Terungkap Sikap Asli Suami ke BCL di Tanah Suci

Sikap Asli Tiko Aryawardhana kepada BCL Selama di Tanah Suci Dibeberkan Pendamping Umrah

Liputan6.com 2024-01-10 11:00:00
Potret BCL dan Tiko Aryawardhana (Sumber: Instagram/itsmebcl)

Bunga Citra Lestari alias BCL baru saja menjalani ibadah umrah di Tanah Suci bersama suami, ibu, dan anaknya, yakni Tiko Aryawardhana, Emmy Muchlis, dan Noah Sinclair. Selama di Tanah Suci, BCL dan keluarga melakukan perjalanan dengan seorang pendamping bernama Rilanda.

Belum lama ini, sosok Rilanda mengungkapkan pengalamannya selama umrah bersama BCL dan keluarga melalui unggahan di media sosialnya. Berbagai hal berkesan yang tak terlupakan pun disampaikan olehnya dalam sebuah tulisan.

Pengalaman tersebut disampaikan oleh Rilanda melalui Instagram Stories pada Selasa (9/1/2023) yang diunggah ulang oleh BCL. Menyimak kisah yang dituliskan dalam bahasa Inggris, rupanya pengalaman yang dirasakan Rilanda di Tanah Suci sangatlah positif.

Bahkan, Rilanda juga membeberkan sikap Tiko Aryawardhana selama bersama BCL, Noah Sinclair, dan Emmy Muchlis di Tanah Suci. Mengacu pada pengalaman yang disampaikannya, maka anggapan negatif terhadap Tiko dari para haters pun jadi terbantahkan.


Merasa Beruntung Bisa Bersama Keluarga BCL

Awalnya, Rilanda mengaku merasa beruntung lantaran ia bisa mendampingi perjalanan umrah BCL dan keluarganya. Setelah itu, ia mengungkapkan bahwa dirinya bisa melihat sisi yang membuat BCL disukai banyak orang.

"Bagi orang luar sepertiku, aku hanya bisa mengagumi penampilan dan keluarganya. Namun setelah berhari-hari, aku mengerti mengapa dia (BCL) dicintai banyak orang," tulis Rilanda dalam bahasa Inggris melalui Instagram Stories, Selasa (9/1/2024).

"Oma Emmy Muclhis yang menjadi pendukung terbesarnya, selalu tersenyum setiap kali membicarakan kak Unge (BCL)," sambungnya.

"Noah, cinta dalam hidupnya yang selalu tersenyum kepadanya, dan bersedia menjaga ibunya," ia menambahkan.


BCL Selalu Mendapatkan Cinta dari Tiko Aryawardhana

Lebih lanjut, sang pendamping umrah membeberkan perihal sikap Tiko Aryawardhana selama di Tanah Suci. Rupanya rasa cinta Tiko kepada BCL benar-benar ditunjukkan secara tulus.

"Mas Tiko Aryawardhana, aku tak tahu bagaimana menggambarkan dia dan cintanya kepada istrinya," tulis Rilanda.

"Kalau kamu melihat dia, maka kamu akan tahu cinta itu terlihat dari setiap tindakan yang dilakukannya terhadap istrinya. Aku harap pernikahan kalian selalu bahagia," sambungnya.


Mengagumi BCL Luar Dalam

Sebelum menutup kalimat yang dituliskannya, Rilanda terlebih dahulu memuji habis-habisan BCL luar dalam.

"Kak Bunga Citra Lestari, perempuan alpha yang penuh gairah dalam mencintai. Kau cantik sekali. Ditambah lagi jilbab yang dikenakan membuatmu semakin indah luar biasa di dalam dan di luar," tulisnya.

"Bahkan aku pun jatuh cinta kepadamu dan senyummu he he heh cantik amat. Aku harap semua orang bisa melihat dirimu yang sebenarnya, kak," tutup Rilanda memungkasi.

Dituding Gibah Bareng Taylor Swift

Selena Gomez Bantah Cocoklogi Viral Warganet yang Menudingnya Gibah Bareng Taylor Swift soal Kylie Jenner

Liputan6.com 2024-01-10 14:00:00
Selena Gomez dalam Golden Globes 2024. (Jordan Strauss/Invision/AP)

Sebuah video singkat yang menampilkan sobat kental Taylor Swift dan Selena Gomez belakangan viral di media sosial. Dalam video tersebut keduanya tengah duduk di meja mereka dalam perhelatan Golden Globe Awards 2024 yang baru-baru ini digelar.

Mereka tampak asyik berbincang dengan aktris Kelleigh Teller. Saking serunya, Taylor Swift bahkan sempat terbelalak mendengar penuturan Selena. Namun, tak ada suara yang terdengar dari perbincangan mereka.

Masalahnya, banyak warganet yang kepo alias penasaran dengan isi pembicaraan mereka. Tak sedikit yang coba-coba membaca gerak bibir, dan akhirnya menyimpulkan bahwa Selena dan Taylor sedang ngerumpi soal Kylie Jenner.

