang juga rusak akibat gempa tahun 2007.


Seluruh Peringatan Tsunami Jepang Dicabut

Pada hari Senin 1 Januari 2024, Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami besar untuk Ishikawa dan peringatan tsunami tingkat rendah untuk seluruh pantai barat pulau utama Jepang, Honshu, serta untuk pulau utara Hokkaido.

Peringatan tersebut diturunkan beberapa jam kemudian, dan semua peringatan tsunami dicabut pada Selasa 2 Januari pagi.

Kendati demikian, gelombang berukuran lebih dari 3 kaki atau sekitar 1 meter dilaporkan menghantam beberapa tempat.

Badan tersebut memperingatkan bahwa lebih banyak gempa besar dapat terjadi di wilayah tersebut dalam beberapa hari ke depan.


1.000 Tentara Dikerahkan ke Zona Bencana

Militer Jepang mengirimkan 1.000 tentara ke zona bencana untuk ikut serta dalam upaya penyelamatan, kata Perdana Menteri Fumio Kishida pada Selasa.

"Menyelamatkan nyawa adalah prioritas kami dan kami berjuang melawan waktu," katanya. "Sangat penting bagi orang-orang yang terjebak di dalam rumah untuk segera diselamatkan."

Gempa dengan kekuatan awal 5,6 mengguncang daerah Ishikawa saat dia berbicara.

Adapun orang-orang yang dievakuasi dari rumahnya berkerumun di auditorium, sekolah, dan pusat komunitas. Kereta peluru di wilayah tersebut dihentikan, namun sebagian besar layanan telah pulih pada Selasa sore. Beberapa bagian jalan raya ditutup.

Badan prakiraan cuaca meramalkan akan turunnya hujan, sehingga memicu kekhawatiran akan runtuhnya bangunan dan infrastruktur.

Wilayah ini mencakup tempat-tempat wisata yang terkenal dengan barang-barang pernis dan kerajinan tradisional lainnya, serta situs warisan budaya dunia.

Presiden AS Joe Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pemerintahannya "siap memberikan bantuan apa pun yang diperlukan bagi rakyat Jepang."

Jepang sering dilanda gempa bumi karena lokasinya yang berada di sepanjang "Cincin Api", sebuah busur gunung berapi dan garis patahan di Cekungan Pasifik.

Dalam sehari terakhir, negara ini telah mengalami sekitar seratus gempa susulan.


Gempa Picu Kebakaran hingga Tsunami

Petugas pemadam kebakaran berhasil mengendalikan api di kota Wajima yang telah memerahkan langit karena bara api dan asap. Kantor berita Jepang Kyodo, mengutip pejabat prefektur Ishikawa, mengatakan beberapa kebakaran di Wajima telah melalap lebih dari 200 bangunan dan ada lebih dari selusin laporan tentang orang-orang yang terjebak di bawah reruntuhan kota tersebut.

Gempa tersebut juga menyebabkan korban luka dan kerusakan struktural di Prefektur Niigata, Toyama, Fukui dan Gifu. "Sangat sulit bagi kendaraan untuk memasuki wilayah utara Semenanjung Noto," kata Perdana Menteri Fumio Kishida pada konferensi pers, seraya menambahkan bahwa pemerintah pusat telah mengoordinasikan pengiriman pasokan bantuan menggunakan kapal.

Di sisi lain, regulator nuklir mengatakan beberapa pembangkit listrik tenaga nuklir di wilayah tersebut beroperasi normal. Adapun gempa besar dan tsunami pada Maret 2011 menyebabkan tiga reaktor meleleh dan melepaskan radiasi dalam jumlah besar di pembangkit listrik tenaga nuklir di timur laut Jepang.

Sementara itu, video berita di televisi menunjukkan deretan rumah runtuh. Beberapa bangunan kayu rata dan mobil terguling. Kapal yang setengah tenggelam terlihat terapung di teluk tempat gelombang tsunami bergulung, meninggalkan garis pantai yang berlumpur.