Konon dalam ajang Golden Globes 2024, Selena ingin berfoto bersama Timothee Chalamet---kekasih Kylie Jenner. Namun permintaan ini ditampik oleh sang adik sambung Kim Kardashian dengan pernyataan singkat: "No."

Cocoklogi ini langsung menyebar di media sosial dan jadi viral. Walau belum diketahui kebenarannya, banyak warganet yang memercayai percakapan ini, hingga akhirnya media ikut memberitakannya.

Gerah, Selena Gomez akhirnya buka suara langsung soal spekulasi ini. Diwartakan E! News, Rabu (10/1/2024), ia meninggalkan komentar di akun Instagram media hiburan ini, dalam unggahan soal spekulasi tersebut.


Bantahan Selena Gomez

"Enggaaaaak, aku bilang pada Taylor tentang dua temanku yang berkencan. Tapi ini bukan urusan siapa-siapa, sih," kata Selena Gomez dalam komentar.

Sebelumnya, sumber anonim yang dekat dengan Selena Gomez juga membantah spekulasi liar di medsos tersebut.


Selena Gomez Tak Pernah Minta Foto

Sumber ini menyebut bahwa pada kenyataannya, Selena Gomez tak pernah minta foto bareng dengan Timothee Chalamet dalam Golden Globes 2024.

"Enggak benar bahwa (Selena) menghampiri mereka (Timothee dan Kylie) dan minta foto. Ia juga tak bertemu dengan mereka," kata sumber ini.


Kemesraan Viral Kylie Jenner - Timothee Chalamet

Golden Globes 2024 juga melahirkan momen viral lain yang berkaitan dengan Kylie Jenner -- Timothee Chalamet. Keduanya tertangkap kamera sedang bermesraan saat jeda iklan acara yang disiarkan langsung.

Dalam video berdurasi 17 detik tersebut, sang aktor Wonka dan Kylie Jenner tampak berbincang secara intim---bak dunia hanya milik berdua. Senyum tak pernah lepas dari wajah mereka, sementara Kylie tampak mengusap-usap kerah jas kekasihnya.

Sejurus kemudian Timothee mencondongkan wajahnya ke arah sang adik sambung Kim Kardashian, dan disambut kecupan singkat.

Ungkap Awal Mula Idap Bipolar

Marshanda Ungkap Awal Idap Bipolar, Sempat Konsumsi Benzodiazepine di Usia 15 Tahun Tanpa Pengetahuan

Liputan6.com 2024-01-10 13:30:00
Marshanda (Foto: YouTube/ dr Richard Lee)

Sudah bertahun-tahun lamanya Marshanda didiagnosis mengidap bipolar disorder. Ibu satu anak ini menceritakan awal mula dirinya bisa mengalami mental tidak stabil.

Ini dimulai dari masa remaja. Saat Marshanda berusia 15 tahun, kehidupannya sangat sibuk dengan aktivitas sekolah dan syuting. Untuk menghindari rasa ngantuk, dia minum kopi. Efek kopi membuatnya terjaga sepanjang malam hingga menjelang matahari terbit. Kondisi ini membuatnya gelisah.

"Terus orang dekat gue ini dia worry banget sama keadaan gue yang enggak pernah tidur. Akhirnya dia bilang di meja ada X***x ambil aja tiap enggak bisa tidur," tuturnya di YouTube Richard Lee.

Akhirya dia meminumnya tanpa tahu itu obat psikiatri. "Gue blank, benar-benar enggak tahu itu apa ya sudah minum, setengah pil supaya prima. Saat minum itu gue bisa merasakan tuh minum setengah, setelah sekian lama kok enggak ngaruh lagi. Akhirnya nambah jadi satu pil, nambah lagi 1,5 pil," jelasnya.

"Dan dalam jangka waktu setahun, sempat terakhir banget gue minum dua pil dalam satu malam gue enggak tidur sampai jam 6 pagi. Sempat nanya juga sama seseorang yang anaknya dokter,' 'Kalau Chaca minum ini bahaya nggak?' Dia bilang 'enggak apa-apa kalau butuh untuk tidur dan punya kegiatan segini banyak nggak apa-apa', imbuh Marshanda.

Tapi karena merasa ada hal yang salah, akhirnya dia memutuskan untuk berhenti mengonsumsi obat tersebut. Salahnya, Marshanda berhenti secara total. Padahal, ada aturannya. Kembali lagi, kala itu dia tidak memiliki pengetahuan yang cukup soal obat-obatan.

"Terus gue research baru sekitar 4 tahun lalu, pas gue umur 30 dan ternyata X***x itu kategori benzodiazepine. Yang ternyata kalau kita itu rutin minum terus menerus setelah 2 minggu lebih bisa adiktif, dan kita enggak bisa berhenti itu asal-asalan, harus bertahap banget," jelasnya.


Emosi Marshanda Jadi Tidak Stabil

Karena berhenti secara asal, Marshanda tiba-tiba mengalami ketidakstabilan emosi. Mantan istri Ben Kasyafani tersebut bahkan berubah seperti menjadi orang lain. Kondisi ini akhirnya membawanya berobat ke psikiater.

"Jadi karena saat itu gue stop, gue enggak tahu juga kenapa gue jadi pemarah, gampang sensitif, gue jadi kayak orang lain, gampang konflik. Terus orang-orang terdekat gue ini lihat, mereka worry. Akhirnya gue dibawa ke psikiater. Terus pas disuruh cerita, gue ngalor ngidul aja karena bingung yang diceritain apa," terangnya.


Tidak Bilang ke Dokter pakai X***x

Ternyata yang dialami Marshanda saat itu adalah withdrawal setelah berhenti mengonsumsi benzodiazepine. Diagnosis ini tidak dia dapatkan karena dia menceritakan hal lain kepada dokter tanpa menyinggung penggunaan X***x secara rutin.

"Gue enggak tahu bahwa yang seharusnya gue share adalah 'Dok, saya tuh minum X***x 1 tahun terus saya berhenti mendadak'. Mungkin kalau gue ngomong gitu psikiater ini akan bilang 'Oh kamu lagi mengalami gejala withdrawal dari benzodiazepine, kami bantu ya'," tuturnya.


Didiagnosis Bipolar

Kala itu, yang dia ceritakan adalah hal-hal yang berkenaan dengan masalah keluarga. Setelah merujuk pada gejala-gejalanya, Marshanda pada akhirnya didiagnosis mengidap bipolar.

"Tapi karena gue enggak bilang itu (soal X***x), akhirnya muncul semua gejala yang mirip dengan bipolar. Akhirnya gue dapet diagnosa depresi major, lalu bipolar disorder. Sebelum konsumsi X***x aku padahal remaja yang sangat mencintai hidup, ceria, semangat," tutupnya.

Istri Ngidam Aneh, Denny Caknan Melarang

Bella Bonita Ngidamnya Ingin Elus-elus Harimau, Denny Caknan Auto Melarang

Liputan6.com 2024-01-10 13:00:00
Bella Bonita, istri penyanyi Denny Caknan sedang hamil anak pertama. Sama seperti kebanyakan perempuan hamil, Bella juga merasakan ngidam atau ada keinginan yang tak biasa. [Instagram/denny_c

Bella Bonita memiliki keinginan yang entah harus jadi bahan tertawaan atau ditanggapi dengan serius. Pasalnya, selama hamil, istri Denny Caknan mengidam ingin mengelus-elus harimau. Bella Bonita mengaku pernah mengutarakan keinginannya itu kepada sang suami.

Pernyataan tersebut disampaikan Bella Bonita melalui sesi tanya jawab dengan penggemar di media sosialnya, belum lama ini. Bella Bonita langsung mendapatkan pertanyaan seputar ngidam selama kehamilan anak pertama istri Denny Caknan ini.

Rupanya penggemar yang bertanya kepada Bella Bonita, melontarkan pertanyaan memancing hingga ia menceritakan keinginan paling ekstrim semasa ngidam. "Ngidam paling parah terus pengen banget tapi belum kesampean apa bumil?" begitu isi pertanyaannya.

"Jujur cak, aku pengen pol megang harimau. Megang tok, ngelus-ngelus tok," ucap Bella Bonita menjawab pertanyaan warganet tersebut, mengutip salah satu unggahan di Instagram Stories.


Alasan Bella Bonita Ingin Memegang Harimau

Selanjutnya, Bella Bonita menyatakan alasannya sangat ingin menyentuh harimau. Rupanya, ia memiliki kecintaan terhadap kucing. Namun, entah bercanda atau serius, Bella mengaku dirinya tak masalah dicakar harimau lantaran dahulu pernah dicakar kucing.

"Aku dari dulu seneng kucing, sampai mataku sebelah sini dicakar kucing. Jadi misal harimaunya nyakar, 'aw', dikit, aku enggak apa-apa, malah senang," ungkapnya sambil tersenyum.


Denny Caknan Langsung Tegas Bilang Tidak

Rupanya, Bella Bonita sempat membuat Denny Caknan sedikit panik saat ia mengungkapkan keinginannya selama mengidam dengan cara memegang harimau. Denny Caknan pun tegas bilang tidak karena tak ingin sesuatu tak diinginka menimpa istrinya.

"Itu sih yang sampai sekarang suamiku enggak ngebolehin. Karena taruhannya nyawa katanya, guys," celetuk Bella Bonita.


Denny Caknan dan Bella Bonita Gelar Acara Tujuh Bulanan

Denny Caknan beberapa waktu lalu menggelar acara tujuh bulanan kehamilan istrinya, Bella Bonita. Acara ini digelar dengan adat Jawa atau yang juga dikenal dengan prosesi mitoni pada Jumat (22/12/2023).

Selain menjalani rangkaian prosesi adat seperti siraman dan sungkeman, terdapat juga prediksi jenis kelanin calon anak mereka yang masih di dalam kandungan Bella Bonita. Usai siraman, Bella Bonita diminta membuat rujak untuk Denny Caknan.

Terdengar dalam momen tersebut Denny Caknan mengaku rujak buatan Bella Bonita memiliki rasa gurih sekaligus pedas. Diketahui, jika rasa rujaknya pedas campur manis, maka diprediksi anak yang akan lahir nanti memiliki jenis kelamin perempuan. Sedangkan jika di luar rasa itu, maka ada kemungkinan bayi yang akan lahir adalah laki-laki.

Pergi Umrah, Thariq Halilintar Menyusul?

Aaliyah Massaid Memulai Perjalanan Umrah, Thariq Halilintar Berencana Menyusul dengan Dukungan Keluarga

Liputan6.com 2024-01-10 12:00:00
Di hari pertama kunjungannya, Aaliyah memilih tampil dengan busana serba hitam. Dari kerudung model pashmina yang hanya ia sematkan di kepala. [@aaliyah.massaid]

Aaliyah Massaid, bersama ibunya Reza Artamevia dan keluarganya, baru-baru ini terlihat berangkat untuk menjalankan ibadah umrah. Sebelum keberangkatan ke Tanah Suci, Thariq Halilintar turut mengantarkan Aaliyah Massaid, menunjukkan dukungan dan kebersamaan dalam momen yang sakral ini.

Dalam cuplikan YouTube program Was Was, pada Senin (8/1/2024), terlihat bahwa Thariq Halilintar sudah menjadi bagian yang dekat dengan keluarga Aaliyah Massaid. Thariq terlihat santai dan akrab di tengah-tengah keluarga Aaliyah, menunjukkan kedekatan hubungan mereka.

Adik Atta Halilintar ini duduk di sebelah Aaliyah dengan penuh keakraban, menemani dan memberikan dukungan sebelum keberangkatan sang kekasih untuk menjalankan ibadah umrah. Kesetiaan Thariq dalam mendampingi Aaliyah tampak jelas, menciptakan momen yang hangat di antara keluarga dan pasangan ini.


Menyusul

Ketika ditemui oleh awak media, Thariq Halilintar mengungkapkan bahwa ia tidak dapat ikut dalam perjalanan umrah Aaliyah Massaid saat itu. Meski begitu, Thariq menegaskan niatnya untuk segera menyusul kekasihnya tersebut ke Tanah Suci. Namun, ia tidak memberikan rincian mengenai jadwal pasti keberangkatannya.

"Nanti aku nyusul," ungkap Thariq Halilintar, memberikan harapan bahwa ia akan segera menyusul Aaliyah.


Mengantar

Sementara itu, Reza Artamevia, ibu Aaliyah Massaid, juga menegaskan bahwa Thariq Halilintar hanya mengantarkan mereka sampai ke bandara dan tidak ikut menjalankan ibadah umrah bersama keluarga.

"Nggak, dia (Thariq Halilintar) cuma nganter," terang Reza Artamevia, menjelaskan peran Thariq dalam keberangkatan tersebut.


Momen Penuh Makna

Dengan adanya dukungan dan kedekatan keluarga serta niat Thariq Halilintar untuk menyusul, perjalanan umrah Aaliyah Massaid menjadi momen yang penuh makna dan keluarga, serta memberikan harapan akan kebersamaan yang lebih besar di Tanah Suci nantinya.

Penyebab Kematian Terungkap

Penyebab Kematian Sinead O'Connor Terungkap lewat Laporan Petugas Koroner

Liputan6.com 2024-01-10 10:00:00
Sinead O'Connor Jadi Mualaf (Twitter/ MagdaDavitt77)

Hampir setengah tahun sudah sejak penyanyi Sinead O'Connor mengembuskan napas terakhirnya. Namun selama itu pula penyebab kematian pelantun "Nothing Compares 2 U" menjadi tanda tanya di benak publik.

Beragam spekulasi muncul, termasuk yang dikaitkan dengan kematian putra Sinead O'Connor, Shane. Remaja 17 tahun tersebut diduga mengakhiri hidupnya sendiri, setahun sebelum ibunya meninggal dunia.

Kini, akhirnya terang benderang teka-teki mengenai meninggalnya wanita mualaf tersebut. Dilansir dari People dan E! News, Rabu (10/1/2024), perwakilan Kantor Koroner Southwark, Inggris, menyatakan Sinead O'Connor meninggal secara alamiah.

Petugas koroner juga menyatakan bahwa keterlibatan mereka dalam kematian wanita 56 tahun ini telah berakhir.

Seperti diketahui, Sinead O'Connor meninggal dunia di Inggris pada 26 Juli 2023. Ia ditemukan dalam keadaan tak sadarkan diri di rumahnya. Polisi mendatangi lokasi, setelah mendapat laporan dari warga sekitar.

"Polisi dihubungi pada 11:18 hari Rabu 26 Juli, mengenai laporan seorang wanita yang tak responsif di sebuah area pemukiman di area SE24," begitu pernyataan pihak kepolisian kala itu.

Ditambahkan, "Polisi tiba di lokasi. Seorang wanita berusia 56 tahun dinyatakan meninggal di lokasi. Keluarga terdekat telah dihubungi."


Langsung Dikonfirmasi Keluarga

Tak lama kemudian, pihak keluarga mengonfirmasi kabar duka ini, tapi tak disampaikan situasi seputar kematian Sinead O'Connor.

"Dengan kesedihan mendalam, kami mengumumkan meninggalnya Sinead kami yang tercinta. Keluarga dan sahabatnya begitu terpukul dan meminta privasi dalam masa sulit ini," begitu pernyataan pihak keluarga.


Dimakamkan Secara Islami

Sinead O'Connor kemudian dimakamkan pada 8 Agustus 2023, dalam prosesi yang dimulai di rumahnya yang terletak di Bray, County Wicklow, Irlandia.

Sinead O'Connor yang mualaf sejak 2018, dimakamkan dengan tata cara Islam. Prosesinya dipimpin oleh imam dari Islamic Center Irlandia, Sheik Umar Al-Qadri.


Ribuan Pelayat Ikut Mengantar

Ribuan pelayat ikut mengantarkan mendiang Sinead O'Connor ke peristirahatan terakhirnya. Para pelayat juga sempat menyanyikan lagu ikonis yang melambungkan nama mendiang, "Nothing Compared 2 U."

Di antara mereka, tampak wajah-wajah pesohor yang ikut menghadiri prosesi pemakaman yang digelar privat. Mereka antara lain para member U2 yakni Adam Clayton, Bono, dan The Edge, serta Presiden Irlandia, Michael D. Higgins.

Klarifikasi soal Ribut dengan Ria Ricis

Usai Umrah Teuku Ryan Klarifikasi Ribut dengan Ria Ricis: Namanya Rumah Tangga Pasti Ada Masalah

Liputan6.com 2024-01-10 08:40:33
Sepulang umrah, Teuku Ryan akhirnya buka suara soal isu konflik rumah tangga dengan Ria Ricis. Ia menyebut namanya rumah tangga pasti ada masalah. (Foto: Ronny Ario Joewono dari Instagram @te

Sepulang umrah, Teuku Ryan melenggang ke karpet merah gala premiere film Ancika: Dia Yang Bersamaku 1995 tanpa Ria Ricis. Kehadirannya menyita perhatian publik dan memicu tanda tanya besar.

Kabar Teuku Ryan ribut dengan istri menguat lagi. Apalagi, saat umrah, ia diduga beda kelas pesawat dengan Ria Ricis. Pun, tak ada momen foto bertiga yang dibagikan ke medsos.

"Pokoknya intinya mohon doanya saja. Namanya juga rumah tangga pasti ada berbagai masalah," katanya kepada jurnalis di Epicentrum XXI Jakarta Selatan, Selasa (9/1/2024).

Umrah bareng istri dan anak tak serta merta meredam isu konflik rumah tangga Teuku Ryan. Selama umrah, malah beredar kabar Ria Ricis tremor dan membahas kondisi kesehatan mentalnya belakangan ini.


Mungkin Kurang Sehat Waktu Ibadah

Merespons isu Ria Ricis tremor di Tanah Suci, pesohor dengan 4 jutaan pengikut di Instagram ini menduga faktor cuaca penyebabnya. Perbedaan suhu di Indonesia dan Tanah Suci bisa jadi membuat Ria Ricis tremor.

"Mungkin kurang sehat waktu kita ibadah. Namanya juga lagi di luar negara, beda-beda suhu, jadi ada masalah (kesehatan)," ungkap Teuku Ryan sembari bergegas meninggalkan lokasi gala premiere.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Mental dan Hati yang Baik

Tak puas dengan jawaban ini, awak media lantas menanyakan isu lain tentang Ria Ricis yakni kesehatan mental. Pasalnya pekan lalu, adik Oki Setiana Dewi menyinggung mental yang sehat untuk 2024.

"Berharap apa yang harusnya menjadi harapan terbaik. Mental yang baik, hati yang baik, pikiran yang bersih, sentuhan kasih sayang anak yang itu," tulis Ria Ricis dalam unggahan di Instagram Stories.


Tanya ke Ria Ricis Langsung

Terang-terangan bintang film Aku Tahu Kapan Kamu Mati berterima kasih kepada 2023. Ia menyebut 2023 sebagai tahun dengan luka yang indah. Ria Ricis mengaku siap berjuang di 2024.

Terkait istri berkoar di medsos soal kondisi mental, Teuku Ryan enggan menanggapi. "Nah itu mungkin tanya ke Ricis langsung ya, pokoknya intinya mohon doanya saja," ia mengakhiri.

Strategi Menangkan Ganjar-Mahfud Tanpa Jokowi Effect

HEADLINE: Perayaan HUT ke-51 PDIP, Bagaimana Strategi Menangkan Ganjar-Mahfud Tanpa Jokowi Effect?

Liputan6.com 2024-01-11 00:01:47
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politiknya dalam HUT ke-50 PDI Perjuangan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023). HUT ke-50 tahun PDI Perjuanga

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merayakan Hari Ulang Tahunnya yang ke-51 di Lenteng Agung, Jakarta, pada Rabu, (10/1/2024). Dalam perayaan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak hadir dan digantikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

PDIP sendiri tak mempermasalahkan jika Jokowi tak hadir di HUT ke-51 PDIP ini. Menurut Sekeratris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, pihaknya menghormati kegiatan Jokowi yang sedang bertugas di Luar Negeri.

"Pak presiden sejak awal menyatakan ada tugas keluar negeri, ya itu yang dihormati oleh PDIP, apakah itu kebetulan apa tidak ya istana yang menjawab," kata Hasto usai Perayaan HUT ke-51 PDIP di Lenteng Agung.

Dalam pidatonya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tak sekalipun menyebut nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetapi berkali-kali menegaskan bahwa PDIP bertahan bukan karena sosok tertentu apalagi presiden.

Megawati mengatakan PDIP adalah partai wong cilik dan mengingatkan bahwa rakyat atau akar rumputlah yang paling berperan. Sehingga ia meminta para kader wajib memperkuat akar rumput.

"Lima puluh satu tahun kita bisa menjadi seperti ini bukan karena elite, bukan karena presiden, bukan karena menteri tapi karena rakyat yang mendukung kita," kata dia.

Presiden ke-5 RI ini lantas mengingatkan kadernya untuk turun bertemu rakyat untuk memenangkan Pemilu 2024 dan calon presiden-calon wakil presiden yang diusungnya, Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

"Sebab itulah kekuatan riil kita. Camkan hal ini sebagai sebuah nafas kontemplasi kita," ucap Megawati Soekarnoputri menandaskan.

Sementara Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristyanto juga menegaskan bahwa partainya saat ini hanya mengandalkan kekuatan rakyat. Sebab jika mengandalkan elit politik, maka bisa saja berubah.

"Elite setiap saat bisa berubah, tapi rakyat itu tetap, rakyat itu menjadi cakrawala cakrawati PDI Perjuangan. Jadi sumber energi perjuangan serta dedikasi dari partai. Itu yang tidak berubah oleh PDI Perjuangan. Elite boleh berubah, tapi rakyat tidak berubah," ujar Hasto.

Ia pun yakin Ganjar-Mahfud Md bisa menang satu putaran tanpa Jokowi Effect.

"Kami punya tekad, satu putaran, dua putaran itu rakyat yang menentukan yang penting jangan gunakan kekuasaan negara dengan cara-cara yang tidak benar, dengan cara-cara yang tidak fair," kata Hasto.

Hasto pun menegaskan kekuatan PDIP adalah kesatupaduan dengan rakyat. Sementara perjuangan terbaik adalah dengan turun ke bawah, memperkuat akar rumput.

"Itu kunci kemenangan. Bukan di elite, tetapi di rakyat. Calon presiden dan wakil presiden yang blusukan seperti Pak Ganjar itulah yang memenuhi harapan rakyat, itu yang kami lalukan, blusukan, sat set, dan menjelaskan tentang KTP Sakti serta kepemimpinan yang tas tes," tandasnya.

Pengamat Politik dari lembaga Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai pidato Megawati tersebut mencerminkan bahwa PDIP ingin lepas dari 'bayang-bayang' Jokowi. Di mana saat ini, Megawati lebih menekankan konsolidasi akar rumput untuk memenangkan Pemilu 2024 dan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusungnya Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

"Langkah PDIP mempromosikan Ganjar-Mahfud tanpa Jokowi itu sudah benar, karena percuma juga Jokowi sudah pasti tidak ada di gerbong PDIP," kata Dedi kepada Liputan6.com.

Jika PDIP masih mengharapkan sosok elit seperti Jokowi justru keliru, maka mereka harus menciptakan 'Jokowi' baru melalui Ganjar Pranowo.

"Kalau menggantungkan Jokowi itu akan jadi anomali, kewibaaan Megawati sendiri sebagai Ketua Umum PDIP harus dipertahankan karena kunci kemenangan PDIP itu sebenarnya Megawati bukan Jokowi," ujarnya.

Meski demikian, Dedi menilai bahwa langkah PDIP yang ingin menangkan Ganjar-Mahfud dengan kekuatan akar rumput saja tanpa Jokowi Effect sudah terlambat. Seharusnya, kata dia, PDIP sudah melepaskan diri dari nama Jokowi sejak 2019.

"Begitu Jokowi menang (pilpres yang kedua), mereka seharusnya fokus mengkampanyekan PDIP tanpa Jokowi. Tapi ketika sudah menjadi ketergantungan pada Jokowi mereka terlambat," kata dia.

Hal itu bisa dilihat dari hasil survei PDIP mengalami penurunan signifikan sejak Maret 2023 bersamaan dengan dimulainya konflik Megawati dan Jokowi.

"Jadi mereka mempromosikan Ganjar tanpa Jokowi itu sudah benar, tapi berharap elektabilitas naik juga sulit," ujar Dedi.

Sementara Pengamat Komunikasi Politik Emrus Sihombing mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada lagi Jokowi Effect untuk Ganjar-Mahfud sebab secara defacto Jokowi sudah tidak berada di PDIP.

"Tidak mungkin ada lagi efek Jokowi untuk Ganjar karena Jokowi sudah memisahkan diri secara defacto. Karena dia merestui Gibran menjadi cawapres dari Prabowo," kata Emrus.

Maka kekuatan PDIP adalah berasal dari akar rumput. "Karena PDIP adalah produk perlawanan otoritarian orde baru, kalau perlawanan tidak mungkin elitis kan," tandasnya.


Bagaimana Menangkan Ganjar-Mahfud Tanpa Jokowi?

Pengamat Politik dari lembaga Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan cukup berat bagi Ganjar-Mahfud untuk meningkatkan elektabilitasnya saat ini. Sebab, elektabilitasnya dan PDIP sudah tergerus sejak berkonflik dengan Jokowi.

"Berat sekali, meski ada Jokowi pun tetap berat," kata Dedi.

Namun, kata dia, satu-satunya cara Ganjar-Mahfud untuk meningkatkan elektabilitasnya adalah turunkan tensi dalam mengkritik pemerintah dan mulai fokus mengkampanyekan program-program yang pro wong cilik.

"Turunkan tensi kritik pada pemerintah dan mulai fokus pada program yang memang agendanya wong cilik gitu. Saya kira itu akan lebih efektif," kata Dedi.

Sementara Pengamat Komunikasi Politik Emrus Sihombing mengatakan bahwa untuk memenangkan PDIP dan Ganjar-Mahfud di Pemilu 2024, maka seluruh kader harus dekat dengan rakyat.

"Mendengar keluhan rakyat jangan hanya saat pemilu datang. Misalnya buatlah rumah aspirasi perjuangan. Mendampingi rakyat saat mengalami kesulitan. Saran saya, mulai sekarang dan seterusnya ada semacam rumah aspirasi PDIP minimal 1 desa 1. Tujuannya tidak hanya menampung, tp membantu rakyat, memberi solusi. Misalnya kelangkaan pupuk," tandas Emrus.

Sementara calon presiden nomor urut 2 Ganjar Pranowo pun masif melakukan konsolidasi ke berbagai wilayah Indonesia selama masa kampanye. Hal ini untuk menjawab bagaimana strateginya memenangkan Pilpres 2024 tanpa Jokowi.

"Nah ini hari ini (cara mensolidkan). Setiap saya turun selalu ketemu dengan para tokoh-tokoh, partai-partai, dengan relawan-relawan, inilah cara kita menyolidkan barisan," tutur Ganjar di Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (9/1/2024).

Ganjar mengaku merasa cukup lama tidak berkeliling di sejumlah wilayah Jawa Tengah. Sebab itu, selama masa kampanye dia pun memilih menyempatkan bertemu seluruh para pendukungnya.

"Ya sebenarnya saya agak lama tidak ke Jawa Tengah, maka ketika teman-teman Jawa Tengah menyampaikan Mas Ganjar kapan kemari? Nah maka kita konsolidasi kekuatan. Karena ini rumah kami. Maka kami ingin betul-betul rumah kami dijaga, rumah kami utuh, kadernya semua standby," jelas dia.

Dia pun menargetkan kemenangan di Jawa Tengah sebesar 60 persen sebagaimana keyakinan dan semangat para pendukung.

"Biar mereka rapi, mereka terkonsolidasi dengan baik, dan gerakannya sistematis, sehingga mereka tidak terganggu dengan isu-isu di luar," Ganjar menandaskan.


Jokowi Tak Hadiri HUT ke-51 PDIP

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak menghadiri Hari Ulang Tahun ke-51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (HUT ke-51 PDIP). Namun, Politikus PDIP Chico Hakim mengatakan, partainya tidak masalah jika Jokowi tak menghadiri acara tersebut.

"Enggak masalah (Jokowi tidak datang) karena kita sampaikan tadi, kalau kita menghormati apa yang telah menjadi agenda Presiden Jokowi untuk bangsa dan negara ini. Dan itu yang lebih tinggi daripada segalanya," kata Chico kepada wartawan di Sekolah Partai di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2023).

Ia menegaskan, pihaknya biasa saja dengan tidak hadirnya Jokowi pada HUT kali ini. Apalagi, Jokowi tengah melakukan kegiatan kenegaraan di luar negeri.

"Kita biasa aja, karena gini, seperti diketahui PDI Perjuangan ini hari lahir yang ke 51. PDIP bukan lahir karena salah satu tokoh atau dua tokoh saja, apalagi tokoh yang baru bergabung sekian puluh tahun dan lain-lain," tegasnya.

"Jadi PDIP ini seperti dikatakan Seno tadi, bahwa kita ini membersamai rakyat, itu yang paling penting bagi kita bahwa rakyat merayakannya bersama kita dan kita tetap lanjut terus," sambungnya.

Untuk menggantikan Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri HUT ke-51 PDIP.

Ma'ruf Amin yang mengenakan baju batik berwarna cokelat tua ini tiba di lokasi pukul 09.44 Wib. Ketika itu, ia disambut oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto serta Ketua DPP PDIP Yasonna Laoly.

Ma'ruf Amin pun diundang duduk di meja bundar bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ada pula Teten Masduki yang mengenakan batik coklat kemerahan juga duduk satu meja bersama para elit PDIP. Mereka tampak berbincang sebelum acara dimulai.

Jokowi pun diketahui tak mengucapkan selamat HUT ke-51 PDIP melalui pesan singkat maupun karangan bunga. Calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo pun turut merespon kabar tersebut.

"Beliau di Filipina kok, lupa kali, biasanya datang ngucapin kok," tutur Ganjar usai bertemu para petani di Brebes, Jawa Tengah, Rabu (10/1/2024).

Ganjar mengaku tidak mendapatkan pesan singkat dari Jokowi atau pun ajudannya perihal ucapan selamat HUT ke-51 PDIP.

"Kalau wa WA-an jarang. Biasanya umpama ajudan gitu ya, kalau beliau langsung tidak. Tapi kalau ultah partai biasanya tidak WA ke saya, umpama WA-nya langsung ke DPP," jelas dia.

Yang pasti, kata Ganjar, dia tentu berharap Jokowi dapat hadir dalam acara HUT ke-51 PDIP. Terlebih sejauh ini Jokowi masih merupakan kader partai.

"Ya iyalah, sampai hari ini sih saya tidak melihat beliau mundur dari partai kan tidak. Kalau masih anggota biasanya juga kepengen dateng gitu," Ganjar menandaskan.

Dukung Hubungan Sule dengan Santyka Fauziah

Andre Taulany Dukung Hubungan Sule dengan Santyka Fauziah, Sarankan Langsung Segera Menikah

Liputan6.com 2024-01-10 09:00:00
Sule dan Andre Taulany (Sumber: Instagram/andreastaulany)

Komedian Sule dikabarkan tengah menjalin asmara dengan TikTokers Santyka Fauziah. Bahkan, Sule diketahui tak segan mengungkap sapaan terhadap Santyka dengan sebutan sayang.

Sebagai sahabat, Andre Taulany mengaku selalu mendukung langkah yang diambil Sule. Bahkan, ia juga mendukung hubungan yang dijalin Sule dengan Santyka Fauziah.

"Saya sahabat selalu dukung, mau Sule, siapapun sahabat, siapapun, saya selalu dukung," kata Andre di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (9/1/2024).

"Setuju. Anaknya kelihatannya baik, terus menerima Sule, menerima keadaan Sule," Andre Taulany menambahkan.


Andre dan Sule Intens Berkomunikasi

Meski memiliki kesibukan masing-masing, Andre dan Sule tetap intens berkomunikasi. Diakui Andre, terakhir kali komunikasi dengan Sule saat tahun baru kemarin.

"Komunikasi suka. Kemarin saja pas tahun baru teleponan, bercanda-bercanda," aku Andre.


Andre Menyarankan Sule Segera Berumah Tangga

Dalam obrolannya, Andre juga menyarankan Sule segera berumah tangga. Apalagi jika sang sahabat merasa sudah menemukan sosok yang cocok.

"Saya bilang, 'Le kalau emang udah dapat yang cocok, yang udah ini, ya udah, silahkan.' Ya apalagi kan Sule juga udah perlu," jelas Andre.


Andre Belum Pernah Bertemu Langsung dengan Santyka

Sementara ini, Andre belum pernah bertemu langsung dengan Santyka. Namun, Andre punya pesan khusus untuk Syantika jika nantinya resmi menjadi istri Sule.

"Yang penting jangan melarang rambutnya Sule diubah. Karena itu ikonnya dia warnanya kuning," pungkas Andre Taulany.